Obat hidung pengar

obat hidung pengar

Obat untuk atasi polip hidung tanpa operasi Polip hidung adalah gangguan pada hidung yang biasanya tidak sakit, tidak menyebabkan kanker, dan tumbuh dengan lunak. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan oleh peradangan seperti asma, kambuhnya infeksi, alergi atau sensitif terhadap obat tertentu, dan gangguan imun. Walaupun tidak terdengar tidak berbahaya, polip bisa menutup hidung dan mengganggu pernapasan. Nah, pengobatan polip hidung biasanya dimulai dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter.

Sebagian besar obat yang diresepkan bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada saluran hidung atau pernapasan. Tujuannya tentu agar jaringan obat hidung pengar dalam hidung ini terhambat pertumbuhannya atau mengecil.

Dengan demikian, gejala-gejala seperti hidung tersumbat, mimisan, serta pilek bisa diatasi. Selain dengan obat-obatan dari dokter, Anda juga bisa melakukan cara-cara sederhana di rumah untuk membantu mengobati polip hidung. Berikut adalah macam-macam obat dari dokter serta bahan-bahan alami yang dapat diandalkan untuk mengatasi polip hidung. 1.

obat hidung pengar

Kortikosteroid hidung Obat kortikosteroid hidung dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang ada di saluran pernapasan. Biasanya, setelah Anda berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diresepkan obat kandungan steroid yang bisa mengatasi polip hidung. Obat ini tersedia dalam bentuk semprotan hidung yang harus digunakan setiap hari.

Namun, ada kemungkinan pula obat ini hanya perlu digunakan saat gejala-gejala polip hidung mengganggu aktivitas Anda. Obat kortikosteroid ini biasanya memang digunakan untuk memperkecil polip hingga menghilangkannya secara keseluruhan. Tentunya, setiap pengobatan memiliki efek samping, seperti iritasi tenggorokan, sakit kepala, serta mimisan.

2. Kortikosteroid oral Nah, jika obat kortikosteroid hidung tidak lagi mempan untuk mengatasi polip hidung Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan kortikosteroid oral atau minum.

Kortikosteroid oral bisa berupa obat pil, tablet, atau obat cair. Mirip dengan kortikosteroid hidung, obat ini akan membantu meredakan peradangan dan pembengkakan di saluran pernapasan. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan menganjurkan pemakaian kortikosteroid oral dan hidung secara bersamaan untuk hasil akhir yang lebih maksimal.

Biasanya, Anda hanya memakainya dalam jangka waktu yang sangat singkat karena jenis obat ini memiliki efek samping yang cukup serius jika tidak digunakan dengan tepat, seperti mual, insomnia, serta gangguan pencernaan. 3. Tablet steroid Apabila polip pada hidung Anda semakin parah, tablet dengan hormon steroid adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi gangguan ini.

Nah, biasanya terdapat dua cara memakai obat ini, yaitu dengan menyemprotkan obat ke obat hidung pengar hidung atau minum tabet oral. Walaupun efektif, efek sampingnya ternyata tidak boleh disepelekan, seperti bertambahnya berat badan. Oleh karena ini, obat polip hidung jenis ini hanya digunakan untuk beberapa minggu saja. 4. Antihistamin Selain obat-obat di atas, Anda juga bisa memakai obat antihistamin untuk polip hidung yang berkaitan dengan alergi.

Antihistamin bekerja dengan cara menekan produksi histamin, senyawa di dalam tubuh yang memicu timbulnya reaksi alergi. Antihistamin adalah obat yang tergolong aman. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Namun, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika memang polip hidung Anda berhubungan dengan alergi. 5. Antibiotik Beberapa kasus polip hidung disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti Staphylococcus aureus.

Untuk polip hidung yang diakibatkan adanya bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik oral agar tubuh mampu melawan serangan bakteri. Salah satu jenis antibiotik yang dapat dikonsumsi untuk menyusutkan polip hidung adalah doxycycline.

Dalam obat hidung pengar kasus, doxycycline bisa dikombinasikan dengan kortikosteroid jenis methylprednisolone dan mampu mengecilkan polip hidung secara efektif. Pemberian antibiotik biasanya hanya dilakukan dalam jangka pendek. Selain itu, antibiotik hanya bekerja pada kasus polip hidung yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus ataupun jamur.

6. Aspirin desensitization Polip hidung juga bisa diatasi dengan pengobatan aspirin desensitization. Pengobatan ini dikhususkan obat hidung pengar pengidap polip hidung yang sensitif terhadap obat aspirin.

obat hidung pengar

Pasalnya, beberapa kasus kemunculan polip hidung dikaitkan dengan kondisi tubuh yang alergi terhadap aspirin. Sebuah studi dari Current Allergy and Asthma Reports menunjukkan bahwa pengobatan aspirin desensitization berhasil menurunkan jumlah angka pasien polip hidung yang menjalani operasi dan perawatan di rumah sakit.

Tentunya, aspirin desensitization hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan alergi aspirin. Tidak semua orang dengan polip hidung memerlukan metode pengobatan ini. 7. Antileukotrien Pilihan obat lainnya untuk polip hidung adalah antileukotrien, atau yang dikenal juga dengan nama leukotriene modifier. Obat ini efektif bekerja untuk mengurangi peradangan, serta mengurangi gejala-gejala kesulitan bernapas. Dibandingkan dengan kortikosteroid, obat antileukotrien dinilai memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Meski demikian, tingkat keberhasilannya dalam meredakan peradangan tidak sebaik obat kortikosteroid. Obat alami untuk obat hidung pengar hidung Selain dengan pengobatan medis, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang kebanyakan dapat ditemui di rumah Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat mengandalkan obat-obatan alami sepenuhnya untuk mengecilkan polip hidung. Bentuk pengobatan di bawah juga tetap dibarengi dengan obat-obatan medis. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan gejala-gejala polip hidung. 1. Tea tree oil Mungkin Anda lebih familiar dengan tea tree oil sebagai obat pembasmi jerawat. Nyatanya, minyak serbaguna ini juga dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi gejala-gejala polip hidung.

Menurut sebuah studi dari Clinical Microbiology Reviewstea tree oil dipercaya dapat melawan infeksi jamur dalam tubuh.

Selain itu, tea tree oil juga diperkaya dengan zat-zat antibakteri serta anti-inflamasi, yang dipercaya mampu meredakan gejala-gejala penyakit saluran pernapasan.

Nah, infeksi jamur serta penyakit pernapasan merupakan beberapa faktor risiko dari munculnya polip hidung. Tertarik untuk mencobanya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memakai obat hidung pengar tree oil sebagai obat pereda gejala polip hidung: • Campurkan air dengan minyak pohon teh dan 3-5 tetes minyak pelarut. Biasanya, direkomendasikan untuk memakai minyak almond atau minyak zaitun.

• Aduk hingga encer, lalu celupkan kapas bersih dan oleskan cairan tersebut pada hidung Anda. 2. Bawang putih Anda tentu sudah tidak asing dengan bawang putih. Ya, bumbu tradisional ini lumrah digunakan dalam berbagai jenis makanan.

Selain untuk bahan masakan, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat polip hidung, lho. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah sebuah studi dari Avicenna Journal of Phytomedicineyang memaparkan bahwa bawang putih mengandung zat anti-inflamasi untuk mengatasi peradangan. Ditambah lagi, bawang putih dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan infeksi bakteri.

Karena aroma dan rasanya yang cukup tajam, Anda bisa menggunakannya sebagai campuran bumbu masakan seperti biasa. Atau, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan campuran jus buah dan dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari.

3. Jahe Jahe adalah salah satu bahan tradisional yang paling enak dinikmati sebagai minuman hangat atau dimasak sebagai bumbu makanan. Kebaikan yang obat hidung pengar dalam jahe ternyata bisa digunakan sebagai obat polip hidung. Serupa dengan bawang putih, jahe memberikan efek anti-inflamasi yang mampu meringankan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas sebagai pemicu kerusakan sel-sel tubuh.

Nah, penggunaannya obat hidung pengar hampir sama dengan bawang putih. Cukup menambahkan bubuk jahe ke dalam makanan Anda, dengan takaran yang sesuai selera Anda. Alternatif lain adalah menyeduh secangkir teh jahe hangat pun bisa mengurangi gejala polip hidung. 4. Kunyit Kunyit juga termasuk dalam tanaman tradisional yang sering Anda jumpai dalam bentuk minuman jamu atau bumbu masakan.

Nah, bumbu rempah dengan warna khas kuning ini dipercaya dapat membantu meringankan gejala-gejala peradangan, termasuk pada polip hidung. Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi dari Fitoterapia. Menurut studi tersebut, kunyit dapat membantu mengatasi peradangan dan iritasi yang terdapat di saluran pernapasan. Meski demikian, belum ada studi yang menyatakan kunyit bisa menjadi obat untuk menyembuhkan polip hidung sepenuhnya.

Namun, tidak ada salahnya mencoba bumbu rempah ini untuk mengurangi gejala-gejala polip hidung yang Anda alami. Tambahkan 1-2 sendok teh kunyit ke masakan Anda. Selain itu, kunyit juga bisa Anda campurkan dengan teh atau madu untuk diminum selagi obat hidung pengar hangat. 5. Eukaliptus Minyak eukaliptus dipercaya membawa banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga tanaman ini juga direkomendasikan sebagai obat alami untuk mengatasi polip hidung. Berdasarkan sebuah penelitian dari PLoS One, kandungan cineole yang tinggi di dalam minyak eukaliptus memberikan efek analgesik dan antiradang pada tubuh.

Ditambah lagi, minyak eukaliptus sudah cukup banyak digunakan sebagai obat alami masalah pernapasan. Untuk memakai minyak eukaliptus, Anda bisa memakai diffuser atau air panas, kemudian hiruplah uap yang telah tercampur dengan minyak ini. Anda juga bisa mencampurkan minyak ini dengan air, kemudian tepuk-tepuk hidung Anda dengan kapas yang dibasahi air campuran minyak eukaliptus. 6. Chamomile Satu lagi tanaman yang dipercaya efektif meredakan gejala-gejala polip hidung adalah chamomile, yang mungkin sudah pernah Anda jumpai dalam bentuk teh atau minyak esensial.

Melansir dari Journal of Essential Oil Bearing Plants, bunga chamomile mengandung zat anti-inflamasi yang membantu meredakan pembengkakan akibat peradangan. Selain itu, tanaman ini juga menunjukkan efek anti-alergi yang baik. Penting untuk ditekankan bahwa obat alami untuk polip hidung ini tentu tidak bisa benar-benar diandalkan. Biasanya, cara ini digunakan ketika gejala gangguan masih termasuk dalam kategori ringan.

