Cara menahan lapar saat puasa

cara menahan lapar saat puasa

JawaPos.com – Saat puasa, seseorang diwajibkan menahan rasa lapar dan cara menahan lapar saat puasa selama kurang lebih 13 jam. Tak jarang, di tengah ativitas yang padat, seseorang sering merasa lapar yang berlebihan.

Lalu, adakah cara mengurangi rasa lapar saat berpuasa? Yup, seperti diketahui, berpuasa membuat jam makan berubah menjadi malam. Nah, salah satu cara agar tak dihampiri rasa lapar yang berlebihan adalah dengan mengontrol asupan makanan. Menjaga pola makan sangat penting untuk kelancaran ibadah puasa Anda. Sebab dari makananlah tubuh Anda akan memperoleh asupan nutrisi dan memperbaiki kinerja organ tubuh.

Selain itu, lakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga rasa lapar tak terasa. Dikutip dari Cermati.com, Minggu (12/5). ada beberapa cara melawan rasa lapar saat puasa Ramadan berikut ini. 1. Hindari Makan Bubur dan Mi Instan HIndari makan mi saat sahur. (iStockphoto) Apa yang Anda makan biasanya selalu mempengaruhi kondisi badan setelahnya.

Reaksinya pun bermacam-macam, bisa saja lemas, ngantuk, lesu, cepat lapar, dan lainnya. Tentu pada saat berpuasa, Anda harus menghindari makanan yang berdampak kurang baik bagi tubuh. Lalu, makanan apa saja yang perlu dihindari agar puasa Ramadan Anda bisa berjalan dengan baik dan tidak merasa terlalu lapar hingga waktu berbuka tiba, diantaranya: Bubur Bubur memang nikmat, tapi pada saat sahur, hindari memakan bubur.

cara menahan lapar saat puasa

Sebab bubur berasal dari beras. Nah, nasi tergolong makanan dengan indeks glokemik yang cukup tinggi. Jika diolah menjadi bubur, indeks glikemiknya bisa naik hingga berkali-kali lipat.

Untuk itu, pada saat sahur, Anda harus mengonsumsi makanan yang rendah glikemik karena berfungsi mengenanyngkan. Dan nasi putih sendiri tergolong memiliki glikemik yang lebih tinggi jika diolah menjadi bubur, bahkan kadar glikemiknya bisa naik hingga berkali lipat. Sah-sah saja bila Anda memangka ingin makan bubur, tapi sebaiknya pada saat berbuka puasa saja. Mi Instan Memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan bagi sebagian orang untuk makan mi instan karena kemudahan dan kecepatan penyajiannya.

Padahal sebenarnya mi instan bukan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Ketika Anda ingin makan sahur, sebaiknya hindari makan mi. Sebab mengandung banyak lemak, natrium serta penyedap rasa, juga bahan pengawet, yang bisa membuat Anda menjadi mudah haus ketika menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga membuat cepat lapar kembali. 2. Konsumsi Madu, Kacang Merah Hingga Lobak Jika ada makanan yang sebaiknya dihindari saat berpuasa, maka juga terdapat makanan yang dianjurkan atau sebaiknya dikonsumsi.

Agar puasa Anda lancar, sebaiknya konsumsi makanan berikut ini: Konsumsi madu saat sahur untuk menjaga stamina tubuh. (Pinterest) Madu Madu adalah minuman cara menahan lapar saat puasa yang selama ini dipercaya menyehatkan tubuh. Madu memiliki rasa yang manis karena memiliki kandungan gula sekitar 70-80 persen.

Lalu, sisanya adalah air, protein, asam, vitamin, mineral, serta partikel-partikel lain yang terkandung di dalam madu. Madu sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh serta stamina selama Anda puasa. Agar Anda kuat dalam menjalankan ibadah puasa, makanlah kurma 3 butir diikuti dengan meminum 2 sendok makan madu setelah sahur.

Kacang Merah Kacang merah adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sebaiknya dikonsumsi dalam porsi cukup saat sahur. Jika Anda ingin merasakan rasa kenyang yang lama, makanlah kacang merah karena makanan ini tergolong butuh waktu lama untuk dicerna.

