Pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Buku nonfiksi adalah kumpulan tulisan yang ditulis berdasarkan kenyataan dan bersifat informatif. Bahasa yang digunakan umumnya formal dan bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Dari daftar yang diberikan, biografi, pidato, dan buku pelajaran termasuk jenis buku nonfiksi. Dengan demikian, pengelompokkan buku berkategori nonfiksi yang tepat adalah biografi, pidato, dan buku pelajaran. Buku merupakan jendela dunia. Berkat membaca buku Anda dapat memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai macam aspek ilmu pengetahuan.

Ada banyak sekali jenis buku karangan penulis-penulis hebat dunia yang bisa Kamu baca. Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai macam genre. Genre buku yang bermacam-macam bertujuan agar para pembaca menjadi tidak bosan dengan pilihan buku yang itu-itu saja.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis buku dengan macam-macam genre yang diinginkan di toko-toko buku atau situs-situs jual beli online yang ada di internet. Buku-buku yang bagus dan berkualitas adalah buku yang memiliki isi dan kandungan yang menarik dan sangat bermanfaat. Biasanya buku-buku yang bagus dan berkualitas akan memiliki review yang bagus di kalangan pencinta buku.

Jika Kamu merasa kebingungan untuk memilih jenis buku apa yang akan dibaca, maka Kamu dapat mencari berbagai sumber referensi buku bagus dan menarik di artikel-artikel yang ditulis oleh jasa penulis artikel di internet. Biasanya artikel tersebut akan berisi sara-saran buku yang bagus dan layak untuk dibaca. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada berbagai macam jenis-jenis genre buku yang bisa Kamu baca. Setiap genrenya pasti memiliki informasi yang memiliki daya tarik yang berbeda-beda.

Tentu saja pemilihan genre tersebut disesuaikan dengan selera pribadi masing-masing. www.pexels.com Jenis Genre Buku Secara Umum Secara umum, ada dua jenis genre buku yang dapat Kamu ketahui. Nantinya dua jenis genre buku ini akan dikategorikan lagi pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah berbagai macam genre-genre lainnya yang lebih spesifik.

Berikut ini beberapa jenis genre-genre buku yang bisa Kamu jadikan sebagai salah satu jenis genre favorit Kamu, diantaranya: • Fiksi Genre buku yang pertama adalah genre buku fiksi.

Buku bergenre fiksi merupakan jenis buku yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran dan imajinasi para penulisnya. Buku bergenre ini baisanya merupakan sebuah buku yang isinya tidak berdasarkan dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya di dunia nyata. Buku-buku yang memiliki genre fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan imajinasi dan pikiran penulisnya. Oleh karena itu, kesesuaian isi dan cerita buku-buku fiksi dengan dunia nyata biasanya diasumsikan berdasarkan pemikirannya pembacanya masing-masing.

Isi di dalam buku bergenre fiksi tidak harus harus dibuat sejalan dengan keadaan di dunia nyata. Banyak juga buku-buku fiksi yang isi atau ceritanya menyimpang atau menjadi mustahil bila terjadi di dunia nyata. Hal ini disebabkan karena semua ide cerita, latar dan kejadian yang diceritakan atau dituliskan semuanya berasal dari imajinasi dan pikiran penulis.

Beberapa buku fiksi juga biasanya berisi cerita ulang dari sebuah kejadian yang dibumbui oleh beberapa kejadian hasil dari imajinasi penulisnya. Ada banyak jenis genre yang termasuk ke dalam kategori fiksi diantaranya novel, fiksi sejarah, dan beberapa jenis buku lainnya yang ditulis berdasarkanimajinasi penulisnya. • Non-Fiksi Genre buku lainnya adalah buku bergenre non-fiksi. Buku bergenre non-fiksi merupakan buku-buku yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian yang sebenar-benarnya.

Dalam membuat sebuah buku bergenre non-fiksi diperlukan serangkaian kegiatan dan observasi. Tujuan dilakukannya kegiatan pengamatan dan observasi ini adalah agar semua isi yang terdapat di dalam buku jenis ini dapat dipertanggungjawabkan. Semua buku yang memiliki genre non-fiksi biasanya pasti memiliki data-data yang dituliskan berdasarkan fakta.

Oleh karena itu, isi dari buku-buku non-fiksi biasanya akan dijadikan sebagai salah satu sumber informasi. Bahkan buku-buku yang masuk ke dalam kategori genre non-fiksi biasanya digunakan oleh banyak orang sebagai referensi dari tulisan karya ilmiahnya seperti maklah ataupun skripsi. Ada banyak jenis genre-genre buku yang terdapat di dalam kategori buku non-fiksi.

Diantaranya adalah biografi, ensiklopedia, dan masih banyak jenis buku lainnya. www.pexels.com Jenis Genre Buku yang Termasuk ke Dalam Kategori Fiksi Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa genre buku fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulisnya.

Penggambaran isi dari buku bergenre fiksi ini pun disesuaikan berdasarkan sudut pandang pribadi pembaca. Ada banyak jenis buku yang termasuk ke dalam kategori buku fiksi yang tentu saja semua isi buku tersebut dibuat berdasarkan imajinasi penulisnya. Beberapa jenis genre buku yang termasuk ke dalam kategori fiksi, antara lain: • Horor Genre horror merupakan salah satu bagian dari genre buku yang masuk ke dalam kategori buku fiksi.

Genre horror baiasanya berisi cerita atau karangan yang terkesan mengerikan. Sehingga membuat para pembaca merasakan cerita yang dibuat seolah-olah mencekam. Buku yang memiliki genre horror juga bisa memberikan sensasi kengerian dan ketakutan di kalangan pembacanya. Buku bergenre horror biasanya menceritakan mengenai kisah-kisah yang berhubungan dengan dunia gaib dan makhluk halus. Namun, ada juga beberapa buk bergenre horror yang menceritakan mengenai kisah-kisah pembunuhan atau pembantaian yang dilakukan secara sadis.

Sebuah buku bisa dikategorikan ke dalam genre horror apabila buku tersebut telah sukses membuat pembacanya merasa ngeri, ketakutan bahkan merasa diteror. Walaupun buku tersebut menceritakan tentang hantu atau makhluk gaib lainnya tetapi tidak menimbulkan kesan ngeri bagi pembaca, maka buku tersebut belum layak dikatakan sebagai buku bergenre horror.

• Fantasi Genre buku berikutnya yang dapat dikategorikan ke dalam kelompok buku bergenre fiksi adalah buku yang memiliki genre fantasi. Genre fantasi adalah genre yang bercerita mengenai unsur-unsur magis atau supranatural. Buku yang memiliki genre fantasi biasanya menceritakan mengenai hal-hal yang tak mungkin terjadi di dunia nyata.

Semua karakter yang ada di dalam buku bergenre fantasi biasanya akan hidup di pikiran penulis dan pembacanya. Hal ini terjadi karena cerita yang dibuat berdasarkan dengan imajinasi dan fantasi penulis. Dibutuhkan imajinasi yang kuat dan kreativitas yang sangat tinggi untuk menciptakan sebuah cerita yang memiliki unsur fantasi dan memiliki jalan cerita yang logis.

Walaupun memiliki latar atau pemeran yang tidak terdapat di dunia nyata atau hanya berupa fantasi, namun alur cerita yang dijelaskan tetaplah harus rasional dan logis.

• Sci-Fi Genre ini merupakan genre science fiksi yang berisi mengenai cerita tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum ada di dunia nyata. Biasanya buku bergenre ini akan menceritakan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat canggih yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia nyata.

