Dapodikdasmen versi 2022

dapodikdasmen versi 2022

Baca Juga : Cara mengatasi Lembar Konfirmasi Sinkronisasi Dapodik 2022.a tertutup dan tidak bisa melanjutkan sinkronisasi Dilansir dari situs dapodikdasmen bahwa perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.b adalah khusus SMK Pusat Keunggulan, artinya jika sekolah-sekolah umum masih tetap menggunakan aplikasi patch dapodik versi 2022.a, tidak apa-apa. Perbaikan adalah sebagai berikut: • Pembaruan Terakomodirnya kurikulum baru yaitu Kurikulum Pusat Keunggulan bagi jenjang SMK.

• Pembaruan Penambahan kolom Nomor Induk Berusaha (NIB) pada Relasi Dunia Usaha dan Industri bagi jenjang SMK.

• Pembaruan Penyesuaian validasi pembelajaran untuk Kurikulum Pusat Keunggulan bagi jenjang SMK Baca Juga : Sudah kelas tinggi NISN sampai saat ini masih kosong, bagaimana mengajukan NISN baru?

Masih bersumber dari berita di situs dapodikdasmen 10 September 2021. Bahwa, untuk Login Aplikasi Dapodik pada SMK Pusat Keunggulan sebagai berikut: • Bagi SMK Pusat Keunggulan, pastikan pada menu Kompetensi Dilayani sudah masuk Program Keahlian SMK-PK, jika belum silahkan berkoordinasi dapodikdasmen versi 2022 Dinas Pendidikan setempat untuk penambahan record Kompetensi Keahlian dilayani pada Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan • Pilih Menu Rombongan Belajar • Klik Tambah Rombongan Belajar • Tambahkan Rombongan belajar pada tingkat kelas X dengan memilih Program Keahlian SMK-PK sesuai Program Keahlian sekolah • Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum SMK Pusat Keunggulan • Klik Simpan Baca Juga : Cara mencetak surat keterangan mutasi di emis 4.0.

Bagi SMK Pusat Keunggulan yang sudah Sinkron Dapodik Kelas 10 dengan menggunakan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi lakukan langkah berikut ini: a.

dapodikdasmen versi 2022

Pilih Menu Rombongan Belajar b. Pilih tingkat 10 c. Klik tombol anggota rombel dari kelas 10 d. Pilih Peserta Didik dan keluarkan dari anggota rombongan belajar e. Lalu klik tombol pembelajaran f. Lalu hapus semua pembelajaran yang ada di kelas 10 g. Jika Anggota Rombel dan Pembelajaran sudah kosong, silahkan Hapus Rombel h. Silahkan membuat rombel baru dengan Kurikulum SMK Pusat Keunggulan. Baca Juga : Cara Mengeluarkan siswa di Vervalpd Bagi SMK Reguler (Non Pusat Keunggulan) lakukan langkah berikut ini: a.

Unduh patch 2022.b pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduh; b. Install patch 2022.b; c. Refresh browser (ctrl+F5); d. Login Aplikasi Dapodik; e. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.b; dapodikdasmen versi 2022. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi. g. Kemudian lakukan sinkronisasi Silahkan Unduh Patch Dapodik versi 2022.b Sumber : https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2022-b-untuk-jenjang-smk About NATA ANTORIUS Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara.

Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi INFO PENDIDIKAN – Panduan Lengkap Pengisian Sarpras Tabel Tanah Dan Bangunan, Ruang Alat, Angkutan & Buku Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022 Panduan Lengkap Pengisian Sarpras Tabel Tanah & Bangunan, Ruang Alat, Angkutan & Buku Pada Aplikasi Dapodik Versi Terbaru.

Dalam mengerjakan Data Sarana dan Prasarana khususnya Tanah, Bangunan dan Ruang, disarankan petugas pendataan mengentri berdasarkan denah dapodikdasmen versi 2022. Diharapkan dari data yang diisi dapat diketahui lokasi tanah, bangunan, dan posisi lantai dari sebuah ruang di sekolah.

Perlu diketahui bahwa Tanah, Bangunan dan Ruang merupakan data yang terkait. Mengisi Data Ruang memerlukan Data Bangunan terisi terlebih dahulu, begitu pula keterisian Data Tanah menjadi syarat untuk dapat mengisi Data Bangunan.

