Makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Yahoo kuulub Yahoo kaubamärkide perre. Klþpsates valikut " Aktsepteeri kþik", nþustute, et Yahoo ja meie partnerid salvestavad teie seadme teavet ja/vþi pääsevad sellele ligi kßpsiste ja muude sarnaste tehnoloogiate abil ning tÜÜtlevad teie isikuandmeid isikupärastatud reklaamide ja sisu kuvamiseks, reklaami ja sisu mþþtmiseks, vaatajaskonna ßlevaate ja tootearenduse jaoks.

Teie isikuandmed, mida võidakse kasutada • Teave teie seadme ja internetiühenduse, kaasa arvatud teie IP-aadressi kohta • Sirvimis- ja otsingutegevused Yahoo veebilehtedel ja rakendustes • Täpne asukoht Lisateabe saamiseks ja oma valikute haldamiseks tehke valik ' Halda sätteid'. Oma valikuid saate igal ajal muuta privaatsusseadete kaudu.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Lisateavet selle kohta, kuidas me teie teavet kasutame, leiate meie privaatsuspoliitikast ja kĂźpsiste poliitikast. Meie partnerite kohta lisateabe saamiseks klĂľpsake siin. Hai Lovita,aku bantu jawab ya 1.mengajak generasi muda untuk mencintai dan menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional 2.

mengajak generasi muda untuk mencintai tanah airnya 3. mengajak generasi muda untuk menghormati perbedaan antar suku, budaya, ras dan agama sehingga tercipta kerukunan dan satu kesatuan 1. pada 1971 Roy Tomlinson dan rekannya berhasil menciptakan situs penyedia surat elektronik atau email hasil temuan Roy Tomlinson tersebut bermanfaat bagi manusia karena A. mempercepat pertukaran informasi B. mengakomodasi kepentingan pribadi C.

memudahkan interaksi dengan banyak orang D. memperlancar komunikasi antar orang banyak E. memudahkan masyarakat menjalankan aktivitas Masa Reformasi dimulai dengan mengembalikan hak-hak rakyat, baik dalam tataran elite maupun rakyat pada umumnya. SEBAB Reformasi melakukan beberapa koreksi terhadap penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan Orde Baru.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, tetapi pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan salah.
Merdeka.com - Sumpah pemuda tahun 1928 diyakini sebagai tonggak semangat bangsa untuk mengobarkan perjuangan melalui ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, dan bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda kala itu, diikuti oleh beberapa tokoh pahlawan terkenal yang namanya tak asing kerap muncul di berbagai peristiwa seperti Kartakusumah (PNI Bandung), Abdulrachman (B.O Jakarta), Karto Soewirjo (P.B Sarekat Islam), Muh. Roem, Soewirjo, Sumanang, Masdani, Anwari, Tamzil, AK Gani, Kasman Singodimedjo, Saerun (wartawan Keng Po), dan WR Supratman. Hingga kini sumpah pemuda telah melewati berbagai perayaan dari tahun ke tahun dan memiliki makna mendalam bagi bangsa Indonesia.

Sumpah pemuda menjadi pengingat yang penting sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Oleh sebab itu penting memahami makna sumpah pemuda, berikut merdeka.com merangkumnya: Latar Sumpah Pemuda Sumpah pemuda merupakan hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Isi dari keputusan ini adalah para pemuda berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia.

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda. Awalnya hasil rumusan dari kongres ini tidak memiliki nama, beberapa hari kemudian, barulah ikrar tersebut diberi nama ‘Sumpah Pemuda.’ Tujuan Sumpah Pemuda BACA JUGA: Telah Melahirkan, Ini 4 Momen Perjalanan Kehamilan Jessica Iskandar Pengertian Ilmu Komunikasi, Ketahui Kegunaan dan Prospek Kerjanya Tujuan dari Sumpah Pemuda di antaranya adalah: 1.

Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.

