Tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Kapas adalah serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis Gossypium atau biasa disebut dengan tanaman kapas, tumbuhan ini berasal dari daerah tropika dan subtropika. Serat kapas merupakan bahan penting dalam industri tekstil. Serat dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun menjadi kain.

Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun (benang maupun kainnya). Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami.

Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang. Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas dikarenakan dapat menyerap keringat.

Tanaman kapas secara botanis disebut dengan Gossypium sp dan memiliki sekitar 39 spesies dan 4 spesies diantaranya yang dibudidayakan yaitu : Gossypium herbacium L, Gossypium arberium L, Gossypium hersutum L dan Gossypium barbadense. Tanaman kapas umumnya dikembangbiakkan dari biji. Pada waktu berkecambah calon akar tunggang tumbuh lebih dahulu masuk ke dalam tanah, diikuti oleh keping biji.

Kapas mempunyai akar tunggang yang panjang dan dalam, tergantung pada umur, besarnya tanaman. aerasi, dan stuktur tanah. Akar tunggang sering lebih panjang daripada tanamannya sendiri. Tanaman kapas dalam keadaan normal tumbuh tegak. Batang berwama hijau tua, merah atau hijau bernoktah merah. Batang umumnya berbulu tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari ada pula yang tidak, serta ada yang ujungnya berbulu, pangkalnya tidak berbulu.

Dari setiap ruas, tumbuh daun dan cabang pada ketiaknya. Panjang dan jumlah cabang berbeda-beda menurut jenis cabang dan dipengaruhi oleh lingkungannya. Cabang vegetatif tumbuh pada batang pokok dekat leher akar dan biasanya tumbuh ke atas. Cabang-cabang vegetatif baru dapat berbunga dan berbuah setelah tumbuh cabang generatif.

Banyaknya cabang vegetative bervariasi. biasanya sekitar 3-4 cabang. Cabang generatif tumbuh pada batang pokok atau pada cabang vegetatif. Cabang generatif letaknya mendatar dan langsung membentuk bunga.

Semua bunga dan buah tumbuh pada cabang generatif. Cabangcabang buah yang pertama biasanya dihasilkan pada ketiak daun ke-6 sampai ke-8 ke atas pada batang pokok. Jumlah cabang generatif antara 8-20 cabang (Balittas, 1993). Tanaman kapas mulai berbunga sekitar 30-45 hari dan mulai mekar sekitar 45-60 hari tergantung jenis dan varietas kapas. Bunga pertama mulai tumbuh pada batang di atas cabang vegetatif, berbentuk spiral dengan filotaksi 3/8 (Mauney,1984). Tiap cabang generatif dapat tumbuh 6- 8 bunga.

Kuncup bunga berbentuk piramid kecil ada pula yang melintir (frego) dan berwama hijau. Bunga mulai mekar pada pagi hari (jam 6-7) dan layu pada siang harinya dan kemudian kepala putik membuka (reseptit). Bagian tangkai yang menganduug tepung sari juga segera membuka dan menghamburkan tepung sarinya. Tepung sari dapat melekat pada kepala putik dan mampu bertahan sampai 12 jam. Tepung sari berkecambah dalam waktu yang singkat dan mencapai bakal buah dalam waktu sekitar 12-30 jam setelah persarian (Stewart dalam Mauney, 1984).

Setelah terjadi persarian, maka buah segera terbentuk. Dari bunga sampai menjadi buah masak sekitar 40-70 hari. Buah yang masak akan retak dan terbuka. Kebanyakan buah terdiri dari 3 ruang dan kadangkadang 4-5 ruang. Kulit luar biji ada yang berserat dan ada yang tidak. Serat melapisi kulit biji sangat pendek, ada yang tebal dan halus, atau tebal dan kasar, tipis serta halus. Serat melekat erat pada biji, berwama putih atau krem ada pula yang berwama keabu-abuan.

Serat disebut "fuzz" (kabu-kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi di luarnya terdapat lapisan tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari yang disebut serat kapas (kapas). Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam.

Pemanjangan serat berlangsung sekitar 13-15 hari. Pada waktu buah masak kulit buah retak dan kapasnya/seratnya menjadi kering dan siap dipungut. Bagian serat terpanjang terdapat pada puncak biji. Berat serat kapas sekitar 1/3 berat kapas berbiji. Panjang serat bervariasi tergantung pada jenis dan varietas kapas.

Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm (Ditjenbun. 1977). Lahan yang dipilih untuk lokasi penanaman tanaman dengan kondisi rata dan relatif dekat dengan sumber air dan tidak tergenang air, dan mudah diawasi.

Lahan dibersihkan, diratakan, dibuat plot-plot dan bumbunan, dan saluran drainase air diatur dengan baik. Kemudian dibuat plot dengan ukuran 3 x 2 meter, dengan tinggi 30 cm. Tanah digemburkan kembali, tujuannya untuk membalik tanah, kemudian diberi pupuk kandang (1 sak/plot) dan kapur dolomit (2 kg/plot), kemudian balik kembali tanah tersebut. Lalu dibuat jarak tanam yaitu 80 x 40 cm atau 80 x 50 cm, lakukan pengairan atau pemberian air, dibuat bumbunan atau perbaikan saluran air.

Penanaman dilakukan menggunakan teknik penugalan dengan kedalaman lubang 1-3 cm. Sebelum dilakukan penanaman diberikan furadan dan fungisida masing-masing 20 gram/plot, diletakkan di sekitar lubang tanaman. Kemudian diberikan pula SP36 (90 gr/plot) dan KCl (60 gr/plot) sebagai pupuk dasar (pemupukan I).

Pemupukan ini dilakukan karena KCL dan SP36 merupakan yang sulit larut, maka pupuk ini diberikan lebih awal. benih yang dimasukkan kedalam lubang tanam adalah 2 sampai 3 benih. Pemupukan dengan menggunakan urea 100 kg/ha, TSP/SP36 100 kg/ha, KCl 50 kg/ha, dan ZA 50 kg/ha. Pemupukan dilakukan dengan cara penugalan atau ditutup tanah. Waktu aplikasi pupuk adalah pada umur tanaman 1-7 hari setelah tanam (SP36, KCl, ZA), sedangkan untuk urea dilakukan pada umur tanaman 40-42 hari setelah tanam.

Pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit dapat dialakukan dengan cara menanam tanaman secara serempak dan tepat waktu, penggunaan varietas yang toleran terhadap serangan hama, penggunaan benih tanpa kabu-kabu (Kanesia-3 atau Kanesia-7). Selain itu penggunaan jagung sebagai tanaman perangkap H. armigera dapat dilakukan, serta dilakukan tanam tumpang sari dengan tanaman kacang hijau.

Hama yang menyerang tanaman kapas ini berupa Earias vittella, belalang, aphis sp dan emphoasca. Hama tersebut diatasi dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida berupa Buldok dengan dosis 2cc/liter, Dupol dengan dosis 6cc/liter, dan menggunakan Decis 4cc/liter.

