Pisang raja nangka

pisang raja nangka

SIGERMEDIA.COM – 6 Jenis Pisang Raja, Ketahui Apa Saja. Pisang raja adalah pisang lokal yang mempunyai nilai jual tinggi pisang raja nangka rasa yang khas, bisa dibandingkan dengan harga pisang jenis lainnya.

Tentu nilai jual pisang raja lebih tinggi. Baca Juga : Anjuran Makan Buah Pisang Sebaiknya Seberapa Banyak? Simak Ulasannya Table of Contents • Jenis Jenis Pisang Raja • 1. Pisang Raja Bulu • 2. Pisang Raja Sereh • 3. Pisang Raja Uli • 4. Pisang Raja Nangka • 5. Pisang Raja Udang • 6. Pisang Raja Wale Jenis Jenis Pisang Raja Buah Pisang memang terkenal akan segudang khasiat manfaat, dan pisang juga ternyata memiliki beragam jenis termasuk salah satunya pisang raja yang juga masih memiliki banyak sekali jenisnya, nah berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Ragam Jenis Pisang Kepok 1. Pisang Raja Bulu Pisang jenis ini adalah buah pisang yang kulitnya tebal, warna kulitnya ketika sudah matang atau masak akan menguning dengan adanya bintik bintik coklat. Pisang Raja Bulu Ketika membuka kulit pisang raja bulu, buahnya akan dapat dikenali dengan warnanya yang kuning kemerah merahan dengan bau harum khas. Bentuknya juga melengkung, sedangkan pakal buahnya agak membulat. Baca Juga : Ini Dia Perbedaan Jenis Pisang Kepok Kuning dan Putih 2.

Pisang Raja Sereh Kulit dari pisang raja sereh ini tidak seperti kulit pisang raja bulu yang tebal, tetapi kulit pisang ini tipis. Warna kulit buah pisang raja sereh ini kuning kecoklatan, tetapi ketika sudah masak atau matang akan terlihat adanya bintik bintik coklat gelap.

Ukuran buahnya tidak sebesar pisang raja bulu. Pisang Raja Sereh Pisang jenis ini termasuk jenis pisang yang langsung bisa di santap ketika sudah matang dan paling pas dimakan setalah sarapan.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Pisang Kepok Bagi Ibu Hamil 3. Pisang Raja Uli Pisang jenis ini enaknya disantap setelah di olah, baik itu digoreng ataupun dijadikan pisang rebus. Bentuk buahnya membulat serta memanjang, yang mana ujungnya meruncing serta berwarna hijau pada ujung runcingnya. Sedangkan kulitnya berwarna kuning kemerahan. Baca Juga : 10 Khasiat Manfaat Pisang Merah 4.

Pisang Raja Nangka Bagi kamu yang ingin membuat keripik pisang, bisa gunakan pisang jenis ini. Pisang raja nangka merupakan pisang jenis olahan, rasanya sedikit asam setelah digoreng. Baca Juga : Daftar Resep Olahan Pisang Muli 5. Pisang Raja Udang Pisang jenis ini sangatlah mudah untuk dikenali, sebab jenis pisang yang satu ini warna kulit buahnya lain dari pada yang lainya. Kulit buah pisang raja udang tersebut berwarna merah atau keunguan.

Baca Juga : Ini Perbedaan Pisang Muli dan Pisang Mas Kirana 6. Pisang Raja Wale Jenis pisang ini memiliki ukuran yang cukup besar, untuk satu buah pisang bisa mencapai panjang 30 cm dan banyak dibudidayakan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Harga Pisang Raja Nangka terbaru – Jika Anda ingin membeli Pisang Raja Nangka namun masih bingung dengan harga yang ditawarkan, berikut ini adalah daftar harga Pisang Raja Nangka murah terbaru yang bersumber dari beberapa toko online Indonesia.

Anda bisa mencari produk ini di Toko Online yang mungkin jual Pisang Raja Nangka. Nama Produk Gambar Harga Pisang Raja Buluh 1 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 35.000 Nangka Kupas 500 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 40.000 Buah Pisang Tanduk Fresh 1 Pcs [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 2.490 Pisang Sunpride 1 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 270.000 Pisang Cavendish Sunpride [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 330.000 Pisang [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 35.000 Pisang Sunpride Cavendish [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 20.000 Buah Pisang [ Lihat Gambar Lebih Besar Pisang raja nangka Rp 30.000 Pisang Sunpride Manis 1 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 35.000 Pisang Sunpride [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 225.000 Buah Pisang Segar Cavendish Sunpride - [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 14.562 Pisang Ambon [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 41.500 Pisang [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 27.000 Buah Pisang Frui Sunpride Manis Enak [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 9.000 Pisang Raja Bulu Kuning Manis [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 30.000 Pisang [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 24.900 Pisang Cavendish Manis Dan [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 36.500 Pisang Mas [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 35.000 Pisang Lampung Manis 1 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 23.000 Pisang Kepok Merah Buah [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 31.200 Pisang [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 25.000 Salak Pondoh [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 15.000 Pisang Sunpride [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 35.000 Buah Pisang Tanduk Bagja 1 [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 15.000 Pisang Pisang raja nangka 1 Sisir [ Lihat Gambar Lebih Besar Gan] Rp 8.700 Ingin mencari harga Pisang Raja Nangka dengan banyak varian harga dari beragam penjual?

Anda bisa mencarinya di situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau situs yang sejenis. Karena di sana Anda dapat menemukan para penjual Pisang Raja Nangka dengan bebas menawarkan produk Pisang Raja Nangka sebanyak mungkin dengan varian yang juga banyak. Namun beberapa situs e-commerce yang menjual Pisang Raja Nangka seperti Elevenia, Lazada, Mataharimall,alfacart dll dan situs e-commerce lain juga patut diperhitungkan. Sebelum membelinya, Yuk baca Tips Belanja Online Pisang Raja Nangka Harga Pisang Raja Nangka Hari Ini Agar tidak bingung, berikut Hargano paparkan daftar beberapa sumber sekaligus yang akan memudahkan Anda mendapatkan Pisang Raja Nangka yang bagus dengan harga terbaik tanpa harus membandingkan harga Pisang Raja Nangka dari puluhan penjual di ssitus ternama satu per satu.

