Palung mariana berapa km

palung mariana berapa km

Kita tahu bahwa puncak tertinggi di dunia adalah Gunung Everest dengan tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut. Meski sangat susah didaki, nyatanya ratusan orang berhasil menaklukkannya setiap tahun. Namun, gimana dengan tempat terdalam di bumi?

Tempat terdalam di bumi berlokasi di Palung Mariana dengan kedalaman -10.994 meter. Jika dibandingkan dengan Gunung Everest, Palung Mariana masih lebih ”panjang”.

palung mariana berapa km

Untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat tentang tempat terdalam di bumi ini, yuk, simak fakta-fakta tentang Palung Mariana.

Dilansir dari 7 Continents List, berikut di antaranya. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 5 Fenomena Langit April 2022, Sering Melibatkan Planet! • 10 Cara Alami Bangun Sahur di Bulan Ramadan, Tanpa Alarm • 8 Fakta Sejarah Tradisi Membangunkan Sahur di Indonesia Baca Juga: Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarah Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak! • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Hari Keberuntungan Tiap Zodiak di Bulan Mei 2022, Mohon Dicatat ya!

Halodunia – Palung Mariana termasuk bagian dari jaringan global palung dalam yang membelah dasar laut. Palung dalam tersebut terbentuk ketika dua lempeng tektonik bertabrakan. Pada titik tumbukan, salah satu lempeng menukik di bawah lempeng lainnya hingga menciptakan palung samudra.

Palung Mariana merupakan palung paling dalam yang terletak di dasar laut dengan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Berada di Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 km timur Kepulauan Mariana, Palung Mariana berbentuk bulan sabit yang membentang sepanjang 2.550 km dengan lebar 69 kilometer.

Dilansir dari National Geographic, kedalaman Palung Mariana mencapai hampir 11 km. Jika Gunung Everest dijatuhkan ke Palung Mariana, dasar Palung Mariana masih berada lebih dari 1,6 km di bawah air. Kedalaman Palung Mariana pertama kali diketahui pada tahun 1875 oleh kapal Inggris H.M.S Challenger sebagai bagian dari pelayaran oseanografi global pertama. Ilmuwan Challenger mencatat kedalaman Palung Mariana mencapai 8 km menggunakan tali pengeras suara. Kemudian, di tahun 1951, kapal H.M.S Challenger II kembali ke Palung Mariana dengan pengeran suara gema dan mencatat kedalamannya hampir 11 km.

Victor Vescovo, seorang penjelajah dan pengusaha, berhasil memecahkan rekor penyelaman dengan turun hingga kedalaman 10.927 meter di Samudra Pasifik.

Dilansir dari Live Science, hingga saat ini, hanya ada dua orang yang berhasil palung mariana berapa km titik terdalam di Bumi di ujung selatan Palung Mariana. Pada tahun 1960, Don Walsh, yang merupakan ahli kelautan merupakan orang pertama yang berhasil menyelam hingga 10.916 palung mariana berapa km. Tak sendirian, ia melakukan penjelajahan tersebut bersama ahli kelautan lain, Swiss Jacques Piccard. Walsh ikut serta bersama tim di atas kapal ketika Vescovo turun sendirian dengan kapal selam DSV Limiting Factor.

BACA JUGA Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19, Polsek Balaraja Polresta Tangerang Laksanakan Kegiatan Tali Asih Butuh waktu hingga 4 jam untuk mencapai kedalaman yang memecahkan rekor, yakni cekungan berwarna krem yang ditutupi lapisan lumpur yang tebal.

Vescovo mengatakan, di kedalaman tersebut terasa sangat dingin dan tenang. Tekanannya mencapai 16.000 pon per inci persegi, lebih dari seribu kali dari tekanan di permukaan laut. Setelah Vescovo memecahkan rekor, tim masih melakukan empat penyelaman berikutnya. Selama lima kali penyelaman, mereka mengamati berbagai makhluk hidup. Vescovo mengatakan bahwa ia melihat beberapa hewan kecil yang tembus cahaya. Mereka juga menemukan singkapan batuan berwarna merah dan kuning yang dapat berupa endapan kimiawi atau lapisan bakteri.

