Apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Yahoo ist Teil der Markenfamilie von Yahoo. Durch Klicken auf „ Alle akzeptieren" erklären Sie sich damit einverstanden, dass Yahoo und seine Partner Cookies und ähnliche Technologien nutzen, um Daten auf Ihrem Gerät zu speichern und/oder darauf zuzugreifen sowie Ihre personenbezogenen Daten verarbeiten, um personalisierte Anzeigen und Inhalte zu zeigen, zur Messung von Anzeigen und Inhalten, um mehr über die Zielgruppe zu erfahren sowie für die Entwicklung von Produkten.

Personenbezogene Daten, die ggf. verwendet werden • Daten über Ihr Gerät und Ihre Internetverbindung, darunter Ihre IP-Adresse • Browsing- und Suchaktivitäten bei der Nutzung von Yahoo Websites und -Apps • Genauer Standort Sie können ' Einstellungen verwalten' auswählen, um weitere Informationen zu erhalten und Ihre Auswahl zu verwalten. Sie können Ihre Auswahl in den Datenschutzeinstellungen jederzeit ändern.

Weitere Informationen darüber, wie wir Ihre Daten nutzen, finden Sie in unserer Datenschutzerklärung und unserer Cookie-Richtlinie. Klicken Sie hier, um weitere Informationen zu unseren Partnern zu erhalten. Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya memiliki beranekaragam suku, ras, budaya, kepercayaan, agama, dan juga bahasa. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik tahun 2010, sekurang-kurangnya terdapat 1.340 suku bangsa di Indonesia. Keberagaman yang dimiliki Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang paling berharga dan tak ternilai harganya.

Keberagaman ini tentunya membuat Indonesia semakin unik, berbeda dari yang lain, dan tidak membosankan. Karena keberagaman yang berbeda-beda ini, Indonesia membutuhkan sikap toleransi agar persatuan dan apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan sebagai suatu bangsa tetap terjaga. Keberagaman yang dimiliki ini juga hendaknya saling melengkapi dan juga membentuk sikap toleransi serta persatuan antarmasyarakat.

Jangan sampai keberagaman ini mendatangkan ancaman-ancaman yang dapat menyebabkan perpecahan di negeri ini. Oleh karena itu, sikap toleransi merupakan hal terpenting untuk dijaga sehingga diperlukan penjagaan yang tepat guna mencapai persatuan bangsa. Sebagai negara pluralistik, tak jarang ditemui keberagaman di Indonesia membawa ancaman-ancaman tertentu yang dapat berujung pada perpecahan.

Perpecahan ini umumnya apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan akibat adanya sikap intoleran yang berujung pada isu rasisme terutama di era globalisasi saat ini. Tak jarang ras-ras minoritas merasa dikucilkan dan tidak dianggap di negeri ini sehingga timbul perpecahan dan diskriminasi antarmasyarakat. Kita dapat mengambil contoh dari kerusuhan tahun 1998 yang menargetkan suku Tionghoa sebagai sasaran penjarahan dan pemerkosaan.

Kerusuhan tersebut menunjukkan sikap intoleransi sebagai sesama warga negara karena sebetulnya kita itu satu tumpah darah, satu bangsa, dan juga satu bahasa, sebagaimana yang tertuang dalam Sumpah Pemuda tahun 1928. Kaum minoritas terutama suku Tionghoa masih hidup dalam trauma dan bayang-bayang ketakutan sampai hari ini jika sewaktu-waktu hal yang sama akan terjadi dan kembali membuat mereka kehilangan apa yang mereka miliki.

Seharusnya, kita sebagai kaum mayoritas maupun minoritas dapat hidup berdampingan dengan rukun dan menghilangkan perbedaan serta tembok perbatasan yang ada. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan menanamkan sikap toleransi pada setiap pribadi untuk menghilangkan diskriminasi, isu rasisme, dan tindakan yang semena-mena terhadap kaum lain yang berbeda. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan hal yang sangat krusial dan harus dijaga oleh setiap warga negara Indonesia karena persatuan dan kesatuan tersebut milik bersama.

Persatuan dan kesatuan ini penting supaya Indonesia tidak terpecah belah dan tetap berdiri dengan kokoh sebagai suatu negara yang merdeka.

Sayangnya, dapat dilihat bahwa persatuan dan kesatuan bangsa ini masih cukup sulit diwujudkan saat ini. Masih banyak kaum-kaum yang merasa berbeda dan lebih tinggi derajatnya sehingga mereka semena-mena memperlakukan kaum lainnya terutama kaum minoritas. Pada akhirnya, hal ini akan memicu gerakan separatis dari kaum-kaum tertentu karena mereka merasa terasingkan dan tidak dianggap sebagai bagian dari Indonesia.

Egoisme masyarakat tertentu juga tak jarang membuat mereka hanya ingin berbaur dengan kaum yang sama, sehingga sikap egois ini harus dihilangkan. Cukup banyak pula masyarakat yang hidup secara individualis dan tak acuh terhadap sesama, sehingga hal ini dapat melunturkan sikap toleransi dan memunculkan intoleransi antarmasyarakat.

Walaupun Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu, sikap intoleransi yang dimiliki masyarakat masih tinggi sehingga semboyan ini tidak dapat diwujudkan dengan baik. Maka dari itu, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia hanya dapat dicapai dengan adanya sikap toleransi yang dijaga dan dikembangkan pada setiap warga negara. Toleransi sendiri dapat diartikan sebagai sikap menghormati dan menghargai perbedaan yang ada antar sesama.

