Jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

tirto.id - ASEAN ( Association of Southeast Asian Nations) menjadi organisasi regional Asia Tenggara yang menjembatani kerja sama anggota-anggotanya. Hingga kini, terdapat 10 negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota resmi ASEAN.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri RI, ASEAN resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Ada 5 negara pendiri ASEAN. Kelima negara yang memprakarsai pendirian ASEAN pada tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Wakil dari masing-masing negara itu bersepakat dan thailand dan brunei darussalam? kerja sama regional yang diwujudkan dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok. Setelah terjalin kesepakatan, organisasi kawasan tersebut lantas diberi filipina ASEAN. Tujuan dari pembentukan ASEAN, sesuai dengan isi Deklarasi Bangkok adalah: • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara; • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional; • Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi; • Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada; • Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Seiring berjalannya waktu, anggota ASEAN bertambah yaitu Brunei Darussalam (8 Januari 1984); Vietnam (28 Juli 1995); Laos (23 Juli 1997); Myanmar (23 Juli 1997); serta Kamboja (30 April 1999). Pada tahun 1976, dibentuk Sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta. ASEAN memiliki benderanya sendiri berupa ikatan rumpun padi di dalam lingkaran. Ikatan padi ini sebagai perlambangan dari harapan tokoh pendiri ASEAN agar organisasi tersebut bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Garis lingkaran yang melingkupi ikatan padi melambangkan kesatuan ASEAN. Warna yang dipakai dalam bendera ASEAN yaitu biru (lambang perdamaian dan stabilitas); merah (lambang semangat dan kedinamisan); putih (lambang kesucian) dan kuning (lambang kemakmuran). Infografik SC Organisasi Negara Dunia. tirto.id/Lugas Mengutip laman Sekretariat ASEAN, organisasi ini memiliki beberapa struktur sebagai berikut: • Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, merupakan pertemuan tingkat tinggi para kepala negara/pemerintahan dari negara anggota.

• Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council), yaitu pertemuan para menteri luar negeri negara anggota ASEAN yang bertindak selaku koordinator Dewan Masyarakat ASEAN. • Dewan Masyarakat ASEAN (ASEAN Community Council), merupakan pertemuan para Menteri yang membidangi tiga pilar Masyarakat ASEAN yakni Pilar Politik-Keamanan, Pilar Ekonomi, dan Pilar Sosial-Budaya.

• Pertemuan Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri (ASEAN Sectoral Ministerial Bodies) yakni pertemuan para menteri yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN. • Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi ASEAN (ASEAN Senior Officials’ Meeting), yaitu pertemuan para pejabat tinggi di bawah menteri negara anggota ASEAN yang membidangi tiap sektor kerja sama ASEAN.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia Sekretariat ASEAN merupakan bagian dari ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antarbadan ASEAN dan melakukan implementasi kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN.

Sekretariat ASEAN dipimpin Sekretaris Jenderal. • Komite Wakil Tetap ASEAN adalah forum para Duta Besar/Wakil Tetap negara anggota ASEAN yang diakreditasikan ke ASEAN dan berkedudukan di Jakarta.

• Sekretariat Nasional, yakni pimpinan kegiatan (focal point) tingkat nasional setiap negara ASEAN yang punya tugas menyimpan informasi tentang urusan ASEAN, mengoordinasipelaksanaan keputusan ASEAN, lalu memajukan identitas dan kesadaran ASEAN.

• Komisi Antarpemerintah untuk HAM ASEAN (AICHR), yaitu Badan HAM ASEAN yang bertugas memajukan dan melindungi HAM semuamasyarakat di ASEAN. Potensi Negara-negara ASEAN dalam Bidang Ekonomi Setiap negara yang bergabung di ASEAN memiliki potensi ekonominya masing-masing. Mengutip buku IPS Kelas XIII (Kemdibud 2017), berikut ini sekilas profil ekonomi negara-negara tersebut: 1.

Indonesia Indonesia kaya akan sumber daya alam yang berpotensi untuk ekspor. Komoditas ekspor utama Indonesia adalah minyak dan gas, aneka jenis barang tambang, dan berbagai hasil sumber daya alam untuk bahan mentah, seperti kayu, karet, dan lain sebagainya.

