Agresif dalam cinta artinya

agresif dalam cinta artinya

Setiap pasangan menginginkan hubungannya tetap bertahan atau long lasting. Itulah mengapa pasangan yang berada dalam suatu hubungan selalu menunjukkan sikap romantis satu sama lain.

agresif dalam cinta artinya

Mereka saling berebut perhatian. Tidak hanya Wanita, Pria juga suka mendapatkan perhatian. Namun selama berjalannya waktu, Pria merasa tidak nyaman dengan kuantitas perhatian Wanita yang begitu berlebihan.

Tak jarang pada fase ini, banyak sekali pasangan yang mengalami pasang surut dan bahkan keretakan hubungan. Perhatian yang berlebihan ini sering kita sebut sebagai agresif atau over-protective.

agresif dalam cinta artinya

Nah, kira-kira apa saja penyebab wanita agresif ? 1. Wanita Sangat Mencintai Sang Pria Jangan sangka Wanita bersikap agresif tanpa suatu alasan.

agresif dalam cinta artinya

Bukannya untuk merusak hubungan, Wanita bersikap agresif karena dia sangat mencintai pasangannya! Justru karena Wanita sangat menghargai hubungan yang dijalaninya, ia bersikap agresif untuk mencegah ada hal-hal yang tidak diinginkan agresif dalam cinta artinya merusak hubungannya. Sayangnya, Pria jarang menyadari hal ini. Pria cenderung berpikir pada satu sisi saja dan memilih untuk menghindar karena merasa terganggu. Alhasil, keretakan hubungan bisa saja terjadi. Kalian pasti tidak ingin kejadian seperti ini terjadi begitu saja, kan?

Baca juga: • Cara Untuk Menembak Cewek • Tanda-tanda Orang Selingkuh Pacaran Jarak Jauh • Ciri-Ciri Pria Menyesal Selingkuh • Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Tidak Bosan • Cara Menghilangkan Rasa Cemburu So for all the men in the world, hormatilah pasangan Anda. Memutuskan suatu hubungan bukanlah solusi, tetapi malah memunculkan masalah baru. Sikap agresif Wanita Anda adalah bisa jadi bentuk kasih sayangnya untuk Anda, jadi balaslah dengan bentuk kasih sayang juga.

Jangan sampai hubungan Anda berhenti hanya karena masalah sepele dan ego masing-masing. (baca juga: Cara Mengatasi Wanita Ngambek) 2.

agresif dalam cinta artinya

Pria Mempunyai Kesalahan Sebelumnya Jika Anda pernah memiliki kesalahan yang mungkin sangat ‘membekas’ di hati wanita Anda, lakukanlah sesuatu hal yang akan meyakinkan wanita Anda bahwa Anda tidak akan mengulanginya lagi. Karena jika tidak, wanita akan bersikap agresif dan over-protective dengan segala urusan Anda.

Ia khawatir Anda akan mengulangi kesalahan yang sama dan dapat merusak hubungan kalian berdua. (baca juga: Cara Membujuk Wanita) 3.

agresif dalam cinta artinya

Merasa Ada Ancaman yang Dapat Merusak Hubungan Wanita sangat pandai menggunakan indera keenam atau bahkan indera ketujuhnya. Ketika ia ‘merasa’ ada suatu ancaman akan hubungannya, ia tidak akan tinggal diam lagi. Dari yang awalnya kencan Anda 2 kali dalam seminggu, akan terjadwalkan 4-5 kali dalam seminggu. Obrolan chat yang biasanya sepi saat jam lewat pukul 12 malam, akan terus bertahan hingga jam 3 pagi.

(baca juga: Cara Memanjakan Wanita) 4. Merasa Ada Perilaku yang Berubah dari Sang Pria Seringkali, perilaku Pria yang menyebabkan Wanita menjadi begitu sangat agresif.

Ketika Wanita merasa sikap pasangannya tidak sama lagi seperti yang biasanya, agresif dalam cinta artinya akan langsung mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan pasangannya tersebut. Memang ada waktu dimana Pria mengalami fasa bosan dalam suatu hubungan. Namun ini akan memunculkan sikap agresif sang Wanita dan Pria akan justru merasa lebih tidak nyaman dari sebelumnya. Jadi apapun masalah atau konflik yang terjadi, sebaiknya saling diceritakan dan dicari solusi bersama.