Sedangkan penyakit yang menyerang adalah puru akar yang menyebabkan tanaman menjadi layu sementara dan akhirnya tanaman mati. Earias vittella biasanya menyerang bagian batang, sedangkan aphis sp menyerang bagian daun, yang menyebabkan daun menjadi keriput karena cairan dan mineral didalam daun diserap oleh aphis. Serangan hama dapat meledak dikarenakan faktor alam, dimana lingkungan menjadi sangat lembab. Selain itu jarak tanam yang sempit yakni 40 x 30 cm, juga dapat menyebabkan serangan hama tidak bisa berhenti karena cabang-cabang tanaman kapas saling bedesakan.

Pembuahan terjadi 30 jam setelah penyerbukan. Kemasakan pada buah ditandai engan adanya kulit buah yang retak dan kapasnya / seratnya menjadi kering. Ini adalah pertanda bahwa buah kapas siap untuk dipanen. Bagian serat terpanjang berada pada pucuk biji. Panjang serat bervariasi tergantung jenis dan varietasnya. Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm.

Keterbatasan air pada periode pemanjangan serat, akan mengurangi panjang serat. 1 boll kapas ± 3,5 – 4 gram. Bentuk biji bulat telur, berwarna cokelat kehitaman dan berat biji per 100 biji sekitar 6-17 gram tergantung varietas. Serat melekat erat pada biji berwarna putih yang disebut fuzz (kabu- kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi diluarnya terdapat lapisan serabut yang disebut serat kapas (kapas).

Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam. Cabang-cabang generatif akan menghasilkan kira-kira 50 kuncup bunga dan dalam keadaan normal hanya 35-40% yang menjadi buah.

Pada industri tekstil serat kapas memiliki peranan penting sabagai bahan dasar. Serat kapas akan dipintal menjadi benang yang kemudian akan ditenun menjadi kain.

Produk yang dihasilkan dari kapas biasanya disebut dengan bahan katun. Keunggulan dari katun adalah daya tahan (durabilitas) yang dimiliki serta memiliki daya serap yang tinggi sehingga disukai banyak orang. Tekstil yang berbahan dasar katun meiliki sifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas (menyerap keringat). Selain berguna sebagai bahan dasar dalam industri tekstil, kapas juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan medis seperti pembuatan perban atau pembalut luka dan sebagai bahan pembuatan popok bayi.

Beberapa masakan khas di daerah nusantarasangat terkenal dengan cita rasanya yang pedas. Untuk memberikan rasa pedas, masyarakat biasa menggunakan cabai sebagai penyedap. Cabai merupakan tanaman perdu dari suku terung-terungan. Cabai ( Capsicum annum .L) adalah komoditas tanaman yang banyak di budidayakan oleh petani karena dapat mendatangkan keuntungan yang besar.Budidaya tanaman cabai tidaklah mudah.

Tanaman cabai membutuhkan perawatan lebih untuk memperoleh hasil produksi yang maksimal. Tanaman cabai sangat tergantung pada kondisi alam dan lingkungan sekitar.

Promosi yang dilakukan adalah menjual produk dengan harga yang murah kepada pasar-pasar tradisional, swalayandan pasar modern. selain itu jika pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak maka pembeli akan mendapatkan potongan harga (diskon) yang akan bertambah banyak sesuai dengan jumlah cabai kriting yang dibeli.

Contoh tekstil dari selulosa adalah katun dan linen. Contoh tekstil dari serat protein yaitu wol dan. Yuk Mengenal 5 Jenis Bahan Pakaian Dan Cara Merawatnya Halaman All Kompas Com Bahan yang berupa partikel yang tidak utuh. Katun merupakan bahan tekstil yang diperoleh dari serat. Katun terbuat dari serat kapas yang telah mengalami proses pabrikan.

Tekstur tencel yang dibuat dari bubuk selulosa biasanya terlihat sangat mirip layaknya kain katun yang terbuat dari serat kapas yakni sama-sama terasa lembut nyaman dan mudah menyerap air. Bahan Kain Katun Dari Jenis Hingga Kekurangan dan Kelebihan. Contoh tekstil dari selulosa adalah katun dan linen. Ciri ciri kain jersey adalah kain katun strech halus lebih tebal dibandingkan dengan.

Serat buatan organik dan an organik dan masing masing serat memliki karakteristik yang berbeda beda seperti panjangnya kekuatannya warnanya sehingga berpengaruh terhadap bahan tekstil yang dihasilkan. Namun ada satu keuntungan yang tidak dimiliki katun yaitu bahan tencel terkenal tidak mudah kusut. Bahan dibawah ini manakah yang termasuk bahan serat alami. Jadi bahan yang digunakan untuk membuat kain katun adalah serat alami yaitu cotton atau kapas.

Apa yang dimaksud dengan serat cuttivatet silk a. Serat yang dihasilkan dari ulat sutra yang dipelihara pemeliharaannya dimulai dari telur ulat sutra enetas. Dan perlu diketahu bahwa kapas adalah serat alami yang berasal dari tumbuhan kapas. Menurut sejarah serat kapas sudah ada sejak 5000 SM dan berasal dari biji-bijian seperti yang saya sebut diatas.

Berdasarkan asal bahan penyusunnya serat alami dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu. Contoh tekstil dari serat protein yaitu. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis serat buatan berdasarkan dengan sember dari mana serat tersebut diperoleh. Serat hewan berupa serat protein dapat diperoleh dari rambut domba benang jala yang dihasilkan oleh laba laba dan kepompong ulat sutera.

Merupakan serat yang diperoleh dari selulosa tumbuhan seperti serat nanas serat kapas serat pelepah pisang dan serat ramil. Kapas adalah salah satu bahan kain yang paling banyak digunakan saat ini karena terkenal dapat menghasilkan bahan kain yang lembut nyaman dan mampunyai daya serap yang bagus. Katun Merupakan Jenis Tekstil Yang Terbuat Dari Bahan.

Serat hewan berupa serat protein dapat diperoleh dari rambut domba benang jala yang dihasilkan oleh labalaba dan kepompong ulat sutera. M anufaktur tekstil berarti pembuatan tekstil Serat kapas biasa disebut dengan bahan tekstil katun. Tekstil yang terbuat dari kapas katun dapat menyerap keringat dan juga bersifat menghangatkan diri juga menyejukkan di kala panas.

Kain katun adalah salah satu bahan pembutan baju kaos. Bahan serat alami diperoleh dari tumbuhan hewan dan mineral. Ada dua jenis serat sutra yang terbuat dari alam yang berasal dari hewan ulat sutra yaitu cuttivatet ilk dan wild silk. Serat kapas tergolong kedalam serat selulosa alam yang diambil dari buah tamaman kapas. Salah satu kain yang berasal dari serat kapas yaitu kain katun. Bahan Jersey merupakan bahan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajut yang terdiri atasserat katun seluruhnya atau sebahagian dicampur dengan serat sintetis.

Serat sutra dihasilkan dari serat ulat sutra yang tidak dipelihara yaitu ulat sutra yang memakan daun ohon b. Kain katun memiliki kelebihan dibanding dari bahan sintetis katun lembut di tubuh karena memiliki sirkulasi udara yang baik menyerap panas tubuh sehingga terasa tetap sejuk dan kering karena mampu menyerap keringat berdasarkan sifat tersebut kain katun ideal untuk dijadikan busana anak.