Barang ekspor potensial dari Indonesia lainnya adalah tekstil dan hasil pertanian. Sektor industri dan perikanan Indonesia pun terus berkembang dan menghasilkan berbagai macam barang ekspor.

Sementara komoditas Impor utama Indonesia yaitu perkakas industri, farmasi dan kimia, barang elektronik, dan otomotif. 2. Brunei Darussalam Perekonomian Brunei didominasi oleh hasil minyak bumi dan gas. Pendapatan per kapita negara ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara ASEAN.

Industri yang berkembang dan utama selanjutnya yaitu tekstil, makanan dan minuman, hingga bahan dan thailand dan brunei darussalam?. Negara ini banyak mengimpor mesin-mesin, peralatan transportasi, dan bahan kimia. Transportasi yang dibangun meliputi darat, laut dan udara. 3. Filipina Filipina sangat mengandalkan sektor agraris. Kendati demikian, potensi ekonominya tidak hanya dari hasil pertanian, tapi turut didukung oleh sektor industri yang sekarang makin berkembang.

Peternakan juga berkembang pesat di sana. Hasil pertanian dan peternakan dari Filipina antara lain beras, kelapa, tebu, jagung, pisang, nanas, mangga, daging babi, daging sapi, telur, dan ikan. Sementara hasil dari industri yaitu peralatan elektronik, tekstil, obat-obatan, kimia, produksi kayu, minyak bumi, serta teknologi makanan.

4. Kamboja Perekonomian Kamboja mengandalkan sektor pertanian dan industri. Di antara industri Kamboja yang berkembang adalah semen, kayu, dan rokok. Industri di Kamboja tidak terlalu berkembang sebelumnya karena kekurangan tenaga terampil, bahan mentah, suku cadang, hingga masalah transportasi. Namun, sekarang Kamboja perlahan bangkit dan nilai GDP per 2003 mencapai 4.215 dolar AS. 5. Laos Laos memiliki kegiatan ekonomi utama di sektor pertanian. Sektor ini telah menyerap 72 persen tenaga kerja dengan hasil utama berupa padi dan jagung.

Di samping itu, Laos memiliki barang tambang untuk diekspor seperti bijih timah. Ekspor lain dari Laos ialah kayu, kapas, kopi, kapur barus, dan kulit.

Barang-barang yang diimpor seperti beras, minyak bumi, mesin-mesin, barang elektronik, dan barang konsumsi lainnya. 6. Malaysia Malaysia mengandalkan perekonomian dari sektor pertanian, tambang, dan industri. Pendapatan terbesarnya dari minyak dan gas, serta hasil perkebunan jelaskan potensi ekonomi negara malaysia yang melimpah. Kegiatan ekspor impor di Malaysia kebanyakan dilakukan lewat pelabuhan laut Port Swetenham.

7. Myanmar Myanmar merupakan negara pengekspor beras, kacang-kacangan, ikan dan udang, bahan mineral, kayu, karet, bartu perhiasan, hingga gas. Komoditas impornya antara lain baja, mesin dan suku cadang kendaraan bermotor, semen, minyak mentah, bahan baku kimia, dan pupuk. Filipina Myanmar sekira 65 persennya bekerja sebagai petani dan sisanya masuk ke sektor industri. 8. Singapura Sebagai negara transit, Singapura banyak memperoleh pendapatan dari sektor pajak yang menjadi sumber pendapatan besar.

Singapura saat ini menjadi kekuatan ekonomi besar di dunia. Beberapa industri yang berkembang seperti elektronika, bahan kimia, keuangan dan perbankan, turisme (pariwisata), dan perdagangan. 9. Thailand Thailand mempunyai komoditas ekspor utama berupa beras dan karet.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Ada pula kelapa, tembakau, kapas, sutera, dan sebagainya. Sektor lain yang memberi kontribusi pada perekonomian negara ini adalah pertambangan, pariwisata, peternakan, dan hasil alam lainnya. 10. Vietnam Vietnam menjadi eksportir terbesar ke negara Amerika Serikat di antara negara ASEAN lainnya. Di negara ini banyak investasi asing masuk, bahkan menjadi negara tujuan para produsen yang ingin memindahkan pabriknya dari China. Perusahaan raksasa seperti Samsung Electronics berinvestasi di Vietnam.

