Blogger adalah salah satu milik

blogger adalah salah satu milik

Apa Itu Blog? Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi, seperti artikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui secara rutin. Masih bingung mengenai apa itu blog? Jadi, pengertian blog adalah “web log”, yang berarti website untuk menyimpan “log” atau catatan, yang dikelola oleh satu atau beberapa blogger. Nah, dalam artikel ini, kami membahas berbagai informasi seputar blog, termasuk apa itu blogging dan blogger, sejarah blog, fungsi dan jenis blog, perbedaan blog dan website, dan lain sebagainya.

Selamat membaca! Apa Blogger adalah salah satu milik Blogging? Blogger adalah salah satu milik adalah aktivitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video) pada konten blog.

Aktivitas ini dilakukan oleh blogger dengan memanfaatkan blogger adalah salah satu milik digital yang ada di Internet. Aktivitas blogging mulai populer pada awal tahun 2000-an ketika sejumlah blog berbau politik bermunculan. Beberapa saat setelahnya, tema how-to dan tutorial mulai muncul.

Sejak saat itu, aktivitas ini pun menjadi sangat populer. Apa Itu Blogger? Blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Blogger juga merupakan nama layanan blogging dari Google, dengan alamat Blogger.com atau yang sering kita jumpai sebagai Blogspot. Nah, setelah membahas apa itu blogging dan blogger, di bawah ini kami akan menjelaskan sejarahnya.

• Sejarah Blog dan Blogging • Jenis Blog yang Ada Saat Ini • 1. Blog Pribadi • 2. Blog Niche • 3. Blog Multimedia • 4. Blog Berita • 5. Blog Perusahaan atau Bisnis • 6. Blog Afiliasi • 7. Reverse Blog • Struktur Blog • Fungsi Blog dan Manfaatnya • 1. Sebagai Ruang Berbagi • 2. Untuk Menghasilkan Uang • 3.

Sarana Menyalurkan Hobi Menulis • 4. Membangun Personal Branding • 5. Memaksimalkan SEO Website • 6. Mendapatkan Pelanggan Baru • Perbedaan Blog dan Website • Kesimpulan • Pertanyaan Umum Seputar Blog • Apakah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

• Darimana Blogger Mendapatkan Uang? • Mengapa Orang Orang Membuat Blog? Sejarah Blog dan Blogging Blog pertama kali digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Sejarah blog dimulai dari istilah ‘Weblog’, yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Awalnya, aktivitas mengelola blog banyak dilakukan untuk segmen berita dan informasi. Tujuannya mirip seperti koran yang sudah lebih dulu ada, tapi blogging berkembang lebih cepat secara komparatif. Update informasi yang terus-menerus dan kemudahan memilih topik yang sesuai dengan minat dan hobi menjadi dua dari sekian alasan mengapa orang-orang mulai melakukan blogging.

Tahun berikutnya, yaitu pada tahun 2003, WordPress pun diluncurkan, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk memulai blog dan menjadi blogger. Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian warganet.

Beberapa blogger, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blog miliknya sebagai ‘mesin pencetak uang’ dengan bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan). Keduanya bahkan menjadi contoh bagaimana Anda juga bisa mencoba cara mendapatkan uang dari internet dengan mengonlinekan blog.

Jenis Blog yang Ada Saat Ini Setelah mengetahui apa itu blog dan sejarah blog, selanjutnya kami akan membahas jenis-jenis blog.

Ada 7 jenis blog yang cukup populer saat ini, yaitu: • Blog pribadi • Blog niche • Blog multimedia • Blog berita • Blog perusahaan atau bisnis • Blog afiliasi • Reverse blog Penjelasan dan contohnya akan kami jelaskan di bawah ini. 1. Blog Pribadi Jenis blog ini lebih difokuskan pada sang blogger sendiri, bukan audiens. Blogger pribadi biasanya menjadikan blog miliknya sebagai jurnal atau dokumenter tentang hidupnya, minatnya, atau hobinya. Karena tujuannya adalah untuk menuangkan cerita pribadi sang blogger, tipe blog seperti ini umumnya tidak hanya membahas satu topik.

Sang blogger bisa saja membahas berbagai subjek sesuai minatnya. Contohnya adalah Design for Mankind. Pemiliknya, Erin Loechner, menceritakan tentang keluarganya, proyek pekerjaannya, dan refleksi diri. 2. Blog Niche Jenis blog berikutnya adalah blog niche.

Jenis ini benar-benar membahas topik tertentu, biasanya berkaitan dengan minat, skill, dan pengetahuan sang blogger. Misalnya, apabila Anda suka sekali membaca buku, Anda bisa membahas segala hal tentang buku saja. Nah, berikut niche blog yang cukup populer di komunitas blogging: • Traveling. Blogger yang fokus pada niche ini sering kali berbagi cerita tentang perjalanannya.

Mereka menuangkan hobi jalan-jalannya di blog dan memberikan banyak tips dan panduan perjalanan. Contoh yang cukup terkenal adalah The Blonde Abroad. • Fashion. Niche blog ini membahas tren fashion terkini, seperti baju, styling, dan tips saat membeli barang-barang seputar fashion. Contoh blogger terkenal untuk niche ini adalah Jordan Bunker yang membahas tentang busana pria. • Kesehatan dan kebugaran. Artikel yang paling umum untuk niche blog ini mencakup topik seputar latihan, resep bergizi tinggi, dan tips menjaga kesehatan mental.

blogger adalah salah satu milik

Salah satu contoh blogger yang cukup populer untuk niche ini adalah Fit Bottomed Girls. • Makanan. Dalam niche blog ini, sang blogger atau food blogger biasanya berbagi resep, ulasan restoran, dan ulasan alat-alat dapur. Contoh yang cukup populer adalah The Minimalist Baker, yang fokus pada resep memasak dengan 10 bahan makanan saja, atau bahkan lebih sedikit.

• Keuangan pribadi. Niche blog ini berfokus pada manajemen keuangan, mulai dari tips budgeting hingga ide usaha sampingan. Contoh blogger yang berhasil dalam niche ini adalah The Penny Hoarder. • Lifestyle/gaya hidup. Niche ini menggabungkan berbagai topik yang menjadi minat sang blogger, misalnya fashion dengan kecantikan, atau makanan dengan traveling.

Contohnya adalah A Cup of Jo, dengan niche blog seputar lifestyle yang membahas gaya, desain, dan kehidupan menjadi ibu. 3. Blog Multimedia Dalam urusan tampilan dan format, jenis blog ini memang seperti blog pada umumnya, tapi konten-konten yang diterbitkan berjenis multimedia, misalnya video dan podcast.

Jadi, postingan yang diutamakan bukanlah tulisan. Selain itu, jenis blog multimedia juga biasanya mencakup cuplikan video atau podcast, daftar isi, dan kutipan penting. 4. Blog Berita Sesuai tipenya, konten dalam jenis blog seperti ini berfokus pada kejadian aktual, serta informasi terbaru yang dirilis di industri tertentu.

Tidak seperti blog lain, blog berita biasanya tidak menyertakan opini atau konten pribadi. 5. Blog Perusahaan atau Bisnis Jenis blog ini biasanya merupakan bagian dari website perusahaan.

Beberapa perusahaan memanfaatkan website miliknya untuk turut terjun dalam dunia blogging dengan membuat blog. Tujuan utamanya adalah untuk menarik pasar target dengan memposting konten seputar bisnis.

Beberapa perusahaan juga memanfaatkan blog untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang perubahan di organisasinya. Salah satu contoh keren untuk jenis blog ini adalah Mailchimp, yang menyediakan tips dan materi seputar marketing dengan memanfaatkan software digital marketing miliknya. Selain itu, ada juga pembahasan studi kasus klien yang sudah sukses menggunakan tool mereka, yang bisa menjadi sarana promosi. 6. Blog Afiliasi Untuk jenis blog ini, fokusnya adalah affiliate marketing, yaitu teknik pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform online.

Sang blogger biasanya menyediakan link di postingannya yang mengarahkan pembaca ke toko online suatu bisnis. Saat ada yang mengeklik link tersebut dan membeli produk, blogger akan mendapatkan uang dari blog miliknya. Artikel yang umumnya akan Anda jumpai pada tipe blog ini mencakup ulasan produk, tips dan trik membeli produk, atau daftar produk terbaik. Ada juga beberapa yang fokus pada satu niche blog tertentu, blogger adalah salah satu milik Outdoor Gear Lab.

