Selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Bagi kamu yang saat ini melakukan aktifitas pekerjaan rutin sehari-hari, pastinya harus mempunyai daya tahan tubuh dan kebugaran yang prima agar produktifitas kerja tetap berjalan normal. Akan tetapi, jika tidak kamu atur kebiasaanmu untuk menjaga kebugaran sejak dini, maka akan menjadi masalah di kemudian hari.

Oleh karena itu, diperlukan cara cermat berikut ini yang bisa membantu menjaga kebugaran tubuhmu di sela-sela aktivitas yang padat: Berolahraga Secara Teratur Kebiasaan melakukan olahraga dengan teratur minimal lima kali dalam satu minggu dipercaya bisa membuat kondisi tubuhmu makin terlihat fresh, menekan resiko penyakit berat seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit berbahaya lainnya.

Selain itu, dengan olahraga teratur juga bisa membuat aktivitas pekerjaan fisikmu nantinya menjadi lebih cepat selesai dari biasanya karena keleluasaan untuk selalu menggerakkan badanmu ketika melakukan pekerjaan yang bersifat fisik. Konsumsi Makanan Yang Bergizi Salah satu cara menjaga kesehatan tulang lainnya adalah dengan makan-makanan yang bergizi dan banyak mengandung kalsium dan vitamin K. Disini vitamin K berfungsi untuk mencegah kadar kalsium menurun dalam tubuh.

Selain itu konsumsi vitamin C juga penting untuk memelihara persendian. Setelah itu tentunya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C seperti bayam, pisang dan kacang-kacangan. Perhatikan Porsi dan Nutrisi Makan Memerhatikan porsi makan agar tak berlebihan juga penting untuk membantu sistem pencernaanmu berjalan dengan baik dan tidak memicu penyakit yang berhubungan dengan kelebihan makanan. Berhentilah makan saat kamu kenyang, bukan pada saat makanan di piring habis.

Jadi kamu pun bisa memastikan makanan yang masuk ke dalam perut sesuai dengan porsi yang pas. Dan juga makan makanan bernutrisi sehat, hindari junk food ataupun makanan berlemak. Memperbanyak Air Putih Air putih sampai saat ini merupakan air yang mempunyai peranan dan manfaat yang sangat besar bagi manusia.

Para pakar menyarankan untuk minimal minum air putih 8 gelas per harinya.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Sebaiknya minum air putih ketika pagi hari dalam keadaan perut kosong setelah tidur malam. Hal ini bertujuan untuk membuang semua racun dalam tubuh. Air putih di dalam akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuhmu tetap segar dan sehat. Minum banyak air putih juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Istirahat Yang Cukup Dikala ada pekerjaan menumpuk dan konsentrasi kamu sudah berkurang, alangkah baiknya untuk merebahkan badan sejenak. Kurangi aktivitas atau kebiasaan yang kurang begitu penting yang dapat merugikan kesehatan tubuh kita seperti begadang sampai larut malam dan merokok. Tidur maksimal 8 jam per hari bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk menyegarkan kembali beberapa pikiran dan tubuh yang letih setelah seharian penuh bekerja untuk beraktivitas keesokan harinya.

Kirim Komentar Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar Nama * Email * Situs Web Simpan nama, email, dan situs web saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya.

Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel. Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel. Δ Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Hitekno.com - Selain makan-makanan yang bergizi, salah satu hal yang harus diperhatikan saat karantina adalah kebugaran tubuh agar fisik tetap terjaga. Meski tak memiliki ruang gerak yang cukup untuk berolahraga, kamu bisa mencoba sederetan aplikasi ini di rumah. Lima aplikasi kebugaran ini bisa diunduh dalam perangkat mobile berikut bisa membantu Anda berolahraga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga • Ambisius! Elon Musk Targetkan Dongkrak 4 Kali Lipat Pengguna Twitter pada 2028< Begini Strateginya • Penampakan Unik, Pesan Aneh Awan Terlihat dari Luar Angkasa • 5 Aplikasi Saham Terpercaya dan Populer 2022 • 5 Kombinasi Senjata Free Fire Terbaik, Mei 2022 • Penampakan Para Astronaut Berdansa Waltz di SpaceX MyFitnessPal MyFitness Pal dapat digunakan bagi pengguna yang ingin merencanakan program diet.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 6 juta database makanan dari seluruh dunia. MyFitnessPal. [MyFitnessPal.com] Kelebihan dari MyFitnessPal, aplikasi dapat memberi analisis gizi utama yang terkandung pada suatu makanan, seperti kalori, protein, gula, karbohidrat, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menawarkan fitur program olahraga untuk penggunanya.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Personal Fitness Coach by Pear Personal Fitness Coach adalah aplikasi kesehatan yang dilengkapi fitur bimbingan aktif dari para ahli olahraga berbasis real-time. Para ahli yang ada telah disediakan khusus pada bidangnya, seperti binaraga, latihan kekuatan, dan sebagainya. Pembinaan dilakukan secara pribadi, kapan pun, dan di mana pun sesuai keinginan pengguna.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Setiap latihan juga akan selalu disesuaikan dengan kinerja pengguna. Personal Fitness Coach by Pear. [Google Play Store] Ringkasnya, aplikasi ini tak ubah layaknya personal trainer yang dikonversi ke dalam bentuk mobile. Nike Training Club Nike Training Club. [Nike.com] Salah satu aplikasi kebugaran racikan vendor apparel kenamaan ini dapat digunakan bagi pengguna yang menyukai olahraga berat dengan intensitas latihan yang tinggi.

Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa program latihan yang porsinya disesuaikan sendiri, sesuai dengan kemampuan fisik pengguna. Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan jadwal dan target latihan. Poin penting lainnya, aplikasi ini juga memiliki saran dari ahli olahraga agar pengguna bisa lebih fokus dalam melaksanan latihan rutin mereka.
none Di masa Covid ini, kita sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit.

selain melakukan olah raga, kita juga harus terbiasa untuk makan makanan sehat dan bergizi. Salah satu buah yang sehat dan bergizi dan mampu untuk menjaga daya tahan tubuh karena mengandung Vitamin C adalah buah jeruk. Dengan mengenalkan manfaat buah jeruk, diharapkan peserta didik dapat menyukai buah-buah, termasuk jeruk.
Makanan menjadi sumber energi utama yang harus dipenuhi oleh setiap orang.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Tentu makanan yang dikonsumsi tak boleh sembarangan. Makanan yang baik adalah makanan yang sehat dan mengandung banyak gizi. Lalu, mengapa kita harus makan makanan yang bergizi?

Breakfast consists of bread, boiled eggs, black grape salad dressing, tomatoes, and sliced ​​onions. Ya, hal ini sangat penting karena makanan bergizi sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Semakin berjalannya waktu pasti kita menyadari bahwa kesehatan merupakan hal yang penting. Pola makan yang tak terjaga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya yang menyebabkan kematian. Mulai saat ini perhatikan konsumsi makanan bergizi Anda dan rasakan manfaatnya. Alasan Mengapa Kita Harus Makan Makanan yang Bergizi Salah satu alasan mengapa kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi adalah agar semua kebutuhan nutrisi penting di dalam tubuh terpenuhi. Selain itu masih banyak lagi alasannya, diantaranya sebagai berikut. • Merangsang pertumbuhan hormon Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat membantu merangsang pertumbuhan hormon dengan cepat.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan tinggi badan secara drastis. Makanan kaya akan gizi ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Seiring dengan bertambahnya usia mereka lebih cepat mengalami kenaikan tinggi badan.

• Meningkatkan fungsi sistem tubuh Setiap makanan sehat memiliki kandungan gizi yang banyak. Beberapa gizi tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi sistem kerja pada tubuh. Melalui sel tubuh yang mengirimkan sinyal ke otak untuk menjalankan fungsi atau tugasnya masing-masing.

