Gambar trisula pagar nusa

gambar trisula pagar nusa

Gambar Trisula Pagar Nusa Animasi. Gambar pagar nusa browsing gambar detail gambar pagar nusa 2 mengadopsi gambar gambar animasi kartun pesilat. Diharap artikel di atas bisa membantu anda untuk melakukan.

Pin On Seni Bela Diri from id.pinterest.com Seperti pagar yang terbuat dari besi, batu, semen, bahkan marmer. Sebagai kelompok beladiri pencak silat anggota ikatan pencak silat indonesia (ipsi), pagar nusa memasukkan symbol. Paling keren gambar lambang pagar nusa png. Source: id.pinterest.com Trisula bermakna tiga orientasi organisasi yaitu.

Diskon spesial untuk alumni & civitas ipb. Source: www.pinterest.com Gambar cabang / gambar trisula pagar nusa terletak di tengah bola dunia bagian atas tepat dibawah bintang terbesar merupakan manifestasi kenyataan historis bahwa senjata jenis inilah yang tertua dan lebih luas penyebarannya di bumi nusantara.

Sebenarnya, ada ratusan website yang menyediakan font yang dapat kamu download.tapi tidak semua website mempunyai pilihan font yang cukup banyak, atau mengharuskan kamu untuk berlangganan atau membeli font yang mereka miliki.

Source: id.pinterest.com Nihh buat agan yang merasa telah mengikuti perguruan silat pn atau pagar nusa hahah berikut gambar trisula pagar nusa lambang gambar pagar nusa bisa silahkan anda simak di bawah ini untuk sekedar menghibur agan atau bisa juga di simpan logo pagar nusa di hape buat menunjuk kan kecintaan pada perguruan silat.

Stok seragam silat pagar nusa terbatas dan cepat terjual. Source: id.pinterest.com Ukuran seragam silat pagar nusa. 60+ desain model pagar rumah minimalis dan cantik. Source: www.pinterest.com Gambar pagar nusa browsing gambar detail gambar pagar nusa 2 mengadopsi gambar gambar animasi kartun pesilat.

Gambar kartun psht romantis nusagates. Source: id.pinterest.com Download gambar pagar rumah animasi. Gambar yang baru selalu diunggah oleh anggota yang aktif setiap harinya, pilih koleksi gambar lainnya dibawah ini sesuai dengan kebutuhan untuk mulai mengunduh gambar.

gambar trisula pagar nusa

Source: id.pinterest.com Kembali dijalur editor itulah tema update gambar pagar nusa hari gambar trisula pagar nusakami sediakan empat design gambar pencak silat pagar nusa dengan hasil ukuran pixel yang cocok dengan layar handphone silahkan bagi yang sudah menunggu model unggahan gambar pagar nusa dengan ukuran layar smart phone telah diterbitkan Tulisan arab laa ghooliba ila billah : Source: id.pinterest.com Pagarnusasemarang browse images about pagarnusasemarang at.

Sebelum kita lebih jauh memahami makna lambang pagar nusa alangkah lebih baiknya fahami terlebih dahulu sejarahnya. Source: id.pinterest.com Story wa trisula pagar nusa youtube. Gambar yang baru selalu diunggah oleh anggota yang aktif setiap harinya, pilih koleksi gambar lainnya dibawah ini sesuai dengan kebutuhan untuk mulai mengunduh gambar.

Tulisan Arab Laa Ghooliba Ila Billah : Download gambar animasi pagar rumah gif.gambar pagar nusa browsing gambar detail gambar pagar nusa 2 mengadopsi gambar gambar animasi kartun pesilat digoogle dengan memanipulasi hasilnya disini gambar pagar nusa pada paket kedua ini diisi dengan pesilat pagar nusa dengan background lambang pagar nusa dibelakangnya.

gambar trisula pagar nusa

Bahu 53 cm, lengan 53 cm, panjang baju 74 cm,panjang celana 102 cm. Mesin pintu pagar gerbang otomatis free safety beam sensor. By Conte Posted On December 16, 2020. Rabu, 20 oktober 2021 tambah komentar edit. Diskon spesial untuk alumni & civitas ipb.

Paling keren gambar lambang pagar nusa png. Diharap Artikel Di Atas Bisa Membantu Anda Untuk Melakukan. Itulah kumpulan font pagar nusa dan mentahan mentahannya. Emoji adalah tombak bermata tiga yang sering muncul dalam mitologi klasik dimana senjata ini digunakan oleh poseidon atau neptunus. 25 gambar logo pagar nusa png terbaik. Paling Keren Gambar Lambang Pagar Nusa Png. Gambar cabang / trisula terletak di tengah bola dunia bagian atas tepat dibawah bintang terbesar merupakan manifestasi kenyataan historis bahwa senjata jenis inilah yang tertua dan lebih luas penyebarannya di bumi nusantara.