Mereka hanya mengulas produk-produk peralatan outdoor dan biasanya mencakup produk dari Amazon. 7. Reverse Blog Pada reverse blog, konten ditulis oleh sejumlah penulis tamu atau guest writer dan bukan blogger yang memilikinya. Pemiliknya mungkin saja menulis artikel sendiri, tapi tugas utamanya biasanya hanya mengubah dan mengedit tulisan para penulis tamu. Tipe ini cukup populer di antara penulis freelance karena bisa membantu memperluas koneksi dan eksposur mereka. Beberapa blogger juga membayar para penulis freelance untuk artikel yang mereka tulis.

Salah satu contoh reverse blog adalah The Writing Cooperative dari Medium yang berfokus pada penulisan dan penerbitan. Mereka menerima kiriman tulisan dari para penulis di Medium. Struktur Blog Struktur blog terdiri atas beberapa bagian, tergantung pada tujuannya. Namun, secara umum, struktur blog terdiri dari: • Header.

Bagian ini adalah tempat kolom navigasi blog berada, yang biasanya ada di bagian atas. • Area konten. Di sinilah tempat postingan terbaru atau sorotan ( highlight) blog berada. • Sidebar. Pada area ini, terdapat beberapa informasi tambahan seperti profil media sosial penulis blog dan postingan terpopuler. • Footer. Terletak di bagian bawah, yang memuat informasi seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Fungsi Blog dan Manfaatnya Ada banyak alasan mengapa orang atau perusahaan menggunakan blog.

Umumnya, tujuan orang-orang mencari cara membuat blog lalu memulai blogging dan menjadi blogger adalah blogger adalah salah satu milik menuangkan pikiran mereka dan berbagi informasi. Berikut fungsi dan manfaat blog secara umum: 1. Sebagai Ruang Berbagi Misalnya, Anda suka memelihara anjing dan ingin membagikan hobi serta kisah Anda ke audiens di internet. Nah, Anda bisa menuangkannya melalui blog atau jurnal online ini. Contohnya lagi, Anda mungkin sedang mempelajari hal-hal seputar kebugaran dan ingin menuliskan hasil serta kesimpulan riset Anda.

Atau mungkin Anda adalah seorang pebisnis dan ingin menawarkan produk dengan menuliskannya di blog demi meningkatkan awareness dari audiens yang lebih besar. 2. Untuk Menghasilkan Uang Apakah benar kita bisa memperoleh penghasilan dengan mengonlinekan blog? Jawabannya adalah ya, kita bisa menggunakan blog sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Aktiflah mengelola blog untuk membangun audiens yang luas. Setelah traffic yang didapat blog Anda cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang melalui iklan atau afiliasi.

3. Sarana Menyalurkan Hobi Menulis Sama seperti website atau jurnal, blog juga memiliki struktur yang tidak kaku. Sebab, jurnal online ini menawarkan berbagai macam desain dan bentuk, terlebih dengan adanya update secara berkala. Ada fitur yang standar dan terstruktur yang akan Anda sadari ketika membuka dan membaca blog, sehingga jurnal online ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis Anda.

4. Membangun Personal Branding Blog adalah platform yang sangat bagus untuk menunjukkan skill dan pengetahuan Anda, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesan yang baik dan memberikan nilai plus kalau-kalau Anda perlu menyertakan portofolio saat akan melamar pekerjaan.

5. Memaksimalkan SEO Website Halaman website yang memiliki blog akan terindeks 434% lebih banyak di mesin pencari, blogger adalah salah satu milik meningkatkan peluang untuk meraih ranking yang lebih tinggi dalam SERP. Selain itu, blog akan membantu orang menemukan konten Anda dengan mudah saat mencari nama atau merek Anda secara online. 6. Mendapatkan Pelanggan Baru Kalau memang tujuan Anda membuat website sejak awal adalah untuk berbisnis, membuat blog dengan konten yang relevan bisa mendatangkan lebih banyak traffic dan prospek, karena 81% pembeli dipastikan melakukan riset online sebelum melakukan pembelian.

Perbedaan Blog dan Website Banyak orang yang menganggap blog dan website sebagai hal yang sama, terlebih lagi ada banyak perusahaan yang menggunakannya di saat bersamaan sehingga mungkin cukup membingungkan. Perbedaan blog dan website terletak pada frekuensi update, dinamika postingan, dan keterangan postingannya.

Blog memiliki konten yang selalu update, dengan tanggal terbit, penulis, kategori, dan tag, sedangkan website tidak menampilkannya sama blogger adalah salah satu milik.

Blog, seperti yang telah kami jelaskan pada bagian apa itu blog di atas, memiliki konten yang harus terus update dan dikelola. Anda juga harus menggunakan desain yang menarik untuk mencuri perhatian audience dan memaksimalkan potensi, seperti mengaktifkan kolom komentar agar pengunjung bisa turut berdiskusi.

blogger adalah salah satu milik

Di sisi lain, website adalah halaman web yang cenderung ‘statis’, tidak harus selalu update. Saat masuk ke sebuah blog, Anda pasti melihat bahwa kontennya selalu baru. Berbeda ketika mengunjungi website, Anda bisa melihat bahwa hampir semua kontennya akan tetap sama sampai waktu yang cukup blogger adalah salah satu milik. Jadi, sudah paham tentang apa itu blog serta perbedaannya dengan website?

Kesimpulan Jadi, melalui blog, Anda sebagai blogger bisa menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan sehari-hari.

Bahkan, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan, terlebih kalau Anda fokus pada suatu topik unik yang bisa menarik pembaca. Demikian halnya ketika Anda menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk meningkatkan awareness dan kepercayaan pelanggan, salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat blog yang menarik serta memuat beragam informasi penting.

Semoga melalui artikel ini, Anda bisa belajar banyak hal mengenai apa itu blog. Kalau punya pendapat atau pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Pertanyaan Umum Seputar Blog Apakah Blog Bisa Menghasilkan Uang? Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jawabannya adalah ya, blogger bisa mendapatkan uang dari blog yang dikelolanya.

Berdasarkan informasi dari Forbes, 10 situs blog terbaik bisa membawa penghasilan mulai dari $175.000 hingga $14.000.000 per bulannya. Jumlah yang sangat fantastis, bukan? Siap Membangun Blog Menggunakan Blogspot (Blogger)?

blogger adalah salah satu milik

Agar lebih memahaminya, simak pengertiannya berikut ini! Apa itu Blogspot (Blogger)? Sebuah blog bisa kamu bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman dari nol. Awalnya, kamu perlu mendesain tampilan blog menggunakan coding terlebih dahulu.

Kemudian membuat back end untuk menampilkan, membuat dan mengubah postingan, blogger adalah salah satu milik lain sebagainya.

Hal ini tentunya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukannya. Nah, blogger atau blogspot adalah solusi praktis untuk permasalahan tersebut! Blogger merupakan platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah blog meskipun kamu tidak memiliki pengetahuan bahasa pemrograman apapun sebelumnya. Di sana, kamu hanya perlu memilih template tampilan yang ada, kemudian mulai membuat dan memanajemen postingan untuk blog milik kamu. Jadi, kamu bisa benar-benar fokus untuk mengelola blog mu tanpa harus pusing memikirkan pengelolaan website blog milik kamu ini.

Setelah mengetahui bahwa blogger adalah platform untuk membuat sebuah blog, tentunya kamu bertanya-tanya terkait bagaimana cara membuat blog menggunakan platform yang satu ini. Banyak orang yang menganggap bahwa blogger dan blogspot itu merupakan hal yang sama.

Sebenarnya tidak masalah, hal ini karena blogspot adalah bagian dari platform blogger. Nah, jika kamu sudah berhasil membuat blog menggunakan blogger, nanti URL atau nama domain yang akan diakses oleh orang lain menggunakan ekstensi .blogspot.com. Misalnya kamu ingin membuat blog dengan konten travelling. Kamu membuat nama blog nya adalah Yumm’s Journal, maka nanti URL atau nama domain yang akan diakses yaitu yummsjournal.blogspot.com. Jadi platform pembuat blog nya bernama blogger, sedangkan blogspot adalah ekstensi yang digunakan pada blog khusus platform blogger.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum membuat blog yang kamu inginkan. Dengan mengetahuinya, tentu kamu bisa lebih mudah saat ingin membangun sebuah blog menggunakan platform blog yang satu ini. Untuk itu, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini! Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot (Blogger) Sekarang saatnya masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat blog menggunakan blogger.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, blogger adalah platform blog maker yang sangat mudah untuk digunakan. Simak caranya berikut ini! 1. Mengakses Blogger Pertama- tama kamu bisa mengakses Blogger terlebih dahulu. Blogger atau Blogspot adalah platform yang terintegrasi dengan akun Google. Untuk itu, pastikan kamu memiliki akun Google beserta Gmail agar bisa membuat blog dengan Blogger. Setelah itu, kamu bisa klik Buat Blog Anda atau Create Your Blog.

