Cara membuat slime tanpa lem

cara membuat slime tanpa lem

Slime memang menyenangkan untuk dimainkan. Pada umumnya resep slime membutuhkan lem dan boraks, tetapi ada cara lain untuk membuat slime tanpa lem. Beberapa resep menggunakan bahan-bahan yang sederhana, seperti sabun cuci piring dan tepung pati jagung (seperti tepung Maizena).

Beberapa resep lain bahkan menggunakan bahan-bahan yang mengejutkan, seperti yoghurt! Slime yang dibuat dari bahan-bahan tersebut kemungkinan besar tidak akan bertahan selama slime biasa, tetapi mudah dibuat dan menyenangkan untuk dimainkan selagi kondisinya masih bagus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b9\/Make-Slime-Without-Glue-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Slime-Without-Glue-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b9\/Make-Slime-Without-Glue-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Slime-Without-Glue-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Teteskan 1½ sdm (25 mililiter) sabun cuci piring ke dalam mangkuk.

Anda bisa menambahkan sabun cuci piring untuk membuat lebih banyak slime, tetapi jangan lupa tambahkan pula tepung kanjinya. [1] X Teliti sumber • Cobalah gunakan sabun pencuci piring yang berwarna atau beraroma.

Untuk membuat slime biasa, cukup gunakan sabun pencuci piring berwarna hijau. • Anda juga bisa menggunakan sampo sebagai pengganti sabun pencuci piring.

cara membuat slime tanpa lem

Semakin kental samponya, semakin baik. Aduk pewarna makanan atau glitter kalau mau. Langkah ini tidak wajib dilakukan, tetapi penambahan pewarna atau glitter bisa membuat slime jadi lebih menarik. Kalau Anda menggunakan sabun pencuci piring bening, tambahkan saja setetes pewarna makanan. Kalau Anda ingin slime yang berkilau, masukkan sejumput glitter.

Aduk semuanya dengan sendok. Tambahkan 2 sdm (15 gram) tepung maizena ke dalam mangkuk. Maizena akan mengentalkan sabun pencuci piring dan mengubahnya menjadi slime. [2] X Teliti sumber • Kalau Anda menambah takaran sabun pencuci piring, tambahkan pula Maizena dengan takaran yang sesuai. • Kalau Anda tidak memiliki tepung pati jagung seperti Maizena, gunakan saja tepung jagung.

cara membuat slime tanpa lem

Uleni slime dengan tangan. Pada akhirnya, sabun pencuci piring akan mengikat seluruh tepung maizena. Di titik ini, gunakan tangan dan ulenilah slime hingga adonan kalis. • Kalau slime tampak terlalu encer, tambahkan tepung maizena lagi.

Sebaliknya, kalau terlalu kental, tambahkan sabun pencuci piring. [4] X Teliti sumber Tuangkan 1 sdm (15 gram) yoghurt ke dalam mangkuk. Yoghurt tawar tanpa pemanis adalah pilihan terbaik. Anda boleh menggunakan yoghurt jenis apa saja, tetapi pastikan teksturnya lembut dan tidak ada bongkahan buah di dalamnya. [6] X Teliti sumber • Anda boleh menambah jumlah yoghurt untuk membuat lebih banyak slime.

Gunakan takaran 1 bagian yoghurt berbanding 3 bagian tepung maizena. Tambahkan 3 sdm (25 gram) tepung maizena. Maizena akan membuat yoghurt mengental dan mengubahnya menjadi slime.

[8] X Teliti sumber Kalau Anda menambahkan 1 takar yoghurt, tambahkan pula 3 takar tepung maizena.

cara membuat slime tanpa lem

• Kalau Anda tidak memiliki tepung pati jagung seperti maizena, gunakan saja tepung jagung. Mainkan slime. Tarik, rentangkan, dan biarkan slime mengalir melalui jemari Anda. Meskipun kedua bahannya bisa dimakan, Anda sebaiknya tidak menelan slime. Setelah selesai dimainkan, simpan slime di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es. Ingatlah, lama-kelamaan slime akan rusak. Buanglah slime jika mulai berbau atau berubah warna.