Sama seperti buku yang membahas mengenai dunia fantasi, untuk membuat buku ini sangatlah dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan kreatifitas yang tinggi juga. Pada buku bergenre sci-fi ini akan dijelaskan dan digambarkan mengenai penemuan-penemuan dan teknologi yang sangat canggih. Bahkan pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah jarang teknologi yang dulunya hanya berupa cerita di dalam buku sci-fi sekarang dipelajari dan dikembangkan sehingga teknologi yang awalnya hanya khayalan, bisa diciptakan dan dikembangkan.

• Romance Salah satu genre buku yang masuk ke dalam kategori genre fiksi lainnya adalah buku yang memiliki genre romance. Buku bergenre romance merupakan salah satu jenis buku yang banyak peminatnya. Umumnya peminat buku ini adalah kalangan remaja yang sedang masa-masanya merasakan indahnya masa jatuh cinta.

Cerita yang terdapat di dalam buku yang bergenre romance bukanlah cerita yang selalu membahas mengenai kisah cinta dari awal cerita hingga akhir cerita. Namun, buku bergenre romance ini juga menceritakan mengenai kisah yang sering terjadi di lingkungan sehari-hari seperti kekeluargaan, persahabatan dan masih banyak tema-tema lainnya yang bisa di tambahkan ke dalam cerita-cerita romantis ini. Sebuah buku yang memiliki genre romantis biasanya memiliki diksi yang sangat khas. Diksi yang digunakan pada buku bergenre ini adalah diksi-diksi yang memuat kaliamt-kalimat puitis dan romantis yang membuat siapa saja merasakan betapa indahnya ketikaseseorang merasakan cinta.

Pemilihan diksi yang demikian bertujuan agar para pembanca dapat juga merasakan perasaan cinta yang dirasakan oleh tokoh yang sedang diceritakan. www.pexels.com • Humor Genre selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori buku bergenre fiksi adalah humor. Buku yang memiliki genre humor adalah sebuah buku yang isinya akan lebih menekankan kepada unsur humor ataupun komedi. Buku bergenre humor biasanya lebuh pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah dibuat untuk tujuan menghibur para pembacanya.

Cerita dan konten yang disajikan pada buku genre ini adalah cerita-cerita yang besifat humor atau jenaka sehingga membuat orang yang membaca buku ini akan menjadi terhibur dan tertawa.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

• Misteri Selanjutnya ada buku yang memiliki genre misteri. Sama seperti buku lainnya, buku ini merupakan salah satu buku yangtermasuk ke dalam kategori fiksi.

Buku misteri tentunya sangat berbeda dengan buku yang memiliki genre horror. Buku bergenre misteri ini akan membuat para pembaca menjadi penasaran karena aka nada banyak sekali misteri yang ditutupi di setiap bagian ceritanya. nantinya misteri yang ditutupi tersebut akan terbuka dan terbongkar satu persatu hingga misteri tersebut menjadi jelas.

Sedangkan buku bergenre horror akan membuat pembaca merasakan kengerian dan ketakutan. Diperlukan penulis yang cerdas untuk membuat buku ini, agar cerita yang ditampilkan akan membuat pembaca menjadi sangat penasaran dan membuatnya menjadi membaca semuanya hingga akhir.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

• Petualangan Genre buku selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori buku fiksi adalah buku bergenre petualangan. Buku ini akan berisi mengenai sebuah perjuangan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang. Biasanya konflik yang muncul pada buku yang memiliki genre petualangan adalah konflik yang dapat membuat seseorang berubah menjadi lebih baik. Demikianlah beberapa genre buku yang masuk ke dalam kategori fiksi.

Berbagai jenis genre buku lainnya dapat Kamu temui dalam berbagai artikel yang dibuat oleh jasa penulis artikel yang banyak beredar di internet. Dalam satu buku dapat terdiri dari berbagai macam genre yang digabungkan. penggabungan beberapa genre kemudian di jadikan sebuah cerita bertujuan untuk membuat buku dan apa yang diceritakannya menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. www.pexels.com Jenis Buku yang Masuk ke Dalam Kategori Non-Fiksi Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buku yang termasuk ke dalam kategori non-fiksi adalah buku-buku yang menjelaskan mengenai sesuatu yang berdasarkan fakta atau keadaan yang sebenar-benarnya.

Buku yang masuk ke dalam kategori fiksi ini juga merupakan buku yang berisi data-data yang telah dikumpulkan melalui proses penelitian dan observasi, agar data yang disampaikan oleh buku ini benar-benar sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis buku yang masuk ke dalam kategori non-fiksi, diantarnya: • Biografi Biografi merupakan sebuah jenis buku yang menceritakan mengenai kisah hidup sesorang. Biasanya, tokoh yang diceritakan pada buku biografi ini adalah tokoh-tokoh yang terkenal dan berpengaruh terhadap suatu keadaan, penemuan atau berpengaruh untuk sebuah kaum.

Kisah yang diceritakan di dalam biografi merupakan kisah yang lebih kompleks dibandingkan dengan biodata tokoh tersebut.

Dalam biografi akan diveritakan mengenai kisah tokoh tersebut sejak kecil, dewasa, hingga pada saat meninggal dunia. Semua sumber informasi yang diceritakan pada buku biografi berasal dari fakta dan data yang sebenar-benarnya. fakta dan data tersebut biasanya didapatkan berdasarkan cerita dari orang-orang yang paling dekat dengan tokoh tersebut. • Ensiklopedia Jenis buku lainnya yang termasuk ke dalam kategori genre buku non-fiksi adalah buku bergenre ensiklopedia. Buku ensiklopedia merupakan sebuah buku bergenre non-fiksi yang berisi mengenai ringkasan materi mengenai sebuah bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Ensiklopedia merupakan sebuah jenis buku yang terdiri dari berbagai macam artikel atau tulisan ilmiah yang akan disusun secara urutan menjadi sebuah buku. Umumnya, artikel atau tulisan tersebut akan diurutkan berdasarkan judulnya dengan menggunakan aturan pengurutan alfabet.

Artikel dan tulisan yang terdapat pada ensiklopedia biasanya merupakan berisi mengenai informasi ataupun teori-teori yang didapatkan berdasarkan pendapat para ahli di bidangnya yang telah teruji keakuratan dan kebenarannya.

www.pexels.com • Jurnal Jenis buku selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori genre buku non-fiksi adalah jurnal. Jurnal adalah sebuah buku yang berisi kumpulan artikel-artikel atau tulisan ilmiah mengenai suatu bidang ilmu pengetahuan yang topiknya lebih spesifik. Berbeda dengan ensiklopedia, topik ilmu pengetahuan yang dibahas di dalam jurnal adalah topik yang sudah dikategorikan secara lebih spesifik. Namun baik jurnal ataupun ensiklopedia, keduanya sama-sama memiliki data dan informasi yang didapatkan melalui berbagai proses yang lumayan panjang.

Untuk mendapatkan informasi dan data secara jelas dan benar, diperlukan banyak penelitian dan observasi sampai data dan informasi yang dijelaskan benar-benar memiliki nilai keakuratan dan kebenaran yang tinggi. • Kamus Kamus merupakan salah satu jenis buku yang masuk ke dalam kategori non-fiksi.

kamus merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan kata-kata yang berjumlah ribuan bahkan milyaran yang akan dijelaskan berdasarkan maknanya. Kata-kata yang terdapat pada kamus umumnya akan diurutkan secara teratur sesuai dengan urutan abjad. pengurutan ini tentunya sangat berguna untuk memudahkan para pembaca menemukan kata yang ingin dicari maknanya. • Filsafat Jenis buku terakhir yang termasuk ke dalam jenis buku bergenre non-fiksi adalah buku filsafat.

