Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 3 Februari 2020 Ditulis oleh: Rhandy Verizarie - Ditinjau oleh: Tim Dokter Wajah bruntusan menjadi mimpi buruk setiap orang.

Sebagai solusinya, ada cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang praktis dan bisa menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, ketahui juga apa penyebabnya! Apa Itu Bruntusan? Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan yaitu kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah.

Bruntusan tak hanya menurunkan estetika wajah, namun juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, yang lantas berpotensi mengalami iritasi akibat garukan.

Beli di Farmaku Lihat Produk Cara Menghilangkan Bruntusan yang Mudah dan Efektif Munculnya bruntusan pada wajah lebih banyak disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh sebab itu, membersihkan wajah Anda secara benar dan teratur adalah cara menghilangkan bruntusan yang efektif.

Berikut ini sejumlah tips atau cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa Anda coba di rumah. 1. Deep Cleansing Cara menghilangkan bruntusan yang pertama adalah dengan melakukan deep cleansing pada wajah Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah.

Metode deep cleansing ini ditujukan agar wajah bersih sampai ke pori-porinya. Oleh karena itu, gunakan alat seperti brush atau sponge saat membersihkan wajah dengan sabun facewash. 2. Double Cleansing Bruntusan juga dapat diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah double cleansing. Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini dilakukan dengan cara membersihkan wajah Anda sebanyak dua kali. Pertama, bersihkan muka menggunakan oil-based atau water-based cleanser.

Setelah itu, cuci kembali muka dengan menggunakan facewash yang sesuai dengan kulit Anda. 3. Exfoliating Menghilangkan bruntusan tak cukup hanya membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi, yakni pengangkatan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menjadi pemicu terjadinya bruntusan. Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung salicylic acid yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, pun mengatasi minyak berlebih, karena sifatnya soluble oil-nya yang mampu menembus pori-pori muka bruntusan. Eksfoliasi ini dapat dilakukan sebanyak 1 (kali) dalam seminggu minimal.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi baiknya dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu. 4. Memakai Toner Salah satu penyebab bruntusan di wajah adalah aktivitas pembersihan make-up yang tidak sempurna.

Oleh sebab itu, gunakan toner untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Selain wajah kembali bersih, toner efektif membantu mengontrol kadar pH wajah. 5. Serum Wajah Aktif menggunakan serum wajah juga jadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah, pun mencegah wajah dari bruntusan. Kandungan pada serum wajah membuat kulit wajah jadi lebih bersahabat dengan niacinamide, benzoyl, atau peroxide, yang mana ketiganya menjadi bahan kimia pemicu terjadinya bruntusan pada wajah.

6. Moisturizer Kulit yang berminyak adalah salah satu pemicu terjadinya bruntusan pada wajah. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bruntusan di wajah akibat kulit berminyak adalah dengan menggunakan krim pelembab ( moisturizer) khusus wajah. Moisturizer berfugsi untuk melembabkan kulit wajah sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra yan mana hal tersebut bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah.

7. Masker Wajah Memakai masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti aloe vera, daun teh, hingga madu juga dipercaya menjadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang efektif. Kenakan masker wajah Anda secara rutin, seperti saat mau tidur malam, sampai nanti hasilnya terlihat. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya Anda tetap menggunakan masker wajah untuk mencegah bruntusan datang kembali di kemudian hari.

8. Mengurangi Pemakaian Makeup Makeup memang penting untuk menunjang penampilan. Namun, suka tidak suka, makeup adalah penyebab wajah bruntusan. Oleh karena, cara menghilangkan bruntusan yang kiranya juga harus Anda lakukan adalah mengurangi pemakaian makeup. 9. Konsisten Dengan Produk Wajah Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk makeup hingga skincare, acap kali membuat Anda tergiur untuk mencoba berbagai produk tersebut.

Padahal, belum tentu semua produk wajah cocok dengan kulit. Akibatnya ketidakcocokan tersebut, timbullah masalah pada wajah, bruntusan salah satunya. Oleh sebab itu, baiknya konsisten dengan produk kecantikan wajah yang sudah ‘aman’ dengan kulit Anda menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah, pun mencegah wajah mengalami bruntusan.

10. Gunakan Skincare Secara Berurutan Menggunakan berbagai macam produk skincare juga tidak boleh sembarangan, dalam arti pemakaiannya harus secara berurutan. Sebagai contoh, Anda menggunakan moisturizer dan serum wajah. Idealnya, gunakan serum terlebih dahulu sebelum moisturizer. Sifat molekul pada moisturizer yang lebih besar ketimbang serum akan menghalangi molekul serum untuk meresap ke dalam pori-pori wajah apabla serum dipakai setelah moisturizer. Akibatnya, wajah bisa mengalami bruntusan.

Urutan pemakaian skincare yang tepat yakni: • Cleanser • Facewash • Toner • Serum • Moisturizer • Masker Cara Alami Mengatasi Bruntusan Selain dengan cara-cara di atas, cara menghilangkan bruntusan pada wajah bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami. 1. Madu Madu sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi pelbagai permasalahan kulit, seperti kulit kusam maupun berjerawat.

Nah, manfaat madu untuk wajah tersebut juga mencakup pembersihan bruntusan pada wajah. Cuci muka Anda terlebih dahulu, kemudian oleskan madu secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun muka. Lakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah ini secara rutin setiap mandi sampai hasilnya terlihat. 2. Teh Hijau Mengonsumsi teh hijau ternyata tak hanya melangsingkan tubuh, tetapi juga efektif mengatasi masalah kulit wajah seperti bruntusan.

Manfaat teh hijau untuk menghilangkan bruntusan ini dikarenakan teh tersebut diperkaya oleh zat antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit. 3. Lemon Buah dengan rasa asam ini bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan bruntusan pada di wajah secara alami. Campurkan lemon dengan putih telur, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit sampai mengering, dan bilas wajah sampai bersih.

4. Tomat Buah tomat juga diklaim ampuh untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat sangat mudah. Anda tinggal menghaluskan tomat menggunakan blender sampai halus, kemudian jadikan tomat yang sudah halus tersebut sebagai masker wajah. Atau, Anda cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat pada muka secara merata. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas muka dengan air bersih. Baca Juga: Jerawat Pasir: Penyebab, Bahaya, dan Cara Menghilangkan Penyebab Bruntusan pada Kulit Kulit yang mengalami bruntusan, baik kulit wajah maupun kulit di bagian tubuh lainnya, disebabkan oleh pemakaian produk makeup yang tidak benar, pun penyakit kulit lainnya.