Jangan takut untuk melakukan ‘break’ sesaat dalam hubungan Anda jika memang itu yang terbaik untuk perjalanan hubungan Anda ke depannya.

agresif dalam cinta artinya

(baca juga: Ciri-Ciri Laki Laki Selingkuh) 5. Pria Mulai Bersikap Mencurigakan Momen inilah yang memang merupakan momen tepat bagi Wanita untuk bersikap agresif. Seberapa lama pun hubungan cinta yang sudah dijalani, akan muncul waktu dimana perilaku Pria sangat mencurigakan dan sikap agresif Wanita gencar-gencarnya juga mulai terlihat. Text obrolan yang sering tidak dibalas, Q-time yang lebih jarang dari biasanya dan respon singkat, inilah tanda-tanda ketika memang bisa dikatakan ada seseorang yang baru di pihak ketiga.

7th sense yang dimiliki Wanita sangat tajam, dengan sekecil apapun jejak yang ditinggalkan Pria untuk selingkuh pasti ketahuan juga. Disinilah sikap agresif seorang Wanita sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan hubungan cinta Anda. (baca juga: Ciri-Ciri Wanita Cemburu) 6. Ada Masalah Keluarga Tidak hanya karena masalah dalam hubungan cintanya, Wanita bersikap agresif juga dapat disebabkan karena masalah keluarganya.

Ketika ada masalah yang terjadi pada keluarganya, Wanita akan mencari pelarian untuk menghibur dirinya. Di saat itulah ia akan berusaha menghabiskan waktunya lebih lama dengan Anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Minder) 7. Tidak Menyukai Kegiatan Rutinitas Sang Pria Ada kalanya wanita sangat perhatian dengan pasangannya dan ikut campur dengan urusan pribadi pasangannya.

Apakah pasangannya berteman dengan orang yang tepat, apakah pasangannya tidak bergaul terlalu bebas, bagaimana kondisi pasangannya ketika agresif dalam cinta artinya kampus, apapun itu Wanita merasa tertarik dan wajib untuk mengetahuinya. Sepolos-polosnya seorang Wanita, perasaan seperti ini natural ada dalam diri setiap Wanita. Mulai dari stalking medsos, membaca diam-diam isi handphone pasangan, hingga berusaha berkenalan dengan setiap teman pasangannya, hal-hal tersebut sangat mungkin dilakukan oleh seorang Wanita untuk mengawasi rutinitas pasangannya.

agresif dalam cinta artinya

Apalagi jika Ia sudah memasang sinyal tidak suka dengan rutinitas pasangannya Sikap keagresif-an Wanita akan muncul berpuluh-puluh kali lipat ganasnya.Berada dalam suatu hubungan memang bukan berarti kita tidak memiliki urusan ‘personal’.

Kita tetap memiliki hak untuk menyimpan dunia ‘personal’ kita dari pasangan jika memang diperlukan. Itulah mengapa, komunikasi dan saling peduli satu sama lain sangatlah diperlukan.

Berilah batasan pasangan Anda untuk bertindak, karena bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, keagresif-an Wanita Anda nantinya akan merusak persahabatan dan lingkungan Anda.

Namun tetap yakinkan Wanita Anda bahwa lingkungan dan teman Anda sangatlah ramah dan tidak perlu untuk dikhawatirkan. Karena terkadang, Wanita hanya membutuhkan cerita dan komitmen pasangannya agar Ia merasa lebih nyaman dan tidak khawatir berlebihan. (baca juga: Cara Mengetahui Orang Berbohong) 8. Merasa Ada Hal yang Dirahasiakan Urusan pribadi memang diperbolehkan dalam suatu hubungan, namun jangan sampai ada yang dirahasiakan dari pasangan Anda! Sampaikan saja Anda akan menceritakannya nanti jika masalahnya telah selesai.

Atau katakan bahwa Anda tidak bisa menceritakannya saat ini karena tidak ingin membuat pasangan Anda khawatir. Wanita hanya membutuhkan ketenangan, karena jika ada satu pun hal yang dirahasiakan oleh pasangannya, ia akan merasa tidak tenang dan justru bersikap lebih agresif.

