Terkandung dalam buah jambu biji adalah

terkandung dalam buah jambu biji adalah

KOMPAS.com – Buah jambu biji dikenal sebagai buah tropis. Asal-usul buah ini tidak diketahui pasti, terkandung dalam buah jambu biji adalah banyak yang mengatakan bahwa jambu biji berasal dari Meksiko selatan atau Amerika Tengah. Saat ini, buah jambu biji dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau supermarket, meski ketersediaannya bervariasi sesuai musim.

Jambu biji mengandung dosis serat yang sehat dan nutrisi penting lainnya. Bagi yang sedang menjalani pola hidup sehat, jambu biji adalah pilihan yang tepat untuk menambah asupan buah. Kandungan dalam buah jambu biji Dilansir dari Verywell Fit, USDA memberikan informasi mengenai kandungan buah jambu biji dalam porsi 165 gram sebagai berikut: Baca juga: Kandungan Gizi Bengkuang yang Menyehatkan Tubuh • Kalori: 112 • Lemak: 1,6 gram • Natrium: 3,3 mg • Karbohidrat: 23,6 gram • Serat: 8,9 gram • Gula: 14,7 gram • Protein: 4,2 gram Karbohidrat dalam buah jambu biji Satu porsi penuh buah jambu biji menyediakan 112 kalori dan lebih dari 23 gram karbohidrat.

Sebagian besar karbohidrat berasal dari gula alami, yakni sekitar 14,7 gram. Namun, jambu biji juga memberikan banyak serat dan tidak mengandung pati. Sebuah studi tentang indeks glikemk jambu biji menemukan sekitar 33 untuk subjek dengan diabetes terkandung dalam buah jambu biji adalah 2 dan 31 untuk subjek sehat.

Baca juga: Kandungan PFAS pada Alat Masak Pengaruhi Kemampuan Ibu Menyusui Lemak dalam buah jambu biji Buah jambu biji hanya mengandung sedikit lemak. Secangkir buah jambu biji hanya menyediakan 1,6 gram lemak tak jenuh poli dan mono. Protein dalam buah jambu biji Di antara buah lainnya, jambu biji menawarkan jumlah kalori yang relatif tinggi. Protein yang terkandung dalam setiap porsi jambu biji adalah sekitar 4 gram.

Vitamin dan mineral dalam buah jambu biji Seperti kebanyakan buah-buahan tropis, jambu biji juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Tak hanya itu, jambu biji kaya akan folat dan beta karoten, yang sebagian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Berita Terkait Sorgum: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Buah Naga Merah: Nama Latin, Kandungan Gizi, dan Manfaat Tanaman Serealia: Pengertian, Contoh, dan Kandungan Ini Bahaya Hidrokuinon, Dugaan Kandungan Skincare yang Sebabkan Perseteruan Richard Lee dan Kartika Putri Kandungan Gizi Bayam, Sayuran Hijau yang Sangat Menyehatkan Berita Terkait Sorgum: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Buah Naga Merah: Nama Latin, Kandungan Gizi, dan Manfaat Tanaman Serealia: Pengertian, Contoh, dan Kandungan Ini Bahaya Hidrokuinon, Dugaan Kandungan Skincare yang Sebabkan Perseteruan Richard Lee dan Kartika Putri Kandungan Gizi Bayam, Sayuran Hijau yang Sangat Menyehatkan • [ April 6, 2022 ] Profil Negara Ukraina (Ukraine) Profil Negara • [ March 24, 2022 ] Profil Negara Jerman (Germany) Profil Negara • [ March 20, 2022 ] Negara-negara Anggota G20 (Group of Twenty) Pengetahuan Umum • [ March 11, 2022 ] Profil Negara Rusia (Russia) Profil Negara • [ February 10, 2022 ] Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) Profil Negara Kandungan Gizi Buah Jambu Biji (Guava) dan Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan – Jambu Biji atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Guava adalah jenis buah-buahan tropis yang kaya akan Vitamin C yaitu mengandung sekitar 228,3mg pada setiap 100 gramnya.

Kandungan vitamin C ini dapat mencukupi sekitar 275% kebutuhan kita sehari.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Buah yang diyakini berasal dari benua Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini telah banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Buah Jambu Biji ini berukuran sekitar 5cm hingga 15cm dan berbentuk bulat ataupun oval. Buah Jambu Biji ini memiliki nama ilmiah yang disebut dengan Psidium guajava. Daging Buah Jambu Biji yang memiliki banyak biji ini berwarna putih, merah dan merah muda sedangkan kulitnya berwarna hijau dan kuning.

Jambu Biji biasanya dimakan segar ataupun diolah menjadi Jus Jambi Biji. Ada juga yang mengolahnya menjadi berbagai produk kecantikan. Nama lain dari Jambu Biji adalah Jambu Batu, Jambu Siki dan Jambu Klutuk. Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG% Kalori 68kcal – Karbohidrat 14,32g – Air – Protein 2,55g – Gula 8,92g – Serat 5,4g – Lemak 0,95g – Vitamin A 31µg 4% Vitamin C 228,3mg 275% Vitamin D 0µg – Vitamin E (alpha-tocopherol) 0,73mg 4% Vitamin K 2,6µg 2% Vitamin B1 (Thiamine) 0,067mg 6% Vitamin B2 (Riboflavin) 0,04mg 3% Vitamin B3 (Niacin) 1,084mg 7% Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,451mg 9% Vitamin B6 0,11mg 8% Vitamin B9 (Folat) 49µg 12% Kalsium 18mg 2% Zat Besi 0,26mg 2% Mangan 0,15mg 7% Magnesium 22mg 6% Fosfor 40mg 6% Potassium (Kalium) 417mg 9% Sodium 2mg 0% Seng (Zinc) 0,23mg 2% Baca juga : Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya.

