Tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Salah satu gerakan dasar dalam permainan tenis meja adalah gerakan memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Gerakan tersebut termasuk dalam teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Permainan tenis meja adalah salah satu olahraga bola kecil yang dapat dimainkan secara tunggal atau ganda.

Permainan tenis meja merupakan olahraga yang mirip dengan permainan tenis lapangan. Pukulan forehand push dilakukan dengan berdiri dan posisi kaki kiri di depan serta kaki kanan di belakang. Pegang bet dengan tangan kanan dan putar bahu ke belakang hingga posisi bet di belakang bawah, kemudian ayunkan bet dari kanan bawah ke depan atas dengan menggerakkan seluruh lengan dan memutar bahu ke depan.

Pukulan backhand push dilakukan dengan posisi badan berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Pegang bet dengan tangan kanan dan putar bahu kanan ke depan hingga posisi bet berada di kiri bawah.

Kemudian ayunkan bet dari kiri bawah ke depan atas dengan memutar bahu kanan ke belakang. Gerakan memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka ini biasanya digunakan untuk mengembalikan laju putaran bola rendah dan atau dekat dengan net.

Juga dipergunakan untuk mengembalikan bola servis backspin rendah dan dekat net. Pukulan push umumnya dipakai untuk defensif. Bola dipukul tepat setelah bouncing dengan bet terbuka. (DNR) Olahraga ping-pong butuh ketangkasan dan fokus tinggi. Pelajari teknik dasar tenis meja dan penjelasannya untuk para pemula!

Di berbagai kalangan masyarakat, terdapat salah satu permainan olahraga yang dikenal secara luas. Permainan tersebut merupakan tenis meja ( table tennis) atau ping-pong. Tenis meja adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua orang (permainan tunggal) atau dua pasang orang (permainan ganda) dengan menggunakan bet (raket tenis meja), bola tenis, meja tenis, dan net. Permainan olahraga tenis meja telah menjadi kegiatan yang populer dilakukan oleh banyak orang sejak awal tahun 1900-an.

Mulanya, tenis meja dimainkan oleh masyarakat Inggris. Sebutannya kala itu adalah wiff waff. Setelah itu, permainan tersebut mulai dikenal masyarakat global di berbagai belahan dunia. Ketenaran tenis meja bukan hanya sebatas permainan yang mengasyikkan saja, tetapi juga kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Karena tenis meja membutuhkan gerak tubuh yang lincah dan koordinatif, serta akurasi yang tepat.

Alhasil, otot tubuh, saraf, dan intuisi semakin terlatih seiring kegiatan tenis meja. Seperti olahraga lain, tenis meja juga memiliki teknik-teknik dasar yang harus dipelajari, terutama bagi para pemain pemula. Tujuannya, tentu agar permainan dapat berjalan lancar, aman dan menyenangkan. Nah, kamu harus mengetahui teknik dasar permainan tenis meja sebelum melakukan permainan olahraga ini.

Apa saja teknik dasar tenis meja? Yuk, cek penjelasannya sebagai berikut! Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi. Baca Juga: Main Tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja Seru dengan Merk Bet Tenis Meja Terbaik Teknik Dasar Tenis Meja & Penjelasannya 1.

Teknik Memegang Bet ( Grip) Sumber Gambar: Expert Table Tennis Sebagai tahap awal untuk memulai permainan, kamu harus tahu cara memegang bet atau raket tenis meja. Bentuk dan ukuran bet terbilang unik, sehingga diperlukan pengetahuan terkait cara untuk menguasai dan menggunakannya.

Kamu dapat melakukan salah satu dari tiga teknik memegang bet yang ada, yakni shakehand grip, seemiller grip, dan penhold grip. • Teknik Shakehand Grip Teknik shakehand grip merupakan teknik multiguna yang paling sering dipakai oleh sejumlah pemain.

Salah satu alasan yang menjadikan teknik ini sebagai teknik memegang bet terbaik, yakni teknik ini dapat memberi peluang kepada pemain untuk melakukan pukulan backhand secara mudah dan cepat. Cara melakukannya pun tidak begitu menyulitkan. Kamu hanya perlu memosisikan tanganmu di gagang bet seperti bentuk jabat tangan saja, sementara kepala bet diposisikan ke atas.

• Teknik Seemiller Grip Teknik seemiller grip masih mirip dengan teknik sebelumnya. Pada teknik ini, kamu hanya perlu memosisikan telunjukmu di bagian sisi bet seolah telunjukmu menjadi penyangga kepala bet. Sementara posisi jari lainnya menyerupai bentuk jabat tangan. • Teknik Penhold Grip Teknik penhold grip merupakan teknik yang dilakukan dengan cara meniru bentuk posisi tangan ketika memegang pena atau sejenisnya. Umunya, teknik ini populer digunakan oleh pemain yang berada di kawasan Asia.

Pergerakan kaki dan tubuh pemain yang lincah pun dibutuhkan agar teknik ini semakin optimal. Untuk melakukan teknik ini, kamu harus memosisikan jari-jarimu seperti bentuk memegang pena. Sementara itu, kepala bet mengarah ke bawah atau posisinya ke arah bawah. 2.