(baca juga: Cara Agar Disenangi Orang Lain) Agresif memiliki 2 arti. Agresif adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Agresif memiliki arti dalam bidang ilmu psikologi. Agresif memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga agresif dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Agresif Adjektiva (kata sifat) • Bersifat atau bernafsu menyerang • Cenderung agresif dalam cinta artinya menyerang sesuatu yang dipandang sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat Kata Turunan Agresif • Keagresifan Gabungan Kata Agresif • Agresif ofensif Kesimpulan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata agresif adalah bersifat atau bernafsu menyerang.

Arti lainnya dari agresif adalah cenderung (ingin) menyerang sesuatu yang dipandang sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.
Misalnya, kebiasaan pasangan untuk bersikap pasif-agresif. Mengutip Mayo ClinicDaniel K. Hall-Flavin, M.D, seorang psikiater dari Amerika, mendefinisikan pemilik kebiasaan pasif-agresif sebagai orang yang mengungkapkan rasa tidak suka mereka secara tak langsung. Meski intensitasnya dapat berbeda-beda, menurut Timesecara umum, orang dengan tabiat ini akan menunjukkan beberapa gejala, seperti menghindari tanggung jawab, sengaja tidak bisa melakukan sesuatu, juga menolak untuk menyebutkan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Dalam artikel Healthlinedisebutkan bahwa hingga saat ini, belum agresif dalam cinta artinya penjelasan persis mengenai apa yang menyebabkan munculnya tabiat tersebut. Ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebiasaan ini, seperti pola pengasuhan yang didapatkan waktu kecil, kekerasan, juga kecilnya rasa percaya diri. Salah satu ciri utama dari orang yang memiliki sifat pasif-agresif adalah tidak benar-benar mengutarakan perasaan mereka yang sesungguhnya.

Daripada mengatakan apa yang benar-benar mengganggunya, mereka akan memilih menggunakan cara yang berputar atau justru sekali tidak mengatakan apa maksud mereka kepada pasangan. Contoh hal yang mungkin dilakukan oleh pemilik tabiat ini adalah dengan mengatakan bahwa mereka tidak apa-apa, saat pasangan melakukan hal yang membuat mereka kesal.

Padahal, mereka sebenarnya merasa kesal dan akan menjadi semakin gusar saat pasangan tidak kunjung menyadari bahwa mereka sedang marah. Namun, para pemilik tabiat pasif-agresif bisa jadi tidak akan melakukan hal tersebut. Mereka justru akan berdiam diri dan sengaja tidak berbicara dengan Anda.

Menurut Psychology Today, hal ini sering dilakukan untuk mengguncang pasangan, mengimplikasikan bahwa mereka melakukan kesalahan dan menghukum mereka. Terakhir, orang-orang dengan tabiat ini juga bisa menunda melakukan apa yang diinginkan oleh pasangan dalam hubungan asmara.

Disadari atau tidak, mereka mungkin berbuat demikian hanya untuk menunjukkan kalau sebenarnya, mereka tidak ingin melakukan hal tersebut. Dalam kasus tertentu, mereka juga mungkin akan sengaja tidak melakukan hal yang diminta oleh pasangannya. Arti kata agresif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) – Belakangan ini penggunaaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan makin luas dan banyak menggunakan kata-kata yang jarang digunakan. Sehingga membuat kita kadang tidak tau maksud dari kata-kata tersebut.

Seperti penggunaan kata agresif. Penggunaan kata-kata tersebut bisa saja Anda lihat di dunia nyata maupun di dunia maya seperti di sosial media Instagram, Facebook, Twitter atau di aplikasi berbasis chat seperti Line, BBM, WhatsApp dan lain sebagainya.

agresif dalam cinta artinya

Namun apakah kamu mengetahui definisi kata agresif yang sebenarnya supaya kamu paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dan arti kata agresif berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online adalah: Arti kata agresif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ag.re.sif [a] (1) bersifat atau bernafsu menyerang; (2) Psi cenderung (ingin) menyerang sesuatu yg dipandang sbg hal atau situasi yg mengecewakan, menghalangi, atau menghambat Dengan mengetahui banyak kosa kata dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat yang ingin anda sampaikan kepada orang tertentu.

agresif dalam cinta artinya

Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata agresif. Semoga dengan ada penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai kosa kata tersebut. Tentang Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Online yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Berbeda dengan beberapa situs web (website) sejenis, kami berusaha memberikan berbagai fitur lebih, seperti kecepatan akses, tampilan yang lebih sederhana, tampilan yang pas untuk segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon pintar dan sebagainya.

