Shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

Menurut Udam dalam jurnalnya yang berjudul Pengaruh Latihan Shuttle-Run dan Zig-Zag terhadap Kemampuan Dribbling Bola Pada Siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Imanuel Usia 13-15 Di Kabupaten Jayapura, shuttle run merupakan bentuk latihan kelincahan umum yang dilakukan dengan teknik lari bolak-balik. Jenis latihan ini dilakukan secepat mungkin untuk meningkatkan kelincahan pada kaki. Advertisement Saat berolahraga serta menjalankan aktivitas sehari-hari, kelincahan merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting.

Dengan melatih kelincahan, maka risiko Anda mengalami cedera saat beraktivitas akan berkurang. Pengertian shuttle run Shuttle run adalah lari bolak-balik Shuttle run adalah salah satu jenis latihan yang berfungsi melatih kelincahan dan kecepatan dengan cara lari bolak-balik terus menerus antara dua titik penanda pada kecepatan tertentu. Latihan ini dapat bervariasi dalam tingkat intensitas, durasi, dan jarak. Ketika melakukan shuttle run, Anda perlu melakukan gerakan yang cepat dan tepat dalam mengubah arah tanpa kehilangan keseimbangan.

Pada dasarnya latihan ini tidak jauh berbeda dengan lari zig zag. Hanya saja pada shuttle run, Anda berlari bolak balik di jalur lurus dan tidak perlu berbelok-belok menghindari rintangan seperti pada lari zig zag.

Shuttle run termasuk pada jenis latihan SARQ, yakni sekelompok pelatihan yang dapat meningkatkan speed ( kecepatan), agility (kelincahan), reactivity (reaktivitas) dan quickness ( ketangkasan). Menjalankan latihan ini dapat memberikan banyak manfaat dalam berolahraga juga aktivitas sehari-hari. Baca Juga: Serba-Serbi Lari Jarak Pendek dalam Atletik Manfaat shuttle run Shuttle run baik untuk melatih otot kaki Sama seperti jenis lari lainnya, shuttle run juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperit di bawah ini: 1.

Melatih lebih banyak otot Jika dibandingkan dengan lari lurus tanpa bolak-balik, latihan shuttle run dapat melatih lebih banyak otot kaki. Dengan latihan teratur dapat membuat otot kaki terbentuk dengan baik karena sering melakukan gerakan lari yang disertai perubahan arah secara cepat.

2. Memperbaiki keseimbangan dan refleks Gerakan yang melatih kelincahan seperti shuttle run dapat meningkatkan keseimbangan, yang merupakan kemampuan untuk mempertahankan kontrol tubuh. Latihan reaktivitas dan kecepatan dapat meningkatkan refleks alami, sehingga dapat membantu bergerak lebih cepat di hampir semua hal yang Anda lakukan sehari-hari. 3. Membakar lebih banyak kalori Olahraga shuttle run menggunakan lebih banyak otot, ini berarti akan ada lebih banyak kalori yang dibakar selama latihan.

Selain itu, shuttle run juga termasuk dalam latihan interval intensitas tinggi, yang efektif membakar lebih banyak kalori dalam waktu terbatas. 4. Membantu menurunkan berat badan Jenis latihan ini juga memungkinkan pembakaran kalori tetap berlangsung setelah latihan selesai. Kemampuan untuk membakar kalori setelah latihan selesai secara teknis dikenal sebagai excess post- exercise oxygen consumption (EPOC).

Karena kalori yang dibakar lebih banyak, maka jika dilakukan secara teratur, maka akan berujung pada penurunan berat badan yang sehat. 5. Menurunkan risiko cedera Shuttle run tidak hanya melatih otot, tapi juga meningkatkan kekuatan serta ketahanan jaringan tubuh, membuatnya menjadi lebih lentur. Ini akan menurunkan risiko cedera, terutama yang disebabkan oleh perubahan shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih atau perubahan arah yang terjadi dengan cepat saat bergerak.

Baca Juga: Olahraga Lari: Pengertian, Sejarah, dan Nomor Pertandingan Teknik dasar shuttle run Shuttle run dilakukan dengan berlari mencapai dua titik bolak-balik Ada beberapa tipe latihan shuttle run. Untuk bisa melakukannya dengan baik, Anda memerlukan alat penanda, biasanya berupa kerucut sebanyak shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih atau 3 buah sebagai titik awal dan akhir shuttle run.

Cara melakukan shuttle run dasar dengan 2 kerucut, adalah: • Tempatkan dua buah kerucut dengan jarak sekitar 23 meter. • Larilah dari kerucut satu ke kerucut dua, lalu segera berbalik lari kembali ke kerucut satu.

