Contoh tindakan rasional nilai

contoh tindakan rasional nilai

Sosiologi Info - Apa saja contoh tindakan rasional yang ada di kehidupan masyarakat sehari-hari. Apa saja tindakan rasional ini meliputi instrumental, nilai, afektif, dan tradisional. Mau tahu ulasannya, yuk baca ! Mengenal Landasan Tindakan Sosial Max Weber Manusia akan selalu melakukan tindakan sosialnya di lingkungan kehidupan bermasyarakat.

Tindakan individu inilah yang menjadi landasan. Max Weber membangun teori sosiologi, menjadikan tindakan individu sebagai pusat kajiannya. Menurut Weber, ia melihat bagaimana individu menjalin dan memberi makna terhadap hubungan sosial. Dimana individu menjadi bagian didalamnya. Weber mengatakan, ia mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang mengusahakan pemahaman interpretatif mengenai tindakan sosial.

Atau dikenal dengan pendekatan verstehen (understanding). Istilah lain, verstehen diartikan sebagai pemahaman subyektif. Pemaknaan dalam perspektif subyektif, atau pemahaman. Contoh tindakan rasional nilai pendekatan ini, dimaksudkan untuk dapat menghasilkan sebuah penjelasan kausal mengenai tindakan sosial dan akibat-akibatnya tersebut.

contoh tindakan rasional nilai

Tindakan individual menjadi fokus kajian sosiologi verstehennya Max Weber. Tindakan yang dimaksud mencakup seluruh perilaku manusia, sejauh, dan pada saat tindakan individual terkait dengan pemaknaan subyektif. Selanjutnya, menurut Weber sosiologi sebagai sebuah studi tentang tindakan sosial antar hubungan sosial dan itulah yang dimaksudkan dengan pengertian paradigma definisi sosial.

Tindakan manusia dianggap sebagai sebuah untuk tindakan sosial manakala tindakan itu ditunjukkan kepada orang lain. Tindakan sosial yang memiliki hubungan contoh tindakan rasional nilai itulah yang menjadi inti dari tindakah sosial yang penuh dengan arti dari individu tersebut. Dimana tindakan sosial adalah tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyai makna atau arti subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain.

Begitu, jika tindakan individu diarahkan kepada benta mati atau objek fisik tanpa adanya hubungan dengan tindakan orang lain itu bukan bagian tindakan sosial. Weber menyampaikan bahwa individu (manusia) dalam masyarakat merupakan aktor yang kreatif dan realitas sosial bukan merupakan alat yang statis dari pada paksaan fakta sosial. Itu artinya tindakan manusia tidak sepenuhnya ditentukan oleh norma, kebiasaan, nilai, yang tercantum dalam konsep fakta sosial.

Ia mengakui memang dalam masyarakat terdapat struktur sosial dan pranata. Menurutnya kedua itu merupakan konsep yang saling berkaitan membentuk tindakan sosial. Dengan demikian, tindakan individu bisa diarahkan ke dalam berbagai kemungkinan tindakan sosial. Itulah yang membuat Weber memberikan pembagian tipe tindakan rasionalitas.

Empat Tipe Tindakan Rasionalitas Max Weber Beserta Contohnya Apa saja tindakan rasional yang kemungkinan dilakukan oleh seseorang di kehidupan sehari-harinya di masyarakat ?

contoh tindakan rasional nilai

Berikut penjelasannya. 1. Tindakan Rasionalitas Instrumental Orientasi pada tindakan sosial ini dilakukan oleh individu dengan memiliki tujuan terhadap apa yang dilakukan. Tindakannya juga berbeda dengan orang lain. Seseorang akan melakukan tindakan dengan tujuan, harapan terhadap apa yang diinginkan, atau objek diluar atau orang lain.

Sebagai kondisi/alat meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan rasional yang telah ditetapkan tersebut. Tidak hanya itu, tindakan sosial instrumental juga didasarkan atas berbagai pertimbangan dan pilihan yang sadar memiliki hubungan dengan tujuannya. Contohnya : Ketika pelajar ingin meraih juara kelas maupun meraih juara lomba yang diikuti. Tindakan atau tujuannya yaitu ingin meriah juara. Maka pelajar tersebut akan melakukan tindakan mendukung dan mempersiapkan tujuannya. Ia juga pasti telah berpikir untuk mencapai tujuannya.

Dengan demikian, ia harus giat belajar, menambah berbagai referensi atau buku, serta sering melakukan diskusi untuk mempersiapkan tujuannya untuk juara. Masih banyak contoh tindakan instrumental ini teman teman bisa perhatikan, atau bahkan kita pernah melakukannya. 2. Tindakan Rasionalitas Nilai Tindakan rasional nilai dimana melibatkan kesadaran akan keyakinan nilai dari suatu etika, estetika, agama atau bentuk bentuk lain dari perilaku yang kesemua itu terlepas dari keberhasilan eksternal.

