Amalgamasi adalah

amalgamasi adalah

tirto.id - Manusia diciptakan dengan suku, etnis, serta kebudayaan yang berbeda. Amalgamasi adalah tersebut akhirnya membuat keanekaragaman dalam masyarakat. Terjadinya interaksi antar masyarakat heterogen serta sikap terbuka masyarakat dengan kebudayaan luar dapat memunculkan amalgamasi.

Mengutip dari e-Modul Sosiologi kelas XII, Amalgamasi merupakan pembauran biologis antara dua ataupun lebih ras manusia yang memiliki perbedaan ciri fisik sehingga menjadi satu rumpun. Amalgamasi biasa terjadi pada masyarakat yang telah terintegrasi. Secara garis besar, amalgamasi merupakan perkawinan beda kebudayaan atau campuran. Istilah amalgamasi dapat mengacu pada antar pembiakan, yang memiliki perbedaan putih ataupun etnis non putih.

Istilah perkawinan antar suku atau bangsa yang dimaksudkan adalah antar pembiakan khusus untuk amalgamasi adalah putih dan kulit non putih, terutama Afrika-Amerika. Menurut Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry dalam Amalgamasi adalah Ilmiah Populer yang dikutip dari Digilib UIN Sunan Kalijaga, menyampaikan bahwa amalgamasi merupakan percampuran. Infografik SC Amalgamasi.

tirto.id/Sabit Sementara dalam buku Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan oleh J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, amalgamasi merupakan proses sosial yang meleburkan kelompok budaya yang berada pada bilayah yang sama menjadi satu, hingga pada akhirnya akan menimbulkan sesuatu yang baru tanpa meninggalkan budaya dasar dari masing-masing kelompok yang berbeda tersebut.

Tidak terjadi begitu saja, terdapat proses yang terjadi hingga amalgamasi terjadi di masyarakat. Berikut adalah proses dalam masyarakat yang akan menimbulkan amalgamasi. β€’ Terdapat perbedaan atar kelompok manusia yang hidup pada suatu waktu serta amalgamasi adalah yang sama β€’ Interaksi yang intensif antar masyarakat dalam waktu yang cukup lama β€’ Adanya sikap menyesuaikan kebudayaan, sehingga terjadi proses saling penyesuaian kebudayaan antar kelompok tersebut.

Contoh dari amalgamasi salah satunya adalah yang terjadi antara orang Eropa dengan Indian Amerika, sehingga terjadi percampuran ras Kaukasoid dan Indian yang dikenal dengan nama Mestizo. Sementara itu, di Indonesia terdapat istilah β€œorang Indo” yang merupakan proses perkawinan orang Indonesia dengan orang luar negeri. Amalgamasi dapat meleburkan pertentangan yang terjadi pada masyarakat karena amalgamasi adalah antar suku ataupun ras. Selain itu, amalgamasi juga akan mempengaruhi ciri fisik pada masyarakat suatu ras tertentu.

Adalah.Co.Id – Amalgamasi adalah istilah dalam ilmu sosiologi yang berarti proses sosial yang menyatukan kelompok budaya lain sehingga sesuatu yang baru muncul tetapi tidak meninggalkan budaya dasarnya. Amalgamasi sering digunakan untuk pernikahan antar etnis, tetapi tidak jarang Amalgamasi digunakan sebagai bagian dari dua perusahaan menjadi amalgamasi adalah.

Istilah sosiologis sering digunakan untuk lebih mudah menunjukkan atau amalgamasi adalah sesuatu. Salah satunya adalah istilah amalgamasi. Istilah ini menggambarkan proses sosial di mana kelompok budaya yang ada di wilayah yang sama disatukan sehingga sesuatu yang baru dibuat yang tidak meninggalkan budaya dasarnya. Daftar Isi : β€’ Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli β€’ 1.

Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto β€’ 2. Partanto dan M. Dahlan β€’ Sejarah Singkat Amalgamasi β€’ Jenis-jenis Amalgamasi β€’ 1. Amalgamasi Pernikahan β€’ 2. Amalgamasi Emas β€’ 3. Amalgamasi BPJS β€’ Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi β€’ 1. Dampak Positif Amalgamasi β€’ 2. Dampak Negatif Amalgamasi β€’ Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi β€’ Dampak Amalgamasi Bagi Suatu Negara β€’ Contoh Amalgamasi β€’ 1.

Pernikahan Antara Etnis Jawa dan Sunda β€’ 2. Pernikahan Antara Negro dengan Berkulit Putih β€’ 3. Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Asing β€’ 4.

Pernikahan Beda Amalgamasi adalah β€’ Share this: β€’ Related posts: Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli Tidak banyak para ahli yang memberikan informasi lebih amalgamasi adalah tentang Amalgamasi ini, antara lain sebagai berikut: 1.

Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto Dalam buku mereka, Narwoko dan Suyanto hanya mengartikan bahwa Amalgamasi adalah kondisi untuk interaksi sosial yang dapat menjadi solusi untuk mengurangi kontroversi dan perselisihan yang terjadi pada sekelompok komunitas.

2. Partanto dan M. Dahlan Memahami Amalgamasi itu mudah bagi mereka, Amalgamasi adalah proses pencampuran. Menurut para ahli, kita dapat mengambil kesimpulan dari dua gagasan Amalgamasi sebelumnya bahwa Amalgamasi adalah proses sosial yang menggambarkan atau menjelaskan keberadaan campuran antara budaya yang berbeda, misalnya melalui pernikahan antaretnis.

Dominasi budaya adalah kepentingan yang diperoleh dalam serikat pekerja. Sejarah Singkat Amalgamasi Munculnya Amalgamasi sekitar tahun 1967 karena perbedaan antara dua kubu, yaitu antara kubu kulit berwarna hitam dan putih. Munculnya Amalgamasi juga ironis dengan peraturan hukum tentang pernikahan di Amerika pada amalgamasi adalah bagiannya. Sementara istilah Amalgamasi digunakan di Inggris sekitar abad ke-20. Namun, dewasa ini hal itu jarang terjadi dalam kehidupan.

Bahkan, ada banyak asosiasi, khususnya di bidang pernikahan. Misalnya, apa yang terjadi atau apa yang dilakukan oleh selebriti di Indonesia. Oleh karena itu, kelahiran Amalgamasi ini disebabkan oleh perbedaan warna kulit, kualitas, dll. Jenis-jenis Amalgamasi Amalgamasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, Berikut adalah jenis-jenis amalgamasi: 1. Amalgamasi Pernikahan Banyak yang menyamakan amalgamasi dengan asimilasi, yaitu penggabungan dua kelompok etnis yang berbeda dan integrasi dua interaksi budaya yang berbeda menjadi satu melalui struktur perkawinan, yang disebut amalgamasi perkawinan.

2. Amalgamasi Emas Amalgamasi emas dapat diartikan sebagai pemrosesan pengolahan emas tradisional yang menggunakan merkuri untuk mengekstraksi emas dari batu. Penggabungan emas masih amalgamasi adalah oleh beberapa tambang tradisional karena metode peleburan emas sangat sederhana dan biayanya juga murah dan tidak memerlukan peralatan modern atau teknologi mahal.

Namun, dampak lingkungan tidak positif karena penggunaan merkuri. Proses peleburan biasanya mencampurkan bijih emas dengan merkuri. Proses pencampuran ini memfasilitasi ekstraksi emas dalam biji-bijian besar. 3. Amalgamasi BPJS Istilah amalgamasi BPJS yaitu untuk menggabungkan keanggotaan BPJS menjadi satu. Ini biasanya karena para peserta masuk dan keluar dari perusahaan yang berbeda, sehingga masing-masing perusahaan memberikan kartu keanggotaan.

Untuk menyederhanakan proses pembayaran JHT dengan nilai nominal dari perusahaan sebelumnya, proses amalgamasi BPJS harus dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi Amalgamasi juga memiliki dampak negatif amalgamasi adalah dampak positif, Berikut adalah penjelasanya. 1. Dampak Positif Amalgamasi Amalgamasi adalah penggabungan perkawinan antara dua budaya yang berbeda dan akan sering menimbulkan kekhawatiran dalam kelompok sosial mana pun.

Namun pada kenyataannya, ada banyak dampak positif yang dapat dicapai dengan amalgamasi ini. β€’ Munculnya Budaya Baru Dampak paling jelas dari Amalgamasi adalah munculnya budaya baru. Ketika dua orang dari budaya yang berbeda menikah, mereka mewarisi budaya generasi berikutnya atau anak-anak mereka dari satu sama lain.

Perkawinan memudahkan dua amalgamasi adalah etnis dengan budaya yang berbeda untuk memperkenalkan setiap budaya yang mereka miliki melalui pengasuhan. Dengan orang tua yang berbeda, orang tua akan setuju untuk melamar anak-anak mereka, jadi ada gabungan orang tua yang melahirkan generasi dengan budaya yang berbeda.

β€’ Pertukaran Pengalaman Perbedaan budaya akan menjadi hal menarik yang akan dibahas pasangan setelah pernikahan. Berdasarkan bagaimana kehidupan mereka dijalani, pendidikan, kepercayaan dan hal-hal lain yang jelas mengarah pada pengalaman hidup yang berbeda. Ketika Anda berbicara tentang pengalaman masa lalu yang Anda miliki, Anda akan menemukan sesuatu yang baru yang lebih mirip penggabungan dua budaya.

β€’ Menghasilkan Generasi Baru Perkawinan antara dua kelompok etnis akan menelurkan generasi baru yang berbeda dari orang tua mereka. Baik secara budaya maupun genetik. Misalnya, jika orang Indonesia bertubuh kecil menikahi orang asing yang besar, ia akan memiliki keturunan dengan postur yang lebih tinggi dan wajah yang agak putih. 2. Dampak Negatif Amalgamasi Selain berbagai dampak positif yang mungkin dimiliki Amalgamasi, Amalgamasi ini juga terkait erat dengan dampak negatif. β€’ Pudarnya Nilai Budaya Asli Perpaduan atau penggabungan dua budaya akan menyebabkan lahirnya budaya baru.