Mari kita coba mengisi data menggunakan contoh denah di atas. Sarana dan prasarana adalah salah satu bagian terpenting dalam satuan pendidikan. Menjadi syarat setiap satuan pendidikan untuk memiliki sarana dan prasarana untuk mendapatkan izin, baik itu izin pendirian maupun izin operasional. Dalam proses input data pada aplikasi dapodik saat ini banyak hal yang harus disiapkan terlebih dahulu.

terdapat tiga bagian dalam pengisian sarana dan prasarana antara lain adalah data terkait tanah dan bangunan, ruangan dan alat. 1. Tanah dan Bangunan Data Tanah diisi berdasarkan dokumen sertifikat, ketika sekolah mimiliki dua sertifikat tanah maka kita mengisi dua baris data Tanah di Aplikasi Dapodikdasmen. Berdasarkan denah di atas terdiri dari dua dokumen sertifikat maka pengisian di Aplikasi Dapodikdasmen adalah sebagai berikut.

Keterangan : S.1 adalah Sertifikat Tanah ke-satu S.2 adalah Sertifikat Tanah ke-dua Sehingga pada gambar di atas diketahui bahwa sekolah memiliki dua atribut data Tanah Keterangan: B.1 adalah Bangunan ke-satu B.2 adalah Bangunan ke-dua Lt.1 adalah Lantai ke-satu Lt.2 adalah Dapodikdasmen versi 2022 ke-dua Melihat Data Bangunan yang sudah dijelaskan pada gambar di atas, maka Data Bangunan pada Aplikasi Dapodikdasmen diisi sebagai berikut.

Pengisian tanah dan bangunan adalah salah satu fitur terbaru mulai pada aplikasi dapodik versi terbaru. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam pengisian tanah dan bangunan ini.

Secara prinsip aplikasi dapodik tidak mengunggah dokumen terkait tanah dan bangunan, namun pastikan dalam pengisian data terkait tanah dan bangunan ini sesuai dengan kondisi nyata pada sekolah.

dapodikdasmen versi 2022

Menjadi salah satu fokus utama mengapa dibutuhkan data ini adalah untuk melakukan evaluasi baik di tingkat daerah maupun pusat terhadap profik satuan pendidikan yang dikelola. Dalam subbagian tanah dan bangunan terdapat dua kolom yang wajib diisi. pengisian data tanah dan bangunan menjadi salah dapodikdasmen versi 2022 bentuk bahwa sekolah sudah memenuhi beberapa syarat terkait pendirian satuan pendidikan. Dalam pengisian data tanah atribut yang harus dilengkapi antaralain seperti Jenis prasarana diisi dengan tanah atau lahan kosong, nama diisi dengan lahan atau tanah sekolah tersebut, untuk nomor sertifikat tanah, luas, luas lahan tersedia dan kepemilikan menjadi isian yang harus/wajib diisi.

Adapun kolom penambahan data tanah sebagai berikut. a) Sertifikat Tanah atau yang sejenis Nomor sertifikat tanah adalah atribut yang wajib diisi dalam mengerjakan aplikasi dapodik. Data yang dimasukan sesuai yang tertera pada sertifikat tanah yang dimiliki sekolah. Disarankan kepada setiap sekolah menyiapkan terlebih dahulu berkas yang dibutuhkan terkait dengan isian berikut.

dapodikdasmen versi 2022

untuk isian panjang, lebar, luas, luas tanah tersedia disesuaikan dengan kondisi di sekolah. khusus untuk isian luas tanah yang tersedia dimaksud adalah lahan kosong atau luas lahan yang mampu dibangun ruangan.

Selain tombol default seperti tambah, ubah, hapus, dan validasi, terdapat tambahan menu aksi yang didalamnya berisi beberapa sub menu seperti pada gambar. 1) Input NJOP Baca Juga : Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022.d* Rapor Serta Cara Memperbarui Aplikasi Dapodik 2022.d Ke Versi 2022.d* Secara sederhana, NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) adalah taksiran harga objek pajak (tanah dan bangunan) yang dihitung berdasarkan luas dan zona tanah serta bangunannya.

NJOP ditentukan berdasarkan perbandingan harga dengan objek lainnya yang sejenis. Jadi, semakin mahal harga pasaran tanah dan bangunan di suatu kawasan, maka semakin tinggi pula NJOP-nya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, NJOP digunakan sebagai dasar dari penghitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang wajib disetor setiap tahunnya. 2) Dihasilkan dari Blockgrant Proses selanjutnya adalah pengisian tabel dihasilkan dari blockgrant.