Ada pula fitur perbandingan harga yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga Pisang Raja Nangka terbaik pilihan Anda yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Katalog harga Pisang Raja Nangka terbaru di atas merupakan harga sementara pisang raja nangka sewaktu waktu bisa berubah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Pisang Raja Nangka pisang raja nangka yang berkualitas dan juga diskon yang ditawarkan atau gambar Pisang Raja Nangka lebih banyak silahkan mengunjungi website sumber.

Itulah daftar harga Pisang Raja Nangka lengkap paling update. Hati-hati dalam membeli Pisang Raja Nangka di berbagai toko. Bagi Anda yang menghargai copyright dan suka dengan produk yang asli bisa membeli Pisang Raja Nangka original dengan harga yang agak mahal. Namun bagi yang belum mempunyai budget atau anggaran memadai Anda bisa membeli produk Pisang Raja Nangka kw yang memiliki kualitas hampir sama dengan Pisang Raja Nangka ori. Anda dapat juga membeli Pisang Raja Nangka terbaik dan teliti dalam memilih Pisang Raja Nangka asli / palsu.

Namun guna mendapatkan barang berkualitas tanpa takut tertipu, Anda bisa menerapkan beberapa tips berbelanja online Pisang Raja Nangka paling bagus yang aman dan tepat. Beberapa tips berbelanja online berikut bisa Anda gunakan saat ingin berbelanja Pisang Raja Nangka secara online dengan aman atau ketika Anda pertama kali berbelanja online. Kini, hanya dengan smartphone, laptop atau komputer Anda bisa membeli Pisang Raja Nangka melalui toko online yang sudah banyak di Indonesia seperti Lazada, Bhinneka, Blibli, Tokopedia, Dinomarket, Bukalapak atau toko online terpercaya lainnya.

Kemudahan belanja online tentu membawa dampak positif dan negatif yang perlu diketahui. Beberapa dampak positif belanja online diantaranya Anda tidak harus keluar rumah jadi lebih efisien waktu dan tenaga, Pisang Raja Nangka yang dijual pun bervariatif, serta harganya lebih murah dari harga yang ditawarkan di toko-toko.

Sedangkan dampak negatif berbelanja online diantaranya ongkos kirim yang harus Anda tanggung dari beberapa penjual online dan resiko barang rusak atau cacat. Namun Anda bisa meminta penjual melakukan packing Pisang Raja Nangka lebih rapi dan kuat jika perlu dilengkapi pisang raja nangka. Anda harus berhati-hati karena Pisang Raja Nangka yang dipajang di web biasanya akan terlihat berbeda dari aslinya, jadi jangan tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab.

Tips Belanja Online Pisang Raja Nangka Dikutip dari berbagai sumber, pisang raja nangka beberapa tips berbelanja online yang aman saat melakukan belanja online untuk membeli Pisang Raja Nangka di berbagai situs toko online dan marketplace di Indonesia guna mengurangi dampak negatif berbelanja online: Tidak Perlu Tergesa – gesa Jangan tergiur dan langsung beli dengan harga Pisang Raja Nangka yang ditampilkan sangat murah.

Telitilah mulai dari foto Pisang Raja Nangka, deskripsi, penjual yang akan dijabarkan dibawah ini. Sebelum Berbelanja, Baca Kebijakan Toko Online Tersebut Seringkali kita mengabaikan hal ini. Padahal membaca kebijakan toko online tersebut itu perlu agar kita tahu apa saja informasi penting dalam kebijakan tersebut terutama dalam pengembalian Pisang Raja Nangka apabila tidak sesuai. Karena pada toko online kita tidak bisa melihat Pisang Raja Nangka secara langsung. Lebih disarankan Toko Online dengan awalan url “Https” daripada “Http” Sebagian orang belum tahu bahwa faktor alamat website sangat penting.

Karena alamat website dengan awalan https memiliki keamanan dan kevalidan lebih bagus daripada website yang hanya menggunakan http. Karena saat ingin melakukan transaksi untuk membeli Pisang Raja Nangka dan Anda diharuskan melakukan pengisian data pribadi, nomer rekening atau kartu kredit maka lewat situs yang mempunyai Https, informasi Anda akan dienkripsi dan data masukan akan aman. seperti di website Kami yang menggunakan https://hargano.com atau toko online terpercaya https://bukalapak.comhttps://tokopedia.com Bandingkan Harga Pisang Raja Nangka dari Berbagai Situs Saat ini Anda bisa mengunjungi situs pembanding harga seperti hargano.com yang dapat membantu Anda mendapatkan harga Pisang Raja Nangka terbaik.

Sehingga Anda tak perlu lagi cek pisang raja nangka Pisang Raja Nangka di semua toko online satu per satu. Di zaman ini, barang dijual online sangat banyak sekali dengan beragam harga yang ditawarkan.

pisang raja nangka

Oleh karenanya tips ini penting bagi Anda untuk mendapatkan Pisang Raja Nangka yang sesuai dengan kebutuhan Anda tentu dengan harga lebih murah. Cari Tahu Reputasi Penjual Cek kontak penjual produk Pisang Raja Nangka apakah memiliki nomor dan lokasi yang valid atau tidak. Baca setiap review yang diberikan konsumen kepada penjual tersebut. Bila perlu, cek juga penjual tersebut ramah dan fast respon atau tidak.

Baca Deskripsi Produk dengan Teliti Sebelum membeli, cek kondisi Pisang Raja Nangka pada bagian deskripsi yang ditampilkan. Pastikan apakah kondisi Pisang Raja Nangka adalah barang baru atau sudah memiliki minus. Cari Penjual Yang Lokasinya Dekat Dengan mengetahui lokasi penjual Pisang Raja Nangka Anda bisa mendapatkannya lebih cepat. Hal ini meminimalisir Pisang Raja Nangka yang lebih lama sampainya atau resiko rusak yang tinggi serta ongkos kirim yang mahal.

Carilah Penjual yang Memberi Garansi Pisang Raja Nangka Penjual Pisang Raja Nangka yang sudah memiliki reputasi bagus dan menjual banyak barang belum tentu akan memberikan pelayanan yang baik juga seperti fast respon dan bergaransi. Konfirmasi apakah penjual bisa memberikan garansi Pisang Raja Nangka atau tidak. Selain garansi internasional dan garansi resmi, ada barang yang bergaransi personal artinya jika terdapat kerusakan maka penjual yang bertanggung jawab.

Packing yang Kuat, Safety dan Asuransi Hal ini penting dilakukan apalagi jikalau barang pesanan Anda bernilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Dengan packing yang benar tidak asal asalan + buble wrap dan asuransi, barang Anda akan aman tidak rusak saat dikirimkan hingga sampai tangan.