Oleh karena itu, apabila gejala sudah semakin parah, memeriksakan diri ke dokter adalah cara yang paling efektif.mik Untuk kasus polip hidung yang sudah cukup parah dan berukuran besar, biasanya cara-cara di atas tidak lagi berhasil mengecilkan ukuran polip. Maka itu, besar kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi pengangkatan polip hidung atau nasal polypectomy.

Nasal polyps – Mayo Clinic. (2019). Retrieved October 22, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/symptoms-causes/syc-20351888  Steroid nasal sprays – NHS. (2020). Retrieved October 22, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/steroid-nasal-sprays/  Nasal corticosteroid sprays – MedlinePlus. (2019). Retrieved October 22, 2020, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000404.htm#:~:text=A%20nasal%20corticosteroid%20spray%20reduces,lining%20of%20the%20nasal%20passage  Antihistamines – NHS.

(2020). Retrieved October 22, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/antihistamines/  Nasal Polyps – Cedars Sinai. (n.d.). Retrieved October 22, 2020, from https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/n/nasal-polyps.html  Treatment for Nasal Polyps – Fairview.

(n.d.). Retrieved October 22, 2020, from https://www.fairview.org/sitecore/content/Fairview/Home/Patient-Education/Articles/English/t/r/e/a/t/Treatment_for_Nasal_Polyps_90555  Aspirin Sensitivity & Aspirin Desensitization – Cleveland Clinic. (2015). Retrieved October 22, 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/15629-aspirin-sensitivity–aspirin-desensitization#:~:text=Treatment%20of%20AERD%20is%20a,to%20the%20public%20in%201899 .  Ma, C., Ma, Z., Fu, Q., & Ma, S.

(2013). Curcumin attenuates allergic airway inflammation by regulation of CD4+CD25+ regulatory T cells (Tregs)/Th17 balance in ovalbumin-sensitized mice. Fitoterapia, 87, 57-64. https://doi.org/10.1016/j.fitote.2013.02.014 Â Jun, Y., Kang, P., Min, S., Lee, J., Kim, H., & Seol, G. (2013). Effect of Eucalyptus Oil Inhalation on Pain and Inflammatory Responses after Total Knee Replacement: A Randomized Clinical Trial.

Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine20131-7. https://doi.org/10.1155/2013/502727  Wu, Y., Xu, Y., & Yao, L. (2012). Anti-inflammatory and Anti-allergic Effects of German Chamomile (Matricaria chamomillaL.). Journal Of Essential Oil Bearing Plants15 (1), 75-83. https://doi.org/10.1080/0972060X.2012.10644022  Horváth, G., & Ács, K. (2015).

Essential oils in the treatment of respiratory tract diseases highlighting their role in bacterial infections and their anti-inflammatory action: a review. Flavour And Fragrance Journal30 (5), 331-341. https://doi.org/10.1002/ffj.3252 Â Chauhan, B., & Ducharme, F. (2012). Anti-leukotriene agents compared to inhaled corticosteroids in the management of recurrent and/or chronic asthma in adults and children.

Cochrane Database Of Systematic Reviews. https://doi.org/10.1002/14651858.cd002314.pub3  Carson, C. F., Hammer, K. A., & Riley, T. V. (2006). Melaleuca alternifolia (Tea Tree) oil: a review of antimicrobial and other medicinal properties. Clinical obat hidung pengar reviews19 (1), 50–62.

https://doi.org/10.1128/CMR.19.1.50-62.2006  Yadav, N., & Chandra, H. (2017). Suppression of inflammatory and infection responses in lung macrophages by eucalyptus oil and its obat hidung pengar 1,8-cineole: Role of pattern recognition receptors TREM-1 and NLRP3, the MAP kinase regulator MKP-1, and NFκB. PloS one12 (11), e0188232. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0188232  Bayan, L., Koulivand, P.

H., & Gorji, A. (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. Avicenna journal of phytomedicine4 (1), 1–14. Mashhadi, N. S., Ghiasvand, R., Askari, G., Hariri, M., Darvishi, L., & Mofid, M. R. (2013). Anti-oxidative and anti-inflammatory effects of ginger in health and physical activity: review of current evidence. International journal of preventive obat hidung pengar4 (Suppl 1), S36–S42. Alobid, I., & Mullol, J.

(2012). Role of medical therapy in the management of nasal polyps. Current allergy and asthma reports12 (2), 144–153. https://doi.org/10.1007/s11882-012-0247-6  …hal terakhir obat janganlah diteteskan kedalam telinga, melainkan kedalam hidung! Semua tetes hidung mengandung suatu zat pengawet untuk menghindarkan pertumbuhan kuman dan jamur.

Obat tetes hidung harus memenuhi persyaratan tertentu(isotonis) agar jangan merusak selaput lendir dan lapisan bulu getarnya. Cara menggunakan: Terlebih dahulu dibersihkan kedua lubang hidung, lalu kepala dimiringkan kebelakang sejauh mungkin. Melalui pipet, tetesan dim… …am hidung. Adakalanya spray mengandung obat yang tidak dimaksudkan bekerja setempat di hidung, melainkan di organ lain ditubuh. Agar obat dapat diserap baik kedalam darah, maka dalam hal demikian obat perlu disemprotkan sedalam mungkin kedalam rongga hidung.

Cara menggunakan: Setelah kedua lubang hidung dibersihkan dengan baik, kepala ditegakkan dan bagian depan dari alat spray diletakkan dibawah lubang hidung.

Lalu obat disemprotkan, sambil mengh… …unakan 4 kali sehari dengan efek setelah 2-4 minggu. Tersedia sebagai serbuk inhalasi dan dalam obat tetes hidung dan mata. Sebagai efek samping dapat terjadi rangsangan mukosa hidung. Dosis: inhalasi 4 kali sehari 1 sedotan, tetes mata /hidung 3-4 kali sehari ½ tetes larutan 2%. Ksilometazolin (otrivin)…. …etes hidung hanya untuk 3-5 hari, karena dapat mengakibatkan kebiasaan dan hidung tersumbat kronis.

Dosis: tetes hidung 0,1% 1-3 kali sehari 2 tetes ditiap lubang, anak 2-6 tahun larutan 0,05%. Oksimetazolin (Afrin, Iliadin) adalah derivate dengan kerja yang sama. Berkhasiat sebagai antioksidan, seperti ksilometazolin. Tetes hidung 0,05 dan obat hidung pengar. b. Antazolin (komb.

Indofrin A) adalah zat antihistamin di kapiler dan ujung saraf obat hidung pengar dengan demiki… …gau) sebesar ±0,3 mm dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Gangguan demikian disebut rhinitis alergis. Ciri-cirinya yang khas adalah ingus yang sangat encer, kelopak mata dan hidung membengkak dan gatal. Penurunan kelembapan udara oleh mesin penyejuk (aircon) juga dapat mengiritasi mukosa hidung dan menimbulkan flu…. …isalnya minyak kayu putih atau salep vicks, guna memperkuat efeknya.

Tetes hidung Larutan garam dapur 2% juga berkhasiat mencairkan dahak yang liat, berkat sifatnya menarik air dari sel-sel selaput lendir dan menahannya.

obat hidung pengar

Larutan ini dapat dengan mudah dibuat sendiri dengan melarutkan 1 sendok the penuh garam dapur dalam 1 gelas air hangat (± 4g dalam 200 cc air). Dengan sebuah pipet diteteskan 3-6 kali sehari 10-20 tetes disetiap lubang hidung. Ka… …tau bersentuhan dengan bagian tubuh yang sakit, misalnya pipet tetes mata, hidung, atau telinga. Oleh karena itu, penggunaan obat harus teliti, yaitu setelah digunakan, wadah obat segera ditutup kembali dengan baik.

Pipet/sendok ukur segera dibersihkan dan dikeringkan. Pada setiap kemasan harus dicantumkan bagaimana cara menyimpan obat dan tanggal kadaluwarsanya.

Tanggal kadaluwarsa tidak berlaku bila kemasan asli sudah dibuka.

obat hidung pengar

Obat tetes mata rat… • 1 • 2 • » Pembahasan obat hidung pengar hidung pengar ini tentu saja masih berkaitan dengan pipet kaca di alfamart, Asam lambung karena sabu sabu, cara menyimpan tembakau, apa manfaat mentega untuk tanduk domba, birowi obat kompres, sirup rnivel, Obat batuk silex aman untuk lambung, Artikel tentang kesehatan, artikel kesehatan masyarakat language:id, artikel bahasa inggris kesehatan dan topik menarik lainnya di situs ini.
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tidak dapat mencium bau tertentu atau bahkan tidak dapat mencium berbagai jenis bau-bauan.

Bagi anda atau saudara Anda yang sedang mengalami penyakit tersebut Anda dapat dengan segera mengobatinya dengan berbagai cara mengobati seseorang yang tidak bisa mencium bau. Adapun beberapa cara mengobati tidak bisa mencium bau adalah sebagai berikut. Cara mengobati tidak bisa mencium bau 1. Terapi kayu manis Salah satu cara untuk mengobati tidak bisa mencium bau adalah dengan melakukan terapi kayu manis.

Hal ini disebabkan Kayu Manis dapat digunakan untuk membantu dalam mengatasi hilangnya penciuman yang sedang anda Derita. Selain digunakan untuk mengatasi tidak dapat mencium bau, ternyata kayu manis juga dapat menjadi salah satu obat herbal kesemutan yang dapat juga dikatakan mujarab dalam penanganannya.

obat hidung pengar

2. Melakukan inhalasi uap Dengan melakukan inhalasi uap atau menghirup uap dapat membantu untuk mengembalikan indra penciuman Anda yang tadi nya hilang. 3. Mengkonsumsi cabe rawit Beberapa kandungan yang terdapat di dalam cabe rawit dapat membantu untuk mengatasi masalah Tidak bisa mencium bau yang sedang anda derita sehingga Anda dapat sembuh dengan mengkonsumsi cabe rawit ingin.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh cabe rawit dengan madu. Cabe rawit sejatinya memang merupakan cabe yang memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin C yang juga banyak pada cabe rawit tersebut, tetapi perlu pula diketahui bahwa ternyata didalam manfaat cabe rawit juga terdapat bahaya cabai rawit jika terlau banyak dalam pengkonsumsiannya. 4. Menggunakan bawang putih Selain dapat digunakan untuk bumbu masakan ternyata bawang putih juga sangat efektif digunakan untuk membantu mengembalikan indra penciuman ada yang hilang.