Campurkan 1 sdm psyllium husk dan 1 gelas (240 mililiter) air di dalam mangkuk. Ukurlah 1 sdm psyllium husk dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan 1 gelas (240 mililiter) air. [10] X Teliti sumber • Anda bisa mencari psyllium husk di bagian makanan sehat di swalayan. Anda juga bisa menemukannya di toko makanan sehat. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e3\/Make-Slime-Without-Glue-Step-13-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Slime-Without-Glue-Step-13-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e3\/Make-Slime-Without-Glue-Step-13-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Slime-Without-Glue-Step-13-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan pewarna kalau mau.

Anda bisa membiarkan slime tetap polos atau menambakan pewarna makanan untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Pewarna makanan berbasis gel adalah pilihan terbaik, tetapi Anda bisa menggunakan pewarna cair kalau tidak ada pilihan lain.

cara membuat slime tanpa lem

{INSERTKEYS} [12] X Teliti sumber • Jangan menambahkan glitter. Anda harus memasukkan adonan yang satu ini ke dalam microwave. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/40\/Make-Slime-Without-Glue-Step-16-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Slime-Without-Glue-Step-16-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/40\/Make-Slime-Without-Glue-Step-16-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Slime-Without-Glue-Step-16-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Masukkan slime ke dalam microwave selama 5 menit.

Jangan menjauh dari microwave. Awasi terus slime. Setelah slime mulai bergelembung, matikan sejenak microwave dan biarkan slime mengempis.

Setelah permukaan slime rata kembali, nyalakan lagi microwave dan panaskan hingga selesai. [14] X Teliti sumber • Anda mungkin harus mematikan microwave lebih dari satu kali.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4b\/Make-Slime-Without-Glue-Step-17-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Slime-Without-Glue-Step-17-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4b\/Make-Slime-Without-Glue-Step-17-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Slime-Without-Glue-Step-17-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Dinginkan slime di dalam lemari es.

Ketika mangkuk dikeluarkan dari microwave, adonan slime akan tampak menjijikkan, liat, dan menggumpal. Suhunya pun terlalu panas untuk dimainkan. Jadi, masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es untuk didinginkan. Cukup diamkan selama beberapa menit. [15] X Teliti sumber • Buatlah slime biasa dengan menambahkan pewarna makanan hijau.

• Bereksperimenlah dan buat slime ciptaan sendiri. Sebagian besar produk yang mirip gel, seperti losion tangan, sampo, sabung cuci tangan, dll., bisa dicampur dengan tepung pati jagung untuk membuat slime. • Buatlah slime jadi lebih menarik dengan menambahkan glitter atau pewarna makanan. • Simpan slime di dalam wadah kedap udara saat Anda sedang tidak memainkannya. • Jangan sampai slime mengenai pakaian atau karpet.

• Pada akhirnya slime akan mengering. Slime tidak akan bertahan selamanya. • Kalau Anda menambahkan boraks dengan air, aduklah hingga boraks larut. Merdeka.com - Akhir-akhir ini ada trend yang sedang digandrungi oleh kaum millennial yaitu trend mainan baru bernama slime.

Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Kata kebanyakan orang, slime digunakan untuk pereda emosi. Bentuknya yang kenyal membuat orang gemas untuk terus meremas-remasnya sehingga emosi dapat tersalurkan. Tidak hanya itu slime juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan atau bosan. Terutama bagi pelajar yang bosan mendengarkan guru atau dosen. Cukup dengan memainkan slime dengan meremas-remas maka rasa bosan pun akan tersalurkan.

Ilustrasi slime ©2017 Merdeka.com Slime sendiri sudah ada sejak lama, namun baru populer akhir-akhir ini. Mainan kenyal ini memiliki banyak ragam dan warna. Ketika tengah populer, orang-orang beramai-ramai membelinya. Ada yang dengan alasan memang untuk penyalur emosi dan bosan, ada pula yang cuma karena ikut-ikutan. BACA JUGA: 5 Artis Tanah Air Ini Hobi Memancing, Ada Komeng hingga Ruben Onsu 4 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik, Ada yang Ditaksir Capai Ratusan Miliar Rupiah Maraknya slime ini kemudian membuat orang juga mulai berpikir untuk membuatnya sendiri daripada beli.

Tak sedikit orang yang mencari cara buat slime act, jelly slime, slime clear, hingga cara membuat slime dari shampo. Anda juga penasaran seperti apa sih bentuk slime ini?

