Selamat hari minggu palma

selamat hari minggu palma selamat hari minggu palma

Umat Katholik mengikuti misa perayaan Minggu Palma di Desa Purwobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (24/3/2013). Dalam misa untuk menyambut hari raya Wafat Isa Almasih dan Paskah tersebut, warga diajak untuk semakin peduli terhadap lingkungan sekitar dengan cara melakukan pemilahan sampah. TRIBUN-PAPUA.COM - Umat Katolik merayakan Minggu Palma atau hari Minggu sebelum Paskah pada tanggal 10 April 2022.

Perayaan Minggu Palma jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah dan menandai dimulainya Pekan Suci. Bagi umat Katolik, Minggu Palma adalah hari pertama dalam pekan suci, untuk mengenang peristiwa Yesus Kristus memasuki kota Yerusalem.

Adapun pekan suci dalam Katolik diawali dengan Minggu Palma, kemudian berlanjut ke Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Paskah atau Minggu Paskah. Berawal dari masuknya Yesus ke Yerusalem inilah menjadi permulaan rentetan kisah sengsara hingga wafatnya Juruselamat di kayu salib, hingga bangkit kembali.

Baca juga: Perayaan Paskah: Simak Makna, Sejarah, hingga Penetapan Tanggalnya Dinamakan Minggu Palma karena ketika Yesus masuk kota Yerusalem menunggangi keledai, masyarakat menyambut-Nya dengan melambaikan daun palem atau palma sembari melantunkan kidung pujian. Daun palem memiliki warna hijau, warna dari tumbuh-tumbuhan dan musim semi. Oleh karena itu ini menjadi simbol kemenangan dari musim semi atas musim salju atau kehidupan atas kematian. Lantas Apa Sebenarnya Minggu Palma?

TEKS MISA HARI MINGGU PALMA Minggu, 28 Maret 2021 MEMPERINGATI YESUS MASUK YERUSALEM (UPACARA MASUK MERIAH) LAGU PEMBUKA (PS494; Mat 21:9) TANDA SALIB DAN SALAM I.

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus U. Amin I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu U. Dan bersama rohmu PENGANTAR I. Saudara-saudari terkasih, sudah sejak awal masa Prapaskah kita menyiapkan diri dengan ulah tobat dan karya amal kasih. Pada hari ini kita semua berkumpul dan bersama seluruh Umat Allah mengawali misteri Paskah Tuhan kita, yakni sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya.

Untuk menggenapi misteri inilah Yesus memasuki Yerusalem, kota-Nya. Oleh karena itu, marilah dengan penuh iman dan bakti kita mengiringi Tuhan sambil mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu. Dengan demikian kita memetik buah salib suci, yakni kebangkitan dan kehidupan.

DOA PEMBERKATAN Selamat hari minggu palma PALMA Kemudian, sambil merentangkan tangan, Imam mengucapkan doa berikut: I. Marilah kita berdoa: Allah yang Mahakuasa dan kekal, kuduskanlah (+) (daun palma ini dengan berkat-Mu. Semoga kami, yang mengiringi Raja Kristus dengan sukacita, diperkenankan memasuki Yerusalem abadi bersama Dia, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.

U. Amin. Imam memerciki daun selamat hari minggu palma dengan air suci tanpa mengucapkan apa-apa. Imam memaklumkan Injil yang mengisahkan Tuhan memasuki kota Yerusalem. Kitab Injil dapat didupai. BACAAN INJIL (Mrk 11:1-10) "Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan." I. Tuhan bersamamu U. Dan bersama rohmu I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 12:12-16 Menjelang hari raya Paskah, ketika orang banyak yang datang untuk merayakan pesta mendengar bahwa Yesus sedang dalam perjalanan menuju Yerusalem, mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia selamat hari minggu palma berseru, "Hosanna!

Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Yesus menemukan seekor keledai muda, lalu naik ke atasnya, seperti ada tertulis: Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah Rajamu datang, duduk di atas seekor keledai. Mula-mula para murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan mereka telah melakukannya juga untuk Dia. HOMILI SINGKAT Untuk memulai perarakan, Imam atau Diakon atau pelayan awam menyampaikan ajakan dengan kata-kata ini atau yang senada.

P. Saudara-saudari yang terkasih, marilah kita mencontoh khalayak di Yerusalem yang mengelu-elukan Yesus. Marilah kita berarak dalam damai. PERARAKAN NYANYIAN PERARAKAN (PS 495) MISA (Setelah masuk liturgi Sabda, semua nyanyian menggunakan nyanyian Sengsara PS 479-490) NYANYIAN (PS 494) DOA PEMBUKA I.

Marilah kita berdoa: (hening sejenak) I. Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau telah menyerahkan Juru Selamat kami yang telah menjadi manusia dan direndahkan sampai wafat di salib sebagai teladan kerendahan bagi umat manusia. Perkenankanlah, agar kami meneladani sengsara-Nya dan pantas untuk bangkit bersama Dia, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin. LITURGI SABDA BACAAN I (Yes 50:4-7) "Aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan, dan aku yakin takkan dipermalukan." L. Bacaan dari Kitab Yesaya: Tuhan Allah menganugerahkan kepadaku lidah yang fasih, supaya aku tahu menghibur orang yang letih lesu. Setiap pagi Allah membuka telingaku, supaya aku mendengarkan sabda-Nya sebagai murid. Tuhan Allah membuka telingaku, dan aku tidak melawan pun tidak mundur.

Punggungku kubiarkan dipukuli orang, daguku kuserahkan kepada yang mencabuti janggutku, dan aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan dan ludahan. Tuhan Allah menolong aku, dan penghinaan itu takkan menggoncangkan daku. Hatiku tabah, sebab aku yakin, aku takkan dipermalukan. L. Demikianlah Sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah. MAZMUR TANGGAPAN (PS 819) Allahku, ya Allahku, mengapa Kau tinggalkan aku?

Mazmur: 1. Semua yang melihat aku mengolok-olok, mereka mencibirkan bibir dan menggelengkan kepala! Mereka bilang: “Ia pasrah kepada Allah! Biarlah Allah yang meluputkannya, biarlah Allah yang melepaskannya! Bukankah Allah berkenan kepadanya?” 2. Sekawanan anjing mengerumuni aku; gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku. Segala tulangku dapat kuhitung. 3. Mereka membagi-bagikan pakaianku di antara mereka dan membuang undi atas jubahku.

Tetap Engkau, Tuhan, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku! 4. Maka aku akan memahsyurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku dan memuji Engkau di tengah jemaat: Hai kamu yang takut akan Tuhan, pujilah Dia!

Hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia! Gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel. BACAAN II (Flp 2:6-11) "Yesus Kristus telah merendahkan diri, maka Allah sangat selamat hari minggu palma Dia." L. Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi: Saudara-saudara, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu selamat hari minggu palma. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! L. Demikianlah Sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah BAIT PENGANTAR INJIL (PS 965) TERPUJILAH KRISTUS TUHAN, RAJA MULIA DAN KEKAL Ayat: Kristus taat untuk kita sampai wafat-Nya di salib.

Dari sebab itulah Allah mengagungkan Yesus, Dan menganugerahkan nama yang paling luhur kepada-Nya. BACAAN INJIL (Mrk. 14:1 - 15:47; Singkat: Mrk. 15:1-39) N. Inilah Kisah Sengsara Tuhan kita Yesus Kristus menurut Markus N. Dua hari lagi Hari Raya Paskah dan Hari Raya Roti Tidak Beragi akan dimulai.

Imam-imam kepala dan selamat hari minggu palma Taurat mencari jalan untuk menangkap dan membunuh Yesus dengan tipu muslihat, dan mereka berkata, Im. "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat." N. Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya.

Setelah dipecahkan leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

selamat hari minggu palma

Ada orang yang menjadi gusar dan berkata kepada seorang yang lain, R. "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." N.

Lalu mereka memarahi perempuan itu.

selamat hari minggu palma

Tetapi Yesus berkata, Y. "Biarkanlah dia! Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka kapan saja kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku.

selamat hari minggu palma

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini adalah disebut juga untuk mengingat dia." N.

Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid Yesus, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka. Para imam sangat gembira waktu mendengarnya dan mereka berjanji akan memberikan uang kepada Yudas. Maka Yudas mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

N. Pada hari pertama dari Hari Raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid berkata kepada Yesus, Rs. "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?" N. Lalu Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan, Y. "Pergilah ke kota!