Pengelompokan hasil blockgrant dimaksud untuk mengetahui apakah tanah tersebut dihasilkan dari bantuan/blockgrant tertentu. Apakah itu dari dana BOS reguler, dana swadaya atau dana bantuan lainnya yang sebelumnya sudah diisi pada daftar blockgrant di menu rincian sekolah.

3) Hapus Pembukuan Tanah Pada menu ini petugas pendataan dapat menghapus pembukuan data tanah. Untuk menghapus pembukuan data tanah, isian yang wajib terisi adalah alasan hapus buku (bencana, dibongkar, dipindahtangankan, disita, atau koreksi data) dan tanggal hapus buku. 4) Salin Data Periodik Pada menu ini petugas pendataan dapat menyalin data periodik tanah (NJOP), bangunan (kondisi kerusakan), ruangan (kondisi kerusakan), alat (status kelaikan), dan buku (status kelaikan) dari semester sebelumnya.

Sebelum melakukan salin data periodik, akan tampil konfirmasi seperti dapodikdasmen versi 2022 gambar di bawah. Klik ya untuk melanjutkan. b) Kondisi Kerusakan Dalam setiap pengisiaan bagian ruangan, kondisi kerusakan ini wajib diisi dan dilengkapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. perhitungan kerusakan ruangan meliputi kerusakan pondasi, kerusakan sloop, kolom, dan balok, kerusakan plester struktur, kerusakan kuda-kuda atap, kerusakan kaso atap, kerusakan seng atap, kerusakan tutup atap, dan nilai saat ini.

Berikan keterangan pada setiap kerusakan yang terdapat pada setiap ruangan. Jika tidak ada ruangan yang mengalami kerusakan sedikitpun maka kolom isian dapodikdasmen versi 2022 diisikan dengan 0 (angka nol). Adapun peruntukan setiap isian pengisian kondisi kerusakan sebagai salah satu data pembanding kondisi sarana prasarana berdasarkan tingkat kerusakan.

dapodikdasmen versi 2022

Data berikut menjadi salah satu sumber data dalam dapodikdasmen versi 2022 pengambilan keputusan baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat. Setelah melengkapi data diatas termasuk dengan nilai saat ini untuk dapat menyimpan hasil pengisiannya harus memilih tombol simpan dan tutup, aplikasi dapodik akan otomatis menutup pop up window input kondisi kerusakan tersebut. 2. Ruang Data Ruang diisi berdasarkan data bangunan yang sudah dijelaskan pada subbab sebelumnya, ketika sekolah mimiliki bangunan dengan dua lantai maka kita mengisi data ruangan sesuai dengan lantai dan posisi bangunan.

Berdasarkan denah di atas dapat diasumsikan datanya seperti pada tabel di bawah berikut: Pengisian ruangan termasuk dalam isi dari bangunan sekolah. Beberapa jenis ruangan yang ditampilkan pada aplikasi dapodik diurut dalam bentuk tab seperti gambar dibawah ini.

Pengisian ruang kelas, ruang kepala sekolah/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang praktek/bengkel, dan ruang penunjang lainnya. Setiap ruang harus dilengkapi dapodikdasmen versi 2022 atribut lainnya. Termasuk dengan kondisi kerusakan yang ada pada setiap ruang.

a) Ruang Kelas Ruang kelas adalah ruangan yang akan digunakan pada rombongan belajar pada pengisian selanjutnya. dengan demikian menjadi syarat minimal bagi sekolah untuk memiliki ruang kelas untuk proses pembelajaran di sekolah. adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Dalam menambahkan ruang hal yang perlu diperhatikan adalah dalam proses pemilihan jenis prasarana.

Banyak atribut yang harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi. Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi. Pastikan teliti dalam mengisi isian ruang kelas ini. Baca Juga : Solusi Error Terdeteksi Versi Database 2.100 Pada Dapodik 2022 b) Ruang Kepsek Ruang kepala sekolah adalah ruangan yang akan digunakan oleh kepala sekolah adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Hal yang perlu diperhatikan adalah proses pemilihan jenis prasarana.

Banyak atribut yang harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi. Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi. c) Ruang Laboratorium Ruang laboratorium adalah ruangan yang akan digunakan oleh warga sekolah adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Hal yang perlu diperhatikan adalah proses pemilihan jenis prasarana.