Sebagai generasi muda, kita harus dapat menjaga dan menanamkan sikap toleransi yang ada dalam diri kita agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tetap dapat terjaga terutama di zaman milenial yang dipengaruhi arus globalisasi saat ini. Mendalami nilai spiritual yang kuat membuat kita menyadari bahwa Tuhan menciptakan keberagaman agar dunia ini semakin berwarna, karenanya keberagaman merupakan hal yang harus disyukuri dan dihargai.

Menanamkan sikap empati membuat kita tidak bersikap egois dan menaruh perhatian terhadap orang lain, hal ini akan ikut menjaga nilai toleransi yang dimiliki. Memahami perbedaan yang ada juga membuat kita semakin mengerti dan menerima perbedaan yang ada. Belajar memposisikan diri kita sebagai orang lain juga membuat kita berpikir sebelum bertindak. Berpikir sebelum bertindak merupakan hal yang patut dilakukan agar kita bertindak dengan benar dan tidak melukai perasaan serta harga diri orang lain.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dan terdiri dari beragam suku, ras, budaya, kepercayaan, agama, dan juga bahasa. Keberagaman ini sangatlah unik dan saling melengkapi antar warga negara.

Namun keberagaman ini harus dibarengi dengan sikap toleransi agar tidak membawa dampak negatif seperti isu rasisme yang dapat berujung pada perpecahan bangsa.
Manfaat toleransi – Toleransi adalah sikap menghargai dan membebaskan orang lain (kelompok) untuk berpendapat dan melakukan hal yang tidak sependapat atau sama dengan kita tanpa melakukan intimidasi terhadap orang atau kelompok tersebut. Toleransi bisa terjadi pada masyarakat dengan perbedaan pikiran dan latar belakang.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian toleransi adalah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

Berbagai contoh toleransi dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Toleransi beragama dan antar suku juga penting untuk diterapkan guna mewujudkan kerukunan, meningkatkan gotong royong serta menghindari konflik dan perpecahan antar golongan. Tujuan toleransi yang utama memang adalah menciptakan kerukunan dan mewujudkan perdamaian, terutama pada kondisi masyarakat dengan latar belakang yang berbeda-beda (suku, agama, apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan, golongan).

Selain itu, toleransi juga menghadirkan manfaat secara individu diri sendiri. (baca juga pengertian toleransi) Manfaat Toleransi Berikut ini akan dibahas apa saja fungsi, tujuan, dan manfaat toleransi beserta penjelasannya lengkap.

1. Mewujudkan kerukunan di Indonesia Manfaat toleransi sangat penting untuk menciptakan kerukunan di negara Indonesia. Toleransi penting untuk diterapkan karena kondisi Indonesia yang begitu heterogen. Adanya toleransi membuat masyarakat dapat hidup berdampingan dengan rukun meski berbeda-beda suku dan agamanya.

2. Menciptakan lingkungan yang damai dan tentram Jika sudah tercipta kerukunan, maka akan tercipta lingkungan yang damai dan tentram. Hal ini hanya bisa diwujudkan jika toleransi diterapkan di tiap elemen masyarakat, dari kota ke desa. Masyarakat pun jadi bisa hidup damai dan tentram satu sama lain. 3. Mempererat tali persaudaraan Toleransi juga bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan.

Dengan menerapkan sikap toleransi, kita bisa berinteraksi dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang agama dan sukunya sehingga mampu mempererat persaudaraan dengan sesama. 4. Menghindari konflik dan perpecahan Adanya toleransi sangat penting untuk menghindari konflik dan perpecahan, terutama yang melibatkan suku dan agama. Faktanya di masa lalu banyak terjadi konflik ras dan agama yang menewaskan banyak orang.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Untuk itu ke depannya, sikap toleransi harus diterapkan untuk menghindari terjadinya konflik-konflik sejenis. 5. Meningkatkan jiwa nasionalisme Dalam lingkup negara, toleransi sangat penting untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan semangat persatuan secara nasional. Hal ini juga berkaitan dengan semboyan negara Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua, merujuk pada keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

6. Memperkuat tercapainya mufakat Dalam suatu musyawarah atau perundingan, sering terjadi kesulitan untuk menentukan mufakat. Toleransi menjadi penting untuk memperkuat tercapainya mufakat, dengan sikap saling menghargai pendapat antar anggota dan mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi.

7. Menghindari sikap diskriminasi Diskriminasi sering terjadi pada kelompok minoritas, baik dalam bentuk cemoohan atau persekusi fisik. Adanya toleransi bisa menghindari terjadinya diskriminasi atau intoleransi, dimana tiap orang harus lebih menghormati hak-hak dari kaum minoritas tersebut.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

8. Meningkatkan kekuatan dalam iman Tiap agama yang ada juga mengajarkan untuk menjalankan sikap toleransi pada sesama manusia. Tiap manusia harus menjalin hubungan baik dengan lingkungannya, tanpa melihat latar belakangnya. Hal ini menjadi bekal untuk meningkatkan kekuatan dalam iman pada masing-masing agama yang dianut.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

9. Melatih diri menjadi lebih baik Toleransi juga memiliki manfaat bagi diri sendiri. Dengan menumbuhkan sikap toleransi, akan membuat seseorang menjadi lebih baik lagi.