Selanjutnya, tindakan rasional nilai memiliki sifat bahwa alat alat yang ada hanya merupakan pertimbangan dan perhitungan sadar. Sementara tujuannya sudah ada di dalam hubungan dengan nilai nilai individu yang bersifat absolut.

Contohnya : Misalnya perilaku beribadah atau seseorang mendahulukan orang yang lebih tua saat mengantri, tidak sembarangan dalam meludah, dan sejenisnya. Artinya tindakan sosial telah dipertimbangan terlebih karena mendahulukan nilai sosial, nilai agama yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

3. Tindakan Rasionalitas Afektif Tindakan sosial tipe ini didominasi perasaan atau emosi tanpa refleksi contoh tindakan rasional nilai dan perencanaan sadar. Tindakan seseorang diarahkan kepada sesuatu yang berpengaruh, khususnya terhadap emosi yang ditentukan oleh faktor tertentu serta kondisi perasaan aktor itu sendiri.

contoh tindakan rasional nilai

Dimana tindakan afektif sifatnya spontan, tidak rasional, dan merupakan ekspresi emosional dari individu. Contohnya : Hubungan percintaan antara dua remaja yang sedang menjalin asmara atau kasih sayang.

Tindakan ini terjadi atas rangsangan dari luar yang bersifat otomatis. 4. Tindakan Rasionalitas Tradisional Tindakan tipe ini diarahkan melalui kebiasaan yang sudah berjalan dalam jangka waktu yang sudah lama. Dimana seseorang memperlihatkan perilaku tertentu karena kebiasaan yang diperoleh dari nenek moyang, tanpa refleksi yang sadar atau perencanaan.

Tindakan seseorang yang dilakukan ini ditentukan oleh kebiasaan yang sudah mengakar secara turun temurun. Nah itulah sekilas penjelasan mengenai empat pembagian tipe tindakan rasionalitas yang dilakukan oleh masyarakat di kehidupan sehari harinya.

Contohnya : Tindakan masyarakat yang hingga saat ini masih melakukan berbagai kegiatan budaya/adat, yang dilakukan secara turun temurun. Misalnya acara syukuran/doa atau tahlilan yang dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun. Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tipe tindakan sosial rasionalitas Max Weber beserta contohnya yang ada di kehidupan masyarakat sehari hari.

Sumber Referensi : Buku Rekontruksi Teori Sosial Modern - Penulis Zainuddin Maliki http://digilib.uinsby.ac.id MENU β€’ Beranda β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Perkotaan contoh tindakan rasional nilai Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Politik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Agama β€’ Kajian Sosiologi β€’ Sosiologi Umum β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi SMA β€’ Tokoh Sosiologi β€’ Globalisasi β€’ Penelitian Sosial β€’ Lainnya β€’ Antropologi β€’ Ekonomi β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Sosial β€’ Karya Tulis β€’ Budaya β€’ Contact Us β€’ Disclaimer β€’ Privacy Policy β€’ Tindakan sosial yang dikenal dalam objek kajian sosiologi sebagai social action hampir setiap hari dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia, baik disadari maupun tidak menyadarinya.

Namun yang pasti secara sederhana tindakan sosial termasuk berkumpul individu dan kelompok dalam membantu meningkatkan kehidupan dan memecahkan masalah yang penting. Daftar Isi β€’ Tindakan Berorientasi Nilai β€’ Contoh Tindakan Berorientasi Nilai β€’ Sebarkan ini: β€’ Posting terkait: Tindakan Berorientasi Nilai Tindakan rasional berorinetasi nilai ialah perilaku yang senantisa berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang berkembang di masyarakat, dimana biasanya tindakan ini ditandai dengan prinsip-prinsip moral atau etika yang dilaksanakan secara kolektif untuk kebaikan masyarakat.

Oleh karena itulah maka tak khayal bahwa tindakan rasional berorientasi nilai dipandu oleh ideologi atau etika kolektif yang telah menjadi keteraturan sosial bersama. Contoh Tindakan Berorientasi Nilai Adapun untuk contoh tindakan sosial yang berorientasi nilai di masyarakat dalam keseharian. Misalnya contoh tindakan rasional nilai β€’ Seorang anak yang menghentikan permainannya untuk sementara waktu untuk melakukan ibadah terlebih dahulu.

Tindakan ini didorong oleh nilai- nilai agama, yaitu dengan melakukan ibadah anak tersebut tentunya berharap untuk mendapatkan pahala daru Tuhan Yang Maha Esa. β€’ Umat muslim laki-laki yang pergi ke masjid pada setiap hari Jumat untuk melakukan ibadah sholat Jumat. Begitu pula umat Kristen yang pergi ke gereja pada setiap hari Minggu yang juga untuk melakukan ibadah contoh tindakan rasional nilai dengan keyakinannya.

