Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

1. Pemanasan global di bumi akibat efek rumah kaca menyebabkan hal berikut ini, kecuali …. a. meningkatnya suhu di bumi b. naiknya permukaan air laut c. rusaknya lapisan ozon d. perubahan suhu bumi secara gobal e.

mencairnya gunung es di kutub 2. Salah satu usaha yang dapat dimulai untuk mengurangi pencemaran udara adalah …. a. mengurangi penggunaan minyak bumi b. tidak membuang limbah sembarangan c. memisahkan limbah organik dan anorganik d. mendaur ulang limbah atau barang bekas e.

mengurangi penggunanan barang yang terbuat dari plastik 3. Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah…. a. tidak akan berpengaruh apapun b. terganggunya biomassa pada piramida makanan c.

terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut d. adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi e. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut 4. Manfaat dari mendaur ulang suatu hal yang akan terjadi adalah bekas atau limbah adalah sebagai berikut, kecuali ….

a. mencegah pencemaran yang lebih parah dari limbah yang dihasilkan b. menghemat penggunaan sumber daya alam c. ikut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup d. mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan e. tingginya polusi yang dihasilkan dari daur ulang limbah tersebut sangat membahayakan 5. Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi ….

a. aliran energi b. proses biomagnifikasi c. aliran massa d. bioakumulasi e. daur biomassa 6. Pada ekosistem laut, daerah dengan komponen biotik tingkat produsen paling banyak adalah daerah.

a. afotik b. batial c. termoklin d. abisal e. fotik 7. Pada ekosistem yang merupakan detrivor adalah …. a. padi – ayam – ular – elang hal yang akan terjadi adalah. jagung – burung – elang – ular c.

rumput – kambing – harimau – bakteri d. bangkai – cacing – ayam – elang e. daun – belalang – burung – ular 8. jika suatu komunitas mendapat gangguan yang berakibat komunitas semula tidak tersisa lagi dan mulai jika salah satu komponen biotiknya terganggu kehidupan dengan individu perintis membentuk komunitas baru. Hal ini merupakan contoh dari. a. suksesi b. suksesi sekunder c. suksesi primer d. sosialisasi e. komunitasi 9. minyak bumi dan batu bara yang terdapat di perut bumi kita merupakan sumber daya alam yang terbentuk melalui siklus ….

a. air b. oksigen c. karbon d. nitrogen e. fosfor 10. Jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem hutan akan terganggu jika …. a. dilakukan pelestarian hutan b. serangga penyerbu berlimpah c. regenerasi biji berlangsung terus d. terjadi penebangan hutan e. pemangsa seimbang dengan yang dimangsa 11. Menurut niche-nya organisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara ke lingkungan abiotik adalah …. a. produsen dan detritivor b. detritivor dan dekomposer c.

produsen dan konsumen d. dekomposer dan produsen e. konsumen dan dekomposer 12. Penghilangan komponen konsumen I pada suatu ekosistem kolam akan menyebabkan… a. jumlah dekomposer makin banyak b. konsumen I darat menggantikan konsumen I kolam c. status konsumen III merangkap sebagai herbivor d. konsumen ll berubah fungsi menjadi konsumen I e. jumlah populasi produsen akan meledak 13. Faktor yang membedakan ekosistem air tawar lentik dan lotik adalah …. a. kandungan oksigen pada habitat lotik Iebih tinggi b.

pertukaran air tanah pada lotik Iebih kecil c. air tawar lotik terdapat pada sungai,selokan, dan kolam d. air tawar lotik tidak ada arus air e. air tawar lentik terdapat pada danau,kolam, dan sungai 14. Pada ekosistem laut yang dimaksud dengan komunitas nekton adalah organisme yang … A.

Hidup bebas berenang di laut B. Hidup melekat atau bergerak di dasar laut C. Hidup dipermukaan sebagai pelagic D. Hidup di daerah fotik E.

Hidup bergerak pasif mengikuti arus air. PEMBAHASAN: Pada ekosistem laut yang dimaksud dengan komunitas nekton adalah organisme yang hidup bebas berenang di laut, bergerak aktif, contoh aneka macam ikan, cumi, gurita.