Serat kapas ini merupakan sumber bahan baku utama pembuatan kain katun yang berkualitas baik dan tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari menyejukkan ketika panas namun disi lain juga mampu menghangatkan ketika dingin. Contoh tekstil dari selulosa adalah katun dan linen. Serat tumbuhan diperoleh dari selulosa tumbuhan misalnya dari kapas kapuk dan rami. Produk tekstil yang dihasilkan dari serat kapas biasa disebut sebagai katun baik itu untuk.

Jenis bahan serat alam dari tumbuhan 1. Serat tumbuhan diperoleh dari selulosa tumbuhan misalnya dari kapas kapuk dan rami. Kelebihan katun yang lain adalah katun. Perbedaan Fitur Antara WordPressOrg Dengan WordPressCom Pendaftaran Akper Panti Rapih 2018 An International Fashion Designer Who Died In Mysterious Way Aneka Resep Masakan Fah Umi Yasmin Apartemen Murah Kemayoran.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Serat Protein Menurut asalnya serat bahan tekstil dibagi menjadi 4 empat golongan yaitu serat hewani protein serat tumbuhan sellulosa serat mineral galian. Berbicara tentang katun memang sudah tidak asing lagi apalagi anda yang bergelut usaha dibidang konveksi tentu sudah akrab dengan katun. Kita ingatkan kembali bahwa serat adalah struktur seperti rambut atau bulu yang halus yang digunakan sebagai bahan baku tekstil yang diperoleh dari hewan tumbuhan dan mineral banyak serat juga dihasilkan dari buatan manusia.

Bahan serat alami diperoleh dari tumbuhan hewan dan mineral. Apa Itu Katun Mengapa Organik Itu Penting Cde Modern Handmade Sneakers Manfaat Bahan Katun Untuk Kesehatan Katun Adalah Bahan Tekstil Yang Diperoleh Dari Studi Indonesia Mengenal Bahan Crepe Silk Lebih Jauh Kain Sutra 12 Tahap Pembuatan Kain Katun Mulai Dari Kapas Sampai Menjadi Bahan Kain Siap Pakai Bahan Woolpeach Berkualitas Seperti Apa Berikut Penjelasannya Lengkap Apa Indonesia Mengenal Kain Kafan Kain Kaci Tenunan Kain Kanvas Jenis Bahan Kaos Terbaik Berdasarkan Karakteristiknya Pin Di Kaos Kerah Kategori wallpaper Tag bahan, dari, katun, tekstil Navigasi Tulisan
1.

menurut john luwis gillin dan john philip gillin pengertian perubahan sosial menurut john luwis gillin dan john philip gillin adalah perubahan yang … terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.apa kelebihan dan kelemaan dari setiap pakar 19.

secara astronomis, letak indonesia berada antara . * 4 points a. 6 derajat ls – 11 derajat lu dan 95 derajat bt – 141 derajat bt b. 6 derajat l … u – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bt c. 6 derajat lu – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bb d.

6 derajat lu – 11 derajat lu dan 95 derajat bb – 141 derajat bb UJIAN SEBENTAR LAGI !!!! deg-degan dan bimbang itulah yang dirasakan seluruh siswa dan siswi sekolah menengah atas dan sederajat saat ini, berjuang sekuat tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari sekeras mungkin agar bisa lulus dengan nilai memuaskan saat ujian, sama halnya dengan yang penulis lalui hampir 2 tahun yang lalu. seluruh pikiran berkacamuk menjadi satubelajar dari pagi hingga sore bahkan larut malam agar bisa memahami suatu materi yang akan diujikan.

perasaan jenuh dan bosen sering kali muncul namun kemudian kita berfikir ini adalah salah satu jalan dalam menggapai cita-cita masa depan. namun kenapa 3 tahun yang kita lalui hanya ditentukan oleh 3 hari yang membosankan dan menguras hati dan pikiran ??? itu yang masih diperdebatkansudah efektif kah sistem pendidikan kita saat ini. selain itu kita juga dihadapkan dengan masalah lain yaitupilihan hidup ! .setelah lulus mau KULIAH atau langsung KERJAbagi sebagian orang yang kemampuan finansialnya menengah keatas tentunya akan memilih pilihan yang pertama.

mereka berlomba untuk masuk dan mendapatkan jurusan perkuliahan yang diidam-idamkan, tentunya ditunjang dengan reputasi perguruan tinggi yang akan dituju. apalagi kalo bukan perguruan tinggi negeribanyak jalur yang mereka tempuh untuk bisa masuk dan menjadi bagian dari kehidupan kampus yang mengasikan (belum ngerasain aja hehe) tapi emang asik sih, baik SNMPTN,SBMPTN, Seleksi mandiri dan lain sebagainya, namun tentu tidak semua orang yang mendaftar akan diterima dengan begitu mudah ,persaingan yang ketat seringkali membuat kita kecewa karena kita di tolak masuk pereguruan tinggi negeri, namun tak usah kawatir karena masih banyak perguruan tinggi swasta yang selalu terbuka bagi hati yang kecewa, yaaa meskipun biayanya sedikit mahal atau kompetitif namun kualitas juga tidak bisa dianggap lebih buruk dari perguruan tinggi negeri bahkan sebaliknya.

namun yang perlu diwaspadai bagi calon mahasiswa-mahasiswa penerus bangsa saat ini bukanlah dimana kalian mengarungi bahtera perkuliahan namun tentang bagaimana kalian memilih jurusan yang tepat sesuai dengan hati agar tidak tersesat dikemudian hari. berikut tips-tipsnya,, 1.

kenali dirimu sendiri mengapa demikiantentu saja jawabannya mudah apabila kita dapat mengenali diri sendiri tentunya kita akan paham potensi besar apa yang kita miliki.

jika kita mengetahui hal tersebut lebih dini sebelum terlanjur dan terjeremus maka otomatis potensi teresebut akan terus tumbuh jika diasah dan olah seiring berjalannya perkuliahanmisal saya ambil contoh ketika didunia sekolah kita suka sekali berdagang atau berjualan untuk tambahan uang jajan maka jurusan yang tepat untuk kita adalah jurusan ekonomi dan bisnis karena selain kita dapat mengasah kemapuan kitadisitu kita juga mendapatkan ilmu yang otomatis akan mengupgrade pola pikir kita dalam dunia bisnis sehingga kita akan menjadi orang yang professional dikemudian hari.