Ini dihitung satu putaran. • Lakukan latihan sebanyak 6 putaran untuk satu sesi. • Istirahat selama 5 menit sebelum mengulangi sesi sekali lagi. • Catat waktunya setiap kali latihan shuttle run untuk melihat perkembangan latihan. Cara melakukan shuttle run tingkat lanjut dengan menggunakan 3 kerucut adalah: • Atur tiga kerucut dalam satu garis lurus, terpisah dengan jarak kurang lebih 5 meter.

• Untuk memulai, berdirilah di titik kerucut tengah dan mulai berlari menuju kerucut kanan (jarak 5 meter) • Sentuh kerucut kanan dengan bagian tangan luar. • Dari kerucut kanan berbalik dengan cepat dan berlari ke kerucut kiri (jarak 10 meter) • Sentuh kerucut kiri dengan bagian tangan luar. • Putar kembali dan berlari menuju kerucut yang di tengah (jarak 5 meter).

Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 3 putaran. Sebaiknya kecepatan putaran berikutnya dilakukan lebih cepat dibandingkan putaran sebelumnya. Baca Juga • 5 Gerakan Olahraga yang Aman dan Sehat, Bisa Dilakukan di Rumah • Seputar Permainan Baseball yang Menyehatkan Tubuh • Panduan Olahraga 7 Menit alias 7 Minute Workout untuk Pemula Demikianlah pengertian shuttle run serta manfaatnya bagi kesehatan.

Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menjalani latihan apa pun. Segera hentikan latihan jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau sakit saat melakukannya. Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/build-sports-endurance-with-shuttle-runs-3120584 Diakses 2 November 2021 Ace Fitness.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

https://www.acefitness.org/education-and-resources/professional/expert-articles/5184/4-drills-that-will-improve-your-agility/ https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/5041/benefits-of-agility-training-for-non-athletes/ Diakses 2 November 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudsayaan Indonesia.

http://repositori.kemdikbud.go.id/19534/1/Kelas%20XII_PJOK_KD%203.5.pdf Diakses 2 November 2021 Pusat Pengelolaan Jurnal (PPJ) Universitas Negeri Padang. http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/download/16/7 Diakses 2 November 2021 Olahraga Memahami Denyut Nadi Normal Setelah Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung Setelah melakukan olahraga denyut nadi akan berdetak lebih kencang.

Denyut nadi normal adalah 60-100 kali per menit, sementara saat olahraga denyut nadi maksimal untuk usia 20 tahun bisa mencapai 200 kali per menit, usia 30 tahun 190 kali per menit, dan usia shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih tahun 180 kali per menit.
Apa yang dimaksud shuttle run?

inilah pertanyaan yang mungkin terbesit di benak kalian. Bentuk latihan kelincahan satu ini berfokus pada ketepatan, dayta tahan, serta kecepatan di waktu bersamaan. Lantas bagaimana cara melakukan shuttle run yang baik dan benar? secara harafiah kita hanya perlu berlari lalu berbalik arah secara terus menerus. Manfaat shuttle run tak lain adalah untuk mengukur tingkat kelincahan siswa melalui standar yang telah ditentukan.

Bentuk latihan kelincahan tersebut biasanya dilaksanakan pada lintasan khusus dan menggunakan alat bantu. Diantaranya adalah pita pengukur, kapur sebagai penanda, stopwatch sebagai timer, serta pancang. Sedangkan ukuran lintasan umumnya tak terlalu panjang maupun pendek tapi berkisar antara 5 meter. Di lain sisi, cara melakukan shuttle run bisa kalian jumpai bahkan ketika berada di bangku sekolah dasar. Pembahasan yang menyangkut teknik, alat bantu, panjang lintasan, dan manfaat shuttle run pun juga dapat kita baca pada buku LKS.

Sayangnya, masih banyak siswa yang kurang familiar dengan bentuk latihan kelincahan satu ini. Pengertian shuttle run adalah gerakan lari bolak balik yang dilakukan pada jarak sesuai ketetapan yang ada. Bentuk latihan kelincahan dalam kebugaran jasmani ini mampu melatih akselerasi serta kontrol tubuh lebih baik. Meski terdengar sepele tapi faktanya banyak siswa yang gagal ketika pertama kali mencoba.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

Mayoritas kegagalan disebabkan oleh kontrol yang tidak sesuai karena siswa hanya berfokus pada kecepatan. Apakah anda tahu apa saja manfaat teknik shuttle run untuk tubuh? Walau memiliki gerakan simpel namun bentuk latihan kelincahan ini mampu memberi banyak efek positif.

Terlebih jika kalian adalah orang yang memang aktif dalam dunia atletik atuapun pemain profesional. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat shuttle run yaitu sebagai berikut: • Sebagai latihan kecepatan dalam berlari. • Mengontrol tubuh dan koordinasi tubuh. • Sebagai latihan ketepatan dan kelincahan. • Sebagai latihan otot kaki agar lebih kuat. • Mengantisipasi adanya cedera tubuh secara berat. • Membuat pertumbukan produksi testosteron dan hormon menjadi bertambah.

