Seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

Bioma merupakan kumpulan ekosistem yang memiliki karakteristik khas berdasarkan keadaan iklimnya yang didominasi oleh flora dan fauna tertentu yang terbentuk sesuai dengan letak geografis atau letak astromonis. Bioma gurun merupakan ekosistem darat yang didominasi oleh flora dan fauna tertentu dan ditandai dengan lingkungan yang beriklim kering dengan curah hujan yang sangat sedikit sekali.

Berikut beberapa bentuk adaptasi flora pada bioma gurun adalah: • Daun menyempit berbentuk duri untuk mengurangi penguapan; • Daun ditutupi oleh kutikula yang tebal (zat lilin); • Akar panjang dengan terdapat jaringan spons untuk menyimpan air. Dengan demikian,pilihan jawaban yang tepat adalah A. 1. Fungsi utama dari jaringan epidermis yaitu sebagai…. A. media pertumbuhan akar B. alat perasa C.

alat pelindung D. alat pengangkut E. tempat penyimpanan cadangan makanan 2. Titik tumbuh batang menurut teori tunika korpus terdiri dari dua lapisan, yaitu…. A. dermatogen dan tunika B. lapisan tepi dan lapisan dalam C. lapisan tengah dan lapisan luar D. lapisan dalam dan lapisan luar E. lapisan periblem dan dermatogen 3. Jaringan kolenkim yang mengalami penebalan pada dinding sel yang tangensial dinamakan kolenkim… A.

lakuna B. silinder C. sudut D. tangen E. papan 4. Kolenkim lakuna adalah jaringan kolenkim yang mengalami penebalan pada… A. Permukaan ruang antar sel B. Bagian ujung C. Bagian sudut D. Permukaan sel E. Dinding sel tangensial 5. Serabut floem berbentuk pajang dengan ujung yang saling berimpit mempunyai fungsi sebagai… A. Pelindung B. Penguat floem C. Tempat hasil fotosintesis D. Tempat cadangan makanan E.

Pengiring pembuluh tapis 6.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

Derivat epidermis yang ada pada epidermis atas daun tumbuhan suku dan terdiri dari beberapa sel berdinding tipis dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan sel-sel epidermis di sekitarnya dinamakan…. A. Epidermis ganda B. Sel kipas C. Trikoma D. Jaringan gabus E. Kutikula 7. Jaringan parenkim yang berfungsi mengatur jumlah air yang masuk ialah… a.

Jaringan korteks b. Jaringan endodermis c. Jaringan empulur d. Jaringan perisikel e. Jaringan felogen 8. Daging buah yang kita makan pada buah Mangga merupakan jaringan… a. Jaringan korteks b.

Jaringan epidermis c. Jaringan endodermis d. Jaringan kolenkim e. Jaringan palisade 9. Lapisan epidermis atas daun tampak lebih hijau dibanding lapisan epidermis bawah.

hal ini dikarenakan… a. Lapisan epidermis atas banyak mengandung kloroplas b. Lapisan epidermis atas memiliki kutikula c. Lapisan epidermis bawah tidak terkena cahaya d. Di bawah lapisan epidermis atas terdapat jaringan spons e. Di bawah lapisan epidermis atas terdapat jaringan palisade 10. Berikut yang benar tentang pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dikotil ialah, kecuali… a. Ke arah luar membentuk xilem sekunder, ke arah dalam membentuk floem sekunder b.

Ke arah dalam membentuk xilem sekunder, ke arah luar membentuk floem sekunder c.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

Disebabkan oleh jaringan kambium vaskular d. Menyebabkan pertambahan diameter batang e. Terjadi pada akar dan batang 11. Jaringan epitel yang berfungsi sebagai …, yang melapisi bagian rongga hidung adalah … a. Proteksi, pipih selapis b. Proteksi, silinder sepalis c. Absorbs, silinder selapis d.