Kemudian, silakan pilih alamat Gmail yang akan kamu gunakan untuk akun Blogger. 2. Mulai Membuat Blog dengan Blogspot Blogger atau Blogspot adalah memang platform yang dikhususkan untuk membuat blog. Inilah kenapa setelah halaman blogger terbuka, kamu akan melihat tombol Buat Blog Anda atau Create Your Blog di sana. Nah, silahkan tekan tombol tersebut untuk mulai membuat blog milik kamu sekarang.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nama tampilan yang akan dilihat oleh orang saat membaca blog milik kamu. Silahkan masukkan nama yang ingin kamu gunakan. Kamu tidak harus menggunakan nama asli mu saat mengisi nama tampilan ini. Selain itu, kamu juga masih bisa mengubahnya nanti jika diperlukan.

Jika kamu sudah selesai mengisi namanya, kamu bisa langsung menekan tombol Next dan melakukan konfirmasi terhadap profil blogger milik kamu. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman dashboard Blogger akun kamu. Di dashboard tersebut kamu bisa mengelola blog mulai dari memilih tema, membuat konten, hingga menambahkan widget, dan masih banyak lagi.

3. Saatnya Membuat Blog Baru Di tahap ini, kamu akan melihat sebuah tombol untuk membuat blog baru di blogger. Kamu hanya perlu menekan tombol tersebut sehingga blogspot akan membuatkan blog baru yang masih bersih untuk kamu kreasikan nantinya. Hal yang selanjutnya yang harus kamu lengkapi adalah informasi tentang blog yang ingin kamu buat. Setelah kamu menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi informasi terkait judul, alamat dan juga tema yang akan digunakan untuk blog milik kamu.

Judul yang blogger adalah salah satu milik diisikan ini nantinya menjadi nama yang akan ditampilkan di blog. Kemudian alamat akan menjadi alamat url untuk blog milik kamu dan untuk tema akan menjadi tata letak dan tampilan desain untuk blog milikmu.

blogger adalah salah satu milik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alamat blog atau URL tidak bisa kamu isikan secara sembarangan. Hal ini karena Blogger menetapkan aturan URL yang menggunakan ekstensi .blogspot.com. Untuk itu, kamu harus menambahkan akhiran .blogspot.com setelah alamat utama blog milikmu. Biasanya, blogger akan memberikan opsi alamat yang tersedia setelah kamu mengetikkan alamat utama. Misalnya seperti blogsaya.blogspot.com.

Hal yang menarik dari pengalamatan blogspot adalah kamu akan mendapatkan notifikasi jika kamu memasukkan nama blog yang sudah dipakai orang lain. Dengan begitu, alamat blog milikmu tidak akan sama dengan alamat blog lain yang sudah ada sehingga pengunjung tidak kebingungan saat ingin mengunjungi blog milikmu. Setelah itu, Google akan memberikan tawaran kepada kamu untuk melakukan personalisasi terkait domain yang kamu gunakan.

Nah, kamu bisa mengabaikan tawaran ini. Jika suatu saat kamu ingin melakukan personalisasi, kamu tetap bisa mengubahnya kapanpun di waktu yang akan datang. Sekarang, kamu sudah memiliki blog baru dan saatnya masuk ke bagaimana cara membuat post di blog!

4. Blogger adalah salah satu milik Posting Baru Salah satu fitur yang akan memudahkanmu di blogspot adalah mudahnya dalam mengakses tombol untuk membuat posting baru. Kamu hanya perlu menekan tombol Posting Baru atau New Post untuk menulis konten di blogger adalah salah satu milik milik kamu dan menerbitkannya. Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan judul dari postingan milik kamu serta isi konten yang ingin kamu bagikan di blog milikmu. Kamu juga bisa melampirkan media di postingan ini agar posting yang kamu terbitkan akan menjadi lebih menarik.

Kemudian, jika kamu sudah selesai menentukan judul dan menulis konten dari posting tersebut, kamu bisa langsung menekan tombol Terbitkan atau Publish sehingga postingan tersebut akan muncul di blog milik kamu dan bisa dilihat serta ditemukan oleh siapa saja yang ada di internet.

Untuk melihatnya bagaimana bentuk blog yang akan dilihat oleh orang lain nantinya, kamu bisa klik Preview disebelah tombol Publish atau Terbitkan. Setelah itu, kamu akan melihat postingan pertama yang baru saja kamu terbitkan berada di halaman tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa postingan di blogspot adalah postingan yang pasti akan muncul di mesin pencarian Google.

Namun, jika kamu mencoba melakukan pencarian sesaat setelah menerbitkan posting dan tidak menemukannya di Google, maka kamu tidak perlu khawatir. Biasanya, diperlukan waktu paling lama 1×24 jam agar blog serta posting tersebut dapat muncul di mesin pencarian. Jika kamu menginginkan peningkatan jumlah pengunjung secara cepat di saat itu juga, kamu bisa mempromosikan blog milikmu melalui berbagai media sosial yang kamu miliki.

Hal ini bisa kamu lakukan sambil menunggu blog milikmu bisa ditemukan di mesin pencarian. 5. Melakukan Penyesuaian Blog Setelah selesai dengan penambahan posting baru, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap blog milik kamu. Blogger atau Blogspot adalah platform yang menawarkan fitur untuk mengubah judul, alamat, dan juga tema dari blog yang kamu miliki.

Ini berguna ketika kamu ingin mengubah ide dari blog yang akan kamu kembangkan. Untuk mengubahnya, kamu bisa pergi mengunjungi menu pengaturan di bagian backend dari blog milikmu.

Di sana, kamu akan melihat opsi di sebelah pojok atas. Opsi tersebut bisa digunakan untuk mengubah judul dan alamat dari blog yang kamu miliki. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengubah kedua hal ini agar kamu blog milik kamu bisa berfokus pada suatu bidang dengan pengunjung yang sudah tepat.

Saat melakukan penggantian alamat, kamu perlu berhati-hati karena alamat yang sebelumnya tidak akan bisa dikunjungi lagi oleh pengunjung blog saat ini.

Hal ini akan menjadi masalah saat kamu sudah memiliki banyak postingan dan tiba-tiba kamu mengubah alamat dari blog tersebut.

Pengunjung yang sudah menyimpan postingan kamu, akan mengalami error pada saat mereka membuka alamat yang lama. Untuk itu, perubahan alamat ini harus kamu lakukan sebisa mungkin hanya di awal pembuatan blog saja. Sumber : Elements Envato Selain itu, fitur menarik lain dari blogspot adalah tersedianya opsi untuk mengubah tema blog.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengganti tema hanya dengan sekali klik saja tanpa harus mengalami kesulitan dalam mengubah kode program. Di sana sudah tersedia banyak pilihan tema yang bisa kamu blogger adalah salah satu milik dengan topik yang ingin kamu bawakan di blog milik kamu itu. Satu tema akan memiliki tata letak dan juga skema warna yang berbeda satu sama lain.

Setelah menemukan tema yang dirasa pas, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap tema tersebut. Nah, menariknya, kamu bisa bebas berkreasi saat melakukan penyesuaian ini. Dengan begitu, tampilan blog yang kamu miliki, bisa kamu ubah sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dari blog lainnya. Siap Membangun Blog Blogger adalah salah satu milik Blogspot (Blogger)? Bagaimana? Pembuatan blog menggunakan blogger ini sangat mudah, bukan?

Blogger atau Blogspot adalah platform yang dirancang untuk memudahkan kamu dalam membangun sebuah blog. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di atas dan buatlah blog menggunakan blogger sekarang juga!

Sudah punya blog Blogger dan ingin upgrade jadi blog yang Lebih Professional? Lakukan Custom Domain dan ikuti langkahnya di Panduan Custom Domain ke Blogspot di cPanel Hosting
Custom Domain Blogger Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, blogging adalah kegiatan mengelola blog, mulai dari menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lain di dalam blog, seperti foto atau video, yang populer dilakukan sejak dahulu hingga sekarang. Biasa disebut sebagai “diari online”, blogger adalah media yang sering dijadikan rujukan seseorang saat mencari review atau testimoni tentang produk maupun layanan.