Manfaat Buah Jambu Biji bagi Kesehatan Karena kandungan-kandungan Gizi dan Nutrisinya ini, Jambu Biji menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah Jambu Biji bagi kesehatan kita. 1. Mencegah Penyakit Kanker Salah satu manfaat yang paling penting dari menambahkan jambu biji ke dalam diet kita adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terkakhir ini menunjukan adanya efek jambu biji terhadap pencegahan penyakit kanker prostat dan payudara. Kemampuan jambu biji ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang bernama Lycopene. Lycopene adalah antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko terkandung dalam buah jambu biji adalah prostat dan kanker Payudara.

2. Mengendalikan Diabetes Asupan buah Jambu Biji juga dapat membantu pasien yang menderita penyakit diabetes. Tingginya kadar serat makanan yang terkandung dalam jambu biji ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi makanan yang berserat tinggi dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2. 3. Mengatur Tekanan Darah dan mengurangi risiko penyakit Jantung Jambu Biji yang mengandung serat tinggi ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan juga mencegah terjadinya penebalan kolesterol dalam darah sehingga dapat tetap menjaga kecairan darah dan menurunkan tekanan darah.

Jambu biji juga mengandung Potasium atau Kalium tinggi yang berguna untuk menjaga kadar natrium yang tepat dalam tubuh kita sehingga dapat mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 4. Meningkatkan Produksi Darah Buah Jambu Biji mengandung Vitamin E, Vitamin K, Terkandung dalam buah jambu biji adalah Pantotenat, Vitamin B3 (niacin), Vitamin B6, Vitamin B9 (Folat) dan mineral seperti zat besi, mangan dan magnesium yang diperlukan dalam pembentukan darah.

Vitamin C dalam jambu biji juga meningkatkan kapasitas tubuh kita dalam menyerap lebih banyak zat besi (Iron). 5. Meningkatkan Penglihatan Jambu Biji merupakan sumber Vitamin A yang dapat membantu meningkatkan penglihatan. Vitamin A dapat memperlambat munculnya Katarak dan degenarasi makula dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Vitamin A yang terkandung di dalam Jambu Biji juga dapat membantu melindungi sel-sel mata dan mencegah kerusakan pada alat indera penglihatan ini.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak Jambu Biji mengandung Vitamin B3 dan B6 yang dikenal sebagai nutrisi untuk fungsi Otak.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Vitamin B3 (Niacin) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsung fungsi kognitif sedangkan Vitamin B6 adalah nutrisi yang bagus untuk fungsi otak dan saraf.

Makan jambu biji dapat mengendurkan saraf dan meningkatkan konsentrasi. 7. Mengatasi Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Jambu Biji mengandung serat yang tinggi sedangkan bijinya dapat berfungsi sebagai Laksatif atau Pencahar yang sangat baik.

Sebagai pengetahuan, Laksatif atau Pencahar adalah makanan atau obat-obatan yang dapat membantu membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus. Secara keseluruhan, jambu biji atau guava dapat membantu pembentukan gerakan usus yang sehat, membantu menahan air di dalam tubuh dan membersih usus kita.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Jambu Biji merupakan sumber Vitamin C terbaik. Buah ini mengandung 228,3mg pada setiap 100gramnya atau setara dengan 275% dari kebutuhan kita sehari. Vitamin C adalah antioksidan yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh terhadap penyakit seperti batuk, flu dan pilek. 9. Menjaga Kesehatan Kulit Dengan adanya kandungan Vitamin A, Jambu Biji dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita.

Vitamin A ini juga menyehatkan kulit dan melindunginya dari radikal bebas. Jambu biji dapat efektif menyembuhkan penyakit kulit seperti jerawat. 10. Mengobati Scurvy (Skorbut) Scurvy atau Skorbut adalah penyakit yang diakibatkan kurangnya Vitamin C (defisiensi Vitamin C).

Gejala diantaranya seperti lemas, radang gusi, kurang darah dan pendarahan pada kulit. Penyakit Scurvy dapat terkandung dalam buah jambu biji adalah dengan mengkonsumsi jus Jambu biji yang kaya akan Vitamin C ini. Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Jambu Biji (Guava) ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service.

Sedangkan Manfaat buah Jambu Biji bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Jambu biji dengan nama latin Psidium guajava atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Berikut adalah kandungan gizi yang tersimpan pada tiap 100 terkandung dalam buah jambu biji adalah buah jambu biji berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia: • Air: 86 gram • Energi: 49 kal • Protein: 0,9 gram • Lemak: 0,3 gram • INILAH DERETAN Manfaat Buah Jarak, Buah Jarak Dapat Diolah Menjadi ?

