Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

3. Berikut pernyataan yang benar adalah terkait campuran homogen adalah.A. zat penyusun bisa dibedakan.B.

zat penyusun tidak bisa dibedakanC. zat pe … nyusun tidak tercampur sempurnaD. Terdapat endapan zat yang dicampur4. Minyak yang dimasukkan ke dalam air ember akan membentuk.A. campuran heterogenB. campuran HomogenC. zat tunggalD. zat sejenis5. Campuran minyak dan pasir termasuk karena.A. campuran homogen; komponen penyusunnya tidak dapat dibedakanB. campuran heterogen; komponen penyusunnya dapat dibedakanC. campuran heterogen; tidak meninggalkan endapanD. campuran homogen; menghasilkan endapantolong jawab ya kak secepatnya​ Jakarta - Dalam pelajaran bahasa Indonesia ada berbagai jenis teks, salah satunya teks prosedur.

Teks ini biasa digunakan untuk membuat tulisan dengan urutan-urutan. Tujuan teks prosedur ada tiga, yakni (1) memberikan petunjuk kepada seseorang cara membuat sesuatu, (2) memberikan petunjuk kepada seseorang untuk melakukan sesuatu, dan (3) memberikan petunjuk kepada seseorang cara menggunakan sesuatu. Baca juga: Tentang Teks Biografi: Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya Struktur Teks Prosedur: • 1. Pengertian Teks Prosedur Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal.

Yaitu itu bisa berupa melakukan kegiatan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan tertentu. • 2. Ciri-ciri Teks Prosedur Untuk membedakan teks prosedur dengan yang lain, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui terlebih dahulu, seperti di bawah ini -Ada tujuan kegiatan yang dibahas -Ada alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kegiatan yang dibahas -Ada langkah-langkah atau proses -Ada aturan yang harus dipatuhi dalam proses -Memuat kalimat perintah yang lugas • 3.

Struktur Teks Prosedur Teks prosedur memiliki struktur yang membangun. Adapun, struktur teks prosedur yang dimaksud, seperti di bawah ini -Judul: judul berupa nama benda yang hendak dibuat, sesuatu yang dilakukan atau sesuatu yang digunakan.

-Pengantar: pernyataan yang memberikan informasi umum tentang hal yang hendak dibuat, dilakukan, atau digunakan. Selain itu, pengantar dapat juga berupa paragraf yang menyatakan tujuan penulisan. -Prosedur: berisikan dengan urutan yang benar dan sistematis. -Alat dan Bahan/Persyaratan: dapat berupa daftar/rincian alat dan bahan yang digunakan/daftar persyaratan yang harus dibawa pada teks prosedur tertentu. -Penutup: berupa simpulan, rekomendasi, apresiasi, atau imbauan. • 4.

Jenis Teks Prosedur Macam-macam teks prosedur terdiri dari tiga jenis, yakni protokol yang merupakan teks prosedur dengan langkah-langkah tidak terlalu ketat atau rumit sehingga mudah dipahami. Kedua, yakni teks prosedur sederhana adalah yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah. Terakhir adalah teks prosedur kompleks adalah teks yang terdiri dari banyak langkah. Bahkan, langkah-langkahnya berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Baca juga: Mengenal Teks Berita: Unsur-unsur, Ciri-ciri, dan Contohnya • 5. Contoh Teks Prosedur Setiap hari Senin pagi, seluruh siswa SD, SMP hingga SMA sederajat diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera.

Tujuan diadakannya upacara bendera adalah untuk memupuk nasionalisme, kedisiplinan, dan rasa cinta kepada Tanah Air. Berikut prosedur protokol pelaksanaan upacara bendera yang umum dilaksanakan: 1. Masing-masing pemimpin barisan menyiapkan pasukan barisannya 2. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, peserta upacara lalu disiapkan oleh masing-masing pemimpin barisan 3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara yang dipimpin langsung oleh pemimpin barisan.

4. Laporan setiap pemimpin barisan kepada pemimpin upacara. 5. Pembina upacara memasuki lapangan upacara. 6. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara akan dipimpin langsung oleh pemimpin upacara. 7. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa kegiatan upacara siap dilaksanakan. 8. Pengibaran sang Saka Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya.

9. Mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara. 10. Pembacaan teks Undang-undang Dasar Tahun 1945 (dibacakan oleh petugas upacara). 11. Pembacaan Ikrar Siswa (dibacakan oleh petugas upacara) 12. Pembacaan teks Pancasila yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara (teks dibaca terlebih dulu oleh pembina upacara). yaitu.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Amanat pembina upacara, pasukan diistirahatkan. 14. Pembacaan doa. 15. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan. 16. Penghormatakan kepada pembina upacara yang dipimpin oleh pemimpin upacara. 17. Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara. 18. Penghormatan kepada pemimpin upacara yang dipimpin oleh pasukan barisan. 19.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Pengumuman-pengumuman 20. Upacara selesai, barisan dibubarkan oleh pemimpin upacara. Selamat belajar struktur teks prosedur! (pay/pal)
Berikut jawaban yang paling benar dari pertanyaan: Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu? • Abstrak, Langkah-langkah, dan penutup • Tujuan dan Langkah-langkah • Langkah-langkah dan tujuan • Orientasi, Langkah-langkah, dan penutup • 0 Jawaban: B.

Tujuan dan Langkah-langkah Menurut Variansi.com, struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu tujuan dan langkah-langkah. Secara singkat, jawaban dari pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun yaitu beberapa bagian teks, yaitu?

tidak ada penjelasan pembahasannya. Namun, saya bisa memberikan kepastian bahwa jawaban mengenai pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu? akurat dan tepat (benar). Kenapa? Karena jawaban tentang pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu? diambil dari berbagai sumber referensi terpercaya.

Selain itu, jawaban atas pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu? sebelum dipublikasikan dilakukan verifikasi oleh para tim editor. Verifikasi jawaban pada pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu?

melalui sumber buku, artikel, jurnal, dan blog yang ada di internet. Jadi, jawaban dari pertanyaan Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu? tidak perlu diragukan lagi. Categories Tugas Tags Struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks yaitu? Post navigation • Soal dan Jawaban Simulasi Digital Kelas 12 • 25+ Soal-Soal dan Jawaban ASJ (Administrasi Sistem Jaringan) kelas 12 • 50 Contoh Soal TKJ Pilihan Ganda dan Jawabannya • Soal Un Bahasa Inggris Smp Tahun 2022 • Pola Soal Yaitu Ipa Sd Kelas 3 Dan Balasan • Contoh Soal Uas Pkn Kelas 10 Smk Dan Pembahasan • Acuan Soal Uas Matematika Kelas 10 Smk Jurusan Tkr Dilansir dari Encyclopedia Britannica, struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu tujuan dan langkah-langkah.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Ceramah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.
• Pengertian Teks Prosedur • Ciri-Ciri • Struktur Teks Prosedur • Kaidah Penulisan • Contoh Teks Prosedur Pengertian Teks Prosedur Teks prosedur adalah sebuah tulisan yang berisikan tentang anjuran, tips atau langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu aktivitas mulai dari awal mengerjakan sampai selesai secara berurutan.

Tujuan dari teks prosedur ialah menginformasikan secara detail bagaimana tahapan-tahapan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Dalam penerapannya, teks prosedur digunakan untuk memuat informasi-informasi yang bersifat urut atau harus dilakukan satu persatu sesuai tahapan yang ada seperti bagaimana cara mendaftar sekolah, bagaimana membuat KTP dan sebagainya.

Ciri-Ciri Teks prosedur adalah teks yang unik dan berbeda dengan teks lainnya.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Oleh karena itu, teks prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut : • Memiliki tujuan. • Berisi tentang perintah atau anjuran. • Terdapat syarat-syarat untuk mengerjakannya. • Menggunakan kata kerja aktif. • Disusun secara berurutan. Struktur Teks Prosedur Dari ciri-cirinya, terdapat tiga hal yang penting yaitu Tujuan, Material dan Langkah-langkah. Tiga hal tersebut menjadi bagian utama penyusun teks prosedur. Berikut adalah gambaran mengenai struktur teks prosedur.

Kaidah Penulisan Pada umumnya, teks prosedur memiliki ciri-ciri kebahasaan yang sangat menonjol. Oleh karena itu, kita dapat membedakan teks prosedur dengan teks lainnya dengan mudah. Kaidah kebahasaan yang digunakan teks prosedur antara lain : Konjungsi Temporal Sebuah teks prosedur memiliki kata penghubung di awal kalimat yang digunakan untuk menghubungkan proses antara langkah satu dengan yang lainnya secara berurutan.

