Maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Inionline.id – Kini menjadi informasi yang perlu disimak mengenai Hari Maulid Nabi. Yang sebelumnya diketahui bahwa hari Maulid Nabi tetap jatuh pada 12 Rabiul Awal. Namun, yang berbeda kali ini adalah hari liburnya. Hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi tahun ini mengalami pergeseran hari.

“Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M,” ujarnya. Lalu, apa yang menyebabkan hari libur Maulid Nabi mengalami pergeseran?

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Simak penjelasan berikut ini untuk selengkapnya. Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Alasan Libur Digeser Hari libur nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, awalnya jatuh pada hari Selasa, 19 Oktober 2021. Namun, pemerintah menggeser hari liburnya menjadi tanggal 20 Oktober 2021.

Hal tersebut ditetapkan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. “Sebagai antisipasi munculnya kasus baru COVID-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021,” jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Aturan perubahan hari libur tercantum dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan MenPAN-RB No 712, 1, dan 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, MenPAN-RB No 642, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama. Pergeseran hari libur seperti ini juga pernah dilakukan pada hari peringatan tahun baru Hijriah.

Tahun barunya tetap 1 Muharam 1443 H, tepat tanggal 10 Agustus 2021. Sementara tanggal merah untuk memperingatinya diubah menjadi 11 Agustus 2021. “Perubahan juga terjadi terkait cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal, yang awalnya ditetapkan pada 24 Desember, akhirnya diputuskan untuk ditiadakan,” tegasnya. Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Ini Kata MUI Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah,Cholil Nafis mengkritik keputusan pemerintah menggeser hari libur keagamaan.

Keputusan menggeser hari libur keagamaan untuk membatasi mobilitas warga sudah tidak relevan. “Saat WFH dan COVID-19 mulai reda, bahkan maulid nabi jatuh pada tanggal berapa nasional mulai normal sepertinya menggeser hari libur keagamaan dengan alasan agar tak banyak mobilitas liburan warga dan tidak berkerumun sudah tak relevan. Keputusan lama yang tak diadaptasikan dengan berlibur pada waktunya merayakan acara keagamaan,” kata Cholil dalam akun Twitter-nya, @cholilnafis (ejaan sudah disesuaikan), Senin (11/9).

Cholil mengatakan harusnya hari libur mengikuti hari besar keagamaan, bukan malah sebaliknya. Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Komentar Menko PMK Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik keputusan pemerintah tentang menggeser hari libur keagamaan untuk membatasi mobilitas warga tidak relevan. Menko PMK Muhadjir Effendy pun mengomentari kritik MUI tersebut. “Itu kritik positif dan konstruktif. Apa yang disampaikan oleh MUI itu juga sudah menjadi bahan pertimbangan ketika keputusan menggeser hari libur diambil,” kata Muhadjir kepada detikcom, Senin (11/10/2021).

“Hari libur keagamaan yang digeser hanya yang jatuh di hari ‘kejepit’, yang membuat jangka waktu libur menjadi panjang,” ujarnya. Muhadjir mengatakan resiko peningkatan kasus baru COVID-19 masih bisa terjadi.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

“Untuk situasi saat ini risiko itu masih sangat mungkin terjadi dan harus dihindari. Dan menurut kaidah agama menghindari risiko itu lebih diutamakan daripada faedah yang ada dalam liburan itu,” kata Muhadjir. Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Ini Komentar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin juga ikut berkomentar mengenai pergeseran hari libur ini.

Menurutnya, pergeseran hari libur keagamaan bukan berarti masyarakat tidak diizinkan merayakan Maulid Nabi. Maulid, namun boleh saja dilaksanakan selain hari libur dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Mengeser hari libur semata untuk menghindari potensi mobilitas massa secara massif karena berpotensi libur panjang. Walau pandemi sudah melandai kita tetap harus waspada, tak boleh kendor menerapkan prokes dan masih harus sepenuhnya menyadari bahwa kita masih dalam masa pandemi,” ujar Kamaruddin.