Database Utama KBBI Daring ini masih mengacu pada KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (kata dan arti) tersebut merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa).

Diluar data utama, kami berusaha menambah kata-kata baru yang akan diberi keterangan tambahan dibagian akhir arti atau definisi dengan \”Definisi Eksternal\”. Semoga semakin menambah khazanah referensi pendidikan di Indonesia dan bisa memberikan manfaat yang luas.

agresif dalam cinta artinya

Aplikasi ini lebih bersifat sebagai arsip saja, agar pranala/tautan (link) yang mengarah ke situs ini tetap tersedia. Untuk mencari kata dari KBBI edisi V (terbaru), silahkan merujuk ke website resmi di kbbi.kemdikbud.go.id
MENU • Home • SMP • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Kewarganegaraan • IPS • IPA • Penjas • SMA • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Akuntansi • Matematika • Kewarganegaraan • IPA • Fisika • Biologi • Kimia • IPS • Sejarah • Geografi • Ekonomi • Sosiologi • Penjas • SMK • Penjas • S1 • Agama • IMK • Pengantar Teknologi Informasi • Uji Kualitas Perangkat Lunak • Sistem Operasi • E-Bisnis • Database • Pancasila • Kewarganegaraan • Akuntansi • Bahasa Indonesia • S2 • Umum • About Me • Contoh Teks Editorial • Contoh Teks Laporan Hasil Observasi • Teks Negosiasi • Teks Deskripsi • Contoh Kata Pengantar • Kinemaster Pro • WhatsApp GB • Contoh Diksi • Contoh Teks Eksplanasi • Contoh Teks Berita • Contoh Teks Negosiasi • Contoh Teks Ulasan • Contoh Teks Eksposisi • Alight Motion Pro • Contoh Alat Musik Ritmis • Contoh Alat Musik Melodis • Contoh Teks Cerita Ulang • Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol • Contoh Karangan Eksposisi • Contoh Pamflet • Pameran Seni Rupa • Contoh Seni Rupa Murni • Contoh Paragraf Campuran • Contoh Seni Rupa Terapan • Contoh Karangan Deskripsi • Contoh Paragraf Persuasi • Contoh Paragraf Eksposisi • Contoh Paragraf Narasi • Contoh Karangan Narasi • Teks Prosedur • Contoh Karangan Persuasi • Contoh Karangan Argumentasi • Proposal • Contoh Cerpen • Pantun Nasehat • Cerita Fantasi • Memphisthemusical.Com
Cowok memang terkenal dengan sifat agresifnya karena sudah kodratnya.

Tetapi, saat ini peran agresif ini tak cuma untuk cowok lho, cewek juga dalam rangka menggaet cowok pujaannya sering melancarkan aksi ini. Sifat agresif bagi cewek sebenarnya sih sah-sahnya, namun harus dalam batas wajar ya. Memang banyak cowok yang kurang menyukai cewek agresif, tapi banyak juga cowok yang menyukai cewek agresif karena si cowok memang bertingkah pasif dan pemalu.

Kadar agresif seorang cewek bisa dinilai secara langsung kok. Jika sebatas normal ya bisa ditoleransi, jika sudah berlebihan nah ini yang agresif dalam cinta artinya dipertanyakan. Nah, apakah kamu termasuk cewek yang agresif? Simak paparan berikut ini, yuk! Pexels.com/VeraArsic Saling memberi pujian normal kok dalam berhubungan dengan lawan jenis.

Saling memuji malah akan memberikan rasa percaya diri akan masing-masing. Namun, jika kamu memuji pasanganmu sampai setinggi langit bahkan dikatakan lebay serta berlebihan, tak salah lagi kamu adalah cewek yang agresif.

Pujian semanis madu dilontarkan demi sang cowok terpikat. Pexels.com/aliceabc0 Memberikan perhatian kepada orang yang kita taksir ya sah-sah saja sih. Sebatas menanyakan kabar atau kondisi kesehatan ya tak masalah. Yang berlebihan justru jika memberikan perhatian yang terlalu sering dan bahkan sampai mengganggu privasi si cowok. Dari bangun tidur ke tidur lagi, si cewek memberikan perhatian yang terlalu berlebihan, misalnya menelepon atau video call.