Sikap saling menghargai dan menahan amarah dibutuhkan dalam menerapkan toleransi yang tentunya berdampak agar diri sendiri menjadi lebih baik. 10. Mempercepat pembangunan nasional Jika sudah diterapkan, toleransi dapat berimbas pada terciptanya kerukunan dan kedamaian.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Hal ini menjadi kunci terlaksana program pembangunan di suatu apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan. Maka secara tak langsung, toleransi memiliki manfaat untuk mensukseskan pembangunan nasional di negara Indonesia.

Nah itulah referensi fungsi dan tujuan toleransi dalam keberagaman dan kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Tentu kita juga harus menerapkan sikap toleransi agar dapat mewujudkan kerukunan dan manfaat-manfaat yang lainnya. Artikel Terbaru • 50+ Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Nama Latinnya [Lengkap] • 30+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Pengertiannya • 4+ Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat Beserta Peran dan Manfaatnya • Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli & Secara Umum • 8+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap] Artikel Pilihan Upaya merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan itu dapat dilakukan dengan selalu menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Kelas V oleh Tim Tunas Karya Guru (2017: 56), contoh sikap menghargai dan menghormati dalam lingkup sosial budaya di Indonesia adalah:
Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang di dalamnya terdapat keanekaragaman suku, budaya, ras, agama atau kepercayaan lainnya. Dalam kehidupan beragama khususnya, negara Indonesia memberikan kebebasan kepada setiap warga negaranya untuk memeluk suatu agama yang sesuai keyakinan dan kepercayaan mereka.

Dengan adanya jaminan tersebut, maka setiap pemeluk agama tidak perlu merasa khawatir untuk menjalani kehidupan bermasyarakat dengan pemeluk agama yang lainnya. Bagaimana dengan masyakat sendiri menanggapi perbedaan tersebut? Masyarakat haruslah senantiasa menyadari bahwa selain diciptakan sebagai makhluk individu, manusia juga diciptakan sebagai makhluk sosial, artinya manusia tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya.

Oleh karena itu setiap manusia dituntut untuk mampu berinteraksi dengan kehidupan di lingkungan sekitarnya yang apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan dari berbagai kalangan manusia yang memiliki keanekaragaman karakter, sifat, kepercayaan, agama, dan lain sebagainya. Agama Islam juga menerangkan betapa pentingnya menjalin hubungan di antara sesama makhluk ciptaan-Nya. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an Surat As- Syura ayat 13 yang artinya: “ Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu : Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya.

Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada -Nya orang yang kembali.” Adapun solusi agar kita bisa hidup bersama dengan orang-orang yang hidup di tengah masyarakat yang memiliki perbedaan tersebut adalah dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut.

Sikap seperti itu bisa dikatakan dengan toleransi. Pengertian Toleransi Antar Umat Beragama Apakah yang dimaksud dengan toleransi antar umat beragama itu? Sebelumnya, ada baiknya jika kita mengetahui arti kata toleransi. • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), toleransi berasal dari kata toleran yang artinya batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan.

• Ditinjau dari etimologinya, toleransi adalah suatu bentuk kesabaran, ketahanan emosional, serta kelapangan dada yang dimiliki seseorang. • Menurut istilah (terminologi), toleransi diartikan sebagai sikap atau sifat menghargai, membiarkan, membolehkan pendirian seseorang baik itu pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, dsb yang berbeda atau yang bertentangan dengan pendiriannya.

• Menurut pengertian yang lebih luas, toleransi didefinisikan sebagai sikap atau perilaku seseorang yang sesuai dengan aturan yang berlaku, di mana orang tersebut selalu berusaha untuk menghormati serta apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan setiap tindakan atau perilaku yang dilakuakan oleh orang lain.

Jadi dengan demikian jika dilihat dari konteks kehidupan beragama, toleransi merupakan sikap dan tingkah laku yang tidak mendiskriminasikan golongan atau kelompok yang memiliki perbedaan keyakinan. Dan selanjutnya toleransi tersebut dikenal dengan toleransi antar umat beragama. Toleransi beragama juga dapat diartikan sebagai sikap menghormati serta menghargai adanya keyakinan atau kepercayaan seseorang atau kelompok lainnya yang mana keyakinan dan kepercayaan tersebut berbeda kelompok satu dengan lainnya berbeda-beda.

Toleransi juga dapat diartikan sebagai sikap yang dimiliki manusia sebagai umat beragama dan mempunyai keyakinan, untuk menghormati serta menghargai manusia yang beragama lain. Lalu apa saja manfaat toleransi antar umat beragama? Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari toleransi antar umat beragama, di mana ini merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi dalam melakukannya harus dengan sewajarnya dan tidak boleh berlebih-lebihan, karena hal itu dapat mengganggu kepentingan maupun hak orang lain, dapat menyinggung perasaan orang lain, dan justru dapat merugikan diri kita sendiri, seperti ibadah maupun pekerjaan kita.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari toleransi antar umat beragama di antaranya adalah : 1. Dapat terhindar dari adanya perpecahan antar umat beragama Setiap orang sudah sepatutnya untuk menanamkan di dalam dirinya sifat toleran, serta menerapkannya di dalam kehidupan bersosial masyarakat, terutama di daerah yang di dalamnya terdapat berbagai jenis kepercayaan atau agama.

Sikap toleransi antar umat beragama merupakan salah satu solusi untuk mengatasi terjadinya perpecahan di antara umat dalam mengamalkan agamanya. Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama bisa kita lihat di negara kita ini, yaitu Indonesia yang memiliki lebih dari satu agama dan kepercayaan.