Berbeda dengan buku lainnya, buku filsafat ini adalah buku yang membahas mengenai masalah-masalah umum yang berisi persoalan akal pikiran, nilai moral, bahasa, ilmu pengetahuan, dan eksistensi. Buku filsafat ini biasanya berisi pendapat para ahli yang akan mengupas dan menjelaskan secara tuntas mengenai hampir semua aspek kehidupan dan ilmu pengetahuan. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa ilmu filsafat merupakan dewanya ilmu pengetahuan karena cabang ilmu filsafat ini akan membahas mengenai semua hal yang berhubungan dengan kehidupan dan kegiatan manusia.

www.pexels.com Pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah beberapa jenis genre buku yang bisa Kamu jadikan referensi untuk bahan bacaanmu di rumah.

Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis genre buku tersebut di perpustakaan, toko buku ataupun situs jual beli online yang ada di internet. Semoga beberapa penjelas tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang masih bingung mengenai genre-genre buku. Category : Umum macam genre buku • ← Cara Tepat Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda • Ini Dia Tips Menjual Produk Digital yang Dinilai Mendatangkan Banyak Keuntungan → Recent Posts • Hello world • Empat Sifat Wajib Bagi Rasulullah yang Penting Diteladani • Candi Plaosan • Rekomendasi 5 Game Sniper Terbaik 2021 • 8 Sink Parts You Need to Know
Siapa diantara RG Squad yang gemar membaca buku?

Buku jenis apa nih yang paling kalian suka? Nah ngomong-ngomong soal buku, di sini kita akan membahas tentang buku nonfiksi. Pastinya diantara kalian pernah dong membaca buku nonfiksi. Hmm atau mungkin ada yang belum tahu nih apa itu buku nonfiksi? Tenang, disini akan dijelaskan tentang pengertian buku nonfiksi sekaligus jenis-jenisnya.

Pengertian buku Nonfiksi Pertama-tama, apa sih buku nonfiksi itu? Jadi, nonfiksi adalah karangan yang di buat berdasarkan hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari atau bisa juga kita sebut dengan fakta. Nonfiksi adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita. Hal ini menjelaskan bahwa nonfiksi merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi atau karya yang bersifat faktual. Biasanya, cerita-cerita nonfiksi melihat sebuah momentum atau kejadian yang penting dan menarik, kemudian diangkat kembali dengan menonjolkan nilai-nilai penting di dalamnya.

Cerita nonfiksi yang kemudian di bubukan terdiri dari berbagai jenis. Kira-kira apa saja ya jenis-jenisnya? Jenis-jenis buku nonfiksi Untuk kalian ketahui nih Squad, buku nonfiksi itu dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut isinya, jenis-jenisnya yaitu: Pertama adalah buku biografi. Buku biografi merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang, banyak yang kita temui tentang riwayat hidup pahlawan atau tokoh-tokoh berpengaruh.

Kemudian buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang tersebut. Buku biografi tentunya ditulis agar dapat menginspirasi para pembacanya.

Buku Biografi Bacharuddin Jusuf Habibie Sumber: bukabuku.com Kedua adalah buku literatur. Buku literatur merupakan buku yang memiliki fungsi untuk digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah. Biasanya, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. Maka dari itu, buku ini sudah jelas memiliki kadar keilmiahan yang sangat tinggi. Jadi, buku literatur ini sering ditulis oleh dosen atau peneliti. Contoh buku literatur Sumber: https://amazon.in/ Ketiga adalah buku motivasi.

Buku motivasi merupakan buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat bagi para pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan atau moral. Biasanya buku ini sering ditulis oleh entrepreneur.

Tulisan-tulisannya merupakan kiat-kiat membagi semangat, setelah para entrepreneur ini mencapai satu titik keberhasilan setelah melewati proses yang panjang. Dengan membaca buku motivasi, pembaca diharapkan mendapat energi baru untuk meneruskan hidup dan semangat untuk terus berkarya. Sebuah buku motivasi karya Merry Riana Sumber: https://goodreads.com/ Keempat adalah buku pendamping.

Buku pendamping merupakan buku yang memiliki fungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama. Contohnya, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum.

Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan secara lengkap dalam buku utama. Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi Sebuah buku pendamping Sumber: http://bukuerlangga.co.id Itu dia tadi penjelasan tentang buku nonfiksi, Squad.

Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud buku nonfiksi dan apa saja jenis-jenisnya? Nah sekarang RG Squad bisa mulai mencari buku-buku nonfiksi untuk dibaca, kemudian kalian juga bisa jika ingin menulisnya. Buat RG Squad yang ingin mengerti lebih tentang pelajaran bahasa Indonesia, kamu bisa nonton video belajar animasi yang tersedia di produk ruangbelajar.

Kalian bisa belajar sambil melihat berbagai animasi sesuai materi yang dijelaskan tutor. MENU MENU • Home • About • Profil Usaha • Sejarah • Contact • Service • Daftar Menerbitkan Buku • Kirim Naskah • Kerjasama Net Promoter • Jasa Pengurusan HAKI • Konsultasi Menulis • Cek Progess Buku • Testimony • Kerjasama Workshop • Program Reseller • Artikel • Informasi • Dasar Menulis • Cara Menerbitkan Buku • Inspirasi • Memasarkan Buku • Tutorial • Teknik Menulis • Writing Advice • Writing Tools • Free Ebook • Ebook Panduan Buku Ajar (Versi Cepat Paham) • Ebook Premium Gratis • Ebook Menulis Buku Monograf • Ebook Menulis Buku Referensi • Ebook Rahasia Menulis Buku Ajar • Ebook Panduan Menulis Tanpa Plagiarisme • Ebook Self Publishing • FAQ • Promo • Karir Menu • Mulai Dari Sini • Motivasi Menulis • Dasar Menulis • Cara Menulis Buku • Cara Menerbitkan Buku • Panduan Menulis • Menulis Buku • Buku Pendidikan • Buku Ajar • Menulis Karya Ilmiah • Buku Referensi • Buku Teks • Novel • Inspirasi • Writing Advice • Writing Tools • Book Marketing • Succes Story • Toko Buku Menu • Home • About • Profil Usaha • Profil An Nur Budi Utama • Sejarah • Karir • Service • Menerbitkan Buku • Kirim Naskah • Jasa Pengurusan Haki • Konsultasi Menulis • Pengadaan Buku • Kerjasama Workshop • Program Reseller • Kerjasama Net Promoter • Promo • Contact Us • Pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah • Artikel • Panduan Menulis • Inspirasi • Writing Advice • Writing Tools • Succes Story • Book Marketing • Toko Buku Daftar Isi • Pengertian Buku Non Fiksi • Jenis-Jenis Buku Non Fiksi • 1.

Buku Panduan dan Manual • 2. Ensiklopedia • 3. Kamus • 4. Buku Sejarah • 5. Buku Sains Populer • 6. Buku Filsafat • 7. Buku Pengembangan Diri • 8. Buku Pelajaran • 9. Buku Teks • 10. Biografi • Unsur-Unsur Buku Non Fiksi • 1. Sampul • 2. Pokok Bab • 3. Judul Bab • 4. Sub Bab • 5. Isi Buku • 6. Cara Penyajian • 7. Bahasa Penulisan • 8. Sistematika Penulisan • Cara Menulis Buku Nonfiksi • 1. Mencari Ide Tulisan • 2.

Menyusun Konsep • 3. Mengumpulkan Data • 4. Menentukan Gaya Bahasa • 5. Menulis Bagian-Bagian Buku • 6. Membuat Judul • 7. Editing dan Dikirim ke Penerbit Cara menulis buku nonfiksi. Sepanjang hidup tentu saja Anda pernah membaca berbagai buku, atau bahkan beberapa sudah mulai menulis dan baru akan menulis buku. Berbagai buku yang Anda temui pasti beraneka ragam jenisnya.