• Sangat efektif untuk melatih kardio. • Membuat tulang dan jaringan lunak tubuh menjadi terjaga kesehatannya. • Menyehatkan tubuh.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

Manfaat latihan shuttle run memang sangat baik untuk kesehatan. Teknik shuttle run tersebut dapat anda terapkan dengan baik agar kecepatan anda dapat terlatih dengan baik. Jarak pelaksanaan shuttle run tersebut dapat anda tambah setiap berlatih. Untuk menjamin keamanan dan kelancaran latihan maka dibuatlah suatu aturan dasar.

Aturan tersebut menyangkut teknik dasar pelaksanaan mulai serta penggunaan alat bantu. Sayangnya, siswa sering menganggap aturan itu sebagai hal tabu. Akhirnya banyak yang mengabaikannya dan melakukan praktek secara asal-asalan. Tindakan semacam itu menurut saya pribadi adalah sebuah kesalahan.

Maka dari itu, simaklah cara melakukan shuttle run di bawah sesuai kaidah serta aturan yang berlaku: • Sebelumnya harus melaksanakan pemanasan dulu. • Mencatat informasi umum sebagai indikator seperti jenis kelamin, catatan skor latihan terakhir, usia dan tinggi badan. • Berlari bolak balik sebagai latihan dasar shuttle run dengan jarak 4 x 10 meter atau melakukan pemindahan 2 balok. • Masing masing balok memiliki ukuran 10 x 5 x 5 cm. • Menggunakan beberapa aba aba seperti siap, bersedia dan ya.

Ketika aba aba "Ya" diberikan, maka pelari harus berlari lurus dari garis startnya. • Secepat mungkin berlari dan berfokus pada balok targetnya. Hal hal di atas merupakan aturan shuttle run yang harus dipahami. Selain itu waktu reaksi atau durasi waktu lari juga bagian penting dalam latihan kelincahan dengan shuttle run ini.

Indikator lari shuttle run dapat dihitung waktu reaksinya dengan jarak 4 x 10 meter. Di bawah ini terdapat durasi waktu shuttle run untuk laki laki dan perempuan yaitu meliputi: Laki Laki: • Nilai baik sekali untuk durasi waktu (detik) <12.10.

• Nilai baik untuk durasi waktu (detik) 12.11 – 13.53. • Nilai sedang untuk durasi waktu (detik) 13.54 – 14.96.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

• Nilai kurang untuk durasi waktu (detik) 14.98 – 16.39. • Nilai kurang sekali untuk durasi waktu (detik) >16.40. Baca juga : Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani Perempuan: • Nilai baik sekali untuk durasi waktu (detik) <12.42. • Nilai baik untuk durasi waktu (detik) 12.43 – 14.09. • Nilai sedang untuk durasi waktu (detik) 14.10 – 15.74.

• Nilai kurang untuk durasi waktu (detik) 15.75 – 17.39. • Nilai kurang sekali untuk durasi waktu (detik) >17.40. Hal hal di atas merupakan aturan shuttle run yang perlu diketahui, dimana jarak totalnya 40 meter.

Teknik shuttle run pada dasarnya memerlukan kesempurnaan fokus yang baik ketika menyentuh atau memindahkan balok, meskipun kelihatannya mudah. Cara Melakukan Shuttle Run Alih-alih mengatur langkah biasanya kita akan memacu langkah agar lebih cepat. Sehingga saat mendekati titik balik maka akan kesulitan. Inilah alasan mengapa kalian harus menyimak baik-baik cara melakukan shuttle run di bawah: • Langkan pertama berdiri di belakang garis start dengan tegak. • Kemudian dengan posisi awalan, pandangan anda difokuskan ke depan.

• Kaki kanan diletakkan kedepan dengan ditekuk sedikit. Lalu gunakan kaki depan tersebut untuk menopang berat badan. • Persiapkan kaki belakang di daerah belakang untuk melaksanakan tolakan saat akan berlari. • Letakkan kedua tangan di samping badan dan tekuk sedikit. • Badan ditolakkan dengan segera ke arah depan saat dibunyikan tembakan atau aba aba "Ya", dimana tolakan menggunakan kaki bagian belakang.

• Fokus tetap dipertahankan sambil berlari ke arah titik tujuan dengan secepat cepatnya. • Badan dicondongkan ke depan agar lari dapat dipercepat.

• Badan dibalikkan dengan segera saat kaki telah menginjak garis titik tujuan dan berlari kembali ke arah tempat semula tadi. • Setelah kembali ke shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih semula, maka perhitungan nilai peserta baru dapat dilakukan. Peserta diharuskan berlari bolak balik pada latihan shuttle run ini agar nilai yang diperoleh dapat sempurna. Untuk itu saat badan dibalikkan terdapat trik yang sangat dibutuhkan agar dalam waktu sangat cepat dapat kembali ke titik semula.