Beras Merah, Jeruk, Lobak Tak hanya kacang merah saja, saat sahur Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti cara menahan lapar saat puasa merah, jeruk, kol, maupun lobak agar puasa Anda menjadi lebih lancar.

Karena makanan tersebut memberikan energi yang cukup bagi tubuh. 3. Terapkan Pola Minum 2-4-2 Minum adalah hal yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Apabila kurang minum, maka tubuh Anda akan lesu dan lemas akibat kekurangan asupan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, aturlah asupan cairan dengan selalu minum delapan gelas air setiap hari.

cara menahan lapar saat puasa

Pada saat menjalankan puasa, Anda bisa minum dengan pola 2-4-2, yang berarti minum air dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam sebelum tidur dan dua gelas saat sahur.

Sehingga badan Anda akan tetap segar sepanjang hari nantinya saat berpuasa. 4. Lakukan Jalan-Jalan Sebentar di Sore Hari Sekalipun berpuasa, tubuh tetap membutuhkan gerak untuk menjaga metabolisme.

cara menahan lapar saat puasa

Jadi, pada saat sore hari, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan dengan berjalan-jalan santai sejenak. Dengan demikian, badan Anda akan tetap sehat dan bugar meski sudah seharian berpuasa. 5. Tidur Secukupnya, Jangan Berlebihan Waktu tidur yang kurang sudah pasti akan berpengaruh baik bagi tubuh. Begitu juga cara menahan lapar saat puasa kelebihan tidur. Hal ini malah bisa menimbulkan rasa lelah dan lesu seharian. Untuk itu, sebaiknya Anda setelah melaksanakan salat tarawih agar bisa bangun lebih cepat untuk makan sahur.

Tidurlah dengan cukup selama delapan jam agar tubuh Anda tetap sehat. Cobalah untuk tidur sebentar di siang hari supaya tubuh mendapat energi. Memasuki bulan Ramadhan, menahan lapar saat puasa mungkin menjadi salah satu hal terberat yang harus kamu lakukan.

Apalagi kalau kebiasaan kamu setiap hari keliling Jakarta dan berburu makanan-makanan terbaik yang pernah ada. Nggak masalah kok untuk berwisata kuliner atau liat-liat deretan makanan enak di Nibble atau social media, itu bisa dijadikan referensi buat buka puasa.

Kalau kamu sering gagal melawan lapar dan haus selama puasa, kita mau kasih tau rahasianya agar puasamu lancar.

Daripada penasaran, yuk simak 7 cara menahan lapar saat puasa berikut ini! 1. Jangan Makan Bubur atau Mie Instan Saat Sahur Photo source: Nibble - filipusverdi Tahukah kamu saat sahur sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein.

cara menahan lapar saat puasa

Jangan makan bubur atau mie instan saat sahur ya karena sensasi kenyang yang akan kamu rasakan hanya sebentar saja. Kedua makanan ini mengandung glikemik yang tinggi, kamu bisa cepat lapar lagi, dan ini bisa membuat kamu gagal menahan lapar saat puasa. Sebaiknya ganti konsumsi kedua menu tersebut dengan lebih banyak sayuran dan buah, lemak yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, serta sumber protein. Kalau kepepet nggak bisa masak saat sahur, kamu bisa langsung menuju restoran 24 jam di Jakarta.

2. Jalan-Jalan di Sore Hari Photo source: eatthis Mungkin kamu akan merasa tips yang satu ini nggak masuk akal. Lagi lapar dan haus kok justru harus jalan-jalan?

Well, ternyata jalan-jalan itu bisa mengalihkan rasa laparmu. Tidak hanya jalan-jalan, melakukan olahraga lainnya juga bisa membuat kamu menahan lapar saat puasa dengan baik. Yang harus diperhatikan adalah waktu olahraganya. Sebaiknya lakukan olahraga di sore hari, menjelang buka puasa.

Ini agar saat buka puasa, kamu bisa memulihkan tenaga dengan asupan makanan dan cairan yang cukup. Ingat ya, jangan berolahraga di siang hari karena risiko mengalami dehidrasi akan semakin tinggi. 3. Banyak Minum Air Photo source: @louise.millen Puasa itu tidak berarti kamu mengurangi asupan cairan ke tubuh. Meskipun jam makanmu tidak sebanyak biasanya, pastikan asupan cairan yang kamu konsumsi sama seperti hari-hari saat sedang tidak puasa. Tubuh kita tetap butuh minimal 2 liter air per hari.