Jika toleransi antar umat beragama tidak tertanam di dalam pribadi masing-masing warga negara Indonesia, maka kemungkinan besar negara ini akan terpecah belah dan tidak akan bertahan lama.

2. Dapat mempererat tali silaturahmi Manfaat toleransi antar umat apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan berikutnya adalah terjalinnya tali silaturahmi.

Pada umumnya, adanya suatu perbedaan selalu menjadi alasan terjadinya pertentangan antara orang (golongan) yang satu dengan lainnya, khususnya bagi mereka yang tidak bisa menerima adanya perbedaan tersebut.

Salah satu contoh adalah adanya perbedaan agama yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya berbagai konflik serta pertikaian di antara sesama manusia, seperti tindakan terorisme, pembantaian pemuka agama, dan lain sebagainya yang pada akhirnya akan mengakibatkan dampak pada timbulnya kesengsaraan bagi manusia lainnya.

Lalu bagaimanakah solusi agar itu semua dapat dihindari? Solusinya adalah menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing orang tentang pentingnya rasa saling menghormati dan menghargai guna merajut hubungan damai antar penganut agama. Dan jika hubungan damai telah terwujud maka tali silaturahmi antar pemeluk agama pun dapat terjalin dengan baik, bahkan lebih erat. Jika sudah begitu maka cita-cita bangsa untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di tengah-tengah banyaknya perbedaan akan dapat terwujud, dan itu akan menjadikan sebuah negara yang lebih kuat dan kokoh dalam menghadapi ancaman apapun.

(baca juga: pengertian ukhuwah islamiyah insaniyah dan wathaniyah) 3. Pembangunan Negara akan lebih terjamin dalam pelaksanaannya Faktor keamanan, ketertiban, persatuan dan kesatuan dari sebuah negara merupakan salah satu kunci sukses menuju keberhasilan program-program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintahan di negara tersebut. Terjadinya kerusuhan, pertikaian, dan segala bentuk bencana baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah.

Kejadian-kejadian tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap jalannya program pembangunan yang dicanangkan oleh negara.

4. Terciptanya ketentraman dalah hidup bermasyarakat Kehidupan masyarakat yang meskipun di dalamnya terdapat berbagai perbedaan seperti perbedaan beragama akan tetapi ada sikap saling toleransi yang tertanam di dalam hati warga masyarakat tersebut, maka tentunya hal itu akan menciptakan suasana yang aman, tentram, dan damai di dalam lingkungan tersebut.

Tidak akan ada sikap saling mengejek, mengolok, menghina, serta merendahkan di antara para pemeluk agama, meskipun keyakinan yang mereka miliki sangat jauh berbeda.

5. Lebih mempertebal keimanan Setiap agama tentu mengajarkan perihal kebaikan kepada umatnya. Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk hidup bermusuhan dengan sesama manusia. Hal ini sebagaimana tercantum apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan Al-Qur’an surat Ali- Imron ayat 103, yang artinya: “ Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya.

Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” Jadi dengan menjaga kerukunan antar sesama manusia dan menghindari dari perbuatan bercerai berai akan dapat menambah nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan hal itu tentu saja akan semakin mempertebal keimanan yang dimiliki oleh seseorang.

Tentunya dalam agama islam manfaat beriman kepada Allah akan membuat hamba tersebut semakin dekat dengan Allah dan tentunya jaminan atas Surga firdaus atas ketaatannya tersebut.

artikel terkait: • Rukun Iman • Rukun Islam • Muallaf • Keuntungan menjadi muallaf • Manfaat tawakal kepada Allah • Keutamaan cinta kepada Rasulullah
• Info Maritim • Daerah • Lifestyle • Industri Maritim • Pariwisata Maritim • Advertorial • Geladak • Jasa Maritim • Misteri Laut • Tokoh • Olahraga • Video • Galeri • Kolom • Redaksi • Tentang Kami • Visi dan Misi • Kebijakan Privasi • Pedoman Pemberitaan Media Siber • Standar Perlindungan Profesi Wartawan • Kode Etik Perilaku Manfaat toleransi dalam kehidupan apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan, satu diantaranya adalah terciptanya hidup rukun.

Sebelum membahas apa manfaat toleransi, mari memahami apakah toleransi itu. Toleransi berasal dari bahasa latin tolerantia, berarti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran. Secara umum, istilah toleransi mengacu pada sikap terbuka, lapang dada, suka rela dan kelembutan. Badan dunia PBB yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan ( Unesco), mengartikan toleransi sebagai sikap saling menghormati, saling menerima, saling menghargai di tengah keragaman budaya, kebebasan berekspresi dan karakter manusia.

Toleransi juga merupakan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan menimbulkan tindakan bagi orang lain yang berbeda dari dirinya. Baca Juga: Nilai yang Tercipta dalam Hidup Rukun Toleransi beragama adalah toleransi yang membahas masalah-masalah keyakinan pada diri manusia yang berhubungan dengan akidah atau yang berhubungan dengan ke-Tuhanan yang diyakininya.

Seseorang harus diberikan kebebasan untuk menyakini dan memeluk agama (mempunyai akidah) masing-masing yang telah dipilihnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun (dengan sadar) serta memberikan penghormatan atas pelaksanaan ajaran-ajaran yang dianut atau yang diyakininya.