Daripada Anda penasaran simak penjelasan cara membuat slime di bawah ini. Cara membuat slime mudah saja. Cara mudah dan aman membuat slime Ilustrasi slime Kebanyakan orang membuat slime dengan menggunakan borax dan lem, namun kali ini kita akan mencoba cara mudah buat slime tanpa lem dan borax. Borax merupakan mineral yang biasa dijual sebagai produk pembersih. Borax sebenarnya hanya akan menyebabkan iritasi ringan tapi ada faktor lain yang membuat borax bahaya.

Ketika kita menyentuh borax dalam jangka waktu yang lama, maka akan parah iritasinya. Apalagi jika kadar borax tinggi. Maka dari itu kali ini kita akan membuat slime tanpa menggunakan borax dan lem. BACA JUGA: Uniknya Perahu Tradisional Bali Terbuat dari Ribuan Botol Plastik Bekas Hobi Gonta-ganti Mobil, Raffi Ahmad Ungkap Alasannya 1. Cara mudah buat slime tanpa lem dan borax Bahan : • Air bersih 400 ml • Tepung kanji 2 gelas • Pewarna makanan 2 sdt (Warna sesuai yang diinginkan) • Minyak goreng 150 g Cara membuat slime : • Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.

• Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas. • Tambahkan pewarna ke dalam adonan. {/INSERTKEYS}

cara membuat slime tanpa lem

Bagaimana? Ternyata mudahkan cara membuat slime sendiri. Namun tidak berhenti sampai disini saja. Ada banyak cara membuat slime sendiri. Setelah Anda tahu cara buat slime tanpa lem dan borax, Anda juga bisa mengetahui cara lain membuat slime dengan menggunakan lem. 2. Cara buat slime dari lem povinal atau lem fox BACA JUGA: Jenis-Jenis Sepeda Lengkap dengan Karakteristik dan Fungsinya, Cek Sebelum Beli Sabrina Chairunnisa Akui Hobi Koleksi Tas dan Jam Tangan Mewah, Ini Alasannya Ilustrasi lem fox Lem povinal tentu merupakan lem biasa yang ada di rumah untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda punya lem povinal sisa di rumah? Anda bisa membuat slime dari lem tersebut lho. Bagaimana caranya? Simak berikut ini. Bahan : • Lem povinal 5 botol • Air ¼ gelas • Baking powder secukupnya • Pewarna makanan 2 sdt Cara membuat : BACA JUGA: 9 Video Game yang Sukses Diangkat ke Layar Lebar, Mulai Silent Hill sampai Uncharted Mengenal Apa Itu Reading Slump dan Cara Mengatasinya, Baca Lebih Lanjut • Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk.

• Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk. • Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan. • Selain lem povinal, Anda juga dapat menggunakan lem fox untuk membuat slime.

3. Cara buat slime dengan lem fox Bahan : • Lem fox 3 sdm • Air 3 sdt • Obat tetes mata 8 tetes • Baking powder 1 sdt • Babi oli ¼ sdt • Sabun cair ¼ sdt • Pewarna makanan 1 sdt Cara membuat : • Masukkan lem fox ke dalam wadah (baskom) dan air bersih sambil diaduk rata. • Tambahkan baking powder ke dalam adonan.

Aduk hingga rata. • Tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makan sambil diaduk. Aduk hingga rata. • Tambahkan baby oil sambil diaduk. Aduk hingga rata. • Jenis lain slime selanjutnya adalah slime clear. Slime clear ini merupakan jenis slime yang tidak berwarna alias jernih.

Ini cara membuat slime clear. 4. Cara membuat slime clear Bahan : • Lem bening (Jangan UHU) • Garam • Air hangat • Gom • Slime Activator Cara membuat : BACA JUGA: Berbakat dan Penyuka Tantangan, Deretan Pemain Suara Hati Istri Ini Punya Hobi Travel Jarang Muncul di Televisi, Intip Deretan Potret Kirana Larasati Geluti Hobi Baru • Masukkan lem ke dalam wadah (baskom), tambahkan garam, lalu tambahkan air hangat baru kemudian di aduk hingga garam larut.

