Arah kiblat saat ini kompas

arah kiblat saat ini kompas

KOMPAS/JUMARTO YULIANUS Jemaah mengikuti shalat gerhana bulan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (26/5/2021) malam. Gerhana bulan total di Banjarmasin tidak terlihat jelas secara kasat mata karena cuaca mendung.

Matahari akan tepat berada di atas Kakbah di Mekkah, Arab Saudi pada Kamis, 15 Juli 2021 pukul 12.27 waktu setempat atau pukul 16.27 WIB atau 17.27 Wita. Ini adalah saat yang tepat dan mudah bagi umat Islam yang tinggal di wilayah yang masih mengalami terang hari untuk meluruskan arah kiblat.

Fenomena alam tahunan ini menjadi penting maknanya selama masa pandemi pada dua tahun terakhir.

arah kiblat saat ini kompas

Pembatasan ibadah di masjid dan mushala demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 membuat banyak aktivitas ibadah dilakukan dari rumah saja. Situasi itu membuat menentukan arah kiblat yang tepat di rumah menjadi penting karena kesempurnaan arah kiblat menjadi salah satu syarat sahnya shalat.

arah kiblat saat ini kompas

Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh P.K. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965.

Mengusung semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam. Jakarta - Selain mengacu pada masjid terdekat, arah kiblat saat ini biasanya arah kiblat saat ini kompas dengan kompas. Tapi kalian juga bisa menemukan arah kiblat yang tepat dengan sejumlah cara.

Cara cek arah kiblat sebetulnya sangat mudah dan sederhana, siapa pun bisa melakukannya. Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga cara menentukan arah kiblat yakni dengan metode berikut ini: Baca juga: Keajaiban Hajar Aswad Muncul Dalam Foto Resolusi Super Tinggi 1.

Menggunakan benda tegak Matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah dua kali setiap tahun jika dari posisi Indonesia yaitu tanggal 28 Mei dan 16 Juli di Indonesia Barat, atau 29 November dan 14 Januari di Indonesia Timur. Momen istiwa a'dham atau rashdul qiblah ini menjadi saat yang tepat untuk memverifikasi arah kiblat. Untuk menentukan arah kiblat, bisa menggunakan benda tegak misal kusen jendela. Arah kiblat ditentukan dari bayangan yang jatuh pada waktu tertentu dari benda yang tegak.

Setelah itu, bisa dibuat garis barisan sholat baru sesuai arah yang ditentukan. 2. Pakai GPS Penentuan arah kiblat salat juga bisa menggunakan Global Positioning System (GPS). Teknologi GPS memanfaatkan informasi yang diperoleh berbagai satelit. Dengan dasar informasi yang akurat, kita bisa melihat titik koordinat Ka'bah di Makkah yang lengkap.

arah kiblat saat ini kompas

Hasilnya, tak perlu ragu menentukan arah kiblat saat salat. 3. Manfaatkan aplikasi Menggunakan aplikasi adalah cara paling modern dan banyak digunakan di zaman sekarang. Saat ini tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu menentukan arah kiblat, misalnya Qibla Compass, Qibla Finder, Arah Kiblat, atau Qibla Connect yang berbasis Android atau iOS.

Baca juga: Ini Cara Astronaut Salat dan Puasa di Luar Angkasa Aplikasi memang memudahkan pengecekan arah kiblat tiap tahun.

arah kiblat saat ini kompas

Namun sangat disarankan melakukan update atau memeriksa akurasi aplikasi sehingga hasilnya meyakinkan. Simak Video " Matahari Berada di Atas Ka'bah, BMKG Imbau Cek Ulang Arah Kiblat" [Gambas:Video 20detik] (rns/afr)
Berdasarkan ayat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Masjidil Haram merupakan arah yang digunakan sebagai kiblat dalam melaksaakan sholat. Sebagaimana yang tertuang dalam buku berjudul Pengantar Ilmu Falak: Pedoman Lengkap Tentang Teori dan Praktik Hisab, Arah Kiblat, Waktu Salat, Awal Bulan Qamariah & Gerhana yang disusun oleh Muhammad Hadi Bashori, ‎Achmad Zirzis, Lc (2015:115).