2. ikuti kata hatidan percaya diri salah satu kunci orang sukses adalah percaya dirikembali ke point 1 yakni percaya pada diri sendiri bahwa jurusan yang kamu pilih tersebut sudah sesaui dengan minat dan hati kamu, karena banyak sekali kasus tentang mahasiswa yang berkuliah bukan mengikuti kata hati melainkan berdasarkan paksaan atau desakan dari lingkungan sekitar atau orang tua hal tersebut membuat kita menjadi tidak tulus dalam menjalani sesuatu.

karena dengan ketidaktulusan akan membuat suatu pekerjaan tidak akan mempunyai suatu nilai yang kita banggakan.dan tidak akan membekas yang lebih parahnya lagi kita akan merasa malas untuk menjalani hal tersebut sehingga perkuliahan menjadi terhambat.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

3. ikuti kata hati bukan tentang materi sering kali kita termakan omongan orang lain mengenai jurusan kuliah yang dapat menjamin kehidupan yang baik ketika lulus dan bekerja nantinya sehingga kita hanya ikut-ikutan tanpa mengikuti potensi dan passion kita yang sesungguhnya dan ujung-ujungnya hanya terjerumus dan bosan sehingga membuat kita kesulitan dalam menjalani sehingga membuat kita menjadi lama menjalani masa perkuliahan atau istilah lainnya yaitu mahasiswa abadi.

namun tidak menutup kemungkinan ketika lulus akan terwujud keinginan untuk hidup dan mendapatkan pekerjaan yang mapan tetapi itu tak akan bertahan lama karena kita tidak akan mendapatkan kebahagiaan dalam menjalani dibanding kita bekerja sesui passion kita.

karena bahagia dan tingkat kesuksesan seseorang itu berbeda dan tidak hanya di ukur dengan materi. (penulis sendiri saat ini termasuk dalam kategori 3 namun masih aman dan lancar dalam menjalani perkuliahan hehe).

itulah beberapa tips yang bisa penulis berikan saat ini apabila ada tips yang lebih menarik bisa tulis di kolom komentarmohon maaf apabila ada kekurangan atau sesuatu yang kurang berkenan jangan disimpan didalam hatikarena hati ini mudah rapuh dan layu jika tidak kau sirami dengan cinta namun dengan benci.

hehe .just kidding selamat membaca :))))) Kapas adalah serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis Gossypium atau biasa disebut dengan tanaman kapas, tumbuhan ini berasal dari daerah tropika dan subtropika.

Serat kapas merupakan bahan penting dalam industri tekstil. Serat dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun menjadi kain. Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun (benang maupun kainnya). Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan.

Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang.

Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas dikarenakan dapat menyerap keringat. Tanaman kapas secara botanis disebut dengan Gossypium sp dan memiliki sekitar 39 spesies dan 4 spesies diantaranya yang dibudidayakan yaitu : Gossypium herbacium L, Gossypium arberium L, Gossypium hersutum L dan Gossypium barbadense.

Tanaman kapas umumnya dikembangbiakkan dari biji. Pada waktu berkecambah calon akar tunggang tumbuh lebih dahulu masuk ke dalam tanah, diikuti oleh keping biji. Kapas mempunyai akar tunggang yang panjang dan dalam, tergantung pada umur, besarnya tanaman. aerasi, dan stuktur tanah. Akar tunggang sering lebih panjang daripada tanamannya sendiri.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Tanaman kapas dalam keadaan normal tumbuh tegak. Batang berwama hijau tua, merah atau hijau bernoktah merah. Batang umumnya berbulu dan ada pula yang tidak, serta ada yang ujungnya berbulu, pangkalnya tidak berbulu. Dari setiap ruas, tumbuh daun dan cabang pada ketiaknya. Panjang dan jumlah cabang berbeda-beda menurut jenis cabang dan dipengaruhi oleh lingkungannya.

Cabang vegetatif tumbuh pada batang pokok dekat leher akar dan biasanya tumbuh ke atas. Cabang-cabang vegetatif baru dapat berbunga dan berbuah setelah tumbuh cabang generatif.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Banyaknya cabang vegetative bervariasi. biasanya sekitar 3-4 cabang. Cabang generatif tumbuh pada batang pokok atau pada cabang vegetatif. Cabang generatif letaknya mendatar dan langsung membentuk bunga. Semua bunga dan buah tumbuh pada cabang generatif. Cabangcabang buah yang pertama biasanya dihasilkan pada ketiak daun ke-6 sampai ke-8 ke atas pada batang pokok. Jumlah cabang generatif antara 8-20 cabang (Balittas, 1993).

Tanaman kapas mulai berbunga sekitar 30-45 hari dan mulai mekar sekitar 45-60 hari tergantung jenis dan varietas kapas. Bunga pertama mulai tumbuh pada batang di atas cabang vegetatif, berbentuk spiral dengan filotaksi 3/8 (Mauney,1984). Tiap cabang generatif dapat tumbuh 6- 8 bunga.

Kuncup bunga berbentuk piramid kecil ada pula yang melintir (frego) dan berwama hijau. Bunga mulai mekar pada pagi hari (jam 6-7) dan layu pada siang harinya dan kemudian kepala putik membuka (reseptit).

Bagian tangkai yang menganduug tepung sari juga segera membuka dan menghamburkan tepung sarinya. Tepung sari dapat melekat pada kepala putik dan mampu bertahan sampai 12 jam. Tepung sari berkecambah dalam waktu yang singkat dan mencapai bakal buah dalam waktu sekitar 12-30 jam setelah persarian (Stewart dalam Mauney, 1984).

Setelah terjadi persarian, maka buah segera terbentuk. Dari bunga sampai menjadi buah masak sekitar 40-70 hari. Buah yang masak akan retak dan terbuka.

Kebanyakan buah terdiri dari 3 ruang dan kadangkadang 4-5 ruang. Kulit luar biji ada yang berserat dan ada yang tidak. Serat melapisi kulit biji sangat pendek, ada yang tebal dan halus, atau tebal dan kasar, tipis serta halus. Serat melekat erat pada biji, berwama putih atau krem ada pula yang berwama keabu-abuan. Serat disebut "fuzz" (kabu-kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi di luarnya terdapat lapisan serabut yang disebut serat kapas (kapas).

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam. Pemanjangan serat berlangsung sekitar 13-15 hari. Pada waktu buah masak kulit buah retak dan kapasnya/seratnya menjadi kering dan siap dipungut. Bagian serat terpanjang terdapat pada puncak biji. Berat serat kapas sekitar 1/3 berat kapas berbiji. Panjang serat bervariasi tergantung pada jenis dan varietas kapas.

Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm (Ditjenbun. 1977). Lahan yang dipilih untuk lokasi penanaman tanaman dengan kondisi rata dan relatif dekat dengan sumber air dan tidak tergenang air, dan mudah diawasi.

Lahan dibersihkan, diratakan, dibuat plot-plot dan bumbunan, dan saluran drainase air diatur dengan baik. Kemudian dibuat plot dengan ukuran 3 x 2 meter, dengan tinggi 30 cm. Tanah digemburkan kembali, tujuannya untuk membalik tanah, kemudian diberi pupuk kandang (1 sak/plot) dan kapur dolomit (2 kg/plot), kemudian balik kembali tanah tersebut. Lalu dibuat jarak tanam yaitu 80 x 40 cm atau 80 x 50 cm, lakukan pengairan atau pemberian air, dibuat bumbunan atau perbaikan saluran air.

Penanaman dilakukan menggunakan teknik penugalan dengan kedalaman lubang 1-3 cm. Sebelum dilakukan penanaman diberikan furadan dan fungisida masing-masing 20 gram/plot, diletakkan di sekitar lubang tanaman. Kemudian diberikan pula SP36 (90 gr/plot) dan KCl (60 gr/plot) sebagai pupuk dasar (pemupukan I). Pemupukan ini dilakukan karena KCL dan SP36 merupakan yang sulit larut, maka pupuk ini diberikan lebih awal. benih yang dimasukkan kedalam lubang tanam adalah 2 sampai 3 benih.