β€’ Seorang prajurit yang menyerahkan nyawanya untuk negara.

contoh tindakan rasional nilai

Tindakannya tidak diarahkan untuk mencapai tujuan material tertentu seperti kekayaan. Realitas sosial atas perilaku ini demi nilai-nilai tertentu seperti kehormatan dan patriotisme. β€’ Kita lebih memiliki makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan dibandingkan tangan kiri, karena kita merasa nilai-nilai itulah yang dianggap baik, lumrah, wajar atau benar dalam masyarakat. β€’ Kita lebih memiliki makan dengan menggunakan sendok ketika sedang dalam jamuan makan malam dengan pejabat.

Seperti halnya contoh pada nomor tiga, tindakan inilah yang dianggap contoh tindakan rasional nilai, lumrah, wajar atau benar dalam masyarakat.

β€’ Menggunakan tangan kanan saat memberi atau menerima sesuatu sebab masyarakat menganggap penggunaan tangan kanan lebih sopan dibandingkan tangan kiri. β€’ Seorang pemuda yang memberikan tempat duduknya kepada orang tua atau wanita hamil ketika berada di dalam kendaraan umum.

contoh tindakan rasional nilai

Hal itu berkaitan dengan nilai-nilai etika karena yang dilakukan pemuda tersebut mencerminkan perbuatan yang dianggap baik oleh masyarakat. Nah, itulah contoh tindakan rasional nilai artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian tindakan sosial berorientasi nilai dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberikan pemahaman bagi kalian semuanya. Posting terkait: β€’ 8 Contoh Kelompok Sosial Nyata di Masyarakat β€’ Pengertian Diferensiasi Pekerjaan dan 5 Contohnya β€’ Pengertian Lembaga Sosial, Ciri, Tipe, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya Posting pada Kehidupan Sehari-Hari, Masyarakat dan Penduduk, Sosiologi Menurut Para Ahli Ditag contoh tindakan berorientasi nilai, pengertian tindakan berorientasi nilai, tindakan berorientasi nilai, tindakan berorientasi nilai adalah, tindakan berorientasi nilai di masyarakat, tindakan sosial Navigasi pos Kategori β€’ Antropologi β€’ Budaya β€’ Ekonomi β€’ Geografi β€’ Globalisasi β€’ Kajian Sosiologi β€’ Karya Tulis β€’ Kategori Tingkatan β€’ Kehidupan Sehari-Hari β€’ Lainnya β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Penelitian Sosial β€’ Sejarah β€’ Sosial β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Agama β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Keluarga β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi Perkotaan β€’ Sosiologi Politik β€’ Sosiologi SMA β€’ Sosiologi Umum β€’ Teori Sosiologi β€’ Tokoh Sosiologi
Daftar isi β€’ Pengertian Rasional Adalah β€’ Pengertian Rasional Menurut Para Ahli β€’ 1.

Max Weber β€’ > Rasionalitas Tujuan (Zwekrationalitaet) β€’ > Rasionalitas Nilai (Wetrationalitaet) β€’ 2. Karl Marx β€’ 3. John Dewey β€’ Tipe-Tipe Rasionalitas β€’ 1. Rasionalitas Praktis β€’ 2. Rasionalitas Teoretis β€’ 3. Rasionalitas Substantif β€’ Contoh Tindakan Rasional Pengertian Rasional Adalah Apa yang dimaksud dengan rasional (rational)?

Pengertian rasional adalah suatu pola pikir dimana seseorang bersikap dan bertindak sesuai dengan logika dan nalar manusia. Arti rasional adalah suatu konsep yang sifatnya normatif yang merujuk pada keselarasan antara keyakinan seseorang dengan alasan orang tersebut untuk yakin, atau tindakan seseorang dengan alasannya untuk melakukan tindakan tersebut.

Secara etimologi, istilah rasional berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu β€œrasio” yang artinya kemampuan kognitif untuk memilah antara yang benar dan salah dari yang ada dan dalam kenyataan.

Agar lebih memahami pengertian rasional, berikut ini beberapa penjelasan singkatnya: β€’ Rasionalitas adalah suatu tendensi yang dilakukan untuk memenuhi rencana dalam rentang waktu tertentu. β€’ Bertindak rasional adalah tindakan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan yang baik dan contoh tindakan rasional nilai tujuan yang baik.

β€’ Memiliki kerangka berfikir tentang hal apa yang ingin dilakukan agar tidak salah dalam bertindak. β€’ Contoh tindakan rasional nilai dengan memperhitungkan segala manfaat dan risiko dari tindakan yang akan dilakukan. Baca juga: Pengertian Konsep Diri Pengertian Rasional Menurut Para Ahli Agar lebih memahami apa arti rasional, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini: 1.

Max Weber Max Weber adalah salah satu pencetus teori rasionalitas. Dengan teori rasionalitas yang ia cetuskan, Max Weber melakukan analisis Gejala modernitas yang terjadi di masyarakat Barat pada masa itu. Max Weber mengatakan ada dua jenis rasionalitas manusia, yaitu: > Rasionalitas Tujuan (Zwekrationalitaet) Rasionalitas yang mengakibatkan individu atau sekumpulan orang dalam satu tindakan dengan orientasi pada tujuan tindakan, cara mewujudkannya, serta akibat-akibatnya. Keunikan rasionalitas ini yaitu sifatnya yang formal, karna mengutamakan tujuan serta tidak memperdulikan pertimbangan nilai.

