Doa wudhu lengkap dengan gambar latin

doa wudhu lengkap dengan gambar latin doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Bacaan doa wudhu pdf lengkap dengan gambar, latin, arab dan artinya akan kami bagikan gratis untuk Anda, tapi sebelumnya akan kami ulas sedikit terkait permasalahan doa wudhu ini, apakah memang perlu menghafal semuanya atau tidak.

Pertama akan kami jelaskan secara singkat tentang apa itu wudhu dan tata caranya yang sesuai dengan sunnah, lalu penjelasan lainnya terkait doa wudhu, baru nanti akan kami berikan link download doa wudhu dalam bentuk file Pdf dan doc.

Daftar Isi: • Wudhu • Seputar Tata Cara Wudhu • Tata Cara Wudhu dan Doanya Dengan Gambar • 1. Niat • 2. Membaca Bismillah • 3. Mencuci Telapak Tangan • 4. Berkumur Kumur dan Istinsyaq • 5. Mengalirkan Air ke wajah • doa wudhu lengkap dengan gambar latin.

Mencuci Kedua Tangan Hingga Siku • 6 Mengusap Kepala dan Telinga • 7. Mencuci Kedua Kaki Sampai Mata Kaki • 8. Bacaan Doa Setelah Wudhu • Doa Seputar Wudhu • Download Doa Wudhu Lengkap Pdf • Doa Wudhu Lengkap Doc Wudhu Wudhu adalah menghilangkan hadast kecil ketika akan melakukan ibadah yang mensyaratkan wudu, tapi wudu juga bisa di lakukan kapan saja sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah seperti yang di contohkan oleh sahabat Bilal Radhiallahu anhu.

Tentu wudhu yang benar adalah sesuai dengan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam beserta sahabatnya, berdasarkan keterangan hadits sahih dan penjelasan para ulama, lalu bagaimana cara berwudhu yang benar tersebut.

Seputar Tata Cara Wudhu Tata cara wudhu dan keterangan wajibnya wudhu ketika akan sholat adalah berdasarkan Al Quran surat AL Maidah ayat 6, Allah Ta’ala berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah …” (QS.

Al Maidah: 6). Dari ayat di atas, bisa di simpulkan bahwa wajib wudhu ada 4 yaitu: • Membasuh muka • Membasuh tangan sampai siku • Menyapu kepala • Membasuh kaki sampai mata kaki Jika kita berwudhu dan hanya mengerjakan 4 hal tersebut maka wudhu kita sudah sah, cuma tidak sempurna, yang sempurna adalah sesuai dengan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam, dan selain ke empat hal di atas maka hukumnya sunah.

Tata Cara Wudhu dan Doanya Dengan Gambar Kami akan tuliskan terlebih dahulu tata caranya, dan di akhir tulisan baru kami berikan dalil atau landasan hadisnya. 1. Niat Jika seorang hendak berwudhu maka yang pertama di lakukan adalah niat di dalam hati, dan tidak ada lafalz khusus terkait niat. 2. Membaca Bismillah Mengucapkan ‘bismillah’ karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, doa wudhu lengkap dengan gambar latin وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ Artinya: “Tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah”.

Namun jika lupa, maka tidak ada kewajiban apa-apa.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

3. Mencuci Telapak Tangan Mencuci kedua telapak dan punggung tangan sebanyak tiga kali sebelum memulai wudhu. 4. Berkumur Kumur dan Istinsyaq Memasukan air ke mulut atau berkumur-kumur lalu mengeluarkannya juga memasukkan (menghirup air kedalam hidung (istinsyaq).

Lalu mengeluarkannya kembali (istintsar). Catatan: Berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung dilakukan dengan satu cidukan, tidak mengambil air untuk mulut sendiri dan hidung sendiri. Demikianlah yang dipraktekan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

5. Mengalirkan Air ke wajah Mengambil air menggunakan kedua tangan lalu di alirkan ke wajah, adapun batasan wajahnya adalah tempat tumbuhnya rambut kepala hingga dagu dan dari telinga ke telinga. Jika ada jenggot maka di cuci juga walaupun tidak lebat dengan menyela nyela jenggot. 6. Mencuci Kedua Tangan Hingga Siku Mencuci kedua tangan hingga siku, sebagaimana firman Allah di dalam surat Al Maidah ayat 6, yang sudah kami tuliskan di atas.

6 Mengusap Kepala dan Telinga Mengusap kepala disertai telinga sekali. Mengusap kepala dimulai dari depan, kemudian diusap ke belakang sampai ke tengkuk, lalu dibalikkan ke depan. Kemudian dilanjutkan dengan mengusap kedua telinga dengan air yang tersisa dari mengusap kepala. Catatan: mengusap artinya tidak mengalirkan air, hanya mengambil air ke tangan lalu buang dan usapkan ke kepala.

7. Mencuci Kedua Kaki Sampai Mata Kaki 8. Bacaan Doa Setelah Wudhu Lalu di lanjutkan dengan berdoa setelah wudhu, dengan doa sebagai berikut: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ Bacaan doa setelah wudhu latin Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh.

Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriin. Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik. Arti Doa Setelah Wudhu Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya.

Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang doa wudhu lengkap dengan gambar latin dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci.

Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu. Doa Seputar Doa wudhu lengkap dengan gambar latin Diatas itu adalah cara dan doa ketika berwudhu yang sunnah berdasarkan hadits sahih yang di jelaskan oleh para ulama. Tapi di masyarakat kita Indonesia ada beredar doa wudhu yang mengiringi setiap basuhan di atas, misal ketika berkumur ada bacaan khusus, ketika membasuh muka ada bacaan khusus dan begitu seterusnya sampai kaki ada bacaannya sendiri.

Lalu apa hukumnya membaa doa ketika membasuh setiap anggota badan ketika wudhu? Terus terang kami belum mendapati adanya dalil dan pendapat ulama akan hal ini, jadi kami sendiri tidak mengamalkannya, bagi kami cukuplah apa yang datang dari nabi dan keterangan ulama sebagai pegangan setiap amalan kami. Mengapa? Karena yang kami pegang sudah jelas berdasarkan hadits sahih, dan lainnya kami tidak mendapati dalil pastinya, jika kami mengikuti amalan yang belum jelas dalilnya maka kami takut terjerumus kepada perkara agama yang di ada adakan atau bidah.

Jadi yang kami pegang insya Allah lebih aman dan selamat, wallahu a’lam. Tapi jika anda ingin mengamalkan doa wudhu lengkap yang ada bacaan ketika membasuh semua bagian tubuh, sebaiknya tanyakan dulu ke ustadz yang anda kenal tentang dalilnya, dan kami disini hanya memberikan link pdf nya saja, bukan kami doa wudhu lengkap dengan gambar latin untuk mengamalkannya.