Budaya baru ini tidak selalu baik dan kadang-kadang dapat menyebabkan hilangnya budaya asli. β€’ Munculnya Suatu Konflik Konflik seringkali tidak terhindarkan. Dalam suatu malgamasi, kemungkinan konflik umumnya disebabkan oleh dominasi yang berlebihan dari pemilik budaya.

Doktrin budaya yang dimilikinya akan membuat pasangan merasa perlu untuk melestarikan budaya yang mereka miliki dan bawa sejak lahir. Kondisi seperti ini dapat menjadi lebih jelas dan menyebabkan konflik. β€’ Distribusi Populasi Penduduk yang Tidak Teratur Para penulis Amalgamasi kadang-kadang cenderung mencari orang di daerahnya untuk pernikahan campuran dengan pasangan etnisnya. Keinginan untuk melanjutkan dinasti semacam itu cenderung meningkatkan risiko distribusi penduduk yang tidak teratur.

Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi Amalgamasi tidak memiliki dampak yang sepenuhnya positif, tetapi ada juga efek negatifnya. Terutama dalam pernikahan normal ada perbedaan budaya yang kontroversial karena mereka tidak mengerti setiap budaya.

Untuk menghindari konflik antara dua kelompok etnis yang berbeda, setiap suku harus memahami perbedaan sebelum menikah sehingga mereka dapat mengenali nilai-nilai toleransi antara budaya dan budaya yang berbeda dalam komitmen mereka terhadap persatuan melalui pernikahan.

Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang menikah karena perbedaan kulit dan agama. Sementara peleburan tidak lagi digunakan untuk pengolahan emas jenis ini, dampak lingkungannya memiliki dampak negatif yang tidak baik. Merger BPJS menarik karena merger dapat menghabiskan aset pensiun secara maksimal, terutama jika beberapa perusahaan telah pindah beberapa kali.

amalgamasi adalah

Ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penggabungan. Amalgamasi adalah istilah yang terkenal tidak hanya di bidang sosial, tetapi juga di bidang keuangan, terutama bagi para anggota di BPJS.

Dampak Amalgamasi Bagi Suatu Negara Amalgamasi juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah karakteristik uang yang pudar atau nilai-nilai budaya asli, karena telah bercampur dengan budaya lain yang telah diterima oleh generasi berikutnya. Selain itu, perbedaan dalam sifat penulis asosiasi dengan bidang budaya juga dapat menyebabkan perselisihan atau konflik. Konflik dapat timbul antara aktor merger, antara keluarga penulis dan antara individu dan keluarga amalgamasi adalah satu atau kedua belah pihak.

Konflik juga dapat muncul karena berbagai amalgamasi adalah yang dapat dicapai atau diperangi oleh dua budaya campuran. Konflik akan terus muncul jika masih ada keegoisan budaya yang dipertahankan tanpa berusaha menerima atau memahami budaya lain.

Contoh Amalgamasi 1. Pernikahan Antara Etnis Jawa dan Sunda Meskipun etnis Jawa dan sunda keduanya berasal dari pulau Jawa, perkawinan antara dua kelompok etnis, jika terjadi akan menciptakan generasi baru dengan budaya dan perilaku. Kelompok etnis Jawa dan sunda masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, misalnya keuletan dan kemahiran orang Jawa yang lebih tinggi daripada sunda, tetapi dalam hal warna wajah dan kulit, sunda lebih terkenal karena putih, cantik, dan muda.

dibandingkan dengan orang Jawa. Jadi ketika kedua etnis ini bersatu dalam pernikahan kemungkinan untuk melahirkan generasi baru yang memiliki wajah menawan dan berperilaku konsisten di lembah yang halus dan tangguh.

Mungkin bahkan generasi baru dapat logat dengan aksen Sunda tetapi bahasa Jawa dan sebaliknya. 2. Pernikahan Antara Negro dengan Berkulit Putih Contoh Amalgamasi yang paling mudah dipahami dan paling umum adalah perkawinan orang negro atau kulit hitam dengan kulit putih. Ini khususnya terlihat di Amerika Serikat, di mana Amerika Serikat adalah rumah bagi orang kulit putih, tetapi banyak orang kulit hitam tumbuh dan berkembang ketika mereka berkembang di amerika.

Karena perkawinan antara dua kelompok etnis hitam dan putih, menciptakan generasi dan budaya baru di masyarakat sekitar. Budaya baru yang muncul sebagai model perilaku dan kebiasaan sehari-hari yang dihasilkan dari penyatuan dua kelompok etnis yang berbeda.

Meningkatnya toleransi timbal balik dan berkurangnya diskriminasi karena kesatuan etnis yang diterima, gaya bicara dan pakaian, serta banyak budaya atau kebiasaan lain yang mungkin timbul sebagai hasil dari proses Amalgamasi.

3. Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Asing Beberapa orang Indonesia menikah dengan orang asing atau orang-orang yang datang dari luar negeri, baik dari Barat maupun dari Timur dan dari Asia. Misalnya, seperti orang Indonesia yang menikah dengan orang Korea dan Amerika. Perpaduan budaya yang menghasilkan Indonesia dan negara lain pasti akan menciptakan generasi dan budaya baru.

Seperti perkawinan campuran lainnya, budaya baru amalgamasi adalah berasal dari dua orang dengan latar belakang budaya nasional yang berbeda dapat mencakup aspek bahasa, pola perilaku, gaya hidup, gaya bahasa, dll. Itu juga tergantung pada bagaimana orangtua bereaksi bersama dan mengajarkan budaya mereka untuk mencapai minat dan tujuan bersama, yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan generasi baru yang lebih baik.

4. Pernikahan Beda Agama Keragaman agama di masyarakat juga memungkinkan pernikahan lintas agama. Setiap agama yang ada harus memiliki budaya sendiri, seperti budaya Islam yang harus terjadi pada pernikahan di Slametan dan budaya agama Hindu atau Budha dengan proses penyembahannya.

Perkawinan yang biasanya terjadi didasarkan pada kesepakatan bersama tanpa merugikan para pihak. Meskipun pernikahan lintas agama jarang terjadi, ini tidak mengecualikan kemungkinan lingkungan komunitas di sekitar kita. Karena dua budaya agama yang berbeda juga akan menghasilkan generasi baru dan budaya baru juga. Sekian artikel tentang Amalgamasi ini amalgamasi adalah bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>> β€’ Fosil Adalah β€’ Softball Adalah β€’ Realisme Adalah Related posts: β€’ Termometer Adalah β€’ Senam Irama Adalah β€’ Typography Adalah Posted in Pendidikan Tagged Amalgamasi, Amalgamasi adalah, Amalgamasi BPJS, Amalgamasi Emas, Amalgamasi Pernikahan, Contoh Amalgamasi, Dampak Amalgamasi Bagi Suatu Negara, Dampak Negatif Amalgamasi, Dampak Positif Amalgamasi, Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi, Distribusi Populasi Penduduk yang Tidak Teratur, Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, Jenis-jenis Amalgamasi, Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi, Menghasilkan Generasi Baru, Munculnya Budaya Baru, Munculnya Suatu Konflik, Partanto dan M.

Dahlan, Pengertian Amalgamasi, Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli, Pernikahan Antara Etnis Jawa dan Sunda, Pernikahan Antara Negro dengan Berkulit Putih, Pernikahan Beda Agama, Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Asing, Pertukaran Pengalaman, Pudarnya Nilai Budaya Asli, Sejarah Singkat Amalgamasi Post navigation Artikel Terbaru β€’ Ensefalopati Adalah β€’ Ekonomi Makro Adalah β€’ Miconazole Adalah β€’ Hidroponik Adalah β€’ Termometer Adalah β€’ Senam Irama Adalah β€’ Typography Adalah β€’ Teks Eksplanasi Adalah β€’ Combivent Adalah β€’ Antalgin Adalah β€’ Pelanggan Adalah β€’ Gutasi Adalah β€’ Epidermis Adalah β€’ Tunjangan Adalah β€’ Teller Adalah
Daftar isi β€’ Pengertian Amalgamasi β€’ Jenis Amalgamasi β€’ Amalgamasi Pernikahan β€’ Amalgamasi Emas β€’ Amalgamasi BPJS β€’ Contoh Terjadinya Amalgamasi β€’ Dampak Terjadinya Amalgamasi β€’ Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi Tidak bisa dielakkan lagi, bahwa Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan keanekaragaman budaya serta adat istiadatnya.

Bahkan di setiap wilayahnya pasti memiliki kebudayaan serta adat istiadat yang berbeda beda. Maka, tak jarang apabila setiap masanya berbagai kebudayaan dan adat istiadat terus berkembang menjadi beberapa kebudayaan baru. Terbentuknya berbagai kebudayaan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah dipengaruhi oleh adanya proses amalgamasi.

Amalgamasi ini seringkali disamaartikan dengan proses asimilasi. Hal tersebut karena, keduanya sangat erat kaitannya dengan proses perpaduan budaya. Lalu, apa sih sebenarnya amalgamasi itu? Berikut merupakan pemaparan mendetail mengenai amalgamasi.

Pengertian Amalgamasi Secara umum, amalgamasi bisa diartikan sebagai suatu proses perpaduan budaya yang mencampurkan antara dua budaya dan adat istiadat yang berbeda. Bahkan, perpaduan dari kedua budaya ini bisa berpotensi untuk menghasilkan suatu kebudayaan yang baru. Namun, tetap unsur dan bagian kebudayaannya tidak akan jauh jauh dari kebudayaan asalnya.

Amalgamasi adalah amalgamasi ini sendiri paling sering terjadi melalui pernikahan. Tidak bisa dipungkiri, terkadang kedua individu yang memutuskan untuk menikah ini memiliki perbedaan budaya serta adat istiadat yang sangatlah mencolok. Namun,untuk bisa menyatukan keduanya harus bisa diambil suatu jalan tengah. Yang mana berhubungan dengan perpaduan kebudayaan tersebut. Perpaduan kebudayaan yang terjadi bisa berakhir dengan baik ataupun berakhir dengan konflik. Apabila dalam prosesnya, tidak terjadi berbagai pertentangan dan perbedaan argumen maka bisa dipastikan bahwa proses amalgamasi amalgamasi adalah terjadi bisa meredam adanya berbagai konflik yang terjadi.