Nah, sebelum mencari tahu cara untuk membuat blog, simak penjelasan dari Rumahweb Indonesia mengenai blogger berikut ini! Pengertian Blogger Singkatnya, Blogger adalah sebuah platform layanan penerbitan blog yang dimiliki Google sejak tahun 2003. Sebelumnya, platform blogger.com diciptakan oleh Jorn Barger dan sudah ada sejak 1999. Blogger banyak diminati karena dapat digunakan secara mudah dan gratis. Bisa dikatakan, Blogger adalah platform penggagas blog pertama kali.

Karena itulah, kemudian muncul istilah blogger yang digunakan untuk merujuk orang atau pembuat blog. Ciri khusus platform blogger adalah penggunaan domainnya yang umumnya menggunakan (dot)blogspot(dot)com. Fitur Blogger Blogger adalah platform blog yang mudah digunakan. Ada beberapa fitur yang bisa menunjang tulisan Anda, agar semakin menarik untuk dibaca. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Blogger: 1.

Template Design Blog Fitur pertama yang harus Anda tahu dalam blogger adalah tersedianya berbagai template design untuk laman blog. Template ini disediakan secara gratis dalam berbagai pilihan warna, gaya, dan bentuk. Anda juga dapat melakukan custom tema blog agar sesuai dengan keinginan dan tema blog yang akan dibuat.

2. Layout Setting Fitur selanjutnya yang ada pada blogger adalah layout setting. Fitur ini dapat membuat pengguna bebas mengatur layout halaman blog mereka, mulai dari menu, widget, serta opsi lainnya untuk membuat halaman blog semakin menarik.

3. Blogging by Phone Selain dapat diakses melalui browser pada PC/LaptopAnda juga bisa blogger adalah salah satu milik Blogger menggunakan HP. Fitur blog satu ini adalah inovasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses Blogger kapan pun dan di mana pun.

Meskipun menggunakan HP, Anda tetap bisa mengakses semua fitur dan layanan pada Blogger, sama halnya dengan mengakses lewat desktop. 4. Stats Tab Stats Tab pada blogger adalah fitur yang bisa Anda gunakan untuk melihat hasil analisis traffic dari unggahan blog. Semakin sering orang membaca dan mengunjungi blog Anda, maka analisis yang muncul akan menunjukkan kenaikan traffic. 5. Earnings Tab Fitur lain yang ada pada blogger adalah earnings tabs dapat digunakan jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang sudah dibuat.

Fitur ini dapat diaktifkan apabila Anda berlangganan paket premium dari Blogger.

blogger adalah salah satu milik

Uang yang dihasilkan dari blog didapatkan dari penempatan ads atau iklan pada blog Anda. Cara Daftar Blogger Blogger adalah salah satu platform blogging yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk bisa membuat akun blog pribadi. Cara membuat akun di blogger adalah sebagai berikut: • Buka situs www.blogger.com. • Klik menu Create Your Blog > Login menggunakan email Google Anda. • Berikutnya, isi judul apa yang ingin Anda digunakan pada blog > klik tombol Berikutnya.

• Anda juga harus menentukan nama domain yang ingin digunakan pada blog. Pada pemilihan nama domain ini Anda bisa menambahkan angka ataupun tanda (-) dan (.) pada domain Anda > klik tombol Berikutnya. • Langkah terakhir, isi kolom Username pada akun Anda > klik Selesai, dan akun blogger Anda sudah siap untuk digunakan!

Cara Membuat Blogger Setelah mengetahui bagaimana mendaftarkan akun blog, kini saatnya Anda juga harus tahu bagaimana blogger adalah salah satu milik membuat tulisan di akun Blogger.

Berikut cara membuat konten di blogger: • Buka & Login ke akun Blogger Anda > klik menu Postingan Baru yang ada di bagian kiri halaman. • Akan muncul halaman lembar kerja seperti di bawah ini: • Selanjutnya, Anda bisa mengisi judul tulisan terlebih dahulu pada bagian atas halaman. Kemudian, Anda bisa langsung mengisi lembar kerja tersebut dengan tulisan yang ingin diunggah nantinya. • Selain tulisan, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur yang ada pada Blogger dengan klik toolbar di bagian atas lembar kerja.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan foto, video, ataupun link untuk memperjelas tulisan yang dibuat. • Terakhir, klik tombol Publikasikan pada bagian kanan halaman.

Tunggu beberapa saat sampai postingan berhasil diunggah. • Untuk melihat hasil tulisan yang sudah diunggah, kembali ke menu Postingan > klik ikon Preview yang ada di bagian kanan. • Berikut kurang lebih tampilan tulisan pada akun Blogger Anda.

Custom Domain Blogger Tahukah kamu bahwa nama domain di blogger dapat diganti dengan nama domain sendiri? Ya, saat ini Blogger telah menyediakan fitur custom domain yang dapat anda gunakan untuk mengubah URL blog anda menjadi nama domain sendiri. Sebagai contoh, URL blogger anda adalah boneka.blogspot.com.

Kini, Anda bisa mengubahnya menjadi nama domain sendiri seperti boneka.com atau boneka.id. Caranya settingnya sangat mudah! Anda hanya perlu membeli nama domain di Rumahweb. Setelah domain aktif, anda bisa mengikuti panduan Custom Domain Blogspot yang telah disediakan.

Ternyata, kini kegiatan blogging tidak hanya bisa dijadikan sebuah hobi saja, namun bisa dijadikan sebagai pekerjaan atau karir yang cukup menjanjikan. Demikian penjelasan mengenai Blogger dari Rumahweb Indonesia. Semoga membantu! • العربية • অসমীয়া • Беларуская (тарашкевіца) • Български • भोजपुरी • Banjar • বাংলা • Bosanski • Català • Dansk • Deutsch • Zazaki blogger adalah salah satu milik Ελληνικά • English • Esperanto • Español • فارسی • Suomi • Français • Galego • עברית • हिन्दी • Magyar • Հայերեն • Italiano • 日本語 • Jawa • ქართული • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • 한국어 • Lietuvių • മലയാളം • Bahasa Melayu • مازِرونی • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Polski • Português • Română • Русский • Саха тыла • Scots • සිංහල • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • Tetun • Тоҷикӣ • ไทย • Tagalog • Türkçe • Українська • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Tiếng Việt • 吴语 • ייִדיש • 中文 • 粵語 Jenis situs Host blog Bahasa Lihat di bawah Pemilik Google Situs web www .blogger .com Peringkat Alexa ▲ 223 (Januari 2020 [update]) [1] Komersial Ya Daftar akun Optional, Gratis Diluncurkan 23 Agustus 1999 ; 22 tahun lalu ( 1999-08-23) [2] Status Aktif Bahasa pemrograman Python [3] Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu.

Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain " blogspot.com".

Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun. [4] Hingga 1 Mei 2010, Blogger juga memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan blog ke server hosting web mereka sendiri, melalui FTP. Semua blog semacam itu harus diubah untuk menggunakan subdomain blogspot.com, atau mengarahkan domain mereka sendiri ke server Google melalui DNS.

[5] Daftar isi • 1 Sejarah • 1.1 Desain ulang • 1.2 Bahasa yang tersedia • 1.3 Alamat Blogger khusus negara • 2 Alat • 3 Desain yang tersedia • 4 Batasan • 5 Dukungan • 6 Lihat pula • 7 Referensi • 8 Pranala luar Sejarah Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia.

Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google. Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan desain ulang besar, menambahkan fitur seperti templat yang sesuai standar web, halaman arsip individual untuk posting, komentar, dan posting melalui email. Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam versi beta, dengan nama sandi "Invader", di samping rilis emas.

Ini memigrasikan pengguna ke server Google dan memiliki beberapa fitur baru, termasuk bahasa antarmuka dalam bahasa Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol. [6] Pada Desember 2006, Blogger versi baru ini dikeluarkan dari versi beta. Pada Mei 2007, Blogger telah sepenuhnya pindah ke server yang dioperasikan Google. Blogger menduduki peringkat 16 dalam daftar 50 domain teratas dalam hal jumlah pengunjung unik pada tahun 2007.

