Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban – Permainan Bola Voli adalah olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain yang area permainannya dipisahkan oleh net. Aturan Main sederhana : • Setiap tim terdiri dari enam orang.

Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero. • Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang. • Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

• Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net. • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja. • Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran. Tujuan olahraga voli yaitu : memukul bola hingga melewati net sekaligus menjatuhkannya ke lantai lapangan di area lawan. Cara memukul bolanya pun tidak boleh sembarangan, karena ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai para pemain.

1 – 15 Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 1. Servis dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola kemudian tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah disebut a. Service atas b. Service bawah c. Service depan d. Service belakang Jawaban : B 2. Servis tangan atas dibedakan lagi menjadi servis. .

a. Floating dan cekis b. Smash dan passing c. Blok dan smash d. Passing dan blok Jawaban : A 3. Teknik yang dilakukan untuk mengoper kepada kawan adalah a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : B 4. Teknik Passing dapat dibagi menjadi : a. Bawah dan atas b. Kiri dan kanan c. Luar dan dalam d.

Depan dan Belakang Jawaban : A 5. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan passing, kecuali a. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. b. Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan c.

Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan d. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola Jawaban : B 6. Cara melakukan passing atas, jari-jari tangannya… a. Dirapatkan b. Mengepal c. Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang d. Agak dibuka Jawaban : D 7. Pemain nomor satu dinamakan… a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : A 8. Pemain nomor kedua dinamakan … a. Server b. Spiker c.

Tosser d. Blocker Jawaban : B Lihat Juga : Contoh Soal Pesawat Sederhana Pilihan Ganda dan Jawaban 9. Pemain nomor ketiga dinamakan . a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : C 10. Pemain nomor empat dinamakan… a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : D 11.

Pemain nomor lima dan enam dinamakan… a. Server b. Spiker c. Libero d. Blocker Jawaban : C 12. Time out hanya bisa dilakukan berapa kali dalam satu babak a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : A 13. Untuk pertandingan pada kelas pemula, biasanya menggunakan formasi … a. 4-2 b. 6-2 c. 5-1 d. 3-1 Jawaban : A 14. Pada formasi 5-1, hanya ada satu orang pemain yang akan bertindak sebagai … a.

Setter b. Spiker c. Smash d. Jumper Jawaban : A 15. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung… a. 3 kali b. 2 kali c. 5 kali d. Tidak dibatasi Jawaban : D 16 – 30 Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 16. Jumlah pemain cadangan pada saat pertandingan berlangsung… a. 2 orang b. 4 orang c. 5 orang d. 6 orang Jawaban : B 17. Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai… a.

Double faults b. One faults c. Three faults d. Four faults Jawaban : A 18. Berapa garis tepi lapangan permainan bola voli?

a. 2 m b. 3 m c. 4 m d. 5 m Jawaban : D 19. Berapa ukuran bola voli ? a. 63-65 cm b. 65-67 cm c. 66-68 cm d. 67-69 cm Jawaban : B 20. Berapa berat bola voli ? a. 230-250 gr b.

240-260 gr c. 250-270 gr d. 260-280 gr Jawaban : D 21. Berapa tekanan dalam dari bola voli? a. 0.30-0.325 kg/cm2 b. 0.30-0.326 kg/cm2 c. 0.30-0.327 kg/cm2 d. 0.30-0.328 kg/cm29 Jawaban : A 22.

Tingginya net pada putra… a. 2,42 m b. 2,43 m c. 2,44 m d. 2,45 m Jawaban : B 23. Teknik dasar yang wajib pertama kali dipelajari oleh pemula ialah … a. Servis b. Passing c. Blocking d. Smash Jawaban : B Lihat Juga : Soal Ujian IPA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 24. Teknik smash yang mengunakan teknik 3-5 menggunakan irama… a. Keras b. Lemah c. Pelan d.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Cepat Jawaban : C 25. Bola voli berasal dari negara … a. Amerika Serikat b. Inggris c. Prancis d. Belanda Jawaban : A 26.

FIVB terbentuk pada tahun … a.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

1945 b. 1946 c. 1947 d. 1948 Jawaban : C 27. FIVB dibentuk di negara … a. Amerika serikat b. Inggris c. Prancis d. Itali Jawaban : C 28. Peran penting dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut, kecuali… a. Tosser b. Defender c. Jumper d. Spiker Jawaban : C 29. Dalam permainan bola voli pukulan yang tidak diperbolehkan adalah … a. Bola terkena kepala b.

Bola diambil dengan kaki c. Bola diambil dengan lutut d. Bola terkena muka Jawaban : C 30. Set-upper bertugas sebagai… a. Memukul bola ke daerah lawan b. Menerima serangan dari lawan c. Pemain bertahan d. Mengumpankan bola pada teman Jawaban : D 31 – 45 Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Jawaban 31. Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan … a.

Passing bawah b. Passing atas c. Servis atas d. Servis bawah Jawaban : A 32. Servis dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya, kemudian server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas disebut service a. Service atas b.

Service bawah c. Service depan d. Service belakang Jawaban : A 33. PBVSI terbentuk pada tahun … a. 1945 b.

1955 c. 1965 d. 1975 Jawaban : B 34. Setiap pertandingan bola voli, umumnya berlangsung sebanyak … babak. a. 1-2 b. 3-5 c. 1-3 d. 1-5 Jawaban : B 35.

Panjang net pada permainan bola voli adalah … a. 8 meter b. 8,5 meter c. 9 meter d. 9,5 meter Jawaban : Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang 36. Melakukan awalan dengan ancang ancang yang lebar dan datar merupakan cara untuk melakukan…. a. Melakukan blok b. Mengumpan d. Pertahanan d. Smash Jawaban : D 37. Keberhasilan saat melakukan blok ditentukan oleh… a. Smash yang keras b. Lompatan c. Tangan yang panjang d. Tumpuan Jawaban : B Simak Juga : Contoh Soal Conjunction Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 38.