Toleransi harus didukung oleh cakrawala pengetahuan yang luas, bersikap terbuka, dialog, kebebasan berpikir dan beragama. Pendek kata toleransi setara dengan sikap positif, dan menghargai orang lain dalam rangka menggunakan kebebasan asasi sebagai manusia Dengan selalu berpedoman kepada dasar negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika kita tentu lebih dapat bersikap bijaksana dalam pergaulan di rumah, lingkungan belajar atau di masyarakat kita yang beragam.

Kita akan selalu menjaga persatuan dan kesatuan sehingga kehidupan yang rukun, serasi dan harmonis dapat terwujud. Jadi apa yang dimaksud dengan toleransi? Toleransi sikap yang harus dikembangkan dalam keberagaman agar tercipta kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Alam yang merupakan anugerah Tuhan harus kita jaga dan pelihara kelestariannya.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat harus kita sikapi dengan bijak agar tidak menimbulkan konflik. Toleransi merupakan bentuk akomodasi dalam interaksi sosial. Manusia beragama secara sosial tidak bisa menafikan bahwa mereka harus bergaul bukan hanya dengan kelompoknya sendiri, tetapi juga dengan kelompok berbeda agama. Umat beragama musti berupaya memunculkan toleransi untuk menjaga kestabilan sosial sehingga tidak terjadi benturan-benturan ideologi dan fisik di antara umat berbeda agama.

Indonesia adalah negara multikultural, tapi bukan negara multikulturalis. Karena itu multikulturalisme tidak menjadi solusi dalam pengelolaan keragaman di Indonesia. Beberapa kategori multikulturalisme yang diproblematisasi di Indonesia, terutama misalnya, terkait dengan pertanyaan siapa orang asli, minoritas nasional, dan imigran dalam konteks masyarakat Indonesia.

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia ditinjau dari sudut pandang geografis, terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami suatu wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana. Sebagai negara kepulauan, perbedaan antar suku yang mendiami satu pulau dengan pulau lain atau berada di satu kawasan berbeda-beda budayanya.

Berikut ini adalah 5 manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari: Hidup rukun antar sesama Hidup rukun adalah situasi dimana antar individu saling menghormati dan menyayangi antara sesama manusia. Manfaat yang didapat dari hidup rukun antara sesama adalah situasi yang dipenuhi kedamaian dan ketentraman.

Hidup rukun juga akan mempererat tali persatuan dengan teman dan keluarga Anda. Karena hubungan yang baik, tentu saja akan meminimalisir terjadi perselisihan dan perdebatan satu sama lainnya. Dapat menerima dan menghormati perbedaan Manusia memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh jadi berasal dari kebudayaan, filsafat, agama, kepercayaan, tatanilai masyarakat atau lainnya.

Luasnya pandangan apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan tergantung pada faktor dominan yang mempengaruhinya. Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Sedari dini, perlu ditumbuhkan sikap menghormati lain dengan baik tanpa memandang usia, agama, ras, dan budaya Menghormati dan mematuhi norma Sebagai makhluk sosial, manusia terhadap norma-norma sosial yang tumbuh sebagai patokan dalam bertingkah laku manusia dalam kelompok,norma-norma yang dimaksud adalah sebagai berikut : • Norma agama atau religi, yaitu norma yang bersumber dari Tuhan untuk umat-Nya.

• Norma kesusilaan atau moral, yaitu yang bersumber dari hati nurani manusia untuk mengajakan kebaikan dan menjahui keburukan. • Norma Kesopanan atau adat, yaitu yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat yang bersangkutan. • Norma hukum, yaitu norma yang dibuat masyarakat secara resmi yang pemerlakuannya dapat dipaksa.

Manusia sebagai individu yang hidup di tengah masyarakat, sebaiknya tidak memaksakan kehendak dan hidup sesuai norma yang berlaku. Pemahaman akan manfaat toleransi membuat norma-norma menjadi lebih mudah untuk dipahami dan dijalankan dalam berbagai macam situasi.

Menghargai hak pribadi orang lain Hak asasi tertinggi orang lain adalah pilihan menentukan agama dan kepercayaannya sendiri. Selain itu, hak pribadi orang lain yang diatur undang-undang adalah hak mengelurakan pendapat sesuai norma hukum. Dengan toleransi, maka pemahaman terhadap pilihan orang lain atas agama dan kepercayaan orang lain menjadi makin mudah. Ingat, pilihan agama dan kepercayaan merupakan urusan manusia pribadi dengan Tuhan. Saat anak masih kecil, contoh mengajarkan menghargai hak orang lain misalnya, meminta izin sebelum meminjam barang.

Bisa menjalin komunikasi yang lebih baik Tentu saja di lingkungan sekolah, komunikasi dengan teman teman dan guru anda menjadi lebih baik. Hal ini akan membuat sekolah akan terasa menyenangkan. Untuk lingkungan rumah tentu saja, komunikasi anda dengan anggota keluarga lainnya membaik sehingga tidak menimbulkan salah paham yang dapat menyebabkan pertengkaran.

Baik di kehidupan sekolah, keluarga, ataupun rumah tentu saja akan lebih harmonis dibandingkan sebelumnya. Sehingga bila terjadi masalah, anda akan tenang dalam menghadapinya. Lingkungan sekolah, rumah, dan keluarga anda akan menjadi lebih tentram dan aman, hal ini karena satu sama lainnya akan membantu jika ada kesusahan.