Download Doa Wudhu Lengkap Pdf Pertama adalah link download doa wudhu lengkap sesuai dengan sunnah dalam bentuk pdf, yang isinya adalah doa wudhu dalam bahasa arab, latin dan artinya. Untuk mengunduhnya silahkan anda klik di bawah ini. Artikel Terbaru • Apa yang dimaksud dengan iklan layanan masyarakat? • Contoh Lamaran Kerja Via Email PDF • Omnibus Law PDF • Contoh Curriculum Vitae PDF • Contoh Buku Non Fiksi • Sejarah Dunia Yang Disembunyikan PDF • Surat Lamaran Kerja PDF Edit • Surah Yasin PDF • Bacaan Sholat Jenazah Lengkap PDF Daftar Isi: • Wudhu • Doa Sebelum Wudhu • Doa Setelah Wudhu Arab, Latin dan Artinya • Doa Sesudah Wudhu Pendek yang Sahih • Doa Setelah Wudhu Latin • Artinya • Arti Doa Setelah Wudhu Lengkap: • Kesimpulan Wudhu Wudhu adalah membersihkan hadas atau kotoran yang ringan di tubuh, dengan mengalirkan air ke beberapa bagian tubuh kita.

Hukum wudhu bisa wajib dan bisa sunnah, tergantung niat atau tujuan kita berwudhu. Contoh wudhu menjadi wajib adalah ketika kita akan sholat, karena kalau kita tidak berwudhu, maka sholat kita tidak akan di terima dan batal. Contoh wudhu sunnah adalah ketika kita hendak tidur atau wudhu setiap kali batal, karena tidur dan menjaga wudhu adalah perkara sunnah. Jadi hukum wudhu mengikuti amalan setelahnya, jika amalan tersebut mensyaratkan wudhu maka wudu menjadi wajib, jika amalan tersebut tidak mensyaratkan wudhu maka wudhu tersebut sunnah.

Doa Sebelum Wudhu Doa sebelum wudhu yang sering di pahami oleh kita adalah lafadz niat sebelum wudhu, yang kita mahfum bahwa sebelum melakukan amalan harus di sertai dengan niat dan ini adalah benar adanya, karena tanpa niat ibadah apapun tidak akan di terima. Tapi apakah setiap niat harus di ucapkan dengan suara keras atau lirih?, atau cukup di dalam hati saja?.

Wallahu a’lam, kami lebih memilih untuk tidak mengucapkan niat, karena ini yang mahsyur dalam kalangan ulama salaf, seperti yang di katakan oleh Imam Ibnul Qayim rahimahullah dalam kitab Zaadul Ma’ad: ”Jika seseorang menunjukkan pada kami satu hadits saja yang datang dari Rasul dan para sahabat tentang perkara mengucapkan niat, tentu kami akan menerimanya dengan lapang dada. Karena prinsipnya tidak ada petunjuk yang lebih sempurna dari petunjuk Nabi dan sahabatnya”. “Dan tidak ada petunjuk yang patut diikuti kecuali petunjuk yang disampaikan oleh pemilik syari’at yaitu Nabi Muhammad shalallahu ’alaihi wa sallam.” Dan sebelumnya beliau mengatakan mengenai petunjuk Nabi dalam shalat,”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila hendak mendirikan shalat maka beliau mengucapkan : ‘Allahu Akbar’.

Dan beliau tidak mengatakan satu lafadz pun sebelum takbir dan tidak pula melafadzkan niat sama sekali.” Kontek di atas memang membicarakan tentang mengucapkan niat dalam sholat, tapi secara garis besar mencakup semua amalan yang tidak ada keterangan dari Nabi shalallahu ’alaihi wa sallam tentang mengucapkan niat.

Dan yang lebih tegas lagi perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam Al Fatawa Al Kubro, yaitu: “Letak niat adalah di hati bukan di lisan. Hal ini berdasarkan kesepakatan para ulama kaum muslimin dalam segala macam ibadah termasuk shalat, wudhu, zakat, haji, puasa, memerdekakan budak, jihad dan doa wudhu lengkap dengan gambar latin Beliau juga melanjutkan, tidak ada satupun riwayat baik yang sahih maupun dhoif tentang mengucapkan niat sebelum berwudhu “nawaitu rof’al hadatsi (aku berniat untuk menghilangkan hadats …)”.

Jadi kami tidak mengucapkan niat seperti niat yang sering di amalkan oleh masyarakat kita, yang bacaannya adalah: ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَ ﻟِﺮَﻓْﻊِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍْﻻَﺻْﻐَﺮِ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ Bacaan Niat Wudhu Latin: “Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa” Arti Niat Wudhu: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala” Lalu apa niat doa sebelum wudhu?, apakah ada?

atau langsung membasuh anggota tubuh?. berikut penjelasannya: Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ وُضُوءَ لَهُ وَلاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى عَلَيْهِ “Tidak ada shalat bagi yang tidak ada wudhu.

Tidak ada wudhu bagi yang tidak membaca bismillah di dalamnya.” [HR. Abu Daud no. 101 dan Ibnu Majah no. 399.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan]. Sebagian ulama mendhaifkan hadits ini, namun banyak datang dari berbagai jalur, sehingga hadits ini menjadi kuat. Sedangkan penafian (peniadaan) yang disebutkan dalam hadits di atas maknanya adalah kesempurnaan. Jadi maksudnya adalah tidak sempurna wudhunya. Jadi bacaan doa sebelum wudhu yang sesuai dengan sunnah adalah membaca Basmallah, atau Bismillah, bisa juga di lengkapi “Bismillahirahmannirahim”, yang artinya, “dengan nama Allah” Dan membaca basmallah ini bukan merupakan kewajiban, hanya berupa kesempurnaan saja, tapi selayaknya kita membacanya karena ini sunnah yang di anjurkan.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Doa Setelah Wudhu Arab, Latin dan Artinya Berikut ini adalah 2 doa wudhu paling shahih, yang pendek dan panjang, pertama adalah doa yang pendek yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya. Doa Sesudah Wudhu Pendek yang Sahih أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ Doa Setelah Wudhu Latin “Asyhadu an laa ilaaha illalloh wahdahu laa syariikalah.

Wa asyhadu wa anna muhammadan ‘abduhuu warosuuluh” Artinya “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya”. Dan yang kedua adalah doa wudhu panjang riwayat Muslim dan At Tirmidzi, yang berbunyi: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَلَهُ “ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAH” Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ “WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUH” Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ “ALLAAHUMMAJ-’ALNII MINAT TAWWAABIINA” Ya Allah, jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang rajin bertaubat وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ “WAJ-’ALNII MINAL MUTATHOH-HIRIINA” Dan menyucikan diri Arti Doa Setelah Wudhu Lengkap: “Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.” “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri.” [HR. Muslim & Tirmidzi]. Kesimpulan Doa sebelum wudhu adalah doa pendek, yaitu hanya membaca “Basmallah”. Doa setelah wudhu ada dua, yang pendek dan yang panjang “lebih sempurna”, kita doa wudhu lengkap dengan gambar latin memilih salah satunya, tapi lebih baik memilih yang lebih lengkap.