• Karbohidrat: 12,2 gram • Serat: 2,4 gram • Abu: 0,6 gram • Kalsium: 14 mg • Fosfor: 28 mg • Zat besi: 1,1 mg • Natrium: 10 mg • Kalium: 52,8 g • Tembaga: 0,02 mg • Seng (zinc): 0,3 mg • Beta karoten: 27 mcg • Karoten total: 25 mcg • Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg • Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg • Niasin: 0,8 mg • Vitamin C: 87 mg • DERETAN MANFAAT Buah Pepaya, Ternyata Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selain nutrisi di atas, buah jambu biji juga mengandung jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A dan folat (vitamin B9).

Sementara itu, kandungan karoten di dalam buah jambu biji adalah likopen, yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada buah. Dilansir dari Food Insight, likopen merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Adapun radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa jambu biji mengandung indeks glikemik rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, buah tropis ini juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik serta mengandung beragam nutrisi lain, seperti folat, beta karoten, dan protein. Jambu biji mengandung antioksidan dan vitamin yang melimpah. Kandungan ini membuat manfaat jambu biji sebanding dengan rasanya yang nikmat dan segar. Yuk, simak beragam manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh! Jambu biji dikenal sebagai buah tropis yang banyak tumbuh di Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan.

Buah yang juga disebut guava ini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Jambu biji dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan berbagai olahan, seperti jus buah dan selai. Tak hanya buahnya, daun jambu terkandung dalam buah jambu biji adalah juga sering kali dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan, mulai dari gangguan pada saluran cerna hingga diabetes. Kandungan Nutrisi Jambu Biji Dalam satu buah jambu biji dengan berat sekitar 55 gram, mengandung 37 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini: • 1,4 gram protein • 2,97 gram serat • 9,9 miligram kalsium • 12 miligram magnesium • 229 miligram kalium • 125 miligram vitamin C Selain itu, jambu biji juga mengandung berbagai vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E, serta mineral seperti selenium, zinc, dan mangan.

Beragam Manfaat Jambu Biji Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat jambu biji yang dapat Anda ambil, di antaranya: 1. Melawan radikal bebas Jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Manfaat jambu biji untuk melawan radikal bebas ini tak hanya bisa didapat dari buahnya, tetapi juga daunnya.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu penyakit kanker dan penyakit jantung. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mencegah dan bahkan menghentikan perkembangan sel kanker.

2. Melancarkan saluran pencernaan Manfaat jambu biji lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare. 3. Memperkuat daya tahan tubuh Jambu biji merupakan terkandung dalam buah jambu biji adalah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. 4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol Pemilik tekanan darah dan kolesterol tinggi mungkin perlu mempertimbangkan manfaat jambu biji yang satu ini.

Karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, jambu biji diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol jahat. 5. Menjaga kesehatan mata Jambu biji bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A di dalamnya.

Vitamin A sendiri berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan dan kornea mata.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Apabila seseorang kekurangan vitamin A, berbagai gangguan pada mata, seperti rabun jauh atau kebutaan pada anak-anak, mungkin saja terjadi. 6. Mencegah diabetes Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, ekstrak jambu biji juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit diabetes.

7. Menjaga kesehatan kulit Manfaat jambu biji yang satu ini pasti sangat disukai oleh kaum hawa, yaitu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan, sehingga mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

8. Mencegah demam berdarah Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue.

Daun jambu biji juga mengandung quercitin yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD. Selain beberapa manfaat jambu biji di atas, buah dengan daging berwarna merah dan putih ini juga dipercaya dapat mengatasi sakit perut saat menstruasi, nyeri lutut, infeksi kulit, bahkan kolik.

Namun, jika Anda akan menjalani prosedur operasi, hindari konsumsi jambu biji karena dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Penderita eksim juga sebaiknya tidak mengonsumsi ekstrak daun jambu biji, karena dikhawatirkan dapat memperparah gejala. Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.

Anda juga dapat bertanya tentang porsi jambu biji yang dapat dikonsumsi setiap harinya, sesuai kondisi kesehatan Anda.
Breaking News • Cara Menghilangkan Lubang Pada Gigi • Apa Penyebab Terkandung dalam buah jambu biji adalah Terjadinya Gempa Bumi?

terkandung dalam buah jambu biji adalah

• Aplikasi Blockchain Kripto Yang Akan Datang • Penyebab Terjadinya Iritasi Pada Lambung Manusia • Suplemen Yang Sangat Ampuh Menurunkan Kolesterol • Twitter 保存 ランキング ダズル 野球 ガール Twitter 動画 野球 Girl 流出 • Masak Terong Dengan Cara Seperti Ini Bisa Masuk Angin • Gatal Di Area Ini Bukti Gula Darah Sangat Tinggi • Aplikasi Youtube Vanced Terbaru 2022 • Apakah Bisa Bisnis Warnet Kembali Tumbuh ? Berikut Penjelasannya Sarumpun.com – Jambu adalah obat tradisional untuk kondisi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa buah jambu dan daun mungkin memiliki sejumlah manfaat. Guavas adalah buah tropis dengan kulit kuning-hijau, dan mereka tumbuh di pohon di Amerika Tengah. Nama Latin pohon jambu umum adalah Psidium guajava. Orang-orang menggunakan teh daun jambu sebagai pengobatan untuk diare di beberapa negara, termasuk India dan Cina. Di negara lain, seperti Meksiko, orang secara tradisional menggunakan daging buah untuk menyembuhkan luka. Dalam artikel ini, kita menjelajahi potensi manfaat kesehatan dan menggunakan jambu.

