Syarat membuat paspor 2021

syarat membuat paspor 2021

KOMPAS.com - Setelah sempat ditutup karena pandemi, Direktorat Jenderal Imigrasi sudah membuka kembali pelayanan pembuatan paspor. Terhitung sejak 15 Juni 2020, warga negara Indonesia sudah bisa mengurus paspor baru juga penggantian paspor karena habis masa berlaku, hilang atau perubahan data. Untuk pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku, masyarakat bisa melakukannya secara online.

Tapi khusus untuk penggantian paspor karena hilang atau rusak, masyarakat harus datang langsung ke kantor imigrasi. Pembuatan paspor kini makin mudah karena bisa dilakukan online, seperti yang diberitakan Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Meski pendaftaran dalam hal ini pengisian formulir dilakukan online, tapi pemohon paspor baru tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara, verifikasi berkas, pengambilan sidik jari, juga foto. Baca juga: Panduan Cara Membuat Paspor via Online, Berikut Syarat dan Biayanya Untuk membuat paspor, Anda bisa mengambil antrean layanan paspor di aplikasi Layanan Paspor Online.

Aplikasi ini bisa dengan mudah Anda cari dan unduh di Playstore dan Appstore. Setelah aplikasi tersedia, buatlah akun dengan mendaftar menggunakan email yang masih berlaku. Akseslah aplikasi, ikuti tahapan-tahapan yang ada hingga mendapatkan kode booking atau barcode. Kode booking inilah yang harus Anda bawa ketika datang ke kantor imigrasi yang sudah Anda pilih. Di kantor imigrasi, petugas akan mengecek kelengkapan dokumen yang sudah Anda bawa. Jika dokumen sudah memenuhi syarat, Anda akan mendapat nomor antrean untuk melakukan sesi foto, pengambilan sidik jari juga wawancara.

Hari Ini dalam Sejarah: WHO Tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi Global https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/11/104000165/hari-ini-dalam-sejarah--who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global https://asset.kompas.com/crops/XWELeA8ae2qdfk29_m9EC5wkfy8=/3x0:903x600/195x98/data/photo/2021/01/22/600a1be255e5a.jpg Jakarta - Pengajuan pembuatan paspor secara online tidaklah sulit.

Hal yang perlu dilakukan ialah mengikuti panduan paspor online serta menyiapkan syarat hingga biaya paspor online. Simak ulasannya ya! Saat ini, permohonan paspor bisa diajukan oleh WNI yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Ada dua jenis paspor yaitu paspor biasa elektronik (e-Paspor) dan paspor biasa non elektronik.

Apa saja syarat membuat paspor? Ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan ketika hendak membuat paspor. Siapkan lebih dahulu syarat-syarat ini agar tidak kebingungan saat akan mengajukan permohonan paspor. Berikut syarat dokumen yang harus disiapkan untuk membuat paspor: • KTP, harus yang masih berlaku ya.

Alternatif lainnya adalah surat keterangan pindah ke luar negeri • Kartu keluarga yang masih berlaku • Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah atau surat baptis. Ingat, di dokumen tersebut harus mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua.

Bagaimana bila tidak ada? Itu berarti pemohon harus syarat membuat paspor 2021 surat keterangan dari institusi yang berwenang • Bagi orang asing yang mendapatkan kewarganegaraan Indonesia harus menyertakan surat pewarganegaraan Indonesia • Apabila telah ganti nama harus menyiapkan surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang Apa nama aplikasi paspor online? Pendaftaran dilakukan lewat aplikasi Antrian Paspor Online atau APAPO. Aplikasi dapat diunduh di App Store atau Google Play.

Baca juga: Kemlu Luncurkan E-Passport Diplomatik & Dinas, Lebih Aman dari Pemalsuan Bagaimana cara daftar paspor? Berikut langkah-langkah pembuatan paspor: • Isi aplikasi data yang disediakan dan lampirkan dokumen-dokumen persyaratan • Dokumen akan diperiksa oleh pejabat imigrasi • Setelah lengkap, pejabat imigrasi akan memberikan tanda terima permohonan serta kode pembayaran • Jika dokumen belum lengkap, dokumen akan dikembalikan dan permohonan dianggap ditarik kembali Berapa harga bikin paspor 2021?

No Jenis Paspor Biaya 1 Paspor biasa 48 halaman Rp 350.000 2 Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp 650.000 3 Layanan percepatan paspor selesai di hari yang sama Rp 1.000.000 Demikian informasi terbaru soal paspor online dan pembuatan paspor. Semoga berguna! (imk/imk)
Namun perlu diketahui ya: walau sekarang membuat paspor bisa online, kamu tetap harus pergi ke Kantor Imigrasi untuk penyerahan sebagian dokumen dan wawancara serta foto diri untuk paspor.