Bawang putih dapat membantu untuk melancarkan hidung yang tersumbat. Bawang putih memiliki manfaat salah stunya dapat digunakan untuk mengembalikan indra penciuman yang tadinya tidak dapat mencium, tetapi ternyata dalam bawang putih ini terdapat efek samping bawang putih yang dalam efek samping bawang putih tersebut terdapat bahaya bawang putih mentah yang perlu dihindari.

5. menggunakan Sari lemon Menggunakan Sari lemon juga dapat mengatasi tidak dapat mencium bau yang sedang anda Derita. Hal ini disebabkan karena Sari lemon dapat membantu untuk mengembalikan kemampuan indra penciuman anda dengan baik.

Dengan mengkonsumsi sari lemon ini dapat membatu penciuman kembali normal dan dapat mencium berbagai bau yang tadinya penciuman tersebut tidak begitu berfungsi, pengkonsumsia sari lemon ini dapat dikonsumsi setiap hari. Tahukah anda bahwa ternyata jahe dapat meningkatkan sensorik Anda sehingga jahe merupakan cara yang efektif digunakan untuk mengobati masalah penciuman yang sedang anda Derita. Selain mengobati tidak dapat mencium bau, jahe juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat flek paru-paru, Namun obat hidung pengar adanya manfaat dari mengkonsumsi jahe, tenyata bagi mereka yang tidak obat hidung pengar dengan jahe dapat menimbukan efek samping jahe terutama bagi kesehatan mereka.

jadi sebelum menggunakan ketahuilah apakah tubuh menerima jahe atau tidak. 7. Dengan minyak jarak Cara terakhir untuk mengatasi tidak dapat mencium bau adalah menggunakan minyak jarak sebab minyak jarak merupakan salah satu pengobatan herbal yang baik untuk mengatasi hilangnya penciuman anda.

Itulah 7 cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit obat hidung pengar dapat mencium bau yang sedang anda Derita.

obat hidung pengar

Semoga dengan adanya artikel cara mengobati tidak dapat mencium bau obat hidung pengar membantu anda dalam mengatasi masalah yang sedang anda Derita. Related Posts • 8 Cara Mengobati Radang Hidung Paling Cepat dan Ampuh • Hidung Tersumbat Setiap Hari – Penyebab dan Penanganan • 14 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Anak – Dewasa • 25 Cara Mengobati Paru-paru Basah secara Alami • Pandji Pragiwaksono Sempat Mondok Karena Sleep Apnea, Intip 6 Cara Mengobati Sleep Apnea Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya! MOMSMONEY.ID - Hangover atau pengar adalah keadaan tidak nyaman setelah bangun tidur di pagi hari, akibat mabuk atau terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol.

Hangover atau yang dalam istilah medis disebut “veisalgia” punya gejala umum, yakni pusing, sakit kepala, linglung, haus, dan tidak enak badan. Keadaan ini biasa disebut dengan hidung pengar atau kondisi yang tidak nyaman. Keadaan ini tentu mengganggu, karena gejalanya bisa bertahan seharian. Untuk meredakan pengar dengan lebih cepat, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini.

1. Asparagus Senyawa yang ditemukan dalam asparagus membantu memecah alkohol, sehingga memungkinkan toksin lebih cepat ke luar dari dalam tubuh. Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa Yang Wajib Anda Tahu 2. Air kelapa Kandungan elektrolit dan potasium tinggi dalam air kelapa mampu secara alami menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa punya keunggulan lagi yaitu lebih mudah dicerna tubuh. 3. Air lemon Saat kamu mengonsumsi minuman keras, organ hati akan bekerja dua kali lebih keras untuk menyaring zat racun dari aliran darah, supaya tak sampai ke organ lainnya.

Untuk membantu hati obat hidung pengar proses detoksifikasi, kamu bisa minum satu gelas campuran air dan setengah buah lemon.

4. Jahe Jahe selama ini dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan mual. Gejala yang sama dialami mereka yang baru sadar dari keadaan mabuk, yakni rasa mual berlebihan. Anda bisa memanfaatkan jahe untuk meminimalisir rasa mual dan muntah. Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap 5. Jus tomat Untuk memulihkan tubuh setelah "minum" semalaman, Anda bisa konsumsi jus tomat segar pagi harinya. Hal ini bisa membantu dalam pencernaan alkohol dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan jus tomat bisa meningkatkan fungsi kerja hati, yang berarti mempercepat pencernaan alkohol. Kandungan antioksidan tinggi dan vitamin dalam tomat juga bisa mengembalikan nutrisi tubuh yang hilang. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi setelah minum alcohol untuk menghilangkan pengar atau hangover. Semoga bermanfaat! Selanjutnya: Mitos Tentang Makanan yang Menyembuhkan Covid-19 Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sebenarnya apa obat hidung pengar hidung tersumbat dan apa obat alami hidung tersumbat yang ampuh?

Obat tersumbat memang merupakan problem yang membuat banyak orang tidak nyaman… …Apalagi karena bisa membuat suasana hati tidak enak dan bisa membuat beberapa kegiatan harian menjadi terganggu. Tentu saja ini harus segera diatasi hingga tuntas bukan? Anda tak perlu bingung. ada beberapa obat alami hidung tersumbat yang bisa Anda coba. Di bawah ini Anda juga akan bisa membaca ulasan lengkap mengenai penyebab hidung obat hidung pengar, obat hidung tersumbat di apotek, serta obat hidung tersumbat untuk bayi dan anak.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 4 Penyebab Hidung Tersumbat Sebenarnya apa penyebab hidung tersumbat? Ada beberapa penyebab yang harus Anda waspadai, obat hidung pengar 1. Flu Penyebab hidung tersumbat yang pertama tentu saja flu. Flu atau influenza adalah penyebab umum hidung tersumbat. Ini karena adanya virus yang menyerang pernapasan.

Berita baiknya flu bisa sembuh sendiri, namun juga bisa menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan untuk tubuh Anda. 2. Batuk pilek Penyebab hidung tersumbat yang kedua adalah batuk flu. Batuk pilek bisa terjadi karena ada kotoran, infeksi maupun peradangan yang menyerang saluran napas di bagian atas. Untuk pilek ini Anda tidak perlu khawatir obat hidung pengar akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari.

3. Sinusitis Akut Selanjutnya, penyebab obat hidung pengar hidung tersumbat adalah karena sinusitis akut. Kondisi ini berkaitan dengan batuk pilek. Hidung tersumbat terjadi saat jaringan yang ada di dalam hidung meradang dan membengkak.

Ini membuat rongga hidung Anda menyempit. Hal ini juga akan meningkatkan produksi lendir yang lebih banyak. 4. Reaksi alergi Keempat, penyebab dari hidung tersumbat yang umum terjadi adalah karena adanya reaksi terhadap alergi. Saat Anda terpapar oleh zat-zat yang menyebabkan alergi (alergen), maka akan terjadi reaksi alergi. Bisa berupa obat hidung pengar maupun pilek. Kedua reaksi alergi inilah yang akan menyebabkan terjadinya hidung tersumbat.

3 Obat Hidung Tersumbat di Apotik Lalu, apakah ada obat hidung tersumbat yang bisa Anda temui di apotek? Anda tidak perlu khawatir, tentu saja ada. Anda bisa memilih obat-obatan generik yang sudah terjamin maupun obat-obatan herbal yang juga banyak beredar.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih obat bagi kondisi hidung tersumbat yang Anda alami. Pertama, tentu Anda harus memilih obat hidung tersumbat di apotek yang memang terjamin aman. Anda bisa meminta rekomendasi pada petugas apotek maupun apoteker yang berjaga di apotek.

Dengan meminta rekomendasi, Anda akan bisa tahu mana obat hidung tersumbat yang benar-benar aman untuk tubuh Anda. Untuk memilih obat hidung tersumbat di apotek tentu saja Anda harus lebih memilih obat yang memang sudah benar-benar terpercaya dan terjamin. Tanyakan juga apakah efek samping dari obat tersebut dan apakah obat tersebut aman bagi Anda.

Anda juga bisa menjelaskan obat hidung pengar hidung tersumbat yang Anda alami untuk lebih amannya. Berikut adalah referensi beberapa obat hidung tersumbat yang ada di apotek: 1. Fludexin Fludexin merupakan obat hidung tersumbat yang biasa diresepkan oleh dokter kepada pasien yang mengalami hidung tersumbat. Obat ini dapat meredakan flu dan batuk, pilek, sinusitis dan rinitis alergik. Bentuk obat ini cair. Aturan pakai untuk anak usia 6 sampai 12 tahun yaitu 2 kali sehari sebanyak 2 sendok takar.

2. Fludane Plus Fludane Plus dapat mengatasi flu, demam tinggi dan hidung tersumbat, batuk dan sakit kepala. Bentuk obat ini ialah cair.

Aturan pakai untuk orang dewasa yaitu sehari 3 kali sebanyak 4 sendok takar. 3. Hustab Hustab termasuk obat pereda hidung tersumbat di apotik dalam bentuk pil atau tablet.

Anda bisa membelinya langsung di apotik terdekat, namun tetap perhatikan aturan pakainya. Pada orang dewasa, dosis yang dianjurkan ialah 3 kali sehari sebanyak 3 tablet. Sedangkan untuk anak yaitu 3 kali sebanyak ½ tablet. Jenis obat di atas bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak usia di atas 6 tahun. Lalu, bagaimana jika bayi yang terkena hidung tersumbat? 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dan Anak Berikut adalah ulasan lengkap mengenai aneka macam obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak Anda.

1. Menggunakan minyak kayu putih maupun minyak kayu telon Mengatasi hidung tersumbat yang pertama pada bayi maupun anak Anda adalah dengan menggunakan minyak kayu putih maupun minyak telon. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu: • Dengan menggosokkan minyak telon maupun minyak kayu putih pada tubuh anak. • Kedua, dengan meneteskan minyak telon maupun minyak kayu putih ke dalam air obat hidung pengar. Setelah itu hirupkan uapnya pada anak maupun bayi Anda. Minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai obat cegukan dan obat kuku cantengan.

2. Menggunakan bawang merah dan bawang putih Kenapa tidak menggunakan cara tradisional untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak? Anda bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih. Caranya adalah sebagai berikut: • Untuk anak berusia hingga 2 tahun, Anda bisa menguapi dengan air panas yang ditambah dengan obat hidung pengar bawang putih. Langkah selanjutnya, tengkurapkan anak Anda di atas pangkuan kemudian punggung ditepuk-tepuk pelan.