Untuk memastikan asupan cairan ke tubuh selalu cukup, terapkan saja sistem 242. Ini artinya, kamu harus minum 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih di antara jam makan malam sampai mau tidur, dan 2 gelas air putih waktu sahur. Dengan begitu kamu bisa menahan lapar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi. 4.Makan Sumber Karbohidrat Kompleks Photo source: Nibble - Ncekkuliner Selain mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur, seperti yang sudah kita jelaskan di poin No.1, kamu juga bisa menahan lapar saat puasa dengan makan karbohidrat kompleks.

Kenapa? Karbohidrat kompleks itu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh kita. Dan itu berarti kamu akan merasa kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, kentang, oatmeal, ubi, serelia utuh, dan quinoa yang super sehat. 5. Minum Yoghurt Waktu Sahur Photo source: Nibble - ajakmakan Walaupun terasa asam, yoghurt ternyata cukup aman untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur.

Tidak hanya baik untuk pencernaan, bakteri baik pada yoghurt juga akan menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu. Dalam satu porsi yoghurt, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat karena yoghurt mengandung kalori, lemak, serta protein. Berhubung yoghurt juga mengandung glikemik rendah, minuman ini sebaiknya diminum setelah makan terakhir saat sahur.

Sensasi kenyang yang dihasilkan terasa lebih lama dan akan membuta kamu sukses menahan lapar saat puasa. 6. Konsumsi Madu Photo source: seattlerefined Ada satu rahasia yang nggak bakal bikin kamu tetap capek mesti aktif beraktivitas selama puasa, yaitu dengan cara rutin meminum madu. Madu mengandung glukosa yang nantinya akan diproses tubuh menjadi energi. Meski begitu, kandungan gulanya rendah jadi bisa membantu tubuh kamu menjaga kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat buat tubuh karena kamu bisa lebih semangat lagi menahan lapar saat puasa.

Apalagi madu bisa diolah jadi berbagai makanan dan minuman, bisa jadi selai, atau pelengkap dessert. Efek positifnya juga bisa membuat kamu tetap fit karena bisa membunuh kuman atau bakteri yang bisa menimbulkan infeksi.

7. Tidur Cukup & Batasi Aktivitas cara menahan lapar saat puasa id="attachment_7201" align="aligncenter" width="960"] Young woman sleeping[/caption] Photo source: huffingtonpost Kalau tips yang satu ini ibaratnya wajib dilakukan demi bisa menahan lapar saat puasa.

Tidak perlu ragu untuk menyisihkan waktu buat tidur siang karena dengan tidur, kamu juga bisa mendapat pahala selama puasa.

Saat tidur, tubuh kamu otomatis membatasi aktivitas yang bikin badan cepat lelah. Selain itu, rasa cara menahan lapar saat puasa juga akan tidak terasa selama tidur. Namun tetap ingat ya, meski tidur adalah ibadah, ini bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan seharian. Berikan porsi waktu yang seimbang untuk tidur dan melakukan kegiatan lainnya.

Nggak susah kan ternyata untuk menahan lapar saat puasa? Kalau sudah menjelang buka puasa, nggak ada salahnya kok untuk buka Nibble dan hunting makanan buat buka puasa nanti. Di Nibble ada referensi banyak sekali makanan favorit kamu lengkap dengan keterangan restoran terbaik di mana kamu bisa mencicipi makanan tersebut.

Buat yang belum tahu Nibble, kamu bisa klik di sini! Cover photo source: @upstateherbworks
Selama seharian, kita tidak boleh makan dan minum.

Lantas bagaimana jika lapar? Dream - Umat Islam diwajibkan berpuasa bagi yang telah dewasa dan sehat jasmani serta akal. Puasa identik dengan menahan lapar, haus, serta nafsu dari adzan Subuh hingga Maghrib.