Pemupukan dengan menggunakan urea 100 kg/ha, TSP/SP36 100 kg/ha, KCl 50 kg/ha, dan ZA 50 kg/ha. Pemupukan dilakukan dengan cara penugalan atau ditutup tanah. Waktu aplikasi pupuk adalah pada umur tanaman 1-7 hari setelah tanam (SP36, KCl, ZA), sedangkan untuk urea dilakukan pada umur tanaman 40-42 hari setelah tanam.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit dapat dialakukan dengan cara menanam tanaman secara serempak dan tepat waktu, penggunaan varietas yang toleran terhadap serangan hama, penggunaan benih tanpa kabu-kabu (Kanesia-3 atau Kanesia-7). Selain itu penggunaan jagung sebagai tanaman perangkap H.

armigera dapat dilakukan, serta dilakukan tanam tumpang sari dengan tanaman tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari hijau. Hama yang menyerang tanaman kapas ini berupa Earias vittella, belalang, aphis sp dan emphoasca. Hama tersebut diatasi dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida berupa Buldok dengan dosis 2cc/liter, Dupol dengan dosis 6cc/liter, dan menggunakan Decis 4cc/liter. Sedangkan penyakit yang menyerang adalah puru akar yang menyebabkan tanaman menjadi layu sementara dan akhirnya tanaman mati.

Earias vittella biasanya menyerang bagian batang, sedangkan aphis sp menyerang bagian daun, yang menyebabkan daun menjadi keriput karena cairan dan mineral didalam daun diserap oleh aphis. Serangan hama dapat meledak dikarenakan faktor alam, dimana lingkungan menjadi sangat lembab. Selain itu jarak tanam yang sempit yakni 40 x 30 cm, juga dapat menyebabkan serangan hama tidak bisa berhenti karena cabang-cabang tanaman kapas saling bedesakan. Pembuahan terjadi 30 jam setelah penyerbukan.

Kemasakan pada buah ditandai engan adanya kulit buah yang retak dan kapasnya / seratnya menjadi kering. Ini adalah pertanda bahwa buah kapas siap untuk dipanen. Bagian serat terpanjang berada pada pucuk biji. Panjang serat bervariasi tergantung jenis dan varietasnya. Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm.

Keterbatasan air pada periode pemanjangan serat, akan mengurangi panjang serat. 1 boll kapas ± 3,5 – 4 gram. Bentuk biji bulat telur, berwarna cokelat kehitaman dan berat biji per 100 biji sekitar 6-17 gram tergantung varietas.

Serat melekat erat pada biji berwarna putih yang disebut fuzz (kabu- kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi diluarnya terdapat lapisan serabut yang disebut serat kapas (kapas).

Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam. Cabang-cabang generatif akan menghasilkan kira-kira 50 kuncup bunga dan dalam keadaan normal hanya 35-40% yang menjadi buah. Pada industri tekstil serat kapas memiliki peranan penting sabagai bahan dasar.

Serat kapas akan dipintal menjadi benang yang kemudian akan ditenun menjadi kain. Produk yang dihasilkan dari kapas biasanya disebut dengan bahan katun. Keunggulan dari katun adalah daya tahan (durabilitas) yang dimiliki serta memiliki daya serap yang tinggi sehingga disukai banyak orang.

Tekstil yang berbahan dasar katun meiliki sifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas (menyerap keringat).

Selain berguna sebagai bahan dasar dalam industri tekstil, kapas juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan medis seperti pembuatan perban atau pembalut luka dan sebagai bahan pembuatan popok bayi. Beberapa masakan khas di daerah nusantarasangat terkenal dengan cita rasanya yang pedas. Untuk memberikan rasa pedas, masyarakat biasa menggunakan cabai sebagai penyedap. Cabai merupakan tanaman perdu dari suku terung-terungan. Cabai ( Capsicum annum .L) adalah komoditas tanaman yang banyak di budidayakan oleh petani karena dapat mendatangkan keuntungan yang besar.Budidaya tanaman cabai tidaklah mudah.

Tanaman cabai membutuhkan perawatan lebih untuk memperoleh hasil produksi yang maksimal. Tanaman cabai sangat tergantung pada kondisi alam dan lingkungan sekitar. Promosi yang dilakukan adalah menjual produk dengan harga yang murah kepada pasar-pasar tradisional, swalayandan pasar modern. selain itu jika pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak maka pembeli akan mendapatkan potongan harga (diskon) yang akan bertambah banyak sesuai dengan jumlah cabai kriting yang dibeli.

Teknologi penanaman dengan teknik aeroponik merupakan teknologi bercocok tanam sayuran yang sudah mulai banyak dilakukan oleh para pecinta tanaman. Selain caranya yang dibuat cukup sederhana dan alat yang digunakan tidak sulit didapat, teknik aeroponik ini juga dapat dilakukan di teras rumah. Hasil produksi sayuran yang ditanam dengan menggunakan teknologi ini sekarang ini sudah mulai banyak ditemukan di berbagai pasar swalayan di kota-kota besar.

Meskipun harganya selangit, namun sayuran ini selalu ludes dibeli konsumen. Alasan konsumen tetap memburu produk ini, disamping rasa sayuran yang renyah dan tidak pahit, tampilan atau penampakannya cukup sempurna (tidak ada lubang bekas hama) serta mempunyai nilai gizi yang tinggi karena diberi nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Teknik aeroponik ini umumnya dimanfaatkan untuk pertanaman sayuran daun. Namun, untuk tanaman yang lebih besar misalnya kentang digunakan alat yang sedikit berbeda. Kentang (Solanum tuberosum.

L) merupakan komoditas hortikultura yang sangat penting di Indonesia, karena sebagai sumber karbohidrat yang kaya protein untuk menunjang program diversifikasi pangan. Sekarang ini industri makanan yang bersumber dari kentang semakin berkembang karena proses saji cepat, sehingga kebutuhan akan kentang meningkatkan, dengan meningkatnya permintaan kentang konsumsi, maka kebutuhan benih kentang juga akan meningkat sehingga tehnik perbanyakan benih kentang secara cepat dengan teknologi penanaman secara aeroponik sangat diperlukan sesuai dengan permintaan akan benih yang sangat meningkat.

Usahatani kentang sudah demikian komersil, yang dicirikan dengan sebagian besar bahkan seluruh hasil produksinya dilepas untuk memenuhi permintaan pasar. Namun demikian budidaya tanaman kentang pada umumnya masih konvensional dan tradisional, sehingga produksinya masih dibawah rata-rata +15-18 ton/ha.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kentang disamping menggunakan pupuk yang cukup juga dengan memakai bibit kentang yang baik dan terbebas dari hama dan penyakit. Ada teknologi yang dapat meningkatkan kualitas bibit kentang secara menakjubkan yaitu dengan system aeroponik, dimana bahan tanamnya berasal dari hasil kultur jaringan yang telah di stek 3 (tiga) kali.

Aeroponik sendiri berasal dari kata aero yang berarti udara dan ponos yang berarti budidaya, jadi aeroponik adalah budidaya tanaman dengan melalui system pengkabutan. sistem aeroponik dalam budidaya tanaman kentang dilakukan di dalam screen house dengan menggunakan bak yang terbuat dari fiberglass dan ditutup dengan menggunakan styroform,sehingga tanaman akan terbebas dari serangan hama dan penyakit karena bahan tanaman berupa stek mikro berasal dari hasil perbanyakan kultur jaringan di laboratorium yang sudah steril.