Berikut ini yang bukan kategori smash berdasarkan tingginya umpan adalah … a. Open smash b. Semi quick smash c. Strong smash d. Quick smash Jawaban : C 39. Yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah… a. Langkah awalan b. Berlari menghampiri net c. Langkah untuk meloncat d. Mendarat Jawaban : B 40.

Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada tahun 1947 yang bertempat di Negara… a. Amerika Serikat b. Polandia c. Inggris d. Swedia Jawaban : B 41. Apabila satu regu melakukan kesalahan urutan servis, maka keputusan wasit adalah.

a. Servis diulang b. Servis berpindah c. Poin untuk lawan dan servis berpindah d. Pemain tersebut dikeluarkan Jawaban : A 42. Setelah suatu usaha servis terjadi, wasit harus segera memerintahkan permainan yang bersangkutan untuk melakukan servis kembali tanpa menunda waktu dan servis harus dilakukannya dalam waktu. a. 3 detik b. 15 detik c. 5 detik c. 10 detik Jawaban : A 43.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Persiapan servis hanya dapat dilakukan sebanyak. . a. Satu kali b. Empat kali c. Dua kali d. Tidak terbatas Jawaban : A 44. Berikut yang tidak termasuk tahapan melakukan pertahanan dalam permainan bola voli adalah …. a. Posisi permulaan (start) b. Tahap ancang-ancang c. Menerima bola d. Follow through Jawaban : A 45. Strategi over block dalam permainan bola voli artinya … a.

Bola lolos dari blok b. Bola mati karena blok c. Bola mengenai dari blok d. Bola kena blok Jawaban : B 46. Apabila wasit memberi isyarat jari-jari tangan menyentuh net, hal tersebut berarti … a. Bola keluar lapangan b. Bola masuk c. Bola melampaui jaring d. Bola tersentuh pemain Jawaban : D 47.

Menutup daerah secara rapat dan pertukaran posisi antarpemain adalah penerapan …. a. Taktik perorangan b. Taktik kelompok c. Taktik pertahanan d. Taktik beregu Jawaban : D 48. Penemu permainan bola voli pertama kali….

a. William G. Morgan b. William Smith c. John G. Morgan d. James Naismith Jawaban : A 49. Pada awal penemuannya olahraga permainan bola voli ini dinamakan. a. Battledores b. Mintonette c. Soccer d. Tenez Jawaban Soal Bola Voli: B 50. Permainan bola voli ini diciptakan dengan mengadopsi dari 4 permainan yaitu a. Sepakbola, bulutangkis, Basket, lempar cakram b. Bulu Tangkis, tenis, tolak peluru, Lempar lembing c. Basket, baseball, tenis, bola tangan d. Tenis, sepakbola, bulutangkis, tolak peluru Jawaban : C 51.

Permainan bola voli pertama kali ditemukan tahun… a. 1892 b. 1893 c. 1894 d. 1895 Jawaban : D 52. Permainan bola voli pertama kali didemontrasikan pada pertandingan tahun… a.

1895 b. 1896 c. 1897 d. 1898 Jawaban : D Lihat Juga : Soal Atletik Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 53. Penemu bola voli meninggal pada tahun a.

1941 b. 1942 c. 1943 d. 1944 Jawaban : B 54. Masing-masing tim terdiri dari. . a. 6 orang b. 7 orang c. 8 orang d. 9 orang Jawaban : A 55. Poin yang harus dicapai oleh setiap tim untuk mencapai kemenangan a. 22 poin b. 23 poin c.

24 poin d. 25 poin Jawaban : D 56. Berapa ukuran lapangan permainan bola voli? a. 9 m x 17 m b. 8 m pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang 19 m c. 9 m x 18 m d.

8 m x 17 m Jawaban : C 57. Berapa garis batas serang untuk pemain belakang dari garis tengah yang sejajar dengan jaring a. 2 m b. 3 m c. 4 m d. 5 m Jawaban : B 58. Pemain yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan disebut… a.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : C 59. Pemain bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan… a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : A 60. Pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : B 61 – 75 Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Jawaban 61.

Pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan. a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : D 62. Nama Induk Organisasi bola voli di Internasional a. FIFA b. FIBA c. FIVB d. IAAF Jawaban : C 63. Cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal dalam permainan bola voli disebut… a.

Variasi permainan b. Teknik permainan c. Kombinasi permainan d. Strategi permainan Jawaban : B 64. Nama Induk Organisasi bola voli nasional a. PSSI b. PERBASI c. PASI d. PBVSI Jawaban : D 65. Perubahan nama bola voli terjadi pada tahun. a. 1895 b. 1896 c. 1897 d. 1898 Jawaban : B 66. Dibawah ini yang termasuk teknik dasar permainan voli adalah kecuali a.

Service b. Passing c. Smash d. Shooting Jawaban : D 67. Untuk mengejar bola dengan jarak yang agak jauh dilakukan dengan cara… a. Passing sambil berdiri di tempat b. Passing sambil berlari c. Passing sambil jongkok d. Passing sambil meloncat Jawaban Soal Bola Voli : B 68. Servis yang bolanya melambung atau mengambang ke atas disebut … a. Tennis service b. Service atas c. Floating service d. Overhead service Jawaban : C Baca Juga : Soal Bahaya HIV dan AIDS Pilihan Ganda beserta Jawaban 69.

Servis yang dilakukan dengan gerakan melompat ke udara dinamakan … a. Floating overhand service b. Servis atas c. Servis bawah d. Jumping service Jawaban : D 70. Gerakan lengan yang benar saat melakukan servis bawah dalam permainan bola voli adalah … a.