15. Makhluk hidup serta faktor biotik yang terdapat di dalam sebuah lingkungan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Peryataan tersebut merupakan definisi dari istilah … a. Populasi b.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Ekosistem c. Bioma d. Populasi e. Genetika 16. Berikut ini yang merupakan peran dari bakteri dekomposer terhadap tanah adalah … a. Meningkatkan PH tanah b. Meningkatkan lubang / porositas tanah c. Menguraikan bahan-bahan organik d. Menambah kandungan bahan organik e. Menyusun senyawa-senyawa organik 17. Segolongan tumbuhan padi yang hidup pada sebidang sawah, jika didasarkan pada konsep ekologi maka termasuk ke dalam cakupan … a.

Komunitas b. Species c. Ekosistem d. individu e. populasi 18. Salah satu bentuk interaksi dalam ekosistem yang terjadi antar organisme yang dimana salah satu organisme mendapat keuntungan dan organisme lain dirugikan disebut …. a. Predasi b. Komensalisme c. Mutualisme d. Parasitisme e. Kompetisi Pembahasan: Salah satu bentuk interaksi dalam ekosistem yang salah satu organisme mendapat keuntungan dan organisme lain dirugikan adalah jenis interaksi parasitisme yang dirugikan adalah inang.

Jawaban: d 19. Jenis ekosistem terestrial yang memiliki iklim tropika, curah hujan sedikit, dan terdapat tumbuhan menahun yang berdaun seperti duri disebut …. a. Bioma tundra b.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Bioma taiga c. Bioma gurun d. Bioma padang rumput e. Bioma hutan basah Pembahasan: Jenis ekosistem terestrial yang memiliki iklim tropika, curah hujan sedikit, dan terdapat tumbuhan menahun yang berdaun seperti duri terdapat di daerah bioma gurun.

Jawaban: c 20. Salah satu penyebab terjadinya suksesi primer adalah …. a. Banjir b. Tanah longsor c. Kebakaran d. Penebangan e. Gunung meletus Pembahasan: Suksesi primer terjadi apabila komunitas asal terganggu atau berubah secara alami maupun buatan yang mengakibatkan kerusakan atau kehilangan komunitas asal secara total. Contohnya meletusnya gunung krakatau dan baru bisa kembali setelah 50 tahun.

Jawaban: e 4. Jika salah satu komponen biotik dalam suatu ekosistem terganggu, hal yang akan terjadi adalah. a. tidak akan berpengaruh apapun b. adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi c. terganggunya biomassa pada piramida makanan d. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut e.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut Jawaban E 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20 Setiap jenis makhluk hidup di dalam suatu ekosistem memiliki peran masing-masing.

Keanekaragaman makhluk hidup dalam suatu ekosistem membuat ekosistem tersebut berada dalam kondisi seimbang. Gangguan terhadap salah satu komponen abiotik penyusun ekosistem dapat menyebabkan terganggunya rantai makanan.

Rantai makanan atau biasa disebut Jaringan Makanan adalah suatu ekosistem makhluk hidup yaitu perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan dimana suatu organisme memakan satu sama lain untuk mendapatkan energi dan nutrisi dari organisme yang dimakan.
Di dalam suatu ekosistem, Jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah ….

A. tidak akan berpengaruh apa pun B. terganggunya biomassa pada piramida makanan C. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut D. adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut Pembahasan hal yang akan terjadi adalah Di dalam suatu ekosistem, Jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut.

Jawaban: C Contoh Soal Ekosistem dan Jawaban – Ekosistem merupakan suatu bagian dari alam semesta, dimana khususnya sistem ekologi terbentuk oleh hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi satu dengan yang lainnya. Simak juga materi : Ekosistem – Pengertian, Konsep, Ciri-Ciri, Pembagian dan Contohnya 1 – 10 Contoh Soal Ekosistem dan Jawaban 1.

Tokoh ekologi yang menggambarkan relung ekologi sebagai kedudukan fungsional suatu organisme jika salah satu komponen biotiknya terganggu komunitasnya adalah … A. Charles Darwin B. Louis Pasteur C. Charles Elton D. Lamark E. Ernzt Haeckel Jawaban : C Pembahasan : Charles Elton Sutherland adalah ahli biologi Inggris dan naturalis yang mendirikan prinsip-prinsip ekologi hewan modern. Studi hewan di lingkungan alam mereka membantu dia mengembangkan konsep rantai makanan, suksesi organisme, masing-masing tergantung pada berikutnya untuk makanan, dan niche ekologi, di mana setiap spesies menempati posisi yang unik dalam komunitas ekologi.

