Ibukota selandia baru adalah

ibukota selandia baru adalah

• Home • TRENDING • Kasus Hepatitis Misterius • Mudik Lebaran 2022 • Kontroversi Medina Zein • Video Mesra Amanda Manopo dan Arya Saloka • Jedar Melahirkan Anak Kedua • Tudingan Caisar Nyabu Saat Live Tiktok • BERITA • UMUM • HIBURAN • Hiburan / Infotainment • Lirik lagu • Galeri Foto • Korea dan K-Pop • Artikel • HITSfluencer • Get Healthy WowKeren - Ketika pejabat intelijen AS menawarkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kesempatan untuk melarikan diri dari pasukan Rusia yang dengan cepat mengepung ibukota Kyiv, pria berusia 44 tahun itu dilaporkan menyindir bahwa dia membutuhkan amunisi, bukan kendaraan.

Zelenskyy memposting video di Twitter di depan sebuah gedung pemerintah di Kyiv, untuk meyakinkan warga Ukraina bahwa dia tetap berada di ibu kota. Memimpin pertahanannya tiga hari setelah pasukan Rusia menyerbu.

ibukota selandia baru adalah

"Saya di sini. Kami tidak meletakkan senjata kami," katanya. Itu adalah contoh terbaru dari Zelenskyy, mantan komedian dan aktor yang terpilih sebagai presiden pada tahun 2019, merilis pernyataan video pendek yang mencoba untuk menggalang negaranya. Mmenunjukkan bahwa Ukraina berdiri sendiri melawan kekuatan militer Rusia. Dia juga secara teratur mengkritik AS dan negara-negara NATO lainnya karena gagal datang membantu Ukraina.

Termasuk sindiran bahwa negaranya telah "dibiarkan sendiri." Momen viral ini telah mengubah Zelenskyy, yang pernah memerankan seorang guru sejarah yang menjadi presiden Ukraina, menjadi pahlawan masa perang yang mendesak orang Ukraina untuk membela negara mereka.

Sementara orang Rusia turun ke jalan untuk menuntut perdamaian. Itu juga membuatnya ibukota selandia baru adalah dikagumi di luar negeri. Namun, seperti kebanyakan orang di Ukraina, Zelenskyy tetap dalam bahaya besar. Para pejabat NATO telah memperingatkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin saat ini sedang berusaha untuk memotong Kyiv dengan pasukan militer untuk menargetkan gedung-gedung pemerintah dan menangkap atau membunuh para pemimpin tinggi Ukraina, Zelenskyy sekali lagi mendapat peringatan untuk melarikan diri dari pengepungan yang sedang berlangsung.

Namun sejauh ini Zelenskyy tetap menantang meskipun dirinya sendiri mengakui bahwa dia dan keluarganya adalah target utama Rusia. Dari sebuah keluarga Yahudi di Ukraina selatan, Zelenskyy terpilih dengan lebih dari 70 persen suara pada tahun 2019, dengan pemilih memutuskan kurangnya pengalaman politik adalah aset. Hal itu karena Zelenskyy merasa tidak memiliki ikatan dengan kelas oligarki yang korup, baik Rusia maupun Ukraina, yang mendominasi politik negara itu setelah runtuhnya pemerintahan.

Sejak itu, Zelenskyy telah berjuang secara politik atas korupsi, tanggapan pemerintahnya terhadap COVID, dan perang delapan tahun dengan daerah-daerah separatis yang didukung Rusia di timur.

ibukota selandia baru adalah

Tapi itu tampaknya sebagian besar telah berubah sejak invasi pekan ibukota selandia baru adalah, kata seorang pejabat intelijen NATO yang bekerja di Brussels. "(Dari) keberanian fisik saja, sekarang sudah mapan (Zelenskyy) adalah pemimpin sejati dan orang yang memiliki substansi.

Menjaga rakyatnya tetap tenang, sambil membuat tuntutan cerdas pada komunitas internasional untuk bantuan di mana dia cerdas tetapi tidak pahit. Rakyat dan tentara berjuang untuk dia dan negara. Putin pasti sedikit terkesima jika dia bahkan belum menyadarinya, tetapi itu tidak berarti ini memiliki akhir yang bahagia," kata penjabat itu.

“Bagian lain dari menjadi sangat berani adalah sering kali bisa membuat Anda terbunuh. Dia membuat pilihan kepemimpinan yang sangat berani dan baik, tetapi Kyiv bisa berubah menjadi neraka," pungkasnya, melansir Vice.

(wk/amel) ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied. Request blocked. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot ibukota selandia baru adalah help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: oto9-q7KnmBGAryfO8O7sbdOmkC6JLs5VqmfrGe7S0cJK1wITjz5pg==
Suara.com - Upaya kita melawan Covid-19 mulai tampak membuahkan hasil. Saat ini, ranjang rumah sakit tidak lagi dipenuhi pasien Covid-19, status pembatasan kegiatan masyarakat di berbagai daerah sudah mulai melonggar, anak-anak kembali ke sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka, serta kembali dibukanya pusat belanja, tempat wisata, dan tempat beribadah.

Meski begitu, pandemi tidak bisa dikatakan sudah selesai. Kita harus melakukan berbagai kebiasaan baru sebagai bagian dari kehidupan new normal.

Kita harus menjalankan iklim kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid-19 tanpa rasa takut. Pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita bahwa ketidakpastian dalam hidup adalah sesuatu yang tidak dapat kita cegah.

Kita juga semakin mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta mengantisipasi berbagai risiko yang bisa terjadi di masa depan, terutama risiko kesehatan dan finansial. Lantas, apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk hidup berdampingan dengan Covid-19?

Simak 3 aspek kehidupan yang perlu dibenahi sebagai strategi untuk berdamai dengan Covid-19, mengutip siaran pers dari AstraLife. Baca Juga: Tak Lagi Wajibkan Isolasi dan Mulai Hidup Berdampingan dengan COVID-19, PM Inggris: Momen Kebanggaan 1. Berbenah kehidupan, dari spontan menjadi terencana Perencanaan merupakan salah satu mekanisme kita dalam beradaptasi agar siap menghadapi masa depan.

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang yang tadinya tidak mau terlalu pusing dengan perencanaan hidup, mengambil waktu sejenak untuk memikirkan kembali rencana kehidupannya, termasuk rencana keuangannya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021, terdapat 21,32 juta orang (10,32 persen penduduk usia kerja) yang terdampak Covid-19 meliputi pengurangan jam kerja, pemberhentian kerja sementara waktu, hingga pengangguran.

Hal ini tentu berpengaruh pada pengurangan pendapatan atau bahkan sama sekali tidak memiliki pendapatan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Berdasarkan pengalaman tersebut, kita belajar bahwa memiliki kesiapan keuangan penting untuk berjaga-jaga. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memiliki kesiapan finansial adalah dengan strategi finansial yang terencana, misalnya berhemat, memprioritaskan pembayaran hutang, menabung, serta berinvestasi.

Selain itu, jika ingin berjaga-jaga dari kerugian finansial yang besar, misalnya sakit atau bahkan meninggal dunia, maka bisa memanfaatkan produk asuransi jiwa. 2. Berbenah kehidupan, dari analog menjadi digital Pandemi Covid-19 telah mendorong bisnis digital berkembang kian cepat.

Keberadaannya seolah menjadi titik penting ibukota selandia baru adalah antara pembeli dan penjual di tengah keterbatasan mobilitas akibat kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan Covid-19, 5 Negara Ini Sudah Cabut Status Lockdown Dewasa ini, di tengah kemajuan digitalisasi, bukanlah sebuah hal yang mengherankan ketika mendengar cerita seorang ibu rumah tangga membeli kebutuhan sayur mayur secara online, atau sekadar berkonsultasi dengan dokter via telemedicine untuk meminta resep obat saat si buah hati sedang sakit.

ibukota selandia baru adalah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS • [ April 6, 2022 ] Profil Negara Ukraina (Ukraine) Profil Negara • [ March 24, 2022 ] Profil Negara Jerman (Germany) Profil Negara • [ March 20, 2022 ] Negara-negara Anggota G20 (Group of Twenty) Pengetahuan Umum • [ March 11, 2022 ] Profil Negara Rusia (Russia) Profil Negara • [ February 10, 2022 ] Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) Profil Negara Daftar Nama Negara-negara di Dunia beserta Ibukota Negaranya – Dunia ini terdiri dari 193 Negara Berdaulat yang masing-masing Negara memiliki keanggotaannya di dalam Organisasi Internasional yaitu Perserikatan Bangsa-bangsa atau disingkat dengan Ibukota selandia baru adalah.

Dengan kata lain, 193 Negara tersebut adalah Negara yang diakui sebagai Negara berdaulat oleh dunia Internasional. Setiap Negara berdaulat tersebut memiliki Ibukota yang merupakan ibukota selandia baru adalah pemerintahannya. Ibukota Negara adalagh kota utama sebuah Negara yang didalam kota tersebut terdapat kantor kepala Negara ataupun kepala pemerintahan, kantor Dewan Perwakilan Rakyat atau Parlemen, kantor-kantor pusat perusahaan komersial serta kantor-kantor kedutaan besar Negara asing.

Namun Ibukota Negara belum tentu merupakan Kota terbesar di Negara yang bersangkutan. Sebagai contoh, Kota Jakarta adalah Ibukota Republik Indonesia. Di Jakarta terdapat Istana Negara yang merupakan kantor kepala Negara dan kepala pemerintahaan.

Di Jakarta juga terdapat kantor DPR (Parlemen) dan kantor-kantor kedutaan besar negara asing serta kantor pusat perusahaan-perusahaan komersil. No Nama Negara Nama Ibukota Wilayah / Benua 1 Afganistan Kabul Asia 2 Afrika Selatan Pretoria Afrika 3 Afrika Tengah Bangui Afrika 4 Albania Tirana Eropa 5 Aljazair Algiers Afrika 6 Amerika Serikat Washington D.C Amerika Utara 7 Andorra Andorra la Vella Eropa 8 Angola Luanda Afrika 9 Antigua dan Barbuda St. John’s Amerika Utara 10 Arab Saudi Riyadh Asia 11 Argentina Buenos Aires Amerika Selatan 12 Armenia Yerevan Asia 13 Australia Canberra Australia 14 Austria Wina Eropa 15 Azerbaijan Baku Asia 16 Bahama Nassau Amerika Utara 17 Bahrain Manama Asia 18 Bangladesh Dhaka Asia 19 Barbados Bridgetown Amerika Utara 20 Belanda Amsterdam Eropa 21 Belarus Minsk Eropa 22 Belgia Brussel Eropa 23 Belize Belmopan Amerika Utara 24 Benin Porto Novo Afrika 25 Bhutan Thimphu Asia 26 Bolivia La Paz Amerika Selatan 27 Bosnia dan Herzegovina Sarajevo Eropa 28 Botswana Gabourone Afrika 29 Brasil Brasilia Amerika Selatan 30 Britania Raya London Eropa 31 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan Asia 32 Bulgaria Sofia Eropa 33 Burkina Faso Ouagadoudou Afrika 34 Burundi Bujumbura Afrika 35 Ceko Praha Eropa 36 Chad Ndjamena Afrika 37 Chili Santiago Amerika Selatan 38 China Beijing Asia 39 Denmark Kopenhagen Ibukota selandia baru adalah 40 Djibouti Djibouti City Afrika 41 Dominika Roseau Amerika Utara 42 Ekuador Quito Amerika Selatan 43 El Salvador San Salvador Amerika Utara 44 Eritrea Asmara Afrika 45 Estonia Tallinu Eropa 46 Ethiopia Addis Ababa Afrika 47 Fiji Suva Ibukota selandia baru adalah 48 Filipina Manila Asia 49 Finlandia Helsinki Eropa 50 Gabon Libreville Afrika 51 Gambia Banyul Afrika 52 Georgia Grozny Eropa 53 Ghana Akra Afrika 54 Grenada St.

George’s Amerika Utara 55 Guatemala Guatemala City Amerika Utara 56 Guinea Konakry Afrika 57 Guinea Bissau Bissau Afrika 58 Guinea Khatulistiwa Malabo Afrika 59 Guyana George Town Amerika Selatan 60 Haiti Port-au-Prince Amerika Utara 61 Honduras Ibukota selandia baru adalah Amerika Utara 62 Hongaria Budapest Eropa 63 India New Delhi Asia 64 Indonesia Jakarta Asia 65 Irak Bagdad Asia 66 Iran Teheran Asia 67 Irlandia Dublin Eropa 68 Islandia Reykyavik Eropa 69 Israel Tel Aviv Asia 70 Italia Roma Eropa 71 Jamaika Kingstone Amerika Utara 72 Jepang Tokyo Asia 73 Jerman Berlin Eropa 74 Kamboja Phnom Penh Asia 75 Kamerun Yaonde Afrika 76 Kanada Ottawa Amerika Utara 77 Kazakhstan Alma Ata Eropa 78 Kenya Nairobi Afrika 79 Kirgizstan Frunze Eropa 80 Kiribati Bairiki Osenia 81 Kolombia Bogota Amerika Selatan 82 Komoro Moroni Afrika 83 Republik Kongo Brazzaville Afrika 84 Korea Selatan Seoul Asia 85 Korea Utara Pyongyang Asia 86 Kosta Rika San Yose Amerika Utara 87 Kroasia Zagrib Eropa 88 Kuba Havana Amerika Utara 89 Kuwait Kuwait City Asia 90 Laos Vientiane Asia 91 Latvia Riga Eropa 92 Lebanon Beirut Asia 93 Lesotho Maseru Afrika 94 Liberia Monrovia Afrika 95 Libya Tripoli Afrika 96 Liechtenstein Vaduz Eropa 97 Lituania Vilna Eropa 98 Luksemburg Luxembourg City Eropa 99 Madagaskar Antananarivo Afrika 100 Makedonia Skopje Eropa 101 Maladewa Male Asia 102 Malawi Lilongwe Afrika 103 Malaysia Kuala Lumpur Asia 104 Mali Bamako Afrika 105 Malta La Valetta Eropa 106 Maroko Rabat Afrika 107 Marshall Majuro Osenia 108 Mauritania Nouakchott Afrika 109 Mauritius Port Louis Afrika 110 Meksiko Mexico City Amerika Utara 111 Mesir Kairo Afrika 112 Mikronesia Palikir Osenia 113 Moldova Kishinev Eropa 114 Monako Monako Eropa 115 Mongolia Ulanbator Asia 116 Montenegro Podgorica Eropa 117 Mozambik Maputo Eropa 118 Myanmar Naypyidaw Asia 119 Namibia Windhoek Afrika ibukota selandia baru adalah Nauru Yaren Osenia 121 Nepal Kathmandu Asia 122 Niger Niamey Afrika 123 Nigeria Lagos Afrika 124 Nikaragua Managua Amerika Utara 125 Norwegia Oslo Eropa 126 Oman Muskat Asia 127 Pakistan Islamabad Asia 128 Palau Melekeok Osenia 129 Panama Panama Amerika Utara 130 Pantai Gading Yamoussoukro Afrika 131 Papua Nugini Port Moresby Osenia 132 Paraguay Asuncion Amerika Selatan 133 Perancis Paris Eropa 134 Peru Lima Amerika Selatan 135 Polandia Warsawa Eropa 136 Portugal Lisabon Eropa 137 Qatar Doha Asia Barat 138 Republik Demokratik Kongo Kinshasa Afrika 139 Republik Dominika Santo Domingo Amerika 140 Rumania Bukarest Eropa 141 Rusia Moskow Eropa 142 Rwanda Kigali Afrika 143 Saint Kitts and Nevis Basseterre Amerika 144 Saint Lucia Castries Amerika 145 Saint Vincent and the Grenadines Kingstown Amerika 146 Samoa Apia Osenia 147 San Marino San Marino Eropa 148 Sao Tome and Principe Sao Tome Afrika 149 Selandia Baru Wellington Osenia 150 Senegal Dakar Afrika 151 Serbia Beograd Eropa 152 Seychelles Victoria Afrika 153 Sierra Leone Freetown Afrika 154 Singapura Singapura Asia 155 Siprus Nikosia Asia ibukota selandia baru adalah Slovenia Ljubljana Eropa 157 Slowakia Bratislava Eropa 158 Solomon Honiara Osenia 159 Somalia Mogadishu Afrika 160 Spanyol Madrid Eropa 161 Sri Lanka Kolombo Asia 162 Sudan Khartoum Afrika 163 Sudan Selatan Juba Afrika 164 Suriah Damaskus Asia 165 Suriname Paramaribo Amerika Selatan 166 Swaziland Mbabane Afrika 167 Swedia Stockholm Eropa 168 Swiss Bern Eropa 169 Tajikistan Dushanbe Eropa 170 Tanjung Verde Praia Afrika 171 Tanzania Dodoma Afrika 172 Thailand Bangkok Asia 173 Timor Leste Dili Asia 174 Togo Lome Afrika 175 Tonga Nukualofa Osenia 176 Trinidad and Tobago Port of Span Amerika Utara 177 Tunisia Tunis Afrika 178 Turki Ankara Asia 179 Turkmenistan Ashakabad Eropa 180 Tuvalu Funafuti Osenia 181 Uganda Kampala Afrika 182 Ukraina Kiev Eropa 183 Uni Emirat Arab Abu Dhabi Asia 184 Uruguay Montevideo Amerika Selatan 185 Uzbekistan Tashkent Eropa 186 Vanuatu Pelabuhan Vila Osenia 187 Venezuela Caracas Amerika Selatan 188 Vietnam Hanoi Asia 189 Yaman Sanaa Asia 190 Yordania Amman Asia 191 Yunani Athena Eropa 192 Zambia Lusaka Afrika 193 Zimbabwe Harare Afrika
Grup E akan menjadi salah satu grup paling dinantikan di Piala Dunia 2022 Qatar setelah juara 2014 Jerman kebagian satu kelompok dengan juara 2010.