Dalam buku tersebut tertulis bahwa kiblat adalah arah yang merujuk ke suatu tempat di mana bangunan ka'bah di Masjidil Haram, Makkah berada. Kiblat tersebut umumnya digunakan ketika umat Muslim mengerjakan sholat fardhu atau sunnah. Arah kiblat yang dituju kaum muslimin adalah Ka'bah yang terletak di tengah-tengah Masjidil Haram di Kota Makkah.

arah kiblat saat ini kompas

KOMPAS.com - Shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh umat muslim. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjalankan shalat adalah dengan bersuci (wudhu) serta mencari arah kiblat. Kiblat sendiri merupakan petunjuk arah yang harus dituju apabila ingin menjalankan shalat.

Pada hakikatnya, arah kiblat mengacu pada bangunan Kabah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi.

arah kiblat saat ini kompas

Umumnya, sempat ibadah seperti masjid dan musala telah menyediakan arah kiblat. Namun bagaimana jadinya ketika Anda sedang ingin beribadah di suatu tempat yang tidak diketahui arah kiblat-nya?

Baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android Saat ini, terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjukkan arah kiblat. Salah satu yang paling menarik di adalah Google Earth. Selain dapat menentukan arah kiblat, Google Earth juga dapat digunakan untuk menghitung jarak antara lokasi pengguna dengan Kabah.

arah kiblat saat ini kompas

Pengguna Google Earth juga dapat melihat langsung tampilan bangunan Tanah Suci melalui foto satelit. Selengkapnya, berikut merupakan cara menentukan arah kiblat dengan Google Earth, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman support Google, Selasa (13/4/2021).

• Pertama, unduh aplikasi Google Earth versi PC melalui tautan berikut. • Setelah pemasangan aplikasi selesai, segera jalankan aplikasi Google Earth melalui perangkat komputer atau laptop Anda.

arah kiblat saat ini kompas

• Tentukan lokasi yang ingin dicari arah kiblatnya. Caranya, isi alamat tempat pada kolom search yang terletak di sisi kiri layar. • Apabila lokasi sudah ditemukan, tandai lokasi tersebut menggunakan ikon Placemark.

arah kiblat saat ini kompas

Caranya, klik ikon Placemark kemudian klik lokasi yang ingin ditandai. Pada contoh kali ini, KompasTekno akan menandai lokasi pada Monumen Nasional (Monas).

KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tampilan Masjidil Haram di Google Earth • Untuk menentukan arah kiblat, Anda dapat melihat indikator angka yang terdapat pada kolom Ruler yang akan menampilkan Length dan Heading.

• Kolom Length menunjukkan besaran jarak antara Monas dan Masjidil Haram, sementara Heading adalah arah yang menunjukkan lokasi Masjidil Haram. Baca juga: Spotify Bikin Kumpulan Playlist dan Podcast Khusus Ramadhan • Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk menentukan arah kiblat, Anda harus menghadap ke arah 295,15 derajat.

arah kiblat saat ini kompas

• Untuk menentukan arah kiblat dengan lebih akurat, pengguna dapat menggunakan aplikasi kompas, kemudian gunakan informasi Heading dari Google Earth tadi sebagai acuan arah. Berita Terkait Mengunjungi Markas Power Ranger di Dunia Nyata lewat Google Maps Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara Menengok Fitur-fitur AI yang Akan Hadir di Google Maps Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android Berita Terkait Mengunjungi Markas Power Ranger di Dunia Nyata lewat Google Maps Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara Menengok Fitur-fitur AI yang Akan Hadir di Google Maps Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

arah kiblat saat ini kompas

Cara Menentukan Arah KIBLAT Rumah Anda Menggunakan Google Map




2022 www.videocon.com