Demikian ulasan kali ini tentang doa setelah wudhu berdasarkan hadist sahih dan keterangan ulama, semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan.
Bacaan Doa Membasuh Anggota Wudhu – Sebagaimana kita tahu bahwa pada setiap gerakan wudhu biasanya memiliki bacaan doanya tersendiri, dari doa saat melihat air doa ketika mau berkumur, doa membasuh muka, bacaan doa membasuh tangan kanan dan kirim sampai pada saat membaca doa seketika membasuh kaki kanan dan kaki kiri.

Tapi perlu diketahui bahwa bacaan doa ini tidaklah wajib. Di bawah ini adalah doa wudhu lengkap dengan gambar. doa wudhu lengkap dengan gambar Bacaan Doa-doa Membasuh Anggota Wudhu Lengkap Beserta Latin berikut Terjemahnya اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah.

Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci” Demikian sudah berbagai bacaan doa doa saat membasuh anggota tubuh dalam wudhu secara lengkap ada latin dan terjemahannya dan juga doa wudhu lengkap dengan gambar yang bisa kita baca dan tiru caranya, dengan adanya terjemahan dari bacaan doa diatas maka anda jadi lebih memahami maknanya.

Tapi jika anda membaca Bismillah pada waktu akanmulai wudhu itu juga tidak apa-apa. Selanjutnya anda bisa membaca artikel ini Doa al makhturat – Keutamaan dan Fadhilah Membaca doa tersebut. Demikianlah doa wudhu lengkap dengan gambar semoga kita semua dapat mempraktekannya dengan benar. Postingan Terbaru • Amalan Doa Supaya Kaya yang dibaca oleh Nabi Sulaiman A.S.

• Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Minimalis • Harga Nokia X Dual RM-980 • Harga Baru Dan Bekas Nokia Lumia 730 Dual SIM • Harga Dan Spesifikasi Nokia 230 Dual SIM • Harga Dan Spesifikasi Nokia Lumia 625 8GB • Harga Dan Spesifikasi Vivo Y51 Terupdate Bandung, NU Online Jabar Wudhu merupakan salah satu cara bersuci selain mandi.

Wudhu atau bersuci dari hadats kecil juga menjadi syarat sahnya shalat. Adapun dalil yang mendasari perintah wudhu sebelum shalat adalah surat al-Maidah ayat 6: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ “Wahai orang yang beriman, bila kalian hendak shalat, basuhlah wajah kalian, tangan kalian hingga siku, usaplah kepala kalian, dan (basuhlah) kaki kalian hingga mata kaki,” Adapun berikut ini adalah lafal doa sesudah wudhu: أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu.

Allahumma ij’alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad. “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.

Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Maha suci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Doa wudhu lengkap dengan gambar latin, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu.

Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada nabi Muhammad dan keluarganya.” Apabila waktu masih memungkinkan, maka sebaiknya dilanjutkan dengan membaca surat al-Qadr 3X, dan dilanjutkan dengan doa: اللهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ وَوَسِّعْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ وَلَا تَفْتِنِّيْ بِمَا زَوَيْتَ عَنِّيْ Allahumma ighfir li dzanbî wa wassi’ fî dâri, wa bârik fî rizqiî, wa lâ taftinî bi mâ zawaita ‘annî.

“Ya Allah, ampuni dosaku, lapangkan tempat tinggalku, berkahi aku dalam rizqi, dan jangan Engkau fitnah aku dengan halangan dari-Mu”. Adapun tata cara dan adab membaca doa sesudah wudhu: Pertama, sebaiknya diucapkan ketika keluar dari tempat kamar mandi atau tempat wudhu sambil menengadahkan tangan ke atas dan menghadap kiblat, dan dilakukan cukup dengan berdiri saja.

Kedua, sebaiknya tidak mengelap ait wudhu yang masih menempel di tubuh menggunakan handuk atau sapu tangan, karena wudhu adalah ibadah maka air wudhu yang menempel pada tubuh merupakan air yang penuh dengan keberkahan Editor: Agung Gumelar Sumber: NU Online
Bagi yang terkena hadats besar, maka harus melaksanakan mandi wajib terlebih dahulu.

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa wudhu secara lengkap mulai dari membasuh telapak tangan, berkumur, membasuh hidung, muka, tangan, dahi, telinga, hingga kaki. Wudhu boleh diganti dengan tayamum namun dengan syarat tidak menemukan air dalam jarak yang cukup jauh. Apabila terdapat air, meskipun air hujan atau air sungai asalkan suci untuk berwudhu maka lebih baik berwudhu. Langsung saja silahkan simak di bawah ini penjelasan mengenai doa berwudhu secara lengkap mulai dari awal hingga akhir beserta gambar dilengkapi dengan tata cara, panduan, tuntunan wudhu bagi yang belum tahu, terutama anak-anak.

Doa Wudhu Membasuh Anggota Tubuh Doa wudhu dimulai dari membasuh kedua telapak tangan terlebih dahulu, kemudian niat dibaca pada saat akan membasuh muka setelah membasuh dua lubang hidung. Sebelum dan sesudah wudhu pun ada doa tersendiri yang dapat diucapkan.

Berikut adalah urutannya. 1. Doa Sebelum Wudhu Sebelum berwudhu, bacalah doa singkat untuk mengawalinya. Berikut adalah lafadz doa bacaan sebelum wudhu sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia. اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا Al-hamdu lillahilladzi ja’alal-ma’a tahuran. Artinya: "Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan Air suci lagi menyucikan." 2.

Doa Membasuh Kedua Telapak Tangan Setelah berdoa, awali wudhu dengan membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Kemudian lafadzkan doa singkat berikut ini. اَللّٰهُمَّ احْفَظْ يَدَيَّ مِنْ مَعَاصِكَ كُلِّهَا Allohummahfadz Yadayya Min Ma’asyika Kulliha. Artinya: "Ya Allah peliharalah kedua tanganku dari semua perbuatan maksiat pada-Mu." 3.

Doa Berkumur Lanjutkan dengan berkumur sebanyak tiga kali. Sebelum berkumur, terlebih dahulu bacalah doa pendek di bawah ini karena kita tidak mungkin dapat membaca doa ketika tengah berkumur. اَللّٰهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ Allohumma a’inni ‘Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni ‘Ibadatika. Artinya: "Ya Allah bantulah aku untuk selalu berdzikir kepadamu dan selalu memperbaiki ibadah kepadamu" 4.

Doa Membasuh Hidung Dilanjutkan dengan membasuh kedua lubang hidung, pastikan air masuk doa wudhu lengkap dengan gambar latin dalam lubang hidung dan membersihkan kotoran di dalamnya. Lakukan sambil membaca doa ringkas di bawah ini. اَللّٰهُمَّ أَرِحْنِي رَائِحَةَ الجَـنَّةِ وَاَنْتَ عَنِّي رَاضٍ Allohumma Arihni Roihatal Jannati wa anta annii rodliin.