Sikap atau Posisi Tubuh ( Stance) Sumber Gambar: Ping Pong Setelah mempelajari teknik memegang bet, kamu harus menguasai sikap atau posisi tubuh dalam bermain tenis meja. Hal itu berguna untuk penyesuaian diri dengan gaya dan teknik bermain yang diinginkan. Terdapat dua sikap siap siaga yang dapat kamu lakukan, yakni side stance dan square stance.

• Side Stance Pada posisi ini, tubuh pemain harus berada di sisi meja sekaligus menyamping ke kiri atau kanan. Posisi ini biasanya sering dikaitkan dengan posisi untuk menyerang. • Square Stance Posisi square stance membutuhkan ketepatan positioning yang tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja. Kamu harus berada di posisi tengah, sementara tubuhmu menghadap ke net. Posisi ini biasanya digunakan untuk blocking dan membalikkan servis.

3. Gerakan Kaki ( Footwork) Sumber Gambar: Table Tennis Spot Banyak pemain pemula yang tidak menyadari bahwa gerakan kaki sangatlah berpengaruh terhadap teknik dan posisi tubuh yang digunakan.

Terlebih lagi, gerak kaki dapat menghambat tindakan tertentu, misal gerakan attacking dan blocking. Biasanya, teknik yang diandalkan pada footwork adalah teknik two-step. Teknik tersebut dapat dilakukan dengan cara menekuk sedikit bagian lutut, kemudian menumpukan dan menyeimbangkan berat tubuh pada masing-masing kaki.

Mau lebih praktis kirim orderan? Kurir Rekomendasi Tokopedia solusinya! 4. Teknik Servis ( Serve) Sumber Gambar: LiveAbout Tindakan pertama yang dilakukan untuk menandakan mulainya permainan olahraga tenis meja adalah servis. Pada permainan olahraga tersebut, dikenal tiga servis yang sering digunakan oleh sejumlah pemain, yakni forehand fast serve, forehand pendulum serve, dan backhand sidespin serve.

• Teknik Forehand Fast Serve Teknik ini dapat dilakukan untuk memojokkan lawan main dan memberinya servis kejutan. Cara melakukan teknik servis ini, yakni pukullah bola tenis meja sekuat-kuat dan secepat-cepatnya dengan teknik forehand atau pukulan dari posisi samping tubuh.

• Teknik Forehand Pendulum Serve Salah satu teknik dasar tenis meja terbaik adalah forehand pendulum serve. Teknik servis tersebut mudah dipelajari, namun sulit dikuasai secara penuh. Meski demikian, kamu masih tetap dapat melakukannya.

Caranya, pukullah bola dengan ujung atau pinggiran kepala bet, lalu balikkan sisi betnya. • Teknik Backhand Sidespin Serve Jika kamu ingin membalikkan keadaan, lakukanlah teknik backhand sidespin serve. Nanti, jalannya permainan akan berpihak padamu. Agar dapat melakukan teknik ini, kamu harus memukul bola dengan pinggiran kepala bet dari bawah dada atau tubuh.

Setelah itu, bet harus diputarbalikkan. 5. Teknik Serangan ( Attacking) Sumber Gambar: Tom Lodziak Table Tennis Coaching Agar kamu mencetak skor lebih mudah, kamu dapat melakukan gerakan menyerang tentunya.

Sebenarnya, ada beragam teknik serangan tenis meja yang digunakan oleh para pemain, namun kamu hanya perlu mempelajari dua teknik dasar serangan tenis meja saja. • Teknik Forehand Attack Teknik forehand attack dapat dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau area luar tubuh secara kuat. • Teknik Backhand Attack Teknik ini berbalikan dengan teknik serangan sebelumnya.

Pukullah bola dari dalam atau bawah dada secara kuat untuk menggunakan teknik backhand attack. Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini! Baca Juga: Tips Memilih Bet Tenis Meja yang Tepat Sesuai Gaya Bermain 6.

Teknik Pertahanan ( Block) Sumber Gambar: ITTF Apabila kamu diberi serangan, kamu harus segera menangkisnya dengan teknik pertahanan atau blocking. Sama halnya dengan teknik attacking, teknik dasar pertahanan terdiri atas forehand block dan backhand block.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

• Teknik Forehand Block Teknik forehand block dapat dilakukan dengan cara menggerakkan bet ke arah depan net terlebih dahulu, lalu bersiagalah untuk memukul bola yang datang. • Teknik Backhand Block Teknik backhand block dapat dilakukan dengan cara menggerakkan bet dari sisi bawah atau kiri tubuh, lalu gerakkan ke depan net untuk melemparkan kembali serangan bola lawan. 7. Teknik Pukulan Drive Sumber Gambar: Ping Pong Pukulan drive adalah hasil pukulan dari ayunan panjang yang kuat dan cepat.