25 gambar logo pagar nusa png terbaik. ( ipsi ), pagar nusa memasukkan simbol tersebut supaya tidak tercerabut dari identitas persatuan beladiri asli. Gambar Mentahan Trisula Pagar Nusa - Trik Mudah From Www.trikmudah.com Status Wa (51) Gambar Sketsa (43) Gambar. Tiada kemenangan kecuali dari gambar trisula pagar nusa swt. Seperti pagar yang terbuat dari besi, batu, semen, bahkan marmer. Sebenarnya, ada ratusan website yang menyediakan font yang dapat kamu download.tapi tidak semua website mempunyai pilihan font yang cukup banyak, atau mengharuskan gambar trisula pagar nusa untuk berlangganan atau membeli font yang mereka miliki.

Kurva segi lima merupakan simbolisasi dari Syariat Islam yang mempunyai lima rukun dan merupakan simbolisasi pada adanya rasa kecintaan kepada bangsa dan negara yang berpancasila.

Simbolisasi ini berangkat dari dasar pengertian rukun Islam yang Nabi SAW sampaikan : Islam itu didirikan atas lima : Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Gambar trisula pagar nusa dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berhaji ke baitullah bagi yang mampu, dan puasa Ramadhan ( HR Bukhory ) Tiga garis tepi yang sejajar dengan garis kurva merupakan lambang dari tiga pola utama yang berjalan bersama dalam cara hidup warga Nahdlatul Ulama yaitu Iman, Islam, Ihsan sebagaimana Hadits Nabi SAW ketika ditanya oleh Malakat Jibril.

Bintang sudut lima sebanyak sembilan buah dengan pola melingkar di atas bola bumi dan pada bagian paling atas bintangnya tampak lebih besar ini merupakan ekspresi dari pola kepemimpinan wali songo dan juga idealisasi dari suatu cita-cita yang bersifat maksimal karena selain bintang merupakan simbol kemuliaan juga jumlah sembilan merupakan angka tertinggi.

Ini sesuai dengan mimpi Nabi Yusuf tentang bintang sebagai isyarat akan mencapai kemuliaan. Firman Allah SWT : Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya : Wahai ayahku sesungguhnya aku bemimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan ; kulihat semuanya sujud kepadaku. ( QS.Yusuf : 4) Bintang terbesar mengisyaratkan adanya pola kepemimpinan yang dalam Islam merupakan suatu keharusan.

Gambar cabang / trisula terletak ditengah bola dunia bagian atas tepat dibawah bintang terbesar merupakan manifestasi kenyataan historis bahwa senjata jenis inilah yang tertua dan lebih luas penyebarannya di bumi nusantara. Sebagai kelompok beladiri pencak silat anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ), Pagar Nusa memasukkan simbol tersebut supaya tidak tercerabut dari identitas persatuan beladiri asli Indonesia. Sebagaimana kita maklumi bersama : Barang siapa memisahkan diri dari kelompok dimakan srigala Bola Dunia / gambar bumi tepat di tengah merupakan ciri khas dari organisasi underbow Nahdlatul Ulama yang simbol utamanya berupa bumi dan tampar sebagaimana di lukiskan oleh tangan pertamanya KH.

RIDWAN ABDULLAH berdasar Istikharahnya. Pita melingkupi bumi dengan tulisan LAA GHAALIBA ILLAA BILLAH Yang berarti tidak ada yang menang ( mengalahkan ) kecuali dengan pertolongan Allah merupakan tata nilai beladiri khas Pagar Nusa.

Kalimat ini pada awal pembentukannya berbunyi LAA GHAALIBA ILLALLAH kemudian oleh K.H. Sansuri Badawi dianjurkan untuk diberi tambahan ba sehingga berbunyi seperti sekarang. Hal ini sesuai dengan pola kalimat pada kalimat LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH yang bekonotasi umum ( am ) bagi segala bidang kehidupan.

gambar trisula pagar nusa

Sedangkan secara khusus ( khas ) dengan mengambil tibar bahwa dalam Al-Quran kegiatan-kegiatan yang melibatkan beladiri secara fisik maupun non fisik banyak disebut dengan menggunakan kalimat yang berasal dari gambar trisula pagar nusa kata ghalaba, maka Pagar Nusa menggunakan kalimat sebagaimana tercantum dalam simbol Firman Allah : Jika Allah menolong kamu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkanmu ( QS.

Ali Imron : 160 ) Orang orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata : berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah ( QS. Al-Baqarah : 249 ) Dan barang siapa mengambil Allah, Rasul-Nya, dan orang -orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut ( agama ) Allah itulah yang pasti menang. ( QS. Al-Maa-idah : 56 ). Warna Hijau dan putih merupakan dua warna yang secara universal mengandung makna baik.

Sebab segala yang bersih dan suci baik secara materiil ( fisik ) maupun immateriil ( non fisik ) dapat disimbolkan dengan warna putih. Sedangkan hal-hal yang bersifat sejuk, subur, makmur, tenang, enak dipandang dan lain-lain yang membahagiakan selalu dapat disimbolkan dengan warna hijau.

gambar trisula pagar nusa

Warna Putih merupakan warna wajah cerah bagi orang-orang yang memperoleh kebahagiaan di akhirat. Warna hijau merupakan warna ahli sorga yang merupakan tempat kebahagiaan manusia, sebagaimana digambarkan oleh Allah SWT.