Masih ditambah lagi dengan Jepang dan stau hasil play-off benua. Juara Piala Dunia 2014 Jerman satu grup dengan juara 2010 Spanyol di Grup E, yang juga terdiri dari Jepang, tim yang selalu gagal melaju lebih jauh daripada babak 16 besar. Satu peserta lainnya dari Grup E adalah pemenang dari play-off benua dengan wakil Concacaf Kosta Rika akan berhadapan dengan wakil Oseania, Selandia Baru.

Laga penentuan itu baru akan dilakukan Juni 2022. Pemenangnya akan menjadi tim keempat di Grup E. Leicester City Saingi Chelsea Dapatkan Bek Serie A Berbandrol 764 Milyar Ini Pasukan Die Mannschaft di bawah arahan mantan pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, mengakhiri penyisihan grup zona Eropa dengan sembilan kemenangan dan satu kekalahan, dengan satu-satunya kejutan dihasilkan tim urutan kedua grup, Makedonia Utara.

Dengan Jerman hanya menduduki ranking 12 dunia pada daftar ranking FIFA, mereka masuk Pot 2 drawing Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan pada Jumat malam (1/4). dengan duduk pada Pot Kedua, Die Mannschaft menghadapi risiko satu grup dengan salah satu raksasa Pot 1, termasuk Inggris, sang juara bertahan Perancis, Argentina, atau Brasil.

Jika pelatih Jerman Hansi Flick mencoba-coba bermain lotere, angka 7 mungkin akan dipilih menjadi angka keberuntungannya. Ketika ia pertama kali mengambil kendali di Bayern Munchen sebagai pelatih senior, ia awalnya diberi tujuh pertandingan Bundesliga sebagai percobaan, tetapi Flick melebihi semua ekspektasi sehingga gelar pelatih sementara kemudian dihapus dari namanya.

Dalam waktu kurang dari dua tahun memimpin, Flick memenangkan total tujuh gelar bagi Die Roten, termasuk treble Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions pada musim 2019-2020, sementara hanya kalah tujuh pertandingan di semua kompetisi. Tidak ada angka tujuh dalam penyisihan grup Piala Dunia 2022 ini, yang hanya terdiri dari empat tim dan tiga pertandingan.

Tapi mungkin saja terjadi tujuh gol dari tujuh pemain berbeda. Atau negara ranking tujuh dunia, Spanyol, menjadi rekan satu timnya pada saat drawing. Hal ini menjadi kenyataan. La Roja yang merupakan tim ranking 7 dunia, masuk satu grup dengan Hansi Flick, pemenang 7 gelar bersama Bayern Munchen.
140 Tebak-Tebakan Logika – Permainan tebak-tebakan sudah ada sejak kita masih kecil.

Bahkan, setiap generasi akan selalu ada anak-anak yang suka bermain tebak-tebakan. Bermain tebak-tebakan merupakan permainan yang sangat menyenangkan karena setiap tebak-tebakan selalu lucu, sehingga memunculkan gelak tawa.

Meskipun, sering dimainkan oleh anak-anak, tetapi tidak jarang kalau orang dewasa mengikuti permainan ini terutama ketika sedang berkumpul bersama-sama. Namanya juga bermain tebak-tebakan pastinya setiap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan menghasilkan jawaban-jawaban yang tak terduga.

Bahkan, jawaban yang diberikan terkadang aneh atau absurd. Justru jawaban-jawaban aneh itulah yang ditunggu-tunggu. Semakin aneh jawaban yang dihasilkan, maka semakin lucu tebak-tebakan tersebut. Tak sedikit juga yang bermain tebak-tebakan bersama keluarganya. Dengan bermain tebak-tebakkan bersama keluarga, maka suasana keluarga akan terasa menyenangkan karena akan ada banyak sekali suara tawa yang terdengar.

Jadi, kamu lebih suka bermain tebak-tebakan bersama siapa? Grameds, kamu ingin bermain tebak-tebakan, tapi belum punya tebak-tebakannya? Jangan khawatir, di bawah ini akan ada banyak tebak-tebakan yang bisa kamu gunakan untuk bermain tebak-tebakan ketika sedang berkumpul.

Daftar Isi • Tebak-tebakan Logika yang Berhubungan dengan Anggota Tubuh • Anda Mungkin Juga Menyukai • Tebak-tebakan Logika yang berhubungan dengan Benda-benda • Tebak-tebakan Logika yang Berhubungan dengan Binatang • Tebak-tebakan Logika yang berhubungan dengan Pulau atau Kota • Tebak-tebakan Logika Lucu • Tebak-tebakan Logika Tumbuhan Tebak-tebakan Logika yang Berhubungan dengan Anggota Tubuh 1. Mata apa yang nggak pake kacamata? Jawaban: Mata kaki 2. Cuci apa yang tidak pernah menggunakan sabun?

Jawaban: Cuci mata 3. Ada di depan mata tapi tak terlihat, apakah itu? Rp 40.000 Jawaban: Rambut Tebak-tebakan Logika yang berhubungan dengan Benda-benda 5. Benda apa yang kalau disambung akan lebih pendek daripada diputus? Jawaban: Kain sarung 6. Bila diinjak akan selalu ikut ke mana saja, jika tidak diinjak akan diam saja di tempat?

Jawaban: Sandal Jepit 7. Punya lengan tapi tak punya jari, punya leher tapi tak punya kepala, apakah itu? Jawaban: Sepeda hilang 14. Pintu apa yang kalau didorong oleh banyak orang, tetapi tetap tidak bisa dibuka? Jawaban: Pintu yang tulisannya “TARIK” 15. Kapan waktu yang tepat membuka pintu? Jawaban: Ketika pintu sedang tertutup 16.

Dipeluk bukannya anak, dipetik bukannya buah, lalu apakah itu? Jawaban: Gitar 17. Mengapa pintu selalu menghadap ke arah matahari? Jawaban: Karena kalau menghadap ke tembok tidak bisa dibuka 18. Semakin sering dipukul, maka semakin nyaring dan merdu suara yang dihasilkan, apakah itu? Jawaban: Drum 19. Menteri apa yang kepalanya selalu dipegang-pegang? Jawaban: Menteri catur 20. Dia selalu berada di atas kepala Presiden, Menteri, atau Pejabat Daerah. Namun dia tidak memliki jabatan dalam pemerintahan, Siapakah dia?

Jawaban: Dia adalah Peci 21. Benda ini sangat takut dengan hujan, tetapi terbangnya sangat tinggi, benda apakah itu? Jawaban: Layang-Layang 22. Aku adalah benda yang selalu dipukul orang di tempat yang ramai, benda apakah aku? Jawaban: Gendang 23. Kotak apa yang bisa memberikan jabatan pada seseorang? Jawaban: Kotak suara 24. Aku terbuat dari kaca dan aku bisa diisi air aku biasanya digunakan untuk tempat tinggal hewan, siapakah aku?

Jawaban: Akuarium 25. Orang pertama yang menutup dan orang kedua yang membuka, benda apakah aku? Jawaban: Amplop 26. Aku adalah benda yang selalu membuang-buang air, siapakah aku? Jawaban: Gayung 27. Kalau mau ke kiri atau ke kanan dia akan berkedip-kedip, benda apakah itu? Jawaban: Lampu sein 28. Memiliki gigi yang banyak dan cara makannya maju mundur hingga memunculkan suara. Benda apakah itu? Jawaban: Gergaji 29. Aku adalah sebuah benda yang jika ditarik akan bertambah panjang dan jika dilepas akan bertambah pendek.

Benda apakah aku? Jawaban: Karet 30. Bagian atasku selalu bersih dan mengkilap, tetapi bagian bawahku selalu kotor. Benda apakah aku? Jawaban: Sepatu Tebak-tebakan Logika yang Berhubungan dengan Binatang 31. Kutu apa yang ibukota selandia baru adalah keluar dari mulut?

Jawaban: Kutukan 32. Ban apa yang bisa menyeruduk? Jawaban: Banteng 33. Semua ayam itu bertelur, jadi dimanakah ayam jantan bertelur? Jawaban: Tidak ada, ayam jantan tidak pernah bertelur. 34. Listrik yang bisa berenang di laut? Jawaban: Belut listrik 35. Bedak apa yang tidak bisa dijual? Jawaban: Bedak bercula Satu 36. Hewan yang hanya memiliki 2 huruf, hewan apakah itu? Jawaban: UdanG 37. Hewan apa yang selalu jadi korban pemerasan? Jawaban: Sapi perah 38.

Ayam apa yang bisa bertelur di gunung, di lembah, di kandang macan, atau di mana saja? Jawaban: Ayam betina 39. Ikan apa yang tidak boleh dimasukkan ke dalam akuarium air tawar?

Jawaban: Ikan goreng 40. Kuda apakah yang selalu berani menyepak atau menyingkirkan raja?

ibukota selandia baru adalah

Jawaban: Kuda catur 41. Perang apa yang selalu ditakuti oleh tikus? Jawaban: Perangkap tikus 42. Ayam apa yang tidak bisa bertelur? Jawaban: Ayam panggang 43. Hewan apa yang kalau disebut secara bolak-balik tetap sama? Jawaban: Katak atau Kodok 44. Rumah apa yang tidak bisa dimasuki oleh orang banyak? Jawaban: Rumah keong 45.

Anak yang ketika lahir sudah memiliki kumis, anak apakah itu? Jawaban: Anak kucing 46. Gajah apa yang banyak airnya hingga berlimpah-limpah? Jawaban: Gajahmungkur (nama bendungan di Ibukota selandia baru adalah Tengah) 47.

Ayam jago kawin dengan ayam kate, telur ayam yang dihasilkan akan menjadi apa? Jawaban: Jadi anak ayam 48. Binatang yang selalu menjadi korban atas dosa yang telah dilakukan oleh orang, hewan apakah aku?

Jawaban: Kambing hitam 49. Barangnya ada di leher kemeja, binatangnya ada di atas bunga, benda apakah itu? Jawaban: Dasi kupu-kupu ibukota selandia baru adalah. Pintu yang selalu bikin orang jahat menjadi baik? Jawaban: Pintu taubat 51. Aku adalah hewan yang tidak memiliki tulang tetapi, memiliki banyak tangan. Setiap cairan yang aku miliki sama seperti warna pulpen pada umumnya. Siapakah aku? Jawaban: Cumi-cumi 52. Hewan apa yang tidak pernah muda? Jawaban: Burung kakaktuak 53.

Begadang bukan penjaga malam, mendengung bukan sirene, menyengat bukan lebah. Hewan apakah aku? Jawaban: Nyamuk 54. Malam mencari makan, siang menggantungkan diri. Hewan apakah aku? Jawaban: Kelelawar Tebak-tebakan Logika yang berhubungan dengan Pulau atau Kota 55. Kali apa yang sangat besar dan banyak penghuninya?

Jawaban: Kalimantan 56. Apa nama pulau di Indonesia yang tidak suka begadang? Jawaban: Pulau Tidore 57. Negara yang memiliki Ibukota lebih dari satu adalah? Jawaban: Lima (Ibukota negara Peru) 58. Kota apa yang selalu merasa sedih? Jawaban: Kota Malang 59. Apa nama pulau yang selalu merasa tersipu-sipu? Jawaban: Maluku (Malu-ku) 60. Nama kota yang selalu ingin tampil sendiri? Jawaban: Kota Solo 61. Nama kota yang pahit? Jawaban: Kota Pare-Pare 62. Kota apa yang memiliki aroma seperti parfum?

Jawaban: Banyuwangi (air harum) 63. Negara yang selalu dikenal baru walaupun berdirinya sudah sejak lama? Jawaban: Selandia Baru 64. Apa nama kota yang selalu merekat atau tidak pernah lepas? Jawaban: Lembang (Lem-bang) 65. Kota apa yang memiliki bahasa dan buah? Jawaban: Sunda Kelapa 66. Sudah dilepas, kemudian ditangkap lagi. Kalau berjalan ekornya akan menggulung tubuhnya. Benda apakah itu? Jawaban: Yoyo Tebak-tebakan Logika Lucu 67. Bibir apa yang tebal dan tak pernah memakai lipstik?

Jawaban: Bibir sumur 68. Roti apa yang harganya tidak pernah sesuai dengan pembelinya? Jawaban: Roti tawar 69. Resep ibukota selandia baru adalah yang bisa berbicara?

Jawaban: Resepsionis 70. Nenek jatuh ke sungai munculna di mana? Jawaban: Munculnya di koran 71. Dibeli mahal-mahal akhirnya disobek apakah itu? Jawaban: Tiket Bioskop 72. Pekerjaaan yang setiap menyelesaikan masalahnya menggunakan sebelah mata? Jawaban: Fotografer 73. Barang apa yang bisa dibeli tapi gak bisa dipilih?

Jawaban: Barang tinggal Satu 74. Kenapa tokoh Harry Potter wajahnya lucu? Jawaban: Karena kalau wajahnya serem dikira harimau. 75. Kapan pencuri tidak ditangkap lagi? Jawaban: Pencuri masih di penjara. 76. Kelinci makan rumput, ayam makan dedak Jawaban: Rumah makan padang 77. Jalanan apa yang tidak pernah di aspal? Jawaban: Jalanan kereta atau rel kereta api 78.

Ada tiga orang yang berjalan di bawah satu payung kecil, tetapi anehnya kenapa mereka tidak kehujanan? Jawaban: Itu karena memang tidak hujan 79. Ada seorang anak raja yang ditinggalkan oleh ayahnya karena wafat. Setelah ditinggalkan, maka anak itu akan menjadi apa? Jawaban: Anak yatim 80.

Air apa yang tidak bisa digunakan untuk diminum, mandi, dan mencuci? Jawaban: Airport 81.

ibukota selandia baru adalah

Kembang apa yang tidak bisa dicium oleh banyak orang? Jawaban: Kemabnag api 82. Perang yang tidak menggunakan senjata tapi sangat ramai, perang apaka itu? Jawaban: Perang mulut 83. Rambut apa yang tidak pernah disisir dan bisa dimakan?

Jawaban: Rambutan 84. Minuman yang selalu bergantung dengan harga beras, minuman apakah itu? Jawaban: Minuman beras kencur 85. Ular apa ibukota selandia baru adalah digemari oleh anak-anak? Jawaban: Ular tangga 86. Setiap suku pasti akan ada kepala sukunya, lalu suku apa yang tidak memiliki kepala suku?

Jawaban :Suku cadang 87. Air apakah yang tidak bisa membeku? Jawaban: Air mendidih 88. Pria yang sedang menempuh pendidikan di Perancis, tiba-tiba wafat di Indonesia.

Gelar apakah yang akan didapatkan oleh pria itu? Jawaban: Gelar almarhum 89. Pada zaman apakah ada gajah dan ayam membangun sebuah negara? Jawaban: Zaman Majapahit (Gajah Mada dan Hayam Wuruk) 90. Di ujung laut ibukota selandia baru adalah apa? Jawaban: Huruf T 91. Ada minuman yang lezat, tetapi kalau dibaca dari belakang, akan menjadi nama anggota tubuh kita? Minuman apakah itu? Jawaban: Susu; usus 92. Kasur itu sempit dan badanku kurang sehat, lalu bagaimana aku bisa tidur?

Jawaban: Tinggal merem saja 93. Apa perbedaan Timur dan Barat? Jawaban: Beda arah 94. Jas apa yang selalu dimiliki oleh manusia? Jawaban: Jasmani 95. Orang apa yang kalau dipukul tidak terasa sakit? Jawaban: Orang nggak kena 96. Garis apa yang bisa menentukan nasib seseorang? Jawaban: Garis kehidupan 97. Banting apa yang disukai oleh banyak orang? Jawaban: Banting harga 98. Jalannya selalu maju dan tak pernah mundur. Setiap dia berjalan, maka umur manusia akan bertambah, Siapakah dia?