Karena pada dasarnya buku dibedakan menjadi dua jenis, yaitu buku fiksi dan buku non fiksi. Perbedaan pada buku fiksi dan buku non fiksi selain pada isinya adalah cara menulis buku fiksi dan cara menulis buku non fiksi itu sendiri. Tentu saja, ada berbagai karakteristik atau berbagai ciri-ciri yang membedakan apakah itu merupakan buku fiksi dan apakah itu merupakan buku non fiksi.

Oleh sebab itu, sebagai penulis Anda harus mengetahui berbagai hal dulu tentang jenis buku, sebelum mulai menulis buku. Jika Anda ingin menulis buku non fiksi, Anda juga harus memahami mengenai berbagai hal. Mulai dari pengertian buku non fiksi, berbagai jenis buku non fiksi, unsur-unsur buku non fiksi, hingga cara menulis buku non fiksi.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai hal mengenai buku non fiksi agar Anda sebagai penulis lebih memahami apa saja isi yang ada di dalam buku non fiksi dan bagaimana cara menulis buku non fiksi. Pengertian Buku Non Fiksi Sebelum memahami cara menulis buku non fiksi, hal pertama yang harus dipahami adalah pengertian buku non fiksi. Berbeda dengan buku fiksi yang dari segi penulisannya menggunakan daya imajinasi dan kreativitas murni dari penulis, buku non fiksi tidak hanya mengandalkan pemikiran penulis saja.

Untuk dapat menulis buku non fiksi, Anda harus memiliki bukti dan fakta yang ada di lapangan. Sebab apa yang dipaparkan di dalam buku non fiksi merupakan paparan nyata yang sesuai dengan fakta dan bukan hasil dari karangan yang bisa direkayasa dan didramatisasi sesuka hati.

Buku non fiksi juga bisa diartikan sebagai buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. Meskipun dibuat berdasarkan pada fakta dan kenyataan, bukan berarti buku non fiksi ini tidak bisa diresensi. Penulis bisa saja melakukan resensi buku non fiksi, dengan syarat memahami unsur dari buku non fiksi tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), non fiksi dalam buku non fiksi memiliki arti tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Sehingga bisa diartikan bahwa buku non fiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Di dalam buku non fiksi, memuat berbagai informasi, deskripsi, peristiwa, tempat, dan karakter dari suatu objek pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah benar-benar ada di kenyataan. Sehingga buku non fiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data yang berisi fakta-fakta. Hal tersebut akhirnya membuat buku non fiksi kerap dijadikan sumber informasi oleh para pembacanya.

Proses penyusunan buku non fiksi bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan menyusun buku fiksi karena pada dasarnya, lama atau tidak penyusunannya tergantung pada susah atau tidaknya penulis menemukan referensi, melakukan wawancara dengan narasumber, dan lain sebagainya.

Karena penulis buku non fiksi harus bisa mempertanggungjawabkan tulisannya, maka penulis buku non fiksi harus memiliki niat dan tekad yang kuat serta memiliki tujuan untuk apa menulis buku tersebut agar buku non fiksi dapat terselesaikan, paling tidak satu judul tulisan pada buku non fiksi tersebut.

Penulis juga harus mencari sumber, referensi, dan narasumber yang paling valid dan juga mencari sumber sebanyak-banyaknya agar sesuatu yang dicantumkan di dalam buku tersebut benar-benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Langkah Menulis Karya Ilmiah Tahap Menulis Buku yang Perlu Diketahui 5 Tahapan Menulis Buku dengan Mudah Tahapan Menerbitkan Buku Tahap Penulisan Buku Jenis-Jenis Buku Non Fiksi Setelah memahami pengertian buku non fiksi dan sebelum pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah bagaimana cara menulis buku non fiksi, Anda juga harus tahu bahwa buku non fiksi juga memiliki berbagai jenis atau genre.

Berikut ini adalah beberapa jenis buku non fiksi atau genre buku non fiksi yang biasa kita kenal dan kita temui di kehidupan sehari-hari. 1. Buku Panduan dan Manual Buku panduan atau buku manual merupakan buku yang berisi tata cara penggunaan atau bagaimana memperlakukan sesuatu. Biasanya, penulisan pada buku panduan atau manual ini dijadikan pedoman pembaca untuk melakukan suatu hal. 2. Ensiklopedia Buku non fiksi ini sering dipakai oleh akademisi karena berisi mengenai ringkasan atau referensi yang memberikan berbagai informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.

Biasanya, referensi tersebut ditulis secara sistematis dan diurutkan secara alfabetis. 3. Kamus Tentu Anda sudah mengenal kamus sejak kecil bukan? Kamus adalah jenis buku non fiksi yang berisi kata-kata dari sebuah bahasa. Sama dengan ensiklopedia, kamus disusun secara alfabetis dan dilengkapi dengan keterangan mengenai pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah ucapannya, ejaannya, dan sebagainya.

4. Buku Sejarah Buku sejarah merupakan buku non fiksi yang menjelaskan sejarah suatu hal, entah kemerdekaan negara, sejarah suatu negara, dan lain sebagainya. 5. Buku Sains Populer Buku non fiksi jenis ini berisi mengenai informasi atau data yang berhubungan dengan dunia sains. Dunia sains ini termasuk berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Buku Filsafat Buku filsafat diartikan sebagai buku yang membahas ilmu pengetahuan bidang tertentu. Filsafat adalah ilmu yang fleksibel karena bisa diterapkan oleh banyak orang. 7. Buku Pengembangan Diri Buku pengembangan diri termasuk di dalam jenis buku non fiksi karena berisi mengenai panduan atau ilmu mengenai suatu keahlian, keterampilan, dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi pembaca untuk dapat berkembang. 8.

Buku Pelajaran Buku pelajaran adalah buku yang isinya memaparkan suatu materi ilmu pengetahuan bidang tertentu secara mendalam dan disusun secara sistematis karena disampaikan dari pengetahuan dasar menuju ke pengetahuan khusus serta dilengkapi hasil pengembangannya. 9. Buku Teks Buku teks atau buku pelajaran berisi ilmu atau informasi pengetahuan tentang bidang studi tertentu yang menjadi buku standar.

Buku teks disusun oleh para pakar atau ahli di bidang tersebut dengan maksud dan tujuan instruksional dan dilengkapi dengan sarana pengajaran yang diberikan pada pelajar. 10. Biografi Buku non fiksi ini berisi kisah hidup atau perjalanan hidup seseorang yang dituangkan ke dalam tulisan dan dibukukan oleh orang lain. Buku ini menceritakan kembali perjalanan hidup seorang tokoh yang berpengaruh dan sosoknya dinilai tepat untuk dikenang. Unsur-Unsur Buku Non Fiksi Selain memahami pengertian dan jenis buku non fiksi, untuk dapat mengetahui cara menulis buku non fiksi, maka Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu apa saja unsur-unsur yang terdapat di dalam buku non fiksi.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Di bawah ini adalah beberapa unsur-unsur buku non fiksi yang memang harus ada di dalam buku non fiksi. 1. Sampul Bagian pertama unsur buku non fiksi adalah sampul. Selain pada buku non fiksi, sampul juga biasa ditemukan pada buku fiksi. Sampul berisi mengenai informasi lengkap mengenai identitas buku, mulai dari judul, nama penulis, tahun terbit, penerbit, dan edisi berapa jika buku tersebut ada dalam beberapa edisi. 2. Pokok Bab Bagian atau unsur buku non fiksi selanjutnya adalah pokok bab.