Di sana kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Guru berpesan: Di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama dengan murid-murid-Ku?

Lalu orang itu akan menunjukkan kamu sebuah ruangan atas yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk ita." N. Maka berangkatlah kedua murid itu. Setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka.

Lalu mereka menyiapkan Paskah. Setelah hari malam, datanglah Yesus bersama dengan kedua belas murid-Nya. Ketika mereka duduk di situ dan sedang makan, Yesus berkata, Y. "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku, yaitu dia yang makan dengan Aku." N. Maka sedihlah hati mereka, dan seorang demi seorang berkata kepada-Nya, Rs. "Bukan aku, ya Tuhan?" N. Ia menjawab, Y.

"Orang itu ialah salah seorang dari kamu yang dua belas selamat hari minggu palma, yang mencelupkan roti ke dalam satu pinggan dengan Aku. Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu seandainya ia tidak dilahirkan." N. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkan roti itu lalu memberikannya kepada para murid dan berkata, Y.

"Ambillah, inilah Tubuh-Ku." N. Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada para murid, dan mereka semua minum dari cawan itu. Dan Yesus berkata kepada mereka, Y. "Inilah Darah-Ku, Darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya yang baru, yaitu dalam Kerajaan Allah." N.

Sesudah mereka menyanyikan lagu pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun. Dalam perjalanan ke Bukit Zaitun Yesus berkata kepada mereka, Y. "Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sebab ada tertulis: Aku akan memukul gembala dan domba-dombanya akan tercerai-berai. Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea. " N. Kata Petrus kepada Yesus, Ptr. "Biarpun mereka semua tergoncang imannya, aku tidak!" N. Lalu kata Yesus kepadanya, Y. "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum selamat hari minggu palma berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." N.

Tetapi dengan selamat hari minggu palma bersungguh-sungguh Petrus berkata, Ptr. "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." N. Semua yang lain pun berkata demikian juga. Lalu sampailah Yesus dan murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani.

Kata Yesus kepada murid-murid-Nya, Y. "Duduklah di sini, sementara Aku berdoa." N. Dan Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Yesus sangat takut dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka, Y. "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah." N.

Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu berlalu dari pada-Nya. Kata-Nya, Y.

"Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa selamat hari minggu palma Engkau kehendaki terjadilah." N. Setelah itu Yesus kembali, dan mendapati ketiga murid sedang tidur. Maka Yesus berkata kepada Petrus, Y. "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam saja? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan! Roh memang penurut, tetapi daging lemah." N.

Lalu Yesus pergi lagi dan mengucapkan doa yang sama. Dan ketika kembali, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat dan mereka tidak tahu apa yang harus mereka berikan kepada Yesus.

Kemudian Yesus kembali untuk ketiga kalinya dan berkata kepada mereka, Y. "Tidurlah sekarang dan istirahatlah! Cukuplah! Saatnya sudah tiba! Lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa! Bangunlah, mari kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat. " N. Waktu Yesus masih berbicara, muncullah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala, para ahli Taurat dan tua-tua.

Orang yang menyerahkan Yesus telah memberitahukan tanda ini kepada mereka, Yd. "Orang yang kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia dan bawalah Dia dengan selamat!" N. Dan ketika ia sampai di situ ia segera maju mendapatkan Yesus dan berkata, Yd. "Rabi." N. Lalu mencium Dia. Maka orang-orang yang bersama Yudas itu memegang Yesus dan menangkap-Nya. Salah seorang dari mereka yang ada di situ menghunus pedangnya, lalu menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya. Kata Yesus kepada rombongan yang menangkap-Nya, Y.

"Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengahmu mengajar di bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku.

Tetapi haruslah digenapi yang ditulis dalam Kitab Suci!" N. Lalu semua murid itu meninggalkan Yesus dan melarikan diri. Pada waktu itu ada selamat hari minggu palma muda, hanya memakai sehelai kain lenan untuk menutup tubuhnya, mengikuti Yesus.

Mereka hendak menangkapnya, tetapi ia melepaskannya kain itu dan lari dengan telanjang. Kemudian Yesus dibawa menghadap Imam Agung. Lalu semua imam kepala, para tua-tua dan ahli Taurat berkumpul di selamat hari minggu palma.

Sementara itu Petrus mengikuti Yesus dari jauh, sampai ke dalam halaman rumah Imam Agung, dan di sana ia duduk di antara pengawal-pengawal sambil berdiang dekat api. Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian terhadap Yesus supaya Ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya. Banyak juga orang yang mengucapkan kesaksian palsu tentang Yesus, tetapi kesaksian-kesaksian itu tidak sesuai yang satu sama lain.

Lalu beberapa orang naik saksi melawan Yesus dengan tuduhan palsu ini, R. "Kami sudah mendengar orang ini berkata: Aku akan merobohkan Bait Suci buatan tangan manusia ini dan dalam tiga hari akan Kudirikan yang lain yang bukan buatan tangan manusia." N.

Dalam hal ini pun kesaksian mereka tidak sesuai yang satu sama lain. Maka Imam Agung bangkit berdiri di tengah-tengah sidang dan bertanya kepada Yesus, Im. "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan dan para saksi ini terhadap Engkau?" N.

Tetapi Yesus tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Sekali lagi Imam Agung itu bertanya kepada-Nya, Im. "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?" N. Jawab Yesus, Y. "Akulah Dia! Kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah selamat hari minggu palma Yang Mahakuasa dan datang di tengah awan-awan di langit." N. Maka Imam Agung itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata, Im. "Untuk apa kita perlu saksi lagi? Kamu sudah mendengar hujat-Nya terhadap Allah.

Bagaimana pendapatmu?" N. Lalu dengan suara bulat mereka memutuskan bahwa Yesus harus dihukum mati. Lalu mulailah beberapa orang meludahi Dia dan menutupi muka-Nya serta meninju-Nya sambil berkata, R. "Hai nabi, cobalah terka!" N.

Malah para pengawal pun memukul Dia. Pada waktu itu Petrus masih ada di bawah, di halaman. Lalu datanglah seorang hamba perempuan Imam Agung, dan ketika melihat Petrus sedang berdiang, ia menatap mukanya dan berkata, W.

"Engkau juga selalu bersama dengan Yesus, orang Nazaret itu." N. Tetapi Petrus menyangkalnya dan berkata, Ptr. "Aku tidak tahu dan tidak mengerti apa yang engkau maksud." N. Lalu Petrus pergi ke serambi muka (dan berkokoklah ayam). Ketika hamba perempuan itu melihat Petrus lagi, berkatalah pulalah iakepada orang-orang yang ada di situ, W.

"Orang ini adalah salah seorang dari mereka." N. Tetapi Petrus menyangkalnya pula.

selamat hari minggu palma

Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ berkata juga kepada Petrus, R. "Engkau ini pasti salah seorang dari mereka! Apalagi engkau seorang Galilea!" N. Maka mulailah Petrus dan bersumpah, Ptr. "Aku tidak kenal orang yang kamu sebut-sebut ini!" N. Dan pada saat itu berkokoklah ayam untuk kedua kalinya. Maka teringatlah Petrus, bahwa Yesus telah berkata kepadanya, "Sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu menangislah ia tersedu-sedu.

N. Pagi-pagi benar imam-imam kepala bersama tua-tua dan para ahli Taurat dan seluruh Mahkamah Agama sudah bulat mufakatnya. Mereka membelenggu Yesus lalu membawa Dia dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus.

Pilatus bertanya kepada Yesus, PP. "Engkaukah raja orang Yahudi?" N. Jawab Yesus Y. "Engkau sendiri mengatakannya." N. Lalu imam-imam kepala mengajukan banyak tuduhan terhadap Yesus.

selamat hari minggu palma

Pilatus bertanya kepada-Nya, PP. "Tidakkah Engkau memberi jawab? Lihatlah betapa banyaknya tuduhan mereka terhadap Engkau!" N. Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawab lagi sehingga Pilatus merasa heran. Telah menjadi kebiasaan untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-tiap hari raya itu menurut permintaan orang banyak. Pada waktu itu ada seorang yang bernama Barabas sedang dipenjarakan bersama beberapa orang pemberontak lainnya.

