Negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Thailand menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, hal ini lantaran salah satu penyebabnya kawasan di negara ini memiliki sistem pertanian yang bagus, meskipun secara jumlah ekposr barangnya jauh di bawah Thailand kawasan di Asia Tenggara ini memiliki julukan sebagai negara yang disebut sebagai lumbung padi Asean.

Jadi, jawaban yang negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah adalah B. Thailand menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, hal ini lantaran salah satu penyebabnya kawasan di negara ini memiliki sistem pertanian yang bagus, meskipun secara jumlah ekposr barangnya jauh di bawah Thailand kawasan di Asia Tenggara ini memiliki julukan sebagai negara yang disebut sebagai lumbung padi Asean.

Jawab: Karena negara Thailand menjadi negara pengekspor dan penghasil beras terbesar di Asia Tenggara sehingga dijuluki sebagai lumbung padi ASEAN. Contents • 1 Apa yang menjadi faktor negarathailand sebagai lumbung padi Asia Tenggara?

• 2 Apa saja negara lumbung padi? • 3 Apakah Negara Vietnam terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara? • 4 Apakah ada lumbung padi di Asia Tenggara? • 5 Mengapa Thailand di juluki lumbung pada asia? • 6 Mengapa Thailand disebut sebagai lumbung padi Asia Tenggara kaitkan jawabanmu dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduknya?

Apa yang menjadi faktor negarathailand sebagai lumbung padi Asia Tenggara? Apa yang menjadi faktor negara Thailand sebagai Lumbung Padi Asia Tenggara? Karena negara Thailand menjadi penghasil padi dan beras terbesar di wilayah Asia Tenggara. Selain padi, hasil pertanian di Thailand juga banyak, seperti karet, jagung, kopra, tebu, ketela pohon, dan tembakau. Apa saja negara lumbung padi? Daftar negara lumbung padi ini dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara Negaranya yang ditulis Tri Prasetyono, S Pd, Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Tim Ganesha Operation, dan Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6 dari Christiana Umi.

1. Thailand 2. Vietnam 3. Myanmar 4. Laos 5. Apakah Negara Vietnam terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara? Dan berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Sudah sejak beberapa dekade terakhir ini negara Vietnam terkenal sebagai pengekspor beras diurutan kedua terbesar di dunia, sekaligus menjadikan negara ini produsen beras terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

You might be interested: Apa Yg Dimaksud Dengan Medan Magnet? Apakah ada lumbung padi di Asia Tenggara? Negara – negara di Asia Tenggara tidak perlu diragukan lagi sumber daya alamnya termasuk di bidang pertanian terutama pada tanaman padi. Dan berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara.

Mengapa Thailand di juluki lumbung pada asia? Negara yang mendapat julukan Lumbung Padi Asia Tenggara adalah Thailand hal itu karena negara ini mampu menghasilkan banyak beras setiap tahunnya.

Melansir buku ‘Peradaban Thailand’ karya Muslim Busrowi, salah satu kawasan lumbung padi di Thailand berada di Suphan Buri. Mengapa Thailand disebut sebagai lumbung padi Asia Tenggara kaitkan jawabanmu dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduknya? Thailand dijuluki sebagai ‘Lumbung Padi Asia’ karena faktor sebagai berikut : Negara Thailand menjadi penghasil padi dan beras terbesar di Asia Tenggara.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Hasil pertanian ini menjadi komoditas ekspor tertinggi bagi negara Thailand. Iklim tropis yang menjadikan hasil pertanian lebih banyak. Makanan Khas Semarang untuk Oleh-Oleh dan Wisata Kuliner Wingko Babat.

Wingko Babat termasuk makanan khas Semarang untuk oleh-oleh. 2. Tahu Gimbal. 3. Babat Gongso. 12 Makanan Khas Papua yang Lezat dan Bergizi.

4. Lumpia Semarang. Tahu Pong. 6. Wedang Tahu. 7. Roti Ganjel Rel. Contents1 Apa saja makanan khas Kota Semarang?2 Apa saja makanan favorit […] 20 Cafe di Bandung yang Lagi Hits dan Happening di 2022 1. Trouit Cafe Alamat: Jl. Pandu Dalam I No.47, Pamoyanan, Kec. 2.