Diayun kedepan ke arah bola b. Diluruskan ke depan ke arah bola c. Dipukulkan ke depan ke arah bola d. Diputar ke depan ke arah bola Jawaban : A 71. Yang perlu diperhatikan dalam service antara lain, kecuali a. Sikap badan dan pandangan. b. Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan c. Saat pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang harus memukul bola.

d. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk Jawaban : D 72. Servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada … a. Belakang garis servis selebar 9 meter b. Kotak servis 3 meter c. Tempat bebas d. Menurut kesukaan yang melakukan servis Jawaban : A 73. Di bawah ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali … a. Pelannya bola yang dipukul b. Kecepatan bola c.

Perputaran bola d. Penempatan bola di tempat kosong Jawaban : B 74. Teknik pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan disebut. a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : A 75. Salah satu unsur utama yang ikut menentukan menang atau kalahnya suatu regu di dalam suatu pertandingan yaitu … a.

Penguasaan teknik b. Kondisi fisik c. Taktik d. Skill individu Jawaban : A 76 – 90 Contoh Soal Bola Voli dan Kunci Jawaban 76. Yang perlu diperhatikan ketika melakukan teknik smash, kecuali a. Langkah yang dibuat menggunakan langkah kaki yang lebar b. Pada saat mendekati net kedua lengan di ayunkan ke belakang c. Kedua kaki dihentakan bersusulan d.Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan Jawaban : D 77. Urutan yang benar ketika melakukan teknik smash adalah a.

Meloncat, memukul, mendarat dan awalan b. Memukul, mendarat, awalan dan meloncat c. Awalan, meloncat, memukul dan mendarat d. Mendarat, awalan, meloncat dan memukul Jawaban : C 78. Waktu time out hanya diberikan selama a. 1 menit b. 2 menit c. 3 menit d. 4 menit Jawaban : A 79. Pada dasarnya taktik dalam permainan bola voli dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu… a.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Taktik perorangan dan kelompok b. Taktik kelompok dan pertahanan c. Taktik pertahanan dan beregu d. Taktik menyerang dan bertahan Jawaban : D 80. Anggota tubuh yang boleh digunakan pada permainan bola voli a. Tangan saja b. Seluruh tubuh c. Tangan dan kaki d. Tangan, kaki dan kepala Jawaban : D 81. Berikut kesalahan yang tidak boleh dilakukan dalam permainan bola voli kecuali a. Menyentuh net b. Melewati garis tengah c. Melempar atau menangkap bola d. Melakukan smash ketika bola di atas net Jawaban : D 82.

Kompetisi bola voli professional Indonesia yang diikuti oleh beberapa klub yang tersebar di seluruh Indonesia- a. ISL b. Proliga c. Thomas Cup d. IBL Jawaban : B Lihat Juga : Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 83. Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / di daerahnya masing-masing dalam … deret kesamping. a. Satu b. Dua c. Tiga d. Empat Jawaban : B 84.

Tingginya net pada putri… a. 2,21 m b. 2,22 m c. 2,23 m d. 2,24 m Jawaban : D 85. Setiap regu bola voly maksimal memainkan bola sebanyak … kali pukulan. a. Satu b. Dua c. Tiga d. Empat Jawaban : C 86. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah… a. 4 orang b. 3 orang c. 5 orang d. 2 orang Jawaban : A 87.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Apabila salah satu tim di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka pertandingan… a. Dilanjutkan b. Ditunda c. Tim bersangkutan dianggap kalah d. Pertandingan dianggap draw Jawaban : C 88. Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah… a. Menukik b. Lurus c. Melengkung d. Memantul Jawaban : D Simak Juga : Contoh Soal Bola Kasti Pilihan Ganda dan Jawaban 89. Sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan poin disebut a.

Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : D 90. Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan. a. Smash b. Blocking c. Passing atas d. Passing bawah Jawaban : D 91. Teknik blok dapat dibagi menjadi a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 Jawaban : A 92.

Membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih disebut a. Blok tunggal b. Blok ganda c. Blok atas d.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Blok bawah Jawaban : B 93. Membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain a. Blok tunggal b. Blok atas c. Blok ganda d.

Blok bawah Jawaban : A 94. Sikap memblok yang benar adalah kecuali a. Jongkok, bersiap untuk melompat b. Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas c. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir d. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga Jawaban : D 95.

Teknik yang dilakukan untuk memulainya pertandingan pada pertandingan bola voli disebut a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : D Apa itu Permainan Bola Kasti? Berikut ini ulasan lengkap pengertian, sejarah, teknik bermain, peraturan dan ukuran lapangan bola kasti. Biasanya di sekolah permainan bola kasti masuk ke dalam kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.

Permainan yang sekilas mirip dengan baseball dan softball ini sangat sering dipertandingkan oleh guru-guru olahraga SD, SMP, dan SMA. Olahraga ini mengumpulkan aneka macam emosi dan sikap, berdebar, kesetiakawanan, ketangkasan, dan kegembiraan. Lantas, apa saja yang bisa kita gali tentang permainan tradisional ini?

Yuk Grameds, kita gali bersama. Daftar Isi • A. Pengertian Permainan Bola Kasti • B. Sejarah Permainan Bola Kasti • Anda Mungkin Juga Menyukai • C. Tujuan dan Manfaat Bola Kasti • Teknik Permainan Bola Kasti • 1. Teknik Melempar Bola • a. Melempar bola melambung • b. Melempar Bola Lurus atau Datar • c.

Melambungkan Bola dari Bawah • 2. Teknik Memukul Bola • a. Teknik Memukul Melambung • b. Teknik Memukul Mendatar • c. Teknik Memukul Merendah • 3. Teknik Menangkap Bola • a. Teknik Menangkap Bola Melambung • b. Teknik Menangkap Bola Mendatar • c. Teknik Menangkap Bola Menyusur Tanah / Menggelinding • Peraturan Permainan Bola Kasti • Peralatan Permainan Bola Kasti • 1.