Dan jika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi maka Anda bisa tenang karena sudah ada jaminan Asuransi dan juga garansi penjual. Pilih Metode Pembayaran yang Aman Kemudahan berbelanja Pisang Raja Nangka secara online kian nyaman dan aman berkat banyaknya situs pelapak online yang mendukung berbagai metode pembayaran. Bagi yang belum memiliki rekening bank kini bisa dipermudah dengan membayar via minimarket seperti indomaret, alfamart dll.

Kami sarankan untuk pembelian online memakai rekening bank karena memiliki keamanan dan kecepatan yang baik. dilain sisi pembayaran via transfer bank juga dilengkapi bukti yang kuat untuk digunakan jika terjadi hal yang buruk.

Pilih Toko Online dengan Fasilitas Rekber (Rekening Bersama) Agar lebih aman dalam berbelanja Pisang Raja Nangka secara online, Kami sarankan pilih toko online yang menyediakan fasilitas rekening bersama (Rekber) atau Escrow.

Sistem kerja rekening bersama ini yaitu antara penjual dan pembeli melibatkan pihak ketiga selaku penengah / penampung dana sementara. Pembeli mengirim uang terlebih dahulu ke pihak ketiga, kemudian pihak ketiga menginformasikan kepada penjual bahwa uang sudah berada di pihak ketiga.

Pisang raja nangka itu penjual akan segera mengirim Pisang Raja Nangka kepada pisang raja nangka. Jika pembeli sudah menerima pisang raja nangka sesuai pesanan.

Uang dari pihak ketiga akan diteruskan kepada penjual. Jika Pisang Raja Nangka yang dibeli tak sesuai atau tak kunjung diterima maka uang pembeli akan dikembalikan dengan utuh. Sesuaikan Nama dan Nomer Rekening Bank Sebelum melakukan transaksi pembelian Pisang Raja Nangka, biasakan untuk mengecek nama lengkap dan nomor rekening penjual Pisang Raja Nangka apakah sesuai website atau tidak. Selain mengantisipasi penipuan juga mencegah Anda kirim uang.

Pastikan juga jumlah uang yang dikirimkan pas dan pisang raja nangka dengan persetujuan. Simpan Akun Login Anda Tidak sedikit toko online yang mengharuskan Anda mendaftar (register) sebelum berbelanja disana.

Buatlah password yang unik dan simpan baik-baik. Kalau Anda bertransaksi di warnet misalnya, Setelah melakukan transaksi pembelian Pisang Raja Nangka segera logout untuk mencegah akun Anda disalahgunakan. Periksa Kondisi Pisang Raja Nangka dengan Teliti Setelah Pisang Raja Nangka sampai di rumah, Anda harus mengecek kondisinya apakah sesuai pesanan atau tidak sesuai. Pastikan kondisi barang sebelum memberikan testimoni kepada penjual.

Simpan Bukti Pembayaran Kalau penjual Pisang Raja Nangka tidak menyertakan struk dalam bungkus pengiriman, pada history pembayaran bisa Anda foto atau screenshoot. Simpan sampai masa garansi habis untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu.

Itulah beberapa informasi mengenai harga Pisang Raja Nangka sekaligus tips membeli secara online yang aman dan benar agar belanja online Anda lebih nyaman. Semoga informasi Pisang Raja Nangka di atas bisa membantu Anda dalam mencari referensi sebelum membelinya.

Nantikan update harga terbaru lainnya hanya di Hargano.com Tag pencarian : Pisang Raja Buluh 1 Nangka Kupas 500 Buah Pisang Tanduk Fresh Pisang Sunpride 1 Pisang Cavendish Sunpride Pisang Pisang Sunpride Cavendish Buah Pisang Pisang Sunpride Manis 1 Pisang Sunpride Hargano adalah situs perbandingan harga yang membantu Anda mencari harga barang dari berbagai toko online dan menampilkan dengan fitur perbandingan. Data harga barang atau produk yang ada di website kami berasal dari beberapa Marketplace populer di Indonesia.

Dapatkan informasi produk dengan harga murah terjangkau sebelum membeli produk di toko online.
Pisang ini kulit buahnya tetap berwarna hijau walaupun sudah matang. Kulit buah ini agak tebal. Buahnya berukuran besar, panjangnya dapat pisang raja nangka 28 cm.

Bentuk buah melengkung.

pisang raja nangka

Walaupun berukuran agak besar, pisang - yang berasal dari Malang, Jawa Timur, - ini hanya berbobot 150-180 g per buah. Daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.

pisang raja nangka

Buahnya merupakan produk utama pisang. Pisang dimanfaatkan baik dalam keadaan mentah, maupun dimasak, atau diolah menurut cara-cara tertentu. Pisang dapat diproses menjadi tepung, kripik, 'puree', bir pisang raja nangka, cuka, atau didehidrasi. Daun pisang digunakan untuk menggosok lantai, sebagai alas 'kastrol' tempat membuat nasi 'liwet', dan sebagai pembungkus berbagai makanan. Serat untuk membuat kain dapat diperoleh dari batang semunya. Bagian-bagian vegetatif beserta buah-buah yang tidak termanfaatkan digunakan sebagai pakan ternak; bagian-bagian vegetatif itu khusus dimanfaatkan jika pakan ternak dan air sulit diperoleh (batang semu itu banyak mengandung air).

Tanaman pisang (atau daun dan buahnya) juga memegang peranan dalam upacara-upacara adat, misalnya di Indonesia, untuk upacara pernikahan, ketika mendirikan rumah, dan upacara keagamaan setempat. Dalam pengobatan, daun pisang yang masih tergulung digunakan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit yang bengkak atau lecet.

Air yang keluar dari pangkal batang yang ditusuk digunakan untuk disuntikkan ke dalam saluran kencing untuk mengobati penyakit raja singa, disentri, dan diare; air ini juga digunakan untuk menyetop rontoknya rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Cairan yang keluar dari pisang raja nangka bersifat anti-demam dan memiliki daya pemulihan kembali.

Dalam bentuk tepung, pisang digunakan dalam kasus anemia dan casa letih pada umumnya, serta untuk yang kekurangan gizi. Buah yang belum matang merupakan sebagian dari diet bagi orang yang menderita penyakit batuk darah (haemoptysis) dan kencing manis.