Artinya: "Ya Allah berikan aku penciuman wewangian syurga dan keadaan Engkau terhadap diriku yang selalu meridhoi." 5. Doa Membasuh Muka (Niat Wudhu) Doa membasuh wajah ketika berwudhu disebut juga dengan doa niat wudhu. Bacaannya adalah sebagai berikut. اَللّٰهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ Allohumma bayyid wajhiy yauma tabyadu wujuuh wa taswaddu wujuuh.

Artinya: "Ya Allah putihkan wajahku pada hari menjadi putih berseri wajah-wajah kaum muslimin dan menjadi hitam legam wajah-wajah orang kafir." 6. Doa Membasuh Kedua Lengan Basuhlah kedua tangan dimulai dari yang kanan terlebih dahulu, mulai dari ujung tangan hingga siku, pastikan seluruh bagian tubuh tersebut tersiram air lalu bacalah doa berikut ini untuk tangan kanan.

اَللّٰهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرًا Doa wudhu lengkap dengan gambar latin A’thini kitabi biyamini wa hasibni hisaban yasiro. Artinya: "Ya Allah berikanlah kepadaku kitab amalku dari dari tangan kananku dan hisablah aku dengan penghisaban yang ringan." Untuk tangan kiri, doa wudhunya adalah sebagai berikut. اَللّٰهُمَّ لاَ تُعْطِنِى كِتاَبِى بِشِمَالِى وَلاَمِنْ وَرَاءِ ظَهْرِىْ Allohumma Laa Ta’thini Kitabi bisyimali walaa min waro’i dzohri.

Artinya: "Ya Allah jangan Engkau berikan kepadaku kitab amal dari tangan kiriku atau pada belakang punggungku." 7. Doa Membasuh Dahi Setelah itu, kemudian basuhlah dahi hingga menyentuh sedikit bagian rambut. Lakukan sebanyak tiga kali dan bacalah doa berikut doa wudhu lengkap dengan gambar latin. اَللّٰهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ Allohumma harrim sya’ri wabasyari ‘Alannari.

Artinya: "Ya Allah haramkan rambutku dan kulitku atas api neraka." 8. Doa Membasuh Kedua Telinga Selanjutnya adalah membasuh kedua telinga. Ada yang melakukannya bersamaan ada pula yang membasuh telinga kanan terlebih dahulu kemudian telinga kiri. Semuanya benar, dan jangan lupa bacalah doa berikut. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ Allohummaj’Alni minalladina yastami’unal Qoula fayattabi’una ahsanahu Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan nasehat dan mengikuti sesuatu yang terbaik." 9.

Doa Membasuh Kedua Kaki Gerakan wudhu terakhir adalah membasuh kedua kaki mulai dari ujung hingga pangka mata kaki. Mulai dari kaki kanan terlebih dahulu kemudian baru kiri. Lakukan sebanyak tiga kali dan baca doa berikut untuk kaki kanan. اَللّٰهُمَّ ثَبِّتْ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تُثَبِّتُ فِيْهِ اَقْدَامَ عِبَادِكَ الصَالِحِينَ Allohumma Tsabbit Qodamayya ‘Alaas Syirothi yauma tutsabbitu fiihi Aqdama ‘ibaadikas shoolihiin Artinya: "Ya Allah, mantapkan kedua kakiku di atas titian (shirothol mustaqim) pada hari dimana banyak kaki-kaki yang tergelincir." Untuk kaki kiri bacaanya menjadi sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ لَاتَزِلُّ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ فِي النَّارِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ اَقْدَامُ الْمُنَافِقِيْنَ وَالْمُشْرِكِينَ Allohumma laa tazillu Qodamayya ‘Alaa Syirothi fin naar yauma tazillu fiihi Aqdamul munaafiqiina wal musyrikiina. Artinya: "Ya Allah jangan kau gelincirkan langkah (pendirianku) pada jalan neraka pada hari digelincirkannya langkah (pendirian) orang-orang munafik dan orang-orang musyrik." 10.

Doa Setelah Wudhu Terakhir sebagai penutup, bacalah doa setelah wudhu berikut ini. Lakukan dengan berdiri tegak sambil menadahkan tangan ke atas. Berikut adalah lafadz bacaan doanya. اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْ Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina. Artinya: "Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah.

Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh." Tata Cara Berwudhu Lengkap Dengan Gambar Untuk tata cara berwudhu telah dijelaskan secara lengkap sebelumnya.

Secara ringkas, wudhu dilakukan dengan diawali berdoa, kemudian membasuh kedua telapak tangan, lalu berkumur, dilanjutkan dengan memasukkan air ke dalam hidung. Setelah itu, wudhu dilanjut dengan membasuh muka hingga merata, lalu membasuh kedua tangan, dahi, telinga, kaki, dan diakhiri dengan membaca doa setelah wudhu. Semua gerakan tersebut dilakukan sebanyak tiga kali.

Berikut adalah gambar penjelasannya.
Doaharianislami.com - Sebagai seorang muslim pasti kita sudah mengetahui bahwa wudhu merupakan bagian penting dari sholat. Jika wudhunya tidak syah maka sholatnya pun tidak syah, oleh karena itu ketika berwudhu kita harus mengetahui apa saja rukun, dan syarat-syarat wudhu setelah itu barulah sunahnya.

Doa wudhu lengkap dengan gambar latin Doa Setelah Wudhu dan Artinya Kita berwudhu kita juga harus sesuai dengan rukun-rukun wudhu mulai dari niat, membasuh muka sampai dengan membasuh kedua tapak kaki sampai dengan mata kaki dan tentu saja mengerjakannya dengan ber urutan sesuai dengan rukun wudhu. Namun akan lebih baik jika mengerjakan sunah-sunah wudhu juga seperti membaca "basmalah" pada saat mulai wudhu, membasuh kedua tapak sampai pergelangan tangan saat hendak wudhu, berkumur dan sunah-sunah wudhu lainnya.

Baca juga: Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Barulah setelah wudhunya selesai membaca doa setelah berwudhu. Nah bagi yang belum hafal doa setelah wudhu berikut ini adalah bacaan doa setelah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahannya. Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiina.

Artinya: "Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh" Barang siapa yang di akhir wudhu syahadat dan doa tersebut, maka akan dijamin masuk surga dengan delapan pintu yang disediakan untuknya, terserah mau masuk surga melalui pintu mana yang disukainya.

(HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi) Baca juga: Niat tayamum dan cara bertayamum yang benar Demikianlah mengenai doa setelah selesai wudhu beserta artinya, membaca doa setelah selesai berwudhu hukumnya adalah sunah, jadi tidak apa-apa jika tidak membacanya. Namun alangkah baiknya dan lebih afdhol jika selalu membaca doa tersebut setiap selesai berwudhu. Wudhu kita pun menjadi lebih sempurna karena mengamalkan sunah-sunahnya dan sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rasulullah Saw. Dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.Wudu merupakan kegiatan wajib doa wudhu lengkap dengan gambar latin salat.