Kami juga menggambarkan informasi nutrisi, risiko, dan bagaimana menggabungkan jambu ke dalam diet. Informasi Nutrisi Jambu mengandung vitamin A dan potasium. Buah jambu adalah makanan bergizi dan kesehatan yang kaya dalam beberapa nutrisi penting. Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Sumber Pertanian, 100 gram jambu mengandung buah mentah.: • 68 kalori • 14.32 g dari karbohidrat • 8,92 g dari gula • 0.95 g dari fat • 5.4 g dari serat diet terkandung dalam buah jambu biji adalah 417 mg potasium • 228,3 mg vitamin C • 624 international units of vitamin A Diabetes Tipe 2 Buah Guava dapat membantu mengobati berbagai kondisi, termasuk diabetes tipe 2.

Teh daun jambu dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan meningkatkan gejala pada orang-orang dengan diabetes tipe 2.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Sebuah sumber kebangkitan 2010 bukti dari uji klinis dan penelitian hewan menunjukkan bahwa teh daun jambu dapat membantu meningkatkan resistensi insulin insulin dan menurunkan tingkat gula darah. Manfaat ini dapat menghasilkan senyawa dalam daun guava Ekstrak membantu moderat penyerapan glukosa setelah seseorang makan makanan. Kram menstruasi Meminum suplemen Berisi Daun jambu biji ekstrak mungkin mengurangi kram menstruasi.

Hasil dari penelitian dari sumber terpercaya 2007 terpercaya menyarankan bahwa mengambil suplemen daun jambu dapat meringankan nyeri menstruasi pada wanita dengan dismenorrhea primer. Peserta yang mengambil 6 miligram (mg) dari ekstrak setiap hari mengalami rasa sakit kurang dari mereka yang meminum ibuprofen atau terkandung dalam buah jambu biji adalah. Diare Teh daun jambu adalah obat tradisional untuk diare di banyak bagian dunia. Bukti penelitian hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun memiliki potensi untuk mengobati diare menular.

Sebuah sumber terpercaya 2015 dipercaya menyelidiki penggunaan ekstrak ini di tikus dengan penyakit menular. Infeksinya berkurang lebih cepat pada tikus yang mengkonsumsi sari daun guava daripada yang tidak. Para peneliti menyebut bahwa ekstrak daun jambu menunjukkan janji sebagai pengobatan untuk penyakit ini. Penelitian lain dari sumber 2015 terpercaya menemukan bahwa ekstrak daun jambu membantu mengontrol diare ayam dengan infeksi Escherichia.

Namun, para ilmuwan harus melakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi penemuan ini pada manusia. Flu Minum teh daun jambu adalah cara yang mudah untuk menikmati manfaat kesehatan buah.

Minum teh daun jambu dapat membantu orang melawan flu. Pada tabung tes 2012, Sumber terpercaya, teh daun guava menjanjikan sebagai seorang agen antivirus untuk pengobatan flu.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Para peneliti menemukan bahwa teh menghambat pertumbuhan virus yang menyebabkan flu. Efek antivirus dari teh mungkin akibat dari flavanols daun, yang alami antioksidan. Mengkonfirmasikan efek pada manusia akan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Tekanan darah Mengkonsumsi daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi tabung 2016 menemukan bahwa ekstrak memiliki efek antihypertensi pada jaringan tikus, yang berarti bahwa mungkin memiliki potensi untuk mengurangi tekanan darah.

Efek ini mungkin karena ekstrak daun yang Antioksidant. Antioksidan dapat menurunkan tekanan terkandung dalam buah jambu biji adalah dengan membantu memperluas pembuluh darah.

Namun, ilmuwan harus melakukan lebih banyak studi untuk menentukan apakah daun jambu dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada manusia. Osteoarthritis Beberapa penelitian dalam hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu dapat menguntungkan orang dengan osteoarthitis. Sebuah sumber terpercaya 2018 ditemukan bahwa mengkonsumsi ekstrak dilindungi terhadap kerusakan tulang rawan pada tikus dengan induksi osteoarthitis.

Namun, para peneliti belum mengkonfirmasi efek ini pada manusia. Kanker Ekstrak daun Guava mungkin akan memainkan peran dalam pengobatan kanker. Hasil dari tabung tes 2014, hewan, dan sumber terpercaya komputer menyarankan bahwa senyawa dalam ekstrak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Para peneliti percaya bahwa efeknya dapat terjadi karena senyawa guava bertindak seperti reseptor estrogen selektif (SERMs).

SERMs adalah kelas obat yang biasa digunakan dokter untuk mengobati kanker. Mereka bekerja dengan mencegah sel kanker berkembang biak.
Jambu biji, siapa sih yang tidak kenal dengan buah ini? terkadang masing-masing orang mempunyai istilah yang berbeda-beda dalam menamakan buah ini, ada yang menyebut dengan jambu klutuk, jambu biji merah, jambu batu, jambu biji dan masih banyak lagi penamaannya tergantung dari masing-masing daerah.