Dalam keadaan kering, pisang bersifat antisariawan usus. Buah yang matang sempurna merupakan makanan mewah jika dimakan pagi-pagi sekali. Tepung yang dibuat dari pisang digunakan untuk gangguan pencernaan yang disertai perut kembung dan kelebihan asam. Dengan pertumbuhannya yang sangat cepat dan terus-menerus, yang akan mengakibatkan hasil yang tinggi, pisang memerlukan tempat tumbuh di iklim tropik yang hangat dan lembap.

Walaupun begitu, pisang ini sangat menarik sehingga orang menanamnya juga persis di batas daerah ekologiny4, yang di tempat itu kecepatan tumbuh rata-ratanya hanya dapat mendukung hasil yang minim saja. Suhu merupakan faktor utama untuk pertumbuhan. Di sentra-sentra produksi utamanya suhu udara tidak pernah turun sampai di bawah 15° C dengan jangka - waktu yang cukup lama; suhu optimum untuk pertumbuhannya adalah sekitar 27° C, dan suhu maksimumnya 38° C.

Di dataran tinggi daerah ekuator, pisang tak dapat tumbuh pada ketinggian di atas 1600 m dpl. Kebutuhan akan penyinaran belum dipahami benar. Kebanyakan pisang tumbuh baik di lahan terbuka, tetapi kelebihan penyinaran pisang raja nangka menyebabkan terbakar-matahati (sunburn). Dalarn keadaan cuaca berawan atau di bawah naungan ringan, daur pertumbuhannya sedikit panjang dan tandannya lebih kecil.

Pisang sangat sensitif terhadap angin kencang, yang akan merobek-robek daunnya, menyebabkan distorsi tajuk dan dapat merobohkan pohonnya. - Diperlukan pasokan air yang ajek; untuk pertumbuhan optimalnya curah hujan hendaknya 200-220 mm, dan kelembapan tanahnya jangan kurang dari 60-70% dari kapasitas lapangan, jadi sebagian besar lahan memerlukan pengairan tambahan.

Tanah yang paling baik untuk pertumbuhan pisang adalah tanah liat yang dalam dan gembur, yang memiliki pengeringan dan aerasi yang baik. Kesuburan yang tinggi akan sangat menguntungkan dan kandungan bahan organiknya.

hendaknya 3% atau lebih. Tanaman pisang toleran terhadap pH 4,5-7,5.

pisang raja nangka

Pisang umumnya diperbanyak dengan anakan. Anakan yang berdaun pedang-lah yang lebih disenangi petani, sebab pohon pisang yang berasal dari anakan demikian akan menghasilkan tandan yang lebih besar pada panen pertamanya (tanaman induk).

pisang raja nangka

Bonggol atau potongan bonggol juga digunakan sebagai bahan perbanyakan. Bonggol ini biasanya dibelah dua dan direndam dalam air panas (52° C) atau dalam larutan pestisida untuk membunuh nematoda dan penggerek penggerek sebelum ditanamkan. Kini telah dikembangkan kultur jaringan untuk perbanyakan secara cepat, melalui ujung pucuk yang bebas-penyakit.

pisang raja nangka

Cara ini telah dilaksanakan dalam skala komersial, tetapi adanya mutasi yang tidak dikehendaki menimbulkan kekhawatiran. Penanaman pada umumnya dilakukan pada awal musim hujan. Bahan perbanyakan biasanya ditanamkan sedalam 30 cm. Pisang dapat dijadikan tanaman utama atau tanaman pencampur pada sistem tumpang sari. Pisang biasanya ditanam sebagai tanaman perawat (nurse drop) untuk tanaman muda coklat, kopi, lada, dan sebagainya.

Juga dapat digunakan sebagai tanaman sela pada perkebunan karet atau kelapa sawit yang baru dibangun, atau ditanam di bawah pohon-pohon kelapa yang telah dewasa. Jika ditanam sebagai tanaman utama, pisang biasanya ditumpangsarikan dengan tanaman semusim. Penyiangan pisang raja nangka diperlukan sampai pahon-pohon pisang dapat menaungi dan menekan gulma.

Gulma diberantas dengan cara-cara mekanik (dibabat, dibajak, - dan sebagainya) atau dengan tangan: Herbisida pratumbuh cukup efektif, dan jika tanaman telah mencapai tinggi 1,5 m atau lebih, dapat digunakan herbisida kontak.

Pisang memerlukan sejumlah besar hara. Di pekarangan pemakaian pupuk kandang dan kompos dianjurkan, yang dikombinasikan dengan 0,25 kg urea dan kalium nitrat (muriate of potash) setiap tiga bulan untuk masing-masing rumpun.

Pengairan diperlukan di areal yang memiliki musim kemarau panjang, tetapi juga jika curah hujannya kurang dari 200-220 mm bulan. Air dapat dialirkan melalui parit atau disemprotkan; kini pengairan-tetesan (drip irrigation) telah banyak diterima. Selama putaran pemangkasan ringan, daun-daun yang layu dipotong agar diperoleh mulsa dan untuk menghindari sumber infeksi melalui penyakit-penyakit daun. DI perkebunan skala komersial beberapa tindakan pisang raja nangka dilakukan untuk rnempertahankan produktivitas yang tinggi dan untuk menjamin buah berkualitas baik untuk pasatan (ekspor).

Tindakan-tindakan itu mencakup pembuangan anakan, pembuangan tunggui-tunggul, pemotongan jantung pisang, dan pengurangan tandan buah. Setiap 6-12 minggu tanaman pisang dibuangi anakannya, hanya ditinggalkan satu tanaman induk (yang sedang berbuah), satu batang anakan (yang tertua), dan dalam hal tanaman-sirung (ratoons), satu tanaman cucu.

Pada kepadatan yang rendah, setiap rumpun dapat berisi 2 batang induk berikut 2 anakannya. Jadi, untuk menghindari berjejalnya batang, dan untuk mengatur panen yang berurutan dalam setiap rumpun, satu anakan disisakan pada satu pohon induk setiap 6-10 bulan (atau lebih untuk daerah beriklun sejuk) untuk menghasilkan tandan berikutnya.