• Untuk bawang merah, Anda bisa menaruhnya di sekeliling pojok kamar anak. Ini akan membuat kuman dan bakteri yang ada di kamar hilang. Selain itu juga berfungsi untuk menyegarkan udara di sekitar kamar yang pengap. Bawang merah bisa juga Anda manfaatkan sebagai obat demam dan obat biduran. 3. Dengan memijat tubuh anak Tips alami untuk menghilangkan hidung tersumbat pada anak adalah dengan melakukan pemijatan.

Langkah-langkahnya adalah: • Pertama, Anda olesi terlebih dahulu tubuh si kecil dengan minyak minyak telon. • Gosok dada anak dengan gerakan menyilang secara bergantian. • Oleskan minyak telon pada area hidung anak memakai dua jari telunjuk ke arah atas hidung dan melintasi bagian bawah mata, bagian belakang telinga serta leher. Anda bisa mengulangi obat hidung pengar ini sebanyak dua hingga tiga kali hingga hidung tersumbat anak hilang. 4. Dengan memandikan anak menggunakan air hangat Anda bisa memandikan anak dengan menggunakan air hangat untuk meringankan gejala hidung tersumbat pada anak Anda.

Setelah memandikan, Anda disarankan untuk mengoleskan balsem bayi di bagian leher depan dan belakang anak Anda. 3 Obat Alami Hidung Tersumbat Ternyata ada beberapa obat alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati gejala hidung tersumbat. Anda bisa mencoba aneka macam obat alami sebagai berikut: 1.

Meminum banyak air putih Obat alami hidung tersumbat yang pertama adalah dengan meminum banyak air putih. Ya, air putih memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Untuk gejala hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan air putih hangat yang membantu mengencerkan lendir yang ada di saluran hidung.

2. Menggunakan minyak kayu putih Untuk melakukannya, pertama Anda siapkan terlebih dahulu air panas yang ditanbah dengan beberapa tetes minyak kayu putih di dalam baskom. Selanjutnya Anda bisa mencondongkan wajah pada baskom dengan handuk yang menutupi kepala hingga menutupi baskom. Obat hidung pengar proses ini selama kurang lebih 10 menit. 3. Mengunyah bawang putih Obat alami hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan mengunyah bawang putih. Bagi Anda yang tidak terbiasa mungkin akan sangat tidak menyenangkan, jika begitu Anda bisa menumis 1 hingga 2 siung bawang putih bersama dengan pasta maupun sayur-sayuran.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan bawang putih ke dalam air panas. Caranya adalah siapkan mangkuk atau baskom, lalu taruh air hangat ke dalamnya. Tambahkan irisan atau tumbukan bawang putih. Selanjutnya uapilah wajah Anda selama 10 menit. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat pengencer dahak dan obat masuk angin. Bagaimana menurut Anda? Sekarang Anda sudah mengenal seluk beluk mengenai hidung tersumbat dan obat hidung tersumbat bukan?

Semua artikel yang disajikan pada blog ObatAntibiotik.com hanyalah untuk keperluan informasi bagi para pembaca. Informasi yang berada di blog ini dirangkum dari berbagai sumber di Internet, dan bukan dituliskan oleh para ahli di bidangnya. Oleh karena itu, situs ObatAntibiotik.com tidak bertanggung jawab atas ketepatan dan kelengkapan dari informasi yang diberikan.
Hidung mampet jelas adalah kondisi yang begitu mengganggu, entah itu kita alami saat sedang beristirahat atau sedang beraktivitas.

Ada beberapa penyebab hidung bisa mampet, seperti: • Alergi • Sinusitis • Rendahnya tingkat kelembaban udara sehingga menyebabkan iritasi atau pembengkakan. • Pilek atau flu. • Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tak mampu mengatasi serangan jamur yang berada di udara. Anda tak usah repot-repot mencari obat hidung mampet yang terbaik, karena di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba. Obat alami di bawah ini kiranya bisa membantu Anda untuk lebih nyaman ketika beristirahat dan beraktivitas tanpa terganggu oleh mampetnya hidung.

(Baca juga: cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur) 1. Air Putih Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup asupan air setiap harinya agar terhindar dari bahaya dehidrasi.

Saat Anda terhidrasi, maka tubuh pun akan selalu segar dan bugar sehingga obat hidung pengar dari masalah hidung mampet juga. Minum air putih pun bisa membuat iritasi pada saluran hidung lebih ringan, sekaligus juga mencegah timbulnya penyumbatan sinus. Minumlah air hangat untuk melegakan hidung sekaligus mengeluarkan racun yang bersarang di dalam tubuh.

2. Air Garam Untuk mengobati hidung yang tersumbat alias mampet, Anda bisa menggunakan juga air garam hangat. Siapkan saja segelas air hangat yang kemudian bisa ditambahkan garam, larutkanlah dengan cara mengaduk-aduknya sampai rata. Tapi, air garam ini bukan untuk diminum. Air garam hanya digunakan untuk berkumur beberapa kali. Biasanya air garam ini juga dianggap sebagai obat ampuh bagi yang sedang menderita penyakit batuk. Ketika Anda flu dan batuk, obat ini bisa diandalkan karena mampu melegakan penyumbatan di dalam saluran pernapasan sekaligus mengalirkan lendir yang sempat membeku atau menggumpal di dalam hidung.

(Baca juga: bahaya obat hidung pengar ceker ayam) 3. Sup Ayam Makanan satu ini dapat menjadi obat bagi yang sedang menderita flu. Saat sedang flu, sup ayam tak hanya bisa membantu menghangatkan tubuh dan menjadikannya lebih segar, tapi juga bisa melancarkan hidung yang mampet.

Obat ini bahkan sangat nikmat dan bisa Anda konsumsi sewaktu hidung sedang mampet-mampetnya. 1 mangkuk sup ayam yang masih dalam kondisi hangat mampu menjadikan hidung Anda yang tersumbat kembali lega. Ini karena di dalam sup ayam ada sistein yang dapat membantu mengalirkan atau mencairkan lendir yang kental dan menggumpal di dalam hidung.

Penyumbatan bakal terbuka dengan mengonsumsi sup ayam hangat dan buktikan sendiri khasiatnya. 4. Bawang Putih Dalam meredakan masalah hidung mampet, bawang putih merupakan salah satu yang bisa diandalkan berkat antijamur dan antiviral di dalamnya. Rebus saja 2-3 siung bawang putih di dalam secangkir air yang kemudian dicampur bersama 1 ½ sendok teh bubuk kunyit. Minumlah setiap hari sampai penyumbatan pada hidung lega. (Baca juga: efek samping bawang putih) 5.

Minyak Kayu Putih Sepertinya sudah tak diragukan lagi bahwa minyak kayu putih selalu dapat menjadi penyelamat bagi yang menderita masuk angin atau pilek. Kehangatan yang diberikan oleh bahan obat satu ini sangat luar biasa. Di dalamnya pun diketahui mengandung agen anti-inflamasi serta dekongestan yang sangat ampuh.

Tuang sedikit minyak ini ke ujung jari obat hidung pengar, lalu oleskan ke area antara atas bibir dan bawah hidung Anda. Memang cukup panas, namun otomatis penyumbatan di dalam hidung akan terlegakan secara instan.

Bila sudah hilang efeknya dan hidung mulai tersumbat lagi, pakailah lagi minyak ini kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya. 6. Cuka Sari Apel Tak sekadar membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi atau menurunkan kadar tekanan darah tinggi, cuka sari apel memiliki manfaat lainnya.

Lendir di dalam hidung yang mengental akan membuat hidung sulit bernapas, maka cuka sari apel siap mencairkan dan mengalirkan lendir tersebut secara alami. Cara pemakaian cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel bersama dengan sesendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Minumlah ramuan ini sehari 2-3 kali demi hasil yang maksimal sehingga hidung tak lagi mampet.

Konsumsilah selama beberapa hari berturut-turut agar Anda bisa merasakan efeknya yang begitu baik. (Baca juga: cara menjaga kesehatan hidung) 7. Lada Hitam Untuk penyumbatan pada hidung dan saluran pernapasan, lada hitam siap membantu agar hidung tak mampet lagi. Anda bisa menggunakan sedikit lada hitam yang dicampur dengan 3 tetes minyak wijen.

Setelah kedua bahan tercampur, Anda dapat mengoleskan campuran ini dengan jari pada area bawah hidung. Aromanya memang kuat dan malah akan membuat Anda bersin, tapi tak masalah karena setelah itu Anda akan merasakan kelegaan.

8. Teh Herbal Bila ingin merasa lebih baik, Anda bisa menggunakan teh herbal untuk melegakan hidung yang mampet. Obat herbal selalu lebih terpercaya dan tentunya aman tanpa efek samping. Jadi, tak ada salahnya untuk meminum teh peppermint, rosemary, atau kamomil. Anda bisa membuat salah satu dari teh tersebut dan meminumnya secara obat hidung pengar sampai hidung tidak lagi mampet. Obat hidung pengar bisa melancarkan pernapasan, teh-teh tersebut juga sangat baik dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Setiap harinya, minumlah 2-3 kali teh herbal ini supaya kondisi tubuh serta hidung cepat membaik. (Baca juga: penyebab hidung gatal) 9. Bawang Merah Bila sebelumnya ada bawang putih yang sudah disebutkan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan bawang merah kali ini.

Tak usah ragu dikarenakan adanya efek samping bawang merah karena asalkan tidak menggunakannya berlebihan maka tak akan berbahaya. Cukup siapkan saja sesiung bawang merah. Kupaslah lebih dulu dan potong, barulah setelahnya Anda bisa mencium aromanya selama sekitar 4-5 menit. Percaya atau obat hidung pengar, cara sederhana ini sangat mujarab karena ada kelegaan yang didapat ketika menghirupnya.

Hidung yang tadinya penuh sumbatan dan serasa sulit untuk bernapas akan kembali lega. 10. Makanan Pedas Bila Anda menggemari makanan pedas, tak salah kalau Anda mencoba menggunakannya sebagai obat pereda hidung tersumbat.

Tambahkan bawang putih, jahe, bawang merah, bawang bombay, atau cabai ke dalam makanan Anda. Nikmatilah rasa pedas dari makanan tersebut dan biasanya karena efek kepedasan, cairan hidung yang tadinya kental dan menyumbat pun akan menjadi lebih encer. Dengan demikian, hidung tidak akan mampet lagi. 11. Minyak Mustard Satu lagi obat alami yang bisa juga Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan mampet.

Minyak mustard dapat Anda pakai sebanyak 2-3 tetes saja yang langsung diteteskan pada lubang hidung Anda. Efek lega yang diberikan cukup cepat sehingga Anda akan merasakan bahwa hidung lebih enakan dan mampu bernapas lega.