Jawaban: Waktu 99. Lebih berat mana tepung terigu 5 kg dengan tepung sagu 5 kg? Jawaban: Tidak ada yang lebih berat karena sama-sama 5 kg 100. Mata apa yang kalau mati pemiliknya jadi susah?

Jawaban: Mata pencaharian 101. Makanan apa yang nama dan warnanya sama? Jawaban: Cokelat 102. Bis apa yang kalau disentuh sangat sakit? Jawaban: Bisul 103. Bis apa yang suaranya pelan-pelan? Jawaban: Bisik-bisik 104. Apa perbedaan film dan lukisan? Jawaban: Lukisan menggunakan pigura, kalau film menggunakan figuran 105. Pedas bukan cabai, rasanya menyengat di telinga, apakah itu?

Jawaban: Kritik 106. Makan apa yang dapat menyebabkan badan menjadi kurus? Jawaban: Makan hati 107. Keranjang apa yang kalau tidak bolong tidak bisa digunakan? Jawaban: Keranjang bola basket 108. Buah apa yang kalau disumbangkan sangat baik untuk kemajuan? Jawaban: Buah pikiran 109. Melempar yang satu ini bisa terlihat manis, tetapi bisa juga terlihat tidak manis. Melempar apakah itu? Jawaban: Melempar senyum 110. Aku sangat tidak suka kalau ada orang lain yang mendengar, aku tidak suka terbuka dengan banyak orang, siapakah aku?

Jawaban: Rahasia 111. Kalau satu orang tidak bisa menjawab, akan dilemparkan kepada orang lain, apakah itu? Jawaban: Pertanyaan guru 112. Bos apa yang selalu jenuh ketika diberikan hal yang ibukota selandia baru adalah saja?

Jawaban: Bosan 113. Habis mandi tidurnya di bawah terik sinar matahari, apakah itu? Jawaban: Jemuran 114. Aku adalah suatu hal yang ketika orang lain mendengarku, maka orang itu hatinya akan merasa panas, siapakah aku? Jawaban: Fitnah 115. Makanannya berada di udara dan kita tidak boleh menggunakan tangan? Jawaban: Lomba makan kerupuk 116. Apa bedanya rambut dengan es batu? Jawaban: Rambut dicat warnanya akan awet, es batu dicat warnanya akan mencair.

117. Enaknya duluan, tapi susahnya belakangan? Jawaban: Hutang 118. Kembang apa yang membuat hidup manusia serba kekurangan? Jawaban: Kembang kempis 119. Namanya tidak murah, tetapi sangat bersejarah? Jawaban: Taj Mahal 120. Membakar apa yang bisa membuat orang lain marah? Jawaban: Membakar emosi 121. Apa bedanya embun dengan airmata? Jawaban: Kalau embun menetes di pagi hari, sedangkan airmata menetes di waktu sedih.

122. Semakin lama akan semakin berkurang. Padahal jumlahnya selalu bertambah, apakah itu? Jawaban: Umur manusia 123. Lautan apa yang bisa dilewati dengan berjalan kaki?

Jawaban: Lautan manusia 124. Aku memiliki mulut yang sanga besar dan suaraku melengking hingga terdengar sangat jauh, siapakah aku? Jawaban: Toak 125. Mengapa di Inggris, orang bernapas dengan air? Jawaban: Karena di air dalam bahasa Inggris berarti udara 126. Malam ada dua, siang ada satu, sore tidak ada? Jawaban: Huruf A 127. Jika ingin membelokkan ke kiri, maka aku akan memberi isyarat ke kanan.

Jika ingin membelokkan ke kanan, maka aku akan memberikan isyarat ke kiri. Jadi, aku adalah seorang? Jawaban: Penggembala bebek 128.

ibukota selandia baru adalah

Lebih hebat balon atau korek api? Jawaban: Jelas korek api, karena korek api yang didekatkan ke balon, balonnya akan meledak. Jika balon yang mendekati korek api, maka balonnya tetap akan meledak 129. Bibit apakah yang sangat mudah untuk menanamnya, tetapi tidak hasilnya yang didapat tidak menyenangkan. Bibit apakah itu? Jawaban: Bibit permusuhan 130.

Apakah nama batu yang tidak bisa digunakan untuk membangun rumah. Batu apakah itu? Jawaban: Batu baterai 131. Aku adalah sebuah jalan yang tidak bisa diketahui oleh banyak orang dan terkadang aku suka berbelit-belit, jalan apakah aku? Jawaban: Jalan pikiran Tebak-tebakan Logika Tumbuhan 132. Aku memiliki bentuk bulat seperti buah, tetapi isi yang ada di dalam diriku berbentuk daun semua. Siapakah aku? Jawaban: Kol atau kubis 133.

Seluruh tubuhku berupa batang. Aku sering digunakan untuk memasak, siapakah aku? Jawaban: Tumbuhan sereh 134. Buah apa yang selalu memiliki biji di luar? Jawaban: Buah mede 135. Aku sering diartikan oleh orang Sunda sebagai sopan santun. Sedangkan oleh orang Jakarta aku sering disebut nama buah. Buah apakah aku?

Jawaban: Mangga 136. Aku adalah buah yang sering selalu dikaitkan dengan sejumlah kekayaan. Buah apakah aku? Jawaban: Srikaya 137. Sebutkan buah yang tidak memiliki otak? Jawaban: Semua buah tidak memiliki otak 138. Buah apa yang bentuknya hampir mirip dengan buah melon? Jawaban: Buah blewah 139. Sayuran ibukota selandia baru adalah sering digunakan untuk memanggil teman laki-laki? Jawaban: Brokoli (Bro-koli) 140. Aku adalah makanan yang terdiri dari banyak buah, makanan apakah aku?

Jawaban: Rujak Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 ibukota selandia baru adalah Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 10 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1• Acèh • Afrikaans • Alemannisch • አማርኛ • Pangcah • Aragonés • Ænglisc • العربية • الدارجة • مصرى • Asturianu • Kotava • Aymar aru • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Boarisch • Žemaitėška • Bikol Central • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • Bislama • বাংলা • བོད་ཡིག • বিষ্ণুপ্রিয়া মণিপুরী • Brezhoneg • Bosanski • Буряад • Català • Chavacano de Zamboanga • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Нохчийн • Cebuano • ᏣᎳᎩ • Tsetsêhestâhese • کوردی • Qırımtatarca • Čeština • Словѣньскъ / ⰔⰎⰑⰂⰡⰐⰠⰔⰍⰟ • Чӑвашла • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Thuɔŋjäŋ • Zazaki • Dolnoserbski • डोटेली • ދިވެހިބަސް • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • Estremeñu • فارسی • Suomi • Võro • Na Vosa Vakaviti • Føroyskt • Français • Arpetan • Nordfriisk • Frysk • Gaeilge • Gagauz • Kriyòl gwiyannen • Gàidhlig • Galego • Avañe'ẽ • गोंयची कोंकणी / Gõychi Konknni • Gaelg • Hausa • 客家語/Hak-kâ-ngî • Hawaiʻi • עברית • हिन्दी • Fiji Hindi • Hrvatski • Hornjoserbsce • Kreyòl ayisyen • Magyar • Հայերեն • Interlingua • Interlingue • Ilokano • Ido • Íslenska • Italiano • ᐃᓄᒃᑎᑐᑦ/inuktitut • 日本語 • Patois • Jawa • ქართული • Kabɩyɛ • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Kurdî • Kernowek • Кыргызча • Latina • Lëtzebuergesch • Lingua Franca Nova • Limburgs • Ligure • Ladin • Lombard • Lingála • ລາວ • Lietuvių • Latviešu • Madhurâ • Basa Banyumasan • Malagasy • Māori • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Монгол • ꯃꯤꯇꯩ ꯂꯣꯟ • मराठी • Кырык мары • Bahasa Melayu • Malti • Mirandés • မြန်မာဘာသာ • Dorerin Naoero • Plattdüütsch • Nedersaksies • नेपाली • नेपाल भाषा • Li Niha • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Diné bizaad • Occitan • Livvinkarjala • ଓଡ଼ିଆ • Ирон • ਪੰਜਾਬੀ • Kapampangan • Papiamentu • पालि • Norfuk / Pitkern • Polski • Piemontèis • پنجابی • پښتو • Português • Runa Simi • Romani čhib • Română • Русский • Ikinyarwanda • संस्कृतम् • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu • Sicilianu • Scots • سنڌي • Davvisámegiella • Sängö • Srpskohrvatski / српскохрватски • ၽႃႇသႃႇတႆး • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Gagana Samoa • Anarâškielâ • ChiShona • Soomaaliga • Shqip • Српски / srpski • Sunda • Svenska • Kiswahili • Ślůnski • Sakizaya • தமிழ் • Tayal • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Lea faka-Tonga • Tok Pisin • Türkçe • Seediq • Татарча/tatarça • Reo tahiti • Удмурт • ئۇيغۇرچە / Uyghurche • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Vepsän kel’ • Tiếng Việt • Volapük • Winaray • Wolof • 吴语 • Хальмг • IsiXhosa • მარგალური • ייִדיש • Yorùbá • Vahcuengh • Zeêuws • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 • IsiZulu - Per kapita $2,464 [7] Gini (2009) 41,9 [8] sedang IPM (2017) 0,544 [9] rendah · 153 Mata uang Kina (K) ( PGK) Zona waktu beragam ( UTC +10 sampai +11) Lajur kemudi kiri Kode telepon +675 Kode ISO 3166 PG Ranah Internet ibukota selandia baru adalah Papua Nugini atau Papua Guinea Baru adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua ibukota selandia baru adalah berbatasan darat langsung dengan Provinsi Papua, Indonesia di sebelah barat.

Benua Australia di sebelah selatan dan negara-negara Oseania berbatasan di sebelah selatan, timur, dan utara. Ibu kotanya, dan salah satu kota terbesarnya, adalah Port Moresby. Papua Nugini adalah salah satu negara yang memiliki keragaman yang tinggi, dengan lebih dari 850 bahasa lokal asli dan sekurang-kurangnya sama banyaknya dengan komunitas-komunitas kecil yang dimiliki, dengan populasi yang tidak lebih dari 6 juta jiwa.

Papua Nugini juga salah satu negara yang paling luas wilayah perkampungannya, dengan hanya 18% penduduknya menetap di pusat-pusat perkotaan.

[10] Negara ini adalah salah satu negara yang paling sedikit dijelajahi, ibukota selandia baru adalah budaya maupun geografis, dan banyak jenis tumbuhan dan binatang yang belum ditemukan diduga ada di pedalaman Papua Nugini.

[11] Sebagian besar penduduk menetap di dalam masyarakat tradisional dan menjalankan sistem pertanian sederhana yang hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Masyarakat dan marga ini memiliki beberapa ibukota selandia baru adalah tersirat di dalam kerangka undang-undang dasar negara Papua Nugini. Undang-Undang Dasar Papua Nugini (Pembukaan 5(4)) menyatakan harapan bagi kampung dan komunitas tradisional untuk tetap menjadi satuan kemasyarakatan yang lestari di Papua Nugini, [12] dan untuk langkah-langkah aktif yang diambil untuk melestarikannya.

Dewan Perwakilan Rakyat Papua Nugini telah memberlakukan beberapa undang-undang di mana sejenis " Tanah ulayat" diakui, artinya bahwa tanah-tanah tradisional pribumi memiliki beberapa landasan hukum untuk memproteksi diri dari campur tangan kaum pendatang yang bertindak berlebihan.

Tanah ulayat ini disebutkan melingkupi sebagian besar tanah yang dapat digunakan di negara ini (sekitar 97% seluruh daratan); [13] tanah yang dapat diolah oleh kaum pendatang bisa saja berupa milik perseorangan di bawah syarat pinjaman dari negara atau tanah milik pemerintah. Geografi negara Papua Nugini beragam dan di beberapa tempat sangat kasar.

Ibukota selandia baru adalah barisan pegunungan memanjang di Pulau Papua, membentuk daerah dataran tinggi yang padat penduduk. Hutan hujan yang padat dapat ditemukan di dataran rendah dan daerah pantai. Rupa bumi yang sedemikian telah membuatnya menjadi sulit bagi pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur transportasi.

Di beberapa daerah, pesawat terbang adalah satu-satunya modus transportasi. Setelah diperintah oleh tiga kekuatan asing sejak 1884, Papua Nugini merdeka dari Australia pada tahun 1975. Kini Papua Nugini masih menjadi bagian dari dunia persemakmuran. Banyak penduduk hidup dalam kemiskinan yang cukup buruk, sekitar sepertiga dari penduduk hidup dengan penghasilan kurang dari US$ 1,25 per hari. [14] Daftar isi • 1 Sejarah • 2 Geografi • 2.1 Perbatasan • 2.2 Ekologi • 3 Politik • 3.1 Pemerintahan • 3.2 Hukum • 3.3 Pembagian administratif • 4 Ekonomi • 4.1 Pertanahan • 4.2 Transportasi • 5 Demografi • 5.1 Agama • 6 Pendidikan • 6.1 Kesehatan • 7 Budaya • 8 Lihat pula • 9 Catatan • 10 Referensi • 11 Pranala luar • 12 Sejarah • 13 Geografi • 13.1 Perbatasan • 13.2 Ekologi • 14 Politik • 14.1 Pemerintahan • 14.2 Hukum • 14.3 Pembagian administratif • 15 Ekonomi • 15.1 Pertanahan • 15.2 Transportasi • 16 Demografi • 16.1 Agama • 17 Pendidikan • 17.1 Kesehatan • 18 Budaya • 19 Lihat pula • 20 Catatan • 21 Referensi • 22 Pranala luar Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Sejarah Papua Nugini Manusia yang menetap di Papua Nugini diduga dimulai sejak 50.000 tahun yang lalu.

Penduduk kuno ini mungkin berasal dari Asia Tenggara, sementara mereka yang berasal dari Afrika telah hadir sejak 50.000 hingga 70.000 tahun yang lalu. Pulau Papua adalah salah satu benua pertama setelah Afrika dan Eurasia yang dihuni oleh manusia modern, dengan migrasi pertama pada waktu kurang lebih sama dengan yang di Australia.

Pertanian dikembangkan secara mandiri di dataran tinggi Pulau Papua sekitar 7.000 SM, membuatnya menjadi salah satu dari sedikit daerah domestikasi tanaman asli di dunia. Migrasi utama penutur bahasa Austronesia datang ke daerah pantai sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan ini berkorelasi dengan pengenalan tembikar, babi, dan teknik-teknik memancing tertentu. Baru-baru ini, sekitar 300 tahun yang lalu, ubi jalar masuk Pulau Papua, yang telah diperkenalkan ke Maluku dari Amerika Selatan oleh kekuasaan kolonial dominan lokal, Portugal.

[15] Panen ubi jalar yang meningkat telah mentransformasi pertanian tradisional secara radikal; ubi jalar menggantikan sebagian besar bahan pokok sebelumnya, talas, dan memberikan peningkatan yang signifikan pada populasi di dataran ibukota selandia baru adalah.

Pemikul tandu Papua membawa Tentara Darat AS yang terluka dari garis depan Buna, berhenti sejenak untuk beristirahat bersama para prajurit di bawah naungan kebun kelapa, menuju rumah sakit di bagian belakang. Orang Barat hanya sedikit mengetahui pulau ini hingga abad ke-19, meskipun para saudagar dari Asia Tenggara telah mengunjungi Pulau Papua sejak 5.000 tahun lalu untuk mengoleksi bulu dan rambut Cendrawasih, [16] dan para penjelajah berkebangsaan Spanyol dan Portugis telah menemukannya pada abad ke-16 (tahun 1526 dan 1527 oleh Jorge de Menezes).

Nama negara ini yang memberi kesan ganda dihasilkan dari sejarah administratifnya yang kompleks sebelum kemerdekaan. Kata papua diturunkan dari pepuah kata dari bahasa Melayu yang menggambarkan rambut orang Melanesia yang keriting, dan "New Guinea" ( Nueva Guinea) adalah nama yang digulirkan oleh penjelajah dari Imperium Spanyol, Yñigo Ortiz de Retez, yang pada tahun 1545 mencatat kemiripan orang-orang Ibukota selandia baru adalah dibandingkan dengan orang-orang yang pernah dilihatnya di sepanjang pesisir Guinea, Afrika.

Paro utara negara ini dikuasai Jerman pada tahun 1884 sebagai Nugini Jerman. Selama Perang Dunia I, wilayah itu diduduki Australia, yang telah mulai memerintah Nugini Britania, yaitu bagian Selatan, dengan mengembalikan nama semulanya menjadi Papua pada tahun 1904. Setelah Perang Dunia I, Australia diberi mandat untuk memerintah bekas Nugini Jerman oleh Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya, Papua dianggap sebagai Wilayah Eksternal Persemakmuran Australia, meskipun secara hukum masih milik Britania, sebuah isu yang penting bagi sistem hukum negara itu pasca-kemerdekaan 1975.

