Tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Daftar isi • Gambar Lambang Pancasila • Gambar Lambang Sila Pertama • Gambar Lambang Sila Kedua • Gambar Lambang Sila Ketiga • Gambar Lambang Sila Keempat • Gambar Lambang Sila Kelima Gambar Lambang Pancasila Pancasila dilambangkan dengan burung Garuda dimana terdapat pula 5 gambar yang berbeda di tengah burung tersebut sebagai perwakilan dari setiap butir Pancasila. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai arti dari lambang Pancasila: Gambar Lambang Sila Pertama Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan yang Maha Esa.

Lambang sila pertama adalah bintang. Sebuah bintang berwarna kuning yang dilatari oleh warna hitam. Bintang berwarna kuning dengan lima sudut ini digambarkan sebagai cahaya atau penerang pada kehidupan rakyat Indonesia.

Hal ini sesuai dengan peran Tuhan yang mampu memberikan cahaya penerang dalam kehidupan rakyat Indonesia. Kelima sudut bintang yang merupakan lambang dari Ketuhanan yang Maha Esa tersebut juga sangat tepat menggambarkan bunyi alinea keempat dari Pembukaan UUD 1945 yang memilki 5 tujuan, yakni • melindungi segenap bangsa Indonesia, • melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, • memajukan kesejahteraan umum, • mencerdaskan kehidupan bangsa, dan • berperan serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial Kelima sudut ini juga menunjukkan rangkuman dari seluruh isi Pancasila,yakni: • Ketuhanan Yang Maha Esa, • Kemanusiaan yang adil dan beradab, • Persatuan Indonesia, • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Gambar Lambang Sila Kedua Sila kedua adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Lambang dari sila kedua ini tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut sebuah rantai.

Rantai yang memiliki mata berbentuk persegi dan bulatan ini berada di bagian sebelah kiri perisai yang dibawa oleh burung Garuda. Dengan latar berwarna merah, rantai ini menunjukkan kekuatan dari rakyat Indonesia yang beraneka ragam suku dan agama. Mata rantai berbentuk segi empat melambangkan pria, sedangkan mata rantai yang berbentuk lingkaran melambangkan wanita. Rantai yang saling terikat ini menunjukkan kekuatan rakyat Indonesia yang begitu kuat layaknya rantai besi.

Meskipun rakyat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan agama, namun semua bersatu dalam keberanian membela kemanusiaan. Semua rakyat Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai norma sosial yang ada di masyarakat yang semakin menguatkan ikatan bangsa Indonesia. Gambar Lambang Sila Ketiga Sila ketiga yang ditandai dengan lambang pohon beringin ini menggambarkan betapa besarnya bangsa Indonesia.

Persatuan Indonesia yang digambarkan melalui sebuah pohon beringin menunjukkan bahwa Indonesia merupakan tempat bernaung yang besar dan kuat bagi seluruh rakyat Indonesia. Latar putih yang terdapat pada lambang sila ketiga Pancasila ini menunjukkan kesucian dan kebersihan hati seluruh rakyat Indonesia. Kita juga dapat melihat beberapa akar gantung pada pohon beringin tersebut. Banyaknya akar gantung menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak ragam suku dan agama yang berbeda-beda namun bersatu dalam satu wadah yakni negara Republik Indonesia.

Mengapa dipilih pohon beringin? Hal ini tidak terlepas dari filsafat yang menyimbolkan pohon beringin sebagai sebuah kekuatan besar yang telah lama berdiri. Pohon beringin identik dengan tanaman berumur tua yang tahan menghadapi berbagai gangguan. Dengan begitu, simbol pohon beringin sangat cocok menjadi simbol persatuan Indonesia atau sila yang ketiga yang menunjukkan bahwa rakyat Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan selalu bersatu dalam menghadapi setiap permasalahan di dalamnya.

Terbukti selama ratusan tahun mendapatkan ujian dari para penjajah, rakyat Indonesia yang belum merdeka justru berhasil menjadi bangsa yang besar hingga sekarang. Gambar Lambang Sila Keempat Sila keempat Pancasila dilambangkan dengan sebuah kepala banteng. Kepala banteng yang memiliki dua warna yakni tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut dan putih diberikan latar belakang berwarna merah.

Lambang kepala banteng yang diletakkan di bagian kanan atas ini memiliki makna kebersamaan seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan latar berwarna merah adalah lambang kebernanian seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi setiap permasalahan.

Sebagaimana diketahui, banteng adalah hewan yang selalu berada di dalam sebuah kelompok. Mereka hidup bersama dan saling melindungi satu sama lain. Hal inilah yang menjadikan banteng dipilih sebagai simbol dari sila keempat yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Rakyat Indonesia selalu melakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Musyawarah ini diwakilkan oleh para wakil rakyat yang akan mendiskusikan segala sesuatu demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Gambar Lambang Sila Kelima Selanjutnya adalah sila kelima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima dilambangkan dengan padi dan kapas. Sesuai dengan bunyinya, keadilan sosial diberikan secara merata kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama kebutuhan utama yakni pangan yang dilambangkan dengan padi dan sandang yang dilambangkan dengan kapas. Kedua lambang tersebut merupakan simbol dari makanan pokok dan bahan pokok pakaian rakyat Indonesia.