Teknik pukulan ini terbilang cukup mudah. Selain itu, pukulan drive efektif untuk memberikan kejutan kepada lawan mainmu. 8. Teknik Pukulan Push Sumber Gambar: Expert Table Tennis Pukulan push hanya dilakukan untuk memantulkan balik bola lawan. Meski terkesan seperti blocking, teknik pukulan push nyatanya berbeda.

Kamu dapat melakukan teknik ini baik dengan cara forehand maupun backhand pada umumnya. Inti dari teknik ini adalah posisikan bet ke arah depan net dan pukul secara mendorong bola yang datang. 9. Teknik Pukulan Flick Sumber Gambar: Expert Table Tennis Barangkali, sebagian pemain merasa bahwa teknik ini agak sulit untuk dilakukan.

Hal tersebut dapat dikatakan benar. Soalnya, teknik pukulan flick atau flip telah dianggap sebagai teknik lanjutan oleh sebagian pemain. Akan tetapi, teknik ini merupakan teknik dasar di kalangan pemain asia, serta dapat dilakukan dengan cara forehand dan backhand pada umumnya.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Pukulan flick dapat dilakukan dengan cara memukul bola ke arah lawan, namun bola harus terpantul ke area meja pemukul terlebih dahulu sebelum bola menyeberangi net ke area meja lawan. 10. Teknik Chop Sumber Gambar: YouTube/PingSkills Teknik dasar permainan tenis meja terakhir yang perlu dipelajari adalah teknik chop. Pada dasarnya, teknik chop memiliki prinsip yang sama dengan teknik bertahan. Namun, teknik chop cenderung dilakukan ketika posisi tengah genting. Misalnya, bola lawan akan segera melandas ke area bermainmu.

Jika hal tersebut terjadi, kamu harus bersiaga sambil membuka pukulanmu agar dapat segera menangkis bola yang datang. Gerakan yang dilakukan akan menyerupai gerakan menebang pohon. Fungsi teknik ini adalah bola akan melambung kembali ke area lawan. Belanja kian nyaman dan tenang berkat fitur COD Tokopedia, bayar di tempat aja! Baca Juga: Mengenal Cabang Olahraga Atletik Terpopuler Itulah beberapa teknik dasar permainan tenis meja yang dapat kamu lakukan.

Agar dapat menguasainya secara penuh, kamu pun harus terus berlatih. Kamu juga dapat memodifikasinya sesuai variasi gaya permainanmu. Lengkapi juga kegiatan permainan tenis meja dengan sepatu, pakaian dan aksesoris olahraga.

Beli produk favoritmu di Tokopedia! Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini! Penulis: Ichsan Andi Lubis
Untuk kamu yang baru memulai memainkan olahraga tenis meja, ada baiknya kamu mengetahui, memahami, serta mampu melakukan tujuh macam teknik dasar tenis meja dalam pukulan olahraga tersebut.

Teknik dasar tenis meja yang harus dipelajari Bila kamu sudah mampu melakukannya dengan baik, maka kemampuan kamu akan semakin meningkat, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi pemain professional. 1. Service, teknik pemberian bola Teknik dasar pukulan tenis meja yang perlu para pemain kuasai adalah service di mana gerakan ini adalah gerakan dari teknik dasar tenis meja dalam memukul bola (pemberian bola pertama) ke permainan. Caranya adalah dengan memantulkan bola tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja meja service lebih dulu yang kemudian pemain memukulnya dengan bet dan bola pun harus melalui atas net sampai akhirnya terjadi pantulan pada area meja lawan.

Baca juga 5 Perlengkapan Tenis Meja yang Harus Kamu Punya Ada beberapa teknik dasar tenis meja dalam pukulan service yang bisa diketahui dan dipelajari, diantaranya backhand backspin, forehand topspin, dan backhand topspin.

2. Push, pukulan dengan gerakan mendorong Pada teknik dasar tenis meja, ada pukulan dasar yang wajib untuk dikuasai setiap pemainnya yang dikenal dengan istilah push.

Push ini adalah gerakan mendorong di mana sikap bet yang dipegang dalam kondisi terbuka.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Tujuan teknik pukulan push dalam tenis meja ini adalah untuk mengembalikan pukulan push dan chop yang dilakukan lawan. Perlu diketahui bahwa teknik dasar tenis meja untuk pukulan bernama push ini adalah hasil perkembangan dari pukulan block dengan sejumlah kelebihan yang lebih banyak daripada teknik dasar pukulan tenis meja lain.

Ada 2 jenis pukulan push yang sangat perlu menjadi perhatian para pemain untuk dikuasai dengan baik, yaitu backhand push dan forehand push. 3. Chop, untuk mengembalikan pukulan yang beragam Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini dilakukan dengan memukul seperti seseorang yang tengah menebang pohon menggunakan kapak, maka dari itu dinamakan chop.