Mereka telah melakukan pembunuhan dalam suatu pemberontakan. Maka datanglah orang banyak dan meminta supaya sekarang kebiasaan itu diikuti juga. Pilatus menjawab mereka dan bertanya, PP. "Apakah kamu menghendaki supaya kubebaskan raja orang Yahudi ini?" N. Pilatus mengetahui bahwa imam-imam kepala telah menyerahkan Yesus karena dengki.

Tetapi imam-imam kepala menghasut orang banyak untuk meminta supaya Barabaslah yang dibebaskan bagi mereka. Pilatus sekali lagi menjawab dan bertanya kepada mereka, PP. "Kalau begitu, apakah yang selamat hari minggu palma kuperbuat dengan Dia yang kamu sebut raja orang Yahudi ini?" N. Mereka berteriak lagi, katanya, SO. "Salibkanlah Dia!" N. Lalu Pilatus berkata kepada mereka, PP. "Tetapi kejahatan apakah yang telah dilakukan-Nya?" N.

Namun mereka makin keras berteriak: SO. "Salibkanlah Dia!" N. Dan karena Pilatus ingin memuaskan hati orang banyak itu, ia membebaskan Barabas bagi mereka. Tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkan untuk disalibkan. Kemudian serdadu-serdadu membawa Yesus ke dalam istana, yaitu gedung pengadilan, dan memanggil seluruh pasukan berkumpul. Mereka mengenakan jubah ungu kepada Yesus, menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala Yesus.

Kemudian mereka mulai memberi hormat kepada-Nya, katanya: S. "Salam, hai raja orang Yahudi!" N. Mereka memukul kepala Yesus dengan buluh, meludahi-Nya dan berlutut menyembah-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia, mereka menanggalkan jubah ungu itu dari pada-Nya dan mengenakan pakaian Yesus sendiri. Kemudian Yesus dibawa ke luar untuk selamat hari minggu palma. Pada waktu itu lewatlah seorang yang bernama Simon, orang Kirene, ayah Aleksander dan Rufus, yang baru datang dari luar kota, dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus.

Mereka membawa Yesus ke tempat yang bernama Golgota, yang berarti: Tempat Tengkorak. Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Yesus menolaknya. Kemudian mereka menyalibkan Yesus, lalu mereka membagi pakaian-Nya dengan membuang undi atasnya untuk menentukan bagian masing-masing. Saat Yesus disalibkan, hari menunjukkan jam sembilan.

Alasan mengapa Ia dihukum disebut pula pada tulisan yang terpasang di situ: "Raja orang Yahudi". Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya.

Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi, "Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka." Orang-orang yang lewat di sana menghujat Yesus, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata, R.

"Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, turunlah dari salib itu dan selamatkan diri-Mu!" N. Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di antara mereka sendiri dan mereka berkata, Im.

"Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya." N. Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus mencela-Nya juga. Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: Y. "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?" N. Yang berarti: Y. "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" N.

Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: R. "Lihat, Ia memanggil Elia." N. Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata, R. "Baiklah kita selamat hari minggu palma dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia." N. Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya. (Semua berlutut dan hening sejenak) N. Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah.

Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia, S. "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!" N. Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea.

Ada juga di situ banyak perempuan lain yang telah datang ke Yerusalem bersama-sama dengan Yesus. Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat. Karena itu Yusuf, orang Arimatea, seorang anggota Majelis Besar yang termuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah, memberanikan diri menghadap Pilatus dan meminta jenazah Yesus. Pilatus heran waktu mendengar bahwa Yesus sudah mati.

Maka ia memanggil kepala pasukan dan bertanya kepadanya apakah Yesus sudah mati. Sesudah mendengar keterangan kepala pasukan, ia berkenan memberikan mayat itu kepada Yusuf. Yusuf pun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan jenazah Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu.

Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu. Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana Yesus dibaringkan.

N. Demikianlah Injil Tuhan U Terpujilah Kristus. HOMILI SINGKAT HENING SEJENAK AKU PERCAYA DOA UMAT I. Bersama Yesus yang taat sampai wafat, tetapi dijunjung tinggi oleh Bapa-Nya, marilah kita menghadap Bapa dan berdoa: L. Bagi Gereja yang menderita: Semoga Bapa menabahkan mereka yang menderita, dihina, difitnah karena imannya, agar mereka tetap berpengharapan bahwa sesudah cobaan akan datang pembebasan. Marilah kita mohon: U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi para pemimpin masyarakat: Semoga Bapa mendampingi para pemimpin masyarakat kami, agar dengan tabah tetap memperjuangkan kesejahteraan umum dan tidak tergoda untuk mementingkan kepentingan diri sendiri.

Marilah kita mohon. U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu. L. Bagi sanak-saudara yang menderita: Semoga Bapa memberkati dan mendampingi saudara-saudari kami yang sedang mengalami penderitaan agar dengan rela dan penuh iman mempersatukan penderitaannya dengan penderitaan Kristus demi keselamatan sesama. Marilah kita mohon: U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi kita selamat hari minggu palma yang berkumpul di sekitar altar ini: Semoga Bapa Yang Mahamurah mencurahkan semangat Yesus Kristus Putra-Mu dalam diri kami, agar kami dapat saling membantu dalam memanggul salib kehidupan kami sehari-hari dalam mengikuti jejak Putra-Mu.

Marilah kita mohon: U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu. I. Allah Bapa kami di surga, demi cinta kasih-Mu, Engkau menghendaki kami menjadi putra dan putri-Mu berkat jasa Yesus Kristus, Putra-Mu. Kami mohon terimalah dan kabulkanlah permohonan kami dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. U. Amin.

LITURGI EKARISTI A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 564) DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

I. Ya Allah, semoga oleh penderitaan Putra Tunggal-Mu pendamaian-Mu dengan kami semakin mendekat. Kami tidak mampu mencapainya dengan usaha kami sendiri, namun kami sudah merasakannya, berkat kurban yang penuh daya ini dan karena belas kasih-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. U. Amin. B. DOA SYUKUR AGUNG PREFASI (Minggu Sengsara) I. Tuhan bersamamu U. Dan bersama selamat hari minggu palma.

I. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan U. Sudah kami arahkan. I. Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita. U. Sudah layak dan sepantasnya. I. Sungguh layak dan sepantasnya, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal: dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Ia yang tidak bersalah, rela menderita bagi orang berdosa dan rela dihukum dengan tidak adil bagi orang selamat hari minggu palma.

Wafat-Nya menghapus dosa kami dan kebangkitan-Nya menyelamatkan kami. Maka, bersama semua Malaikat kami pun memuji Dikau dan bersorak gembira sambil bernyanyi: KUDUS (PS 385) DOA SYUKUR AGUNG V I. Sungguh kuduslah Engkau, ya Allah. Sejak awal mula Engkau berusaha agar manusia menjadi kudus seperti Engkau sendiri kudus adanya. I. Kami mohon, pandanglah persembahan umat-Mu ini dan curahkanlah kuasa Roh-Mu atasnya agar persembahan ini menjadi Tubuh dan (+) Darah Yesus Kristus.

Dialah Putra-Mu yang terkasih dan dalam Dia Engkau mengangkat kami menjadi anak-anak-Mu. I. Meskipun dulu kami tersesat dan tidak mampu mendekati Engkau, Engkau mengasihi kami dengan kasih yang tak terhingga: Yesus, Putra-Mu, satu-satunya Manusia yang benar, tidak menolak dipaku pada kayu salib untuk kami. Tetapi, sebelum tangan-Nya terentang antara langit dan bumi, Ia merayakan perjamuan Paskah yang tak terhapuskan.

I. Sementara makan bersama, Ia mengambil roti. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-murid-Nya seraya berkata: Terimalah dan makanlah: Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu. I. Yesus menyadari bahwa Dia mesti mendamaikan segala-galanya dengan Darah-Nya yang tertumpah di kayu salib. Maka, sesudah perjamuan, Ia mengambil piala yang berisi air anggur. Sekali lagi Ia mengucap syukur kepada-Mu lalu menyerahkan piala itu kepada selamat hari minggu palma seraya berkata: Terimalah dan minumlah: Inilah Piala Darah-Ku, Darah perjanjian baru dan kekal, yang ditumpahkan bagimu dan bagi banyak orang demi pengampunan dosa.