Penulis: Lulu LukyaniEditor: Lulu Lukyani
KOMPAS.com – Banyak orang telah berhasil mencapai puncak Gunung Everest yang merupakan titik tertinggi di Bumi.

palung mariana berapa km

Namun, hanya dua orang yang mampu turun dan mencapai titik terdalam di Bumi, yakni Palung Mariana. Palung Mariana termasuk bagian dari jaringan global palung dalam yang membelah dasar laut.

Palung dalam tersebut terbentuk ketika dua lempeng tektonik bertabrakan. Pada titik tumbukan, salah satu lempeng menukik di bawah lempeng lainnya hingga menciptakan palung samudra.

palung mariana berapa km

Palung Mariana merupakan palung paling dalam yang terletak di dasar laut dengan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Baca juga: Baru Ditemukan di Palung Terdalam Bumi, Spesies Ini Sudah Terkontaminasi Plastik Berada di Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 km timur Kepulauan Mariana, Palung Mariana berbentuk bulan sabit yang membentang sepanjang 2.550 km dengan lebar 69 kilometer.

Dilansir dari National Geographic, kedalaman Palung Mariana mencapai hampir 11 km. Jika Gunung Everest dijatuhkan ke Palung Mariana, dasar Palung Mariana masih berada lebih dari 1,6 km di bawah air. Kedalaman Palung Mariana pertama kali diketahui pada tahun 1875 oleh kapal Inggris H.M.S Challenger sebagai bagian dari pelayaran oseanografi global pertama. Ilmuwan Challenger mencatat kedalaman Palung Mariana mencapai 8 km menggunakan tali pengeras suara. Kemudian, di tahun 1951, kapal H.M.S Palung mariana berapa km II kembali ke Palung Mariana dengan pengeran suara gema dan mencatat kedalamannya hampir 11 km.

Baca juga: Sisa Radioaktif Bom Nuklir Ditemukan di Palung Terdalam Lautan Berita Terkait KRI Nanggala-402 di Kedalaman 850 Meter, Begini Keadaan Laut Dalam Ahli Temukan Beberapa Hewan Laut Berenang dengan Pola Misterius Ungkap Misteri Dasar Laut, Imuwan Gunakan Nyanyian Paus 20 Juta Tahun Lalu, Cacing Raksasa Teror Mangsanya di Dasar Laut Laut Makin Asam, Gurita Kembangkan Adaptasi Baru untuk Bertahan Hidup Berita Terkait KRI Nanggala-402 di Kedalaman 850 Meter, Begini Keadaan Laut Dalam Ahli Temukan Beberapa Hewan Laut Berenang dengan Pola Misterius Ungkap Misteri Dasar Laut, Imuwan Gunakan Nyanyian Paus 20 Juta Tahun Lalu, Cacing Raksasa Teror Mangsanya di Dasar Laut Laut Makin Asam, Gurita Kembangkan Adaptasi Baru untuk Bertahan Hidup Fans Ikatan Cinta Serang Akun Instagram Istri Arya Saloka, Ini Kata Psikolog https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/26/120200623/fans-ikatan-cinta-serang-akun-instagram-istri-arya-saloka-ini-kata https://asset.kompas.com/crops/CKvMClXdJgNd3u_QHVzkrXcsJAA=/54x0:706x435/195x98/data/photo/2021/03/26/605da98da95b5.jpg Anggapan bahwa lautan banyak menyimpan misteri mungkin banyak orang menyetujui hal tersebut.

Sudah sejak lama banyak ahli kelautan mencoba meneliti tentang kehidupan, struktur hingga hal apapun yang berkaitan tentang laut. Tidak seperti di daratan, meneliti laut dibutuhkan keahlian menyelam serta peralatan berteknologi tinggi untuk mengetahui rahasia di dalam laut.

Banyak yang berpendapat jika kenampakan alam bawah laut tidak jauh berbeda dengan yang ada di daratan.

palung mariana berapa km

Pada ahli juga menemukan gunung, lembah hingga jurang yang ada di dasar laut dengan kedalaman tertentu. Namun di dasar laut terdapat salah satu bagian yang memiliki kedalaman palung mariana berapa km bahkam menjadi titik terdalam di Planet Bumi, yakni palung.