Demikian informasi mengenai Hari Maulid Nabi tanggal berapa serta penjelasannya. Semoga membantu dan bermanfaat. Covid-19 Hari libur Nasional Maulid Nabi Penulis: Pipit - Editor: Musahadah SURYA.co.id - Maulid nabi tanggal berapa? Maulid Nabi adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan pada tanggal 29 Oktober 2020. Ini adalah satu dari hari besar bagi umat Islam, tak jarang selama satu bulan penuh di bulan Rabiul Awal terdapat berbagai peringatan acara Maulid Nabi.

Di bulan maulid nabi jatuh pada tanggal berapa, umat Islam dianjurkan memperbanyak bacaan sholawat. Baca juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hukum Memperingati Hari Lahir Nabi dalam Islam Wasid Mansyur, Dosen Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Sunan Ampel Surabaya menyampaikan peringatan Maulid Nabi adalah bentuk ungkapan cinta seorang muslim kepada Nabi Muhammad. Allah Subhanallahu wata'ala (SWT) pun menyampaikan dalam Alquran surat 33, Al Ahzab ayat 56 anjuran untuk membaca sholawat.

Allah SWT berfirman: اِنَّ اللّ هَ وَمَل ئِكَتَه يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ي ۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ ا مَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا Innalloha wa malaaa`ikatahuu yusholluuna 'alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa
Jakarta - Libur Maulid Nabi 2021 telah ditetapkan pemerintah.

Namun libur Maulid Nabi tahun ini mengalami perubahan dan tidak sesuai dengan kalender sebelumnya. "Pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan meniadakan satu hari libur cuti bersama," ucap Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers beberapa waktu lalu. Kalau sebelumnya libur Maulid Nabi 2021 ditetapkan tanggal 19 Oktober 2021, kini digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021.

Lantas, apa alasan pemerintah menggeser libur Maulid Nabi tahun ini? Mari simak penjelasan berikut ini. Baca juga: Hari Ini Tanggal Merah atau Tidak? Simak Lagi SKB Terbaru Libur Maulid Nabi 2021: Sudah Diatur Dalam SKB Perubahan libur Maulid Nabi 2021 sudah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari SKB itu, ada 3 perubahan pada libur nasional dan cuti bersama pada tahun ini. Berdasarkan SKB tersebut, terlihat ada ada 3 poin perubahan yang terjadi pada libur nasional dan maulid nabi jatuh pada tanggal berapa bersama pada 2021.

Salah satu yang mengalami perubahan yakni libur Maulid Nabi 2021. Dengan digesernya libur Maulid Nabi 2021, tanggal merah pada bulan Oktober 2021 hanya berlangsung 1 hari, yakni tanggal 20 Oktober 2021. Perubahan hari libur nasional bukan pertama kalinya direvisi pemerintah.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Sebelumnya, hari libur tahun baru Islam 1443 H yang awalnya jatuh pada 10 Agustus 2021, diubah menjadi Rabu 11 Agustus 2021. Bukan hanya libur Maulid Nabi 2021, dalam SKB itu pemerintah juga merevisi libur dan cuti bersama Natal 2021. Semula, hari libur dan cuti bersama Natal jatuh pada tanggal 24 Desember 2021. Namun, tahun ini hari libur cuti bersama Natal ditiadakan. Baca juga: Serba-serbi Libur Nasional 2022 tapi Cuti Bersama Masih Tanda Tanya Libur Maulid Nabi 2021: Antisipasi Klaster Baru COVID-19 Digesernya libur Maulid Nabi 2021 didasari karena beberapa alasan, salah satunya pemerintah hendak mengantisipasi klaster baru COVID-19.

Meski hari libur Maulid Nabi digeser, namun peringatannya tetap jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. "Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021. Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Maulid nabi jatuh pada tanggal berapa. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menambahkan, perubahan libur Maulid Nabi 2021 mempertimbangkan kondisi dan situasi COVID-19. Ke depan, Kemenag bersama dua Menteri lainnya bakal menentukan cuti bersama 2022. "Pelaksanaan cuti bersama tahun 2022 akan ditetapkan kemudian dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19," bunyi poin keempat di SKB 3 menteri tersebut.

Soal Libur Maulid Nabi 2021 juga dapat dicek di halaman selanjutnya. Lihat juga Video: Resmi Diteken! Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022 [Gambas:Video 20detik] Jakarta - Hari Maulid Nabi tanggal berapa kini menjadi informasi yang perlu disimak.