Kesulitan yang banyak dialami oleh peserta ialah saat badan dibalikkan sehingga banyak waktu terbuang sia sia jika pelaksanaannya tidak baik. Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan shuttle run beserta manfaat shuttle run. Usahakan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu ketika akan melakukan teknik shuttle run karena tenaga yang dibutuhkan sangat banyak menekan otot sehingga tubuh tidak akan kaget.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. • ► 2022 (68) • ► Mei (1) • ► April (11) • ► Maret (17) • ► Februari (21) • ► Januari (18) shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih ▼ 2021 (92) • ► Desember (19) • ► November (8) • ► Oktober (12) • ▼ September (11) • Pengertian dan Macam Cabang Atletik • Semua Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya • Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis • Materi Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar, d.

• Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, dan C. • Ketentuan Pemberian Poin (Skor) Dalam Bola Basket • Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air d.

• 6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau • Nomor Lari Jarak Pendek dan Jenis Start yang Digun. • Teknik Dasar Shuttle Run dan Cara Melakukannya • Peraturan, Gambar, dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit • ► Agustus (5) • ► Juli (7) • ► Juni (2) • ► Mei (13) • ► April (13) • ► Maret (1) • ► Januari (1) • ► 2020 (23) • ► Desember (1) • ► November (2) • ► Oktober (3) • ► September (4) • ► Juli (3) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (1) • ► Maret (3) • ► Februari (1) • ► Januari (3) • ► 2019 (33) • ► Desember (2) • ► November (3) • ► Oktober (4) • ► Agustus (3) • ► Juli (1) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (5) • ► Maret (2) • ► Februari (6) • ► Januari (5) • ► 2018 (6) • ► Desember (2) • ► September (2) • ► Februari (2) • ► 2017 (5) • ► November (1) • ► Oktober (3) • ► September (1) KOMPAS.com - Latihan lari bolak-balik yang digunakan untuk mengembangkan daya tahan dan kelincahan disebut shuttle run.

Shuttle run atau disebut juga lari bolak-balik merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang mampu menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, latihan shuttle run atau lari bolak-balik dapat menjaga kelincahan. Pengertian shuttle run Pengertian dari shuttle run adalah latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan cepat dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik. Baca juga: 5 Ragam Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit Tujuan shuttle run adalah untuk menjaga kelincahan.

Kelincahan atau agility adalah kemampuan untuk mengubah arah posisi tubuh dalam keadaan bergerak dengan kecepatan dan ketetapan yang tinggi tanpa kehilangan keseimbangan. Adapun, kelincahan merupakan salah satu unsur kebugaran jasmani yang menjadi faktor penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Teknik dasar shuttle run Dilansir dari situs web Very Well Fit, latihan shuttle run dapat membangun kecepatan, kelincahan, dan daya tahan. Teknik shuttle run atau lari bolak-balik adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari BBC.

Baca juga: 10 Shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih Kebugaran Jasmani • Pertama, tempatkan penanda berupa balok kayu atau kerucut yang diletakkan pada titik tujuan sesuai jarak yakni 10, 20, dan 30 meter dari titik awal lari. • Kemudian lari menuju titik 10 meter, menyetuh permukaan tanah, lalu kembali ke garis awal. • Dilanjutkan dengan melakukan rangkaian gerakan serupa pada titik jarak 20 maupun 30 meter, lalu kembali lagi ke titik awal.

• Lakukan urutan gerak tersebut sebanyak empat hingga enam kali dalam kurun waktu tertentu, sesuai porsi latihan yang diinginkan.

Manfaat shuttle run Manfaat dari latihan shuttle run bagi tubuh adalah kemampuan meningkatkan kecepatan jangka pendek atau akselerasi, kelincahan, serta menjaga kebugaran tubuh. Man City Vs PSG - Tenangkan Fans, Pochettino Tegaskan Timnya Siap Menang di Inggris https://bola.kompas.com/read/2021/11/24/12200008/man-city-vs-psg-tenangkan-fans-pochettino-tegaskan-timnya-siap-menang-di-inggris https://asset.kompas.com/crops/1CIzRaaMkCPxgRuC2-r8ovBk8Og=/0x0:512x341/195x98/data/photo/2021/10/20/616f4b32a7e78.jpg
Shuttle run baik untuk melatih kelincahan Ada banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan fisik dan kelincahan, salah satunya adalah shuttle run.

Kelincahan merupakan kemampuan seseorang untuk merubah posisi dan arah tubuh secepat mungkin secara tepat waktu tanpa kehilangan keseimbangan.