Lalu apakah palung tersebut? bisa dikatakan bahwa palung merupakan batasan penunjaman atau penyusupan pada lempeng bumi.

Bentuk dari palung bukanlah lubang besar seperti sumur, melainkan memanjang mengikuti batas penunjam seperti parit yang terdapat di dasar laut. Seperti yang kita ketahui jika kulit Bumi memiliki lempengan padat yang dapat bergerak antara satu dengan lainnya. Gerakan dari lempeng bumi dapat saling bertabrakan, saling menjauh atau bahkan saling bergesekan antar lempeng. Sedangkan palung terjadi akibat adanya gerakan tabrakan antara lempeng bumi.

Setidaknya terdapat beberapa palung yang tersebar di seluruh perairan dan salah satunya termasuk palung terdalam di dunia apa lagi jika bukan Palung Mariana. Untuk mengenal lebih jauh tentang Palung Mariana ini, mari disimak penjelasannya di bawah ini. Karakteristik Palung Mariana Palung Mariana atau yang memiliki nama lain Palung Marianas merupakan salah satu palung paling dalam di dunia.

Palung Mariana atau Mariana Trench terletak di bagian barat laut Samudra Pasifik atau di bagian timur dari Kepulauan Mariana tepatnya 11 o21’ Lintang Utara dan 142 o12’ Bujur Timur, tidak jauh dari Jepang dan dekat dengan Pulau Guam. Seperti yang telah dijelaskan jika palung ada tempat pertemuan antara dua lempeng bumi, sedangkan Palung Mariana adalah tempat pertemuan antara Lempeng Pasifik dengan Lempeng Filipina. Sebelumnya belum ada yang mengetahui berapa kedalaman yang dimiliki oleh Palung Mariana.

Kedalaman Palung Mariana yaitu 10,91 km atau sekitar 10.994 meter di bawah permukaan laut, namun jika dihitung berdasarkan garis lintang dan garis bujur Bumi, Palung Mariana berada 6.366,4 km dari pusat bumi. Sedangkan panjang dari Palung Mariana sendiri mencapai 2.550 km dengan lebar hanya sekitar 69 km.

Beberapa Fakta Menarik Palung Mariana • Banyak peneliti menjadikan Palung Mariana sebagai objek penelitian. Salah satunya dengan membandingkan kedalaman palung dengan puncak Gunung Everest, hal ini untuk mempermudah pembandingan agar lebih tepat dan sesuai. Seperti yang kita ketahui jika Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia yang memiliki tinggi sekitar palung mariana berapa km meter di atas permukaan laut.

Sedangkan kedalaman Palung Mariana yang sudah diketahui yakni sekitar 10.994 meter di bawah permukaan laut. Bisa dibayangkan betapa dalamnya Palung Mariana tersebut jika posisi Gunung Everest dibuat terbalik posisinya. Bahkan beberapa ahli juga percaya jika Palung Mariana tidak memiliki dasar. • Jika diketahui kedalaman Palung Mariana bisa hampir mencapai 11 km, lalu bagimana tentang tekanan yang dimilikinya. Semakin dalam kita menyelam, maka semakin besar pula tekanan yang kita rasakan pada tubuh.

Sehingga tidak heran jika tubuh harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyelam lebih dalam. Diketahui jika Palung Mariana memiliki tekanan sebesar 1.086 bar atau 108 Mpa. Hal ini setara dengan 8 ton per inchi persegi atau jika diilustrasikan tekanan tersebut setara dengan 1.600 ekor gajah afrika atau 50 unit pesawat jet terbesar di dunia, yang ditumpuk di atas tubuh penyelam.

Maka untuk dapat menyelam masuk ke dalam Palung Mariana, dibutuhkan alat pelindung seperti kapal selam. • Menurut para ahli usia Palung Mariana sudah terbentuk sekitar 180 juta tahun yang lalu. Palung Mariana terbentuk sebagai akibat tabrakan antara lempeng tektonik Pasifik dengan lempeng Filipina. Akibat dari tabrakan tersebut, beberapa lapisan dari mantel bumi jatuh ke dalam sehingga menghasilkan celah.

