Mind map adalah istilah asing untuk menyebut

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

John sedang mengerjakan sebuah tugas yang rumit. Tugas tersebut mengharuskan John untuk berpikir mengenai dampak COVID-19 terhadap hidup manusia. John kebingungan karena ada sangat banyak hal yang ingin dia tuliskan.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Teman-temannya juga mulai melemparkan ide-ide yang sudah tidak dapat dibedakan mana yang masuk akal mana yang hanya candaan belaka. Situasi terasa di luar kendali. John kebingungan. Menurutmu, apa yang harus John lakukan? Seorang teman berkata pada John, “John, kita bikin mind map saja!” John mengangguk setuju.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

“Ide bagus.” Mereka kemudian mengerjakan tugas mereka —yang tadinya terasa sangat sulit dengan santai. Beberapa saat kemudian, tugas mereka sudah selesai. John sekarang bisa menghabiskan waktunya dengan santai.

Mind map. Sepertinya kamu sudah tidak asing dengan istilah tersebut, bukan? Dalam perjalanan hidupmu, kamu pasti pernah mendapatkan sebuah tugas yang cukup sulit, entah itu dari guru, dosen, maupun bos. Tugas yang begitu rumit, membuatmu bingung harus mulai dari mana. John pun begitu, namun dia berhasil mengerjakan tugasnya dengan mudah karena bantuan Mind map! Wah, kalau begitu, aku jadi ingin membagikan sedikit tentang mind map!

Let’s see… Photo by Husniati Salma on Unsplash Apa sih, Mind map Itu? Mind map (peta pikiran) adalah sebuah cara yang efektif untuk mengeluarkan informasi dari kepalamu. Mind map itu cara yang kreatif dan logis untuk mencatat dan memetakan ide-ide yang ada di dalam pikiranmu.

Bentuk dari mind map bisa beragam, tapi semuanya memiliki kesamaan yang utama yaitu struktur informasi teratur yang bersumber dari satu informasi utama di tengah lalu bercabang menggunakan warna, bentuk, garis, dan bentuk lain yang mudah dibaca (mindmapping, n.d).

Mind map memiliki beberapa karakteristik yang esensial, salah satunya adalah informasi utama yang diletakkan di tengah-tengah mind map. Informasi utama tersebut nantinya akan bercabang dengan masing-masing cabang berisi informasi penting yang lebih kecil dari informasi utama tadi, dan mungkin saja bercabang lagi.

Mind map membuat daftar informasi yang membosankan menjadi sebuah peta pikiran yang nyaman dilihat, karena setiap informasi digambarkan dengan menarik dan hubungan antar informasi diperjelas dengan cabang-cabang tadi. Sudah terbukti bahwa penggunaan mind map efektif dalam menghadapi informasi yang kompleks seperti rencana mind map adalah istilah asing untuk menyebut dan pembuatan strategi dalam hidup (Mind Tools Content Team, n.d).

Kenapa Kita Harus Memakai Mind map? Siapa, sih, yang suka melihat daftar informasi yang padat, banyak dan membosankan?

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Membuat mind map ketika memproses informasi akan sangat memudahkanmu, contohnya ketika kamu melakukan brainstorming. Brainstorming adalah sebuah usaha memecahkan masalah yang menggunakan lateral thinking ( horizontal thinking) baik secara individu maupun kelompok. Brainstorming tidak peduli dengan common sense, namun mendukung ide-ide liar untuk dikeluarkan sebanyak mungkin. Barulah ketika nanti sesi brainstorming sudah selesai ide-ide tersebut akan dievaluasi lebih lanjut (Mind Tools Content Team, n.d).

Ketika melakukan brainstorming, pasti akan ada sangat banyak ide-ide yang brilian, mungkin beberapa tidak masuk akal. Mencatat ide-ide tersebut menggunakan metode biasa di buku catatan terdengar… membosankan. Mind map akan membantumu mengolah ide-ide tersebut, mengelompokkan mereka, menata mereka agar lebih nyaman dilihat dan membuat informasi-informasi yang ada menjadi lebih mudah untuk dicerna.

Mind map memudahkan yang sulit (sayangnya dia tidak bisa memudahkan kamu mendapatkan si dia, eh tapi siapa tahu bisa?). Chuck Frey dari Mind mapping Software Blog melakukan survey setiap dua tahun tentang efek dari penggunaan mind map dan 92% responden pada tahun 2017 menyatakan bahwa mereka dapat mencerna informasi lebih baik dengan mind map. Juga menurut Davies dalam studinya yang berjudul “Concept Mapping, Mind mapping and Argument Mapping: What are the Differences and Do They Matter”, mind map juga merupakan sebuah bentuk kegiatan belajar yang melibatkan kamu sebagai pelajar.

Ketika kamu mendengarkan kuliah atau membaca buku paket dari sekolah, kamu kurang terlibat dalam proses belajar tersebut dibandingkan ketika, katakanlah, kamu membuat mind map dari sebuah topik yang sedang kamu pelajari (Greene, 2012). Dan juga, mind map membuatmu lebih produktif! Anyone could use mind mapping in whatever they are doing!

Kalau mind map saja tidak cukup untukmu menjadi lebih produktif, aku punya video yang sangat cocok untukmu!

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Oke, Terus Apakah Ada Tips Agar Mind-Mapping Lebih Mantap? Tentu saja ada, dong! Agar lebih mantap dalam menggunakan mind map, gunakanlah metode ini ketika kamu merasa sebuah informasi yang akan kamu proses itu cukup kompleks. Mulailah dari hal yang paling utama, misalnya, ketika kamu akan membuat mind map tentang ‘Bagaimana Cara Mengolah Sampah Yang Baik’, mulailah mindmap-mu dengan informasi utama (bisa langsung kamu tuliskan saja pertanyaannya).

Kemudian, tarik pelan-pelan menjadi informasi yang lebih spesifik. Contohnya, dari poin utama mind map tadi, kamu akan mendapatkan dua poin baru, yaitu ‘Sampah Organik’ dan ‘Sampah Anorganik’, misalnya. Lalu bergerak lagi, lebih spesifik, lagi dan lagi.

Gunakanlah kata kunci dalam membuat mind map. Hindari penggunaan kalimat panjang atau kalimat yang tidak efektif. Kata-kata yang singkat dan jelas lebih membantu saat pembuatan mind map.

Gunakan bantuan warna dan bentuk dalam membedakan jenis informasi dan hubungan antar informasi. Mind map hitam putih sebenarnya sudah cukup oke, tapi akan lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan atribut warna dan bentuk dalam mind map-mu agar lebih komunikatif.

Jangan lupa juga penggunaan simbol atau gambar yang mind map adalah istilah asing untuk menyebut menghemat kata (Mind Tools Content Team, n.d). Jangan lupa sesuaikan mind map-mu dengan tujuanmu! Menurut Yang (2020), ada tiga jenis mind map yang mendasar. Yang pertama adalah Library Mind Maps. Seperti namanya, mind map jenis ini bertujuan untuk mengorganisir informasi yang ada sehingga kamu dapat lebih mudah memahami suatu topik serta hubungan antar informasi yang ada di dalamnya.

Yang kedua adalah Presentation Mind maps. Mind map model seperti ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain, sehingga poin utama dalam mind map ini adalah apakah informasi yang kamu cantumkan bisa dengan mudah dimengerti bagi orang lain.

Yang terakhir ada Tunnel Timeline Mind maps. Model ini menceritakan sebuah proses dengan informasi utama adalah target/ goal yang akan dicapai, bercabang menjadi langkah-langkah yang ditempuh menuju goal tersebut.

Contohnya, kamu membuat mind map tentang tujuan hidupmu. Kamu akan memulainya dengan… tunggu, terlihat sulit.

Kurasa ada baiknya kamu menonton video ini untuk tahu lebih lanjut mengenai tips merencanakan hidup. Kurasa cukup demikian tentang mind map. Cobalah membuat mind map dari tulisan ini untuk mengetes seberapa nyaman metode mind map untuk kamu gunakan! Ketika kamu sudah mencoba metode mind map tapi merasa belum produktif, coba saja Tes Tipe Produktivitas supaya kamu paham tipe produktivitasmu.

Tapi, semisal kamu merasa butuh bantuan ahlinya, aku menyarankan kamu mengikuti mentoring onlinedari Satu Persen. Kamu bisa bercerita kepada mentor mengenai masalah atau kesulitan yang kamu hadapi. Akhir kata, semoga tulisanku ini berguna, ya! Referensi: Mind map adalah istilah asing untuk menyebut, J. (2012, September). 7 Research-Backed Benefits of Mind mapping. Retrieved from FOCUS: https://www.mindmeister.com/blog/mind-mapping-benefits-who-needs-mind-maps/ Mind Tools Content Team.

(n.d). Brainstorming. Retrieved from MindTools: https://www.mindtools.com/brainstm.html Mind Tools Content Team. (n.d). Mind maps®. Retrieved from MindTools: https://www.mindtools.com/pages/article/newISS_01.htm mindmapping.

(n.d). Theory behind Mind maps. Retrieved from mindmapping: https://www.mindmapping.com/theory-behind-mind-maps.php Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/D4GYNaFaLjM Istilah mind mapping bisa jadi masih terdengar asing, tetapi istilah ini sering digunakan dalam dunia akademik dan bisnis. Istilah tersebut digunakan untuk memudahkan pekerjaan seseorang dalam memahami sebuah konsep.

Istilah mind mapping dapat dimaknai dari dua kata tersebut, yakni mind dan mapping yang berasal dari bahasa Inggris. Kata mind bermakna pemikiran dan mapping bermakna pemetaan. Secara sederhana mind-mapping adalah pemetaan pikiran.

Kehadiran mind mapping selalu berkaitan dengan kreasi dan seni dalam menuliskannya. Hal ini diperlukan agar kita lebih mudah dalam memahami sebuah konsep yang tertuang dalam mind map. Apalagi bagi orang yang memiliki cara belajar visual, wah tentunya mind mapping mind map adalah istilah asing untuk menyebut cara belajar yang cukup efektif. Poin penting dalam penulisan mapping adalah keberadaan tema besar dan cabang-cabangnya.

Tema besa mewakili judul dari konsep yang akan dipahami, sedangkan cabang-cabang mind mapping menunjukkan sub-bab yang akan dipajang. Hiasan dan kreasi sangat diperlukan guna lebih mudah memahami. Namun, jangan sampai hiasan dan kreasi ini menyulitkan diri sendiri dan mind map adalah istilah asing untuk menyebut banyak waktu. Hal yang bisa sama-sama disepakati adalah bahwa menyusun mind mapping haruslah disertai kepekaan terhadap rasa seni. Harapannya dapat menciptakan ide tampilan yang kreatif.

Selain itu, aspek kepekaan seni juga sangat dipentingkan dalam menyusun nya, karena potensi keunikan dibangun melalui gambar iustrasi, warna, model penulisan, dan aksentuasi dari sebuah mind mapping. Di sisi lain, ada pula mind mapping yang disusun dengan sederhana atau simpel dan kreatif. 5 Contoh Mind Mapping Unik Pengertian Mind mapping Menurut Ahli Pertama, seorang ahli bernama Tony Buzan, sebagaimana dikutip melalui romadecade.org menyebutkan bahwa mind mapping atau pemetaan pikiran adalah mengembangkan proses berpikir sehingga dari yang awalnya satu arah kemudian menjadi segala arah.

Selain itu, istilah dapat menarik berbagai macam pemikiran ke dalam berbagai sudut pandang dan mind mapping mengembangkan cara berfikir yang bercabang-cabang dan kreatif. Kedua, melalui laman yang sama, disebutkan Caroline Edward mendefinisikan mind mapping sebagai sebuah cara yang efektif dan efisien untuk mengekspresikan berbagai macam data atau informasi dari otak.

Sistem tersebut berlangsung secara alami yang dilakukan oleh otak manusia. Pendapat lain datang dari Melvin L. Sliberman bahwa mind mapping merupakan sebuah tata cara seseorang dalam berpikir yang disampaikan secara kreatif guna menghasilkan ide-ide yang dapat dierapkan dari hal yang sedang dipelajari, mencatat sebuah pelajaran, atau cara kreatif dalam merencanakan sebuah penelitian baru.

Berbagai Jenis Mind mapping Beberapa jenis mind map yang banyak digunakan oleh orang-orang antara lain : • Silabus Mind mapping Mind mapping silabus atau kerap disebut juga dengan mind mapping makro adalah jenis mind mapping yang menggambarkan konsep yang akan dipahami dengan susunan berupa ukuran yang besar dan biasanya ditempel pada dinding.

• Bab Mind mapping Bab Mind mapping, sesuai namanya mind mapping jenis ini disusun berdasarkan bab yang telah dipelajari. Namun, PR terbesar yang harus dilakukan dalam menyusun mind mapping satu ini adalah meringkas poin penting dari sebuah konsep agar lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya.

• Paragraph Mind Map Paragraph mind map adalah mind mapping yang disajikan dengan lebih lengkap Mind mapping paragraph yaitu yang dapat memberikan informasi secara lengkap karena penjelasan dari konsep dijelaskan dengan begitu lengkap. Contoh Mind Mapping Kreatif Menyusun mind mapping kreatif disusun dengan unsur-unsur inovasi dan kreasi.