Pada 24 Februari 2015, Blogger mengumumkan bahwa pada akhir Maret tidak akan lagi mengizinkan para penggunanya memposting konten yang eksplisit secara seksual, kecuali jika ketelanjangan menawarkan "manfaat publik yang besar," misalnya dalam konteks artistik, pendidikan, dokumenter, atau ilmiah." [7] Pada 28 Februari 2015, yang merupakan reaksi keras dari blogger jangka panjang, Blogger membalikkan keputusannya untuk melarang konten seksual, kembali ke kebijakan sebelumnya yang memungkinkan gambar dan video eksplisit jika blog ditandai sebagai" dewasa ".

[8] Desain ulang Sebagai bagian dari desain ulang Blogger pada tahun 2006, semua blog yang ada di Blogger dimigrasikan ke server Google.

Blogger mengklaim bahwa dengan migrasi tersebut, layanan mereka lebih stabil karena kualitas server yang dimiliki Google lebih baik dari sebelumnya. [9] Seiring dengan migrasi layanan Blogger ke server Google ini, beberapa fitur baru diperkenalkan, meliputi manajemen label, antarmuka penataan layout template dengan cara geser-dan-letakkan ( drag-and-drop), izin pembacaan blog (untuk membuat blog-blog pribadi) dan opsi web feed yang baru.

Lebih lanjut, kini setiap blog diperbaharui secara dinamis, berbeda dengan sebelumnya di mana setiap posting atau komentar baru diperlakukan dengan menulis ulang file HTML. Pada September 2009, Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs lainnya, seperti: • Menambahkan lokasi ke pos melalui penandaan geografis.

• Memberi cap waktu pada publikasi, bukan pada kreasi asli. • Mengubah ukuran vertikal dari editor posting. Ukurannya disimpan dalam preferensi per-pengguna, per-blog. • Tautan pengeditan dalam mode penulisan.

• Dukungan dan kesetiaan Safari 3 penuh pada Windows dan macOS. • Dialog Pratinjau Baru yang menampilkan tulisan dalam lebar dan ukuran font yang mendekati apa yang terlihat dalam tampilan yang dipublikasikan. • Gambar placeholder untuk tag sehingga embed dapat dipindahkan dalam mode penulisan. • Toolbar baru dengan estetika Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol "undo" dan "redo", juga menambahkan tombol justifikasi penuh, tombol mogok, dan palet warna yang diperluas.

Pada 2010, Blogger memperkenalkan templat baru dan mendesain ulang situs webnya. Editor posting baru dikritik karena kurang dapat diandalkan daripada pendahulunya. Bahasa yang tersedia Pada akhir 2016, Blogger tersedia dalam 60 bahasa ini : Afrika, Amharik, Arab, Basque, Bengali, Bulgaria, Catalan, Cina (Hong Kong), Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Blogger adalah salah satu milik, CekoDenmark, Belanda, Inggris (Inggris), Inggris (Amerika Serikat), Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Galicia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, KoreaLatvia, Lituania, Melayu, Malayalam, Marathi, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis (Brasil), Portugis (Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol (Amerika Latin), Spanyol (Spanyol), Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, dan Zulu.

Alamat Blogger khusus negara Pada bulan Februari 2013, Blogger mulai mengintegrasikan blog pengguna dengan beberapa URL khusus negara. Misalnya, " exampleuserblogname.blogspot.com" akan secara otomatis dialihkan ke " exampleuserblogname.blogspot.ca" di Kanada, " exampleuserblogname.blogspot.co.uk" di Inggris. Blogger menjelaskan bahwa dengan melakukan ini mereka dapat mengelola konten blog secara lebih lokal sehingga jika ada materi yang tidak pantas yang melanggar undang-undang negara tertentu mereka dapat menghapus dan memblokir akses ke blog itu untuk negara itu melalui ccTLD yang ditugaskan sambil mempertahankan akses melalui alamat ccTLD lainnya dan URL Blogspot.com default.

Jika sebuah blog yang menggunakan URL khusus negara telah dihapus, secara teknis masih mungkin untuk mengakses blog melalui penggantian No Country Redirect Google dengan memasukkan URL menggunakan alamat Blogspot.com biasa dan menambahkan / ncr setelah .com. [10] Pada bulan Mei 2018, Blogger berhenti mengalihkan ke ccTLD dan URL khusus negara kini akan dialihkan ke alamat Blogspot.com default. Alat • Toolbar Google memiliki fitur “BlogThis!” yang mengizinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.

• Google AdSense sebagai sebuah cara bagi pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka. • Google Adwords sebagai sebuah cara untuk mempromosikan blog baru. • blog multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).

• fitur pengubahan template, yang mengizinkan pengguna mengubah desain templat blog sesuai keinginan mereka. Bagi pengguna yang memiliki kemampuan pemrograman atau pemahaman kode CSS, fitur ini sangat berguna karena memungkinkan mereka merancang desain blog miliknya sendiri, antara lain dengan menambahkan sejumlah menu, dan kolom. • Blogger dapat dihubungkan langsung dengan google+ yang dapat mentag teman dan berbagi langsung dengan mereka. Desain yang tersedia Blogger memungkinkan penggunanya untuk memilih dari berbagai templat dan kemudian menyesuaikannya.

Pengguna juga dapat memilih untuk membuat templat mereka sendiri menggunakan CSS. Templat desain baru, yang dikenal sebagai "Dynamic View", diperkenalkan pada 31 Agustus 2011. [11] dengan Tampilan Dinamis diperkenalkan pada 27 September blogger adalah salah satu milik. [12] Itu dibuat dengan AJAX, HTML5, dan CSS3. Waktu untuk memuat adalah 40 persen lebih pendek daripada templat tradisional, dan memungkinkan pengguna untuk menyajikan blog dalam tujuh cara berbeda: klasik, flipcard, majalah, mosaik, bilah sisi, foto, dan jangka waktu.

Pembaca masih memiliki opsi untuk memilih tampilan yang lebih disukai ketika pemilik blog telah menetapkan tampilan default. [13] Beberapa widget (mis., Label, Profil, Daftar Tautan, Tautan Langganan, Pengikut, dan Arsip Blog, dll.) Tersedia untuk Tampilan Dinamis; template lain dipilih oleh blogger. Pada bulan April 2013, Blogger memperbarui editor template HTML-nya yang memiliki beberapa perbaikan untuk memudahkan pengguna mengedit kode sumber blog.

Editor diperbarui dengan highlight sintaksis, garis angka dan tombol jump-to-widget untuk kemudahan mengedit kode. Batasan Blogger memiliki batasan berikut pada penyimpanan konten dan bandwidth, per akun pengguna: [14] • Deskripsi blog - maks 500 karakter; Hyper Text Markup Language tidak didukung • Jumlah blog - 100 blog per blogger adalah salah satu milik • Jumlah label - 5.000 label unik per blog (meningkat dari yang asli 2.000), 20 label unik per posting (dengan maksimal 200 karakter) • Jumlah gambar - Biasanya, total penyimpanan hingga 1 GB, dibagi dengan Web Picasa.

Jika Anda meningkatkan ke Google+, foto Anda akan disimpan di Google Photo, tempat Anda memiliki ruang penyimpanan 15 GB yang dibagikan dengan Gmail dan Drive. Namun, jika seseorang telah mendaftar untuk akun Google+, gambar yang kurang dari 16 megapiksel (4920 × 3264) [15] tidak akan dihitung hingga batas penyimpanan ini. Untuk pengguna yang tidak mendaftar ke Google+, 800 × 800 piksel dan gambar di bawah tidak akan termasuk dalam ruang penyimpanan ini.

• Ukuran halaman - Halaman individual (halaman utama blog atau halaman arsip) dibatasi hingga 1 MB. • Jumlah halaman - Tidak ada batasan jumlah halaman yang dapat Anda miliki di satu blog • Anggota tim (mereka yang dapat menulis ke blog) - 100 undangan per blog • Favicon - Gambar persegi apa saja kurang dari 100 KB • Penangguhan akun: jika situs melanggar persyaratan layanan apa pun, situs dapat ditangguhkan oleh Blogger tanpa pemberitahuan.

Pelanggaran berulang dapat menyebabkan penangguhan akun Google. Pada 18 Februari 2010, [16] Blogger memperkenalkan "auto-pagination", yang membatasi jumlah posting yang dapat ditampilkan pada setiap halaman, sering kali menyebabkan jumlah posting pada halaman utama lebih kecil dari yang ditentukan oleh pengguna. dan mengarah ke respons yang bermusuhan dari beberapa pengguna.