Berikut adalah contoh penyebab bruntusan pada kulit: 1. Komedo Adanya komedo terbuka dan komedo tertutup pada kulit menyebabkan permukaan kulit yang tidak rata alias beruntusan.

Komedo disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, sering terpapar polusi udara, dll 2. Jerawat Gejala jerawat bervariasi, dari adanya papula (bintik2 kemerahan pada kulit), pustula (bintik putih berisi nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai peradangan dan nyeri). Disebabkan karena wajah yang berminyak, banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bakteri penyebab jerawat (P.Acne) dalam jumlah banyak.

3. Milia Milia adalah bintik kecil putih pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh keratin kulit yang terperangkap di dalam fokikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit. Bisa pada bayi, anak kecil dan dewasa. Tidak Berbahaya. Biasanya tidak ada gejala, tidak gatal. Bisa hilang dengan sendirinya. 4. Kutil Kulit Kutil kulit atau disebut juga dengan verruca adalah disebabkan karena human papilloma virus.

Menyebabnya bintik2 kecil pada kulit. Bisa berwarna seperti kulit, cokelat atau kehitaman. 5. Eksim Eksim ditandai dengan cara alami menghilangkan bruntusan di wajah ruam kemerahan yang menyebabkan beruntusan pada kulit.

Ada beberapa jenis eksim, yang paling sering adalah eksim atopik, eksim seborhoik, eksim kontak dengan paparan alergen. Eksim juga disertai dengan kulit yang bersisik dan gatal. 6. Folikulitis Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut, biasanya pada daerah kulit yang berambut seperti pada wajah, janggut, ketiak dan area kemaluan. Sering dipicu karena habis bercukur. Berupa bintik2 kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit seperti beruntusan. 7. Keratosis Pilaris Keratosis pilaris atau chicken skin adalah penyakit yang umum terjadi.

Dapat merupakan tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa pada anak-anak maupun dewasa. Gejala KP adalah bintik2 berwarna seperti kulit, pada sebagian kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini seringkali berkelompok dan memberikan sensasi perabaan kasar seperti kulit ayam. Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan bruntusan beserta penyebab bruntusan pada umumnya. Menjaga kebersihan wajah dan kulit adalah kunci utama agar Anda senantiasa terbebas dari bruntusan.

Semoga bermanfaat! Tonton juga video menarik cara alami menghilangkan bruntusan di wajah Lyfe Pink mengenai cara menghilangkan bruntusan pada wajah berikut ini: Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan, Wajah sehat bebas jerawat dan bruntusan dengan cara alami berikit ini!

Simak cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah. Cara Menghilangkan Bruntusan – Punya jerawat membandel di wajah menjadi masalah hampir semua orang. Tak hanya menganggu penampilan, jerawat juga kerap meninggalkan bekas dan merusak kulit wajah. Pada tingkatan yang ekstrem, tak jarang wajah menjadi bruntusan akibat masalah jerawat yang tidak terkontrol.

Namun, muka bruntusan masih bisa diobati dengan cara dan perawatan yang tepat, lho! Jadi, untuk Toppers yang punya masalah bruntusan pada kulit wajah, berikut tips dan cara ampuh cara alami menghilangkan bruntusan di wajah bruntusan dengan bahan-bahan alami! baca juga: 14 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Bebas Keriput hingga Jerawat!

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Bruntusan di wajah bisa terjadi di berbagai permukaan wajah. Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dari dahi, pipi, dagu, dan juga dagu. Masalah bruntusan di wajah memang sering jadi faktor kurangnya percaya diri saat bepergian. Untuk itu, yuk simak cara mudah hilangkan bruntusan di wajah secara alami! 1. Masker Madu Murni Nggak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, madu murni juga kerap dimanfaatkan untuk kecantikan.

Umumnya, madu menjadi andalan untuk masalah kulit kusam serta jerawat. Namun, ternyata penggunaan madu murni juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah muka bruntusan. Cukup cuci muka hingga bersih sebelum dimasker dengan menggunakan madu murni hingga mengering sebelum kemudian dibilas kembali hingga bersih. Rutinitas ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di kulit wajah yang cukup praktis. 2. Kombinasi Masker Putih Telur dan Lemon Bahan alami selanjutnya yang sangat ampuh untuk masalah bruntusan di wajah adalah lidah buaya.

Kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit, lidah buaya terkenal ampuh untuk melembabkan kulit serta mempercepat penyembuhan luka di kulit. Mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah secara rutin juga ampuh untuk menyembuhkan bruntusan di wajah secara alami.

4. Teh Hijau Sumber Gambar: Freepik Cuka apel mengandung zat asam asetat yang tinggi. Kandungan inilah yang sangat baik untuk meredakan peradangan serta infeksi pada kulit termasuk juga bruntusan pada wajah. Untuk menghilangkan bruntusan menggunakan cuka apel, Toppers bisa mengolesi bagian muka yang bruntusan dengan cuka apel dan didiamkan selama beberapa menit. Lakukan rutinitas ini beberapa kali dalam sehari hingga bruntusan perlahan menghilang.

6. Masker Oatmeal Sumber Gambar: Freepik Cara menghilangkan bruntusan di muka selanjutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal sendiri tekenal karena memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk penyembuhan radang dan bruntusan pada wajah. Cara memanfaatkan oatmeal untuk mengatasi bruntusan juga tidaklah sulit. Cukup haluskan oatmeal dengan sedikit air hangat dan oleskan pada wajah. Pijat dan gosok wajah yang sudah diolesi oatmeal selama 10 hingga 20 menit sebelum kemudian dibilas bersih.

Lakukan rutinitas ini untuk bantu hilangkan bruntusan pada wajah. cara alami menghilangkan bruntusan di wajah juga: 12 Sheet Mask Terbaik untuk Atasi Jerawat dan Beruntusan Sumber Gambar: Freepik Bahan lainnya yang memiliki sifat antiinflamasi selain oatmeal adalah baking soda. Maka dari itu, Toppers bisa membuat masker wajah dari baking soda dengan mencampurkannya dengan sedikit air sebelum dioleskan pada bagian-bagian wajah yang bruntusan.

Setelah didiamkan setidaknya 10-15 menit, bilas wajah dan ulangi rutinitas ini setiap harinya. Namun, cara mengatasi wajah yang bruntusan ini sangat tidak disarankan jika Toppers memiliki kulit yang sensitif mengingat sifat asam yang tinggi pada baking soda bisa saja mengakibatkan iritasi pada kulit.

8. Tomat Sumber Gambar: Paxels Mengandung gizi yang tinggi buah tomat tak cuma baik untuk dikonsumsi, namun juga bisa menjadi solusi masalah wajah bruntusan.