Artinya, untuk saat ini pembuatan paspor belum sepenuhnya online, namun tetap membutuhkanmu hadir secara fisik di Kantor Imigrasi. Pada akhir September lalu, syarat membuat paspor 2021 pemberitaan bahwa masa berlaku paspor biasa Indonesia berubah dari 5 tahun menjadi 10 tahun. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak Ditjen Imigrasi, namun belum berlaku untuk saat ini. Aturan baru tersebut, yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No.

syarat membuat paspor 2021 Tahun 2020, baru berlaku ketika peraturan pelaksanaannya. Nah setelah memilih kantor imigrasi, kamu akan diminta memilih tanggal kedatangan dan waktu kedatangan.

Ini adalah tanggal dan waktu ketika kamu harus datang ke Kantor Imigrasi untuk menyerahkan dokumen yang dibutuhkan dan proses wawancara. Pilih tanggal dan waktu yang paling sesuai dengan keperluanmu, ya.

Perlu diketahui kalau kuota pembuatan paspor setiap harinya sangat terbatas, jadi kamu mungkin saja menemukan banyak tanggal atau waktu yang penuh. Terus coba cari tanggal atau waktu lainnya, atau mungkin, kamu bisa memilih kantor imigrasi lainnya sebagai alternatif agar mendapatkan waktu yang sesuai. 4. Simpan atau cetak barcode antrian Setelah kamu sukses mendapatkan waktu pembuatan paspor di kantor imigrasi yang kamu inginkan, kamu akan mendapatkan barcode antrian.

Simpan barcode ini misalnya dengan melakukan tangkap layar atau screenshot, atau kalau perlu, print barcodenya. Barcode inilah yang harus kamu tunjukkan ke petugas saat baru datang, untuk mendapatkan antrian di hari ketika kamu datang ke kantor imigrasi untuk pembuatan paspor.

5. Datang ke Kantor Imigrasi yang sudah dipilih Setelah proses pembuatan paspor di kantor imigrasi selesai, kamu akan diberikan nota berisi biaya dan ID billing yang harus kamu bayarkan. Sekarang, kamu tidak bisa melakukan pembayaran langsung di kantor imigrasi, melainkan harus melalui bank, baik teller, ATM, e-banking, dan juga melalui e-commerce.

Apa itu layanan percepatan paspor? Singkatnya adalah layanan yang memastikan bahwa pembuatan paspor kamu akan didahulukan dari antrian sehingga akan langsung syarat membuat paspor 2021 di hari yang sama. Artinya, kamu datang di hari H, melakukan penyerahan dokumen, wawancara, foto, serta melakukan pembayaran, dan sore harinya paspor kamu sudah bisa diambil.

Jakarta - Syarat perpanjang paspor 2021 perlu diketahui bagi pemilik paspor yang masa berlakunya sudah hampir habis. Tak perlu bingung, simak informasi ini ya soal syarat perpanjang paspor 2021. Sebenarnya, secara aturan tidak ada istilah 'perpanjangan paspor', melainkan 'penggantian paspor'.

Paspor nantinya akan diganti dengan buku dan nomor paspor yang baru. Namun, di kalangan masyarakat, memang istilah yang lebih umum adalah 'perpanjangan paspor'. Syarat perpanjang paspor 2021 berbeda-beda tergantung apakah paspor masih ada, paspor rusak, atau paspor hilang. Informasi yang dibahas di artikel ini adalah apabila paspor Anda masih ada. Baca juga: Paspor Online 2021: Cara Pembuatan Paspor, Syarat, Biaya Syarat Perpanjang Paspor 2021 untuk Pemilik Paspor di Atas Tahun 2009 Ada syarat membuat paspor 2021 syarat perpanjang paspor 2021 tergantung sejak kapan paspor itu diterbitkan.

Berikut syarat perpanjang paspor 2021 untuk paspor terbitan 2009 dan setelahnya: • Membawa e-KTP • Membawa paspor lama Syarat Perpanjang Paspor 2021 untuk Pemilik Paspor di Bawah Tahun 2009 Bagaimana dengan pemilik paspor yang terbit di bawah tahun 2009? Begini syaratnya: • Membawa KTP yang syarat membuat paspor 2021 berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri • Membawa dokumen kartu keluarga • Membawa akta kelahiran, ijazah, akta perkawinan ataupun buku nikah.

Bisa juga ijazah atau surat baptis. Jika nama yang bersangkutan tidak tercantum di dokumen itu, perpanjangan paspor bisa dilakukan dengan mencantumkan surat keterangan dari instansi berwenang.