(Baca juga: penyebab hidung berair) 12. Jus Tomat Bahan sederhana lainnya yang juga alami tapi efektif adalah jus tomat. Anda bisa meminumnya 2 gelas sehari. Anda bisa menambahkan saus pedas sesendok makan, jus lemon sesendok makan, dan bawang putih yang sudah dihaluskan sesendok makan ke dalam secangkir jus tomat yang mendidih. Rasanya akan begitu lega ketika meminumnya rutin. 13. Lemon Jus lemon adalah teman yang baik juga untuk para penderita hidung mampet dengan penggunaan yang super mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan jus lemon sebanyak 2 sendok makan dengan bubuk lada hitam sebanyak ¼ sendok teh yang ditambahkan dengan sedikit garam. Aplikasikan larutan ini pada area bawah hidung atau bagian kening supaya hidung tak lagi merasa tersumbat.

14. Jahe Rempah ini sangat ampuh untuk yang sedang menderita penyakit batuk, namun tak salah juga bila Anda ingin mencobanya demi melegakan hidung yang mampet. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan lemon dan madu pada teh jahe Anda. Membuat teh jahe sangat gampang, cukup dengan parutan jahe dimasukkan ke dalam segelas air panas, tunggu sebentar, Anda bisa meminumnya setelah lebih hangat. (Baca juga: cara mengatasi hidung tersumbat) 15. Daun Kemangi Lalapan satu ini cukup digemari dan pada umumnya, orang-orang menyantapnya karena suka atau bertujuan untuk mengatasi bau mulut.

Rupanya, dengan mengunyah-ngunyah 3-4 lembar daun kemangi sebelum sarapan dan sebelum tidur malam, Anda bisa melegakan kembali hidung yang mampet. Anda juga bisa mencoba membuat teh daun kemangi yang kalau diminum efeknya pun sama berkhasiatnya ketika Anda menjadikannya sebagai lalapan.

Meminumnya secara rutin bakal menjadikan hidung lega secara efektif. 16. Madu Bahan alami selanjutnya adalah madu, tapi pastikan bahwa yang Anda dapatkan adalah madu murni. Anda bisa menyiapkan lebih dulu segelas air hangat yang kemudian ditambahkan dengan madu murni sebanyak 2 sendok teh. Campurkan sampai rata dan minumlah setiap hari sampai kondisi hidung tak lagi mampet. 17. Jus Buah Sebetulnya tidaklah sulit untuk menemukan obat bagi hidung yang mampet, jus buah yang sederhana juga berkhasiat.

Selain baik obat hidung pengar menjaga kesehatan, jus buah yang ditambah dengan beberapa tetes minyak oregano adalah obat hidung mampet yang manjur. Supaya hasilnya jauh lebih efektif, jus buah perlu ditambah dengan minyak oregano, namun takarannya tak perlu berlebihan. (Baca juga: penyebab hidung tersumbat sebelah) Apapun penyebab hidung mampet yang Anda alami, tak perlu kesulitan lagi mencari obat yang benar-benar alami tapi ampuh. Daftar 17 obat tersebut terbilang mudah dijumpai dan disiapkan.

Efektivitasnya pun tak usah diragukan lagi, jadi Anda dapat langsung memraktikkannya tanpa bingung-bingung lagi. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!Radang selaput lendir hidung disebut juga sebagai rhinitis alergi. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan pada zat yang tertentu yang terhirup sehingga mengakibatkan gejala alergi.

Penyebab kondisi ini biasanya adalah pohon, serbuk sari rumput, tungau debu, spora jamur serta ketombe hewan peliharaan. Kondisi radang hidung ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, pilek, hidung gatal, bersin-bersin, sakit tenggorokan hingga sakit kepala.

Bahkan disertai pula gejala mata berair atau bengkak, batuk kering, kelemahan, kelelahan dan lingkaran hitam di bawah mata. Berikut dijelaskan lebih lanjut cara mengobati radang hidung dengan aman dan cepat yang dapat Anda coba.

• Air Garam Obat hidung pengar pertama untuk mengatasi radang hidung adalah mencuci hidung menggunakan air garam. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan baking soda dalam 2 gelas air hangat.

Gunakanlah nose bulb untuk menghirup larutan ini ke dalam lubang hidung dan biarkan larutan tersebut mengalir keluar melalui lubang hidung. Tiuplah hidung Anda secara perlahan untuk membuang sisa larutan atau lendir obat hidung pengar lakukan cara ini pada lubang hidung lainnya.

Anda pun dapat melakukan cara ini hingga alergi hidung sembuh atau membaik.

obat hidung pengar

Air garam juga dapat Anda konsumsi sebagai cara mengatasi rhinitis alergi dan cara mengobati polip secara alami. • Uap Dengan menghirup uap secara teratur, saluran hidung dan lendir yang berlebihan bahkan iritasi dapat teratasi.

Uap sangat membantu menyingkirkan gejala radang hidung seperti hidung tersumbat, bersin-bersin dan sakit tenggorokan. Caranya tuangkan air mendidih dalam sebuah wadah besar kemudian tambahkan minyak esensial seperti minyak kayu putih sebanyak 3-4 tetes.

Setelah itu tutuplah kepala Anda dengan handuk dan condongkan obat hidung pengar atas wadah tersebut. Hiruplah dalam-dalam uap tersebut selama 5-10 menit dan tiuplah hidung secara menyeluruh.

Anda dapat menerapkan cara mudah hingga alergi hidung sembuh. • Kunyit Kunyit mengandung antioksidan kuat dan anti flamasi yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Rempah-rempah satu ini juga dapat meringankan gejala radang hidung seperti hidung tersumbat, mulut kering dan bersin-bersin.

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan madu masing-masing sebanyak 6 sendok makan kemudian simpanlah campuran ini dalam wadah tertutup. Konsumsilah ramuan ini sebanyak 1 sendok teh 2 kali setiap hari pada saat musim alergi tiba. Alternatif lainnya Anda dapat menambahkan kunyit pada 1 gelas susu hangat atan masukkan kunyit dalam masakan setiap hari. • Bawang Putih Kandungan kuersetin dan antihistamin alami dalam bawang putih dapat menyembuhkan radang hidung akibat alergi. Untuk mengobati radang hidung dengan bawang putih, Anda cukup mengunyahnya dalam keadaan mentah sebanyak 2-3 siung tiap hari.

Selain itu, Anda pun dapat menambahkan bawang putih mentah maupun bawang putih bubuk dalam masakan untuk memerangi gejala radang hidung. Anda pun dapat menggunakan obat hidung pengar putih ini sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.

obat hidung pengar

{INSERTKEYS} [AdSense-B] • Jahe Di dalam jahe terdapat zat antihistamin alami, antibakteri, antivirus, ati flamasi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, jahe juga sangat baik dikonsumsi sebagai cara mengatasi suara hilang akibat batuk. Kandungan zat-zat bermanfaat ini tentu saja dapat meringankan gejala radang hidung seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, hidung meler hingga sakit kepala.

Cara meramu jahe sebagai obat radang hidung juga mudah. Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan jahe parut, cengkeh serta kayu manis ke dalam 1 cangkir air. Setelah itu rebuslah campuran tersebut selama 5 menit dan saringlah sarinya. Tambahkan madu dan sari lemon pada sari jahe tersebut dan minumlah sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal. • Vitamin C Tidak hanya digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu, Vitamin C juga dapat menyembuhkan segala jenis luka maupun peradangan.

Untuk mengatasi radang hidung, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, nanas, tomat dan strawberry. • Sup Sup dapat dikonsumsi sebagai cara menyembuhkan hidung meler, mengatasi radang hidung dan gejala tenggorokan kering.

Hal ini karena di dalam sup terdapat protein, mineral serta vitamin yang dapat menyembuhkan luka. Anda perlu mencoba mengonsumsi sup ayam hangat kaya daging dan sayuran yang dapat mengencerkan hidung tersumbat. • Konsumsi Makanan Pedas Menurut beberapa riset, makanan-makanan pedas seperti cabai dan lobak dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyumbatan pada hidung. Hal ini karena di dalam makanan pedas terdapat capsaicin yang sangat berkhasiat untuk menipiskan lendir yang keluar dari hidung.

Itulah 8 cara mengobati radang hidung dengan mudah dan cepat tanpa efek samping yang dapat Anda coba. Biasannya gejala radang hidung ini tidak terlalu diperhatikan karena memang mirip dengan flu biasa. Namun, jika radang hidung yang dialami berlangsung lebih dari 2 minggu, Anda perlu memeriksakannya pada dokter untuk mendapat penanganan lanjut. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Obat dapat dikemas dengan berbagai bentuk salah satunya, bentuk cair dan digunakan dengan cara ditetes. Salah satu obat dalam bentuk ini adalah obat tetes hidung ( nasal spray). Namun, cara pakai obat ini tidak boleh sembarangan.

Seperti apa penggunaan obat tetes hidung yang benar? Simak panduannya berikut ini. Fungsi obat tetes hidung Sebelum memahami bagaimana penggunaan obat tetes hidung yang benar, ada baiknya kita mengetahui dulu fungsi obat yang satu ini. Orang yang memiliki masalah alergi, asma, atau sinusitis (radang sinus) biasanya diresepkan obat tetes hidung oleh dokter.

Obat ini memiliki banyak fungsi pada saluran pernapasan, seperti: • Mengembalikan kelembapan hidung karena udara kering • Membersihkan saluran napas dari bakteri, virus, atau alergen • Mengencerkan lendir kental yang menyebabkan penyumbatan Cara menggunakan obat tetes hidung dengan benar Mungkin Anda bingung bagaimana penggunaan obat tetes hidung yang baik dan benar. Agar tidak salah, simak cara menggunakan obat tetes hidung di bawah ini. 1. Kenali dulu jenis obat tetes hidung yang akan digunakan Terdapat dua jenis obat tetes hidung, yaitu tabung bertekanan dan botol pompa (semprot).

Mengetahui jenis obat membantu Anda untuk menggunakannya dengan benar. Pasalnya, penggunaan kedua obat tetes hidung ini tidak sama. 2. Langkah-langkah menggunakan obat tetes hidung Agar lebih jelas, ikuti cara memakai nasal spray sesuai jenisnya berikut ini. Cara menggunakan obat tetes hidung berwadah tabung bertekanan • Bersihkan hidung dari lendir sebelum menggunakan obat. Caranya, embuskan napas dari salah satu hidung secara bergantian.