Lakukanlah ini untuk mengenangkan Daku. AKLAMASI ANAMNESIS I. Sungguh agung misteri iman kita U. Tuhan, penebus dunia, dengan salib dan kebangkitan-Mu, Engkau membebaskan manusia. Selamatkanlah kami, umat-Mu. I. Allah yang setia dan berbelas kasih, sambil mengenangkan Yesus Kristus, Putra-Mu, kurban Paskah dan jaminan damai selamat hari minggu palma, kami merayakan wafat dan kebangkitan-Nya dari antara orang mati; dan sambil menantikan kedatangan-Nya yang membahagiakan, kami memperembahkan kepada-Mu kurban yang memulihkan hubungan kami dengan Dikau.

I. Ya Bapa yang mahamurah, pandanglah dengan penuh kasih sayang semua orang yang Engkau ikut sertakan dalam kurban Kristus ini. Semoga karena kekuatan Roh Kudus, semua yang ambil bagian dari roti dan piala yang satu ini dihimpun menjadi satu tubuh dalam Kristus dan dijauhkan dari setiap perpecahan.

I. Sudilah menjaga kami agar senantiasa sehati sejiwa dengan Bapa Suci., dan Bapa Uskup kami. Bantulah kami bersama-sama menyiapkan datangnya kerajaan-Mu sampai kami sendiri, sebagai orang kudus di selamat hari minggu palma para kudus, menghadap Engkau di takhta surgawi, bersama Santa Perawan Maria, Bunda Allah, Santo Yusuf suaminya, para rasul, serta semua orang kudus yang berbahagia, dan berkumpul kembali dengan semua saudara yang sudah mendahului kami; mereka kami serahkan kepada belas kasihan-Mu.

I. Pada saat yang membahagiakan itu, sebagai manusia baru yang Engkau bebaskan dari dosa, dengan penuh sukacita kami akan melambungkan pujian syukur Kristus yang hidup selama-lamanya. I. Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa. U. Amin. C. KOMUNI BAPA KAMI (didoakan atau PS 403) I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa I+U.

Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.

U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya. DOA DAMAI ANAK DOMBA ALLAH (PS 406) PERSIAPAN KOMUNI Ajakan menyambut Komuni I. Saudara-saudari terkasih, Tuhan Yesus bersabda, "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi." Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.

U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh. KOMUNI LAGU KOMUNI (PS 434) SAAT HENING DOA SESUDAH KOMUNI I.

Marilah kita berdoa: I. Ya Allah, kami yang telah dipuaskan oleh anugerah suci ini bersujud memohon kepada-Mu: Semoga sebagaimana berkat kematian Putra-Mu Engkau membantu kami mengharapkan apa yang kami imani demikian pula berkat kebangkitan-Nya Engkau membantu kami mencapai apa yang kami tuju. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. U. Amin. RITUS PENUTUP BERKAT PENGUTUSAN PERARAKAN KELUAR (PS 488)
Permalink - Reply Para Pengunjung, Banyak terima kasih sudah mampir, entah sengaja atau hanya kebetulan.

Sejauh yang saya ikuti, ada yang mampir dengan atau setelah mengetik ‘kalimat pencari’ sebagai berikut, yaitu: ‘mana sebutan yang benar, minggu palma atau minggu palem’. Sebagaimana Anda lihat, dalam ucapan selamat di atas tertulis secara jelas ‘Minggu Palma’. Mana yang benar? ‘Palma’ adalah kata Latin untuk ‘palem’ dalam bahasa Indonesia. Dulu bahasa Latin adalah bahasa resmi yang secara umum digunakan dalam upacara keagamaan Gereja Katolik, termasuk di tanah air, meskipun sudah sejak awal bahasa Indonesia (nb.

Bahasa Melayu waktu itu), bahkan bahasa daerah setempat, sudah digunakan juga, demi membantu pemahaman sekaligus pengungkapan iman umat yang mengikuti upacara. Istilah-istilah atau sebutan tertentu pun menggunakan kata Latin, termasuk sebutan ‘Minggu Palma’ itu.

Sesuatu yang sudah sangat biasa, dengan arti atau makna yang sudah jelas dan gamblang untuk semua. Sampai pada suatu masa ketika bahasa Indonesia mulai digunakan secara resmi sebagai bahasa Liturgi di kalangan Gereja Katolik di Indonesia, istilah-istilah dan sebutan Latin yang sudah populer dan akrab itu masih tetap dipakai, meskipun sudah ada terjemahan resmi dalam bahasa Indonesia.

Pada kenyataannya, dalam pemakaian sehari-hari, satu tidak meniadakan yang lain. Karena itu, ada sebutan ‘Minggu Palem’, tetapi tetap lebih populer dan akrab sebutan ‘Minggu Palma’. Terutama buat kalangan Umat Katolik di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Maka, bukanlah persoalan benar-salahnya sebutan (nb. karena sesungguhnya dalam ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia’ pun ada entri untuk kata ‘palma’, bahkan juga ‘palm’, yang dirujuk ke ‘palem’; jadi, lebih berkaitan dengan pembedaan kata yang ‘baku’ dan ‘bukan baku’ menurut KBBI), tetapi sesungguhnya soal praksis penggunaan kata itulah yang tersentuh secara tak langsung, yaitu soal apakah ‘berterima’ atau ‘tidak berterima’.

Melihat konteks tersebut di atas, penggunaan kata ‘Minggu Palma’ jelas sangat berterima. Para peminat apalagi peneliti segi-segi semantis, gramatikal dan pragmatis dalam praksis berbahasa tentu tidak asing lagi dengan istilah ‘berterima’ dan ‘tidak berterima’ ini. Ketika menulis ucapan selamat di atas pun sudah diketahui bahwa ‘palem’ adalah kata bahasa Indonesia untuk ‘palma’, kata dari bahasa Latin itu. Maka, menyebut ‘Minggu Palem’ pun boleh-boleh saja.

Namun, menyebut ‘Minggu Palma’ selamat hari minggu palma langsung menyentuh hati setiap orang yang pernah hidup dalam tradisi yang sudah dideskripsikan itu, dan semua mereka yang masih menghidupi tradisi itu hingga kini. Jika orang secara batin tersentuh dan terajak untuk ambil bagian dalam perayaan, dan selanjutnya dalam sikap iman kembali merenungkan, menghayati dan memaknai inti serta pesan perayaan tersebut bagi kehidupannya, tercapailah tujuan utama dari ucapan selamat yang disampaikan. Frasa ‘Minggu Palma’ adalah sepenggal lirik klasik yang dengan tahu dan mau dilantun ulang untuk menyapa dan menggetarkan keterlibatan batin yang semoga semakin lebih dalam dan semakin lebih bermakna pula.

Selamat ‘Hari Raya Minggu Palma’ bagi yang merayakannya. *************** • Pages • About • Categories • ALAM (NATURE) • Blog Review • BUDAYA (CULTURE) • CURRICULUM VITAE • DEDICATION • Games • Health • Music • News and politics • NIC Information • Organizations • PERISTIWA KEAGAMAAN (RELIGIOUS EVENT) • PUBLIC HOLIDAYS • SAPAAN (GREETING) • Season • Sejarah (History) • Social Event • Technology & Industry • Travel • University & Education • Weather • Archives • July 2021 • June 2021 • May 2021 • April 2021 • March 2021 selamat hari minggu palma February 2021 • January 2021 • September 2020 • August 2020 • July 2020 • June 2020 • May 2020 • April 2020 • March 2020 • February 2020 • January 2020 • December 2019 • November 2019 • October 2019 • September 2019 • August 2019 • July 2019 • June 2019 • May 2019 • April 2019 • March 2019 • February 2019 • January 2019 • December 2018 • November 2018 • October 2018 • September 2018 • August 2018 • July 2018 • June 2018 • May 2018 • April 2018 • March 2018 • February 2018 • January 2018 • December 2017 • November 2017 • October 2017 • September 2017 • August 2017 • July 2017 • June 2017 • May 2017 • April 2017 • March 2017 • February 2017 • January 2017 • December 2016 • November 2016 • October 2016 • September 2016 • August 2016 • July 2016 • June 2016 • May 2016 • April 2016 • March 2016 • February 2016 • January 2016 • December 2015 • November 2015 • October 2015 • Selamat hari minggu palma 2015 • August 2015 • July 2015 • June 2015 • May 2015 • April 2015 • March 2015 • February 2015 selamat hari minggu palma January 2015 • December 2014 • November 2014 • October 2014 • September 2014 • August 2014 • July 2014 • June 2014 • May 2014 • April 2014 • March 2014 • February 2014 • January 2014 • December 2013 • November 2013 • October 2013 • September 2013 • August 2013 • July 2013 • June 2013 • May 2013 • April 2013 • March 2013 • February 2013 • January 2013 • December 2012 • November 2012 • October 2012 • September 2012 • August 2012 • July 2012 • June 2012 • May 2012 • April 2012 • March 2012 • February 2012 • January 2012 • December 2011 • November 2011 • October 2011 • September 2011 • August 2011 • July 2011 • June 2011 • May 2011 • April 2011 • March 2011 • February 2011 • January 2011 • December 2010 • November 2010 • October 2010 • September 2010 • August 2010 • July 2010 • June 2010 • May 2010 • April 2010 • March 2010 • February 2010 • January 2010 • Search Breaking News • Cerita Danau Toba dengan Sahabat Lama • Silaturahmi dengan Pak Wagub Musa Rajekshah • Silaturahmi dan Doa di Idul Fitri • Pasi Cup dan Bantuan Penambah Semangat • Pesan Teduh dan Ayam Putih dari Ustadz • Silaturahmi Lebaran • Musrenbangnas: Penurunan Stunting dan Persiapan Pemilu • Siap untuk Selamat • WTP yang ke-8 Kalinya • Merancang Buku Tenun Silahisabungan Hari ini, 10 April 2022, umat Katolik di selamat hari minggu palma dunia merayakan Minggu Palma.

