Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi ciri-ciri dari masih-masing mahluk hidup yang ada di gambar. Hiu dan Ikan Pari 1. Bertulang belakang 2. Bernapas dengan insang 3. Hidup di air asin 4. Berkembang biak dengan cara bertelur 5. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh ditutupi oleh kulit yang berlendir. Lumba-lumba dan Paus 1. Bertulang belakang 2. Bernapas dengan paru-paru 3.

Hidup di air asin 4. Berkembang biak dengan cara beranak 5. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh ditutupi oleh kulit yang berlendir. Meskipun hampir sama dan orang banyak yang salah membedakannya tetapi hiu, lumba-lumba, paus dan ikan pari ternyata ada pada kelompok yang berbeda. Hiu dan ikan pari dikelompokkan dalam kelas ikan (pisces) Sedangkan lumba-lumba dan paus dikelompokkan dalam kelas hewan menyusui (mamalia) Kunci Jawaban (777) IPA SMP (502) Biologi (261) Matematika SMP (205) Matematika (126) Bilangan (84) Kimia (67) Fisika (66) UN SMP (63) IPBA (46) Himpunan (36) Tata Surya (31) Materi (30) Objek IPA dan Pengamatannya (30) Segiempat dan Segitiga (30) Ujian Kompetensi (30) Penyajian Data (29) Garis dan Sudut (28) Perbandingan (28) Sistem Reproduksi pada Manusia (25) Suhu dan Perubahannya (23) Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan (22) Apakah Kamu Tahu (21) Kalor dan Perpindahannya (21) Perpangkatan dan Bentuk Akar (20) Indera Pengelihatan (19) Operasi Aljabar (19) Bunyi (17) Optik (17) Sistem Pendengaran (17) Energi dalam Sistem Kehidupan (16) Gerak Mahluk Hidup dan Benda (16) Pendidikan (16) Sistem Ekskresi (16) Bioteknologi (15) Kependudukan dan Lingkungan (15) Klasifikasi Mahluk Hidup (15) Lapisan Bumi (15) Pewarisan SIfat (15) SIstem Transportasi Mahluk Hidup (15) Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (15) Tanah dan Keberlangsungan Hidup (15) Teknologi Ramah Lingkungan (15) Pernapasan (14) Sistem Koordinat (14) Perubahan Materi (11) Pemanasan Global (10) Rangka dan Otot (9) Bahasa Indonesia (8) Bahasa Inggris (8) Peredaran Darah (8) Pesawat Sederhana (8) Psikologi Pendidikan (8) Tumbuhan (8) Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan (7) Gerak pada Tumbuhan (6) Klasifikasi Materi dan Perubahannya (6) Permainan Sains (6) Senyawa Karbon (5) Sistem Organisasi Kehidupan (5) Gaya (4) Hormon pada Tumbuhan (4) Bumi Datar (3) IPA (3) Kerja Sama (3) Pakar (3) HOAX (2) Kalor (2) Soal Ulangan (2) UN SMA (2) Video Pembelajaran (2) Asam Basa (1) Bangun Ruang (1) Download (1) Ekonomi (1) Gastronomi (1) Geografi (1) Hukum Bernoulli (1) IPA Terpadu (1) Kesetimbangan (1) Kulit (1) LKS (1) Mikroskop (1) Pemisahan Campuran (1) Pendidikan Matematika (1) Penilaian Akhir Semester (1) Profil Founder (1) Pythagoras (1) Reaksi Kimia (1) Sistem Pencernaan Makanan (1) Slide (1) Tekanan (1) Sementara itu spesies adalah klasifikasi terendah yang menggolongkan makhluk hidup.

Agar bisa dimasukkan ke dalam spesies yang sama, makluk hidup harus memiliki kemiripan sifat dan bila melakukan reproduksi harus menghasilkan keturunan yang fertil atau subur. Artinya keturunan ini juga harus bisa berkembang biak. Misalnya, ayam ras dan ayam kampung meskipun memiliki perbedaan cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut tubuh dan warna bulu, memiliki kesamaan lain dalam sifatnya.