: Mereka itulah bagi mereka surgamegalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan gambar trisula pagar nusa memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. ( QS.Kahfi : 31). Dengan demikian kombinasi warna itu merupakan kombinasi warna yang mengidolakan pemandangan di Surga kelak.

Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. ( QS Al-Insan 21 ) Sayap Garuda berwarna Kuning berototkan merah : berarti kekuatan bangsa Indonesia yang bersendikan kemurnian, keluruhan dan dinamika, Sayap 18 lembar, bulu 5 lembar + 4 lembar + 8 lembar berarti tanggal berdirinya IPSI adalah 18 Mei 1948.

Sayap 18 lembar, terdiri dari 17+1 berarti IPSI dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan berssatu membangun negara Untaian lima lingkaran : melambangkan bahwa IPSI melalui olahraga merupakan ikatan peri kemanusiaan antara pelbagai aliran dengan memegang teguh asas kekeluargaan, persaudaraan dan kegotong royongan Ikatan pita berwarna merah Putih : bahwa IPSI merupakan suatu ikatan pemersatu dari pelbagai aliran Pencak Silat, yang menjadi hasil budaya yang kokoh karena dilandasi oleh rasa berbangsa, berbahasa dan bertanah air Indonesia.

Gambar tangan putih di dalam Dasar hijau : gambar trisula pagar nusa bahwa IPSI membantu negara dalam bidang ketahanan nasional melalui pembinaan mental/fisik agar kader-kader IPSI berkepribadian nasional serta berbadan sehat, kuat dan tegap.
dan assalamualaikum wr wb. tepat pada tanggal 28- desember 2016 admin kembali menguptudate potingan gaambar terbaru dengan label kata-kata pagar nusa seperti yang terlihat dibaarisan gambar dibawah.

ada tiga picture dengan tema kata-kata pagar nusa berarti bukan hanya gambar saja yang ditunjukan melaikan dikombinasikan dengan olah kata ala admin Gambarpagarnusa.blogspot.co.id. ok langsung saja ke tkp .

gambar trisula pagar nusa

1. pada gambar pertama ada sebuah picture / gambar yang manamenampilkan ukuran 300px:2500px dengan gabar standart walpapr untuk hp androidsangat cocok digunakan sebagai walpaper hp/handphonedengan sedikit paduan kata-kata unik yang admin selipkan digambar yaitutetep sangar biar jomblo tai setatus warga pagar nusahahahm bayangkan jikka semua jomblo pagar nusa menggunakan gambar ini kemudian dipajang sebagai walpapaer berapa banyak jomblo - jomblo disini.hanya sekedar hiburan sematasemoga terhibur.

silahkan di comot kang. Download pada struktur gambar kedua memiliki sedikit design yang sanggarkolaborasi ukuran yang sama dengan gambar pertama namun admin rubah kata-kata dan dekorasi pada gambar penghiasnyabagi yang beraliran pagar nusa gasmi ini sangat direkomendasikan untuk mengambilnya/mendownloadnya.

tampilan sedikit garang dengan seekor harimau yang gambar trisula pagar nusa lambang gasmi didepannya, menandakan kegarangan anak-anak pagar nusa. terutama mereka yang beraliran gasmi.

Download 3. gambar yang ketiga tak jauh berbeda pada gambar keduapada gambar ketiga ini admn mulaia kehabisan ide/ maklum banyak urusan . pada gambar ini admin hanya mengilangkan gambar macan yang menjaga log gasmimeskipun demikian tidak mengurangi sedikitpun kegarangan yang dijiwai oleh para pesilat pagar nusa gasmi. Download 3 gambar dulu nanti admin design yang lebih menarik dan lebih kece untuk sedulur pagar nusa, sementara hanya ini dulu silahkan dikoleksi.

salam santun dan dirgahayu pagar nusa. Pada awal tahun 2017 kembali gambar pagar nusa merilis enam gambar terbaru, namun pada artikel kali ini kami tidak memasang tema apapun lebih tepatnya hanya mendesign gambar pagar nusa dengan model acak. seperti gambar-gambar pagar nusa yang kemarin atau yang terunggah pada artikel tahun 2016 yang lalu. mari kita bahas satu persatu gambar pagar nusa yang kimi rilis pada hari ini.