Chop merupakan jenis teknik dasar pukulan tenis meja yang biasanya dipakai untuk mengembalikan pukulan bola yang beragam dari lawan dan pukulan bola yang sulit untuk menangkisnya. Seperti pada teknik pukulan push, chop pun memiliki dua jenis pukulan yang sebaiknya dikuasai dengan benar oleh setiap pemain tenis meja, yaitu backhand chop dan forehand chop.

Baca juga 5 Pilihan Merek Bet Tenis Meja untuk Pemula 4. Drive, pukulan yang cepat Teknik dasar tenis meja untuk pukulan lainnya yang perlu dan wajib untuk para pemain tenis meja kuasai adalah drive.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Tekink pukulan drive biasanya menghasilan pukulan cepat, keras dan datar. Dalam melakukan pukulan ini, bet bisa digerakkan dari bawah menyerong ke atas namun pastikan sikap bet dalam kondisi tertutup. Hanya saja, ada perubahan posisi bet yang kerap terjadi saat melakukan pukulan jenis ini sebagai efek dari pergerakan pergelangan tangan.

Karena hal tersebut, biasanya pemain juga kemudian akan kesulitan ketika kontak dengan bola. Pukulan drive merupakan teknik dasar tenis meja yang berkelebihan banyak, seperti misalnya terbangnya bola (tinggi rendahnya) bisa dikuasai, lajur bola (cepat lambatnya) bisa dikendalikan, tenaga bola tak terlalu kencang sehingga pemain mampu mengendalikan dengan gampang, serta posisi bola di tiap titik juga gampang dikontrol.

Ada dua jenis teknik dasar tenis meja untuk pukulan drive yang sangat wajib untuk dilatih dan dikuasai oleh para pemain seperti chop dan juga push, yaitu backhand drive dan forehand drive. 5. Smash, pukulan keras dan tajam Semua orang pasti pernah mendengar istilah ini yang biasanya memang lebih dikenal tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja teknik permainan bulu tangkis.

Namun sebenarnya, dalam permainan tenis meja pun kita juga mengenal teknik dasar tenis meja untuk pukulan smash. Baca juga 5 Bet Tenis Meja Terbaik untuk Gaya Bermain All-round Teknik dasar tenis meja ini adalah gerakan memukul secara tajam dan keras ke arah lawan dan pada umumnya dilakukan dengan tujuan mengeksekusi bola yang dikembalikan secara tinggi atau bola lambung entah di belakang atau atas meja.

Dengan pukulan ini jugalah para pemainnya mampu menghasilkan poin yang berujung pada kemenangan. 6. Block, untuk menghentikan laju bola Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini adalah gerakan untuk menghentikan bola di mana sikap bet pada kondisi tertutup.

Penggunaan blok juga biasa dipakai sebagai proses pengembalian bola drive atau bola topspin. Seperti teknik dasar pukulan tenis meja lainnya, blok juga memiliki dua teknik dasar pukulan tenis meja atau cara, yaitu backhand block dan forehand block.

7. Lob, teknik bertahan penuh Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini lebih kepada memukul bola lambung ke daerah lawan supaya meningkatkan kesulitan pada lawan untuk mengembalikan bola pada arah pertahanan. Teknik dasar tenis meja ini cukup ampuh dalam membuat lawan mati kutu, terutama jika lawan melakukan smash dan kamu dapat mengembalikan secara sukses dengan teknik dasar tenis meja untuk pukulan ini. Teknik pukulan ini juga dikenal sebagai teknik dasar pukulan tenis meja bertahan penuh yang biasanya dipakai untuk menghadapi pukulan smash yang dilakukan oleh lawan.

Lob yang benar dan baik adalah lob dengan ketinggian hingga 2-4 meter, lebih pun juga tak masalah. KOMPAS.com - Memukul bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan tenis meja selain gerakan kaki ( footwork), memegang bet, dan stance. Berdasarkan posisi pegangan bet, teknik pukulan dasar terbagi menjadi forehand dan backhand. Lantas apa itu pukulan forehand dan backhand dalam tenis meja? Teknik Pukulan Forehand pada Tenis Meja Baca juga: Tenis Meja: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar Bola yang datang ke kanan untuk pemain tenis meja kemudian dikembalikan dengan satu pukulan dinamakan pukulan forehand.

Teknik ini mengutamakan kecepatan dalam upaya memukul bola dan cukup ampuh digunakan untuk menyerang lawan. Selain itu, teknik pukulan forehand juga biasa dipakai untuk mengawali permainan atau servis. Dikutip dari situs My Active SG, cara pemakaian teknik ini yaitu bola harus berada di posisi pada saat sisi tangan memegang bet. Sebagai contoh, pemain menggunakan tangan kanannya untuk memegang bet.

Cara memegang pukulan dengan menghadapkan salah satu sisi warna bet merah menghadap ke depan dengan pukulan bola pada sisi sebelah kanan pemain disebut forehand. Baca juga: Perbedaan Topspin dan Backspin dalam Tenis Meja Kemudian pukul bola dengan ayunan tangan mengarah ke arah sisi lainnya (jika yang memegang tangan kanan maka arah tangan dari kanan ke kiri, begitu juga sebaliknya) agar menghasilkan bola keras dan cepat.