Namun, apabila yang terjadi sebaliknya, proses perpaduan kebudayaan tersebut akan berdampak pada terjadinya konflik yang berkepanjangan. Jenis Amalgamasi Adapun beberapa jenis dari proses amalgamasi yang terjadi. Amalgamasi Pernikahan Dengan berbagai kebudayaan yang ada, tidak bisa dipungkiri bahwa proses amalgamasi bisa terjadi karena adanya proses amalgamasi adalah. Tidak jarang, proses pernikahan yang seringkali terjadi memadupadankan dua atau lebih kebudayaan dasar yang sudah ada.

Sehingga, terkadang bisa memunculkan suatu kebudayaan yang baru. Yang mana dihasilkan dari perpaduan kebudayaan yang ada. Namun, kebudayaan baru tersebut tidak sama sekali meninggalkan unsur kebudayaan dasar pembentuknya. Walaupun hanya sebagian kecil, unsur unsur kebudayaan dasar masih terkandung di dalamnya. Amalgamasi Emas Amalgamasi emas merupakan suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan mengolah emas yang sudah ditambang dengan menggunakan metode ataupun cara cara yang sifatnya tradisional.

Dalam proses pengolahannya sangat diperlukan peranan dari bahan merkuri untuk bisa menghasilkan ekstraksi emas dari berbagai macam bebatuan yang telah ditambang. Proses pengolahan ini relatif sangat mudah, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena proses pengolahannya sendiri tidak melibatkan sama sekali peranan dari berbagai mesin dan teknologi modern yang ada sekarang ini. Amalgamasi BPJS Proses amalgamasi sangat identik dengan suatu proses penggabungan dari dua hal yang berbeda.

Amalgamasi BPJS ini berkaitan dengan proses penggabungan dua peserta resmi dari BPJS untuk menjadi satu kepemilikan saja.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah berbagai proses yang berkaitan dengan pencairan dana ataupun dana BPJS dari perusahaan asal.

Contoh Terjadinya Amalgamasi Banyak sekali kebudayaan yang berkembang di setiap masanya. Namun, antar satu budaya dengan budaya lainnya seringkali ditemukan beberapa kesamaan namun tidak terlalu signifikan.

Tetapi, apabila ditelaah secara lebih mendetail kebudayaan yang dimaksud masih memiliki kesamaan kandungan dan intisari dengan kebudayaan yang lama. Atas dasar hal inilah, bisa dipastikan proses amalgamasi seringkali terjadi tanpa disadari adanya. Dampak Terjadinya Amalgamasi Adapun dampak amalgamasi adalah serta negative dari proses amalgamasi yang terjadi diantara masyarakat setempat. Dampak Positif Amalgamasi Berikut merupakan dampak positif dari terjadinya amalgamasi.

β€’ Memunculkan Kebudayaan Baru Proses amalgamasi seperti yang kita tahu merupakan proses memadupadankan dua kebudayaan yang berbeda menjadi satu kebudayaan baru. Namun, kebudayaan baru yang dimunculkan sama sekali tidak meninggalkan dasar serta unsur dasar dari kebudayaan pembentuknya.

amalgamasi adalah

Proses seperti inilah yang seringkali berpotensi terjadi saat ada suatu proses pernikahan. β€’ Memunculkan Rasa Kepemilikan Satu Dengan yang Lainnya Dengan berbagai perpaduan kebudayaan yang dihasilkan, masyarakat ataupun individu yang berpegang teguh pada kebudayaan dasar pembentuknya akan memiliki rasa keterkaitan dan saling kepemilikan satu sama lain. Akan timbul kesadaran bahwa semua kebudayaan yang dihasilkan pada dasarnya berawal dari berbagai keyakinan serta pemahaman budaya yang sudah ada amalgamasi adalah sudah diyakini pada diri setiap individu.

Dampak Negatif Amalgamasi Berikut merupakan dampak negatif dari terjadinya proses amalgamasi yang perlu diminimalisir adanya. β€’ Kebudayaan Dasar Perlahan Memudar Dengan terbentuknya kebudayaan baru, tanpa disadari bisa membuat diri setiap individu berpotensi untuk meninggalkan berbagai kebudayaan yang ada sebelumnya.

Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah timbul perasaan lebih cocok dan lebih nyaman dalam mengikuti dan meyakini kebudayaan baru yang muncul. Dibandingkan dengan kebudayaan dasar yang sudah lebih dulu muncul.

β€’ Menimbulkan Berbagai Konflik Apabila proses perpaduan kebudayaan tidak diatasi dengan bijak, tentunya akan berpotensi menimbulkan berbagai kesalahpahaman dan perbedaan pendapat di antara dua kebudayaan yang ada. Dan apabila hal tersebut tidak diatasi dengan baik, akan menimbulkan berbagai konflik dan permasalahan yang berkepanjangan.

Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi Adapun kelebihan serta kekurangan yang timbul dari proses amalgamasi yang terjadi. Kelebihan Amalgamasi Berikut merupakan kelebihan amalgamasi yang bisa ditingkatkan. β€’ Menciptakan berbagai variasi dan keanekaragaman kebudayaan. β€’ Menimbulkan kebudayaan yang lebih sesuai dengan masanya. β€’ Meminimalisir adanya konflik serta permasalahan yang timbul secara horizontal. Kekurangan Amalgamasi Berikut merupakan kekurangan dari amalgamasi.

β€’ Meninggalkan sebagaian unsur budaya yang dirasa tidak sesuai. β€’ Memicu konflik dan perbedaan budaya diantara masyarakat. MENU β€’ Beranda β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Perkotaan β€’ Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Politik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Agama β€’ Kajian Sosiologi β€’ Sosiologi Umum β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi SMA β€’ Tokoh Sosiologi β€’ Globalisasi β€’ Amalgamasi adalah Sosial β€’ Lainnya β€’ Antropologi β€’ Ekonomi β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Sosial β€’ Karya Tulis β€’ Budaya β€’ Contact Us β€’ Disclaimer β€’ Privacy Policy β€’ Pertentangan antara suku bangsa Anglo-Saxon dan Normandia akhirnya mereda karena adanya perkawinan campuran antara anggota kedua arti suku atas bangsa tersebut.

kejadian yang menunjukan fenomena sosial prihal perkawinan campuran tersebutlah sebuah bukti melahirkan proses sosial dan interaksi sosial amalgamasi yang berhasil.

Daftar Isi β€’ Amalgamasi β€’ Pengertian Amalgamasi amalgamasi adalah Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli β€’ Dampak Terjadinya Amalgamasi β€’ Lahirnya Inovasi Budaya β€’ Penekan Konflik β€’ Bertukar Kehidupan β€’ Dominasi Salah Satu Budaya β€’ Persebaran Penduduk Tidak Sebanding β€’ Memudarnya Budaya Asli β€’ Contoh Amalgamasi β€’ Pernikahan campuran β€’ Sebarkan ini: β€’ Posting terkait: Amalgamasi Amalgamasi pada hakekatnya umumnya memiliki kesamaan dengan bentuk asimilasi, karena ada amalgamasi adalah dengan adanya bentuk interaksi sosial antara dua unsur budaya yang berbeda.

Namun, dalam prosesnya amalgamasi juga bisa memicu munculnya beragam contoh konflik sosial, alasannya karena masing-masing sifat kebudayaan yang berbeda ini memiliki suatu kepentingan yang diperjuangkan.

Akan tetapi yang pasti. Latar belakang lahirnya amalgamasi bermula di sekitar tahun 1967an, amalgamasi adalah pembedaan dua kubu, kulit hitam dan putih. Terjadinya pengkotak-kotakkan, bahkan ironisnya keluar peraturan undang-undang perihal larangan perkawinan antar ras di Amerika pada negara bagiannya. Sedangkan di Inggris istilah amalgamasi digunakan sekitar abad ke-20.

Pengertian Amalgamasi Amalgamasi adalah bagian dari contoh fenomena sosial yang terjadi dengan meleburkan dua kelompok budaya menjadi menyatu sehingga melahirkan sesuatu atau budaya yang baru, sehingga realitas sosial ini akan melenyapkan konflik atau permasalahan-permasalahan yang ada dalam kelompok.

Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli Adapun untuk definisi amalgamasi menurut para ahli. Antara lain; β€’ Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, Arti Amalgamasi merupakan syarat interaksi sosial yang bisa menjadi sebagai solusi untuk meredam pertentangan serta perselisihan yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat. β€’ Partanto dan M. Dahlan, Pengertian amalgamasi secara sederhananya bagi mereka, bahwa amalgamasi adalah peroses pencampuran.

β€’ Keesing (1981), Amalgamasi amalgamasi adalah bagian daripada struktur kehidupan dalam membentuk kelompok sosial yang bergerombol dalam mempertahakan kehidupan yang dijalani Dampak Terjadinya Amalgamasi Dampak Amalgamasi Amalgamasi juga memiliki dampak dari kemunculannya antara lain; β€’ Positif Dampak postif yang didapatkan dari amalgamasi, antara lain; β€’ Lahirnya Inovasi Budaya Munculnya arti inovasi budaya ini lahir bisa saja lewat amalgamasi pernikahan campuran antar ras atau etnik yang kemudian hal ini melahirkan keturunan atau generasi dan budaya baru sebab adanya percampuran ras dan budaya yang berbeda jadi satu.

β€’ Penekan Konflik Konflik sosial yang rentan muncul dalam kehidupan masyarakat ternyata ini bisa ditekan lewat amalgamasi. Oleh karena alasan itulah amalgamasi sebagai solusi upaya menekan beragam konflik yang muncul di suatu lingkungan masyarakat melalui percampuran atau pembauran dua budaya yang berbeda itu. β€’ Bertukar Kehidupan Setiap etnis tentu mempunyai kehidupan yang berbeda antar satu dengan yang lainnya, baik dalam segi kehidupan, kepercayaan, adat istiadat, dan lain sebagainya yang menciptakan pengalaman berbeda juga.

