Apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Bobo.id - Manusia dalam kehidupan sehari-hari pasti melakukan gerakan. Terlebih saat melakukan olahraga, teman-teman akan banyak menggerakan tubuh. Teman-teman pasti pernah melakukan gerak non lokomotor tanpa disadari. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga ada tiga jenis, yaitu lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. Dari tiga jenis gerakan itu, kali ini kita akan belajar tentang gerakan non lokomotor.

Baca Juga: Pengertian Gerak Lokomotor, Beserta Contoh Gerakan dan Manfaatnya Gerkan non lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat. Saat melakukan gerakan tersebut teman-teman hanya menggerakan tubuh tanpa berpindah tempat. Pada pengertian lain, gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan hanya di tempat tanpa adanya ruang gerak. Keterampilan gerakan ini dilakukan dengan menggerakan anggota badan yang melibatkan sendi dan otot dalam keadaan badan menetap atau statis.

ARTIKEL TERKAIT • Cari Jawaban Soal Kelas 3 SD Tema 3, Apa yang Dimaksud Gerak Manipulatif? • Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli • Macam-Macam Gerak Spesifik dalam Permainan Sepak Bola • Apa yang Dimaksud dengan Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif?

itu gerakan lokomotor dan non-lokomotor mereka adalah gerakan tubuh mendasar yang dilakukan oleh tubuh manusia. Penggerak adalah kemampuan untuk bergerak, baik dari satu tempat ke tempat lain atau di sekitar poros tubuh. Pergerakan tubuh manusia dimungkinkan berkat sistem alat gerak, yang terdiri dari sistem osteoarticular - tulang, sendi dan ligamen - dan sistem otot - otot dan tendon. Aparat alat gerak terintegrasi dengan sistem saraf, yang bertanggung jawab untuk koordinasi dan stimulasi otot untuk menghasilkan gerakan.

Pola dasar pergerakan Pola dasar pergerakan adalah hasil dari aktivasi rantai otot untuk merealisasikan beberapa gerakan secara struktural dan terorganisir. Dari pelaksanaan gerakan-gerakan ini diperoleh keterampilan untuk pengembangan keterampilan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, olahraga . Pergerakan lokomotor Gerakan lokomotor melibatkan gerakan di sekitar area terluas yang tersedia, dengan tubuh tidak berlabuh dan dengan transfer berat penuh.

Mereka merujuk pada setiap perkembangan dari satu titik ke titik lain yang menggunakan gerakan tubuh sebagai satu cara, baik total atau sebagian. Mobilitas gerakan ini secara teratur menggunakan kaki sebagai penopang.

Gerakan lokomotor utama adalah: Pawai atau berjalan Ini adalah bentuk alami penggerak vertikal yang polanya ditandai dengan tindakan alternatif dan progresif kaki dan kontak dengan permukaan pendukung. Lari Ini adalah perpanjangan alami dari kemampuan berjalan. Ini terdiri dari pemindahan beban dari satu kaki ke kaki lainnya, dengan tubuh didorong ke udara ditunda sebentar di antara setiap langkah. Apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan Selama gerakan ini tubuh tergantung di udara, produk dari dorongan satu atau kedua kaki, jatuh pada satu atau kedua kaki.

Dalam lompatan terlibat faktor-faktor seperti kekuatan, keseimbangan dan koordinasi. Pergerakan lokomotif lainnya adalah: merangkak, berguling, meluncur, menghindar, berputar, berderap, melompat, meraih, merangkak, dan kemungkinan kombinasi dari semuanya ini. Gerakan non-alat gerak Mereka berlabuh, yaitu dieksekusi di sekitar poros tubuh (tulang belakang). Mereka terjadi di seluruh tubuh atau di bagian-bagiannya, tanpa ada perjalanan ke ruang lain.

Gerakan non-lokomotor utama adalah: Lipat Ini terdiri dari melenturkan bagian tubuh. Hasil dari gerakan ini adalah penyatuan dua bagian tubuh yang berdekatan. Regangkan Ini mengacu pada perpanjangan satu atau beberapa bagian tubuh, secara teratur ekstremitas. Putar Ini adalah gerakan bagian tubuh di sekitar sumbunya dan pada tingkat persendian (batang, pinggul, leher, pergelangan tangan, bahu, lengan). Goyang Ini adalah gerakan yang dieksekusi dengan cara melingkar atau tegak lurus dalam kaitannya dengan basis tetap.