Lakukan dengan menekan satu sisi hidung sebelah kanan, sambil mengeluarkan napas dari lubang hidung sebelah kiri. • Pastikan tabung pas dengan dudukannya. Sebelum menggunakan obat tetes hidung, kocok obat perlahan beberapa kali. • Jaga kepala Anda tetap tegak dan tarik napas secara perlahan. • Letakkan ujung obat di salah satu hidung (lihat gambar di atas). Kemudian, gunakan jari Anda untuk menutup lubang hidung satunya, yang tidak diberi obat.

• Tekan tabung itu saat Anda mulai bernapas pelan melalui hidung. Ulangi langkah ini pada bagian lubang hidung satunya. • Usahakan untuk tidak bersin atau membersihkan hidung seperti langkah pertama, setelah Anda menggunakan obat. Cara menggunakan obat tetes hidung berwadah botol pompa • Sebelum menggunakan obat, bersihkan hidung Anda dari lendir.

Embuskan napas dari salah satu hidung secara bergantian. Lakukan dengan menekan satu sisi hidung sebelah kanan, sambil mengeluarkan napas dari lubang hidung sebelah kiri. • Lepaskan tutup obat dan kocok botolnya perlahan. Ketika pertama kali menggunakan obat ini, Anda mungkin perlu menyemprotkan obat beberapa kali ke udara sampai terlihat kabut halus. • Lalu, tundukkan kepala sedikit ke depan dan tarik napas perlahan. • Pegang botol pompa dengan ibu jari Anda di bagian bawah. Sementara, jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas wadah obat.

• Gunakan jari Anda untuk menutup hidung satunya yang tidak diberi obat (lihat gambar di atas). • Tekan pompa sambil Anda bernapas perlahan melalui hidung. Ulangi langkah ini pada lubang hidung satunya lagi. • Usahakan untuk tidak bersin atau membersihkan hidung seperti poin pertama, setelah Anda menggunakan obat.

3. Supaya pengobatan efektif, ikuti petunjuk ini Selain cara menggunakan obat tetes hidung yang harus benar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain: • Efektivitas obat biasanya akan terlihat setelah Anda menggunakan obat selama 1 atau 2 minggu. Ikuti resep yang diberikan dokter agar pengobatan lebih maksimal.

• Pastikan Anda menghirup udara melalui setiap lubang hidung lebih dulu sebelum menyemprotkan obat. Tujuannya, untuk menghindari obat terbuang sia-sia karena terlalu jauh masuk ke bagian dalam hidung.Ini juga bisa menyebabkan iritasi pada hidung • Gunakan obat tetes hidung berwadah tabung bertekanan dengan benar.

Jangan sampai menetes keluar hidung atau masuk ke bagian belakang tenggorokan. • Agar tetap bersih, jangan lupa mencuci wadah tabung bertekanan setidaknya 1 kali seminggu.

Kemudian, simpan obat di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hentikan penggunaan obat, jika Anda mengalami…. Setelah memakai obat dan Anda merasakan sakit atau sensasi menyengat di bagian dalam hidung, hentikan penggunaan obat selama satu atau dua hari.

How to use nose drops. https://patient.info/news-and-features/how-to-use-nose-drops. Accessed on May 9th, 2019. Nasal Sprays: How to Use Them Correctly. https://www.aafp.org/afp/2000/1215/p2695.html. Accessed on May 9th, 2019. Natural Allergy Relief: Saline Nasal Sprays. https://www.webmd.com/allergies/saline-spray#1. Accessed on May 9th, 2019.
wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang.

Untuk membuat artikel ini, 128 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Ada 17 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 999.359 kali. Lendir hidung atau ingus adalah cairan kental, jernih, dan lengket yang berfungsi sebagai filter terhadap partikel udara yang tidak diinginkan untuk mencegahnya masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

Cairan lendir ini merupakan bagian alami dari pertahanan tubuh, namun terkadang dihasilkan secara berlebihan. Lendir yang dihasilkan terlalu banyak ini bisa membuat Anda frustasi saat berusaha mengatasinya, bahkan tampak seperti tidak akan pernah berhenti. Cara yang terbaik untuk menghilangkan lendir dari saluran hidung adalah dengan menentukan penyebabnya dan mengatasi masalah tersebut. Hal yang lazim menyebabkan produksi lendir di hidung berlebihan adalah reaksi alergi, rinitis nonalergi, infeksi, dan abnormalitas struktur hidung.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/60\/Get-Rid-of-Mucus-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/60\/Get-Rid-of-Mucus-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kunjungi dokter jika ada tanda-tanda infeksi.

Jika masalah akibat ingus dan sumbatan sinus Anda telah alami dalam jangka panjang, kemungkinan ada bakteri yang tumbuh dalam sinus dan menyebabkan infeksi sinus. [1] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Gejala infeksi sinus meliputi tekanan, sumbatan, dan nyeri sinus dalam waktu lama, atau sakit kepala selama lebih dari 7 hari.

• Jika Anda demam, kemungkinan Anda mengalami infeksi sinus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/74\/Get-Rid-of-Mucus-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/74\/Get-Rid-of-Mucus-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Perhatikan perubahan pada ingus.

Jika warna ingus berubah dari jernih menjadi kehijauan atau kekuningan atau mulai berbau, kemungkinan ada pertumbuhan bakteri dalam saluran sinus Anda. • Saat sinus Anda tersumbat, ingus dan bakteri yang hidup secara alami akan terperangkap. Jika sumbatan dan tekanan sinus tidak diatasi, bakteri yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi sinus. • Anda juga mungkin mengalami infeksi sinus akibat virus jika sumbatan dan tekanannya disebabkan oleh flu.

• Antibiotik tidak efektif untuk mengatasi infeksi virus. Jika Anda menderita flu, atasi dengan seng, vitamin C, dan/atau pseudoefedrin.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e5\/Get-Rid-of-Mucus-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e5\/Get-Rid-of-Mucus-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum antibiotik sesuai resep.

Jika dokter menyatakan bahwa Anda menderita infeksi sinus akibat bakteri, antibiotik mungkin akan diresepkan untuk Anda. Pastikan untuk minum obat ini sesuai resep dan selama jangka waktu yang dianjurkan. [2] X Sumber Tepercaya FamilyDoctor.org Kunjungi sumber • Sekalipun Anda mulai merasa lebih baik dalam waktu singkat, tetap habiskan obat sesuai resep.

Karena jika tidak, akibatnya bakteri akan menjadi resistan terhadap obat. [3] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Menghabiskan obat juga bermanfaat karena mungkin masih ada bakteri yang tersisa dalam saluran sinus Anda. • Ketahuilah bahwa beberapa dokter mungkin meresepkan antibiotik sebelum memperoleh hasil tes yang mengidentifikasi penyebab infeksi sebenarnya. [4] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Anda boleh meminta dokter melakukan tes kultur untuk memastikan antibiotik yang diresepkan sudah tepat.

• Jika gejala Anda tidak kunjung membaik setelah menghabiskan antibiotik yang diresepkan, beri tahukan hal ini kepada dokter Anda. Anda mungkin membutuhkan antibiotik yang berbeda. • Konsultasikan dengan dokter mengenai tes alergi atau langkah pencegahan lainnya jika masalah ini sering Anda alami. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/87\/Get-Rid-of-Mucus-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/87\/Get-Rid-of-Mucus-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cari bantuan medis untuk masalah yang sulit diatasi.

Pada sebagian kasus, produksi ingus berlebihan berlangsung dalam jangka waktu lama, apa pun perawatan yang Anda coba. [5] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami masalah rinitis berkepanjangan, atau produksi ingus berlebihan dalam jangka waktu lama.

• Anda mungkin perlu menjalani serangkaian tes untuk menentukan apakah Anda alergi terhadap benda yang bersentuhan dengan Anda di rumah atau di kantor. • Terlebih lagi, polip mungkin juga terbentuk di hidung, atau ada perubahan struktur sinus yang berperan dalam masalah yang sulit diatasi ini. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Get-Rid-of-Mucus-Step-5-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-5-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Get-Rid-of-Mucus-Step-5-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-5-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsultasikan mengenai abnormalitas struktur sinus.

Abnormalitas struktural yang paling lazim menyebabkan produksi ingus berlebihan adalah pembentukan polip di hidung. [6] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Polip di hidung lama-kelamaan dapat terbentuk. Polip berukuran kecil sering kali tidak disadari dan tidak menyebabkan masalah apa-apa.

• Polip yang berukuran lebih besar dapat menghambat aliran udara melalui saluran sinus, dan menyebabakan iritasi yang memicu produksi ingus berlebihan. • Kemungkinan abnormalitas struktural lainnya meliputi deviasi septum dan pembesaran adenoid, namun biasanya tidak menyebabkan produksi ingus berlebihan.

• Cedera di bagian hidung atau sekitarnya juga dapat menyebabkan abnormalitas struktural, dan terkadang berhubungan dengan gejala seperti produksi ingus berlebihan. Bicarakan dengan dokter jika Anda pernah mengalami cedera di bagian wajah atau hidung.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bf\/Get-Rid-of-Mucus-Step-6-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-6-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bf\/Get-Rid-of-Mucus-Step-6-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-6-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan neti pot.

Neti pot adalah alat yang menyerupai teko kecil. Jika digunakan dengan benar, neti pot dapat mengeluarkan ingus dan bahan pengiritasi yang terperangkap, serta melembapkan saluran sinus Anda. [7] X Teliti sumber • Alat ini bekerja dengan memasukkan air garam atau air distilasi ke dalam salah satu lubang hidung dan membiarkannya keluar melalui lubang lainnya bersama dengan bahan pengiritasi dan kuman yang tidak diinginkan.

• Isi neti pot dengan sekitar 120 ml larutan garam, kemudian membungkuklah di wastafel, miringkan kepala Anda ke salah satu sisi, dan letakkan corongnya di lubang hidung bagian atas. • Miringkan neti pot agar air di dalamnya masuk ke dalam lubang hidung dan mengalir ke lubang hidung lainnya. Ulangi langkah ini pada lubang hidung lainnya. • Proses ini disebut sebagai irigasi karena Anda membilas hidung dengan cairan untuk menyingkirkan ingus dan bahan pengiritasi penyebabnya yang tidak diinginkan.

Gunakan neti pot satu atau dua kali sehari. • Neti pot dapat memberikan efek yang melembapkan dan menenangkan pada sinus. Neti pot dapat dibeli dengan harga yang murah tanpa resep. Pastikan untuk membersihkan neti pot setelah setiap kali digunakan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b7\/Get-Rid-of-Mucus-Step-7-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-7-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b7\/Get-Rid-of-Mucus-Step-7-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-7-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat larutan garam sendiri.