Perbedaan dalam status hukum memberikan arti bahwa Papua dan New Guinea memiliki pemerintah yang sepenuhnya terpisah, yang kedua-duanya dikendalikan oleh Australia. Kampanye Nugini (1942-1945) adalah salah satu kampanye militer besar pada Perang Dunia II. Hampir 216.000 tentara darat-laut-udara Jepang, Australia, dan Amerika tewas selama Kampanye Nugini.

[17] Dua teritori dipadukan menjadi Teritori Papua dan Nugini setelah Perang Dunia II, yang kemudian disederhanakan menjadi "Papua Nugini". Administrasi Papua menjadi terbuka bagi penglihatan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tetapi, kelembagaan tertentu [18] terus saja berlaku hanya di satu dari dua wilayah, masalah cukup rumit kini berlangsung, yakni penyesuaian bekas perbatasan antara provinsi yang saling berbatasan langsung, sehubungan dengan akses jalan dan kelompok bahasa, sehingga undang-undang tersebut berlaku hanya pada satu sisi dari suatu batas yang tidak lagi ada.

Kemerdekaan tanpa peperangan dari Australia, kekuatan metropolitan de facto, muncul pada 16 September 1975, dan tetap bertalian dekat (Australia masih menjadi penyumbang bantuan dwipihak terbesar bagi Papua Nugini). Sebuah pemberontakan separatis pada 1975-1976 di Pulau Bougainville mengakibatkan perubahan rancangan Konstitusi Papua Nugini hanya dalam 11 jam untuk memungkinkan Bougainville dan 18 distrik lain pra-kemerdekaan Papua Nugini mendapatkan status semifederal sebagai provinsi.

Pemberontakan terulang dan merenggut 20.000 jiwa dari tahun 1988 sampai hal itu diselesaikan pada tahun 1997. Setelah pemberontakan, Bougainville Otonom memilih Joseph Kabui sebagai presiden, tetapi ia digantikan oleh wakilnya, John Tabinaman. Tabinaman tetap pemimpin sampai pemilihan umum berikutnya pada bulan Desember 2008, dengan James Tanis muncul sebagai pemenang. Kerusuhan anti-Cina, yang melibatkan puluhan ribu orang, [19] pecah pada Mei 2009. [20] Geografi [ sunting - sunting sumber ] Peta Papua Nugini Seluas 462.840 km 2 (178.704 sq mi), Papua Nugini adalah negara terluas ke-54 di dunia.

Papua Nugini sebagian besar bergunung- gunung (puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm setinggi 4.509 meter; 14.793 kaki dan sebagian besarnya ditutupi hutan hujan tropis, seperti halnya juga wilayah lahan basah yang sangat luas di sekitaran sungai Sepik dan Fly. Papua Nugini dikelilingi oleh terumbu karang yang turut memeliharanya. Negara ini terletak di Cincin Api Pasifik, pada titik tumbukan beberapa lempeng tektonik. Terdapat sejumlah gunung berapi yang aktif, dan ledakan gunung itu sangatlah sering.

Gempa bumi cukup lazim terjadi, kadang-kadang disertai tsunami. Daratan utama negara ini adalah paro timur Pulau Papua, di mana kota-kota terbesar ada di sana, termasuk di antaranya ibu kota Port Moresby dan Lae; pulau-pulau utama lainnya adalah Irlandia Baru, Britania Baru, Manus, dan Bougainville.

Papua Nugini adalah salah satu dari sedikit kawasan yang dekat dengan khatulistiwa yang mengalami hujan salju, yang ada di titik-titik tertinggi di ibukota selandia baru adalah utamanya.

Perbatasan [ sunting - sunting sumber ] Perbatasan antara Papua Nugini dan Indonesia dikonfirmasi dengan perjanjian bersama Australia sebelum kemerdekaan pada tahun 1974.

Perbatasan maritim dengan Australia dikonfirmasi dengan perjanjian pada tahun 1978. Ekologi [ sunting - sunting sumber ] Papua Nugini adalah bagian dari Zona Ekologi Australasia, yang juga meliputi Australia, Selandia Baru, timur Indonesia, dan beberapa kelompok kepulauan di Pasifik, termasuk Kepulauan Solomon dan Vanuatu.

Secara geologi, Pulau Papua adalah perluasan utara dari Lempeng Indo-Australia, membentuk bagian massa daratan tunggal Australia-Papua (juga disebut Sahul atau Meganesia). Pulau Papua terhubung dengan ruas Australia oleh sebuah paparan benua yang dangkal melintasi Selat Torres, yang pada zaman lampau merupakan sebuah land bridge — khususnya pada Zaman es ketika permukaan laut lebih rendah daripada zaman sekarang. Hutan hijau Papua Nugini berhadapan dengan pemandangan yang kontras yaitu gurun pasir di Australia Akibatnya, banyak spesies burung dan mamalia yang ditemukan di Pulau Papua memiliki pranala genetik yang dekat dengan spesies yang berpadanan di Australia.

Satu fitur yang berharga bagi kedua-dua daratan ini adalah kehadiran beberapa spesies mamalia marsupial, termasuk beberapa kangguru dan possum, yang tidak ada di tempat lain. Banyak pulau lainnya di wilayah Papua Nugini, termasuk Ibukota selandia baru adalah Baru, Irlandia Baru, Bougainville, Kepulauan Admiralty, Kepulauan Trobriand, dan Kepulauan Louisiade, tidak pernah terkait dengan Pulau Papua oleh land bridge, dan mereka kekurangan banyak mamalia tanah dan burung yang tak bisa terbang yang lazim ditemui di Pulau Papua dan Australia.

Australia dan Pulau Papua adalah bagian dari adibenua kuno Gondwana, yang mulai terpisah-pisah menjadi benua-benua yang lebih kecil pada zaman kapur, 65-130 juta tahun lalu. Australia pada akhirnya terpisah dari Antartika pada kira-kira 45 juta tahun lalu. Semua daratan Australasia adalah tempat bagi flora Antartika, yang diturunkan dari flora Gondwana selatan, termasuk tumbuhan runjung podocarpaceae dan pinus araucaria, dan nothofagus berdaun lebar. Familia tumbuhan ini masih lestari di Papua Nugini.

Karena Lempeng Indo-Australia (yang meliputi anak benua India, Australia, dan lantai Samudera Indonesia di antara kedua-duanya) membujur ke utara, ia bertumbukan dengan Lempeng Eurasia, dan tumbukan kedua-dua lempeng itu menyembulkan Pegunungan Himalaya, kepulauan Indonesia, dan Pegunungan Tengah Pulau Papua.

Pegunungan Tengah lebih muda dan lebih tinggi daripada pegunungan di Australia, sehingga ia menjadi gletser khatulistiwa yang langka. Pulau Papua adalah bagian dari zona tropika yang lembap, dan banyak tumbuhan hutan hujan Indomalaya tumbuh lebat melintasi selat-selat yang sempit dari Asia, bercampur dengan flora Australia dan Antartika. Gunung Tavurvur di Papua Nugini. Papua Nugini meliputi sejumlah kawasan ekologi: • Hutan hujan dataran rendah Kepulauan Admiralty • Hutan hujan Pegunungan Tengah • Hutan hujan gunung di Semenanjung Huon • Hutan hujan Kepulauan Louisiade • Hutan hujan dataran rendah Britania Baru-Irlandia Baru • Hutan hujan gunung Britania Baru-Irlandia Baru • Bakau Papua • Hutan rawa air segar dan hutan hujan dataran rendah Ibukota selandia baru adalah Utara • Hutan hujan gunung Papua Utara • Hutan hujan Kepulauan Solomon (termasuk Pulau Bougainville dan Pulau Buka) • Hutan hujan Papua Selatan • Hutan rawa air segar Papua Selatan • Hutan hujan dataran rendah Papua Selatan • Hutan hujan Kepulauan Trobriand • Padang rumput Trans Fly • Padang rumput sub-alpina Pegunungan Tengah Politik [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Politik Papua Nugini Pemerintahan [ sunting - sunting sumber ] Papua Nugini adalah anggota Negara-Negara Persemakmuran, dan Ratu Elizabeth II adalah kepala negaranya.

Sudah diharapkan oleh konvensi konstitusional, yang menyiapkan rancangan konstitusi, dan oleh Australia, bahwa Papua Nugini akan memilih untuk tidak mempertahankan hubungan dengan monarki Inggris. Bagaimanapun, para pendirinya menganggap bahwa kaum terhormat kerajaan menganggap bahwa negara yang baru merdeka tidak akan mampu berbicara dengan murni melalui sistem kerajaan pribumi - sehingga sistem monarki Inggris dipertahankan.

[21] Sang Ratu diwakili oleh Gubernur Jenderal Papua Nugini, saat ini Michael Ogio. Papua Nugini dan Kepulauan Solomon adalah dua entitas negara yang tidak biasa di antara Negara-Negara Persemakmuran, yakni bahwa Gubernur Jenderal secara efektif dipilih oleh badan legislatif bukan oleh cabang eksekutif, seperti di beberapa negara demokrasi parlementer.

Kekuasaan eksekutif sebenarnya terletak pada Perdana Menteri, yang mengepalai kabinet. Perdana Menteri saat ini adalah Peter O'Neill. Parlemen nasional yang tunggal memiliki 109 kursi, 20 di antaranya ditempati oleh para gubernur dari 19 provinsi dan Distrik Ibukota Nasional. Calon anggota parlemen dipilih pada saat perdana menteri menyerukan pemilihan umum nasional, selambat-lambatnya lima tahun setelah pemilu nasional sebelumnya.

Pada awal-awal kemerdekaan, ketidakstabilan sistem partai menyebabkan sering terjadinya mosi tidak percaya di parlemen yang berakibat pada jatuhnya pemerintah masa itu dan pemilu nasional perlu diadakan lagi, sesuai dengan konvensi demokrasi parlementer. Dalam beberapa tahun terakhir, berturut-turut pemerintah telah mengeluarkan undang-undang demi mencegah suara seperti itu lebih cepat dari 18 bulan setelah pemilihan umum nasional.

Ini mengakibatkan stabilitas yang lebih besar, meskipun mungkin dengan mengurangi akuntabilitas dari cabang eksekutif pemerintahan. Pemilihan di Papua Nugini menarik banyak calon. Setelah kemerdekaan pada tahun 1975, anggota dipilih dengan plurality vote system, dengan para pemenang sering kali meraih kurang dari 15% suara.

Reformasi elektoral pada tahun 2001 memperkenalkan Limited Preferential Vote, sebuah versi dari instant-runoff voting. Pemilihan umum tahun 2007 adalah yang pertama dilakukan dengan menggunakan sistem itu. Hukum [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Hukum Papua Nugini Parlemen berkamar tunggal menjalankan legislasi menurut cara yang sama seperti di dalam ranah hukum lainnya, yaitu dengan memiliki "kabinet," "pemerintah yang bertanggung jawab," atau "demokrasi parlementer": sistem ini diajukan oleh pemerintah eksekutif kepada legislatur, diperdebatkan, dan bila lolos, akan menjadi undang-undang ketika rancangan itu menerima persetujuan kerajaan melalui Gubernur Jenderal.

Sebagian peraturan legislasi sebenarnya diterapkan oleh birokrasi di bawah legislasi sebelumnya yang sudah diloloskan dan diberlakukan oleh Parlemen. Semua produk hukum (statuta) yang diberlakukan oleh parlemen haruslah sesuai dengan konstitusi. Lembaga peradilan memiliki jurisdiksi untuk mengatur kekonstitusionalan statuta, baik itu yang dipersengketakan di hadapan mereka dan pada sebuah rujukan di mana tidak ada persengketaan, melainkan hanya menjadi pertanyaan abstrak hukum.

Hal yang tak lazim di antara negara-negara berkembang, cabang judikatif pemerintah di Papua Nugini cukup mandiri, dan pemerintah-pemerintah eksekutif yang silih berganti selalu saja menghormati otoritas ini. Ibukota selandia baru adalah Umum Papua Nugini — mengandung hukum umum Australia yang diterima pada 16 September 1975 (hari kemerdekaan), dan kemudian menjadi dasar keputusan-keputusan lembaga peradilan Papua Nugini sendiri. Lembaga-lembaga peradilan diarahkan oleh Konstitusi dan, kemudian, undang-undang di bawahnya, untuk menyerap risalah "adat" komunitas tradisional, dengan suatu pandangan untuk menentukan adat-adat mana saja yang dianggap lazim bagi seluruh kawasan di negara ini dan dapat saja dinyatakan sebagai bagian dari undang-undang bawahan ini.

Praktiknya, hal ini terbukti sukar diterapkan dan sering kali diabaikan. Statuta-statuta secara luas diterima dari jurisdiksi seberang lautan, terutama Australia dan Inggris. Advokasi di lembaga-lembaga peradilan mengikuti pola yang merugikan dari negara-negara lain yang menerapkan hukum umum. Pembagian ibukota selandia baru adalah [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Pembagian administratif Papua Nugini, Daftar Region di Papua Nugini, Daftar Provinsi di Papua Nugini, dan Daftar Distrik dan Pemerintah Lokal di Papua Nugini Papua Nugini dibagi menjadi empat region, yang bukan merupakan pembagian administratif primer melainkan cukup signifikan di dalam banyak sendi pemerintah, perdagangan, olahraga, dan kegiatan lainnya.

Negara ini memiliki 22 pembagian wilayah yang setara provinsi: 18 provinsi, Daerah Otonom Bougainville dan Distrik Ibu Kota Nasional. Tiap-tiap provinsi dibagi menjadi satu distrik atau lebih, yang kemudian dibagi lagi menjadi satu pemerintah lokal atau lebih. Provinsi [22] adalah pembagian administratif primer di Papua Nugini. Pemerintah provinsi adalah cabang pemerintah nasional — Papua Nugini bukanlah ibukota selandia baru adalah provinsi.

Wilayah-wilayah yang setara provinsi itu adalah: • Provinsi Tengah • Provinsi Chimbu (Simbu) • Provinsi Dataran Tinggi Timur • Provinsi Britania Baru Timur • Provinsi Sepik Timur • Provinsi Enga • Provinsi Teluk • Provinsi Madang • Provinsi Manus • Provinsi Teluk Milne • Provinsi Morobe • Provinsi Irlandia Baru • Provinsi Oro (Utara) • Daerah Otonom Bougainville • Provinsi Dataran Tinggi Selatan • Provinsi Barat (Fly) • Provinsi Dataran Tinggi Barat • Provinsi Britania Baru Barat • Provinsi Sepik Barat (Sandaun) • Distrik Ibu Kota Nasional • Provinsi Hela • Provinsi Jiwaka Pada tahun 2009, parlemen menyetujui pemekaran provinsi, yaitu Hela dan Jiwaka.

Ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Ekonomi Papua Nugini Papua Nugini kaya akan sumber daya alam, tetapi eksploitasinya terkendala oleh rupa buminya yang rumit, tingginya biaya pembangunan infrastruktur, persoalan perundang-undangan yang serius, dan sistem status pertanahan yang membuat upaya pengenalan pemilik tanah untuk tujuan negosiasi perjanjian terhadapnya tetap saja menyisakan masalah.

Pertanian memberikan penghidupan yang penting bagi 85% penduduk. Cadangan mineral, meliputi minyak bumi, tembaga, dan emas, menyumbangkan 72% perolehan ekspor. Negara ini juga memiliki industri kopi yang cukup bernilai. Mantan Perdana Menteri Sir Mekere Morauta berupaya untuk meletakkan kembali kesatuan perlembagaan negara, memantapkan mata uang kina, meletakkan kembali kemantapan anggaran nasional, memprivatisasi perusahaan-perusahaan umum yang dirasa cocok, dan memastikan kelestarian perdamaian Bougainville setelah tercapainya perjanjian 1997 yang mengakhiri ketegangan kaum separatis Bougainville.

Pemerintah Morauta mencapai kejayaan ketika menarik dukungan internasional, khususnya mendapat dukungan dari IMF dan Bank Dunia demi mengamankan pinjaman bantuan pembangunan.

Tantangan yang cukup hebat dihadapi oleh Perdana Menteri Sir Michael Somare, termasuk upaya memperkuat kepercayaan penanam modal, melanjutkan upaya privatisasi aset-aset pemerintah, dan memelihara dukungan dari anggota Parlemen.

Pada Maret 2006, Komisi PBB untuk Kebijakan Pembangunan menyeru agar status Papua Nugini sebagai negara berkembang diturunkan menjadi negara terbelakang karena kemandekan sosial dan ekonomi yang mulur.