Bika dikawinkan, ayam ras dan ayam kampung akan menghasilkan ayam hibrida yang subur atau fertil.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Karena itu keduanya dimasukkan dalam spesies yang sama yaitu ayam, atau Gallus domesticus. Tubuh siput air terdiri atas kepala, leher, kaki, dan punuk, viceral (jerohan).

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Pada kepala terdapat sepasang tentakel yaitu : sepasang yang pendek sebagai alat pembau. Sepasang yang panjang sebagai alat pelihat. Dibawah kepala terdapat kelenjar mucosa yang membasahi kaki. Kakinya lebar dan pipih menyerupai alat untuk berjalan dan selalu basah. Kaki dan kepala dapat disimpandalam cangkok jika keadaan tidak mengizinkan. Di alam terdapat hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme yang peka dan ada pula yang tahan terhadap kondisi lingkungan tertentu.

Organisme yang peka akan mati karena pencemaran dan organisme yang tahan akan tetap hidup.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Siput air dan Planaria merupakan contoh hewan yang peka pencemaran. Sungai yang mengandung siput air dan planaria menunjukkan sungai tersebut belum mengalami pencemaran. Sebaliknya, cacing Tubifex (cacing merah) merupakan cacing yang tahan hidup dan bahkan berkembang baik di lingkungan yang kaya bahan organik, meskipun spesies hewan yang lain telah mati.

Ini berarti keberadaab cacing tersebut dapat dijadikan indikator adanya pemcemaran zat organik. Organisme yang dapat dijadikan petunjuk pencemaran dikenal sebagai indikator biologis.
Uji Kompetensi Halaman 89-90 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Halaman 89 Kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Bab 2 Halaman 89 Kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Kelas 7 SMP/MTS Semester 1 K13 1.

Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan. Jawab: Hewan ikan,sapi,katak,ayam,ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesiesnya tidak sama. Hal ini disebabkan oleh karena ikan, sapi, katak, ayam dan ular memiliki ciri umum yang sama yaitu memiliki tulang belakang atau korda dorsalis, sehingga mereka semua dapat digolongkan dalam filum yang sama yaitu filum chordata.

Meskipun demikian, ikan, sapi, katak, ayam dan ular memiliki ciri spesifik yang berbeda sehingga mereka semua tidak tergolong dalam spesies yang sama.

2.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut? Jawab: Siput air dan planaria sama-sama hewan tak bertulang belakang/ avertebrata. lebih rinci, berikut klasifikasi siput air dan planaria. Siput air Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Gastropoda Ordo : Pulmonata Familia : Helicidae Genus : Helix Spesies : Helix pomatia Tubuh siput air terdiri atas kepala, leher, kaki, dan punuk, viceral (jerohan).

Pada kepala terdapat sepasang tentakel yaitu : sepasang yang pendek sebagai alat pembau. Sepasang yang panjang sebagai alat pelihat.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Dibawah kepala terdapat kelenjar mucosa yang membasahi kaki. Kakinya lebar dan pipih menyerupai alat untuk berjalan dan selalu basah. Kaki dan kepala dapat disimpandalam cangkok jika keadaan tidak mengizinkan. Planaria Kingdom : Animalia Phylum : Platyhelminthes Class : Turbellaria Ordo : Tricladida Sub Ordo : Paludicola Famili : Planariidae Genus : Euplanaria Species : Euplanaria, sp Planaria tubuhnya pipih, lonjong dan lunak dengan panjang tubuh kira-kira antara 5-25 mm.

Bagian anterior (kepala) berbentuk segitiga tumpul, berpigmen gelap kearah belakang, mempunyai 2 titik mata. Jadi siput air termasuk kelompok Mollusca, dan planaria kelompok Platyhelminthes. 3. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan. Siput air Planaria Belalang Kupu-kupu Capung Jawab: Kingdom animalia atau dunia hewan dibagi menjadi sembilan filum yaitu porifera, Coelenterata, platyhelmintes, Nematelmintes, Anelida, Molusca, Artropoda, Echinodermata dan Chordata.