Bola Tenis • 2. Tongkat Pemukul • 3. Bendera • 4. Tiang • Ukuran Lapangan Bola Kasti • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Buku Terkait • Materi Terkait A. Pengertian Permainan Bola Kasti Permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan tongkat.

Permainan ini juga disebut sebagai gebokan. Bola yang digunakan adalah bola tenis. Dengan demikian, permainan ini masuk ke dalam kategori permainan bola kecil. Dalam Bahasa Inggris, permainan yang dimainkan oleh 12 pemain di setiap regunya ini bernama rounders. Permainan bola kasti merupakan permainan tradisional yang mengutamakan kerjasama antar pemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan.

Permainan bola kasti dimainkan oleh 2 regu yaitu regu pemukul serta regu penjaga. Regu penjaga akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh regu pemukul.

Bola yang berhasil ditangkap akan dimainkan sehingga bola dapat ditembakkan ke anggota regu pemukul yang sedang berlari untuk melakukan perpindahan pos. Perpindahan pos bertujuan agar pemain regu pemukul dapat kembali “pulang ke rumah” atau yang dinamakan ruang bebas. Jika di tengah on the way “pulang” bola mengenai pemain regu pemukul yang berlari, maka pemain dinyatakan mati. Akibatnya, terjadi pergantian regu. Regu yang awalnya berjaga menjadi regu pemukul dan regu yang awalnya memukul berganti menjadi regu penjaga.

Intinya, tugas regu pemukul adalah memukul bola agar regu penjaga tidak menangkap bola dan dapat berlari ke pos yang ada. Tujuannya adalah untuk “kembali pulang”. Sementara tugas regu penjaga adalah menangkap bola dan menembakkan bola ke tubuh lawan yang masih berada di luar ruang bebas. Tidak jarang dalam permainan ini, penonton dan pemain merasakan harap-harap cemas. Tidak heran jika olahraga ini menawarkan kegembiraan dan keceriaan.

Oleh karena itu, permainan ini sangat bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan usia. B. Sejarah Permainan Bola Kasti Menurut catatan berbagai sumber, sebenarnya belum ditemukan sejarah yang eksak mengenai permainan ini. Namun dalam sebuah buku anak-anak yang berjudul A Little Pretty Pocket Book, permainan ini telah dimainkan di Inggris sejak era Tudor (catatan sejarah menyebutkan rentang tahun 1485-1603).

Sehingga dengan demikian, belum diketahui secara pasti kapan permainan pertama kali dimainkan. Rp 195.000 Buku tersebut pertama kali dipublikasikan pada abad ke-18, tepatnya tahun 1744. John Newbery yang menuliskan buku tersebut menyatakan, permainan dikaitkan dengan baseball.

Meskipun istilah baseball telah ada di Inggris sebelum permainan bola kasti ada, namun banyak yang meyakini bahwa permainan bola kasti sudah lebih dulu ada sebelum baseball dikenalkan. Selanjutnya, pada tahun 1828, seorang penulis bernama William Clark di London menulis edisi kedua buku yang berjudul The Boy’s Own Book.

Di dalam buku tersebut, disebutkan peraturan permainan bola kasti dan dicetak pertama kali dalam Bahasa Inggris. Kemudian aturan bola kasti secara resmi disusun di Irlandia pada tahun 1884 oleh Gaelic Athletic Association (GAA). Mengikuti aturan tersebut, akhirnya dibentuklah sebuah asosiasi untuk permainan bola kasti di Liverpool dan Skotlandia. Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang tahun 1943, terbentuklah National Rounders Association yang menaungi olahraga ini di Britania Raya.

Permainan ini kemudian menjadi sangat populer di Britania Raya. Berbagai usia dan kalangan menggemari permainan ini, tak terkecuali perempuan. Website Telegraph untuk Britania raya menyebut permainan bola kasti merupakan satu-satunya olahraga yang cocok dimainkan untuk mereka yang membenci olahraga. Di dalam tulisan tersebut, pada tahun 2015, disebutkan bahwa permainan ini telah dimainkan oleh tujuh juta anak-anak di Britania Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara).

C. Tujuan dan Manfaat Bola Kasti Tujuan dan manfaat bermain kasti bagi pendidikan jasmani antara lain: 1. Melestarikan budaya olahraga pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang. 2. Bermanfaat untuk kebugaran jasmani dan kesehatan. 3. Meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman. 4. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan. 5. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi. 6.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

Dapat mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik 7. Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. 8. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas. 9. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yangterlibat dalam aktivitas suatu permainan.

10. Mendapatkan olahraga yang murah meriah. Teknik Permainan Bola Kasti Agar dapat memainkan permainan bola kasti dengan baik, Grameds perlu banget memahami teknik-teknik yang bisa digunakan.

Mempelajari sesuatu secara teori dan praktek dapat memperluas pengetahuan dan memperdalam pemahaman tentangnya. Apa saja teknik yang dibutuhkan? Yuk Grameds, kita simak bersama. 1. Teknik Melempar Bola Teknik ini sangat diperlukan oleh tim penjaga agar dapat mengoper bola kepada kawan dan menembakkan bola ke tubuh tim pemukul.

Meskipun demikian, tim beregu juga perlu untuk memiliki teknik ini karena pada suatu saat, tim pemukul akan mendapatkan giliran juga untuk menjadi tim penjaga. Dengan demikian, teknik ini dibutuhkan oleh semua pemain bola kasti.