Dahulu jauh sebelum penelitian mengenai Palung Mariana dilakukan, banyak pelaut atau nelayan palung mariana berapa km enggan melewati palung ini karena dianggap daerah mematikan.

Namun sekarang seiring berkembangnya teknologi, Palung Mariana menjadi objek penelitian paling menarik di kalangan ahli kelautan. • Sejak pertama kali ditemukan, belum ada satupun penyelam yang mencoba masuk untuk menyelam di dasar Palung Mariana.

Pada tahun 1951, sebuah kapal angkatan laut HMS Challenger sebuah kapal yang hanya meneliti kedalaman dari Palung Mariana menggunakan sebuah alat khusus dengan prinsip gema suara.

Hingga pada akhirnya di tanggal 23 Januari 1960 terdapat dua orang penyelam yakni Don Walsh dan Jacques Piccard berhasil masuk ke Palung Mariana hingga kedalaman 10.911 meter menggunakan kapal selam mini yang bernama Trieste.

palung mariana berapa km

Sedangkan di tanggal 25 Maret 2012, seorang sutradara terkenal James Cameron menjadi orang pertama yang berhasil menyelam Palung Mariana sejauh 11 km menggunakan sebuah kapal torpedo mini bernama The Deepsea Challenger.

• Berdasarkan ekspedisi yang dilakukan pada tahun 2012, para ilmuan berhasil menemukan tiga jenis makhluk hidup penghuni Palung Mariana, antara lain amoba raksasa ( Xenophyophores), udang tidak bercangkang ( Amphipoda), serta teripang kerdil ( Holothurian). Sedangkan penemuan baru pada tahun 2016 telah ditemukan spesies ubur – ubur kecil di Palung Mariana. Yang membedakan ubur – ubur ini dengan jenis lainnya yaitu, mempunyai bagian kepala yang dapat bersinar di dalam kegelapan.

palung mariana berapa km

Ekspedisi lainnya menemukan ikan jenis lain dengan taring agak panjang dan tajam di bagian mulutnya yang bernama ikan fangtooth.

Ikan ini memiliki panjang sekitar 18 cm namun tidak memancarkan cahaya seperti ikan pedalaman pada umumnya. Selain itu terdapat ikan anglesfish atau Sea Devil yang dilengkapi oleh gigi bertaring sangat tajam di bagian mulutnya. Ikan anglesfish mempunyai lampu di bagian kepala dan dapat memakan mangsa yang memiliki ukurang tubuh lebih besar dari dirinya. • Ternyata pencemaran juga terjadi di Palung Mariana. Hasil dari penelitian didapatkan bukti berupa foto dan video dari 30 tahun terakhir, bahwa terdapat banyak sampah plastik di dalam Palung Mariana.

Tidak hanya sampah plastik saja, namun juga terdapat sampah lain seperti karet, logam, kain, kayu dan benda – benda lainnya yang belum dapat diidentivikasi. Itulah tadi penjelasan mengenai Palung Mariana. Seiring perkembangan teknologi, tidak menutup kemungkinan rahasia yang tersimpan di dalam Palung Mariana akan terkuak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
Ada banyak palung terdalam di dunia, palung Mariana menjadi nomor satu dengan kedalaman hampir 11 km!

Wah, tidak usah dibayangkan seberapa gelap. Saat ditanya mengenai palung terdalam di dunia mungkin kita akan langsung merujuk nama palung Mariana, pastinya kamu sudah tahu sejak masih sekolah.

Palung Mariana adalah parit laut dalam di dasar Samudra Pasifik Utara bagian barat, lokasinya antara Filipina, Jepang, dan Guam. Bila kamu masih bingung apa yang dimaksud dengan palung? Bisa simak perngertiannya terlebih dahulu ya biar tidak salah paham.