1. gambar pagar nusa yang pertama, bisa diberikan judul anime dari jepang dengan karakter yang cerdas dan sangat pandai dalam berfikir taktik berperang siapa diasikamaru nara, tokoh anime dari serial naruto ini adalah tokoh yang sangat berkarakter, pada design tokoh sikamaru ini kami tambahkan model simple dengan pakaian pagar nusa dan kaos dalam lambang garuda indonesia, melambangkan tokoh pesilat pagar nusa yang terlahir memiliki rasa nasionalisme yang spesial.

dan siap hidup menjadi benteng nya ulama dan bangsa. Gambar Pagar Nusa Download 4. Gambar pencak silat profile keempat sama dengan dsign gambar ketiga hanya saja pada design keempat kami tambahkan gambar balik pesilat tertutup disampoing kanan dan kiri. dengan tetap menampilan lambang pagar nusa dan lambang gasmi dengan menghilangkan macan yang ada digambar ketiga. Gambarpagarnusa.blogspot.com Download sangat tepat jika dikoleksi sebgai gambar dp media sosial.
Kembali dijalur editor itulah tema update gambar pagar nusa hari inikami sediakan empat design gambar pencak silat pagar nusa dengan gambar trisula pagar nusa ukuran pixel yang cocok dengan layar handphone silahkan bagi yang sudah menunggu model unggahan gambar pagar nusa dengan ukuran layar smart phone telah diterbitkan ulasan singkat sang legenda dunia persilatan model klasik dengan background yang padu hitam putih mendominasi, dimana letak posisi pesilat menjadi pusat perhatian untuk tetap menjadi identitas gambar pencak silat pagar nusa ditambahkan tahun pertama pagar nusa dirintis oleh sang legenda pesilat gasmi dan tokoh-tokoh ulama nusantaraDemikian karya-karya yang terposting diatas merupakan desain dengan kreatifitas admin dan ide-ide pesilat gambar trisula pagar nusa nusa dari berbagai pelosok negeri, tijuan utama kami adalah untuk melestarikan pencak silat pagar nusa khususnya didunia maya.

dan diharapkan agar setiap moment dan exsistensi pencak silat pagar nusa semakain dikenal diseluruh kalangan .
SIMBOL DAN ARTI LAMBANG PAGAR NUSA Simbol LPS Pagar Nusa berupa gambar Pita bertulisan LAA GHAALIBA ILLA BILLAH yang melingkupi bola dunia di dalam kurva segi lima dengan beberapa atribut dan perincian sebagai berikut : Kurva segi lima merupakan simbolisasi dari Syari’at Islam yang mempunyai lima rukun dan merupakan simbolisasi pada adanya rasa kecintaan kepada bangsa dan negara yang berpancasila.

Simbolisasi ini berangkat dari dasar pengertian rukun Islam yang Nabi SAW sampaikan : Islam itu didirika atas lima : Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berhaji ke baitullah bagi yang mampu, dan puasa Ramadhan ( HR Bukhory ) Tiga garis tepi yang sejajar dengan garis kurva merupakan lambang dari tiga pola utama yang berjalan bersama dalam cara hidup warga Nahdlatul Ulama yaitu Iman, Islam, Ihsan sebagaimana Hadits Nabi SAW ketika ditanya oleh Malakat Jibril.

Bintang sudut lima sebanyak sembilan buah dengan pola melingkar di atas bola bumi dan pada bagian paling atas bintangnya tampak lebih besar ini merupakan ekspresi dari pola kepemimpinan wali songo dan juga idealisasi dari suatu cita-cita yang bersifat maksimal karena selain bintang merupakan simbol kemuliaan juga jumlah sembilan merupakan angka tertinggi.

Ini sesuai dengan mimpi Nabi Yusuf tentang bintang sebagai isyarat akan mencapai kemuliaan. Firman Allah SWT : Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya : Wahai ayahku sesungguhnya aku bemimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan ; kulihat semuanya sujud kepadaku.

( QS.Yusuf : 4) Bintang terbesar mengisyaratkan adanya pola kepemimpinan yang dalam Islam merupakan suatu keharusan. Gambar cabang / trisula terletak ditengah bola dunia bagian atas tepat dibawah bintang terbesar merupakan manifestasi kenyataan historis bahwa senjata gambar trisula pagar nusa inilah yang tertua dan lebih luas penyebarannya di bumi nusantara.

Sebagai kelompok beladiri pencak silat anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ), Pagar Nusa memasukkan simbol tersebut supaya tidak tercerabut dari identitas persatuan beladiri asli Indonesia.

gambar trisula pagar nusa

Sebagaimana kita maklumi bersama : Barang siapa memisahkan diri dari kelompok dimakan srigala Bola Dunia / gambar bumi tepat di tengah merupakan ciri khas dari organisasi underbow Nahdlatul Ulama yang simbol utamanya berupa bumi dan tampar sebagaimana di lukiskan oleh tangan pertamanya KH. RIDWAN ABDULLAH berdasar Istikharahnya.

Pita melingkupi bumi dengan tulisan LAA GHAALIBA ILLAA BILLAH Yang berarti tidak ada yang menang ( mengalahkan ) kecuali dengan pertolongan Allah merupakan gambar trisula pagar nusa nilai beladiri khas Pagar Nusa. Kalimat ini pada awal pembentukannya berbunyi LAA GHAALIBA ILLALLAH kemudian oleh K.H. Sansuri Badawi dianjurkan untuk diberi tambahan ba sehingga berbunyi seperti sekarang.