Ada beberapa macam dalam melempar bola, yaitu: a. Melempar bola melambung Teknik melempar bola melambung ditujukan untuk memberikan bola kepada rekan satu tim yang jaraknya jauh. Agar memiliki waktu yang lama dalam melawan gravitasi bumi, bola perlu diarahkan setinggi mungkin dengan arah yang tepat. Tidak hanya itu, lemparan melambung ini digunakan oleh pelambung agar pemukul bola dapat memukul bola dengan mudah.

Cara melakukan lemparan bola melambung: • Pandangan fokus ke arah dimana bola akan dilemparkan • Posisikan badan menyamping. • Atur posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri berada di belakang.

Kemudian lebarkan kaki secukupnya. • Pegang bola dengan tangan kanan baik-baik. • Lemparkan bola ke arah depan atas. Pastikan arahnya lebih tinggi dari kepala dan melambung tinggi ke atas. • Latih kekuatan otot bahu dan lengan agar lemparan dapat menjangkau jarak yang jauh. • Latih secara rutin agar dapat melakukan lemparan yang akurat. b. Melempar Bola Lurus atau Datar Lemparan lurus datar ini digunakan untuk menembak anggota dari regu pemukul.

Oleh karena itu, lemparan ini perlu dipelajari dengan baik agar dapat menghasilkan lemparan yang matang. Tidak terlalu keras karena dikhawatirkan dapat melukai regu lawan. Dan tidak terlalu pelan juga sehingga bola tidak dapat menjangkau sasaran.

Cara melakukan lemparan lurus atau datar adalah sebagai berikut: • Pandangan fokus ke arah dimana bola akan dilemparkan. • Posisikan badan menyamping. • Pegang bola dengan tangan kanan dan siku membentuk sudut 90o. • Luluskan tangan kiri ke depan dengan ketinggian sejajar dengan bahu. • Lemparkan bola dengan ketinggian sejajar dengan bahu. • Latihlah secara rutin agar dapat menembak dengan kekuatan yang pas dan akurat pada sasaran.

c. Melambungkan Bola dari Bawah Teknik melempar bola kasti yang satu ini diayunkan dengan lengan dari bawah secara lemas, jalannya bola teratur, jadi jangan sampai bola tersebut beputar pada saat dilempar.

Lambungan dan tinggi bola ketika sampai di tempat pemukul harus benar-benar tepat sesuai dengan permintaan si pemukul. 2. Teknik Memukul Bola Memukul bola juga merupakan teknik yang penting dalam permainan bola kasti. Seorang pemukul menjadi kunci keberhasilan timnya untuk “pulang” ke ruang bebas. Jika bola yang dipukul tidak dapat ditangkap oleh regu penjaga, maka dia dan temannya yang masih “tertawan” di pos dapat meloloskan diri untuk pindah ke ruang bebas atau pos berikutnya.

Jika seorang pemukul dapat memukul bola kemudian dia lari dari titik awal sampai dapat kembali ke ruang bebas, tim akan mendapatkan dua poin. Lumayan bukan? Agar dapat memukul bola dengan benar dan kencang, Grameds perlu banget buat tahu cara memukul alat pemukul bola.

Yuk kita simak, Grameds. • Badan condong ke arah pelambung atau pelempar bola. • Kaki dibuka selebar bahu. • Pegang tongkat dengan tangan kanan dan tarik tongkat secara memutar sampai berada di belakang bahu.

• Beri tanda kepada pelempar atau pelambung dengan menggunakan tangan kiri. • Lemaskan tangan namun siapkan tenaga yang kuat. • Fokus pada bola. • Lakukan pukulan saat bola datang. Grameds dapat memukul bola dengan 3 macam pukulan. Apa saja macam-macam pukulannya? a. Teknik Memukul Melambung Teknik pukulan ini berfungsi untuk mengulur waktu agar bola dapat melambung tinggu di udara.

Dengan demikian, regu penjaga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat menangkap bola sementara kamu dapat lari dari satu pos ke berikutnya. Untuk melakukannya, Grameds hanya perlu memukul bola dengan arah silang dari arah belakang bahu kanan ke kiri depan atas. Saat melakukan pukulan, tangan harus lemas agar pukulan lebih mudah mengenai bola. Jika kaku, maka pukulan akan sangat sulit dikendalikan.

Namun demikian, pukulan ini cenderung lebih mudah ditangkap karena regu penjaga dapat membaca arah bola. b. Teknik Memukul Mendatar Pukulan ini berfungsi agar bola dapat dipukul dengan kencang lurus sejajar dengan bahu sehingga regu penjaga kesulitan untuk menangkapnya. Bola yang melaju kencang sangat sulit untuk ditangkap sebab respon dari regu penjaga biasanya kalah cepat dengan laju bola. Dengan demikian, ada kesempatan bagi pemukul untuk melarikan diri. Untuk melakukannya, Grameds perlu memukulkan alat pemukul dari pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang belakang bahu ke kanan ke arah kiri depan.

Arah lintasa pukulan sejajar dengan bahu. c. Teknik Memukul Merendah Pukulan ini dilakukan dengan memantulkan bola. Arah bola ini cenderung lebih sulit ditebak karena bisa jadi arah bola berubah setelah memantul tanah. Tujuan pukulan ini adalah agar mendapatkan pukulan yang kencang. Cara melakukan pukulan ini yaitu Grameds memukul dari bahu kanan belakang ke arah kiri depan bawah. Lintasan pukulan menyilang dan melengkung dari atas ke bawah. Bola yang dipukul ke bawah akan memantul ke lantai atau tanah.

3. Teknik Menangkap Bola Teknik ini sangat berguna bagi regu penjaga. Tim ini perlu untuk menangkap bola secepat mungkin sehingga dapat dioper ke rekan satu tim untuk kemudian menembakkan bola ke tubuh lawan.