• Tambahkan gom ke dalam 2-3 tetes, aduk hingga rata dan sedikit menggumpal. Jika belum menggumpal tambahkan gom. • Tambahkan 1-2 tetes slime activator atau hingga slime tidak menempel pada wadah. Ilustrasi slime clear Kini Anda sudah mengantongi 4 cara membuat slime yang mudah dan aman. Anda bisa membuat sendiri slime di rumah dengan aman dan mudah. Dalam cara yang ke-4, Anda menemui slime activator. Apa itu slime activator? Slime activator adalah bahan tambahan dalam pembuatan slime.

Namun tidak semua slime membutuhkan slime activator. Berikut kami sajikan cara membuat slime activator. Cara membuat slime activator Bahan : • Air • GOM Cara membuat : • Masukkan GOM dalam wadah (botol kaca kecil) • Tambahkan air.

Tutup wadah lalu kocok hingga cara membuat slime tanpa lem rata Video cara buat slime dari normal hingga slime jumbo 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Cara membuat slime tanpa lem Drama Sejarah Selengkapnya
Banyak orang yang menyukai slime.

Teksturnya yang kenyal seakan cair dan padat sekaligus membuat slime dapat diregangkan, dibentuk, dan dimainkan. Slime juga dapat menjadi alat kegiatan sains yang bagus bagi anak-anak.

Biasanya, slime dibuat menggunakan lem dan boraks. Namun, sekarang sudah ada cara lain untuk membuatnya. Coba buat slime menggunakan produk rumahan yang mungkin sudah tersedia di kamar mandi atau dapur Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5e\/Make-Slime-Without-Any-Glue-or-Borax-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Slime-Without-Any-Glue-or-Borax-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5e\/Make-Slime-Without-Any-Glue-or-Borax-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Slime-Without-Any-Glue-or-Borax-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Awali dengan sabun 3-in-1 untuk anak-anak.

Ada banyak sabun 3-in-1 untuk anak-anak yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Sabun ini mengandung sabun mandi, sampo, dan kondisioner. Tuangkan 0,25 liter sabun 3-in-1 ke mangkuk plastik besar. [1] X Teliti sumber • Semakin banyak sabun yang digunakan, slime yang dibuat pun semakin banyak. Tuangkan krim cukur.

Krim ini akan membantu slime mendapatkan tekstur yang baik. Campurkan sabun dan krim cukur dengan rasio seimbang (1:1). Jadi, jika Anda menggunakan 0,25 liter sabun 3-in-1, krim cukur yang dicampurkan ke mangkuk pun sebanyak 0,25 liter. [2] X Teliti sumber • Jika Anda menambah atau mengurangi jumlah sabun, krim cukur yang dipakai pun perlu ditambah atau dikurangi supaya rasionya tetap 1:1. Tuangkan sabun mandi ke cara membuat slime tanpa lem besar. Metode ini menggunakan sabun mandi biasa, alih-alih sabun 3-in-1.

Silakan menggunakan merek dan wangi sabun yang disukai. Tuangkan 0,25 liter sabun mandi ke dalam mangkuk. [7] X Teliti sumber • Anda dapat menambahkan pewarna makanan untuk mewarnai slime Anda. [8] X Teliti sumber Encerkan slime dengan air. Jika slime Anda terlalu kental, pakai air untuk mencairkannya. Jika Anda tanpa sengaja menambahkan terlalu banyak air, tuangkan tepung maizena untuk mengentalkan slime.

Anda dapat bereksperimen dengan mencoba berbagai rasio tepung dan air untuk membuat berbagai jenis slime. [11] X Teliti sumber Campurkan tepung maizena dengan air. Tuangkan satu kotak tepung maizena dengan 0,25-0,5 liter air ke dalam mangkuk. Aduk bahan-bahan menggunakan tangan sampai konsistensinya serupa madu.

Sesuaikan jumlah air untuk memperoleh konsistensi yang diinginkan. [12] X Teliti sumber • Jika Anda ingin mewarnai oobleck, tambahkan pewarna makanan sebelum mencampurkan tepung maizena. Ada banyak cara untuk menumbuhkan sisi kreatif dan kognitif Si Kecil. Salah satunya adalah dengan mainan yang Bunda mungkin sediakan untuknya.