Hal ini sesuai dengan pola kalimat pada kalimat LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH yang bekonotasi umum ( am ) bagi segala bidang kehidupan.

gambar trisula pagar nusa

Sedangkan secara khusus ( khas ) dengan mengambil tibar bahwa dalam Al-Quran kegiatan-kegiatan yang melibatkan beladiri secara fisik maupun non fisik banyak disebut dengan menggunakan kalimat yang berasal dari akar kata ghalaba, maka Pagar Nusa menggunakan kalimat sebagaimana tercantum dalam simbol Firman Allah : Jika Allah menolong gambar trisula pagar nusa, maka tak ada orang yang dapat mengalahkanmu ( QS. Ali Imron : 160 ) Orang orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata : berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah ( QS.

Al-Baqarah : 249 ) Dan barang siapa mengambil Allah, Rasul-Nya, dan orang -orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut ( agama ) Allah itulah yang pasti menang. ( QS. Al-Maa-idah : 56 ). Warna Hijau dan putih merupakan dua warna yang secara universal mengandung makna baik. Sebab segala yang bersih dan suci baik secara materiil gambar trisula pagar nusa fisik ) maupun immateriil ( non fisik ) dapat disimbolkan dengan warna putih. Sedangkan hal-hal yang bersifat sejuk, subur, makmur, tenang, enak dipandang dan lain-lain yang membahagiakan selalu dapat disimbolkan dengan warna hijau.

Warna Putih merupakan warna wajah cerah bagi orang-orang yang memperoleh kebahagiaan di akhirat. Warna hijau merupakan warna ahli sorga yang merupakan tempat kebahagiaan manusia, sebagaimana digambarkan oleh Allah SWT. : Mereka itulah bagi mereka surgamegalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah.

Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. ( QS.Kahfi : 31)Dengan demikian kombinasi warna itu merupakan kombinasi warna yang mengidolakan pemandangan di Surga kelak. Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. ( QS Al-Insan 2) Pagar Nusa lahir sebagai bentuk keprihatinan para Kyai, ulama, pendekar serta tokoh-tokoh pencak silat terhadap pergeseran nilai pencak silat di dunia pesantren.

“Pesantren kuno itu sekaligus padepokan silat,” kata Gus Maksum. Gus Maksum Jauhari atau Mbah Maksum memang selalu identik dengan dunia persilatan, terutama “PAGAR NUSA”. Pagar Nusa merupakan Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama hasil musyawarah para Kyai, ulama, pendekar serta tokoh-tokoh pencak silat NU pada tanggal 12 Muharram 1406 H di PP.Tebuireng Jombang dan pada musyawarah kedua tanggal 3 Januari 1986 di pondok pesantren Lirboyo ditetapkan sebagai wadah para pesilat NU sekaligus mengukuhkan Mbah Ma’sum sebagai ketuanya.

Mbah Maksum lahir di Kanigoro, Kras, Kediri, pada tanggal 8 Agustus 1944, salah seorang cucu pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Manaf Abdul Karim.

gambar trisula pagar nusa

Semasa kecil ia belajar kepada orang tuanya KH Abdullah Jauhari di Kanigoro. Ia menempuh pendidikan di SD Kanigoro (1957) lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Lirboyo, namun tidak sampai tamat.

Selebihnya, ia lebih senang mengembara ke berbagai daerah untuk berguru ilmu silat, tenaga dalam, pengobatan dan kejadukan Sebagai seorang kiai, Mbah Maksum berprilaku nyeleneh menurut adat kebiasaan orang pesantren. Penampilannya nyentrik.

Dia berambut gondrong, jengot dan kumis lebat, kain sarungnya hampir mendekati lutut, selalu memakai bakiak. Lalu, seperti kebiasaan orang-orang “nyleneh” di pesantren, Mbah Maksum tidak pernah makan nasi alias ngerowot. Uniknya lagi, dia suka memelihara binatang yang tidak umum.

gambar trisula pagar nusa

Hingga masa tuanya Mbah Maksum masih memelihara beberapa jenis binatang seperti berbagai jenis ular dan unggas, buaya, kera, orangutan dan sejenisnya. Dikalangan masyarakat umum, Mbah Maksum dikenal sebagai orang yang pemberani dan rendah hati. Kerendahan hati Mbah Maksum dirasakan sendiri oleh penulis, saat penulis, adik penulis serta beberapa pesilat Pagar Nusa Unisma datang untuk sillaturahmi sekaligus hendak turun di ajang pencak Dor PP Lirboyo. Mbah Maksum dengan rendah hati mempersilakan rombongan kami untuk masuk, makan bersama dan memberikan nasehat-nasehat yang tidak terkesan “menggurui’.

gambar trisula pagar nusa

Kesan kerendahan hati Mbah Maksum ini semakin dalam di hati kami, manakala Mbah Maksum mengetahui bahwa adik penulis adalah warga tingkat I PSHT Madiun. Tidak ada perbedaan sikap Mbah Maksum ke adik penulis. Bahkan Mbah Maksum menyampaikan 4 hal kepada kami semua, yakni pentingnya persatuan diantara sesama pesilat Nusantara.