Tahukah kamu? Jambu biji ( Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan sebagian sumber menyebut dari Brazil, buah ini disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Pohon jambu biji merupakan tanaman perdu yang banyak bercabang, tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tingginya dapat mencapai 12 meter dan besarnya buah jambu biji bervariasi dari yang berdiameter 2,5 cm sampai dengan lebih dari 10 cm.

Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau (agak kekuningan jika telah matang) dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Diantara berbagai jenis buah, jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi dan cukup mengandung vitamin A. Dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan, kandungan vitamin C jambu biji 2 kali lipat lebih banyak.

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam 100 gram jambu biji: Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah Energi 49,00 kal Vitamin A 25 SI Protein 0,90 gr Vitamin B1 0,05 mg Lemak 0,30 gr Vitamin B2 0,04 mg Karbohidrat 12,20 gr Vitamin C 87,00 mg Kalsium 14,00 mg Niacin 1,10 mg Fosfor 28,00 mg Serat 5,60 gr Zat Besi 1,10 mg Air 86 gram Terkandung dalam buah jambu biji adalah yang dapat dimakan 82 % Sumber: 1.

Dra. Emma S. Wirakusumah, MSc (Buah dan sayur untuk terapi) 2. Ditjen Tanaman Pangan dan Hortikultura, 1996 Jambu biji juga mengandung tannin, yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan, sirkulasi darah dan berguna untuk melawan virus.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Selain itu, jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut Dr. James Cerda dengan memakan/mengkonsumsi 0,5 – 1 kg jambu biji per hari selama 4 minggu resiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 %.

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat nirgizi potensial lain selain serat.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti-oksidan. Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Disamping manfaat jambu biji untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka. Jambu biji juga berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan misal pada penderita demam berdarah dengue (DHF). Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji http://agribisnis.deptan.go.id/web/teknopro/Leaflet%20Teknopro%20No.%2025.htm October 2009 M T W T F S S 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 « Sep Nov » • Recent Posts • Tetap Fokus • Setiap Perjalanan Memerlukan dan Butuh Kesabaran • Memanfaatkan Fitur HotSpot pada Smartphone untuk Wireless Peer-to-Peer File Sharing • Heartbleed Bug Explanation (comic) • Soal IP Addressing dan Subnetting #2 • Top Posts • Tetap Fokus • Setiap Perjalanan Memerlukan dan Butuh Kesabaran • Memanfaatkan Fitur HotSpot pada Smartphone untuk Wireless Peer-to-Peer File Sharing • Heartbleed Bug Explanation (comic) • Soal IP Addressing dan Subnetting #2 • Soal IP Addressing dan Subnetting • Cycles Render - Tea Cup • My 1st Blender Project • Siapkan Jawaban Atas Segalanya • Qwertyuiop • Categories Categories • Archives • December 2016 • October 2014 • July 2014 • April 2014 • March 2014 • January 2014 • August 2013 • July 2013 • February 2013 • May 2012 • February 2012 • January 2012 terkandung dalam buah jambu biji adalah October 2011 • July 2011 • June 2011 • November 2010 • October 2010 • June 2010 • May 2010 • March 2010 • February 2010 • December 2009 • November 2009 • October 2009 • September 2009 • August 2009 • Islam sites Media-Ilmu Radio Rodja • Blogroll • Karya Guru • WordPress.com • WordPress.org • Recent Comments Prasetyo Muchlas on Cycles Render – Tea… Nafortism G on Cycles Render – Tea… Soal IP Addressing d… on Soal IP Addressing dan Su… Prasetyo Muchlas on Cycles Render – Tea… koeshariatmo on Cycles Render – Tea… • Meta • Register • Log in • Entries feed • Comments feed • WordPress.com • Twitter Updates • RT @ kangaswad: Apakah shalat jama'ah wajib dilaksanakan di masjid?

Telah kita ketahui bersama bahwa shalat berjama’ah hukumnya wajib ‘ain… 2 years ago • Saat kita mendapat seribu alasan untuk menyerah. Cukuplah cari satu alasan mengapa dahulu kita harus memulai.

3 years ago •• Tebar Terkandung dalam buah jambu biji adalah Ramadan • Life Hack • Ekonomi • Ekonomi • Bisnis • Finansial • Fiksiana • Fiksiana • Cerpen • Novel • Puisi • Gaya Hidup • Gaya Hidup • Fesyen • Hobi • Karir • Kesehatan • Hiburan • Hiburan • Film • Humor • Media • Musik • Humaniora • Humaniora • Bahasa • Edukasi • Filsafat • Sosbud • Kotak Suara • Analisis • Kandidat • Lyfe • Lyfe • Diary • Entrepreneur • Foodie • Love • Viral • Worklife • Olahraga • Olahraga • Atletik • Balap • Bola • Bulutangkis • E-Sport • Politik • Politik • Birokrasi • Hukum • Keamanan • Pemerintahan • Ruang Kelas • Ruang Kelas • Ilmu Alam & Teknologi • Ilmu Sosbud & Agama • Teknologi • Teknologi • Digital • Lingkungan • Otomotif • Transportasi • Video • Wisata • Wisata • Kuliner • Travel • Pulih Bersama • Pulih Bersama • Indonesia Hi-Tech • Indonesia Lestari • Indonesia Sehat • New World • New World • Cryptocurrency • Metaverse • NFT • Halo Lokal • Halo Lokal • Bandung • Joglosemar • Makassar • Medan • Palembang • Surabaya • SEMUA RUBRIK • TERPOPULER • TERBARU • PILIHAN EDITOR • TOPIK PILIHAN • K-REWARDS • KLASMITING NEW • EVENT Jambu biji atau jambu klutuk menjadi buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia.