Teknik Pukulan Backhand pada Tenis Meja Teknik ini kurang cocok digunakan untuk melakukan pukulan keras. Sebab, posisi tangan yang kurang pas untuk mendapat power yang maksimal dari ayunan tangan. Daftar Pemenang MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Rossi Terbanyak https://www.kompas.com/sports/read/2021/05/29/05200038/daftar-pemenang-motogp-italia-di-sirkuit-mugello-rossi-terbanyak https://asset.kompas.com/crops/bZmzGLXO71u3sE9VbK1YSU8Q56g=/31x0:1024x662/195x98/data/photo/2021/05/26/60adc1f09fa9b.jpg
Gerakan memukul bola dalam permainan tenis meja, dengan gerakan cara mendorong dan sikap bet terbuka adalah pukulan / teknik melakukan (A) Push.

Teknik memukul bola pingpong yang dilakukan dengan gerakan seperti sedang mendorong dinamakan dengan Tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja.

Pukulan olahraga tenis meja terdiri dari 5 macam: saya menghafalnya dengan “BCD-PS” (Block, Chop, Drive, Push, dan Servis). Jika dilihat berdasarkan gerakannya, maka teknik block berarti memblock / menghalau bola setelah memantul melewati atas net dengan sikap bet tertutup. Sedangkan, chop, pukulan seperti menebang pohon dengan menggunakan kapak.

Pukulan drive, dengan memukul mendatar, lalu Servis untuk memulai permainan. Maksud soal: teknik pukulan bola tenis meja dengan gerakan mendorong bet posisi terbuka. Fokus kata kunci: mendorong. • Teknik push, seperti namanya dilakukan dengan cara mendorong bet dengan sikap yang terbuka. Kita pasti seringlah, baca di pintu Push = dorong, dan Pull = tarik. Sehingga A, benar. • Sedangkan gerakan memukul drive, dilakukan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar lurus dan keras.

Artinya enggak didorong, namun dipukul keras.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Makanya B salah. • Gerakan block dilakukan dengan menghalau / memblok pukulan lawan seperti drive dengan bet tertutup tepat setah bola memantul dari meja setinggi net. Dengan demikian, pilihan C salah karena yang dimaksud mendorong dan betnya terbuka sedang pada block tertutup. • Sedangkan teknik chop, gerakan memukul bola tenis meja seperti sedang menebang pohon dengan kapak.

Pada intinya: kata kunci soal tersebut ada pada mendorong yang berarti Push. Jawabannya Tips Maksud dari soal di atas gerakan pukulan dengan cara mendorong, dalam permainan pingpong gerakan memukul dibagi menjadi beberapa gerakan di bawah ini.

Pilihan jawaban: • Push = mendorong = terbuka. • Drive = mendatar = tertutup. • Block = memblok = tertutup. • Chop = menebang = tertutup. Makanya jawaban yang benar (A), karena mendorong artinya Push, dan sikap bet yang terbuka hanya ada pada teknik Push. 🏓 Jawaban telah dikoreksi dan diverifikasi BENAR. 🥇 Rekomendasi • 1. Permainan kasti tergolong permainan olahraga (A) bola kecil • 8. Telapak tangan membentuk corong menghadap ke atas dan pandangan ke arah bola datang, merupakan cara menangkap bola (B) • 12.

Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dalam permainan bulu tangkis dinamakan (C) servis • 21.

Pegangan bet tenis meja yang populer terutama di negara-negara Eropa adalah (A) Shakehand • 22. Pegangan bet tenis meja yang hanya satu sisi bet yang dapat digunakan adalah (B) Penhold • 30.

Jenis pukulan yang digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau bola-bola dengan putaran atas (top spin) adalah (C) Block Kategori Kelas VII, SMP Tag Brainly, Permainan Bola Kecil Navigasi Tulisan
Tenis meja salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan.

Dalam permainan tenis meja, pukulan menjadi salah satu penentu sebuah tim dalam mencetak point. Untuk bermain tenis meja, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam pukulan tenis meja.

Hal ini sebagai bentuk penguasaan teknik dasar kamu saat bermain tenis meja. Lalu apa saja macam-macam pukulan dalam permainan tenis meja beserta pengertiannya? Macam-macam pukulan tenis meja antara lain sebagai berikut. Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja, Pelajari Biar Makin Jago 1.

Push image source: penjaskes.co.id Jenis pukulan tenis meja yang pertama adalah Push. Teknik ini biasanya dilakukan dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan.

Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push. 2. Drive image source: kompas.com Drive adalah jenis teknik dalam tenis meja yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas lengan posisi bet dalam keadaan tertutup.

Tujuan dari pukulan ini digunakan sebagai tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam permainan ini ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive. Blibli Sekarang 3. Chop image source: penjaskes.co.id Chop adalah teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang kadang sulit di tangkis Pukulan chop ada dua macam, yaitu forehand push dan backhand push. 4. Blok image source: mhtabletennis.com Jenis pukulan selanjutnya adalah Blok. Pukulan blok adalah teknik pukulan tenis meja dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup.

