Sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Jakarta - Upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dimulai lingkungan keluarga, rumah, sekolah, dan dan lingkungan masyarakat. Apakah detikers tahu, bagaimana caramu untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga?

Hubungan antara persatuan dan kesatuan dengan dengan keutuhan NKRI yaitu terpeliharanya persatuan dan kesatuan berbagai suku bangsa dan budaya di wilayah Indonesia yang luas mendorong keutuhan NKRI. Sebaliknya, konflik antarsuku, antaragama, dan antarkelompok dapat memicu perpecahan negara, seperti dikutip dari buku PKn Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 5 oleh M. Masan dan Rachmat. Baca juga: 55 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan yang lebih besar.

Sikap persatuan dan kesatuan di rumah dapat muncul bila dalam keluarga tumbuh kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan keluarga yang baik, tata krama, dan adat istiadat yang baik.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan di rumah yakni mendukung terciptanya kehidupan yang harmonis, rukun, damai. Cara mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga selengkapnya sebagai berikut. Cara mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga 1. Beribadah bersama 2. Saling menghormati dan saling menyayangi ayah, ibu, adik, kakak, dan keluarga secara keseluruhan 3.

Mengakui keberadaan dan fungsi atau kedudukan masing-masing anggota keluarga 4. Menghargai pendapat anggota keluarga satu sama lain 5. Belajar mengerti dan merasakan kesedihan dan penderitaan anggota keluarga 6. Belajar tidak mudah marah atau menyimpan dendam 7. Menumbuhkan sikap rela berkorban di rumah, seperti: - Menunda acara bermain untuk membantu pekerjaan ibu - Menunda rencana berkemah bersama teman-teman untuk menunggu anggota keluarga yang sedang sakit Baca juga: Catat!

Ini Penyebab Kehancuran Bangsa Indonesia yang Harus Diwaspadai 8. Mematuhi nasihat orangtua 9. Saling membantu bila ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan 10. Tidak mendiskriminasi dalam menyayangi dan mengasihi anggota keluarga Nah, itu dia cara mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga. Bagaimana caramu untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, detikers?

Simak Video " Peringatan Nuzulul Quran, Jokowi: Manfaatkan Keberagaman Demi Kepentingan Bersama" [Gambas:Video 20detik] (twu/twu) Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 yang ditulis oleh Christiana Umi (2020: 24)setiap orang pasti berbeda dengan orang lain. Baik itu warna kulit, cara pandang, dan ide. Keberagaman yang ada merupakan ciptaan Tuhan, sehingga setiap manusia harus menghargai keberagaman yang ada.

Seperti yang sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga dijelaskan sebelumnya, keberagaman juga dapat ditemukan di keluarga. Namun, adanya keberagaman bukan berarti kita harus membedakan satu sama lain anggota keluarga. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerahnya, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, yaitu memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia .
Hidup rukun artinya saling menghormati, menghargai, dan menyayangi antara sesama manusia.

Hidup rukun dilakukan di rumah,sekolah,dan masyarakat. Dengan hidup rukun persatuan dan kesatuan dapat terjaga dengan baik. Kerukunan yang terbina baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat dapat menghindarkan kita dari permusuhan, sehingga kehidupan menjadi harmonis.

Selain itu dengan adanya kerukunan kita juga merasa aman, tenteram, dan damai. Apabila kerukunan sudah terbina dengan baik, persatuan dan kesatuan tentunya sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga akan semakin kokoh, Persatuan dan Kesatuan merupakan istilah tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa tapi juga agama. Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Persatuan dan kesatuan dapat dibina dalam sebuah keluarga melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga. Beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga antara lain. • Bersama-sama membersihkan lingkungan rumah, sehingga rumah jadi bersih dan nyaman. • Saling membantu dalam melaksanakan tugas rumah, sehingga tugas menjadi lebih ringan dan cepat selesai • Membantu ayah mengecat dinding rumah, sehingga rumah menjadi rapi • Membantu ibu memasak di dapur, sehingga pekerjaan ibu cepat selesai.