Adanya pernikahan campuran tentu menghasilkan semacam penggabungan atau pertukaran. β€’ Negatif Dampak negatif dari amalgamasi ini, antara lain; β€’ Dominasi Salah Satu Budaya Dalam amalgamasi, tentu ada dampak negatif, yakni dominasi salah amalgamasi adalah budaya.

amalgamasi adalah

Dominasi salah satu budaya dalam amalgamasi ini tentunya akan mengarah pada kemunculan konflik yang disebabkan karena dominasi tersebut. Misalnya saja amalgamasi adalah mendoktrin dengan kebudayaan aslinya amalgamasi adalah muncul nurani menjaga keaslian budayanya. β€’ Persebaran Penduduk Tidak Sebanding Adanya sesuatu yang ingin diteruskan oleh pelaku dalam proses amalgamasi, yakni pelaku terdahulu akan mengusahakan kerabat disekitarnya untuk melakukan percampuran pernikahan persis seperti yang ia lakukan dengan sesama etnis pasangannya.

Kondisi inilah yang pada akhirnya mampu menyebabkan persebaran jumlah penduduk tidak sebanding di antar daerah. β€’ Memudarnya Budaya Asli Dalam pernikahan campuran, pasti akan terpengaruh dengan budaya pasangannya apalagi jika tinggal di daerah pasangan beda etnis dan intens dengan kebudayaan lain tersebut.

Hal ini akan menyebabkan secara bertahap memudarkan ciri budaya aslinya dari salah satu pasangannya. Contoh Amalgamasi Contoh amalgamasi yang paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja; β€’ Pernikahan campuran Adanya proses pernikahan campuran baik secara etnis atau ras, dan kepercayaan. Misalnya saja pernikahan etnis Jawa dengan Sunda yang berada dalam satu pulau Jawa, namun pernikahan antar dua etnis yang berbeda ini akan melahirkan sesuatu yang baru, karena memiliki ciri khas masing-masing dalam kebudayaannya.

Selain antar etnis, pernikahan campuran beda agama atau kepercayaan juga memiliki cara-cara ritual yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dalam proses pernikahan beda kepercayaan inilah, terjadi kesepakatan bersama antar keluarga yang tentunya tanpa merugikan semua pihak. Walaupun ini masih jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan akan melahirkan sesuatu yang baru pula dalam kehidupan sosial.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa amalgamasi merupakan proses sosial yang mendeskripsikan atau menjelaskan adanya percampuran antar kebudayaan yang berbeda, misal terjadi lewat pernikahan antar etnis.

Sehingga perlu di pahami, dalam amalgamasi, dominasi budaya adalah suatu kepentingan yang diperjuangkan. Tetapi yang pasti proses terjadi amalgamasi banyak terjadi, khususnya di dalam ranah perkawinan.

Misalnya saja yang terjadi atau yang telah dilakukan oleh selebritis tanah air Indonesia. Oleh sebab itu, lahirnya amalgamasi ini karena pembedaan warna kulit, derajat, dan lain sebagainya. Prihal ini misalnya, perkawinan suku Bali dengan suku Jawa yang terjadi di antara para artis. Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian amalgamasi menurut para ahli, dampak, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan referensi dan wawasan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Posting terkait: β€’ Pengertian Pergaulan Sehat, Ciri, Faktor, dan 4 Contohnya β€’ 8 Contoh Kelompok Sosial Nyata di Masyarakat β€’ Pengertian Diferensiasi Pekerjaan dan 5 Contohnya Posting pada Budaya, Kajian Sosiologi, Sosiologi Menurut Para Ahli Ditag akibat negatif amalgamasi, amalgamasi, amalgamasi adalah, amalgamasi di Masyarakat, arti amalgamasi, ciri amalgamasi, contoh amalgamasi, dampak amalgamasi adalah, dampak positif amalgamasi, definisi amalgamasi, jenis amalgamasi, latar belakang amalgamasi, makna amalgamasi, materi amalgamasi, pengertian amalgamasi, pengertian amalgamasi menurut para ahli, Prilaku amalgamasi Navigasi pos Kategori β€’ Antropologi β€’ Budaya β€’ Ekonomi β€’ Geografi β€’ Globalisasi β€’ Kajian Sosiologi β€’ Karya Tulis β€’ Kategori Tingkatan β€’ Kehidupan Sehari-Hari β€’ Lainnya β€’ Masyarakat dan Penduduk β€’ Penelitian Sosial β€’ Sejarah β€’ Sosial β€’ Sosiologi β€’ Sosiologi Agama β€’ Sosiologi Hukum β€’ Sosiologi Keluarga β€’ Sosiologi Klasik β€’ Sosiologi Menurut Para Ahli β€’ Sosiologi Pedesaan β€’ Sosiologi Pendidikan β€’ Sosiologi Perguruan Tinggi β€’ Sosiologi Perkotaan β€’ Sosiologi Politik β€’ Amalgamasi adalah SMA β€’ Sosiologi Umum β€’ Teori Sosiologi β€’ Tokoh Sosiologi
Jakarta - Amalgamasi adalahpernikahan antara dua orang yang berbeda suku bangsa.

Seperti misalnya pernikahan yang terjadi antara orang India dengan Indonesia. Dalam konteks sosiologi, amalgamasi merupakan penyatuan biologis antar anggota-anggota kelompok etnis atau ras yang berlainan, sehingga muncul amalgamasi adalah yang baru. Dalam buku Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan amalgamasi adalah Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, amalgamasi merupakan syarat interaksi sosial yang bisa menjadi solusi untuk meredam pertentangan serta perselisihan yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat.

Sementara, dalam buku Kamus Ilmiah Populer karya Partanto dan Dahlan, amalgamasi secara sederhananya adalah proses pencampuran. Dapat dikatakan juga, amalgamasi adalah proses pembauran biologis antara dua kelompok manusia yang masing-masing memiliki ciri fisik berbeda, sehingga keduanya menjadi satu rumpun. Amalgamasi terjadi lewat perkawinan antar ras atau antar suku.

amalgamasi adalah

Bagaimana sejarah amalgamasi? Awal mula istilah amalgamasi lahir bermula di sekitar tahun 1967-an di Amerika, karena perbedaan dua kubu yaitu kulit putih dan non-putih, seperti orang Amerika-Afrika. Hingga 1967, perkawinan antar ras dilarang di banyak negara bagian Amerika Serikat melalui undang-undang anti perkawinan antara suku atau bangsa. Sementara di Inggris, istilah ini digunakan sekitar abad ke-20. Pada dasarnya, ide amalgamasi merupakan satu respon kelompok minoritas terhadap berbagai kondisi masyarakat.

Dulu, amalgamasi hanya bisa terjadi dengan syarat kelompok dominan membenarkan dan membebaskan kelompok minoritas berbuat seperti itu, dan kelompok minoritas mau atau terpaksa amalgamasi adalah. Kedua keadaan ini jarang terjadi serentak. Selain itu, untuk memudahkan amalgamasi, kelompok dominan perlu melepaskan kedudukan istimewanya dalam masyarakat.

Satu hal ini jarang dilakukan secara sukarela oleh kelompok dominan. Oleh sebab amalgamasi adalah, amalgamasi awalnya bukanlah proses yang mudah terjadi. Namun, tidak juga mustahil. Pada intinya, amalgamasi tetap terjadi dalam masyarakat tertentu meskipun derajatnya berbeda-beda.

Di Indonesia, amalgamasi juga telah terjadi sejak lama. Dulu, asimilasi dan amalgamasi sering dijadikan upaya merekatkan hubungan dua kelompok sosial amalgamasi adalah berbeda. Contohnya para raja sering mengawinkan putri mereka dengan pangeran atau raja di kerajaan lain untuk merekatkan hubungan atau menyatukan wilayah. Amalgamasi di Indonesia tak hanya terjadi antar kelompok etnis di nusantara, tetapi juga dengan bangsa lain seperti Cina, India, atau Arab.

Sejak zaman sebelum kolonialisme dan sebelum kemerdekaan, perkawinan amalgamasi adalah ras dan antar suku sudah banyak terjadi. Baca juga: Fiksi Adalah Cerita Khayalan: Ini Definisi, Ciri-Ciri, Unsur, dan Contohnya β€’ Seperti apa dampak terjadinya amalgamasi?

Seperti fenomena sosial lainnya, amalgamasi juga memiliki sejumlah dampak positif maupun negatif. Dampak positif seperti lahirnya inovasi budaya baru, mengurangi konflik karena persatuan, serta pertukaran pengalaman dan kebudayaan yang terdahulu. Sementara, dampak negatifnya yaitu kemungkinan dominasi salah satu budaya sehingga menimbulkan konflik, persebaran penduduk tidak sebanding, dan memudarnya nilai budaya asli. β€’ Apa contoh amalgamasi? Dalam kehidupan, contoh amalgamasi yang paling mudah diobservasi adalah pernikahan campuran, baik amalgamasi adalah etnis atau ras.

Misalnya, wanita Cina menikah dengan pria India, tentu akan melahirkan ciri khas, kebudayaan, dan nilai yang baru.