> Rasionalitas Nilai (Wetrationalitaet) Rasionalitas yang memperhitungkan nilai-nilai atau berbagai etika yang memperbolehkan atau menyalahkan pemakaian langkah tertentu untuk mewujudkan tujuan. Rasionalitas nilai mengutamakan kesadaran atas nilai-nilai estetka, etis, serta religius 2. Karl Marx Karl Marx adalah seorang tokoh sosiologi yang sangat populer pada masanya. Ia melakukan analisis modernitas dengan menggunakan teori kapitalis. 3. John Dewey Menurut John Dewey, pengertian rasional adalah ide-ide yang diuraikan dalam larutan rasional melalui pembentukan implikasi mengumpulkan bukti (data), memperkuat bukti tentang ide-ide dan menyimpulkan melalui kesaksian atau percobaan.

Baca juga: Pengertian Sosialisasi Tipe-Tipe Rasionalitas Secara umum, ada tiga tipe rasionalitas. Mengacu pada pengertian rasional di atas, adapun tipe-tipe rasional adalah sebagai berikut: 1.

Rasionalitas Praktis Rasionalitas praktis adalah jalan hidup yang melihat serta menilai berbagai kesibukan duniawi dalam hubungannya dengan kebutuhan individu yang murni pragmatis serta egoistis. Type rasionalitas ini keluar bersamaan dengan longgarnya ikatan magi primitif, terdapat dalam semua peradaban serta melewati histori.

contoh tindakan rasional nilai

Jadi dia tidak hanya sebatas pada Barat modern. 2. Rasionalitas Teoretis Jenis rasionalitas ini digerakkan pada awal histori oleh tukang sihir serta pendeta ritual serta setelah itu oleh filsuf, hakim, serta lmuwan. Tidak seperti rasionalitas praktis, rasionalitas teoretis menggiring orang lain untuk melihat kenyataan keseharian dalam upayanya mengerti dunia sebagai kosmos yang memiliki kandungan arti.

Rasionalitas teoretis sifatnya lintas peradaban serta lintas histori. 3. Rasionalitas Substantif Inti dari rasionalitas ini mirip dengan rasionalitas praktis. Rasionalitas substantif melibatkan penentuan fasilitas untuk mewujudkan tu substantif tidak lebih rasional dari pada sistem yang lain. Tipe rasional substantif sifatnya lintas peradaban serta lintas sejarah, sepanjang ada nilai yang berkelanjutan. Contoh Tindakan Rasional Pada dasarnya manusia bertindak berdasarkan pikirannya atau contoh tindakan rasional nilai secara rasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan rasional: β€’ Manusia harus bekerja keras jika ingin mendapatkan uang dan menjadi kaya. β€’ Seorang penjahat akan ditangkap dan diadili karena melakukan tindakan melanggar hukum. β€’ Seorang atasan memberikan bonus kepada pegawai yang menunjukkan prestasi dalam kerja. β€’ Seseorang lebih memilih makanan yang enak rasanya ketimbang makanan yang kurang enak Baca juga: Pengertian Norma Kesusilaan Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian rasional, tipe-tipe rasionalitas, dan contoh tindakannya.

Contoh tindakan rasional nilai artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Halo Nyxbel, Tindakan rasional disebut juga tindakan instrumental bertujuan. Kata Ò€rasionalÒ€ mengandung makna implisit logis dan instrumental untuk mencapai tujuan. Artinya tindakan sosial dilakukan dengan pertimbangan untuk mencapai tujuan yang sudah dipikirkan sebelumnya. Tindakan berorientasi nilai dilakukan dengan pertimbangan nilai.

Artinya individu yang bertindak mengutamakan apa yang dianggap baik, lumrah, wajar atau benar dalam masyarakat di atas tujuan individual. Apa yang dianggap baik bisa bersumber dari etika, agama, atau bentuk sumber nilai lain. Tindakan rasional nilai dimana melibatkan kesadaran akan keyakinan nilai dari suatu etika, estetika, agama atau bentuk bentuk lain dari perilaku yang kesemua itu terlepas dari keberhasilan eksternal. Adapun contoh tindakan rasional berorientasi nilai, yaitu: 1.

Perilaku beribadah atau seseorang mendahulukan orang yang lebih tua saat mengantri, tidak sembarangan dalam meludah, dan sejenisnya. 2. Tindakan yang kita lakukan saat menolong teman yang sedang kesusahan dan tujuan dari sikap kita menolong jelas bukan diri kita sendiri, akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan jika kita sedang merasakan kesusahan dan mendapatkan pertolongan orang lain.