Hanya anakan yang sehat dan tertancap dalam yang boleh disisakan. Penyangga atau tali dapat memberikan dukungan tambahan bagi tanaman yang berisi tandan buah; topangan ini akan menghindarkan tanarnan dari patahnya batang karena keberatan oleh tandan.

pisang raja nangka

Jantung pisang hendaknya segera dibuang setelah 2 sisir terakhir dari tandan itu muncul. Pada waktu yang bersamaan, satu atau dua sisir terakhir mungkin perlu dibuang untuk meningkatkan panjangnya masing-masing buah pisang yang tersisa, dan tandan itu mungkin perlu dikarungi.

Karung itu dapat berupa kantung plastik yang telah diberi insektisida, maksudnya untuk menghindari kerusakan oleh serangga, burung, debu, dan sebagainya, dan untuk menaikkan suhu tandan, memajukan pertumbuhan buah, terutama untuk daerah beriklim dingin.

Sigatoka kuning atau bercak daun merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh Mycosphaerella musicola (tahap konidiumnya disebut Cercospora musae) yang endemik untuk Asia Tenggara, dan hanya dijumpai pada pisang.

Bercak daun ini menyebabkan kematian dini sejumlah besar daun pisang, menyebabkan tandan buah mengecil dengan sedikit sisiran, dan individu buah pisang yang kurang penuh. Penyakit layu Fusarium atau penyakit Panama disebabkanoleh Fusarium oxysporum f. cubense. Penyakit ini berupa jamur tanah yang meriyerang pisang raja nangka kultivar-kultivar pisang yang rentan, dan menyumbat sistem pembuluh, sehingga tanaman akan layu.

Satu-satunya cara pemberantasan ialah penghancuran fisik atau kimiawi (herbisida) pada tanaman yang terserang dan tetangga-tetangganya; lahan hendaknya dikosongkan dan dipagari, serta dikucilkan dari penanaman dan aliran pengairan. Penyakit layu bakteri atau penyakit Moko disebabkan oleh Pseudomonas solanacearum, dan dapat membunuh pohon pisang yang tersexang hanya dalam jangka waktu satu-dua minggu.

Bakteri ini dapat ditularkan secara mekanik, tetapi biovar 1-SFS adalah galur yang ditularkan oleh serangga, dan dianggap sebagai galur yang paling berbahaya. Pemberantasannya mencakup desinfeksi semua peralatan yang digunakan dalam berbagai pengolahan pertanian dan penghancuran tanaman yang terserang, beserta tetangga-tetangganya. Fumigasi dan pengkarantinaan lahan yang terserang sangat dianjurkan.

Penyakit ini umum,di belahan bumi barat; di Asia Tenggara hanya ada di Filipina ( Mindanao). Penyakit-penyakit virus mencakup penyakit pucuk menjurai (bunchy top), mosaik, dan mosaik braktea. Penyakit pucuk menjurai dan penyakit mosaik ditularkan oleh afid [afid pisang, (Pentalonia nigronervosa), menyebabkan pucuk pisang menjurai; afid jagung (Rhopalosiphum maidis), dan afid kapas (Aphis gossypii), kesemuanya itu adalah vektor-vektor untuk penyakit mosaik].

Pernberantasan penyakit-penyakit ini mencakup tindakan karantina, pemeriksaan secara teratur dan penghancuran tanaman yang terserang, penggunaan bahan perbanyakan yang.

bebas virus, pembuangan inang alternatifnya, dan pemberantasan vektor-vektornya. Serangga hama yang paling berbahaya adalah kumbang penggerek pisang (Cosmopolitis sordidus). Hama ini berasal dari Asia Tenggara, tetapi telah tersebar ke semua areal penanaman pisang.

Yang paling merusak adalah Iarvanya: larva-larva itu menggerek bonggol dan menjadi pupa di lorong-lorong yang dibuatnya. Sebagian besar jaringan bonggol akan rusak, akibatnya akan menurunkan kemampuan pengambilan air dan hara, juga kemampuan tertancapnya pisang raja nangka. Serangga dewasanya meletakkan telur pada jaringan-jaringan bonggol atau di sekitarnya. Langkah pemberantasannya mencakup pencacahan bonggol dan batang semu agar pembusukan berlangsung lebih cepat, menjerat dan menangkap serangga-serangga dewasa, menggunakan bahan perbanyakan yang tidak terserang, merusak tempat berlindung dan tempat makan serangga dewasa dengan cara menjaga kebersihan lahan di sekitar tanaman, dan menggunakan insektisida.

pisang raja nangka

Dua macam 'thrips' menyerang tanaman pisang. 'Thrips' bunga, "thrips florum, berukuran kecil, dapat memasuki buah yang sedang berkembang ketika brakteanya masih ada. Serangga ini bertelur di situ pisang raja nangka memakan buah-buah yang muda, menyebabkan buah berkulit kasar dan kadang-kadang menjadi pecah-pecah. 'Thrips' merah karat (Chaetanaphothrips signipennis) memakan bagian-bagian tempat perlekatan buah pisang pada tandannya, menimbulkan warna kemerah-merahan.

Pemberantasan hama ini dilakukan dengan insektisida atau pembungkusan tandan; membantu koloni semut berada di sekitar tempat itu juga dapat bermanfaat. Nematoda-pelubang (Radopholus similis) adalah jenis nematoda yang paling merusak. Bercak-bercak atau bintik bintik hitam pada akar menunjukkan adanya serangan yang kemudian diikuti oleh infeksi jamur. Tanaman yang terserang hebat hanya tinggal berupa batang berakar busuk, yang mudah roboh jika telah terbentuk tandan buah.

pisang raja nangka

Langkah-langkah pemberantasannya mencakup pembuangan tanaman yang terserang, Panen Buah pisang dipanen ketika masih mentah. Tingkat kematangan diperkirakan dari adanya siku-siku pada individu buah; buah yang penampang melintangnya lebih bulat berarti lebih matang.

Sewaktu berat buah meningkat dengan cepat sejalan dengan menghilangnya siku-siku pada buah, buah pisang juga menjadi lebih rentan terhadap kerusakan selama pengangkutan, dan buah itu tidak dapat bertahan lama, karenanya harus dipetik lebih awal. Untuk memanen pisang diperlukan 2 orang, si pemanen dan si pengumpul.

Si pengumpul menyandang bantalan bahu untuk menahan jatuhnya tandan setelah si pemanen menusuk batang pisang dengan parang, sehingga bagian atas pohon beserta tandannya merunduk.

Diperlukan satu galah bambu untuk menopang tandan sampai menyentuh bantalan di bahu: Setelah tandan itu merendah dengan cara begitu, si pemanen memotong gagang tandan dengan menyisakan sebagian gagang yang masih berada pada tandan, yang digunakan sebagai pegangan.