Berpuasa juga terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kita bisa mengendalikan berat badan, mencegah kolesterol tinggi, tekanan darah, dan menyeimbangkan gula darah. Risty Tagor Bersyukur Lebaran Tahun ini Kumpul dengan Keluarga Tetapi, ternyata masih banyak orang yang kesulitan menahan lapar di luar jadwal makan rutinnya.

Jadi penting bagi kita menyiasati rasa lapar agar kuat berpuasa selama seharian. Ada beberapa tips kuat tidak makan yang bisa dipraktikkan selama Cara menahan lapar saat puasa. Lihat Gaya Via Vallen Bagi-Bagi Sembako Jelang Lebaran Solusinya, cobalah sibukkan diri dengan kegiatan positif saat tak ada pekerjaan mendesak.

Misalnya seperti membaca Alquran, mendengar kajian, membaca buku, dan lain sebagainya. Makanan dan minuman yang tepat saat sahur © MEN Beberapa makanan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Karbohidrat komplek seperti nasi merah, gandum, oatmeal, membuat kenyang lebih lama dibandingkan nasi putih biasa. Makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan membuat perut nyaman dan tak mudah lapar. Hindari juga pengolahan makanan yang menyebabkan cepat haus seperti digoreng, bersantan, atau terlalu pedas.

Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh saat sahur. Sifatnya yang karena memicu diuretic atau kondisi menyebabkan buang air kecil terlalu sering sehingga mengalami dehidrasi.

Libur Telah Tiba, Ini 5 Rekomendasi Film Temani Waktu Santai Liburan Kamu Cukup tidur © MEN Tak hanya dehidrasi, rasa ngantuk juga kadang memicu lapar dan keinginan mulut untuk mengunyah.

Pastkan kamu tidur cukup meski harus bangun pagi dini hari untuk sholat malam dan sahur. Caranya dengan memajukan jam tidur lebih awal. Tidur siang barang 10-15 menit ampuh menghilangkan rasa kantuk dan lapar. Sejumlah penelitian menyebutkan tidur siang mengatasi kekurangan waktu tidur malam hari.

Editor's Pick • Doa sebelum Adzan dan setelahnya Beserta Syarat-syarat Sah Adzan yang Penting Diketahui • Coba Masker Buah Alami Demi Kulit Lebih Lembut • Fakta-Fakta Sosok Ars-Vita Alamsyah, Muslimah Indonesia Anak Buah Elon Musk • Benarkah Wajah jadi Lebih Glowing Saat Kasmaran? • Shireen dan Zaskia Sungkar Tampil Kompak Pakai Outfit Monokrom, bak Kembar Identik Selama bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Lalu, bagaimana caranya menahan lapar saat puasa hingga magrib tiba?

Terkadang rasa lapar suka menyerang ketika memasuki tengah hari atau bahkan di pagi hari. Lantas bagaimana caranya agar dapat menahan lapar saat puasa? Tenang saja, berikut Glints akan memberikan tips-tipsnya.

1. Cara menahan lapar saat puasa menu sahur yang tepat © Unsplash Tips pertama agar kamu kuat menahan lapar ketika berpuasa adalah dengan memilih menu sahur yang tepat. Pasalnya, kondisi perutmu saat berpuasa seharian ditentukan oleh asupan makananmu ketika sahur. Pastikan untuk memilih menu sahur yang tepat supaya perut tidak terlalu cepat lapar saat berpuasa. Salah satu menu yang direkomendasikan saat sahur adalah menu karbohidrat kompleks.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih menu sahur seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan sebagainya. Sebisa mungkin hindari menu sahur seperti mi instan dan bubur ayam karena makanan tersebut hanya memberikan rasa kenyang sementara. © Freepik Cara lain agar tetap menahan lapar saat puasa adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat sahur. Hal ini penting untuk diperhatikan karena selain menahan lapar, mencukupi kebutuhan cairan juga menjauhkan diri dari dehidrasi saat puasa.

Dilansir dari Dummies, metode paling sederhana untuk mengatasi rasa lapar adalah dengan mengonsumsi cairan secukupnya, terutama air putih. Usahakan minum air putih secukupnya sesuai kebutuhan cairan dalam dirimu ketika sahur.