Banyak atribut yang harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi. Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi.

d) Ruang Perpustakaan Ruang Perpustakaan adalah ruangan yang akan digunakan oleh warga sekolah sebagai ruang penyimpanan buku dan membaca adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Hal yang perlu diperhatikan adalah proses pemilihan jenis prasarana. Banyak atribut dapodikdasmen versi 2022 harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi.

Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi.

dapodikdasmen versi 2022

e) Ruang Praktik/Bengkel Ruang praktik/bengkel adalah ruangan yang akan dipergunakan oleh sekolah sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Hal yang perlu diperhatikan adalah dalam proses pemilihan jenis prasarana. Banyak atribut yang harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi. Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi.

f) Ruang Penunjang Ruang penunjang adalah pengelompokan ruang penunjang sekolah seperti WC, UKS dan sebagainya. Adapun dalam pengisiannya di aplikasi dapodik seperti pada gambar dibawah ini: Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis prasarana. Banyak atribut yang harus dilengkapi, atribut atau kolom isian yang bertandakan bintang merah adalah atribut yang wajib diisi.

Sekolah tidak dapat menyimpan isian tersebut jika ada atribut wajib yang belum terisi. g) Kondisi Kerusakan Dalam setiap pengisiaan bagian ruangan, kondisi kerusakan ini wajib diisi dan dilengkapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Perhitungan kerusakan ruangan meliputi kerusakan pondasi, kerusakan sloop, kolom, dan dapodikdasmen versi 2022, kerusakan plester struktur, kerusakan kuda-kuda atap, kerusakan kaso atap, kerusakan seng atap, kerusakan tutup atap, dan nilai saat ini. Berikan keterangan pada setiap kerusakan yang terdapat pada setiap ruangan. Jika tidak ada ruangan yang mengalami kerusakan sedikitpun maka kolom isian dapat diisikan dengan 0. Adapun peruntukan setiap isian pengisian kondisi kerusakan sebagai salah satu data pembanding kondisi sarana prasarana berdasarkan tingkat kerusakan.

dapodikdasmen versi 2022

Data berikut menjadi salah satu sumber data dalam beberapa pengambilan keputusan baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat. Berikut daftar komponen yang harus dinputkan kerusakan nya disetiap ruang: 3.

Alat, Angkutan dan Buku Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2021 pengisian Alat, angkutan dan buku terpisah dari sarana. pengisian dilakukan pada tab tersendiri. Untuk memudahkan petugas pendataan dalam proses penginputan data alat, angkutan dan buku dapat disaring berdasarkan ruang.Menu ini berada di sebelah kanan atas jendela bernama filter. Ketik kolom ini untuk menyaring dapodikdasmen versi 2022 berdasarkan ruang. a) Daftar Alat Proses pengisian dilakukan dengan menambah alat yang akan ditambahkan dengan memilih terlebih dahulu ruang mana yang akan diisikan alat nya.

Selanjutnya pengisian dilakukan dengan memilih jenis sarana yang akan ditambah lalu mengisikan nama alat yang akan ditambahkan isikan juga spesifikasi alat dan jenis kepemilikan alat dipilih berdasarkan daftar pilihan yang tersedia. Perlu diperhatikan isian yang diberi tanda bintang merah adalah isian yang wajib dan perlu diisikan serta dipilih.

Contoh pengisian seperti gambar dibawah. Baca Juga : Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor Ada banyak referensi terkait alat yang terdapat pada setiap ruangan, referensi terkait memberikan informasi kepada pemerintah baik daerah maupun pusat terkait ketersediaan alat pada setiap sekolah.

Diharapkan setiap sekolah melengkapi isian alat pada setiap ruangan untuk memaksimalkan dalam pengambilan keputusan nantinya.

Alur pengisian dapat memilih ruangan terlebih dahulu, jenis sarana kemudian nama alat. Sertakan spesifikasi singkat terkait alat tersebut. Sebagai contoh, pada ruang laboratorium fisika.

Apa saja alat yang terdapat disana, sertakan spesifikasi dan kepemilikannya.

dapodikdasmen versi 2022

Pengisian ini satu persatu, jadi sangat memungkinkan dalam satu ruangan terdapat puluhan alat. Tergantung sebanyak apa ketersediaan alat pada setiap sekolah. Setelah pengisian alat selesai, tim pendataan dapat melakukan proses pengelompokan hasil blockgrant jika alat didalam ruangan adalah hasil dari blockgrant yang sebelumnya telah diinputkan pada data sekolah.