Toppers cukup haluskan tomat dengan menggunakan blender dan gunakan tomat yang telah halus sebagai masker secara rutin pada kulit wajah yang bruntusan. 9. Minyak Cengkeh Sumber Gambar: Freepik Minyak cengkeh mengandung eugenol yang memiliki manfaat menghilangkan rasa gatal serta membuat sel-sel kulit lebih rileks.

Hal ini pulalah yang membuatnya sangat baik untuk proses penyembuhan kulit wajah yang bruntusan. Toppers cukup olehkan sedikit minyak cengkeh pada bagian muka yang bruntusan semalaman sebelum kemudian dibilas bersih. Rutinitas ini akan bantu Toppers mempercepat proses menghilangnya bruntusan pada kulit. 10. Tea Tree Oil Sumber Gambar: Freepik Tea tree memang dikenal memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit, seperti atasi jerawat dan bruntusan.

Adanya kandungan antimikroba dan antiradang yang dapat mempercepat hilangnya bruntusan di wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, kamu cukup teteskan tea tree oil ke air bersih lalu oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. 11. Es Batu Sumber Gambar: Freepik Minyak zaitun memang bermanfaat cara alami menghilangkan bruntusan di wajah kesehatan kulit, salah satunya area wajah. Untuk menghilangkan dan meminimalisir bruntusan di wajah, kamu bisa langsung oleskan minyak zaitun. Setelah dioleskan ke wajah, kamu bisa diamkan terlebih dahulu selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

baca juga: Review Minyak Zaitun Mustika Ratu: Manfaat, Kandungan, dan Harga Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, untuk menghilangkan bruntusan pada wajah serta mencegahnya datang kembali Toppers juga harus memperhatikan rutinitas perawatan wajah sehari-hari. Tahapan paling mendasar dalam perawatan kulit wajag yang setidaknya Toppers lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan wajah bruntusan adalah sebagai berikut: Sumber Gambar: Freepik • Cuci wajah dengan metode double cleansin g Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka biasa saja tidaklah cukup.

Lakukan cuci muka sebanyak dua kali dengan dua jenis sabun cuci muka yang berbeda yakni oil-based atau water-based cleanser sebelum kemudian dibersihkan kembali dengan sabun cuci muka khusus yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. • Exfoliating Selain cuci muka, jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa memicu kulit wajah bruntusan.

Berbeda dengan cuci muka, rutinitas perawatan kulit untuk wajah bruntusan satu ini cukup Toppers lakukan 1-2 minggu sekali. • Nutrisi kulit dengan Toner dan Serum Khususnya untuk Toppers yang gemar menggunakan kosmetik, dua produk perawatan kulit wajah ini wajib digunakan secara rutin untuk menutrisi kulit agar tidak mudah rusak atau iritasi akibat kandungan dari kosmetik.

baca juga: 5 Rekomendasi Masker Organik Terbaik, Apa Saja Manfaatnya? Ternyata tidak sulit bukan mengatasi masalah wajah bruntusan? Tak sabar coba semua tips dan cara mengusir masalah muka bruntusan? Yuk, lengkapi terlebih dahulu produk perawatan kulit wajah terlengkap dengan mudah lewat aplikasi Tokopedia. Mulai dari vitamin kulit, masker wajah, toner, serum, hingga sabun cuci muka!
Jakarta - Bruntusan adalah masalah kulit yang banyak dialami oleh orang-orang.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bruntusan, seperti karena kamu kurang maksimal saat membersihkan wajah, tidak pernah melakukan eksfoliasi, produk makeup yang tidak cocok atau sudah kadaluarsa, dan masih banyak lagi.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara-cara yang dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang paling efektif dengan menggunakan bahan-bahan alami. 1. Lidah Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Lidah Buaya / Foto: iStock Cara menghilangkan cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan lidah buaya.

Cara menghilangkan bruntusan ini cukup ampuh karena lidah buaya memang terkenal memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit.

Tidak hanya bagi kulit yang sedang iritasi, cara menghilangkan bruntusan dengan lidah buaya ini juga dapat menghilangkan gatal-gatal yang diakibatkan dari bruntusan di jidat dan wajah. Lidah buaya juga mengandung vitamin E sehingga sangat baik bagi kulit. Cara menghilangkan bruntusan menggunakan lidah buaya cukup mudah, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tumbuhan tersebut atau membeli gel-gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. 2. Madu Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Madu / Foto: istock Cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami selanjutnya bisa juga menggunakan madu.

Madu dikenal memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi beberapa masalah pada kulit seperti bruntusan, jerawat, dan kulit kusam. Cara menghilangkan bruntusan dengan menggunakan madu bisa tergolong efektif jika kamu menggunakannya secara rutin. Cara menghilangkan bruntusan dengan madu sangat mudah, cukup dengan mengoleskan madu di wajah yang bersih selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan bersih.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Teh Hijau / Foto: iStock Cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami bisa juga menggunakan teh hijau.

Teh hijau memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan tubuh maupun kulit. Cara ini dapat membantu menghilangkan bruntusan di pipi dan dahi. Teh hijau juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kulit. Cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau adalah dengan mengoleskan air teh hijau secara langsung ke area wajah yang kamu inginkan.

4. Tomat Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Tomat / Foto: iStock Selain rasanya yang enak, tomat juga dapat digunakan sebagai asalah stau cara menghilangkan bruntusan menggunakan bahan alami.

Cara menghilangkan bruntusan dengan menggunakan tomat sangat mudah, cukup dengan menghaluskan tomat yang akan digunakan dengan blender. Setelahnya aplikasikan pada area wajah yang diinginkan seperti layaknya menggunakan masker.

Diamkan selama 15 menit dan setelahnya bilas menggunakan air bersih. Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat cukup efektif asal kamu menggunakannya secara rutin. 5. Lemon Cara Menghilangkan BRuntusan Dengan Lemon / Foto: Thinkstock Lemon adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di pipi dan dahi.

Namun bagi kamu yang memiliki kulit sensitif harus lebih berhati-hati saat menggunakannya karena lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Untuk menjadikan lemon sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan bisa dengan mencampurkan perasan air lemon dengan putih telur lalu oleskan hasil campuran tersebut di jidat dan bagian wajah lain secara merata.

Diamkan selama 20 menit hingga mengering lalu bilas sampai bersih. Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu / Foto: iStock Es batu adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan yang cukup efektif dan patut dicoba. ES batu akan memberikan sensasi dingin di wajah sehingga akan mengurangi rasa gatal akibat bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan dengan es batu cukup ampuh untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Cara menghilangkan bruntusan dengan es batu juga cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan es batu pada seluruh area wajah dan siap-siap untuk merasakan sensasi dinginnya. 7. Minyak Zaitun Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Minyak Zaitun / Foto: iStock Cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun memang terkenal memiliki kandungan ampuh untuk melembabkan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin E yang berguna sebagai antioksidan.

Cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun bisa dengan mencampurkan minyak zaitun dengan madu, lalu oleskan ke bagian wajah yang memiliki bruntusan. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil optimal, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun ini secara rutin hingga beruntusan di pipi dan dahi mereda.

8. Minyak Cengkeh Cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami yang satu ini sudah banyak digunakan di tempat-tempat perawatan tubuh seperti salon dan spa. Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat mengatasi rasa gatal dan memberikan sensasi menenangkan pada kulit.

Cara menghilangkan bruntusan dengan cengkeh dapat kamu coba di rumah. Disarankan untuk menambahkan air terlebih dahulu pada minyak cengkeh sebelum mengoleskannya pada wajah agar hasilnya leih baik. 9. Cuka Apel Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cuka Apel / Foto: thinkstock Cara menghilangkan bruntusan selanjutnya yang dapat kamu coba sendiri di rumah adalah dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel memiliki kandungan zat asam asetat yang sangat baik untuk meredakan peradangan dan infeksi pada kulit. Cara menghilangkan bruntusan dengan cuka apel sangat mudah, cukup dengan mengoleskan cuka apel pada wajah yang bermasalah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit sebelum kamu mengangkat kapasnya. Cara menghilangkan bruntusan menggunakan cuka apel ini dapat dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari sampai bruntusan pada wajah hilang.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Oatmeal / Foto: shutterstock Oatmeal adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan yang cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Oatmeal memiliki kandungan anti inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan peradangana akibat bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan oatmeal adalah dengan menghaluskannya menggunakan blender lalu campur dengan air hangat. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dengan cara digosok dan dipijat perlahan selama 10 hingga 15 menit.

Cara menghilangkan bruntusan dengan oatmeal ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari. 11. Putih Telur Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Putih Telur / Foto: iStock Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini cukup efektif dan ampun untuk membasmi masalah bruntusan di kulit yang sedang kamu alami.

Putih telur memiliki manfaat untuk membersihkan dan mengencangkan kulit. Cara menghilangkan bruntusan dengan menggunakan putih telur adalah mengoleskan secara langsung bagian putih telurnya saja yang sudah di kocok ke seluruh area wajah, lalu diamkan selama 30 menit hingga wajah terasa kencang. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih.

12. Soda Kue Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Soda Kue / Foto: iStock Cara menghilangkan cara alami menghilangkan bruntusan di wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue memiliki kandungan anti peradangan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit bruntusan. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan ini karena kandungan asam yang dimilikinya cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan iritasi.

Cara menghilangkan bruntusan dengan soda kue adalah dengan mencampurkannya dengan air, lalu oleskan pada bagian kulit yang bruntusan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih. (vio/vio) MOST POPULAR • Viral Kisah Sedih Anak Bupati Istrinya Meninggal Dunia Usai Melahirkan • 10 Foto Transformasi Artis Sebelum dan Setelah Photoshop, Madonna Bikin Kaget • Sinopsis Woori the Virgin, Drakor Diadaptasi dari Serial AS, Tayang di Viu • Kontroversi Influencer yang Berhubungan Intim 5 Kali Sehari, Sampai Pingsan • 8 Potret Viral Wanita yang Pelihara 6 Buaya di Rumah, Nggak Ada Takut-takutnya • Yuki Kato Pamer Foto Keluarga, Wajah Ayahnya yang Jarang Tersorot Curi Atensi • Viral Pengamen Badut Cilik Berparas Cantik Sampai Mau Diadopsi, Ini Sosoknya • Potret Buruh Desa yang Viral Fashion Show di Sawah, Kini Sukses Jadi Model • Wanita Ini Viral Pelihara 6 Buaya di Rumahnya, Berkeliaran Bebas Tanpa Kandang • Most Pop Sepekan: Gaya Naysila Mirdad di Hari Lebaran, Diisukan Mualaf Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam Bruntusan atau jerawat pasir adalah jerawat yang ditandai dengan bintil kecil dan biasanya hampir tidak terlihat.

Namun, jenis jerawat ini terasa kasar ketika disentuh. Meski hampir tidak tampak, bruntusan tentu mengganggu kepercayaan diri sebagian orang. Itu sebabnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah hanya dalam semalam. Di bawah ini beberapa tips mengatasi bruntusan agar tidak mengganggu penampilan Anda. 1. Menggunakan es batu Salah satu cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat yaitu memanfaatkan es batu untuk wajah.

Selain untuk menyegarkan minuman Anda, es batu juga bisa dipakai sebagai alternatif mengatasi jerawat pasir.

Dilansir dari Cleveland Clinic, penggunaan es batu dapat membantu mengatasi jerawat, terutama yang berwarna merah dan bengkak. Hal ini dikarenakan efek dingin dari es dapat meredakan peradangan sementara waktu meski efeknya cepat hilang. Meski begitu, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba es batu sebagai cara menghilangkan bruntusan dengan cepat. Ada pun cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam dengan es batu yakni sebagai berikut.

• Bungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin. • Tempelkan kain pada jerawat selama satu menit. • Lakukan 1 – 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Perlu diketahui bahwa es batu tidak mesti menghilangkan bruntusan dalam semalam. Namun, cara ini setidaknya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah dengan cepat.

2. Memakai tea tree oil Selain es batu, cara lain menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yaitu dengan memakai tea tree oil.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Minyak jenis ini sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga yang parah. Begini, penelitian yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit minyak pohon teh dapat melawan jerawat. Sayangnya, cara ini hanya berlaku pada mereka yang tidak memiliki reaksi alergi terhadap minyak ini.

Bila tea tree oil yang dioleskan pada wajah yang berjerawat memicu alergi, tentu hal ini bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh sebab itu, selalu uji bahan alami pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum dipakai pada wajah.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

3. Mengoleskan teh hijau Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum teh hijau menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa mengoleskan langsung teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi bruntusan dengan cepat?

Berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam The Journal of investigative dermatology. Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Jenis antioksidan ini ternyata dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk bruntusan dengan cara: • melawan peradangan, • mengurangi produksi sebum, serta • menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat ( P.

acnes ). Kabar baiknya, olahan teh hijau untuk jerawat dengan cara dioleskan pada wajah tersedia cukup banyak di pasaran. Bahkan, Anda juga bisa membuat olesan teh hijau di rumah dengan mudah.