2. Yang merupakan penentu utama dalam pertumbuhan populasi adalah … A. Mortalitas dan potensi biotik B. Sebaran umum dan natalitas C. Natalitas dan densitas D. Densitas dan potensi biotik E. Natalitas dan mortalitas Jawaban: E Pembahasan: Karena diantara keempat karakteristik populasi yaitu, kepadatan (densitas), laju kelahiran (natalitas), laju kematian (mortalitas), potensi biotik, sebaran umur, dan pertumbuhan.

Natalitas dan mortalitas-lah yang merupakan penentu utama. 3. Hubungan yang terjadi seperti pada beruang yang memangsa ikan salmon sebagai makanannya disebut hubungan … A. Memangsa B. Predasi C. Komensalisme D. Netral E. Parasitisme Jawaban: B Pembahasan: Predasi adalah hubungan antara pemangsa (predator) dan mangsanya (Prey).

Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tidak dapat hidup. meskipun pemangsa untung yang dimangsa rugi namun tetap bukan hubngan parasitisme karena pada parasitisme keduanya dalam satu tubuh sedangkan predasi hubungan keduanya terpisah tubuhnya.

4. Diantara makhluk hidup berikut ini yang termasuk komponen detritivor adalah … A. Bakteri dan jamur B. Manusia C. Tumbuhan hijau D. Cacing tanah dan luing E. Ikan Jawaban: D Pembahasan: Detritivor merupakan organisme heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik padat (detritus) sebagai sumber makanan. Contohnya adalah cacing tanah, luing, dan sebagian anggota Echinodermata.

5.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah. Jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Disebut apakah interaksi tersebut… A.

Anabiosa B. Alelopati C. Interaksi antar komunitas D. Interaksi antar komponen biotik dan abiotik E. Intreaksi antar organisme Jawaban: B Pembahasan: Alelopai merupakan interaksi antara populasi, jika populasi yang satu menghasilkan zat hal yang akan terjadi adalah datap menghalangi tumbuhnya populasi lain.

Baca Juga : Soal Sistem Peredaran Darah 6. katak disimpan pada suhu 30oC dan dihitung jumlah denyut jantungnya, didapatkan 41 kali/menit.

Kalau katak tadi disimpan pada suhu 20ºC, maka jumlah denyut jantungnya akan… A. Tetap, karena katak adalah hewan berdarah dingin. B. Berkurang, karena kecepatan metabolismenya menurun. C. Berkurang, karena pada suhu rendah darahnya menjadi lebih pekat. D. Bertambah, karena diperlukan lebih banyak darah ke bagian kulit.

E. Bertambah, karena perubahan suhu merupakan rangsanagn bagi katak. Jawaban : C Pembahasan: Karena katak merupakan hewan berdarah dingin sehingga suhu tubuh akan berubah-ubah tergantung suhu lingkungan. 7. Dalam suatu ekositem kolam terdapat • (1) Ikan karnivora • (2) Bakteri pengurai • (3) Ikan herbivora • (4) Zat-zat organik • (5) fitiplankton Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan dengan susunan… A.

5 – 3 – 2 – 1 – 4 B. 3 – 4 – 5 – 1 – 2 C. 2 – 3 – 5 – 4 – 1 D. 4 – 5 – 1 – 2 – 3 E. 5 – 3 – 1 – 4 – 2 Jawaban: E Pembahasan: Urutan rantai makanannya adalah fitoplankton – ikan herbivora – ikan karnivora – zat-zat organik – bakteri pengurai.

8. Pengertian kepadatan populasi adalah… A. Jumlah individu sejenis dalam suatu luas daerah tertentu B. Jumlah individu sejenis dalam tempat dan waktu yang tidak terbatas C. Pertambahan populasi setiap tahunnya D. Pertumbuhan suatu populasi di suatu tempat Jawaban: A Pembahasan : Kepadatan populasi adalah hubungan antara jumlah penduduk per satuan luas atau volume ruang yang ditempati pada waktu tertentu. Ada dua hal yang memengaruhi perubahan kepadatan populasi suatu organisme pada suatu daerah/tempat, yaitu: 1).

Adanya individu yang datang, yaitu individu yang lahir atau datang dari tempat lain. 2). Adanya individu yang pergi, yaitu individu yang ada mengalami kematian atau pergi ke tempat lain. 9. Pasangan organisme dan taraf trofik berikut yang TIDAK tepat adalah… A. sianobakteria – konsumen 1 B. belalang – konsumen primer C. fitoplankton – produsen D. elang – konsumen tersier E. fungi – dekomposer Jawaban: A Pembahasan: Dekomposer merupakan mikroba primer seperti bakteri dan jamur (fungi).