Saat berolahraga serta menjalankan aktivitas sehari-hari, kelincahan merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting. Dengan melatih kelincahan, maka risiko Anda mengalami cedera saat beraktivitas akan berkurang. Pengertian shuttle run Shuttle run adalah lari bolak-balik Shuttle run adalah salah satu jenis latihan yang berfungsi melatih kelincahan dan kecepatan dengan cara lari bolak-balik terus menerus antara dua titik penanda pada kecepatan tertentu. Latihan ini dapat bervariasi dalam tingkat intensitas, durasi, dan jarak.

Ketika melakukan shuttle run, Anda perlu melakukan gerakan yang cepat dan tepat dalam mengubah arah tanpa kehilangan keseimbangan. Pada dasarnya latihan ini tidak jauh berbeda dengan lari zig zag. Hanya saja pada shuttle run, Anda berlari bolak balik di jalur lurus dan tidak perlu berbelok-belok menghindari rintangan seperti pada lari zig zag.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

Shuttle run termasuk pada jenis latihan SARQ, yakni sekelompok pelatihan yang dapat meningkatkan speed (kecepatan), agility (kelincahan), reactivity (reaktivitas) dan quickness (ketangkasan). Menjalankan latihan ini dapat memberikan banyak manfaat dalam berolahraga juga aktivitas sehari-hari. Baca Juga: Serba-Serbi Lari Jarak Pendek dalam Atletik Manfaat shuttle run Shuttle run baik untuk melatih otot kaki Sama seperti jenis lari lainnya, shuttle run juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperit di bawah ini: Jika dibandingkan dengan lari lurus tanpa bolak-balik, latihan shuttle run dapat melatih lebih banyak otot kaki.

Dengan latihan teratur dapat membuat otot kaki terbentuk dengan baik karena sering melakukan gerakan lari yang disertai perubahan arah secara cepat. Gerakan yang melatih kelincahan seperti shuttle run dapat meningkatkan keseimbangan, yang merupakan kemampuan untuk mempertahankan kontrol tubuh. Latihan reaktivitas dan kecepatan dapat meningkatkan refleks alami, sehingga dapat membantu bergerak lebih cepat di hampir semua hal yang Anda lakukan sehari-hari.

Olahraga shuttle run menggunakan lebih banyak otot, ini berarti akan ada lebih banyak kalori yang dibakar selama latihan. Selain itu, shuttle run juga termasuk dalam latihan interval intensitas tinggi, yang efektif membakar lebih banyak kalori dalam waktu terbatas.

Jenis latihan ini juga memungkinkan pembakaran kalori tetap berlangsung setelah latihan selesai. Kemampuan untuk membakar kalori setelah latihan selesai secara teknis dikenal sebagai excess post- exercise oxygen consumption (EPOC). Karena kalori yang dibakar lebih banyak, maka jika dilakukan secara teratur, maka akan berujung pada penurunan berat badan yang sehat.

Shuttle run tidak hanya melatih otot, tapi juga meningkatkan kekuatan serta ketahanan jaringan tubuh, membuatnya menjadi lebih lentur. Ini akan menurunkan risiko cedera, terutama yang disebabkan oleh perubahan kecepatan atau perubahan arah yang terjadi dengan cepat saat bergerak. Baca Juga: Olahraga Lari: Pengertian, Sejarah, dan Nomor Pertandingan Teknik dasar shuttle run Shuttle run dilakukan dengan berlari mencapai dua titik bolak-balik Ada beberapa tipe latihan shuttle run.

Untuk bisa melakukannya dengan baik, Anda memerlukan alat penanda, biasanya berupa kerucut sebanyak 2 atau 3 buah sebagai titik awal dan akhir shuttle run. Cara melakukan shuttle run dasar dengan 2 kerucut, adalah: • Tempatkan dua buah kerucut dengan jarak sekitar 23 shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih.

• Larilah dari kerucut satu ke kerucut dua, lalu segera berbalik lari kembali ke kerucut satu. Ini dihitung satu putaran. • Lakukan latihan sebanyak 6 putaran untuk satu sesi. • Istirahat selama 5 menit sebelum mengulangi sesi sekali lagi.

• Catat waktunya setiap kali latihan shuttle run untuk melihat perkembangan latihan. Cara melakukan shuttle run tingkat lanjut dengan menggunakan 3 kerucut adalah: • Atur tiga kerucut dalam satu garis lurus, shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih dengan jarak kurang lebih 5 meter.

• Untuk memulai, berdirilah di titik kerucut tengah dan mulai berlari menuju kerucut kanan (jarak 5 meter) • Sentuh kerucut kanan dengan bagian tangan luar. • Dari kerucut kanan berbalik dengan cepat dan berlari ke kerucut kiri (jarak 10 meter) • Sentuh kerucut kiri dengan bagian tangan luar. • Putar kembali dan berlari menuju kerucut yang di tengah (jarak 5 meter). Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 3 putaran. Sebaiknya kecepatan putaran berikutnya dilakukan lebih cepat dibandingkan putaran sebelumnya.