4. Membuat masker madu Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu yang kaya manfaat ternyata juga bisa dimasukkan ke dalam salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Madu merupakan bahan alami yang diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup.

Ketiganya bersatu dan menghasilkan proses yang unik, sehingga membuat madu sangat berguna, terutama untuk melawan jerawat. Hal ini mungkin dikarenakan madu, terutama madu mentah, membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit. Salah satu jenis madu mentah yang sering dipakai dalam obat alami jerawat adalah madu manuka. Anda bisa mengolah madu menjadi masker yang bermanfaat bagi wajah yang bruntusan. Beberapa langkah untuk membuat masker dari olahan madu untuk jerawat yaitu: • campurkan madu dengan kayu manis, • hangatkan campuran tersebut dalam microwave, • oleskan pada kulit, • diamkan selama 8 – 10 menit, dan • bilas wajah dengan air hangat serta tepuk kulit hingga kering.

Bila Anda alergi terhadap madu atau kayu manis, hindari penggunaan keduanya untuk mencegah kemunculan reaksi alergi. Jika tidak yakin, pastikan Anda melakukan patch test (uji tempel) pada madu dan bahan lain yang hendak digunakan. 5. Melembapkan wajah dengan lidah buaya Lidah buaya termasuk tanaman sukulen (batang dan daun cara alami menghilangkan bruntusan di wajah yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Bahkan, tanaman berwarna hijau ini disebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Kandungan gel bening yang ada dalam daun lidah buaya merupakan jawaban dari temuan tersebut.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat. Salah satu penelitian tersebut berasal dari Journal of Dermatological Treatment. Penelitian ini membandingkan dua kondisi, yaitu menggunakan tretinoin tropikal dan gel lidah buaya, sedangkan lainnya memanfaatkan tretinoin dan plasebo.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat yang memerah. Meski tidak langsung dapat menghilangkan bruntusan dalam semalam, setidaknya lidah buaya dapat meredakan peradangan dengan cepat. Kenyataannya, tidak ada cara yang benar-benar dapat menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Namun, Anda masih bisa mencoba berbagai langkah di atas untuk meredakan kondisi yang dialami, asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter. Malhi, H., Tu, J., Riley, T., Kumarasinghe, S., & Hammer, K. (2016). Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study. Australasian Journal Of Dermatology, 58(3), 205-210. doi: 10.1111/ajd.12465. Retrieved 15 March 2021. Yoon, J. Y., Kwon, H.

H., Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah, S. U., Thiboutot, D. M., & Suh, D. H. (2013). Epigallocatechin-3-gallate improves acne in humans by modulating intracellular molecular targets and inhibiting P.

acnes. The Journal of investigative dermatology, 133(2), 429–440. https://doi.org/10.1038/jid.2012.292. Retrieved 15 March 2021. Burlando, B., & Cornara, L. (2013). Honey in dermatology and skin care: a review. Journal Of Cosmetic Dermatology, 12(4), 306-313. doi: 10.1111/jocd.12058. Retrieved 15 March 2021. Hajheydari, Z., Saeedi, M., Morteza-Semnani, K., & Soltani, A.

(2013). Effect of Aloe vera topical gel combined with tretinoin in treatment of mild and moderate acne vulgaris: a randomized, double-blind, prospective trial. Journal Of Dermatological Treatment, cara alami menghilangkan bruntusan di wajah, 123-129.

doi: 10.3109/09546634.2013.768328. Retrieved 15 March 2021. A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of a Pimple — Stat!. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 15 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/a-dermatologists-advice-on-how-to-get-rid-of-a-pimple/ Ngan, V.

(2014). Comedonal acne. Dermnet NZ. Retrieved 15 March 2021, from https://dermnetnz.org/topics/comedonal-acne/
• #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Memiliki wajah yang halus dan bebas dari jerawat memang manjadi idaman banyak orang.

Namun, bagaimana kalau wajah kamu tiba-tiba mengalami bruntusan? Wajah bruntusan membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Bruntusan sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun umumnya bruntusan disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau saat sedang melakukan pengobatan tertentu. Selain menyebabkan wajah menjadi gatal dan kemerahan, bruntusan juga membuat tampilan kulit wajah menjadi tidak mulus lagi.

Belum lagi dapat menyebabkan bekas di kulit yang tidak mudah hilang jika digaruk. Bahkan, menggaruk area bruntusan dapat menyebabkan kulit mengalami infeksi. Nah, agar bruntusan pada wajah tidak semakin parah, sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan bruntusan dengan alami yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan bahan-bahan alami ini, bruntusan bisa sedikit diringankan dan perlahan bisa hilang. Lantas, apa saja bahan-bahannya? Berikut Popmama.com telah merangkum cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan menggunakan 7 bahan alami: Freepik/user6608689 Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam bisa dilakukan dengan menggunakan es batu.

Sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan. Cara ini juga umumnya digunakan untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Karena masalahan wajah bruntusan tidak separah jerawat, penggunaan es batu dirasa ampuh untuk menyembuhkannya dalam semalam. Bahkan sudah banyak yang berhasil membuktikannya sendiri, lho!

Pexels/Pixabay Sejak dulu madu memang dikenal luas memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Madu sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit kusam dan juga jerawat.

Nah, ternyata madu juga terbukti ampun menghilangkan bruntusan dalam semalam, lho. Caranya sederhana, yaitu cukup mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Biarkan hingga mengering, lalu langsung bilas dengan air bersih. Unsplash/Vince Lee Buah-buahan yang sering dijadikan jus ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi tomat bisa mengatasi mengatasi masalah mata minus. Tidak hanya itu, ternyata tomat juga ampuh untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah. Maka tidak heran jika banyak yang menggunakan tomat untuk mengatasi masalah bruntusan maupun jerawat di wajah.

Caranya juga sangat mudah, pertama haluskan tomat dengan cara diblender lalu jadikan masker wajah. Biarkan hingga mengering lalu bilas wajahmu dengan air bersih. Pexels/Rawpixel.com Meskipun rasanya yang sangat asam ketika dimakan, lemon ternyata memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Caranya dengan mencampurkannya dengan telur putih terlebih dahulu lalu oleskan secara merata pada wajah. Biarkan hingga mengering kemudian bersihkan wajah dengan air bersih. Freepik/zirconicusso Selama ini banyak orang yang mengonsumsi teh cara alami menghilangkan bruntusan di wajah untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat.