Mercusuar Cafe Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur 2 No.7, Ciburial, Kec. 3. Roemah Kentang 1908 Alamat: Jl. Banda No.18, Citarum, Kec. 4. JurnalRisa Coffee 5. Cafe Sudut Pandang Mengapa dibandung terkenal dengan […]
Contents • 1 Apa saja negara lumbung padi?

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

• 2 Mengapa Filiphina disebut sebagai negeri lumbung padi oleh dunia? • 3 Apa yang dimaksud dengan lumbung padi? • 4 Negara manakah yang dijuluki lumbung padi terbesar di dunia?

• 5 Negara apa yang dijuluki lumbung padi Asean? • 6 Mengapa Thailand mendapat julukan lumbung padi Asean? • 7 Negara manakah yang merupakan penghasil padi terbesar di Asia Tenggara? • 8 Apa saja 10 negara anggota Asean? • 9 Negara manakah yang disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara adalah A Indonesia C Vietnam b China d Thailand? • 10 Apa saja sebutan untuk negara Thailand? • 11 Negara manakah yang merupakan penghasil beras terbesar di Asia brainly? • 12 Apakah Filipina penghasil padi?

• 13 Apakah Kamboja penghasil beras? • 14 Apa saja negara yang dijuluki lumbung padi dunia? • 15 Apakah Negara Vietnam terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara? • 16 Apakah ada negara maju di Asia yang hampir semua daratannya ditanami oleh tanaman padi? • 17 Apakah ada lumbung padi di Asia Tenggara? Apa saja negara lumbung padi? Daftar negara lumbung padi ini dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara Negaranya yang ditulis Tri Prasetyono, S Pd, Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Tim Ganesha Operation, dan Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6 dari Christiana Umi.

1.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Thailand 2. Vietnam 3. Myanmar 4. Laos 5. Mengapa Filiphina disebut sebagai negeri lumbung padi oleh dunia? Karena terkenal dengan padi bukitnya, Filiphina disebut sebagai negeri Lumbung Padi oleh dunia. Padi bukit diperkenalkan (kira-kira) 2.000 tahun lalu oleh suku Batad. Padi-padi bukit tersebut terletak di lereng-lereng Gunung Ifugao dan berada di ketinggian 5.000 kaki diatas permukaan laut. Apa yang dimaksud dengan lumbung padi?

Jakarta – Ada 6 negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Sebutan ini muncul karena tingkat produksi beras yang tinggi. Lumbung padi dalam budaya agraris Indonesia adalah tempat menyimpan hasil panen. Negara manakah yang dijuluki lumbung padi terbesar di dunia? Karena negara Thailand menjadi negara pengekspor dan penghasil beras terbesar di Asia Tenggara sehingga dijuluki sebagai lumbung padi ASEAN.

Negara apa yang dijuluki lumbung padi Asean? Thailand Sering Dijuluki Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara Apakah Alasannya? Negara yang mendapat julukan Lumbung Padi Asia Tenggara adalah Thailand hal itu karena negara ini mampu menghasilkan banyak beras setiap tahunnya. Mengapa Thailand mendapat julukan lumbung padi Asean? Bahkan Thailand mendapatkan julukan sebagai Lumbung Padi ASEAN, hal ini karena Thailand merupakan negara pengekspor dan penghasil beras terbesar di Asia Tenggara.

Sektor andalan lainnya adalah sektor Pariwisata. Negara manakah yang merupakan penghasil padi terbesar di Asia Tenggara? Thailand Salah satu negara tetangga kita di Asia Tenggara ini merupakan negara penghasil beras terbesar di dunia, lo.

Thailand mengekspor antara 7-8 juta ton beras pada tahun 2020. Apa saja 10 negara anggota Asean? 10 Negara-negara ASEAN Beserta Profil dan Ibu Kotanya Lengkap • 10 Negara ASEAN Apa Saja? Saat ini, jumlah profil negara ASEAN adalah 10, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar. • 4 Jenis Majas, Pengertian dan Contohnya Lengkap Agar Makin Paham!

Negara manakah yang disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara adalah A Indonesia C Vietnam b China d Thailand? penjelasan: -Negara Thailand menjadi penghasil padi dan beras terbesar di Asia Tenggara. -Hasil pertanian ini menjadi komoditas ekspor tertinggi bagi negara Thailand. You might be interested: Bencana Alam Yang Terjadi Di Malaysia? Apa saja sebutan untuk negara Thailand? Thailand dijuluki sebagai The Land of Smiles yang berarti Negeri Penuh Senyum. Hampir di setiap sudut kota bisa ditemui orang-orang yang selalu tersenyum saat berinteraksi.