Detritivor merupakan pemakan zat organik seperti cacing, nematoda, serangga dan udang. Dekomposer dan detritivor mendapat makanan dari memecah zat oraganik dari sisa – sisa bahan organik dan organik yang sudah mati. 10. Pernyataan yang tepat untuk daur nitrogen berikut ini (1) I mewakili nitritasi (2) II melibatkan bakteri Nitrobakter (3) IV mewakili denitrifikasi (4) VI dilakukan oleh dekomposer Jawaban: E Pembahasan: Nitrogen yang diikat biasanya dalam bentuk amonia (NH3).

Amonia dihasilkan dari penguraian jaringan yang mati oleh dekomposer. Amonia ini akan mengalami nitritasi oleh bakteri nitrit, yaitu Nitrosomonas dan Nitrococcus. Lalu dibantu lagi oleh nitrobacter sehingga dapat menghasilkan nitrat yang jika salah satu komponen biotiknya terganggu diserap oleh akar tumbuhan.

Selanjutnya, oleh bakteri denitrifikan, nitrat diubah menjadi nitrogen untuk dikembalikan ke udara melalui Denitrifikasi. 11 – 20 Soal Ekosistem dan Jawaban 11. Berikut adalah beberapa bakteri yang dapat mengikat nitrogen baik secara langsung ataupun tidak, kecuali… A. Marsillea crenata B. Azotobacter sp. C. Nostoc sp.

D. Anabaena sp. E. Xanthomonas Jawaban: E Pembahasan: Marsillea crenata merupakan bakteri yang dapat menambatkan nitrogen yang terdapat pada akar tumbuhan polong – polongan. Azotobacter sp. yakni bakteri yang berada didalam tanah yang dapat mengikat nitrogen secara langsung dan bersifat aeroB.

Nostoc sp.dan Anabaena sp. Juga mampu mengikat nitrogen. Sedangkan Xanthomonas adalah bakteri yang menyerang pucuk tanaman padi 12.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Komponen ekosistem ini memungkinkan daur materi dapat berlangsung. Setiap proses penguraian yang dilakukannya bisa mengakibatkan berbagai perubahan baik secara kimia maupun fisika. Salah satunya keberadaan komponen ekosistem ini memperlancar daur fosfor dan daur nitrogen.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Berdasarkan uraian di atas komponen ekosistem yang dimaksud adalah …. Jawaban: Pembahasan: Jasad renik (dekomposer) merupakan komponen ekosistem yang berperan dalam adanya daur materi. Dekomposer berfungsi sebagai pengurai bahan – bahan organik menjadi bahan – bahan yang anorganik sehingga dapat masuk kedalam daur materi. Dan di dalam daur nitrogen dan daur fosfor dekomposer dilibatkan 13.

Organisme yang dapat berfungsi sebagai produsen dalam suatu ekosistem air tawar adalah… (1) Larva serangga dan larva crustaceae (2) Alga hijau, alga biru dan diatome (3) Bakteri pengurai (4) Tumbuhan akuatik Jawaban: C Pembahasan: Produsen adalah organisme penghasil senyawa organik dari zat – zat anorganik. Yang berperan sebagai produsen adalah tumbuhan berhijau daun yang mampu berfotosintesis. Dalam ekosistem air tawar yang berfungsi sebagai produsen adalah alga, termasuk alga biru (Cyanophyta), alga hijau (Chlorophyta), diatome dan jenis alga lain, karena semua alga dapat berfotosintesis.

Selain itu tanaman akuatik juga bisa berperan sebagai produsen. 14. Organisme yang hidup di dalam ekosistem perairan dapat berupa • (1) Plankton • (2) Neuston • (3) Perifiton • (4) Bentos Jawaban : E Pembahasan: Plankton : organisme yang melayang-layang pasif mengikuti arus air Neuston : organisme yang melayang – layang aktif.

Perifiton : organisme yang hidup menempel pada benda-benda yang menjuklang di dalam air Bentos : organisme yang hidupnya menempel di dasar air. 15. Piramid ekologi yang tidak pernah ditemukan dalam keadaan terbalik adalah… A. Piramida jumlah B. Piramida biomassa C. Piramida energi D. Piramida trofika E. Piramida bioenergetika Jawaban: C Pembahasan : karena kedua piramida lainnya yaitu piramida jumlah dan piramida biomassa, keduanya terbalik. Baca Juga : Soal Materi Genetik 16.