Sering kali, rasa lapar memang didasari oleh rasa haus. Dengan begitu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih.

cara menahan lapar saat puasa

3. Tetap produktif © Freepik Walaupun menjalani ibadah puasa, jangan sampai kamu bermalas-malasan saja, terlebih bagi kamu yang sedang bekerja di bulan puasa. Tetap jaga produktivitas kerja saat di bulan Ramadan. Sebab, dengan melakukan hal yang produktif, kamu dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar saat berpuasa. Meskipun demikian, jangan sampai kamu melakukan aktivitas secara berlebihan. Bila badan mulai merasa lemas, jangan sungkan ambil waktu untuk rehat sejenak.

© Freepik Selama bulan puasa jangan lupa untuk mengatur pola tidur yang baik. Jangan sampai terlalu banyak atau justru kurang tidur. Sebisa mungkin pada malam hari jangan sampai begadang. Sebab, kamu harus bangun pagi untuk melaksanakan sahur. Di siang harinya kamu bisa mengambil tidur siang sebentar setelah salat zuhur.

Jangan terlalu lama karena bisa mengakibatkan rasa pusing. Dilansir dari Productive Muslim, menjaga kualitas tidur saat berpuasa merupakan hal yang penting agar tetap kuat menjalani puasa. 5. Melakukan meditasi © Freepik.com Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan guna menahan lapar saat puasa adalah melakukan meditasi.

Pada dasarnya, meditasi memang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, inisiatif ini sangatlah efektif untuk menghilangkan lapar saat berpuasa. Pasalnya, ketika sedang bermeditasi, pikiran menjadi bisa lebih jernih dan tenang. Hasilnya, kamu takkan terlalu memikirkan rasa lapar tersebut.

cara menahan lapar saat puasa

Selain itu, meditasi juga dapat menjadi cara untuk mengelola stres. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu kita untuk makan lebih banyak. 6. Lakukan cara menahan lapar saat puasa dan hal-hal yang diminati © Freepik.com Melakukan hobi dan hal-hal yang diminati dapat menjadi cara untuk menahan lapar saat puasa.

Hal ini sejatinya dapat berbeda bagi setiap orang, seperti membaca buku, mendengarkan musik, hingga berolahraga. Namun, satu hal yang pasti adalah bahwa melakukan hobi dapat membuatmu lupa pada lapar dan haus yang dirasakan. Tak hanya itu, melakukan hobi juga dapat membuat badan dan psikismu di bulan Ramadan menjadi lebih bugar.

7. Luruskan kembali niat berpuasa Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Menahan Emosi Saat Bekerja di Bulan Puasa Itu dia penjelasan singkat Glints mengenai tujuh cara yang bisa kamu ikuti guna menahan lapar saat bulan puasa. Rasa lapar pada hakikatnya dapat kamu tahan dengan berbagai macam cara, baik itu dengan berolahraga atau sekadar melakukan hobi.

Yang pasti, ingatlah untuk tetap produktif di bulan suci ini. Sebab, menjaga produktivitas tak hanya membuatmu lupa akan rasa lapar, tetapi, juga bisa membuatmu lebih sehat secara fisik maupun psikis. Nah, selain pemaparan di atas, Glints punya tips-tips lain seputar puasa bulan Ramadan hanya untukmu. Semua tipsnya tersedia secara gratis, lho.

Tinggal klik tombol di bawah ini dan pilih artikel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai ketinggalan, ya! BACA ARTIKELNYA • 8 Cara Menahan Lapar saat Puasa selama Bulan Ramadan • 9 Ways to Stave Off Hunger When Fasting • 7 Tips to Tackle Hunger and Fatigue in Ramadan cara menahan lapar saat puasa Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Selama bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Lalu, bagaimana caranya menahan lapar saat puasa hingga magrib tiba? Terkadang rasa lapar suka menyerang ketika memasuki tengah hari atau bahkan di pagi hari. Lantas bagaimana caranya agar dapat menahan lapar saat puasa? Tenang saja, berikut Glints akan memberikan tips-tipsnya. 1. Pilih menu sahur yang tepat © Unsplash Tips pertama agar kamu kuat menahan lapar ketika berpuasa adalah dengan memilih menu sahur yang tepat.