Pukulan ini biasanya di gunakan untuk mengembalikan bola-bola drive. Blibli Sekarang 5. Spin image source: 99sportz.com Pukulan dimana bet biasanya dimiringkan sedikit untuk kemudian pukulan ini menjadi salah satu serangan serangan dengan mengandalkan perputaran bola biasanya disebut dengan pukulan Spin.

Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin. 6. Lob Teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan. Teknik Lob juga kerap disebut sebagai gerak pukulan tenis meja yang berfungsi untuk bertahan dengan merubah arah dan memperlambat putaran bola menjadi blackspin. 7. Smash image source: tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

Baca Juga : Tenis Meja Itu Asyik Lho, Ini Buktinya! Yep, tenis meja adalah olahraga yang seru dan asyik dimainkan bersama teman-teman. Simpel, sederhana, dan menantang! Yuk, lengkapi perlengkapan tenis meja kamu di Blibli! Tersedia potongan harga dan banyak voucher seperti gratis ongkir dan cashback yang bikin belanjamu makin cuan. Temukan Peralatan Tenis Meja Terbaik di Sini!Soal permainan bola kecil. Pada bab ini salah satu permainan bola kecil yang akan dibahas melalui latihan soal adalah tenis meja.

Berikut ini yang bukan permainan bola besar adalah. Pada kesempatan ini saya akan post mengenai latihan soal pendidikan jasmani (pjok) kelas 7 smp/ mts bab 2 tentang permainan bola kecil.

A.melempar bola c.menangkap bola b.sliding Halo sahabat ahzaa, selamat datang tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja di ahzaanet. Soal penilaian harian permainan bola kecil kelas x semester 1 tp 2022/2021. Jadi soal berikut berisi soal kelas five tentang kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola besar, kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil, kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui lompat jauh dan lempar.

Berikut ini, soal essay (penjaskes) kurikulum 2013, beserta kunci jawabannya, untuk siswa sma/mts/ma/sederajat. Pembaca sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan bagian ketiga (part 3) dari contoh soal mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) kelas xii bab 2 yang membahas tentang permainan bola kecil lengkap dengan kunci jawabannya. Apa saja teknik yang harus di kuasai supaya bisa menjadi pemain kasti yang. Silahkan baca ketentuan berikut sebelum mengerjakan soal!

Ada berapakah cara melakukan lemparan bola kasti ? Soal dan jawaban materi permainan bola besar dan kecil 4 6 sd di tvri 13 oktober 2022 minews id. Berikut, contoh soal pg penjas orkes kelas 10 semester genap kurikulum 2013 dengan kunci jawabannya, untuk. Download soal ujian ut universitas terbuka pgpaud paud4104 psikologi perkembangan anak disertai kunci jawaban psikologi perkembangan psikologi sekolah dasar.

Tangan terbuka dari posisi satu tangan seperti mulut buaya yang terbuka merupakan bagian dari teknik…. Orang dewasa 2.di bawah ini adalah gerakan bermain kasti, kecuali.

Sebutkan permainan yang termasuk permainan bola kecil!

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

eighty+ contoh soal permainan bola kecil dilengkapi kunci jawaban - pjok kelas 8 revisi terbaru anantakendek.com - pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi permainan bola kecil dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) kelas 8 revisi terbaru.

Soal pilihan ganda permainan bola besar dan jawaban berikut ini soal lks pg penjaskes kurikulum 2013 beserta kunci jawabannya untuk smasmkmasederajat. Mengoper bola ke teman satu tim b. Yang tidak termasuk tehnik dasar permainan voli ball. Sebutkan three teknik dasar dalam permainan bola kasti ! Jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran covid 19.

Keterampilan apa saja yang harus dikuasai oleh pemain softball? Sebutkan 3 jenis latihan untuk meningkatkan kekuatan ! Dari manakah permainan softball berasal? Ada berapa macam cara menangkap bola kasti?

Adyqm saturday, july xviii, 2022 soal onlineulangan kelas x. Semoga saja soal pilihan ganda permainan bola kecil beserta jawaban ini memberikan manfaat yang banyak. Posisi kaki kiri agak ke depan. Pada bagian ketiga atau role iii ini khusus hanya soal essay atau uraian saja. Gerakan pivot pada permainan bola basket bertujuan untuk. Permainan bola kecil melalui permainan softball softball merupakan perkembangan dari olah raga sejenis yaitu baseball atau hardball.

Hallo sobat sobat semuakali ini blog jempol kimia tidak hanya membahas materi dan plejaran kimia saja lohnamun juga membahas beberpa materi pelajaran lainnya sepertifisikabiologigeografi dan banyak lainnyanah khusus dipostingan ini kita akan mengerjakan beberapa kumpulan. Jelaskan cara memegang pemukul ang benar?