Dorong Ini terdiri dari memindahkan objek untuk memisahkannya dari tubuh atau memindahkan tubuh untuk memisahkannya dari objek. Untuk realisasinya lengan, pundak, kaki atau pinggul dapat digunakan. Bagian tubuh yang digunakan tertekuk sebelum dan ketika mendorong diperpanjang. Gerakan non-lokomotor lainnya adalah: berosilasi, tarik, tarik, putar dan putar.

Referensi • Alat alat gerak. (30 November 2017). Di: en.wikipedia.org. • Bartlett, R. (2007). Pengantar Biomekanik Olahraga: Analisis Pola Gerakan Manusia.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Di: profedf.ufpr.br. • Gerakan Locomotor dan Non Locomotor. (s.f.). Diperoleh pada 20 Desember 2017 dari: users.rowan.edu. • Lopategui, E. (2012). Pola Gerakan Dasar. Di: saludmed.com. • Pola Gerakan Utama (s.f.). Diperoleh pada 20 Desember 2017 dari: ptdirect.com.
Gerakan non lokomotor juga bisa diartikan sebuah keterampilan stabil yang pada dasarnya dilakukan tanpa atau hanya dengan sedikit bergerak dari satu area tumpuan.

Gerakan non lokomotor juga bisa diartikan sebagai gerakan yang dilakukan dengan gerakan biasanya membutuhkan dasar penyangga minimal namun butuh dasar penyangga minimal atau tidak butuh penyangga atau bisa diartikan juga sebagai gerak yang tak berpindah tempat.

Gerakan stabilisasi atau disebut dengan gerakan non lokomotor yang termasuk dalam jenis ini diantaranya adalah turning, swinging dan swaying, pushing dan pulling, stretching dan bending serta twisting.

1. Pengertian Gerak Non Lokomotor Menurut Yudha M.Saptura Menurut pendapat Yudha M. Saputra, gerakan non lokomotor merupakan gerakan yang dilakukan hanya di tempat tanpa ada ruang gerak yang menggunakan kemampuan non lokomotor seperti meregang dan menekuk, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, memutar, melipat, melingkar, mengocok, melambungkan dan lain sebagainya.

2. Pengertian Gerakan Non Lokomotor Menurut Sudrajat Prawirasaputra Sedangkan menurut pendapat Sudrajat Prawirasaputra mengatakan jika keterampilan non lokomotor merupakan jenis keterampilan yang dilakukan dengan cara menggerakkan anggota badan seperti otot dan sendi pada kondisi tubuh pelaki yang statis, menetap, kaki tetap bertumpu di bidang tumpu atau tangan yang tetap berpengangan di pegangan.

3. Pengertian Gerakan Non Lokomotor Menurut KBBI Jika diartikan secara sederhana, gerakan non lokomotor adalah gerakan yang berbanding terbalik dengan lokomotor. Sebetulnya, seluruh gerakan motorik selain gerakan lokomotor atau locomotor movement adalah gerakan non lokomotor atau non locomotor movement. Pada tahap perkembangan anak, ada beberapa keterampilan non lokomotor dasar yang akan diajarkan pada anak dengan bertahap seperti memuntir tubuh, menekuk tubuh, memutar tubuh serta gerakan mengubah posisi anggota tubuh seperti kepala, tangan serta kaki.

1. Memutar Tubuh Gerakan memuntir atau memilin tubuh bisa dilakukan dengan cara memutar setengah bagian tubuh namun posisi kedua kaki tetap.

Nantinya, sistem gerak pada manusia yakni anggota tubuh dari mulai pinggang hingga kepala akan mengarah ke bagian samping.

2. Menekuk Tubuh Jenis gerakan non lokomotor berikutnya adalah gerakan menekuk tubuh. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara menunduk, jongkok serta menekuk tubuh. 3. Gerakan Memutar Tubuh Untuk jenis gerakan non lokomotor yakni gerakan memutar tubuh bisa dilakukan hanya dengan mengubah posisi kaki sehingga posisi tubuh akan apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan ke arah yang berbeda.

Contoh Gerak Non Lokomotor Beberapa jenis gerakan yang termasuk dalam contoh gerakan non lokomotor adalah berdiri tegak dengan satu kaki yang diangkat.

Ini merupakan salah satu keterampilan dasar keseimbangan.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Semakin tinggi titik berat badan dari sebuah bidang tumpu, maka akan semakin labil keseimbangan. Sedangkan jika bidang tumpu semakin kecil, maka posisi akan semakin seimbang. Ada beberapa contoh dari gerakan non lokomotor lainnya, seperti: • Gerakan menangkap. • Memutar: Bergerak di sekitar tubuh yang dilakukan dengan cara memutar beberapa bagian tubuh di sekitar sumbu sedangkan pangkal tidak mengubah kondisi yang biasanya dilakukan pada kepala serta tubuh. • Gerakan melempar.