[17] Blog pribadi terbatas hanya untuk 100 anggota. Dukungan Saluran dukungan resmi adalah Forum Produk Blogger. [18] Forum diskusi online ini, disampaikan menggunakan Google Groups, melayani pengguna Blogger dengan berbagai pengalaman, dan menerima beberapa pemantauan dari staf Google. "Kontributor utama" adalah anggota komunitas yang dicalonkan oleh staf Google yang menikmati hak istimewa tambahan termasuk mengelola diskusi dan akses langsung ke staf Google.

Kemungkinan ada kontributor teratas atau orang berpengetahuan lain yang membaca forum hampir setiap saat. Sejumlah orang, termasuk beberapa kontributor teratas, menjalankan blog pribadi di mana mereka menawarkan saran dan memposting informasi tentang masalah umum. Forum Aplikasi Web StackExchange memiliki tag untuk "blogger", yang digunakan untuk pertanyaan tentang berbagai platform blogging, termasuk Blogger.

[19] Lihat pula • Google • Website Referensi • ^ "blogger.com Competitive Analysis, Marketing Mix and Traffic - Alexa". www.alexa.com. Diakses tanggal 13 January 2020.

• ^ "The Story of Blogger". Blogger.com. October 8, 2003. Diakses tanggal December 25, 2011. • ^ Roger Chapman. "Top 40 Website Programming Languages". roadchap.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2011. Diakses tanggal September 6, 2011. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ "Create a blog - Blogger Help". support.google.com. Diakses tanggal 2020-03-01. • ^ "Important Note to FTP Users". Official Blogger Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-01.

• ^ "Blogger Beta: Feature Complete!". Official Blogger Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ McCormick, Rich (2015-02-24). "Google-owned Blogger bans sexually explicit content". The Blogger adalah salah satu milik (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ Khan, Sami (2015-02-28). "Backlash Forces Google to Reverse Move to Ban Porn on Blogger". International Business Times, India Edition (dalam bahasa english). Diakses tanggal 2020-04-15.

blogger adalah salah satu milik

Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui ( link) • ^ Blogger Buzz: The New Version of Blogger • ^ "My blog redirects to a country-specific URL (ccTLD) - Blogger Help". support.google.com. Diakses tanggal 2020-03-01. • ^ "Blogger's fresh new look". Official Blogger Blog (dalam bahasa Inggris).

Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ "Dynamic Views: seven new ways to share your blog with the world". Official Google Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ "Use themes to change how your blog looks - Blogger Help". support.google.com. Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ " "What are the limits on my Blogger account? "". support.google.com. Diakses tanggal 2020-04-15.

• ^ "Memilih ukuran upload foto dan video - Komputer - Bantuan Google Foto". support.google.com. Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ "Auto Pagination on Blogger". Official Blogger Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ " "Problem Rollup: Auto Pagination for blogs with Classic templates".

blogger adalah salah satu milik

support.google.com. Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ "Google Product Forums". productforums.google.com. Diakses tanggal 2020-04-15. • ^ "Web Applications Stack Exchange". Web Applications Stack Exchange. Diakses tanggal 2020-04-15. Pranala luar • Halaman muka Blogger • Blogger Info Update • Account • Android • Google Nexus • App Engine • Apps • Marketplace • Authenticator • BigTable • Body • Books • Caja • Cloud Platform • Chromecast • Google Compute Engine • Google Contact Lens • Custom Search • Dart • Earth Engine • Glass • Go • GFS • Native Client • OpenSocial • Play • Books • Games • Movies & TV • Music • Newsstand • Public DNS • Google TV • Wallet • Fit • GFS • Firebase Perkakas pengembangan • Appliance • Audio • Blog Search • Books • Library Project • eBooks • Finance • Images • Maps • • Street View • Timeline • Masalah privasi • Kompetisi • Lokasi • News • Patents • Scholar • Shopping • Usenet • Voice Search • Web Search • History • Personalized • Real-Time • Instant Search • SafeSearch • Analysis: Insights for Search • Trends • Knowledge Graph Dihentikan • 111 Eighth Avenue • Pengambilan alih • AI Challenge • Art Project • Bomb • • Code Jam • Kritisisme • Developer Day • Domain • Driverless car • • Fiber • Foundation • Google China • Googlization • Grants • Google.org • Googleplex • History • Tipuan • I'm Feeling Lucky • I/O • Logo • 1998–2009 • 2010 • 2011 • 2012 • 2013 • Lunar X Prize • Monopoly City Streets • Motorola Mobility • Produk • Science Fair • Searchology • Unity • Ventures • WiFi • Data Liberation • Google X • Goojje • Project Loon • Calico (perusahaan) Tokoh Kategori tersembunyi: • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui • Halaman Wikipedia yang dilindungi sebagian blogger adalah salah satu milik batas waktu • Artikel dengan parameter tanggal yang tidak valid pada templat • All articles containing potentially dated statements • Halaman ini terakhir diubah pada 3 April 2022, pukul 13.47.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan blogger adalah salah satu milik berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Blogger adalah salah satu milik. Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu.

Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com". Blogger adalah sebuah platform layanan penerbitan blog yang dimiliki Google Siapa yang tidak kenal platform yang diakuisisi oleh Google sejak 2003 ini. Blogger adalah sebuah platform layanan penerbitan blog yang dimiliki Google. Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan bagi para pembuat blog.

Blogger sangat cocok bagi pembuat blog yang tidak ingin susah-susah menerbitkan sebuah artikel, tulisan, dan lain-lain. Ciri khas dari platform blogger ini yang banyak dijumpai para pengguna internet pada situsnya adalah penggunaan domain www(dot)blogspot(dot)com. Penggunaan platform blogger ini ibarat menyewa sebuah ap Alumnus 1996 Smp 147, Jalan SMP 147, RT.3/RW.13, Cibubur, East Jakarta City, Jakarta, smpn 147, smpn 147 jakarta, smpn 147 cibubur, smpn 147 jakarta timur, smpn 147 cibubur jakarta timur, smp negeri 147 jakarta, smpn 147 ciracas, smpn 147 jakarta, Jalan Smpn 147, RT.4/RW.13, Cibubur, East Jakarta City, Jakarta, smpn 147 cibubur jakarta timur, smpn 147 ciracas, smpn 147 jakarta blog, smpn 147 jaktim, smpn 147 dimana, smpn 147 ciracas jakarta timur, smp 147 ciracas, anak smp cibubur.
Putri Aprilia Follow Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster.

She has experience in SEO writing with business and tech topic. Home » Web Development & Design » Website & Blog » Pengertian Blog, Jenis, Fungsi, dan Contohnya! Pengertian Blog, Jenis, Fungsi, dan Contohnya! October 4, 2021 9 min read Blog adalah media online multifungsi yang semakin populer. Menurut survey, 77% pengguna internet ternyata membaca blog.

Tak heran, di tahun 2020, terhitung ada 600 juta blog yang aktif di seluruh dunia. Apakah Anda ingin membuat blog juga? Nah, sebelum buru-buru bikin, yuk simak dulu apa itu blog, jenis, fungsi, hingga contohnya di artikel ini. Harapannya, Anda semakin mantap dan siap membuat blog yang keren. Tak usah berlama-lama lagi, cus simak penjelasannya! 8 Jadi, Sudah Paham Pengertian Blog dan Siap Membuat Blog?

Apa itu Blog? Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu.

Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang telah sukses di dunia blog.

Sebut saja, Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran, dan masih banyak lagi. Selain dikelola perseorangan, blog juga banyak digunakan oleh bisnis. Ada banyak fungsi dan manfaat blog yang tentunya menguntungkan untuk bisnis.

Misalnya, sebagai branding, publikasi, hingga mempromosikan produk. Itulah mengapa, 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog pada strategi marketing mereka. Perbedaan Blog dan Website Mungkin blogger adalah salah satu milik Anda malah bertanya-tanya.

Sebenarnya apa bedanya blog dengan website? Supaya makin paham dengan pengertian blog mari simak penjelasannya berikut ini. Website Website adalah kumpulan halaman online yang dapat diakses menggunakan internet lewat alamat domain tertentu. Website biasanya berisi suatu informasi mengenai produk atau layanan. Karena mayoritas berisi informasi produk atau layanan, website biasanya juga bersifat statis.

Artinya, dari sisi desain dan kontennya tidak perlu terlalu sering untuk di-update. Dari segi kepemilikannya, website biasanya digunakan untuk keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, bisnis, dan sejenisnya. Blog Blog adalah salah satu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan. Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog.