Tentu saja hal ini lama-lama akan membuat si cowok jengah. Pexels.com/Pixabay Cewek agresif biasanya suka mengajak kencan duluan dan jika dia suka dengan penampilan cowok itu, tak segan untuk menyatakan suka atau cinta. Tak menunggu beberapa lama, selagi ada kesempatan langsung perasaan suka agresif dalam cinta artinya dilontarkan. Intinya, sang cewek sangat mendominasi awal kencan tersebut. Pikirkan hal ini juga sih, kadang ada cowok yang dapat menerimanya dan kadang juga ada cowok yang langsung tak suka dengan tingkahnya tersebut.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Bakal Ilfeel Kalau Pacarnya Terlalu Agresif, Kamu? Pexels.com/Snapwire Bahasa tubuh si agresif biasanya langsung ditonjolkan jika sedang mendekati cowok yang dia suka.

Dari gerakan dada, tangan, serta pandangan mata pasti akan menunjukkan indikasi menggoda perhatian si cowok. Jangan terlalu berlebihan juga akan hal ini, nanti jangan-jangan kamu dicap sebagai cewek murahan lho. Rasa suka bisa digambarkan dengan gerakan tubuh yang sewajarnya, tidak seronok ya. Pexels.com/JuanPabloArenaz Serangan si cewek agresif tak cuma kalimat dan tubuh menggoda.

Tak ayal menyentuh anggota tubuh si cowok juga digencarkan. Baginya hal ini adalah hal yang biasa. Misalnya, menyentuh area tangan atau wajah sekalipun.

Bahkan, mencium pipi serta area intim yang lain juga digencarkan. Waduh, gawat ini! Pexels.com/Brucemars Tak cuma gerakan tubuh, cewek agresif juga menggencarkan "aksinya" dengan melontarkan kalimat ajakan yang menggoda. Mencetuskan sesuatu terlebih dahulu juga sih biasanya, misalnya mengajak nonton atau mengajak kencan, dan sebagainya. Sebaiknya, memang cewek harus menjaga norma-norma dalam menjalin hubungan dengan di cowok.

Apalagi jika cowok itu tak suka dengan cewek yang agresif, mau gak mau kamu harus mengubah kebiasaanmu itu. Menyatakan cinta duluan juga tak salah kok, tapi ada batas etika yang kamu harus anut. Memang, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sebaiknya, kita selalu menjaga etika dalam mengawali hubungan dengan lawan jenis. Jodoh tak akan lari ke mana kok. Baca Juga: Apa Kamu Termasuk Orang yang Pasif-Agresif?

Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • PPKM Seluruh Indonesia Berakhir Hari Ini, Pemerintah Akan Umumkan Evaluasi • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!Daftar isi • Arti Agresif Adalah • Arti Agresif Menurut Para Ahli • 1.

David G. Myers • 2. Linda L. Davidoff • 3. Robert Baron • 4. Leonard Berkowitz • 5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) • Ciri-Ciri Perilaku Agresif • Jenis Perilaku Agresif • 1.

Agresif Rasa Benci • 2. Agresif untuk Mencapai Tujuan Arti Agresif Adalah Apa yang dimaksud dengan agresif (aggressive)? Secara umum, arti agresif adalah suatu perilaku yang secara sengaja bermaksud untuk melukai atau menyakiti orang lain baik secara fisik maupun secara verbal.

Perilaku ini sering dikaitkan pada sikap anak-anak pada agresif dalam cinta artinya perkembangan yang cenderung melakukan apapun yang dia inginkan meskipun harus mengejek atau menyakiti anak lain. Istilah “agresif” sering dikaitkan dengan kondisi psikologis seseorang, dan lebih sering di maknai dalam konotasi perilaku yang negatif.

Dalam sudut pandang ilmu psikologi, agresif merupakan perilaku atau tindakan seseorang yang ditujukan untuk menyerang atau menyakiti makhluk lainnya. Umumnya sifat agresif ini terjadi pada masa perkembangan pada rentang usia 3 – 7 tahun dimana menjadi salah satu tahap perkembangan yang seringkali menimbulkan masalah.

Bahkan tidak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah. Baca juga: Pengertian Agresi Arti Agresif Menurut Para Ahli Agar lebih memahami apa itu agresif, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini: 1. David G. Myers Menurut David G. Myers (2010:69), arti agresif adalah suatu perilaku fisik maupun verbal yang bertujuan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresi.