Hukum berwudu sifatnya wajib bagi umat muslim untuk menyucikan diri. Selain salat, wudu juga dilakukan sebelum membaca Al-Quran. Wudu bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit, sekaligus menggugurkan dosa pada anggota tubuh. Adapun tata cara berwudu, seperti melakukan doa sebelum dan setelah wudu. Dalil Perintah Wudu Sebelum Salat Dalam Al Quran surat Al-Maidah ayat 6, menjelaskan dalil perintah wudu sebelum salat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ Artinya: Bacaan Doa Sebelum Wudhu Lafal niat wudu yaitu: أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى Ushalli sunnatal wudhu‘i rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: "Saya niat salat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala”. Kemudian Anda bisa membasuh air ke bagian tubuh yang diwajibkan dan disunahkan ketika wudu. 2. Membaca basmalah 3. Membasuh kedua tangan 4. Doa wudhu lengkap dengan gambar latin tiga kali 5. Menghirup air ke dalam hidung sebanyak tiga kali 6. Melafalkan niat wudu sebelum membasuh wajah. نَوَيْتُ رَفْعَ الحَدَثِ لِلهِ تَعَالَى Nawaytu raf‘al hadatsi lillāhi ta’ālā. atau نَوَيْتُ فَرْضَ الوُضُوْءِ لِلهِ تَعَالَى Nawaytu fardhal wudhū’i lillāhi ta’ālā.

7.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Membasuh wajah tiga kali 8. Membasuh tangan sampai siku sebanyak tiga kali 9. Mengusap sebagian kulit kepala dengan air sebanyak tiga kali 10. Menyapu seluruh bagian kepala dan rambut 11. Menyapu kedua telinga luar sebanyak tiga kali 12. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali 13. Menghadap kiblat 12.

Membaca doa setelah wudhu Doa Setelah Wudhu أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا doa wudhu lengkap dengan gambar latin لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ، وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوبُ إلَيْكَ Doa Setelah Wudhu Latin Asyhadu an lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lahū, wa asyhadu anna Muhammadan abduhū wa rasūluhū.

Allāhummaj’alnī minat tawwābīna, waj’alnī minal mutathahhirīna. Subhānakallāhumma wa bi hamdika asyhadu an lā ilāha illā anta, astaghfiruka, wa atūbu ilayka. Artinya: Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci. Baca Juga • Bacaan Ayat Kursi Beserta Artinya Manfaat Wudu untuk Kesehatan Setiap hari umat muslim membasuh tubuhnya dengan air. Wudu memiliki dua aspek, yaitu pencucian bagian tubuh manusia dan kebersihan hati.

Wudu juga digunakan untuk membersihkan kesalahan dan dosa anggota-anggota tubuh. Doa wudhu lengkap dengan gambar latin juga bermanfaat untuk kesehatan. Dari jurnal berjudul Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadits) dalam Perspektif Imam Musbikin membahas tentang manfaat wudu. 1. Berkumur-kumur Berkumur ketika wudu dapat menghilangkan bau tidak sedap dalam mulut. Berkumur dengan air dan menyikat gigi bisa membuat mulut lebih segar. 2. Mencegah pilek Berdasarkan penelitian, berkumur memakai air dapat mencegah demam dan pilek.

Berkumur dapat membersihkan tenggorokan dari bakteri, sekaligus mencegah penyakit lain. 3. Menjaga kesehatan gigi Tata cara wudu adalah berkumur sebanyak tiga kali. Anda juga bisa menggunakan siwak (batang atau ranting pohon arak) untuk membersihkan kotoran di gigi.

4. Menghilangkan plak gigi Membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan berkumur dapat menghilangkan plak gigi. Plak adalah lapisan tipis dan transparan yang berada di permukaan gigi. Plak menyebabkan gusi merah, bengkak, sampai mudah berdarah. Plak gigi juga menyebabkan peradangan di ujung saraf perasa. Akibatnya, penderita merasa ngilu ketika makan dan minum.

5. Manfaat memasukkan air ke hidung ketika wudu Memasukkan air ke hidung ketika wudu disebut istinsyaq. Ketika wudu, istinsyaq dilakukan sebanyak tiga kali. Proses ini dapat membuang bakteri dari lubang hidung. Bakteri dan mikroba yang ada pada hidung dapat berpindah ke tenggorokan, sehingga berisiko menimbulkan berbagai penyakit.

6. Membasuh wajah Membasuh wajah dengan air bermanfaat untuk kelembapan. Selain itu, membasuh wajah dengan air bisa menyegarkan kulit. Itulah tata cara wudu, bacaan doa setelah wudhu beserta artinya, dan manfaat wudu bagi kesehatan.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Semoga bermanfaat!
Oase.id- Memasuki masa new normal, menjaga kebersihan menjadi hal paling penting. Masyarakat pun diminta untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Jika tak ada, maka cukup dengan menggunakan hand sanitizer. Begitu pula saat melakukan aktivitas di luar rumah, orang-orang dianjurkan melindungi dirinya dengan mengenakan masker.

Anjuran menjaga kebersihan ini sejalan dengan semangat ajaran Islam yang begitu mengutamakan kesucian. Bahkan, dalam salat lima waktu pun harus dipastikan terlebih dahulu terhindar dari hadas dengan menyucikan beberapa anggota tubuh melalui wudu. Sebagaimana imbauan mencuci tangan yang harus dilakukan dengan benar, berwudu juga mesti dilaksanakan dengan sempurna dan tepat. Berikut adalah tata cara wudu sebagaimana dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Ihya Uluumiddin; Bersiwak Disunahkan membersihkan gigi dan mulut dengan bersiwak sebelum memulai wudu.

Jangan lupa meniatkan bersiwak untuk membaca Al-Qur’an dan berzikir kepada Allah Swt di dalam salat. Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar menyatakan, sejatinya tidak ada doa khusus saat membasuh anggota wudu dari Rasulullah Saw. Akan tetapi diajurkan membaca doa-doa yang diajarkan para ulama salaf. Baca: Penyebab Perbedaan Lafaz antara Doa Masuk dan Keluar Masjid Doa sebelum wudu Sebelum membasuh semua anggota wudu, bacalah; بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ. وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُوْنَ Bismillahirrahmanirrahim. Rabbi a’udzubika min hamazatisy syayatin wa a’udzubika an yahdhurun "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ya Tuhanku aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung pada-Mu dari kedatangan mereka padaku." Rasulullah Muhammad Saw bersabda, “Tidak ada salat bagi orang yang tidak memiliki wudu, dan tidak ada wudu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah Swt.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah) Maksudnya, wudu tidak sempurna jika tidak didahului dengan menyebut nama Allah Swt.