Menangkap bola membutuhkan konsentrasi, kemampuan membaca arah bola, dan ketjaman tangkapan tangan. Ada beberapa cara untuk melakukan teknik menangkap bola, yaitu: a. Teknik Menangkap Bola Melambung Menangkap bola melambung ini berguna untuk menangkap bola yang arah datangnya dari atas. Biasanya digunakan untuk menangkap hasil pukulan melambung atau lemparan melambung dari regu satu tim. Kedua tangan yang digunakan untuk menangkap bola darahan ke depan atas.

b. Teknik Menangkap Bola Mendatar Menangkap bola dengan teknik ini digunakan untuk menangkap bola yang arahnya dari depan dengan lesatan yang tinggi. Biasanya, teknik menangkap ini digunakan setelah bola dipukul secara mendatar atau merendah. Posisi kedua telapak tangan diletakkan di depan dada. c. Teknik Menangkap Bola Menyusur Tanah / Menggelinding Menangkap bola dengan menyusur tanah biasanya digunakan untuk menangkap operan dari sesama regu penjaga.

Pada beberapa kali kesempatan, regu penjaga memberikan umpan dengan menyusur tanah. Peraturan Permainan Bola Kasti Berikut ini merupakan aturan dari permainan bola kasti: 1. Jumlah Pemain Jumlah pemain dalam permainan bola kasti adalah 12 orang pemain untuk setiap timnya. 2. Durasi Permainan Permainan bola kasti terbagi menjadi dua babak. Masing-masing babak berjalan selama 20-30 menit, sementara istirahat selama 15 menit.

3. Regu Penjaga Regu penjaga bertugas untuk menangkap bola dan menembakkan bola ke bagian tubuh lawan. Selain itu, regu ini juga dapat menempati ruang bebas jika semua pemain regu lawan pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang berada dalam pos-pos yang tersebar.

Begitu ruang bebas kosong, maka regu penjaga dapat “menguasai” ruang bebas tersebut dan bertukar menjadi tim pemukul. 4. Tim Pemukul Setelah selesai memukul, seorang pemukul akan segera berlari dari satu pos ke pos berikutnya agar dapat segera pulang ke ruang bebas. Perlu juga memastikan bahwa tongkat pemukul berada di dalam area yang diijinkan. Jika berada di luar area yang diijinkan, maka pemukul tersebut tidak akan mendapatkan nilai. Kecuali jika pemukul segera mengembalikan tongkat tersebut ke dalam wilayah yang diijinkan.

5. Pelambung Seorang pelambung diharuskan untuk melempar bola dengan cara melambung sesuai dengan permintaan pemukul. 6. Sistem penilaian Pencatatan skor pada permainan bola kasti ada nilai 0, 1, dan 2. Nilai 0 diberikan jika pemuul gagal memukul bola berkali-kali.

Nilai 1 diberikan kepada regu pemukul jika seorang pemukul dapat memukul dengan benar. Kemudian temannya yang ada di pos dapat berlari “pulang” ke ruang bebas. Nilai 2 diberikan kepada regu pemukul jika seorang pemukul dapat memukul bola dengan baik hingga akhirnya dia dapat “pulang” langsung ke ruang bebas. Bisa dikatakan, dia “pulang” ke rumah karena pukulannya sendiri. Apabila di akhir pertandingan nilai yang didapatkan oleh kedua regu sama, maka akan dihitung tim yang mencatat jumlah lari lebih banyak.

7. Pergantian Posisi Pergantian posisi dapat terjadi jika: • Salah satu anggota dari regu pemukul terkena tembakan bola oleh regu penjaga. • Regu penjaga dapat menangkap bola dari pelambung tiga kali berturut-turut. • Salah satu anggota dari regu pemukul masuk ke ruang bebas melalui garis belakang. • Alat pemukul bola lepas saat memukul bola. • Jika ruang bebas kosong oleh regu pemukul dan dibakar oleh regu penjaga. Peralatan Permainan Bola Kasti Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam permainan bola kasti adalah: 1.

Bola Tenis Bola yang digunakan di dalam permainan ini sama dengan bola yang digunakan untuk bermain bola tenis. Bola ini berwarna hijau. Ukuran bola yang diperlukan sebesar 19-20 cm. Massa yang direkomendasikan adalah 70-80 gram. 2. Tongkat Pemukul Alat ini digunakan untuk memukul bola.

Ukuran panjang kayu 50-60 cm. Penampang bagian tongkat yang berbentuk oval dianjurkan tidak lebih dari 5 cm dan memiliki lebar 3,5 cm. Panjang bagian pegangan tongkat 15-20 cm, ketebalan 3 cm, serta bebas dari balutan apapun. 3. Bendera Bendera bukanlah peralatan yang wajib dalam permainan bola kasti. Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang adanya bendera akan lebih memudahkan karena dapat menjadi penanda beberapa lokasi di lapangan.

Karena tujuannya sebagai penanda lokasi, makanya warna dari setiap bendera harus berbeda. 4. Tiang Ada dua jenis tiang yang diperlukan dalam permainan ini, yakni tiang pada setiap pos dan tiang di ruang bebas.