Perekonomian Vietnam ditopang dengan kegiatan industri pengolahan, manufaktur, elektronik, dan pembangunan. Investasi dan konsumsi perseorangan di negara kini kian membaik dari waktu ke waktu. -- Pernahkah kamu mendengar tentang ASEAN? ASEAN ( Association of Southeast Asian Nations ) merupakan perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara di bidang ekonomi dan geo-politik. Jadi, cuma negara-negara Asia bagian Tenggara aja ya yang bisa masuk ke perkumpulan ini.

Meskipun begitu, ada satu negara yang berada di wilayah Asia Tenggara yang belum masuk dan thailand dan brunei darussalam? ASEAN, lho! Negara itu adalah Timor Leste.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Sebenarnya, Timor Leste sudah mengajukan untuk bergabung dengan ASEAN sejak tahun 2011. Namun, hingga saat ini, masih menjadi pembahasan di antara negara anggota ASEAN yang lainnya untuk bisa bergabung. Karena terletak di wilayah yang sama, kondisi alam dan sosial negara-negara ASEAN cenderung homogen. Hal ini yang memudahkan interaksi antar negara-negara ASEAN. Hampir semua negara-negara ASEAN memiliki sumber daya alam di bidang pertanian dan pertambangan, teman-teman.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Nah, di artikel ini akan filipina mengenai macam-macam potensi sumber daya alam di negara-negara ASEAN secara rinci. Mau tau apa aja? Yuk, check these out! Baca juga: Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN 1. Indonesia Pulau komodo di Indonesia (s umber: scmp.com) Negara yang pertama adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak potensi sumber daya alam, lho!

Mulai dari potensi alam yang indah, perairan yang bersih, dan tanah yang subur untuk menjadi tempat tinggal para hewan dan tumbuhan. Dari bidang pertanian, yang menjadi unggulan adalah rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu, dan masih banyak lagi. Tidak hanya unggul pada bidang pertanian, kelautan dan perikanannya pun sangat kaya akan sumber daya alam.

Dengan mayoritas wilayah 70% perairan, menyebabkan Indonesia menjadi rumah yang nyaman bagi banyak ikan-ikan dan hewan air lainnya. Lalu, dari sektor pertambangan pun Indonesia tidak mau kalah.

Minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga masih menjadi sumber daya alam dan sumber mata pencarian bagi kebanyakan orang. 2. Malaysia Yukberanjak ke negara tetangga dari sisi pulau Kalimantan, yaitu Malaysia.

Malaysia merupakan negara yang masih serumpun sama kita, lho! Hal ini dibuktikan dengan kondisi geografis yang hampir sama, dan potensi sumber daya alam yang dimilikinya pun hampir serupa dengan negara kita. Dari bidang pertanian, yang menjadi komoditas utama Malaysia adalah padi, karet, teh, dan kelapa sawit. Lalu dari bidang pertambangan, Malaysia mempunyai sumber daya alam berupa minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit. Mirip dengan Indonesia, bukan?

3. Brunei Darussalam Billionth Barrel Monument, bukti banyaknya minyak bumi di Brunei ( sumber: flicker.com) Selanjutnya negara ASEAN yang ketiga, yaitu Brunei Darussalam. Negara yang terletak di ujung pulau Kalimantan ini memiliki sumber daya alam jugayaitu pada sektor pertambangan yang memiliki minyak bumi dan gas alam. Tahukah kamu? Brunei mampu memproduksi 180.000 barel minyak setiap harinya, lho! Hingga dibangun monumen Billionth Barrel di pantai Seria untuk memperingati jumlah satu miliar tong minyak yang telah di produksi negara ini.

Tidak hanya sektor pertambangan saja yang dihasilkan, dari sektor pertanian pun Brunei Darussalam memiliki sumber daya alam berupa kelapa, kelapa sawit, dan karet. 4. Kamboja Angkor Wat, peninggalan bersejarah dan menjadi ikon negara Kamboja. (s umber: pinterest.com) Negara yang kelima, adalah Kamboja. Tahukah kamu, bendera negara Kamboja merupakan satu-satunya bendera di dunia yang ada gambar gedungnya lho, yaitu bentuk bangunan Angkor.

Kamboja memiliki potensi sumber daya alam yang hampir sama dengan negara tetangganya, yaitu pada bidang pertanian yang memiliki karet, beras, kayu, hingga umbi-umbian.