Di antara beberapa mainan itu, slime adalah salah satunya. Slime adalah mainan yang terbuat dari bahan baku lem dan campuran kimia lainnya. Slime mulai nge-tren lagi pada pertengahan 2017-an.

cara membuat slime tanpa lem

Saat itu, slime diminati oleh banyak orang tua untuk dijadikan mainan untuk anak-anaknya. Slime menjadi mainan yang sangat mendukung perkembangan kognitif dan mengasah kreativitas Si Kecil, karena dengan slime Si Kecil bebas membuat apa saja sesuai dengan imajinasinya. Namun, sebenarnya ada banyak lagi manfaat yang dapat Si Kecil dapatkan dengan bermain slime. Baca Juga : 5 Langkah Cara Membuat Slime yang Aman untuk Anak, No Manik-manik!

Manfaat bermain slime untuk Si Kecil Berikut adalah manfaat bermain slime untuk Si Kecil, seperti yang dikutip dari Tagg. Kesempatan untuk berkreasi Dengan berbagai pilihan warna dan tekstur yang dapat dipilih, Si Kecil akan mencoba untuk bereksperimen dengan slime yang ada di depan matanya, lalu mencampur dan mengkombinasikan warna dan bentuk sesuai dengan keinginan mereka.

Si Cara membuat slime tanpa lem akan tenggelam dalam keasyikan membuat bentuk sesuai dengan apa yang terukir dalam imajinasinya. Saking asyiknya, mungkin Bunda akan memberhentikannya karena tempat sudah terlalu cara membuat slime tanpa lem dan sudah waktunya untuk Si Kecil beristirahat. Pengalaman motoriknya yang berharga Dalam masa pertumbuhannya, keterampilan motorik merupakan aspek yang penting, dan slime adalah salah satu media yang tepat untuk mengasah keterampilan motoriknya.

Si Kecil dapat menyentuh dan membentuk slime sesuai yang ia mau! Pengalaman sensorik yang ia dapatkan akan lebih banyak, karena dengan slime Si Kecil bisa mengeksplorasi berbagai sentuhan baru untuk membuat sebuah bentuk.

Namun, jika Si Kecil memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya Bunda berhati-hati ya! Menenangkan Si Kecil Bunda sebal melihat Si Kecil yang selalu rewel? Mungkin ada baiknya Bunda mencoba slime. Bunda bisa mengandalkan slime apabila Si Kecil sedang rewel atau Bunda sedang jenuh.

Bisa dipastikan, ia akan asyik sendiri bermain dengan slime kesayangannya. Maka amarah Si Kecil bisa diredam, Bunda juga bisa duduk dengan tenang dan santai. Win-win solution, bukan? Belajar meningkatkan fokus Bunda mungkin sesekali pernah memberinya tugas di rumah. Namun setelah diperhatikan, kenapa Si Kecil tidak pernah fokus penuh terhadap tugasnya, ya? Untuk membantunya meningkatkan fokus, tidak ada salahnya Bunda mencoba media seperti slime. Prosesnya dalam membentuk apa yang ada di dalam pikirannya akan membantunya untuk fokus dalam satu tugas.

Ia akan terlatih menyelesaikan satu tugas untuk membuat satu bentuk, sebelum membuat bentuk-bentuk lainnya dengan slime. Ilustrasi cara membuat slime tanpa lem/ Foto: iStock Kenapa slime tanpa lem? Mungkin selama ini Bunda selalu menemukan slime dengan lem.

Slime yang dibuat dengan lem adalah jenis slime yang paling banyak dipilih. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah mudah didapat. Namun, slime dengan lem akan sangat lengket dan sulit lepas saat mengering.

Slime jenis ini bisa saja merusak baju Si Kecil, lap, atau handuk yang sedang dipakai. Terlebih, jika Bunda tidak bisa mengontrolnya.

Tapi, bagaimana caranya membuat slime tanpa lem?

cara membuat slime tanpa lem

Apakah sulit membuatnya? Cara membuat slime tanpa lem Berikut adalah cara membuat slime tanpa lem yang dapat Bunda lakukan di rumah, seperti yang dilansir dari The Kitchn.

• Siapkan peralatannya terlebih dahulu. Peralatan yang Bunda butuhkan tidak sulit, kok. Bunda hanya memerlukan gelas, sendok makan atau sendok takar, mangkuk pengaduk, dan spatula karet. • Siapkan bahannya. Bahan yang Bunda butuhkan adalah sampo, air, dan tepung maizena • Campur bahannya. Campur sampo dengan pewarna makanan. Tuangkan setengah cangkir sampo ke dalam mangkuk sedang, lalu dua hingga tiga tetes pewarna makanan lalu aduk hingga tercampur.

