Cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Intisari-Online.com - Tahukah Anda cara mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun? Jika Anda tidak tahu cara mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun Anda, ayo cek weton Jawa Anda! Bagi sebagian besar masyarakat Jawa, weton lahir bukanlah hal asing. Disebutkan bahwa weton lahir bisa digunakan untuk mengetahui masa depan seseorang hanya dari tanggal dan tahun lahir saja. Nah, menurut kalender Jawa, bagaimanacara mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun?

Ini 3 caramengetahui weton dari tanggal lahir dan tahunberdasarkan kalender Jawa. 1. Mengetahui weton dari tanggal lahir Anda bisa menghitung sendiri weton lahir Anda berdasarkan tanggal kelahiran Anda. Caranya lihat dulubulan dan tahun kelahiran Anda dalam tabel berikut ini: Kalender Jawa untuk menghitung weton tanggal lahir. (99.co) Tabeldi atas berisi bulan dan tahun dalam kalender Masehi. Jika Anda lahir pada tanggal 15 Desember 2001, maka tarik garis horisontal sejajar dengan tahun dan bulan kelahiran.

Dengan begitu, maka Anda akan menemukan angka β€˜6’. Lalucocokkan dengan tabel haridi bawah ini: Tabel hari lahir untuk mengetahui weton tanggal lahir. (99.co) Caranya, jumlahkan angka β€˜6’ (angka yang didapat dari perhitungan sebelumnya) dengan tanggal lahir. Contoh,6 + 15 = 21 Berdasarkan tabel di atas, maka hari lahir Anda (angka cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir adalah Sabtu.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

2. Mengetahui weton pasaran Masih dengan contoh yang sama (tanggal 15 Desember 2001), maka begini caramenentukan pasaran weton pasaran lahir Anda. Tabel untuk mencari weton tanggal lahir.

Dari tabel di atas, maka Desember 2001, Anda mendapatkan angka β€˜2’. Kemudian tambahkan dengan tanggal lahir Anda. Jadi, 2 + 15 = 17 Lalu cari angka '17' di tabel cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir bawah ini.

Tabel pasaran untuk mengetahui weton tanggal lahir. Anda akan mendapatkan weton pasaran Kliwon. Lalu gabungkan dengan pencarian sebelumnya, maka Anda mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun Anda adalah Sabtu Kliwon. Mudah bukan?

Bagaimana cara mengetahui weton kelahiran anda? Cukup dengan mengingat tanggal kelahiran anda atau seseorang yang ingin anda ketahui weton kelahirannya. Dibawah ini adalah sebuah aplikasi online yang bisa digunakan untuk mengetahui hari weton kelahiran anda. Anda cukup memasukkan nama, tanggal, bulan dan tahun kelahiran kemudian klik "Submit". Maka otomatis akan muncul keterangan weton tentang kelahiran anda didalam website primbon jawa ini.

Cara mengetahui weton kelahiran berdasarkan tanggal lahir ISI DATA KAMU DISINI Nama Anda : Tanggal Lahir : : www.primbon.net Jangan Lupa like fanspage kami dan share ke teman-teman anda yang ingin mengetahui hari weton kelahirannya. Semoga bermanfaat, Terimakasih! Update: 06/07/2018 Perbaikan Script Error
none Merdeka.com - Weton adalah hari kelahiran, dalam Bahasa Jawa Wetu artinya keluar atau lahir sedangkan akhiran -an, membentuknya menjadi kata benda.

Weton lebih luasnya merupakan gabungan antara hari dan pasaran saat bayi lahir ke dunia, dan umumnya di gunakan oleh masyarakat Jawa dan Bali untuk menentukan beragam kebutuhan seperti pernikahan. Leluhur suku Jawa percaya bahwa hari kelahiran seorang anak membawa pengaruh pada sifat, karakter dan jalan hidup anak tersebut seperti yang dilansir dari laman primbon.com.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang ditambahkan dengan hari pasaran Jawa yang terdiri dari lima hari, yakni Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Dalam menghitung weton, terdapat kaidah-kaidah tertentu dan penghitungan yang biasanya diambil dari sebuah tanggal, bulan, atau tahun. Keluarga yang masih memegang erat tradisi Jawa akan menggunakan weton untuk menentukan pasangan terbaik bagi anak-anak mereka. Berikut cara mengetahui weton menurut tanggal lahir: Cara Mengetahui Weton Berdasarkan Hari dan Pasaran Cara mengetahui weton seorang anak yang pertama bisa dilihat dari hari dan pasarannya.