Pemerintah akan selalu memberikan jaminan untuk pemerataan kebutuhan dasar seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang bulu. Itulah lambang dari setiap lambang Pancasila beserta maknanya. Setiap butir Pancasila merupakan perwujudan dari karakter asli rakyat Indonesia, maka dari itu sangat penting untuk mendalami setiap makna dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita yang sesungguhnya.

ARTIKEL LAINNYA • Ini Dia 10+ Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark Gratis dan Berbayar • MELANKOLIS : Pengertian, Sifat, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan Melankolis • 13 Game Tetris Terbaik Untuk Android Pengisi Waktu Luang • Download 10+ Aplikasi Kamera Tembus Pandang Android Terbaik • 22+ Tingkatan Pangkat Polisi dan Lambangnya, dari Terendah Sampai Tertinggi • Leo’s Fortune: Petualangan Menjadi Pemburu Emas • 25 Game Android Offline Terbaik Sepanjang Masa • Lempar Lembing: Pengertian, Sejarah, Lapangan, Gaya & Teknik Dasar Advertisements Lima sendi utama penyusun Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelima sila tersebut tercantum pada paragraf ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Masing-masing sila tersebut mempunyai lambang tersendiri. Kelima sila pada Pancasila digambarkan dengan simbol bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Ingin tahu lebih jelasnya?

Yuks langsung simak aja ulasannya pada artikel dibawah ini! Daftar Isi • 1. Simbol Bintang Emas • 2.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Simbol Rantai Emas • 3. Pohon Beringin • 4. Kepala Banteng • 5. Padi dan Kapas 1. Simbol Bintang Emas Sila pertama dalam pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”, berlambang bintang emas dengan lima sudut dan berlatar belakang hitam.

Arti dari Bintang Emas yaitu Tuhan yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan manusia. Lambang bintang juga bisa diartikan sebagai berikut ini: • Sebuah cahaya buat menerangi Dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4). • Sifat negara yang lima (Pembukaan UUD 1945 alinea ke-2). • Tujuan negara yang lima (Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4).

Sedangkan, kalo latar belakang hitam itu menunjukkan warna alam dan mempunyai arti kalo berkat rahmat Allah yaitu sumber dari segalanya.

Kamu bisa menerapkan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya: • Beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut.

• Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kamu. • Tolong menolong, meski mempunyai agama yang berbeda.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

2. Simbol Rantai Emas Rantai merupakan makna dari sila kedua, yang bunyinya “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu. Rantai yang ada pada sila kedua ini terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran.

Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan. Nah makanya, buat kamu sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Kamu bisa menerapkan sila kedua dengan melakukan hal-hal di bawah ini, contohnya: • Gak membeda-bedakan orang yang ada di sekitar kita. • Saling membantu, misalnya melakukan kerja bakti atau memberi bantuan pada korban bencana alam.

3. Pohon Beringin Pohon beringin ini melambangkan sila ketiga, yang berbunyi “Persatuan Tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut. Pohon beringin ini mencerminkan Bangsa Indonesia yang jadi tempat berteduh bagi seluruh rakyat Indonesia. Pohon beringin juga berakar tunjang, yaitu sebuah akar tunggal panjang yang tumbuh di dalam bawah tanah, artinya kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia.

Pohon beringin juga punya banyak akar yang bergelantungan dari rantingnya, artinya kalo Indonesia adalah negara kesatuan tapi punya berbagai macam latar belakang suku, agama, dan budaya yang beda-beda dari sabang sampe merauke.

Sila ketiga ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini, contohnya: • Mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada. • Menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa. 4. Kepala Banteng Kepala banteng yaitu simbol sila keempat Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Banteng diartikan sebagai hewan sosial yang suka berkumpul dan bergerombol.

Saat banteng berkumpul, jadi lebih kuat dan sulit diserang lawan. Jadi, lambang kepala banteng tersebut menggambarkan budaya bangsa Indonesia yang senang berkumpul, berdiskusi, dan bermufakat. Kepala banteng menjadi perumpamaan manusia dalam mengambil keputusan, yaitu yang harus dilakukan secara tegas.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Kamu semua sebagai Bangsa Indonesia bisa menerapkan sila keempat dengan melakukan beberapa hal, contohnya: • Menyelesaikan masalah dengan musyawarah. • Gak memaksakan kehendak kamu saat bermusyawarah. • Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada. 5. Padi dan Kapas Padi dan Kapas adalah simbol sila kelima atau terakhir, yang bunyinya “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Padi dan kapas yaitu kebutuhan utama semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status dan kedudukannya, Padi melambangkan makanan pokok. Sedangkan, kalo kapas melambangkan sandang atau pakaian. Padi dan kapas melambangkan dua hal yang dibutuhkan manusia demi bisa bertahan hidup. Artinya mencerminkan persamaan sosial, dimana gak ada perbedaan dan kesenjangan sosial atau ekonomi antara satu dengan yang lainnya.