• Tambah tepung maizena. Tambahkan 2,5 cangkir tepung maizena cara membuat slime tanpa lem aduk untuk menggabungkannya. Campurannya akan berupa pasta yang kental • Campur air.

Perlahan campurkan air per dua sendok makan hingga campuran berubah menjadi halus. • Remas hingga elastis. Setelah mencampurkan air, remas slime yang sudah setengah jadi hingga elastis dan lebih halus.

Kini Bunda bisa membuat slime tanpa lem.
• HOME • NEWS • Politik dan Hukum • Ekonomi • Humaniora • Megapolitan • Nusantara • Internasional • Olahraga • VIEWS • Editorial • Podium • Opini • Kolom Pakar • Sketsa • FOTO • VIDEO • INFOGRAFIS • WEEKEND • SEPAK BOLA • SAJAK KOFE • OTOMOTIF • TEKNOLOGI • RAMADAN • LAINNYA • Live Streaming • Media Guru • Telecommunication Update MAINAN anak-anak slime yang memiliki karakter lengket, lembut, kenyal, dan berwarna-warni ini sudah meledak kehadirannya sejak 2016 hingga kini.

Harga slime di e-commerce pun beragam ada yang Rp14.200 hingga lebih dari Rp400 ribu. Slime pada umumnya dibuat dengan lem karena mudah dan dapat diandalkan. Tapi juga sangat lengket, dan hampir tidak mungkin dilepaskan saat mengering. Namun, anda juga bisa membuatnya tanpa bahan baku lem. Berikut cara membuat slime tanpa lem. Baca juga: Eksperimen Sains dari Bahan Sederhana Bahan Baku Membuat Slime Bahan alternatif yang aman dan mudah didapatkan yakni: • tepung maizena, • pewarna makanan (sesuai keinginan) dan • sampo all in one.

Semakin tebal sampo, semakin tebal slime. Selain bahan baku, anda juga perlu menyiapkan gelas, sendok takar, mangkuk sedang, spatula karet, dan gelas ukur cair. Baca juga: Membuat Slime Belajar Sains Proses Sederhana Membuat Slime • Langkah pertama yakni campur sampo dengan pewarna makanan cara membuat slime tanpa lem digunakan.

cara membuat slime tanpa lem

• Tuang 1/2 cangkir sampo ke dalam mangkuk sedang. • Tambahkan 2 hingga 3 tetes pewarna makanan dan aduk agar tercampur. • Beberapa tetes pewarna makanan yang ditambahkan ke sampo akan berhasil dan membuat warna.

• Tambahkan 2 1/2 cangkir tepung maizena dan campur ke dalam sampo dan aduk rata, cara membuat slime tanpa lem harus kental dan kasar.

• Kemudian, campurkan air 2 sendok makan sekaligus sampai campuran berubah dari kasar menjadi halus. Uleni slime hingga lembut dan elastis. jika dirasa sudah elastis slime bisa regangkan hingga lembut. Slime pun siap dibuat main anak. Slime ini bertahan sekitar seminggu. (OL-13)
noneP arents, slime memang menyenangkan untuk dimainkan.

Bentuknya yang kenyal, lembut, lengket, dan berwarna-warni menyenangkan sekali bagi anak-anak. Tak hanya menyenangkan bagi anak-anak, slime pun kerap dijadikan mainan pelepas stres oleh orang dewasa.

Berikut ini kami bagikan cara membuat slime tanpa lem yang bisa dicoba di rumah. Pada umumnya pembuatan slime membutuhkan lem dan boraks, tetapi sekarang ada banyak cara membuat slime tanpa lem. Beberapa resep menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa didapatkan di rumah, seperti sabun cuci piring, dan tepung pati jagung.

Untuk cara membuat slime tanpa lem, bisa digantikan dengan bahan lain seperti yoghurt, shampoo, bahkan bedak bayi. Meskipun slime yang dibuat dari bahan-bahan tersebut kemungkinan besar tidak akan bertahan selama slime biasa, tetapi mudah dibuat dan menyenangkan untuk dimainkan selagi kondisinya masih bagus.