Perayaan Minggu Palma jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah dan menandai dimulainya Pekan Suci. Minggu Palma merupakan awal dari pekan terakhir Yesus di bumi. Perayaan Minggu Palma dengan simbol daun palma memiliki makna pujian dan kemuliaan, kemenangan dan damai.

Arti simbolis daun palma pun tertulis dalam kitab Wahyu. Saya Dr Eddy Keleng Ate Selamat hari minggu palma, Ketua DPD Golkar Kabupaten Dairi mengucapkan selamat hari minggu Palma -Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan – • 2 Februari 2022 Pelantikan Ketua DPD Golkar Dairi • 4 Februari 2022 Presiden Jokowi Bersama 4 Menteri Kunker Ke Dairi • 4 Februari 2022 Bupati Dairi Dampingi Presiden Jokowi Selama di Dairi • 4 Februari 2022 2,5 Tahun Berusaha Datangkan Jokowi ke Dairi, Eddy Berutu: Terima Kasih Pak Airlangga, Luhut, Sandiaga dan Sofyan • 4 Februari 2022 Isi Percakapan Bupati Dairi Saat Bicara Dengan Presiden Jokowi • 7 Februari 2022 Tindaklanjuti Instruksi Bupati Dairi, Dinas Sosial dan P3AP2KB Berikan Selamat hari minggu palma Terhadap Balita di Simartugan
• • Home • Blogging • WordPress • Tips SEO • WordPress Theme • ENGINEERING • Arsitektur • Bendungan dan Irigasi • File Excel Teknik Sipil • Dana Desa • Dokumen Proyek • Ebook Teknik Sipil • File DWG • Software Teknik Sipil • RAGAM+ • ASURANSI • Asuransi Jiwa • Asuransi Kendaraan • Asuransi Bisnis • Asuransi Kesehatan • Asuransi Kredit • Asuransi Pendidikan • Asuransi Properti • Asuransi Umum • BANKING • Bank BRI • Bank BCA • Bank BNI • Bank BTN • Bank NTT • Kode Bank di Indonesia • Swift Code Bank di Indonesia • BISNIS dan WIRAUSAHA • Pengetahuan Umum • Quotes • Informasi Kesehatan • Ramalan Shio 2022 • ROHANI • Doa Katolik • Doa Kristen • Iman Katolik • Kalender Liturgi • Rohani Kristen • Santo dan Santa Pelindung • TRAVELLING • Wisata Budaya • Wisata Bukit • Wisata Pantai • Wisata Rohani • NAMA BAYI • BAYI LAKI LAKI • BAYI PEREMPUAN • JASA BACKLINK • #FileGratis Download Kumpulan Gambar Kerja Apartemen File Autocad (DWG) Terlengkap Download Kumpulan Gambar Kerja Bangunan Sekolah SD, SMP, SMA File DWG Autocad Download Gambar Kerja Gudang Single Beam Format DWG Autocad Beserta Perhitungan Excel Download Kumpulan Gambar Detail Tipe Drainase File DWG AutoCad Download Kumpulan Gambar Kerja Detail Saluran Pembuangan Air (Got/Selokan) File DWG 5/5 – (17 votes) Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus: Makna Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Renungan Harian, dan Doa – Minggu, 28 Maret 2021, seluruh umat Katolik di dunia akan mendatangi gereja dengan daun palem di tangannya.

Perayaan ini dikenal dengan nama Minggu Palma, sebuah peringatan masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia dikorbankan dan bangkit kembali, sesuai kepercayaan umat Kristiani. Mengapa umat membawa daun palem saat Minggu Palma? Menurut Alkitab, pengikut Yesus melambari jalan di Yerusalem dengan daun palem, sebelum Yesus memasuki wilayah tersebut.

Seperti dilansir Time, mengalasi jalan dengan daun palem adalah kebiasaan yang dilakukan bagi orang yang berkedudukan tinggi di zaman itu. Satu minggu sebelum merayakan Paskah, kita akan melewati Minggu Palma. Hari peringatan ini termasuk hari peringatan yang penting. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makna Minggu Palma.

Makna Minggu Palma Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus, Panduan Misa, Renungan, dan Doa Minggu Palma dirayakan untuk mengingat prosesi masuknya Yesus ke Yerusalem sebelum akhirnya Ia disalibkan. Berdasarkan urutan kisah yang disampaikan dalam Alkitab, setelah dari Yerusalem, masa sengsara Yesus segera dimulai.

Oleh karena itu, dalam satu minggu antara Minggu Palma dan Paskah biasa disebut dengan Pekan Suci. Berikut adalah makna Minggu Palma dalam liturgi gereja Kristen.

• Yerusalem merupakan kota yang suci. Ini memberikan sebuah makna Minggu Palma bahwa kesucian akan bersorak-sorai untuk Allah. Orang yang sudah menerima Yesus seharusnya bersukacita menantikan dan menyambut kedatangan Yesus.

• Dalam perayaan Minggu Palma, di gereja selamat hari minggu palma akan dibagikan daun palem. Gereja pun terlihat penuh dengan dekorasi palem. Hal ini untuk menandakan bahwa jemaat ikut hadir menyambut masuknya Yesus ke Yerusalem. Daun palem yang dibagikan akan dibakar untuk dipakai di perayaan Rabu Abu di tahun berikutnya untuk menegaskan makna ibadah Rabu Abu.

• Keikutsertaan jemaat juga ditandai dengan jemaat yang ikut melambaikan daun palem sambil bernyanyi. Prosesi ini biasanya dimulai di awal ibadah. • Daun palem sendiri bukannya sembarang dipilih. Daun Palem pada zaman Romawi merupakan simbol kemenangan martir. Oleh karena itu, daun palem memberikan makna Minggu Palma bahwa Yesus telah menang selamat hari minggu palma maut. • Warna hijau pada daun palem identik dengan musim semi.

Seperti musim semi yang menggantikan musim dingin, Yesus datang memberikan keselamatan, suasana baru yang penuh damai dan sukacita ganti segala dosa dan dukacita. • Yesus memasuki Yerusalem menggunakan keledai.

Keledai sendiri dianggap sebagai lambang perdamaian.

selamat hari minggu palma

Hal ini memberikan makna Minggu Palma bahwa Yesus datang membawa perdamaian bagi dunia. Jika keledai merupakan lambang perdamaian, kuda dianggap sebagai simbol peperangan. • Minggu Palma tidak hanya mengingatkan jemaat atas proses masuknya Yesus ke Yerusalem, tetapi juga mengingatkan akan kesengsaraan Yesus.

selamat hari minggu palma

Jemaat diingatkan bahwa setelah dielu-elukan begitu rupa, ada proses sengsara yang harus Ia lewati. Maka dari itu, Pekan Suci juga disandingkan dengan Minggu Sengsara. • Pada ibadah Minggu Palma, teks bacaan Alkitab yang dipilih adalah pembacaan kisah sengsara Yesus. Pembacaan ini tentu sama dengan yang dibacakan saat Jumat Agung. Namun, pembacaan ini memberikan makna yang berbeda dengan makna Jumat Agung. Makna Minggu Palma yang didapatkan adalah kemenangan Yesus bukan tentang bagaimana Ia dipuja, tetapi selamat hari minggu palma bagaimana Ia berhasil melawan kuasa maut.