Baca Juga: Manfaat Keberagaman Budaya Bagi Suatu Bangsa Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Cara menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan menjadi penting diajarkan oleh orang tua dan guru kepada anak sedari dini. Dengan mengajarkan sikap toleransi, maka anak akan terbiasa dengan perbedaan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah cara menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan yang dapat diterapkan di keluarga, sekolah dan masyakarakat: Tidak Bergunjing Bergunjin adalah sikap tidak baik yang membicarakan orang lainTidak membicarakan keburukan orang lain tanpa alasan atau pembuktian.

Hal ini tentu tidak baik dilakukan di keluarga dan masyarakat. Menjadi Pendengar yang Baik Sebagai individu yang baik, perlu ditanamkan rasa empati terhadap orang lain. Contoh sederhana adalah mendengarkan pendapat orang lain. Juga, mampu memahami perasaan orang lain ketika berbiara. Berbicara Dengan Santun Berbicara menggunakan bahasa apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan baik, sesaui norma yang berlaku.

Hindari berteriak dan memaki. Tentunya disesuaikan dengan norma kesopanan atau adat, yaitu yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Toleran Saat Umat Lain Beribadah Apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan agama atau religi, yaitu norma yang bersumber dari Tuhan untuk umat-Nya.

Sebagai individu, perlu ditanamkan toleransi saat orang lain beribadah menurut kepercayaanya. Menghargai Diri Sendiri Menghargai diri apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan dapat dimulai dengan mampu mengendalikan diri terhadap sikap-sikap yang tidak sesuai norma masyarakat, seperti pamer, bergunjing dan memaksakan kehendak.Mengingat kini banyak orang mengalami darurat toleransi, maka toleransi perlu ditanamkan sejak dini agar saat dewasa bisa mengambil sikap yang positif dalam menghadapi perbedaan.

Dream - Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, bahasa dan latar belakang. Perbedaan ini rentan menyebabkan konflik berkpanjangan. Akan tetapi jika didasari sikap toleransi, maka perbedaan itu justru akan menjadi kelebihan dari bangsa Indonesia. Kata toleransi sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Tolerasi adalah sikap yang menjunjung tinggi perbedaan dengan saling menghormati satu sama lain.

Sikap toleransi bisa mencegah konflik dan perpecahan antar individu dan kelompok. Adanya rasa toleransi patut dijaga demi menjaga keutuhan tanpa memandang perbedaan. 10 Momen Kocak Numpang Lewat Ini Bikin Kesal, Harus Ulang Lagi Deh! Manfaat toleransi perlu diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, agar perbedaan yang ada menjadi sebuah keindahan.

Manfaat toleransi juga perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak agar saat dewasa bisa mengambil sikap yang positif dalam menghadapi perbedaan. Mengingat kini sudah banyak orang yang mengalami darurat toleransi.

Maka dari itu kali ini Dream akan merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat toleransi bagi kehidupan berbangsa. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. Pengertian dan Ciri-ciri Toleransi Manfaat toleransi sangat penting untuk menyadarkan masyarakat bahwa bangsa Indonesia dibangun dari keragaman latar belakang budaya, agama, suku, bahasa, ras, warna kulit, dan sebagainya. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib menerima perbedaan itu sebagai sebuah anugerah yang patut disyukuri.

Bahkan dari perbedaan itu kita bisa saling belajar dan mengenal latar belakang budaya dan agam orang lain. Dengan demikian akan tercipta sebuah masyarakat yang damai karena menjunjung tinggi sikap toleransi. 9 Adu Mewah Rumah Arya Saloka VS Amanda Manopo, Beda Banget, Bak Bumi & Langit! Menurut Max Isaac Dimont, penegrtian toleransi adalah sikap saling menghargai tindakan orang lain yang berbeda-beda. Dengan adanya sikap menghargai, perdamaian akan tercipta selama tidak ada tindakan yang keluar dari batasan norma di masyarakat.

Sementara itu menurut Djohan Effendi, toleransi adalah sikap atau perilaku seseorang yang menghargai berbagai macam perbedaan. Perbedaan yang dimaksud bisa berupa perbedaan perilaku, agama, maupun budaya. Jika seseorang menghargai perbedaan orang lain yang berbeda fisik maupun psikis, sudah bisa disebut sebagai toleransi. Ciri-ciri orang yang sudah menerapkan sikap toleransi dalam kehidupannya, di antaranya lebih menghormati orang lain, memberi kebebasan bagi orang lain, menghargai pendapat orang lain dan tidak memandang perbedaan fisik dan psikis dalam bersosialisasi.

10 Bacaan Dzikir Pagi Pembuka Pintu Rezeki dan Ridho Allah SWT 1. Menjaga Keharmonisan Masyarakat Manfaat toleransi bisa menciptakan sebuah keharmonisan dalam masyarakat.

Dengan adanya toleransi, hubungan antar masyarakat berjalan harmonis meskipun ada banyak perbedaan. Manfaat toleransi ini bisa menciptakan kenyamanan dan ketenteraman di masyarakat, sehingga bisa mencegah timbulnya konflik tertentu.

2. Mencegah Perpecahan Mencegah perpecahan adalah salah satu manfaat toleransi yang penting bagi masyarakat. Adanya perbedaan memang rawan menimbulkan perpecahan dan konflik.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Namun jika masyarakat sadar untuk bersikap toleran, maka perbedaan itu justru malah menjadi keindahan. 3. Menyatukan Perbedaan Masyarakat yang menjunjung tinggi sikap toleransi, maka perbedaan yang ada di lingkungan bukanlah suatu masalah. Manfaat toleransi bisa menyatukan perbedaan yang ada. Sebab seringkali perbedaan berpotensi menimbulkan konflik, apalagi perbedaan pendapat. Inilah pentingnya memiliki sikap toleran sejak dini.