Namun ternyata manfaat teh hijau tidak sebatas hanya itu saja.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Teh hijau juga ampuh menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Kandungan anti-oksidan dalam teh hijau dapat menyembuhkan kulit wajah yang bermasalah.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

naturalcosmeticsartesana.com Memberikan efek dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin. Apabila kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat. Freepik.com Kamu bisa menemukan minyak cengkeh ini di salon atau tempat SPA. Carilah sebotol kecil minyak cengkeh. Minyak ini mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit.

Sebelum mengaplikasikannya di wajah yang mengalami bruntusan, lebih baik campurlah dengan sedikit air terlebih dahulu. Pexels/Polina Tankilevitch Paling mudah tersedia, telur tidak hanya enak tetapi bagian putihnya juga mengandung enzim alami yang membantu meratakan kulit dan meringankan noda dan bekas luka yang paling gelap.

Cara pakai: Ambil sebutir telur dan pisahkan saja bagian putihnya dari kuningnya. Sekarang, oleskan putih telur menggunakan jari atau kuas dan biarkan kering. Setelah benar-benar kering, bilas dengan air dingin. Menerapkan putih telur dua kali seminggu selama sebulan benar-benar akan membuat noda memudar.

bukalapak.com Untuk shea butter, kamu butuh shea butter organik. Caranya: • Bersihkan wajah kamu dan keringkan • Oleskan shea butter dan pijat selama beberapa menit agar benar-benar terserap ke dalam kulit • Diamkan semalaman Shea butter memelihara kulit dan mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mengurangi cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dan bekas luka.

Ini akan membuat kulit halus dan tampak muda. Wikimedia Commons Kamu butuh: • 1/2 sendok teh bubuk kunyit • 1 sendok makan madu • 1 sendok teh jus lemon Cara mengaplikasikannya: • Oleskan campuran bahan pada wajah selama 10-12 menit. • Bilas terlebih dahulu dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin.

Curcumin, fitokimia utama yang ditemukan dalam kunyit, memiliki sifat antioksidan dan penyembuhan kulit. Ini meratakan warna kulit dan memudarkan noda, bekas luka, dan bintik hitam. Nah, itulah ketujuh bahan alami yang cepat hilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Selamat mencoba cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan menggunakan 10 bahan alami dan semoga berhasil! Baca juga: • 8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Efektif • Ini Bahan Aman untuk Menghilangkan Jerawat Bagi Ibu Menyusui • 5 Penyebab Skincare Anti-Jerawat yang Kamu Gunakan Tidak Efektif
10 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami, Wajah Dijamin Mulus dan Sehat!

7 menit membaca Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah Nadhillah Kusindriani pada June 15, 2021 Banyaknya cara menghilangkan bruntusan secara alami, seperti menjadi jawaban terbaik buat kamu yang sudah jenuh menggunakan berbagai produk kecantikan berbahan kimia.

Pasalnya, dengan bahan alami saja, bruntusan yang ada di wajahmu dapat bersih dan hilang sempurna. Jika ingin mencoba cara menghilangkan bruntusan secara alami, tentunya kamu harus sabar karena semua prosesnya tidak instan.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, yakni kulit mulus tanpa tekstur, bersih, cerah dan juga sehat. Tetapi, bahan apa saja sih yang sebenarnya dibutuhkan untuk menghilangkan bruntusan secara alami?

Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya pada artikel satu ini! Mengenal Sekilas tentang Bruntusan Poin pertama yang wajib diketahui selain cara menghilangkan bruntusan secara alami, yaitu tentang bruntusan itu sendiri.

Jadi, bruntusan sebenarnya bukan jerawat, melainkan salah satu masalah kulit yang membuat area wajah muncul bintik-bintik kecil kemerahan.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Mungkin keberadaan bruntusan tidak terlalu terlihat seperti jerawat, namun tetap saja bruntusan dapat membuat rasa percaya diri menurun. Apalagi, bruntusan juga kerap menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat. Maka dari itu, bruntusan tetap harus ditangani dengan baik, untuk mengurangi potensi iritasi yang dapat terjadi. Selain itu, mengobati bruntusan juga bisa mengurangi kemungkinan untuk kamu menggaruknya, apabila kulit yang bruntusan sedang terasa gatal.

(Baca Juga: Urutan Skincare Terbaik untuk Jerawat) Faktor Penyebab Bruntusan Berbicara tentang bruntusan, kamu pasti penasaran dengan faktor penyebabnya. Pasalnya, bruntusan seringkali muncul tanpa sebab yang pasti. Umumnya, bruntusan disebabkan oleh kulit wajah yang kotor, akibat tidak dibersihkan dengan benar atau stres.

Namun selain itu, masih banyak lagi faktor penyebab bruntusan yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu: • Pori-pori yang tersumbat akibat penumpukan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati • Perubahan hormon • Milia yang muncul akibat wajah terkena paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang, penggunaan krim steroid di wajah, hingga prosedur kecantikan tertentu • Dermatitis kontak, yang terjadi akibat kulit wajah terpapar zat alergen penyebab iritasi kulit.

Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami Jika faktor penyebab bruntusan sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, maka kali ini kamu akan mengetahui cara menghilangkan bruntusan secara alami.

Yang mana, cara ini bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah didapat, seperti: 1. Teh hijau Cara menghilangkan bruntusan secara alami yang pertama, yaitu teh hijau. Bahan yang satu ini diketahui mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG), yang bisa menghilangkan bruntusan secara efektif, sekaligus mengatasi kulit berminyak.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan dengan teh hijau sangat mudah, di antaranya yaitu: • Seduh daun atau kantong teh hijau dengan air hangat • Campurkan teh hijau dengan madu atau gel lidah buaya, lalu aduk rata • Kemudian, oleskan campuran teh hijau ke area dahi yang sudah dibersihkan secara merata • Jika sudah, diamkan masker selama 10 – 20 menit • Setelah itu, bersihkan wajah dengan air mengalir • Untuk mendapat hasil maksimal, gunakan masker wajah secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu.

2. Cuka apel Berikutnya, yaitu cuka apel. Cara menghilangkan bruntusan secara alami ini dinilai efektif, karena mampu mengendalikan bakteri penyebab cara alami menghilangkan bruntusan di wajah, sekaligus mengurangi bruntusan di area wajah. Hal itu bisa terjadi, karena cuka apel mengandung zat asam asetat yang sangat baik dalam membantu meredakan peradangan kulit.

Namun, cuka apel ini tidak bisa dipakai sembarangan.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, agar cuka apel memberikan khasiat yang tepat sesuai kebutuhan kulit. Jika ingin tahu langkah-langkah menggunakan cuka apel untuk mengurangi bruntusan pada kulit, yuk simak uraian berikut ini. • Campurkan 1 sdt cuka sari apel dengan 3 sdm air, aduk rata • Oleskan cuka apel ke area dahi yang sudah dibersihkan sebelumnya menggunakan kapas hingga merata • Jika sudah, diamkan sejenak selama 5 – 20 detik, lalu bersihkan dahi dengan air mengalir, keringkan • Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin, namun tetap menyesuaikan kebutuhan kulit.