Di suatu padang rumput, terdapat sekumpulan sapi, rumput, pohon jambu, semut, dan seorang penggembala. Sekumpulan sapi di padang rumput tersebut merupakan …. A. spesies B. populasi C. komunitas D. ekosistem E. biosfer Jawaban : B Pembahasan : Penggembala sekumpulan sapi = individu Sekumpulan sapi = populasi 17. Ekosistem dikatakan seimbang dan dinamis jika …. A. tidak terjadi persaingan antarindividu di dalamnya B.

jumlah produsen tidak melimpah C. jumlah konsumen melimpah D. jika salah satu komponen biotiknya terganggu pengurai seimbang dengan produsen E. jumlah semua komponen ekosistem sesuai dengan fungsi masing-masing Jawaban : E Pembahasan : Ekosistem yang dikatakan seimbang adalah apabila semua komponen baik biotik maupun abiotik berada pada porsi yang seharusnya baik jumlah maupun peranannya dalam lingkungan. Dalam ekosistem terjadi peristiwa makan memakan yang kita sebut dengan istilah hal yang akan terjadi adalah makanan.

Idealnya dalam sebuah rantai makanan jumlah masing-masing anggotanya harus sesuai dengan aturan ekosistem. Dalam suatu ekosistem harus ada keseimbangan antara produsen dan konsumen. Kehidupan dapat tetap berlangsung jika jumlah produsen lebih besar dari konsumen tingkat I. Konsumen tingkat I lebih banyak dari konsumen tingkat II dan seterusnya. 18. Yang dimaksud dengan suksesi adalah …. A. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama B.

proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar C. proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit D. proses perubahan yang melibatkan semua komponen E. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur Jawaban : E Pembahasan : Suksesi adalah proses perubahan ekosistem dalam kurun waktu tertentu menuju ke arah lingkungan yang lebih teratur dan stabil. Suksesi terjadi sebagai akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem.

Proses suksesi berakhir dengan sebuah komunitas atau telah tercapai keadaan seimbang (homeostatis). 19. Suksesi primer terjadi jika ….

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

A. komunitas asal terbentuk tanpa adanya perubahan B. komunitas asal hilang karena perubahan alam yang alami C. komunitas asal terganggu karena ulah manusia D. komunitas asal tidak ada perubahan apa-apa E. komunitas asal terganggu hewan predator Jawaban : B Pembahasan : Suksesi primer dapat terjadi jika komunitas asal merasa terganggu yang mengakibatkan komunitas sal hilang secara total sehinnga terbentuk komunitas baru.

gangguan yang dapat menyebabkan suksesi primer dapat terjadi secara alami maupun buatan. 20. Berikut yang termasuk polusi udara adalah …. A.

asap dari kebakaran hutan B. naiknya suhu bumi C. blooming alga D. suara bising di pabrik-pabrik E. konsentrasi DDT dalam sayuran Jawaban : A Pembahasan : Berikut yang termasuk polusi udara : Ozon.

Jenis ini merupakan komponen utama dari kabut asap. Materi Partikulat. Lebih dikenal sebagai polusi partikel, yang termasuk di dalamnya bahan kimia organik, logam, dan partikel tanah atau debu.

Nitrogen Dioksida (NO2) Karbon Monoksida (CO) Gas Sulfur Dioksida Timbal. 21 – 35 Contoh Soal Ekosistem dan Jawaban 21. Di antara tingkatan tropik berikut yang bebas dari pemangsa adalah …. A. produsen B. konsumen pertama C. konsumen kedua D. predator puncak E. herbivora Jawaban : D Pembahasan : Predator merupakan Puncak Alasannya : Predator merupakan tingakatan trofik yang paling bebas dan paling puncak 22.

Berikut ini merupakan ciri-ciri berbagai bioma: (1) Curah hujan tinggi (2) Curah hujan rendah (3) Jenis tumbuhan heterogen (4) Tumbuhan kelas epifit (5) Matahari bersinar sepanjang tahun (6) Porositas dan drainase kurang baik Ciri bioma hutan hujan tropis adalah …. A. 1, 2, 3, dan 5 B. 1, 3, 4, dan 5 C. 2, 3, 4, dan 5 D. 2, 3, 5, dan 6 E. 3, 4, 5, dan 6 Jawaban : B Pembahasan Berikut ini jika salah satu komponen biotiknya terganggu ciri-ciri berbagai bioma: (1) Curah hujan tinggi (2) Curah hujan rendah (3) Jenis tumbuhan heterogen (4) Tumbuhan kelas epifit (5) Matahari bersinar sepanjang tahun (6) Porositas dan drainase kurang baik Ciri bioma hutan hujan tropis adalah 1, 3, 4, dan 5 23.