• Meningkatkan kekebalan tubuh Makanan sehat dan bergizi sudah pasti memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan begitu, tubuh tak akan mudah terkena berbagai penyakit. • Menjaga bentuk tubuh Alasan mengapa kita harus mengonsumsi makanan yang bergiziadalah agar penampilan tubuh tetap terjaga. Karena makanan tersebut tidak mengandung lemak jahat yang menyebabkan berat badan naik atau obesitas.

Justru dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi membuat tubuh jadi lebih sehat, segar dan terlihat awet muda.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

• Memenuhi kebutuhan nutrisi Melalui makanan yang bergizi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutisi. Tentunya kebutuhan nutisi yang cukup untuk tubuh menjadi halyang sangat penting. Mulai dari protein, vitamin, kalsium dan mineral.

Semua nutrisi tersebut akan memaksimalkan kinerja sistem di dalam tubuh. Sehingga kita akan memiliki banyak energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Yuk Makan Makanan Bergizi! Rutin mengonsumsi makanan bergizi akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Dengan menjaga pola makan yang sehat tentu Anda akan menjalani hidup sehat yang nantinya dapat memperpanjang umur dan awet muda. Pola hidup sehat bukan hanya berasal dari makanan yang sehat saja. Melainkan gaya hidup juga menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi.

Pastikan keduanya memiliki porsi yang pas agar menjadi lebih seimbang. Maka dari itu Anda bisa memaksimalkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh daya tahan tubuh menjadi baik. Lalu imbangi dengan melakukan tidur yang cukup minimal 6-8 jam per hari. Penting untuk diketahui, kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Apalagi jika umur kita semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Kesehatan tubuh dapat membuat kita terhindar dari penyakit. Nah, dengan begitu Anda pasti akan lebih menyadari betapa pentingnya pola hidup sehat.

Yaitu dengan memulai mengonsumsi makanan bergizi yang punya banyak manfaatnya.
Secara umum, pengertian gizi adalah zat makanan yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Dalam buku berjudul Penilaian Status Gizi yang ditulis oleh Supariasa, dijelaskan bahwa pemanfaatan gizi oleh makhluk hidup adalah suatu proses ketika organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal.

Tentunya terdapat banyak fungsi dan manfaat dari zat gizi atau zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut buku berjudul Gizi Olahraga yang ditulis oleh Syafrizar dan Wilda Welis, pada dasarnya ada tiga fungsi utama dari makanan bergizi yang juga digunakan untuk pengelompokan bahan makanan secara umum, antara lain: Protein tidak hanya bisa didapatkan dari makanan hewani, tetapi juga bisa melalui makanan nabati.

Menurut buku berjudul Gizi, Olahraga, dan Kesehatan karya Sarlan, AG, protein nabati merupakan jenis protein yang berasal dari tumbuhan. Beberapa contohnya, yaitu tempe, tahu, dan kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, maupun kacang hijau.Agama Islam melalui Al-Qur’an dan sunah telah mengajarkan pemeluknya untuk memperhatikan secara teliti berbagai persoalan kehidupan, seperti permasalahan keagamaan dan sosial, termasuk urusan konsumsi.

Mereka diperintahkan oleh Allah swt agar – hanya – memakan makanan halal dan bergizi (baik). Sebab makanan sangat berpengaruh dalam menunjang aktivitas harian manusia, baik itu berkenaan dengan ibadah maupun relasi sosial. Dalam beberapa tahun belakangan, telah banyak dipelajari tentang pengaruh berbagai makanan dan nutrisi pada kesehatan jasmani. Semakin baik kombinasi makanan, maka semakin baik pula bagi tubuh manusia.

Kombinasi yang baik maksudnya adalah makanan dan minuman yang gizinya seimbang. Namun untuk mengetahui manfaat dan dampak kombinasi makanan tertentu, diperlukan penelitian dan analisa mendalam. Untuk mengukur keseimbangan asupan gizi bagi tubuh, biasanya para ahli gizi menggunakan istilah status gizi.