3. Pilih makan dan minum dengan tangan kanan Anda daripada tangan kiri Anda. 4. Dan lain-lain. Semoga Bermanfaat:) Perbedaan agregasi dengan kelompok sosial adalah . a. agregasi tidak melibatkan kesadaran bersama, sedangkan kelompok-kelompok melibatkan kesadaran bersama b. kelompok sosial tidak melibatkan kesadaran bersama, sedangkan agregasi melibatkan kesadaran bersama c.

contoh tindakan rasional nilai

agregasi mementingkan kehafiran fisik,sedangkan kelompok sosial mementingkan struktur d. kelompok sosial mementingkan kehadiran fisik, sedangkan agregasi mementingkan struktur e.

agregasi beranggotakan sedikit orang, sedangkan kelompok sosial tak terbatas Banyak remaja terlibat kenakalan setelah orang tuanya tidak peduli terhadap pendidikannya karena terlalu sibuk bekerja. Remaja tersebut berperilaku menyimpang karena mengalami sosialisasi tidak sempurna yang merupakan akibat dari . a. Lembaga keluarga tidak menjalankan fungsinya b. Pengawasan sosial tidak dijalankan baik c. Pemberian sanksi tidak sesuai tingkat kesalahan d. Kepribadian individu tidak sejalan dengan tujuan e.

Individu melakukan penyerapan unsur budaya
Kandungan β€’ 1 Nilai Rasional β€’ 1.1 Langkah-langkah penyelesaian masalah secara rasional β€’ 1.2 Kesan sekiranya bertindak tanpa berfikir β€’ 1.3 Tindakan rasional dalam situasi berikut: β€’ 1.3.1 Kesan perbuatan remaja lari dari rumah β€’ contoh tindakan rasional nilai Kesan tidak menyelesaikan masalah melalui rundingan β€’ 1.5 Ibu bapa yang tidak rasional β€’ 1.6 Kesan-kesan penganiayaan terhadap kanak-kanak β€’ 1.7 Penderaan kanak-kanak β€’ 1.8 Kesan penganiayaan β€’ 1.9 Punca Masalah pembuangan bayi β€’ contoh tindakan rasional nilai Golongan bernasib baik β€’ 1.11 Kesan perbuatan manusia yang tidak baik β€’ 1.12 Masalah sosial dan alam sekitar β€’ 1.13 Kepentingan ilmu β€’ 1.14 Cara penjagaan kesihatan diri Nilai Rasional Langkah-langkah penyelesaian masalah secara rasional – Melaporkan kepada pihak sekolah/berkuasa – Berbincang/berunding untuk menyelesaikan masalah Kesan sekiranya bertindak tanpa berfikir – Menyinggung perasaan orang lain – Menimbulkan konflik/pergaduhan/perselisihan faham/perbalahan Tindakan rasional dalam situasi berikut: Gagal dalam peperiksaan SPM – mengenal pasti kelemahan dan mencari jalan untuk memperbaikinya Tiada wang untuk membayar yuran peperiksaan SPM – beritahu guru tentang masalah sebenar – memohon bantuan daripada badan kebajikan Pujukan kawan untuk lari dari rumah – menolak pujukan kawan – memberitahu guru untuk mendapatkan nasihat Kesan perbuatan remaja lari dari rumah Terhadap diri remaja – tiada sumber kewangan – keselamatan terancam Terhadap keluarga remaja – menjatuhkan maruah keluarga – memalukan keluarga Kesan tidak menyelesaikan masalah melalui rundingan Pihak Kesan Keselamatan negara negara terdedah kepada ancaman luar dan huru-hara.

contoh tindakan rasional nilai

Institusi keluarga perpecahan keluarga menyebabkan berlakunya penceraian dan penderaan. Sosial keruntuhan akhlak remaja Ekonomi pelabur kurang yakin, ekonomi tidak stabil, rakyat hilang pekerjaan Kesan tidak menyelesaikan masalah melalui rundingan Ibu bapa yang tidak rasional Ibu bapa merupakan orang yang paling banyak mendera kanak-kanak kerana: – tekanan emosi – kemiskinan – pergaduhan antara suami dan isteri – kerenah anak-anak yang nakal Usaha – usaha yang boleh diambil bagi menyedarkan ibu bapa dan masyarakat bahawa mereka sepatutnya menjadi pelindung kanak-kanak.