Sektor pertambangan negara Kamboja ini pun cukup banyak, yaitu memiliki gas alam, minyak bumi, dan batu permata berupa jelaskan potensi ekonomi negara malaysia dan ruby. 5. Singapura Pelabuhan Internasional Singapura (s umber: id.wikipedia.org) Singapura merupakan negara yang terkecil di ASEAN. Luas negara ini sekitar 720 km 2, atau kira-kira seluas kota Jakarta. Hal ini yang membuat Singapura tidak memiliki sumber daya alam seperti negara-negara ASEAN lainnya.

Namun, dengan kondisi geografis negara yang strategis, yaitu di selatan Semenanjung Malaka, menjadikan negara ini menjadi maju karena pelayaran internasionalnya. Walaupun tidak banyak penghasilan yang didapat dari sektor sumber daya alam, Singapura menjadi salah satu negara maju di ASEAN yang pendapatannya didominasi dari sektor jasa. Baca juga: Dampak Masyarakat Ekonomi ASEAN Bagi Indonesia Etttssss, udah mulai pusing kah ? Masih ada negara lain lho yang masuk ke dalam ASEAN.

Yuk, kita lanjutkan! 6. Vietnam Teluk Halong, salah satu keajaiban dunia (sumber: az.wikipedia.org) Nahnegara yang terakhir menjadi anggota ASEAN adalah Vietnam.

Vietnam merupakan negara unik yang memiliki bentuk seperti huruf S. Selain bentuk negaranya yang unik, Vietnam memiliki sumber daya alam yang menjadi ikon, yaitu Teluk Halong. Teluk Halong ini jelaskan potensi ekonomi negara malaysia 7 dari keajaiban dunia menurut versi new 7 wonders foundation. Di bidang pertanian, Vietnam punya sumber daya yang berupa beras, karet, kedelai, kopi, dan teh. Hampir sama dengan negara-negara tetangga, di bidang pertambangan, Vietnam juga menghasilkan minyak bumi dan batu bara.

7. Myanmar Negara yang ketujuh adalah Myanmar. Myanmar merupakan negara yang kaya akan jelaskan potensi ekonomi negara malaysia daya tambangnya, yaitu berupa tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, gas alam, dan nikel.

Kamu tau nggak, kalau batu giok merupakan salah satu primadona dari negara ini. Nah, tidak hanya pertambangan, sektor pertanian Myanmar juga banyak lho. Antara lain beras, kacang-kacangan, dan karet.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

8.Filipina Serat abaca yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian (s umber: glatfelterblog.com) Negara yang selanjutnya akan kita bahas adalah Filipina. Filipina merupakan negara kepulauan yang dekat dengan Samudra Pasifik. Tahukah kamu, Filipina merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam pertanian berupa padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan, dan abaca (serat manila).

Tidak hanya sumber daya pertanian aja, Filipina juga mempunyai sumber daya pertambangan juga. Meliputi tembaga, emas, perak, bijih besi, dan keramik. 9. Thailand Pantai Phuket yang menjadi daya tarik wisata di Thailand (s umber: perjalanandunia.com) Thailand merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang terkenal dengan keindahan pantainya. Namun tahukah kamu, selain punya pantai yang indah, Thailand juga terkenal dengan hasil pertaniannya.

Thailand mampu menghasilkan pertanian berupa beras, jagung, tebu, umbi-umbian, karet, cengkeh, kayu jati, hingga kayu besi. Tidak hanya itu, Thailand juga punya pertambangan timah, dan thailand dan brunei darussalam?, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.

10. Laos Selanjutnya, negara yang keenam adalah Laos. Walau negara ini tidak memiliki laut, namun punya sumber daya alam yang sangat dimanfaatkan dengan sangat baik. Negara ini merupakan negara satu-satunya di ASEAN yang memberikan listrik secara gratis-tis-tis.

Wah, hebat, ya? Pasokan listrik yang amat sangat besar ini berasal dari pendaman danau besar di Luang Prabang, Laos. Tidak hanya memiliki listrik yang banyak, negara Laos juga menghasilkan kayu jati dan cendana, lho! Wah, ternyata unik-unik ya potensi sumber daya alam di negara-negara Dan thailand dan brunei darussalam?. Semuanya mempunyai kekhasan masing-masing. Ada negara yang punya pertambangan batu permata, hingga terkenal dengan bentuk negaranya yang unik. Kamu mau mempelajari negara-negara lain selain di ASEAN?