Gunakan air distilasi atau air steril untuk membuat larutan garam jika Anda memutuskan untuk membuatnya sendiri. [8] X Teliti sumber Anda juga bisa menggunakan air yang telah dididihkan dan dibiarkan hingga dingin. Jangan gunakan air langsung dari keran karena mungkin telah terkontaminasi dan mengandung bahan pengiritasi. • Ke dalam 240 ml air, tambahkan ¼ sendok teh garam kosher dan ¼ sendok teh soda kue. Jangan gunakan garam meja biasa. Aduk hingga merata, kemudian masukkan larutan ini ke dalam neti pot.

• Anda bisa menyimpan larutan ini hingga 5 hari dalam wadah bertutup rapat, atau lebih baik lagi dalam lemari es. Biarkan larutan garam mencapai suhu ruangan terlebih dahulu sebelum digunakan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/25\/Get-Rid-of-Mucus-Step-8-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-8-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/25\/Get-Rid-of-Mucus-Step-8-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-8-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berikan kompres hangat ke wajah Anda.

Kompres hangat dapat meredakan nyeri akibat tekanan sinus, serta membantu mengencerkan ingus dan membuatnya mengalir keluar dari dalam sinus Anda. [9] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Basahi handuk atau kain kecil dengan air yang sangat hangat. Letakkan handuk di bagian wajah yang paling terasa tertekan. • Secara umum, kompres mata Anda, bagian tepat di atas alis, hidung, dan pipi, tepat di bawah mata Anda.

• Basahi kain lagi setiap beberapa menit dan tempelkan kembali untuk mengatasi nyeri dan tekanan sinus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fa\/Get-Rid-of-Mucus-Step-9-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-9-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fa\/Get-Rid-of-Mucus-Step-9-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-9-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tidur dengan kepala terangkat.

Posisi tidur ini dapat membantu ingus mengalir keluar di malam hari dan mencegahnya menumpuk di dalam saluran hidung. [10] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Istirahat cukup juga bermanfaat untuk membantu tubuh agar tetap kuat melawan infeksi sinus akibat produksi ingus berlebihan di dalamnya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b6\/Get-Rid-of-Mucus-Step-10-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-10-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b6\/Get-Rid-of-Mucus-Step-10-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-10-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lembapkan ruangan tempat tinggal Anda.

Udara kering dapat mengiritasi dan menyebabkan masalah sinus yang meliputi pilek dan hidung tersumbat. [11] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Humidifier tersedia dalam dua pilihan utama, udara dingin dan hangat, namun ada banyak variasi dari setiap pilihannya. Jika Anda terus-menerus mengalami saluran sinus kering yang menyebabkan rasa tidak nyaman, iritasi, dan keluarnya ingus, pertimbangkan untuk memasang humidifier di rumah Anda. [12] X Teliti sumber • Tanaman di dalam rumah juga dapat meningkatkan kelembapan udara ruangan.

Pilihan ini mungkin bisa Anda gunakan, atau sebagai tambahan selain menggunakan humidifier. • Cara sederhana lainnya adalah melembapkan udara ruangan untuk sementara dengan mendidihkan air di kompor, membuka pintu kamar mandi saat mandi air panas, atau bahkan mengeringkan pakaian Anda di dalam ruangan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9c\/Get-Rid-of-Mucus-Step-11-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-11-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9c\/Get-Rid-of-Mucus-Step-11-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-11-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan uap air.

Uap air dapat membantu mengencerkan lendir di dada, hidung, dan tenggorokan, sehingga dapat Anda keluarkan dengan lebih mudah. [13] X Teliti sumber • Didihkan sepanci air dan letakkan wajah Anda di atas mangkuk air panas, kemudian hirup selama beberapa menit.

• Tutup kepala Anda dengan handuk untuk memusatkan paparan uap ke wajah Anda. • Selain itu, Anda juga bisa mandi air panas untuk membantu mengencerkan lendir. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/12\/Get-Rid-of-Mucus-Step-12-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-12-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/12\/Get-Rid-of-Mucus-Step-12-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-12-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari bahan pengiritasi.

Paparan terhadap bahan pengiritasi seperti asap, perubahan suhu, atau bau bahan kimia tajam, dapat menyebabkan sinus menghasilkan lendir lebih banyak lagi. Terkadang lendir ini akan mengalir ke belakang tenggorokan, yang disebut sebagai postnasal drip, dan terkadang bahan pengiritasi di dalamnya dapat menyebabkan paru-paru menghasilkan lendir yang disebut dengan dahak.

Anda mungkin merasa harus batuk untuk mengeluarkan timbunan dahak. [14] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Berhenti merokok jika Anda perokok. Berusahalah untuk menghindari asap rokok atau cerutu orang lain. • Jika Anda mengetahui asap adalah pemicu masalah Anda, waspadai juga situasi seperti tempat pembakaran sampah di luar rumah, atau berdirilah berlawanan dengan arah angin untuk menghindari asap api unggun.

• Polutan lainnya yang kita hirup juga dapat menyebabkan masalah sinus. Waspadai debu, bulu hewan peliharaan, ragi dan jamur, baik di rumah maupun di kantor.

Pastikan untuk mengganti filter udara Anda secara rutin untuk mengurangi paparan terhadap bahan pengiritasi yang ada dalam udara di rumah Anda. • Asap knalpot, bahan kimia yang digunakan dalam bekerja, dan bahkan kabut asap dapat memicu produksi ingus berlebihan, walaupun bukan bahan penyebab alergi.

Kondisi ini disebut dengan rinitis nonalergi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b3\/Get-Rid-of-Mucus-Step-13-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-13-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b3\/Get-Rid-of-Mucus-Step-13-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-13-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lindungi sinus Anda dari perubahan suhu mendadak.

Jika pekerjaan mengharuskan Anda berada di luar ruangan dalam suhu dingin, hal ini dapat mengakibatkan timbunan lendir yang akan keluar saat Anda memasuki ruangan yang lebih hangat. [15] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Ambil langkah untuk menjaga wajah dan bagian hidung tetap hangat selama Anda harus berada di luar ruangan dalam suhu dingin. • Gunakan topi untuk melindungi kepala, dan pertimbangkan untuk memilih topi yang juga dapat melindungi wajah, mirip seperti masker ski.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/28\/Get-Rid-of-Mucus-Step-14-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-14-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/28\/Get-Rid-of-Mucus-Step-14-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-14-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tiup hidung Anda. Tiup hidung Anda dengan lembut dan benar.

Beberapa pakar menyatakan bahwa meniup hidung justru lebih banyak menimbulkan masalah ketimbang mengatasinya. [16] X Teliti sumber • Tiup hidung Anda dengan lembut.

Bersihkan lubang hidung Anda satu persatu. • Meniup hidung terlalu kuat bisa menimbulkan celah kecil di bagian sinus. Jika ada bakteri atau bahan pengiritasi yang tidak diinginkan di dalam hidung, kemungkinan Anda justru meniupnya semakin jauh ke dalam sinus.

• Selalu gunakan kain bersih untuk meniup hidung, dan cuci tangan hingga bersih setelahnya untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/48\/Get-Rid-of-Mucus-Step-15-Version-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-15-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/48\/Get-Rid-of-Mucus-Step-15-Version-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-15-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum obat antihistamin.

Antihistamin yang dijual bebas sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah sinus yang berhubungan dengan paparan bahan penyebab alergi, atau rinitis alergi.

[17] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Antihistamin bekerja dengan menghambat reaksi yang ditimbulkan oleh paparan bahan penyebab alergi. Dalam reaksi tersebut, histamin akan dilepaskan, dan antihistamin dapat membantu mengurangi respons tubuh terhadap bahan penyebab alergi maupun iritasi.

• Antihistamin paling bermanfaat digunakan pada penderita alergi. Sebagian alergi bersifat musiman, dan sebagian lagi berisiko terjadi sepanjang tahun. • Masalah alergi musiman disebabkan oleh terlepasnya senyawa tanaman di lingkungan saat mulai mekar di musim semi atau gugur. Alergi musim gugur sering kali disebabkan oleh tanaman ragweed. • Pada penderita alergi sepanjang tahun, alergi disebabkan oleh benda lain yang sulit dihindari di lingkungan sekitar.

Hal ini bisa meliputi debu, bulu hewan peliharaan, atau kecoak dan serangga lain yang tinggal di dalam dan sekitar rumah. • Antihistamin memang dapat membantu, namun bagi penderita alergi musiman berat atau penderita alergi sepanjang tahun, terapi yang lebih intensif mungkin diperlukan.

Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui pilihan lainnya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7e\/Get-Rid-of-Mucus-Step-16-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-16-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7e\/Get-Rid-of-Mucus-Step-16-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-16-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan dekongestan.

Dekongestan tersedia dalam sediaan oral dan semprot hidung. Dekongestan oral mengandung bahan aktif fenilefrin dan pseudoefedrin.

Efek samping yang lazim disebabkan oleh obat ini meliputi rasa gugup, pusing, perasaan denyut jantung meningkat, sedikit peningkatan tekanan darah, dan gangguan tidur.

[18] X Sumber Tepercaya FamilyDoctor.org Kunjungi sumber • Dekongestan oral bekerja dengan mempersempit pembuluh darah di saluran hidung, sehingga membantu mengempiskan jaringan yang membengkak. Obat ini dapat mengalirkan lendir dalam jangka pendek, dan menurunkan tekanan sinus sekaligus melancarkan aliran udara sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah.

• Obat yang mengandung pseudoefedrin, pada awalnya dipasarkan sebagai Sudafed, dapat dibeli tanpa resep, namun disimpan di rak bagian dalam apotek karena dikhawatirkan disalahgunakan.

• Anda mungkin akan diminta memberikan data diri, seperti KTP, dan pembelian Anda akan dicatat. Hal ini hanya dilakukan demi keamanan Anda untuk mengendalikan penggunaan pseudoefedrin secara ilegal. • Bicarakan dengan dokter mengenai penggunaan dekongestan oral jika Anda mempunyai masalah jantung atau tekanan darah tinggi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/23\/Get-Rid-of-Mucus-Step-17-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-17-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/23\/Get-Rid-of-Mucus-Step-17-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-17-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan obat semprot hidung.

Dekongestan dalam sediaan semprot hidung atau tetes juga dijual bebas, namun harus digunakan secara hati-hati. Walaupun obat ini dapat membantu melancarkan saluran sinus dan melegakan tekanannya dengan cepat, penggunaan lebih dari tiga hari dapat menyebabkan masalahnya semakin berat.