• Bergotong royong merapikan taman, sehingga aman menjadi rapi, indah, dan asri Namun tidak semua keluarga memiliki kondisi dan situasi yang sama persis. Ada beberapa keluarga yang kerukunanya tidak dapat dijaga dengan baik. Hal ini disebabkan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam keluarga tersebut, Berikut ini beberapa contoh perilaku atau tindakan anggota keluarga baik yang mencerminkan persatuan dan kesatuan maupun sebaliknya.

No. Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan dalam Keluarga Perilaku yang Tidak Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan 1. Menjalankan kewajiban sebagai anggota keluarga dengan tulus dan ikhlas Melakukan kegiatan dengan terpaksa atau setelah ditegur orang tua 2. Saling mencintai antar sesama anggota keluarga Pertengkaran antar anak, anak dengan orang tua, orangtua dengan orangtua 3. Bekerja sama dalam mengurus kebutuhan rumah tangga Tidak ada kepedulian anggota keluarga terhadap kebutuhan rumahmtangga.

4. Saling menghormati antar sesama anggota keluarga Anak saling ejek, tidak mematuhi nasehat orang tua 5. Sikap terbuka antar anggota keluarga Sikap tertutup dan tidak peduli terhadap permasalahan yang terjadi.

Masing-masing anggota keluarga berkewajiban untuk menubuhkan semangat persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Beberapa sikap perilaku yang perlu dikembangkan dalam keluarga untuk memajukan persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut • Saling mencintai antar sesama anggota keluarga. • Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga. • Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira. • Adanya keterbukaan dan kerjasama antar anggota keluarga.

Dengan beberapa contoh pengembangan sikap prilaku seperti diatas maka kehidupan keluarga diharapkan dapat berlangsung secara harmonis dan bila keluarga harmonis masyarakat juga harmonis dan selanjutnya bangsa dan negara dapat berkembang secara harmonis dan dengan sendirinya persatuan dan kesatuan dapat terwujud sebaik-baiknya.

Keluarga menjadi salah satu bahasan penting dalam setiap bentuk negara di dunia. Hal ini lantaran dalam segmen terkecilan keluarga memiliki peranan dalam tumbuhkebangnya seorang anak (generasinya), bahkan sebelum terjun dalam lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat seseorang harus hidup dalam keluarga.

Hidupnya seseorang dalam keluarga dari kecil sampai dewasa kadangkala ditanamkan beragam macam norma yang akhirnya membentuk sikap. Baik sikap itu memiliki dampak positif ataupun sebaliknya yakni memiliki akibat negatif.

Daftar Isi • Lingkungan Keluarga • Contoh Lingkungan Keluarga • Rela Berkorban • Keikhlasan • Jujur • Tolong Menolong/Kerjasama • Mementingkan Kepentingan Keluarga daripada Pribadi • Melakukan Kekerasan • Egois • Pilih Kasih • Sebarkan ini: • Posting terkait: Lingkungan Keluarga Lingkungan keluarga bisa disebut sebagai unit terkecil dari kehidupan masyarakat yang diharapkansenantiasa berpartisipasi untuk menamakan tingkat kesadaran serta mampu dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Setiap anggota dalam ruang lingkup terkecil ini seharusanya harus dapat menjaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan keluarganya. Sebab dengan ketertiban dan keamanan yang ada dalam keluarga dapat terwujud akan memberikan sikap yang positif dikemudian hari. Contoh Lingkungan Keluarga Sikap Lingkungan Keluarga Adapun untuk contoh sikap penanaman positif dan negatif dalam lingkungan keluarga Antara lain; Positif Yaitu; • Rela Berkorban Penanaman dalam sikap keluarga yang pertama dan berdampak positif adalah terkait dengan penanaman tentang sikap rela berkorban, hal ini bisa terimplementasikan dalam kehidupan keseharian.

Sedangkan pengamalan atas sikap rela berkorban dalam keluarga ini misalnya saja dengan bersama-sama anggota keluarga membantu korban bencana alam yaang ada di lingkungan sekitar serta rela dalam membayar kewajiban dalam arti pajak untuk pembangunan negara. • Keikhlasan Dalam tahapan kedua yang bisa dilakukan untuk memberikan nilai-nilai positif dalam lingkungan keluarga ini misalnya saja dengan memberikan sifat iklas disetiap langkahkan. Cara ini bisa mendorongnya untuk peka terhadap kehidupan sosial serta dinamakikan dalam masyarakat.