Pasalnya, kondisi perutmu saat berpuasa seharian ditentukan oleh asupan makananmu ketika sahur. Pastikan untuk memilih menu sahur yang tepat supaya perut tidak terlalu cepat lapar saat berpuasa. Salah satu menu yang direkomendasikan saat sahur adalah menu karbohidrat kompleks. Sebagai contoh, kamu bisa memilih menu sahur seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan sebagainya. Sebisa mungkin hindari menu sahur seperti mi instan dan bubur ayam karena makanan tersebut hanya memberikan rasa kenyang sementara.

cara menahan lapar saat puasa

© Freepik Cara lain agar tetap menahan lapar saat puasa adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat sahur. Hal ini penting untuk diperhatikan karena selain menahan lapar, mencukupi kebutuhan cairan juga menjauhkan diri dari dehidrasi saat puasa.

Dilansir dari Dummies, metode paling sederhana untuk mengatasi rasa lapar adalah dengan mengonsumsi cairan secukupnya, terutama air putih.

Usahakan minum air putih secukupnya sesuai kebutuhan cairan dalam dirimu ketika sahur. Sering kali, rasa lapar memang didasari oleh rasa haus. Dengan begitu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih. 3. Tetap produktif © Freepik Walaupun menjalani ibadah puasa, jangan sampai kamu bermalas-malasan saja, terlebih bagi kamu yang sedang bekerja di bulan puasa.

Tetap jaga produktivitas kerja saat di bulan Ramadan. Sebab, dengan melakukan hal yang produktif, kamu dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar saat berpuasa. Meskipun demikian, jangan sampai kamu melakukan aktivitas secara berlebihan. Bila badan mulai merasa lemas, jangan sungkan ambil waktu untuk rehat sejenak. © Freepik Selama bulan puasa jangan lupa untuk mengatur pola tidur yang baik. Jangan sampai terlalu banyak atau justru kurang tidur.

Sebisa mungkin pada malam hari jangan sampai begadang. Sebab, kamu harus bangun pagi untuk melaksanakan sahur. Di siang harinya kamu bisa cara menahan lapar saat puasa tidur siang sebentar setelah salat zuhur. Jangan terlalu lama karena bisa mengakibatkan rasa pusing.

cara menahan lapar saat puasa

Dilansir dari Productive Muslim, menjaga kualitas tidur saat berpuasa merupakan hal yang penting agar tetap kuat menjalani puasa. 5. Melakukan meditasi © Freepik.com Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan guna menahan lapar saat puasa adalah melakukan meditasi.

Pada dasarnya, meditasi memang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, inisiatif ini sangatlah efektif untuk menghilangkan lapar saat berpuasa. Cara menahan lapar saat puasa, ketika sedang bermeditasi, pikiran menjadi bisa lebih jernih dan tenang. Hasilnya, kamu takkan terlalu memikirkan rasa lapar tersebut.

Selain itu, meditasi juga dapat menjadi cara untuk mengelola stres. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu kita untuk makan lebih banyak. 6. Lakukan hobi dan hal-hal yang diminati © Freepik.com Melakukan hobi dan hal-hal yang diminati dapat menjadi cara untuk menahan lapar saat puasa. Hal ini sejatinya dapat berbeda bagi setiap orang, seperti membaca buku, mendengarkan musik, hingga berolahraga.

Namun, satu hal yang pasti cara menahan lapar saat puasa bahwa melakukan hobi dapat membuatmu lupa pada lapar dan haus yang dirasakan. Tak hanya itu, melakukan hobi juga dapat membuat badan dan psikismu di bulan Ramadan menjadi lebih bugar. 7. Luruskan kembali niat berpuasa Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Menahan Emosi Saat Bekerja di Bulan Puasa Itu dia penjelasan singkat Glints mengenai tujuh cara yang bisa kamu ikuti guna menahan lapar saat bulan puasa.

Rasa lapar pada hakikatnya dapat kamu tahan dengan berbagai macam cara, baik itu dengan berolahraga atau sekadar melakukan hobi. Yang pasti, ingatlah untuk tetap produktif di bulan suci ini. Sebab, menjaga produktivitas tak hanya membuatmu lupa akan rasa lapar, tetapi, juga bisa membuatmu lebih sehat secara fisik maupun psikis. Nah, selain pemaparan di atas, Glints punya tips-tips lain seputar puasa bulan Ramadan hanya untukmu.