3. Madu Tidak hanya dikenal sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami, madu juga diketahui mampu menyelesaikan permasalahan kulit wajah seperti kusam. Cara yang perlu dilakukan untuk menjadikan madu sebagai obat bruntusan pun mudah, yaitu kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Setelah itu diamkan sejenak, hingga madu mengering. Jika sudah kering, kamu bisa langsung membilasnya hingga bersih dengan air mengalir. 4. Lemon Selain melakukan tiga cara di atas, kamu juga bisa loh menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami. Namun, cara ini tidak dianjurkan jika kamu hanya menggunakan buah lemon saja. Kamu perlu mencampurkannya dengan telur putih terlebih dahulu, lalu aduk hingga rata, kemudian baru oleskan pada kulit wajah yang bruntusan secara merata.

Jika semua bagian kulit wajah yang bruntusan sudah tertutup masker, selanjutnya kamu tinggal menunggunya hingga kering, lalu bersihkan wajah dengan air mengalir sampai bersih. Bagaimana, benar-benar sangat mudah bukan?

Apabila dilakukan secara rutin, bruntusan di wajah pasti akan hilang. 5. Lidah buaya Sepertinya sudah menjadi rahasia umum, apabila lidah buaya menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi bruntusan di wajah. Hal itu tak lain karena, lidah buaya dapat memberikan efek dingin, sekaligus meredakan rasa gatal yang timbul akibat bruntusan. Terlebih, lidah buaya juga mengandung Vitamin E yang tinggi, yang dapat menyembuhkan luka bakar dan gatal akibat iritasi.

Adapun cara menghilangkan bruntusan secara alami yang bisa kamu lakukan dengan lidah buaya, yaitu cukup mengaplikasikan gel lidah biaya ke area wajah yang gatal secara merata. Jika sudah diamkan sejenak, dan apabila dirasa sudah meresap, bersihkan wajah dengan air dingin yang mengalir. 6. Es batu Menggunakan es batu, bisa dibilang merupakan cara menghilangkan bruntusan secara alami paling mudah. Bagaimana tidak, pasalnya kamu cukup membungkus beberapa bongkah es batu dengan handuk atau kain bersih, lalu menempelkannya di bagian wajah yang mengalami bruntusan.

Penggunaan es batu ini mungkin tidak bisa menghilangkan bruntusan seutuhnya, namun setidaknya dapat mengurangi rasa gatal, serta kemerahan yang muncul di permukaan wajah.

7. Tomat Apakah kamu tahu, kalau tomat ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah? Melansir kesehatan.kontan.id, tomat diketahui mengandung zat asam yang mampu melawan bakteri penyebab bruntusan. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu menyembuhkan bekas jerawat dengan sangat baik.

Jika ingin coba menggunakan tomat untuk menghilangkan bruntusan, kamu bisa ambil satu buah tomat yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu, gunakan ekstraknya untuk dioleskan ke seluruh permukaan wajah yang bruntusan secara merata.

Diamkan sejenak hingga ekstrak tersebut mengering, lalu bilas hingga bersih menggunakan air mengalir. Apabila cara ini dilakukan secara rutin, maka bisa dipastikan kalau bruntusan di wajahmu akan hilang secara perlahan. 8. Soda kue Memiliki sifat antiinflamasi, soda kue dinilai menjadi cara menghilangkan bruntusan secara alami yang efektif.

Sebab, soda kue juga mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah yang terjadi akibat bruntusan. Namun pastikan, jangan gunakan soda kue pada kulit yang sensitif. Hal itu karena, soda kue sifat kandungan asamnya cukup tinggi, sehingga sangat berisiko untuk menyebabkan iritasi. Nah buat kamu yang tidak memiliki kulit sensitif, bisa coba menggunakan cara ini dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut: • Menyiapkan soda kue secukupnya, lalu campur dengan air dan aduk rata • Jika sudah, oleskan campuran tersebut ke area wajah yang bruntusan secara merata • Setelah selesai, diamkan sejenak kurang lebih 10 – 15 menit • Apabila campuran soda kue tersebut sudah kering, bilas wajah menggunakan air mengalir hingga bersih • Untuk hasil maksimal, lakukan semua cara di cara alami menghilangkan bruntusan di wajah secara rutin menyesuaikan kebutuhan wajah.

9. Oatmeal Bahan alami lainnya yang digunakan untuk menghilangkan bruntusan, yaitu oatmeal. Di sini, peran oatmeal bisa dibilang cukup tinggi, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, karena mengandung sifat antiinflamasi yang baik untuk menyembuhkan peradangan. Apalagi, cara menggunakan oatmeal untuk menghilangkan bruntusan pun sangat mudah, di antaranya yaitu: • Mengambil oatmeal secukupnya, lalu blender hingga halus • Kemudian, campur oatmeal yang sudah dihaluskan dengan air hangat, lalu aduk hingga rata • Jika sudah, oleskan masker oatmeal tersebut ke area wajah yang bruntusan, lalu gosok dan pijat perlahan selama kurang lebih 10 -15 menit • Agar hasil yang didapatkan maksimal, lakukan cara ini dengan rutin menyesuaikan kebutuhan wajah.

10. Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah zaitun Mengandung vitamin E tinggi yang berguna sebagai antioksidan, minyak zaitun juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bruntusan. Dalam pengaplikasiannya, minyak zaitun pun tidak bisa digunakan begitu saja.

Kamu perlu mencampurkannya dengan madu, agar hasil yang diberikan maksimal. Untuk langkah-langkahnya sendiri, kamu bisa langsung mengoleskan campuran minyak zaitun dan madu ke area wajah yang bruntusan. Setelah itu, diamkan sejenak selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

cara alami menghilangkan bruntusan di wajah

Bagaimana, benar-benar sangat mudah, bukan? (Baca Juga: Obat Alami Jerawat Paling Ampuh) Itulah sejumlah cara menghilangkan bruntusan secara alami, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Dari semua cara yang diberikan tersebut, kamu mungkin tertarik untuk segera mencobanya, karena mudah dilakukan. Tetapi buat kamu yang belum berani melakukan cara tersebut, jangan khawatir. Kamu bisa kok mengambil langkah medis, seperti: • Menggunakan obat yang mengandung benzoil peroksida • Obat dengan kandungan asam salisilat • Obat bruntusan berupa retinoid • Obat bruntusan resorcinol dan sulfur • Melakukan chemical peeling • Terapi laser • Tindakan khusus untuk mengeluarkan bruntusan.