Artikel terkait: 5 Cara Membuat Slime Memakai Bahan yang Mudah Didapatkan, Penasaran? 5 Cara Membuat Slime Tanpa Lem Mau tahu caranya?, yuk simak 5 cara membuat slime tanpa lem berikut ini! 1. Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Sabun Cuci Piring Teteskan 1,½ sdm atau sekitar 25 milliliter sabun cuci piring ke dalam wadah, lalu tambahkan 2 sdm (15 gram) tepung jagung. Tepung akan mengentalkan sabun cara membuat slime tanpa lem piring dan mengubahnya menjadi slime.

Untuk menghasilkan lebih banyak slime, tambahkan sabun cuci piring, dan tambahkan juga jumlah tepungnya. Aduk semuanya hingga menyatu, dan bahan-bahan tersebut akan mulai bereaksi membentuk slime. Jika ingin, bisa menambahkan pewarna makanan atau glitter untuk menghasilkan slime yang cantik berkilau warnanya.

cara membuat slime tanpa lem

Pada tahap ini, uleni slime dengan tangan hingga adonan kalis. Pada akhirnya, sabun pencuci piring akan mengikat seluruh tepung maizena. Perhatikan juga, jika slime tampak terlalu encer, tambahkan tepung maizena. Sebaliknya, kalau terlalu kental, tambahkan sabun pencuci piring. Setelah mendapatkan konsistensi yang diinginkan, slime pun siap dimainkan. Setelah selesai dimainkan, simpan slime di dalam wadah kedap udara, ya!

• Campurkan bedak bayi, air, baby oil dan pewarna makanan kedalam wadah yang bersih. Aduk hingga rata • Jika adonan terlalu cair, tambahkan bedak. Jika terlalu kental, tambahkan air sedikit demi sedikit. • Setelah itu, masukkan adonan slime dalam lemari es selama 1 jam • Setelah 1 jam, slime sudah bisa dimainkan Artikel terkait: Ajak anak bikin slime dan playdough sendiri di rumah. Mudah dan aman! 3.

Cara Membuat Slime Tanpa Lem Memakai Tepung Kanji Bahan: • Air hangat 400 ml • Tepung kanji 12 sendok makan • Pewarna makanan secukupnya. • Minyak goreng 150 gram Cara membuat : • Masukkan tepung kanji dalam wadah, lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tepung tidak menggumpal • Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil diperhatikan kekentalannya.

Jika sudah pas dan tidak lengket lagi, hentikan pemberian minyak. • Terakhir tambahkan pewarna makanan dan aduk hingga rata • Slime siap dimainkan!

4. Membuat Slime dari Sampo dan Krim Cukur Ternyata, slime juga bisa dibuat dari sampo dan krim cukur. Ini dia bahan-bahan cara membuat slime tanpa lem, hanya menggunakan bahan sampo dan krim cukur. Bahan: • Sampo anak 3 in-1 • Krim cukur • Garam Cara membuat slime: • Tuang 2 cara membuat slime tanpa lem sampo ke dalam mangkok pencampur. • Tambahkan krim cukur ke mangkuk, dengan perbandingan 1:1 • Aduk bahan hingga tercampur rata • Tambahkan sekitar satu sendok teh garam, lanjut aduk hingga adonan halus • Bekukan di freezer selama 15-20 menit • Slime siap dimainkan!

5. Membuat Slime dengan Susu dan Tepung Slime yang satu ini aman meski dimainkan anak-anak karena terbuat dari campuran cara membuat slime tanpa lem dan tepung maizena.

Bahan: Liburan Keluarga di Rumah Bersama Disney and Pixar’s "Soul" • 1 kotak susu cair 200 ml • 2 sdm tepung maizena, • Vanili bubuk secukupnya, • 2 sendok pewarna makanan Cara membuat: • Siapkan panci untuk membuat slime • Masukkan susu cair ke dalam panci, lalu masak dengan api kecil. • Aduk susu cair dengan perlahan hingga susu terasa panas. • Tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata.

• Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata. • Kalau adonan kurang kental, tambahkan lagi tepung maizena. Namun saat adonan sudah cukup kental, tambahkan susu cair lagi.