Dilansir dari laman Wikipedia.org, palung samudera merupakan cekungan di dasar laut dengan ukuran lebar yang relatif sempit. Adapun bentuk dari palung samudera tersebut menjorok ke dalam seperti jurang di pegunungan, kira-kira palung mariana berapa km sudah ada ilustrasi mengenai hal ini.

7 Palung Terdalam di Dunia, Salah Satunya di Asia Berapa meter kedalaman Mariana? Cekungan ini memiliki kedalaman mencapai 10.927 - 11.035 meter bawah permukaan laut, hampir 11 km ya. Titik terdalam dari Palung Mariana ini dekat dengan kerak Bumi, palung mariana berapa km kalau betapa dalamnya palung tersebut.

Biasanya, tumbuhan atau hewan yang hidup di kawasan ini memang unik, mereka tidak mendapatkan sinar matahari lantaran laut terlalu dalam. Akan tetapi ternyata ada lo palung laut di sejumlah lokasi di dunia ini yang tak kalah dalamnya, di mana saja itu? Simak lebih lanjut daftarnya berikut ini. 1. Tonga (10.800 Meter) Palung ini merupakan yang terdalam kedua setelah palung Mariana, lokasinya berada di barat daya Samudra Pasifik.

Adapun bagian terdalam dari palung Tonga adalah lubang Horizon, area ini memiliki kedalaman 10.800 meter di bawah permukaan laut. 2. Palung Mindanao (10.540 Meter) Di palung mariana berapa km kedua sebagai palung terdalam di dunia adalah palung Palung mariana berapa km, lokasinya berada di bagian barat Samudera Pasifik Utara Areanya membentang sepanjang 1.320 meter, mulai dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera di Maluku Utara. Titik terdalam dari cekungan yang dikenal pula sebagai palung Filipina, kedalaman mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut.

3. Palung Puerto Rico (8.376 Meter) Terletak di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik, palung Puerto Rico memiliki panjang mencapai 800 kilometer. Palungnya ini memiliki kedalaman mencapai 8.376 meter di bawah permukaan laut, bayangkan kalau kedalaman dari palung terdalam di dunia ini lebih tinggi dari gunung. Berbagai Palung Terdalam di Bumi Lainnya Ada pula palung laut yang juga termasuk kedalam cekungan yang terdalam di bumi.

Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya. 4. Palung Sandwich Selatan (8.266 Meter) Kepulauan Sandwich Selatan merupakan busur vulkanik dengan gunung berapi aktif di sekelilingnya, faktor geografis itu membuat wilayah tersebut memiliki palung terdalam.

Parit yang dikenal sebagai palung Sandwich tersebut punya kedalaman maksimal 8.266 meter di bawah permukaan laut, Hasil tersebut didapat setelah Five Deeps Expedition melakukan pengukuran dengan sonar multibeam Kongsberg EM124. 5. Palung Diamantina (7.079 meter) Cekungan yang dikenal dengan palung Diamantina ini berada di barat daya Perth, Australia Barat, palung Diamantina memiliki titik kedalaman hingga 7.079 meter di bawah permukaan laut. Sedangkan luasannya, Diamantina membentang sejauh 1.900 kilometer lebih dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau.

palung mariana berapa km

6. Lubang Molloy (5.600 meter) Nama palung ini terinspirasi dari tokoh Arthur E. Molloy, lokasinya, berada di Palung mariana berapa km Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard. Molloy deep atau lubang Molloy memiliki lubang bagian paling dalam sejauh 5.600 meter, pinggiran luar lubang Molloy memiliki kedalaman hingga mencapai 2.700 meter.

7. Cekungan Eurasia (5.449 meter) Palung ini menjadi salah satu palung terdalam di dunia, lokasinya dibatasi oleh penggunungan bawah laut di Samudera Arktik. Untuk kedalaman palung di cekungan Eurasia mencapai 5.449 meter di bawah permukaan laut, tidak heran masuk ke dalam daftar palung terdalam di dunia.