Perayaan Hari Minggu Palma memiliki keunikan tersendiri. Perayaan diawali dengan penuh kegembiraan dan sukacita untuk menyambut Kristus sebagai raja. Tetapi setelah selesai perarakan, dalam Ekaristi seluruhnya umat beriman diajak untuk merenungkan misteri sengsara dan wafat Tuhan, baik dalam doa maupun pembacaan kisah sengsara Tuhan Yesus Kristus, yang diambil dari Injil Sinoptik.

1. Komentar Pembuka Bapak-Ibu, saudara-saudari, umat beriman yang terkasih dalam Kristus Yesus. Masuknya Selamat hari minggu palma ke kota Daud pada hakikatnya memulai drama penderitaan-Nya untuk melaksanakan kehendak Sang Bapa. Penderitaan ini yang pada akhirnya bermuara pada kegembiraan abadi: Paskah kita. “Terpujilah yang datang atas nama Tuhan!” merupakan suatu pralambang kedatangan Yesus dengan jaya pada akhir zaman. “Hosana Putera Daud !” Suatu madah yang melantunkan nada penderitaan bercampur kemuliaan abadi.

Oleh karena itu, marilah kita menyambut Yesus sebagai Raja Damai, sebagai Dia yang dalam cinta-Nya rela mati supaya kita memperoleh hidup.

Marilah kita menyongsong kedatangan Sang Raja kemuliaan kekal, Yesus Tuhan kita dengan memadahkan lagu pembuka. Saudara-saudara terkasih, sudah sejak awal masa Prapaskah kita menyiapkan diri dengan ulah tobat dan karya amal kasih. Pada hari ini kita semua berkumpul dan bersama seluruh umat Allah mengawali misteri Paskah Tuhan kita, yakni sengsara dan kebangkitan-Nya. Untuk menggenapi misteri inilah Yesus memasuki Yerusalem, kota-Nya. Oleh karena itu, marilah dengan penuh iman dan bakti kita mengiringi Tuhan sambil mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu.

Dengan demikian kita memetik buah salib suci, yakni kebangkitan dan kehidupan. Setelah tiba di altar, imam menghormati altar dan, bila dianggap perlu, mendupainya. Lalu ia pergi ke tempat duduk, menanggalkan pluviale (jika tidak ada pluviale, dapat digunakan alba, kasula dan singel) dan mengenakan kasula. Dengan menghilangkan bagian-bagian ritus pembuka misa, termasuk, bila ada, Kyrie, imam langsung mengucapkan doa pembuka.

selamat hari minggu palma

Kemudian misa dilanjutkan seperti biasa. Kedua: Upacara Masuk Meriah Kalau perarakan di luar gereja tidak dapat dilaksanakan, peristiwa Yesus memasuki Kota Yerusalem dirayakan di dalam gereja dengan upacara masuk meriah sebelum misa utama. Umat berkumpul di depan pintu gereja atau di dalam gereja sambil memegang daun palma. Imam, para pelayan, dan para wakil umat pergi ke tempat yang cocok di dalam gereja ―bukan di panti imam―yang dapat dilihat oleh sebagian besar umat yang hadir.

Sementara imam dan para pelayan pergi ke tempat tersebut, dilagukan antifon ‘Hosana bagi Putra Daud’ (no. 4) atau nyanyian lain yang sesuai. Kemudian imam memberkati daun palma dan membacakan Injil tentang Yesus memasuki Kota Yerusalem (no. 5-7). Sesudah pembacaan Injil imam, para pelayan, dan wakil umat berarak di dalam gereja menuju panti-imam. Sementara itu, dilagukan responsorium ‘Ketika Tuhan Memasuki’ (no.

10) atau nyanyian lain yang sesuai. Doa Pembuka Marilah kita berdoa, Allah yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah menyerahkan Juruselamat kami yang telah menjadi manusia dan direndahkan sampai wafat di salib, sebagai teladan kerendahan bagi umat manusia.

Perkenankanlah, agar kami meneladani sengsara-Nya dan pantas untuk bangkit bersama Dia, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. LITURGI SABDA Sungguh layak dan benar, pantas dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal: dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami.

Ia yang tidak bersalah, rela menderita bagi orang berdosa dan rela dihukum dengan tidak adil bagi orang jahat. Wafat-Nya menghapus dosa kami dan kebangkitan-Nya menyelamatkan kami. Maka, bersama semua Malaikat kami pun memuji Dikau dan bersorak gembira sambil berseru: Marilah kita berdoa, Ya Tuhan, kami yang telah dipuaskan oleh anugerah suci ini bersujud memohon kepada-Mu: Semoga sebagaimana berkat kematian Putra-Mu Engkau membantu kami mengharapkan apa yang kami Imani, demikian pula berkat kebangkitan-Nya Engkau membantu kami mencapai apa yang kami selamat hari minggu palma.

Dengan pengantaraan Selamat hari minggu palma, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Bacaan Pertama Yesaya Bab 50 : ayat 4 – ayat 7 Renungan harian katolik hari ini Pembacaan dari Kitab Yesaya : Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.

Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi. Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu.

Demikianlah sabda Tuhan. Mazmur Tanggapan Mazmur 22:8-9.17-18.19-20.23-24 Allahku, ya Allahku, mengapa Kautinggalkan daku?

selamat hari minggu palma

• “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?” Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku. • Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.

Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku. • Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku. Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku! • Aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaah: kamu yang takut akan TUHAN, pujilah Dia, hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia, dan gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel!

Bacaan Kedua Filipi Bab 2 : ayat 6 – ayat 11 Renungan harian katolik Pembacaan dari Surat Paulus kepada Jemaat di Filipi : yang walaupun dalam selamat hari minggu palma Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

selamat hari minggu palma

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Demikianlah Sabda Tuhan. Bait Pengantar Injil Filipi Bab 2 : ayat 8 – ayat 9 Kristus sudah taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat mengandalkan Dia, dan menganugerahi-Nya nama diatas segala nama.

Selamat hari minggu palma Injil Markus Bab 15 : ayat 1 – ayat 39 Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus : Pagi-pagi benar imam-imam kepala bersama tua-tua dan ahli-ahli Taurat dan seluruh Mahkamah Agama sudah bulat mupakatnya. Mereka membelenggu Yesus lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus. Pilatus bertanya kepada-Nya: “Engkaukah raja orang Yahudi?” Jawab Yesus: “Engkau sendiri mengatakannya.” Lalu imam-imam kepala mengajukan banyak tuduhan terhadap Dia.

Pilatus bertanya pula kepada-Nya, katanya: “Tidakkah Engkau memberi jawab? Lihatlah betapa banyaknya tuduhan mereka terhadap Engkau!” Tetapi Yesus sama selamat hari minggu palma tidak menjawab lagi, sehingga Pilatus merasa heran. Telah menjadi kebiasaan untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-tiap hari raya itu menurut permintaan orang banyak.

Dan pada waktu itu adalah seorang yang bernama Barabas sedang dipenjarakan bersama beberapa orang pemberontak lainnya. Mereka telah melakukan pembunuhan dalam pemberontakan. Maka datanglah orang banyak dan meminta supaya sekarang kebiasaan itu diikuti juga. Pilatus menjawab mereka dan bertanya: “Apakah kamu menghendaki supaya kubebaskan raja orang Yahudi ini?” Ia memang mengetahui, bahwa imam-imam kepala telah menyerahkan Yesus karena dengki.

Tetapi imam-imam kepala menghasut orang banyak untuk meminta supaya Barabaslah yang dibebaskannya bagi mereka. Pilatus sekali lagi menjawab dan bertanya kepada mereka: “Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan orang yang kamu sebut raja orang Yahudi ini?” Maka mereka berteriak lagi, katanya: “Salibkanlah Dia!” Lalu Pilatus berkata kepada mereka: “Tetapi kejahatan apakah yang telah dilakukan-Nya?” Namun mereka makin keras berteriak: “Salibkanlah Dia!” Dan oleh karena Pilatus ingin memuaskan hati orang banyak itu, ia membebaskan Barabas bagi mereka.

Tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan. Kemudian serdadu-serdadu membawa Yesus ke dalam istana, yaitu gedung pengadilan, dan memanggil seluruh pasukan berkumpul.

Mereka mengenakan jubah ungu kepada-Nya, menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Kemudian mereka mulai memberi hormat kepada-Nya, katanya: “Salam, hai raja orang Yahudi!” Mereka memukul kepala-Nya dengan buluh, dan meludahi-Nya dan berlutut menyembah-Nya.

Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah ungu itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian Yesus dibawa ke luar untuk disalibkan.

selamat hari minggu palma

Pada waktu itu lewat seorang yang bernama Simon, orang Kirene, ayah Aleksander dan Rufus, yang baru datang dari luar kota, dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Mereka membawa Yesus ke tempat yang bernama Golgota, yang berarti: Tempat Tengkorak.

Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya. Kemudian mereka menyalibkan Dia, lalu mereka membagi pakaian-Nya dengan membuang undi atasnya untuk menentukan bagian masing-masing.

Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan. Dan alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang terpasang di situ: “Raja orang Yahudi”.

Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya. (Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: “Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka.”) Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata: “Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, turunlah dari salib itu dan selamatkan diri-Mu!” Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di antara mereka sendiri dan mereka berkata: “Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan!

Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya.” Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga. Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”*, yang berarti: /Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Lihat, Ia memanggil Elia.” Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.” Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!” Demikianlah Injil Tuhan. Baca Juga: • 3 Doa Wasiat Katolik • (15) Lima Belas Penyiksaan Rahasia Terhadap Yesus • Surat Suci Dari Yesus Penebus Dosa • (15) Lima Belas Doa Kepada St Bridget Dari Swedia • (15) Lima Belas Janji Bunda Maria Bagi Orang Yang Setia Berdoa Rosario • Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya • 8 Contoh DOA SYUKUR Pilihan Terbaik • Contoh Doa Ulang Tahun Sekolah Kristen Katolik Sekian informasi seputar Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus.

Semoga bermanfaat. Salam.’ Makna Minggu Palma, Makna Minggu Palma, Makna Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Doa Minggu Palma, Panduan Misa Minggu Palma, Renungan Harian Minggu Palma, Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus, Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus, Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus,
• • Home • Blogging • WordPress • Tips SEO • WordPress Theme • ENGINEERING • Arsitektur • Bendungan dan Irigasi • File Excel Teknik Sipil • Dana Desa • Dokumen Proyek • Ebook Teknik Sipil • File DWG • Software Teknik Sipil • RAGAM+ • ASURANSI • Asuransi Jiwa • Asuransi Kendaraan • Asuransi Bisnis • Asuransi Kesehatan • Asuransi Kredit • Asuransi Pendidikan • Asuransi Properti • Asuransi Umum • BANKING • Bank BRI • Bank BCA • Bank BNI • Bank BTN • Bank NTT • Kode Bank di Indonesia • Swift Code Bank di Indonesia • BISNIS dan WIRAUSAHA • Pengetahuan Umum • Quotes • Informasi Kesehatan • Ramalan Shio 2022 • ROHANI • Doa Katolik • Doa Kristen • Iman Katolik • Kalender Liturgi • Rohani Kristen • Santo dan Santa Pelindung • TRAVELLING • Wisata Budaya • Wisata Bukit • Wisata Pantai • Wisata Rohani • NAMA BAYI • BAYI LAKI LAKI • BAYI PEREMPUAN • JASA BACKLINK • #FileGratis Download Kumpulan Gambar Kerja Apartemen File Autocad (DWG) Terlengkap Download Kumpulan Gambar Kerja Bangunan Sekolah SD, SMP, SMA File DWG Autocad Download Gambar Kerja Gudang Single Beam Format DWG Autocad Beserta Perhitungan Excel Download Kumpulan Gambar Detail Tipe Drainase File DWG AutoCad Download Kumpulan Gambar Kerja Detail Saluran Pembuangan Air (Got/Selokan) File DWG 5/5 – (17 votes) Kumpulan Ucapan Selamat Hari Minggu Palma – Hari ini, Minggu 28 Maret 2021 usai diperingati Minggu Palma oleh seluruh umat Kristiani di seluruh Indonesia.

Dimana dengan dirayakannya Minggu Palma, yang juga merupakan masa Prapaskah terakhir, dan mulai memasuki Pekan Suci menyambut Hari Raya Paskah. Meskipun masih dalam pandemi Covid-19, perayaan Minggu Palma ini tetap diadakan secara langsung (offline), yang tetap menaati protokol kesehatan dan pembatasan jumlah umat yang mengikutinya. Selamat merayakan Minggu Palma 2021 bagi segenap umat Kristiani di mana pun berada, yang perayaan untuk hari ini, Minggu 28 Maret 2021 usai diselenggarakan.

Ucapan Selamat Hari Minggu Palma Ucapan Selamat Hari Minggu Palma • “Tuan kami telah menulis janji kebangkitan, tidak hanya dalam buku-buku tetapi di setiap daun musim semi.

Selamat Minggu Palma 2021.” – Martin Luther • “Tuhan membuktikan kasih-Nya di kayu Salib. Ketika Kristus tergantung, dan berdarah, dan mati, itu adalah Tuhan yang berkata kepada dunia, ‘Aku mencintaimu.’ Selamat Minggu Palma 2021.” – Billy Graham • “Minggu Palem itu seperti kilasan Paskah.

Sedikit menyenangkan setelah muram selama Prapaskah. Selamat Minggu Palma 2021.” – Laura Gale • “Kami memahami dan mengakui bahwa Kebangkitan telah menempatkan mahkota yang mulia atas semua penderitaan Kristus.

Selamat Minggu Palma 2021!” – A.W. Tozer • “Haleluya, bagaimana rakyat bersorak dan daun palem berdesir saat raja mendekat. Selamat Minggu Palma 2021” – John Beavis • “Tidak ada rasa sakit, tidak ada telapak tangan; tidak ada duri, tidak ada tahta; tidak ada empedu, tidak ada kemuliaan; tidak ada salib, tidak ada mahkota.

Selamat Minggu Palma 2021.” – William Penn • “Seorang pria yang selamat hari minggu palma tidak bersalah, mempersembahkan dirinya sebagai korban untuk kebaikan orang lain, termasuk musuhnya, dan menjadi tebusan dunia. Itu tindakan yang sempurna.

Selamat Minggu Palma 2021.” – Mahatma Gandhi • “Tetapi Minggu Palma memberi tahu kita bahwa… Saliblah yang menjadi pohon kehidupan yang sejati. Selamat Minggu Palma 2021.” – Paus Benedictus XVI • Kisah Para Rasul 4:33 “Dan dengan kuasa yang besar para rasul memberikan kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia Tuhan melimpah-limpah.” Selamat Minggu Palma 2021 “With great power the apostles continued to testify to the resurrection of the Lord Jesus.

And God’s grace was so powerfully at work in them all.” – Acts 4:33 • 2 Korintus 5:17 “Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, yang baru asudah datang.” Selamat Minggu Palma 2021 “Therefore, if anyone is in Christ, the new creation has come: The old has gone, the new is here!” – 2 Corinthians 5:17 • Filipi 2: 8 “Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” Selamat Minggu Palma 2021 “And being found in appearance as a man, he humbled himself by becoming obedient to death—even death on a cross!” – Philippians 2:8 • Lukas 24: 2-3 “Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.” Selamat Minggu Palma 2021 “They found the stone rolled away from the tomb, but when selamat hari minggu palma entered, they did not find the body of the Lord Jesus.” – Luke 24:2-3 • Efesus 1:20 “…yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga.” Selamat Minggu Palma 2021 “He exerted when he raised Christ from the dead and seated him at his right hand in the heavenly realms.” – Ephesians 1:20 • Mazmur 31:24 “Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada Tuhan.” Selamat Minggu Palma 2021 “Be strong, and let your heart take courage, all you who wait for the Lord!” – Psalm 31:24 • Lukas 19:37 “Ketika Ia dekat Yerusalem, di tempat jalan menurun dari Bukit Zaitun, mulailah semua murid yang mengiringi Dia bergembira dan memuji Allah dengan suara nyaring oleh karena segala mujizat yang telah mereka lihat.” Selamat Minggu Palma 2021 “As he was drawing near—already on the way down the Mount of Olives—the whole multitude of his disciples began to rejoice and praise God with a loud voice for all the mighty works that they had seen.” – Luke 19:37 • Kisah Para Rasul 2:38 “Jawab Petrus kepada mereka: ‘Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.’” Selamat Minggu Palma 2021 “And Peter said to them, ‘Repent and be baptized every one of you in the name of Jesus Christ for the forgiveness of your sins, and you will receive the gift of the Holy Spirit.’” – Acts 2:38 • Markus 10: 9 “Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh selamat hari minggu palma manusia.” Selamat Minggu Palma 2021 “Therefore what God has joined together, let no one separate.” – Mark 10:9 • Selamat hari minggu palma 19:38 “Kata mereka: ‘Diberkatilah Dia yang datang sebagai Raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi.’” Selamat Minggu Palma 2021 “Blessed is the king who comes in the name of the Lord!