Penjaskes tentang bola kecil meliputi softball, bulu tangkis dan tenis meja, soal penjas ini berjumlah l dan dilengkapi dengan pembahasan jawaban. Teknik dasar bermain softball dan latihan bermain softball. Doc game theory ghulam akhmad. Button up, sit down up, squat spring. Dengan adanya contoh contoh soal penjas inikami berharap bisa membantu para siswa untuk memahami materi serta sebagai persiapan dalam menghadapi latihan, ulangan, maupun ujian akhir Posisi awal kedua kaki yang benar saat persiapan untuk melakukan prinsip dasar melambung (pitcher) pada permainan bola softball adalah.

Semoga dalam keadaan baik baik saja. Contoh soal teori permainan download file guru. Sebutkan 3 jenis permainan tradisonal yang kamu ketahui ! Bonus Referral Situs Judi Bola Online & Bandar Slot √ Cara Melakukan Passing OVERHEAD PASS dengan Benar [LENGKAP] KAPASITOR Pengertian, Sejarah, Satuan, Jenis Permainan Bola Kecil ( Bulu Tangkis ) Materi Sekolah √ Cara Melakukan Lay Up Bola Basket dengan Benar Contoh Soal Permainan Bola Kecil Dan Jawabannya Contoh Teknik Menangkap Bola dalam Permainan Kasti Contoh Latihan Memukul Bola Pada Permainan Tenis Meja Source: https://www.tulisanapik.my.id/soal-permainan-bola-kecil/ Terbaru • Cara Minum Susu Prenagen Esensis Folavit Dan Natur E • Seorang Peternak Ayam Mempunyai 100 M Kawat Berduri • Tidak Menyimpan Nomor Tapi Bisa Melihat Status Wa • Kelompok Ternak Kamdomain_7 Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo • Cara Memakai Masker Rambut Makarizo Hair Energy • Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja • Uncategorized
Memberikan pelintiran tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja spin) pada bola menjadi salah satu teknik paling penting dalam permainan tenis meja.

Melakukan pukulan servis ( serve) dengan topspin bisa menjadi cara yang hebat untuk membingungkan lawan dan langsung mendapatkan poin. Jika Anda pernah mencobanya dan menemui kesulitan, atau belajar untuk pertama kalinya, Anda akan memerlukan beberapa petunjuk cara melakukannya.

Artikel ini membahas beragam jenis pelintiran yang bisa dilakukan pada bola dan cara melakukan servis dengan topspin atau pelintiran ke atas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/58\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/58\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan pukulan servis tanpa pelintiran.

Bola tidak akan melaju cepat, tetapi jika Anda baru belajar bermain tenis meja, sebaiknya kuasai teknik ini terlebih dahulu. [1] X Teliti sumber • Pukullah bola di dekat ekuatornya, yakni garis melintang di bagian tengah bola.

• Pastikan memukul dengan bet (raket) berada pada sudut 90 derajat dengan bola. • Bola akan melaju ke depan dengan nyaris atau tanpa pelintiran. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3d\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3d\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Coba berikan pelintiran pada bola.

Anda bisa melakukan ini setelah menguasai pukulan servis tanpa pelintiran. [2] X Teliti sumber • Gesekkan bet pada bola saat melakukan servis.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Bola agak digesek saat dipukul. Arah gesekan Anda akan memberikan pelintiran yang berbeda pada bola. • Pelintiran dilakukan pada bola dengan menggunakan gerakan menggesek pada lengkungan bola. • Lakukan ini dengan bet pada sudut kurang dari 90 derajat. • Gunakan gerakan dari bawah ke atas ( upward), dari atas ke bawah ( downward), atau menyamping. • Semakin cepat bet menggesek bola, semakin cepat bola akan memelintir.

• Bola akan memelintir lebih cepat dan melaju dengan jarak yang lebih pendek dengan gesekan yang bagus. • Menggunakan bet dengan reverse rubber (karet tanpa bintik) bisa membantu memberikan pelintiran lebih pada bola ketimbang memakai pimpled/anti-spin rubber (karet berbintik/anti-pelintir). {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a7\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a7\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari berbagai jenis pelintiran.

Ada tiga jenis utama pelintiran dalam tenis meja dan masing-masing punya teknik tersendiri dalam melakukan servis. [3] X Teliti sumber • Topspin dihasilkan dengan cara memulai pukulan dari bawah bola dan menggesekkan bet pada bola dengan gerakan ke atas ke arah depan.

• Backspin dihasilkan dengan cara memulai pukuan dari atas bola dan menggesekkan bet pada bola dengan gerakan ke bawah ke arah depan. • Sidespin dihasilkan dengan menggesekkan bet dengan gerakan menyamping saat memukul bola. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d6\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d6\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari efek-efek pelintiran pada bola.

tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja

Beragam jenis pelintiran menghasilkan efek yang berbeda-beda dalam permainan tenis meja. [4] X Teliti sumber • Saat melakukan topspin pada bola, tekanan ke bawah pada bola akan meningkat, sehingga akan memantul rendah di atas meja.