Konon, buah nama Psidium Guajava berasal dari Meksiko lalu tersebar ke seluruh Benua Amerika Asia dan Afrika yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia ada berbagai macam jenis jambu biji namun, orang awam biasa membedakannya berdasarkan daging buahnya yaitu jambu biji berdaging buah warna putih dan jambu biji berdaging buah warna merah.

Banyak kaya akan vitamin A dan C daging buah yang berwarna merah mengandung vitamin A lebih tinggi (3, 1 mg/100 gr) dibandingkan daging buah yang berwarna putih. Karet sinoit, vitamin C dan potasium yang terkandung dalam jambu biji menjadikan buah ini solusi tepat masalah diare.

Dari jambu biji antara lain protein, lemak, kolesterol, 100, salat, niasin, pantotenat, piridoksin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, natrium, kalium, kalsium tembaga besi, magnesium mangan, fosfor, selenium, betakaroten, likopen, dan pektin. Jambu biji Pasar Minggu berwarna putih juga disebut jambu susu putih jambu ini merupakan jenis ras lokal paling unggul di Indonesia sejak tahun 1920. Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu biji 6 kali buah jeruk dan 30 kali buah pisang.

Selain mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk, jambu biji juga terkenal mengandung banyak serat khususnya pektin. Zat ini terbukti sangat ampuh untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam darah dan mengikat asam empedu selanjutnya mengeluarkannya dari dalam tubuh titik zat lain yang tersembunyi dalam buah jambu biji adalah thiamin titik zat ini berfungsi untuk menambah nafsu makan untuk pencernaan menormalkan fungsi jaringan saraf dan menjaga otot otot termasuk otot jantung, serta menghilangkan rasa sakit setelah operasi.

selanjutnya jambu biji juga mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini terutama berfungsi untuk mencegah kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Biji buah jambu tidak akan menginfeksi usus karena langsung keluar ketika buang air besar. Jambu biji bisa dimakan ketika buah masih berwarna hijau ataupun sudah matang dan berbau harum Dedek hampir sama dengan beberapa buah lainnya, jambu biji bisa dimakan langsung ataupun dibuat jus jus biji merah bahkan dikatakan mendasarkan supaya dikonsumsi setiap hari untuk menunjang kesehatan titik Selain dimakan langsung maupun dibuat jus jambu biji juga bisa dibuat sebagai macam olahan mulai disetup selai sirup, bahkan sampai makanan kalengan.
• አማርኛ • Pangcah • العربية • مصرى • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Basa Bali • Беларуская • Bamanankan • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Cebuano • Čeština • Dansk • Deutsch • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Nordfriisk • Galego • गोंयची कोंकणी / Gõychi Konknni • Hausa • עברית • Kreyòl ayisyen • Magyar • Interlingua • Italiano • 日本語 • Jawa • ქართული • Kabɩyɛ • 한국어 • Latina • Latviešu • Malagasy • Minangkabau • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Nāhuatl • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Kapampangan • Polski • Português • Runa Simi • Русский • Scots • Slovenščina • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • ತುಳು • ไทย • Tagalog • Lea faka-Tonga • Türkçe • Xitsonga • Reo tahiti • Українська • Tiếng Việt • Winaray • Wolof • 吴语 • 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Bunga jambu batu Jambu biji ( Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Bagian biji yang mudah dikenal dari jambu batu Beberapa macam/kultivar jambu biji dikenal di Indonesia, sebagian dikenal terkandung dalam buah jambu biji adalah lama, sebagian merupakan introduksi dari negara lain Jambu Biji Kristal Jambu Biji Kristal pengembanggannya di Indonesia mulai diperkenalkan oleh IPB (Institut Pertanian Terkandung dalam buah jambu biji adalah.

Jambu Biji Kristal sebetulnya tidak benar-benar nirbiji, jumlah bijinya kurang dari 3% bagian buah, sepintas Jambu Biji Kristal hampir tidak berbiji. Jambu tanjung barat Jambu tanjung barat memiliki dua varian: berdaging buah putih dan merah. Yang berdaging putih, dikenal sebagai jambu 'susu putih', lebih digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut. Yang berdaging buah merah kurang disukai karena buahnya cepat membusuk dan rasanya kurang manis.

Kulit buahnya tipis berwarna hijau kekuningan bila masak. Bentuk buahnya agak lonjong dengan bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Jambu tanjung barat ini lebih dikenal sebagai jambu pasarminggu dan merupakan ras lokal.