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Yuk, berlangganan ruangbelajar. Agar belajar kamu makin menyenangkan dengan video-video yang bikin belajar makin mudah. Referensi: Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa'ban, dan Supardi.

2017. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

'Hampir 10 Tahun Menanti, Timor Leste Segera Gabung dengan ASEAN' (2020) [Daring]. Tautan: http://setnas-asean.id/news-events/read/hampir-10-tahun-menanti-timor-leste-segera-gabung-dengan-asean (Diakses pada 19 Agustus 2021).

Sumber gambar: Foto "Pulau Komodo" [Daring]. Tautan: https://www.scmp.com/magazines/post-magazine/travel/article/3031504/komodo-national-park-staying-open-us1000-visit-its (Diakses pada 19 Agustus 2021). Foto "Billionth Barrel Monument" [Daring]. Tautan: https://www.flickr.com/photos/in4ocus/11684651763 (Diakses pada 19 Agustus 2021). Foto "Pelabuhan di Singapura" [Daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Singapore_Cruise_Centre_at_HarbourFront.jpg (Diakses pada: 19 Agustus 2021).

Foto "Angkor Wat" [Daring]. Tautan: https://www.pinterest.com/pin/550142910702267006/ (Diakses pada: 19 Agustus 2021). Foto "Serat Abaca" [Daring]. Tautan: https://www.glatfelter.com/ (Diakses pada: 19 Agustus 2021) Foto "Pantai Phuket Thailand" [Daring]. Tautan: https://perjalanandunia.com/asia/thailand/transportasi-umum-phuket/ (Diakses pada: 19 Agustus 2021). Foto "Teluk Halong" [Daring]. Tautan: https://az.wikipedia.org/wiki/Halonq_buxtas%C4%B1#/media/Fayl:Asia_Cruise_Junk_in_Halong_bay.JPG (Diakses pada: 19 Agustus 2021) Artikel ini diperbarui pada 19 Agustus 2021.
Bobo.id - Setiap negara-negara di ASEAN mempunyai potensi ekonomi masing-masing.

Setiap negara di ASEAN rata-rata mempunyai sumber daya yang sama, tapi setiap negara juga punya sumber daya dan komoditas unggulan.

Indonesia mempunyai sumber daya dan komoditas yang ditawarkan seperti tembaga, timah, besi, minyak, gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia juga unggul dalam memproduksi karet, kopi, kelapa sawit, pupuk, tembakau, ikan tuna, udang, dan teh.

Baca Juga: Contoh Sikap yang Sesuai dengan Pancasila Sila Ke-4 di Sekolah, Materi Kelas 4 Filipina Brunei Darussalam terkenal sebagai penghasil minyak mentah, hasil minyak, dan gas alam. Di Malaysia banyak hasil sumber daya dan komoditas yang dihasilkan dari pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Malaysia penghasil biji timah terbesar di dunia, lo. Lalu, ada Singapurayang menghasilkan mesin, alat elektronik, dan alat transportasi. Jelaskan potensi ekonomi negara malaysia Thailand unggul dalam sumber daya dan komoditas yang meliputi kehutanan, pertambangan, dan pertanian.

ARTIKEL TERKAIT • Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Materi Kelas 6 SD Tema 1 • Cari Jawaban Kelas 4 SD: Apa Manfaat Segi Banyak dalam Kehidupan Sehari-hari? • Cara Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan, Materi Kelas 6 SD Tema 1 • Cari Jawaban Soal Kelas 6 SD Tema 1, Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Potensi ekonomi negara-negara anggota ASEAN, rangkuman materi kelas 6 SD/MI pada pembelajaran 1 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku di buku paket tematik terbaru halaman 67.

Kondisi geografis di Asia Tenggara membantu penduduknya memanfaatkan hewan dalam kehidupan sehari-hari. Ikan banyak dijual dan dikonsumsi, hewan ternak banyak yang dijual di dalam negeri bahkan sampai ada yang mengekspornya. Kamu bisa belajar lebih banyak mengenai kegiatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara terkait kondisi geografisnya. Potensi Ekonomi Negara-Negara Anggota ASEAN Kawasan Asia Tenggara terletak pada jalur perdagangan dunia.