• Untuk warga negara asing yang pindah kewarganegaraan, perpanjangan paspor harus melampirkan surat Kewarganegaraan Indonesia. • Perpanjangan paspor perlu melampirkan surat pergantian nama bagi warga yang sudah mengganti namanya. Membawa paspor lama Baca juga: Luhut: Penggunaan PeduliLindungi Akan Diperluas di Seluruh Aspek Publik Syarat Perpanjang Paspor 2021, Ini Prosedurnya Jika syarat perpanjang paspor 2021 sudah dipenuhi, langkah berikutnya adalah mengikuti prosedur yang ditetapkan.

Ada opsi mendaftarkan diri melalui aplikasi Antrian Paspor ataupun mengajukan permohonan secara manual.

syarat membuat paspor 2021

Berikut prosedur bila mengajukan permohonan secara manual: • Mengajukan permohonan untuk mengisi data diri, serta melampirkan syarat membuat paspor 2021 pendukung yang diperlukan • Jika persyaratan perpanjangan paspor syarat membuat paspor 2021 lengkap, kantor imigrasi memberi bukti tanda terima dan kode pembayaran • Kantor imigrasi bakal mengembalikan dokumen jika syarat perpanjangan paspor belum lengkap. Biaya Perpanjangan Paspor 2021 Ada perbedaan biaya dalam syarat perpanjangan paspor 2021.

Untuk perpanjangan paspor biasa dikenakan Rp 350.000 dengan total 48 halaman. Sementara biaya perpanjangan paspor biasa dengan halaman elektronik sebesar Rp 650.000. Sedangkan untuk syarat perpanjang syarat membuat paspor 2021 2021 yang menggunakan layanan tercepat berkisar Rp 1.000.000.

Perlu diingat, biaya ini belum termasuk uang penerbitan paspor. Selanjutnya, syarat perpanjangan paspor karena hilang dikenai denda Rp 1.000.000, perpanjangan paspor karena rusak Rp 500.000 dan paspor yang hilang atau rusak karena kejadian di luar dugaan tidak dikenakan biaya.

Demikian syarat perpanjang paspor 2021 untuk pemilik paspor yang ingin mengurus penggantian paspor. Semoga membantu! (imk/imk)
Di masa pandemi seperti dua tahun terakhir ini memang perjalanan ke luar negeri sangatlah terbatas. Apalagi perjalanan-perjalanan yang bersifat wisata dan liburan. Banyak negara di dunia yang menerapkan pembatasan perjalanan terkait hal semacam ini. Akan tetapi tentu saja tidak menutup kemungkinan ada sebagian dari kamu yang terpaksa harus pergi ke luar negeri.

Tapi bagaimana jika paspormu masa berlakunya sudah habis dan kamu perlu perpanjang atau mungkin membuat paspor baru karena kamu belum punya paspor sama sekali.

Untuk itu, yuk simak langsung cara membuat dan perpanjang paspor termudah di bawah ini! Baca Juga: Apa itu Paspor Online? Cek Masa Berlaku Paspormu Berdasarkan peraturan baru kamu tidak bisa mengunjungi negara lain atau mengajukan visa jika masa berlaku paspor kamu tinggal 6 bulan atau kurang. Supaya aman, sebaiknya kamu memperpanjang paspor kamu ketika masa berlaku paspor hanya tinggal 1 tahun.

Bagi kamu yang ingin ke luar negeri tapi belum mendapatkan inspirasi mau kemana. Sepulsa mau ngasih tips nih, jika paspor kamu sudah jadi dan malas mengurus visa lebih baik Anda mengunjungi negara-negara yang tidak membutuhkan visa bagi paspor Indonesia. Negara apa saja? Negara-negara tetangga kita, negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia.

Biasanya nih Singapura dan Malaysia menjadi destinasi favorit orang Indonesia karena jaraknya yang dekat namun memiliki suasana yang berbeda. Bagi kamu yang pertama kali akan membuat paspor, ketahuilah pembuatan paspor ini dilakukan di kantor imigrasi kota kamu.

Banyak orang yang ketika ingin membuat paspor harus dihadapkan dengan antrean yang panjang. Tapi ada kabar baik nih, kamu bisa registrasi pembuatan paspor secara online sehingga tidak perlu mengantre panjang.

Antrean registrasi pembuatan paspor online mempunyai jalur sendiri dan antreannya cenderung lebih pendek. Sebaiknya kamu mengunjungi kantor imigrasi lebih pagi supaya kamu mendapatkan giliran yang lebih awal. Oh iya kamu tahu kan paspor itu banyak jenisnya tergantung dari tujuan kunjungan. Jika kunjungan kamu bersifat pribadi ataupun non-pemerintah, kamu menggunakan paspor biasa. Beda halnya kalau kunjunganmu bersifat pemerintah, kamu menggunakan paspor dinas yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara.

syarat membuat paspor 2021

Jika kunjungan bersifat diplomatik, maka paspor yang digunakan adalah paspor diplomatik yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri. Persyaratan Dokumen untuk Pembuatan Paspor Sebelum mengunjungi kantor imigrasi untuk membuat atau memperpanjang paspor, siapkan sejumlah dokumen ini agar memperlancar proses pembuatan paspor. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengurusi pembuatan paspor? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dokumen Pembuatan Paspor terdiri dari: • Dokumen asli A kte Kelahiran dan syarat membuat paspor 2021 fotokopi. Kalau tidak mempunyai akte kelahiran kamu bisa membawa buku nikah dan dokumen asli ijazah SD, SMP, atau SMA beserta dokumen fotokopi.