Adapun untuk tindakan iklhas yang bisa di tanamkan oleh seluruh anggota kelurga misalnya ketika berada di masjid mengajarkan anggota keluarganya untuk mengisi kotak amal. • Jujur Sikap jujur bisa terbentuk dalam lingkungan keluarga, langkah positif ini merupakan proses untuk membetuk karakter setiap generasinya. Sebab dengan adanya penanaman kejujuran diakui ataupun tidak bisa memberikan tambahan positif takala seseorang tumbuh dalam karakteristik masyarakat madani.

Adanya implementasi atas contoh sikap ini misalnya saja ketika ada lingkungan sekolah seperti adanya iuran maka sebagai seorang anak haruslah jujur tidak boleh melebih-lebihkan atau mengurangi sekalipun. • Tolong Menolong/Kerjasama Dalam wujud sikap yang penting diberikan kepada keluarga lainnya, ialah tentang tolong menolong terhadap kondisi apapun yang sejatinya hal ini bisa mendorong seseorang untuk dapat memberika gambaran secara menyeluruh tentang hakekat hidup yang sebenarnya terjadi.

Adapun impelmentasi dalam kehidupan keluarga, misalnya saja kerjasama dalam membersihkan rumah di akhir pekan. • Mementingkan Kepentingan Keluarga daripada Pribadi Sikap selanjutnya yang mesti ada dalam keluarga adalah mendorong untuk mementingkan tentang keluarga daripada dirinya sendiri. Alasan hal ini dituliskan lantaran mampu memberikan stimulasi dalam berbagai fenomena sosial dan alam yang artinya dapat sutuhnya menjaga persatuan dan kesatuan tanpa kesengangan apapun.

Negatif Diantaranya; • Melakukan Kekerasan Pada bentuk kekerasan apapun pada hakekatnya dilarang dalam menjaga dan menjalin hubungan keluarga. Hal ini lantaran termasuk penggarakan HAM (Hak Asasi Manusia).

Sedangkan impelmentasi atas sikap ini misalnya saja seorang ayah melakukan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang mengakibatkan adanya rasa trauma pada anggota keluarga lain. • Egois Memiliki sikap egois dalam kehidupan keluarga juga berdampak negatif pada proses berembangnya seseorang.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Prilaku egois ini tentusaja mengakibatkan adanya kesenjangan hubungan, oleh karena itulah untuk upaya mengatasinya bisa dilakukan berbagai sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga musyawarah dan makna mufakat dalam keluarga. Adapun contoh daripada egois dalam keluarga misalnya adanya keinginan seorang anak yang mengambil jurusan kuliah tertentu setelah lulus SMA.

Pada hal ini penting untuk melakukan musyawarah kepada orang tua dan saudara kandung. • Pilih Kasih Sikap negatif lainnya yang ada di lingkungan keluarga adalah pilih kasih terkait anggota keluarga yang umumnya hal ini dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Misalnya saja anak terakhir menjadi yang paling disayang dibandingkan dengan saudara-sudara lainnya.

Sikap tersebut tentusaja tidak dapat dibenarkan karena dapat sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga adanya kecemburuan pada sesama anak yang menjadi anggota kelaurga. Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa keluarga akan senantiasa melibatkan satu pria dan satu wanita yang menikah, dan anak-anak dari hasil pernikahannya. Seorang kakek atau nenek mungkin tinggal bersama dan menjadi bagian dari keluarga akan tetapi untuk keluarga yang ideal adalah seorang ayah, ibu, dan dua orang anak.

Oleh sebab itulah untuk membentuk keluarga yang sesuai dengan harapan dan keinginan penting untuk memberikan serta menanamkan sikap yang kemudian mampu menunjang kehidupan bersama-sama. Nah, demikianlah beberapa contoh sikap postif dan negataif dalam lingkungan keluarga yang ada di dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Semoga dengan hadirnya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah referensi mendalam.