Kawasan ini menjadi jembatan antara kawasan Eropa dan Asia Timur. Oleh karena itu, Asia Tenggara menjadi wilayah persaingan bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kedudukan strategis kawasan ini. ASEAN berperan sebagai wadah untuk menghindari persengketaan yang mungkin timbul.

Dengan posisi yang strategis ini, setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya yang menjadi kekuatan negara. 1. Brunei Darussalam Negara ini terkenal dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam.

Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi karena gas alamnya. 2. Filipina Filipina adalah sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian.

Filipina berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang dapat membangun dan mengembangkan pertaniannya dengan baik. Beberapa produk unggulan hasil pertaniannya diekspor ke berbagai negara, seperti nanas, padi, kelapa, dan gula. Hasil pertanian ini juga yang menunjang perkembangan ekonomi negara ini.

3. Indonesia Sebagai negara kepulauan terbesar di kawasan ini, Indonesia memiliki ragam sumber daya jelaskan potensi ekonomi negara malaysia yang sangat kaya. Banyak hal yang dapat dikembangkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu. Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia.

Keindahan alam Indonesia pun merupakan daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata. 4. Kamboja Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur.

Mata pencaharian penduduk Kamboja adalah pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar adalah padi dan karet. filipina. Laos Laos bertetangga dengan Kamboja. Negara ini dilewati oleh aliran Sungai Mekong. Sama seperti di Kamboja, kegiatan pertanian banyak dilakukan di sepanjang aliran sungai ini. Sebagian besar hasil pertanian dinikmati oleh masyarakat Laos.

6. Malaysia Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Perdagangan internasional merupakan salah satu kegiatan ekonomi Malaysia yang mengalami pertumbuhan tercepat.

Peralatan elektronik, minyak, dan gas bumi diekspor ke negara lain. Produk dari kayu, minyak sawit, karet, tekstil, sepatu, dan bahan-bahan kimia diperdagangkan di dunia internasional. 7. Myanmar Mata pencaharian utama penduduk Myanmar adalah pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Padi merupakan hasil utama dari pertanian di sana. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

8. Singapura Singapura merupakan negara paling maju di kawasan ASEAN. Letak Singapura sangat strategis. Saat ini Singapura menjadi negara transit teramai di Asia.

9. Thailand Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil pertanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga merupakan kegiatan ekonomi penduduk Thailand. Saat ini, penghasilan utama Thailand adalah sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara. 10. Vietnam Setelah pulih dari Perang Vietnam, negara ini mulai berkembang di berbagai sektor perekonomiannya.

Pariwisata dan turisme mendukung perkembangan ekonomi. Bidang pendukung lainnya seperti usaha jasa di bidang perhotelan, restoran, serta transportasi juga turut berkembang pesat. Itulah rangkuman materi lengkap kelas 6 SD tentang Potensi ekonomi negara-negara anggota ASEAN. Semoga uraian diatas dapat berguna dan bermanfaat.

Terimakasih, selamat belajar! Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Dan thailand dan brunei darussalam?

9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
1. Jelaskan potensi ekonomi negara Malaysia, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam! 2. Mengapa negara Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam disebut sebagai negara agraris?

3. Mengapa negara Singapura bisa menjadi negara maju walaupun sumber daya alamnya sedikit? 4. Sebutkan komoditas utama negara Indonesia! 5.

jelaskan potensi ekonomi negara malaysia, filipina, dan thailand dan brunei darussalam?

Apakah negara Indonesia jelaskan potensi ekonomi negara malaysia menjadi negara maju? Jelaskan alasannmu!​ 1. Berikut adalah filipina ekonomi dari beberapa negara yang ada di kawasan Asia Tenggara: • Brunei Darussalam: memiliki potensi ekonomi pada minyak bumi. • Malaysia: memiliki potensi ekonomi pada komoditas karet dan minyak kelapa. • Thailand: memiliki potensi ekonnomi pada karet, perikanan, dan beras.

• Filipina: memiliki potensi ekonomi pada bidang industri dan pertanian. 2. Sebutan sebaga i negara agraris disematkan pada Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar karena sebagian besar dari masyarakat yang ada pada keempat negara tersebut berprofesi sebagai petani.