Pokok bab pada unsur buku non fiksi bisa juga dikatakan atau disebut sebagai bab pembuka. Pada bagian pokok bab, biasanya memuat mengenai kata pengantar, latar belakang, tujuan penulisan, dan apa manfaat dari tulisan yang sudah disusun. Pokok bab pada bagian kata pengantar biasanya berisi tentang penjelasan isi buku secara keseluruhan, latar belakang, pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah tujuan penulisan, serta manfaat isi dari buku.

Kata pengantar sering ditulis lengkap dengan ucapan terima kasih penulis kepada berbagai pihak yang berjasa dalam membantu penulis dalam menyusun buku tersebut. 3. Judul Bab Bagian atau unsur selanjutnya adalah judul bab. Judul bab dalam buku non fiksi biasanya dibuat di bagian atas pada setiap bab baru. Judul ini dibuat atau ditulis menggunakan huruf kapital secara keseluruhan dan diatur rata tengah.

4. Sub Bab Unsur buku non fiksi selanjutnya adalah sub bab yang terletak di bagian bawah judul bab. Sub bab biasanya diberi tanda angka romawi maupun angka arab. Di dalam sub bab ini, biasanya memiliki sub bab tambahan di bawahnya yang tata cara penomorannya mengikuti standar yang berlaku. 5. Isi Buku Isi buku pada unsur buku non fiksi terdiri atas beberapa bab yang di dalamnya memuat mengenai pendahuluan, paparan utama, dan penutup. Bagi Anda yang ingin menulis buku non fiksi, Anda harus mengetahui dulu apa isi buku non fiksi yang akan ditulis secara terperinci, mulai dari pendahuluan hingga penutupnya.

6. Cara Penyajian Setelah memahami mengenai sampul, pokok bab, judul bab, sub bab, dan isi buku, Anda sebagai penulis juga harus memahami bahwa cara penyajian atau cara menulis buku non fiksi ini berbeda dengan buku fiksi.

Informasi yang terdapat di dalam buku non fiksi biasanya disajikan dalam menyusun daftar pustaka. Sehingga, pembaca buku non fiksi juga dapat mengetahui berbagai sumber atau referensi yang digunakan penulis dalam menyusunnya. 7. Bahasa Penulisan Bahasa penulisan yang digunakan dalam menulis buku non fiksi bisa diketahui pada halaman glosarium.

Halaman glosarium merupakan daftar istilah penting yang digunakan penulis buku non fiksi sebagai sumber penulisan buku atau bahasa-bahasa yang digunakan oleh penulis dalam menulis buku. Selain itu, bahasa penulisan buku non fiksi juga menggunakan bahasa baku atau bahasa formal.

Selain itu, buku non fiksi juga menggunakan istilah penting yang kemudian akan dicantumkan dan dimasukkan ke dalam buku dan dimuat ke dalam glosarium. 8.

Sistematika Penulisan Bagian atau unsur terakhir adalah sistematika penulisan buku non fiksi. Buku non fiksi ditulis secara urut, runtut, dan sistematis sehingga membuat pembaca mudah memahami isinya. Baca Juga: Tips Produktif Menulis 15+ Cara Memulai Menulis 10+ Tempat yang Cocok untuk Menulis Langkah Menulis Cerpen Bagi Pemula Cara Menulis Buku Nonfiksi Setelah memahami berbagai hal mengenai buku nonfiksi, kini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menulis buku nonfiksi.

Pada dasarnya, langkah dalam cara menulis buku nonfiksi ada delapan. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menulis buku non fiksi. 1. Mencari Ide Tulisan Pertama untuk memulai cara menulis buku non fiksi, penulis harus bisa menyusun tulisan non fiksi dengan baik dengan cara mencari ide yang tepat. Ide yang tepat bisa dimulai dari keahlian atau bidang yang disukai penulis.

Anda juga bisa mencari ide dengan jalan-jalan, mengunjungi tempat menarik, apa yang diamati, dan sebagainya. 2. Menyusun Konsep Setelah berhasil menemukan ide tulisan, Anda juga harus menentukan konsep apa yang akan digunakan dalam menulis buku nonfiksi. Idealnya, konsep dan ide tulisan harus ditentukan di awal atau sebelum memulai menulis. Misalnya mempersiapkan beberapa hal mulai fokus utama apa yang akan diangkat, poin penyusun buku, bagaimana ,menyusun bab, sub bab, dan lain sebagainya.

3. Mengumpulkan Data Setelah menemukan ide tulisan dan juga berhasil menyusun konsep tulisan, Anda harus mengumpulkan pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah data yang akan digunakan di dalam buku non fiksi. Data yang digunakan sebagai pendukung dan bukti validitas bahwa tulisan yang diciptakan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, dengan adanya data atau referensi, buku yang ditulis benar-benar ditulis berdasarkan fakta yang terjadi atau validitasnya terjamin.

Oleh sebab itu, sebagai penulis Anda harus mengumpulkan berbagai data sebanyak-banyaknya dan seakurat mungkin. Hal ini agar Anda sebagai penulis dapat mendapat berbagai sumber yang luas, mulai dari referensi buku sejenis, narasumber terpercaya, dan masih banyak lagi cara lainnya. 4. Menentukan Gaya Bahasa Setelah data terkumpul dengan lengkap, penulis harus mengetahui gaya bahasa apa yang akan digunakan.

Pada umumnya, gaya bahasa ini juga harus ditetapkan di awal menulis, agar tulisan yang dibuat dapat mengalir begitu saja dengan mudah sehingga dapat dipahami pembaca. Jenis gaya bahasa yang digunakan bisa disesuaikan dengan tema yang diangkat dari buku non fiksi tersebut.

Hal tersebut karena beragam buku non fiksi memiliki gaya bahasa atau gaya penulisan yang berbeda-beda, tergantung penulis dan juga latar belakang serta isi buku yang dituliskan.

5. Menulis Bagian-Bagian Buku Setelah data terkumpul dan gaya bahasa berhasil ditentukan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menulis bagian-bagian buku.

Bagian-bagian buku yang akan ditulis ini harus dikembangkan lebih dulu ke dalam kerangka penulisan. Hal ini dilakukan acar cara dan proses menyusun poin demi poin pada buku sesuai dengan kerangka tulisan. Jika menulis mengikuti kerangka tulisan, maka penulis akan menulis buku tersebut sesuai dengan yang ditentukan dan tidak berbicara terlalu jauh mengenai hal yang tidak seharusnya dibahas.

6. Membuat Judul Sebelum mengakhiri cara menulis buku non fiksi, penulis harus membuat judul yang menarik pada buku non fiksi yang telah ditulis. Judul seharusnya dibuat semenarik mungkin dan tidak asal-asalan.

Sebab, judul buku inilah yang nantinya akan menentukan apakah pembaca mau membaca buku yang Anda tulis atau tidak. Hal ini karena judul yang baik pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu buku adalah hal yang mutlak. Oleh sebab itu, buatlah judul yang sangat menarik dan sangat kreatif untuk menarik pembaca. 7. Editing dan Dikirim ke Penerbit Cara menulis buku non fiksi terakhir adalah proses editing dan juga mengirim buku ke penerbit.

Dalam proses editing, penulis bisa melakukan editing mandiri atau meminta bantuan orang terdekat atau editor terpercaya untuk melakukan koreksi pada buku yang sudah ditulis jika masih ada beberapa kesalahan misalnya salah ketik, tanda baca, dan lainnya. Setelah proses editing selesai dan buku dianggap selesai dengan sempurna, penulis bisa mencari penerbit terbaik untuk mengirimkan buku nonfiksi yang sudah ditulis.