Jadi, setiap warga Indonesia berhak atas pangan dan sandang secara adil dan setara tanpa membeda-bedakan. Terpenuhinya pangan dan sandang, merupakan syarat suatu negara dianggap sejahtera. Itulah diatas, penjelasan lengkap mengenai gambar atau urutan lambang Garuda Pancasila dan artinya dari sila ke 1 sampai 5. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa aja makna lambang pancasila pada setiap silanya secara benar. Selamat belajar dan sukses kawan-kawan cerdika 😀
KOMPAS.com - Garuda Pancasila merupakan lambang negara bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dijadikan sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepala menoleh ke kanan.

Dikutip situs Indonesia.go.id, pada bagian dada terdapat perisai yang didalamnya terdapat lima lambang atau tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut. Kelima simbol tersebut adalah bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Tahukah kamu makna lambang pancasila tersebut? Baca juga: Lambang Negara Garuda Pancasila: Arti dan Sejarahnya Bintang Lambang Bintang emas dengan perisai berlatar belakang warna hitam dijadikan sebagai sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pada bintang berwarna kuning bersudut lima. Bintang di tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut sebagai sebuah cahaya seperti Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bintang emas mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Di mana bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Berita Terkait Viral Polisi Surabaya Selamatkan Bendera Merah Putih Saat Hujan Lebat Viral Sepekan, Polisi di Surabaya Selamatkan Bendera Merah Putih hingga Megathrust Sulawesi Lambang Garuda Pancasila: Makna dan Sejarahnya Bendera Merah Putih: Arti, Sejarah dan Maknanya Bahasa Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya Berita Terkait Viral Polisi Surabaya Selamatkan Bendera Merah Putih Saat Hujan Lebat Viral Sepekan, Polisi di Surabaya Selamatkan Bendera Merah Putih hingga Megathrust Sulawesi Lambang Garuda Pancasila: Makna dan Sejarahnya Bendera Merah Putih: Arti, Sejarah dan Maknanya Bahasa Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya none
Jakarta - Detikers, pasti sudah tahu dong kalau Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia.

Namun, detikers sudah tahu belum bunyi Pancasiladan lambangnya dari sila ke-1 hingga ke-5? Mengutip laman web Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Pancasila diambil dari dua suku kata, yaitu panca dan sila. Panca memiliki arti lima dan sila berarti dasar. Jika digabungkan, Pancasila berarti lima dasar. Isi Pancasila Isi kelima sila Pancasila tercantum dalam naskah pembukaan UUD 1945 alinea keempat, lho.

Begini bunyinya: 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan 5.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Lambang Pancasila Detikers pernah melihat perisai pada bagian tubuh Burung Garuda? Ya, perisai yang ada pada Burung Garuda adalah simbol atau lambang dari sila 1 hingga 5 dalam Pancasila. lho. 1. Lambang Bintang Simbol bintang yang terletak di tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa atau melambangkan sila ke-1 Pancasila. Hal ini memiliki arti, bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Lambang Rantai Rantai pada bagian bawah perisai merupakan lambang dari sila ke-2 Pancasila. Rantai dipilih karena menggambarkan generasi penerus yang turun-temurun. Maka dari itu, rantai tersebut digambarkan berjumlah 17 dan saling sambung-menyambung tidak terputus. 3. Lambang Pohon Beringin Pohon beringin yang terletak di bagian atas perisai dipilih sebagai lambang dari sila ke-3 Pancasila.

Pohon beringin memiliki arti sebagai tempat berteduh atau berlindung. 4. Lambang Kepala Banteng Kepala banteng yang juga terletak di bagian atas perisai diartikan sebagai tenaga rakyat dan dijadikan lambang Pancasila sila ke-4. 5. Lambang Padi dan Kapas Gambar padi dan kapas merupakan lambang sila ke-5 Pancasila yang menggambarkan kemakmuran dan kesejahteraan. Nah, itu dia bunyi Pancasilalengkap dengan isi dan makna lambangnya dari sila ke-1 hingga ke-5.

Jangan sampai salah ya, detikers! Simak Video " Cantiknya Batik Motif Garuda Pancasila Bikinan Perajin di Kulon Progo" [Gambas:Video 20detik] (pal/pal)
Lambang Pancasila – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pancasila sebagai ideologi negara memiliki 5 lambang yang menggambarkan setiap sila yang ada. Sebagai warga negara yang baik terutama calon penerus bangsa, mengetahui dan memahami lambang pancasila beserta dengan artinya adalah wajib.

Dengan mengetahui arti dari lambang garuda pancasila diharapkan para penerus bangsa juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah gambar dan arti lambang garuda pancasila yang wajib Anda ketahui. Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas, pancasila merupakan bahasa Sanskerta. Kelima sila yang ada memiliki lambang pancasila yaitu burung garuda yang di tengahnya terdapat berbagai lambang dari kelima sila yang ada.