Keduanya hadir dalam mind mapping kreatif dalam bentuk gambar, warna, aksentuasi hiasan-hiasan lain. Tujuan dari kreasi ini adalah untuk memudahkan memahami konsep yang akan dipelajaria dengan memanfaatkan mind mapping kreatif. Sebaliknya jangan sampai niat hati ingin membuat mind map kreatif agar lebih nyaman dan mudah memahami konsep justru menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Terlebih lagi menyusun mind mapping kreatif membutuhkan waktu yang cukup banyak. Kebutuhan terhadap mind mapping kreatif yang awalnya untuk memudahkan akan menjadi menyulitkan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk menyusunnya.

Contoh Mind mapping Kreatif Penjelasan: Contoh mind mapping kreatif mengangkat tema besar tentang “TIME MANAGEMENT”. Penyusun contoh mind map kreatif membicarakan konsep tentang hal-hal yang berkaitan dengan manajemen waktu. Beberapa cabang dari tema besar manajemen waktu tersebut, antara lain: clarity, key issues, monitoring, communication, ergonomic, supervise, etc.

Setiap poin tersebut ditandai sekaligus diwarnai dengan berbagai ilustrasi dan penulisan yang berbeda. Segi krativitas dalam contoh mind map kreatif terletak pada berbagai warna, penulisan yang berbeda (penggunana huruf kapital dan gaya penulisan yang beragam), serta beragam gambar seperti kunci pada key issues yang jelas menyimbolkan kata key issues itu sendiri. Terlihat sangat jelas kreasi dari contoh sederhana kreatif sekaligus terlihat pula skala kerumitan dalam pembuatannya.

Dengan kata lain, penyusunan contoh mind mapping sederhana kreatif ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga jika ingin membuat contoh mind mapping harus dipertimbangkan pula aspek waktu karena tidak semua contoh mind mapping dapat dibuat dalam waktu singkat.

Contoh Mind Mapping Simpel Mind mapping simpel dikenal secara singkat sebagai mind mapping yang sederhana. Jenis sederhana berkaitan dengan aspek waktu pembuatan yang singkat. Dimungkinkan penyusunan mind mapping sederhana dibutuhkan mind map adalah istilah asing untuk menyebut waktu yang segera. Pembuatan sederhana disusun dengan tetap mengedepankan penyampaian konsep yang akan dipahami secara jelas.

Contoh Mind Mapping Simple 1 Contoh Mind mapping Simple 1 di atas membicarakan tentang konsep “BUSINESS PLAN”. Konsep tersebut dijabarkan dalam sebuah mind mapping yang dituangkan secara sederhana.

Selain itu, contoh Mind mapping Simple 1 memiliki berbagai cabang dari konsep “BUSINESS PLAN” yang mencakup marketing plan, mission, SWOT, timeline, strategy, team, competitor, finance. Mind mapping tersebut dijabarkan dengan memanfaatkan tanda panah dan tidak ada aksesntuasi lain berupa warna atau pun gambar-gambar lainnya. Contoh Mind mapping Simpel 2 Contoh Simpel 2 memaparkan konsep CAREER yang terbagi ke dalam beberapa cabang, yakni skills, networky, experience, interest, values, education.

Penyampaian mind mapping simpel tersebut ditandai dengan pemanfaatan bentuk bulat dan tanda panah, tanpa ada kreasi berupa hiasan atau pun bentuk lainnya.

Jelas sekali bahwa yang satu ini sangatlah simpel terlihat dari visual penampilan mind mapping satu ini. Seolah penyusun mind mapping tersebut menyiapkannya dalam waku yang singkat dan spontan.

Contoh mind mapping sederhana semacam ini secara tidak langsung menyatakan bahwa tidak selalu tentang kreasi yang begitu rumit, tetapi juga ada mind mapping simpel. Asalkan konsep yang diutarakan dalam terakomodasi dalam sebuah mind mapping, maka tidak akan menjadi hal yang salah. Tetap dikembalikan lagi pada fungsi awal, yakni memudahkan kita memahami sebuah konsep.

Contoh Mind Mapping Unik Mind mapping unik, sesuai namanya jenis ini memiliki karakterisitik tersendiri sehingga dikatakan ‘unik’. Entah konsep yang disampaikan, visualnya, atau pun aksentuasi berupa warna, gaya penulisan, dan ilustrasi yang mendukung. Kata ‘unik’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (a) tersendiri dalam bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus. Contoh Mind Mapping Unik Contoh dikatakan unik karena memanfaatkan sebuah gambaran yang cukup rumit dari sebuah pohon.

Tema besar yang terdapat pada mind mappin unik 1 adalah Ketentuan Konstitusional yang terbagi ke dalam banyak cabang berupa pasal-pasal. Mind mapping unik tersebut memiliki sisi lain dari yang lain dalam hal visualisasi berupa pohon besar. Hal yang harus lebih diperhatikan adalah ketersediaan waktu, apakah jika menyusun mind mapping yang kreatif cukup waktunya?

Selain Mind Mapping, Gunakan Jurnal by Mekari untuk Mengelola Bisnis dan usaha Anda. Jurnal.id merupakan aplikasi akuntansi mind map adalah istilah asing untuk menyebut dengan beragam fitur akunting, termasuk fitur seperti dari aplikasi invoice untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari. Semoga bermanfaat.
Pemetaan pikiran (mind mapping) merupakan teknik mind map adalah istilah asing untuk menyebut biasa digunakan untuk materi pembelajaran di lingkungan sekolah atau kampus.

Ternyata mind mapping juga bisa diterapkan pada bidang lain di dunia kerja. Dari laporan Project Management Association, peta pikiran dapat diterapkan untuk brainstorming, wawancara, rapat, manajemen proyek, presentasi dan pengambilan keputusan.

Tertarik dengan apa itu peta pikiran, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara mencapainya? Istilah mind mapping mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian dari Anda. Memang istilah yang satu ini sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebenarnya mind mapping seringkali kita lakukan terutama pada saat menghadapi suatu masalah atau sedang akan membuat sebuah keputusan besar. Lantas, apa sih sebenarnya mind mapping itu?

Benarkah ia memiliki peran yang cukup penting dan bagaimana cara melakukannya? Nah, pada artikel Jojonomic kali ini, kami akan memberikan Anda pembahasan lengkap mengenai definisi dari mind mapping hingga cara atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulainya.

Berikut informasi selengkapnya. Definisi Mind Mapping Mind mapping jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai proses pemetaan pikiran. Di mana hal ini dilakukan dengan menghubungkan satu konsep permasalahan tertentu untuk membentuk sebuah korelasi atau hubungan terhadap konsep pemahaman yang nantinya akan menghasilkan output. Lantas, kemudian output tersebut akan dituangkan dalam sebuah media (bisa berupa tulisan atau gambar) secara langsung agar lebih mudah untuk dipahami pembuatnya.

Dengan demikian, output yang dihasilkan ini merupakan sebuah gambaran cara kerja dari pikiran serta hubungannya dengan koneksinya dalam otak. Biasanya, mind mapping digambarkan dengan sebuah percabangan antara satu bagan dengan bagan yang lain. Cara ini sering dilakukan untuk memudahkan seseorang dalam mengingat suatu hal penting dengan cara yang paling sederhana. Menurut laporan dari business.com, mind mapping merupakan teknik atau metode yang menggabungkan otak kiri dan kanan untuk menerima berbagai ide baru.

Efek visual yang dibuat dalam peta pikiran dapat membantu Anda mengatur informasi yang baru saja Anda terima dan menentukan topik besar dalam diskusi. Setelah menentukan tema besar, peta pikiran dapat membantu Anda menguraikan detail tema dan memahami konsep secara keseluruhan. Biasanya siswa akan membuat peta pikiran saat belajar untuk menghadapi ujian. Guru biasanya juga menggunakan metode ini agar siswa atau siswanya dapat sepenuhnya memahami materi yang diperkenalkan.

Oleh karena itu, tujuan utama dari mind mapping adalah memungkinkan siapa saja yang menggunakan metode ini untuk memahami materi secara keseluruhan, bukan hanya untuk ingatan.

Definisi Mind Mapping Menurut Para Ahli 1. Mind Mapping menurut Tony Buzan Menurut Tony Buzan, seorang pakar ahli dan penulis dalam bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri, menyatakan bahwa mind mapping merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengembangkan aktivitas pola pikir dari yang semula hanya bergerak satu arah menjadi ke berbagai arah serta dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Pemetaan pikiran ini juga berperan penting dalam pengembangan pola pikir yang beragam dan kreatif. Konsep pemetaan ini dianggap menjadi salah satu alat yang efektif dalam membantu cara berpikir seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih jika digunakan untuk memahami materi yang rumit baik itu dalam pelajaran ataupun pekerjaan. 2. Mind Mapping menurut Melvin L Silberman Selanjutnya, ada pendapat dari Melvin L Silberman yang berpendapat bahwa mind mapping atau peta konsep merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang murid kreatif dalam memahami serta menghasilkan ide dari pelajaran yang sedang dicernanya.

Siswa tersebut menggunakan cara ini untuk merekam setiap materi yang disampaikan dan menyusun sebuah proyek atau rencana baru. 3. Mind Mapping menurut Porter dan Hernacki Sedangkan menurut Porter dan Hernacki, mind mapping sejatinya adalah sebuah cara yang digunakan untuk mencatat sesuatu dengan cara yang lebih kreatif dan efektif. Di mana dalam prakteknya, orang yang menggunakan metode pemetaan pikiran ini akan memanfaatkan citra visual serta prasarana grafis yang lain untuk membantu mengingat serta memaksimalkan kinerja dalam otak.

4. Mind Mapping menurut Femi Berikutnya, Femi menjelaskan bahwa metode mind mapping yang digunakan merupakan sebuah teknik memanfaatkan fungsi keseluruhan dalam otak dengan menggunakan visual lebih mudah untuk dipahami dan memberikan kesan yang mendalam. Secara sederhana, metode ini akan memberikan dorongan pada kedua otak (otak kiri dan otak kanan) untuk memproses gambaran dari visual tersebut dan memberikan insight mengenai cara memandang masalah lebih dari satu sisi sudut pandang.

5. Mind Mapping menurut Ausubel Ausubel dalam Dahar menyatakan bahwa mind mapping sejatinya digunakan untuk menjelaskan hubungan antar sebuah konsep yang nantinya membentuk proposisi. Proposisi ialah gabungan dari dua atau lebih konsep yang kemudian dihubungkan dengan kata-kata dalam satu unit semantik. Jenis-jenis Mind Mapping Dalam prakteknya, mind mapping memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui.

Di antaranya adalah sebagai berikut: 1. Pemetaan silabus Jenis peta konsep yang pertama ialah silabus atau biasa juga disebut dengan pemetaan makro. Keberadaan mind mapping silabus ini digunakan untuk membantu memberikan gambaran mengenai apa yang telah dipelajari. Biasanya, ia akan diwujudkan dalam bentuk gambar besar yang ditempel pada sebuah dinding. 2. Pemetaan bab Berikutnya adalah mind mapping bab yang keberadaannya dibuat berdasarkan rangkaian bab yang sudah dipelajari sebelumnya.

Peta konsep jenis ini biasanya dibuat dengan meringkas poin-poin penting dalam sebuah pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah pada saat mengingatnya. 3. Pemetaan paragraf Kemudian jenis mind mapping yang selanjutnya adalah pemetaan paragraf. Di mana jenis peta konsep yang satu ini memberikan informasi dengan cara yang lebih lengkap dan mendetail. Tak hanya dapat melihat keterangan ringkas dari setiap bab yang dipelajari namun juga keterangan dari masing-masing bab tersebut.

Untuk membuat peta konsep paragraf ini, Anda bisa melakukannya dalam buku catatan kecil untuk menulis seluruh bab ringkasan yang mind map adalah istilah asing untuk menyebut dipelajari sebelumnya. Bagaimana cara melakukannya Cara melakukan pemetaan pikiran sangat sederhana. Anda bisa menggunakan kertas atau whiteboard untuk membuatnya secara manual, atau menggunakan software yang sudah disediakan.

Cara pembuatan peta pikiran secara manual adalah sebagai berikut: • Temukan media yang ingin Anda gunakan Saat ingin membuat peta pikiran, carilah media seperti kertas besar, papan tulis atau bahkan dinding kapur.

Jika memungkinkan, pilih media lanskap. Ini untuk menyederhanakan proses pemetaan pikiran, terutama dengan pengembangan konsep yang berkelanjutan. Jika ingin menggunakan kertas untuk diperlihatkan kepada customer atau atasan, silahkan draft di kertas lain terlebih dahulu. • Tentukan tema besarnya Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi tema atau konsep besar, yang akan menjadi inti utama dari peta pikiran ini. Letakkan topik utama di tengah kertas atau papan tulis agar tulisan di cabang lain lebih mudah.

Jika Anda menggunakan media vertikal, Anda juga dapat menempatkan topik utama di atas sehingga peta pikiran turun dari topik utama. • Buat subtopik Setelah menentukan topik besar, Anda juga harus menentukan subtopik yang akan dikaitkan dengan garis cabang.

Saat membuat cabang, usahakan membuat garis yang tidak terlalu lurus. Tujuannya adalah untuk membuat peta pikiran tidak kaku dan memudahkan Anda memahami isinya.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Trik lain dalam pemetaan pikiran adalah dengan menggunakan kata kunci yang terkait dengan topik utama untuk menuliskan topik turunan. Selain memudahkan masyarakat dalam memahaminya, peta pikiran akan menjadi lebih tertata dan terstruktur. Manfaat dari Menggunakan Mind Mapping Peta konsep ini dibuat bukan tanpa alasan.