2. Membuat kokoh dan tebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 3. Memperluas usaha-usaha dan kegiatan agar tercapainya kemerdekaan Indonesia. 4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu. 5. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia. Bunyi Sumpah Pemuda Pertama, Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga, Kami poetra dan poetra Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bangsa Indonesia. BACA JUGA: Mengenal Daddy Issues, Ketahui Dampak dan Cara Mengatasinya 35 Kata-kata Malam Minggu Kelabu yang Wakili Jiwa Kesepian Makna Sumpah Pemuda Satu bangsa memiliki makna, walau kita berasal dari suku yang berbeda, kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Bentuk wilayah berupa kepulauan dengan sumber daya manusia yang menyebar menyebabkan keberagaman suku bangsa, adat istiadat, dan kebudayaan di Indonesia. Keberagaman suku bangsa tidak menjadikan bangsa kita terpecah belah, tetapi menjadi perekat terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Sambal Pecel Ala Rumahan, Mudah Dipraktikkan 4 Potret Ine Dewi Pemain Pelangi untuk Nirmala dalam Balutan Hijab, Banjir Pujian Suku bangsa yang satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia. Ikrar satu bangsa dalam sumpah pemuda menandakan bahwa hanya ada satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara.

Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri. Makna satu bahasa Indonesia adalah bahwa bahasa yang dapat mempersatukan bangsa, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi antarsuku di Indonesia.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

BACA JUGA: 6 Cara Menghadapi Ketidakpastian yang Membuat Stres dan Down, Lakukan Hal Ini 4 Potret Terbaru Falhan Abssar, Anak Muzdalifah dan Nassar yang makin Tampan Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dijadikan sebagai bahasa pengantar pendidikan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia menunjukkan jati diri bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan makna satu bahasa Indonesia, setiap warga diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam setiap kegiatan, baik di lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

[amd] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya Makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda antara lain?

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

• memperkuat keterikatan organisasi-organisasi dalam menyongsong Indonesia merdeka • sebagai momentum sejarah bangsa dalam memperkuat peranan pemuda pada setiap perubahan • menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini • menunjukkan perbedaan pendapat yang membawa perubahan kehidupan dalam mencapai kemerdekaan • peristiwa yang membanggakan bagi pemuda yang mempunyai peranan penting dalam berbagai perubahan Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C.

menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini. Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah. Makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda antara lain menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun indonesia sampai saat ini. Pembahasan dan Penjelasan Jawaban A. memperkuat keterikatan organisasi-organisasi dalam menyongsong Indonesia merdeka menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. sebagai momentum sejarah bangsa dalam memperkuat peranan pemuda pada setiap perubahan menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Jawaban D. menunjukkan perbedaan pendapat yang membawa perubahan kehidupan dalam mencapai kemerdekaan menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. peristiwa yang membanggakan bagi pemuda yang mempunyai peranan penting dalam berbagai perubahan menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain. Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C.

menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.
8. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia, dimana didalamnya berisi semangat akan cita-cita berdirinya suatu negara Indonesia.

Diputuskan makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain Kongres Pemuda Kedua, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Sumpah Pemuda mengandung cita-cita akan lahirnya “tanah air Indonesia, “bangsa Indonesia”, dan juga “bahasa Indonesia”.

Makna kedua dari sumpah pemuda yaitu . 10. Akhir-akhir ini budaya Indonesia semakin dilupakan seiring berjalannya waktu, budaya Indonesia semakin tergerus dengan hal-hal yang berbau modernisasi.

Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal.

Berdasarkan deskripsi di atas nilai yang terkandung dalam wacana tersebut adalah .
Bola.com, Jakarta - Sumpah Pemuda merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda mengikrarkan kepada bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi perasaan dan sikap tentang satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda dan pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan negara asing. Sejarah tersebut yang membuat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari spesial dan bersejarah di mana para pemuda dan pemudi menggelorakan semangat untuk meraih kemerdekaan pada 1928. Di sisi lain, dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi bangsa Indonesia.

Itulah mengapa perlunya setiap warga Indonesia mengetahui makna dan arti penting dari Sumpah Pemuda. Berikut ini rangkuman tentang makna dan arti penting Sumpah Pemuda yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (27/10/2021). Satu nusa berarti bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia.

Indonesia merupakan negara maritim di mana sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan yang memisahkan antarpulau. Pulau-pulau di Indonesia yang dipisahkan oleh laut pada hakikatnya adalah satu. Hal itu berarti, saat seseorang berada di pulau-pulau di Indonesia, kita masih tetap di tanah air Indonesia. Semua wilayah Indonesia yang dipisahkan oleh lautan merupakan satu kesatuan, yaitu tanah air Indonesia.