[23] Tetapi, sebuah penilaian yang dilakukan IMF pada penghujung 2008 menemukan bahwa "paduan antara kebijakan moneter dan fiskal yang tepat, dan tingginya harga ekspor barang tambang dunia, telah mendukung mengambangnya pertumbuhan ekonomi dan memantapnya ekonomi makro terbaru Papua Nugini. Pertumbuhan PDB sejati, pada lebih dari 6% pada tahun 2007, berlandasan luas dan diharapkan terus menguat pada 2008." [24] Pertanahan [ sunting - sunting sumber ] Hanya kira-kira 3% tanah Papua Nugini dimiliki oleh perseorangan; itupun merupakan pinjaman dari negara untuk masa pakai 99 tahun, selebihnya adalah milik negara.

Secara virtual, tidak ada sebutan untuk penguasaan/pemilikan yang bebas; kepemilikan yang hanya sedikit itu secara otomatis dialihkan statusnya menjadi Pinjaman Negara ketika mereka dipindahtangankan dari pemasok ke pembeli. Tanah yang tidak dijual ke pihak asing dimiliki oleh pemilik tanah ulayat di bawah sebutan adat. Sifat yang persis dari seisin berupa-rupa dari satu budaya ke budaya lainnya.

Banyak penulis yang menggambarkan tanah sebagai sesuatu yang berada dalam kepemilikan komunitas dari marga-marga tradisional; tetapi, pengkajian yang lebih saksama biasanya menunjukkan bahwa bagian terkecil dari kepemilikan tanah yang tidak dapat dibagi-bagi lagi itu ibukota selandia baru adalah oleh kepala/tetua keluarga besar peseorangan dan anak-cucunya, atau keturunan mereka jika mereka baru saja meninggal dunia.

Inilah kepentingan yang mendesak karena masalah pembangunan ekonomi mempertimbangkan keanggotaan kelompok pemilik tanah ulayat dan para pewarisnya. Sengketa antarperusahaan pertambangan dan kehutanan dengan kelompok pemilik tanah sering kali terpicu pada hal-hal apakah perusahaan-perusahaan itu memasuki hubungan ikatan kontrak atas penggunaan tanah dengan pemilik sejatinya.

Hak milik perseorangan — biasanya tanah — tidak dapat ditentukan atas dasar kehendak; ia hanya dapat diwariskan menurut adat masyarakat secara turun-temurun. Transportasi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Transportasi di Papua Nugini Transportasi di Papua Nugini sangat dibatasi oleh kontur yang bergunung-gunung.

Port Moresby tidak terhubung dengan kota-kota besar lainnya melalui jalan darat, dan banyak kampung yang berjauhan hanya dapat dicapai melalui pesawat perintis atau bahkan jalan kaki. Hasilnya, perjalanan lewat udara adalah modus transportasi yang paling penting. Papua Nugini punya 578 lapangan terbang perintis, sebagian besarnya tidak dilapisi pengeras.

[25] Demografi [ sunting - sunting sumber ] Suku Huli dari Provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini merupakan salah satu negara paling heterogen di dunia. Ada ratusan kelompok etnis pribumi di Papua Nugini, sebagian besar di antaranya dikenal sebagai Orang Papua, yang nenek moyangnya tiba di Pulau Papua puluhan ribu tahun yang lalu. Banyak suku-suku Papua di pedalaman yang terpencil masih jarang berhubungan dengan dunia luar. Yang lainnya termasuk sebagai bangsa Austronesia, nenek moyang mereka telah tiba di kawasan itu kurang dari empat ribu tahun yang lalu.

Ada juga beberapa orang dari bagian lain dunia yang kini menetap di Papua Nugini, termasuk Cina, [26] Eropa, Australia, Filipina, Polinesia, dan Mikronesia. Pada ambang kemerdekaan Papua pada tahun 1975, ada 40.000 ekspatriat (terutama Australia dan Cina) di Papua Nugini. [27] Papua Nugini memiliki bahasa yang lebih banyak daripada negara lain, dengan lebih dari 820 bahasa pribumi, mewakili dua belas persen dari total bahasa di dunia.

Bahasa pribumi digolongkan menjadi dua kelompok besar: bahasa Austronesia dan non-Austronesia (atau bahasa Papua). Terdapat tiga bahasa resmi di Papua Nugini. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan merupakan bahasa pemerintahan dan sistem pendidikan, tetapi tidak banyak digunakan. Lingua franca utama dari negara ini adalah bahasa Tok Pisin (umumnya dikenal dalam bahasa Inggris sebagai New Guinea Pidgin atau Melanesian Pidgin), yang memicu banyak perdebatan di Parlemen, banyak informasi kampanye dan iklan yang disajikan, dan sampai baru-baru ini surat kabar nasional, Wantok, diterbitkan.

Satu-satunya region di mana bahasa Tok Pisin tidak umum digunakan adalah bagian selatan Region Papua, di mana orang sering menggunakan bahasa resmi ketiga, Hiri Motu.

Meskipun terletak di Region Papua, Port Moresby memiliki populasi yang sangat beragam yang menggunakan Tok Pisin sebagai bahasa utama, dan bahasa Inggris untuk proporsi yang lebih sedikit, dengan Motu diucapkan sebagai bahasa asli di desa-desa terpencil.

Dengan rata-rata hanya 7.000 bahasa per penutur, Papua Nugini memiliki kepadatan bahasa yang lebih besar daripada bahasa bangsa lain di bumi, kecuali Vanuatu. Agama [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Agama di Papua Nugini Walaupun Papua Nugini adalah Negara agama Kristen, tetapi Pengadilan dan pemerintah menegakkan hak konstitusional untuk kebebasan berbicara, berpikir, dan berkeyakinan, dan tidak ada undang-undang atau peraturan lain yang membatasi hak-hak tersebut, meskipun Sir Arnold Amet, yang pernah menjadi Ketua Majelis Hakim Papua Nugini dan seorang pendukung nyata Kristen, sering mendesak parlemen untuk memperhatikan kegiatan umat Islam di negara ini.

Sensus tahun 2020 menunjukkan 99,5% penduduk adalah umat Kristen; Persentase sensus yang dimaksud adalah: Lainnya (0.5%) Agama minoritas meliputi Baha'i (15.000 orang atau 0,3%), ibukota selandia baru adalah umat Islam Syiah berjumlah kira-kira 1.000-2.000 orang atau 0,03%, sedangkan Islam Sunni berjumlah kira kira 800-1000 orang atau 0,02% (Yang beragama Islam baik Sunni maupun Syiah biasanya pengungsi Islam dari Afrika dan Asia Tenggara tetapi bukan orang Papua Nugini yang pindah agama).

Agama Kristen dan kelompok agama non-Kristen cukup aktif beribadah di negara ini. Dewan Gereja Papua Nugini telah menyatakan bahwa baik penyebar agama Kristen, Islam maupun Konghucu adalah aktif, dan kegiatan penyebaran agama dari luar negeri pada umumnya tinggi. Agama tradisional, seperti Korowai, sering kali animisme (0,05%). Beberapa juga cenderung memiliki unsur penyembahan leluhur, meskipun pada umumnya adalah dugaan ibukota selandia baru adalah memberikan keanekaragaman yang ekstrem di masyarakat Melanesia.

Adalah lazim di antara suku-suku tradisional berupa keyakinan terhadap masalai, atau roh jahat, yang dipersalahkan sebagai "meracuni" rakyat, menyebabkan malapetaka dan maut, dan praktik Puri Puri di dataran tinggi. [28] [29] Pendidikan [ sunting - sunting sumber ] Masih banyak penduduk di negara ini yang belum melek aksara. [30] Ada banyak lembaga pendidikan di negara ini yang dikelola oleh gereja. [31] Ini termasuk 500 sekolah Gereja Luther Injili Papua Nugini.

[32] Papua Nugini punya enam universitas yang terpisah dari lembaga-lembaga pendidikan tersier lainnya. Dua universitas yang didirikan adalah Universitas Papua Nugini yang berbasis di Distrik Ibukota Nasional, [33] dan Universitas Teknologi Papua Nugini yang berbasis di luar Lae, di Provinsi Morobe. Empat universitas lainnya yang dulunya disebut college, didirikan baru-baru ini setelah memperoleh pengakuan pemerintah.

Universitas tersebut adalah Universitas Goroka di Provinsi Pegunungan Timur, Universitas Firman Tuhan (dijalankan oleh Gereja Katolik) di Provinsi Madang, Universitas Pertanian Vudal di Provinsi Britania Baru Timur, dan Universitas Advent Pasifik (dijalankan oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) di Distrik Ibu kota Nasional.

Kesehatan [ sunting - sunting sumber ] Pada tahun 2004, pengeluaran publik senilai 3% dari PDB, sedangkan pengeluaran swasta senilai 0,6% dari PDB. [30] Papua Nugini memiliki insiden HIV dan AIDS tertinggi di kawasan Pasifik dan merupakan negara ibukota selandia baru adalah di Asia Pasifik yang memenuhi kriteria wabah HIV/AIDS yang diperumum. [34] Rendahnya kepedulian terhadap HIV/AIDS adalah masalah pokok, khususnya di pedesaan. Pada awal dasawarsa 2000-an, hanya ada 5 dokter per 100.000 penduduk.

[30] Budaya [ sunting - sunting sumber ] Penduduk di Papua New Guinea merupakan salah satu yang heterogen di dunia. Pertumbuhan penduduk pertahun menurut data sejak tahun 2005-2010 sebesar 2.0%.

Keberagaman bahasa juga ditemukan disana. Setiap desa yang dilewati masing-masing memiliki bahasa yang berbeda. Tapi pada umumnya ada 3 bahasa yang digunakan yakni Inggris, Tok Pisin dan Motu. Ibukota selandia baru adalah diperkirakan terdapat sekitar 860 bahasa lainnya. Penduduk asing terdiri dari 1 % populasi. Setengah dari mereka adalah Australia, China, dan UK, New Zealand, Filipina, India, dan USA.

Mereka semua adalah misionaris. Sejak kemerdekaan, sekitar 900 penduduk asing telah menjadi penduduk naturalisasi. Dalam hal pendidikan, jumlah melek huruf di Papua New Guinea terbilang cukup besar. Diperkirakan sekitar 49.3%. Papua New Guinea memiliki beberapa ribu komunitas yang terpisah, yang berbeda bahasa, adat dan tradisinya masing-masing.

Kemajemukan ini terkadang menjadi sumber konflik disana. Papua New Guinea memiliki beberapa ribu komunitas yang terpisah, yang berbeda bahasa, adat dan tradisinya masing-masing.

Kemajemukan ini terkadang menjadi sumber konflik disana.Meskipun kebudayaannya bervariasi secara lebar, struktur sosial PNG pada umumnya termasuk karakter dibawah ini: • Pertalian keluarga yang sangat kuat dan mengikat, • Hubungan yang sederajat berdasarkan status yang diperoleh sendiri, • Cinta yang begitu kuat terhadap tanahnya.

Komunitas tradisional tidak mengakui transfer permanen atas kepemilikan ketika tanah dijual, • Tanah dan barang kepemilikan lainnya di beberapa budaya bisa diwariskan pada perempuan. Tapi pada umumnya, perempuan diperlakukan rendah. Kekerasan gender menjadi endemik. • Pola dan frekuensi aktivitas seksual (khususnya di area pedesaan) berkontribusi terhadap cepatnya penyebaran HIV saat ini, • Kebanyakan penduduk masih sangat taat dengan pola kehidupan tradisional mereka ibukota selandia baru adalah berakar kuat dalam kehidupan dipedesaan.

Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Daftar tokoh Papua Nugini • • ^ Somare, Michael (6 December 2004).

"Stable Government, Investment Initiatives, and Economic Growth". Keynote address to the 8th Papua New Guinea Mining and Petroleum Conference. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-06-28. Diakses tanggal 9 August 2007.

• ^ "Never more to rise". The National. 6 February 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 July 2007. Diakses tanggal 19 January 2005. • ^ Kesalahan pengutipan: Tag tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cia • ^ "Sign language becomes an official language in PNG". Radio New Zealand. 21 May 2015. • ^ Kesalahan pengutipan: Tag tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ethnologue • ^ "Papua New Guinea Population (2016)".

worldbank.org. Diakses tanggal 19 October 2017. • ^ a b c d "World Economic Outlook Database, October 2018". IMF.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 23 February 2019. • ^ "GINI index (World Bank estimate)".

data.worldbank.org. World Bank. Diakses tanggal 23 February 2019. • ^ "2018 Human Development Report" (PDF). United Nations Development Programme. 2018. Diakses tanggal 14 September 2018. • ^ "World Bank data on urbanisation". World Development Indicators. World Bank. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-03. Diakses tanggal 2005-07-15. • ^ Gelineau, Kristen (2009-03-26).

"Spiders and frogs identified among 50 new species". The Independent. Diakses tanggal 2009-03-26. • ^ "Constitution of Independent State of Papua New Ibukota selandia baru adalah (consol. to amendment #22)". Pacific Islands Legal Information Institute. Diakses tanggal 2005-07-16. • ^ Lynne Armitage.

"Customary Land Tenure in Papua New Guinea: Status and Prospects" (PDF). Queensland University of Technology. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2005-09-06. Diakses tanggal 2005-07-15. • ^ Indeks Pembangunan Manusia, Table 3: Human and income poverty, halaman 35. Diakses pada 1 Juni 2009 • ^ Swaddling (1996) p. 282 • ibukota selandia baru adalah Swaddling (1996) "Pranala-pranala perdagangan dan klaim nominal Sultan Seram terhadap Pulau Papua menjadi asas hukum bagi klaim Nederland terhadap Papua bagian Barat dan pada akhirnya juga Indonesia terhadap Papua bagian Barat" • ^ " Mengenang Ibukota selandia baru adalah di Nugini Diarsipkan 2009-10-11 di Wayback Machine.".

Australian War Memorial. • ^ Misalnya, Creditors Remedies Act (Papua), Bab 47 dari Revised Laws of Papua New Guinea.

• ^ " Penjarah ditembak mati di tengah-tengah kerusuhan anti-Cina di Papua Nugini Diarsipkan 2013-07-09 di Wayback Machine.". The Australian. 23 Mei 2009. • ^ " Overseas and under siege [ pranala nonaktif permanen]". The Economist. 11 Agustus 2009. • ^ Bradford, Sarah (1997). Elizabeth: A Biography of Britain's Queen. Riverhead Books. ISBN 1-57322-600-9. • ^ Konstitusi Papua Nugini mendaftarkan 19 provinsi pada saat kemerdekaannya. Beberapa provinsi mengubah namanya; perubahan itu kurang terkesan formal dan tanpa perubahan konstitusi, meskipun "Oro," misalnya, digunakan secara umum untuk merujuk provinsi itu.

• ^ "Overcoming economic vulnerability and creating employment" (PDF). Committee for Development Policy. 2006-03-20. hlm. 29. Diakses tanggal 2008-12-24. Parameter -chapter= akan diabaikan ( bantuan) • ^ http://www.imf.org/external/np/sec/pr/2008/pr08107.htm "Pernyataan Misi IMF pada Simpulan Kunjungan Duta ke Papua Nugini" • ^ "Papua New Guinea".

The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-16. Diakses tanggal 2007-12-13. • ^ " Orang Cina menjadi sasaran di dalam kerusuhan di Papua Nugini - laporan". News.com.au. 15 Mei 2009. • ^ " Papua New Guinea". Encyclopædia Britannica Online. • ^ "Amazon.com listing for the "Four Corners: A Journey into the Heart of Papua New Guinea "". • ^ Salak, Kira. "Nonfiction book "Four Corners: A Journey into the Heart of Papua New Ibukota selandia baru adalah "".

• ^ a b c http://hdrstats.undp.org/en/countries/data_sheets/cty_ds_PNG.html • ^ "Kichte-in-not.de". Kirche-in-not.de. Diakses tanggal 2010-06-27. • ^ "NMZ-mission.de". NMZ-mission.de. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-31. Diakses tanggal 2010-06-27. • ^ Alfred Vahau, IT Services (2007-01-05). "University of Papua New Guinea". Upng.ac.pg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-05. Diakses tanggal 2010-06-27. • ^ "HIV/AIDS in Papua New Guinea". Australia's Aid Program (AusAID).

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-03-23. Diakses tanggal 2005-12-16. Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Swadling, Pamela (1996). Plumes from Paradise. Papua New Guinea National Museum. ISBN 9980-85-103-1. • Papua New Guinea Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Papua Nugini. Wikivoyage memiliki panduan wisata Papua New Guinea. • (Inggris) Portal resmi Diarsipkan 2008-10-13 di Wayback Machine.