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari pembuatannya. Meski tampak seperti gambar atau coretan biasa, mind mapping memiliki banyak manfaat. Metode ini dapat digunakan untuk mendukung proses curah pendapat, rapat, presentasi, dan pengambilan keputusan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan mind mapping: Membantu proses pembelajaran Seperti disebutkan sebelumnya, peta pikiran dapat membantu Anda memahami konsep atau materi secara keseluruhan. Ini karena saat membuat peta pikiran, Anda “terpaksa” menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada.

Setelah Anda membuat dan melihat hasilnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami satu konsep dan menghubungkannya dengan yang lain. Nah, ini membuat proses belajar menjadi mudah dan tidak rumit.

Memudahkan dalam mengingat hal-hal penting Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mind mapping akan secara efektif membantu Anda dalam mengingat berbagai macam hal yang semula rumit dengan cara yang paling sederhana. Dengan demikian, materi yang Anda pelajari dapat bertahan lama di pikiran dengan hanya membaca satu kata kunci atau melihat peta konsep yang telah Anda buat sebelumnya.

Lebih produktif Dari laporan yang dilakukan oleh Business Insider, salah satu manfaat utama dari mind mapping adalah Anda dapat memvisualisasikan rangkaian langkah yang diperlukan dalam proyek tersebut. Setelah visualisasi langkah-langkahnya selesai, Anda bisa melihat area mana yang bisa ditingkatkan, area yang harus dilaksanakan, dan lain sebagainya.

Peta pikiran juga memudahkan Anda mengidentifikasi tugas-tugas prioritas. Setelah mengetahui tujuan dan tugas yang perlu segera diselesaikan, Anda dapat mengatur waktu dengan baik dan meningkatkan efisiensi kerja.

Meningkatkan ketelitian dalam menyusun informasi Dengan membuat mind map-ping secara mandiri, secara tidak langsung Anda juga telah melatih kemampuan dalam mengatur informasi yang didapatkan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengelompokkan suatu informasi sesuai dengan kategori tema yang dibahas. Dengan demikian, Anda akan mulai terbiasa dengan menyusun informasi secara rapi dan tertata. Mengasah kreativitas Pada dasarnya, mind map-ping dapat dibuat dengan cara yang paling kreatif dan menarik sesuai dengan preferensi Anda.

Karena pada akhirnya, konsep ini dibuat untuk mind map adalah istilah asing untuk menyebut Anda dalam berpikir atau mengingat sesuatu. Sehingga Anda dapat berkreasi sekreatif mungkin menyusun peta konsep yang atraktif dan tidak membosankan untuk dibaca ulang. Peningkatan kreativitas Saat membuat peta pikiran, peta cabang akan dibuat berdasarkan kategori yang ada.

Agar terlihat menarik, biasanya digunakan gambar peta pikiran atau warna yang menarik. Proses pembuatan ini bisa merangsang kerja otak kanan. Oleh karena itu, fungsi tambahan dari mind mapping adalah untuk meningkatkan kreativitas. Tingkatkan pemahaman Saat Anda sedang rapat atau bertukar pikiran tentang suatu proyek, tidak jarang Anda akan menemukan beberapa pertanyaan yang sangat rumit.

Menurut laporan FOCUS, pemetaan pikiran adalah metode yang dapat membantu Anda memahami konsep atau masalah yang kompleks. Tidak hanya mengerti, cara ini juga bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Ini bisa sangat berguna ketika diterapkan pada proses manajemen proyek, rapat, dll. Menghemat waktu Lewat pembuatan peta konsep yang rapi dan terstruktur, akan memudahkan Anda dalam menghemat waktu untuk mempelajari ulang materi yang telah dibaca sebelumnya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan sisa waktu yang lain untuk mempelajari materi yang berbeda. Dapat diaplikasikan dalam berbagai macam hal Tak hanya dapat digunakan sebagai pembelajaran sebuah materi sekolah maupun kuliah.

Metode mind map-ping ini juga cukup efektif untuk menyusun rencana bisnis dan pemasaran. Kesimpulan Demikianlah artikel mengenai mind map-ping atau peta konsep yang harus Anda ketahui. Dengan begitu banyaknya manfaat serta kemudahan yang ditawarkan, Anda bisa membuat pemetaan pikiran sendiri untuk memudahkan Anda dalam memahami sebuah materi pelajaran ataupun dalam bidang pekerjaan.

Buatlah konsep pemetaan pikiran yang menarik dan mudah untuk dipahami. Dengan demikian, Anda tidak akan bosan untuk mengulanginya setiap kali Anda lupa atau ingin mengingat suatu hal tertentu. Untuk pembuatannya, Anda bisa menggunakan software seperti Microsoft PowerPoint dengan mengkreasikan setiap fitur dan bentuk peta konsep yang Anda kehendaki. Bagi para pelaku usaha, mind map-ping dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memahami rencana bisnis serta pemasaran yang akan dilaksanakan.

Cara ini terbukti lebih mudah untuk dipahami oleh banyak pihak jika disajikan dalam bentuk yang terstruktur dan rapi. Selain peta konsep, sebagai pelaku usaha Anda juga membutuhkan manajemen keuangan perusahaan yang terkelola dengan baik. Untuk itu, Anda bisa menggunakan JojoExpense. Sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu mengelola pengeluaran perusahaan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Reimbursement Online, Mobile Approval, Cash Advance, Capture Expense serta Budget Controlling yang tentunya akan sangat berguna pada operasional bisnis Anda. JojoExpense juga dilengkapi dengan teknologi Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang memungkinkan Anda untuk terhindar dari risiko terjadinya fraud financial atau penipuan keuangan yang kerap terjadi dalam sebuah bisnis.

Menarik, bukan? So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoExpense dan hemat waktu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan! Artikel Terbaru • Definisi Pekerja Penuh Waktu Adalah … 31 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Above the Line dan Below the Line Marketing 25 Juli, 2021 • Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal 25 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Big Four Mind map adalah istilah asing untuk menyebut Akuntan Publik 25 Juli, 2021 • Rumus Aktiva Tetap, Pengertian dan Jenis-jenisnya 25 Juli, 2021 Arsip Arsip Kategori • Akuntansi (289) • Bank (9) • Bisnis (1.260) • Ekonomi (540) • Entrepreneurship (159) • Etos Kerja (333) • Events (9) • Human Resource (560) • Insight Jojonomic (15) • Keuangan (391) • Kisah Sukses (36) • Manual Guide (34) • Marketing (296) • News (68) • Pajak (183) • Pengetahuan (187) • Review (72) • Technology (57) • Tips & Trick (327) • Uncategorized (1) Hubungi Kami • Talavera Office Suite, 18th Floor, Jalan TB Simatupang, kav 22-26, RT.1/RW.1, Cilandak Bar., Kec.

Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430 • 02129715823 • marketing@jojonomic.com This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website.

Out of these, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent.

You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may affect your browsing experience. • Produk • Productivity & Colaboration • Jojo Times • Jojo Task • Jojo Timesheet • Jojo Chat • Jojo Leave • Jojo Meet • Back • Sales & Marketing • Jojo MarketingIntellegence • Jojo LeadManager • Jojo SalesTeam • Jojo SalesPipeline • Jojo CampaignManager • Back • Finance • Jojo Expense • Jojo Invoice • Jojo AssetManagement • Jojo E-Budgeting • Jojo CashCard • Back • Human Resource • Jojo Payroll • Jojo E-learning • Jojo Recruitment • Jojo Performance • Jojo People • Back • Operation • JojoCX – CustomerExperience • Jojo Command Mind map adalah istilah asing untuk menyebut • Jojo Digital Document • Jojo Procurement • Jojo Travel • Jojo HSE • Back • Intelligence & Customization • Jojo Analytics • Jojo Flow • Jojo Link • Jojo API • Jojo Live • Back • Back • Login • Coba Gratis • Hubungi Sales • ID • EN × Close Panel 5.5 Tulisan terkait : 5+ Contoh Mind Mapping Unik, Kreatif, dan Sederhana Istilah mind mapping dapat dimaknai dari dua kata tersebut, yakni mind dan mapping yang berasal dari bahasa Inggris.

Kata mind bermakna pemikiran dan mapping bermakna pemetaan. Secara sederhana mind mapping dipahami sebagai ‘pemetaan pemikiran’. Kehadiran mind mapping selalu berkaitan dengan kreasi dan seni dalam menuliskannya.

Hal ini diperlukan agar kita lebih mudah dalam memahami sebuah konsep yang tertuang dalam mind mapping. Apalagi bagi orang yang memiliki cara belajar visual, wah tentunya mind mapping menjadi cara belajar yang cukup efektif. Poin penting dalam penulisan mind mapping adalah keberadaan tema besar dan cabang-cabangnya. Tema besa mewakili judul dari konsep yang akan dipahami, sedangkan cabang-cabang mind mapping menunjukkan sub-bab yang akan dipajang.

Hiasan dan kreasi sangat diperlukan guna lebih mudah memahami. Namun, jangan sampai hiasan dan kreasi ini menyulitkan diri sendiri dan memakan banyak waktu. Hal yang bisa sama-sama disepakati adalah bahwa menyusun mind mapping haruslah disertai kepekaan terhadap rasa seni. Harapannya dapat menciptakan mind mapping kreatif. Selain itu, aspek kepekaan seni juga sangat dipentingkan dalam menyusun mind mapping karena potensi keunikan dibangun melalui gambar iustrasi, warna, model penulisan, dan aksentuasi dari sebuah mind mapping.

Di sisi lain, ada pula mind mapping yang disusun dengan sederhana atau simpel dan mind mapping kreatif dan mind mapping. Pengertian Mind mapping Menurut Ahli Pertama, seorang ahli bernama Tony Buzan, sebagaimana dikutip melalui https://www.romadecade.org/ menyebutkan bahwa mind mapping atau pemetaan pikiran adalah mengembangkan proses berpikir sehingga dari yang awalnya satu arah kemudian menjadi segala arah.

Selain itu, mind mapping dapat menarik berbagai macam pemikiran ke dalam berbagai sudut pandang dan mind mapping mengembangkan cara berfikir yang bercabang-cabang dan kreatif. Kedua, melalui laman yang sama, disebutkan Caroline Edward mendefinisikan mind mapping sebagai sebuah cara yang efektif dan efisien untuk mengekspresikan berbagai macam data atau informasi dari otak.

Sistem tersebut berlangsung secara alami yang dilakukan oleh otak manusia. Pendapat lain datang dari Melvin L. Sliberman bahwa mind mapping merupakan sebuah tata cara seseorang dalam berpikir yang disampaikan secara kreatif guna menghasilkan ide-ide yang dapat dierapkan dari hal yang sedang dipelajari, mencatat sebuah pelajaran, atau cara kreatif dalam merencanakan sebuah penelitian baru. Berbagai Jenis Mind mapping Beberapa jenis mind map yang banyak digunakan oleh orang-orang antara lain : • Silabus Mind mapping Mind mapping silabus atau kerap disebut juga dengan mind mapping makro adalah jenis mind mapping yang menggambarkan konsep yang akan dipahami dengan susunan berupa ukuran yang besar dan biasanya ditempel pada dinding.

• Bab Mind mapping Bab Mind mapping, sesuai namanya mind mapping jenis ini disusun berdasarkan bab yang telah dipelajari. Namun, PR terbesar yang harus dilakukan dalam menyusun mind mapping satu ini adalah meringkas poin penting dari sebuah konsep agar lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya.

• Paragraph Mind Map Paragraph mind map adalah mind mapping yang disajikan dengan lebih lengkap Mind mapping paragraph yaitu mind mapping yang dapat memberikan informasi secara lengkap karena penjelasan dari konsep dijelaskan dengan begitu lengkap.

Contoh Mind Mapping Kreatif Menyusun mind mapping kreatif disusun dengan unsur-unsur inovasi dan kreasi. Keduanya hadir dalam mind mapping kreatif dalam bentuk gambar, warna, aksentuasi hiasan-hiasan lain. Tujuan dari kreasi ini adalah untuk memudahkan memahami konsep yang akan dipelajaria dengan memanfaatkan mind mapping kreatif.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Sebaliknya jangan sampai niat hati ingin membuat mind mapping kreatif agar lebih nyaman dan mudah memahami konsep justru menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Terlebih lagi menyusun mind mapping kreatif membutuhkan waktu yang cukup banyak. Kebutuhan terhadap mind mapping kreatif yang awalnya untuk memudahkan akan menjadi menyulitkan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk menyusunnya. Contoh Mind Mapping Kreatif 1 Contoh Mind Mapping Kreatif #1 Penjelasan: Contoh mind map kreatif 1 menjelaskan tentang plan atau (perencanaan). Tema besar yang diambil dalam Contoh mind mapping kreatif 1 tersebut adalah plan sehingga mind mapping kreatif satu ini memaparkan konsep mengenai perencanaan.

Segi kreativitas dalam contoh mind mapping kreatif di atas terlihat dari berbagai gambar, ilustrasi, dan penggunaan warna. Selain itu, pemanfaatan gaya penulisan juga menjadi poin penting dalam contoh mind mapping kreatif tersebut sehingga ketika mata memandang, kita dapat langsung tahu garis besar poin-poin yang tertuang dalam contoh mind mapping kreatif 1.

Contoh Mind mapping Kreatif 2 Contoh Mind Map Kreatif #2 Penjelasan: Contoh mind mapping kreatif 2 mengangkat tema besar tentang “TIME MANAGEMENT”. Penyusun contoh mind map kreatif 2 membicarakan konsep tentang hal-hal yang berkaitan dengan manajemen waktu.