Peace in heaven and glory in the highest!” – Luke 19:38 • Efesus 6:10 “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.” Selamat Minggu Palma 2021 “Finally, be strong in the Lord and in the strength of his might.” – Ephesians 6:10 • Markus 10:27 “Yesus memandang mereka dan berkata: ‘ Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah. Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah.‘” Selamat Minggu Palma 2021 “Jesus looked selamat hari minggu palma them and said, ‘With man this is impossible, but not with God; all things are possible with God.’” – Mark 10:27 • Yohanes 3: 16-17 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.” Selamat Minggu Palma 2021 “For God did not send his Son into the world to condemn the world, but to save the world through him.” – John 3:16 • Kolose 3:13 “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang selamat hari minggu palma yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.” Selamat Minggu Palma 2021 “Bear with each other and forgive one another if any of you has a grievance against someone.

Forgive as the Lord forgave you.” – Colossians 3:13 • 1 Yohanes 4:19 “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” Selamat Minggu Palma 2021 “We love because he first loved us.” – 1 John 4:19 • Yohanes 11:25 “Jawab Yesus: ‘ Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.‘” Selamat Minggu Palma 2021 “Jesus said to her, ‘I am the resurrection and the life. Whoever believes in me, though he die, yet shall he live.’” – John 11:25 • Galatia 6: 9 “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.” Selamat Minggu Palma 2021 “We must not get tired of doing good, for we will reap at the proper time if we don’t give up.” – Galatians 6:9 • Yohanes 12:13 “Mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: ‘Hosana!

Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel.’” Selamat Minggu Palma 2021 “They took branches of palm trees and went forth to meet him, and cried, Hosanna! Blessed is he who comes in the name of the Lord!” – John 12:13 • Mazmur 118: 24 “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya.” Selamat Minggu Palma 2021 “This is the day the Lord has made; let us rejoice and be glad in it.” – Psalm 118:24 • 1 Timotius 1:15 “Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.” Selamat Minggu Palma 2021 “It is a trustworthy statement, deserving full acceptance, that Christ Jesus came into the world to save sinners, among whom I am foremost of all.” – 1 Timothy 1:15 • Yohanes 14: 6 Kata Yesus kepadanya: ‘ Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.

Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.‘” Selamat Minggu Palma 2021 Jesus said to him, ‘I am the way, the truth and the life. No one comes to the Father except through Me.’” – John 14:6 • Yesaya 53:12 “Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.” Selamat Minggu Palma 2021 “Because he poured out his soul to death and was numbered with the transgressors; yet he bore the sin of many, and makes intercession for the transgressors.” – Isaiah 53:12 • Mazmur 35: 9 “Tetapi aku bersorak-sorak karena TUHAN, aku girang karena keselamatan dari pada-Nya.” Selamat Minggu Palma 2021 “And my soul shall be joyful in the Lord: it shall rejoice in his salvation.

– Psalm 35:9 Gambar Ucapan Selamat Minggu Palma Ucapan Selamat Hari Minggu Palma Ucapan Selamat Hari Minggu Palma Ucapan Selamat Hari Minggu Palma Ucapan Selamat Hari Minggu Palma Baca Juga: • Hari Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus • 3 Doa Wasiat Katolik • (15) Lima Belas Penyiksaan Rahasia Terhadap Yesus • Surat Suci Dari Yesus Penebus Dosa • (15) Lima Belas Doa Kepada St Bridget Dari Swedia • (15) Lima Belas Janji Bunda Maria Bagi Orang Yang Setia Berdoa Rosario • Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya • 8 Contoh DOA SYUKUR Pilihan Terbaik • Contoh Doa Ulang Tahun Sekolah Kristen Katolik Sekian informasi seputar Kumpulan Ucapan Selamat Hari Minggu Palma.

Semoga bermanfaat. Salam. Pos terkait • 1000 Caption Terbaru: Bijak, Ig, Cinta, Islam, Motivasi, Singkat • 100 Kata Kata Sedih Buat Pacar, Mantan, Diri Sendiri Menyentuh Hati • 1000 Kata Kata Kecewa: Pacar, Suami, Istri, Sahabat, Jawa, Inggris • 100 Gambar Kata Kata Terbaru Bijak, Cinta, Motivasi, Rindu, Romantis, Islami • 1000 Kata Kata Mutiara Cinta, Romantis, Islami, Lucu & Motivasi • 1000 Contoh Puisi Cinta, Romantis, Singkat, SedihBerikut 10 ucapan selamat Minggu Palma 2022 yang bisa dan cocok dijadikan status WhatsApp hingga Facebook atau dikirimkan kepada keluarga gaes.

Pada Minggu, 10 April 2022 ini diperingati sebagai Minggu Palma uleh seluruh umat Katolik. Dengan dirayakannya Hari Minggu Palma, menandakan masuknya Pekan Suci menyambur Hari Raya Paskah. Dilansir dari berbagai sumber, Hari Minggu Palma adalah hari peringatan dalam liturgi gereja Kristen yang jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Minggu Palma juga dikenang sebagai peristiwa masuknya Yesus selamat hari minggu palma Kota Yerussalem sebelum disalibkan.

Perayaan Minggu Palma ini diadakan secara offline dengan protokol kesehatan ketat maupun secara online. BACA JUGA: Sambut Paskah, Cahaya Bagi Negeri Produksi Film Pendek "Sampai Memutih Rambutku" Ini dia 10 ucapan selamat Minggu Palma yang bisa dijadikan status WhatsApp hingga Facebook. Ucapan Selamat Minggu Palma 2022 1. Selamat Hari Minggu Palma 2022.

Dan dengan kuasa yang besar para rasul memberikan kesaksian tentang kebangkitan Tuhan yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia Tuhan melimpah-limpah. 2. Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: Yang lama sudah berlaku, yang baru sudah datang. Selamat Minggu Palma 2022.

3. Selamat Minggu Palma 2022. Dalam keadaan sebagai manusia, ia telah merendahkan dirinya dan taat sampai mati, bahkan samai mati di kayu salib.

4. Selamat Minggu Palma 2022. Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada Tuhan. 5. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. Selamat Minggu Palma 2022. 6. Ketika ia dekat Yerusalem, di tempat jalan menurun dari bukti zaitum, mulailah semua murid yang mengiringi dia bergembira dan memuji Allah dengan suara nyaring oleh karena segala mujizat yang telah mereka lihat. Selamat Minggu Palma 2022. 7. Kata mereka: Diberkatilah dia yang datang sebagai raja selamat hari minggu palma nama Tuhan, damai sejatera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi.

Selamat Minggu Palma 2022. 8. Janganlah kita jemu berbua baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita selamat hari minggu palma menjadi lemah. Selamat Minggu Palma 2022. 9. Selamat Minggu Palma 2022. Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak sorai dan bersukacita karenanya. 10. Minggu Palem itu seperti kilasan Paskah. Sedikit menyenangkan setelah muram selama Prapaskah. Selamat Minggu Palma 2022.

Nah itulah 10 ucapan selamat Minggu Palma yang bisa dijadikan status WhatsApp hingga Facebook. selamat Minggu Palma 2022 Minggu Palma Perayaan Minggu Palma Selamat Minggu Palma Minggu Palma 2022 Ucapan Selamat Minggu Palma Ucapan Selamat Minggu Palma 2022 Share to:




2022 www.videocon.com