Absorbs, kubus berlapis banyak e. Proteksi jaringan, pipih berlapis 12. Ukuran diameter pada batang kayu senantiasa bertambah secara berkelanjutan. Struktur apakah yang menjamin bahwa terdapat kulit kayu yang cukup guna menutupi bagian luar batang?

a. Kambium pembuluh b. Felogen c. Endodermis d. perisikel e. epidermis 13. Pada waktu mencangkok, pengupasan kulit batang menyebabkan batang itu kehilangan jaringan …. a.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

pembuluh tapis b. sklerenkim c. xilem d. kolenkim e. parenkim kulit 14. Jaringan yang sel-selnya selalu aktif membelah adalah …. a. jaringan dewasa b. jaringan pelindung c. jaringan meristem d. jaringan dasar e. jaringan penguat 15. Jaringan berikut termasuk silinder pusat batang tumbuh dikotil, kecuali …. a. perisikel b. ikatan pembuluh c. kambium d. endodermis e. empulur 16. Stomata berfungsi sebagai …. a.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

tempat mengurangi penguapan b. tempat penyerapan air c. tempat meneruskan rangsang d. tempat cadangan air e. tempat pertukaran gas 17. Sifat totipotensi dari sel tumbuhan yang sangat baik, dapat digunakan dalam teknik …. a. fotosintesis b. transplantasi c. kultur air d. kloning e. kultur jaringan 18. Pembentukan cabang akar pada tumbuhan dikotil terjadi karena aktivitas …. a. floem b. endodermis c. parenkim d. perisikel e. korteks 19. Jaringan dewasa berikut yang sel-sel penyusunnya masih hidup dan memiliki organel sel lengkap adalah ….

a. floem b. xilem c. meristem d. parenkim e. kolenkim 20. Menurut fungsinya, jaringan permanen digolomgkan sebagai berikut, kecuali …… a. parenkim b. pengangkut c. epidermis d. penyokong e. promeristem 21. Untuk mempertahankan kehidupannya tumbuhan harus memindahkan / mengangkut zat dari akar sampai daun dan dari daun sampai akar.

Untuk mengangkut air dari akar agar sampai kedaun digunakan jaringan a. kolenkim b. floem c. epidermis d. parenklim e. xylem 22. Perhatikan beberapa ciri jaringan tumbuhan berikut : 1. bentuk sel segi enam 2. sel-sel tersusun rapat dan tidak memiliki rongga sel 3. dinding bagian luar mengalami penebalan 4. tidak memiliki korofil 5. senya masih bersifat merismatik Yang merupakan jaringan epidermis adalah ….

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

a. 1, 2 dan 3 b. 2, 3 dan 5 c. 1, 3 dan 4 d. 3, 4 dan 5 e.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

2, 3 dan 4 23. Perhatikan ciri-ciri sel berikut. • berukuran kecil • berdinding tebal • aktif membelah • memiliki vakuola yang besar • relatif kaya akan protoplasma Ciri-ciri meristem ditunjukkan oleh nomor ….

a. 1, 2, dan 3 b. 3, 4, dan 5 c. 2, 3, dan 5 d. 1, 3, dan 5 e. 1, 3, dan 4 Pembahasan: Ciri-ciri meristem, yaitu: 1. berukuran kecil 2. berdinding tipis 3. relatif kaya akan protoplasma Jawaban: d 24. Saat praktikum, seorang siswa mengamati sayatan melintang daun dengan mikroskop.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

Hasil pengamatan menunjukkan adanya jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut. – terdiri dari sel-sel hidup – bentuk sel seperti balok – berupa selapis sel yang tersusun rapat – tidak ada ruang antarsel – dilapisi kutikula Berdasarkan ciri-ciri tersebut, siswa menyimpulkan bahwa jaringan tersebut berfungsi sebagai ….

a. pelindung b. tempat fotosintesis c. alat pengangkut d. tempat penyerapan e. tempat pertukaran udara Pembahasan: Jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut.