Posting terkait: • 12 Ciri Makar dan Dampaknya bagi Negara • 10 Manfaat Kerjasama Internasional Bagi Indonesia • Pengertian Hedonisme, Macam, Ciri, Dampak, dan Contohnya Posting pada Kajian Ditag contoh lingkungan keluarga, definisi lingkungan keluarga, kasus lingkungan sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga, lingkungan keluarga, lingkungan keluarga adalah, lingkungan keluarga dalam masyarakat, pengertian lingkungan keluarga, sikap negatif lingkungan keluarga, sikap positif lingkungan keluarga Navigasi pos Kategori • Ciri • Contoh • Dampak • Faktor • Fungsi • Globalisasi • Hukum • Ilmu Sosial • Indonesia • Internasional • Kajian • Kelebihan • Sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga • Macam • Manfaat • Masyarakat • Menulis • Menurut Ahli • Negara • Pancasila • Pemerintah • Penelitian • Pengetahuan • Pers • Politik • PPKN • Sosial • Tujuan • UUD
Keluarga adalah salah satu elemen penting dalam masyarakat untuk terus membina persatuan dan kesatuan bangsa.

Dari keluargalah semua itu berasal. Sikap dan perilaku kita di luar rumah seperti halnya di sekolah, lingkungan kerja, maupun lingkungan masyarakat bisa jadi cerminan dari perilaku kita di dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila kita memulai sesuatu yang baik di dalam keluarga, agar bisa menerpkan kebaikan tersebut di lingkungan yang lain.

Salah satu hal baik yang bisa kita pupuk dari lingkungan keluarga adalah mengupayakan sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga. Makna Persatuan Bagi Indonesia Sebelum melihat lebih jauh lagi tentang Sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga, ada baiknya kita menilik apa yang dimaksud dengan persatuan.

Dilihat dari arti katanya, persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh. Disini dimaksudkan bahwa seberapapun perbedaan yang ada, harus tetap utuh menjadi satu tidak boleh terpecah belah.

Definisi lain menerangkan bahwa persatuan adalah gabungan dari beberapa bagian berbeda yang sudah bersatu. Dari situ bisa disimpulkan bahwa persatuan adalah gabungan atau ikatan dari beberapa komponen yang berbeda, bergabung menjadi satu karena ada sebuah nilai yang menjadi pemersatu perbedaan tersebut.

Kondisi tersebut sama halnya seperti yang terjadi di Indonesia. Indonesia memiliki banyak komponen yang berbeda. Ada suku, agama, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. Namun semua perbedaan tersebut menjadi satu kesatuan bangsa Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, persatuan terjadi karena ada sebuah nilai yang mengikat dan melandasi perbedaan-perbedaan tersebut.

Di Indonesia, kita punya Pancasila. Salah satu makna pancasila sebagai ideologi negara adalah sebagai nilai integratif atau nilai pemersatu perbedaan yang ada di Indonesia. atau dengan kata lain, persatuan di Indonesia bisa terbentuk karena adanya Pancasila. Menjunjung tinggi nilai persatuan juga merupakan implementasi nilai-nilai pancasila. Dan sebagai warga negara yang patuh terhadap dasar negara, sudah sepantasnya kita berkomitmen pada persatuan sebagai salah satu wujud pengamalan Pancasila khususnya sila ketiga.

Oleh karena itu, sudah seharusnya komitmen pada persatuan diwujudkan dalam tiap tindakan baik di lingkungan keluarga, sekolah, pekerjaan, maupun masyarakat. Pada dasarnya,kita bisa menjalankan Sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga apabila kita mampu menerapkan asas kekeluargaan.

Sebagai contoh yang paling sederhana dari penerapan asas kekeluargaan adalah dengan bertegur sapa dengan anggota keluarga. Bayangkan bagaimana persatuan bisa terjalin apabila tidak ada tegur sapa diantara anggota keluarga. Apabila asas kekeluargaan tidak lagi diterapkan, akan ada akibat sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga menerapkan asas kekeluargaan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Sikap Dan Perilaku Yang Mencermikan Komitmen Persatuan Di Lingkungan Keluarga Berikut adalah contoh Sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga: • Saling mencintai sesama anggota keluarga Sudah sewajarnya ada rasa saling mencintai sesame anggota keluarga. Itu terjadi karena anggota keluarga mempunyai rasa persatuan sebagai sebuah kesatuan.