[[artikel-terkait]] Demikianlah pengertian shuttle run serta manfaatnya bagi kesehatan. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menjalani latihan apa pun. Segera hentikan latihan jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau sakit saat melakukannya.tips olahragaolahraga anaklari Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/build-sports-endurance-with-shuttle-runs-3120584 Diakses 2 November 2021 Ace Fitness.

https://www.acefitness.org/education-and-resources/professional/expert-articles/5184/4-drills-that-will-improve-your-agility/https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/5041/benefits-of-agility-training-for-non-athletes/ Diakses 2 November 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudsayaan Indonesia. http://repositori.kemdikbud.go.id/19534/1/Kelas%20XII_PJOK_KD%203.5.pdf Diakses 2 November 2021 Pusat Pengelolaan Jurnal (PPJ) Universitas Negeri Padang.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/download/16/7 Diakses 2 November 2021 Artikel Terkait Merdeka.com - Shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi rencananya shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih lima gubernur se-Kalimantan pada Senin (14/3). Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menjelaskan Jokowi sudah disiapkan tenda sederhana. Serta sudah disiapkan keamanan untuknya. "Kesiapan, ketika menginap di IKN, tentunya apa adanya, dan Bapak Presiden kami siapkan ten • Merdeka.com - Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan vaksinasi serentak pada 12-17 Maret jelang perhelatan MotoGP Mandalika untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan, baik asing maupun domestik.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat, khususnya di Pulau Lombok dari ancaman COVID-19. • Merdeka.com - Merdeka.com - Pemerintah melonggarkan aktivitas masyarakat.

Kini, pengguna transportasi umum tidak perlu lagi menjaga jarak. Bahkan, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta memberlakukan kapasitas penumpang maksimal 100 persen mulai hari ini, 14 Maret 2022. Kebijakan ini merujuk pada Surat Keputusan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 145 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Selain itu, penetapan kapasitas penumpang maksimal 100 • Fimela.com, Jakarta Turning Red, film Disney dan Pixar yang tayang perdana pada 11 Maret 2022 di Disney+ Hotstar ini menjadi tontonan seru dan unik yang tak boleh dilewatkan.

Mengisahkan remaja berusia 13 tahun bernama Meilin Lee atau Mei, ia adalah sosok remaja yang unik dan penuh percaya diri, memiliki persahabatan yang solid, punya nilai di atas rata-rata, dan dekat dengan keluarganya. Sekilas, Mei terlihat baik-baik saja, namun pada kenyataannya, kehidupan remaja Mei tidaklah biasa dan baik- • Bagaimana posisi awal ketika melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang dengan posisi berdiri?

Asked by wiki @ 01/08/2021 in Penjaskes viewed by 3718 persons Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 3480 persons Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 3324 persons .

Sebutkan dan jelaskan apa sajakah bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri? Kali ini kelasmat akan sharing sedikit mengenai Penjernihan Air dan Bahan Buatan. Tujuan penjernih air dari bahan buatan sama seperti penjernih dari bahan alam yaitu untuk mendapatkan air bersih. .
KOMPAS.com - Setiap individu membutuhkan kemampuan fisik yang prima untuk dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa mengalami kendala.

Termasuk ketika melakukan kegiatan yang membutuhkan keseimbangan dalam bergerak dalam jangka waktu tertentu secara berurutan.

Kemampuan seseorang untuk mengubah posisi dan arah secepat mungkin sesuai dengan situasi yang dikehendaki dinamakan sebagai kelincahan. Selain itu, kemampuan seseorang untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan juga dinamakan kelincahan.

Untuk menjaga kelincahan sebagai bagian dari kebugaran jasmani, maka seseorang dapat melakukan berbagai bentuk latihan secara rutin. Salah satu bentuk latihan untuk menjaga kelincahan adalah shuttle run. Shuttle runmerupakan nama lain dari lari bolak-balik. Baca juga: Kelincahan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melatihnya Pengertian dari latihan shuttle run adalah latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan cepat dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik.

Dilansir dari BBC Sport, manfaat dari olahraga shuttle run bagi tubuh adalah kemampuan meningkatkan kecepatan jangka pendek atau akselerasi, kelincahan, serta menjaga kebugaran tubuh.

Latihan shuttle run dilakukan dengan memberi tanda pada jarak 10, 20, dan 30 meter dari titik awal seseorang untuk mulai berlari. Rangkaian gerak dalam latihan shuttle run diawali dengan berlari menuju titik 10 meter, menyentuh permukaan tanah, lalu kembali ke garis awal.