– terdiri dari sel-sel hidup – bentuk sel seperti balok – berupa selapis sel yang tersusun rapat – tidak ada ruang antarsel – dilapisi kutikula Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jaringan tersebut merupakan epidermis, yang berfungsi sebagai pelindung. Jawaban: a
Jaringan yang dimaksud adalah jaringan meristem. Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri secara mitosis dengan tujuan untuk melakukan pertambahan tinggi dan volume.

Karakteristik jaringan meristem: • Disusun oleh sel-sel muda.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

• Tidak memiliki ruang antarsel. • Sel-selnya aktif membelah. • Vakuolanya kecil atau tidak memiliki vakuola sama sekali. • Sel-selnya homogen (belum terdiferensiasi). • Protoplasmanya banyak. Seorang siswa mengamati struktur jaringan tumbuhan yang memiliki ciri ciri sebagai berikut.

1)merupakan sel sel mati 2)dinding sel mengalami lignifikasi 3)dinding sel tebal dan kuat Jaringan yang sesuai dengan ciri ciri tersebut adalah A. Kolenkima, sebagai penguat bagian tumbuhan yg masih muda B. Sklerenkima, sebagai penguat bagian tumbuhan yg telah dewasa C. Xilem, sebagai pembuluh pengangkut air dan mineral D. Floem, sebagai pembuluh pengangkut makanan hasil fotosintesis E.

Felem, sebagai penahan hilangnya air dari tubuh tumbuhan Jawaban: Jaringan yang dimaksud adalah Jaringan Sklerenkim, yang berfungsi sebagai jaringan penguat pada tumbuhan dewasa. (Opsi B). Penjelasan: Jaringan Sklerenkim Merupakan jaringan penguat, dengan ciri - ciri sebagai berikut : • Tersusun atas sel mati dengan dinding sel tebal.

• Hanya terdapat pada organ yang sudah tidak mengalami pertumbuhan maupun perkembangan. • Berperan sebagai jaringan penguat dengan dinding sekunder yang tebal dan tersusun atas lignin. Sel penyusun jaringannya tebal dan merata. Jaringan Sklerenkim terdiri atas serabut sklereid :dan sklerenkim • Sklereid atau disebut juga dengan sel batu hampir semua bagian tumbuhan, terutama pada kulit kayu, pembuluh tapis, buah, dan biji.

• Serabut sklerenkim atau serat sklerenkim yang berupa benang memanjang dalam berkas pengangkut yang tersebar dalam xilem dan floem. Pelajari Materi Lebih Lanjut Pada : • Materi Tentang Jaringan Parenkim : brainly.co.id/tugas/23813137 Detail Jawaban: Kelas : 11 Mata Pelajaran : Biologi Bab : 2 Materi : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kode Kategorisai : 11. 4. 2 Kata kunci : Jaringan Sklerenkim #BelajarBersamaBrainly
Semua jawaban Insyaallah 100% benar karena sudah dikoreksi oleh guru Biologi 1.

Pada penampang melintang organ batang terlihat jaringan-jaringan berikut. I. Epidermis II. Floem III. Korteks IV. Kambium V. Xilem Letak jaringan penyusun organ tersebut dari dalam ke luar secara berurutan adalah… A. I, II, III, IV, V B.

II, III, IV, V, I C. III, IV, V, I, II D. IV, V, I, II, III E. V, IV, II, III, I Jawaban: E 2. Pada anatomi organ tumbuhan, jaringan yang menyusun hampir seluruh bagian tumbuhan adalah… A.

Floem B. Parenkim C. Epidermis D. Sklerenkim E. Meristem Jawaban: B. Parenkim 3. Bunga yang masih kuncup dilindungi oleh perhiasan bunga yang tersusun atas jaringan… A. Parenkim dan Seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut B. Epidermis dan Xilem C. Parenkim dan Epidermis D. Epidermis dan Seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut E. Parenkim dan Sklerenkim Jawaban: C 4. Seorang siswa mengamati preparat suatu batang tumbuhan. Dari hasil pengamatan di bawah mikroskop, teridentifikasi salah satu struktur jaringan penyusun batang tersebut sebagai berikut: I.