Burung garuda melambangkan Indonesia sebagai negara besar dan bangsa yang kuat. Sila pada pancasila terdiri dari 5 butir yang setiap butirnya memiliki gambar lambang pancasila. Berikut ini adalah lambang pancasila dan artinya yang harus Anda ketahui: Tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut Isi : • Gambar dan Arti Lambang Garuda Pancasila • Gambar Bintang untuk Sila ke 1 • Gambar Rantai untuk Sila ke 2 • Gambar Pohon Beringin untuk Sila ke 3 • Gambar Kepala Banteng untuk Sila ke 4 • Gambar Padi dan Kapas untuk Sila ke 5 Gambar dan Arti Lambang Garuda Pancasila • Gambar Bintang untuk Sila ke 1 Lambang sila pancasila ke 1 adalah bintang yang berwarna emas dengan perisai berwarna hitam sebagai latar.

Bintang emas menunjukkan bahwa tuhan yang maha esa adalah sumber cahaya kerohanian bagi manusia. Sedangkan perisai hitam berarti warna alam yang mengartikan bahwa tuhan sumber dari segalanya dan sudah ada sebelum semua yang ada di dunia ada.

Jadi lambang garuda pancasila untuk sila ke 1 memiliki arti bahwa setiap warga negara Indonesia harus percaya dengan adanya tuhan yang menciptakan segalanya. • Gambar Rantai untuk Sila ke 2 Lambang sila pancasila ke 2 adalah rantai yang terdiri dari mata rantai segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan.

Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran melambangkan perempuan.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Makna lambang pancasila tersebut berarti semua manusia baik laki-laki maupun perempuan harus saling membantu dan bersatu.Jakarta - Lambang Pancasila terdapat dalam lambang negara Garuda Pancasila di bagian perisai di dada.

Ternyata, ada urutan lambang Pancasila yang perlu diketahui detikers. Apa saja? Lambang Pancasila juga dipisahkan oleh garis hitam mendatar yang melambangkan garis khatulistiwa. Hal ini menggambarkan lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara tropis yang dilintasi garis khatulistiwa dari timur ke barat. Urutan Lambang Pancasila 1. Bintang tunggal, simbol Pancasila sila pertama Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang emas menempati bagian tengah perisai. Bintang emas memiliki latar berwarna hitam. Bintang dalam simbol Pancasila sila pertama melambangkan cahaya kerohanian yang dipancarkan Tuhan pada setiap manusia.

Simbol bintang bersudut lima juga melambangkan cahaya yang menerangi dasar negara yang terdiri dari 5 sila. 2. Rantai emas, simbol Pancasila sila kedua Rantai emas melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai emas berlatar merah terletak di bagian kanan bawah perisai. Rantai emas terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran.

Rantai dalam simbol Pancasila sila kedua melambangkan bahwa setiap manusia, laki-laki dan perempuan, membutuhkan satu sama lain dan perlu bersatu menjadi kuat seperti sebuah rantai. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sementara mata rantai lingkaran melambangkan perempuan.

Rantai dalam simbol Pancasila tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut kedua juga memiliki makna manusia yang berkemanusiaan dalam filosofi Pancasila adalah manusia yang dapat menerapkan nilai kemanusiaan ke dalam bentuk sikap tindak yang mengakui persamaan derajat, dengan mengembangkan sikap saling mencintai, bersikap tenggang rasa, dan tidak semena-mena dengan orang lain.

3. Pohon beringin, simbol Pancasila sila ketiga Pohon beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia. Simbol pohon beringin berwarna hijau dengan latar berwarna putih. Simbol pohon beringin terletak di bagian kanan atas Pancasila. Pohon beringin dalam simbol Pancasila sila ketiga melambangkan Indonesia, dengan semua rakyat Indonesia dapat bernaung di bawah naungan negara Indonesia.

Pohon beringin digunakan sebagai simbol Pancasila karena merupakan pohon besar yang dapat meneduhi banyak orang di bawahnya. Sulur dan akar pohon beringin yang menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku-bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia. Baca juga: Pohon Beringin: Manfaat, Habitat, dan Filosofinya dalam Kebudayaan Jawa 4.

Kepala banteng, simbol Pancasila sila keempat Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Simbol kepala banteng berwarna hitam putih memiliki latar warna merah. Simbol kepala banteng terletak di bagian kiri atas perisai.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

Banteng dalam simbol Pancasila sila kelima melambangkan permusyawarahan. Banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya bermusyawarah, dengan orang-orang berdiskusi untuk melahirkan sebuah keputusan. 5. Padi dan kapas, simbol Pancasila sila kelima Padi dan kapas adalah simbol sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Simbol padi berwarna kuning dan kapas berwarna hijau, dengan latar berwarna putih.