Pasaran terdiri dari lima hari yakni kliwon, legi, pahing, pon, dan wage. Lima hari tersebut dinamakan pasaran karena sejak zaman dahulu hari tersebut digunakan untuk menentukan dibukanya pasar bagi para penjual yang berkemungkinan akan banyak dikunjungi pembeli. Lebih ditelusuri lagi, nama lima hari tersebut diambil dari nama lima roh, yakni Batara Legi, Batara Pahing, Batara Pon, Batara Wage, Batara Kliwon.

Roh tersebut dipercaya adalah bagian pokok dari jiwa manusia yang sudah menjadi pengetahuan dan keyakinan sejak zaman purba.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Berikut cara mengetahui weton dengan menghitung hari dan pasarannya: Hari Nilai Pasaran Nilai Minggu 5 Wage 4 Senin 4 Kliwon 8 Selasa 3 Legi 5 Rabu 7 Pahing 9 Kamis 8 Pon 7 Jumat 6 Sabtu 9 Pada tabel di atas, dapat dilihat bahwa masing-masing hari dan pasaran mempunyai nilai yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, cara menghitung weton bisa dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari hari dan pasaran yang dimiliki orang, pada weton kelahirannya.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

BACA JUGA: 6 Resep Muffin Oatmeal Praktis dan Lezat, Camilan Sehat Saat Diet Telah Melahirkan, Ini 4 Momen Perjalanan Kehamilan Jessica Iskandar Contohnya, jika seseorang mempunyai weton Jumat Wage, maka tinggal menjumlahkan nilai 6 dari hari Jumat dan nilai 4 dari pasaran Wage. Sehingga 6 + 4 = 10.

Maka neptu weton seseorang yang lahir pada Jumat Wage adalah 10. Cara Mengetahui Weton Berdasarkan Bulan dan Tahun Jawa Perhitungan weton juga bisa dilakukan dengan menghitung bulan dan tahun Jawa, Perhitungan ini umumnya digunakan untuk menentukan hari baik seperti musim tanam, musim hujan, musim kemarau, hama penyakit pada tanaman, jumlah panen, banyak tangkapan ikan, dan pernikahan.

Cara mengetahui weton, bisa dilakukan dengan berikut: Bulan BACA JUGA: 4 Potret Ine Dewi Pemain Pelangi untuk Nirmala dalam Balutan Hijab, Banjir Pujian 6 Cara Menghadapi Ketidakpastian yang Membuat Stres dan Down, Lakukan Hal Ini 2 Ehe 5 Mulud 3 Jimawal 3 Bakda Mulud 5 je 7 Jumadil Awal 6 Dal 4 Jumadil Akhir 1 Be 2 Rejeb 2 Wawu 6 Ruwah 4 Jimakhir 3 Pasa (Puasa) 5 Sawal 7 Dulkangidah (Sela) 1 Dulkahijjah (Besar) 3 Dapat dilihat pada tabel, bahwa 12 nama bulan pada kalender Cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir tidak jauh berbeda dengan bulan kalender Islam.

Sedangkan nama-nama tahun pada kalender Jawa terdiri dari 8 jenis. Dalam hal ini, kalender Jawa mengenal pergantian tahun yaitu setiap sewindu sekali.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Dengan begitu, setiap 8 tahun sekali, nama tahun pada kalender jawa akan berubah, sesuai dengan urutannya. Mulai dari Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu, dan Jimakhir. Sebagai contoh, cara menghitung weton dengan neptu bulan dan tahun jawa pada seseorang yang lahir di bulan Sapar dan tahun Ehe. Maka tinggal dijumlahkan nilai 2 pada bulan Sapar dan 5 pada tahun Ehe.

Sehingga akan didapatkan angka 7 sebagai hasil akhir penjumlahannya. Angka inilah yang menjadi weton cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir cara menghitung weton neptu bulan dan tahun Jawa. Fungsi perhitungan weton Tak hanya berfungsi sebagai alat memperkirakan peruntungan rezeki, terdapat pula fungsi-fungi menghitung weton dalam kehidupan khususnya bagi masyarakat yang masih memegang teguh budaya Jawa.

Fungsi perhitungan weton yaitu sebagai berikut disadur dari Brilio: 1. Menentukan kecocokan dengan pasangan Pernikahan bagi orang Jawa merupakan hal yang sakral dan membutuhkan persiapan matang. Mencocokkan weton juga masih sering dilakukan oleh masyarakat Jawa yang masih mempercayainya. Nilai dari weton pasangan tersebut akan dihitung dan bakalan dijelaskan oleh pemuka adat atau yang mengetahui atau yang bisa mengartikan jumlah dari perhitungan tersebut.