Contoh amalgamasi lainnya adalah pernikahan antara perempuan Minang dengan pria Sunda, dan sebagainya. Simak Video " Isi Kuliah Subuh, Anies Cerita Upaya Bung Karno Berantas Buta Huruf" [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)
β€’ Aplikasi Finansialku β€’ Panduan Aplikasi β€’ Produk & Fitur β€’ Audiobook β€’ Video Online Course β€’ Kalkulator Keuangan β€’ Harga β€’ Konsultasi β€’ Perencanaan Keuangan β€’ Review Asuransi β€’ Dana Pendidikan β€’ Dana Pensiun β€’ Pajak β€’ Training β€’ In-House Training β€’ UMKM Training β€’ Event β€’ Ebook β€’ Artikel β€’ DAFTAR APPS β€’ β€’ Aplikasi Finansialku β€’ Panduan Aplikasi β€’ Produk & Fitur β€’ Audiobook β€’ Video Online Course amalgamasi adalah Kalkulator Keuangan β€’ Harga β€’ Konsultasi β€’ Perencanaan Keuangan β€’ Review Asuransi β€’ Dana Pendidikan β€’ Dana Pensiun β€’ Pajak β€’ Training β€’ In-House Training β€’ UMKM Training β€’ Event β€’ Ebook β€’ Artikel β€’ DAFTAR APPS β€’ β€’ Aplikasi Finansialku β€’ Panduan Aplikasi β€’ Produk & Fitur β€’ Audiobook β€’ Video Online Course β€’ Kalkulator Keuangan β€’ Harga β€’ Konsultasi β€’ Perencanaan Keuangan β€’ Review Asuransi β€’ Dana Pendidikan β€’ Dana Pensiun β€’ Pajak β€’ Training β€’ In-House Training β€’ UMKM Training β€’ Event β€’ Ebook β€’ Artikel β€’ DAFTAR APPS Definisi amalgamasi adalah proses perkawinan antara etnik atau ras yang berbeda.

Dalam ilmu sosiologi, terdapat banyak istilah-istilah untuk mewakili atau menggambarkan kehidupan masyarakat.

amalgamasi adalah

Salah satunya adalah istilah amalgamasi. Amalgamasi ini mungkin masih terdengar cukup asing bagi banyak orang. Akan tetapi, contoh dari amalgamasi sebenarnya sudah amalgamasi adalah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Daftar Isi β€’ Definisi Amalgamasi Adalah β€’ Contoh Amalgamasi β€’ Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang! β€’ #1 Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda β€’ #2 Pernikahan antara Negro dan Kulit Putih β€’ #3 Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Luar Negeri β€’ #4 Pernikahan Beda Agama β€’ Dampak Positif Amalgamasi β€’ #1 Timbulnya Kebudayaan Baru β€’ #2 Bertukar Pengalaman β€’ #3 Menghasilkan Generasi Baru β€’ Dampak Negatif Amalgamasi β€’ #1 Pudarnya Nilai dan Kultur Budaya Asli β€’ #2 Munculnya Konflik β€’ #3 Persebaran Penduduk yang Tidak Merata β€’ Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula Definisi Amalgamasi Adalah Istilah-istilah dalam sosiologi seringkali digunakan untuk menunjukkan atau menggambarkan suatu hal dengan lebih mudah.

Salah satunya adalah istilah amalgamasi. Istilah ini menggambarkan suatu proses sosial yang meleburkan suatu kelompok budaya yang ada di suatu daerah yang sama sehingga muncul sesuatu yang baru namun tidak meninggalkan budaya dasarnya. Selain itu, amalgamasi juga sering disebut sebagai proses perkawinan antara etnik atau ras yang berbeda. Istilah ini pertama kali digunakan pada abad ke-20 di Amerika Serikat dan kemudian juga digunakan di tempat lain. Ada banyak hal positif yang bisa didapat dengan adanya amalgamasi ini.

Salah satunya adalah mampu meminimalisasi risiko pertikaian antara dua etnis atau ras yang berada dalam satu wilayah. Contoh Amalgamasi Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin telah sering menemukan contoh amalgamasi. Misalnya adalah beberapa hal berikut ini: Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak amalgamasi adalah TK sampai Sarjana, Tanpa Utang ! Silakan download ebook-nya, GRATIS!!! Download Amalgamasi adalah #1 Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda Di masa lalu, etnis Jawa dan etnis Sunda bukanlah dua etnis yang saling akur meskipun sama-sama tinggal di Pulau Jawa.

Dan kemudian, semakin banyak etnis Jawa yang menikahi etnis Sunda dan sebaliknya. Dengan adanya pernikahan ini, secara perlahan-lahan pertikaian antara etnis Jawa dan etnis Sunda semakin terlupakan.

amalgamasi adalah

{INSERTKEYS} [Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku] Di samping itu, pernikahan antara etnis Jawa dan etnis Sunda juga memunculkan tradisi dan karakteristik budaya yang baru.

Misalnya saja, sudah sejak lama etnis Jawa dikenal memiliki karakter yang ulet dan halus. Di sisi lain, etnis Sunda dikenal memiliki paras yang cantik dan putih. Dengan adanya pernikahan antara dua etnis ini, bukan mustahil akan lahir generasi baru yang mewarisi paras cantik dan putih dari etnis Sunda yang memiliki karakter yang ulet dan halus seperti etnis Jawa. #2 Pernikahan antara Negro dan Kulit Putih Pernikahan lain yang terjadi sebagai contoh amalgamasi adalah pernikahan antara negro dan kulit putih.

Pernikahan seperti ini akan banyak Anda temukan di Amerika Serikat yang memiliki banyak populasi negro dan kulit putih di negara tersebut. Dengan adanya pernikahan antara negro dan kulit putih, Amerika Serikat perlahan-lahan mulai menjadi negara yang semakin toleran. [Baca Juga: Uang dan Pernikahan, Bagaimana Cara Menyelaraskan Keduanya?] Sebelumnya, agak sulit bagi masyarakat untuk menerima orang negro, dan sering kali orang negro mendapat diskriminasi dari orang-orang di sekitarnya.

Setelah terjadi amalgamasi dan banyak orang negro dan kulit putih yang saling menikah, diskriminasi ini perlahan semakin memudar. Selain berkurangnya diskriminasi sosial, amalgamasi di Amerika Serikat juga membawa banyak perubahan di hidup masyarakatnya. Mulai dari peningkatan toleransi, hingga gaya bicara dan gaya pakaian yang lebih diterima oleh masyarakat. #3 Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Luar Negeri Setiap negara tentu saja memiliki budaya dan juga nilai-nilai yang berbeda, mulai dari aspek bahasa, pola tingkah laku, gaya hidup, gaya bicara, dan berbagai hal lain yang ada di masing-masing negara.

Pernikahan antara dua orang yang berbeda negara tentu saja akan menghadirkan generasi baru yang memiliki budaya baru sesuai dengan nilai-nilai dan budaya yang dimiliki oleh orangtuanya. Namun tentu saja, hal ini juga saat erat kaitannya dengan bagaimana cara orangtua dalam mendidik anak dan mewariskan nilai serta budaya yang mereka miliki.

#4 Pernikahan Beda Agama Contoh amalgamasi yang mungkin terjadi adalah pernikahan beda agama. Adanya keragaman agama di suatu tempat dapat memunculkan kemungkinan terjadinya pernikahan beda agama, meskipun jika dibandingkan dengan pernikahan lainnya, pernikahan beda agama ini cukup jarang dilakukan. Biasanya, setiap agama memiliki prosesi pernikahan yang berbeda pula. Saat pernikahan beda agama dilangsungkan, biasanya pihak mempelai akan menyepakati prosesi seperti apa yang akan mereka lakukan tanpa harus merugikan salah satu pihak.

Dampak Positif Amalgamasi Amalgamasi yang merupakan pernikahan antara dua kebudayaan yang berbeda ini sering kali akan memunculkan kekhawatiran di antara masing-masing kelompok sosial. Namun sebenarnya, ada banyak dampak positif yang bisa didapatkan dengan melakukan amalgamasi.

#1 Timbulnya Kebudayaan Baru Dampak yang paling jelas dari amalgamasi adalah akan timbulnya budaya baru. Saat dua orang yang berbeda budaya saling menikah, mereka akan saling mewariskan kebudayaan yang mereka miliki kepada generasi selanjutnya atau anak mereka.

[Baca Juga: Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Dalam Waktu 1 Tahun] Pernikahan akan memudahkan dua etnis yang memiliki budaya berbeda mengenalkan masing-masing budaya yang mereka miliki melalui pola asuh anak. Dengan adanya pola asuh yang berbeda, para orangtua akan bersepakat mengenai pola asuh yang akan mereka terapkan kepada anak mereka, sehingga akan muncul pola asuh gabungan yang menghasilkan generasi dengan budaya yang berbeda.

#2 Bertukar Pengalaman Perbedaan budaya akan menjadi hal yang menarik untuk dibahas oleh pasangan setelah menikah. Mulai dari bagaimana kehidupan yang mereka jalani, pendidikan, kepercayaan, dan hal lain yang tentu saja akan menghasilkan pengalaman hidup yang berbeda.

Saling berbicara mengenai pengalaman masa lalu yang mereka jalani akan memunculkan sesuatu yang baru yang lebih mirip dengan penggabungan dua budaya. #3 Menghasilkan Generasi Baru Perkawinan antara dua etnis akan menghasilkan generasi baru yang berbeda dengan orangtuanya.

Baik secara budaya yang mereka pegang, maupun secara genetis. Misalnya, jika orang Indonesia yang berbadan pendek menikah dengan orang luar negeri yang tinggi, maka akan memiliki keturunan dengan postur tubuh yang cenderung tinggi dengan wajah agak bule. Dampak Negatif Amalgamasi Namun, di samping berbagai dampak positif yang bisa dihadirkan melalui amalgamasi, amalgamasi ini juga tak lepas dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya. #1 Pudarnya Nilai dan Kultur Budaya Asli Penggabungan atau bahkan peleburan antara dua budaya akan menyebabkan lahirnya budaya baru.

Budaya baru ini tidak selalu baik, dan kadang kala bisa menyebabkan hilangnya budaya asli yang dibawa. #2 Munculnya Konflik Konflik memang merupakan sesuatu yang sering kali tidak terhindarkan. Dalam amalgamasi, kemungkinan terjadinya konflik biasanya disebabkan karena dominansi berlebih dari salah satu pemegang budaya. Doktrinasi budaya yang ia miliki akan menyebabkan pasangan merasa perlu untuk mempertahankan budaya yang ia miliki dan bawa sejak lahir. Kondisi seperti ini dapat semakin meruncing dan menyebabkan timbulnya konflik.