Bahannya bisa terbuat dari, kayu, bambu, atau besi. Tiang ini ditancapkan ke tanah dan memiliki ketinggian setidaknya 1,5 m dari permukaan tanah. Ukuran Lapangan Bola Kasti • Panjang lapangan: 60-70 meter • Lebar lapangan: 30 meter • Ruang bebas ada 1 • Ruang pertolongan ada 1 • Ruang hinggap ada 2 • Ada tiga pos sebagai tujuan lari tim pemukul setelah berhasil memukul bola. Grameds, selesai sudah pembahasan kita tentang permainan bola kasti. Gramedia akan selalu semangat menjadi #SahabatTanpabatas dalam membersamai keinginanmu untuk melepaskan dahaga akan ilmu.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Pengertian Kebugaran Jasmani • Gerakan Non Lokomotor • Unsur Kebugaran Jasmani • Permainan Sepak Bola • Teknik Dasar Sepak Bola • Tujuan Permainan Sepak Bola • Manfaat Permainan Sepak Bola • Ukuran Lapangan Sepak Bola • Lari Jarak Pendek • Permainan Bola Basket • Tujuan Permainan Bola Basket • Permainan Bola Kasti • Pengertian Pencak Silat • Pengertian Olahraga Renang • Pengertian Permainan Bola Voli • Pengertian Senam Irama • Jenis-jenis Senam Lantai • Macam Gerakan Senam Lantai • Manfaat Lompat Tali • Manfaat Sit Up • Lari Jarak Pendek • Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga • Olahraga Lempat Lembing Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan.

Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 10 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Berikut ini adalah soal ujian sekolah (US) materi Pendidikan jasmani,olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 6 SD Semester 2 (Genap) tahun 2022.

Soal Ujian Sekolah disajikan beserta kunci jawaban sehingga dapat bermanfaat untuk melatih diri atau latihan menghadapi Ujian Sekolah (US) atau Ujian Akhir Semester (UAS) atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN ).

Selain itu, soal dan jawaban yang dibahas sebagai referensi bahan belajar bagi siswa dan guru dan orang tua dalam membimbing anak-anak peserta didik. Selengkapnya pembahasan soal dan jawaban Latihan US, UAS dan USBN untuk siswa kelas 6 SD Pelajaran PJOK semester genap dilansir dari berbagai sumber: (Update Informasi Kunci Jawaban) • SOAL Ujian Sekolah Kelas 6 SD Tema 7 Kepemimpinan, Kunci Jawaban USBN / US Pilihan Ganda Essay A.

Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c atau d didepan jawaban yang benar ! 1. Shit-up bertujuan untuk melatih otot . A. pinggang B. perut C. punggung D. lengan 2. Pukulan menukik tajam ke tanah dalam permainan bola voli dinamakan . A. pukulan smash B. pukulan lambung C. pukulan dasar D. pukulan menyusur 3. Masing-masing sisi pada lapangan ronders berukuran .

A. 10 meter B. 15 meter C. 20 meter D. 25 meter 4 Di bawah ini yang merupakan salah satu contoh secam irama adalah senam . A. Eraubik. B. lantai C. Meroda D. Salto 5. Bagian tubuh yang mengenai matras pertama kali pada saat melakukan gerakan mengguling ke depan pada senam lantai adalah . A. Kepala B. Kaki C. Punggung D. Tangan • SOAL Ujian Sekolah Kelas 6 SD Tema 8 Bumiku, Kunci Jawaban Latihan USBN / US Pilihan Ganda Essay 6.

Dalam bermain rounders pemain ( pemukul ) berhak memukul bola sebanyak tiga kali. Akan tetapi, bila pukulan pertama atau kedua sudah baik / betul maka ia harus lari ke base atau tempat hinggap. Seorang pemukul telah mengayunkan pukulannya, atas lambungan yang benar, sehingga pemain tersebut harus berlari ke base .

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

A. 1 B. 2 C. 3 D. 5 7. Lapangan kasti biasanya berbentuk . A. segi empat B. segi lima C. segi enam D. segi delapan 8. Di bawah ini yang termasuk permainan out bond adalah . A. berenang B. meluncur menggunankan tali ( Flaying fox ) C. mendaki gunung D. mersepeda 9. Penyakit demam berdarah disebabkan olah . A. tikus B. lalat C. nyamuk aedes aegypti D. nyamuk anopelesi 10. Tujuan melakukan pendinginan adalah .

A. mengembalikan kondisi badan B. mengembalikan tenaga yang terkuras C. mengembalikan tubuh yang capek D. mengembalikan pegal dan linu • SOAL Ujian Sekolah Kelas 6 SD Tema 9, Kunci Jawaban Latihan USBN / US Pilihan Ganda 11. Yang termasuk alat senam ketangkasan adalah .

A. simpai B. tali C. palang sejajar D. hola-hup 12. Melakuakan latihan sirkuit bertujuan untuk . A. meningkatkan daya tahan tubuh B. badan menjadi cepat lelah C.

tubuh terasa sakit D.perbaikan penyembuhan 13. Yang termasuk alat senam ritmik di bawah ini adalah . A. gelang-gelang B. kuda pelana C. ring D. simapai 14. Penyakit kuli (panu dan kadas) disebabkan oleh . A. jamur B. bakteri C. virus D. nyamuk 15. Cara memasuki garis finish yang betul adalah . A. dengan melompat ke garis finish B. dengan mengayunkan kedua tangan ke garis finish C. dengan memasukkan salah satu togok ke garis finish D. dengan melakukan jingkat ke garis finis • SOAL Ujian Sekolah Seni Budaya dan Prakarya Kelas 6 SD dan Kunci Jawaban USBN / US Pilihan Ganda 16.

Biasanya shit-up untuk melatih otot anggota bagian . A. tangan B. leher C. kaki D. perut 17. Latihan inti dalam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) dilakukan setelah . A. latihan pendinginan B.

latihan pemanasan C. latihan pemanasan dan pendinginan D. latihan pendinginan dan Pemanasan 18. Pengambilan nafas gaya dada dilakukan setelah melakukan . A. satu tangan dibuka, kepala naik B. kedua tangan dibuka, kepala naik C. dua kaki dibuka, kaki naik D. satu kaki dibuka, kepala naik 19. Untuk menghindari bahaya narkoba bagi generasi muda adala . A. mendekati orang yang memakai narkoba B.

mencoba untuk merokok C. berkumpul dengan sembarang orang D. melakukan olahraga dan kegiatan yang positif 20. Manfaat melakukan kegiatan out bond adalah . A. senang-senang B. bergembira-ria C. menghindari kejenuhan D. hura-hura • SOAL Ujian Sekolah Seni Budaya dan Prakarya Kelas 6 SD dan Kunci Jawaban USBN / US Pilihan Ganda 21.