Itulah deretan cekungan terdalam di dunia, kalau membayangkan kedalamannya tentu bikin kamu merinding disko ya. Baca juga 7 danau terdalam di dunia yang kedalamannya bisa hingga 1,6 km, pastinya hanya di artikel.rumah123.com. Kalau kamu ingin cari rumah impian, yuk telusuri berbagai rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com dan 99.co.

Saatnya kamu melirik Puri Botanical sebagai pilihan terbaik untuk rumah tapak yang mewah di kawasan Jakarta Barat.
• العربية • الدارجة • Asturianu • Azərbaycanca • Башҡортса • Palung mariana berapa km • Беларуская (тарашкевіца) • Български • বাংলা • Brezhoneg • Bosanski • Català • Cebuano • کوردی • Čeština • Dansk • Deutsch • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Frysk • Gaeilge • Galego • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Íslenska palung mariana berapa km Italiano • 日本語 • Jawa • ქართული • Қазақша • 한국어 • Kurdî • Кыргызча • Latina • Lietuvių • Latviešu • മലയാളം • Монгол • मराठी • Bahasa Melayu • नेपाल भाषा • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Occitan • Polski • پنجابی • Português • Română • Русский • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Anarâškielâ • Shqip • Српски / srpski • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • მარგალური • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 Palung Mariana di Samudra Pasifik.

Palung Mariana, atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam, [1] dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara dan 142° 12' Bujur Timur. [2] Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina.

Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest (9 km di atas permukaan laut). Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.927 - 11.035 meter di bawah permukaan laut atau sekitar 80 kali ketinggian Monumen Nasional (137 m). Meskipun begitu, mengingat palung terletak di khatulistiwa dan Bumi makin menggelembung, jadi tidak sedalam palung di Atlantik.

palung mariana berapa km

{INSERTKEYS} [3] Bentuk Palung Mariana seperti huruf V, dan membentang sepanjang 2.550 km dan lebar 63 meter dari Pasifik hingga timur pulau Mariana. [4] [5] Palung Mariana terbentuk sekitar 180 juta tahun lalu akibat adanya tabrakan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina. Tabrakan tersebut akhirnya menciptakan titik yang lapisannya jatuh ke dalam lapisan mantel Bumi. [6] Pertama kali diteliti pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, menggunakan kapal selam bernama Trieste dan memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger.

[7] Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19' U, 142° 15' T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali menggunakan "earphone" untuk mendengar sinyal yang kembali ketika "stylus" melewati skala kedalaman "graduated", sementara itu ketika pengukuran waktu kecepatan mesin gema-suara, sebuah bagian yang diperlukan dari proses ini, ditangani dengan "stopwatch".

Untuk alasan ini dianggap cukup berhati-hati untuk mengurangi satu skala divisi (20 fm) ketika mengumumkan resmi kedalaman baru 5.940 fm (10.863 m). Trieste, 23 Januari 1960: Sesaat sebelum penyelaman. {/INSERTKEYS}

palung mariana berapa km

Di dasar Palung Mariana, air memberikan tekanan sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi) atau 8 ton per inci persegi. Ini bisa diilustrasikan sebagai 50 unit pesawat jet terbesar di dunia ataupun 1.600 gajah Afrika yang ditumpuk.

[8] Etimologi [ sunting - sunting sumber ] Palung Mariana dinamai berdasarkan Kepulauan Mariana di dekatnya, yang diberi nama Las Marianas untuk menghormati Ratu Spanyol Mariana dari Austria, janda Philip IV dari Spanyol. Pulau-pulau tersebut merupakan bagian dari busur pulau yang terbentuk di atas lempeng yang menunggang, yang disebut Lempeng Mariana (juga dinamai untuk pulau-pulau), di sisi barat palung.

Geologi [ sunting - sunting sumber ] Palung Mariana merupakan bagian dari sistem subduksi Izu-Bonin-Mariana yang membentuk batas antara dua lempeng tektonik. Dalam sistem ini, tepi barat salah satu lempeng, Lempeng Pasifik, disubduksi (yaitu, dorongan) di bawah Lempeng Mariana yang lebih kecil yang terletak di barat. Palung mariana berapa km kerak di tepi barat Lempeng Pasifik adalah sebagian dari kerak samudera tertua di bumi (hingga 170 juta tahun), dan karenanya, lebih dingin dan lebih padat; oleh karena itu perbedaan ketinggiannya yang besar relatif terhadap Lempeng Mariana yang berkuda lebih tinggi (dan lebih muda).