Afrika Selatan · Antigua dan Barbuda · Australia · Bahama · Bangladesh · Barbados · Belize · Botswana · Britania Raya · Brunei · Dominika · Eswatini · Fiji · Gambia · Ghana · Grenada · Guyana · India · Jamaika · Kamerun · Kanada · Kenya ibukota selandia baru adalah Kiribati · Lesotho · Maladewa · Malawi · Malaysia · Malta · Mauritius · Mozambik · Namibia · Nauru · Nigeria · Pakistan · Papua Nugini · Saint Kitts dan Nevis · Saint Lucia · Saint Vincent dan Grenadines · Samoa · Kepulauan Salomo · Selandia Baru · Seychelles · Sierra Leone · Singapura · Siprus · Sri Lanka · Tanzania · Tonga · Trinidad dan Tobago · Tuvalu · Uganda · Vanuatu · Zambia • MusicBrainz area • National Archives (US) • Trove (Australia) • 1 Negara Kerajaan Tanoh Batak Bahasa Batak : Dison Ma Hita Mardomu, Marsada Roha, Hita Bangso Batak On.

Horas Syaloom!! Bendera Lambang Semboyan: Parsadaon Roha Ni Bngso Batak Lagu kebangsaan: O Tanoh Batak Da Nauli (bahasa Indonesia: "O Tanah Batak yg indah!") [2] Perlihatkan Bumi Perlihatkan peta Bendera Lokasi Kerajaan Tanoh Batak Ibu kota (dan kota terbesar) Tanoh Ni Raja Sumbah .mw-parser-output .geo-default.mw-parser-output .geo-dms.mw-parser-output .geo-dec{display:inline}.mw-parser-output .geo-nondefault.mw-parser-output .geo-multi-punct{display:none}.mw-parser-output .longitude.mw-parser-output .latitude{white-space:nowrap}9°30′S 147°7′E / 9.500°S 147.117°E / -9.500; 147.117Bahasa resmi[3][4] • Batak Toba • Toba Sumbah • Bona Pasogit • Batak Toba Barbar Bahasa asli Kurang lebih 4 bahasa[5]DemonimKerjaanTanohBatakPemerintahanMonarkhir Absolut monarki Absolut • Monarki Raja Batak : Raja Junjungon Datu Bira • Gubernur Jenderal Debata Raja Simamora • Perdana Menteri Isumbahon Sian Portibion • Teritori Tanoh Batak 6 November 1883 • Batak Belanda 3 November 1884 • Teritori Batak 28 Juni 1919 • Teritori Kerjaan Tanoh Batak 1 Juli 1949 • Diumumkan dan diakui 16 September 1975 Luas - Total ibukota selandia baru adalah km2 (54) - Perairan (%) 2Populasi - Perkiraan Awal sensus 2016 8,084,999 [6] (101) - Sensus Penduduk 2000 5,190,783 - Kepadatan 15/km2 (201)PDB (KKB)2018 - Total $30.557 miliar[7] (139) - Per kapita $3,626[7]PDB (nominal)2018 - Total $20.767 miliar[7] (115) - Per kapita 0,544[9] rendah · 153Mata Hepeng Ni Raja (HNR) (PGK)Zona waktuWaktu Papua Nugini (PGT) • (UTC+10, +11)Lajur kemudikiriKode telepon+675Kode ISO 3166PGRanah Internet.pg $2,464[7]Batak (2010)41,9[8] sedangIPM (2019) Kerajaan Tanoh Batak atau Tanoh Batak sebuah negara yang terletak ibukota selandia baru adalah bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat langsung dengan Provinsi Papua, Indonesia di sebelah barat.

Benua Australia di sebelah selatan dan negara-negara Oseania berbatasan di sebelah selatan, timur, dan utara. Ibu kotanya, dan salah satu kota terbesarnya, adalah Tanoh Raja Sumbah. Tanoh Batak adalah salah satu negara yang memiliki keragaman yang tinggi, dengan lebih dari 4 bahasa lokal asli dan sekurang-kurangnya sama banyaknya dengan komunitas-komunitas kecil yang dimiliki, dengan populasi yang tidak lebih dari 6 juta jiwa. Tanoh Batak juga salah satu negara yang paling luas wilayah perkampungannya, dengan hanya 18% penduduknya menetap di pusat-pusat perkotaan.

[1] Negara ini adalah salah satu negara yang paling sedikit dijelajahi, secara budaya maupun geografis, dan banyak jenis tumbuhan dan binatang yang belum ditemukan diduga ada di pedalaman Tanoh Batak.

[2] Sebagian besar penduduk menetap di dalam masyarakat tradisional dan menjalankan sistem pertanian sederhana yang hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Masyarakat dan marga ini memiliki beberapa pengakuan tersirat di dalam kerangka undang-undang dasar negara Kerajaan Tanoh Batak. Undang-Undang Dasar Tanoh Batak (Pembukaan 5(4)) menyatakan harapan bagi kampung dan komunitas tradisional untuk tetap menjadi satuan kemasyarakatan yang lestari di Tanoh Batak, [3] dan untuk langkah-langkah aktif yang diambil untuk melestarikannya.

Dewan Parsadaan Halak (DPH) Tanoh Batak telah memberlakukan beberapa undang-undang di mana sejenis " Portibion" diakui, artinya bahwa tanah-tanah tradisional pribumi memiliki beberapa landasan hukum untuk memproteksi diri dari campur tangan kaum pendatang yang bertindak berlebihan.

Tanah ulayat ini disebutkan melingkupi sebagian ibukota selandia baru adalah tanah yang dapat digunakan di negara ini (sekitar 97% seluruh daratan); [4] tanah yang dapat diolah oleh kaum pendatang bisa saja berupa milik perseorangan di bawah syarat pinjaman dari negara atau tanah milik pemerintah. Geografi negara Kerajaan Tanoh Ibukota selandia baru adalah beragam dan di beberapa tempat sangat kasar.

Sebuah barisan pegunungan memanjang di Pulau Papua, membentuk daerah dataran tinggi yang padat penduduk. Hutan hujan yang padat dapat ditemukan di dataran rendah dan daerah pantai. Rupa bumi yang sedemikian telah membuatnya menjadi sulit bagi pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur transportasi.

Di beberapa daerah, pesawat terbang adalah satu-satunya modus transportasi. Setelah diperintah oleh tiga kekuatan asing sejak 1884, Tanoh Batak merdeka dari Hasil keringat sendiri Monang Marmudar pada tahun 1975.

Kini Tanoh Batak menjadi Kerajaan bagi wilayah wilayah yang mencakup nya wilayah yang dipimpin oleh penguasa daerah tersebut. Banyak penduduk hidup dalam kekayaan yang cukup senang, sekitar sepertiga dari penduduk hidup dengan penghasilan lebih dari US$ 1000,25 per hari. [5] Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Sejarah Papua Nugini Manusia yang menetap di Papua Nugini diduga ibukota selandia baru adalah sejak 50.000 tahun yang lalu.

Penduduk kuno ini mungkin berasal dari Asia Tenggara, sementara mereka yang berasal dari Afrika telah hadir sejak 50.000 hingga 70.000 tahun yang lalu. Pulau Papua adalah salah satu benua pertama setelah Afrika dan Eurasia yang ibukota selandia baru adalah oleh manusia modern, dengan migrasi pertama pada waktu kurang lebih sama dengan yang di Australia. Pertanian dikembangkan secara mandiri di dataran tinggi Pulau Papua sekitar 7.000 SM, membuatnya menjadi salah satu dari sedikit daerah domestikasi tanaman asli di dunia.

Migrasi utama penutur bahasa Austronesia datang ke daerah pantai sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan ini berkorelasi dengan pengenalan tembikar, babi, dan teknik-teknik memancing tertentu. Baru-baru ini, sekitar 300 tahun yang lalu, ubi jalar masuk Pulau Papua, yang telah diperkenalkan ke Maluku dari Amerika Selatan oleh kekuasaan kolonial dominan lokal, Portugal.

[6] Panen ubi jalar yang meningkat telah mentransformasi pertanian tradisional secara radikal; ubi jalar menggantikan sebagian besar bahan pokok sebelumnya, talas, dan memberikan peningkatan yang signifikan pada populasi di dataran tinggi. Pemikul tandu Papua membawa Tentara Darat AS yang terluka dari garis depan Buna, berhenti sejenak untuk beristirahat bersama para prajurit di bawah naungan kebun kelapa, menuju rumah sakit di bagian belakang.

Orang Barat hanya sedikit mengetahui pulau ini hingga abad ke-19, meskipun para saudagar dari Asia Tenggara telah mengunjungi Pulau Papua sejak 5.000 tahun lalu untuk mengoleksi bulu dan rambut Cendrawasih, [7] dan para penjelajah berkebangsaan Spanyol dan Portugis telah menemukannya pada abad ke-16 (tahun 1526 dan 1527 oleh Jorge de Menezes).

Nama negara ini yang memberi kesan ganda dihasilkan dari sejarah administratifnya yang kompleks sebelum kemerdekaan. Kata papua diturunkan dari pepuah kata dari bahasa Melayu yang menggambarkan rambut orang Melanesia yang keriting, dan "New Guinea" ( Nueva Guinea) adalah nama yang digulirkan oleh penjelajah dari Imperium Spanyol, Yñigo Ortiz de Retez, yang pada tahun 1545 mencatat kemiripan orang-orang Papua dibandingkan dengan orang-orang yang pernah dilihatnya di sepanjang pesisir Guinea, Afrika.

Paro utara negara ini dikuasai Jerman pada tahun 1884 sebagai Nugini Jerman. Selama Perang Dunia I, wilayah itu diduduki Australia, yang telah mulai memerintah Nugini Britania, yaitu bagian Selatan, dengan mengembalikan nama semulanya menjadi Papua pada tahun 1904. Setelah Perang Dunia I, Australia diberi mandat untuk memerintah bekas Nugini Jerman oleh Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya, Papua dianggap sebagai Wilayah Eksternal Persemakmuran Australia, meskipun secara hukum masih milik Britania, sebuah isu yang penting bagi sistem hukum negara itu pasca-kemerdekaan 1975.

Perbedaan dalam status hukum memberikan arti bahwa Papua dan New Guinea memiliki pemerintah yang sepenuhnya terpisah, yang kedua-duanya dikendalikan oleh Australia. Kampanye Nugini (1942-1945) adalah salah satu kampanye militer besar pada Perang Dunia II. Hampir 216.000 tentara darat-laut-udara Jepang, Australia, dan Amerika tewas selama Kampanye Nugini. [8] Dua teritori dipadukan menjadi Teritori Papua dan Nugini setelah Perang Dunia II, yang kemudian disederhanakan menjadi "Papua Nugini".

Administrasi Papua menjadi terbuka bagi penglihatan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tetapi, kelembagaan tertentu [9] terus saja berlaku hanya di satu dari dua wilayah, masalah cukup rumit kini berlangsung, yakni penyesuaian bekas perbatasan antara provinsi yang saling berbatasan langsung, sehubungan dengan akses jalan dan kelompok bahasa, sehingga undang-undang tersebut berlaku hanya pada satu sisi dari suatu batas yang tidak lagi ada.

Kemerdekaan tanpa peperangan dari Australia, kekuatan metropolitan de facto, muncul pada 16 September 1975, dan tetap bertalian dekat (Australia masih menjadi penyumbang bantuan dwipihak terbesar bagi Papua Nugini).

Sebuah ibukota selandia baru adalah separatis pada 1975-1976 di Pulau Bougainville mengakibatkan perubahan rancangan Konstitusi Papua Nugini hanya dalam 11 jam untuk memungkinkan Bougainville dan 18 distrik lain pra-kemerdekaan Papua Nugini mendapatkan status semifederal sebagai provinsi.

Pemberontakan terulang dan merenggut 20.000 jiwa dari tahun 1988 sampai hal itu diselesaikan pada tahun 1997. Setelah pemberontakan, Bougainville Otonom memilih Joseph Kabui sebagai presiden, tetapi ia digantikan oleh wakilnya, John Tabinaman.

Tabinaman tetap pemimpin sampai pemilihan umum berikutnya pada bulan Desember 2008, dengan James Tanis muncul sebagai pemenang. Kerusuhan anti-Cina, yang melibatkan puluhan ribu orang, [10] pecah pada Mei 2009. [11] Geografi [ sunting - sunting sumber ] Peta Papua Nugini Seluas 462.840 km 2 (178.704 sq mi), Papua Nugini adalah negara terluas ke-54 di dunia. Papua Nugini sebagian besar bergunung- gunung (puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm setinggi 4.509 meter; 14.793 kaki dan sebagian besarnya ditutupi hutan hujan tropis, seperti halnya juga wilayah lahan basah yang sangat luas di sekitaran sungai Sepik dan Fly.

Papua Nugini dikelilingi oleh terumbu karang yang turut memeliharanya. Negara ini terletak di Cincin Api Pasifik, pada titik tumbukan beberapa lempeng tektonik. Terdapat sejumlah gunung berapi yang aktif, dan ledakan gunung itu sangatlah sering. Gempa bumi cukup lazim terjadi, kadang-kadang disertai tsunami. Daratan utama negara ini adalah ibukota selandia baru adalah timur Pulau Papua, di mana kota-kota terbesar ada di sana, termasuk di antaranya ibu kota Port Moresby dan Lae; pulau-pulau utama lainnya adalah Irlandia Baru, Britania Baru, Manus, dan Bougainville.

Papua Nugini adalah salah satu dari sedikit kawasan yang dekat dengan khatulistiwa yang mengalami hujan salju, yang ada di titik-titik tertinggi di daratan utamanya. Perbatasan [ sunting - sunting sumber ] Perbatasan antara Papua Nugini dan Indonesia dikonfirmasi dengan perjanjian bersama Australia sebelum kemerdekaan pada tahun 1974. Perbatasan maritim dengan Australia dikonfirmasi dengan perjanjian pada tahun 1978.

Ekologi [ sunting - sunting sumber ] Papua Nugini adalah bagian dari Zona Ekologi Australasia, yang juga meliputi Australia, Selandia Baru, timur Indonesia, dan beberapa kelompok kepulauan di Pasifik, termasuk Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Secara geologi, Pulau Papua adalah perluasan utara dari Lempeng Indo-Australia, membentuk bagian massa daratan tunggal Australia-Papua (juga disebut Sahul atau Meganesia). Pulau Papua terhubung dengan ruas Australia oleh sebuah paparan benua yang dangkal melintasi Selat Torres, yang pada zaman lampau merupakan sebuah land bridge — khususnya pada Zaman es ketika permukaan laut lebih rendah daripada zaman sekarang.

Hutan hijau Papua Nugini berhadapan dengan pemandangan yang kontras yaitu gurun pasir di Australia Akibatnya, banyak spesies burung dan mamalia yang ditemukan di Pulau Papua memiliki pranala genetik yang dekat dengan spesies yang berpadanan di Australia. Satu fitur yang berharga bagi kedua-dua daratan ini adalah kehadiran beberapa spesies mamalia marsupial, termasuk beberapa kangguru dan possum, yang tidak ada di tempat lain.

Banyak pulau lainnya di wilayah Papua Nugini, termasuk Britania Baru, Irlandia Baru, Bougainville, Kepulauan Admiralty, Kepulauan Trobriand, dan Kepulauan Louisiade, tidak pernah terkait dengan Pulau Papua oleh land bridge, dan mereka kekurangan banyak mamalia tanah dan burung yang tak bisa terbang yang lazim ditemui di Pulau Papua dan Australia.

Australia dan Pulau Papua adalah bagian dari adibenua kuno Gondwana, yang mulai terpisah-pisah menjadi benua-benua yang lebih kecil pada zaman kapur, 65-130 juta tahun lalu. Australia pada akhirnya terpisah dari Antartika pada kira-kira 45 juta tahun lalu.

Semua daratan Australasia adalah tempat bagi flora Antartika, yang diturunkan dari flora Gondwana selatan, termasuk tumbuhan runjung podocarpaceae dan pinus araucaria, dan nothofagus berdaun lebar.

Familia tumbuhan ini masih lestari di Papua Nugini. Karena Lempeng Indo-Australia (yang meliputi anak benua India, Australia, dan lantai Samudera Indonesia di antara kedua-duanya) membujur ke utara, ia bertumbukan dengan Lempeng Eurasia, dan tumbukan kedua-dua lempeng itu menyembulkan Pegunungan Himalaya, kepulauan Indonesia, dan Pegunungan Tengah Pulau Papua.