Negara manakah yang merupakan penghasil beras terbesar di Asia brainly? negara Thailand di juluki Lumbung Padi. Apakah Filipina penghasil padi? Perkembangan produksi beras di Negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah Filipina sudah terjadi sejak tahun 1950-an bahkan terdapat pusat varietas padi bernama Internasional Rice Research Institute atau IRRI. IRRI berada di Los Banos menjadi pusat varietas padi dari seluruh dunia.

Apakah Kamboja penghasil beras? Kamboja selama ini dikenal sebagai penghasil beras berkualitas baik dan sebagian besar diekspor dalam bentuk gabah. Produksi beras pada tahun 2008 mencapai 7,17 juta ton, sedangkan konsumsi beras sebanyak 4,17 juta ton, sehingga terdapat surplus sebesar 3 juta ton. Apa saja negara yang dijuluki lumbung padi dunia? Negara yang dijuluki lumbung padi dunia adalah Hampir seluruh kawasan asean memiliki sumber daya alam padi, seperti indonesia, malaysia, kamboja, dan sebagainya.

Padi adalah salah satu contoh sumber daya alam yang dimiliki oleh negara-negara asean. Apakah Negara Vietnam terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara? Dan berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Sudah sejak beberapa dekade terakhir ini negara Vietnam terkenal sebagai pengekspor beras diurutan kedua terbesar di dunia, sekaligus menjadikan negara ini produsen beras terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Apakah ada negara maju di Asia yang hampir semua daratannya ditanami oleh tanaman padi? Salah satu kawasan di Asia yang hampir semua daratannya ditanami oleh tanaman padi yaitu Asia Tenggara.

Asia Tenggara juga dikenal dengan organisasi bernama ASEAN merupakan kumpulan negara – negara berkembang, namun ada juga negara maju di kawasan ini yaitu Singapura. You might be interested: Siapa Kepala Negara Vietnam? Apakah ada lumbung padi di Asia Tenggara?

Negara – negara di Asia Tenggara tidak perlu diragukan lagi sumber daya alamnya termasuk di bidang pertanian terutama pada tanaman padi. Dan berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 1986, istilah ‘Bahasa Malaysia’ diganti menjadi ‘Bahasa Melayu’. Berdasarkan Perkara 152 Perlembagaan Persekutuan Malaysia, ‘bahasa kebangsaan Malaysia yaitu bahasa Melayu’. Pada tanggal 4 Juni 2007, kabinet Malaysia membuat keputusan untuk menggantikan penggunaan ‘Bahasa Melayu’ menjadi ‘Bahasa Malaysia’.

Contents1 Apakah bahasa nasional digunakan untuk tujuan resmi?2 Apa itu bahasa resmi?3 Apa kemiripan bahasa Indonesia […] 7 Tempat Wisata Eksotis di Thailand yang Terkenal Pantai Railay. Pantai Railay adalah salah satu tempat wisata di Thailand yang terkenal. ( Koh Phi Phi. Kepulauan Phi Phi adalah salah satu tempat wisata di Thailand yang terkenal.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

( 3. Istana Agung Bangkok. Contents1 Apa saja tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dibandung?2 Apa saja destinasi […] Hampir sebagian besar negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah Asia mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok.

Tidak heran jika peningkatan teknologi di bidang pertanian terus dikembangkan guna meningkatkan kualitas serta produksi beras setiap tahunnya. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat pertambahan jumlah penduduk setiap negara tidak dapat dihindari setiap tahun.

Salah satu kawasan di Asia yang hampir semua daratannya ditanami oleh tanaman padi yaitu Asia Tenggara. Asia Tenggara juga dikenal dengan organisasi bernama ASEAN merupakan kumpulan negara – negara berkembang, namun ada juga negara maju di kawasan ini yaitu Singapura. Negara – negara di Asia Tenggara tidak perlu diragukan lagi sumber daya alamnya termasuk di bidang pertanian terutama pada tanaman padi. Dan berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara.