Terdiri atas satu lapis sel dan susunannya rapat. II. Tersusun atas sel-sel hidup. III. Letaknya paling luar. Berdasarkan ciri-cirinya, jaringan tersebut berfungsi… A.

Menyimpan makanan cadangan. B. Memperkukuh tubuh tumbuhan. C. Mengangkut air dari tanah. D. Melindungi jaringan dalam tubuh tumbuhan. E. Sebagai tempat fotosintesis. Jawaban: D 5. Tanaman eceng gondok dapat mengapung di air karena batangnya tersusun oleh jaringan… A.

Epidermis B. Sklerenkim C. Kolenkim D. Palisade E. Parenkim Jawaban. E 6. Tudung akar yang terdapat di ujung akar berfungsi… A. Mengedarkan hasil fotosintesis B. Melindungi meristem akar C. Membentuk cabang akar D. Memperkuat perakaran E. Menyerap unsur hara Jawaban: B 7. Perhatikan tanaman-tanaman berikut!

I. Mahoni II. Kelapa III. Mangga IV. Anggrek V. Jagung Tanaman yang memiliki lingkaran tahun pada batangnya ditunjukkan oleh angka…. A. I dan II B. I dan III C. II dan IV D. III dan IV E. IV dan V Jawaban: A 8. Perhatikan ciri-ciri jaringan tumbuhan berikut! I. Selnya berukuran relatif besar.

II. Selnya aktif membelah. III. Sitoplasmanya banyak. IV. Selnya mengalami diferensiasi. V. Memiliki vakuola besar. Ciri-ciri jaringan embrional ditunjukkan oleh angka…. A. I dan II B. I dan III C. II dan III D. II dan V E. IV dan V Jawaban: C 9. Perhatikan organ-organ tanaman berikut! I. Batang kaktus II.

Batang eceng gondok III. Batang genjer IV. Umbi lapis bawang merah V. Rimpang jahe Parenkim penimbun terdapat pada organ tanaman yang ditunjukkan angka….

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

A. I dan II B. I dan V C. II dan III D. III dan IV E. IV dan V Jawaban: E 10. Pengangkutan pada tumbuhan secara ekstravaskuler dapat terjadi melalui cara simplas dan apoplas. Pernyataan yang benar mengenai pengangkutan ekstravaskuler yang terjadi secara simplas adalah… A. Pengangkutan air beserta zat terlarut dari sel ke sel melalui sitoplasma.

B. Pengangkutan air beserta zat terlarut dari sel ke sel melalui ruang antar sel. C. Air dari tanah diserap akar melalui proses difusi. D. Transportasi simplas tidak dapat melewati endodermis. E. Transportasi simplas terjadi di dalam berkas pembuluh. Jawaban: A 11.

seorang siswa mengamati ciri-ciri jaringan tumbuhan sebagai berikut

Cermati ciri-ciri jaringan berikut! I. Sel-sel penyusunnya rapat. II. Terdiri atas sel-sel mati. III. Sel-selnya berbentuk polihedral. IV. Mempunyai vakuola besar. V. Dinding selnya tebal. Ciri-ciri jaringan dasar ditunjukkan oleh angka…. A. I dan II B. I dan III C. II dan III D. III dan IV E. IV dan V Jawaban: D 12. Perhatikan bagian-bagian tumbuhan berikut! I. Daun padi II. Batang genjer III. Batang tebu IV. Batang teratai V. Umbi lapis bawang Parenkim udara dapat ditemukan pada bagian tumbuhan yang diberi angka….

A. I dan II B. I dan V C. II dan III D. II dan IV E. III dan V Jawaban: D 13. Jaringan yang memberi kekuatan pada bagian tumbuhan yang sudah dewasa adalah jaringan…. A. Sklerenkim B. Epidermis C. Kolenkim D. Parenkim E. Xilem Jawaban: A
none

Praktikum Biologi SMA : Struktur Jaringan Tumbuhan




2022 www.videocon.com