Contoh dari konjungsi temporal yang sering digunakan adalah kata selanjutnya, lalu, kemudian dan lainnya. Kata Kerja Imperatif Pada dasarnya bagian langkah-langkah teks prosedur berisikan kalimat perintah atau larangan. Hal tersebut membuat sebuah teks prosedur harus berisikan kata kerja perintah (imperatif).

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Contoh dari penerapan kata kerja imperatif yaitu diamkan adonan tersebut selama 10 menit. Kata Kerja Material dan Kata Kerja Tingkah Laku Selain kata kerja imperatif, terdapat kata kerja lain yaitu kata kerja material dan kata kerja tingkah laku. Baca juga: Apresiasi: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkapnya Kata kerja material adalah sebuah kata yang mengungkapkan sebuah tindakan seperti mengupas, menjemur dan membakar.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Sedangkan, kata kerja tingkah laku adalah kata kerja yang mengungkapkan perbuatan seperti menunggu, mempertahankan dan mengamati. Contoh Teks Prosedur (Judul) Cara Memasak Mie Instan (Tujuan) Mie instan adalah makanan yang sering kita jumpai. Selain harganya yang murah, mie instan juga mudah untuk dimasak. Berikut adalah cara-cara memasak mie instan. (Material) Bahan : bahan yang dibutuhkan adalah mie instan satu bungkus, air secukupnya (Langkah-langkah) Tata cara memasak : • Tuangkan air ke dalam panci secukupnya.

• Lalu rebus air sampai mendidih.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

• Buka bungkus mie dan pisahkan mie dengan bumbu. • Setelah air mendidih, masukkan mie ke dalam panci. • Selanjutnya siapkan piring dan tuangkan bumbu ke piring. • Tunggu selama 10 menit. • Setelah mie matang, tuangkan mie ke piring. • Aduk bumbu mie agar bumbu merata. • Mie siap disajikan. Pengertian Teks Prosedur Teks prosedur adalah sebuah tulisan yang berisikan tentang anjuran, tips atau langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu aktivitas mulai dari awal mengerjakan sampai selesai secara berurutan.

Ciri-Ciri Teks prosedur adalah teks yang unik dan berbeda dengan teks lainnya. Oleh karena itu, teks prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. Memiliki tujuan. 2.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Berisi tentang perintah atau anjuran. 3. Terdapat syarat-syarat untuk mengerjakannya. 4. Menggunakan kata kerja aktif. 5. Disusun secara berurutan. Kaidah Penulisan Pada umumnya, teks prosedur memiliki ciri-ciri kebahasaan yang sangat menonjol. Oleh karena itu, kita dapat membedakan teks prosedur dengan teks lainnya dengan mudah. Kaidah kebahasaan yang digunakan teks prosedur antara lain : Konjungsi Temporal Sebuah teks prosedur memiliki kata penghubung di awal kalimat yang digunakan untuk menghubungkan proses antara langkah satu dengan yang lainnya secara berurutan.

Contoh dari konjungsi temporal yang sering digunakan adalah kata selanjutnya, lalu, kemudian dan lainnya. Kata Kerja Imperatif Pada dasarnya bagian langkah-langkah teks prosedur berisikan kalimat perintah atau larangan.

Hal tersebut membuat sebuah teks prosedur harus berisikan kata kerja perintah (imperatif). Contoh dari penerapan kata kerja imperatif yaitu diamkan adonan tersebut selama 10 menit.

Kata Kerja Material dan Kata Kerja Tingkah Laku Selain kata kerja imperatif, terdapat kata kerja lain yaitu kata kerja material dan kata kerja tingkah laku. Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurut sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, ada beberapa jenis teks prosedur sebagai berikut : 1.

Teks Prosedur Sedehana Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika. 2. Teks Prosedur Kompleks Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk yaitu tahapannya.

Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi. 3. Teks Prosedur Protokol Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menyalakan komputer. Nama : Anita khusnun nisa Kelas : XI OTKP Absen : 09 Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurut sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, ada beberapa jenis teks prosedur sebagai berikut : 1.