– menguatkuasakan undang-undang – hukuman yang lebih berat – kempen kesedaran – menganjurkan kursus keibubapaan Kesan-kesan penganiayaan terhadap kanak-kanak Kesan-kesan penganiayaan terhadap diri dan masa depan kanak-kanak – perkembangan emosi terjejas – kanak-kanak menjadi tidak normal – tiada keyakinan diri – menjadi pendiam – menjadi pendendam Penderaan kanak-kanak Faktor yang menyebabkan berlakunya penderaan kanak-kanak Ibu bapa – panas baran – tekanan emosi – kemiskinan/masalah kewangan Anak – karenah anak yang nakal – tidak mendengar nasihat Sikap pembantu rumah – panas baran – materialistik – tidak bertanggungjawab Ibu bapa tidak wajar mendera anak-anak mereka kerana: – anak ialah amanah Tuhan yang sepatutnya dikasihi – akan menjejaskan perkembangan mental dan fizikal anak-anak – boleh menyebabkan berlakunya kecacatan atau kematian Faktor-faktor lain yang sering kali dikaitkan dengan penderaan kanak-kanak – kerenah anak – sikap pembantu rumah yang panas baran – sikap jiran yang individualistik Kesan penganiayaan Kesan penganiayaan terhadap diri dan masa depan kanak-kanak tersebut adalah seperti yang berikut: – perkembangan emosi terjejas dan menjadi tidak normal – kanak-kanak membesar tanpa keyakinan diri – menjadi seorang yang pendendam dan berkecenderungan menjadi pendera pada masa hadapan Usaha-usaha yang boleh dibuat oleh kerajaan untuk memberi kesedaran kepada ibu bapa dan masyarakat supaya menjadi pelindung kanak-kanak ialah: – menguatkuasakan undang-undang dengan menetapkan hukuman yang lebih serius terhadap ibu bapa yang mendera anak mereka – mengadakan kempen untuk memberi contoh tindakan rasional nilai kepada ibu bapa bahawa mereka harus menjadi ibu bapa yang penyayang – menganjurkan kursus-kursus motivasi seperti kursus perkahwinan dan keibubapaan Punca Masalah pembuangan bayi – tiada sifat belas ihsan dan kasih sayang – pergaulan bebas antara lelaki dan perempuan – kurangnya pendidikan agama/moral di kalangan masyarakat Orang sanggup membuang bayi mereka kerana: – anak yang dilahirkan cacat – kesempitan wang dan tidak dapat menyara kehidupan bayi itu – malu kepada keluarga dan masyarakat kerana melahirkan anak luar nikah Usaha-usaha untuk menangani masalah pembuangan bayi – kerajaan harus mengadakan kempen kesedaran kepada masyarakat supaya mereka menyayangi dan megasihi anak-anak mereka.

– masyarakat harus melaporkan kes-kes pembuangan bayi kepada pihak berkuasa mempertingkatkan pendidikan agama dan moral di kalangan masyarakat. Golongan bernasib baik Golongan bernasib baik dapat membantu golongan yang kurang bernasib baik dengan cara: – memberi sokongan moral, contoh member nasihat dan motivas – memberi bantuan kewangan – memberi bantuan kebendaan, contoh pakaian, makanan dan barang keperluan asas Golongan yang bernasib baik patut menderma kepada golongan yang kurang bernasib baik kerana: – golongan yang kurang bernasib baik memerlukan bantuan dan sokongan – mempunyai keupayaan dan kemampuan untuk menghulurkan bantuan Golongan kurang bernasib baik tidak patut sentiasa bergantung kepada golongan bernasib baik kerana: – golongan yang kurang bernasib baik perlulah berdikari – berusaha untuk memperbaiki taraf hidup Usaha yang dapat dilakukan untuk membantu golongan ialah: – menubuhkan yayasan khas untuk mengumpul dana bagi membantu mere – mewujudkan pusat kemahiran untuk melatih mereka hidup berdikari Golongan kurang bernasib baik perlu dibantu kerana: – mereka memerlukan bantuan – sudah menjadi tanggungjawab sesama insan contoh tindakan rasional nilai menjaga kebajikan bersama Kesan perbuatan manusia yang tidak baik Penerokaan hutan secara berleluasa – Habitat haiwan musnah – Hakisan tanah / tanah runtuh – Suhu udara meningkat Pembuangan sampah sarap ke dalam sungai – Banjir kilat – Hidupan akuatik terjejas – Persekitaran berbau busuk – Merosakkan pandangan darat fizikal Rasuah bola sepak – Kesahihan keputusan dipertikaikan – Menimbulkan rasa tidak puas hati pihak lawan – Menimbulkan pergaduhan – Hilang kepercayaan terhadap pengadil Masalah sosial dan alam sekitar Contoh-contoh masalah sosial dan alam sekitar – Budaya lepak – Remaja lari contoh tindakan rasional nilai rumah – Penyalahgunaan dadah – Banjir kilat – Pencemaran air dan udara – Penipisan lapisan ozon Kesan masalah-masalah sosial tidak diatasi.