Aeroponik selain dapat menghasilkan kualitas bibit kentang yang baik juga banyak dan dapat menghemat lahan. Pada sistem ini, hara diserap atau diaplikasikan langsung melalui akar, sehingga perlu prororsi yang optimal terserap Nutrisi yang diberikan baik dari unsur makro (N, P, K, Mg, Ca, S) maupun mikro (Mn, Mo, Cu, Fe, B, Zn).

Informasi lebih lanjut hubungi : Rosyad Nurdin.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

SP., MP Tlp. 081321730228 - 085220957612 Email rosyadnurdin75@yahoo.co.id
1. menurut john luwis gillin dan john philip gillin pengertian perubahan sosial menurut john luwis gillin dan john philip gillin adalah perubahan yang … terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.apa kelebihan dan kelemaan dari setiap pakar 19.

secara astronomis, letak indonesia berada antara . * 4 points a. 6 derajat ls – 11 derajat lu dan 95 derajat bt – 141 derajat bt b. 6 derajat l … u – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bt c. 6 derajat lu – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bb d.

6 derajat lu – 11 derajat lu dan 95 derajat bb – 141 derajat bb
Tanaman Rami Tanaman Rami yang sudah diolah menjadi Tas Tanaman Rami pertama kali ditemukan oleh George E.

Rumphius pada tahun1660, seorang peneliti botani dari Belanda di daerah India Timur dan diberi nama Ramium majus. Sebenarnya tanaman ini sudah dikenal manusia kira-kira 200 tahun sebelum masehi. Tanaman ini diduga juga berasal dari Cina bagian tengah dan Barat dan sampai sekarang tanaman ini berkembang baik di Negara tersebut. Tahun 1737 tanaman tersebut dideskripsi dalam Hortus Cliffortianus oleh Carl Yon Linne (Linnaeus) menjadi Boehmeria Nivea.

Nama Boehmeria diberikan pertama kali oleh Nicolaus Josephus Jacquin seorang professor kimia dan botani di Vienna, dengan mengambil nama seorang ahli botani Jerman yang berjasa dalam mengembangkan tanaman rami di Eropa untuk bahan pakaian yaitu George Rudolph Boehmer (Bally dalam Dempsey, 1975). Sistematika Bitani Tanaman Rami Tanaman Rami dikenal sebagai tanaman serat nabati yang menghasilkan serat dari kulit kayu merupakan rumpun dari kelompok tanaman daun gatal ( netpe ), dengan klasifikasi klon rami dalam sistematika botaninya sebagai berikut : Divisio : Magnoliophyta Classis : Magnoliosida Subclassis : Hammamelidae Ordo : Uritacales Familia : Urticaceae Genus : Boehmiria Species : Boehmeria nivea Morfologi Tanaman Rami Tanaman rami dapat dikenal dengan memperhatikan ciri-ciri botani yang dimiliki, seperti batang, tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari, akar ,biji, bunga.dan sistem perakaran.

Batang Tanaman rami merupakan tanaman yang berbentuk semak, berumpun banyak, batang berwarna hijau muda sampai tua. Bentuk batang yang tinggi serta ramping sampai mencapai ketinggian 2 sampai 3 meter, diameter batang berkisar antara 8-20 mm. Akan tetapi kualitas pertumbuhan masih tetap tergantung pada kondisi pertanaman. Batang biasanya akan bercabang apabila sebagian batang terpotong / terpangkas karena gangguan hama /penyakit atau gangguan mekanis. Pertumbuhan cabang pada batang ini tidak dikehendaki, karena serat rami diambil dari kulit batangnya, oleh karena itu pertumbuhan cabang pada batang akan menurunkan produksinya dan kualitas.

Produktivitas serat rami tergantung dari tinggi dan diameter batang, tebal tipisnya kulit serta rendemen serat (kandungan serat per batang). Batang rami dipanen setiap dua bulan sekali sehingga dalam setahun dapat dilakukan pemanenan 5-6 kali Batang rami berbulu halus hingga kasar, berwarna hijau muda sampai hijau tua yang berubah menjadi coklat dari bagian bawah kebagian atas sesuai umur tanaman, yang pada akhirnya berubah menjadi hitam pada saat tanaman menjadi tua atau mati.

Batang muda berongga dan bergabus apabila sudah berubah menjadi tua. Ciri –ciri tanaman yang berbatang tebal dan tidak berongga bila dipijit batangnya, maka akan terasa sulit pecah dan perlu tenaga banyak. Sebaliknya yang berbatang tipis serta berongga besar akan mudah pecah sehingga sering di pertanaman rami mudah tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari bila ada angin kencang.

Umur panen serat yang tepat adalah dengan cirri-ciri apabila seperempat hingga sebagian batang bawah berwarna coklat. Bila dipenen terlalu muda (batang masih sangat hijau) maka secara fisiologis seratnya belum matang, serat mudah putus dan volume panen belum optimal. Demikian pula apabila dipanen terlambat (lewat matang) produksi serat akan menurun, karena batangnya banyak yang mati/kering dan sulit didekortikasi, serta kualitas seratnya sangat jelek, hitam dan mudah patah/putus karena terlalu tua.

Daun Daun tanaman rami memiliki karateristik tersendiri, berikutnya menyerupai jantung dan bagian sisinya bergerigi halus, panjang daun berkisar 7,5-20 cm dan lebar 5-15 cm dan kelihatan bekerut. Dari hasil evolus klon, pada umumnya rami bertipe daun lebar banyak ditanam di dataran tinggi, sedang yang berdaun sempit banyak ditanam di dataran rendah, walaupun demikian, besar kecilnya daun juga masih dipengaruhi oleh tempat tumbuh terutama kesuburan tanah.

Kapas adalah serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis Gossypium (biasa disebut “pohon”/tanaman kapas), tumbuhan ‘semak’ yang berasal dari daerah tropika dan subtropika. Serat kapas menjadi bahan penting dalam industri tekstil. Serat itu dapat dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain.

Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun ( benang maupun kainnya ). Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami.

Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang. Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan dikala panas ( menyerap keringat ). Tanaman Kapas Tanaman kapas secara botanis disebut dengan Gossypium sp yang memiliki sekitar 39 spesies dan 4 spesies diantaranya yang dibudidayakan yaitu : Gossypium herbacium L, Gossypium arberium L, Gossypium hersutum L dan Gossypium barbadense; dengan klasifikasi sebagai berikut: Devisi : Spermatophyta Kelas : Angiospermae Sub Kelas : Dicotyledonae Ordo : Malvales Famili : Malvaceae Genus : Gossypium Spesies : Gossypium Tanaman kapas mempunyai akar tunggang yang panjang dan dalam, bahkan sering lebih panjang dari pada tanamannya sendiri.

Dari akar tunggang akan tumbuh akar-akar cabang, dan terus bercabang hingga membentuk akar-akar serabut. Pada waktu berkecambah calon akar tunggang tumbuh terlebih dahulu masuk kedalam tanah diikuti oleh keping biji.