Doa ketika menyentuh air الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي جَعَلَ المَاءَ طَهُوْرًا Alhamdulillahiladzi ja’alal maa a thahuura "Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci." Membasuh kedua tangan Sebelum membasuh anggota wudu, cucilah kedua tangan tiga kali sambil berdoa; اللَّهُمَّ إِنِّي أّسْأَلُكَ اليُمْنَ وَالبَرَكَةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشُّؤْمِ وَالهَلَكَةِ Allahumma inni as-alukal yumna wal barakata wa a’udzubika minas syu-mi walhalakah "Ya Allah aku memohon kepada-Mu keberuntungan dan keberkahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kerusakan." Niat wudu Berniat wudu guna menghilangkan hadas kecil untuk melaksanakan salat.

Jangan hilangkan niat hingga membasuh wajah. Adapun lafaz niat wudu yaitu; نَوَيْتُ اْلوُضُوْءَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَصْغَرِ فَرْضًا لِلّهِ تَعَالَى Nawaitul wudhu’a li raf’il hadatsil ashghari fardhan lillahi ta’ala "Aku niat berwudu untuk mengangkat hadas kecil fardu karena Allah Ta’ala." Berkumur Doa wudhu lengkap dengan gambar latin air di kedua telapak tangan kemudian berkumurlah dengannya tiga kali. Putarkan air ke seluruh bagian mulut hingga mencapai pangkal tenggorokan dan berdoa; اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى تِلاَوَةِ كِتَابِكَ وَكَثْرَةِ الذِّكْرِ لَكَ Allahumma a’inni ‘alaa tilaawati kitaabika wa katsratidz dzikri laka "Ya Allah bantulah aku untuk membaca kitab-Mu dan memperbanyak zikir kepada-Mu." Boleh pula membaca doa dengan lafal lainnya sebagaimana disebutkan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar; اللّهُمَّ أَسْقِنِي مِنْ حَوْضِ نَبِيِّكَ كَأْساً لاَ أَظْمَأُ بَعْدَهُ أَبَدًا Allahumma asqini min haudhi nabiyyika ka’san laa adzhma’u ba’dahu abadan Membasuh hidung Memasukkan air ke hidung (Istinsyaq) Ambil satu cakupan air di tangan, kemudian isap atau masukkanlah air tersebut ke dalam hidung sebanyak tiga kali, bersihkanlah kotoran yang ada di dalam hidung, juga berdoa; اللَّهُمَّ أَرِحْنِيْ رَائِحَةَالجَنَّةِ وَأَنْتَ عَنِّي رَاضٍ Allahumma arihni raaihatal jannati wa anta ‘anni rhadin "Ya Allah Semoga Engkau menciumkan aku wangi surga dan semoga Engkau rida kepadaku." Mengeluarkan air dari hidung (Istintsaar) Keluarkanlah air dari hidung dan bacalah; اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ رَوَائِحِ النَّارِ وَسُوءِ الدَّارِ Allahumma inni a’udzubika min rawaaihin naar wa suuid daar "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari bau neraka dan keburukan tempat tinggal (di neraka)." Baca: Dibuka Kembali saat New Normal, Baca Doa Ini ketika Menuju Masjid Membasuh wajah Basuhlah air ke seluruh wajah, dari permukaan kening hingga pojok dagu.

Dari depan telinga kanan hingga depan telinga kiri. Pastikan air sampai hingga ke seluruh bagian wajah, seperti sela-sela janggut yang tipis, juga pinggir wajah yang bersampingan dengan rambut.

Pastikan juga air sampai ke empat tempat tumbuhnya, yaitu dua alis, dua kumis, bulu mata, dan rambut di tepi pipi (rambut depan telinga dari tempat permulaan tumbuh janggut). Disunahkan menyela-nyela air ke bagian janggut yang lebat.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Saat membasuh wajah bacalah doa; اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ بِنُورِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهُ أَوْلِيَائِكَ، وَلاَ تُسَوِّدْ وَجْهِي بِظُلُمَاتِكَ يَومَ تَسْوَدُّ وُجُوهُ أَعْدَائِكَ Allahumma bayyidh wajhii binuurika yauma tabyadhu wujuuhu auliyaaika, wa laa tusawwid wajhi bi dzhulumaatika yauma taswaddu wujuuhu a’daa-ika "Ya Allah putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu di hari memutihnya wajah para walimu.

Janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kegelapan-Mu di hari menghitamnya wajah musuh-musuh-Mu." Membasuh kedua tangan Basuhlah kedua tangan kanan dari ujung jari hingga siku sebanyak tiga kali. Ketika membasuh tangan kanan bacalah doa; اللَّهُمَّ أَعْطِني كِتَابِي بِيَمِيْنِيْ وَحَاسِبْنِي حِسَابًا يَسِيْرَا Allahumma a’thini kitaabi biyamiini wa haasibnii hisaaban yasiiran "Ya Allah berikanlah catatan (amal) ku melalui tangan kananku dan hisablah aku dengan hisab yang mudah." Ketika membasuh tangan kiri bacalah doa; اللَّهُمَّ إِنَّي أَعُوذُ بِكَ أَنَ تُعْطِيَنِي كِتَابِي بِشِمَالِي أَوْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ Allahumma inni a’udzubika an tu’tiyani kitaabi bi syimaali au min waraa-a dzahri "Ya Allah aku berlindung kepadamu dari pemberian-Mu terhadap kitabku dengan tangan kiriku atau dari belakang punggungku." Mengusap kepala Usaplah air ke kepala dengan cara membahasi kedua tangan dengan air, kemudian tempelkan jari-jari di depan kepala dan dorong hingga sampai tengkuk.

Lalu tarik laki jari-jari tersebut hingga depan kepala. Lakukan sebanyak tiga kali dan berdoa; اللَّهُمَّ غَشَّنِيْ بِرَحْمَتِكَ، وَأَنْزِلْ عَلَيَّ مِنْ بَرَكَا تِكَ، وَأَظِلَّنِيْ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِكَ، يَوْمَ لا ظِلَّ إِلا ظِلَّكَ.

اللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِي وَبَشَريْ عَلَى النَّارِ Allahumma ghasyini birahmatika, wa anzil ‘alayya min barakaatika, wa adzhillani tahta dzhilli ‘arsyika, yauma laa dzhilla illa dzhillaka.

Allahumma harrim sya’ri wa basyari ‘alan naar "Ya Allah limpahkanlah aku dengan rahmatmu, doa wudhu lengkap dengan gambar latin keberkahan-Mu kepadaku.

Dan naungilah aku di bawah naungan-Mu di hari tiada naungan kecuali naungan-Mu. Ya Allah haramkanlah rambut dan kulitku dari api neraka. Haramkanlah rambutku dan kulitku dari neraka, dan naungilah aku di bawah Arys-Mu pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Mu." Membasuh kedua telinga Usaplah kedua telinga dengan tangan, baik telinga bagian luar maupun dalam. Masukkanlah telunjuk ke dalam lubang telinga dan usaplah daun telinga dengan jempol.