Kedua, ajang pencak Dor adalah ajang kejujuran, artinya di atas panggung tidak melihat aliran namun yang dilihat adalah kemampuan dari individu pesilat itu sendiri. Ketiga, ajang pencak Dor dan budaya pencak Silat harus senantiasa dilestarikan sebagai wadah pembinaan mental bangsa.

gambar trisula pagar nusa

Selanjutnya pesan terakhir dari Mbah Maksum adalah para pesilat harus memiliki jiwa ksatria dan senantiasa berbakti kepada agama, nusa dan bangsa. Keberanian dan kharisma Mbah Maksum tersebut seharusnya membangkitkan semangat pengembangan ilmu kanuragan dan pencak silat di pesantren maupun masyarakat, baik melalui wadah Pagar Nusa atau pun yang lain.

Sebagai jenderal utama “pagar NU dan pagar bangsa” Mbah Maksum selalu sejalur dengan garis politik Nahdlatul Ulama, dia tak pernah terlibat politik praktis, tak kenal dualisme atau dwifungsi. Saat kondisi politik memaksa warga NU berkonfrontasi dengan PKI, Mbah Maksum menjadi komandan penumpasan PKI beserta antek-anteknya di wilayah Jawa Timur, terutama karesidenan Kediri.

Ketika NU bergabung ke dalam PPP maupun ketika PBNU mendeklarasikan PKB, Gus Maksum selalu menjadi jurkam nasional yang menggetarkan podium. Namun dirinya tidak pernah mau menduduki jabatan legislatif ataupun eksekutif. Pendekar ya pendekar! Mbah Maksum wafat di Kanigoro pada 21 Januari 2003 lalu dan dimakamkan di pemakaman keluarga Pesantren Lirboyo dengan meninggalkan semangat dan keberanian yang luar biasa.

Warna Kuning : berarti bahwa IPSI mengutamakan budi pekerti dan kesejahteraan lahir dan batin dalam menuju kejayaan nusa dan bangsa Bentuk Perisai Segi Lima : berarti bahwa IPSI berasaskan landasan idiil Pancasila, serta bertujuan membentuk manusia Pancasila sejati Sayap Garuda berwarna Kuning berototkan merah : berarti kekuatan bangsa Indonesia yang bersendikan kemurnian, keluruhan dan dinamika, Sayap 18 lembar, bulu 5 lembar + 4 lembar + 8 lembar berarti tanggal berdirinya IPSI adalah 18 Mei 1948.

Sayap 18 lembar, terdiri dari 17+1 berarti IPSI dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan berssatu membangun negara Untaian lima lingkaran : melambangkan bahwa IPSI melalui olahraga merupakan ikatan peri kemanusiaan antara pelbagai aliran dengan memegang teguh asas kekeluargaan, persaudaraan dan kegotong royongan Ikatan pita berwarna merah,Putih : bahwa IPSI merupakan suatu ikatan pemersatu dari pelbagai aliran Pencak Silat, yang menjadi hasil budaya yang kokoh karena dilandasi oleh rasa berbangsa, berbahasa dan bertanah air Indonesia.

Gambar tangan putih:di dalam Dasar hijau : menggambarkan bahwa IPSI membantu negara dalam bidang ketahanan nasional melalui pembinaan mental/fisik agar kader-kader IPSI berkepribadian nasional serta berbadan sehat, kuat dan tegap.Makna lambang PS NU Pagar Nusa : Bingkai segi lima : Rukun Islam dan azas Pancasila Tiga garis warna putih : Iman, Islam, Ihsan Warna dasar hijau : Kesuburan, kesejahteraan, kejujuran Warna lambang dan tulisan putih : suci Bintang Sembilan : Induk organisasi(NU); penghormatan terhadap walisanga; angka terbesar Gambar cabang/trisula : Lambang kekhususan pencak silat Tulisan arab Laa ghooliba ila billah : Tiada kemenangan kecuali gambar trisula pagar nusa Allah SWT.

Wujud dan Unsur Lambang Terletak ditengah bola dunia; sembilan bintang sudut lima sebanyak sembilan buah yang tersebar nelingkar dengan bintang di bagian atas lebih besar; tulisan’’PAGAR NUSA’; berada dibawah tulisan huruf arab yang dibaca ‘’la gholiba illa billah’’ pada pita yang Lambang Pagar Nusa terdiri dari Bola Dunia, Garis Lintang, Garis Bujur dan Garis Khatulistiwa; Trisula melingkupi bola dunia; daris kurva segi lima; dan garis tepi sebanyak tiga buah yang sejajar dengan garis kurva Makna Lambang Makna gambar dan tulisan yang ada dalam lambang pagar nusa adalah: • Bola dunia, garis lintang, garis bujur dan garis khatulistiwa.

Bermakna bumi, persada nusantara, visi kesemestaan, dan missi rohmatan lil ‘alamin yang berorientasi duniawi dan ukrawi, material dan spiritual, lahir dan batin, secara utuh dan menyeluruh Trisula terletak di tengah bola dunia, bermakna tiga orientasi organisasi, gambar trisula pagar nusa keolahragaan, keislaman, dan keindonesiaan.