Pengelompokan hasil dapodikdasmen versi 2022 dimaksud untuk mengetahui apakah ruangan atau sarana prasarana tersebut ada dihasilkan dari bantuan apa. Apakah itu dari bantuan BOS Reguler atau dana swadaya atau dana bantuan lainnya yang sebelumnya udah dilengkapi daftar blockgrant di menu rincian sekolah.

Pada menu aksi periodik 2021/2021 adalah untuk menyalin data periodik di semester sebelumnya. Namun demikian terkait menu sarana dan prasarana ini salah satu fitur baru di aplikasi dapodik 2021. Bila ada kesalahan dalam mengisikan alat, dapat meniadakan dari daftar alat dengan tombol menu dapodikdasmen versi 2022, pilih hapus pembukuan alat.Jika pada menu alat – sarana diisi tidak sesuai dengan standar sarpras yang berlaku, maka baris data akan ditampilkan dengan warna jingga seperti pada gambar berikut.

b) Daftar Angkutan Proses pengisian dilakukan dengan menambah angkutan yang akan ditambahkan dengan mengisi terlebih dahulu kolom isian tabel angkutan secara lengkap, isiannya adalah jenis sarana, nama angkutan, spesifikasi, merk, nomr polisi, dan nomor BPKB. Selanjutnya pengisian dilakukan dengan memilih tombol dihasilkan dari blockgrant.

Contoh pengisian seperti gambar dibawah. Pada pengisian tabel blockgrant untuk angkutan, pilihan pada kolom isian blockgrant ini diambil dari tabel blockgrant yang sudah diisi pada tabel data rinci sekolah – pada sub menu blockgrant (lihat pembahasan blockgrant pada bab sekolah).

Contoh pilihannya adalah seperti pada gambar di bawah ini. c) Daftar Buku Proses pengisian dilakukan dengan menambah buku yang akan ditambahkan dengan mengisi terlebih dahulu kolom isian tabel buku secara lengkap. Isian tersebut diataranya: ruang (pilihan ini diambil dari data dapodikdasmen versi 2022 yang sudah diisi sebelumnya), buku pustaka (isi dengan cara memilih pilihan yang tersedia), mata pelajaran (isi dengan cara memilih pilihan yang tersedia), tingkat pendidikan (isi dengan cara memilih pilihan yang tersedia dan disesuaikan dengan tingkat di sekolah) dan nama buku (input dengan data nama buku yang ada di ruangan tersebut).

Contoh pengisian seperti gambar dibawah. Gambar di bawah adalah kolom isian pada saat melakukan tambah buku. Demikian informasi “ Panduan Lengkap Pengisian Sarpras Tabel Tanah Dan Bangunan, Ruang Alat, Angkutan & Buku Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022″ Sumber : https://dapo.kemdikbud.go.id/ Baca Juga : Info Dapodik — DISINI Terima kasih sudah berkunjung.

Apabila artikel “Panduan Lengkap Pengisian Sarpras Tabel Tanah Dan Bangunan, Ruang Alat, Angkutan & Buku Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain. Related Posts • Jangan Lupa Kunci Data, Total Jumlah Pendaftar PKN STAN 2022 Capai 13.339 Orang • Petunjuk Teknis FLS2N SD-SMP Secara Daring Tahun 2022 • Pedoman Pengadaan Barang Jasa Oleh Satuan Pendidikan PERMENDIKBUDRISTEK Nomor 18 Tahun 2022 • SK Penerima PIP Madrasah Tahap 1 Tahun 2022 • Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022 • Surat Edaran Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022
Dapodikonline.com berisi Panduan atau Tutorial Pengerjaan Aplikasi Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK yang dapodikdasmen versi 2022 berdasarkan pengalaman Admin sebagai Operator Dapodik Sekolah.

Blog ini juga berisi info dan tips-trik seputar data pokok pendidikan seperti NPSN, NISN, VERVAL PD, Info GTK, E-Rapor, dan PMP. Selain itu, pada blog ini juga terdapat Panduan EMIS PENDIS Kemenag Aplikasi Dapodik telah melakukan pembaruan dengan rilis Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.d. Rilis pembaruan ini berlaku untuk semua jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB untuk pemutakhiran data pokok Tahun Ajaran 2021/2022 Semester Genap.

dapodikdasmen versi 2022

Langkah update pembaruan aplikasi dapodik 2022.d Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, 2022.b, 2022.c dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.d, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 1.