Batang terdiri dari ruas dan buku, dari buku keluar cabang vegetatif dan generatif. Selama pertumbuhan yang aktif, cabang generatif terbentuk tiap tiga hari, jumlah cabang generatif bervariasi antara 15-20 tergantung pada varietas dan lingkungan (Dahrul, 2007). Kapas ( Gossypium hersutum) merupakan salah satu komoditi perkebunan penghasil serat alam untuk bahan baku industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Kebutuhan bahan baku industri TPT terus meningkat dari tahun ke tahun sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk, dan saat ini kebutuhan tersebut telah mencapai sekitar 500 ribu ton serat kapas yang setara dengan 1,5 juta ton kapas berbiji pertahun. Namun perkembangan industri TPT tersebut belum didukung oleh kemampuan penyediaan bahan baku berupa serat kapas dalam negeri, sehingga sekitar 99,5% kebutuhan bahan baku tersebut masih dipenuhi dari impor.

Menyadari hal tersebut pemerintah sejak tahun 1978 telah berupaya terus meningkatkan produksi kapas mulai dari pelaksanaan program IKR, P2WK, proyek OECF, swadaya petani hingga Program Percepatan (akselerasi kapas) yang dimulai tahun 2007 sampai saat ini.

Keseluruhan program tersebut diatas dilaksanakan secara bermitra antara petani dengan perusahaan pengelola kapas. Sedangkan, pemerintah berperan sebagai fasilitator. Mata kuliah tanaman industri merupakan mata pelajaran wajib bagi mahasiswa jurusan agroteknologi yang memilih agronomi dan menjurus pada bagian tanaman industri sebagai pilihan dalam tugas akhir.

Mata kuliah ini banyak diminati mahasiswa terutama bagi mereka yang berkieinginan dalam melanjutkan karir dibidang perkrebunan dan industri. Mata kuliah ini masih mempunyai peluang yang cukup besar untuk diminati mahasiswa, karena perkebunan tanaman kapas dan serat alam lainnya, tembakau dan tebu setiap tahun membuka peluang untuk mahasiswa melakukan praktek penelitian dari bebagai aspek teknologi. Hal ini menunjukkan masalah dalam tanaman industeri masih memerlukan tenaga dalam berbagai teknologi, dalam usaha meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi.

Tinggalkan komentar1. Tikar di buat dari serat alam, yaitu… a. Daun pandang b. Bambu c. Rotan d. Daun kelapa 2. Berikut ini yang bukan termasuk jenis serat yang dihasilkan dari tumbuhan, yaitu. a. Kapas b. Rami c. Kapuk d. Sutra 3. Langkah terakhir dalam pengolahan bahan serat, yaitu.

a. Pemintalan benang b. Penggulungan benang c. Pencelupan warna d. Penenunan benang menjadi kain 4. Bagian dari hewan yang banyak dimanfaatkan seratnya adalah… a. Tulang b. Kuling c. Tanduk d. Bulu 5. untuk membuat benda kerajinan dari daun pandan, teknik yang digunakan adalah… a.

Menganyam b. Macramé c. Merajut d. Menenun 6.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Berikut ini yang bukan termasuk karakteristik serat wol adalah… a. Kaku b. Higrokopis c. Mudah menyerap kelembapan d. Tahan terhadap listrik statis 7. Untuk menghindari jamur, bahan serat alam harus direndam dengan larutan a. Garam b. Gula c. Natrium benzoat d. Natrium sitrat 8. Serat wol berasal dari bulu. a. Kambing b. Domba c. Kuda d. Sapi 9. ciri-ciri serat hewan,yaitu… a.

Kasar dan menyerap keringat b. Kasar dan bersifat dingin c. Halus,lembut dan menghangatkan d. Kasar dan cukup hangat 10. Serat Alami yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian adalah. a. Bamboo b. Kapas c. Daun kering d. Kulit manggis 11. Teknik membuat benda kerajinan tekstil dengan cara membuat gambar pada kain, lalu digunting dan ditempel pada lembaran kain, kemudian diselesaikan dengan teknik sulam disebut… a.

Jahit aplikasi standar b.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Jahit aplikasi potong sisip c. Jahit aplikasi potong motif d. Jahit aplikasi lipat potong 12. Tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umunya terbuat dari… a. Serat nanas b. Kapas(katun) c. Serat rami d. Sutra 13.Benda yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk membuat busana disebut… a. Tembikar b. Tekstil c. Rotan d. Kertas 14. Jenis Kain yang digunakan untuk membatik adalah kain… a.

Brokat b. Wol c. Satin d. Mori 15. kain tenun yang pembentukan ragam hiasnya dibuat dengan cara mengikat bagian-bagian benangnya disebut tenun… a. Songket b.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Ikat c. Lurik d. Hias ​
Kapas adalah serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis Gossypium atau biasa disebut dengan tanaman kapas, tumbuhan ini berasal dari daerah tropika dan subtropika.

Serat kapas merupakan bahan penting dalam industri tekstil. Serat dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun menjadi kain. Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun (benang maupun kainnya). Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang.

Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas dikarenakan dapat menyerap keringat. Tanaman kapas secara botanis disebut dengan Gossypium sp dan memiliki sekitar 39 spesies dan 4 spesies diantaranya yang dibudidayakan yaitu : Gossypium herbacium L, Gossypium arberium L, Gossypium hersutum L dan Gossypium barbadense. Tanaman kapas umumnya dikembangbiakkan dari biji. Pada waktu berkecambah calon akar tunggang tumbuh lebih dahulu masuk ke dalam tanah, diikuti oleh keping biji.

Kapas mempunyai akar tunggang yang panjang dan dalam, tergantung pada umur, besarnya tanaman. aerasi, dan stuktur tanah. Akar tunggang sering lebih panjang daripada tanamannya sendiri. Tanaman kapas dalam keadaan normal tumbuh tegak. Batang berwama hijau tua, merah atau hijau bernoktah merah.

Batang umumnya berbulu dan ada pula yang tidak, serta ada yang ujungnya berbulu, pangkalnya tidak berbulu. Dari setiap ruas, tumbuh daun dan cabang pada ketiaknya. Panjang dan jumlah cabang berbeda-beda menurut jenis cabang dan dipengaruhi oleh lingkungannya.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Cabang vegetatif tumbuh pada batang pokok dekat leher akar dan biasanya tumbuh ke atas. Cabang-cabang vegetatif baru dapat berbunga dan berbuah setelah tumbuh cabang generatif. Banyaknya cabang vegetative bervariasi. biasanya sekitar 3-4 cabang. Cabang generatif tumbuh pada batang pokok atau pada cabang vegetatif. Cabang generatif letaknya mendatar dan langsung membentuk bunga. Semua bunga dan buah tumbuh pada cabang generatif.

Cabangcabang buah yang pertama biasanya dihasilkan pada ketiak daun tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari sampai ke-8 ke atas pada batang pokok. Jumlah cabang generatif antara 8-20 cabang (Balittas, 1993). Tanaman kapas mulai berbunga sekitar 30-45 hari dan mulai mekar sekitar 45-60 hari tergantung jenis dan varietas kapas. Bunga pertama mulai tumbuh pada batang di atas cabang vegetatif, berbentuk spiral dengan filotaksi 3/8 (Mauney,1984).