Beberapa cabang dari tema besar manajemen waktu tersebut, antara lain: clarity, key issues, monitoring, communication, ergonomic, supervise, etc. Setiap poin tersebut ditandai sekaligus diwarnai dengan berbagai ilustrasi dan penulisan yang berbeda. Segi krativitas dalam contoh mind map kreatif 2 terletak pada berbagai warna, penulisan yang berbeda (penggunana huruf kapital dan gaya penulisan yang beragam), serta beragam gambar seperti kunci pada key issues yang jelas menyimbolkan kata key issues itu sendiri.

Terlihat sangat jelas kreasi dari contoh mind mapping sederhana kreatif 2 sekaligus terlihat pula skala kerumitan dalam pembuatannya. Dengan kata lain, penyusunan contoh mind mapping sederhana kreatif 2 ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga jika ingin membuat contoh mind mapping harus dipertimbangkan pula aspek waktu karena tidak semua contoh mind mapping dapat dibuat dalam waktu singkat. Contoh Mind Mapping Simpel Mind mapping simpel dikenal secara singkat sebagai mind mapping yang sederhana.

Jenis mind mapping sederhana berkaitan dengan aspek waktu pembuatan yang singkat. Dimungkinkan penyusunan mind mapping sederhana dibutuhkan dalam waktu mind map adalah istilah asing untuk menyebut segera. Pembuatan mind mapping sederhana disusun dengan tetap mengedepankan penyampaian konsep yang akan dipahami secara jelas. Contoh Mind Mapping Simple 1 Contoh Mind Mapping Simple #1 Contoh Mind mapping Simple 1 di atas membicarakan tentang konsep “BUSINESS PLAN”.

Konsep tersebut dijabarkan dalam sebuah mind mapping yang dituangkan secara sederhana. Contoh Mind mapping Simple 1 memiliki berbagai cabang dari konsep “BUSINESS PLAN” yang mencakup marketing plan, mission, SWOT, timeline, strategy, team, competitor, finance. Mind mapping tersebut dijabarkan dengan memanfaatkan tanda panah dan tidak ada aksesntuasi lain berupa warna atau pun gambar-gambar mind map adalah istilah asing untuk menyebut.

Contoh Mind mapping Simpel 2 Contoh Mind Mapping Simple #2 Contoh Mind mapping Simpel 2 memaparkan konsep CAREER yang terbagi ke dalam beberapa cabang, yakni skills, networky, experience, interest, values, education.

Penyampaian mind mapping simpel tersebut ditandai dengan pemanfaatan bentuk bulat dan tanda panah, tanpa ada kreasi berupa hiasan atau pun bentuk lainnya. Jelas sekali bahwa mind mapping satu ini sangatlah simpel terlihat dari visual penampilan mind mapping satu ini. Seolah penyusun mind mapping tersebut menyiapkannya dalam waku yang singkat dan spontan.

Contoh mind mapping sederhana semacam ini secara tidak langsung menyatakan bahwa mind mapping tidak selalu tentang kreasi yang begitu rumit, tetapi juga ada mind mapping simpel. Asalkan konsep yang diutarakan dalam terakomodasi dalam sebuah mind mapping, maka tidak akan menjadi hal yang salah. Tetap dikembalikan lagi pada fungsi awal mind mapping, yakni memudahkan kita memahami sebuah konsep.

Baca juga : • Contoh Majas Personifikasi dan Artinya • Contoh Resume Jurnal Beserta Jurnalnya • Contoh Teks Anekdot Singkat Contoh Mind Mapping Unik Mind mapping unik, sesuai namanya mind mapping unik jenis ini memiliki karakterisitik tersendiri sehingga dikatakan ‘unik’. Entah konsep yang disampaikan, visualnya, atau pun aksentuasi berupa warna, gaya penulisan, dan ilustrasi yang mendukung.

Kata ‘unik’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (a) tersendiri dalam bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus. Contoh Mind Mapping Unik 1 Contoh Mind Mapping Unik #1 Contoh mind mapping 1, dikatakan unik karena mind mapping tersebut memanfaatkan sebuah gambaran yang cukup rumit dari sebuah pohon.

Tema besar yang terdapat pada mind mappin unik 1 mind map adalah istilah asing untuk menyebut Ketentuan Konstitusional yang terbagi ke dalam banyak cabang berupa pasal-pasal. Mind mapping unik tersebut memiliki sisi lain dari yang lain dalam hal visualisasi berupa pohon besar. Contoh Mind Mapping Unik 2 Contoh Mind Map Unik #2 Contoh mind mapping unik 2, hampir sama dengan Contoh Mind mapping 1, keunikan dalam contoh mind mapping 2 juga terletak pada gambaran besar dari konsep yang disampaikan.

Penyusun Contoh mind mapping unik 2 menggunakan gambar Angry Bird sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan konsep “Negara Islam” yang kemudian dibagi ke dalam dua cabang, yakni konsep dan prinsip.

Cabang konsep terdapat pada sebelah kiri ketapel, sedangkan cabang hakikat terdapat ketapel bagian kanan. Secara sekilas memang mind mapping satu ini dapat dikatakan cukup simpel karena secara penuh meniru gambaran Angry Bird. Justru karena gambaran besar yang diangkat dalam mind mapping inilah yang membuatnya sangat unik. 15+ Contoh Mind Mapping Simple dan Unik Lainnya Contoh-contoh di bawah ini kami kami sadur dari Pinterest, Mindmapsunleashed.com, dan berbagai sumber gratis lain di internet.

\ Video Cara Membuat Mind Mapping Agar lebih mendalami cara membuat mindmap, kami berikan referensi video dari Mbak Intan Saputri di bawah ini. Demikianlah artikel Ukulele.co.nz yang membahas tentang mind mapping. Ingat jangan menyusahkan diri sendiri ketika berada di keadaan yang kuram memungkinkan untuk menyusun mind mapping yang bagus. Hal yang harus lebih diperhatikan adalah ketersediaan waktu, apakah jika saya (menyusun mind mapping yang kreatif) cukup waktunya? Semoga bermanfaat.

Tulisan terkait : • Contoh Iklan Pendidikan Beserta Gambarnya • 67+ Contoh Iklan Niaga dan Iklan Non Niaga, Pengertian,… • 85+ Contoh Caution, Contoh Warning, dan Contoh Notice Bahasa… • 12+ Contoh Resensi Film, Struktur, dan Cara Membuatnya • 165+ Contoh Slogan Kreatif tentang: Pendidikan, Makanan,…
MENU • Home • SMP • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Kewarganegaraan • IPS • IPA • Penjas • SMA • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Akuntansi • Matematika • Kewarganegaraan • IPA • Fisika • Biologi • Kimia • IPS • Sejarah • Geografi • Ekonomi • Sosiologi • Penjas • SMK • Penjas • S1 • Agama • IMK • Pengantar Teknologi Informasi • Uji Kualitas Perangkat Lunak • Sistem Operasi • E-Bisnis • Database • Pancasila • Kewarganegaraan • Akuntansi • Bahasa Indonesia • S2 • Umum • About Me 2.7.

Sebarkan ini: Mind Mapping Adalah – Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Contoh– Mind mapping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya ditungkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang mind map adalah istilah asing untuk menyebut oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi didalam otak.

Pengertian Mind Mapping Mind maping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Minda maping mengembangkan cara berpikir divergen dan berpikir kreatif.

Minda maping yang sering kita sebut dengan peta konsep ialah alat berpikir organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan “Tony Buzan, 2008:4”. Mind Mapping adalah teknik penting yang meningkatkan cara Anda merekam informasi, dan mendukung dan meningkatkan pemecahan masalah secara kreatif Anda. Dengan menggunakan Peta Pikiran, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memahami struktur subjek.

Anda dapat melihat cara itu potongan-potongan informasi yang cocok bersama-sama, serta merekam fakta-fakta mentah yang terkandung dalam catatan yang normal. Lebih dari itu, Peta Pikiran mendorong pemecahan masalah secara kreatif, karena mereka menyimpan informasi dalam format yang pikiran Anda menemukan mudah diingat dan cepat untuk meninjau. Manfaat Mind Mapping Ditinjau dari segi waktu Mind maping juga dapat mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informasi.

Hal ini utamanya disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, Mind maping mampu memangkas waktu belajar dengan mengubah pola pencatatan linear yang memakan waktu menjadi pencatatan yang efektif yang sekaligus langsung dapat dipahami oleh individu. Beberapa manfaat metode pencatatan menggunakan Mind mapping antara lain: • Tema utama terdefinisi secara sangat jelas karena dinyatakan di tengah.

• Level keutamaan informasi teridentifikasi secara lebih baik, informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih diletakkan dengan tema utama. • Hubungan masing-masing informasi secara mudah dapat segera dikenali. • Lebih mudah dipahami dan diingat. • Informasi baru setelahnya dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur Mind mapping, sehingga mempermudah proses pengingatan. • Masing-masing Mind mapping sangat unik, sehingga mempermudah proses pengingatan.

• Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Membuat Mind Mapping Mind Map ialah alat berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja alami otak. Mind map memungkinkan otak menggunakan semua gambar dan asosiasinya dalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang, seperti yang secara internal selalu digunakan otak, dan terhadap mana perlu memberikannya membiasakan diri kembali.

Beberapa hal yang penting dalam membuat peta pikiran ada dibawah ini sebagai berikut: • Pastikan Tema Utama Terletak Di Tengah-Tengah Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia, maka tema utamanya ialah sejarah Indonesia.

• Dari Tema Utama, Akan Muncul Tema-Tema Turunan Yang Masih Berkaitan Dengan Tema Utama Dari tema utama Sejarah Indonesia, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari: Periode, Wilayah, Bentuk Perjuangan, dll. • Cari Hubungan Antara Setiap Tema Dan Tandai Dengan Garis, Warna Atau Simbol Dari setiap tema turunan terutama akan muncul lagi tema turunan ke dua, ketiga dan seterusnya. Maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan.

Gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut. Pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Selain itu peta Pikiran yang telah dimodifikasi dengan simbol dan lambang yang sesuai dengan selera kita, akan jauh lebih bermakna dan menarik dibandingkan Peta Pikiran yang miskin warna.

• Gunakan Huruf Besar Huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di Peta Pikiran. Selain itu, membaca suatu kalimat dalam gambar akan jauh lebih mudah apabila dalam huruf besar dibandingkan huruf kecil, penggunaan huruf kecil bisa diterapkan pada poin-poin yang sifatnya menjelaskan poin kunci.

• Buat Peta Pikiran Dikertas Polos Dan Hilangkan Proses Edit Ide dari peta pikiran adalah agar kita berpikir kreatif. Karenanya gunakan kertas polos dan jangan mudah tergoda untuk memodifikasi peta pikiran pada tahap-tahap awal. Karena apabila kita terlalu dini melakukan modifikasi pada peta pikiran, maka sering kali fokus kita akan berubah sehingga menghambat penyerapan pemahaman tema yang sedang kita pelajari. • Sisakan Ruangan Untuk Penambahan Tema Peta pikiran yang bermanfaat biasanya adalah mind map adalah istilah asing untuk menyebut telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu.

Setelah menggambar peta pikiran versi pertma, biasanya kita akan menambahkan informasi, menulis pertanyaan atau menandai poin-poin penting. Karenanya selalu sisakan ruang di kertas Peta Pikiran untuk penambahan tema. Baca Juga: Lingkungan Kerja Dipopulerkan oleh Tony Buzan, Peta Pikiran meninggalkan format daftar mengambil catatan konvensional.

Mereka melakukan ini dalam mendukung struktur dua dimensi. Sebuah Peta Pikiran yang baik menunjukkan ‘bentuk’ subjek, kepentingan relatif dari poin individu, dan cara di mana fakta-fakta berhubungan satu sama lain.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Peta Pikiran mind map adalah istilah asing untuk menyebut kompak dari catatan konvensional, sering mengambil satu sisi kertas.

Ini akan membantu Anda membuat asosiasi dengan mudah. Jika Anda menemukan informasi lebih lanjut setelah Anda menggambar Peta Pikiran utama, maka Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya dengan gangguan kecil. Peta Pikiran juga berguna untuk: • Meringkas informasi. • Konsolidasi informasi dari sumber-sumber penelitian yang berbeda. • Memikirkan masalah yang kompleks. • Menyajikan informasi dalam format yang menunjukkan struktur keseluruhan subjek Anda sebagai jenis diagram afinitas.

Mereka sangat cepat untuk meninjau karena anda dapat sering memperbarui informasi dalam pikiran Anda hanya dengan melirik satu. Dan dalam cara yang sama, mereka dapat mnemonik efektif: Mengingat bentuk dan struktur dari Mind Map dapat memberikan isyarat perlu Anda ingat informasi di dalamnya.

Dengan demikian, mereka terlibat lebih banyak dari otak Anda dalam proses asimilasi dan menghubungkan fakta-fakta, dibandingkan dengan catatan konvensional. Baca Juga: 100 Pengertian Dan Jenis Bahasa Pemrograman Komputer Menggambar Peta Pikiran Dasar Pikiran Peralatan situs awalnya direncanakan dan diteliti dengan menggunakan Peta Pikiran. Mereka terlalu besar untuk mempublikasikan di sini, namun bagian dari salah satu ditampilkan di bawah.