Oleh karena itu, secara otomatis orang yang dicintai juga pasti akan membalas rasa cinta. Seperti halnya orang tua dan anak, tidak ada orang tua yang tidak mencintai anaknya. Dan sebaliknya, walaupun anak tidak akan bisa sepenuhnya membalas rasa cinta orang tua, akan tetapi anak akan selalu membalas rasa cinta orang tua.

• Saling menghormati sesama anggota keluarga Walauoun dalam sebuah keluarga adaa urutan yang berdasarkan usia, namun semua anggota harus bisa menghormati satu sama lain.

Bukan berarti anggota yang lebih tua boleh tidak menghormati anggota yang lebih muda. Semua anggota keluarga mempunyai hak yang sama, dan semuanya harus dihormati. • Bekerjasama dalam menyelesaikan urusan rumah tangga Karena pelaku rumah tangga bukan hanya orang tua, maka anak pun sudah seharusnya ikut bekerjasama dalam menyelesaikan urusan rumah tangga. Anggota keluarga bisa salking bahu menbahu membantu menyelesaikan urusan rumah tangga sebagai wujud dari sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga.

• Menjalankan kewajiban sebagai anggota keluarga dengan tulus dan ikhlas Sudah selayaknya apabila tiap anggota keluarga diberi kewajiban yang menjadi tanggung jawab individu masing-masing. Sebagai contoh, ayah wajib bekerja mencari nafkah, ibu wajib mengurus rumah tangga, dan anak mempunyai kewajiban untuk belajar atau bekerja sesuai dengan yang dicita-citakan. Kewajiban tersebut harus dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas.

Hal tersebut karena dengan adanya komitmen persatuan, makan tiap anggota keluarga akan mempunyai kesadaran untuk menjalankan kewajiban sesuai dengan fungsinya.

• Mengakui keberadaan fungsi setiap anggota keluarga Selain tulus dan ikhlas menjalankan kewajiban sesuai dengan fungsinya, anggota keluarga juga harus menyadari dan mengakui fungsi – fungsi tersebut.

Sebagai contoh, peran ayah dalam keluarga adalah sebagai kepala keluarga. Oleh karena itu, anggota keluarga lain sudah seharusnya menghargai keputusan – keputusan yang diambil oleh kepala keluarga untuk kepentingan bersama.

• Melangsungkan musyawarah untuk memutuskan sesuatu yang menyangkut kepentingan semua anggota keluarga Musyawarah dalam keluarga sangat penting. Sudah seharusnya keputusan yang menyangkut kepentingan bersama menyertakan anggota keluarga dalam proses musyawarah. Dan selama proses musyawarah tersebut, harus ada sikap dan perilaku yang mencermikan komitmen persatuan di lingkungan keluarga. Karena jika tidak, maka mufakat tidak akan tercapai. • Menyelesaikan masalah dalam keluarga dengan sistem musyawarah Terkadang dalam keluarga terdapat masalah yang yang akibatnya berimbas pada seluruh anggota keluarga.

Dalam hal itu, penyelesaiannya pun harus dilaksanakan dengan proses musyawarah. Musyawarah akan mempersatukan pendapat dan pandangan dari tiap anggota keluarga. Dari situlah keputusan akhir bisa diambil, dengan tidak mengkesampingkan kepentingan bersama.

• Adanya sikap saling terbuka antar anggota keluarga Sikap saling terbuka sangat penting untuk memantau apakah semua berjalan lancar, apakah ada masalah yang terjadi pada tiap anggota keluarga. Dengan begitu, masalah akan bisa diselesaikan sedini mungkin, tentu saja dengan musyawarah dengan anggota keluarga.

Dari situ juga keluarga dapat menjalankan Peran Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian. • Mengembangkan sikap tenggang rasa dalam keluarga Tenggang rasa tidak hanya bisa diterapkan antar umat beragama dalam masyarakat. Tenggang rasa dalam keluarga juga penting untuk memupuk komitmen terhadap nilai persatuan. Sebagai contoh, saat kakak sedang sibuk belajar, adik tidak boleh menganggu.

Hal itu karena komitmen terhadap nilai persatuan akan memberikan kesadaran bahwa anggota keluarga akan ikut sennang apabila salah satu anggota keluarga bisa mencapai cita – citanya.