Sebelumnya diketahui bahwa hari Maulid Nabi tetap jatuh pada 12 Rabiul Awal. Namun, yang berbeda kali ini adalah hari liburnya. Hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi tahun ini mengalami pergeseran hari. "Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M.

Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ujarnya.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Baca juga: 2 Hari Besar Keagamaan 'Kejepit' yang Liburnya Digeser Pemerintah Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Alasan Libur Digeser Hari libur nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, awalnya jatuh pada hari Selasa, 19 Oktober 2021. Namun, pemerintah menggeser hari liburnya menjadi tanggal 20 Oktober 2021. Hal tersebut ditetapkan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. "Sebagai antisipasi munculnya kasus baru COVID-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Aturan perubahan hari libur tercantum dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan MenPAN-RB No 712, 1, dan 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, MenPAN-RB No 642, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

Pergeseran hari libur seperti ini juga pernah dilakukan pada hari peringatan tahun baru Hijriah. Tahun barunya tetap 1 Muharam 1443 H, tepat tanggal 10 Agustus maulid nabi jatuh pada tanggal berapa. Sementara tanggal merah untuk memperingatinya diubah menjadi 11 Agustus 2021. "Perubahan juga terjadi terkait cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal, yang awalnya ditetapkan pada 24 Desember, akhirnya diputuskan untuk ditiadakan," tegasnya.

Baca juga: MUI Kritik Penggeseran Hari Libur Keagamaan: COVID Mulai Mereda Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Ini Kata MUI Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah,Cholil Nafis mengkritik keputusan pemerintah menggeser hari libur keagamaan.

Keputusan menggeser hari libur keagamaan untuk membatasi mobilitas warga sudah tidak relevan.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

"Saat WFH dan COVID-19 mulai reda, bahkan hajatan nasional mulai normal sepertinya menggeser hari libur keagamaan dengan alasan agar tak banyak mobilitas liburan warga dan tidak berkerumun sudah tak relevan.

Keputusan lama yang tak diadaptasikan dengan berlibur pada waktunya merayakan acara keagamaan," kata Cholil dalam akun Twitter-nya, @cholilnafis (ejaan sudah disesuaikan), Senin (11/9). Cholil mengatakan harusnya hari libur mengikuti hari besar keagamaan, bukan malah sebaliknya.

Hari Maulid Nabi Tanggal Berapa: Komentar Menko PMK Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik keputusan pemerintah tentang menggeser hari libur keagamaan untuk membatasi mobilitas warga tidak relevan. Menko PMK Muhadjir Effendy pun mengomentari kritik MUI tersebut.

"Itu kritik positif dan konstruktif. Apa yang disampaikan oleh MUI itu juga sudah menjadi bahan pertimbangan ketika keputusan menggeser hari libur diambil," kata Muhadjir kepada detikcom, Senin (11/10/2021).

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

"Hari libur keagamaan yang digeser hanya yang jatuh di hari 'kejepit', yang membuat jangka waktu libur menjadi panjang," ujarnya. Muhadjir mengatakan resiko peningkatan kasus baru COVID-19 masih bisa terjadi.

"Untuk situasi saat ini risiko itu masih sangat mungkin terjadi dan harus dihindari. Dan menurut kaidah agama menghindari risiko itu lebih diutamakan daripada faedah yang ada dalam liburan itu," kata Muhadjir. Menjawab soal Hari Maulid Nabi tanggal berapa, simak halaman berikutnya.
Jakarta - Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan kelahiran Rasulullah SAW, yang jatuh pada Selasa (19/10/2021). Namun hari libur digeser menjadi Rabu (20/10/2021) untuk mencegah terjadinya kerumunan dan peningkatan kasus COVID-19 di tanggal merah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad, seperti tahun sebelumnya, dilakukan seluruh muslim di Indonesia. Peringatan bertujuan meningkatkan rasa cinta, yang diwujudkan dengan mengikuti sunnah Nabi SAW dan ketentuan dalam Al Quran demi kemajuan Islam. Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu mengundang rasa penasaran masyarakat. Peneliti astronomi senior Prof Thomas Djamaluddin menjelaskan kapan Nabi Muhammad SAW lahir dalam penanggalan masehi (M), yang banyak digunakan di Indonesia.