Simbol padi dan kapas terletak di bagian kiri bawah perisai. Padi dalam simbol Pancasila sila kelima melambangkan pangan dan sandang, syarat pokok kemakmuran. Padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yakni pangan dan papan. Nah, demikian urutan lambang Pancasila sila pertama sampai kelima.

Selamat belajar, detikers! Simak Video " Menengok Kampung Pancasila Ciamis yang Punya 4 Rumah Ibadah Berdekatan" [Gambas:Video 20detik] (twu/pay)
Daftar Isi • Pengertian Pancasila • Komponen Pancasila • Burung Garuda • Perisai • Pita Putih • Simbol Lambang Pancasila • Bintang (Sila Pertama) • Rantai (Sila Kedua) • Pohon Beringin (Sila Ketiga) • Kepala Banteng (Sila Keempat) • Padi dan Kapas (Sila Kelima) • Isi dan Makna Dalam Pancasila Pengertian Pancasila Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia.

Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta:pañca berarti lima dan ??la berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusunan Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Menyadari bahwa untuk kelestarian kemampuan dan kesaktian Pancasila itu, perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya oleh setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah.

Pancasila juga memiliki kedudukan dan fungsi yang penting bagi bangsa Indonesia, antara lain sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang mengatur segala tingkah laku dan tindakan warga negara Indonesia, juga sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila yang digali dan dirumuskan para pendiri bangsa adalah sebuah rasionalitas kita sebagai bangsa yang majemuk, multi agama, multi bahasa, multi budaya, dan multi ras yang tergambar dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika agar menjadi bangsa yang bersatu, adil dan makmur.

Bagi bangsa Indonesia, sikap hidup yang diyakini kebenarannya tersebut bernama Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena itu, Pancasila sebagai inti dari nilai-nilai budaya Indonesia maka Pancasila dapat disebut sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia. Cita-cita moral inilah yang kemudian memberikan pedoman, pegangan atau kekuatan rohaniah kepada bangsa Indonesia di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Sebenarnya apa sih lambang Pancasila dan artinya?

Sebelum kita membahas mengenai makna dari lambang Garuda Pancasila, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami apa pengertian dari Pancasila itu sendiri.

Pancasila ialah ideologi dan dasar negara Indonesia dimana di dalamnya mempunyai lima sila yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia. Ideologi bangsa Indonesia itu tergambar di dalam lambang negara kita Indonesia, yakni Garuda Pancasila. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Fungsi Dan Peranan UUD 1945 Lengkap Komponen Pancasila Pancasila terdiri atas tiga komponen utama, antara lain: Burung Garuda Burung Garuda merupakan burung mistis yang berasal dari Mitologi Hindu yang berasal dari India dan berkembang di wilayah Indonesia sejak abad ke-6.

Burung Garuda itu sendiri melambangkan kekuatan, sementara warna emas pada burung garuda itu melambangkan kemegahan atau kejayaan. Pada burung garuda, Jumlah masing-masing sayap bulunya berjumlah 17 yang mempunyai makna, tanggal kemerdakaan negara kita yakni tanggal 17. Bulu ekor memiliki jumlah 8 yang melambangkan bulan kemerdekaan negara kita bulan Agustus yang merupakan bulan ke-8.

Dan bulu-bulu di pangkal ekor atau perisai berjumlah 19 helai dan di lehernya berjumlah 45 helai. Sehingga kesemua jumlah bulu yang ada di setiap bagiannya melambangkan tanggal kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Kepala Burung Garuda yang menoleh ke kanan mungkin karena pemikiran orang zaman dahlu yang ingin Indonesia menjadi negara yang benar dan bermaksud agar Indonesia tidak menempuh jalan yang salah.

Dan anggapan bahwa arah ke kanan adalah arah yang baiklah yang membuat kepala Garuda dibuat menghadap ke kanan. Biasanya banyak anggapan yang mengatakan bahwa jalan yang benar itu dilambangkan dengan arah kanan, makanya kepala garuda Indonesia selalu mengarah ke kanan. Sayap yang membentang adalah siap terbang ke angkasa.

Burung Garuda dengan sayap yang mengembang siap terbang ke angkasa, melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan Negara. Perisai Perisai yang dikalungkan melambangkan pertahanan Indonesia. Pada perisai itu mengandung lima buah simbol yang masing-masing simbol melambangkan sila-sila dari dasar negara Pancasila. • Bagian tengah terdapat simbol bintang bersudut lima yang melambangkan sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa.

• Di bagian kanan bawah terdapat rantai yang melambangkan sila kedua Pancasila, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. • Di bagian kanan atas terdapat gambar pohon beringin yang melambangkan sila ketiga, Persatuan Indonesia. • Kemudian, di sebelah kiri atas terdapat gambar kepala banteng yang melambangkan sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan • Dan di sebelah kiri bawah terdapat padi dan kapas yang melambangkan sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

• Ditengah-tengah perisai terdapat sebuah garis hitam tebal yang melukiskan garis khatulistiwa yang menggambarkan lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu negara tropis yang di lintasi garis khatulistiwa yang membentang dari timur ke barat. • Warna dasar pada ruang perisai adalah warna bendera kebangsaa Indonesia “Merah-Putih”. Merah berarti berani dan putih berarti suci. Sedangkan bagian tengahnya berwarna dasar hitam berarti warna alam atau warna asli.