• Vietnam Sudah sejak beberapa dekade terakhir ini negara Vietnam terkenal sebagai pengekspor beras diurutan kedua terbesar di dunia, sekaligus menjadikan negara ini produsen beras terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Padahal di zaman pemerintahan Orde Baru, negara Vietnam pernah meminjam beras kepada Indonesia. Tentunya Vietnam mulai belajar cara pengelolaan padi dengan benar dimulai dari sistem tata kelola stok serta kebijakan perberasan yang sangat memperhatikan usaha tani padi. Menurut peneliti Lembaga Teknik Pertanian dan Teknologi Pasca Panen, Kementrian Pertanian dan Pengembangan Perdesaan Vietnam mengatakan jika untuk menghasilan produksi dan tata kelola stok beras di Vietnam harus ada lima sektor yang berperan yakni petani, pelaku usaha, pemerintah, universitas dan peneliti.

Negara Vietnam terbukti dapat menghasilkan sekitar 4,2 ton per hektar bahkan bisa mencapai 5,6 ton per hektar. Di tahun 2018 tercatat sekitar 29.069.000 ton beras berhasil diproduksi negara Vietnam.

• Thailand Negara yang dikenal juga sebagai negara tidak pernah dijajah negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah (Baca: Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah), tidak perlu diragukan lagi perkembangan teknologinya di bidang pertanian termasuk beras. Bahkan beras sendiri menjadi komoditas penting di negara ini, hal ini terbukti dari nilai total beras Thailand yang dijual mencapai 174,5 milyar baht di tahun 2017 atau sekitar 12,9% dari total seluruh produksi pertanian.

Masyarakat Thailand sendiri mempunyai tradisi yang amat kuat untuk memproduksi beras. Tidak heran jika negara ini juga berusaha untuk meningkatkan produksi beras dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, tercatat ada lebih dari 9 juta hektar lahan sawah yang sudah dikelola atau sekitar setengah dari lahan pertanian di Thailand. Jumlah produksi beras dari Negara Thailand sekitar 20.700.000 ton sedangkan tingkat konsumsi masyarakat sekitar 10.500.000 ton hal ini disebabkan populasi penduduk di Thailand tidak sebanyak Indonesia.

Tidak heran jika Thailand cukup sering melakukan ekspor beras ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara termasuk ke Indonesia. • Indonesia Hampir setiap lahan di Indonesia banyak dimanfaatkan sebagai pertanian tidak terkecuali lahan untuk persawahan. Untuk bulan Septermber tahun 2019 sendiri saja, produksi beras diperkirakan mencapai 26,91 juta ton dengan perhitungan rata – rata konsumsi nasional masyarakat Indonesia mencapai 111,58 kg per kapita setiap tahun.

Angka tersebut pula menjadi bukti bahwa terjadi surplus higga 4,64 juta ton pada periode tersebut. Berdasarkan data dati Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui jika luas lahan panen sekitar 8,99 juta hektar dengan jumlah produksi antara bulan Januari hingga September mencapai 46,9 juta ton gabah kering giling (GKG) atau 26,91 juta ton beras.

Tingkat konsumsi periode ini juga mencapai 22,28 juta ton. Bahkan Indonesia sendiri berada di urutan ketiga terbesar di dunia sebagai negara penghasil beras. Namun pada periode tertentu Indonesia masih melakukan impor beras dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar dan Thailand guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyakat Indonesia dan menjaga ketersediaan stok beras nasional. • Filipina Salah satu negara kepulauan yang berada di Asia Tenggara ini juga masuk sebagai negara lumbung padi meskipun jumlah produksi padi yang dihasilkan tidak sebanyak negara – negara lain di Asia Tenggara.

Filipina pernah menjadi importir terbesar di dunia pada tahun 2010. Perkembangan produksi beras di Negara Filipina sudah terjadi sejak tahun 1950-an bahkan terdapat pusat varietas padi bernama Internasional Rice Research Institute atau IRRI.

IRRI berada di Los Banos menjadi pusat varietas padi dari seluruh dunia. Ada lebih dari 100 ribu sampel varietas beras yang tersimpan di IRRI. Sampel – sampel ini berguna untuk membantu petani di Filipina untuk mengembangkan tanaman padi yang dapat tahan dalam kondisi kering atau banjir. Beras dianggap sebagai komoditi pangan yang mudah untuk disimpan sehingga keberadaannya harus disimpan selama ratusan tahun ke depan dengan tingkat suhu yang rendah.

Bahkan negara Filipina menjadi negara yang diandalkan oleh Indonesia dalam hal pengimporan beras. • Myanmar Negara yang juga menjadi lumbung padi terbesar di Asia Tenggara yakni Myanmar. Bahkan negara ini mendapat urutan ketujuh sebagai negara produsen beras terbesar di dunia yakni sekitar 13.120.000 ton pada tahun 2018.