Setelah memperhatikan gambar beberapa hewan yaitu siput air, planaria, belalang, kupu kupu, dan capung, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri hewan tersebut, antara lain: Siput air, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Bertubuh lunak - Memiliki cangkang untuk melindungi diri - Berjalan dengan kaki perut - Termasuk ke dalam filum Molusca dan kelas Gastropoda.

Planaria, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Bertubuh pipih - Tidak memiliki segmen - Memiliki rambut getar untuk membantu gerak - Termasuk filum Platyhelmintes dan kelas Turbelaria Belalang, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis tidak sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Kupu kupu, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Capung, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Hiu, Paus, Lumba-lumba dan Ikan Pari Persamaan: - Termasuk Hewan Vertebrata (bertulang belakang) - Fertilisasi internal atau eksternal - Alat geraknya berupa sirip - Hidup di air Perbedaan: - Ikan Hiu dan Ikan Pari bersifat poikiloterm (berdarah dingin), sedangkan Paus dan lumba-lumba bersifat homoiterm (berdarah panas) - Perkembangbiakan Paus dan lumba-lumba dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar), sedangkan Perkembangbiakan Ikan Hiu dan Ikan Pari dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar) - Ikan Hiu dan Ikan Pari bernafas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru - Ikan Hiu dan Ikan Pari memiliki jantung yang terbagi dua ruang yaitu atrium dan vertikel, sedangkan Paus dan lumba-lumba memiliki jantung terbagi atas empat ruangan yang cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut atas dua serambi dan dua bilik Pengelompokkan: Ikan Hiu dan Ikan Pari ⇒ Kelompok Pisces Paus dan lumba-lumba ⇒ Kelompok Mamalia Ciri-ciri tumbuhan yg ditemukan Ida adalah tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Jadi tumbuhan yg ditemukan Ida adalah pohon palem. Dibawah ini bisa kita lihat ciri-ciri atau klasifikasi dari tumbuhan palem (Arecaceae) Klasifikasi suku pinang-pinangan (palem) secara umum : Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati Akarnya tumbuh dari pangkal batang, berbentuk silinder, kurang bercabang tetapi biasanya tumbuh banyak dan masif (padat) dan berbentuk akar serabut Berdaun majemuk dan memiliki tulang daunnya sejajar Tangkai daun memiliki pelepah daun yang membungkus batang.

Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang) Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut) Biji buah relatif cair pada saat masih muda dan semakin mengeras ketika tua. Contoh dari tumbuhan palem lainnya : Enau atau Aren (Arenga pinata) Kelapa (Cocos nucifera) Salak (Salacca zalacca ) Kurma (Phoenix dactylifera) Kelapa sawit (Elaeis guineensis) Rotan (Calamus rottan) Nipah (Nypa fruticans) Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago) Uji Kompetensi Halaman 89-90 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Halaman 89 Kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Jawaban Uji Kompetensi IPA Bab 2 Halaman 89 Kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup) Kelas 7 SMP/MTS Semester 1 K13 1.

Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama?

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Coba jelaskan. Jawab: Hewan ikan,sapi,katak,ayam,ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesiesnya tidak sama. Hal ini disebabkan oleh karena ikan, sapi, katak, ayam dan ular memiliki ciri umum yang sama yaitu memiliki tulang belakang atau korda dorsalis, sehingga mereka semua dapat digolongkan dalam filum yang sama yaitu filum chordata. Meskipun demikian, ikan, sapi, katak, ayam dan ular memiliki ciri spesifik yang berbeda sehingga mereka semua tidak tergolong dalam spesies yang sama.

2. Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut? Jawab: Siput air dan planaria sama-sama hewan tak bertulang belakang/ avertebrata.

lebih rinci, berikut klasifikasi siput air dan planaria. Siput air Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Gastropoda Ordo : Pulmonata Familia : Helicidae Genus : Helix Spesies : Helix pomatia Tubuh siput air terdiri atas kepala, leher, kaki, dan punuk, viceral (jerohan). Pada kepala terdapat sepasang tentakel yaitu : sepasang yang pendek sebagai alat pembau. Sepasang yang panjang sebagai alat pelihat. Dibawah kepala terdapat kelenjar mucosa yang membasahi kaki.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

Kakinya lebar dan pipih menyerupai alat untuk berjalan dan selalu basah. Kaki dan kepala dapat disimpandalam cangkok jika keadaan tidak mengizinkan. Planaria Kingdom : Animalia Phylum : Platyhelminthes Class : Turbellaria Ordo : Tricladida Sub Ordo : Paludicola Famili : Planariidae Genus : Euplanaria Species : Euplanaria, sp Planaria tubuhnya pipih, lonjong dan lunak dengan panjang tubuh kira-kira antara 5-25 mm. Bagian anterior (kepala) berbentuk segitiga tumpul, berpigmen gelap kearah belakang, mempunyai 2 titik mata.

Jadi siput air termasuk kelompok Mollusca, dan planaria kelompok Platyhelminthes.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

3. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan. Siput air Planaria Belalang Kupu-kupu Capung Jawab: Kingdom animalia atau dunia hewan dibagi menjadi sembilan filum yaitu porifera, Coelenterata, platyhelmintes, Nematelmintes, Anelida, Molusca, Artropoda, Echinodermata dan Chordata.

Setelah memperhatikan gambar beberapa hewan yaitu siput air, planaria, belalang, kupu kupu, dan capung, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri hewan tersebut, antara lain: Siput air, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Bertubuh lunak - Memiliki cangkang untuk melindungi diri - Berjalan dengan kaki perut - Termasuk ke dalam filum Molusca dan kelas Gastropoda.

Planaria, memiliki ciri umum cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut - Tidak memiliki tulang belakang - Bertubuh pipih - Tidak memiliki segmen - Memiliki rambut getar untuk membantu gerak - Termasuk filum Platyhelmintes dan kelas Turbelaria Belalang, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis tidak sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Kupu kupu, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Capung, memiliki ciri umum yaitu: - Tidak memiliki tulang belakang - Tubuh dan kaki beruas ruang - Memiliki 4 buah sayap - Memiliki mata faset dan mata tunggal - Memiliki kaki 3 pasang - Bernapas dengan trakea - Metamorfosis sempurna - Termasuk dalam filum Artropoda dan kelas Insecta Hiu, Paus, Lumba-lumba dan Ikan Pari Persamaan: - Termasuk Hewan Vertebrata (bertulang belakang) - Fertilisasi internal atau eksternal - Alat geraknya berupa sirip - Hidup di air Perbedaan: - Ikan Hiu dan Ikan Pari bersifat poikiloterm (berdarah dingin), sedangkan Paus dan lumba-lumba bersifat homoiterm (berdarah panas) - Perkembangbiakan Paus dan lumba-lumba dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar), sedangkan Perkembangbiakan Ikan Hiu dan Ikan Pari dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar) - Ikan Hiu dan Ikan Pari bernafas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru - Ikan Hiu dan Ikan Pari memiliki jantung yang terbagi dua ruang yaitu atrium dan vertikel, sedangkan Paus dan lumba-lumba memiliki jantung terbagi atas empat ruangan yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik Pengelompokkan: Ikan Hiu dan Ikan Pari ⇒ Kelompok Pisces Paus dan lumba-lumba ⇒ Kelompok Mamalia Ciri-ciri tumbuhan yg ditemukan Ida adalah tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut.