[19] X Sumber Tepercaya FamilyDoctor.org Kunjungi sumber • Masalah pada saluran sinus akan semakin berat karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan pengobatan yang digunakan, sehingga sumbatan dan tekanan sinus akan kembali, bahkan mungkin lebih berat dibandingkan sebelumnya saat Anda berusaha menghentikan penggunaan obat.

Batasi penggunaan obat ini tidak lebih dari tiga hari untuk mencegahnya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0e\/Get-Rid-of-Mucus-Step-18-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-18-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0e\/Get-Rid-of-Mucus-Step-18-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-18-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pertimbangkan penggunaan kortikosteroid hidung.

Kortikosteroid hidung tersedia dalam sediaan semprot dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran sinus, menghentikan pilek, dan produksi ingus berlebihan akibat bahan penyebab alergi atau iritasi. [20] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Obat ini digunakan dalam perawatan masalah sinus dan hidung kronis. • Sebagian kortikosteroid hidung dijual bebas, dan sebagian lainnya harus dibeli dengan resep.

Flutikason dan triamicinolone merupakan obat yang dapat Anda beli tanpa resep. • Pengguna kortikosteroid hidung sering kali dapat mengatasi masalah sinus dan produksi ingus berlebihan dalam beberapa hari. Pastikan untuk mengikuti panduan penggunaan obat dalam kemasannya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/14\/Get-Rid-of-Mucus-Step-19-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-19-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/14\/Get-Rid-of-Mucus-Step-19-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-19-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan semprotan larutan garam.

Semprotan larutan garam dapat membantu membersihkan ingus dari saluran hidung dan melembapkannya. Gunakan semprotan ini sesuai anjuran, dan bersabarlah. Efeknya mungkin akan terasa setelah beberapa hari, namun Anda harus menggunakannya berulang-ulang untuk merasakan manfaatnya secara keseluruhan. [21] X Sumber Tepercaya FamilyDoctor.org Kunjungi sumber • Semprotan larutan garam bekerja seperti neti pot.

Semprotan ini akan melembapkan jaringan sinus yang rusak dan teriritasi, sekaligus membantu menyingkirkan bahan penyebb alergi dan iritasi. • Semprotan larutan garam efektif untuk melegakan pilek dan produksi ingus berlebihan yang menyumbat hidung dan menyebabkan postnasal drip.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/19\/Get-Rid-of-Mucus-Step-20-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-20-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/19\/Get-Rid-of-Mucus-Step-20-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-20-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum banyak cairan.

Minum air dan cairan lainnya dapat membantu mengencerkan lendir. Walaupun Anda ingin segera dapat mengatasi pilek dan hidung tersumbat, minum cairan dapat mengencerkan ingus. {/INSERTKEYS}

obat hidung pengar

Cairan dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan ingus, sehingga Anda kembali seperti sediakala. [22] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Minum cairan hangat mempunyai dua manfaat. Anda memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh, dan juga dapat menghirup uap cairan hangat atau panas yang Anda minum.

• Cairan hangat apa saja bisa Anda minum, seperti kopi, teh panas, atau bahkan secangkir kaldu atau sup. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/45\/Get-Rid-of-Mucus-Step-21.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-21.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/45\/Get-Rid-of-Mucus-Step-21.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-21.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Obat hidung pengar hot toddy.

Untuk membuat hot toddy, Anda membutuhkan air panas, segelas kecil wiski atau minuman beralkohol lainnya, buah lemon segar, dan sesendok makan madu. [23] X Teliti sumber • Bukti ilmiah menunjukkan bahwa hot toddy mempunyai manfaat untuk mengatasi sumbatan hidung, timbunan ingus, tekanan sinus, sakit tenggorokan, dan gejala sinus yang berhubungan dengan flu.

• Batasi asupan alkohol Anda karena konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat saluran sinus semakin membengkak, sehingga semakin terasa tersumbat, dan meningkatkan timbunan ingus.

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar atau berulang-ulang juga tidak baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, obat hidung pengar harus dihindari. • Buat hot toddy tanpa alkohol menggunakan teh kesukaan Anda sebagai pengganti air dan alkohol. Tetap tambahkan buah lemon segar dan madu. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e8\/Get-Rid-of-Mucus-Step-22.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-22.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e8\/Get-Rid-of-Mucus-Step-22.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-22.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum teh herbal.

Selain manfaat dari menghirup uap air dari secangkir teh panas, kandungan tanaman herbal mungkin juga dapat membantu melegakan masalah sinus Anda. [24] X Teliti sumber • Coba tambahkan pepermin ke dalam secangkir teh hangat. Pepermin mengandung mentol dan sangat bagus untuk membantu melegakan tekanan dan sumbatan sinus, serta timbunan ingus saat dihirup dan diminum bersama secangkir teh. • Pepermin umumnya digunakan untuk membantu mengatasi masalah produksi ingus berlebihan dan sinus.

Pepermin dan mentol juga dapat membantu mengatasi batuk dan sesak pada dada.

obat hidung pengar

• Jangan minum minyak pepermin secara langsung. Jangan gunakan pepermin atau mentol pada bayi. [25] X Teliti sumber • Teh hijau dan suplemen teh hijau telah terbukti mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu mengatasi sebagian gejala yang umumnya berhubungan dengan flu.

Tambah asupan teh hijau yang Anda minum secara bertahap untuk menghindari obat hidung pengar samping yang tidak diinginkan seperti sakit perut ataupun konstipasi. [26] X Teliti sumber • Selain kandungan bahan aktif lainnya, teh hijau juga mengandung kafeina. Penderita penyakit tertentu, dan wanita hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum teh hijau secara rutin. • Teh hijau dapat berinteraksi dengan bermacam obat-obatan.

Misalnya adalah antibiotik, pil KB, obat kanker, obat asma, dan stimulan. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengubah diet atau gaya hidup Anda, terutama jika berkaitan dengan penggunaan suplemen herbal. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bc\/Get-Rid-of-Mucus-Step-23.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-23.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bc\/Get-Rid-of-Mucus-Step-23.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-23.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Redakan dengan produk herbal lainnya.

Berhati-hatilah saat memilih produk herbal, dan selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai menggunakan suplemen herbal. [27] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi tanaman herbal mungkin bermanfaat untuk mengatasi masalah sinus.

Obat sinus herbal yang dijual bebas mengandung campuran bahan-bahan herbal. • Carilah produk herbal yang mengandung cowslip, akar gentian, elderflower, verbena, dan rosela. Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh kombinasi herbal di atas adalah sakit perut dan diare. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e4\/Get-Rid-of-Mucus-Step-24.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-24.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e4\/Get-Rid-of-Mucus-Step-24.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-24.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pertimbangkan untuk menggunakan ginseng.

Akar ginseng varietas Amerika Utara telah diteliti untuk mempelajari lebih jauh manfaatnya dalam pengobatan penyakit. Penelitian itu menghasilkan bukti yang cukup menjanjikan dalam perawatan gejala sinus dan hidung yang berhubungan dengan gejala flu.

[28] X Teliti sumber • Akar ginseng digolongkan sebagai herbal yang "mungkin efektif" pada orang dewasa untuk meredakan frekuensi, tingkat keparahan, dan lamanya gejala flu dirasakan, yang juga meliputi gejala sinus. Tidak ada hasil penelitian yang diketahui mengenai manfaat akar ginseng pada anak-anak. • Efek samping yang dilaporkan akibat penggunaan akar ginseng adalah perubahan tekanan darah, hipoglikemia atau gula darah yang rendah, masalah saluran cerna seperti diare, gatal, dan ruam kulit, sulit tidur, sakit kepala, rasa gugup, dan pendarahan vagina.

• Interaksi obat lazim terjadi pada ginseng, dan meliputi obat skizofrenia, diabetes, depresi, dan pengencer darah seperti warfarin. Orang yang akan menjalani operasi dan kemoterapi sebaiknya tidak menggunakan produk ginseng atau akar ginseng. [29] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fe\/Get-Rid-of-Mucus-Step-25.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-25.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fe\/Get-Rid-of-Mucus-Step-25.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-25.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum elderberry, eukaliptus, dan licorice.

Obat-obatan herbal ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah produksi ingus berlebihan dan sinus. Interaksi mungkin terjadi dengan obat-obat resep, jadi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

[30] X Teliti sumber • Orang-orang dengan kondisi tertentu tidak boleh menggunakan obat-obatan herbal yang disebutkan. Bicarakan terlebih dahulu obat hidung pengar dokter jika Anda hamil atau menyusui, obat hidung pengar diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit autoimun, ginjal, hati, kadar kalium rendah, kanker sensitif obat hidung pengar atau penyakit yang terkait hormon lainnya, jantung, atau kondisi yang mengharuskan Anda menggunakan aspirin atau obat pengencer darah seperti warfarin secara rutin.

[31] X Teliti sumber • Elderberry bermanfaat untuk mengatasi produksi ingus berlebihan dan masalah sinus. Ekstrak elderberry terstandar yang mengandung vitamin C dan herbal lainnya digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. • Minyak eukaliptus adalah sediaan eukaliptus kadar tinggi dan beracun jika ditelan. Namun, eukaliptus terkandung dalam banyak produk obat, terutama pereda batuk. Produk yang mengandung eukaliptus dapat digunakan secara topikal, seperti balsam, atau digunakan dalam jumlah sangat kecil dalam tablet isap pelega tenggorokan.

Anda juga dapat menggunakannya dalam humidifier karena uapnya dapat membantu melegakan hidung tersumbat. • Akar licorice cukup sering digunakan. Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung penggunaan licorice untuk mengatasi sumbatan sinus dan produksi ingus berlebihan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/ed\/Get-Rid-of-Mucus-Step-26.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Mucus-Step-26.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/ed\/Get-Rid-of-Mucus-Step-26.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Mucus-Step-26.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari tentang manfaat echinacea.

Banyak orang menggunakan echinacea, yang merupakan suatu suplemen herbal, untuk mengatasi hidung tersumbat dan timbunan ingus, serta untuk mengatasi gejala yang berhubungan dengan flu. [32] X Teliti sumber • Penelitian ilmiah belum menunjukkan manfaat nyata dari penggunaan echinacea untuk mengobati sumbatan sinus dan mengencerkan ingus, ataupun gejala pada hidung lainnya yang berhubungan dengan flu.

[33] X Teliti sumber • Echinacea tersedia dalam beragam jenis produk yang dibuat dari bagian tanaman yang berbeda. Bagian tanaman yang digunakan tidak selalu jelas, sehingga potensi produk juga mungkin tidak diketahui. [34] X Teliti sumber

Cara Mengobati Sinusitis dengan Bahan Alami #mengobatisinus




2022 www.videocon.com