Baca juga: Maulid Nabi Muhammad SAW 2020 dan 2021: Sejarah serta Perayaannya Siaran pada Senin (18/10/2021) tersebut diselenggarakan Pengajian Cangkrukan ITB 81, yang berawal dari WhatsApp grup alumni ITB bernama Tadabur ITB 81.

Dalam siaran tersebut, Prof Thomas mengatakan Nabi lahir pada Senin 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Berikut adalah salah satu hadits yang menceritakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Imam Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas, وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ Artinya: "Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awwal, Tahun Gajah." Selain sesuai hadits, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah juga menjadi pendapat umum terkait kapan Rasulullah SAW lahir.

Momen tersebut bertepatan dengan awal musim semi yang tidak terlalu panas atau dingin, dengan durasi siang dan malam relatif sama. Prof Thomas menjelaskan, Tahun Gajah terjadi pada 53 tahun sebelum hijrah.

Secara matematis tahun tersebut dapat dinyatakan sebagai tahun -53 Hijriah (H). Tahun inilah yang kemudian dihitung mundur untuk mengetahui kelahiran Rasulullah SAW. Maulid Nabi Muhammad yang ditandai kelahiran Rasulullah SAW bukan satu-satunya peristiwa yang dihitung mundur dalam kalender masehi. Berbagai peristiwa besar lain maulid nabi jatuh pada tanggal berapa kehidupan nabi juga diketahui momennya dengan metode ini.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Baca juga: 15 Jenis Sholawat Nabi dalam Arab, Latin, dan Artinya Hal ini disebabkan sistem kalender Hijriah yang baru ditetapkan pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab. Sistem ini diterapkan setelah umat muslim kesulitan dalam urusan administrasi, manajemen dan mengidentifikasi dokumen. Sebelumnya penanggalan hanya dilakukan berdasarkan peristiwa besar yang diingat tiap orang. Maulid Nabi Muhammad biasanya dirayakan sesuai tradisi di tiap wilayah.

Namun peringatan jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi keramaian dan risiko melonjaknya kasus COVID-19. Simak Video " Astronom Temukan Bintang Terjauh, Terbentuk Hampir 13 Miliar Tahun" [Gambas:Video 20detik] (row/erd)
Home » Bahasa Indonesia Maulid Nabi 2022, 2023 dan 2024 Hari kelahiran Nabi Muhammad diperingati sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Dikenal dengan istilah Maulid Nabi, tanggal ini diambil dari maulid nabi jatuh pada tanggal berapa Kalender Bulan Islam. Maulid Nabi jatuh pada Maulid Nabi jatuh pada hari ke-12 bulan ketiga Islam Rabi’ul-awwal.

Nabi Muhammad, SAW lahir di Mekah, sebuah kota di wilayah Saudi Arabia pada tahun 570 Masehi. Selama masa kecilnya, Muhammad dikenal sebagai sosok yang pendiam, dan ibunya telah meninggal dunia karena sakit pada tahun 576 Masehi.

Setelah kematian Ibunya, Muhammad dibesarkan oleh pamannya, Abu Thalib sampai ia dewasa. Terdapat beberapa tradisi di Indonesia dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW. Salah satunya adalah tradisi “Grebeg Maulud”. Ritual ini seringkali kali dilakukan di beberapa maulid nabi jatuh pada tanggal berapa di Indonesia. Detail kegiatan dari Grebeg Maulud dapat diubah dan disesuaikan dengan lokasi, sajen yang berbentuk menyerupai gunung dan dikenal dengan nama “gunungan.” “Gunungan” akan dibawa dan diarak dari tempat publik ke masjid.

Di masjid, “gunungan” akan diberkati oleh seorang ulama dan dibagikan ke masyarakat setempat. Salah satu ritual “Grebeg Maulud” yang sangat terkenal dan terbesar dilakukan di wilayah Surakarta, Jawa Tengah. Selama ritual ini, Gunungan akan dibawa dan diarak dari Istana Kasunanan Surakarta ke masjid Agung.