Pita Putih Pada bagian bawah Garuda Pancasila, terdapat pita putih yang dicengkeram, yang bertuliskan ” BHINNEKA TUNGGAL IKA ” yang ditulis dengan huruf latin, yang merupakan semboyan negara Indonesia.

Kata “Bhineka” berarti beraneka ragam atau berbeda-beda, Kata “Tunggal” berarti satu, dan Kata “Ika” berarti itu. Perkataan bhinneka tunggal ika merupakan kata dalam Bahasa Jawa Kuno yang berarti ” berbeda-beda tetapi tetap satu jua “. Perkataan itu diambil dari Kakimpoi Sutasoma karangan Mpu Tantular, seorang pujangga dari Kerajaan Majapahit pada abad ke-14.

Perkataan itu menggambarkan persatuan dan kesatuan Nusa dan Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai pulau, ras, suku, bangsa, adat, kebudayaan, bahasa, serta agama. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Ideologi dan Macam-Macam Ideologi Beserta Penjelasan Lengkap - Ayoksinau.com Simbol Lambang Pancasila Pancasila berada pada bagian perisai di dada burung Garuda.

Masing-masing sila pada Pancasila digambarkan dengan lambing yakni: • Bintang • Rantai • Pohon Beringin • Kepala Banteng • Padi dan Kapas Agar kits lebih memahami apa makna dari lambang pancasila tersebut, tepat sekali anda melihat artikel ini, karna akan ada pembahasan masing-masing sila pada pancasila tersebut.

Bintang (Sila Pertama) Bunyi Sila ke 1 (satu) Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol dari pancasila sila pertama ini digambarkan sebagai Bintang yang mempunyai tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut sudut.

Gambar bintang yang ada pada simbol Pancasila sila pertama mempunyai arti sebagai sebuah cahaya, yakni cahaya rohani yang dipancarkan oleh Tuhan kepada seluruh tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut manusia.

Lambang Pancasila berbentuk Bintang ini juga dapat diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi Dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD tahun 1945 ), Sifat Negara yang lima (5) (Pembukaan UUD tahun 1945 ), dan tujuan Negara republic Indonesia yang lima (Pembukaan UUD tahun 1945).

Sedangkan warna hitam yang ada pada latar belakang Bintang tersebut melambangkan warna alam. Warna latar belakang itu juga dapat diartikan bahwa berkat rahmat Allah merupakan sumber segala yang ada di dunia ini. • Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

• Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

• Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. • Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. Rantai (Sila Kedua) Bunyi Sila ke 2 Pancasila ialah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Untuk Simbol Pancasila sila yang ke (2) dua ini memang digambarkan dengan mata rantai emas berbentuk lingkaran dan persegi yang saling berkaitan hingga terbentuk suatu lingkaran.

Mata rantai ini berbentuk segi empat yang merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai berbentuk bulat melambangkan wanita. Mata rantai yang saling berkaitan dalam simbol tersebut melambangkan hubungan setiap manusia, dimana laki-laki dan wanita saling membutuhkan serta harus bersatu agar dapat menjadi kuat seperti rantai.

Dengan bahasa lain, arti dari lambang Pancasila ini ialah hubungan antar individu di masyarakat Indonesia (baik laki-laki maupun wanita) yang dilakukan secara adil dan bermartabat sehingga hubungan masyarakat secara keseluruhan akan menjadi lebih kuat. • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

• Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia. • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira. • Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain. • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. • Berani membela kebenaran dan keadilan. • Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.

• Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Pohon Beringin (Sila Ketiga) Bunyi Sila ke 3 Pancasila ialah Persatuan Indonesia. Simbol Pancasila sila yang ke 3 ini digambarkan serupa dengan Pohon Beringin yang mempunyai akar dan sulur. Lambang Pohon Beringin ini memiliki makna Pancasila merupakan tempat untuk berteduh/ berlindung bagi seluruh rakyat Indonesia agar dapat merasa aman dan nyaman meskipun akan banyak sekali perbedaan antar suku bangsa.

Sulur dan akar yang ada pada gambar Pohon Beringin tersebut ialah lambang dari keberagaman suku bangsa di Indonesia. Dengan bahasa lain, makna dari simbol Pancasila sila ke 3 ialah keanekaragaman suku bangsa di Indonesia yang bersatu serta berlindung di bawah Pancasila.

• Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

• Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. • Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa. Kepala Banteng (Sila Keempat) Tertulis Sila yang ke 4 “empat” Pancasila ialah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan. Sila ke empat 4 ini dilambangkan dengan gambar Kepala Banteng.