Serta berdoa; اللّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ القَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ، اللَّهُمَّ أَسْمِعْنِي مُنَادِيَ الجَنَّةِ فِيْ الجَنَّةِ مَعَ الأ بْرارِ Allahummaj’alni minal ladzina yastami’uunal qaula fa yattabi’una ahsanah. Allahumma asmi’ni munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraar "Ya Allah jadikanlah termasuk dari orang-orang yang mendengarkan perkataan dan mengikuti yang baik darinya. Ya Allah perdengarkanlah aku panggilan surga di surga nanti bersama orang-orang saleh." Membasuh tengkuk/leher Ketika membasuh tengkuk/ leher bacalah doa; اللَّهُمَّ فُكَّ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ السَلاَسِلِ وَالأَغْلاَلَ Allahumma fukka raqabati doa wudhu lengkap dengan gambar latin naar, wa a’udzubika minas salaasili wal aghlaal "Ya Allah lepaskanlah leherku dari api neraka dan aku berlindung kepada-Mu dari rantai." Membasuh kedua kaki Basuhlah kaki kedua kaki dengan air hingga kedua mata kaki.

Bersihkan sela-sela jari kaki dengan tangan kiri, dari mulai jari kelingking kaki kanan hingga berakhir di kelingking kaki kiri. Saat membasuh kaki kanan bacalah doa; اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمَيَّ عَلَى الصَّرَاطِ المُسْتَقيمِ مَعَ أَقْدَامِ عِبَادِكَ الصَالِحِيْن Allahumma tsabbit qadamayya ‘alash shiraathil mustaqiima ma’a aqdaami ‘ibaadikas shalihin “Ya Allah tetapkanlah kedua telapak kakiku di atas shiratal mustaqim (jembatan yang lurus) bersama telapak kaki hamba-hamba-Mu yang salih." Ketika membasuh kaki kiri bacalah doa; اللَّهُمَّ إِنَّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ تَزِلُّ قَدَمِي عَلَى الصَّرَاطِ فِي النَّارِ يَوْمَ تَزِلُ أَقْدَامُ المنَافِقيْنَ والمُشْرِكِيْن Allahumma inni a’udzubika an tazillu qadami ‘alas shiraathi fin naari yauma tazillu aqdaamil munaafiqiina wal musyrikiin "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari jatuhnya telapak kakiku di atas shirat (jembatan) ke dalam api neraka di hari jatuhnya telapak kaki orang-orang munafik dan musyrik." Doa setelah wudu Setelah selesai membasuh semua anggota wudu, bacalah doa; أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلأَ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَا عَبْدُهُ وَرَسُوْلهُ, سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ, أَ شْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلأَ أَنْتَ, عَمِلْتُ سُوْءً وَظَلَمْتُ نَفْسِيْ, أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ, فَاغْفِرْ لي وَتُبْ عَلَيَّ, إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَابُ الرَّحِيْم, اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ, وَاجَعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِرِينْ, وَاجَعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينْ, وَاجَعَلْنِي صَبُوراً شَكُوراً, وَاجَعَلْنِي أَذْكُرُكَ ذِكراً كَثِيراً, وَأُسَبِّحُكَ بُكرةَ وَأصِيلاَ Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu doa wudhu lengkap dengan gambar latin rasuuluhu.

Subhanaka Allahumma wa bihamdika, asyhadu an laailaaha illa anta, ‘alimta suu-an wa dzalamtu nafsi, astaghfiruka wa atuubuh ilaika, faghfirli wa tub ‘alayya. Innaka antat tawwaabur rahim. Allahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alni minal mutathahhiriin, waj’alni min ‘ibaadikas shaalihin, waj’alni shaburran syakuuran, waj’alni adzkuruka dzikran katsiran wa usabbihuka bukratan wa ashiila.

"Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah Yang Satu, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya. Maha suci Enggau Ya Allah dengan pujianmu. Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Engkau. Engkau mengetahui keburukan dan kezaliman diriku. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu, maka maafkan dan ampunilah aku. Sesungguhnya engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ya Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang mensucikan diri. Jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh, jadikanlah aku sabar dan bersyukur, dan buatlah aku senantiasa berzikir kepadamu dengan zikir yang banyak, serta bertasbih kepada-Mu setiap pagi dan petang." Dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah disebutkan doa setelah wudu dengan lafaz yang lebih pendek; أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الُمتَطَهِّرِيْنَ Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.

Allahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alni minal mutathahhiriin.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

"Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah yang satu, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya. Ya Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang mensucikan diri." Demikianlah tata cara dan doa wudu secara lengkap dan sempurna. Semoga dengan menjaga wudu, Allah Swt senantiasa menjaga kita dari segala penyakit, keburukan, dan kotoran, baik yang lahir maupun batin.
Merdeka.com - Doa-doa wudhu lengkap patut diketahui umat Islam.

Sejatinya ajaran Islam begitu memberikan perhatian yang besar terhadap kebersihan dan kesucian. Melalui pensyariatan thaharah (bersuci) yang menjadi syarat sah sebelum menunaikan ibadah. Wudhu adalah salah satu bentuk bersuci yang disyariatkan dalam Islam. Terdapat rangkaian gerakan wudhu untuk membersihkan anggota tubuh, dengan cara mengusap. BACA JUGA: Niat Wudhu Lengkap Latin dan Artinya yang Benar Bacaan Doa Selesai Wudhu dan Tata Caranya Lengkap, Jangan Sampai Salah " Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya." (Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48) Bacalah niat wudhu dengan tulus dan kesungguhan hati: نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى "NAWAITUL WUDHUU-A LIRAF'LL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILAAHI TA'AALAA" BACA JUGA: Doa Setelah Wudhu Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya, Perlu Diketahui Niat Berwudhu Latin dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah." [kur] Baca juga: Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Syari'at Islam Cara Wudhu Tayamum Beserta Dalilnya, Perhatikan Syarat-syaratnya BACA JUGA: Tata Cara Salat Sunnah Wudhu beserta Niatnya, Amalan Ringan yang Dianjurkan Cara Wudhu yang Benar untuk Wanita saat di Luar Rumah, Lengkap dengan Doa 1.

Doa-doa Wudhu: Saat Melihat Air اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا Artinya: “Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan air suci lagi mensucikan.” BACA JUGA: Niat Setelah Wudhu dan Sebelumnya, Lengkap dengan Latin dan Artinya Potret Mesra Marshel Widiyanto-Celine Evangelista Panggil Ayah Bunda Sampai Dipeluk 2.

Doa Wudhu Saat Membasuh Telapak Tangan اللّٰهُمَّ احْفَظْ يَدَيَّ مِنْ مَعَاصِكَ كُلِّهَا Allahumma ihfadh yadi min ma'ashika kullaha Artinya: “Ya Allah peliharalah kedua tanganku dari perbuatan maksiat pada-Mu.” 3. Doa Wudhu Saat Berkumur Disunnahkan berdoa di dalam hati: اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ اللَّهُمَّ اسْقِنِي مِنْ حَوْضِ نَبِيِّكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأْسًا لَا أَظْمَأُ بَعْدَهُ أَبَدًا Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika, Allahumma asqini min haudli nabiyyika shallallahu doa wudhu lengkap dengan gambar latin wa sallam ka'san la adzma'a ba'dahu Abadan Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku (untuk selalu) mengingat dan bersyukur pada-Mu.