Akan tetapi, kesuksesan di masa yang akan datang tidak boleh membuat anggota keluarga lupa dengan keluarganya. • Beribadah bersama anggota keluarga Beribadah adalah salah satu upaya manusia untuk selalu kembali ke jalan yang benar. Walaupun ibadah bisa dilakukan secara individual, akan tetapi beribadah bersama keluarga akan lebih baik. Anggota keluarga bisa saling mengingatkan dan bersama-sama menjalankan ibadah.

Seperti yang kita tahu, apabila kehidupan agama kita berjalan baik, maka kita bisa mengimplementasikannya dalam semua tingkatan kehidupan. Walaupun pada kenyataannya ada satu keluarga dimana anggota keluarganya memeluk agama yang berbeda, tapi anggota keluarga bisa saling mengingatkan dalam hal ibadah, dan tentu saja mengembangkan sikap tenggang rasa.

• Melakukan kegiatan bersama tanpa adanya paksaan Apabila kita berkomitmen pada rasa persatuan, maka sudah seharusnya apabila kita melaksanakan segala sesuatu dalam keluarga dengan ikhlas tanpa dipaksakan. Begitupun dalam melakukan kegiatan bersama dengan keluarga.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga seperti berekreasi, belorahraga bersama, ataupun sekedar menonton televisi bersama akan jauh lebih menyenagkan apabila setiap anggota keluarganya menyadari bahwa keluarga adalah satu kesatuan.

• Tidak memaksakan kehendak pada anggota keluarga lain Contoh lain dari sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan keluarga adalah tidak memaksakan kehendak.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Sebagai contoh, tidak seharusnya orang tua memaksakan cita-cita yang belum bisa ia capai kepada anaknya. Bukan juga berarti bahwa orang tua yang seorang dokter harus mempunyai anka seorang doketer juga. Contoh lainnya, anak juga tidak boleh memaksakan keinginannya pada orang tua tanpa tau kondisi dan situasi rumah tangga.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Disitulah komunikasi dan musyawarah antar anggota keluarga mempunyai kedudukan yang sangat penting. Manfaat Sikap Dan Perilaku Yang Mencermikan Komitmen Persatuan Di Lingkungan Keluarga Dengan melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Manfaat tersebut tidak hanya hadir di lingkungan keluarga, akan tetapi juga di lingkungan yang lain. Hal itu karena segala sesuatu yang kita lakukan dalam lingkungan keluarga bisa menjadi landasan atau pedoman tentang apa yang akan kita dapatkan di lingkup yang lain.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan keluarga: • Terjalin komunikasi yang baik • Hidup lebih harmonis • Rumah tangga aman dan tenteram • Tercipta kerukunan • memperkokoh persatuan dalam lingkup lebih luas • tercapainya tujuan-tujuan hidup • kebutuhan hidup terpenuhi Akibat Tidak Melaksanakan Sikap Dan Perilaku Yang Mencermikan Komitmen Persatuan Di Lingkungan Keluarga Begitu pentingnya sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga di lingkungan keluarga membuat kita tidak boleh lengah dalam melaksanakannya.

Karena jika tidak, tentu saja ada beberapoa akibat yang kurang menyenangkan bagi kehidupan kita. Baik itu dalam lingkup keluarga, ataupun lingkup lainnya. Berikut beberapa Akibat dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan di Lingkungan Keluarga: • Merasa terpaksa dalam melakukan kegiatan • Sering terjadi perselisihan • Tidak ada kepedulian anggota keluarga pada kebutuhan rumah tangga • Bersikap acuh tak acuh dan tidak mengindahkan perkataan anggota keluarga lain • Tidak ada keterbukaan antara anggota keluarga • Sering terjadi masalah di lingkungan keluarga • Kegiatan diluar lingkungan keluarga tidak berjalan dengan baik • Tidak tercapai tujuan hidup Demikian beberapa ulasan artikel tentang bagaimana sikap perilaku yang bisa mencerminkan komitmen dalam persatuan di dalam keluarga.
Yahoo ist Teil der Markenfamilie von Yahoo.

Durch Klicken auf „ Alle akzeptieren" erklären Sie sich damit einverstanden, dass Yahoo und seine Partner Cookies und ähnliche Technologien nutzen, um Daten auf Ihrem Gerät zu speichern und/oder darauf zuzugreifen sowie Ihre personenbezogenen Daten verarbeiten, um personalisierte Anzeigen und Inhalte zu zeigen, zur Messung von Anzeigen und Inhalten, um mehr über die Zielgruppe zu erfahren sowie für die Entwicklung von Produkten.

