Tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah Dan Singkawang Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung.

Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa: Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië: Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut: a.

Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. c.

Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya.

Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR (bahasa Belanda yang berarti Equator) sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20' OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur. Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan koreksi untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak.

Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metode terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system ( GPS) dan stake-out titik nol garis khatulistiwa dikoreksi [ pranala nonaktif permanen] Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur.

Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini. Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di jalan Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan [1] Diarsipkan 2007-09-27 di Wayback Machine.

Galeri [ sunting - sunting sumber ] • Tugu Khatulistiwa Pontianak Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Indonesia) Situs Resmi Pemerintah Kota Pontianak Diarsipkan 2012-12-03 di Wayback Machine. • (Indonesia) Geografiana - Posisi Titik Nol Garis Khatulistiwa Dikoreksi [ pranala nonaktif permanen] • (Indonesia) Pontianak Post [ pranala nonaktif permanen] • Halaman ini terakhir diubah pada 4 Maret 2022, pukul 20.35.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • • Tugu khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi Tugu khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota pontianak, ke arah kota mempawah. Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

Bangunan Tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.  Penulisan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ….

• Tugu khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. • Lokasi Tugu khatulistiwa berada sekitar 3 km dari tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa kota pontianak, ke arah kota mempawah. • Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

• Bangunan Tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Penulisan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ….
LAPURAN WARTAWAN TRIBUN PONTIANAK, DESTRIADI YUNAS JUMASANI TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument yang berada di Jl Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat masih menjadi primadona wisata sejarah bagi wisatawan lokal maupun luar di akhir pekan, Sabtu (21/2/2015).

Namun kondisi sebagian bangunan kubah sudah mulai memprihatinkan dan perlu perhatian pemerintah untuk menjaga aset daerah ini. Didalam kubah wisatawan bisa melihat dokumen-dokumen tentang Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument, bermain mendirikan telur dll. ★ Teks Deskripsi - Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Bangunan tugu terdiri atas 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian… A. identifikasi B. deskripsi bagian C. simpulan D. penutup Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Bab Surat - Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 1. Tanggal surat 2. Kepala surat 3. Hal surat 4. Nomor surat 5. Lampiran 6.

Alamat surat Susunan penulisan surat dinas yang benar adalah …. A. 2-1-4-5-3-6 B. 2-6-5-3-4-1 C. 2-6-3-4-5-1 D. 2-1-6-4-5-3 Materi Latihan Soal Lainnya: • TIK SD Kelas 3 • Membaca Sastra dan Non Sastra - Bahasa Indonesia SD Kelas 6 • IPA Semester 1 Ganjil SD Kelas 6 • Matematika Semester 2 Genap SD Kelas 6 • Bahasa Jawa SD Kelas 3 • Matematika Semester 1 Ganjil SD Kelas 3 • UTS Penjaskes PJOK SD Kelas 4 • Ujian Semester 2 Genap PAI SD Kelas 3 • PPKn Tema 5 SD Kelas 5 • PTS Bahasa Sunda Semester 2 Genap SD Kelas 1 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa menekan tombol "Koreksi" diatas. Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.

Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •
Hiasan payung dengan warna warni yang indah untuk dijadikan latar berfoto terbentang di kawasan Tugu Khatulistiwa, Jalan Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (20/3/2018) sore. Hiasan ratusan payung ini dalam rangka menyambut event tahunan pesona titik kulminasi matahari yang jatuh pada tangga 21-23 Maret ini.

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI Lokasi tepatnya berada di Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument di Jalan, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Baca: Tak Lengkap ke Pontianak Tanpa Mengunjungi Tugu Khatulistiwa Baca: Video Drone- Instalasi Payung Masih Menjadi Andalan Peringatan Kulminasi 2018 Tugu ini menjadi satu diantara ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

Terutama pada saat peristiwa titik kulminasi matahari yang terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Bahkan peristiwa alam ini telah menjadi event tahunan Kota Pontianak, yang menarik kedatangan wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara. Jika kamu masuk kedalam tugu, disana ada catatan sejarah mengenai awal mula dibangunnya tugu khatulistiwa.
Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat.

Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung. Catatan pada Tugu Khatulistiwa Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garisequator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut : a.

Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban.

Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991. Foto Tugu Khatulistiwa padazaman kolonial Belanda. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak.

Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metoda terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system (GPS) dan stake-out titik nol garis khatulistiwa dikoreksi Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini.

Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketikaMatahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Aloooohaaaa.Annyeonghaseyo!!!!! Welcome to Franchdalaspati's blog Kami harap kalian seneng dan gak bosen baca artikel-artikel tentang wisata di Indonesia dari Sabang sampai Merauke-kayak lagu aja, eh sampe Papua juga deng.hehehe. enjoy t ^^ Terima kasih.Matur Nuwun. Gamsahabnida. Tulisan Terakhir • Refleksi ^-^ • Wisata Lampung • Wisata Bali • Raja Ampat • Gorontalo Arsip • Februari 2012 • Januari 2012 • Desember 2011 • November 2011 Kategori • Bali • Bengkulu • DI Yogyakarta • DKI Jakarta • Gorontalo • INDONESIA • Jambi • Jawa Barat • Jawa Tengah • Jawa Timur • Kalimantan Barat • Kalimantan Selatan • Kalimantan Tengah • Kalimantan Timur • Kep.

Riau • Lampung • Maluku • Nanggroe Aceh Darussalam • Nusa Tenggara Barat • Nusa Tenggara Timur • Papua • Papua Barat • Sulawesi Selatan • Sulawesi Utara • Sumatra Barat • Sumatra Selatan • Sumatra UtaraTugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung.

Catatan pada Tugu Khatulistiwa Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V.

en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut : a. Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. b.

Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya.

Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991. Foto Tugu Khatulistiwa padazaman kolonial Belanda. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan koreksi untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak. Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metoda terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system ( GPS) dan stake-out titik nol garis khatulistiwa dikoreksi Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini.

Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan Cari Tulisan Terakhir • TANDA SILANG (X) PADA BLACKBERRY • AKTA FIDUSIA • SEJARAH ISRAEL DAN PALESTINA • HOST ROUTING TABLE atau HRT • TIDAK BISA MENGIRIM EMAIL BLACKBERRY Komentar Terbaru Zaelani pada FIDUSIA DAN UU PERLINDUNGAN… chaidchaid86 pada FIDUSIA DAN UU PERLINDUNGAN… zaelani pada FIDUSIA DAN UU PERLINDUNGAN… chaidchaid86 pada TELESCOPE SENAPAN ANGIN chaidchaid86 pada CARA BLOKIR NOMOR HAND PH… Arsip • November 2014 • Agustus 2014 • Juni 2014 • Maret 2014 • Juni 2013 • Mei 2013 • April tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa • Maret 2013 • Februari 2013 Kategori • Uncategorized Meta • Daftar • Masuk • Feed entri • Feed Komentar • WordPress.com
Khatulistiwa Keistimewaan Pontianak adalah satu-satunya kota di dunia yang tepat dilintasi garis khatulistiwa.

Jadi, tidak keliru kalau Anda kenal ibu kota Kalimantan Barat ini mendapat julukan Kota Khatulistiwa. Sebagai keistimewaan sekaligus mengukuhkan julukan itu, dibangunlah sebuah tugu yang letaknya persis di pinggir Sungai Kapuas. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.

Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Tiap 21 -23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa Pontianak menjadi primadona. Ketika itulah di kompleks ini sering digelar beragam pertunjukan kesenian, pameran dan lain-lain hiburan. Tak pelak, massa pun tersedot ke tempat ini. Dari penjuru daerah berdatangan ke sekitar tugu. Namun, yang paling istimewa sebenarnya bukan hanya tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa.

Melainkan tepat tengah hari pada tanggal tersebut, segala bayangan benda tegak yang ada di sekitarnya, akan menghilang secara misterius. Ini tentu tidak akan pernah terjadi di tempat lain. Masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya, cukup bangga dengan keistimewaan ini.

Itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari, seperti banyaknya cendera mata miniatur Tugu Khatulistiwa, penginapan dan jalan yang menggunakan nama Khatulistiwa atau Ekuator. Termasuk unsur Garis Khatulistiwa dimasukkan ke dalam lambang Pemerintah Daerah.

Garis Khatulistiwa yang melingkari tengah-tengah bumi, sebenarnya melewati beberapa propinsi di Indonesia dan beberapa negara lain. Untuk Kalbar, garis khatulistiwa melewati beberapa daerah seperti kota/kabupaten Pontianak, Sanggau dan Sintang.

Di Kalbar, Garis Khatulistiwa memotong Sungai Kapuas sebanyak 2 kali, dan satu kali memotong Sungai Melawi. Panjang Garis Khatulistiwa yang melintasi daratan Kalbar adalah 466 km. Selain itu, ada 7 propinsi lain yang dilewati Garis Khatulistiwa yaitu Propinsi Sumatera Barat (Utara Payakumbuh), Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan Irian Jaya.

Selain itu ada 5 negara Afrika yang dilewati Garis Khatulistiwa yaitu Gabon, Zaire, Uganda, Kenya dan Somalia. Untuk Amerika Latin ada 4 negara yaitu Equador, Peru, Kolombia dan Brasil yang terkenal dengan hutan amazonnya.

Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat didalam gedung. Catatan pada Tugu Khatulistiwa Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V.

en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut : a.

Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya.

Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter.

Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur. Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan koreksi untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metoda terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system (GPS) dan stake-out [titik nol garis khatulistiwa dikoreksi] Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa, 19 menit, 19,9 detik bujur timur Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini.

Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari.

Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. (berbagai sumber) AGRICULTURE BIOLOGY CHILD STORIES DOWNLOAD ECONOMY EDUCATION ENTERTAINMENT EVENTS FOLKTALE FOOTBALL FUNNY STORIES GEOGRAFI HEALTH HISTORY INDUSTRY INTERNATIONAL NATURAL DISASTERS ORIGINS OTOMOTIF PHENOMENON POLITICS SOCIOLOGY SPORT TECHNOLOGY TOURISM AND CULTURE Gravatar tulisan terkini • Kecelakaan Maut Saipul Jamil Dengan Sang Istri • Racun Yang Terkandung Di Dalam Rokok • Cara Kerja Jantung • Ribuan Hektar Lahan Sawah di Labura Jadi Kebun Sawit • Robot Gadis Dari Jepang meta • Daftar • Masuk • Feed entri • Feed Komentar • WordPress.com arsip arsip cari
Tugu Khatulistiwa Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat.

Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat didalam gedung. Catatan pada Tugu Khatulistiwa Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V.

en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut : a.

Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban.

Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. d.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991.

tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa

Foto Tugu Khatulistiwa padazaman kolonial Belanda. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter. Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter.

Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur. Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan koreksi untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak.

Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metoda terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system (GPS) dan stake-out titik nol garis khatulistiwa dikoreksi Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya tugu khatulistiwa atau equator monument berada di jalan khatulistiwa meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini.

Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir. Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari.

Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan. Laman • NTB • Pulau Bali • Kebun Raya Eka Karya Bali • Pantai Dreamland • Pantai Kuta • Pantai Sanur • Pulau Kalimantan • Kota Singkawang • Pasar Terapung Muara Kuin • Tugu Khatulistiwa • Pulau Papua • Mutiara dari Timur • Pulau Sulawesi • Cagar Alam Tangkoko • Pantai Losari • Taman Nasional Bunaken • Wisata Malino • Pulau Sumatera • Danau Singkarak • Danau Toba • Pantai Marina Batam • Pulau Jawa • Air Panas Ciseeng • Gunung Tangkuban Perahu • Kawah Ijen • Kawah Putih • Monumen Nasional • Wisata Air Panas Sari Ater Subang • Candi Perambanan • Goa Jatijajar • NTT • Pantai Ntt

Keindahan Tugu Khatulistiwa Pontianak 2019




2022 www.videocon.com