• Gerakan menendang. • Gerakan membungkuk: Menggerakkan otot otot yang ada di sekitar sendiri tempat dua bagian tubuh bertemu. Ini merupakan bentuk menekuk tubuh dari posisi lurus ke kurva.

• Gerakan menjebak atau menjerat. • Gerakan melambung. • Gerakan bergulir. • Gerakan mengangkat: Dilakukan dengan cara mengangkat tubuh baik kaki atau lengan dan biasanya memakai benda berat untuk mengangkat kedua lengan.

• Gerakan memelanting.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

• Gerakan menggelinding. • Mengayun: Gerakan di bawah sumbu yang bisa jadi berbentuk gerakan bagian tubuh maju serta mundur atau bisa juga dari sisi ke sisi. • Gerakan menyepak. Cara Melakukan Gerakan Non Lokomotor Gerakan non lokomotor merupakan gerakan dasar yang dilakukan tanpa harus berpindah tempat seperti contohnya menarik, menggoyangkan pinggul serta bahu, memutar serta meliuk.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan gerakan non lokomotor dengan memakai anatomi tubuh: 1. Memuntir Tubuh Gerakan memuntir atau memilin tubuh bisa dilakukan dengan cara memutar setengah tubuh namun kedua kaki berada dalam posisi tetap. Sesudah itu, anggota badan dari mulai pinggang hingga kepala diarahkan ke samping kiri dan ke kanan. 2. Menekuk Tubuh Untuk gerakan non lokomotor menekuk tubuh bisa dilakukan dengan cara jongkok, menunduk dan juga bisa menekuk tubuh ke samping.

3. Memutar Tubuh Untuk melakukan gerakan memutar tubuh caranya sangat mudah yakni hanya dengan mengubah posisi kaki supaya posisi tubuh menghadap pada arah yang berbeda.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

4. Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh yakni Tangan, Kaki serta Kepala Untuk gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak membuat tubuh berpindah secara menyebabkan semua tubuh berpindah menyeluruh ke tempat lain terdiri dari banyak contoh seperti melipat tangan, menggelengkan kepala, merangkak, merentangkan tangan serta mengangkat satu kaki. Gerakan Non Lokomotor Dalam Sepak Bola Apabila dilihat dari segi rumpun gerak serta keterampilan dasar di permainan sepakbola, maka ada tiga dasar keterampilan dasar pada permainan sepakbola yakni lokomotor, non lokomotor dan juga manipulatif.

Lokomotor adalah gerakan berpindah dari lokasi satu ke lokasi lain seperti melompat, meluncur dan lari. Sedangkan gerak non lokomotor adalah salah satu jenis gerak yang tak berpindah tempat seperti contohnya melempar, melenting, menjangkau dan meliuk. Beberapa gerakan non lokomotor inilah yang biasanya banyak ditemui pada permainan sepakbola.

Sedangkan untuk manipulatif sendiri adalah salah satu jenis gerakan untuk memanipulasi dari sebuah benda dan dalam hal ini adalah bermain bola. Gerakan manipulatif di dalam permainan sepak bola diantaranya adalah menyundul, merampas, melempar, menggiring serta menangkap bola. Bobo.id - Dalam beragam jenis aktivitas olahraga sehari-hari, kita melakukan gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor contohnya ketika kita berlari merebut bola dalam permainan bola basket.

Gerak non lokomotor contohnya ketika kita menggelengkan kepala untuk melihat bola dalam permainan sepak bola. Gerak manipulatif contohnya memukul kok ketika melakukan servis pada permainan bulu tangkis. Lalu, apa yang dimaksud dengan gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif? Yuk, simak jawabannya dari penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli Gerak Lokomotor Gerak lokomotor dalam olahraga adalah gerakan bergerak dengan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain.

Contoh umum gerakan lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan memanjat. Adapun beberapa contoh gerakan lokomotor dalam berbagai jenis aktivitas olahraga berikut ini.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

1. Sepak Bola: berlari ketika menggiring bola, penjaga gawang menangkap bola agar tidak masuk ke dalam gawang. 2. Bulu Tangkis: berlari memukul kok ke arah lawan main, berjalan saat menerima kok. ARTIKEL TERKAIT • Selamat! Indonesia Berhasil Bawa Pulang 2 Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020 • Jangan Hanya Jaga Pola Makan, Pasien Diabetes juga Harus Aktif Bergerak, Ini 6 Olahraga yang Bisa Dipilih • Jangan Disepelekan, Ini 7 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Turunkan Kadar Gula Darah • Hati-Hati Bisa Cepat Rusak, Cuci Pakaian Olahraga dengan 8 Cara Ini
Pengertian Gerak Non Lokomotor serta Contohnya.