• Dokumen asli Kartu Keluarga (KK) dan fotokopiannya. • Formulir Pengajuan/Permohonan Paspor yang akan kamu dapatkan di kantor Imigrasi. • Materai Rp6.000 sebanyak dua buah. • Buku nikah dan paspor, kalau kamu punya anak yang mau ikut bepergian. Pastikan semua dokumen diatas sudah ada dalam cek list kamu, ya. 2. Prosedur Pengajuan Pembuatan Paspor Prosedur pengajuan paspor cukup mudah diikuti.

Bawa dokumen yang lengkap dan kunjungi kantor imigrasi di kota kamu. Sebaiknya kamu mengunjunginya lebih pagi agar mendapat antrean yang lebih awal. Jangan lupa berpakaian yang rapi dan sopan.

• Antre pada jalur registrasi yang kamu lakukan. Jika kamu registrasi offline maka kamu antre pada jalur registrasi offline. Tapi jika kamu registrasi online, antre pada jalur registrasi online. • Petugas akan mengecek kelengkapan dokumen kamu. Jika dokumen kamu semua lengkap maka kamu akan mendapatkan formulir pengajuan paspor dan nomor antrean. • Selagi menunggu giliran kamukamu isi formulir sesuai dengan dokumen Anda.

• Ketika giliran kamu dipanggil, kamu akan menyerahkan semua dokumen ke petugas dan petugas akan mewawancarai Anda mengenai keperluan kamu ke luar negeri. Selanjutnya Anda akan difoto untuk paspor. • Jika kamu mengajukan jenis paspor biasa akan dikenakan sekitar Rp350.000.

Sedangkan paspor elektronik sekitar Rp650.000. Ada juga layanan percepatan paspor (selesai di hari yang sama) dengan biaya Rp1.000.000 (tidak termasuk biaya pembuatan paspor).

• Pembayaran syarat membuat paspor 2021 paspor bisa dilakukan di bank BNI, BCA dan bank lainnya. • Kamu bisa mengambil paspor di kantor Imigrasi setelah 3 hari kerja pada jam 10.00-10.30.

Nah, itu dia cara membuat atau perpanjang paspor untuk kamu yang mau bepergian ke luar negeri. Semoga informasi ini bisa berguna untukmu, ya! Beli Pulsa di Sepulsa
Saat akan melancong atau bepergian ke luar negeri, paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki dan dibawa.

Tidak punya paspor tentu akan berakibat fatal, sebab perjalanan Anda sudah pasti akan ditolak oleh pihak imigrasi yang ada di bandara atau pelabuhan. Paspor adalah dokumen resmi yang memuat identitas seseorang atau pemegangnya. Paspor diterbitkan oleh lembaga atau pejabat yang berwenang di suatu negara dan berlaku untuk digunakan sebagai identitas ketika seseorang akan melakukan perjalanan antar negara. Apabila punya rencana untuk pergi ke luar negeri tahun ini, Anda perlu membuat paspor dari jauh-jauh hari.

Sekarang, proses dan cara membuat paspor bisa dibilang sudah cukup mudah.

syarat membuat paspor 2021

Kalau beberapa tahun lalu, membuat paspor identik dengan antrean yang sangat panjang di kantor imigrasi. Bahkan, banyak orang yang rela datang dini hari untuk mengantre. Padahal, kantor imigrasi sendiri baru dibuka sekitar jam 8 pagi.

Untuk mengatasi syarat membuat paspor 2021 tersebut, saat ini sudah tersedia layanan antrean paspor online untuk semua orang yang ingin membuat paspor. Jadi, sebelum datang ke kantor imigrasi setempat di kota tempat tinggal Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk membuat jadwal pembuatan paspor sekaligus mengambil nomor antrean.

Layanan antrean paspor online tersedia dalam bentuk aplikasi, situs, dan WhatsApp. Saat ini, aplikasi layanan antrean paspor online baru tersedia di Google Play Store atau Android. Lalu, apa saja persyaratan yang dibutuhkan serta proses atau cara membuat paspor baru? Berikut adalah ulasannya. Dokumen Persyaratan untuk Membuat Paspor Baru Sebelum mendaftar antrean paspor online, Anda perlu mengetahui dulu dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan wajib dibawa ke kantor imigrasi setempat saat akan membuat paspor.