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Proses perubahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lain disebut .… A. daur materi B. daur air C. aliran energi D. daur biogeokimia E. efektivitas Jawaban : C Pembahasan : Aliran energi adalah proses perubahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lain.

Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi (karnivora), sampai ke saproba. 24. Di dalam satu populasi terdapat banyak …. A. genetik B. ekosistem C. habitat D. spesies E. individu Jawaban : E Pembahasan Populasi adalah sekelompok individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.

Jawabannya individu 25. Perhatikan piramida ekologi berikut. Jika populasi tingkat II punah, akan mengakibatkan populasi tingkat …. A. III meningkat, I turun, IV meningkat B. III turun, I turun, IV turun C. III turun, I meningkat, IV turun D. III turun, I meningkat, IV meningkat E. III meningkat, I meningkat, IV turun Jawaban : C Pembahasan : Jika populasi tingkat kedua punah yaitu tikus telah punah, maka akan menyebabkan beberapa kemungkinan • 1) Populasi tingkat pertama yaitu produsen yaitu akan meningkat karena tidak ada yang menjadi predatornya • 2) Populasi tingkat trofi ketiga berupa ular akan berkurang karena tidak ada mangsanya • 3) Di dalam suatu ekosistem tingkat keempat berupa elang akan berkurang 26.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Berikut ini yang bukan merupakan komponen abiotik adalah …. A. air B. suhu C. cahaya D. rerumputan E. tanah Jawaban : D Pembahasan : Jika salah satu komponen biotiknya terganggu bukan komponen abiotik : c. tumbuhan karena termasuk makhluk hidup 27.

Di dalam ekosistem terdapat (1) Populasi (2) Individu (3) Ekosistem (4) Komunitas Urutan satuan organisasi dalam suatu ekosistem dari yang sederhana sampai yang kompleks adalah …. A. 4 – 1 – 3 – 2 B. 2 – 1 – 4 – 3 C. 1 – 2 – 3 – 4 D. 3 – 1 – 4 – 2 E. 4 – di dalam suatu ekosistem – 3 – 1 Jawaban : B Pembahasan : Organisasi yang paling kompleks yaitu ekosistem karena ekosistem tidak hanya melibatkan interaksi dengan sesama makhluk hidup seperti komunitas, melainkan juga interaksi antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya (komponen abiotik).

Sementara yang paling sederhana yaitu individu. Kumpulan individu disebut populasi. 28. Bencana alam merupakan penyebab utama terjadinya …. A. kerusakan piramida makanan B. kerusakan ekosistem C.

suksesi sekunder D. suksesi primer E. kerusakan habitat Jawaban : D Pembahasan : Suksesi primer adalah perubahan dalam vegetasi yang terjadi di medan yang sebelumnya tidak ada vegetasi Contoh yang baik dari suksesi primer adalah penghindaran tanah yang seluruhnya terbuat dari lava yang mengeras setelah letusan gunung berapi.

kerusakan alam karena terjadinya faktor-faktor alam 29. Pada daur air, terjadi proses penguapan air dari danau atau sungai dan berkumpul di udara.

Proses ini disebut …. A. transpirasi B. asimilasi C. evaporasi D. gutasi E. respirasi Jawaban : C Pembahasan : 1) evaporasi (Penguapan) 2) presipitasi (pengendapan)/berkumpulnya 3) kondensasi (pengembunan)/menjadi titik air 30. Pada efek rumah kaca, CO2 dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan. Hal yang menyebabkan CO2 dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer adalah …. A. CO2 dapat berikatan dengan oksigen bebas di udara B.

karena pencemaran udara yang tinggi C. karena CO2 yang lebih ringan dari gas lain di udara D. tingginya radiasi ultraviolet di atmosfer E.

CO2 mudah berikatan di udara dengan gas lainnya Jawaban : C Pembahasan : Pada efek rumah kaca CO₂ dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan hal yang menyebabkan CO₂ dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer adalah karena gas CO₂ yang lebih ringan dari udara. Gas CO₂ yang dihasilkan oleh aktivitas di bumi cenderung naik ke atmosfer, pada ketinggian tertentu akan berkumpul sehingga akan menghalangi keluarnya panas dari bumi.