Area terdalam di batas lempeng adalah Palung Mariana. Pergerakan lempeng Pasifik dan Mariana juga secara tidak langsung bertanggung jawab atas pembentukan Kepulauan Mariana. Pulau-pulau vulkanik ini disebabkan oleh pelelehan fluks pada mantel atas akibat keluarnya air yang terperangkap dalam mineral-mineral dari bagian subduksi Lempeng Pasifik. Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Bikin Elus Dada!

Berhasil Menyelam Hingga ke Dasar Palung Mariana, Pria Ini Kaget Setelah Melihat Sekelilingnya". hype.grid.id. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ Selasa; Mei 2019, 28 Mei 2019 17:05 WIB 28; Wib, 17:05 (2019-05-28). "Palung Mariana, Tempat Terdalam Di Dunia". indozone.id. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ Biantoro, Bramy.

palung mariana berapa km

"Melihat ke dalam Palung Mariana, jurang paling mematikan di lautan Halaman 2". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ "Mengenal Palung Mariana dan Misteri Bawah Laut yang Menyeramkan". Quipper Blog (dalam bahasa Inggris). 2020-03-05. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ "Jadi Titik Terdalam di Bumi, Apa Saja Isi Palung Mariana?". ERA.ID. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ "Palung Mariana, Tempat Tinggal Makhluk Aneh di Dunia".

Phinemo. 2018-08-20. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ "Palung Mariana: Menyelam hampir 11 kilometer di bawah laut, kantong plastik ditemukan". BBC News Indonesia. 2019-05-14. Diakses tanggal 2020-10-13. • ^ detikTravel, Tim. "Begini Misteri dan Fakta Palung Mariana".

detikTravel. Diakses tanggal 2020-10-13. Kategori tersembunyi: • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Semua artikel rintisan • Rintisan bertopik geografi • Semua artikel rintisan April 2022 • Semua rintisan geografi • Semua artikel geografi • Rintisan geografi April 2022 • Artikel geografi April 2022 • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda VIAF • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NLI • Artikel Wikipedia dengan penanda FAST • Artikel Wikipedia dengan penanda MA • Artikel Wikipedia dengan penanda WorldCat-VIAF • Halaman ini terakhir diubah pada 26 April 2022, pukul 13.31.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan palung mariana berapa km Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •Palung Mariana, Tempat Palung mariana berapa km di Dunia - Tahukan anda dimanakah tempat terdalam di dunia??

jawabannya tak lain dan tak bukan adalah palung Mariana. Palung Mariana adalah suatu tempat yang terletak di dasar barat laut samudera pasifik tepatnya sebelah timur kepulauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, dekat dengan Filipina dan Jepang. Palung ini adalah palung yang paling dalam didunia yang lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. dasar dari palung ini di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian gunung everest di atas permukaan laut.

Kedalaman palung ini mencapai 11,034 meter (36,201 kaki) di bawah permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2550 Km (1580 mil). Sebagai gambaran dengan kedalaman seperti itu, jika gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter berada di dasar palung tersebut, maka puncak Everest masih berada 2.076 meter di bawah permukaan laut. Atau jika kita terjun bebas kedalamnya, kita membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai dasarnya. Penelitian • Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Challenger Deep.

Challenger Deep mendapat namanya dari survei Inggris dengan kapal Challenger II, yang meneliti titik kedalaman laut dari Kepulauan Mariana pada tahun 1951. Kemudian pada tahun 1960, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim Trieste (sebuah kapal selam mini yang dirancang untuk penyelaman laut dalam) turun ke ke dalam palung Mariana untuk melihat seberapa jauh mereka dapat turun. Mereka turun 35.838 kaki/10, 923m.