Salah satu penerbit yang memiliki kredibilitas baik dalam menerbitkan buku non fiksi adalah Penerbit Deepublish. Anda bisa menjadikan Penerbit Deepublish sebagai penerbit buku terbaik Anda karena selain prosesnya mudah, akan banyak keuntungan yang didapatkan penulis jika menerbitkan buku melalui Penerbit Deepublish. Artikel Terkait: 19 Genre Buku Nonfiksi yang Perlu Diketahui Contoh Resensi Buku Nonfiksi Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi Buku Fiksi: Pengertian, Unsur, Ciri-Ciri dan Contoh Contoh Judul Buku Nonfiksi 8 Rekomendasi Judul Buku Nonfiksi 7 Unsur Penting dalam Menulis Buku Nonfiksi 5 Ciri-Ciri Buku Nonfiksi Teknik Menulis Buku Nonfiksi
KOMPAS.com - Apakah kalian gemar membaca buku?

Buku dikatakan sebagai jendela dunia. Kita mendapat banyak pengetahuan dari membaca buku. Membaca buku juga dapat menguatkan daya ingat dan melatih nalar berpikir.

Ada bebagai jenis buku. Kali ini kita akan menelaah buku nonfiksi. Menurut Pawit M. Yusuf dalam buku Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah (2007), berdasarkan materi bersangkutan, janis buku dibedakan menjadi dua, yaitu fiksi dan nonfiksi. Buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan riset dan fakta. Narasi yang dibangun dalam buku nonfiksi tidak didasarkan pada imajinasi pengarang saja, namun ada data dan teori yang menyertainya. Pengarang melakukan serangkaian observasi dan riset.

Sehingga muatan dalam nonfiksi dapat dibuktikan kebenarannya. Baca juga: Contoh Komentar Buku Fiksi dan Nonfiksi Jenis buku nonfiksi • Jenis buku nonfiksi bermacam-macam. Berikut beberapa jenis buku nonfiksi: • Biografi, aubiografi, dan memoir • Buku panduan dan manual • Ensiklopedia, almanak, dan kamus • Buku sejarah • Buku laporan jurnalisme • Buku sains populer • Buku filsafat • Buku psikologi,motivasi, dan pengembangan diri • Buku pendamping, buku pelajaran, dan buku teks • Buku catatan perjalanan • Buku humor atau komedi Berita Terkait Pencatatan dalam Buku Besar Pembantu Pemindahbukuan dalam Buku Besar Umum Berapa Buku yang Pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah Nia, Wati, dan Zahra?

Jawaban Soal TVRI 11 Agustus 2020 Jumlah Buku yang Dipindah Leni dan Siti, Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 3 Agustus Berapa Jumlah Buku Tulis yang Dibeli Naya? Jawaban Soal TVRI 28 Juli SD Kelas 1-3 Berita Terkait Pencatatan dalam Buku Besar Pembantu Pemindahbukuan dalam Buku Besar Umum Berapa Buku yang Dibaca Nia, Wati, dan Zahra? Jawaban Soal TVRI 11 Agustus 2020 Jumlah Buku yang Dipindah Leni dan Siti, Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 3 Agustus Berapa Jumlah Buku Tulis yang Dibeli Naya?

Jawaban Soal TVRI 28 Juli SD Kelas 1-3
Buku fiksi adalah buku yang sebagian atau seluruh isinya dibangun dengan menggunakan daya khayal atau imajinasi penulisnya. Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang ditulis seluruhnya dengan menggunakan data dan fakta.

Pembahasan Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Jenis buku A. Fiksi • Novel • Cerpen • Puisi • Drama B. Nonfiksi • Kamus • Biografi • Ensiklopedia Pelajari lebih lanjut Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang buku fiksi: brainly.co.id/tugas/13827441 Detil jawaban Kelas: VIII Mata pelajaran: Bahasa Indonesia Bab: Bab 1 - Sastra Kode kategori: 8.1.1 Kata kunci: buku fiksiMENU MENU • Home • About • Profil Usaha • Sejarah • Contact • Service • Daftar Menerbitkan Buku • Kirim Naskah • Kerjasama Net Promoter • Jasa Pengurusan HAKI • Konsultasi Menulis • Cek Progess Buku • Testimony • Kerjasama Workshop • Program Reseller • Artikel • Informasi • Dasar Menulis • Cara Menerbitkan Buku • Inspirasi • Memasarkan Buku • Tutorial • Teknik Menulis • Writing Advice • Writing Tools • Free Ebook • Ebook Panduan Buku Ajar (Versi Cepat Paham) • Ebook Premium Gratis • Ebook Menulis Buku Monograf • Ebook Menulis Buku Referensi • Ebook Rahasia Menulis Buku Ajar • Ebook Panduan Menulis Tanpa Plagiarisme • Ebook Self Publishing • FAQ • Promo • Karir Menu • Mulai Dari Sini • Motivasi Menulis • Dasar Menulis • Cara Menulis Buku • Cara Menerbitkan Buku • Panduan Menulis • Menulis Buku • Buku Pendidikan • Buku Ajar • Menulis Karya Ilmiah • Buku Referensi • Buku Teks • Novel • Inspirasi • Writing Advice • Writing Tools • Book Marketing • Succes Story • Toko Buku Menu • Home • About • Profil Usaha • Profil An Nur Budi Utama • Sejarah • Karir • Service • Menerbitkan Buku • Kirim Naskah • Jasa Pengurusan Haki • Konsultasi Menulis • Pengadaan Buku • Kerjasama Workshop • Program Reseller • Kerjasama Net Promoter • Promo • Contact Us • FAQ • Artikel • Panduan Menulis • Inspirasi • Writing Advice • Writing Tools • Succes Story • Book Marketing • Toko Buku Daftar Isi • Pengertian Buku Nonfiksi • Berbagai Genre Buku Nonfiksi • 1.

Biografi • 2. Autobiografi • 3.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Memoir • 4. Buku Panduan dan Manual • 5.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Ensiklopedia • 6. Almanak • 7. Kamus • 8. Buku Sejarah • 9. Buku Laporan Jurnalisme • 10.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Buku Sains Populer • 11. Buku Filsafat • 12. Buku Psikologi • 13. Buku Motivasi • 14. Buku Pengembangan Diri • 15. Buku Pendamping • 16. Buku Pelajaran • 17. Buku Teks • 18. Buku Catatan Perjalanan • 19. Buku Humor Genre Buku Nonfiksi.

Saat berkunjung ke sebuah toko buku, terutama buku besar dijamin tidak hanya menemukan genre buku fiksi saja melainkan juga genre buku nonfiksi. Buku nonfiksi memang memiliki penggemar tersendiri, dan termasuk genre yang harganya cukup mahal. Apalagi untuk bidang tertentu, salah satu contohnya adalah bidang kesehatan seperti ilmu kedokteran.

Harga dari buku genre ini sendiri cukup mahal di berbagai penerbit tanah air maupun dunia. Sebab memang proses pembuatannya rumit, sekaligus tidak bisa ditulis atau disusun oleh sembarang orang. Wajib ahli dari suatu bidang dan memiliki kapasitas untuk menulis buku terkait bidang tersebut. Inilah yang kemudian membuat buku dari genre nonfiksi mahal dan mayoritas disusun oleh kalangan akademik.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Mulai dari dosen muda sampai dosen senior, dan juga pensiunan dosen. Lalu, apa saja jenis-jenis dari buku nonfiksi ini? Pengertian Buku Nonfiksi Sebelum mengetahui apa saja jenis-jenis dari genre buku nonfiksi maka penting untuk mengetahui dulu pengertiannya. Buku nonfiksi adalah sebuah buku atau karangan yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian nyata yang benar-benar terjadi dalam kehidupan yang sebenarnya.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Sehingga isi di dalam buku genre ini adalah kenyataan, sesuatu yang benar-benar terjadi di kehidupan atau dunia nyata. Bisa dialami sendiri oleh penulisnya bisa juga dialami oleh orang di sekitarnya yang kemudian diwawancarai dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Genre satu ini kemudian perlu ditulis oleh mereka yang benar-benar kompeten.