Meskipun begitu tingkat konsumsi beras Myanmar cukup rendah yakni sekitar 10.200.000 ton dan tentunya menjadi beras di negara ini surplus atau berlebih. Padahal dahulu saat dilanda konflik, Myanmar menjadi salah satu negara termiskin di kawasan Asia.

Harga beras di Myanmar termasuk rendah yaitu sekitar antara Rp2.900 hingga Rp7.000 per kilogram dan hal ini pula yang menyebabkan Indonesia menjadikan Myanmar sebagai lumbung beras tambahan karena ketersediaan beras yang dimiliki negara Myanmar cukup tinggi. Hal menarik ketika panen padi tiba, akan dipenuhi warna kuning di seluruh Myanmar, tidak heran jika negara ini mendapat julukan sebagai negara emas.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Sebagai makanan pokok oleh masyarakat di Asia Tenggara, beras menjadi komoditi yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kesejahteraan. Tidak heran jika pemerintah di setiap negara memberikan perhatian lebih terhadap komoditas pertanian ini. Bahkan beberapa negara memberikan bantuan kepada para petani dalam mengelola lahan sawah seperti yang dilakukan di Indonesia dengan memberikan subsidi pupuk dan benih.

Itulah tadi beberapa daftar negara yang terkenal akan lumbung padi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Semoga dapat bermanfaat.
ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied. Request blocked. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner.

If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation. Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: hdOjCdyAMAinPFgZwNzrEwZBGrpjIrWpQhupmkNx2JzccmjCPf7yZA==
Asia Tenggara ini menyebutdirinya dalam orgnisasi ASEAN yang sampai saat ini dalm data terbaru terdiri dari 11 Negara yang umumnya menjadi negara berkembang, adapun untuk negara maju yang ada di Asia Tenggara adalah Negara Singapura.

Baca Juga: 11+ DAERAH Penghasil Beras Terbesar di Indonesia Lengkap Banyak potensi yang ada di Asia Tenggara baik SDA dan SDM yang berkualitas, salah satunya Negara di Asia Tenggara menjadi Negara penghasil emas tersbesar ke dua yang berada di Pulau Papua.

Adapun postensi untuk pertanian, selain jagung, ada juga padi yang menadi produk unggulan dari Asia Tenggara, salah satu wilayah yang ada di Asia Tenggara bahkan memiliki penyebutan sebagai Lumbung Padi Asean. Negara yang menganut paham Komunis terbesar di Vietnam ini menjadi penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, dengan mampu menghasilkan sekitar 4,2 ton per hektarnya bahkan sampai saat ini bisa mencapai 5,6 ton per hektar.

Kondisi inilah menjadi penyebab Negara Vietnam menjadi negara penghasil padi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Thailand menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, hal ini lantaran salah satu penyebabnya kawasan di negara ini memiliki sistem negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah yang bagus, meskipun secara jumlah ekposr barangnya jauh di bawah Thailand kawasan di Asia Tenggara ini memiliki julukan sebagai negara yang disebut sebagai lumbung padi Asean.

Negara penghasil padi di wilayah Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia dengan memiliki lahan pertanian yang begitu luas, selain itu Indonesia juga beriklim tropis.

Bahkan dalam sejarahnya Negara Vietnam yang kini menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara pernah belajar sistem pertanian yang ada di Indonesia. Negara selanjutnya yang menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara adalah Negara Miyanmar yang sampai saat ini masih di landa konflik hingga menjadi penyebab menjadi salah satu Negara termiskin di Asia, meskipun demikian, negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha ini setiap kali panen padi selalu penuh warna kuning, hingga menjadi sebuatan sebagai negara emas.

Negara yag berbatasan dengan Indonesia ini juga memiliki sebuatan sebagai negara penghasil padu terbesar di kawasan Asia Tenggara. Meskipun jumlahnya secara kalkulasi kalah dengan negara-negara lainnya, seperti Indonesia, Vietnam, Miyanmar, dan thailand kawasan di Filifina menjadi kawasan penghasil padi di Asia Tenggara.Jakarta - Ada 6 negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Sebutan ini muncul karena tingkat produksi beras yang tinggi. Lumbung padi dalam budaya agraris Indonesia adalah tempat menyimpan hasil panen.