Jadi tumbuhan yg ditemukan Ida adalah pohon palem. Dibawah ini bisa kita lihat ciri-ciri atau klasifikasi dari tumbuhan palem (Arecaceae) Klasifikasi suku pinang-pinangan (palem) secara umum : Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati Akarnya tumbuh dari pangkal batang, berbentuk silinder, kurang bercabang tetapi biasanya tumbuh banyak dan masif (padat) dan berbentuk akar serabut Berdaun majemuk dan memiliki tulang daunnya sejajar Tangkai daun memiliki pelepah daun yang membungkus batang.

Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang) Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut) Biji buah relatif cair pada saat masih muda dan semakin mengeras ketika tua. Contoh dari tumbuhan palem lainnya : Enau atau Aren (Arenga pinata) Kelapa (Cocos nucifera) Salak (Salacca zalacca ) Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut (Phoenix dactylifera) Kelapa sawit (Elaeis guineensis) Rotan (Calamus rottan) Nipah (Nypa fruticans) Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago) Perhatikan gambar berikut, Hiu Lumba-lumba Paus Pari, Cari persamaan dan perbedaan dari hewan hewan tersebut, Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut !

Berikut ini pembahasannya: Pada soal ini kita disuruh untuk mencari persamaan dan perbedaan dari hewan yang ada pada gambar dan kemudian kita kelompokkan.

Artinya kita melakukan klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri tertentu. Tingkat pengelompokan / takson terdiri dari yang paling besar, kecil hingga individu yaitu: • Kingdom. • Phylum. • Classis. • Ordo. • Familia. • Genus. • Spesies. Setiap tingkatan tersebut memiliki klasifikasi dengan ciri-ciri tertentu, kira-kira setiap hewan tersebut berdasarkan ciri-ciri di kelompokan ke mana saja ?. Pengelompokan: Perhatikan gambar berikut, Hiu Lumba-lumba Paus Pari Cari persamaan dan perbedaan dari hewan hewan tersebut, Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut !

Persamaan: • Tidak dapat membuat makanan sendiri. • Motil / bisa bergerak. • Bereproduksi secara seksual. • Memliki notokord / kerangka batang yang keras dan lentur. Perbedaaan: • Ikan hiu dan ikan pari berkembang biak secara ovovivipar / bertelur dan beranak, sedangkan ikan paus dan ikan lumba-lumba berkembang biak secara vivipar / beranak. • Ikan paus dan ikan lumba-lumba memiliki kelenjar susu, sedangkan ikan hiu dan ikan pari tidak memiliki kelenjar susu. • Ikan hiu dan ikan pari bernafas dengan insang, sedangkan ikan paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru.

Pengelompokan: • Ikan hiu, lumba-lumba, paus, dan pari merupakan kelompok Kingdom Animalia. • Ikan lumba-lumba dan paus merupakan anggota dari kelas Mamalia. • Ikan hiu dan ikan lumba-lumba merupakan anggota dari kelas Pisces. Rekomendasi • Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita, Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA, Berapa jarak ini dalam kilometer ?

(Jawabannya) • Mengapa semua ilmuwan dan produsen (penghasil) barang-barang pabrik di seluruh dunia harus melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan baku yang sama ? (Jawabannya) • Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok ? (Jawabannya) • Anita menanam kacang hijau dalam pot Pada awal pengukuran, tinggi kecambah dari permukaan tanah 2 cm, Selang 5 hari kemudian, ternyata tinggi kecambah menjadi 8 cm, Berapakah laju pertumbuhannya ? (Jawabannya) • Apa yang menjadi objek pengamatan IPA ?