Trisula termasuk jenis senjata tertua dan cukup luas penyebarannya di bumi nusantara. Penggunaan simbol trisula juga dimaksudkan agar pelestarian dan pengembangan pencak silat oleh pagar nusa tidak tercabut dari identitas beladiri asli Indonesia • Bintang sudut lima sebanyak sembilan buah yang tersebar melingkar dengan bintang ditengah lebih besar, bermakna pola kepemimpinan wali songo, idealisasi cita-cita tertingggi yakni mencapai kemuliaan serta idealisme organisasi yang memuat sembilan nilai yaitu,: kemerdekaan, keadilan, kebenaran, kejujuran, kerakyatan, persaudaraan, persamaan, kesederhanaan, keseimbangan • Tulisan ‘’PAGAR NUSA” bermakna identitas diri organisasi sebagai wadah perjuangan, koordinasi dan bimbingan sekaligus gambar trisula pagar nusa menghimpun segenap profesional seni bela diri NU guna membantu pencapaian tujuan NU dan pengawal terwujudnya cita-cita kemerdekaan indonesia;pagar nusa merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa • Tulisan huruf arab yang terbaca’’ La Gholiba Illa Billah’’ pada pita yang melingkupi Bola dunia bermakna,”tidak ada yang menang(mengalahkan) kecuali dengan pertolongan allah” sebagai tata nilai beladiri khas Pagar Nusa • Garis kurva segi lima, bermakna rukun islam dan sekaligus simbol kecintaan terhadab bangsa dan negara yang berdasarkan pancasila • Garis tepi sebanyak tiga buah yang sjajar dengan garis kurva, bermakna tiga pola utama cara hidup warga NU yaitu: iman, islam, ihsan yang berjalan bersama Makna Warna yang ada dalam lambang Pagar Nusa adalah: • Hijau, bermakna kesejukan, kesuburan, kemakmuran bumi nusantara gambar trisula pagar nusa ketenangan, kesejahteraan dan kebahagiaan anggota pagar nusa, warga NU, dan seluruh rakyat indonesia secara lahir, batin ,duniawi dan ukrawi • Kuning emas, bermakna pembaruan dan kejayaan bangsa indonesia serta kebangkitan ulama’ dan kegemilangan umat islam pencerahan dan kemaslahatan umat manusia • Putih, bermakna kesucian jiwa, tulus hati, kesungguhan, ketegasan kebenaran kata dan perbuatan serta keberanian moral dan sikap.

Penggunaan Lambang Lambang Pagar Nusa digunakan pada atribut-atribut dan perlengkapan yang menunjang suksesnya program kerja UKM Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Universitas Islam Malang.

SEJARAH Pencak silat adalah merupakan salah satu budaya bangssa Indonesia yang merupakan wrisan dari nenek moyang. Seinggga keberadaannya perlu kita jaga dan kita lestarikan sebgaisuatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

salah satu dari sekian banyaknya jenis dan aliran pencak silat, Pagar Nusa merupakan satu – satunya pencak silat yang merupakan warisan dari para Wali. Pagar Nusa sendiri merupakan simbol dari aliran – alran pencak silat dibawah naungan Nahdlatul ‘ulama yang menggabungkan diri dan sepakat untuk mendirikan suatu ikatan atau lembaga pencak silat yang menaungi dari berbagai macam alira pencak silat millik Nahdlatul ‘Ulama tersebut dan dijadikan suatu wada atau nama yaitu Pagar Nusa.

Pagar Nusa sendiri didirikan pada tanggal 17 September 1985 yaitu tepatnya setahun setelah Nahdlatul ‘Ulama ikrar untuk kembli ke khitoh 26 nya. Sebagaimana layaknya sebuah organisasi kelahiran Pagar Nusa pun juga memiliki background ( latar belakang ) yang sangat kuat. Awalnya merupakan sebuah perhatian dan sekaligus keprihatinan atas surutnya dunia persilatan. Padahal seperti diketahui sebelumnya seni bela diri merupakan kebanggaan yang menyatu dengan kehidupan dan kegiatan pondok.

gambar trisula pagar nusa

Tanda – tanda surutnya dunia persilatan di Pondok Pesantren bisa dilihat dari hilangnya peran pondok pesantren sebagai padepokan silat. Untuk itulah maka diadakan musyawarah yang pertama yang diadakan di pondok pesantren Tebu Ireng Jombang yang kemudian dilanjutkan dengan pertemmuan yang kedua yaitu di pondok pesantren Lirboyo Kediri ( 3 januari 1985 ), Jadi IPS-NU Pagar Nusa awalnya bediri di pondok pesantren Tebu Ireng Jombang dan ditetapkan di pondok pesantren Lirboyo Kediri, sedang pencipta nama pagar nusa itu adalah KH.Mujib Ridwan.

Pagar Nusa di Unismsa sendiri pada mulanya meupakan salah satu kegiatan dari remaja masjid Unisma, yang pada waktu itu didirikan oleh seorang pendekar yang sekaligus seorang mahasiswa Unisma yaitu bapak Alif Khan Hamid, yang pada mulanya beranggotakan para anggota remaja masjid saja, hingga pada akhirnya mengalami suatu perkembangan yang cukup menggembirakan, Yang semula terbatas keanggotaan nya pada anggota remaja masjid saja hingga menjadi bersifat umum yaitu melipui para dosen dan karyawan Unisma.