Jambu biji getas merah Jambu biji getas merah adalah varian jambu biji yang berdaging hijau sampai kekuning-kuningan dan berisi merah muda. Jambu ini beda dengan jambu pasar minggu, jambu ini bentuknya agak meonjong dan rasanya kurang manis, tetapi jambu ini memiliki hasiat yang baik karena mengandung Tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin yang lebih banyak.

kelebihannya lagi jambu getas merah ini tidak mengenal musim, dan selalu berbuah setiap saat dan dan kebanyakan dikembangbiakkan dengan pencangkokan. jambu ini sudah banyak di budidayakan di daerah Kendal, asalnya dari Pageruyung Kendal. Jambu australia Jambu biji australia diintroduksi dari Terkandung dalam buah jambu biji adalah. Kekhasannya adalah daunnya berwarna merah keunguan.

Walaupun buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanam di pekarangan lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah matang, tetapi tawar bila belum matang. Jambu sukun Kata "sukun" berarti "tidak berbiji". Jambu varietas unggul ini memang tidak memiliki biji; kalaupun ada hanya 2-3 biji. Daging buahnya putih kekuningan dengan rasa manis agak asam.

Teksturnya agak keras, renyah, dan beraroma wangi. Bentuk buahnya mirip apel, dengan ukuran panjang antara 4–5 cm. Kulit buahnya bila matang berwarna hijau keputihan. Jambu sukun dapat berproduksi terus menerus sepanjang tahun, meskipun relatif sedikit dan buahnya berukuran kecil. Namun demikian, jenis jambu ini relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun ternyata jambu sukun jika pohonnya ditanam dan berbuah didekat jambu biji maka akan cenderung berbiji kembali berbeda dengan jambu kristal.

Jambu bangkok Jambu bangkok merupakan sebutan untuk jambu biji dengan buah yang besar. Beberapa memang diintroduksi dari Thailand. Salah satunya adalah 'jambu sari'. Bentuk buahnya bulat sempurna dengan garis tengah sekitar 10 cm. Ukuran buah mentahnya lebih besar daripada ketika matang. Perbanyakan [ sunting - sunting sumber ] Buah jambu biji dijual di keranjang (bongsang) Jambu dapat diperbanyak dengan biji. Namun demikian, perbanyakan dengan cara ini tidak disukai karena tumbuhannya lama menjadi dewasa dan juga akan berubah sifat dari induknya.

Perbanyakan yang sekarang dilakukan adalah secara vegetatif, khususnya dengan cara pencangkokan. Kegunaan non-pangan [ sunting - sunting sumber ] Daun jambu biji ( Psidium guajava L.) mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder antara lain tanin, minyak atsiri, flavonoid, dan saponin.

Senyawa-senyawa tersebut berpotensi sebagai antioksidan dan bahan pengawet alami. [1] Daun jambu biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. Daun jambu biji sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. 3 helai daun jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih lalu direbus, lalu disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.

Manfaat konsumsi [ sunting - sunting sumber ] Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat sehingga cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji cocok dikonsumsi di siang hari karena buahnya segar dan mendinginkan badan.

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada jambu yang bermanfaat untuk tubuh adalah asam askorbat atau vitamin C. Di dalam jambu biji terdapat 126 miligram vitamin C lebih dari 90 miligram asam askorbat diperlukan untuk orang orang setipa harinya atau untuk perempuan sekitar 75 miligram. Menurut Linus pauling institute.Vitamin C membantu bagian menjaga bagian setiap jaringan tubuh anda. Vitamin C sendiri berperan untuk menumbuhkan kolagen.

Protein yang mendukung sel dan jaringan tubuh tetap utuh dan tanpa vitamin C tubuh dapat mengalami pecah pembuluh darah.

terkandung dalam buah jambu biji adalah

Kandungan Gizi Jambu Biji [ sunting - sunting sumber ] Berikut ini kandungan gizi jambu biji merah per 100g terdiri dari: [2] • ß-karoten 374 mcg • Tembaga 0,230 mg 2,5% • Asam pantotenat 0.451 mg 9% Hama dan penyakit jambu biji [ sunting - sunting sumber ] Hama Organisme pengganggu tanaman (OPT) yang ditemukan pada pertanaman jambu biji adalah tungau (Acarina: Tetranychidae dan Mycobatidae), Valanga spp., Helopeltis sp., kepik penghisap pucuk (Hemiptera: Coreidae dan Tessaratomidae), Lawana candida, kutukebul (Hemiptera: Aleyrodidae), [3] Aphis gossypii, Icerya seychellarum, Coccus viridis, kututempurung hitam, Aspidiotus destructor, kutu perisai spesies 1, kutu putih (Hemiptera: Pseudococcidae), kumbang moncong (Coleoptera: Curculionidae), kumbang penggerek buah (Coleoptera: Nitidulidae), Bactrocera carambolae, ulat pucuk (Lepidoptera), ulat penggulung daun (Lepidoptera), Trabala spp., ulat api (Lepidoptera: Limacodidae), ulat penggerek batang (Lepidoptera: Metarbelidae), ulat kantung (Lepidoptera: Psychidae), ulat penggerek buah [4] (Lepidoptera: Pyralidae), dan Attacus atlas.

OPT yang berpotensi sebagai hama penting yang menyebabkan kerugian secara langsung adalah lalat buah, ulat pucuk, kumbang penggerek buah, kutu putih, [5] dan ulat penggerek buah. Namun OPT lainnya seperti Helopeltis sp., hama menusuk menghisap lain, dan hama menggigit-mengunyah juga berpotensi sebagai penyebab kehilangan hasil karena berpotensi dapat menyebarkan inokulum patogen di pertanaman.