Hal ini menunjukkan penelitian keterampilan manajemen waktu: Contoh Peta Pikiran Untuk membuat catatan pada subjek menggunakan Mind Map, menggambar dengan cara berikut: • Tuliskan judul subjek Anda menjelajahi di tengah halaman, dan menggambar lingkaran di sekitar itu.

Hal ini ditunjukkan oleh lingkaran ditandai 1 dalam Gambar 1, di atas. • Ketika Anda datang di subdivisi utama atau subpos dari topik (atau fakta penting yang berhubungan dengan subjek) menarik garis keluar dari lingkaran ini. Label garis-garis ini dengan subdivisi atau subpos. Ini ditunjukkan oleh garis ditandai 2 pada Gambar 1. • Saat Anda “menggali” dalam subjek dan mengungkap tingkat lain informasi (subpos lebih lanjut, atau fakta individu) milik subpos di atas, menggambar garis ini sebagai terkait dengan garis subpos.

Ini ditunjukkan oleh garis ditandai 3 pada. • Akhirnya, untuk individu fakta-fakta atau ide, menggambar garis keluar dari garis pos yang sesuai dan label mereka.

Ini ditunjukkan oleh garis ditandai 4 pada Gambar 1. Ketika Anda menemukan informasi baru, link ke Mind Map tepat.

Sebuah Peta Pikiran yang lengkap mungkin memiliki lini topik utama memancar ke segala arah dari pusat. Sub-topik dan fakta akan bercabang ini, seperti cabang-cabang dan ranting dari batang pohon. Anda tidak perlu khawatir tentang struktur yang dihasilkan, karena ini akan berkembang dengan sendirinya. Perhatikan bahwa gagasan ‘tingkat’ bernomor dalam Gambar 1 hanya digunakan untuk membantu menunjukkan bagaimana Mind Map diciptakan. Semua kita menunjukkan adalah pos utama yang memancar dari pusat, dengan judul tingkat yang lebih rendah dan fakta bercabang dari judul tingkat yang lebih tinggi.

Sementara menggambar Peta Pikiran dengan tangan yang pantas dalam banyak kasus, perangkat lunak seperti MindGenius meningkatkan proses dengan membantu Anda untuk menghasilkan Peta Konsep kualitas tinggi, yang dengan mudah dapat diedit dan redrafted.

Baca Juga: Batik Lukis adalah Meningkatkan Peta Pikiran Anda Peta Pikiran Anda adalah milik anda sendiri: setelah Anda memahami bagaimana untuk membuat catatan dalam format Mind Map, Anda dapat mengembangkan konvensi sendiri untuk membawa mereka lebih lanjut.

Saran-saran berikut ini dapat membantu untuk meningkatkan efektivitas mereka: • Gunakan kata-kata tunggal atau frase sederhana untuk informasi: Kebanyakan kata-kata dalam tulisan normal padding, karena mereka memastikan bahwa fakta-fakta yang disampaikan dalam konteks yang benar, dan dalam format yang menyenangkan untuk dibaca. Dalam Peta Anda sendiri Pikiran, kata-kata tunggal dan frase yang kuat berarti dapat menyampaikan makna yang sama lebih potently.

Kelebihan mind map adalah istilah asing untuk menyebut kata-kata kekacauan Mind Map. • Cetak kata: Bergabung up atau menulis tidak jelas dapat lebih sulit untuk dibaca. • Gunakan warna untuk memisahkan ide yang berbeda: ini akan membantu Anda untuk memisahkan ide-ide mana yang diperlukan. Hal ini juga membantu Anda untuk memvisualisasikan dari Mind Map untuk mengingat. Warna juga membantu menunjukkan organisasi subjek. • Gunakan simbol dan gambar: mana simbol atau gambar berarti sesuatu untuk Anda, menggunakannya.

Gambar dapat membantu Anda untuk mengingat informasi lebih efektif daripada kata-kata. • Menggunakan cross-hubungan: Informasi di salah satu bagian dari Mind Map mungkin berhubungan dengan bagian lain.

Di sini Anda dapat menarik garis untuk menunjukkan hubungan lintas. Hal ini membantu Anda untuk melihat bagaimana satu bagian dari subjek mempengaruhi yang lain. Klik pada thumbnail di bawah ini untuk contoh yang bagus dari peta pikiran yang memiliki mind map adalah istilah asing untuk menyebut visual yang sangat tinggi. Baca Juga: “Model Pembelajaran Kooperatif” Pengertian & ( Struktur – Konsep – Ciri – Manfaat ) Kunci Poin Pemetaan pikiran adalah metode yang sangat efektif mencatat.

Peta Pikiran menunjukkan tidak hanya fakta, tetapi juga struktur keseluruhan subjek dan pentingnya relatif dari masing-masing bagian itu. Mereka membantu Anda untuk menghubungkan ide-ide dan membuat koneksi yang Anda mungkin tidak sebaliknya membuat. Jika Anda melakukan segala bentuk penelitian atau pencatatan, cobalah bereksperimen dengan Peta Pikiran. Anda akan menemukan mereka sangat efektif! Tip: Cobalah menggambar dan pencetakan kualitas Peta Pikiran mind map adalah istilah asing untuk menyebut dengan versi percobaan gratis MindGenius.

Mind Mapping atau Peta Pikiran adalah metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang berbercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang mind map adalah istilah asing untuk menyebut.

Dari fakta tersebut maka disimpulkan apabila kita juga menyimpan informasi seperti cara kerja otak, maka akan semakin baik informasi tersimpan dalam otak dan hasil akhirnya tentu saja proses belajar kita akan semakin mudah.

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan cara kerja Peta Pikiran adalah menuliskan tema utama sebagai titik sentral / tengah dan memikirkan cabang-cabang atau tema-tema turunan yang keluar dari titik tengah tersebut dan mencari hubungan antara tema turunan. Itu berarti setiap kali kita mempelajari sesuatu hal maka fokus kita diarahkan pada apakah tema utamanya, poin-poin penting dari tema yang utama yang sedang kita pelajari, pengembangan dari setiap poin penting tersebut dan mencari hubungan antara setiap poin.

Dengan cara ini maka kita bisa mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang telah kita ketahui dan area mana saja yang masih belum dikuasai dengan baik. Baca Juga: “Pembelajaran Probing Prompting” Pengertian – Langkah & ( Kelebihan – Kekurangan ) Beberapa hal penting dalam membuat peta pikiran ada dibawah ini, yaitu: • Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia, maka tema utamanya adalah Sejarah Indonesia.

• Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama Dari tema utama “Sejarah Indonesia”, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari : Periode,Wilayah, Bentuk Perjuangan, dll. • Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol Dari setiap tema turunan tertama akan muncul lagi tema turunan kedua, ketiga dan seterusnya.

Maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan. Gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut. Baca Juga: “Model Pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading And Composition )” Pengertian –Tujuan – Unsur & ( Kelebihan – Kekurangan ) Pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Selain itu Peta Pikiran yang telah dimodifikasi dengan simbol dan lambang yang sesuai dengan selera kita, akan jauh lebih bermakna dan menarik dibandingkan Peta Pikiran yang “miskin warna”.

• Gunakan mind map adalah istilah asing untuk menyebut besar Huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di Peta Pikiran. Selain itu, membaca suatu kalimat dalam gambar akan jauh lebih mudah apabila dalam huruf besar dibandingkan huruf kecil. Penggunaan huruf kecil bisa diterapkan pada poin-poin yang sifatnya menjelaskan poin kunci. • Buat peta pikiran di kertas polos dan hilangkan proses edit Ide dari Peta Pikiran adalah agar kita berpikir kreatif.

Karenanya gunakan kertas polos dan jangan mudah tergoda untuk memodifikasi Peta Pikiran pada tahap-tahap awal. Karena apabila kita terlalu dini melakukan modifikasi pada Peta Pikiran, maka sering kali fokus kita akan berubah sehingga menghambat penyerapan pemahaman tema yang sedang kita pelajari.

Baca Juga: “Pembelajaran Reciprocal Teaching” Pengertian – Strategi – Langkah & ( Kelebihan – Kelemahan ) • Sisakan ruangan untuk penambahan tema Peta Pikiran yang bermanfaat biasanya adalah yang telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu. Setelah menggambar Peta Pikiran versi pertama, biasanya kita akan menambahkan informasi, menulis pertanyaan atau menandai poin-poin penting. Karenanya selalu sisakan ruang di kertas Peta Pikiran untuk penambahan tema.

Demikianlah pembahasan mengenai Mind Mapping Adalah – Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂 Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Umum Ditag aplikasi mind mapping, cara membuat mind map di laptop, cara membuat mind map di microsoft word, cara membuat mind map di powerpoint, cara membuat mind map yang mudah, cara membuat mind mapping di microsoft word, cari definisi dari metode peta minda, contoh mind map cita-cita, contoh mind map yang unik, contoh mind mapping bahasa indonesia, contoh mind mapping doraemon, contoh mind mapping sederhana, contoh mind mapping sejarah, contoh mind mapping sekolah, contoh mind mapping simple, contoh mind mapping simple tapi menarik, contoh mind mapping yang lucu, contoh mind mapping yang menarik, contoh peta pikiran, download mind mapping, fungsi peta pikiran, jenis jenis peta minda, jenis-jenis mind mapping, kelebihan dan kekurangan mind mapping, langkah langkah membuat mind map, makalah mind mapping, manfaat mind map, manfaat mind mapping, manfaat mind mapping bagi manusia, manfaat peta pikiran, materi mind mapping, mind map dalam bahasa indonesia adalah, mind map online, mind map tentang belajar, mind mapping bahasa indonesia, mind mapping ekonomi, mind mapping indonesia, mind mapping ipa kelas 8, mind mapping online, mind mapping pemanasan global, mind mapping simple, mind mapping software, mind mapping theory, pengertian mind mapping menurut para ahli, peta pikiran dalam paragraf, sebutkan fungsi mind mind map adalah istilah asing untuk menyebut menurut tony buzan, sebutkan karakteristik penting mind map Navigasi pos • Contoh Teks Editorial • Contoh Teks Laporan Hasil Observasi • Teks Negosiasi • Teks Deskripsi • Contoh Kata Pengantar • Kinemaster Pro • WhatsApp GB • Contoh Diksi • Contoh Teks Eksplanasi • Contoh Teks Berita • Contoh Teks Negosiasi • Contoh Teks Ulasan • Contoh Teks Eksposisi • Alight Motion Pro • Contoh Alat Musik Ritmis • Contoh Alat Musik Melodis • Contoh Teks Cerita Ulang • Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol • Contoh Karangan Eksposisi • Contoh Pamflet • Pameran Seni Rupa • Contoh Seni Rupa Murni • Contoh Paragraf Campuran • Contoh Seni Rupa Terapan • Contoh Karangan Deskripsi • Contoh Paragraf Persuasi • Contoh Paragraf Eksposisi • Contoh Paragraf Narasi • Contoh Karangan Narasi • Teks Prosedur • Contoh Karangan Persuasi • Contoh Karangan Argumentasi • Proposal • Contoh Cerpen • Pantun Nasehat • Cerita Fantasi • Memphisthemusical.Com
Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar istilah mind mapping?

Terdengar asing dan jarang digunakan, ya? Namun siapa sangka sebenarnya istilah ini cukup sering lho kita gunakan dalam penyelesaian suatu masalah dan pengambilan keputusan besar, terutama dalam skala organisasi atau perusahaan. Nah, kira-kira apa sih sebenarnya mind mapping itu? Benarkah ia memiliki peran yang cukup penting dan bagaimana cara membuatnya? Pada artikel kali ini, PayrollBozz akan mengajak Anda untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai definisi dari istilah tersebut.

Sekaligus kami juga akan memberikan tips atau cara praktis untuk membuatnya. Penasaran, kan? Simak informasi lengkapnya berikut ini, ya. Apa Itu Mind Mapping? Sederhananya, mind mapping dapat didefinisikan sebagai sebuah proses pemetaan pikiran.

Dalam hal ini, ketika seseorang menghadapi masalah atau ingin mengambil keputusan besar, mereka diharuskan untuk melakukan identifikasi terhadap ide atau gagasan pikiran yang ada.

Semua gagasan tersebut akan dituangkan dalam sebuah bagan yang bercabang. Setiap bagan akan mewakili satu poin penting yang bisa dijadikan pertimbangan. Mind mapping tak hanya dapat digunakan dalam praktik organisasi saja, namun juga dapat dipraktikkan dalam pembelajaran. Metode ini dianggap lebih efektif bagi para pelajar atau mahasiswa dalam menghafal suatu materi dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Pada umumnya, mind mapping dapat dibuat dalam bentuk tulisan maupun visual seperti gambar.

Yang pada intinya digunakan untuk memudahkan pemahaman orang yang membuatnya. Jenis-jenis Mind Mapping Dalam penggunaannya, metode pemetaan pikiran ini juga memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah di antaranya: 1. Mind mapping silabus Pertama ada mind mapping silabus atau yang kerap disebut juga sebagai peta konsep makro.

Sederhananya, peta konsep yang satu ini dibuat untuk memudahkan seseorang dalam memahami apa yang telah mereka pelajari. Jenis peta konsep yang satu ini biasa dibuat dalam bentuk gambar yang besar dan biasanya ditempelkan pada dinding.