Satu dari sekian banyak langkah di atas bisa kamu ambil, jika dirasa sesuai dengan kebutuhan wajahmu. Tetapi kamu perlu tahu, kalau biaya yang harus dikeluarkan mungkin sangat besar, sehingga kamu harus mempersiapkan dana yang mencukupi dari sekarang.

Namun, apabila keadaannya mendesak dan biaya yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, kamu bisa menggunakan kartu kredit terlebih dahulu. Sebab dengan kartu kredit, kamu bisa melakukan transaksi cara alami menghilangkan bruntusan di wajah limit yang diberikan, tanpa harus memiliki sejumlah uang tunai.

Dan nantinya, kamu tinggal membayar tagihan tersebut dengan cara dicicil, agar tidak memberatkan. Jadi bagaimana, apakah kamu sudah memiliki kartu kredit?

Kalau belum, jangan khawatir. Saat ini, kamu bisa loh mengajukan kartu kredit secara online melalui CekAja.com. Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi?

Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga! Mau Kartu Kredit Banyak Keuntungan? Dapat Diskon, Reward Belanja, Cicilan 0% Cek Aja di Sini Lebih seperti ini • Lifestyle Kartu Kredit • Semua Kartu Kredit • Kartu Kredit Terbaik Pinjaman • Pinjaman Terbaik • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Pemilikan Rumah • Kredit Kendaraan Bermotor • Kredit Dengan Agunan • Pinjaman Online • Pinjaman Cepat Investasi • Tabungan Layanan Skor Kredit • Skor Kredit Kredit UKM • Usaha Kecil Menengah • Small Business Banking Informasi Produk • Mitra Produk Perbankan • Mitra Produk Multifinance • Mitra Pinjaman Online Kalkulator • Kalkulator KTA • Kalkulator KPR • Kalkulator Modal • Kalkulator UKM Info & Blog • Tanya Ahli • Berita & Tips • Asuransi • Promo Cekaja Tentang Kami • Tentang Cekaja.com • Pusat Bantuan • Press Release • Publikasi Media • Lembar Fakta CekAja.com adalah Financial Marketplaces dibawah naungan PT Puncak Finansial Utama dan tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital (“GIKD”) dari Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) dengan Nomor S-77/MS.72/2019.

Selain GIKD - OJK, CekAja.com juga diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia (“BI”) dan Asosiasi FinTech Indonesia (“AFTECH”). Layanan penilaian kredit atau Credit Scoring yang tersedia di CekAja.com adalah layanan penilaian kredit dengan merek “CekSkor”. CekSkor adalah Innovative Credit Scoring dibawah naungan PT Puncak Akses Finansial dan tercatat di GIKD – OJK dengan Nomor S-274/MS.72/2019. Selain GIKD - OJK, CekSkor juga diatur dan diawasi oleh AFTECH.

Disclaimer: CekAja.com berusaha menyediakan informasi terkait produk Lembaga Jasa Keuangan dan layanan CekSkor secara akurat dan terkini, namun apabila terdapat perbedaan informasi maka tetap mengacu pada informasi yang diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan.

Harap untuk melakukan verifikasi informasi produk sebelum Anda mengambil keputusan finansial di CekAja.com. Kartu Kredit • Semua Kartu Kredit • Kartu Kredit Terbaik Fitur kartu kredit • Kartu Kredit Air Miles • Kartu Kredit Belanja • Kartu Kredit Perjalanan • Kartu Kredit Cashback • Kartu Kredit Promosi • Kartu Kredit Tanpa Biaya Tahunan • Kartu Kredit Promo Isi Bensin • Kartu Kredit Rewards • Kartu Kredit Wanita Manajemen Utang • Solusi Masalah Utang Dapatkan Profil Skor Kredit • Cek Skor Kredit Mitra Cekaja • Mitra Produk Perbankan Promo • Promo CekAja Kredit dan Pinjaman • Pinjaman Terbaik • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Pemilikan Rumah • Kredit Kendaraan Bermotor • Kredit Dengan Agunan • Pinjaman Pendidikan • Pinjaman Online • Pinjaman Cepat Manajemen Utang • Solusi Masalah Utang Kredit UKM • Usaha Kecil Menengah • Small Business Banking Dapatkan Profil Skor Kredit • Cek Skor Kredit Mitra Cekaja • Mitra Produk Perbankan • Mitra Produk Multifinance • Mitra Pinjaman Online Promo • Promo CekAja Kalkulator • Kalkulator KTA • Kalkulator KPR • Kalkulator Modal • Kalkulator UKM Info dan Tips • Tips Finansial • Info Kartu Kredit • Info Kredit dan Pinjaman • Info Pinjaman Online • Info Cara alami menghilangkan bruntusan di wajah • Info Syariah • Info Investasi • Berita OJK • UKM • Tanya Ahli Promo • Promo CekAja Pahami Skor Kredit • Mengenal Skor Kredit • Tingkatkan Skor Kredit • Tentang Skor Kredit Tentang Kami • Tentang Cekaja.com • Press Release • Publikasi Media • Lembar Fakta Jelajahi Produk • Kartu Kredit • Kredit dan Pinjaman • Kredit UKM • Investasi dan Tabungan Informasi Produk • Mitra Produk Perbankan • Mitra Produk Multifinance • Mitra Pinjaman Online • Skor Kredit • Promo CekAja Info & Blog • Tanya Ahli • Berita & Tips • Promo Cekaja Tentang Kami • Tentang Cekaja.com • Press Release • Publikasi Media • Lembar Fakta • Pusat Bantuan • Semua Kartu Kredit • Kartu Kredit Terbaik • Kartu Kredit Belanja • Kartu Kredit Rewards • Kartu Kredit Cashback • Kartu Kredit Promosi • Kartu Kredit Perjalanan • Kartu Kredit Wanita • Kartu Kredit Air Miles • Kartu Kredit Promo Isi Bensin • Kartu Kredit Tanpa Biaya Tahunan • Solusi Masalah Utang • Promo CekAjaMelansir Healthlinewhiteheads terbentuk ketika sel-sel kulit mati, sebum (minyak), dan kotoran menyumbat pori-pori.

Tidak seperti blackhead yang dapat dikeluarkan, komedo putih tertutup dalam pori-pori. Sehingga, perawatannya sedikit lebih susah, namun bukan berarti bruntusan tidak bisa disembuhkan.

BRUNTUSAN KARENA CREAM WAJAH




2022 www.videocon.com