Unduh file patch dapodik 2022.d disini ; 2. Install patch dapodik 2022.d; 3. Refresh browser (ctrl+F5); 4. Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.d; 5. Lakukan validasi untuk memastikan tidak data warning dan invalid; 6.

dapodikdasmen versi 2022

Sinkronisasi. Karena terdapat pembaruan Penambahan validasi terkait panjang, lebar dan luas pada tanah dan bangunan maka Data warning dan invalid terdeteksi pada menu sekolah dan sarpras karena keduanya saling berkaitan. Untuk melengkapi data periodik maka dapodikdasmen versi 2022 dilakukan melalui menu "Alat, angkutan & Buku".

Silahkan lakukan prosedur update patch dapodik versi 2022.b seperti langkah diatas, semoga berhasil, salam Satu Dapodikdasmen versi 2022 Pendidikan Indonesia.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki kerusakan bangunan pada Dapodik: Perbaikan Kerusakan Bangunan: • Pilih Menu Sarpras, submenu Tanah dan Bangunan; • Pilih satu baris tanah; • Pilih satu baris Bangunan kemudian tekan tombol kondisi; • Isi kondisi Pondasi, Struktur dan Atap. • Tekan tombol simpan dan tutup. Perbaikan Kerusakan Sarana/Ruang: • Pilih Ruang Kelas/Ruang Kepala Sekolah/Kamar Mandi atau WC/Ruang Penunjang; • Buka detail bangunan (icon +); • Pilih Ruang, kemudian tekan tombol kondisi ruang; • Isi persentase tingkat kerusakan Dinding, Kaca, Pintu, Kusen, Plafon, Lantai, Utilitas, Instalasi Air dan Finishing; • Tekan tombol simpan dan tutup Panduan Pemutakhiran Data Bangunan Sarana Prasana di Dapodik lebih lengkap download disini.

Mengutip dari laman resminya adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.d adalah sebagai berikut: [Pembaruan] • Penambahan validasi terkait penginputan sarana dan prasarana.

• Penambahan lembaran konfirmasi pada saat sebelum melakukan sinkronisasi. • Penambahan validasi terkait panjang, lebar dan luas pada tanah dan bangunan. [Perbaikan] • Perbaikan bugs validasi Lokal terkait pengecekan kepala sekolah • Perbaikan penginputan nilai UPK • Perbaikan bugs pada Profil Guru untuk perhitungan pensiun Kepala Sekolah • Penutupan user interface terkait informasi no rekening BOS/BOP • Penutupan user interface pengisian yayasan (pindah ke laman http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id) • Penutupan perubahan tugas tambahan untuk Kepala Sekolah dan PLT Kepala Sekolah (dipindahkan ke menu Manajemen Dinas) Download disini untuk link alternatif: Patch Dapodik Versi 2022.d
• BERITA • DAFTAR MENU • DAPODIK • SEKOLAH • BELAJAR.ID • ADMINISTRASI • AKREDITASI • BOS AFIRMASI • PENDIDIKAN • BELAJAR • APLIKASI • PPG • INFO GTK • NUPTK • BUKU • e-dupak • E-PAK • EDUCATION • FUNGSIONAL • Inpasing • GAJI • THR • GTK • GURU • GURU ASN • GURU KEMENAG • GURU NON PNS • Guru SD • Guru SMP • GURU SMA/SMK • GURU dan TENDIK • PTK • • INFO SISWA • UNDUHAN DAPODIK.CO.ID - Download Aplikasi Dapodik Versi 2022, Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis dapodikdasmen versi 2022 Aplikasi Dapodik versi 2022.

Informasi terupdate ini di tujukan kepada: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas, Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM, di seluruh Indonesia.

Download Aplikasi Dapodik Versi 2022, Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan.

Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2022.

Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2022. Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2022. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB.

Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2022 - Link Alternatif Download Aplikasi Dapodik Versi 2022 Yang perlu diperhatikan dalam pemutakhiran data adalah • Cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021, dan • Cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM) dilakukan pada tanggal 30 September 2021. Aplikasi Dapodik versi 2022 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater).