• Setelah adonan mendidih, angkat adonan dan dinginkan terlebih dahulu. • Saat adonan sudah dingin, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil diaduk hingga tercampur • Letakkan adonan slime ke tempat yang tertutup. Jangan sampai adonan terkena sinar matahari agar tidak rusak • Slime siap dimainkan!

cara membuat slime tanpa lem

Nah, demikian lah 5 cara membuat slime tanpa lem. Memang, di luar sana banyak yang menjual slime berbagai bentuk dan warna. Tapi, belum seru rasanya kalau belum mencoba DIY slime sendiri di rumah.

Yuk mari kita coba! Baca juga: id.theasianparent.com/cara-membuat-slime id.theasianparent.com/membuat-slime-sendiri id.theasianparent.com/montessori-di-rumah-permainan-sensorik • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
tirto.id - Slime menjadi mainan yang cukup populer di kalangan anak-anak.

Permainan ini dapat membantu anak untuk melatih sensorik. Selain tekstur unik, slime juga digandrungi karena mudah dibuat dan didapatkan.

Orang tua bisa menjalin kedekatan dengan anak dengan cara membuat slime bersama.

cara membuat slime tanpa lem

Anak bisa menjadi lebih kreatif karena mereka dapat menambahkan pernak-pernik dan karakter sesuai yang mereka inginkan dalam slime. Anda bisa membuat sendiri di rumah menggunakan bahan yang sederhana. Permainan slime tidak hanya untuk anak-anak, bahkan orang dewasa juga bisa bermain slime sembari menemani anak agar lebih produktif.

Saat membuat slime anak akan melihat bagaimana bahan-bahan di sekitar mereka bisa menjadi permainan yang mengasyikkan. Mereka akan menikmati proses mengukur, mencampur, menuang, mengaduk, dan menguleni bahan. Cara Membuat Slime Terdapat beberapa jenis slime yang dapat dibuat berdasarkan bahan.

Dikutip dari laman The Empowered Educator terdapat beberapa cara untuk membuat slime yang tidak berbahaya, tanpa lem, boraks, dan bahan berbahaya lain. 1. Slime sabun Slime ini direkomendasikan untuk anak usia 9 bulan ke atas. Bahan yang digunakan meliputi sabun batang, air hangat, pewarna makanan, pengocok telur, dan ember. Cara membuatnya: - Parut sabun batang dan taruh ke ember. - Masukkan air hangat ke dalam ember yang beisi parutan sabun.

cara membuat slime tanpa lem

- Kocok air hangat dengan serpihan sabun menggunakan pengocok telur kemudian tunggu satu malam agar mengental. - Tambahkan pewarna sesuai yang diinginkan. 2. Squishy Jenis slime ini direkomendasikan untuk anak usia di atas 6 bulan.

Bahan yang diperlukan berupa 4 gelas air biasa atau dua sendok makan air panas, cairan pencuci piring, 4 sendok makan agar-agar bubuk, kocokan telur, pewarna edicol. Cara membuatnya adalah: - Masukkan agar-agar bubuk dengan air hangat - Tuangkan air dingin dnegan cairan pencuci piring dan tambahkan pewarna - Aduk bahan dengan pengocok telur dampai keluar busa - Tunggu beberapa menit agat menggelembung 3.

Quick slime Quick slime merupakan jenis slime yang menggunakan cellmix/pasta bubuk, slime ini untuk anak cara membuat slime tanpa lem di atas 6 bulan. Bahan yang diperlukan meliputi pasta bubuk, air dingin, ember, dan pewarna. Cara membuatnya sama seperti slime squishy yaitu percampuran antara air dengan pasta bubuk.

4. Slime sagu Slime ini untuk usia 9 bulan ke atas. Bahan-bahan yang diperlukan berupa 1 bungkus sagu atau tapioka, satu gelas air hangat, mangkok/ember, pewarna bubuk edicol, dan cellmix atau pasta bubuk. Cara membuatnya yaitu: - Tuang bubuk sagu ke dalam mangkok/ember kemudian tuangkan air hangat secukupnya sampai bahan bisa dibentuk. - Tambahkan pewarna edicol ke dalam mangkuk, jika ingin lebih dari 1 warna bisa membuat dalam 2 atau 3 mangkuk yang berbeda.

- Campur bubuk cellmix dengan air. - Diamkan bahan selama satu malam.

Slime lidah buaya




2022 www.videocon.com