Lari yang menempuh jarak 100 meter, 200 meter, 400 meter termasuk lari . A. jarak pendek B. jarak jauh C. jarak sedang D. jarak menengah 22. Tarik tambang dapat untuk melatih kekuatan otot . A. tangan dan kepala B. leher dan kaki C. kaki dan tangan D. perut dan paha 23.

Otot perut dapat dilatih dengan melakukan . A. push-up B. shit-up C. back-up D. pull-up 24. Setiap game dalam tenis meja setelah mendapat nila . A. 10 poin B. 11 poin C. 21 poin D. 25 poin 25. Dalam permainan bola voli mini setiap tim berjumlah . A. 4 orang B. 5 orang C.

6 orang D. 7 orang 26. Manfaat dari pemanasan adalah . A. menguatkan otot-otot B. menghindari cidera C. melemaskan kaki D. melemaskan tangan 27. Latihan keseimbangan dapat dilakukan dengan . A. berdiri dua kaki B. berdiri di atas bangku C. sikap kapal terbang D. berjalan dengan kaki dan tangan 28. Berdiri dengan kedua tangan disebut . A. hand - stand B. kop - stand C. roll - kip D. meroda 29. Otot tangan dapat kita latih dengan . A. berlari B. melompat C. menarik / mendorong D. jongkok 30.

Senam massal biasanya dilakukan . A. banyak orang B. sedikit orang C. sekelompok orang D. orang tertentu 31. Simpai, tali, hola-hup biasanya digunakan dalam senam . A. prestasi B. aerobik C.

ritmik D. ketangkasa 32. Obat-obatan yang dilarang pemerintah adalah . Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang.

panadol B. bodrex C. puyer D. extasi 33. Obat-obatan terlarang dapat kita hindari dengan . A. mencoba obat terlarang B. sering merokok C. menghindar atau menjauhi pengguna obat terlarang D. mendekati obat terlarang 34. Kecanduan narkoba akan berakibat . A. hilang daya ingatan B. senang-senang C. bergembira-ria D. merasa bangga 35. Permainan bola voli mini selesai dalam satu game apabila mendapat nilai .

A. 15 poin B. 20 poin C. 21 poin D. 25 poin 36.

pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang

PBVSI kependekan dari . A. Persatuan Basket dan Voli Seluruh Indonesia B. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia C. Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia D. Persatuan Bola Sepak Seluruh Indonesia 37. Peralatan dalam permainan bulu tangkis yaitu . A. bet B.

pemukul C. raket D. sarung tangan 38. Memukul bola sambil melompat menggunakan raket termasuk dalam permainan . A. bulu tangkis B.

tenis meja C. bola voli D. sepak takraw 39. Nilai akhir satu game dalam permainan bulu tangkis adala . A.

15 poin B. 20 poin C. 21 poin D. 25 poin 40. Senam lantai biasanya menggunakan alat . A. ring B. tali C. matras D. kuda-kuda 41. Pengambilan nafas renang gaya punggung dengan cara . A. kepala naik turun B.

kepala menengok ke kanan C. kepala menengok ke kiri D. kepala menghadap ke atas 42. Gerakan meluncur pada renang adalah . A. kaki ditekuk, tangan lurus ke depan B. kaki lurus, tangan ditekuk ke belakang C. kaki dan tangan lurus D. kaki dan tangan di tekuk 43. Nama lain renang gaya dada adalah . A. gaya lumba-lumba B. gaya dolpin C. gaya katak 31. D. gaya harimau 44. Peralatan perkemahan antara lain . A. cangkul B. tenda, pasak dan tali C. senapan D. linggis 45.

Kegiatan di alam terbuka yang biasa dilakukan anak SD yaitu . A. penjelajahan B. mendaki gunung C. arung jeram D. perang-perangan 46. Kegiatan penjelajahan bertujuan untuk . A.

mengenal alam sekitar B. hura-hura Pukulan yang baik dalam permainan kasti dan rounders adalah pukulan yang. mengenal penduduk yang kaya D. pemborosan uang 47. Tujuan melakukan kegiatan out bond adalah . A. senang-senang B. memupuk rasa percaya diri C. bermalas-malasan D. bergembira-ria 48. Apa tujuan dari latihan kebugaran jasmani … A. meningkatkan daya tahan tubuh B. meningkatkan kecepatan C. meningkatkan kekuatan otot D. meningkatkan kelentukan persendian 49. Latihan yang dilakukan secara berlebihan akan mengakibatkan .

A. kekuatan B. kelelahan C. kepintaran D. kesehatan 50. Agus berlatih gerakan lari zig-zag di lapangan olahraga berulang kali dengan semangat. Latihan tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan …. A. Kekuatan B. Kelenturan C. Kelincahan D.

Keseimbangan KUNCI JAWABAN 1.B 2 A 3 B 4 A 5 D 6 A 7 A 8 B 9 C 10 A 11 C 12 A 13 D 14 A 15 C 16 D 17 B 18 B 19 D 20 C 21 A 22 C 23 B 24 B 25 A 26 B 27 C 28 A 29 C 30 A 31 C 32 D 33 C 34 A 35 D 36 B 37 C 38 A 39 C 40 D 41 D 42 C 43 C 44 B 45 A 46 A 47 B 48 A 49 A 50 A *) Disclaimer: Soal dan kunci jawaban di atas hanya digunakan untuk latihan menghadapi US, UAS ataupun USBN.

PJOK Permainan Bola Kecil Kasti dan Rounders




2022 www.videocon.com