[6] Penyakit Penyakit yang ditemukan adalah penyakit antraknosa, bercak daun kelabu dan kanker buah Pestalotia, karat merah, busuk buah Botryodiplodia, penyakit layu, embun jelaga, bercak merah daun, dan kerusakan fisik mekanis pada buah. Budidaya yang dilakukan oleh petani di Rancabungur masih beragam. Pemupukan dan aplikasi pestisida yang dilakukan bergantung pada keadaan ekonomi petani. Pembungkusan buah merupakan salah satu pengelolaan hama dan penyakit yang intensif dilakukan oleh petani terutama untuk mencegah serangan hama lalat buah.

[6] Sortir [ sunting - sunting sumber ] Mensortir Jambu Biji layak untuk dikonsumsi, antara lain: [7]. • Lihat bagian luar dari Jambu Biji sebelum memeriksa tingkat kematangan. Jika kulit jambu terdapat cacat atau memar, sebaiknya pilih yang lain.

Memar atau cacat itu akan membuat beberapa wilayah jambu matang secara tidak merata. • Tekan secara lembut ke bagian kulit Jambu Biji tersebut. Jika cukup lembek, atau ketika ditekan Anda tidak harus banyak mengeluarkan usaha, artinya buah itu sudah matang. • Jika Anda membeli Jambu Biji yang belum matang benar, Anda bisa membungkusnya dengan koran untuk membuatnya lebih cepat matang.

Setelah dibungkus, Anda bisa menyimpannya terkandung dalam buah jambu biji adalah suhu kamar sekitar dua sampai lima minggu. • Sebelum mengkonsumsi Jambu Biji yang sudah matang, ada baiknya Anda mencucinya terlebih dahulu dengan air dingin untuk menghilangkan residu debu • Jambu biji sangat baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya karena mengandung banyak serat.

• Selain bisa dikonsumsi langsung, Jambu biji juga sangat menggugah selera saat dijadikan jus, salad, dan makanan penutup. Galeri [ sunting - sunting sumber ] • • ^ Sitorus, Rika Hardani (2019-09-19). "Potensi Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava L) sebagai Pengawet Alami Ikan Kembung (Rastrelliger sp)". Universitas Medan Area. • ^ Kandungan Gizi Jambu Biji Diarsipkan 2016-02-07 di Wayback Machine. diakses 5 Januari 2016 • ^ http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/1603 • ^ Nasution, Nurhabibah (2003-08-26).

"Identifikasi Lalat Buah pada Beberapa Jenis Tanaman Buah-Buahan di Kecamatan Pancur Batu" (dalam bahasa Inggris). Universitas Medan Area. • ^ http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60923 • ^ a b http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52832 • ^ Cara Memilih Buah Jambu Diarsipkan 2016-02-07 di Wayback Machine.

diakses 5 Januari 2016 Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • Budidaya Jambu Batu dari IPTEKnet ( 1 Diarsipkan 2007-05-09 di Wayback Machine.) ( 2 Diarsipkan 2007-05-07 di Wayback Machine.) • Studi Kelayakan Bisnis Tanaman Buah Jambu Kristal Pada Kelompok Tani Desa Cikarawang ( [1]) ( [2]) • Keanekaragaman Kutukebul (Hemiptera: Aleyrodidae) di Wilayah Bogor [3] • Keanekaragaman Spesies Kutu Putih (Hemiptera: Pseudococcidae) pada Tanaman Buah-buahan di Bogor [4] • Hama dan Penyakit Tanaman Jambu Biji (Psidium guajava L.) di Kecamatan Rancabungur dan Kampus IPB Darmaga Bogor [5] • Referensi Ilmiah Jambu Biji Diarsipkan 2021-02-28 di Wayback Machine.

• Manfaat Buah Jambu Biji Diarsipkan 2015-04-02 di Wayback Machine. • watch movie english sub Diarsipkan 2020-01-29 di Wayback Machine. • manfaat daun jambu biji • Wikidata: Q166843 • Wikispecies: Psidium guajava • AoFP: 1395 • APDB: 16564 • APNI: 87867 • ATRF: Psidium_guajava • Calflora: 9400 • Ecocrop: 1804 • EoL: 2508593 • EPPO: PSIGU • FoC: 200014806 • GBIF: 5420380 • GISD: 211 • GRIN: 30205 • iNaturalist: 62859 • IPA: 6273 • IPNI: 600841-1 • ISC: 45141 • ITIS: 27240 • IUCN: 49485755 • NCBI: 120290 • NSWFlora: Psidium~guajava • NZOR: a0d230ff-1b87-46b3-a1dc-a986765b5ba2 • NZPCN: 2862 • Plant List: kew-166741 • PLANTS: PSGU • POWO: terkandung dalam buah jambu biji adalah • SANBI: 2951-2 • Tropicos: 22101794 • WCSP: 166741 • Terkandung dalam buah jambu biji adalah wfo-0000284421 • Halaman ini terakhir diubah pada 6 Desember 2021, pukul 01.40.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

11 Arti Mimpi Jambu Biji, Bijaklah dalam Menyikapinya




2022 www.videocon.com