Pengakuan Indonesia sebagai tanah air oleh semua rakyat merupakan bentuk kesetiaan terhadap bangsa dan negara. Untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia, sikap yang harus dikembangkan adalah sikap bangga sebagai bangsa Indonesia diperkuat dengan semangat cinta tanah air (nasionalisme). Satu bangsa memiliki makna, walau kita berasal dari suku yang berbeda, kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Bentuk wilayah berupa kepulauan dengan sumber daya manusia yang menyebar menyebabkan keberagaman suku bangsa, adat istiadat, dan kebudayaan di Indonesia.

Keberagaman suku bangsa tidak menjadikan bangsa kita terpecah belah, tetapi menjadi perekat terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Suku bangsa yang satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia. Ikrar satu bangsa dalam sumpah pemuda menandakan bahwa hanya ada satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara.

Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri. Makna satu bahasa Indonesia adalah bahwa bahasa yang dapat mempersatukan bangsa, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi antarsuku di Indonesia.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dijadikan sebagai bahasa pengantar pendidikan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia menunjukkan jati diri bangsa Indonensia. Untuk mewujudkan makna satu bahasa Indonesia, setiap warga diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam setiap kegiatan, baik di lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sumpah pemuda sebagai hasil Konggres Pemuda II diperjuangkan oleh para pemuda menjadi tonggak lahirnya semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda Indonesia. Hal itu untuk menyatukan tekad meraih kemerdekaan melalui semangat satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Perjuangan dan pemuda Indonesia dalam melaksanakan konggres pemuda mengandung nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan serta diamalkan.

Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam semangat sumpah pemuda, antara lain: 1. Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. 2. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. 3. Sikap cinta tanah air. 4. Menghargai dan menerima perbedaan.

Sumber: KemdikbudSoal Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 4 Sumpah Pemuda + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 4 yang membahas tentang Sumpah Pemuda. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Makna dari sumpah pemuda yang kedua adalah “Bersatunya suku bangsa Indonesia”.

Hal ini terdapat jelas dalam sumpah pemuda yang kedua yaitu “kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia”.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

Penyebutan bangsa Indonesia mempersatukan identitas kedaerahan dengan berbagai macam suku menjadi identitas kebangsaan yang satu yaitu Indonesia Kunci Jawaban ada di akhir soal. Usahakan untuk menjawabnya terlebih dahulu, kemudian cocokan dengan kunci jawaban yang telah disediakan. Kunci Jawaban buat sebagai alternatif jawaban.

Untuk selanjutnya, dapat didiskusikan dengan Guru Sejarah Indonesia di sekolah kalian. Selamat dan semangat belajar. Meskipun belajar sendiri. Percayalah, dibalik letihmu dalam belajar, semoga ada masa depan cerah dihadapanmu.

makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain

10. Akhir-akhir ini budaya Indonesia semakin dilupakan seiring berjalannya waktu, budaya Indonesia semakin tergerus dengan hal-hal yang berbau modernisasi. Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal.

Berdasarkan deskripsi di atas nilai yang terkandung dalam wacana tersebut adalah .
Makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda antara lain? • memperkuat keterikatan organisasi-organisasi dalam menyongsong Indonesia merdeka • sebagai momentum sejarah bangsa dalam memperkuat peranan pemuda pada setiap perubahan • menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini • menunjukkan perbedaan pendapat yang membawa perubahan kehidupan dalam mencapai kemerdekaan • peristiwa yang membanggakan bagi pemuda yang mempunyai peranan penting dalam berbagai perubahan Jawaban: C.

menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun Indonesia sampai saat ini Dilansir dari Encyclopedia Britannica, makna dan arti penting yang dapat kita petik dari peristiwa kongres pemuda ii yang menghasilkan sumpah pemuda antara lain menjadi landasan persatuan yang kuat untuk membangun indonesia sampai saat ini. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pedoman pelaksanaan politik luar negeri Indonesia bebas aktif adalah menjalankan politik damai,hal tersebut memiliki arti?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Lima manfaat hujan secara filosofis




2022 www.videocon.com