Baca juga: Kekuatan: Pengertian, Manfaat, dan Latihan Dilanjutkan dengan melakukan rangkaian gerakan serupa pada titik jarak 20 maupun 30 meter hingga kembali ke titik awal seperti sebelumnya. Urutan gerak tersebut bisa diulang sebanyak empat hingga enam kali dalam kurun waktu tertentu, sesuai porsi latihan yang diinginkan.

Variasi lain dalam latihan shuttle run bisa dilakukan dengan menambahkan objek berupa balok kayu atau bola latihan. Balok kayu atau bola latihan tersebut diletakkan pada titik tujuan sesuai jarak yakni 10, 20, dan 30 meter dari titik awal lari.

Baca juga: Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Sehingga ketika berlari menuju objek sasaran, seorang pelari atau peserta latihan bisa mendapat tugas untuk membawa balok maupun bola tersebut ke garis akhir. Manfaat dari latihan shuttle run diharapkan memberi pesertanya kemampuan melakukan gerakan secara efisien, efektif, dan ekonomis tanpa kehilangan keseimbangan.• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 29 September 2020 Ditulis oleh: Devani Adinda Putri - Ditinjau oleh: dr.

Jati Satriyo Apa itu shuttle run? Shuttle run adalah salah satu jenis latihan olahraga yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan. Ketahui manfaat, aturan, cara, tips latihan, dll. Apa Itu Shuttle Run? Shuttle run adalah salah satu jenis latihan paling populer yang mengutamakan kecepatan, daya tahan, dan ketepatan. Latihan shuttle run juga ditujukan untuk melatih kelincahan, kontrol tubuh dan akselerasi saat berlari dengan mengubah arah atau posisi.

Latihan shuttle run adalah gerakan lari bolak-balik pada satu jarak yang sama yang sudah shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih atau Anda dapat mengubah jaraknya sesuai dengan jenis latihan Anda. Latihan ini adalah latihan dasar bagi berbagai jenis cabang olahraga seperti basket, sepak bola, bulu tangkis, dll. Selain itu, shuttle run adalah latihan kardiovaskular yang menargetkan otot paha depan, betis, glute, pangkal paha, paha belakang, pinggul dan paha luar.

Jadi, hampir seluruh otot di tubuh akan bekerja dalam latihan shuttle run ini. Manfaat Shuttle Run Setelah mengetahui apa itu shuttle run, yuk cari tahu apa saja manfaat shuttle run bagi tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat shuttle run, meliputi: • Shuttle run tujuannya untuk melatih kecepatan berlari Anda. • Mengatur koordinasi dan kontrol tubuh. • Melatih kelincahan dan ketepatan. • Melatih kekuatan otot kaki. • Mencegah cidera berat. • Menambah pertumbuhan hormon dan produksi testosteron • Latihan kardio yang sangat efektif.

• Menjaga kesehatan jaringan lunak dan tulang. • Membuat tubuh jadi bugar. • Menjaga kesehatan seluruh tubuh. • Shuttle run merupakan latihan untuk meningkatkan kelincahan Nah, itu dia manfaat shuttle run bagi kesehatan. Anda pasti tertarik melakukan latihan ini, kan?

Umumnya, shuttle run dijadikan latihan dasar bagi para atlet untuk melatih kecepatan mereka, namun Anda juga bisa loh menambahkan shuttle run sebagai pilihan latihan Anda setiap minggu. Baca Juga: 11 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Tubuh (No. 7 Paling Diinginkan) Aturan Shuttle Run Sebelum melakukan latihan shuttle run, yuk pahami dulu apa saja aturan shuttle run berikut ini: • Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu.

• Catatlah informasi umum seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, catatan skor terakhir latihan Anda sebagai indikator Anda. • Latihan shuttle run paling dasar adalah lari bolak-balik dalam jarak 4×10 meter dengan memindahkan 2 buah balok, jadi total jarak adalah 40 meter. • Ukuran setiap balok adalah 10x5x5 sentimeter. • Terdapat 3 aba-aba yaitu bersedia, siap, dan ya. Pelari lari dari tepat di garis start setelah aba-aba “Ya!” • Anda wajib berlari secepat mungkin serta fokus pada target balok.

Selain aturan shuttle run tersebut, durasi waktu lari Anda adalah bagian terpenting dalam latihan ini yang disebut shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih dengan waktu reaksi. Anda dapat menghitung waktu reaksi Anda dalam indikator lari shuttle run dalam jarak 4×10 meter, sebagai berikut: Laki-Laki Perempuan Durasi (Detik) Nilai Durasi (Detik) Nilai <12.10 Baik Sekali <12.42 Baik Sekali 12.11 – 13.53 Baik 12.43 – 14.09 Baik 13.54 – 14.96 Sedang 14.10 – 15.74 Sedang 14.98 – 16.39 Kurang 15.75 – 17.39 Kurang >16.40 Kurang Sekali >17.40 Kurang Sekali Jadi, itulah aturan shuttle run untuk total jarak 40 meter.