Saat mengenai bet lawan, bola akan memantul ke arah atas. • Saat melakukan backspin pada bola, bola akan memantul lebih ke atas setelah mengenai meja dan tidak jauh-jauh melayang ke depan.

• Saat bola yang dipukul dengan backspin mengenai bet lawan, bola akan memantul ke arah bawah. • Saat melakukan sidespin pada bola, bola akan memantul dari bet lawan ke arah yang sama dengan arah bet Tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja saat memukul bola.

Sebagai contoh, jika Anda menggesek ke kiri, bola akan memantul ke kiri. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e4\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-5.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e4\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-5.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ambil posisi untuk melakukan servis.

Posisi Anda berdiri akan bergantung pada tangan mana yang menjadi tangan dominan Anda. [5] X Teliti sumber • Jika memukul dengan tangan kanan, Anda berdiri di pojok backhand meja. Letakkan kaki kanan di depan dan tekuk lutut sedikit. Inilah posisi siap untuk melakukan servis. • Bet berada di tangan kanan dan bola di tangan kiri, jika Anda memukul dengan tangan kanan. • Jika memukul dengan tangan kiri, Anda berdiri di pojok forehand meja.

Letakkan kaki kiri di depan dan tekuk lutut sedikit. Kini Anda siap melakukan servis. • Bet berada di tangan kiri dan bola di tangan kanan jika Anda memukul dengan tangan kiri.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/71\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-6.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/71\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-6.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lempar bola ke udara dari telapak tangan yang terbuka.

Peraturan internasional tenis meja menyebutkan bahwa bola harus dilempar lurus ke udara saat melakukan servis. Anda tidak diperbolehkan menyervis bola langsung dari tangan. [6] X Teliti sumber • Saat melakukan ini, tangan berada di sekitar ketinggian dada. • Anda harus melempar bola ke udara setidaknya 15 cm atau sekitar ketinggian net atau jaring.

• Jangan melempar bola ke atas ke arah depan atau ke atas ke arah belakang. Lemparkan tegak lurus ke udara. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6a\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-7.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6a\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-7.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pukul bola untuk melakukan servis' saat bola turun ke bawah.

Lakukan pukulan servis saat bola berada di sekitar ketinggian dada atau perut. • Jika menyervis bola terlalu rendah, bola tidak akan cukup tinggi untuk melewati net. • Jika menyervis bola terlalu tinggi, bola akan memantul terlalu ke atas atau terlalu cepat setelah menyervis. • Memukul bola di sekitar ketinggian dada atau sedikit di bawahnya akan membuat bola melayang ke depan, memantul di atas meja, dan melewati net.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d1\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-8.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d1\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-8.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pukul bagian atas bola, di atas ekuator bola.

Jika memukul bola pada titik yang salah, bola tidak akan memelintir atau tidak memelintir jenis yang tepat. [7] X Teliti sumber • Jaga bet pada sudut kurang dari 90 derajat. Belokkan bet ke arah net untuk melakukan topspin. • Ingat, memukul bagian atas bola menjadi hal pertama dalam melakukan topspin pada bola. • Jika memukul bola tepat di ekuator (sekitar bagian tengah bola), bola tidak akan memelintir, dan bisa melayang terlalu ke depan sebelum mengenai meja.

• Jika memukul bola dari bawah, Anda bisa jadi melakukan backspin, padahal tujuan di sini adalah melakukan topspin. • Topspin akan membuat bola memantul pada meja di dekat si pelaku servis, jauh dari net. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e4\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-9.jpg\/v4-460px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e4\/Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-9.jpg\/v4-728px-Serve-a-Ping-Pong-Ball-With-a-Topspin-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gesekkan bola dengan gerakan dari bawah ke atas ke arah depan saat memukul, berusaha memantulkannya pada meja sejauh mungkin dari net.

Ini akan melontarkan bola ke depan dengan cepat. [8] X Teliti sumber • Menggesek berarti Anda menggosokkan bet tuliskan contoh latihan memukul bola pada permainan tenis meja bola dengan cepat saat melakukan servis atau mengembalikan bola. Menggesek dengan arah berbeda akan menghasilkan jenis pelintiran yang berbeda. • Ingat, menggesek bola dari atas ke bawah ke arah depan akan menghasilkan topspin. • Jika melakukan topspin pada bola saat bertanding, bola akan tetap melayang rendah setelah memantul meja.

• Ini akan membuat bola semakin sulit dipukul lawan. • Saat lawan memukul bola topspin, bola akan memantul ke arah atas. • Pastikan meja dan net terpasang dan sejajar sebelum Anda berlatih atau bertanding.

• Coba gunakan pelintiran pada servis Anda untuk membuat bola lebih sulit dikembalikan oleh lawan. • Berusahalah untuk tidak memakai pelintiran atau teknik yang sama setiap kali melakukan servis. Campur adukkan dan kejutkan lawan Anda. • Selalu berlatih kapan pun Anda bisa, tetapi ingat berlatih akan membuat kita semakin baik.

PJOK kls 6 Permainan bola kecil(Tenis Meja), Pembelajaran ke 4




2022 www.videocon.com