Untuk itu, secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. Proses Install Aplikasi Dapodik versi 2022 dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut: • Unduh file installer dan panduan Aplikasi Dapodik 2022 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan, • Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik yang sudah diunduh. • Lakukan refresh (Ctrl + F5). • Lakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2022 Setelah Aplikasi Dapodik versi 2022 terpasang, satuan pendidikan diwajibkan untuk merubah password lama, menjadi password baru dengan ketentuan sebagai berikut.

• Memiliki minimal 8 karakter, • Mengandung huruf besar A-Z, • Mengandung huruf kecil a-z, • Mengandung angka 0-9, dan • Mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik Versi 2022: • [Pembaruan] Penambahan atribut jumlah laik di data alat periodik. • [Pembaruan] Penambahan atribut alamat jalan, RT, RW, nama dusun, desa/kelurahan, kode pos, lintang, bujur, dan wilayah di formulir tanah. • [Pembaruan] Penambahan atribut sub-ruang di formulir ruang khusus jenjang SMK.

• [Pembaruan] Penambahan panjang karakter atribut No. SKHUN dan No. Peserta Ujian dapodikdasmen versi 2022 formulir registrasi peserta didik. • [Pembaruan] Penambahan beberapa atribut guna keperluan pemangku kepentingan di riwayat sertifikasi GTK. • [Pembaruan] Penambahan atribut jenis bidang usaha di formulir bidang usaha khusus jenjang SMK. • [Pembaruan] Ppenambahan atribut pekerjaan di formulir peserta didik khusus jenjang PKBM dan SKB (guna mengakomodir warga belajar).

• [Pembaruan] Penambahan tabel dinamis guna kepentingan yang bersifat sementara. • [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/lembaga atau PLT kepala sekolah/lembaga • [Pembaruan] Penambahan validasi sanitasi. • [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian KIP/PIP. • [Pembaruan] Penambahan info terkait pengisian survei PTM. • [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal usia Peserta Didik jenjang TK adalah 4 Tahun.

• [Pembaruan] Penambahan validasi batas maksimal usia Peserta Didik jenjang PAUD adalah 7 Tahun. • [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal Warga Belajar jenjang Kesetaraan adalah 72 Tahun. • [Pembaruan] Proses kelulusan bersama tingkat akhir. • [Perbaikan] Perubahan proses dapodikdasmen versi 2022 penginputan ruang dan sub-ruang khusus jenjang SMK.

• [Perbaikan] Perubahan paksa untuk mengubah password saat pertama kali login. Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dapodikdasmen versi 2022 terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosenyang dimaksud dengan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Setelah kamu mengklik tombol "Lanjutkan" seperti pada penjelasan poin ke-8 dapodikdasmen versi 2022 atas, maka secara otomatis server website dapodikdasmen telah mengirimkan kode sebanyak 4 digit/angka ke email kamu. Untuk itu, silakan login email sesuai email yang kamu gunakan misalnya login di gmail.com, kemudian buka pesan di kotak masuk. Jika kamu akan mengecek melalui dapodikdasmen versi 2022 info GTK Kemendikbud, kamu harus memasukkan username dan password dari akun PTK masing-masing.

Lalu, tekan captcha dan login. Sekadar informasi, biasanya akun PTK dibuat oleh operator melalui Dapodik menggunakan alamat email pribadi milikmu. Jika kamu lupa username atau passwordnya, silakan menghubungi operator Dapodik karena semua sudah ada di Dapodik.Berdasarkan Permendiknas No.

19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Baca Selengkapnya
Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana BOS Reguler oleh Satuan Pendidikan yang sesuai dengan Lampiran I Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2021 Tentang Petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab tim BOS Sekolah adalah melakukan input RKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian, maka berdasarkan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menegah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis Aplikas Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah dapodikdasmen versi 2022 Versi 3.3 untuk membantu Sekolah mengelola Keuangan dalam bentuk Digital.

Berikut poin pembaruan pada APLIKASI ARKAS VERSI 3.3 TAHUN ANGGARAN 2022 • Buka anggaran tahun 2022 • Perbaikan Hapus BKU bulan agustus menjadi draf • Perbaikan anggaran sudah direalisasi muncul kembali • Perbaikan cek status • Perbaikan copy anggaran tahun sebelum • Perbaikan BKU Hilang • Perbaikan Report tidak balance • Optimalisasi aplikasi Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi RKAS Versi 3.2, dapat melakukan pembaruan Aplikasi RKAS Versi 3.3 secara otomatis dengan mengikuti langkah-langkah berikut: • Patikasn Laptop terkoneksi dengan internet; • Buka Aplikasi Arkas; • Isikan username dana password; • Klik Tombol login; • Aplikasi akan update otomatis; • Klik tombol Sinkron dimenu Utama.