Biasanya jika pasangan tidak memiliki nilai yang baik, mereka tidak diizinkan menikah.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

2. Mengetahui watak dan perilaku seseorang Entah bagaimana bisa diketahui watak dan perilaku seseorang melalui weton yang dia miliki. Namun kebanyakan masyarakat Jawa masih mempercayai weton untuk mengetahui watak asli seseorang. 3. Menjauhkan kesialan Dengan mengetahui weton, seseorang biasanya akan menghindari melakukan kegiatan pada saat tanggal wetonnya.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Ini adalah salah satu budaya yang masih sering dilakukan di Jawa. 4. Memperkirakan kesuksesan Menghitung weton juga dipercaya untuk memperkirakan kesuksesan yang bisa dicapai seseorang. Weton akan menentukan pekerjaan, hari baik, dan lain sebagainya yang bersifat positif yang bisa membuat kamu meraih kesuksesan Itulah beberapa informasi mengenai weton, dari pengertian, cara menghitung weton, dan fungsi weton yang masih sering digunakan dan dipercaya oleh masyarakat Jawa.

1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya
Intisari-Online.com – Bagaimana cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir?

Masyarakat Jawa masih percaya bahwa weton bisa digunakan sebagai ramalan untuk mengetahui kecocokan jodoh seseorang, rezeki, bahkan kesuksesan seseorang.

Weton, dari asal kata β€˜wetu’ atau lahir, adalah hari kelahiran menurut penanggalan atau kalender Jawa. Weton juga bisa dijadikan dasar untuk menentukan hari baik bagi tanggal pernikahan, masa tanam, masa panen, bahkan saat baik untuk membangun rumah. Meski semua hari dianggap baik, namun ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bertentangan dengan weton yang dimaksud.

Yang jelas, weton merupakan perayaan hari kelahiran berdasarkan cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir hari dalam kalender jawa. Dalam kalender Masehi, kita mengenal 7 hari dalam sepekan, yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Minggu. Sementara, kalender Jawa memiliki jumlah hari yang sama seperti kalender Islam dengan 5 hari pasaran, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Maka, weton merupakan gabungan keduanya yang menunjukkan hari lahir dan pasaran seseorang.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Lalu, bagaimana cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir? ARTIKEL TERKAIT β€’ Begini Cara Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan, Cek Kecocokan Pasangan Menurut Primbon Jawa β€’ Begini Cara Hitungan Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa, Cukup Gunakan Cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir Neptu β€’ Bisa Dilakukan dalam Hitungan Menit, Ini Cara Mudah Mengatasi Perut Buncit β€’ Ini Cara Hitungan Weton, Anda Bisa Ungkap Watak Seseorang Berdasarkan Sisa Perhitungan Weton
Weton merupakan istilah yang nggak asing lagi di masyarakat Jawa dan Bali.

Weton berasal dari bahasa jawa, yaitu wetu berarti keluar atau lahir. Weton adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan perhitungan kalender Jawa. Di kalender Jawa terdiri dari 5 hari pasaran yaitu Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Weton sendiri juga dipercaya dapat menentukan hari-hari besar pada manusia seperti tanggal pernikahan, karakter, rejeki, hari-hari penting bahkan masa tanam. Apakah kamu sudah tau weton kelahiranmu? Nggak usah bingung Bela, inilah cara mengetahui weton kelahiran menurut tanggal lahir. freepik.com/katemangostar Orangtua yang melahirkan kita, tentunya masyarakat Jawa dan Bali mengetahui weton kelahiran dari anaknya.

Mengetahui weton kelahiran anaknya juga dapat digunakan nantinya untuk mencari hari-hari baik di kehidupan kelak, contohnya untuk mencari tanggal pernikahan. Weton kelahitan dianggap bisa mengetahui kecocokan dan mencari tanggal pernikahan pada kedua calon mempelai.

2. Mengetahui weton kelahiran dengan manual di kalender Jawa Cara lainnya untuk mengetahui weton kelahiran lainnya dengan manual yaitu perhitungan kalender Jawa.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Di sini akan ada dua Langkah yaitu angka dan tabel hari pada kalender Jawa. Ilustrasinya bisa kamu lihat sebagai berikut: Contohnya, kamu akan cara mengetahui weton kelahiran pada 28 Januari 1995. Kusnendar.web.id/ Tahap selanjutnya untuk mengetahui hari, kamu bisa menjumlahkan angka yang kamu dapatkan di kalender Jawa sebelumnya dengan tanggal lahir.