contoh tindakan rasional nilai

Masalah sosial – Jenayah bertambah – Ketenteraman masyarakat terjejas/Negara huru hara Masalah alam sekitar – Kualiti udara semakin merosot – Kesihatan penduduk terjejas Cara-cara untuk menangani masalah sosial: – Memberi nasihat / kaunseling – Melaporkan kepada pihak berkuasa Cara-cara untuk contoh tindakan rasional nilai masalah alam sekitar – Menganjurkan kempen kesedaran – Menguatkuasa undang-undang – Melaporkan kepada Jabatan Alam sekitar (JAS) Kepentingan ilmu Cara ilmu berikut membantu manusia hidup sejahtera Ilmu teknologi maklumat – membolehkan kita untuk menghantar maklumat dengan cepat Ilmu sains perubatan – menghasilkan perbagai kaedah rawatan seperti teknik pembedahan dan Vaksin Kesan jika orang yang berilmu menggunakan ilmu ke arah kebaikan – dapat membantu ke arah kesejahteraan hidup sejagat menyalahgunakan ilmu yang diperolehnya – membawa kemudaratan kepada manusia dan hidupan lain di bumi Cara penjagaan kesihatan diri – mengamalkan amalan pemakanan yang seimbang – mengamalkan gaya hidup sihat dengan cara bersenam Recent Posts β€’ Karangan PT3: Kebaikan dan Keburukan E-Pembelajaran β€’ Contoh Karangan PT3: Faedah Amalan Gotong Royong β€’ Contoh Karangan SPM: Cara Memupuk Minat Bersukan β€’ Contoh Karangan SPM: Faedah Menabung β€’ Contoh Karangan SPM: Cara memupuk gaya hidup sihat β€’ Contoh Karangan SPM: Punca kemalangan jalan raya β€’ Karangan SPM: Cara Menggalakkan Permainan Tradisional β€’ Peranan Ibu Bapa Menggalakkan Kegiatan Kokurikulum β€’ Karangan SPM – Cara mencungkil bakat pelajar β€’ Sejarah T4 Bab 3 – Konflik Dunia dan Pendudukan Jepun di Negara Kita
MENU β€’ Beranda β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Perkotaan β€’ Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Politik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Agama β€’ Kajian Sosiologi β€’ Sosiologi Umum β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi SMA β€’ Tokoh Sosiologi β€’ Globalisasi β€’ Penelitian Sosial β€’ Lainnya β€’ Antropologi β€’ Ekonomi β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Sosial β€’ Karya Tulis β€’ Budaya β€’ Contact Us β€’ Disclaimer β€’ Privacy Policy β€’ Diantara mahkluk hidup lainnya, manusia memiliki kelebihan yakni mampu berpikir akan setiap tindakan yang akan dilakukan.

Bentuk tindakan sosial manusia secara lumrah dapat dibedakan menjadi 2, yakni rasional dan tindakan rasional yang kesemua itu tentusaja senantiasa dijalankan oleh setiap orang yang ada dalam lingkungan sosial. Daftar Isi β€’ Tindakan Rasional dan Irasional β€’ Contoh Tindakan Rasional dan Irasional β€’ Tindakan Rasional β€’ Sebarkan ini: β€’ Posting terkait: Tindakan Rasional dan Irasional Pengertian tindakan sosial rasional merupakan tindakan yang masuk ke dalam logika, tindakan yang dibenarkan dan menjadi suatu keharusan dalam menjalani hidup.

Sementara definisi tindakan irasional ialah tindakan yang tidak masuk di logika, namun tetap dilakukan oleh sebagian orang yang cenderung dilakukan dengan alasan yang tidak jelas. Contoh Tindakan Rasional dan Irasional Dalam upaya memahami lebih lanjut maka berikut di bawah ini merupakan contoh tindakan sosial yang bersifat rasional dan irasional yang sering contoh tindakan rasional nilai manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Antara lain; Tindakan Rasional Pengamalan atas macam-macam tindakan rasional yang dijalankan oleh setiap orang ataupun kelompok, antara lain sebagai berikut; β€’ Seseorang dengan profesi sebagai dokter akan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan anjuran obat kepada pasiennya.

β€’ Seorang guru dalam sebuah contoh lembaga pendidikan akan memberikan mendidik serta mengajarkan pelajaran yang sifatnya akademis maupun non akademis kepada setiap siswa. β€’ Siswa-siswi di sekolah melakukan proses belajar keras untuk berhasil menempuh ujian nasional dan mendapatkan nilai terbaik.

contoh tindakan rasional nilai

β€’ Seorang koki akan belajar dengan membaca buku resep, menonton video-video demo memasak, kemudian mencoba membuat replika makanannya, untuk menambah pengetahuan memasak. β€’ Seorang penyanyi datang tepat waktu untuk melakukan gladi bersih sebelum konser.

β€’ Setiap mahasiswa di Indonesia akan menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir untuk menebus ijazah dan dinyatakan lulus secara sah. β€’ Setiap orang akan tertidur apabila contoh tindakan rasional nilai kantuk. Tindakan Irasional Adapun untuk pengamalan atas tindakan irasional yang kerapkali ditemukan dalam masyarakat, diantaranya sebagai berikut; β€’ Membeli makanan dan minuman dingin di musim dingin. β€’ Seseorang yang ingin memiliki pekerjaan dengan posisi tinggi dan merasakan hidup penuh kekayaan, memilih mendatangi dukun untuk meminta jimat.