Tandan-tandan itu kemudian diangkut dengan hati-hati ke ruangan pengepakan melalui sistem kabel pisang raja nangka dengan gerobak yang ditarik oleh traktor. Penanganan pasca panen Tandan yang telah dipanen kemudian dipotong menurut sisiran, dan bekas-bekas bunga pada sisiran itu dibuangi, sisiran dicuci, disortir, dan dipak dalarn kotak-kotak karton.

Sebagai tambahan, buah pisang itu diperlakukan dengan fungisida untuk menghindari busuknya sisiran buah itu. Daya simpan pisang mentah berkisar antara 21-30 hari pada suhu 13-15° C. Kalsium karbida (CaC2) atau larutan etefon dapat digunakan untuk mematangkan buah tua-mentah. Pada perlakuan kalsium karbida, buah pisang dikenai bahan ini selama 24-36 jam dalam sebuah wadah tertutup, sedangkan pada perlakuan etefon, pencelupan selama 5 menit sudah cukup efektif.

Pada pengusahaan secara komersial besar-besaran digunakan gas etilena. Pisang diperlakukan selama 24 jam dalam kamar tertutup yang berisi etilena dan suhunya dipertahankan 14-18° C. Setiap 24 jam sekali kamar dibuka untuk ventilasi sampai buah-buah pisang itu mencapai warna yang disenangi konsumen.

• ► 2022 (16) • ► April (3) • ► Maret (1) • ► Februari (6) • ► Januari (6) • ► 2021 (52) • ► Desember (5) • ► November (2) • ► Oktober (5) • ► September (4) • ► Agustus (3) • ► Juli (5) • ► Juni (1) • ► Mei (6) • ► April (5) • ► Maret (6) • ► Februari (6) • ► Januari (4) • ► 2020 (132) • ► Desember (3) • ► November (3) • ► Oktober (2) • ► September (6) • ► Agustus (11) • ► Juli (14) • ► Juni (21) • ► Mei (15) • ► April (15) • ► Maret (16) • ► Februari (14) • ► Januari (12) • ► 2019 (208) • ► Desember (15) • ► November (19) • ► Oktober (19) • ► September (24) • ► Agustus (21) • ► Juli (25) • ► Juni (10) • ► Mei (5) • ► April (2) • ► Maret (12) • ► Februari (34) • ► Januari (22) • ► 2018 (38) • ► Oktober (3) • ► Agustus (1) • ► Juli (9) • ► Mei (1) • ► April (2) • ► Maret (10) • ► Februari (3) • ► Januari (9) • ► 2017 (14) • ► Oktober (2) • ► Juni (3) • ► Maret (6) • ► Februari pisang raja nangka • ► Januari (2) • ► 2016 (44) • ► Desember (6) • ► September (4) • ► Agustus (4) • ► Juli (6) • ► Juni (12) • ► Mei (3) • ► Maret (9) • ► 2015 (10) • ► November (1) • ► Oktober (3) • ► September (2) • ► Juni (1) • ► Mei (2) • ► April (1) • ► 2014 (16) • ► Desember (5) • ► September (3) • ► Juli (1) • ► Mei (2) • ► Januari (5) • ► 2013 (33) • ► Desember (4) • ► Juli (12) • ► Juni (1) • ► April (2) • ► Maret (7) • ► Februari (2) • ► Januari (5) • ► 2012 (41) • ► Pisang raja nangka (1) • ► November (2) • ► September (2) • ► Juli (12) • ► Juni (1) • ► Mei (5) • ► April (2) • ► Maret (9) • ► Januari (7) • ► 2011 (69) • ► Desember (4) • ► November (11) • ► Oktober (4) • ► September (8) • ► Agustus (5) • ► Juli (5) • ► Juni (12) • ► Mei (19) • ► Maret (1) • ▼ 2010 (23) • ► November (1) • ▼ Oktober (4) • PISANG RAJA NANGKA • Analisis (investasi) usahatani pisang • INVESTASI Pisang raja nangka SKALA BESAR DAN INTENSIF • SUPAYA AWET MUDA • ► September (2) • ► Agustus (9) • ► Juli (7) Cocok Buat Apa?

Pisang nangka sangat pisang raja nangka untuk bahan baku pisang goreng, pisang kipas, keripik pisang. radjapisang.com adalah supplier pisang terutama pisang nangka yang telah berpengalaman beberpa tahun sebagai supplier ke pabrik kripik terkenal di Jawa Barat. HP Pisang raja nangka 085221934595. Ciri Memiliki bentuk buah yang melengkung dan membulat dibagian pangkalnya dengan ukuran sedang sekitar 14 – 18 cm dan gemuk.

Memiliki rasa yang manis sedikit asam dan harum baunya, kulit buah tebal dan halus dengan warna kuning agak jingga sedikit bintik hitam bila matang. Umur masa panen. Nutrisi Di dalam 100 gram pisang tanduk, ternyata kamu bisa mendapatkan sekitar 120 hingga 150 kalori.

Selain itu, ada beberapa nutrisi lainnya yang akan kamu dapatkan, seperti: • 30 gram karbohidrat. • 1,3–1,5 gram protein. • 0,2–0,3 gram lemak. • 2 gram serat. • 450 miligram kalium.

• 35–40 miligram magnesium. • 0,5 miligram zat besi. • 30 miligram fosfor. • 20 miligram vitamin C. • 60 mikrogram vitamin A. Juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti selenium, zinc, vitamin B, vitamin K, serta senyawa antioksidan, seperti flavonoid, lutein, dan karoten.

Manfaat Kaya kandungan nutrisi, maka ada segudang manfaat pisang tanduk yang bisa kamu rasakan.

pisang raja nangka

Membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan zat besi juga bisa bantu menambah darah. sumber: liputan6.com, halodoc.com
Pisang raja nangka adalah pisang raja nangka pisang olahan yang sering diremehkan petani, sehingga jarang petani yang sengaja menanamnya.

Namun saat ini pangsa pasar pisang tersebut di Propinsi Lampung cukup luas, baik untuk pasar lokal, maupun pasar domestik lainnya terutama Propinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Pisang raja nangka terutama dijadikan bahan harga 1 tandan pisang ini bervariasi tergantung mutu. Harga tertinggi untuk 1 tandan di Lampung Selatan, sekitar Rp. 8.000,. Di Propinsi Lampung budidaya pisang lokal seperti raja nangka, hanya berupa usahatani sampingan. Biasanya ditanam di pekarangan, batas-batas kepemilikan lahan, lahan yang tidak diusahakan dan kadang-kadang sebagai tanaman pagar.