Daftar negara lumbung padi ini dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara Negaranya yang ditulis Tri Prasetyono, S Pd, Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Tim Ganesha Operation, dan Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6 dari Christiana Umi. 2. Vietnam 3. Myanmar 4. Laos 5. Filipina 6. Indonesia Indonesia sebetulnya memiliki tingkat produktivitas beras yang cukup tinggi hingga masuk daftar negara lumbung padi. Data BPS menyatakan, produksi padi pada 2020 sebesar 54,65 juta ton gabah kering giling (GKG).

Jumlah produksi beras mengalami kenaikan sebanyak 45,17 ribu ton atau 0,08 persen jika dibandingkan dengan 2019. Jika dikonversi menjadi beras, total produksi mencapai 31,33 juta ton pada 2020. Jumlah tersebut naik sebanyak 21,46 ribu ton atau 0,07 persen daripada 2019 sebesar 31,31 juta ton.

Sayangnya total produksi beras belum mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia hingga harus impor. Baca juga: Thailand Dikenal dengan Sebutan Negeri Gajah Putih, Ini Alasannya Asia Tenggara juga memiliki lembaga penelitian padi internasional yang terletak di Los Banos, Filipina.

Lembaga tersebut adalah Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang hasil risetnya digunakan banyak negara. Gumana detikers, sudah jelas ya negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Semoga bermanfaat. Simak Video " Panorama Indah Pantai Pasir Padi Pangkalpinang Bangka Belitung" [Gambas:Video 20detik] (row/erd)
Beras adalah salah satu makanan pokok terpenting yang ada di dunia.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Mayoritas masyarakat Asia serta timur tengah mengkonsumsi beras sebagai sumber utama karbohidrat. Beras ini awalnya berasal dari tanaman padi, padi yang telah dipanen bakal jadi beras setelah ditumbuk. Beras itulah yang nantinya bakal berubah jadi nasi setelah dimasak. Bahan makanan pokok seperti beras sangat vital dalam perdagangan internasional.

Bahkan, beras termasuk jajaran komoditi ekspor impor yang sangat laku. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar dari populasi di dunia ini yang menjadikan beras sebagai makanan wajib.

Banyak negara yang berusaha meningkatkan hasil tanamnya untuk meraup jumlah panen padi berton-ton. Peningkatan produktivitas ini berhasil dicapai lewat revolusi pertanian serta revolusi hijau yang sangat berhasil.

Hampir sebagian besar masyarakat Asia mengonsumsi beras sebagai makanan pokok. Tak heran kalau peningkatan teknologi di bidang pertanian terus dikembangkan guna meningkatkan kualitas serta produksi beras setiap tahunnya. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat pertambahan jumlah penduduk setiap negara tak bisa dihindari setiap tahun.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Negara-negara di Asia Tenggara tak perlu diragukan lagi sumber daya alamnya termasuk di bidang pertanian terutama pada tanaman padi. Berikut ini adalah beberapa negara yang terkenal sebagai lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Sejak beberapa dekade terakhir ini negara Vietnam terkenal sebagai pengekspor beras diurutan kedua terbesar di dunia, sekaligus menjadikan negara ini produsen beras terbesar di Kawasan Asia Tenggara. Padahal di zaman pemerintahan Orde Baru, negara Vietnam pernah meminjam beras kepada Indonesia.

Tentunya Vietnam mulai belajar cara pengelolaan padi dengan benar dimulai dari sistem tata kelola stok serta kebijakan perberasan yang sangat memperhatikan usaha tani padi. Menurut peneliti Lembaga Teknik Pertanian serta Teknologi Pasca Panen, Kementrian Pertanian serta Pengembangan Perdesaan Vietnam mengatakan kalau untuk menghasilan produksi serta tata kelola stok beras di Vietnam harus ada lima sektor yang berperan yakni petani, pelaku usaha, pemerintah, universitas serta peneliti.

Negara Vietnam terbukti bisa menghasilkan sekitar 4,2 ton per hektar bahkan bisa mencapai 5,6 ton per hektar. Di tahun 2018 tercatat sekitar 29.069.000 ton beras berhasil diproduksi negara Vietnam. Negara yang dikenal juga sebagai negara tak pernah dijajah ini, tak perlu diragukan lagi perkembangan teknologinya di bidang pertanian termasuk beras.