Sebab, penulisnya harus bisa mempertanggung jawabkan apa saja yang telah ditulis di dalamnya. Sehingga penulis perlu waktu lama untuk menyelesaikan satu buku. Baik karena perlu mencari narasumber atau sumber data yang valid, maupun karena harus memiliki banyak sumber untuk mencantumkan sesuatu yang memang valid. Sehingga tidak asal menggunakan sumber yang valid saja, melainkan juga menggunakan banyak sumber yang relevan dan menyajikan data real di lapangan. Proses menulis buku dari genre nonfiksi kemudian memakan waktu lama.

Apalagi bagi dosen yang perlu melakukan kegiatan penelitian terlebih dahulu. Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi Contoh Judul Buku Nonfiksi Resensi Buku Nonfiksi Teknik Menulis Buku Nonfiksi Berbagai Genre Buku Nonfiksi Jenis dari genre buku nonfiksi ternyata sangat banyak, sama banyaknya dengan genre fiksi yang membanjiri pasaran dan disukai banyak orang.

Buku nonfiksi ini sendiri memang kehadirannya sangat dibutuhkan. Bisa dijadikan sebagai buku pendamping kuliah para mahasiswa, referensi bagi dosen menulis materi pembelajaran, maupun referensi penulisan karya tulis ilmiah. Membaca genre nonfiksi membantu menambah ilmu pengetahuan di suatu bidang atau mengenal suatu tokoh dengan detail. Adapun jenis-jenis dari genre ini adalah: 1. Biografi Jenis buku nonfiksi yang pertama adalah biografi, dan termasuk jenis populer karena peminatnya sangat banyak.

Bukan hanya dari kalangan akademisi seperti dosen maupun mahasiswa. Melainkan juga sering dibaca oleh masyarakat pada umumnya. Pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah adalah jenis buku nonfiksi yang didalamnya menceritakan kisah hidup atau perjalanan hidup dari seseorang yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan lalu dibukukan oleh orang lain.

Melalui buku ini penulis akan menceritakan kisah hidup seseorang secara detail atau mengambil poin-poin pokok. Umumnya, biografi digunakan untuk menceritakan kembali perjalanan hidup seorang tokoh.

Tokoh yang memiliki pengaruh cukup besar di suatu bidang dan kemudian sosoknya dinilai sangat tepat untuk dikenang oleh generasi muda.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Indonesia memiliki banyak buku biografi dan mayoritas mengangkat kisah hidup para pahlawan. Contohnya adalah perjalanan hidup Ir, Soekarno, perjalanan karir dari Mohammad Toha, kisah hidup Nabi Muhammad SAW, dan lain sebagainya. Penulis yang menceritakan kisah hidup orang lain memerlukan sumber valid, bisa dari buku, wawancara dengan kerabat dan keluarga terdekat, dan lain-lain. 2. Autobiografi Jenis genre buku nonfiksi selanjutnya adalah autobiografi.

Autobiografi adalah jenis buku dari genre nonfiksi yang menceritakan perjalanan atau kisah hidup yang ditulis oleh diri sendiri. Sehingga berbeda dengan biografi, dimana penulis perjalanan hidup dilakukan orang lain. Autobiografi bisa dikatakan sebagai buku diary, yang menceritakan aktivitas secara mendetail. Namun, secara umum penulis kemudian membatasi pembahasan hanya pada bagian-bagian perjalanan hidup yang berkesan.

Penulisannya akan memberi motivasi dan inspirasi bagi orang lain yang tengah melakukan perjuangan yang sama. Adapun contoh dari buku autobiografi ini juga sangat banyak. Sebut saja seperti Catatan Najwa yang ditulis oleh Najwa Shihab, kemudian Andy Noya: Kisah Hidupku, buku Becoming yang ditulis oleh Michelle Obama, I am Malala yang ditulis oleh Malala Yousafzai & Christina Lamb, dan lain sebagainya.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

3. Memoir Jenis berikutnya adalah buku memoir, yakni jenis buku dari genre nonfiksi yang menceritakan perjalanan hidup di periode atau masa tertentu dan ditulis oleh pelakunya sendiri.

Misalnya saja seorang mantan Presiden yang kemudian menulis pengalamannya selama menjabat sebagai Presiden. Memoir sekilas akan tampak seperti autobiografi, hanya saja ciri khasnya adalah menceritakan hidup dalam satu periode khusus. Autobiografi akan menjelaskan perjalanan hidup dari lahir, sementara memoir hanya sepenggal saja pada masa-masa tertentu saja.

Contohnya adalah Christopher Hitchens: Hitch 22 Memoir. 4. Buku Panduan dan Manual Dalam genre buku nonfiksi juga terdapat jenis buku panduan yang sering juga disebut buku manual. Buku panduan pada dasarnya adalah jenis buku yang isinya menyampaikan tata cara penggunaan maupun memperlakukan sesuatu. Penulisannya akan dijadikan pedoman bagi pembaca untuk melakukan suatu hal.

Buku jenis ini tersedia di pasaran dan bisa juga disediakan oleh suatu pabrik untuk menjelaskan tata cara penggunaan atau merangkai produk yang dibuat. Misalnya saja pabrik pembuat rak sepatu, maka kemasannya akan dilengkapi buku panduan cara merangkai rak sepatu tersebut karena dari pabriknya masih dalam bentuk potongan bagian per bagian. Sedangkan untuk contohnya sendiri di pasaran buku bisa berupa buku panduan memakai program komputer tertentu.

Misalnya panduan membuat desain grafis dengan Coreldraw, panduan edit foto dengan aplikasi LightRoom, dan lain sebagainya. 5. Ensiklopedia Jenis berikutnya adalah ensiklopedia, yakni jenis buku dari genre nonfiksi yang isinya berupa ringkasan atau referensi yang memberikan berbagai informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.

Oleh penulis biasanya disusun berdasarkan abjad huruf atau secara alfabetis. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan pembaca menemukan penjelasan dari materi tertentu yang dibutuhkan. Adapun contoh dari buku ensiklopedia ini pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah sangat banyak. Misalnya saja Ensiklopedia Sastrawan Indonesia Jilid 1, Sejarah Nasional & Dunia karya Retno Sasongkowati, Ensiklopedia Antariksa dari National Geographic dan ditulis oleh James Trefill, dan lain-lain.

6. Almanak Jenis genre buku nonfiksi berikutnya adalah almanak, yaitu buku berisi penanggalan dan karangan yang perlu diketahui umum, biasanya terbit tiap tahun.

Secara umum almanak akan terbit dalam versi tahunan atau edisi tahunan. Dulunya isi almanak tidak sekompleks almanak zaman sekarang. Misalnya saja almanak yang hanya menyajikan informasi seperti ramalan cuaca, data astronomi, data statistik, dan lain sebagainya.

Sekarang isi di dalam almanak diperluas, yakni mencakup data yang lebih deskriptif dan komprehensif. Sekaligus menyajikan informasi yang datanya diperoleh dari berbagai negara atau bahkan dari seluruh dunia. Adapun contohnya adalah TIME Almanac with Information Please, World Almanac and Book of Facts, The Farmer’s Almanac and The Old Farmer’s Almanac, Canadian Almanac, pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah lain sebagainya. 7.

Kamus Kamus juga termasuk ke dalam genre buku nonfiksi. Kamus adalah sebuah buku berisi kata-kata dari sebuah bahasa, biasanya disusun secara alfabetis, disertai keterangan akan artinya ucapannya, ejaannya, dan sebagainya. Kamus tentu sangat familiar bagi siapa saja sebab umum digunakan untuk menunjang kegiatan sekolah. Contohnya tentu saja kamus bahasa Indonesia-bahasa Inggris, kamus bahasa Arab-bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Jika saat masuk ke perguruan tinggi dan mengambil jurusan bahasa asing.