Satuan Pendidikan dapat juga melakukan update manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut: • Unduh Installer pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/; • Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.3; • Buka Aplikasi RKAS; • Pilih tahun anggaran 2022; • Isikan Usernama dan Password; • Klik tombol Login Aplikasi RKAS; • Klik tombol Sinkron dimenu Utama; • Isi Kertas Kerja; • Lalu ajukan pengesahan.

Demikian Info tentang APLIKASI ARKAS VERSI 3.3 UNTUK PERIODE ANGGARAN TAHUN 2022. Link download di bawah ini: • APLIKASI ARKAS 3.3 TAHUN ANGGARAN 2022 [link resmi] • INFO LAIN • Link Download VHD KSN/OSN 2022 Tingkat SMA via Google Drive Minggu, 08 Mei 2022 - 11:38:58 • Persiapan Satuan Pendidikan Yang Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Selasa, 26 Apr 2022 - 00:23:43 • Jadwal Uji Coba Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Berbasis Domisili Sabtu, 09 Apr 2022 - 12:30:18 • Perpanjangan Pembaruan Data Pokok Pendidikan Tahun 2022 untuk DAK Fisik 2023 Kamis, 07 Apr 2022 - 11:12:50 • Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMA - MA Tahun 2022 Selasa, 05 Apr 2022 - 21:22:43
none
Dapodikonline.com berisi Panduan atau Tutorial Pengerjaan Aplikasi Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK yang dibuat berdasarkan pengalaman Admin sebagai Operator Dapodik Sekolah.

Blog ini juga berisi info dan tips-trik seputar data pokok pendidikan seperti NPSN, NISN, VERVAL PD, Info GTK, E-Rapor, dan PMP. Selain itu, pada blog ini juga terdapat Panduan EMIS PENDIS Kemenag Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2022. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Dapodikdasmen versi 2022 telah melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.d yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Adapun untuk mengunduh dapodik 2021.d, Anda juga dapat mengunduhnya melalui link di bawah ini.

Dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi dan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.c yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester 2 tahun ajaran 2020/2021.

Adapun untuk mengunduh dapodik 2021.c, Anda juga dapat mengunduhnya melalui link di bawah ini. • Aplikasi dapodik versi 2021.c berupa installer, diharapkan kepada setiap satuan pendidikan untuk uninstall terlebih dahulu versi sebelumnya.

Baca: Cara Uninstall Dapodik Versi 2021.b • Bagi PAUD dan pendidikan kesetaraan pemutakhiran data untuk program BOP dilakukan paling lambat pada Minggu, 28 Februari 2021 dengan tetap menjaga kualitas data.

Arsip Dapodik Versi 2021.b Menindaklanjuti beberapa laporan terkait adanya bugs pada Aplikasi Dapodik versi 2021.a yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021, maka pada tanggal 20 November 2020 Admin Pusat Dapodik telah merilis Aplikasi Dapodik versi 2021.b yang telah dilakukan perbaikan. Pada tanggal 18 Agustus 2020 Admin Pusat Aplikasi Dapodikdasmen telah merilis patch dapodik versi terbaru semester 1/ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yakni "Dapodik Versi 2021.a".

Untuk melakukan update/pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2021.a, sekolah tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi dapodik versi 2021. Adapun proses untuk melakukan update/pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2021.a dapat mengunduh dan install patch dapodik versi 2021.a, dengan mengikuti beberapa langkah berikut: • Unduh file patch dapodik 2021.a pada menu unduhan laman https://dapo.kemdikbud.go.id/• setelah file patch dapodik 2021.a berhasil di unduh kemudian, dapodikdasmen versi 2022 Lakukan installasi sampai dengan selesai, • Lakukan refresh (Ctrl + F5).

Arsip Dapodik Versi 2021 Admin Pusat Dapodikdasmen versi 2022 Dapodikdasmen telah merilis dapodik versi terbaru semester 1/ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yakni "Dapodik Versi 2021". Aplikasi dapodik yang dirilis pada tanggal 19 Juli 2020 di Website Resmi Dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/) merupakan aplikasi dapodik dalam bentuk installer.

Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan. Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah dapodikdasmen versi 2022 menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Terbaru, Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2022.d




2022 www.videocon.com