Ya Allah, beri aku minuman dari telaga Kautsar Nabi Muhammad, yang begitu menyegarkan hingga aku tidak merasa haus selamanya.” 4. Doa Saat Membasuh Lubang Hidung Disunnahkan berdoa di dalam hati: اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ اللَّهُمَّ اسْقِنِي مِنْ حَوْضِ نَبِيِّكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأْسًا لَا أَظْمَأُ بَعْدَهُ أَبَدًا Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika, Allahumma asqini min haudli nabiyyika shallallahu 'alaihi wa sallam ka'san la adzma'a ba'dahu Abadan Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku (untuk selalu) mengingat dan bersyukur pada-Mu.

Ya Allah, beri aku minuman dari telaga Kautsar Nabi Muhammad, yang begitu menyegarkan hingga aku tidak merasa haus selamanya.” 5. Doa Wudhu Saat Membasuh Wajah اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ Allahumma bayyidl wajhi yauma tabyadldlu wujuhun wa taswaddu wujuh Artinya: “Ya Allah, putihkanlah wajahku di hari ketika wajah-wajah memutih dan menghitam.” Doa ini dipanjatkan sebagai harapan supaya di akhirat kelak Allah menggolongkan kita sebagai orang baik.

Saat berkumpul di padang mahsyar, orang baik dicirikan dengan berwajah cerah, dan sebaliknya orang jelek dicirikan dengan berwajah kusam. Baca juga: Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Syari'at Islam Cara Wudhu Tayamum Beserta Dalilnya, Perhatikan Syarat-syaratnya 6.

Doa Wudhu Membasuh Tangan Kanan اللَّهُمَّ أَعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِيَمِينِيْ وَحَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيرًا Allahumma a'thini kitabi biyamini, wa hasibni hisaban yasiran Artinya: “Ya Allah, berikanlah kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.” 7. Doa Wudhu Membasuh Doa wudhu lengkap dengan gambar latin Kiri Sedangkan saat membasuh tangan kiri, berdoa: اللَّهُمَّ لَا تُعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِشِمَالِيْ وَلَا مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ Allahumma laa tu'thini bi syimaali, wa laa min waraa'i dzahri Artinya: “Ya Allah, jangan Kau berikan kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula diberikan dari balik punggungku.” Mengenai doa di atas, berharap kelak di akhirat, saat Allah akan memberikan pada semua catatan amal masing-masing manusia.

Apabila manusia dengan amalan yang baik, maka ia akan menerima kitab dengan tangan kanan dan berhadapan muka. Sementara bagi yang amalnya jelek, maka akan menerima kitab amalnya dengan tangan kiri dan diberikan dari balik punggung. 8. Doa Wudhu Saat Mengusap Kepala اللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَأَظِلَّنِيْ تَحْتَ عَرْشِكَ يَوْمَ لَا ظِلَّ إلَّا ظِلُّك Allahumma harrim sya'ri wa basyari 'ala an-nari wa adzilni tahta 'arsyika yauma la dzilla illa dzilluka.

Artinya: “Ya Allah, halangi rambut dan kulitku dari sentuhan api neraka, dan naungi aku dengan naungan singgasana-Mu, pada hari ketika tak ada naungan selain naungan dari-Mu.” 9. Doa Wudhu Membasuh Kedua Telinga اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ Allahumma ij'alni minalladzina yastami'unal qaula fayattabi'una ahsanahu. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mampu mendengar ucapan dan mampu mengikuti apa yang baik dari ucapan tersebut.” 10.

Doa Wudhu Membasuh Kaki Kanan اللهم اجْعَلْهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا. اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ Allahumma ij'alhu sa'yan masykuran wa dzamban maghfuran wa 'amalan mutaqabbalan.

Allahumma tsabbit qadami 'ala shirathi yauma tazila fihi al-aqdam. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah doa wudhu lengkap dengan gambar latin langkahku) sebagai usaha yang disyukuri, sebagai penyebab terampuninya dosa dan sebagai amal yang diterima.

doa wudhu lengkap dengan gambar latin

Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.” 11. Doa Wudhu Saat Membasuh Kaki Kiri اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ تَنْزِلَ قَدَمِيْ عَنِ الصِّرَاطِ يَوْمَ تَنْزِلُ فِيْهِ أَقْدَامُ الْمُنَافِقِيْنَ Allahumma inni a'udzu bika an tanzila qadami 'anish-shirathi yauma tanzilu fihi aqdamul munafiqin Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu, dari tergelincir saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki orang munafik yang tergelincir.” ©Pixabay/AveCalvar اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j'alnii minat tawwabiina, waj'alnii minal mutathahiriina waj'alnii min 'ibaadikash shalihiina." Artinya : "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya.

Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh." Baca juga: Tata Cara Wudhu Saat Puasa yang Benar, Supaya Tidak Batal 10 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung dan Cegah Kanker Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Syari'at Islam Cara Wudhu yang Benar untuk Wanita saat di Luar Rumah, Lengkap dengan Doa Dalil Tata Cara Wudhu ©2016 islamic-literatures.com Cara bersuci dengan wudhu sudah dituangkan doa wudhu lengkap dengan gambar latin kitab suci Al-Quran, surat Al-Maidah ayat 6, Allah berfiman : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki".

Tata cara wudhu sesuai dengan syariat Islam ini sebaiknya dipelajari sejak dini, supaya terbiasa hingga dewasa kelak. Dari ayat tersebut, kemudian tata cara wudhu disempurnakan oleh Rasulullah SAW. Beliau ajarkan dalam sejumlah hadits riwayatnya. Dalam keterangan yang lain Utsman bin Affan radiyallahu'anhu berkata: "Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan salatnya sebagai tambahan pahala baginya." (HR.

Muslim) Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Barang siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya), maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya”. (HR Muslim). Syarat Wajib Wudhu • Beragama Islam. • Suci dari hadast kecil dan besar.

• Dapat membedakan yang baik dan buruk. • Tidak ada apapun yang dapat mengubah sifat air dan mencegah air masuk pada tubuh, seperti riasan anti air, cat kuku, dan sebagainya. • Mengetahui mana yang sunnah dan mana yang wajib. • Air untuk berwudhu merupakan air bersih dan suci (tidak berbau, kotor, memiliki rasa, air bekas wudhu, ataupun tercampur bahan lainnya).

Baca juga: Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Syari'at Islam Cara Wudhu Tayamum Beserta Dalilnya, Perhatikan Syarat-syaratnya 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Doa wudhu lengkap dengan gambar latin Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya

Doa Wudhu Lengkap [ Arab Latin & Terjemah ]




2022 www.videocon.com