Ia adalah keadaan tubuh yang merupakan refleksi dari apa yang dimakan seseorang sehari-hari. Status gizi dikatakan baik apabila pola makan seseorang seimbang. Artinya, frekuensi dan jenis makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak lebih dari kebutuhan (obesitas) dan tidak pula kurang (kurang gizi).

Baca Juga: Tafsir Ahkam: Petunjuk Al-Quran Tentang Makanan yang Halal dan Haram Dalam ajaran Islam – terutama Al-Qur’an – problematika keseimbangan gizi dan pola makan teratur sebagaimana yang dijelaskan di atas juga telah diatur. Karena pada dasarnya, Islam adalah agama yang sempurna dan komprehensif menurut pemeluknya. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan berbagai ketentuan-ketentuan hukum yang bersifat simbolik-universal seperti anjuran memakan makanan halal dan bergizi (baik).

Surah Al-Baqarah [2] Ayat 168: Anjuran Makan Makanan Halal dan Bergizi Salah satu ayat Al-Qur’an yang berbicara anjuran memakan makanan halal dan bergizi (baik) adalah surah al-Baqarah [2] ayat 168 yang berbunyi: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ ١٦٨ “Wahai manusia!

Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan.

Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah [2] ayat 168) Menurut Quraish Shihab, ajakan ayat di atas ditujukan bukan hanya kepada orang-orang beriman – tetapi juga untuk seluruh manusia – seperti terbaca di atas ( an-nas).

Hal ini menunjukkan bahwa bumi disiapkan Allah untuk seluruh manusia, mukmin atau kafir. Setiap upaya dari siapa pun untuk memonopoli hasil-hasilnya, baik ia kelompok kecil maupun besar, keluarga, suku, bangsa atau kawasan, dengan merugikan yang lain, maka itu bertentangan dengan ketentuan Allah Swt. Pada surah al-Baqarah [2] ayat 168 ini seluruh manusia diajak untuk memakan makanan halal dan bergizi (baik). Karena itu baik bagi tubuh mereka dalam jangka panjang dan dapat menunjang berbagai aktifitas harian mereka di dunia.

Menurut sebagian ulama, kata kulu pada ayat ini tidak bersifat wajib, tetapi bersifat anjuran yang sebaiknya dilaksanakan ( mendekati posisi wajib). Anjuran memakan makanan halal dan bergizi (baik) Allah sampaikan karena tidak semua yang ada di dunia otomatis halal dimakan atau digunakan.

Dia menciptakan ular berbisa selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara untuk dimakan, tetapi antara lain untuk digunakan bisanya sebagai obat.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Ada burung-burung yang diciptakan-Nya untuk memakan serangga yang merusak tanaman ( Tafsir Al-Misbah [1]: 379). Dengan demikian, tidak semua yang ada di bumi menjadi makanan yang halal, karena bumi tidak hanya diciptakan untuk manusia, walaupun sebagian besar isinya dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Karena itu, manusia yang telah diberikan anugerah akal dan wahyu oleh swt Allah diperintahkan untuk memilah-milih makanan yang halal.

Tidak hanya halal secara syariat, tetapi juga bergizi (baik) menurut kesehatan. Makanan hal di sini maksudnya adalah makanan yang tidak haram, yakni makanan yang dilarang oleh agama Islam.

Makanan haram ada dua macam jenisnya, yaitu makanan haram karena zatnya seperti babi, bangkai dan darah; dan makanan yang haram dari segi perolehannya, seperti makanan yang tidak diizinkan oleh pemiliknya untuk di mana atau digunakan.

Makanan hal tidak termasuk ke dalam dua jenis makanan tersebut.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Sekali lagi perlu digarisbawahi bahwa anjuran memakan makanan halal dan bergizi (baik) diperuntukkan bagi seluruh manusia, tidak terkecuali seorangpun. Seakan-akan Allah swt berfirman, “Wahai orang-orang muslim dan kafir, makanlah makanan yang halal, bertindaklah sesuai dengan hukum, karena itu bermanfaat untuk kalian dalam kehidupan dunia kalian.” selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara Tafsir Al-Misbah [1]: 380).