Gerak non lokomotor merupakan gerakan yang tidak menyebabkan berpindah tempat. Pada umumnya anak-anak kurang menyukai gerakan-gerakan ini dibanding kepada gerakan-gerakan lokomotor. Hal bisa dimaklumi mengingat sifat pergerakan dari keduanya memang berbeda dengan membawa cirinya masing-masing.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Berikut adalah penjelasan seputar Pengertian gerakan non lokomotor serta contohnya. Menurut Yudha M. Saputra (2000:20) gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat. Tanpa ada ruang gerak yang memakai kemampuan nonlokomotor terdiri dari menekuk dan merenggang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat, memutar, mengocok,melingkar, melambungkan dan lain-lain. Menurut Sudrajat Prawirasaputra (1999 : 26), keterampilan non lokomotor adalah jenis keterampilan yang dilakukan dengan menggerakkan anggota badan yang melibatkan sendi dan otot dalam keadaan badan si pelaku menetap, statis, kaki tetap menumpu pada bidang tumpu atau tangan tetap berpegang pada pegangan.

Yang termasuk ke dalam jenis gerakan non lokomotor adalah, berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat, keterampilan dasar ini termasuk kemampuan keseimbangan (balance).

Makin tinggi titik berat badan dari bidang tumpu, makin labil keseimbangan seseorang. Makin kecil bidang tumpu juga makin labil posisi keseimbangan.
KOMPAS.com - Gerak dasar manusia secara umum terdiri atas tiga macam gerak, yaitu lokomotor, non lokomotor dan manipulatif.

Maka tak heran jika ketiganya selalu ditemukan dalam aktivitas sehari-hari termasuk ketika melakukan kegiatan olahraga.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Ketika berkativitas seperti olahraga maupun kegiatan lainnya, tubuh akan melakukan banyak gerakan. Nah, di dalam gerakan itulah terdapat gerak lokomotor, non-lokomotor, maupun manipulatif yang dilakukan oleh bagian tubuh. Sebagai contoh, dalam olahraga bulu tangkis terdapat kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif saat memukul shuttlecock. Berikut adalah penjelasan mengenai gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif, seperti dilansir KOMPAS.com dari Bobo.Grid.id.

Baca juga: Rangkaian Gerak dalam Jalan Cepat Pengertian Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif • Pengertian Gerak Lokomotor Gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat. Dalam gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh gerak lokomotor adalah berlari, melompat, dan memanjat. Contoh lainnya, gerak melangkah dan mengayunkan lengan pada gerak berirama termasuk pola gerak dasar lokomotor.

Begitu juga dengan berlari untuk merebut bola dalam permainan sepak bola termasuk ke dalam gerak dasar lokomotor.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Untuk menjadi pesilat yang tangguh harus menguasai variasi gerak dasar lokomotor. Mengapa pesilat harus menguasai gerak dasar lokomotor?

Baca juga: Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Non-Lokomotor, dan Manipulatif dalam Sepak Bola Hal ini bertujuan untuk menghindar maupun menyerang yang tak bisa diam di tempat melainkan harus membuat perpindahan badan. Super League Ditangguhkan, "Biang Kerok" Ada di Antara Klub Inggris https://bola.kompas.com/read/2021/04/22/12150048/super-league-ditangguhkan-biang-kerok-ada-di-antara-klub-inggris https://asset.kompas.com/crops/6Iazv8sWtTf-M0yCKMMX65dXdCY=/4x108:822x654/195x98/data/photo/2021/04/21/60803265636ea.jpgTable of contents Contoh Gerak Nonlokomotor Contoh Gerak Nonlokomotor- Merupakan gerakan kebalikan dari lokomotor, artinya merupakan gerakan berpindah tempat.

Hola amigo senkeit, bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Contoh Gerak Nonlokomotor. Gerak non lokomotor Manusia adalah makhluk hidup yang melakukan gerak sebagai salah satu ciri-ciri kehidupannya. Pada dasarnya, gerak merupakan sebuah perpindahan yang dijalankan oleh satu atau keseluruhan anggota tubuh. Gerak pada manusia dilakukan oleh alat gerak manusia, yang terdiri atas tulang dan otot.