Sementara dari segi kepemilikannya, blog blogger adalah salah satu milik dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran. Baca juga: 7 Perbedaan Blog dan Website Struktur Blog Pada Umumnya Blog biasanya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam. Namun, pada umumnya, struktur blog biasanya terdiri dari beberapa komponen berikut ini!

• Header: Bagian atas blog yang berisi judul, deskripsi, dan menu blog. • Navbar: Elemen ini bisa disebut sebagai menu untuk membantu pengunjung memilih dan menjelajahi konten blog.

• Main blog: Bagian di mana postingan blog Anda berada. Di bagian ini, terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya. • Sidebar: Sisi samping blog yang biasanya memuat beberapa rekomendasi artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.

blogger adalah salah satu milik

• Footer: Bagian bawah blog yang berisi informasi penulis, kontak, form subscription, dan alamat email. Sementara itu, pada bagian main blog, konten blog biasanya tak hanya berupa tulisan.

Namun, juga disisipkan gambar dan video. Menambahkan gambar atau video pada konten artikel dapat ternyata dapat memudahkan pengunjung membaca blog Anda.

Terbukti, menurut riset dari Social Media Today, konten blog dengan gambar dibaca 94% lebih banyak orang. Sejarah Blog dan Perkembangannya Nah, kalau kita lihat perkembangannya dan sejarah blog, perjalanan blog menjadi platform yang populer ternyata cukup panjang. Begini timelinenya: • 1994: Cikal bakal blog diprakarsai oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net.

Laman tersebut masih polos hanya background putih tanpa gambar visual. • 1997: Muncul istilah weblog yang diperkenalkan oleh Jorn Barger. Weblog merupakan gabungan dari web dan log yang menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu logging to the web. Di fase ini, konsep blog yang dapat membaca postingan terbaru hingga terlama sudah diterapkan. • 1999: Lahirlah nama Blog yang ditenarkan oleh seorang desainer website, Peter Merholz.

Di blog pribadinya, ia memang menyukai permainan kata dan tak menyangka blogger adalah salah satu milik blog yang dibuatnya berdampak besar. • Masih di tahun yang sama, mulai muncul platform blog yaitu LiveJournal, Blogger, dan juga Xanga. • 2001: Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution. Kiprahnya di dunia blog, membuatnya dijuluki Bapak Blogger Indonesia. Pada 27 Oktober 2007, ia juga memprakarsai pesta blogger dengan blogger Indonesia lainnya.

Tanggal tersebut kemudian diperingati blogger adalah salah satu milik hari Blogger Nasional. • 2003: Platform Blogger resmi diakuisisi oleh Google. Di tahun ini juga, lahirlah kompetitor Blogger, yaitu WordPress. Keduanya sama-sama mudah dioperasikan dan gratis digunakan.

• 2018: WordPress menjadi platform blog paling populer. Tak hanya untuk membuat blog, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat website dan juga toko online. Manfaat dan Fungsi Blog Nah, setelah melihat ulasan sejarah blog yang kian populer, kira-kira apa saja fungsi blog dimanfaatkan banyak orang? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Sebagai Sarana Publikasi Anda ingin menyalurkan hobi menulis? Blog bisa jadi salah satu sarana untuk menuangkan kreatifitas menulis Anda dengan bebas.

Entah itu kisah kehidupan Anda, opini, atau karya lainnya. Jika Anda memiliki bisnis, blog juga bisa jadi sarana untuk press release kegiatan. Jika, ada pelanggan yang mengunjungi website bisnis Anda, mereka juga bisa melihat bahwa bisnis Anda tetap eksis. Hitung-hitung, langkah ini bisa menghemat biaya publikasi yang mahal di media online. 2. Sebagai Portofolio Online Contoh lain dari manfaat blog adalah sebagai portofolio online.

Portfolio merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang profesional. Sebab, klien atau perusahaan bisa lebih mudah mengetahui skill dan pengalaman yang Anda miliki. Nah, dengan blog, Anda bisa membuat portofolio online yang berisi hasil karya tulisan, foto, maupun proyek yang pernah Anda kerjakan.

Anda bisa mempercantik blog dengan tema dan desain blog yang menarik untuk memikat klien. Jadi, Anda bisa mendapatkan uang dari blog Baca juga: Cara Membuat Website Portofolio dengan Mudah 3. Sarana Branding Blog juga bisa jadi sarana branding yang cukup ampuh. Bagi profesional, menulis artikel topik tertentu di blog akan membuat Anda dikenal sebagai expert.

Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu menggunakan jasa Anda. Begitu pula bagi bisnis. Dengan blog, Anda bisa membangun branding perusahaan sembari memberikan informasi seputar niche Anda yang bermanfaat untuk konsumen.

Misalnya saja Niagahoster yang memiliki blog niche seputar IT dan bisnis online. Dengan terus menampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Kredibilitas Niagahoster di bidang teknologi semakin baik di mata pelanggan. Itulah mengapa, Anda disarankan untuk menulis artikel dengan satu topik tertentu yang juga Anda kuasai. 4. Mempromosikan Produk atau Jasa Anda seorang pemilik bisnis? Blog juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk bisnis Anda lho!

Pasalnya, 70% orang ternyata lebih memilih mempelajari produk bisnis lewat artikel dibanding melalui iklan. Dengan memanfaatkan blog, Anda bisa menulis artikel seputar manfaat hingga tutorial dari produk Anda. Langkah ini juga telah dimanfaatkan bisnis online tanaman, TanamanMart. Di blognya, ia menulis bisa menulis artikel seputar jenis, khasiat, hingga cara merawat tanaman yang ia jual. Jadi, ia blogger adalah salah satu milik bisa sembari mempromosikan produk di toko onlinenya.

Baca juga: 9 Manfaat Blog yang Wajib Anda Ketahui Jenis Blog yang Sering Ditemukan Dalam perkembangannya, blog tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi saja. Nah, apa saja jenis blog yang bisa Anda kelola? Berikut ini jenis-jenis blog yang perlu Anda ketahui. 1. Blog Pribadi/Personal Jenis blog yang pertama ialah blog pribadi atau personal. Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi.

Bisa dikatakan, blog itu jadi semacam jurnal harian online untuk mencatat pengalaman pribadi. Menulis blog pribadi, juga tidak terikat aturan tertentu. Penulis blog bebas menentukan konten seperti apa yang ingin ditulis. Bisa mengenai cerita percintaan, pengalaman berlibur, resep makanan, dan sebagainya. Meski sifatnya personal, tidak sedikit pula orang yang mendulang sukses dari menggeluti jenis blog ini.

Misalnya Trinity Traveler. Blog pribadi milik Trinity ini berisi pengalamannya traveling keliling dunia. Karena kisah-kisah uniknya, blog ini juga sukses diangkat menjadi buku dan film. Baca juga: Contoh Blog dan Website Pribadi yang Menginspirasi 2. Blog Profesional Nah, berbeda dengan blog personal, jenis blog profesional biasanya memiliki satu topik khusus tertentu.

Konten-konten dalam blog profesional juga dibuat khusus untuk menunjukkan profesionalitas pemilik blog. Misalnya, Anda seorang ahli di bidang SEO dan digital marketing.

Anda bisa membuat blog berisi konten-konten sesuai topik yang Anda kuasai. Dengan menulis blog di bidang keahlian, Anda pun akan dikenal sebagai expert.

Beberapa contoh blog profesional yang bisa Anda jadikan referensi misalnya, Gari Cruze di bidang copywriting. Ada juga contoh blog Danirachmat.com, blogger asal Indonesia di bidang finance. 3. Blog Bisnis atau Perusahaan (Content Marketing) Seiring perkembangannya, banyak perusahaan yang memanfaatkan blog untuk tujuan tertentu.

Seperti mempromosikan produk, mengumpulkan leads, mendatangkan pengunjung ke website bisnis atau toko online. Semisal, Anda memiliki toko online sepatu. Anda bisa membuat konten blog terkait sepatu, Misalnya, cara merawat sepatu, memilih sepatu yang cocok, dan sebagainya.

Nah, kalau konten blog tentang sepatu tersebut muncul di halaman pertama atau bahkan ranking satu di Google, calon konsumen jadi lebih gampang menemukan bisnis Anda. Jadi, bisnis Anda terlihat makin kredibel dan berpeluang mendapatkan konsumen.