Berikut ini adalah rincian dokumen untuk syarat membuat paspor: • e-KTP asli beserta fotokopinya. • Kartu Keluarga asli beserta fotokopinya. • Akta Kelahiran, ijazah (SD/SMP/SMA), surat/buku nikah, atau surat baptis asli beserta syarat membuat paspor 2021. Untuk dokumen ini, Anda hanya perlu memilih salah satunya saja, misalnya hanya Akta Kelahiran. Namun, pastikan pada dokumen tersebut terdapat informasi mengenai nama, tempat & tanggal lahir, serta nama orang tua.

• Siapkan materai 6000. Khusus bagi Anda yang sudah pernah membuat paspor dan berencana membuat paspor untuk anak, jangan lupa juga untuk membawa paspor asli Anda beserta surat/buku nikah. Pembuatan paspor wajib menggunakan e-KTP asli. Jika e-KTP Anda sudah syarat membuat paspor 2021 namun belum juga diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka Anda perlu membawa surat keterangan atau rekomendasi dari Disdukcapil. Baca Juga : • Cara Perpanjangan Paspor Online Cepat dan Mudah • Keuntungan Membuat Paspor Online Cara Daftar Antrean Online untuk Membuat Paspor Baru Saat ini, Anda sudah tidak bisa datang langsung ke kantor imigrasi dan mengantre secara manual.

Semua proses pengambilan nomor antrean pembuatan paspor baru harus dilakukan secara online. Anda bisa memilih salah satu media layanan antrean online yang tersedia entah itu aplikasi, situs, atau chat dengan layanan imigrasi setempat via WhatsApp.

Berikut ini adalah tahapan-tahapannya. Pendaftaran antrean paspor online hanya berlaku untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan. Tidak berlaku untuk paspor hilang/rusak/perubahan identitas. – Cara Daftar Antrean Online dan Membuat Paspor Baru lewat Aplikasi • Khusus bagi Anda pengguna ponsel Android, Anda perlu download aplikasi “Antrian Paspor” di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.

• Buka aplikasi dan daftarkan diri Anda sesuai dengan formulir yang tersedia. Mulai dari membuat username dan password, mengisi nama, NIK, nomor hp, email, hingga alamat lengkap.

• Setelah mengisi formulir dengan lengkap, selanjutnya pendaftaran akun Anda akan diverifikasi melalui email.

• Lalu setelah diverifikasi, Anda bisa langsung login ke akun Anda menggunakan email dan password yang sudah dibuat. • Setelah login, pilih wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

• Selanjutnya, isi data permohonan antrean paspor, mulai dari tanggal yang diinginkan untuk pembuatan paspor, jam, hingga jumlah pemohon.

syarat membuat paspor 2021

• Setiap kantor imigrasi memiliki kuota harian untuk pengajuan pembuatan paspor. Jadi, pastikan bahwa pengajuan antrean paspor Anda sudah disetujui dan masuk kuota harian sesuai tanggal yang dipilih. • Apabila sudah disetujui, Anda bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih sesuai tanggal dan jam yang Anda ajukan di aplikasi. • Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang ada pada akun Anda kepada petugas admin atau resepsionis yang ada di kantor imigrasi.

• Petugas kemudian akan memberikan Anda kertas atau bukti cetak antrean yang berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor. – Ketentuan Mendaftar Antrean Online Pembuatan Paspor via Aplikasi • Di dalam satu akun atau aplikasi, Anda bisa mendaftar antrean untuk lima orang sekaligus.

syarat membuat paspor 2021

• Lima orang ini adalah yang termasuk dalam anggota keluarga inti seperti bapak/ibu, suami/istri, anak, dan diri sendiri. • Di luar daripada itu, antrean tidak bisa diajukan secara bersama-sama atau kolektif.

• Aplikasi Antrian Paspor dapat digunakan untuk pembuatan paspor di beberapa kantor imigrasi berikut ini: – Cara Daftar Antrean Online Buat Paspor Baru lewat Situs Imigrasi • Khusus untuk Anda yang tidak bisa mengunduh atau menggunakan aplikasi, silakan akses situs https://antrian.imigrasi.go.id melalui desktop atau mobile browser di ponsel Anda. • Klik opsi pendaftaran di pojok kanan bawah kolom yang tersedia. • Kemudian, isi data diri untuk mendaftar. • Selanjutnya, ikuti tahapan pendaftaran yang tertera pada situs.

Prosesnya kurang lebih sama dengan yang ada pada aplikasi. • Apabila pendaftaran sudah disetujui sesuai tanggal dan jam pembuatan paspor yang dipilih, maka simpan kode booking atau QR Barcode yang tertera pada situs.

• Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang Anda dapat pada petugas admin atau resepsionis ketika datang ke kantor imigrasi. – Cara Daftar Antrean Online Buat Paspor Syarat membuat paspor 2021 lewat WhatsApp Gateway Service (WGS) • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian buat chat baru dengan format #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan untuk Pembuatan Paspor. • Contoh: #GHEA#19071997#01012021.

• Kemudian, kirim chat ke nomor syarat membuat paspor 2021 layanan masing-masing wilayah kantor imigrasi. Saat ini, baru ada 4 kantor imigrasi yang menggunakan layanan WhatsApp Gateway Service untuk daftar antrean online, yaitu: • Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam dengan nomor layanan 0822-8886-2017 atau 0822-8882.

• Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat dengan nomor layanan 0812-9900-4406. • Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang dengan nomor layanan 0811-8119-000. • Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor dengan nomor layanan 0811-1100-333. Apabila Anda ingin membuat paspor di kantor imigrasi lain selain tiga kantor yang tersebut di atas, maka Anda bisa mendaftar antrean online via aplikasi atau situs imigrasi.

Proses dan Cara Membuat Paspor Baru di Kantor Imigrasi Jika sudah mendapat kuota antrean, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut: • Silakan datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah Anda pilih sesuai tanggal dan jam yang sudah disetujui. • Pastikan datang lebih awal dari jam yang tertera dalam antrean.

syarat membuat paspor 2021

• Bawa semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan alat tulis. Susun dengan rapi dan masukkan ke dalam amplop dokumen atau map. • Gunakan pakaian yang rapi dan bersih.

Disarankan syarat membuat paspor 2021 menggunakan pakaian atau atasan selain warna putih. Sebab, saat foto pembuatan paspor, background yang digunakan pada sesi foto di ruang layanan pembuatan paspor akan berwarna putih. • Ketika datang ke kantor imigrasi, berikan kode booking atau foto QR Barcode pada petugas layanan/resepsionis. • Petugas akan mengescan QR Barcode tersebut dalam bentuk cetak berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor.

• Selain memberi nomor urut panggilan, petugas juga akan mengecek kelengkapan dokumen yang sudah Anda bawa. • Apabila kelengkapan dokumen sudah sesuai persyaratan yang berlaku, maka petugas akan memberikan kamu formulir data diri yang perlu diisi di dalam map berwarna kuning.

syarat membuat paspor 2021

• Sambil menunggu panggilan, kamu perlu mengisi formulir yang sudah diberikan petugas secara benar dan lengkap. • Saat tiba giliran Anda, berikan semua dokumen kepada petugas yang berwenang.

syarat membuat paspor 2021

• Petugas yang berwenang mengurus pembuatan paspormu juga akan melakukan wawancara singkat. Biasanya, pertanyaan yang diajukan adalah seputar alasan Anda mengajukan pembuatan paspor. Tidak perlu khawatir, jawab saja semua pertanyaan yang diajukan petugas dengan jujur. • Apabila dokumen sudah sesuai dan memenuhi syarat, petugas akan melanjutkan proses ke tahap berikutnya yaitu pengisian data ke dalam sistem komputer, memindai sidik jari, dan sesi foto.

• Jika sesi foto sudah selesai, artinya proses pembuatan paspor sudah hampir selesai. Anda akan diberi bukti pengambilan paspor beserta instruksi pembayaran biaya pembuatan paspor. • Pembayaran biaya pembuatan paspor dilakukan dengan cara transfer ke nomor rekening resmi yang diberikan pihak imigrasi. Bank yang bisa dipilih untuk pembayaran paspor di antaranya adalah BNI, Mandiri, BRI, dan BCA.

• Paspor bisa langsung diambil tiga hari setelah pembayaran dilakukan. Jangan lupa membawa bukti pengambilan serta struk bukti pembayaran saat datang ke kantor imigrasi.

Biaya Pembuatan Paspor Biasa dan e-Paspor Jenis Paspor Keterangan Biaya Paspor Biasa 48 halaman untuk WNI/orang. Rp300.000 Paspor Biasa 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp600.000 Paspor Biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp300.000 Paspor Biasa 24 halaman untuk WNI/orang. Rp100.000 Paspor Biasa 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian.

Rp200.000 Paspor Biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam.

Rp100.000 Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik. Rp55.000 e-Paspor 48 halaman untuk WNI/orang. Rp600.000 e-Paspor 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp800.000 e-Paspor 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp600.000 e-Paspor 24 halaman untuk WNI/orang. Rp350.000 e-Paspor 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang syarat membuat paspor 2021 berlaku dan disebabkan oleh kelalaian.