Teks Prosedur Sedehana Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika. 2. Teks Prosedur Kompleks Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi. 3. Teks Prosedur Protokol Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menyalakan komputer.
Struktur Teks Prosedur • Tujuan (Orientasi), yang berisi Mengapa teks prosedur tersebut dibuat atau hasil akhir yang dicapai.

• Materialyang berisi hal yang perlu dipersiapkan. • Langkah-langkah, berisi proses dan tahapan-tahapan.

• Penegasan ulang (Penutup), berisi kesimpulan __________________ Pembahasan : Teks Prosedur • Teks Prosedur adalah bentuk teks yang berisikan langkah atau tahapan yang harus dipenuhi dalam melakukan kegiatan yang dituju. Jenis-Jenis Teks Prosedur • Prosedur Sederhana, merupakan teks yang memuat tahapan atau langkah sederhana prosedur. • Prosedur Kompleks, merupakan teks yang berisi langkah atau tahapan yaitu harus ditempuh untuk mencapai tujuan.

• Prosedur Protokol, merupakan teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau fleksibel. Tujuan Teks Prosedur • Menjelaskan cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan agar pembaca dapat secara tepat dan akurat dalam membuat sesuatu, melakukan suatu kegiatan, pekerjaan atau menggunakan suatu alat, dan lainnya.

Penyusunan Teks Prosedur yaitu Dari penting menuju tidak penting. • Dari umum menjadi khusus. • Dari tahap awal menjadi akhir. Kebahasaan Teks Prosedur • Menggunakan verba (kata kerja). • Menggunakan kalimat interogatif, deklaratif, dan imperatif. • Menggunakan konjungsi temporal. • Menggunakan pernyataan persuasif. • Verba material dan tingkah laku. • Partisipan manusia. Ciri-ciri Teks Prosedur • Berisi langkah-langkah informatif. • Kata kerja imperatif (perintah). • Objektif. • Jelas, rinci, material, singkat, dan logis.

• Langkah berkelanjutan. • Disertai penjelasan. • Menggunakan syarat atau pilihan. • Aktual dan akurat. • Bersifat universal.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

Langkah Penyusunan Teks Prosedur • Menentukan topik. • Mengumpulkan bahan. • Menyusun kerangka. • Mengembangkan kerangka ____________________ Pelajari lebih lanjut : • Yang dimaksud dengan teks prosedur : brainly.co.id/tugas/11850897 • Contoh teks prosedur, baca di : brainly.co.id/tugas/9515468 • Contoh teks prosedur, baca di : brainly.co.id/tugas/948722 Detail Jawaban Kelas : 11 (XI) SMA Mapel : Bahasa Indonesia Materi : Teks Prosedur Kode Yaitu : 11.1.1 Kata Kunci : Teks Prosedur.

___________________ #TingkatkanPrestasimu Aku adalah sebuah hari dimana cinta dipertemukan. Selasa pagiku terasa hampa, seperti goresan tinta putih diatas kertas putih, tidak terlihat namun ad … a.

Sosok pangeran yang selama ini aku tunggu, pangeran kegelapan telah memakai sihir hitam hingga wajahnya berubah menjadi ular, "He is back" Semua berkata demikian, hingga kulitku meremang dan aku bertemu langsung dengannya, tahukah kamu siapa dia? Pasti tau jika tidak maka carilah, dia berkata padaku akan kembali setelah sepuluh ribu hari kemudian, kapankah aku akan bertemu dengannya? Pada hari apa aku bertemu lagi dengannya.​ 1.

1. Langkah pertama, mengukur kardus dengan memakai penggaris, yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran foto yang akan dipajang.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

2. Kemudian, … kaca diukur seperti halnya kardus. 3. Berikutnya, potong dua lembar kardus yang dapat disesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang pertama. 4. Lalu, Anda perlu membuat sekat pada bagian tengah kardus untuk memakai potongan dari kardus kecil yang lain. :5. Selanjutnya, rekatkan dengan memakai lem. 6. Langkah berikutnya, ambil kardus lain yang belum dipakai, lalu bentuk sesuai dengan keinginan. Kardus ini nantinya akan digunakan sebagai penopang bingkai agar tidak jatuh.