3. Meskipun sumber daya alamnya sedikit, Singapura bisa menjadi negara maju karena sektor industri, perdagangan, dan pariwisata yang ada di Singapura sangat maju dan berkembang.

4. Di Indonesia, yang menjadi komoditas utama adalah kelapa sawit, pertanian, perikanan, kopi, tekstil, dan emas. 5. Indonesia adalah salah satu negara maju dan status ini sudah disandang oleh Indonesia pada tahun 2020. Pada tahun 2020, Amerika Serikat mengeluarkan Indonesia dari daftar negara berkembang dan menyebut Indonesia menjadi negara maju karena pangsa pasar dari perdagangan internasional yang dilakukan oleh Indonesia sudah melebihi 0,5 persen dari total perdagangan dunia.

Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu anggota dari G20. Pembahasan Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia ini juga menjadi komoditas utama filipina kegiatan ekspor. Dikarenakan hal ini juga, Indonesia hampir mengekspor kekayaan sumber daya alamnya ke seluruh negara di dunia.

Luasnya pangsa pasar Indonesia ini juga berhasil membuat Indonesia menjadi salah satu dari negara maju. Pelajari lebih lanjut Materi tentang komoditas impor indonesia untuk negara- negara ASEAN brainly.co.id/tugas/45921555 Materi tentang komoditas ekspor Indonesia bidang peternakan dan perikanan brainly.co.id/tugas/46317754 Materi tentang komoditas ekspor nonmigas ke negara ASEAN brainly.co.id/tugas/25226832 Detail jawaban Kelas: 6 Mapel: PPKn Bab: 3 - Peran Indonesia dalam Lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara Kode: 6.9.3 #TingkatkanPrestasimu
Baca Juga: Selain Indonesia, Ini 5 Negara ASEAN Lainnya yang Berbentuk Pemerintahan Republik ASEAN terdiri dari 10 negara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Setiap negara punya potensi ekonomi masing-masing. Nah, inilah potensi-potensi ekonomi tersebut dan cara membandingkannya dalam diagram venn.Potensi ekonomi yang dimiliki oleh Malaysia, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam adalah: • Malaysia: potensi ekonomi yang dimiliki adalah pada sektor pertanian, pertambangan, dan juga sektor industri. Pendapatan utama dari negara Malaysia adalah dari minyak bumi dan gas alam. Selain itu, Malaysia juga merupakan salah satu penghasil karet yang besar.

• Filipina: potensi ekonomi yang dimiliki adalah pada sektor pertanian dan peternakan. Namun, Filipina juga unggul dalam bidang industri seperti produksi obat-obatan dan juga peralatan elektronik. • Thailand: potensi ekonomi yang dimiliki adalah perkebunan karet dan beras. Namun, Thailand juga memiliki potensi ekonomi pada sektor pertambangan, pariwisata, dan juga peternakan. • Brunei Darussalam: potensi ekonomi yang dimiliki adalah minyak bumi dan gas alam. Brunei Darussalam adalah negara anggota ASEAN dengan pendapatan per kapita paling tinggi.

Selain minyak bumi dan gas, Brunei Darussalam juga unggul dalam industri tekstil dan industri makanan dan minuman. Pembahasan Potensi ekonomi adalah komoditas-komoditas unggulan pada suatu negara yang bisa digunakan untuk meningkatkan pendapatan negara mereka.

Biasanya potensi ekonomi ini sangat bergantung pada kekayaan sumber daya alam yang ada di suatu negara. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Berikut adalah potensi ekonomi dari negara Indonesia: • Minyak bumi dan gas alam • Perkebunan kelapa sawit • Perkebunan karet • Sektor perikanan • Sektor peternakan • Jelaskan potensi ekonomi negara malaysia pertanian Pelajari lebih lanjut Materi tentang komoditas ekspor Indonesia di bidang peternakan dan perikanan brainly.co.id/tugas/46317754 Materi tentang komoditas ekspor Indonesia untuk negara ASEAN brainly.co.id/tugas/45921555 Materi tentang komoditas ekspor Indonesia dari bidang perhutanan brainly.co.id/tugas/21577707 Detail jawaban Kelas: 9 Mapel: IPS Bab: 7 - Perdagangan Internasional Kode: 9.10.7 #TingkatkanPrestasimu

Biggest ASEAN Economies in 2034 (Indonesia, Philippines, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapore)




2022 www.videocon.com