Trieste, 23 Januari 1960: Sesaat sebelum penyelaman • Pada tahun 1957, kapal Palung mariana berapa km Vityaz melaporkan kedalaman 11.034 meter (36.200 kaki), yang dijuluki Mariana Hollow. (Meskipun klaim ini dibuat oleh Soviet pada tahun 1957, penemuan belum diulangi oleh ekspedisi pemetaan berikutnya menggunakan lebih akurat dan peralatan modern.) • Pada tahun 1962, kapal MV permukaan Spencer F.

Baird mencatat kedalaman maksimum 10.915 meter (35.840 kaki), dengan menggunakan alat pengukur kedalaman presisi. • Pada tahun 1984, Jepang mengirim Takuyō, kapal survei yang sangat khusus, ke Palung Mariana dan mengumpulkan data menggunakan multi-beam echo sounder, mereka melaporkan kedalaman maksimum 10.924 meter, juga dilaporkan mecapai 10.920 meter ± 10 meter. • Pengukuran yang paling akurat dalam catatan ini diambil oleh probe Jepang, Kaikō yang turun tanpa awak ke dasar parit pada 24 Maret 1995 dan mencatat kedalaman 10.911 meter (35.798 kaki).

• Pada tahun 2003, sebuah tempat itu ditemukan di sepanjang Palung Mariana, kedalaman yang berada sekitar Challenger Deep, bahkan mungkin lebih dalam. Hal ini ditemukan ketika para ilmuwan dari Hawaii Palung mariana berapa km of Geofisika dan Planetology sedang menyelesaikan survei di Guam mereka menggunakan sistem pemetaan sonar ditarik di belakang kapal penelitian untuk melakukan survei.

Tempat baru ini bernama HMRG (Hawaii Mapping Research Group) Deep, setelah kelompok ilmuwan yang menemukannya. Jadi bagaimana Challenger Deep bisa begitu dalam? Yah, kerak bumi bukan merupakan salah satu bagian dari batuan padat, itu benar-benar sangat tipis, seperti kulit telur dibandingkan dengan ukuran telur.

palung mariana berapa km

Bahkan, itu terdiri dari lempeng besar kerak tipis yang “mengambang” pada batuan cair dari mantel bumi. Sementara beredar pada mantel tepi lempeng ini meluncur satu sama lain, bertemu satu sama lain, dan kadang-kadang bahkan crash.

Kerak di samudera lebih berat daripada kerak benua sehingga ketika pelat bertabrakan, lempeng di samudera terjun ke bawah menuju mantel cair, sedangkan yang lebih ringan, pelat kontinental naik di atas puncak. Gaya-gaya mengemudi kedua pelat bersama adalah benar-benar kuat sehingga mendasari samudra piring (piring yang subducted) menciptakan sebuah parit di mana menyeret tepi subduksi kerak benua zonethe turun saat itu turun di bawah (lihat gambar di sebelah kanan).

Tekanan hidrostatikKetika Anda masuk ke dalam laut (atau badan air) dan Anda mulai menyelam ke bawah, semakin anda menyelam semakin banyak air dari atas Anda. Air yang terdapat diantara anda dan permukaan air, semakin besar tekanan pada tubuh karena berat air melebihi anda.

Tekanan ini disebut tekanan hidrostatik. Anda dapat benar-benar mendapatkan rasa tekanan hidrostatik ketika Anda masuk ke kolam renang dan menyelam sampai ke dasar terdalam.

Anda akan merasakan tekanan hidrostatik terhadap gendang telinga Anda, seperti mereka sedang diperas atau didorong masuk Nah, Anda bisa membayangkan bagaimana tekanan yang luar biasa harus berada di Kedalaman Challenger dengan hampir tujuh mil di dasar laut- 16,000 pounds per square inch! Tekanan air didalam palung Palung mariana berapa km 1000 kali lipat dibanding dengan tekanan udara di mana tempat kita hidup sekarang ini. Namun hal itu bukan berarti di dalam palung Mariana ga ada kehidupan, di dalamnya juga palung mariana berapa km beberapa jenis ikan dengan bentuk gepeng dan beberapa udang kecil

Ekspedisi Palung Mariana: Penyelaman 11 KM Kedalam Laut




2022 www.videocon.com