Jenis pisang yang ditanam biasanya beragam. Rerata areal lahan yang dikelola untuk usahatani pisang umumnya sempit, bahkan jarang yang mencapai 0,5 hektar. Petani biasanya tidak punya target produksi dan tidak ada usaha perbaikan produksi. Walaupun Propinsi Lampung merupakan daerah utama serangan penyakit pisang yang mematikan, yaitu layu fusarium yang dalam tahun sembilan puluhan mematikan hampir 700 ribu rumpun pisang.

Namun dari pengamatan lapang dan dari hasil uji ketahanan, pisang raja nangka adalah salah satu jenis pisang yang tergolong tahan terhadap serangan penyakit tersebut. Perbaikan Budidaya Pisang Raja Nangka Bekerjasama dengan 4 petani lahan kering Lampung Selatan, BPTP Lampung mengkaji prospek usahatani pisang melalui perbaikan pengelolaannya.

Sesuai dengan keinginan petani, ketahanan penyakit layu dan juga pertimbangan pasar, ditanam pisang raja nangka, dan disisipkan pisang olahan lainnya (tanduk). Masing-masing petani menanam 0,5 hektar. Berbagai teknologi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) diperkenalkan seperti bibit sehat dari bonggol/anakan, jarak tanam 3x3 meter, pemupukan kimia (urea, SP-36 dan KCI masing-masing 450, 250 dan 250 kg/hektar), pupuk organik (7-10 kg/rumpun), pengendalian penyakit layu dengan trichoderma, jumlah tanaman per rumpun (4 pohon/rumpun) yang dibiarkan berproduksi, pembersihan limbah tanaman baku berbagai macam bentuk produk olahan seperti keripik pisang, gorengan dan sebagainya.

Ciri khasnya terutama adalah setelah digoreng rasanya pisang raja nangka sedikit asam. Pisang ini termasuk jenis pisang besar dengan tinggi tanaman mencapai 3,5 meter. Kalau pertumbuhan baik, di dalam 1 tandan, sisirnya bisa mencapai 7-8, dengan berat sekitar 17-18 kg/tandan. Di tingkat petani dan penggunaan kerodong untuk mengatasi serangan hama burik sekaligus perbaikan mutu buah. Setelah 3 tahun pelaksanaan pengkajian, salah satu hasil penting adalah berubahnya cara pandang petani koperator dan petani di sekitarnya terhadap prospek usahatani pisang lokal.

Kalau sebelumnya mereka anggap sebagai usahatani sampingan, maka setelah 3 tahun pengkajian, usahatani pisang dianggap sebagai salah satu usahatani lahan kering utama.

Hal itu terutama dipicu oleh adanya jaminan pendapatan setiap bulannya dengan jumlah yang lebih dan cukup bagi petani dari usahatani pisang olahan tersebut. Pada tahun pertama petani memang belum mendapat keuntungan banyak dari pisang, namun mereka mendapat pengembalian dari penanaman jagung sebagai tanaman sela.

pisang raja nangka

Pada tahun ke-2 mereka sudah mendapat keuntungan bersih tujuh jutaan/hektar/ tahun dan pada tahun ke-3 duabelas jutaan/hektar/tahun dari pisang. Pada tahun ke-3 produksi pisang nangka sekitar 200 tandan/hektar/bulan, yang setara dengan Rp. 1-1,2 juta/bulan. Pengelolaan yang baik membuat mutu pisang lebih baik dan produksi yang kontinu (2 kali sebulan) juga berpengaruh pada kontinuitas kedatangan agen pengumpul sehingga pemasaran berjalan lancar. B a r i o t H a f i f Penulis dari BPTP Lampung Dimuat pada Tabloid Sinar Tani, 19 Juli 2006 • ▼ 2011 (21) • ► Agustus (1) • ► Juni (8) • ▼ Mei (12) • pertanian pisang Intensif • MARI BERKEBUN PISANG INTENSIF • Cegah Stroke dengan Pisang • MANFAAT BUAH PISANG • Bisnis Pisang Goreng • PISANG GORENG • Manisnya Waralaba Pisang Ijo Justmine • Daun Pisang • Penyakit Tanaman Pisang • Manfaat Pisang Pisang dikenal sebagai salah satu m.

• RAJA NANGKA • Jenis-Jenis Pisang di Indonesia Sebenarnya tanaman.
Pisang raja nangka adalah pisang yang mudah ditemui di pasaran. Pisang ini memiliki ciri khas, yakni rasanya yang manis cenderung masam. Pisang ini banyak dihasilkan oleh petani dalam skala petani rumahan atau sampingan. Unsplash.com/Photoholgic Pisang raja nangka atau biasa disebut pisang nangka saja, adalah satu pisang yang mirip dengan pisang Cavendish.

Perbedaan utamanya adalah ketika pisang nangka itu masak. Jika pisang masak, kebanyakan kulitnya akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Jika pisang nangka, buah tersebut masih tetap hijau. Hanya saja agak empuk, beda jika masih mentah pisang nangka terkesan keras. Di kalangan petani, pisang raja nangka atau pisang nangka ini sering diremehkan.

Kenapa? Karena harga jualnya yang tidak bagus. Baik di Indonesia atau Malaysia, pisang raja nangka cukup populer. Jika Kisanak hidup di kota dan mendapati harga pisang raja nangka atau pisang nangka itu cenderung mahal, maka besar kemungkinan bahwa pedagangnya mengambil untung yang sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan tetang pisang raja nangka atau pisang nangka, yang rasanya cenderung masam dan seringkali petani tidak mengandalkannya sebagai pisang utama. Seperti Apa Pisang Raja Nangka atau Pisang Nangka?

Unsplash.com/Boudewijn Huysmans Secara umum, pohon pisang pisang raja nangka nangka layaknya pisang yang lain. Dia dapat tumbuh besar dengan tinggi mencapai 3,5 meter. Ukuran buah pisang raja nangka pisang raja nangka terkesan besar. Ketika pisang ini berbuah, dalam satu tandan bisa berisi 7-8 sisir.