[Baca Juga: Sebagai Pemimpin Perusahaan, Anda Harus Tahu Caranya Menyelesaikan Konflik Internal] #3 Persebaran Penduduk yang Tidak Merata Pelaku amalgamasi kadang kala memiliki kecenderungan untuk mengupayakan orang di sekelilingnya untuk melakukan perkawinan campuran dengan sesama etnis pasangannya.

Dengan adanya keinginan meneruskan dinasti seperti ini, risiko persebaran penduduk yang tidak merata akan cenderung semakin besar. Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula Download Ebook Sekarang Itulah definisi amalgamasi dan juga dampak positif serta dampak negatif yang mungkin terjadi.

Apakah Anda atau orang sekitar Anda melakukan amalgamasi? Jika ya, Anda bisa menuliskan di kolom komentar mengenai pengalaman Anda dalam melakukan amalgamasi. Sumber Referensi: β€’ Admin. Pengertian Amalgamasi Dalam Sosiologi. Pengertianmenurutparaahli.org – https://goo.gl/2TTaev β€’ Admin. 4 Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi Dalam Masyarakat Indonesia. Materiips.com – https://goo.gl/R8FkzE β€’ Admin. 4 Contoh Amalgamasi Beserta Dampaknya Bagi Indonesia.

Materiips.com – https://goo.gl/1kL9i8 Sumber Gambar: β€’ Definisi Amalgamasi – https://goo.gl/x7JEgp β€’ Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda – https://goo.gl/RVxA9G β€’ Pernikahan Negro dengan Kulit Putih – https://goo.gl/itZygV Ike Nofalia, S.Kom. adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.4.2 Dampak Negatif Pengertian Amalgamsi Amalgamasi umumnya mirip dengan bentuk asimilasi karena ada pemotongan dengan interaksi antara dua budaya yang berbeda.

Namun, perosesnya juga dapat menimbulkan konflik, karena masing-masing budaya ini memiliki kepentingan yang sah. Amalgamasi merupakan fenomena sosial yang menggabungkan dua kelompok budaya menjadi satu yang menghasilkan sesuatu atau budaya baru. Ini juga menghilangkan konflik atau masalah yang ada dalam kelompok.

Misalnya, perkawinan orang Bali dengan orang Jawa. Dalam buku mereka, Narwoko dan Suyanto hanya menafsirkan bahwa amalgamasi adalah suatu kondisi untuk interaksi sosial yang dapat menjadi solusi untuk mengurangi perselisihan dan pertentangan dalam kelompok masyarakat.

Menurut para ahli, dari konsep di atas kita dapat menyimpulkan bahwa amalgamasi adalah proses sosial yang menggambarkan atau menjelaskan keberadaan campuran antara budaya yang berbeda, misalnya, melalui perkawinan antar etnis.

Harus dipahami bahwa domain budaya dalam merger adalah kepentingan yang sah. Latar Belakang Lahirnya Amalgamasi Kelahiran istilah serikat dimulai, meskipun berdasarkan sejarahnya, sekitar dekade 1967, karena perbedaan antara dua bidang, putih dan hitam.

Munculnya kompartementalisasi, juga ironis dengan ketentuan hukum tentang pelarangan pernikahan campuran di Amerika Serikat di negara bagian Anda.

Sementara di Inggris, istilah serikat digunakan sekitar abad ke-20. Baca Juga: Soal PKN Kelas 5 Namun, hal ini jarang terjadi dalam kehidupan. Misalnya, apa yang terjadi di Indonesia atau dilakukan oleh selebritas. Karena itu, penyebab fusi ini adalah karena perbedaan warna kulit, derajat, dll. Dampak Amalgamasi Seperti fenomena sosial lainnya, terdapat beberapa dampak antara lain: Dampak positif Lahirnya Inovasi Budaya Munculnya inovasi budaya ini lahir dari perpaduan ras atau kelompok etnis yang menghasilkan keturunan atau generasi baru dan budaya melalui campuran berbagai ras dan budaya.

Pemecah Konflik Contoh konflik sosial yang cenderung muncul dalam kehidupan orang – orang dapat ditekan oleh penggabungan. Karenanya pergaulan sebagai solusi untuk menekan berbagai konflik yang muncul dalam suatu masyarakat dengan mencampurkan atau mencampurkan dua budaya yang berbeda. Pertukaran Kehidupan Tanpa ragu, setiap kelompok etnis memiliki kehidupan yang berbeda, baik dari segi kehidupan, kepercayaan, adat istiadat, dll, yang juga menciptakan pengalaman yang berbeda.

Adanya pernikahan campuran akan mengarah pada semacam penggabungan atau pertukaran. Dampak Negatif Dominasi Suatu Budaya Tentu saja, merger memiliki efek negatif, yaitu dominasi suatu budaya. Dominasi suatu budaya dalam merger ini tentunya akan mengarah pada munculnya konflik yang disebabkan oleh dominasi tersebut.

Misalnya mengindoktrinasi dengan budaya asli karena ada hati nurani untuk mempertahankan keaslian budaya mereka. Distribusi Populasi Tidak Sebanding Ada sesuatu yang pelaku ingin melanjutkan dalam proses merger, yaitu, pelaku sebelumnya akan mencoba membuat anggota keluarga mencampurkan perkawinan seperti yang mereka lakukan dengan pasangan etnis mereka. Akibatnya, distribusi populasi antar wilayah tidak sebanding. Budaya Asli Menurun Dalam pernikahan campuran, mereka pasti dipengaruhi oleh budaya pasangan mereka, terutama ketika mereka tinggal di daerah dengan perbedaan etnis dan intens dari budaya lain.

Ini akan menyebabkan karakteristik budaya asli salah satu mitranya secara bertahap berkurang. Baca Juga: Pengertian Hedonisme Contoh Amalgamasi Dalam kehidupan sosial, contoh-contoh fusi yang paling sederhana dan paling sederhana adalah fenomena pernikahan campuran, baik etnis atau ras, dan kepercayaan.

Misalnya, perkawinan Jawa dengan Sunda di pulau Jawa, tetapi perkawinan antara dua kelompok etnis yang berbeda membawa sesuatu yang baru, karena memiliki karakteristik setiap orang dalam budaya mereka. Selain etnis, pernikahan dari berbagai agama atau kepercayaan juga memiliki metode ritual yang berbeda. Dalam proses pernikahan dari berbagai agama ini, saling pengertian antar keluarga dijamin, tanpa mengurangi semua pihak.

Meskipun ini jarang terjadi, tidak menutup kemungkinan bahwa sesuatu yang baru dapat lahir dalam kehidupan social Baca Juga: β€’ Stratifikasi Sosial – Pengertian, Bentuk dan Contoh nya β€’ Asimilasi – Pengertian, Ciri, jenis, Faktor, syarat, Contoh β€’ Westernisasi – Pengertian, Ciri, Dampak, dan Contohnya β€’ Sekularisme – Pengertian, Ciri, Bentuk, Dampak, Faktor, Contoh β€’ Internalisasi – Pengertian, Tahapan, Dampak dan Contohnya Demikianlah penjelasan diatas semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian.

Terima Kasih.
MENU β€’ Home β€’ Agama β€’ BAHASA β€’ Bahasa Indonesia β€’ Bahasa Inggris β€’ IPA β€’ Biologi β€’ Fisika β€’ Kimia β€’ IPS β€’ Ekonomi β€’ Geografi β€’ Sejarah β€’ Sosiologi β€’ MATEMATIKA β€’ PKN β€’ KOMPUTER β€’ STRATA 1 β€’ Akuntansi β€’ Bisnis β€’ Hukum β€’ Kesehatan β€’ Manajemen β€’ Sistem Infomasi β€’ LAINNYA β€’ Seni β€’ Teknologi β€’ Tips β€’ Tutorial β€’ Daftar Isi β€’ Pengertian Amalgamasi β€’ Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli β€’ 1.

Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto β€’ 2. Partanto dan M. Dahlan β€’ Sejarah Singkat Amalgamasi β€’ Jenis-jenis Amalgamasi β€’ 1. Amalgamasi Pernikahan β€’ 2. Amalgamasi Emas β€’ 3. Amalgamasi BPJS β€’ Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi β€’ 1.

Dampak Positif Amalgamasi β€’ 2. {/INSERTKEYS}

amalgamasi adalah

Dampak Negatif Amalgamasi β€’ Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi β€’ Dampak Amalgamasi Bagi Suatu Negara β€’ Contoh Amalgamasi β€’ amalgamasi adalah. Pernikahan Antara Etnis Jawa dan Sunda β€’ 2. Pernikahan Antara Negro dengan Berkulit Putih β€’ 3. Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Asing β€’ 4. Pernikahan Beda Agama β€’ Share this: β€’ Related posts: Pengertian Amalgamasi Amalgamasi merupakan istilah dalam ilmu sosiologi yang berarti proses sosial yang menyatukan kelompok budaya lain sehingga sesuatu yang baru muncul tetapi tidak meninggalkan budaya dasarnya.

amalgamasi adalah

Amalgamasi sering digunakan untuk pernikahan antar etnis, tetapi tidak jarang Amalgamasi digunakan sebagai bagian dari dua perusahaan menjadi satu. Istilah sosiologis sering digunakan untuk lebih mudah menunjukkan atau menggambarkan sesuatu. Salah satunya adalah istilah amalgamasi. Istilah ini amalgamasi adalah proses sosial di mana kelompok budaya yang ada di wilayah yang sama disatukan sehingga sesuatu yang baru dibuat yang tidak meninggalkan budaya dasarnya.

Selain itu, amalgamasi sering disebut sebagai proses pernikahan antara berbagai kelompok etnis atau ras. Istilah ini pertama kali digunakan di Amerika Serikat pada abad ke-20 dan kemudian di tempat lain. Ada banyak hal positif yang bisa dicapai dengan perpaduan ini. Salah satunya adalah dapat meminimalkan risiko konflik antara dua etnis atau ras di suatu wilayah.

Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli Tidak banyak para ahli yang memberikan informasi lebih lanjut tentang Amalgamasi adalah ini, antara lain sebagai berikut: 1.

amalgamasi adalah

Dwi Amalgamasi adalah dan Bagong Suyanto Dalam buku mereka, Narwoko dan Suyanto hanya mengartikan bahwa Amalgamasi adalah kondisi untuk interaksi sosial yang dapat menjadi solusi untuk mengurangi kontroversi dan perselisihan yang terjadi pada sekelompok komunitas.

2. Partanto dan M. Dahlan Memahami Amalgamasi itu mudah bagi mereka, Amalgamasi adalah proses pencampuran. Menurut para ahli, kita dapat mengambil kesimpulan dari dua gagasan Amalgamasi sebelumnya bahwa Amalgamasi adalah proses sosial yang menggambarkan atau menjelaskan keberadaan campuran antara budaya yang berbeda, misalnya melalui pernikahan antaretnis. Dominasi budaya adalah kepentingan yang diperoleh dalam serikat pekerja. Baca juga: Pengertian Flora Sejarah Singkat Amalgamasi Munculnya Amalgamasi sekitar tahun 1967 karena perbedaan antara dua kubu, yaitu antara kubu kulit berwarna hitam dan putih.

Munculnya Amalgamasi juga ironis dengan peraturan hukum tentang pernikahan di Amerika pada negara bagiannya. Sementara istilah Amalgamasi digunakan di Inggris sekitar abad ke-20.

Namun, dewasa ini hal itu jarang terjadi dalam kehidupan. Bahkan, ada banyak asosiasi, khususnya di bidang pernikahan. Misalnya, apa yang terjadi atau apa yang dilakukan oleh selebriti di Indonesia. Oleh karena itu, kelahiran Amalgamasi ini disebabkan oleh perbedaan warna kulit, kualitas, dan lain-lain. Jenis-jenis Amalgamasi Amalgamasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, Berikut adalah jenis-jenis amalgamasi: 1. Amalgamasi Pernikahan Banyak yang menyamakan amalgamasi dengan asimilasi, yaitu penggabungan dua amalgamasi adalah etnis yang berbeda dan integrasi dua interaksi budaya yang berbeda menjadi satu melalui struktur perkawinan, yang disebut amalgamasi perkawinan.

2. Amalgamasi Emas Amalgamasi emas dapat diartikan sebagai pemrosesan pengolahan emas tradisional yang menggunakan merkuri untuk mengekstraksi emas dari batu. Penggabungan emas masih dilakukan oleh beberapa tambang tradisional karena metode peleburan emas sangat sederhana dan biayanya juga murah dan tidak memerlukan peralatan modern atau teknologi mahal. Namun, dampak lingkungan tidak positif karena penggunaan merkuri. Amalgamasi adalah peleburan biasanya mencampurkan bijih emas dengan merkuri.

Proses pencampuran ini memfasilitasi ekstraksi emas dalam biji-bijian besar. 3. Amalgamasi BPJS Istilah amalgamasi BPJS yaitu untuk menggabungkan keanggotaan BPJS menjadi satu.

Ini biasanya karena para peserta amalgamasi adalah dan keluar dari perusahaan yang berbeda, sehingga masing-masing perusahaan memberikan kartu keanggotaan.

amalgamasi adalah

Untuk menyederhanakan proses pembayaran JHT dengan nilai nominal dari perusahaan sebelumnya, proses amalgamasi BPJS harus dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang amalgamasi adalah.

Baca juga: Pengertian Masalah Sosial Dampak Positif dan Negatif Amalgamasi Amalgamasi juga memiliki dampak negatif dan dampak positif, Berikut adalah penjelasanya. 1. Dampak Positif Amalgamasi Amalgamasi adalah penggabungan perkawinan antara dua budaya yang berbeda dan akan sering menimbulkan kekhawatiran dalam kelompok sosial mana pun. Namun pada kenyataannya, ada banyak dampak positif yang dapat dicapai dengan amalgamasi ini. β€’ Munculnya Budaya Baru Amalgamasi adalah paling jelas dari Amalgamasi adalah munculnya budaya baru.

Ketika dua orang dari budaya yang berbeda menikah, mereka mewarisi budaya generasi berikutnya atau anak-anak mereka dari satu sama lain. Perkawinan memudahkan dua kelompok etnis dengan budaya yang berbeda untuk memperkenalkan setiap budaya yang mereka miliki melalui pengasuhan.

Dengan orang tua yang berbeda, orang tua akan setuju untuk melamar anak-anak mereka, jadi ada gabungan orang tua yang melahirkan generasi dengan budaya yang berbeda. β€’ Pertukaran Pengalaman Perbedaan budaya akan menjadi hal menarik yang akan dibahas pasangan setelah pernikahan. Berdasarkan bagaimana kehidupan mereka dijalani, pendidikan, kepercayaan dan hal-hal lain yang jelas mengarah pada pengalaman hidup yang berbeda.

Ketika Anda berbicara tentang pengalaman masa lalu yang Anda miliki, Anda akan menemukan sesuatu yang baru yang lebih mirip penggabungan dua budaya.

amalgamasi adalah

β€’ Menghasilkan Generasi Baru Perkawinan antara dua kelompok etnis akan menelurkan generasi baru yang berbeda dari orang tua mereka. Baik secara budaya maupun genetik. Misalnya, jika orang Indonesia bertubuh kecil menikahi orang asing amalgamasi adalah besar, ia akan memiliki keturunan dengan postur yang lebih tinggi dan wajah yang agak putih.

2. Dampak Negatif Amalgamasi Selain berbagai dampak positif yang mungkin dimiliki Amalgamasi, Amalgamasi ini juga terkait erat dengan dampak amalgamasi adalah. β€’ Pudarnya Nilai Budaya Asli Perpaduan atau penggabungan dua budaya akan menyebabkan lahirnya budaya baru. Budaya baru ini tidak selalu baik dan kadang-kadang dapat menyebabkan hilangnya budaya asli. β€’ Munculnya Suatu Konflik Konflik seringkali tidak terhindarkan. Dalam suatu malgamasi, kemungkinan konflik umumnya disebabkan oleh dominasi yang berlebihan dari pemilik budaya.

Doktrin budaya yang dimilikinya akan membuat pasangan merasa perlu untuk melestarikan budaya yang mereka miliki dan bawa sejak lahir. Kondisi seperti ini dapat menjadi lebih jelas dan menyebabkan konflik. β€’ Distribusi Populasi Penduduk yang Tidak Teratur Para penulis Amalgamasi kadang-kadang cenderung mencari orang di daerahnya untuk pernikahan campuran dengan pasangan etnisnya.

Keinginan untuk melanjutkan dinasti semacam itu cenderung meningkatkan risiko distribusi penduduk yang tidak teratur. Baca juga: Pengertian Semiotik Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi Amalgamasi tidak memiliki dampak yang sepenuhnya positif, tetapi ada juga efek negatifnya. Terutama dalam pernikahan normal ada perbedaan budaya yang kontroversial karena mereka tidak mengerti setiap budaya.

Untuk menghindari konflik antara dua kelompok etnis yang berbeda, setiap suku harus memahami perbedaan sebelum menikah sehingga mereka dapat mengenali nilai-nilai toleransi antara budaya dan budaya yang amalgamasi adalah dalam komitmen mereka terhadap persatuan melalui pernikahan. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang menikah karena perbedaan kulit dan agama.

Sementara peleburan tidak lagi digunakan untuk pengolahan emas jenis ini, dampak lingkungannya memiliki dampak negatif yang tidak baik. Merger BPJS menarik karena merger dapat menghabiskan aset pensiun secara maksimal, terutama jika beberapa perusahaan telah pindah beberapa kali.

Ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penggabungan. Amalgamasi adalah istilah yang terkenal tidak hanya di bidang sosial, tetapi juga amalgamasi adalah bidang keuangan, terutama bagi para anggota di BPJS. Dampak Amalgamasi Bagi Suatu Negara Amalgamasi juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah karakteristik uang yang pudar atau nilai-nilai budaya asli, karena telah bercampur dengan budaya lain yang telah diterima oleh generasi berikutnya.

Selain itu, perbedaan dalam sifat penulis asosiasi dengan bidang budaya juga dapat menyebabkan perselisihan atau konflik. Konflik dapat timbul antara aktor merger, antara keluarga penulis dan antara individu dan keluarga dari satu atau kedua belah pihak. Konflik juga dapat muncul karena berbagai kepentingan yang dapat dicapai atau diperangi oleh dua budaya campuran.

Konflik akan terus muncul jika masih ada keegoisan budaya yang dipertahankan tanpa berusaha menerima atau memahami budaya lain. Contoh Amalgamasi 1. Pernikahan Antara Etnis Jawa dan Sunda Meskipun etnis Jawa dan sunda keduanya berasal dari pulau Jawa, perkawinan antara dua kelompok etnis, jika terjadi akan menciptakan generasi baru dengan budaya dan perilaku. Kelompok etnis Jawa dan sunda masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, misalnya keuletan dan kemahiran orang Jawa yang lebih tinggi daripada sunda, tetapi dalam hal warna wajah dan kulit, sunda amalgamasi adalah terkenal karena putih, cantik, dan muda.

dibandingkan dengan orang Jawa. Jadi ketika kedua etnis ini bersatu dalam pernikahan kemungkinan untuk melahirkan generasi baru yang memiliki wajah menawan dan berperilaku konsisten di lembah yang halus dan tangguh.

Mungkin bahkan generasi baru dapat logat dengan aksen Sunda tetapi bahasa Jawa dan sebaliknya. 2. Pernikahan Antara Negro dengan Berkulit Putih Contoh Amalgamasi yang paling mudah dipahami dan paling umum adalah perkawinan orang negro atau kulit hitam dengan kulit putih. Ini khususnya terlihat di Amerika Serikat, di mana Amerika Serikat adalah rumah bagi orang kulit putih, tetapi banyak orang kulit hitam tumbuh dan berkembang ketika mereka berkembang di amerika.