Pegunungan Tengah lebih muda dan lebih tinggi daripada pegunungan di Australia, sehingga ia menjadi gletser khatulistiwa yang langka. Pulau Papua adalah bagian dari zona tropika yang lembap, dan banyak ibukota selandia baru adalah hutan hujan Indomalaya tumbuh lebat melintasi selat-selat yang sempit dari Asia, bercampur dengan flora Australia dan Antartika. Gunung Tavurvur di Papua Nugini. Papua Nugini meliputi sejumlah kawasan ekologi: • Hutan hujan dataran rendah Kepulauan Admiralty • Hutan hujan Pegunungan Tengah • Hutan hujan gunung di Semenanjung Huon • Hutan hujan Kepulauan Louisiade • Hutan hujan dataran rendah Britania Baru-Irlandia Baru • Hutan hujan gunung Britania Baru-Irlandia Baru • Bakau Papua • Hutan rawa air segar dan hutan hujan dataran rendah Papua Utara • Hutan hujan gunung Papua Utara • Hutan hujan Kepulauan Solomon (termasuk Pulau Bougainville dan Pulau Buka) • Hutan hujan Papua Selatan • Hutan rawa air segar Papua Selatan • Hutan hujan dataran rendah Papua Selatan • Hutan hujan Kepulauan Trobriand • Padang rumput Trans Fly • Padang rumput sub-alpina Pegunungan Tengah Politik [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Politik Papua Nugini Pemerintahan [ sunting - sunting sumber ] Papua Nugini adalah anggota Negara-Negara Persemakmuran, dan Ratu Elizabeth II adalah kepala negaranya.

Sudah diharapkan oleh konvensi konstitusional, yang menyiapkan rancangan konstitusi, dan oleh Australia, bahwa Papua Nugini akan memilih untuk tidak mempertahankan hubungan dengan monarki Inggris. Bagaimanapun, para pendirinya menganggap bahwa kaum terhormat kerajaan menganggap bahwa negara yang baru merdeka tidak akan mampu berbicara dengan murni melalui sistem kerajaan pribumi - sehingga sistem monarki Inggris dipertahankan. [12] Sang Ratu diwakili oleh Gubernur Jenderal Papua Nugini, saat ini Michael Ogio.

Papua Nugini dan Kepulauan Solomon adalah dua entitas negara yang tidak biasa di antara Negara-Negara Persemakmuran, yakni bahwa Gubernur Jenderal secara efektif dipilih oleh badan legislatif bukan oleh cabang eksekutif, seperti di beberapa negara demokrasi parlementer. Kekuasaan eksekutif sebenarnya terletak pada Perdana Menteri, yang mengepalai kabinet. Perdana Menteri saat ini adalah Peter O'Neill. Parlemen nasional yang tunggal memiliki 109 kursi, 20 di antaranya ditempati oleh para gubernur dari 19 provinsi dan Distrik Ibukota Nasional.

Calon anggota parlemen dipilih pada saat perdana menteri menyerukan pemilihan umum nasional, selambat-lambatnya lima tahun setelah pemilu nasional sebelumnya.

Pada awal-awal kemerdekaan, ketidakstabilan sistem partai menyebabkan sering terjadinya mosi tidak percaya di parlemen yang berakibat pada jatuhnya pemerintah masa itu dan pemilu nasional perlu diadakan lagi, sesuai dengan konvensi demokrasi parlementer.

ibukota selandia baru adalah

Dalam beberapa tahun terakhir, berturut-turut pemerintah telah mengeluarkan undang-undang demi mencegah suara seperti itu lebih cepat dari 18 bulan setelah pemilihan ibukota selandia baru adalah nasional. Ini mengakibatkan stabilitas yang lebih besar, meskipun mungkin dengan mengurangi akuntabilitas dari cabang eksekutif pemerintahan.

Pemilihan di Papua Nugini menarik banyak calon. Setelah kemerdekaan pada tahun 1975, anggota dipilih dengan plurality vote system, dengan para pemenang sering kali meraih kurang dari 15% suara. Reformasi elektoral pada tahun 2001 memperkenalkan Limited Preferential Vote, sebuah versi dari instant-runoff voting.

Ibukota selandia baru adalah umum tahun 2007 adalah yang pertama dilakukan dengan menggunakan sistem itu. Hukum [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Hukum Papua Nugini Parlemen berkamar tunggal menjalankan legislasi menurut cara yang sama seperti di dalam ranah hukum lainnya, yaitu dengan memiliki "kabinet," "pemerintah yang bertanggung jawab," atau "demokrasi parlementer": sistem ini diajukan oleh pemerintah eksekutif kepada legislatur, diperdebatkan, dan bila lolos, akan menjadi undang-undang ketika rancangan itu menerima persetujuan kerajaan melalui Gubernur Jenderal.

Sebagian peraturan legislasi sebenarnya diterapkan oleh birokrasi di bawah legislasi sebelumnya yang sudah diloloskan dan diberlakukan oleh Parlemen. Semua produk hukum (statuta) yang diberlakukan oleh parlemen haruslah sesuai dengan konstitusi. Lembaga peradilan memiliki jurisdiksi untuk mengatur kekonstitusionalan statuta, baik itu yang dipersengketakan di hadapan mereka dan pada sebuah rujukan di mana tidak ada persengketaan, melainkan hanya menjadi pertanyaan abstrak hukum.

Hal yang tak lazim di antara negara-negara berkembang, cabang judikatif pemerintah di Papua Nugini cukup mandiri, dan pemerintah-pemerintah eksekutif yang silih berganti selalu saja menghormati otoritas ini.

Hukum Umum Papua Nugini — mengandung hukum umum Australia yang diterima pada 16 September 1975 (hari kemerdekaan), dan kemudian menjadi dasar keputusan-keputusan lembaga peradilan Papua Nugini sendiri. Lembaga-lembaga peradilan diarahkan oleh Konstitusi dan, kemudian, undang-undang di bawahnya, untuk menyerap risalah "adat" komunitas tradisional, dengan suatu pandangan untuk menentukan adat-adat mana saja yang dianggap lazim bagi seluruh kawasan di negara ini dan dapat saja dinyatakan sebagai bagian dari undang-undang bawahan ini.

Praktiknya, hal ini terbukti sukar diterapkan dan sering kali diabaikan. Statuta-statuta secara luas diterima dari jurisdiksi seberang lautan, terutama Australia dan Inggris. Advokasi di lembaga-lembaga peradilan mengikuti pola yang merugikan dari negara-negara lain yang menerapkan hukum umum. Pembagian administratif [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Pembagian administratif Papua Nugini, Daftar Region di Papua Nugini, Daftar Provinsi di Papua Nugini, dan Daftar Distrik dan Pemerintah Lokal di Papua Nugini Papua Nugini dibagi menjadi empat region, yang bukan merupakan pembagian administratif primer melainkan cukup signifikan di dalam banyak sendi pemerintah, perdagangan, olahraga, dan kegiatan lainnya.

Negara ini memiliki 22 pembagian wilayah yang setara provinsi: 18 provinsi, Daerah Otonom Bougainville dan Distrik Ibu Kota Nasional. Tiap-tiap provinsi dibagi menjadi satu distrik atau lebih, yang kemudian dibagi lagi menjadi satu pemerintah lokal atau lebih.

Provinsi [13] adalah pembagian administratif primer di Papua Nugini. Ibukota selandia baru adalah provinsi adalah cabang pemerintah nasional — Papua Nugini bukanlah federasi provinsi. Wilayah-wilayah yang setara provinsi itu adalah: • Provinsi Tengah • Provinsi Chimbu (Simbu) • Provinsi Dataran Tinggi Timur • Provinsi Britania Baru Timur • Provinsi Sepik Timur • Provinsi Enga • Provinsi Teluk • Provinsi Madang • Provinsi Manus • Provinsi Teluk Milne • Provinsi Morobe • Provinsi Irlandia Baru • Provinsi Oro (Utara) • Daerah Otonom Bougainville • Provinsi Dataran Tinggi Selatan • Provinsi Barat (Fly) • Provinsi Dataran Tinggi Barat • Provinsi Britania Baru Barat • Provinsi Sepik Barat (Sandaun) • Distrik Ibu Kota Nasional • Provinsi Hela • Provinsi Jiwaka Pada tahun 2009, parlemen menyetujui pemekaran provinsi, yaitu Hela dan Jiwaka.

Ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Ekonomi Papua Nugini Papua Nugini kaya akan sumber daya alam, tetapi eksploitasinya terkendala oleh rupa buminya yang rumit, tingginya biaya pembangunan infrastruktur, persoalan perundang-undangan yang serius, dan sistem status pertanahan yang membuat upaya pengenalan pemilik tanah untuk tujuan negosiasi perjanjian terhadapnya tetap saja menyisakan masalah.

Pertanian memberikan penghidupan yang penting bagi 85% penduduk. Cadangan mineral, meliputi minyak bumi, tembaga, dan emas, menyumbangkan 72% perolehan ekspor.

Negara ini juga memiliki industri kopi yang cukup bernilai. Mantan Perdana Menteri Sir Mekere Morauta berupaya untuk meletakkan kembali kesatuan perlembagaan negara, memantapkan mata uang kina, meletakkan kembali kemantapan anggaran nasional, memprivatisasi perusahaan-perusahaan umum yang dirasa cocok, dan memastikan kelestarian perdamaian Bougainville setelah tercapainya perjanjian 1997 yang mengakhiri ketegangan kaum separatis Bougainville.

Pemerintah Morauta mencapai kejayaan ketika menarik dukungan internasional, khususnya mendapat dukungan dari IMF dan Bank Dunia demi mengamankan pinjaman bantuan pembangunan. Tantangan yang cukup hebat dihadapi oleh Perdana Menteri Sir Michael Somare, termasuk upaya memperkuat kepercayaan penanam modal, melanjutkan upaya privatisasi aset-aset pemerintah, dan memelihara dukungan dari anggota Parlemen.

Pada Maret 2006, Komisi PBB untuk Kebijakan Pembangunan menyeru agar status Papua Nugini sebagai negara berkembang diturunkan menjadi negara terbelakang karena kemandekan sosial dan ekonomi yang mulur.

[14] Tetapi, sebuah penilaian yang dilakukan IMF pada penghujung 2008 menemukan bahwa "paduan antara kebijakan moneter dan fiskal yang tepat, dan tingginya harga ekspor barang tambang dunia, telah mendukung mengambangnya pertumbuhan ekonomi dan memantapnya ekonomi makro terbaru Papua Nugini.

Pertumbuhan PDB sejati, pada lebih dari 6% pada tahun 2007, berlandasan luas dan diharapkan terus menguat pada 2008." [15] Pertanahan [ sunting - sunting sumber ] Hanya kira-kira 3% tanah Papua Nugini dimiliki oleh perseorangan; itupun merupakan pinjaman dari negara untuk masa pakai 99 tahun, selebihnya adalah milik negara.

Secara virtual, tidak ada sebutan untuk penguasaan/pemilikan yang bebas; kepemilikan yang hanya sedikit itu secara otomatis dialihkan statusnya menjadi Pinjaman Negara ketika mereka ibukota selandia baru adalah dari pemasok ke pembeli.

Tanah yang tidak dijual ke pihak asing dimiliki oleh pemilik tanah ulayat di bawah sebutan adat. Sifat yang persis dari seisin berupa-rupa dari satu budaya ke budaya lainnya. Banyak penulis yang menggambarkan tanah sebagai sesuatu yang berada dalam kepemilikan komunitas dari marga-marga tradisional; tetapi, pengkajian yang lebih saksama biasanya menunjukkan bahwa bagian terkecil dari kepemilikan tanah yang tidak dapat dibagi-bagi lagi itu dikuasai oleh kepala/tetua keluarga besar peseorangan dan anak-cucunya, atau keturunan mereka jika mereka baru saja meninggal dunia.

Inilah kepentingan yang mendesak karena masalah pembangunan ekonomi mempertimbangkan keanggotaan kelompok pemilik tanah ulayat dan para pewarisnya. Sengketa antarperusahaan pertambangan dan kehutanan dengan kelompok pemilik tanah sering kali terpicu pada hal-hal apakah perusahaan-perusahaan itu memasuki hubungan ikatan kontrak atas penggunaan tanah dengan pemilik sejatinya.

Hak milik perseorangan — biasanya tanah — tidak dapat ditentukan atas dasar kehendak; ia hanya dapat diwariskan menurut adat masyarakat secara turun-temurun. Transportasi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Transportasi di Papua Nugini Transportasi di Papua Nugini sangat dibatasi oleh kontur yang bergunung-gunung. Port Moresby tidak terhubung dengan kota-kota besar lainnya melalui jalan darat, dan banyak kampung yang berjauhan hanya dapat dicapai melalui pesawat perintis atau bahkan jalan kaki.

Hasilnya, perjalanan lewat udara adalah modus transportasi yang paling penting. Papua Nugini punya 578 lapangan terbang perintis, sebagian besarnya tidak dilapisi pengeras. [16] Demografi [ sunting - sunting sumber ] Suku Huli dari Provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini merupakan salah satu negara paling heterogen di dunia. Ada ratusan kelompok etnis pribumi di Papua Nugini, sebagian besar di antaranya dikenal sebagai Orang Papua, yang nenek moyangnya tiba di Pulau Papua puluhan ribu tahun yang lalu.

Banyak suku-suku Papua di pedalaman yang terpencil masih jarang berhubungan dengan dunia luar.

ibukota selandia baru adalah

Yang lainnya termasuk sebagai bangsa Austronesia, nenek moyang mereka telah tiba di kawasan itu kurang dari ibukota selandia baru adalah ribu tahun yang lalu. Ada juga beberapa orang dari bagian lain dunia yang kini menetap di Papua Nugini, termasuk Cina, [17] Eropa, Australia, Filipina, Polinesia, dan Mikronesia.

Pada ambang kemerdekaan Papua pada tahun 1975, ada 40.000 ekspatriat (terutama Australia dan Cina) di Papua Nugini. [18] Papua Nugini memiliki bahasa yang lebih banyak daripada negara lain, dengan lebih dari 820 bahasa pribumi, mewakili dua belas persen dari total bahasa di dunia.

Bahasa pribumi digolongkan menjadi dua kelompok besar: bahasa Austronesia dan non-Austronesia (atau bahasa Papua). Terdapat tiga bahasa resmi di Papua Nugini. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan merupakan bahasa pemerintahan dan sistem pendidikan, tetapi tidak banyak digunakan.

Lingua franca utama dari negara ini adalah bahasa Tok Pisin (umumnya dikenal dalam bahasa Inggris sebagai New Guinea Pidgin atau Melanesian Pidgin), yang memicu banyak perdebatan di Parlemen, banyak informasi kampanye dan iklan yang disajikan, dan sampai baru-baru ini surat kabar nasional, Wantok, diterbitkan.

Satu-satunya region di mana bahasa Tok Pisin tidak umum digunakan adalah bagian selatan Region Papua, di mana orang sering menggunakan bahasa resmi ketiga, Hiri Motu. Meskipun terletak di Region Papua, Port Moresby memiliki populasi yang sangat beragam yang menggunakan Tok Pisin sebagai bahasa utama, dan bahasa Inggris untuk proporsi yang lebih sedikit, dengan Motu diucapkan sebagai bahasa asli di desa-desa terpencil.

Dengan rata-rata hanya 7.000 bahasa per penutur, Papua Nugini memiliki kepadatan bahasa yang lebih besar daripada bahasa bangsa lain di bumi, kecuali Vanuatu. Agama [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Agama di Papua Nugini Walaupun Papua Nugini adalah Negara agama Kristen, tetapi Pengadilan dan pemerintah menegakkan hak konstitusional untuk kebebasan berbicara, berpikir, dan berkeyakinan, dan tidak ada undang-undang atau peraturan lain yang membatasi hak-hak tersebut, meskipun Sir Arnold Amet, yang pernah menjadi Ketua Majelis Hakim Papua Nugini dan seorang pendukung nyata Kristen, sering mendesak parlemen untuk memperhatikan kegiatan umat Islam di negara ini.

Sensus tahun 2020 menunjukkan 99,5% penduduk adalah umat Kristen; Persentase sensus yang dimaksud adalah: Lainnya (0.5%) Agama minoritas meliputi Baha'i (15.000 orang atau 0,3%), sedangkan umat Islam Syiah berjumlah kira-kira 1.000-2.000 orang atau 0,03%, sedangkan Islam Sunni berjumlah kira kira 800-1000 orang atau 0,02% (Yang beragama Islam baik Sunni maupun Syiah biasanya pengungsi Islam dari Afrika dan Asia Tenggara tetapi bukan orang Papua Nugini yang pindah agama).

Agama Kristen dan kelompok agama non-Kristen cukup aktif beribadah di negara ini. Dewan Gereja Papua Nugini telah menyatakan bahwa baik penyebar agama Kristen, Islam maupun Konghucu adalah aktif, dan kegiatan penyebaran agama dari luar negeri pada umumnya tinggi. Agama tradisional, seperti Korowai, sering kali animisme (0,05%). Beberapa juga cenderung memiliki unsur penyembahan leluhur, meskipun pada umumnya adalah dugaan yang memberikan keanekaragaman yang ekstrem di masyarakat Melanesia.