Banteng dikenal sebagai makhluk yang sangat berjiwa sosial dan juga suka berkumpul dengan sesamanya sehingga kelompok Banteng menjadi semakin kuat dan bisa terhindar dari terkaman hewan pemangsa. Tanda di Kepala Banteng yang ada pada sila ke 4 “empat” Pancasila memiliki arti bahwa rakyat Indonesia merupakan mahluk sosial yang sangat suka berkumpul dan bermusyawarah untuk bermufakat dan mengambil suatu keputusan dari perkumpulan tersebut.

Dengan bahasa lain, segala keputusan yang diambil ialah hasil musyawaran dan mufakat bersama. • Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama. • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

• Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan. • Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. • Dengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

• Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. • Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

• Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan. Padi dan Kapas (Sila Kelima) Bunyi Sila yang ke 5 Pancasila ialah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila ke 5 (lima) ini dilambangkan dengan gambar Padi dan Kapas. Simbol Padi dan tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut Kapas pada sila ke 5 melambangkan kebutuhan dasar seluruh manusia untuk hidup, yakni kebutuhan akan sandang dan pangan.

Kebutuhan sandang dan pangan rakyat yang terpenuhi dengan baik merupakan syaratyang paling utama agar suatu negara bisa mencapai kemakmuran. Hal inilah yang menjadi cita-cita yang ada pada sila ke 5 Pancasila tersebut. • Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

• Mengembangkan sikap adil terhadap sesama. • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. • Menghormati hak orang lain. • Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri. • Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.

• Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah. • Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.

• Suka bekerja keras. • Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama. • Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Lengkap Isi dan Makna Dalam Pancasila Arti dan Makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa • Mengandung arti pengakuan adanya kuasa prima (sebab pertama) yaitu Tuhan Yang Maha Esa • Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.

• Tidak memaksa warga Negara untuk beragama. • Menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama. • Bertoleransi dalam beragama, dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agamanya masing-masing.

• Negara memberi fasilitator bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama. Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab • Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan. • Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa.

tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut

• Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah. Arti dan Makna Sila Persatuan Indonesia • Cinta bangsa dan tanah air. • Menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia. • Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit. • Menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan. Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan • Hakikat sila ini adalah demokrasi.

• Permusyawaratan, artinya mengusahakan putusan bersama secara bulat, baru sesudah itu diadakan tindakan bersama. • Dalam melaksanakan keputusan diperlukan kejujuran bersama. Arti dan Makna Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia • Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat. • Seluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing.

• Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya. Posting pada Bahasa Indonesia, IPS, Sejarah Ditag 5 pancasila, apa hubungan simbol dengan maknanya, apa yang anda ketahui makna dari pancasila, arti lambang garuda pancasila, arti pembukaan uud 1945, artikel pancasila lengkap, artikel tentang pancasila pdf, berita pancasila kompas, bhinneka tunggal ika, bunyi dan simbol pancasila, bunyi pancasila, bunyi sila ke 4, cara menggambar burung garuda, cara menggambar sila ke 2, common denominator adalah, contoh gambar sila ke-3, contoh soal tentang simbol-simbol pancasila, dasar ideologi pancasila, dasar negara kita adalah, dasar pancasila, fungsi pancasila, gambar burung garuda asli, gambar garuda keren, gambar lambang pancasila, gambar padi dan kapas, isi pancasila, jumlah sayap burung garuda, jumlah sulur pada pohon beringin ada, kata pancasila terdapat dalam buku, kliping ideologi, kumpulan artikel pancasila pdf, lambang negara indonesia, lambang pancasila ke 5, lambang pemuda pancasila, lambang sila ke 5, logo garuda jpg, makna common denominator pancasila, makna lagu indonesia raya, makna lambang pancasila, makna lambang pancasila dan contohnya, makna pancasila, makna pancasila 1-5, makna pancasila bagi bangsa indonesia, makna pancasila brainly, makna pancasila dalam kehidupan sehari hari, makna pancasila dan uud, makna pancasila sebagai dasar negara brainly, makna pancasila sebagai ideologi negara, makna pancasila sebagai pandangan hidup, makna pancasila secara umum, makna pancasila sila ke 1-5, makna pancasila sila ke 4, makna sila ke 2, makna sila ke 3, makna sila pancasila sebagai dasar negara, makna sila pertama, materi pancasila, pancasila 1 5, pancasila pdf, pancasila saat ini, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai intellectual bastion, pancasila sebagai pandangan hidup, pancasila sila ke 2, pengertian pancasila lengkap, permasalahan pancasila masa kini, pokok pokok pancasila, sejarah pancasila, sindonews pancasila, soal tentang lambang negara, symbol pancasila, teks pancasila, topik pancasila, tugas artikel pancasila, tujuan pancasila, urutan lambang garuda pancasila, urutan lambang tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut, warna lambang pancasila Pos-pos Terbaru • 3 Manfaat Fisika Dalam Bidang Kedokteran • 5 Teori Fisika Yang Belum Terpecahkan [WAJIB BACA] • Contoh Bilangan Cacah Lengkap • Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah [WAJIB BACA] • 3 Manfaat Mempelajari Biologi di Bidang Pertanian Lengkap • Pengertian dan Analisis Kelayakan Pembiayaan Bank Syariah • Kumpulan Rumus Matematika Lengkap Dengan Keterangannya • Pengertian, Tujuan dan Jenis Algoritma Kriptografi Lengkap • Reorientasi UUD 1945 Sebagai Pandangan Tokoh Bangsa • Pengertian dan Sejarah Nuzulul Qur’an • Sejarah dan Biografi Singkat Abu Bakar As-Siddiq • Pengertian dan Ciri Pantun Teka-Teki beserta Contohnya • Pengertian dan Ciri-ciri Puisi • Pengertian dan Unsur Seni Rupa • Pengertian Perekonomian Syariah Beserta Tujuan dan Manfaatnya • 3 Macam Seni di Indonesia Dengan Contohnya • Menghitung Jasa Perantara, Harga Pokok, Jual dan Hasil Usaha • [SEJARAH] Isi Tindak Lanjut Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Lengkap • 60 Soal Essay Biologi Tentang Tumbuhan Dengan Jawaban • 25 Istilah Dalam Internet Yang Perlu Diketahui
Kali ini akan diulas tentang lambang lambang pancasila yang merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia, lengkap beserta penjelasan arti dan maknanya.