4. Menciptakan Perdamaian Manfaat toleransi yang selanjutnya adalah menciptakan perdamaian. Toleransi mampu mengurangi konflik di masyarakat dengan menerima segala perbedaan. Dengan begitu, masyarakat akan hidup damai dan tenang tanpa konflik berkepanjangan. 10 Potret Rumah Orangtua Gisella Anastasia di Kampung, Bak Bumi Langit dengan Huniannya di Jakarta, Di Gang Sempit! 5. Membangun Rasa Nasionalisme Manfaat toleransi yang tak kalah penting adalah membangun rasa nasionalisme seseorang.

Seseorang dengan sikap toleransi yang tinggi biasanya akan memiliki rasa cinta yang tinggi pula terhadap tanah airnya. Sebab ia sadar dan mengerti betul bahwa Indonesia dibangun atas dasar apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan, yang terkumpul dalam persamaan senasib dan seperjuangan. 8 Manfaat Yoga untuk Wanita, Bikin Awet Muda hingga Atasi Gejala Menopause Sehingga rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air pun akan semakin tertanam.

Dengan menjunjung tinggi toleransi, setiap kelompok juga bisa terhindar dari berbagai jenis perpecahan. 7.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Menumbuhkan Apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan Cinta dan Kasih Sayang Manfaat toleransi selanjutnya adalah menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang. Ketika seseorang menyadari suatu perbedaan, maka secara alamiah di dalam dirinya akan tumbuh rasa cinta dan kasih sayang dengan orang-orang yang berbeda dengan dirinya.

Sebagai manusia, kita perlu memiliki rasa cinta dan kasih sayang antar makhluk hidup. Sebab sekali lagi, kita tidak bisa hidup sendiri, melainkan sealu membutuhkan orang lain. Dengan sikap cinta dan kasih sayang ini hubungan kita dengan orang lain akan semakin baik.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan. Mengurangi Sifat Egois Manfaat toleransi yang tak kalah penting adalah mengurangi sifat egois di dalam diri. Sikap egois muncul karena perasaan paling unggul dan dominan daripada yang lain. Jika seseorang sadar bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, maka dia semakin bia mengurangi sifat ego di dalam dirinya. Apalagi jika menyangkut perbedaan suku, ras, agama, bahasa, dan yang lainnya.

Maka sikap egois itu perlu ditekan bahkan dihilangkan, agar perbedaan yang ada benar-benar menjadi anugerah dari Tuhan yang sangat indah. 9. Mempermudah Proses Musyawarah Manfaat toleransi juga sangat penting bagi proses musyawarah. Dengan menjunjung tinggi toleransi, proses musyawarah akan berjalan sempurna tanpa muncul perpecahan. 10. Membuka Pandangan Pandangan yang tertutup membuat seseorang sulit menerima perbedaan dari orang yang dirasa berbeda dengannya.

Namun dengan belajar dari toleransi, seseorang akan lebih terbuka pandangannya. 9 Potret Rumah Mewah Menkeu Sri Mulyani yang Jarang Tersorot, Istana di Tengah Kota Dengan begitu, toleransi bukan sekedar menciptakan kedamaian tetapi juga membuka pandangan seseorang terhadap cara berpikir yang lain. Sehingga bisa membantu perkembangan pribadinya. Sebab orang yang lebih banyak pengetahuan dan wawasannya, serta sering melihat cara berpikir orang lain yang berbeda akan membantu seseorang lebih toleran.

11. Menerima Nilai-Nilai Orang Lain Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari lainhya adalah lebih mampu menerima nilai-nilai orang lain. Dari toleransi, manusia belajar bahwa setiap orang memiliki pendapat dan nilai mereka sendiri dan bahwa ini perlu dihormati dan diterima. Dilengkapi Perabotan Mahal, Inilah Potret Rumah Mewah Andre Taulany yang Dijual Seharga Rp8,5 Miliar!

Ketika seseorang mampu bersikap toleran, ia akan mengenal banyak orang dengan berbagai latar belakang agama. Pada posisi inilah ia bisa menguji seberapa kuat iman ketika berhubungan dengan orang lain. 13. Mendukung Pemenuhan Hak Asasi Manusia Manfaat toleransi juga bisa mendukung pemenuhan hak asasi manusia. Dengan sikap toleransi, seseorang berarti bertanggungjawab menjunjung tinggi hak asasi manusia, menjaga pluralisme, dan demokrasi. Dengan toleransi pula seseorang turut memperjuangkan hak asasi manusia setiap orang yang ia temui.

Mampu menerima perbedaan satu sama lain sama dengan menghargai hak asasi manusia setiap orang. Itulah beberapa manfaat toleransi yang sangat baik dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. Sikap toleransi di atas bisa diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat seperti dalam toleransi beragama, toleransi budaya, toleransi berpolitik, toleransi pergaulan, toleransi sekolah, toleransi lingkungan keluarga, dan toleransi bermedia sosial.

Editor's Pick • Doa sebelum Adzan dan setelahnya Beserta Syarat-syarat Sah Adzan yang Penting Diketahui • Coba Masker Buah Alami Demi Kulit Lebih Lembut • Fakta-Fakta Sosok Ars-Vita Alamsyah, Muslimah Indonesia Anak Buah Elon Musk • Benarkah Wajah jadi Lebih Glowing Saat Kasmaran? • Shireen dan Zaskia Sungkar Tampil Kompak Pakai Outfit Monokrom, bak Kembar Identik
Manfaat toleransi – Kapan terakhir kali kamu melakukan toleransi?