Namun meskipun demikian, tidak semua makanan yang halal otomatis baik. Karen yangg dinamai halal terdiri dari empat macam: wajib, sunnah, mubah dan makruh. Aktivitas pun demikian. Ada aktivitas yang walaupun halal, namun makruh atau sangat tidak disukai Allah, seperti misalnya pemutusan hubungan. Selain itu, tidak semua yang halal sesuai dengan kondisi masing-masing. Baca Juga: Agar Doa Cepat Terkabul?

Makanlah Yang Halal Secara umum – berdasarkan kecocokan masing-masing individu – ada makanan halal yang baik buat si A yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, dan ada juga yang kurang baik untuknya, meskipun itu baik bagi yang lain.

Ada makanan yang halal, tetapi tidak bergizi, dan itu memiliki dampak yang kurang baik. Adapun makanan yang diperintahkan oleh ayat di atas adalah makanan yang halal lagi baik untuk kesehatan. Berdasarkan penjelasan surah al-Baqarah [2] ayat 168, dapat dipahami bahwa manusia, baik muslim maupun non-muslim, dianjurkan untuk memakan makanan halal dan bergizi (baik).

Ayat ini secara eksplisit juga mengajarkan kita untuk bertindak selektif dalam memilih makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing, tidak makan secara sembarang dan berlebihan. Wallahu a’lam. TENTANG KAMIDengan semangat membangun peradaban islami berbasis tafsir Al Quran, kami berusaha memenuhi asupan kebutuhan masyarakat terhadap kitab suci Al Quran, baik terjemah, tafsir tematik dengan materi yang aktual di masyarakat, maupun Ulumul Quran yang merupakan perangkat keilmuan dalam memahami Alquran
Hitekno.com - Selain makan-makanan yang bergizi, salah satu hal yang harus diperhatikan saat karantina adalah kebugaran tubuh agar fisik tetap terjaga.

Meski tak memiliki ruang gerak yang cukup untuk berolahraga, kamu bisa mencoba sederetan aplikasi ini di rumah. Lima aplikasi kebugaran ini bisa diunduh dalam perangkat mobile berikut bisa membantu Anda berolahraga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga • Melihat Keseruan Ajang Balap Patung Kinetik di Baltimore Amerika • NVIDIA Didenda Rp 79 Miliar karena Sesatkan Investor soal Penjualan GPU • Akuisisi Twitter, Elon Musk Kini Menghadapi Tuntutan dari Pengelola Dana Pensiun • One Piece: Penjelasan Cara Kerja Haki dan Jenisnya • Lemon Ungkap Alasan Absen di Momen Selebrasi RRQ Hoshi MyFitnessPal MyFitness Pal dapat digunakan bagi pengguna yang ingin merencanakan program diet.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 6 juta database makanan dari seluruh dunia. MyFitnessPal. [MyFitnessPal.com] Kelebihan dari MyFitnessPal, aplikasi dapat memberi analisis gizi utama yang terkandung pada suatu makanan, seperti kalori, protein, gula, karbohidrat, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur program olahraga untuk penggunanya. Personal Fitness Coach by Pear Personal Fitness Coach adalah aplikasi kesehatan yang dilengkapi fitur bimbingan aktif dari para ahli olahraga berbasis real-time.

Para ahli yang ada telah disediakan khusus pada bidangnya, seperti binaraga, latihan kekuatan, dan sebagainya. Pembinaan dilakukan secara pribadi, kapan pun, dan di mana pun sesuai keinginan pengguna.

Setiap latihan juga akan selalu disesuaikan dengan kinerja pengguna.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Personal Fitness Coach by Pear. [Google Play Store] Ringkasnya, aplikasi ini tak ubah layaknya personal trainer yang dikonversi ke dalam bentuk mobile. Nike Training Club Nike Training Club.