β€’ Para pelajar mengandalkan dan mempercayai begitu saja kunci jawaban yang tersebar untuk menjawab soal ujian. β€’ Seseorang yang masih merasa mengantuk, meskipun telah tertidur lebih dari 10 jam. Hal ini disebabkan karena dalam ilmu kesehatan maksimalnya tidurnya seseorang yang paling baik adalah selama 8 Jam dalam kurun waktu 24 Jam. β€’ Sikap fanatik yang begitu berlebihan membuat oknum-oknum meruak kerukunan umat beragama dengan merusak tempat ibadah agama lainnya.

contoh tindakan rasional nilai Sikap over protective orang tua yang mengekang anak di rumah. β€’ Seorang guru yang melakukan tindakan amoral pada siswa β€’ Seseorang yang menyalahgunakan kekuasaan dan menggunakan pelayanan publik untuk kepentingan pribadi tidak mendapatkan hukuman berat karena koneksi. Demikianlah serangkain artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengamalan atas beragam contoh- contoh tindakan rasional dan tindakan irasional di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga saja bisa memberikan edukasi bagi semuanya. Trimakasih, Posting terkait: β€’ 8 Contoh Kelompok Sosial Nyata di Masyarakat β€’ 15 Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat Pada Umumnya β€’ 10 Ciri Kelompok Sosial di Masyarakat dan Contohnya Posting pada Kajian Sosiologi Ditag contoh tindakan irasional, contoh tindakan rasional, jenis tindakan irasional, prilaku tindakan irasional, tindakan irasional, tindakan rasional, tindakan sosial Navigasi pos Kategori β€’ Antropologi β€’ Budaya β€’ Ekonomi β€’ Geografi β€’ Globalisasi β€’ Kajian Sosiologi β€’ Karya Tulis β€’ Kategori Tingkatan β€’ Kehidupan Sehari-Hari β€’ Lainnya β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Penelitian Sosial β€’ Sejarah β€’ Sosial β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Agama β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Keluarga β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi Perkotaan β€’ Sosiologi Politik β€’ Sosiologi SMA β€’ Sosiologi Umum β€’ Teori Sosiologi β€’ Tokoh Sosiologiβ€’ Home β€’ SMA β€’ Adm Guruβ€’ Materi β€’ KTSP β€’ Kurikulum 2013 β€’ Kurikulum Revisi β€’ Tambahan β€’ Soal β€’ Kumpulan Soal β€’ Soal Pendalaman β€’ Soal Uji Kompetensi β€’ Soal UN β€’ Soal SBMPTN β€’ Media β€’ Media 1 β€’ PPT β€’ Video β€’ Ebook β€’ Pengayaan β€’ Media 2 β€’ Pengertian Ahli β€’ Kamus Istilah β€’ Kamus Sosiologi β€’ Linimasa Sosiologi β€’ Glosarium β€’ Sosial β€’ Filsafat β€’ Biografi β€’ Teori β€’ Aliran β€’ Cultural Studies β€’ Sosiologi β€’ Biografi β€’ Teori β€’ Konstruksi β€’ Polemik β€’ Psikologi β€’ Biografi β€’ Konstruksi β€’ Konsep β€’ Teori contoh tindakan rasional nilai Teori Pembelajaran β€’ Islam β€’ Biografi β€’ Konsep β€’ Karya β€’ Pemikiran β€’ Lainnya β€’ Arikel β€’ Umum β€’ Serba Serbi β€’ Daftar Isi β€’ Referensi β€’ Web Mitra Tindakan rasional berorientasi nilai merupakan tindakan sosial yang bersifat rasional dan memperhitungkan kemanfaatan.

Kelihatannya berbeda dengan tindakan rasional instrumental, dalam tindakan rasional berorientasi nilai, tujuan tindakan tidak dipersoalkan oleh aktor. Tanpa diperhitungkan terlebih dahulu, kemanfaatan tujuan diputuskan sebagai hal yang baik, benar dan perlu dicapai dalam kehidupan.

Persoalan dan perhitungan aktor hanyalah tentang cara pencapaian tujuan. Tindakan ini biasanya berupa tindakan-tindakan sosial yang berkaitan dengan nilai-nilai dasar dalam masyarakat. Contohnya, tindakan beragama. Tujuan beragama dianggap penting dalam kehidupan. Orang pada umumnya tidak meragukan arti pentingnya, seberapa besar arti pentingnya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan sejenis yang pada dasarnya mempertanyakan tindakan beragama.

Di sini, yang contoh tindakan rasional nilai dipertahankan adalah cara melaksanakan tindakan beragama. Berdoa sendiri di dalam hati, berdoa bersama, bersedekah kepada fakir miskin, menjaga kebersihan, dan sebagainya merupakan beberapa pilihan yang tersedia.

Ket. klik warna biru untuk link Download Baca Juga 1. Tindakan Sosial. Tindakan Afektif 2. Tindakan Sosial. Tindakan Tradisional 3. Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Instrumental Sumber Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016.

Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta. Materi Sosiologi SMA 1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3.

contoh tindakan rasional nilai

Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP) 2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013) 3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial

Contoh Pelaksanaan Tindakan Rasional Nilai




2022 www.videocon.com