Bahkan beras sendiri jadi komoditas penting di negara ini, hal ini terbukti dari nilai total beras Thailand yang dijual mencapai 174,5 milyar baht di tahun 2017 ataupun sekitar 12,9% dari total seluruh produksi pertanian. Masyarakat Thailand sendiri memiliki tradisi yang amat kuat untuk memproduksi beras. Tak heran kalau negara ini juga berusaha untuk meningkatkan produksi beras dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, tercatat ada lebih dari 9 juta hektar lahan sawah yang telah dikelola ataupun sekitar setengah dari lahan pertanian di Thailand.

Jumlah produksi beras dari Negara Thailand sekitar 20.700.000 ton sedangkan tingkat konsumsi masyarakat sekitar 10.500.000 ton hal ini disebabkan populasi penduduk di Thailand tak sebanyak Indonesia. tak heran kalau Thailand cukup sering melakukan ekspor beras ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

Hampir setiap lahan di Indonesia banyak dimanfaatkan sebagai pertanian tak terkecuali lahan untuk persawahan. Untuk bulan Septermber tahun 2019 sendiri saja, produksi beras diperkirakan mencapai 26,91 juta ton dengan perhitungan rata – rata konsumsi nasional masyarakat Indonesia mencapai 111,58 kg per kapita setiap tahun. Angka tersebut pula jadi bukti bahwa terjadi surplus higga 4,64 juta ton pada periode tersebut. Berdasarkan data dati Badan Pusat Negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah (BPS) diketahui kalau luas lahan panen sekitar 8,99 juta hektar dengan jumlah produksi antara bulan Januari hingga September mencapai 46,9 juta ton gabah kering giling (GKG) ataupun 26,91 juta ton beras.

Tingkat konsumsi periode ini juga mencapai 22,28 juta ton. Bahkan Indonesia sendiri berada di urutan ketiga terbesar di dunia sebagai negara penghasil beras. Namun pada periode tertentu Indonesia masih melakukan impor beras dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar serta Thailand guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyakat Indonesia serta menjaga ketersediaan stok beras nasional.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Salah satu negara kepulauan yang berada di Asia Tenggara ini juga masuk sebagai negara lumbung padi meskipun jumlah produksi padi yang dihasilkan tak sebanyak negara – negara lain di Asia Tenggara. Filipina pernah jadi importir terbesar di dunia pada tahun 2010.

Perkembangan produksi beras di Negara Filipina telah terjadi sejak tahun 1950-an bahkan terdapat pusat varietas padi bernama Internasional Rice Research Institute ataupun IRRI.

IRRI berada di Los Banos jadi pusat varietas padi dari seluruh dunia. Ada lebih dari 100 ribu sampel varietas beras yang tersimpan di IRRI. Sampel – sampel ini berguna untuk membantu petani di Filipina untuk mengembangkan tanaman padi yang bisa tahan dalam kondisi kering ataupun banjir.

Beras dianggap sebagai komoditi pangan yang mudah untuk disimpan sehingga keberadaannya harus disimpan selama ratusan tahun ke depan dengan tingkat suhu yang rendah.

Bahkan negara Filipina jadi negara yang diandalkan oleh Indonesia dalam hal pengimporan beras. Negara yang juga jadi lumbung padi terbesar di Asia Tenggara yakni Myanmar. Bahkan negara ini mendapat urutan ketujuh sebagai negara produsen beras terbesar di dunia yakni sekitar 13.120.000 ton pada tahun 2018.

negara asean yang terkenal sebagai lumbung beras di kawasan asia tenggara adalah

Meskipun begitu tingkat konsumsi beras Myanmar cukup rendah yakni sekitar 10.200.000 ton serta tentunya jadi beras di negara ini surplus ataupun berlebih. Padahal dahulu saat dilanda konflik, Myanmar jadi salah satu negara termiskin di kawasan Asia. Harga beras di Myanmar termasuk rendah yaitu sekitar antara Rp2.900 hingga Rp7.000 per kilogram serta hal ini pula yang menyebabkan Indonesia menjadikan Myanmar sebagai lumbung beras tambahan karena ketersediaan beras yang dimiliki negara Myanmar cukup tinggi.

Hal menarik ketika panen padi tiba, bakal dipenuhi warna kuning di seluruh Myanmar, tak heran kalau negara ini mendapat julukan sebagai negara emas.

ASEAN : Negara ASIA TENGGARA




2022 www.videocon.com