Maka kamus menjadi buku yang wajib dimiliki. 8. Buku Sejarah Berikutnya adalah buku sejarah, sesuai dengan namanya buku nonfiksi ini adalah buku yang isinya menjelaskan sejarah dari suatu hal.

Entah sejarah kemerdekaan suatu negara, sejarah kerajaan di suatu negara, dan lain sebagainya. Buku sejarah sangat mudah ditemukan di pasaran. Contohnya sendiri adalah Sejarah Peradaban Islam karya Dr. Ahmadin, Islam dalam Arus Sejarah Indonesia karya Jajat Burhanudin, dan lain sebagainya. 9. Buku Laporan Jurnalisme berikutnya adalah buku laporan jurnalisme yakni jenis buku yang isinya menjelaskan mengenai suatu peristiwa dan kemudian disampaikan dengan bahasa khas jurnalistik, yakni menggunakan teks berita.

Menyajikan informasi mengenai suatu kejadian, event, acara, dan lain sebagainya secara detail. Secara umum, buku jenis ini paling sering disusun oleh kalangan jurnalis atau wartawan dari berbagai media. Informasi yang disajikan disesuaikan dengan kondisi di lapangan saat suatu acara yang dijadikan topik berlangsung. Sehingga buku jenis ini masuk ke dalam genre buku nonfiksi. 10. Buku Sains Populer Jenis selanjutnya adalah buku sains populer, yang kemudian disebut juga sebagai buku sains.

Sesuai dengan namanya, buku nonfiksi ini berisi informasi atau data yang berhubungan dengan dunia sains. Dunia sains ini termasuk segala hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku sains tersedia di pasaran secara luas dan umumnya disediakan oleh toko buku besar. Contohnya adalah Cosmos karya Carl Sagan, The Selfish Gene karya Richard Dawkins, dan lain sebagainya. 11. Buku Filsafat Genre buku nonfiksi ternyata juga mencakup buku filsafat, sebab filsafat sendiri adalah suatu bidang keilmuan yang dipelajari secara serius.

Buku filsafat kemudian diartikan sebagai buku yang membahas ilmu pengetahuan bidang tertentu. Filsafat sendiri adalah ilmu yang fleksibel karena bisa diterapkan di banyak bidang. Misalnya diterapkan di bidang ekonomi, politik, agama, pendidikan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk contoh buku filsafat sendiri ada Filosofi Teras, Sang Penguasa, Dunia Sophie, dan lain sebagainya. 12. Buku Psikologi Buku psikologi juga termasuk ke dalam genre buku nonfiksi. Buku psikologi sendiri adalah buku yang isinya menyampaikan semua ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kejiwaan.

Buku psikologi umum dibutuhkan atau dibaca oleh mahasiswa di jurusan yang sama, begitu juga oleh para dosen. 13. Buku Motivasi Selanjutnya ada buku motivasi, yaitu buku yang ditulis berdasarkan kajian psikologi dan dapat membangkitkan semangat para pembacanya. Sehingga siapa saja yang membacanya akan merasakan efek psikologi, yakni menjadi lebih semangat dalam melakukan sesuatu dan mencapai suatu tujuan atau cita-cita. Buku jenis ini masuk genre nonfiksi karena memang penulis saat menuliskan isinya menggunakan ilmu yang berkaitan dengan psikologi manusia.

Sehingga teknik dalam menyampaikan sesuatu menggunakan ilmu tersebut. Contoh dari buku motivasi ini salah satunya adalah Mimpi Sejuta Dolar karya Merry Riana.

14. Buku Pengembangan Diri Jika membahas genre buku nonfiksi maka buku pengembangan diri tentu akan dibahas juga, karena termasuk ke dalam genre tersebut. Buku pengembangan diri adalah buku yang berisi panduan atau ilmu mengenai suatu keahlian, keterampilan, dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi pembaca untuk bisa berkembang. Contohnya adalah buku Belajar Merajut, buku Belajar Service Laptop Sendiri, dan lain sebagainya. Sehingga materi yang disampaikan di dalam buku memperluas wawasan, ilmu pengetahuan, sekaligus keterampilan.

Biasanya bisa membantu seseorang untuk mengembangkan keterampilan diluar bidang keilmuan yang dipelajari di pendidikan formal. 15. Buku Pendamping Berikutnya adalah buku pendamping, yaitu jenis buku nonfiksi yang isinya menyampaikan suatu hal dan berhubungan dengan buku utama.

Sesuai dengan namanya, jenis buku ini memiliki fungsi sebagai pendamping atau pelengkap dari buku utama. Sering digunakan oleh guru, dosen, dan siswa maupun mahasiswa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 16. Buku Pelajaran Jenis selanjutnya adalah buku pelajaran, yaitu jenis buku yang isinya memaparkan suatu materi ilmu pengetahuan bidang tertentu secara mendalam dan pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah secara sistematis. Disebut sistematis, karena umumnya materi disampaikan dari pengetahuan dasar menuju ke pengetahuan khusus dan hasil pengembangan.

Buku jenis ini sangat umum digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Sebab bisa membantu mendampingi mereka memahami materi pelajaran atau materi perkuliahan. Sehingga menjadi buku penting untuk menunjang kegiatan belajar.

17. Buku Teks Genre buku nonfiksi juga mencakup buku teks. Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana- sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan.

18. Buku Catatan Perjalanan Berikutnya adalah buku catatan perjalanan, dan sesuai dengan namanya buku ini memang menjelaskan suatu perjalanan yang ditempuh baik oleh diri sendiri maupun oleh seseorang. Nyaris mirip dengan biografi, hanya saja di dalam buku catatan perjalanan secara khusus mendokumentasikan perjalanan yang dilakukan tokoh ke dalam bentuk tulisan. Sehingga tidak menyampaikan detail perjalanan hidup seseorang dari lahir sampai mencapai titik tertentu. Contoh buku jenis ini adalah Catatan Perjalanan Marcopolo.

Buku jenis ini termasuk genre buku nonfiksi karena memang menyampaikan sesuatu yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Suatu perjalanan akan bisa dijelaskan secara lengkap sesuai kondisi di lapangan jika sudah terjadi, dialami, dan kemudian diceritakan kembali oleh pelakunya untuk dibuat tulisan.

19. Buku Humor Buku humor adalah buku yang menyampaikan sesuatu yang lucu. Jenis ini bisa masuk ke genre nonfiksi karena bisa jadi isinya dibuat berdasarkan lelucon yang pernah dilontarkan oleh seseorang, terutama tokoh terkemuka. Selain itu, humor ini pada dasarnya adalah menyampaikan informasi di lapangan yang dikemas dalam candaan. Contoh dari buku humor ini misalnya Koleksi Humor Gus Dur, Ngakak Bareng BTS, dan lain sebagainya.

Sebagaimana nama dan pengertiannya, pembaca dari buku humor kemudian mendapatkan pengetahuan dan wawasan sekaligus hiburan.

pengelompokan buku berdasarkan kategori nonfiksi yang tepat adalah

Sebab bisa tertawa dengan setiap kalimat candaan yang dicantumkan oleh penulisnya. Artikel Terkait : 20 Jenis Buku yang Perlu Diketahui 21 Jenis Novel Berdasarkan Genre Jenis Buku Pendidikan Jenis Buku Monograf Macam-Macam Buku Ajar

Belajar Memahami Unsur-unsur dan Menanggapi Buku Fiksi & Nonfiksi (Part II)




2022 www.videocon.com