Niagahoster sendiri juga telah memiliki blog sebagai salah satu sarana content marketingnya. Dengan strategi ini, kami juga bisa membantu para pemilik bisnis untuk sukses go online dengan membaca tips dan tutorial terkait bisnis online. Apa saja yang Dibutuhkan untuk Membuat Blog?

Setelah mengetahui apa itu blog serta manfaatnya, sekarang saatnya mulai membuat blog. Nah, berikut ini hal yang Anda perlukan untuk membuat blog. 1. Tentukan Platform Membuat Blog Untuk memulai membuat blog, Anda perlu menentukan platform yang Anda pakai terlebih dulu.

Ada banyak platform blog terbaik yang bisa membantu Anda membuat blog dengan mudah. WordPress.org WordPress.org adalah software open source yang dapat digunakan secara gratis.

blogger adalah salah satu milik

Bisa dikatakan, WordPress merupakan CMS paling populer. Lebih dari 35% blog dan website menggunakan platform ini. Banyaknya pengguna WordPress.org lantaran penggunaannya yang mudah, tampilan yang menarik, dan tersedia plugin canggih yang blogger adalah salah satu milik. Nah, untuk bisa membuat blog menggunakan platform ini, Anda perlu membeli layanan hosting dan domain terlebih dulu.

Panduan mengenai pemilihan hosting dan domain akan dibahas pada bab selanjutnya ya. WordPress.com Hampir mirip dengan WordPress.org, WordPress.com juga merupakan CMS pembuatan website yang menggunakan server hosting milik WordPress. Jadi, nama blog Anda nantinya akan berisi domain .wordpress.com. WordPress.com memang bisa dipakai secara gratis, tetapi ada banyak kekurangan.

Misalnya, tidak tersedia plugin dan tema. Untuk bisa mendapatkan plugin dan tema sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak. Blogger Blogger atau blogspot ini merupakan platform CMS milik Google.Nah, kelebihan menggunakan Blogger, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google lebih mudah, seperti AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya.

Nah, hampir sama seperti WordPress.com, kekurangannya, nama blog Anda akan disisipi domain. blogspot.com. Hal ini tentu saja tidak cocok untuk kebutuhan profesional ataupun bisnis. Baca juga: Pilih Blogspot atau WordPress?

Ini Perbandingannya! 2. Pilih Niche Blogger adalah salah satu milik Niche blog adalah tema atau topik khusus yang diulas di blog. Artinya, dalam satu blog, konten yang ditampilkan merupakan bagian dari satu topik yang sama. Misalnya, topik teknologi, kuliner, travel, kecantikan, dan sejenisnya. Dalam membuat blog, sebenarnya sah-sah saja untuk tidak menentukan niche blog alias membuat blog campur-campur. Namun, dengan menerapkan niche blog, Anda bisa lebih fokus dan mudah membuat artikel, lebih dikenal sebagai ahli, dan mudah mendapatkan monetisasi dari iklan.

Kalau Anda masih bingung ingin memilih niche blog apa, Anda bisa terapkan langkah berikut: • Topik yang Anda Kuasai Pilih topik yang memang Anda kuasai supaya Anda tidak kesulitan dan jenuh dalam mengelola blog secara jangka panjang. Sebisa mungkin topik tersebut juga Anda kuasai.

Tak harus jadi pakar atau master, setidaknya Anda paham dengan topik tersebut. • Topik yang Populer Pertimbangkan juga kepopuleran topik blog. Jadi, peluang mendapatkan banyak pembaca semakin besar. Anda bisa coba pakai Google Trends untuk mengetahui trendnya. • Topik yang Menguntungkan Beberapa topik sering mendapatkan peluang untung lebih besar. Misalnya mendapatkan iklan, bisa menjual produk, ebook, hingga afiliasi.

Beberapa topik yang cukup menguntungkan misalnya, kecantikan, teknologi, bisnis, dan banyak lagi. 3. Beli Layanan Hosting yang Tepat Setelah memilih niche dan platform blog, Anda perlu membeli hosting terlebih dulu. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file blog supaya bisa diakses online.

Ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan, yaitu: • Shared hosting: jenis hosting yang paling terjangkau dan mudah penggunaannya; • Cloud hosting: jenis hosting dengan sumber daya besar dan kemudahan penggunaan; • Hosting VPS: jenis hosting dengan kapasitas besar dan dapat dikelola secara mandiri dengan membutuhkan kemampuan teknis; • WordPress hosting: sama seperti shared hosting, tetapi dikhususkan untuk pengguna WordPress.

Bingung pilih yang mana? Untuk membuat blog, shared hosting dan WordPress hosting adalah pilihan terbaik. Tak perlu terlalu jauh mencari, Anda bisa blogger adalah salah satu milik di layanan Niagahoster. Dengan hosting Niagahoster, blog Anda dijamin cepat karena menggunakan LiteSpeed server, yaitu server tercepat di dunia. Blog Anda juga dijamin aman dari serangan hacker dan virus karena telah dilengkapi dengan fitur keamanan, Imunify360. Beli Hosting Murah Niagahoster 4. Tentukan Nama Domain Setelah memilih hosting, Anda juga membutuhkan domain sebagai alamat untuk mengakses blog Anda.

Misalnya nama domain Niagahoster ialah www.niagahoster.co.id. Keuntungan memilih nama domain ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan WordPress.org. Berbeda jika Anda menggunakan WordPress.com, maka nama domain Anda memiliki default ekstensi domain, misalnya, [bloganda].wordpress.com atau bloganda.blogspot.com. Nah, memilih nama domain juga tak boleh asal lho. Sebab, nama domain tersebut akan menjadi branding blog Anda. Jadi, pastikan nama blog Anda singkat dan mudah dieja.

blogger adalah salah satu milik

Tak perlu menggunakan kombinasi angka dan tanda hubung, supaya blog Anda lebih mudah diingat. Anda juga memanfaatkan ekstensi domain unik supaya gampang diingat seperti .SITE. WEBSITE.

TECH. XYZ. NET. ONLINE, dan masih banyak lagi. Beli Domain .COM Murah Niagahoster 5. Menyiapkan Konten yang Ingin Dibuat Sekarang blog Anda sudah siap digunakan, Anda tinggal mengupload konten artikel pada blog sesuai nichenya. Kalau ingin membuat konten yang menarik dan berpotensi dikunjungi banyak orang, langkah pertama Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dulu. Langkah ini dilakukan untuk menemukan kata kunci yang biasa dicari oleh banyak orang di Google.

Riset keyword bisa dilakukan dengan menggunakan tools riset kata kunci, seperti Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, dan juga Google Trends. Cara menggunakan keyword tool juga sangat mudah kok. Tinggal masukkan kata kunci yang ingin Anda riset. Dengan keyword Tool ini, Anda bisa melihat jumlah volume pencarian dan tingkat persaingan dengan website lain dari kata kunci tersebut. Semakin tinggi volumenya, maka semakin besar peluang konten blog Anda dicari orang.

Namun, biasanya keyword dengan volume besar memiliki tingkat persaingan yang blogger adalah salah satu milik juga.

Untuk itu Anda juga perlu mencari keyword LSI atau kata kunci turunannya. Misalnya, keyword utama “cara membuat blog”. LSI-nya “cara membuat blog untuk pemula”, “cara membuat blog wordpress” dan sebagainya. Setelah menemukan kata kunci yang tepat Anda, tinggal menulis artikelnya.

Penjelasan detail untuk membuat konten yang menarik dan SEO friendly bisa simak di artikel berikut → Cara Membuat Artikel SEO Friendly. Jadi, Sudah Paham Pengertian Blog dan Siap Membuat Blog? Itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu blog. Mulai dari pengertian blog, sejarah blog, struktur, fungsi, jenis-jenisnya, hingga cara membuatnya. Blog adalah media online yang mudah digunakan semua orang untuk tujuan tertentu, baik jurnal pribadi, portofolio, atau pemasaran bisnis.

blogger adalah salah satu milik

Membuat blog juga sudah semakin mudah kok. Anda bisa memakai platform yang telah disediakan seperti WordPress atau Blogger. Jangan lupa juga untuk memilih hosting dan domain supaya blog Anda semakin terlihat profesional.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan untung dan penghasilan dari blog yang Anda bikin. Misalnya dari endorse, iklan, hingga afiliasi.

Nah, untuk membuat blog yang menguntungkan, yuk baca panduannya di ebook berikut.

Blogspot atau Wordpress??? Pilih Mana untuk Blogger Pemula??




2022 www.videocon.com