Dikarenakan pada waktu itu anggota Pagar Nusa terdapat para dosen dan karyawan Unisma, maka untuk memberikan waktu latihan bagi para dosen dan karyawan tersebut maka dibentulah program khusus, yaitu program latihan yang dikhususkakn untuk para dosen dan karyawan Unisma. Setelah bejalan beberapa tahun dan bernyala dalam masyarakat, khususnya para mahasiswa dilingkungan Unisma begitu besar dan anggotanyapun dari tahun ke tahun semakin meningkat, maka atas usul dari anggota – anggota Pagar Nusa yang ada melalui wakil – wakinya yang dalam hal ini diwakili oleh saudara Samsul Gambar trisula pagar nusa melalui sama Unisma untuk menetapkan dan mengusulkan Pagar Nusa menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Unisma, dan ternyata mendapat sambutan yang positif dari pimpinan Unisma.

Maka resmilah Pagar Nusa menjadi salah satu unit kreativitas mahasisma di lingkungan Unisma pada tanggal 13 Oktober 1992, dan sebagaiketuanya adalah Samsul Hadi yang kemudian pada tahun – tahun berikutnya secara estafet terjadi pergantian kepemimpinan.

Dan dengan ditetapkan nya Pagar Nusa menjadi salah satu unit kreativitas mahasiswa Unisma maka yang semula hanya ada program program khusus ditambah dengan program umum keanggootaannya aseluruh mahasiswa Unisma dan masyarakat sekitarnya.

Dalam kurun waktu yang masih sangat muda bagi proses pengembangan sebuah organisasi ternyata Pagar Nusa dalam mencapai suatu prestasi yang cukup membanggakan, yaitu dengan berhasilnya menjadi juara 3 ( tiga ) putri pada kejuaraan daerah ( kejurda ) IPSI Pagar Nusa yang diadakan di pondok pesantren Lirboyo Kediri pada pertengan tahun 1994.

Untuk lebih meningkatkan prestasi maka Pagar Nusa Unisma terus berusaha maningkatkan pembinaan –pembinaan yang serius terhadap anggotanya, teruta,a pembinaan bagi atlet – atlet nya. Hal ini terbukti dengan ditunjukknya Pagar Nusa Unisma sebagai barometer perkembangan Pagar Nusa di Jawa Timur khususnya.

Untuk lebih mengenalkan Pagar Nusa kepada seluruh lapisan masyarakat, maka Pagar Nusa sendiri telah mengembangkan sayapnya yaitu dengan mendirikan Pagar Nusa di wilayah Gambar trisula pagar nusa, yang sekaligus merupakaan daerah binaan Pagar Nusa Unisma. Adapun Pagar Nnusa – Pagar Nusa tersebut adalah sebagai berikut : • Pagar Nusa Karang Ploso • Pagar Nusa Sendang Biru • Pagar Nusa SMU Wakhid Hasim • Pagar Nusa SMU Islam Sukun • Pagar Nusa ITN Malang Hal tersebut tentunya tidak kerja keras dari semua pihak, yang tentunya hal tersebut merupakan prestasi yang sangat gambar trisula pagar nusa dan perlu ditindak lanjuti agar prestasi yang selama ini telah dicapai oleh Pagar Nusa Unisma dapat ditingkatkan, minimalprestasi tersebut dapat dipertahankan.

VISI Menjadi wadah berhimpun dan beramal dari warga nahdliyyin yang memiliki bakat dan minat di bidang seni, olah raga dan bela diri pencak silat sehingga tercipta tatanan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, peduli terhadap keamanan, keselamatan, ketertiban dan persatuan bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ala NU.

MISI Menghimpun aliran-aliran dan perguruan-perguruan pencak silat yang ada di lingkungan Nahdlatul Ulama agar dapat melakukan: pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat dibidang kesehatan jasmani dan rohani, ke- amanan, keselamatan, ketertiban dan persatuan masyarakat. Mengupayakan sistem kebijakan publik yang berorientasi kepada kesehatan jasmani dan rohani, keamanan, keselamatan, ketertiban dan persatuan masyarakat. TUJUAN UKM Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Universitas Islam Malang bertujuan: • Menjadikan pencak silat sebagai salah satu unsur dakwah islamiyah, amar ma’ruf nahi mungkar dan meningkatkan ukhuwah islamiyah.

• Menjaga dan membentengi diri, agama, Nusa dan Bangsa. • Membina mental dan spiritual generasi muda agar tidak melanggar dan menyimpang dari ajaran agama Islam, Pancasila, UUD 1945 dan hukum yang berlaku di Indonesia. • Mengembangkan dan melestarikan pencak silat sebagai warisan gambar trisula pagar nusa bangsa Indonesia. • Mengharumkan nama baik Universitas Islam Malang dan Pagar Nusa.

TUTORIAL MEMBUAT DESAIN PAGAR NUSA DI ANDROID MENGGUNAKAN PIXLLEP




2022 www.videocon.com