Tiap cabang generatif dapat tumbuh 6- 8 bunga. Kuncup bunga berbentuk piramid kecil ada pula yang melintir (frego) dan berwama hijau. Bunga mulai mekar pada pagi hari (jam 6-7) dan layu pada siang harinya dan kemudian kepala putik membuka (reseptit). Bagian tangkai yang menganduug tepung sari juga segera membuka dan menghamburkan tepung sarinya. Tepung sari dapat melekat pada kepala putik dan mampu bertahan sampai 12 jam.

Tepung sari berkecambah dalam waktu yang singkat dan mencapai bakal buah dalam waktu sekitar 12-30 jam setelah persarian (Stewart dalam Mauney, 1984).

Setelah terjadi persarian, maka buah segera terbentuk. Dari bunga sampai menjadi buah masak sekitar 40-70 hari. Buah yang masak akan retak dan terbuka. Kebanyakan buah terdiri dari 3 ruang dan kadangkadang 4-5 ruang. Kulit luar biji ada yang berserat dan ada yang tidak.

Serat melapisi kulit biji sangat pendek, ada yang tebal dan halus, atau tebal dan kasar, tipis serta halus. Serat melekat erat pada biji, berwama putih atau krem ada pula yang berwama keabu-abuan.

Serat disebut "fuzz" (kabu-kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi di luarnya terdapat lapisan serabut yang disebut serat kapas (kapas). Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam. Pemanjangan serat berlangsung sekitar 13-15 hari. Pada waktu buah masak kulit buah retak dan kapasnya/seratnya menjadi kering dan siap dipungut. Bagian serat terpanjang terdapat pada puncak biji. Berat serat kapas sekitar 1/3 berat kapas berbiji.

Panjang serat bervariasi tergantung pada jenis dan varietas kapas. Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm (Ditjenbun. 1977). Lahan yang dipilih untuk lokasi penanaman tanaman dengan kondisi rata dan relatif dekat dengan sumber air dan tidak tergenang air, dan mudah diawasi. Lahan dibersihkan, diratakan, dibuat plot-plot dan bumbunan, dan saluran drainase air diatur dengan baik.

Kemudian dibuat plot dengan ukuran 3 x 2 meter, dengan tinggi 30 cm. Tanah digemburkan kembali, tujuannya untuk membalik tanah, kemudian diberi pupuk kandang (1 sak/plot) dan kapur dolomit (2 kg/plot), kemudian balik kembali tanah tersebut.

Lalu dibuat jarak tanam yaitu 80 x 40 cm atau 80 x 50 cm, lakukan pengairan atau pemberian air, dibuat bumbunan atau perbaikan saluran air. Penanaman dilakukan menggunakan teknik penugalan dengan kedalaman lubang 1-3 cm. Sebelum dilakukan penanaman diberikan furadan dan fungisida masing-masing 20 gram/plot, diletakkan di sekitar lubang tanaman.

Kemudian diberikan pula SP36 (90 gr/plot) dan KCl (60 gr/plot) sebagai pupuk dasar (pemupukan I). Pemupukan ini dilakukan karena KCL dan SP36 merupakan yang sulit larut, maka pupuk ini diberikan lebih awal. benih yang dimasukkan kedalam lubang tanam adalah 2 sampai 3 benih. Pemupukan dengan menggunakan urea 100 kg/ha, TSP/SP36 100 kg/ha, KCl 50 kg/ha, dan ZA 50 kg/ha. Pemupukan dilakukan dengan cara penugalan atau ditutup tanah.

Waktu aplikasi pupuk adalah pada umur tanaman 1-7 hari setelah tanam (SP36, KCl, ZA), sedangkan untuk urea dilakukan pada umur tanaman 40-42 hari setelah tanam. Pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit dapat dialakukan dengan cara menanam tanaman secara serempak dan tepat waktu, penggunaan varietas yang toleran terhadap serangan hama, penggunaan benih tanpa kabu-kabu (Kanesia-3 atau Kanesia-7).

Selain itu penggunaan jagung sebagai tanaman perangkap H. armigera dapat dilakukan, serta dilakukan tanam tumpang sari dengan tanaman kacang hijau. Hama yang menyerang tanaman kapas ini berupa Earias vittella, belalang, aphis sp dan emphoasca. Hama tersebut diatasi dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida berupa Buldok dengan dosis 2cc/liter, Dupol dengan dosis 6cc/liter, dan menggunakan Decis 4cc/liter.

Sedangkan penyakit yang menyerang adalah puru akar yang menyebabkan tanaman menjadi layu sementara dan akhirnya tanaman mati. Earias vittella biasanya menyerang bagian batang, sedangkan aphis sp menyerang bagian daun, yang menyebabkan daun menjadi keriput karena cairan dan mineral didalam daun diserap oleh aphis.

Serangan hama dapat meledak dikarenakan faktor tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari, dimana lingkungan menjadi sangat lembab.

Selain itu jarak tanam yang sempit yakni 40 x 30 cm, juga dapat menyebabkan serangan hama tidak bisa berhenti karena cabang-cabang tanaman kapas saling bedesakan. Pembuahan terjadi 30 jam setelah penyerbukan. Kemasakan pada buah ditandai engan adanya kulit buah yang retak dan kapasnya / seratnya menjadi kering.

Ini adalah pertanda bahwa buah kapas siap untuk dipanen. Bagian serat terpanjang berada pada pucuk biji. Panjang serat bervariasi tergantung jenis dan varietasnya. Panjang serat yang dikembangkan di Indonesia sekitar 26-29 mm. Keterbatasan air pada periode pemanjangan serat, akan mengurangi panjang serat. 1 boll kapas ± 3,5 – 4 gram.

tekstil yang bersifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas umumnya terbuat dari

Bentuk biji bulat telur, berwarna cokelat kehitaman dan berat biji per 100 biji sekitar 6-17 gram tergantung varietas. Serat melekat erat pada biji berwarna putih yang disebut fuzz (kabu- kabu). Biji kapas tidak hanya dilapisi kabu-kabu, tetapi diluarnya terdapat lapisan serabut yang disebut serat kapas (kapas). Kulit biji menebal membentuk lapisan serat berderet pada kulit bagian dalam.

Cabang-cabang generatif akan menghasilkan kira-kira 50 kuncup bunga dan dalam keadaan normal hanya 35-40% yang menjadi buah. Pada industri tekstil serat kapas memiliki peranan penting sabagai bahan dasar. Serat kapas akan dipintal menjadi benang yang kemudian akan ditenun menjadi kain. Produk yang dihasilkan dari kapas biasanya disebut dengan bahan katun. Keunggulan dari katun adalah daya tahan (durabilitas) yang dimiliki serta memiliki daya serap yang tinggi sehingga disukai banyak orang.

Tekstil yang berbahan dasar katun meiliki sifat menghangatkan dikala dingin dan menyejukkan dikala panas (menyerap keringat). Selain berguna sebagai bahan dasar dalam industri tekstil, kapas juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan medis seperti pembuatan perban atau pembalut luka dan sebagai bahan pembuatan popok bayi.

Tips Menikmati Roti Sobek




2022 www.videocon.com