Adalah lazim di antara suku-suku tradisional berupa keyakinan terhadap masalai, atau roh jahat, yang dipersalahkan sebagai "meracuni" rakyat, menyebabkan malapetaka dan maut, dan praktik Puri Puri di dataran tinggi. [19] [20] Pendidikan [ sunting - sunting sumber ] Masih banyak penduduk di negara ibukota selandia baru adalah yang belum melek aksara. [21] Ada banyak lembaga pendidikan di negara ini yang dikelola oleh gereja. [22] Ini termasuk 500 sekolah Gereja Luther Injili Papua Nugini.

[23] Papua Nugini punya enam universitas yang terpisah dari lembaga-lembaga pendidikan tersier lainnya. Dua universitas yang didirikan adalah Universitas Papua Nugini yang berbasis di Distrik Ibukota Nasional, [24] dan Universitas Teknologi Papua Nugini yang berbasis di luar Lae, di Provinsi Morobe. Empat universitas lainnya yang dulunya disebut college, didirikan baru-baru ini setelah memperoleh pengakuan pemerintah.

Universitas tersebut adalah Universitas Goroka di Provinsi Pegunungan Timur, Universitas Firman Tuhan (dijalankan oleh Gereja Katolik) di Provinsi Madang, Universitas Pertanian Vudal di Provinsi Britania Baru Timur, dan Universitas Advent Pasifik (dijalankan oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) di Distrik Ibu kota Nasional.

Kesehatan [ sunting - sunting sumber ] Pada tahun 2004, pengeluaran publik senilai 3% dari PDB, sedangkan pengeluaran swasta senilai 0,6% dari PDB. [21] Papua Nugini memiliki insiden HIV dan AIDS tertinggi di kawasan Pasifik dan merupakan negara keempat di Asia Pasifik yang memenuhi kriteria wabah HIV/AIDS yang diperumum.

[25] Rendahnya kepedulian terhadap HIV/AIDS adalah masalah pokok, khususnya di pedesaan. Pada awal dasawarsa 2000-an, hanya ada 5 dokter per 100.000 penduduk. [21] Budaya [ sunting - sunting sumber ] Penduduk di Papua New Guinea merupakan salah satu yang heterogen di dunia. Pertumbuhan penduduk pertahun menurut data sejak tahun 2005-2010 sebesar 2.0%.

Keberagaman bahasa juga ditemukan disana. Setiap desa yang dilewati masing-masing memiliki bahasa yang berbeda. Tapi pada umumnya ada 3 bahasa yang digunakan yakni Inggris, Tok Pisin dan Motu. Dan diperkirakan terdapat sekitar 860 bahasa lainnya.

Penduduk asing terdiri dari 1 % populasi. Setengah dari mereka adalah Australia, China, dan UK, New Zealand, Filipina, India, dan USA. Ibukota selandia baru adalah semua adalah ibukota selandia baru adalah. Sejak kemerdekaan, sekitar 900 penduduk asing telah menjadi penduduk naturalisasi.

Dalam hal pendidikan, jumlah melek huruf di Papua New Guinea terbilang cukup besar. Diperkirakan sekitar 49.3%. Papua New Guinea memiliki beberapa ribu komunitas yang terpisah, yang berbeda bahasa, adat dan tradisinya masing-masing.

Kemajemukan ini terkadang menjadi sumber konflik disana. Papua New Guinea memiliki beberapa ribu komunitas yang terpisah, yang berbeda bahasa, adat dan tradisinya masing-masing.

Kemajemukan ini terkadang menjadi sumber konflik disana.Meskipun kebudayaannya bervariasi secara lebar, struktur sosial PNG pada umumnya termasuk karakter dibawah ini: • Pertalian keluarga yang sangat kuat dan mengikat, • Hubungan yang sederajat berdasarkan status yang diperoleh sendiri, • Cinta yang begitu kuat terhadap tanahnya. Komunitas tradisional tidak mengakui transfer permanen atas kepemilikan ketika tanah dijual, • Tanah dan barang kepemilikan lainnya di beberapa budaya bisa diwariskan pada perempuan.

Tapi pada umumnya, perempuan diperlakukan rendah. Kekerasan gender menjadi endemik. • Pola dan frekuensi aktivitas seksual (khususnya di area pedesaan) berkontribusi terhadap cepatnya penyebaran HIV saat ini, • Kebanyakan penduduk masih sangat taat dengan pola kehidupan tradisional mereka yang berakar kuat dalam kehidupan dipedesaan. Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Daftar tokoh Papua Nugini • • ^ "World Bank data on urbanisation".

World Development Indicators. World Bank. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-03. Diakses tanggal 2005-07-15. • ^ Gelineau, Kristen (2009-03-26). "Spiders and frogs identified among 50 new species". The Independent. Diakses tanggal 2009-03-26. • ^ "Kerajaan Tanoh Batak (consol. to amendment #22)". Pacific Islands Legal Information Institute. Diakses tanggal 2005-07-16. • ^ Lynne Armitage.

"Customary Kerajaan Tanoh Batak: Status and Prospects" (PDF). Queensland University of Technology. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2005-09-06.

Diakses tanggal 2005-07-15. • ^ Indeks Pembangunan Manusia, Table 3: Human and income poverty, halaman 35. Diakses pada 1 Juni 2009 • ^ Swaddling (1996) p. 282 • ^ Swaddling (1996) "Pranala-pranala perdagangan dan klaim nominal Sultan Seram terhadap Pulau Papua menjadi asas hukum bagi klaim Nederland terhadap Papua bagian Barat dan pada akhirnya juga Indonesia terhadap Papua bagian Barat" • ^ " Mengenang Perang di Nugini Diarsipkan 2009-10-11 di Wayback Machine.".

Australian War Memorial. • ^ Misalnya, Creditors Remedies Act (Papua), Bab 47 dari Revised Laws of Papua New Guinea. • ^ " Penjarah ditembak mati di tengah-tengah kerusuhan anti-Cina di Papua Nugini Diarsipkan 2013-07-09 di Wayback Machine.". The Australian. 23 Mei 2009. • ^ " Overseas and under siege [ pranala nonaktif permanen]". The Economist. 11 Agustus 2009. • ^ Bradford, Sarah (1997). Elizabeth: A Biography of Britain's Queen. Riverhead Books.

ISBN 1-57322-600-9. • ^ Konstitusi Papua Nugini mendaftarkan 19 provinsi pada saat kemerdekaannya. Beberapa provinsi mengubah namanya; perubahan itu kurang terkesan formal dan tanpa perubahan konstitusi, meskipun "Oro," misalnya, digunakan secara umum untuk merujuk provinsi itu.

• ^ "Overcoming economic vulnerability and creating employment" (PDF). Committee for Development Policy. 2006-03-20.

hlm. 29. Diakses tanggal 2008-12-24. Parameter -chapter= akan diabaikan ( bantuan) • ^ http://www.imf.org/external/np/sec/pr/2008/pr08107.htm "Pernyataan Misi IMF pada Simpulan Kunjungan Duta ke Papua Nugini" • ^ "Papua New Guinea".

The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-16. Diakses tanggal 2007-12-13. • ^ " Orang Cina menjadi sasaran di dalam kerusuhan di Papua Nugini - laporan". News.com.au. 15 Mei 2009. • ^ " Papua New Guinea". Encyclopædia Britannica Online. • ^ ibukota selandia baru adalah listing for the "Four Corners: A Journey into the Heart of Papua New Guinea "". • ^ Salak, Kira. "Nonfiction book "Four Corners: A Journey into the Heart of Papua New Guinea "".

• ^ a b c http://hdrstats.undp.org/en/countries/data_sheets/cty_ds_PNG.html • ^ "Kichte-in-not.de". Kirche-in-not.de. Diakses tanggal 2010-06-27.

• ^ "NMZ-mission.de". NMZ-mission.de. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-31. Diakses tanggal 2010-06-27. • ^ Alfred Vahau, IT Services (2007-01-05). "University of Papua New Guinea". Upng.ac.pg.

ibukota selandia baru adalah

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-05. Diakses tanggal 2010-06-27. • ^ ibukota selandia baru adalah in Papua New Guinea". Australia's Aid Program (AusAID). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-03-23.

Diakses tanggal 2005-12-16. Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Swadling, Pamela (1996). Plumes from Paradise. Papua New Guinea National Museum. ISBN 9980-85-103-1. • Papua New Guinea Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Papua Nugini. Wikivoyage memiliki panduan wisata Papua New Guinea.

• (Inggris) Portal resmi Diarsipkan 2008-10-13 di Wayback Machine. Afrika Selatan · Antigua dan Barbuda · Australia · Bahama · Bangladesh · Barbados · Belize · Botswana · Britania Raya · Brunei · Dominika · Eswatini · Fiji · Gambia · Ghana · Grenada · Guyana · India · Jamaika · Kamerun · Kanada · Kenya · Kiribati · Lesotho · Maladewa · Malawi · Malaysia · Malta · Mauritius · Mozambik · Namibia · Nauru · Nigeria · Pakistan · Papua Nugini · Saint Kitts dan Nevis · Saint Lucia · Saint Vincent dan Grenadines · Samoa · Kepulauan Salomo · Selandia Baru · Seychelles · Sierra Leone · Singapura · Siprus · Sri Lanka · Tanzania · Tonga · Trinidad dan Tobago · Tuvalu · Uganda · Vanuatu · Zambia Kategori tersembunyi: • Halaman dengan argumen formatnum non-numerik • Halaman dengan kesalahan referensi • Templat webarchive tautan wayback • Artikel dengan pranala luar nonaktif • Artikel dengan pranala luar nonaktif permanen • Galat CS1: bab diabaikan • Artikel mengandung aksara non-Indonesia • Pages using infobox country or infobox former country with the symbol caption or type parameters • Pranala kategori Commons ada di Wikidata • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda ISNI • Artikel Wikipedia dengan penanda VIAF • Artikel Wikipedia dengan penanda BNE • Artikel Wikipedia dengan penanda BNF • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda NKC • Artikel Wikipedia dengan penanda NLA • Artikel Wikipedia dengan penanda NLI • Artikel Wikipedia dengan penanda SELIBR • Artikel Wikipedia dengan penanda MusicBrainz area • Artikel Wikipedia dengan penanda NARA • Artikel Wikipedia dengan penanda Trove • Artikel Wikipedia dengan penanda WORLDCATID • Halaman ini terakhir diubah pada ibukota selandia baru adalah April 2022, pukul 09.33.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
• العربية • تۆرکجه • Boarisch • Banjar • Čeština • Deutsch • English • Esperanto • فارسی • Suomi • Français • Bahasa Hulontalo • Magyar • Italiano • 日本語 • ქართული • Қазақша • Latviešu • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Bahasa Melayu • Polski • Română • Русский • Srpskohrvatski / српскохрватски • Simple English • Kiswahili • தமிழ் • Tagalog • Türkçe • Українська • اردو • Tiếng Việt • მარგალური • 中文 Untuk lambang kabupaten dan kota, lihat Lambang kabupaten dan kota di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar kota otonom di Indonesia. Kota otonom adalah kota yang sudah memiliki pemerintahan sendiri atau setara dengan Kota madya. Kota otonom bukan bagian dari suatu kabupaten atau menjadi ibu kota suatu kabupaten. Tidak semua ibu kota provinsi di Indonesia berupa kota otonom walaupun sering disebut sebagai kota, terdiri dari Tanjung Selor, Mamuju, Timika, dan Manokwari. Daftar isi • 1 Kota Otonom • 2 Referensi • 3 Lihat pula • 4 Pranala luar Kota Otonom ibukota selandia baru adalah sunting - sunting sumber ] Berikut adalah daftar 98 kota otonom dan 5 kota administrasi di Indonesia per 2022.

[1] No. Kode Kemendagri Lambang Kota Pulau Provinsi Pusat pemerintahan Kecamatan Kelurahan /Desa 1 81.71 • ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-19. Diakses tanggal 5 Desember 2018. Lihat pula [ sunting - sunting ibukota selandia baru adalah ] • Daftar kabupaten dan kota di Indonesia • Daftar Kabupaten dan Kota di Indonesia menurut PDRB • Daftar Kabupaten dan Kota di Indonesia menurut IPM • Daftar kecamatan dan kelurahan di Indonesia • Daftar kota di Indonesia menurut kepadatan penduduk • Daftar kota di Indonesia menurut jumlah penduduk • Daftar kota di Indonesia menurut provinsi • Daftar lambang kota di Indonesia Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • Halaman ini terakhir diubah pada 4 April 2022, pukul 18.07.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia ibukota selandia baru adalah Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
• Temukan kantor terdekat dengan Anda • • Situs IDP lainnya • IDP Australia • IDP Bahrain • IDP Bangladesh • IDP Cambodia • IDP Canada • IDP Egypt • IDP Hongkong • IDP India • IDP Iran • IDP Kenya • IDP Korea • IDP Kuwait • IDP Lebanon • IDP Malaysia • IDP Mauritius • IDP Middle East • IDP Nepal • IDP New Zealand • IDP Nigeria • IDP Oman • IDP Pakistan • IDP Philippines • IDP Saudi Arabia • IDP Singapore • IDP Sri Lanka • IDP Taiwan • IDP Thailand • IDP Turkey • IDP UAE • IDP Vietnam • IDP China • IDP Global • Institusi-institusi partner IDP • IDP Corporate • IDP Investors • Sign up Dapatkan kemudahan proses pendaftaran, kenyamanan saat mengerjakan tes, dan praktisnya akses informasi mengenai hasil tes hanya di IDP, sebagai salah satu pemilik tes IELTS di seluruh dunia.

Scroll ke bawah atau klik pada masing-masing topik untuk melihat informasi lebih detail: • Pendaftaran IELTS Academic dan General Training • Pendaftaran IELTS UKVI • Cara melakukan pembayaran Mendaftar IELTS Academic atau General Training Baik untuk tes Academic dan General Training, Anda bisa memilih untuk melakukan tes berbasis kertas atau berbasis komputer.

Tes IELTS berbasis kertas diselenggarakan secara reguler di berbagai lokasi tes di seluruh Indonesia, sedangkan tes IELTS berbasis komputer diselenggarakan ibukota selandia baru adalah hari dalam seminggu di kantor IDP South Jakarta (Pondok Indah). Untuk melihat lokasi tes serta tanggal tes IELTS yang tersedia, Anda bisa klik salah satu kota di bawah ini.

Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Di sini Anda dapat menemukan satu-satunya pusat tes IELTS milik IDP yang menawarkan IELTS berbasis komputer dengan hasil yang bisa tersedia dalam 5-7 hari. Pilih beberapa sesi tes sepanjang minggu untuk tes IELTS Academic dan General Training, serta UKVI. Tes IELTS tertulis di kertas juga ditawarkan di sini. Mendaftar IELTS UKVI Jika Anda berencana untuk studi atau pindah ke Inggris, Anda wajib memenuhi syarat tes Bahasa Inggris yang ditentukan untuk mengajukan visa.

Pilihan tes yang diperbolehkan untuk UK Visa and Immigration (UKVI) ada dua, yakni IELTS UKVI atau UKVI Life Skills. IELTS UKVI terdiri dari tes Academic dan General Training yang sama seperti tes reguler, namun dengan rangkaian protokol keamanan yang lebih ketat. Sedangkan IELTS Life Skills yang terdiri dari tes Speaking dan Listening dibutuhkan untuk keperluan visa yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin mengajukan visa untuk bergabung dengan anggota keluarga yang berkewarganegaraan Inggris, Anda bisa mengambil IELTS Life Skills A1. Yang kedua yaitu untuk Anda yang ingin mengajukan visa untuk tinggal dan bekerja di Inggris, Anda bisa mengambil IELTS Life Skills B1.

Persyaratan ini berlaku untuk setiap orang yang berasal dari negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Kami menyelenggarakan ujian IELTS UKVI di dua lokasi tes yaitu di kantor IDP IELTS Jakarta dan Bali. Cek untuk tanggal tes dan daftarkan diri Anda dengan klik link di bawah ini: Registrasi online untuk tes IELTS UKVI Metode pembayaran biaya tes IELTS: Pembayaran secara online menggunakan PayPal atau Credit Card (pilih "buy as guest" dalam menu PayPal) Pembayaran secara offline bisa langsung disetor ke bank atau transfer ke: Account Name: PT.

IDP CONSULTING INDONESIA Account Number (IDR): 050-239375-069 Bank Name: HSBC Bank Address: World Trade Center I, Jl. Jendral Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920, Indonesia Mohon hubungi kantor IDP Education untuk tarif harga IELTS dalam rupiah (IDR) yang dapat berubah setiap bulan mengikuti kurs yang berlaku, serta untuk info detail pembayaran lainnya. Setelah melakukan pembayaran; mohon email kami nama lengkap Anda, tanggal tes IELTS, dan 4 digit terakhir dari nomor kartu ATM Anda.

Cek info biaya tes IELTS di sini.

7 Fakta Unik Negara Selandia Baru




2022 www.videocon.com