Personenbezogene Daten, die ggf. verwendet werden • Daten über Ihr Gerät und Ihre Internetverbindung, darunter Ihre IP-Adresse • Browsing- und Suchaktivitäten bei der Nutzung von Yahoo Websites und -Apps • Genauer Standort Sie können ' Einstellungen verwalten' auswählen, um weitere Informationen zu erhalten und Ihre Auswahl zu verwalten. Sie können Ihre Auswahl in den Datenschutzeinstellungen jederzeit ändern.

Weitere Informationen darüber, wie wir Ihre Daten nutzen, finden Sie in unserer Datenschutzerklärung und unserer Cookie-Richtlinie. Klicken Sie hier, um weitere Informationen zu unseren Partnern zu erhalten.Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD: Contoh Sikap Menunjukkan Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman Pada materi pelajaran kelas 4 SD, teman-teman akan menemukan pertanyaan bagaimana contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga.

Kunci jawaban dari pertanyaan di atas dapat kamu temukan dari penjelasan berikut ini. Yuk, simak bersama-sama! ARTIKEL TERKAIT • Contoh Penerapan Sila ke-3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari • Sebab dan Akibat Jika Tidak Ada Persatuan dan Kesatuan, Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 • Mengenal Kegiatan Kerja Bakti, Apa Manfaatnya dalam Menjaga Sikap Persatuan dan Kesatuan Warga?

• Contoh Sikap yang Sesuai dengan Pancasila Sila Ke-3 di Keluarga, Materi Kelas 4 SD
Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa.

Persatuan dan kesatuan sangat sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Indonesia memiliki konteks persatuan bangsa. Persatuan memiliki makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

Sebagai sebuah keluarga tentu persatuan adalah hal utama yang perlu diunggulkan beserta dengan keharmonisan. Setiap anggota keluarga dapat menghormati dan menghargai satu sama lain adalah yang terbaik dan menjadikan kesatuan keluarga semakin kuat.

Jika dari lingkup keluarga saja sudah terpecah-belah, akibatnya sebagai berikut. Terjadi pertengkaran di dalam keluarga. Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga. Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga karena adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain.

Kurangnya keakraban di dalam keluarga. Keakraban dalam keluarga sangat penting. Keakraban keluarga dapat menunjang persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Ketidakakraban biasanya disebabkan karena kurangnya komunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga. Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman.

Rasa sombong timbul karena adanya rasa bangga pada diri sendiri yang berlebihan. Rasa sombong dapat membuat kita terpisah dari teman di kelas. Rasa sombong juga membuat hubungan dengan teman sekolah menjadi renggang. Selain itu, rasa sombong juga dapat menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap sesama teman.

Rasa sombong dan sikap tidak peduli menyebabkan tidak adanya persatuan dan kesatuan di kelas dan lingkungan sekolah. Membeda-bedakan teman, Persatuan berarti tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, seorang peserta didik dapat memilih-milih teman berdasarkan agama, suku, maupun ras. Hal ini bukan merupakan sikap terpuji dan justru bertentangan dengan Pancasila sila ke-3. Terjadi tawuran. Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok teman.

Akibat dari olokolok berlanjut menjadi pertikaian fisik. Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan dapat membuat orang lain turut merasa terluka. Tawuran dapat terjadi antarsekolah. Tawuran menandakan tidak adanya persatuan dan kesatuan. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi. Misalnya, harus adanya saling toleransi dan tenggang rasa agar hubungan antarwarga masyarakat dapat dipertahankan dengan baik.

Namun, tanpa adanya rasa persatuan, tenggang rasa dan toleransi mustahil dapat bertahan. Perpecahan bangsa. Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Setiap individu pasti memiliki kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita tidak boleh hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa. Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa karena rakyat yang tidak bersatu. Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan mudah masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat.

sebutkan contoh nilai persatuan di lingkungan keluarga

Penerapan Nilai Persatuan & Kesatuan Dalam Kehidupan Sehari-hari




2022 www.videocon.com