2. Mind mapping bab Jenis yang selanjutnya adalah mind mapping bab. Sesuai namanya, mind mapping yang satu ini umumnya digunakan untuk menyusun sebuah rangkaian bab atau materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Mind mapping bab biasanya dibuat berdasarkan susunan poin-poin penting dalam suatu permasalah atau materi pembelajaran. Nantinya lewat penyusunan poin tersebut dapat lebih mudah untuk diidentifikasi serta lebih mudah diingat apabila hal ini diterapkan dalam metode pembelajaran. 3. Mind mapping paragraf Lalu ada juga jenis mind mapping paragraf. Berbeda dengan kedua jenis mind mapping di atas, peta konsep yang satu ini biasanya terbuat dengan rincian yang mendetail dalam bentuk paragraf.

Sehingga informasi yang disampaikan jauh lebih lengkap dan kompleks. Salah satu keuntungan membuat mind mapping paragraf adalah dapat diterapkan dalam buku catatan kecil. Sehingga Anda tak perlu repot-repot menggunakan media kertas yang berukuran besar seperti kedua jenis peta konsep yang telah disebutkan sebelumnya.

Manfaat dari Menggunakan Mind Mapping Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mind mapping atau peta konsep merupakan salah satu metode yang efektif untuk memetakan suatu permasalahan atau saat mengambil keputusan. Namun selain kedua hal tersebut, mind mapping juga memiliki fungsi atau manfaatnya yang lain, sebagai berikut: 1. Memudahkan kita dalam mengingat hal penting Pada mahasiswa yang sering diberikan materi berbobot dan memiliki banyak istilah yang harus diingat.

Maka mind mapping dapat dijadikan solusi untuk membantu memudahkan menghafal istilah atau materi-materi tersebut dengan cara yang lebih praktis. Anda hanya perlu membuat gambaran mengenai cabang-cabang istilah yang saling berkaitan dan memberikan sedikit deskripsi singkat mengenai istilah tersebut.

Nantinya, Anda akan lebih mudah mengingat materinya hanya dengan mengingat salah satu kata atau frasa yang tertulis di sana. 2. Meningkatkan produktivitas Seperti yang dikutip dari Business Insider, mind mapping juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas. Caranya adalah dengan membuat visualisasi mengenai tugas mana yang harus dijadikan prioritas untuk segera dikerjakan.

Sehingga dalam hal ini, manajemen waktu Anda akan teratur dengan jauh lebih baik. 3. Mengasah kreativitas Secara umum tak ada batasan mengenai bagaimana tampilan mind mapping yang ideal. Anda boleh bebas berkreasi sesuai dengan preferensi. Yang terpenting adalah kemudahan Anda dalam membaca inti dari peta konsep yang sudah Anda buat tersebut. Saran kami, buatlah peta konsep semenarik mungkin dan tetap rapi agar lebih mudah dipahami sekaligus tidak membosankan untuk dibaca secara berulang.

4. Menghemat waktu Manfaat mind mapping yang berikutnya juga dapat berperan dalam menghemat waktu Anda untuk mempelajari setiap materi secara berulang. Karena mind mapping hanya terdiri dari sebuah ringkasan hal-hal penting yang tertuang dalam bagan bercabang.

Sehingga Anda tak perlu membuka banyak buku untuk mempelajari materi yang sama. 5. Dapat mind map adalah istilah asing untuk menyebut dalam berbagai macam hal Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mind mapping tak hanya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan besar. Namun juga dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran untuk menghafal materi yang cukup kompleks dan sulit. Selain itu, metode ini juga efektif digunakan untuk menyusun sebuah rencana bisnis maupun pemasaran.

Cara Membuat Mind Mapping 1. Pilih media yang ingin digunakan Hal pertama yang perlu Anda persiapkan saat akan membuat mind mapping adalah dengan menentukan media apa yang ingin digunakan. Anda bisa menggunakan kertas besar, papan tulis, buku maupun membuatnya dalam bentuk digital. Tentunya saat akan membuat peta konsep tersebut, Anda harus membuat gambaran singkatnya terlebih dahulu di kertas lain agar nantinya mind mapping yang dibuat lebih rapi dan sesuai dengan yang diinginkan.

2. Tentukan tema besar yang akan diangkat Berikutnya, Anda bisa menentukan tema besar atau konsep seperti apa yang akan dibahas dalam mind mapping tersebut. Tema besar ini biasanya akan ditaruh di tengah-tengah media yang Anda gunakan sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat percabangan.

Namun, Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk vertikal. Sehingga tema besar tersebut bisa ditaruh di titik teratas dengan cabang yang menurun. 3. Buat juga sub-temanya Setelah menentukan tema besar, berikutnya Anda harus membuat sub-tema yang dihubungkan melalui garis yang bercabang. Nah, Anda bebas dan boleh berkreasi mengenai bagaimana membuat tampilan sub-tema tersebut. Pastikan untuk membuat peta konsep yang mudah untuk dipahami dan tidak membosankan ketika dibaca, ya.

4. Gunakan warna dan tambahkan gambar yang menarik Anda juga dapat berkreasi menggunakan pemilihan warna yang disesuaikan dengan preferensi atau hal-hal yang berkaitan dengan tema dari peta konsep tersebut. Selain itu, penambahan gambar yang menarik juga dapat membuat peta konsep lebih menyenangkan untuk disimak.

Sebagai contoh, ketika Anda membuat mind map dengan tema besar seputar digital marketing. Maka Anda bisa menambahkan gambar berupa analytical engine, content management system atau topik lain yang masih relevan dengan pemasaran digital.

Kesimpulan Demikianlah artikel mengenai definisi dan seluk beluk dari mind mapping kali ini. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memahami pengertiannya serta memudahkan Anda dalam membuat peta konsep yang rapi, menarik dan terstruktur. Selamat mencoba! Pos Terkait • Cara Menghitung Iuran BPJS Kesehatan dan Jaminan Pensiun BPJS Sebagai suatu Negara, Indonesia wajib memberikan jaminan sosial bagi seluruh rakyatnya. Sebelumnya memang sudah ada beberapa lembaga-lembaga jaminan sosial di Indonesia, namun kini sudah dibentuk badan hukum untuk publik yang akan menjadi penyelenggara program untuk jaminan sosial, termasuk jaminan kesehatan yaitu BPJS.

Lalu, bagaimana cara menghitung bpjs kesehatan? Sebelum mengetahui lebih jauh apa itu bpjs … • Sistem Penggajian Karyawan yang Benar dan Optimal Salah satu tugas HR pada sebuah perusahaan adalah mengurusi sistem penggajian karyawan.

Menghitung berapa besarnya gaji yang diterima oleh setiap karyawan bukanlah pekerjaan yang mudah. Beberapa faktor perlu disesuaikan agar seorang karyawan menerima gaji sesuai dengan peraturan. Selain jam kerja karyawan, pajak yang dikenakan pada gaji karyawan juga harus turut dihitung. Kesalahan dalam perhitungan gaji … • Ketahui Tujuan Membayar Pajak Dan Manfaatnya Dalam literasi keuangan, pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap individu atau lembaga/badan tertentu yang ada di suatu negara.

Nantinya pajak ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan belanja negara yang juga akan berdampak pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Siapa pun yang tinggal di suatu negara wajib untuk membayar pajak sesuai … • Hidden Cost, Biaya Tersembunyi yang Sering Diabaikan Pernahkah Anda mendengar istilah hidden cost dalam kehidupan sehari-hari? Bagi sebagian orang yang tidak mendalami literasi finansial mungkin jarang mendengarkan istilah yang satu ini. Padahal dalam realitanya, hidden cost merupakan hal yang cukup sering kita temui namun secara tidak sadar atau bahkan sering kita abaikan.

Lantas, apa sih sebenarnya hidden cost itu sendiri? Apa saja … • Apa Itu Dana Darurat dan Mengapa Harus Dipersiapkan ? Emergency fund atau yang sering juga disebut sebagai dana darurat adalah salah satu komponen dalam keuangan yang cukup penting. Sesuai namanya, dana ini kerap digunakan sebagai dana untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak atau berada di luar dugaan. Salah satu contoh kegunaan dana darurat adalah untuk memenuhi kebutuhan atau biaya berobat ketika Anda jatuh sakit.

… • Ragam Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan Berikut beberapa ide peluang bisnis di masa pandemi yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya bahkan bisa dimulai dengan modal yang minim. • Mengenal Istilah SSE Pajak dan Cara Membuatnya Apa itu SSE Pajak? Bagaimana cara membuat atau menggunakannya sebagai media pembayaran sebuah pajak? Apa saja keuntungan yang ditawarkan? Coba Demo Presentasi Gratis Kategori Artikel • Aplikasi & Software • Business Information • Gaji • Human resource • Informasi • Informasi Bisnis • Karir • Ketenagakerjaan • Klien kami • KPI • Pajak • Sumber Daya Manusia • Tentang Payrollbozz • Tips interview • Tutorial Payrollbozz Komentar Terbaru • muhammad habib pada Macam-Macam Posisi Di Bank Dan Tugasnya • Luky adiprima pada Cara menggabungkan 2 kartu BPJS ketenagakerjaan (amalgamasi BPJSTK) • Wiratma pada Apa itu ASN ?

Serta Perbedaan PNS dan PPPK (fungsi, tugas dan benefit) • Sandi pada Kenapa Teamwork Itu Penting dan Bagaimana Cara Membangun Teamwork yang Solid • Agung Atmaja pada Macam-Macam Posisi Di Bank Dan Tugasnya Artikel Terbaru • PENTING! Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perjanjian Kerja • 3 Tools Wajib Untuk Digital Marketing (highly recommended) • 5 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Untuk Biaya Hidup & Menabung /Investasi • 5 Instrumen Investasi Jangka Panjang Terbaik Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan • Apa Itu Strategi Brand Authority ?

Dan Pentingnya Bagi Produk Perusahaan Kategori • Aplikasi & Software • Business Information • Gaji • Human resource • Informasi • Informasi Bisnis • Karir • Ketenagakerjaan • Klien kami • KPI • Pajak • Sumber Daya Manusia • Tentang Payrollbozz • Tips interview • Tutorial Payrollbozz PayrollBozz adalah software Penggajian dengan fitur-fitur HRIS (Human Resource Information System) yang dapat diakses online dari website dan aplikasi mobile.

Software Payroll online ini dapat menghitung semua komponen gaji dan mencetak slip gaji hanya dalam hitungan menit saja. Software HRD ini juga bisa digunakan sebagai software absensi online karyawan karena mempunyai fitur clock in / out dari aplikasi mobile Akses ke aplikasi penggajian yang aman dan terenkripsi menjadikan PayrollBozz sebagai software HRIS yang dipercaya oleh puluhan ribu karyawan dan ratusan perusahaan di Indonesia.Robbins (2007), memberikan 7 karakteristik budaya sebagai berikut: • Inovasi dan keberanian mengambil resiko mind map adalah istilah asing untuk menyebut sejauh mana karyawan diharapkan didorong untuk bersikap inovtif dan berani mengambil resiko.

• Perhatian terhadap detail yaitu sejauh mana karyawan diharapkan menjalankan presisi, analisis, dan perhatian pada hal-hal detil. • Berorientasi pada hasil yaitu sejauh mana manajemen berfokus lebih pada hasil ketimbang teknik atau proses yang digunakan untuk mencapai hasil tersebut.

• Berorientasi kepada manusia yaitu sejauh mana keputusan-keputusan manajemen mempertimbangkan efek dari hasil tersebut atas orang yang ada di dalam organisasi. • Berorientasi pada tim yaitu sejauh mana kegiatan-kegiatan kerja diorganisasi pada tim ketimbang individu-individu.

• Agresivitas yaitu sejauh mana orang bersikap agresif dan kompetitif ketimbang santai. • Stabilitas yaitu sejauh mana kegiatan-kegiatan organisasi menekankan dipertahankannya status quo dalam perbandingannya dengan pertumbuhan.

Sedangkan Schneider dalam (Pearse dan Bear, 1998) mengklasifikasikan budaya organisasi ke dalam empat tipe dasar: • Control culture .

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Budaya impersonal nyata yang memberikan perhatian pada kekonkretan, pembuatan keputusan yang melekat secara analitis, orientasi masalah dan preskriptif. • Collaborative culture. Berdasarkan pada kenyataan individu terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan secara people-driven, organic dan informal.

Interaksi dan keterlibatan menjadi elemen pokok • Competence culture. Budaya personal yang dilandaskan pada kompetensi diri, yang memberikan perhatian pada potensi, alternatif, pilihan-pilihan kreatif dan konsep-konsep teoretis. Orang-orang yang termasuk dalam tipe budaya ini memiliki standar untuk meraih sukses yang lebih tinggi. • Cultivation culture. Budaya yang berlandaskan pada kemungkinan seorang individu mampu memperoleh inspirasi Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dick Hartoko bahwa manusia menjadi manusia merupakan kebudayaan.

Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi. Istilah apresiasi berasal dari bahasa inggris “apresiation” yang berarti penghargaan, penilaian, pengertian. Bentuk itu berasal dari kata kerja ” ti appreciate” yang berarti menghargai, menilai, mengerti dalam bahasa indonesia menjadi mengapresiasi.

Apresiasi budaya adalah kesanggupan untuk menerima dan memberikan penghargaan, penilaian, pengertian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. • Hubungan Etika Dan Budaya Etika pada dasarnya adalah standar atau moral yang menyangkut benar-salah, baik-buruk. Dalam kerangka konsep etika bisnis terdapat pengertian tentang etika perusahaan, etika kerja, dan etika perorangan, yang menyangkut hubungan-hubungan mind map adalah istilah asing untuk menyebut antara perusahaan, karyawan dan lingkungannya.