Panas dari matahari masih dapat masuk ke bumi namun tidak dapat dikeluarkan dari bumu, sehingga suhu di bumi akan terus naik setiap tahunnya. 31. Pemanasan global di bumi akibat efek rumah kaca menyebabkan hal berikut ini, kecuali …. A. meningkatnya suhu di bumi B. naiknya permukaan air laut C. rusaknya lapisan ozon D. perubahan suhu bumi secara gobal E. mencairnya gunung es di kutub Jawaban : D Pembahasan : Efek rumah kaca adalah suatu kondisi suhu bumi yang terus meningkat akibat pemantulan kembali oleh lapisan CO₂ di atmosfer.

Efek rumah kaca ini akan menyebabkan pemanasan global ( global warming) di seluruh bagian bumi. 32. Salah satu usaha yang dapat dimulai untuk mengurangi pencemaran udara adalah ….

A. mengurangi penggunaan minyak bumi B. tidak membuang limbah sembarangan C. memisahkan limbah organik dan anorganik D. mendaur ulang limbah atau barang bekas E. mengurangi penggunanan barang yang terbuat dari plastic Jawaban : A Pembahasan : Dampak pemanasan global antara lain: 1) Mencairnya es di kutub. Kenaikan temperatur dari tahun ke tahun menyebabkan es di kutub mencair yang sangat berefek besar pada ekosistem. 2) Meningkatnya level permukaan laut.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

Mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan berdampak langsung pada naiknya level permukaan air laut. Apabila seluruh Greenland mencair dimungkinkan cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia. 3) Perubahan iklim yang makin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain.

Topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan makin lama makin kuat. 4) Gelombang panas yang makin meningkat. Pemanasan global mengakibatkan gelombang panas menjadi makin sering terjadi dan makin kuat. Gelombang panas ini juga menyebabkan kekeringan parah dan kegagalan panen merata. 5) Habisnya gletser sebagai sumber air bersih. Mencairnya gletser-gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih dan pada jangka panjang akan turut menyumbang peningkatan level air laut dunia.

33. Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah …. A. tidak akan berpengaruh apapun B. terganggunya biomassa pada piramida makanan C. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut D. adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut Jawaban : C Pembahasan : C. terganggunya rantai makanan yang di dalam suatu ekosistem di ekosistem tersebut Dalam suatu ekosistem, apabila salah satu komponen biotiknya terganggu, maka peristiwa yang terjadi adalah terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan abiotik.

Di antara komponen-komponen tersebut saling mempengaruhi sehingga terjadi interaksi antarsesama komponen biotik dan antara komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah makhluk hidupnya itu sendiri, sedangkan komponen abiotik adalah benda mati yang memengaruhi kehidupan makluk hidup.

Komponen abiotik antara lain tanah, air, udara, suhu, cahaya matahari, dan iklim Jika komponen biotik terganggu, maka menjadikan rantai makanan dalam ekosisitem tersebut akan terganggu.

di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah

34. Manfaat dari mendaur ulang suatu barang bekas atau limbah adalah sebagai berikut, kecuali …. A. mencegah pencemaran yang lebih parah dari limbah yang dihasilkan B. menghemat penggunaan sumber daya alam C. ikut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup D.

mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan E. tingginya polusi yang dihasilkan dari daur ulang limbah tersebut sangat membahayakan Jawaban : A Pembahasan : Manfaat dari mendaur ulang : 1) Menghemat energi Memproduksi kembali barang baru dengan bahan baku yang berasal dari produk daur ulang dapat menghemat banyak energi yang digunakan dalam proses produksi. Hal ini berbeda dengan produk baru yang benar-benar dibuat pertama kali dari bahan baru, jumlah energi yang digunakan jauh lebih tinggi.

2) Mengurangi polusi Melakukan daur ulang dapat membantu mencegah pemanasan global. Dengan mengurangi energi untuk produksi industry berarti mengurangi emisi gas rumah kaca. Bahan bakar seperti batubara, diesel, dan solar yang digunakan industri memancarkan gas berbahaya seperti karbondioksida, sulfur dioksida, dan metana ke udara.