Rp400.000 syarat membuat paspor 2021 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp350.000 Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp55.000 Penghitungan total biaya pembuatan paspor yang perlu Anda bayar disesuaikan dengan jenis paspor yang dibuat ditambah dengan biaya jasa biometrik sebesar Rp55.000. Misalnya, Anda membuat paspor biasa baru 48 halaman, maka total biayanya adalah Rp355.000.

Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer lewat teller bank ataupun ATM BNI, BRI, Mandiri, atau BCA dengan memasukkan kode pembayaran yang tertera dalam bukti tagihan. Simpan bukti bayar dan bawa saat pengambilan paspor. Anda bebas memilih, mau membuat paspor biasa atau e-paspor. Perbedaan utamanya adalah pada e-paspor atau paspor elektronik terdapat chip berisi data biometrik (sidik jari dan hasil pindai bentuk wajah) identitas Anda.

Chip ini terletak di bagian sampul paspor. Dengan adanya chip ini, paspor lebih terjamin keamanannya dan sangat sulit dipalsukan apabila dibandingkan dengan paspor biasa yang hanya berisi informasi atau identitas dasar pemegang paspor. Biayanya juga berbeda, yaitu Rp650.000 untuk pembuatannya. Dengan e-paspor, Anda juga bisa menggunakan fitur autogate di bagian imigrasi tanpa perlu mengantre panjang. Plus, bisa ke Jepang dengan menggunakan visa waiver yang proses pengurusannya jauh lebih mudah dan cepat.

Namun, saat ini, belum semua kantor imigrasi menyediakan layanan pembuatan e-Paspor. Khusus untuk wilayah Jabodetabek, pembuatan e-Paspor hanya bisa dilakukan di 6 kantor imigrasi berikut ini: • Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, Warung Buncit. • Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat, Taman Sari. • Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur, Jatinegara. • Kantor Syarat membuat paspor 2021 Kelas 1 Jakarta Utara, Kelapa Gading. • Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, Kemayoran.

• Kantor Imigrasi Kelas 1 Banten, Bandara Soekarno Hatta. Nah, itu dia persyaratan, biaya, dan cara membuat paspor. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, ya! Beli Pulsa di Sepulsa Ratu Intan Pratiwi August 10, 2019 at 2:45 pm Makasih informasinya kak, berguna banget.

syarat membuat paspor 2021

tapi masjh ada yang saya tidak mengerti, boleh saya tanya? Kalau alamat KTP saya di bogor, lalu saya buat paspor di daerah surabaya bisa? Atau harus ke kantor imigrasi di kota asal? Lalu untuk Akta dan Kartu keluarganya harus asli atau bisa pakai fotokopi? . Makasih kak 🙂 Balas • Agus Muryani August 13, 2019 at 11:15 am Terimakasih untuk Informasinya lengkap banget ini. akan berguna sekali untuk saya. Tapi saya punya pertanyaan mengenai pendaftaran akun Jika saya ingin membantu membuatkan paspor untuk adik saya tapi pendaftaran nya dengan menggunakan Akun/email saya bisa gak.?

Jika bisa untuk membuat Username dan password-nya menggunakan Username saya atau adik saya.? Terimakasih. Balas • Atiek August 20, 2019 at 11:01 pm Hola, Saya baru berhasil daftar online untuknperpanjang paspor. Setelah selesai ternyata saya salah pilih, seharusnya perpanjang TAPI yang terpilih pembuatan paspor baru. Kalau saya tetap datang ke kantor imigrasi, apakah saya tetap dilayani untuk perpanjang paspor baru atau ditolak?

Kalau ada ygmpunya pengalaman sama, pls share ya. Tks Balas • Yana August 28, 2019 at 8:35 am Terimah kasih atas infonya. Sangat membantu.

Tapi sebelumnya saya mau nanya, kalo misalnya ada kesalahan di bagian KTP dan KK gimana ya. Misalnya tanggal lahir syarat membuat paspor 2021 di KTP dan KK udah sama, tapi di Ijazah saya yang berbeda tanggal lahirnya.

terimah kasih sebelumnya. Balas • Novita sari August 30, 2019 at 11:52 am Infony berguna kak,tapi aku masi belom ngerti,soal email,email saya bukan nama asli,soal biasany kan g harys nama asli paling dpn aj nama asli tengahny nama lain ,sedangkan syarat membuat paspor 2021 nama asli semua itu gimana y kak,trus klo udh bikin paspor harus visa jg y kak?keluar biaya bikin syarat membuat paspor 2021 donk kak,kira2 brp biayany bikin visa?,trus saya irt g kerja bolehkah saya bikin paspor,karena sata ad rencana keluar negri ?untuk menghadiri acara keluarga?