Walaupun terlihat mudah, melakukan latihan shuttle run juga membutuhkan fokus yang sempurna terutama saat memindahkan atau menyentuh baloknya. Baca Juga: Manfaat Lari untuk Kesehatan dan Cara Membiasakannya dengan Benar Cara Melakukan Shuttle Run Sekarang Anda akan belajar cara melakukan shuttle run dengan baik dan benar dalam 10 step mudah. Peralatan yang dibutuhkan: • 2 balok kayu untuk setiap pelari.

• Balok harus berukuran 10x5x5 sentimeter. • Pita, kerucut, atau penanda garis start. • stopwatch atau pengukur waktu. • permukaan anti selip datar dengan dua garis selebar 10 meter atau sesuai dengan jarak yang ditentukan.

Cara melakukan shuttle run dalam 10 step mudah, yaitu: • Tetapkan jarak yang Anda inginkan. Rekomendasi jarak shuttle run adalah 10 atau 20 meter. • Letakkan 2 balok di garis kedua. • Siapkan stopwatch atau pengukur waktu. • Pastikan diri Anda sudah siap dan berkonsentrasi. • Bersiap dalam posisi sprinter, setelah aba-aba “Ya!” berlarilah secepat mungkin menuju balok pertama. • Ambil balok dan dengan cepat dan berbalik arah menuju garis awal. • Letakkan balok di garis awal lalu berlari lagi untuk mengambil balok kedua.

• Saat Anda berhasil meletakkan semua balok ke garis awal, maka itulah waktu final Anda. Shuttle run adalah latihan yang harus Anda lakukan secara rutin agar Anda tahu seberapa besar kemajuan waktu lari Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan jarak lari Anda setelah Anda merasa sudah cukup baik dari jarak awal latihan Anda.

Baca Juga: Benarkah Lari Tanpa Alas Kaki Menyehatkan? Ini Penjelasannya Tips Melakukan Shuttle Run Latihan shuttle run bisa jadi pilihan olahraga yang berat dan menantang. Jika Anda melakukan latihan shuttle run dengan target yang besar seperti untuk ujian fisik atlet, Anda harus benar-benar menyiapkan fisik dan mental Anda.

Berikut ini adalah tips melakukan shuttle run agar dapat berlari dengan durasi yang lebih cepat setiap latihan, yaitu: • Tingkatkan latihan fitnes Anda. Selain latihan shuttle run, Anda juga harus melatih otot Anda dengan berbagai latihan fitnes lainnya.

• Lakukan pemanasan yang baik dan benar untuk mengurangi risiko cedera serta meningkatkan performa Anda. • Tingkatkan latihan koordinasi dan kelincahan Anda, terutama saat berputar arah pada latihan shuttle run. • Siapkan tubuh Anda sebelum latihan seperti tidur yang cukup, minum air putih yang cukup, serta makan makanan sehat yang membentuk otot Anda.

• Siapkan mental Anda untuk berlari lebih cepat untuk mencapai target waktu berlari Anda. Terdapat banyak sekali variasi latihan shuttle run yang bisa Anda lakukan selain menggunakan balok, atau bahkan tidak menggunakan alat pendukung lainnya. Selain itu, latihan shuttle run dengan guru olahraga atau pelatih fitness akan lebih baik untuk kemajuan waktu reaksi latihan shuttle run Anda. Nah, itu dia pembahasan lengkap tentang apa itu shuttle run, manfaat, tata cara, aturan, tips, dll.

• BBC Sport. 2012. Shuttle Runs. http://news.bbc.co.uk/sport2/hi/health_and_fitness/4271376.stm. (Diakses pada 28 September 2019). • Exercise. 2019. Shuttle Run. https://www.exercise.com/exercises/shuttle-run. (Diakses pada 28 September 2019).

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

• Elizabeth, Quinn. 2018. Build Sports Agility and Endurance with Shuttle Runs.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

https://www.verywellfit.com/build-sports-endurance-with-shuttle-runs-3120584. (Diakses pada 28 September 2019). • Topend Test. Shuttle Fitness Test. 2019. https://www.topendsports.com/testing/tests/shuttle.htm. (Diakses pada 28 September 2019). • Hasani, Wildan. 2015. Perbandingan Latihan Shuttle Run dan Waktu Reaksi terhadap Kemampuan Menggiring Bola Zig-Zag pada Pemain Futsal di SMA PGRI 3 Randudongkal.

Semarang: Unnes.

shuttle run merupakan kegiatan untuk melatih

Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia

Praktik Lari Bolak-Balik




2022 www.videocon.com