Etika perusahaan menyangkut hubungan perusahaan dan karyawan sebagai satu kesatuan dengan lingkungannya (misalnya dengan perusahaan lain atau masyarakat setempat), etika kerja terkait antara perusahaan dengan karyawannya, dan etika perorangan mengatur hubungan antar karyawan.

• Pengaruh Etika Terhadap Budaya Etika seseorang dan etika bisnis adalah satu kasatuan yang terintegrasi sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, keduanya saling melengkapi dalam mempengaruhi perilaku antar individu maupun kelompok, yang kemudian menjadi perilaku organisasi yang akan berpengaruh terhadap budaya perusahaan.

Jika etika menjadi nilai dan keyakinan yang terinternalisasi dalam budayau perusahaan, maka akan berpotensi menjadi dasar kekuatan perusahaan dan akhirnya akan berpotensi menjadi stimulus dalam peningkatan kinerja karyawan.

Terdapat pengaruh yang signifikan antara etika seseorang dariu tingkatan manajer terhadap tingkah laku etis dalam pengambilan keputusan.

mind map adalah istilah asing untuk menyebut

Kemampuan seorang profesional untuk dapat mengerti dan pekau terhadap adanya masalah etika dalam profesinya sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sosial budaya, dan masyarakat dimana dia berada.

Budaya perusahaan memberikan sumbangan yang sangat berarti terhadap perilaku etis. Perusahaan akan menjadi lebih baik jika mereka membudayakan etika dalam lingkungan perusahaannya. • Kendala dalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis Mentalitas para pelaku bisnis, terutama top management yang secara moral rendah, sehingga berdampak pada seluruh kinerja Bisnis.

Perilaku perusahaan yang etis biasanya banyak bergantung pada kinerja top management, karena kepatuhan pada aturan itu berjenjang dari mulai atas ke tingkat bawah. Kendala dalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis, yaitu : Konflik kepentingan ini muncul karena adanya ketidaksesuaian antara nilai pribadi yang dianutnya atau antara peraturan yang berlaku dengan tujuan yang hendak dicapainya, atau konflik antara nilai pribadi yang dianutnya dengan praktik bisnis yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan lainnya, atau antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan masyarakat.

Orang-orang yang kurang teguh standar moralnya bisa jadi akan gagal karena mereka mengejar tujuan dengan mengabaikan peraturan. Hal ini diperkeruh oleh banyaknya sandiwara politik yang dimainkan oleh para elit politik, yang di satu sisi membingungkan masyarakat luas dan di sisi lainnya memberi kesempatan bagi pihak yang mencari dukungan elit politik guna keberhasilan usaha bisnisnya.

Situasi ekonomi yang buruk tidak jarang menimbulkan spekulasi untuk memanfaatkan peluang guna memperoleh keuntungan tanpa menghiraukan akibatnya. Stakeholders dapat diartikan sebagai segenap pihak yang terkait dengan isu dan permasalahan yang sedang diangkat.

Misalnya bilamana isu periklanan, maka stakeholder dalam hal ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam isu periklanan, seperti mind map adalah istilah asing untuk menyebut, masyarakat pesisir, pemilik kapal, anak buah kapal, pedagang ikan ,pengelah ikan, pembudidaya ikan, pemerintah, pihak swasta dibidang periklanan, dan sebagainya.

Stakeholder dalam hal ini juga dinamakan pemangku kepentingan. Lembaga-lembaga telah menggunakan istilah stakeholder ini secara luas kedalam proses pengambilan dan implementasi keputusan.

Secara sederhana stakeholder sering dinyatakan sebagai para pihak, lintas pelaku, atau pihak-pihak yang terkait dengan suatu isi atau rencana.

Stakeholder menurut definisinya adalah kelompok atau individu yang dukungannya diperlukan demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup organisasi. stakeholder dapat diketegorikan kedalam beberapa kelompok yaitu stakeholder primer, sekunder dan stakeholder kunci. Stakeholder primer adalah ‘pihak dimana tanpa partisipasinya yang berkelanjutan organisasi tidak dapat bertahan.’ Contohnya Pemilik modal atau saham, kreditor, karyawan, pemasok, konsumen, penyalur dan pesaing atau rekanan.

Menurut Clarkson, suatu perusahaan atau organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu system stakeholder primer yang merupakan rangkaian kompleks hubungan antara kelompok-kelompok kepentingan yang mempunyai hak, tujuan, harapan, dan tanggung jawab mind map adalah istilah asing untuk menyebut berbeda. Perusahaan ini juga harus menjalin relasi bisnis yang baik dan etis dengan kelompok ini. Stakeholder sekunder didefinisikan sebagai ‘pihak yang mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perusahaan, tapi mereka tidak terlibat dalam transaksi dengan perusahaan dan tidak begitu penting untuk kelangsungan hidup perusahaan.’ Contohnya Pemerintah setempat, pemerintah asing, kelompok sosial, media massa, kelompok pendukung, masyarakat.

Perusahaan tidak bergantung pada kelompok ini untuk kelangsungan hidupnya, tapi mereka bisa mempengaruhi kinerja perusahaan dengan mengganggu kelancaran bisnis perusahaan. Pemerintah setempat, pemerintah asing, kelompok sosial, media massa, kelompok pendukung, masyarakat. Stakeholder Kunci merupakan stakeholder yang memiliki kewenangan secara legal dalam hal pengambilan keputusan. Stakeholder kunci yang dimaksud adalah unsur eksekutif sesuai levelnya, legislatif dan instansi. Stakeholder kunci untuk suatu keputusan untuk suatu proyek level daerah kabupaten.

Yang termasuk dalam stakeholder kunci yaitu : Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. Stereotipe merupakan jalan pintas pemikiran yang dilakukan secara intuitif oleh manusia untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat. Namun, stereotipe dapat berupa prasangka positif dan juga negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif.

Sebagian orang menganggap segala bentuk stereotipe negatif. Stereotipe jarang sekali akurat, biasanya hanya memiliki sedikit dasar yang benar, atau bahkan sepenuhnya dikarang-karang. Berbagai disiplin ilmu memiliki pendapat yang berbeda mengenai asal mula stereotipe: psikolog menekankan pada pengalaman dengan suatu kelompok, pola komunikasi tentang kelompok tersebut, dan konflik antarkelompok.

Sosiolog menekankan pada hubungan di antara kelompok dan posisi kelompok-kelompok dalam tatanan sosial. Para humanis berorientasi psikoanalisis (mis. Sander Gilman) menekankan bahwa stereotipe secara definisi tidak pernah akurat, namun merupakan penonjolan ketakutan seseorang kepada orang lainnya, tanpa mempedulikan kenyataan yang sebenarnya. Walaupun jarang sekali stereotipe itu sepenuhnya akurat, namun beberapa penelitian statistik menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus stereotipe sesuai dengan fakta terukur.

Prasangka (pejudice) berarti membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang relevan mengenai objek tersebut. Awalnya istilah ini merujuk pada penilaian berdasar ras seseorang sebelum memiliki informasi yang relevan yang bisa dijadikan dasar penilaian tersebut. Selanjutnya prasangka juga diterapkan pada bidang lain selain ras. Pengertiannya sekarang menjadi sikap yang tidak masuk akal yang tidak terpengaruh oleh alasan rasional.

Stigma sosial adalah tidak diterimanya seseorang pada suatu kelompok karena kepercayaan bahwa orang tersebut melawan norma yang ada. Stigma sosial sering menyebabkan pengucilan seseorang ataupun kelompok. Contoh sejarah stigma sosial dapat terjadi pada orang yang berbentuk fisik kurang atau cacat mental, dan juga anak luar kawin, homoseksual atau pekerjaan yang merupakan nasionalisasi pada agama atau etnis, seperti menjadi orang Yahudi atau orang Afrika Amerika.

Kriminalitas juga membawa adanya stigma sosial. Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau devidenmelainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Pengertian tanggung jawab mind map adalah istilah asing untuk menyebut perusahaan atau CSR sangat beragam. Intinya, CSR adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetapi untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan. Beberapa nama lain yang memiliki kemiripan dan bahkan sering diidentikkan dengan CSR adalah corporate giving, corporate philanthropy, corporate community relations, dan community development.

Dalam kehidupan komunitas atau komunitas secara umum, mekanismne pengawasan terhadap tindakan anggota-anggota komunitas biasanya berupa larangan-larangan dan sanksi-sanksi sosial yang terimplementasi di dalam aturan adat. Sehingga tampak bahwa kebudayaan menjadi sebuah pedoman bagi berjalannya sebuah proses kehidupan komunitas atau komunitas.

Tindaka karyawan berkenaan dengan perannya dalam pranata sosial perusahaan dapat menentukan keberlangsungan aktivitas. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, apabila dilaksanakan dengan benar, akan memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam dan seluruh pemangku kepentingan dalam masyarakat.

Perusahaan yang mampu sebagai penyerap tenaga kerja, mempunyai kemampuan memberikan peningkatan daya beli masyarakat, yang secara langsung atau tidak, dapat mewujudkan pertumbuhan lingkungan dan seterusnya. Mengingat kegiatan perusahaan itu sifatnya simultan, maka keberadaan perusahaan yang taat lingkungan akan lebih bermakna.

Pada dasarnya setiap kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan sumber daya alam, pasti mengandung nilai positif, baik bagi internal perusahaan maupun bagi eksternal perusahaan dan pemangku kepentingan yang lain. Meskipun demikian nilai positif tersebut dapat mendorong terjadinya tindakan-tindakan dan perbuatan-perbuatan yang akhirnya mempunyai nilai negatif, karena merugikan lingkungan, masyarakat sekitar atau masyarakat lain yang lebih luas.

Nilai negatif yang dimaksud adalah seberapa jauh kegiatan perusahaan yang bersangkutan mempunyai potensi merugikan lingkungan dan masyarakat. Atau seberapa luas perusahaan lingkungan terjadi sebagai akibat langsung dari kegiatan perusahaan Mekanisme pengawasan tersebut berbentuk audit sosal sebagai kesimpulan dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan sebelumnya.

Monitoring da evaluasi terhadap tingkah laku anggota suatu perusahaan atau organisasi pada dasarnya harus dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan secara berkesinambugan. Monitoring yang dilakuka sifatnya berjangka pendek sedangkan evaluasi terhadap tingkah laku anggota perusahaan berkaitan dengan kebudayaan yang berlaku dilakukan dalam jangka panjang.

Hal dari evaluas tersebut menjadi audit sosial.Pengawasa terhadap tingkah laku dan peran karyawan pada dasarnya untuk menciptakan kinerja karyawan itu sendiri yang mendukung sasaran dan tujuan dari proses berjalannya perusahaan. Kinerja yang baik adalah ketika tindakan yang diwujudkan sebagai peran yang sesuai dengan status dalam pranata yang ada dan sesuai dengan budaya perusahaan yang bersangkutan.

Oleh karena itu, untuk mendeteksi apakah budaya perusaaan telah menjadi bagian dalam pengetahuan budaya para karyawannya dilakukan audit sosal dan sekaligus merencanakan apa aja yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menguatkan nilai-nilai yang ada agar para karyawan sebagai anggota perusahaan tidak memunculkan pengetahuan budaya yang dimilikinya di luar lingkungan perusahaan.

Dalam kehdupan komunitas atau komunitas secara umum, mekanismne pengawasan terhadap tindakan anggota-anggota komunitas biasanya berupa larangan-larangan dan sanksi-sanksi sosial yang terimplementasi di dalam atura adat. Sehingga tampak bahwa kebudayaan menjadi sebuah pedoman bagi berjalannya sebuah proses kehidupan komunitas atau komunitas. Tindaka karyawan berkenaan dengan perannya dalam pranata sosial perusahaan dapat menen tukan keberlangsungan aktivitas Peran sistem pengaturan, good governance MIND MAPPING Peran sistem pengaturan, good governance Pada masa kini istilah pengaturan (governance) dan pengaturan yang baik (good governance) mulai berkembang dan selalu digunakan dalam literatur mengenai pembangunan.

Seringkali konsep pembangunan tidak memperhatikan konsep keberlanjutan, melihat faktor sumber daya alam dan lingkungan hanya ditentukan berdasarkan nilai progresifnya. Realisasi dari konsep pemerintahaan yang bijaksana ‘good governance’ merupakan prasyarat untuk mendapatkan keseimbangan yang efektif antara lingkungan dan pembangunan. Prasyarat minimal untuk mencapai good governance adalah adanya tranparansi, akuntabilitas, partisipasi, pemberdayaan hukum, efektifitas dan efisiensi, dan keadilan.

Dalam menjalankan prinsip-prinsip good governance, terdapat tiga fokus bidang yang penting dan saling terkait dengan Jenis pasar, latar belakang monopoli, etika dalam pasar kompetitif dan Perspektif etika bisnis dalam ajaran islam dan barat, etika profesi MIND MAPPING Bab 5 : Jenis pasar, latar belakang monopoli, etika dalam pasar kompetitif Pengertian persaingan sempurna, monopoli dan oligopoli 1. Pasar persaingan sempurna – dilihat dari pengertian adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau barang yang sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga.

– dilihat dari banyaknya perusahaan, pasar persaingan sempurna memiliki perusahaan atau produsen yang sangat banyak. – dilihat dari jenis produksinya, pasar persaingan sempurna menghaslkan barang standar yang sejenis(homogen).