Kedua alat gerak tersebut saling bekerja sama agar berfungsi dengan sempurna, serta membantu manusia dalam melakukan perpindahannya. Gerak non lokomotor adalah pergerakan seseorang tanpa berpindah posisi atau tetap dalam posisi yang stabil. Tujuan utama melakukan gerak non lokomotor adalah untuk melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, serta tetap bertahan walau dalam posisi yang tidak sempurna.

Apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan non lokomotor adalah gerak yang tidak mengubah tempat, tetapi mampu menggerakkan kelenturan sendi ke segala arah. Salah satu contoh gerak non lokomotor adalah gerak dasar, yaitu melempar. Melempar merupakan gerak dasar yang mengarah ke satu benda, yang dipegang dengan cara mengayunkan ke arah tertentu. Tujuannya adalah melatih keterampilan motorik dalam menggunakan alat.

Untuk melakukan kegiatan melempar, dapat mempraktikannya dengan menggunakan bola yang dilempar ke segala arah. Berikut adalah cara melempar bola yaitu : • Melempar sejauh-jauhnya melalui atas kepala • Melempar ke sasaran yang telah ditentukan • Melempar dari samping • Menggelinding di atas tanah • Melempar dari belakang melalui bawah badan dan samping badan • Melempar dengan dua tangan, baik melalui atas maupun melalui badan Apa yang dimaksud dengan gerak lokomotor Dalam gerak lokomotor, seseorang harus memindahkan tubuh dari posisi A ke B dan ketika berpindah, tubuh akan terangkat untuk pindah ke posisi kedua.

Gerakan tersebut biasanya diajarkan pada anak anak usia dini, yakni saat latihan keterampilan gerak. Sebagian besar anak-anak akan belajar berjalan pada usia sekitar 1 tahun dan berlari saat usia 2 tahun. Ketermpilan gerak lokomotor bisa berkembang dari hasil tingkat kematangan perkembangan tertentu.

Namun latihan secara rutin dan pengalaman juga memiliki peran penting untuk mencapai kecakapan lokomotor seseorang. Baca juga : Jelaskan dan Amati 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Demikian pembahasan tentang artikel Contoh Gerak Nonlokomotorsemoga bermanfaat.

Salam Penulis
Tidak hanya dalam olahraga, gerak dasar lokomotor dan non lokomotor juga terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaannya masih sangat berkaitan dengan olahraga. Pada dasarnya, gerak lokomotor adalah suatu aktivitas yang mana bagian tubuh bergerak.

Melalui gerakan tersebut, maka tubuh pun dapat bergerak dari satu titik ke tempat lainnya. Baca Juga : Sportpedia: Macam-Macam Start dalam Lari Jarak Pendek yang Perlu Kamu Ketahui Kegiatan yang termasuk dalam gerak dasar lokomotor antara lain berlari, melompat, berjalan, dan memanjat.

Selain itu, terdapat juga berjingkat, merayap, menderap dan gerakan lainnya. Sementara gerak dasar non lokomotor, sejumlah bagian tubuh juga bergerak. Hanya saja, aktifitas ini tak menyebabkan tubuh berpindah ke tempat lainnya, alias statis di satu titik saja. Sejumlah aktivitas pun bisa dikategorikan dalam gerak dasar non lokomotor.

Sebut saja antara lain memutar, menggeleng, membungkuk, dan juga mengayunkan tangan atau kaki. Biasanya, gerakan non-lokomotor kerap digabungkan dengan gerakan lokomotor. Contohnya terdapat dalam olahraga sepak bola. Dalam olahraga ini, seorang pemain melakukan gerakan lokomotor berupa lari. Namun, ketika hendak melepaskan tendangan, salah satu kaki juga diayunkan dengan keras, hingga tercipta sebuah tendangan.

Hal ini merupakan satu dari banyak contoh apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan yang mengkombinasikan keduanya. Baca Juga : Atlet Lari Gawang Norwegia Pecahkan Rekornya Sendiri di Olimpiade Tokyo 2020 Meski begitu, tidak semua gerakan olahraga harus menggabungkan keduanya. Terdapat beberapa olahraga yang membuat para atletnya hanya perlu melakukan salah satu di antaranya. Tentunya mayoritas olahraga membutuhkan gerak dasar lokomotor.

apa yang dimaksud dengan gerak dasar non lokomotor jelaskan

Paling sederhana adalah lari, yang harus dilakukan mayoritas olahragawan seluruh dunia. Walau demikian, bukan berarti tidak ada olahraga yang hanya membutuhkan gerak dasar non-lokomotor. Salah satunya adalah lempar cakram yang hanya butuh berputar dan melempar, atau angkat besi yang membutuhkan seorang atlet untuk mengangkat.

PERBEDAAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR




2022 www.videocon.com