2. Linda L. Davidoff Menurut Linda L. Davidoff, arti agresif adalah agresif dalam cinta artinya tindakan mahluk hidup yang ditujukan untuk menyerang dan menyakiti mahluk lainnya, baik secara verbal maupun non verbal. 3. Robert Baron Menurut Robert Baron (Dayakisni dan Hudaniah, 2009:193), pengertian agresif adalah tingkah laku individu yang bertujuan untuk melukai atau mencelakai individu lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut.

4. Leonard Berkowitz Menurut Leonard Berkowitz (Taganing dan Fortuna, 2008), perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun secara mental. 5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menurut KBBI, arti agresif adalah suatu sifat atau nafsu untuk menyerang; cenderung (ingin) menyerang sesuatu yang dianggap sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.

Baca juga: Arti Intervensi Ciri-Ciri Perilaku Agresif Perilaku agresif dapat dikenali dengan memperhatikan sikap dan tindakan seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Menurut Bower & Bower dalam Psychemate 2007, adapun ciri-ciri perilaku agresif : • Mengekspresikan perasaan tanpa mengindahkan bahkan menyinggung perasaan orang lain nya • Mata yang tidak ekspresif, dingin, merendahkan, melotot serta memalingkan muka ketika berbicara • Lebih banyak berbicara dengan cara yang cepat serta membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan dirinya sendiri • Seringkali membanggakan dirinya sendiri apalagi ketika dipuji orang lain, namun cenderung untuk membuat orang yang memujinya merasa tersinggung • Memiliki sifat “sok tahu” dimana mencoba untuk memberikan opini atas semua hal menurut sudut pandang mereka sendiri, dan sering kali membenarkan pendapat sendiri • Cenderung untuk menyerang, mengintimidasi, mengkritik dan memaksa untuk meminta penjelasan lebih lanjut • Selalu mempertahankan haknya tanpa peduli dengan hak orang lain • Cenderung untuk menyampaikan keluhan dengan meledak ledak • Cenderung untuk menyerang orang lain yang tidak sependapat dengan dirinya dengan cara memotong pembicaraan atau mengintimidasi Baca juga: Arti Persekusi Jenis Perilaku Agresif Pakar psikologi juga membedakan perilaku agresif menjadi dua jenis, yaitu agresif rasa benci atau agresif emosi dan agresif sebagai sarana untuk mencapai tujuan.

Berikut penjelasan masing-masing jenis perilaku agresif tersebut: 1. Agresif Rasa Benci Perilaku ini ditandai dengan seseorang yang memiliki sifat emosi yang tinggi serta sering kali mengungkapkan kemarahan. Agresif ini berpusat pada tujuan dari sifat agresif itu sendiri dan sering disebut sebagai agresif jenis panas.

Seseorang yang memiliki sifat agresif seperti ini memang cenderung tidak peduli ketika perbuatannya lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat untuk orang lain. 2. Agresif untuk Mencapai Tujuan Untuk jenis sikap agresif yang satu ini tidak disertai dengan perilaku yang sering emosi. Agresif jenis ini hanya menunjukkan sikap ambisius untuk mencapai tujuan tertentu, sehingga seringkali antara pelaku dan korban memang tidak ada hubungan pribadi.

Pada intinya menurut pengertian agresif di atas, perilaku ini merupakan sikap negatif untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kata-kata atau tindakan yang keras. Seseorang dengan agresif dalam cinta artinya agresif cenderung untuk melecehkan atau merendahkan orang lain tanpa memikirkan perasaan orang lain tersebut. Itu karena perilaku agresif cenderung untuk menjaga hak hak dan kepentingan pribadi dan tidak menghargai kepentingan orang lain.

Orang yang agresif selalu memiliki keinginan untuk memperoleh apapun yang dia inginkan meskipun harus mengalahkan ataupun merendahkan orang lain. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa agresif merupakan perilaku negatif yang dimiliki oleh seseorang.

Bisa karena kepribadiannya sendiri, bisa juga karena terbentuk dari lingkungannya. Itulah mengapa dalam masa perkembangan anak-anak di usia yang rentan memiliki sifat agresif, perlu adanya pendampingan dari orang tua. Baca juga: Interaksi Sosial Demikianlah penjelasan tentang arti agresif, ciri-ciri, serta jenis-jenis perilaku agresif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

19 Tanda Wanita Jatuh Cinta Diam Diam Dan Bahasa Tubuh Wanita Tidak Mencintai Kita




2022 www.videocon.com