Balas • Tiny September 3, 2019 at 11:50 am Boleh ikut tanya? KTP saya Jogja, namun saya mau bikin paspor di Jakarta, KTP saya sudah E-KTP…apakah harus pake persyaratan minta surat keterangan domisili ke RT/RW tempat tinggal saya di Jakarta?atau cuma bawa dokumen2 Asli seperti yang disebutkan diatas tadi? Trims. Balas •JAKARTA, KOMPAS.com - Cara membuat paspor kini semakin mudah dilakukan.

Bahkan, Ditjen Imigrasi Kemenkumham juga sudah menyediakan prosedur untuk cara membuat paspor online. Paspor adalah salah satu tanda pengenal yang wajib dibawa saat bepergian ke luar negeri. Sebagai identitas resmi, paspor dikeluarkan oleh pihak berwenang.

Paspor berisi biodata yang meliputi foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Paspor biasa memiliki masa berlaku paling lama lima tahun sejak tanggal diterbitkan. Baca juga: 3 Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid di Pedulilindungi Dikutip dari Indonesia.go.id, Minggu (11/7/2021), Indonesia saat ini mengenal dua jenis paspor yang diterbitkan untuk warga negaranya, yakni paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor). Cara membuat paspor saat ini sudah bisa dilakukan secara daring ( cara membuat paspor online).

Pengajuan pendaftaran paspor online membuat masyarakat tak harus wara-wiri ke kantor imigrasi terdekat. Prosedur membuat paspor online tentunya lebih praktis dan menghemat waktu. Meski begitu, tetap ada dan berlaku cara membuat paspor secara manual, yakni dengan datang ke kantor Imigrasi.

syarat membuat paspor 2021

Tapi yang harus diingat adalah membuat paspor secara online tidak akan membuat kita bebas untuk tidak datang ke Kantor Imigrasi. Pemohon paspor tetap harus datang ke Kantor Imigrasi untuk keperluan wawancara, verifikasi berkas, pengambilan sidik jari, dan foto. Baca juga: Berapa Biaya Tes DNA di RS Indonesia? Berikut ini syarat cara membuat paspor berdasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor: • KTP, asli dan fotocopy • Kartu Keluarga, asli dan fotocopy • Alta kelahiran, asli dan fotocopy • Ijazah terakhir atau akta perkawinan atau buku nikah • Paspor lama bagi yang ingin memperpanjang Berikut cara mendaftar antrean paspor online: • Buka laman https://antrian.imigrasi.go.id/ • Buat akun dengan memasukan alamat email dan nomor telepon • Setelah membuat akun, pilihlah tempat kantor Imigrasi yang akan dituju • Pilih jadwal kedatangan ke kantor Imigrasi • Setelah selesaim kita akan menerima file format pdf yang harus diunduh untuk kemudian dicetak.

Print pdf tersebut harus ditunjukan saat datang ke kantor Imigrasi yang dipilih. Baca juga: Berapa Biaya Nikah di KUA Terbaru? Cara membuat paspor online di kantor Imigrasi: • Siapkan semua dokumen syarat membuat paspor yang sudah disebutkan di atas, termasuk print pdf yang dicetak saat mendaftar antrean online • Datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan waktu yang dipilih saat pendaftaran online • Antre dan melakukan proses wawancara dan pengambilan foto dan sidik jari • Setelah wawancara, pemohon paspor harus membayar biaya pembuatan paspor serta administrasi.

Pembayaran dapat dilakukan melalui bank. • Paspor tidak akan langsung jadi hari itu juga. Melainkan baru akan tersedia setidaknya empat hari kerja sampai satu minggu lamanya.

• Pemohon paspor bisa mengambil paspor sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan membawa tanda terima saat proses wawancara. Biaya pembuatan paspor adalah sebagai berikut: • Paspor biasa 48 halaman Rp 350.000 • Paspor biasa elektronik (e-passport) 48 halaman Rp 650.000 • Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp 1.000.000 • Biaya paspor hilang Rp 1.000.000 • Biaya paspor syarat membuat paspor 2021 akibat keadaan kahar seperti bencana Rp 0 • Biaya paspor rusak Rp 500.000 • Biaya paspor rusak akibat kahar Rp 0 Baca juga: Berapa Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru?

Proyek Kereta Cepat Mau Pakai APBN, Janji Pemerintah Dipertanyakan https://money.kompas.com/read/2021/07/11/134149926/proyek-kereta-cepat-mau-pakai-apbn-janji-pemerintah-dipertanyakan https://asset.kompas.com/crops/Ll41xzCgKvtMBoOPIz47aO2yQ2Y=/0x0:1278x852/195x98/data/photo/2021/04/12/60740f54558cd.jpeg

syarat membuat paspor 2021

Syarat memperpanjang paspor,Biaya serta prosesnya




2022 www.videocon.com