(Jawabannya) • Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama ? Coba jelaskan ! (Jawabannya) Kategori Kelas VII, SMP Tag Brainly, IPA Navigasi Tulisan
Jawaban:Hiu,Paus,Lumba-Lumba, dan Ikan Pari Persamaan: -Termasuk hewan vertebrata (Bertulang Belakang) -Fertilisasi internal atau eksternal -Alat geraknya berupa sirip -Hidup di air Perbedaan: -Ikan hiu dan Ikan pari bersifat poikiloterm (berdarah dingin), sedangkan paus dan lumba-lumba bersifat homoiterm (berdarah panas) -Perkembangbiakan paus dan lumba-lumba dengan cara melahirkan/beranak (vivipar) -Ikan Hiu dan Ikan Pari bernapas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernapas dengan paru-paru -Ikan Hiu dan Ikan Pari memiliki jantung yang terbagi dua ruang yaitu atrium dan vertikel, sedangkan Paus dan lumba-lumba memiliki jantung terbagi atas empat ruang terdiri atas dua serambi dan dua bilik Pengelompokan: Ikan Hiu dan Ikan Pari = Kelompok Pisces Paus dan Lumba-lumba = Kelompok Mamalia Penjelasan: semoga bermanfaat jadi supaya sesukses 38.

cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut

seorang pemulia tanaman menyilangkan tanaman terung ungu bulat dengan ungu lonjong. sifat bulat dominan terhadap lonjong dan sifat ungu dominan te … rhadap hijau. dari persilangan tersebut dihasilkan keturunan sebanyak 1.300 tanaman dengan perbandingan variasi keturunan ungu bulat : ungu lonjong : hijau bulat : hijau lonjong = 3:3:1:1. genotip kedua induk tanaman tersebut adalah …. a. uubb dan uubb b. uubb dan uubb c. uubb dan uubb d. uubu dan uubb
Hiu, Paus, Lumba-lumba dan Ikan Pari Persamaan: - Termasuk Hewan Vertebrata (bertulang belakang) - Fertilisasi internal atau eksternal - Alat geraknya berupa sirip - Hidup di air Perbedaan: - Ikan Hiu dan Ikan Pari bersifat cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut (berdarah dingin), sedangkan Paus dan lumba-lumba bersifat homoiterm (berdarah panas) - Perkembangbiakan Paus dan lumba-lumba dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar), sedangkan Perkembangbiakan Ikan Hiu dan Ikan Pari dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar) - Ikan Hiu dan Ikan Pari bernafas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru - Ikan Hiu dan Ikan Pari memiliki jantung yang terbagi dua ruang yaitu atrium dan vertikel, sedangkan Paus dan lumba-lumba memiliki jantung terbagi atas empat ruangan yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik Pengelompokkan: Ikan Hiu dan Ikan Pari ⇒ Kelompok Pisces Paus dan lumba-lumba ⇒ Kelompok Mamalia Persamaan keempatnya :1) hewan aquatik (hidup di air laut), 2) hewan vertebrata (memiliki tulang belakang), 3) karnivora, 4) berada pada filum yang sama (animalia).

Perbedaan: 1) Hiu dan ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar), sementara paus dan lumba2 berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar), 2) Hiu dan ikan pari merupakan golongan ikan (pisces), sementara paus dan lumba2 merupakan golongan mamalia (memiliki kelenjar mamae), 3) Hiu dan paus bernafas dengan menggunakan insang, sementara paus dan lumba2 bernafas menggunakan paru2 sehingga memiliki lubang udara pada bagian punggungnya.

38. seorang pemulia tanaman menyilangkan tanaman terung ungu bulat dengan ungu lonjong. sifat bulat dominan terhadap lonjong dan sifat ungu dominan te … rhadap hijau. dari persilangan tersebut dihasilkan keturunan sebanyak 1.300 tanaman dengan perbandingan variasi keturunan ungu bulat : ungu lonjong : hijau bulat : hijau lonjong = 3:3:1:1. genotip kedua induk tanaman tersebut adalah …. a. uubb dan uubb b. uubb dan uubb c. uubb dan uubb d. uubu dan uubb

Tingkat Takson Mahluk Hidup. Nama Ilmiah Harimau: Panthera tigris




2022 www.videocon.com