Pengolahan bahan mentah menimbulkan bahan beracun yang dapat mencemari lingkungan. Dengan demikian mengurangi energi yang digunakan berarti mengurangi polusi yang ditimbulkan oleh bahan bakar yang digunakan. 3) Menghemat SDA Daur ulang yang memanfaatkan bahan lama untuk memperbaharuinya membantu dalam menghemat sumber daya alam. Sebagai contoh, kertas bekas yang didaur ulang dapat menghemat penebangan pohon sebagai bahan dasar pembuatan kertas.

4) Ekonomis Sama halnya dengan menghemat energi dan sumber daya alam, daur ulang juga dapat membantu mengurangi biaya produksi. Biaya yang seharusnya digunakan untuk membeli bahan baru, transportasi dari tempat asal sampai tempat produksi, pengolahan dan manufaktur dapat dikurangi. Hal ini dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi maupun daerah.

5) Menghemat uang Sebagian besar limbah yang dapat didaur ulang tidak dapat dipakai menumpuk menjadi satu dengan limbah yang tidak dapat hal yang akan terjadi adalah ulang. Gabungan limbah tersebut membuat tempat pembuangan menjadi menumpuk dan penuh. Daur ulang memungkinkan penghematan ruang pembuangan untuk tempat limbah yang lainnya. 35. Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi ….

A. aliran energi B. proses biomagnifikasi C. aliran massa D. bioakumulasi E. daur biomassa Jawaban : A Pembahasan : Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi aliran energi. Berpindahnya energi daru satu organisme ke organisme lainnya disebut dengan aliran energi. Contoh aliran energi dapat kita amati dalam rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer, ke konsumen tingkat tinggi, sampai ke saproba, aliran energi juga dapat diartikan perpindahan energi dari satu tingkatan trofik ke tingkatan berikutnya.

Aliran energi sebenarnya bermula dari energi cahaya dari matahari yang energi ini digunakan untuk membentuk energi kimia oleh makhluk autotrof seperti tumbuhan, alga, fitoplankton, Cynobacteria, dan lain-lain.

Selanjutnya, mengalir lagi ke konsumen primer hingga ke konsumen sekunder dan berakhir di konsumen puncak Untuk memudahkan kamu membaca soal ekosistem ini ataupun disimpan secara offline dapat kamu unduh melalui link yang tersedia dibawah ini : Google Drive - Zippyshare Sudah selesai membaca dan berlatih soal ini ? Ayo lihat dulu Daftar Soal Biologilainnya Semua manusia itu pintar.

Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar. pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi. Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi. baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar.

Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.
Komponen biotik adalah semua makhluk hidup yang ada di lingkungan.

Komponen-komponen biotik jika salah satu komponen biotiknya terganggu, manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. Komponen biotik tersebut saling berinteraksi dan membentuk rantai makanan.

Rantai makanan adalah proses perpindahan energi melalui peristiwa makan dan hal yang akan terjadi adalah. Apabila ada satu komponen biotik yang terganggu, maka dapat mengganggu rantai makanan yang terdapat pada ekosistem tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
★ SMA Kelas 10 / Ekosistem - Biologi SMA Kelas 10 Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah …. A. tidak akan berpengaruh apapun B. terganggunya biomassa pada piramida makanan C. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut D.

adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Seni Budaya SMA Kelas 11 Tangga nada yang di awali dan di akhiri dengan nada yang sama disebut dengan … A.

birama B. oktaf C. interval D. ketukan E. melodi Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: • Seni Budaya Tema 8 Subtema 3 SD Kelas 6 • Ulangan Sosiologi SMA Kelas 11 • Sistem Gerak Manusia - Biologi SMP Kelas 8 • Seni Budaya Tema 8 SD Kelas 5 • Sistem Persamaan Linear Dua Variabel - Matematika SMP Kelas 8 • PAI Semester 2 Genap SMA Kelas 10 • Penjaskes PJOK Bab 1-10 SMP Kelas 9 • Ulangan Bahasa Jawa SD Kelas 2 • PTS 1 Ganjil Matematika SMP Kelas 8 • Penjas PJOK SMA Kelas 11 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •Terjadinya ketidakseimbangan pada ekositem. misalnya,komponen biotik suatu ekosistem yaitu rumput,habis terbakar pembakaran hutan. belalang yang biasanya makan rumput,jadi kehabisan makanan,sehingga menyebabkannya mati.

hewan pemakan belalang,juga mati karena,belalang tidak ada. begitu sampai keujung,sehingga menyebabkan banyak hewan yang punah,dan keseimbangan ekosistem terganggu.

SATUAN - SATUAN DAN KOMPONEN DALAM EKOSISTEM




2022 www.videocon.com