Nama Pancasila berasal dari dua kata Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelima sila tersebut tercantum pada paragraf ke-4 Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Masing masing sila tersebut memiliki lambang tersendiri. Lambang Pancasila sila 1-5 ini bisa dilihat pada bagian perisai di tengah Burung Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia.

Gambar Tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut Pancasila Kelima sila pada Pancasila digambarkan dengan simbol bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini urutan lambang lambang Pancasila dan artinya mulai sila ke 1-5, Arti Lambang Pancasila Sila ke 1 Sila pertama dalam pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, berlambang bintang emas dengan lima sudut serta berlatar belakang hitam.

Bintang emas bisa diartikan bahwa Tuhan yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan manusia. Lambang bintang juga diartikan sebagai sebuah cahaya untuk menerangi Dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD ‘45 alinea 4), Sifat Negara yang lima (pembukaan UUD ’45 alinea 2), dan tujuan negara yang lima (Pembukaan UUD ’46 alinea 4).

Sedangkan latar berwarna hitam menunjukkan warna alam dan mengandung arti bahwa berkat rahmat Allah adalah sumber dari segalanya. Arti Lambang Pancasila Sila ke 2 Sila ke dua adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, yang dilambangkan dengan tali rantai bermata bulatan dan persegi di bagian kiri bawah perisai berlatar merah.

Rantai tersebut terdiri dari mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Gelang persegi menggambarkan pria, sedangkan bentuk lingkarannya menggambarkan wanita. Ini menandakan hubungan antara sesama manusia, baik laki laki dan perempuan yang saling membantu, bahu-membahu dan bersatu. Arti Lambang Pancasila Sila ke 3 Sila ke 3 adalah Persatuan Indonesia, dilambangkan dengan pohon beringin di bagian kiri atas perisai berlatar putih.

Pohon beringin merupakan sebuah pohon besar, hal ini mencerminkan Bangsa Indonesia yang menjadi tempat berteduh tuliskan gambar-gambar yang melambangkan sila-sila pancasila secara urut seluruh rakyat Indonesia. Pohon beringin juga berakar tunjang – sebuah akar tunggal panjang yang tumbuh sangat dalam dbawah tanah, hal ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia. Pohon beringin juga memiliki banyak sekali akar yang bergelantungan dari rantingnya, hal ini mencerminkan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan namun mempunyai berbagai macam latar belakang suku, agama dan budaya yang berbeda beda dari sabang sampe merauke.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 4 Sila ke 4 adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan yang dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai berlatar merah. Makna lambang ini Banteng merupakan hewan sosial yang kuat dan sering berkelompok atau berkumpul, ini menggambarkan bahwa masyarakat harus bermusyawarah dengan berkumpul atau mendiskusikan sesuatu dalam mengambil keputusan.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 5 Sila ke 5 adalah Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang dilambangkan dengan kapas dan padi di bagian kanan bawah perisai berlatar putih.

Padi dan kapas adalah kebutuhan utama semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status dan kedudukannya, padi melambangkan makanan pokok, sedangkan kapas melambangkan sandang / pakaian.

Ini mencerminkan persamaan sosial, dimana tidak ada perbedaan dan kesenjangan sosial/ekonomi antara satu dengan yang lainnya. Demikianlah penjelasan mengenai gambar lambang pancasila dan artinya dari sila ke 1 – 5.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa saja makna lambang pancasila pada setiap silanya secara benar. Artikel Terbaru • 50+ Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Nama Latinnya [Lengkap] • 30+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Pengertiannya • 4+ Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat Beserta Peran dan Manfaatnya • Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli & Secara Umum • 8+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap] Artikel Pilihan

Makna Simbol Sila-sila Pancasila




2022 www.videocon.com