Bahkan, jika pertumbuhannya baik dan terawat, bisa lebih banyak lagi. Berat satu tandan pisang nangka bisa mencapai 20 kg sampai 25 pisang raja nangka. Pisang raja nangka atau pisang nangka dapat dipanen ketika sudah berumur sekitar 140 hari setelah tumbuh bunga. Buah pisang nangka Pisang raja nangka atau pisang nangka Ciri khas pisang raja nangka atau pisang nangka adalah warna kulitnya yang cenderung hijau meski sudah masak.

Ukuran buah pisang nangka terbilang besar dan bisa seukuran dengan pisang Cavendish. Jika pertumbuhannya baik, ukuran pisang raja nangka bisa bersaing dengan pisang tanduk atau pisang bawen. Hanya saja, secara umum pisang tanduk berukuran lebih besar. Rasa pisang raja nangka adalah kombinasi antara manis dengan asam. Bahkan bisa dibilang cenderung masam. Mengapa disebut pisang raja nangka atau pisang nangka? Kebanyakan orang menilai bahwa aroma pisang raja nangka adalah salah satu penyebab utama mengapa buah pisang tersebut dinamakan demikian.

Aroma pisang ini khas, ada bau nangka yang samar. Panjang rata-rata setiap buah pisang raja nangka sekitar 15 cm. Dalam satu sisir pisang, bisa terdiri dari 14 hingga 20 buah. Jika pisang raja nangka ini masak, warna hijau kulitnya nanti cenderung pudar dan berganti agak kekuning-kuningan. Tapi tidak sekuning pisang Cavendish.

Manfaat Pisang Raja Nangka Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pisang raja nangka cenderung sama dengan varietas pisang lainnya.

Di dalam pisang nangka terkandung magnesium, asam folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, sedikit vitamin A dan vitamin B6. Dengan kandungan nutrisi tersebut, pisang raja nangka dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, kandungan zat besi pada pisang raja nangka dapat membantu menambah darah. Pisang raja nangka atau pisang nangka cenderung jarang dijadikan sebagai buah meja ketika di pedesaan.

Ini memang karena rasanya yang cenderung asam. Seringkali pisang raja nangka dibuat sebagai bahan baku olahan. Jika Kisanak sedang diet dan memasukkan pisang dalam daftar asupan penyeimbang nutrisi dalam tubuh, pisang raja nangka tidak direkomendasikan sebagai buah untuk sarapan dalam kondisi perut kosong. Ini karena kandungan asamnya. Model Olahan Pisang Raja Nangka Unsplash.com/Volodymyr Hryshchenko Pisang raja nangka yang masak, cenderung memiliki tekstur daging yang empuh, kenyal dan lembek.

Rasa manisnya semakin kuat ketika pisang raja nangka benar-benar masak dan warna kulitnya berubah agak kekuning-kuningan. Tapi sebenarnya, hal yang paling cocok untuk mengonsumsi pisang raja nangka adalah pisang raja nangka cara diolah. Berikut ini model olahan yang cocok untuk pisang raja nangka. Kolak dan Es Kolak Pisang raja nangka bagus untuk jadi salah satu bahan kolak.

Rasa asam yang terkandung pada pisang raja nangka, akan berkombinasi dengan gula dan santan yang gurih. Nanti kuah kolaknya akan memiliki rasa manis asam yang nikmat. Jika ingin megonsumsi dengan cara berbeda, Kisanak dapat menambahkan es ke dalam kolak.

Ini bisa disantap ketika siang hari panas. Rasa kolak pisang raja nangka bisa lebih lezat dan lebih nikmat jika dibandingkan dengan es jeruk.

pisang raja nangka

Keripik Pisang Nangka Yang paling umum, banyak orang menggunakan pisang raja nangka sebagai bahan baku keripik. Syarat utamanya adalah, pisang raja nangka yang dijadikan bahan baku belum terlalu matang. Jadi, pisang tersebut masih cenderung keras. Kisanak dapat mengiris pisang raja nangka itu secara tipis-tipis dengan pisau atau dengan alat pembuat keripik yang mudah dijumpai di marketplace atau pasar daring. Setelah itu, siapkan air garam. Jika suka, tambahkan juga bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam air garam tersebut.

Lalu, irisan pisang nangka direndam di dalamnya. Jangan terlalu lama merendam irisan pisang tapi juga jangan terlalu cepat. Pastikan bumbu garamnya sudah meresap. Jika sudah begitu, siapkan penggorengan yang sudah berisi minyak. Panaskan minyak tersebut dan goreng irisan pisang raja nangka sampai berwarna kuning-kecokelatan. Untuk hasil yang maksimal, Kisanak bisa menambahkan minyak yang lebih.

Pisang Nangka Goreng Jika Kisanak mendapatkan pisang nangka yang sudah masak dari pasar dan cenderung dagingnya sudah agak empuk atau agak lembek, itu masih bida dijadikan sebagai bahan baku pisang goreng.

Untuk mengolah pisang nangka yang sudah masak, Kisanak bisa menggunakan bahan lain untuk membuat selimut atau membungkus pisang tersebut. Bisa dengan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit tepung tapioka. Jangan lupa, terigu dan tapioka itu dicampur dengan bumbu seperti garam dan bawang serta penyedap rasa sebelum dijadikan sebagai adonan. Lalu setelah adonan siap, potong dadu pisang nangka, balut dengan adonan dan goreng dalam minyak sedang.

Balik pisang tersebut pisang raja nangka aroma wanginya tercium serta warnanya yang berubah agak kekuning-cokelatan. Setelah matang, Kisanak bisa sajikan pisang nang goreng berselimut terigu dengan teh hangat atau kopi di pagi atau sore hari.

Catatan penting: Satu hal utama yang wajib diperhatikan ketika ingin membeli pisang raja nangka atau pisang nangka adalah persoalan harga. Di lingkup petani, pisang raja nangka tersebut tidak terlalu memiliki nilai jual yang bagus. Bahkan seorang tetangga saya yang punya pohon pisang raja nangka di ladang, kadang malas untuk memanen buah tersebut.

Sebabnya, perjalanan ladang ke pasar itu lumayan jauh dan harga pisang tidak bagus. Lebih lagi, pisang tersebut berat karena masuk dalam pisang berukuran besar.

Pisang raja nangka jika Kisanak belanja pisang raja nangka di pasar tradisional, seharusnya pisang ini harganya lebih murah dari pada pisang lain seperti pisang kepok misalnya.

Harga jual pisang raja nangka di pasaran




2022 www.videocon.com