Gunungan ini terdiri dari hasil-hasil pertanian, kudapan, dan uang logam. Tahun-tahun sebelumnya Tahun Tanggal Hari Hari Libur 2021 20 Oktober Rabu Maulid Nabi Muhammad SAW 2020 28 Oktober Rabu Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 29 Oktober Kamis Maulid Nabi Muhammad SAW 30 Oktober Jumat Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2019 9 November Sabtu Maulid Nabi Muhammad SAW 2018 20 November Selasa Maulid Nabi Muhammad SAW 2017 1 Desember Jumat Maulid Nabi Muhammad SAWtirto.id - Libur Maulid Nabi 2021 yang semula jatuh pada hari Selasa tanggal 19 Oktober 2021, mundur menjadi hari Rabu tanggal 20 Oktober 2021.

Penetapan perubahan libur tanggal merah Oktober 2021 ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, dan Nomor 3 Tahun 2021. SKB 3 Menteri ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menaker Ida Fauziyah, dan Menpan RB Tjahjo Kumolo. SKB terbaru ini mengubah ketentuan di dalam SKB 3 Menteri Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, dan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Apa penyebab libur Maulid Nabi tahun ini mundur tanggal merahnya? Perubahan hari libur ini dilakukan dengan pertimbangan terkait dengan upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di tanah air saat ini. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam SKB bahwa, sehubungan dengan adanya kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 [di Indonesia] dan untuk mengantisipasi munculnya klaster [penularan virus corona] baru, perlu dilakukan perubahan terhadap cuti bersama tahun 2021.

Oleh karena itu, libur tanggal merah Oktober 2021 ditetapkan hanya satu, yaitu tanggal 20 Oktober 2021. Sementara itu, untuk Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, dinyatakan bukan sebagai hari libur nasional. Peringatan Maulid Nabi Tetap Tanggal 12 Rabiul Awal 1443 Yang perlu dicermati adalah, yang digeser adalah libur tanggal merah perayaan Maulid Nabi saja.

Untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah setiap tanggal 12 Rabi'ul Awal, yang tahun ini jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Peringatan Maulid Nabi bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan. Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad juga menjadi penyemangat untuk menyatukan semangat dan gairah keislaman. Dikutip dari laman NU Online, perayaan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW di bangsa Arab, menurut catatan Ahmad Tsauri dalam Sejarah Maulid Nabi (2015), perayaan Maulid Nabi sudah dilakukan oleh masyarakat Muslim sejak tahun kedua hijriah.

Waktu itu seorang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki sejarah panjang dalam khazanah Islam.

Kendati belum dilakukan di masa kenabian, hari Maulid Nabi menjadi perayaan besar yang diselenggarakan di banyak wilayah di seluruh dunia. Di Indonesia, perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan dengan berbagai cara. Dilansir dari NU OnlineMaulid Nabi biasanya diselenggarakan dengan membaca Manakib Nabi Muhammad dalam Kitab Maulid Barzanji, Maulid Simtud Dhurar, Diba’, Saroful Anam, Burdah, dan lain-lain.