– dilihat dari kebebasan menentukan harga, produsen dalam pasar persaingan sempurna tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga. – dilihat dari kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, dalam pa
Di beberapa buku pegangan siswa untuk berbagai mata pelajaran, bisa ditemukan istilah Peta Konsep yang berupaya menggambarkan hubungan antar pokok bahasan dalam buku tersebut.

Tetapi seringkali peta tersebut tidak menyerupai Peta Konsep yang sebenarnya. Misalnya contoh Peta Konsep dari buku Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu untuk SMP/MTs kelas VIII yang diunduh dari web kementrian ini: Peta ini tidak bisa disebut sebagai peta konsep ( Concept Map), karena penjelasan hubungan antar konsepnya tidak lengkap, dan tidak ada pertanyaan utama yang membatasi mind map adalah istilah asing untuk menyebut.

Konsep yang dipasang pada bagian hulu peta ini, terdiri dari beberapa konsep yang tidak diuraikan terlebih dahulu. Lalu gambar apa sebenarnya yang dimaksud oleh buku tersebut di atas? Apa sebenarnya Peta Konsep? Secara umum, konsep adalah abstraksi pemahaman terhadap sesuatu, bisa berbentuk "Obyek" atau "Peristiwa". Semakin umum sebuah konsep, maka pemahamannya bisa semakin umum pula, dan perbedaan akan muncul dari spesifikasi tertentu.

Misalnya, kata "Mobil" adalah konsep umum untuk kendaraan yang menggunakan mesin, dan memiliki roda lebih dari dua. Bus dan Sedan, keduanya adalah mobil, meskipun memiliki perbedaan jumlah roda, keduanya sama-sama memiliki lebih dari dua roda. Sedangkan Peta Konsep, dijelaskan penemunya - Novak pada tahun 1985 - sebagai " Graphical tools for organizing and representing knowledge. They include concepts, usually enclosed in circles or boxes of some type, and relationships between concepts indicated by a connecting line linking two concepts.

Words on the line, referred to as linking words or linking phrases, specify the relationship between the two concepts." - Novak (2005). Jika kita terjemahkan secara bebas, maka Peta Konsep adalah piranti visual untuk mengorganisir dan merepresentasikan pengetahuan. Di dalamnya terdapat konsep-konsep, yang dihubungkan dengan kata/kata-kata penghubung yang jelas. Dua konsep hanya bisa dihubungkan oleh satu kata/kata-kata penghubung.

Susunan hubungan antar konsep bisa disusun berdasarkan yang umum, hingga yang khusus secara hirarkis. Peta konsep digunakan untuk menyatakan hubungan yang bermakna antar konsep-konsep yang terbentuk menjadi proposisi. Seseorang hanya bisa mengembangkan Peta Konsep jika pemahaman terhadap konsep-konsep yang akan dipetakan sudah benar. Pemahaman yang kurang tepat mengenai sebuah konsep, akan menyebabkan peta yang tidak logis, sehingga sulit dipahami.

Proposisi yang muncul menjadi tidak jelas, sehingga Ia harus bisa memahami konsep yang umum, dan yang kurang umum, untuk bisa membuat struktur pengetahuan yang jelas. Peta Pikiran (Mind Map™) adalah peta yang dikembangkan oleh Tony Buzan. Peta Pikiran lebih bersifat individu, dan tidak memiliki kaitan yang ketat di antara hubungan antar elemennya.

Si pembuat peta boleh menggunakan kategori sesuai yang diinginkan, dan membuat hubungan yang hirarkis sesuai kategori yang sama. Gambar yang diambil dari buku di atas, lebih mirip dengan Peta Pikiran daripada Peta Konsep. Mengapa Peta Konsep Penting? Peta konsep sebenarnya secara alamiah dikembangkan oleh anak ketika mempelajari tentang dunia barunya. Ia membuat generalisasi, mengembangkan konsep tentang suatu peristiwa atau obyek, berdasarkan pengalamannya.

Misalnya, ketika mendengar mobil datang dan suara derunya, anak-anak menyebut mobil dengan nama "Bumbum". Ketika suara tersebut diikuti dengan Ayah yang pulang kerja, ia mengembangkan konsepnya. Konsep "Bumbum", kini artinya adalah mobil datang, dan Ayah pulang. Jika tamu datang dengan suara deru mobil yang sama, ia tetap akan menunggu kedatangan si Ayah.

Ketika muncul anomali, ia akan memperbaiki konsepnya. Dan seterusnya. Sekolah, atau pendidikan dasar pada umumnya, harus memperkenalkan konsep-konsep dasar dari setiap pengetahuan yang diberikan. Konsep-konsep dasar ini relatif sudah ada sebelumnya, karena ilmu pengetahuan yang mendasar bisa dikatakan telah selesai ditemukan oleh para pemikir sejak dulu.

Konsep-konsep tersebut sudah menjadi teori yang tertulis atau terdokumentasikan dalam buku-buku atau literatur yang relevan. Guru atau pendidik harus membedakan mana obyek dan peristiwa dari suatu konsep, juga membedakan obyek atau peristiwa yang lebih detil sebagai turunan konsepnya. Dengan mengenal konsep, peserta belajar akan mudah mengenali variasi detil dari konsep tersebut, sehingga memudahkannya mengkategorisasi pengetahuan.

Ia tidak perlu menghafalkan, cukup dengan memahami konsep di belakang pengetahuan tersebut. Contoh Peta Konsep di atas, yang diambil dari buku Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu, cukup berbahaya karena petanya tidak sesuai dengan struktur Peta Konsep. Kondisi Fisik Wilayah Indonesia dan Penduduk, adalah dua konsep yang berbeda, dan tidak bisa disatukan sebagai awal pemetaan konsep. Pertanyaan utama untuk peta ini juga tidak jelas, sehingga tidak ada pembatasan konteks dalam peta tersebut.

Anda dapat mencoba membuat Peta Konsep sendiri dengan bantuan piranti lunak gratis dari situs http://cmap.ihmc.us. Pendidikan alternatif, tempat mencari metode dan cara baru bagi pendidikan anak-anak masa kini yang malah semakin tidak jelas.

Paradigma pendidikan di sekolah kian hari kian banyak titipan, membuatnya gemuk tapi tak berotot. Karenanya perlu terus mengembangkan gagasan perbaikan pendidikan, sebagai 'alternatif'.
• #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Mind mapping atau pemetaan pikiran adalah suatu metode pencatatan secara terstruktur guna memaksimalkan potensi pikiran manusia, dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara optimal.

Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Ia merupakan seorang ahli pengembangan potensi manusia asal Inggris. Kini, mind mapping dapat digunakan oleh berbagai kalangan untuk macam-macam kepentingan.

Misalnya, untuk mengenal diri sendiri, mencatat tujuan, meringkas materi pembelajaran, membuat usaha dan masih banyak lainnya. Dengan membuat mind mapping dari suatu hal, maka kita akan lebih memahami berbagai informasi secara lebih terperinci, menjadi lebih teliti, serta lebih kreatif dan produktif.

Kita dapat memulai membuat mind mapping dengan usul dari Tony Buzan: • Mulai dari tengah dengan gambar Tema, gunakan minimal 3 warna. • Gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi diseluruh mind mapping yang dibuat. • Pilih kata kunci dan tulis dengan huruf besar atau kecil.

• Tiap kata/gambar harus sendiri dan mempunyai garis sendiri. • Garis-garis itu saling dikaitkan, mulai dari tengah yaitu gambar Tema Utama. Garis bagian tengah tebal, organis, dan mengalir dari pusat keluar, menjulur seperti akar, atau pancaran cahaya. • Buat garis sama panjangnya dengan gambar/kata. • Gunakan warna – kode rahasia sendiri di mind mapping yang dibuat. • Kembangkan gaya penuturan, penekanan tertentu, dan penampilan khas di mind mapping yang dibuat. Jadi mind mapping setiap orang tidak harus sama, meskipun tema yang dibahas sama.

• Gunakan kaidah asosiasi di mind mapping yang dibuat. • Biarkan mind mapping itu jelas, menggunakan hierarki yang runtut, urutan yang jelas dengan jangkauan sampai ke cabang-cabang paling ujung. Nah, sekarang kita mulai buat yuk! Berikut ini Popmama.com akan menyuguhkan 10 contoh mind mapping bahasa indonesia mind map adalah istilah asing untuk menyebut inspirasi kamu.

Simak, yuk! Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani Mind mapping ini berguna untuk mengenal diri kita sendiri lebih jauh. Kita akan mengetahui apa saja potensi yang kita miliki dan ke mana kita akan mengarahkan potensi tersebut. Misalnya, dengan membuat mind mapping kita jadi tahu memiliki bakat menggambar, lalu dari bakap tersebut kita membuka usaha gambar atau lukisan. Selain itu, bisa jadi dengan membuat mind map kita akan mengetahui apa yang kita sukai dan tidak sukai.

Dengan begitu, kita dapat menjauhi hal yang tak kita sukai agar tak membuat mood kita jelek. Sebaliknya, jika kita merasa sedih, kita tak usah bingung dan langsung lakukan hal yang kita sukai. Tak hanya dua hal tersebut, kamu masih bisa mengenal diri kamu lebih jauh lho dari sebuah mind map. Cantumkan segala hal yang kamu mau tentang dirimu. Devi Ari Rahmadhani/Popmama.com Untuk mencapai cita-cita yang besar, kita perlu kerja keras dan melakukan usaha-usaha kecil, termasuk dalam bidang pendidikan.

Dengan membuat mind mapping kita akan tahu apa saja usaha kecil yang harus kita lakukan dengan disiplin agar mimpi besar yang didambakan tercapai. Kamu dapat memasukkan sekolah tujuanmu, kursus yang ingin kamu jalani, waktu bermain dan relaksasi, serta hal lain yang menunjang dirimu mencapai cita-cita yang diharapkan. Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani Selain memiliki cita-cita yang besar di masa depan, pasti kita juga memiliki harapan-harapan kecil yang harus dicapai setiap tahunnya.

Misalnya, tentang liburan impian, tabungan yang harus dicapai dan lainnya. Dengan menentukan harapan tahunan, kita menjadi lebih disiplin untuk menjalani hidup. Mind mapping ini seperti panduan aktivitas harian. dimensibahasainggris.com Tak hanya mengatur kegiatan dan kehidupan kita saja, mind mapping dapat membantu kita merangkum materi dan mempermudah proses pembelajaran.

Salah satu pelajaran yang dapat dibuat mind mapping adalah Bahasa Inggris. Dengan mind mapping, kita bisa belajar menambah vocabularry mind map adalah istilah asing untuk menyebut belajar grammar lho!

Untuk vocabbularry, kita bisa memulainya dengan topik di tengah kertas. Misalnya ditengah kertas kita buat animal, lalu buat lah cabang nama-nama hewan dengan Bahasa Inggris. Kemudian untuk grammer, kita bisa membuat satu grammer satu mind map. Selamat mencoba! Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani Seperti yang kita ketahui, ada banyak hewan di dunia ini dan mereka memiliki tempat hidup yang berbeda-beda.

Maka dari itu, mereka pun memiliki cara bernafas yang berbeda. Untuk mempermudah menghafalnya, coba kita buat mind mapping hewan sesuai cara bernafasnya yuk!

Kita buat tulisan di tengah cara hewan bernafas, kemudian kita buat akar untuk membagi jenis-jenis cara mereka bernafas (menggunakan paru-paru, insang ataupun keduanya). Selanjutnya buat akar lagi dan sebutkan ciri-ciri hewan yang bernafas dengan paru-paru, insang, ataupun keduanya. Terakhir, buatah akar untuk menyebutkan contoh hewannya.

Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani Materi pembelajaran sejarah sangatlah banyak. Mulai dari tanggal penting, tempat bersejarah, hingga tokoh semuanya harus dipahami. Untuk mempermudah, kita bisa memahami materi sejarang dengan membuat mind mapping lho.

Misalnya, kita membuat mind mapping tentang Pancasila. Cantumkan tokoh perumus Pancasila, hari disahkannya Pancasila, tempat disahkan Pancasila, hingga tokoh yang mengesahkan Pancasila. Jika kamu ingin membuat topik lainnya, hal yang penting untuk tercantum dalam mind mapping adalah nama tokoh, tanggal dan bulan kejadian, tempat kejadian, dan nama peristiwa.

ukulele.co.nz Kamu ingin memulai bisnis? Tapi takut gagal? Coba kita buat mind mapping yuk! Dengan bantuan mind mapping kita akan mengetahui perencanaan dan pengelolaan keuangan kita, kita tentukan strategy, buat timeline, perhatikan SWOT dan lainnya. Hal-hal tersebut dapat membantu kita membuat bisnis dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. info.populix.co Setelah mengetahui hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, kini langsung realisasikan buat brand kamu sendiri.

Dalam membuat logo, kita harus memperhatikan warna, font dan ikon yang akan kita gunakan. Ketiga hal tersebut harus khas dan benar-benar menggambarkan produk kita. Supaya, dalam sekali baca, orang lain langsung mengetahui apa produk yang kita jual. Nah itu lah mind map adalah istilah asing untuk menyebut macam contoh mind mapping yang biasa digunakan untuk membantu kehidupan kita sehari-hari.

Semoga, mind map adalah istilah asing untuk menyebut adanya mind mapping segala tujuan tika tercapai ya! Baca juga: • Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitatnya, Terestris dan Akuatik • Mengenali Hewan Keledai yang Mirip Kuda dan Zebra, Materi Kelas 3 SD • 8 Bahasa Cinta yang Ingin Anak Dengar dari Sang Mama

How to Mind Map with Tony Buzan




2022 www.videocon.com