[Nike.com] Salah satu aplikasi kebugaran racikan vendor apparel kenamaan ini dapat digunakan bagi pengguna yang menyukai olahraga berat dengan intensitas latihan yang tinggi.

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa program latihan yang porsinya disesuaikan sendiri, sesuai dengan kemampuan fisik pengguna. Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan jadwal dan target latihan.

Poin penting lainnya, aplikasi ini juga memiliki saran dari ahli olahraga agar pengguna bisa lebih fokus dalam melaksanan latihan rutin mereka.
Oase.id – Saat pandemi Covid-19 sangat diperlukan nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain nutrisi yang baik, mengatur jumlah yang masuk kepada tubuh juga penting agar tidak menimbulkan peningkatan berat badan karena kurangnya berolahraga saat di rumah saja.

Mengonsumsi makanan yang bergizi baik juga tertulis dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 168; يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوۡا مِمَّا فِى الۡاَرۡضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِؕ اِنَّهٗ لَـكُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ “Wahai manusia!

selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara

Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” Cara terbaik untuk tetap sehat dengan makan makanan yang bergizi dan takaran yang sesuai dengan kebutuhan harian.

Dilansir dari healthline.com, referensi 5 makanan paling padat gizi; 1. Salmon Ikan salmon terbukti mengandung lebih banyak jumlah asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh agar lebih sehat dan risiko lebih rendah mengalami penyakit serius.

Dalam 100 gram salmon mengandung 2,8 gram omega-3, banyak protein hewani berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral, termasuk sejumlah besar magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B. Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan omega-3 pada tubuh. Studi 2016 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan berlemak secara teratur memiliki risiko selain makan makanan bergizi salah satu langkah untuk menjaga kebugaran dengan cara jantung, demensia, depresi, dan banyak penyakit umum lainnya yang lebih rendah.

2. Kentang Dalam satu kentang ukuran besar mengandung potasium, magnesium, besi, tembaga, dan mangan yang tinggi. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C dan B yang cukup.

Kentang juga merupakan salah satu makanan yang paling mengenyangkan, rasa kenyang dari kentang lebih dirasakan dibandingkan makanan lainnya. Kentang yang telah dimasak akan membentuk pati resisten atau zat seperti serat yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. 3. Bawang putih Bumbu dapur yang tidak hanya dapat mengubah segala macam hindangan menjadi lezat, tetapi juga sangat bergizi. Bawang putih mengandung tinggi vitamin C, B1, B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, selenium dan juga senyawa seperti allicin.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa allicin dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol LDL total dan "jahat". Ini juga meningkatkan kolesterol HDL "baik", berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bawang putih mentah juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang signifikan.

4. Rumput laut Ada ribuan spesies tanaman yang berbeda di lautan dan beberapa diantaranya sangat bergizi. Salah satunya adalah rumput laut. Dalam rumput laut, sangat tinggi mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan mangan. Selain itu, rumput laut juga memiliki antioksidan dengan kapasitas anti-inflamasi yang kuat. Kandungan yodium pada rumput laut juga tinggi, hingga mampu memenuhi kebutuhan yodium pada tubuh walaupun hanya dikonsumsi beberapa kali dalam sebulan.

5. Blueberry Buah yang termasuk dalam keluarga beri, memiliki kandungan nutrisi yang istimewa. Buah blueberry mengandung zat antioksidan tinggi yang dikaitkan dengan manfaat perlindungan pada otak dan meningkatkan kemampuan memori pada orang dewasa dengan usia lanjut.

Selain itu, pada penelitian The effect of wild blueberry (Vaccinium angustifolium) consumption on postprandial serum antioxidant status in human subjects menunjukkan bahwa blueberry meningkatkan nilai antioksidan pada darah.

(ACF)

MENJAGA KEBUGARAN JASMANI Kelas 2




2022 www.videocon.com