Pada angka sebelumnya kamu dapatkan 0 dan tanggal lahirnya 28, maka 0 + 28 = 28.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Angka 1 menunjukkan hari Sabtu. Di sini diketahui 28 Januari 1995 lahir di hari Sabtu. tahunbaruimlek.com/ Pada tabel ini kamu bisa menarik garis horizontal pada tahun dan bulan. Pada contoh Januari 1995 kamu akan menemukan angka 1. Perlu diingat: tabel angka untuk mencari hari dan pasaran berbeda ya Bela! Karena pada hari kalender Masehi mempunyai 7 hari, dan pada kalender Jawa mempunyai 5 pasaran (hari). Oleh karena itu tabel yang digunakan juga berbeda. tahunbaruimlek.com/ Tahap selanjutnya untuk mengetahui pasaran, kamu bisa menjumlahkan angka yang kamu dapatkan di kalender Jawa sebelumnya dengan tanggal lahir.

Pada angka sebelumnya kamu dapatkan 1 dan tanggal lahirnya 28, maka 1 + 28 = 29. Angka 29 menunjukkan pasaran Pahing. Kesimpulannya, 28 Januari 1995 jatuh pada Sabtu Pahing. 3. Mengetahui weton kelahiran dengan online Nah, jika kamu nggak mau menghitung weton secara manual, banyak website yang menyediakan cara menghitung weton kelahiran secara praktis. Dengan memasukkan tanggal lahirmu, kamu langsung dapet deh hari dan pasaran weton kelahiranmu.

Selamat mencoba! Baca Juga: Cara Menghitung Kalender Jawa Weton untuk Pernikahan Baca Juga: Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton, Bagaimana Menghitungnya? Baca Juga: Arti Weton Jodoh dan PerhitungannyaPadahal, hakikatnya weton adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan perhitungan hari dalam kalender Jawa.

Kalender Jawa sendiri memiliki jumlah hari dalam sepekan yang sama dengan kalender islam dengan 5 hari pasaran yaitu Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.

cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir

Weton adalah gabungan keduanya yang menunjukan tanggal dan hari lahirnya seseorang.
Baca Juga : Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan dan Penjelasan Lengkap Umumnya, weton digunakan untuk menentukan tanggal yang baik untuk pelaksanaan acara. Selain itu, hitungan Jawa ini juga bisa untuk meramal kecocokan pasangan. Apa kamu sudah tahu weton kelahiran?

Berikut cara mengetahui weton menurut tanggal lahir. Cara Mengetahui Weton Tanggal Lahir 1. Cara Mengetahui Weton dengan Neptu Hari dan Pasaran Jawa Cara menghitung tanggal lahir. (Foto: celebrities.id/tangkapan layar) Baca Juga : 8 Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa Beserta Artinya Cara mengetahui weton lahir bisa dilihat dari hari dan pasarannya.

Pasaran terdiri dari lima hari, yaitu Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Dan Wage. Kamu dapat melihat table berisi hari dan pasaran berikut nilainya seperti di bawah ini untuk menghitung weton berdasarkan hitungan Jawa. Untuk menghitung weton maka jumlahkan nilai dari hari dan nilai dari pasaran. Sebagai contoh, jika kamu lahir pada Sabtu Kliwon, maka neptu wetonnya adalah 9+8 = 17. 2. Cara Mengetahui Weton Berdasarkan Bulan dan Tahun Jawa Cara menghitung tanggal lahir.

(Foto: celebrities.id/tangkapan layar) Perhitungan weton juga bisa dilakukan dengan menghitung bulan dan tahun Jawa. Berbeda dengan cara pertama, neptu bulan dan tahun biasanya digunakan untuk memperkirakan musim tanam, musim hujan, musim kemarau, hama penyakit pada tanaman, jumlah cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir, banyak tangkapan ikan, dan pernikahan. Ada 12 nama bulan pada kalender Jawa. Sementara nama-nama tahun pada kalender Jawa terdiri dari 8 Jenis.

Sebagai contoh, jika seseorang lahir di bulan Jumadil Awal dan tahun Wawu, maka tinggal dijumlahkan 6+6=12. Angka 12 inilah yang menjadikan weton berdasarkan cara menghitung weton neptu bulan dan tahun Jawa. 3. Cara Mengetahui Weton Kelahiran dengan Online Cara ini praktis karena banyak website yang menyediakan cara menghitung weton kelahiran. Kamu tinggal memasukkan tanggal lahir dan langsung mendapat hari dan pasaran weton kelahiran.

Itulah cara mengetahui weton menurut tanggal lahir. Selain itu, kamu bisa menanyakan langsung kepada orang tua kamu untuk mengetahui weton kelahiran jika memang asli suku Jawa. Editor : Endang Oktaviyanti

TERUNGKAP JELAS!!! Tanggal Lahir Yang Akan Kaya Di Tahun 2022_[Menurut Primbon Jawa Eyang Semar]




2022 www.videocon.com