7. Kemudian, pasang kaca pada bagian dalam kardus tersebut. 8. Lalu yang terakhir gunakan kertas kado atau kertas koran tadi. Tempelkan kertas pada bagian luar kardus sehingga bisa dijadikan hiasan agar telihat lebih cantik. an al. Berdasarkan jenisnya, teks prosedur tersebut adalah. A. cara menggunakan B. cara memainkan C. cara melakukan D cara membuat 2. Perhatikan ilustrasi berikut!

Kini, komputer telah menjadi salah satu barang yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Untuk menghidupkanya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan kabel-kabel yang terhubung harus dipastikan sudah terpasang dengan tepat dan benar.

Kemudian hidupkan stabilizer voltage (jika anda memilikinya) dan hidupkan monitor dengan menekan tombol power yang terdapat pada monitor. Setelah itu, hidupkan CPU dengan cara menekan tombol power yang ada pada CPU Tunggu hingga struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks booting OS selesai.

Setelah muncul layar desktop, komputer telah siap untuk dipakai. Langkah-langkah yang tepat membuat teks prosedur sesuai ilustrasi tersebut adalah. A. (1) Kabel-kabel yang terhubung harus dipastikan sudah terpasang dengan tepat dan benar.

struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks, yaitu

(2) Hidupkan monitor (jika anda memilikinya). (3) Hidupkan stabilizer dengan menekan tombol power yang terdapat pada monitor (4) Setelah itu, hidupkan CPU dengan cara menekan tombol power yang ada pada CPU. (5) Tunggu hingga proses booting OS selesai. (6) Setelah muncul layar desktop, komputer telah siap untuk dipakai​Jakarta - Teks prosedur adalah jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan sebuah proses pembuatan atau pengoperasian sesuatu. Struktur teks prosedurmemiliki ciri khas dengan menuliskan langkah-langkah yang harus ditempuh secara urut.

Dengan demikian, teks prosedur memiliki tujuan untuk membantu seseorang mencapai hasil akhir yang diinginkan. Berdasarkan Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kelas XI, Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Bahasa Indonesia oleh Yenni Apriliani, S.Pd., struktur teks prosedurdibagi menjadi tiga, yaitu tujuan,langkah-langkah, dan penegasan ulang.

Berikut ini penjelasannya. Baca juga: 12 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol Berikut Cirinya Struktur Teks Prosedur 1. Tujuan Hasil yaitu yang ingin dicapai jika mengikuti langkah-langkah dalam sebuah teks prosedur.

2. Langkah-langkah Berisi langkah atau cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Untuk hasil yang maksimal, bagian ini wajib ditulis dan disusun secara urut.

3. Penegasan Ulang Merupakan harapan atau manfaat jika langkah-langkah dalam teks struktur teks prosedur dibangun oleh beberapa bagian teks dilakukan dengan baik. Namun ada juga yang membagi struktur teks prosedurdalam 4 bagian, yakni: 1. Tujuan Merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

2. Alat dan Bahan Berupa perincian alat-alat dan bahan yang akan digunakan/dibutuhkan untuk melakukan kegiatan dalam teks prosedur 3. Langkah -langkah Berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

4. Penutup Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik. Dikutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan oleh Taufiqur Rahman, S.Pd.,M.Pd.I, selain memiliki struktur yang khas, teks prosedur juga memiliki ciri dalam penulisannya. Ciri-ciri tersebut adalah disusun secara informatif, mendetail, memiliki sifat obyektif, universal, aktual, akurat, dan logis.

Setelah mengetahui struktur teks prosedur, di bawah ini adalah langkah yang bisa dilakukan untuk membuatnya. Langkah Menulis Teks Prosedur 1. Pilih topik yang ingin ditulis dalam bentuk teks prosedur.

2. Tentukan tujuan atau hasil akhir yang ingin dicapai setelah mengikuti langkah- langkah dalam teks prosedur yang akan dibuat. 3. Urutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Pada tahap ini, tulislah dengan penjelasan secara detail, obyektif, aktual, akurat, dan logis.

4. Tutup teks prosedur dengan penegasan ulang, apa manfaat yang didapat setelah mengikuti proses dari teks prosedur yang dibuat. Nah, demikian penjelasan struktur teks prosedurdan cara penulisannya. Selamat berlatih menulis, detikers!

MENGENAL TEKS PROSEDUR




2022 www.videocon.com