Karena perkawinan antara dua kelompok etnis hitam dan putih, menciptakan generasi dan budaya baru di masyarakat sekitar. Budaya baru yang muncul sebagai model perilaku dan kebiasaan sehari-hari yang dihasilkan dari penyatuan dua kelompok etnis yang berbeda.

Meningkatnya toleransi timbal balik dan berkurangnya diskriminasi karena kesatuan etnis yang diterima, gaya bicara dan pakaian, serta banyak budaya atau kebiasaan lain yang mungkin timbul sebagai hasil dari proses Amalgamasi. 3. Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Asing Beberapa orang Indonesia menikah dengan orang asing atau orang-orang yang datang dari luar negeri, baik dari Barat maupun dari Timur dan dari Asia. Misalnya, seperti orang Indonesia yang menikah dengan orang Korea dan Amerika.

Perpaduan budaya yang menghasilkan Indonesia dan negara lain pasti akan menciptakan generasi dan budaya baru. Seperti perkawinan campuran lainnya, budaya baru yang berasal dari dua orang dengan latar belakang budaya nasional yang berbeda dapat mencakup aspek bahasa, pola perilaku, gaya hidup, gaya bahasa, dan lain-lain.

Itu juga tergantung pada bagaimana orangtua bereaksi bersama dan mengajarkan budaya mereka untuk mencapai minat dan tujuan bersama, yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan generasi baru amalgamasi adalah lebih baik. 4. Pernikahan Beda Agama Keragaman agama di masyarakat juga memungkinkan pernikahan lintas agama. Setiap agama yang ada harus memiliki budaya sendiri, seperti budaya Islam yang harus terjadi pada pernikahan di Slametan dan budaya agama Hindu atau Budha dengan proses penyembahannya.

Perkawinan yang biasanya terjadi didasarkan pada kesepakatan bersama tanpa merugikan para pihak. Meskipun pernikahan lintas agama jarang terjadi, ini tidak mengecualikan kemungkinan lingkungan komunitas di sekitar kita. Karena dua budaya agama yang berbeda juga akan menghasilkan generasi baru dan budaya baru juga. Demikianlah penjelasan tentang Amalgamasi dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa. Related posts: β€’ Pengertian Negara β€’ Pengertian Filsafat β€’ Pengertian Pancasila Posted in Sosiologi Tagged apa pengertian amalgamasi, brainly pengertian amalgamasi, ciri ciri amalgamasi, contoh amalgamasi, contoh perkawinan campuran, jelaskan pengertian amalgamasi, jelaskan pengertian amalgamasi dan akulturasi, pengertian akulturasi asimilasi dan amalgamasi, pengertian akulturasi asimilasi penetrasi dan amalgamasi, pengertian amalgamasi, pengertian amalgamasi adalah, pengertian amalgamasi dalam geografi, pengertian amalgamasi dalam sosiologi, pengertian amalgamasi dan contohnya, pengertian amalgamasi menurut para ahli, pengertian asimilasi, pengertian dan contoh amalgamasi, pengertian dari akulturasi dan amalgamasi, pengertian sosiologi amalgamasi, perbedaan asimilasi amalgamasi adalah amalgamasi, uraikan pengertian amalgamasi Post navigation Recent Posts β€’ Pengertian Pasar β€’ Pengertian Media Sosial β€’ Pengertian Ekonomi β€’ Pengertian Bank β€’ Pengertian Implementasi β€’ Pengertian Sepak Bola β€’ Pengertian Bahasa β€’ Pengertian Seni β€’ Pengertian Database β€’ Pengertian Motivasi amalgamasi adalah Pengertian Politik β€’ Pengertian Administrasi β€’ Pengertian Negara β€’ Pengertian Pemanasan Global β€’ Pengertian Poster
Amalgamasi mungkin istilah yang masih asing bagi masyarakat Indonesia.

Bagi yang mengetahui, istilah sangat lekat dengan istilah proses perkawinan antaretnik atau dari latar belakang suku bangsa berbeda-beda. Istilah lain percampuran budaya dari latar belakang yang berbeda disebut juga asimilasi. Padahal, istilah pencampuran ini gak cuma ada dalam bidang sosiologi. Dalam finansial juga ada, lho! Tapi ternyata istilah ini juga dipakai dalam beberapa hal lainnya. Apa arti sebenarnya? Berikut ulasan lengkap dari pengertian, jenis, kelebihan dan kekurangan, serta contohnya!

Apa itu amalgamasi? Kita akan menggunakan dua sudut pandang dalam memahami istilah ini yaitu dari sisi sosiologi dan keuangan. Dari sisi sosiologi, amalgamasi adalah proses sosial berupa meleburnya sebuah kelompok budaya yang berbeda sehingga muncul budaya baru namun tidak meninggalkan budaya dasarnya. Istilah ini seringkali digunakan untuk perkawinan beda etnis. Dari aspek keuangan, mengutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), amalgamasi adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan baru untuk mencapai posisi dan skala ekonomi yang lebih baik (amalgamation).

Selain terkait penggabungan perusahaan, istilah ini juga digunakan dalam bidang finansial seperti BPJS. Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang penggunaan istilah ini dalam BPJS, mari pahami dahulu beberapa jenisnya dalam ulasan berikut! Jenis amalgamasi dan penerapannya Biar kamu gak bingung, yuk simak jenis-jenisnya dan penerapannya!

1. Amalgamasi pernikahan Banyak yang menyamakan istilah ini dengan asimilasi, yaitu pencampuran dua etnis yang berbeda dan perpaduan dua interaksi budaya yang berbeda menjadi satu amalgamasi adalah jalinan pernikahan. 2. Amalgamasi emas Amalgamasi dalam emas secara sederhana bisa diartikan merupakan sebuah proses pengolahan emas secara tradisional dengan menggunakan merkuri dengan tujuan mengekstraksi emas dari batuan. Pencampuran emas masih tetap dilakukan oleh beberapa pertambangan tradisional karena metode seperti ini sangat mudah dan biayanya juga murah tidak memerlukan peralatan modern maupun teknologi yang mahal.

Namun, dampaknya tidak baik bagi lingkungan karena amalgamasi adalah merkuri. Dalam pembuatannya, bijih emas biasanya dicampur merkuri. Proses pencampuran inilah yang mempermudah ekstraksi emas dalam butiran kasar. 3. Amalgamasi BPJS Amalgamasi BPJS adalah menggabungkan kepesertaan BPJS menjadi satu.

Umumnya hal ini terjadi karena peserta keluar-masuk amalgamasi adalah yang berbeda sehingga masing-masing perusahaan memberikan kartu kepesertaan. Agar bisa mempermudah amalgamasi adalah pencairan JHT dengan nominal yang disatukan dari perusahaan sebelumnya, proses penggabungan BPJS perlu dilakukan demi mendapatkan manfaat maksimal.

Syarat dan caranya pun sangat mudah. Kita hanya perlu membawa beberapa berkas berikut ini. β€’ Dua kartu KPJ yang mau digabungkan β€’ Fotokopi kartu peserta BPJS β€’ Fotokopi eKTP β€’ Fotokopi kartu keluarga (KK) β€’ Paklaring dari perusahaan sebelumnya. Dengan dokumen persyaratan tersebut, kita hanya perlu menyerahkannya kepada bagian HRD di perusahaan baru untuk dilakukan penggabungan BPJS.

Selain itu, kita juga bisa langsung mendatangi kantor BPJS terdekat untuk dilakukan proses penggabungan dengan sangat mudah. Tidak perlu khawatir jika dalam kondisi tidak bekerja kemudian kita memiliki dua kartu JHT yang akan dicairkan. Proses pencairan JHT tetap bisa dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di BPJS.

amalgamasi adalah

Kelebihan dan kekurangan Amalgamasi tidak sepenuhnya memiliki dampak positif, tetapi ada juga dampak negatifnya. Terutama dalam pernikahan biasa terdapat perbedaan budaya yang menimbulkan perselisihan karena tidak memahami masing-masing budaya. Oleh karena itu untuk menghindari konflik dari dua suku budaya yang berbeda, sebaiknya amalgamasi adalah suku sudah memahami perbedaan tersebut sebelum menikah sehingga bisa mewujudkan nilai-nilai toleransi antarsuku dan budaya yang berbeda dalam komitmen persatuan melalui perkawinan.

Kondisi seperti ini juga berlaku bagi mereka yang menikah karena perbedaan kulit maupun agama. Sedangkan pencampuran untuk jenis pengolahan emas sudah tidak digunakan lagi karena efeknya mencemari lingkungan artinya memiliki dampak negatif yang tidak baik. Yang menarik justru penggabungan BPJS karena saldo jaminan hari tua bisa dimanfaatkan secara maksimal terutama jika sudah beberapa kali berpindah-pindah perusahaan yang berbeda.

Jadi, istilah ini tidak hanya digunakan bidang sosial tetapi juga dalam bidang finansial, utamanya bagi peserta BPJS. Contoh amalgamasi Pengertian tentang amalgamasi sudah dijelaskan secara rinci di atas. Namun untuk memberi pemahaman yang lebih dalam, Lifepal memberikan sejumlah contohnya dalam kehidupan sehari-hari berikut ini: β€’ Pernikahan antara Suku Jawa dan Sunda β€’ Pernikahan orang Afrika dengan orang Eropa β€’ Pernikahan Beda Agama β€’ Penggabungan kepesertaan BPJS β€’ Penggabungan perusahaan, dua atau lebih.

Jika kamu pengin tahu lebih lanjut topik ini atau punya pertanyaan, kunjungi laman tim ahli kami di Tanya Lifepal ! Pertanyaan seputar pengertian amalgamasi Copyright Β© amalgamasi adalah Lifepal. Bekerjasama dengan Β© 1992 PT Anugrah Atma Adiguna adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan anggota APPARINDO 60-2001/APPARINDO/2019.

Semua ulasan yang tertulis termasuk rating dilakukan oleh rekan pialang kami. Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru namun dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan / institusi keuangan.

Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial Anda.

AKHIRNYA PROSES AMALGAMASI SALDO SELESAI




2022 www.videocon.com