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Apakah budaya toleransi sudah biasa diterapkan di lingkungan tempat tinggal atau di keluarga mu? Jika belum, mungkin ada beberapa hal yang membuat kamu atau orang-orang terdekatmu enggan menerapkan sikap toleransi ini. Nah, untuk membantu meyakinkan kamu kalau toleransi adalah sikap yang baik, Riliv apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan menjelaskan 5 manfaat yang bisa kamu peroleh jika menerapkan sikap toleransi.

Manfaat toleransi: Persaudaraan jadi erat! Dengan memiliki sikap toleransi, kamu akan lebih bijaksana dan menghargai perbedaan. Menurutmu perbedaan agama, suku, budaya, etnis, dan latar belakang lainnya tidak menjadi penghalang untuk berteman dengan orang lain. Dampaknya, kamu jadi memiliki teman yang beragam dan tidak memberikan perlakuan yang berbeda kepada teman yang memiliki latar belakang berbeda denganmu.

Hidup lebih harmonis dan damai Photo by Cup of Couple on Pexels Selain menguatkan persaudaraan, memiliki sikap toleransi juga membuat hidup lebih harmonis dan damai. Ini bisa tercapai jika semua orang mau belajar menerapkan toleransi dalam bermasyarakat. Manfaat toleransi Mengepakkan Sayap Kebhinekaan! Saat apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan memiliki dan mampu menerapkan toleransi, artinya kamu menyadari kalau Indonesia terdiri dari suku, agama, etnis, dan budaya yang beragam.

Sikap toleransi diperlukan untuk menjaga persatuan dan perdamaian tanah air. Makanya, dengan memiliki sikap toleransi, ini adalah l angkah awal untuk meningkatkan sikap nasionalisme guna menghargai dan menjaga kebhinekaan.

Mampu melihat dan menghargai sudut pandang orang lain Photo by Miftah Rafli Hidayat on Pexels Selain 3 manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat toleransi selanjutnya adalah mampu melihat dan menghargai sudut pandang orang lain. Lho kok bisa? Iya bisa, karena jika kamu memiliki sikap toleransi, kamu tahu kalau sudut pandang setiap orang itu berbeda dan perbedaan ini adalah suatu hal yang wajar. Makanya, kamu akan mencoba mencari kesepakatan bersama yang tetap mengedepankan menghargai pendapat masing-masing orang.

Manfaat toleransi buat kamu jadi sopan dan akrab Memiliki sikap toleransi juga membuat kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik terutama saat berkomunikasi dengan lawan bicara yang berasal dari latar belakang berbeda dan memiliki sudut pandang berbeda. Makanya, kamu akan menjadi lebih asertif dalam berkomunikasi ( komunikasi asertif adalah kemampuan menyampaikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan lawan bicara dan tidak bertujuan untuk menyakiti lawan bicara) dan dampaknya orang lain merasa nyaman berkomunikasi denganmu.

Materi dan pelatihan seputar toleransi Nah itu dia 5 manfaat toleransi. Jika kamu tertarik dengan materi atau pelatihan seputar toleransi, Riliv memilikinya. Riliv bekerjasama dengan Indika Foundation mendukung masa depan Indonesia yang damai, inklusif dan memiliki semangat toleransi. Tujuan ini akan dicapai melalui pemberian pendidikan karakter yang mengajarkan kemampuan bernalar kritis, menghormati perbedaan, mengasah empati dan kecerdasan sosial emosional.

Riliv dan Indika Foundation memiliki program kerjasama #MakeItEQual yang bisa kamu akses sebagai berikut: • 10000 kode voucher free meditasi dengan menggunakan kode voucher makeitequal • 100 artikel kecerdasan emosional dan mindfulness • 15 modul dan e-book kecerdasan emosional dan mindfulness • 3 workshop #MakeItEQual Informasi lebih lengkap mengenai program #MakeItEQual silahkan kunjungi laman RILIV MAKE IT EQUAL untuk dapatkan seluruh keuntungan program kerjasama ini.

https://riliv.co/makeitequal Referensi: • Yusuf, A. E. (2021). BERSIKAP ASERTIF DALAM KOMUNIKASI. Binus. https://binus.ac.id/character-building/2021/04/bersikap-asertif-dalam-komunikasi/ • id.berita.yahoo.com.

Mengenal Pengertian Toleransi Beserta Manfaatnya untuk Menghargai Keberagaman • hot.liputan6.com. Pengertian Toleransi, Jenis, dan Manfaatnya untuk Kehidupan • indomaritim.id. 5 Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari • kompas.com.

Tujuan dan Manfaat Toleransi • kumparan.com. Mengenal Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari • fimela.com.

apakah manfaat toleransi dalam menjaga persatuan

Toleransi adalah Kunci Perdamaian, Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Ditulis oleh Aufa Miladya Izzah Baca Juga: Merasa Kurang Akrab?

Ini 5 Tips Cari Teman Dekat! Dengarkan! Menjadi Teman Curhat yang Baik Dimulai dengan 7 Cara Ini! Hari Palang Merah Indonesia: Darahmu, Nyawaku!

Persatuan dan Kesatuan dalam membangun Kerukunan Hidup ~ PPKn Kelas 5




2022 www.videocon.com