Kalender Hijriah Oktober 2021 Berikut adalah kalender hijriah bulan Oktober 2021: Tanggal Masehi Tanggal Hijriah Hari 1 Oktober 2021 24 Safar 1443 Jumat 2 Oktober 2021 25 Safar 1443 Sabtu 3 Oktober 2021 26 Safar 1443 Minggu 4 Oktober 2021 27 Safar 1443 Senin 5 Oktober 2021 28 Safar 1443 Selasa 6 Oktober 2021 29 Safar 1443 Rabu 7 Oktober 2021 30 Safar 1443 Kamis 8 Oktober 2021 1 Rabiul Awal 1443 Jumat 9 Oktober 2021 2 Rabiul Awal 1443 Sabtu 10 Oktober 2021 3 Rabiul Awal 1443 Minggu 11 Oktober 2021 4 Rabiul Awal 1443 Senin maulid nabi jatuh pada tanggal berapa Oktober 2021 5 Rabiul Awal 1443 Selasa 13 Oktober 2021 6 Rabiul Awal 1443 Rabu 14 Oktober 2021 7 Rabiul Awal 1443 Kamis 15 Oktober 2021 8 Rabiul Awal 1443 Jumat 16 Oktober 2021 9 Rabiul Awal 1443 Sabtu 17 Oktober 2021 10 Rabiul Awal 1443 Minggu 18 Oktober 2021 11 Rabiul Awal 1443 Senin 19 Oktober 2021 12 Rabiul Awal 1443 Selasa 20 Oktober 2021 13 Rabiul Awal 1443 Rabu 21 Oktober 2021 14 Rabiul Awal 1443 Kamis 22 Oktober 2021 15 Rabiul Awal 1443 Jumat 23 Oktober 2021 16 Rabiul Awal 1443 Sabtu 24 Oktober 2021 17 Rabiul Awal 1443 Minggu 25 Oktober 2021 18 Rabiul Awal 1443 Senin 26 Oktober 2021 19 Maulid nabi jatuh pada tanggal berapa Awal 1443 Selasa 27 Oktober 2021 20 Rabiul Awal 1443 Rabu 28 Oktober 2021 21 Rabiul Awal 1443 Kamis 29 Oktober 2021 22 Rabiul Awal 1443 Jumat 30 Oktober 2021 23 Rabiul Awal 1443 Sabtu 31 Oktober 2021 24 Rabiul Awal 1443 Minggu
Perbedaan cara memperingati tersebut tentunya tidak bisa lepas dari budaya atau tradisi dari masing-masing masyarakat.

Setiap daerah di Indonesia, memiliki adat istiadat yang telah dilakukan sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu merupakan aset yang selalu dijaga keberadaannya hingga sekarang dan harus terus dilestarikan. Contohnya, warga di daerah Loram Kulon, Jati, Kudus, Jawa Tengah, memiliki tradisi tersendiri yaitu dengan melakukan kirab Ampyang di depan Masjid Wali.

Awalnya kegiatan ini merupakan media penyiaran agama Islam di wilayah tersebut. Tradisi itu dilakukan oleh Ratu Kalinyamat dan suaminya Sultan Hadirin. Tradisi memperingatinya yaitu dengan menyajikan makanan yang dihiasi dengan ampyang atau nasi dan krupuk yang diarak keliling Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, sebelum menuju ke Masjid Wali At Taqwa di desa setempat.

maulid nabi jatuh pada tanggal berapa

Nantinya, masing-masing peserta, menampilkan sejumlah kesenian, maulid nabi jatuh pada tanggal berapa visualisasi tokoh-tokoh yang berjasa pada saat berdirinya Desa Loram Kulon serta visualisasi sejarah pendirian Masjid Wali At Taqwa. Saat akhirnya sampai di Masjid Wali, tandu yang berisi nasi bungkus serta hasil bumi didoakan oleh ulama setempat, kemudian dibagikan kepada warga setempat untuk mendapatkan berkah.

Sementara, pada zaman kesultanan Mataram, perayaan Maulid Nabi disebut Grebeg Mulud. Kata gerebeg artinya mengikuti, yaitu mengikuti sultan dan para pembesar keluar dari keraton menuju masjid untuk mengikuti perayaan Maulid Nabi, lengkap dengan sarana upacara, seperti nasi gunungan dan sebagainya.

Puncak dari upacara ini adalah iringan gunungan yang dibawa ke Masdjid Agung. Setelah di masjid digelar doa dan upacara persembahan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagian gunungan dibagi-bagikan pada masyarakat umum dengan jalan diperebutkan. Masyarakat muslim menyiapkan kue-kue tradisional, seperti kolombengi, curuti, buludeli, wapili, dan pisangi yang disusun sedemikian rupa dan diarak dari rumah menuju masjid terdekat.

Kue khas walima, yakni kolombengi dan kue tradisional lainnya dikemas dalam plastik, ditata, dan dihias sebelum diarak dengan mobil yang mampu menarik perhatian ribuan warga yang memadati tepi jalan.

Setelah doa di Masjid selesai, ribuan kue-kue tersebut direbut atau dibagi-bagikan kepada warga untuk dibawa pulang ke rumah. (DNR)

Memperingati!!! Maulid Nabi MUHAMMAD SAW [ Singa Garrut Official ]




2022 www.videocon.com