Semua tipsnya tersedia secara gratis, lho. Tinggal klik tombol di bawah ini dan pilih artikel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai ketinggalan, ya! BACA ARTIKELNYA • 8 Cara Menahan Lapar saat Puasa selama Bulan Ramadan • 9 Ways to Stave Off Hunger When Fasting • 7 Tips to Tackle Hunger and Fatigue in Ramadan • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Selama bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Lalu, bagaimana caranya menahan lapar saat puasa hingga magrib tiba? Terkadang rasa lapar suka menyerang ketika memasuki tengah hari atau bahkan di pagi hari. Lantas bagaimana caranya agar dapat menahan lapar saat puasa? Tenang saja, berikut Glints akan memberikan tips-tipsnya. 1. Pilih menu sahur yang tepat © Unsplash Tips pertama agar kamu kuat menahan lapar ketika berpuasa adalah dengan memilih menu sahur yang tepat. Pasalnya, kondisi perutmu saat berpuasa seharian ditentukan oleh asupan makananmu ketika sahur.

Pastikan untuk memilih menu sahur yang tepat supaya perut tidak terlalu cepat lapar saat berpuasa. Salah satu menu yang direkomendasikan saat sahur adalah menu karbohidrat kompleks. Sebagai contoh, kamu bisa memilih menu sahur seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan sebagainya. Sebisa mungkin hindari menu sahur seperti mi instan dan bubur ayam karena makanan tersebut hanya memberikan rasa kenyang sementara.

© Freepik Cara lain agar tetap menahan lapar saat puasa adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat sahur. Hal ini penting untuk diperhatikan karena selain menahan lapar, mencukupi kebutuhan cairan juga menjauhkan diri dari dehidrasi saat puasa.

Dilansir dari Dummies, metode paling sederhana untuk mengatasi rasa lapar adalah dengan mengonsumsi cairan secukupnya, terutama air putih. Usahakan minum air putih secukupnya sesuai kebutuhan cara menahan lapar saat puasa dalam dirimu ketika sahur. Sering kali, rasa lapar memang didasari oleh rasa haus. Dengan begitu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih. 3. Tetap produktif © Freepik Walaupun menjalani ibadah puasa, jangan sampai kamu bermalas-malasan saja, terlebih bagi kamu yang sedang bekerja di bulan puasa.

Tetap jaga produktivitas kerja saat di bulan Ramadan. Sebab, dengan melakukan hal yang produktif, kamu dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar saat berpuasa. Meskipun demikian, jangan sampai kamu melakukan aktivitas secara berlebihan. Bila badan mulai merasa lemas, jangan sungkan ambil waktu untuk rehat sejenak. © Freepik Selama bulan puasa jangan lupa untuk mengatur pola tidur yang baik. Jangan sampai terlalu banyak atau justru kurang tidur. Sebisa mungkin pada malam hari jangan sampai begadang.

Sebab, kamu harus bangun pagi untuk melaksanakan sahur. Di siang harinya kamu bisa mengambil tidur siang sebentar setelah salat zuhur. Jangan terlalu lama karena bisa mengakibatkan rasa pusing. Dilansir dari Productive Muslim, menjaga kualitas tidur saat berpuasa merupakan hal yang penting agar tetap kuat menjalani puasa. 5. Melakukan meditasi © Freepik.com Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan guna menahan lapar saat puasa adalah melakukan meditasi.

Pada dasarnya, meditasi memang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, inisiatif ini sangatlah efektif untuk menghilangkan lapar saat berpuasa.

Pasalnya, ketika sedang bermeditasi, pikiran menjadi bisa lebih jernih dan tenang. Hasilnya, kamu takkan terlalu memikirkan rasa lapar tersebut.

cara menahan lapar saat puasa

Selain itu, meditasi juga dapat menjadi cara untuk mengelola stres. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu kita untuk makan lebih banyak. 6. Lakukan hobi dan hal-hal yang diminati © Freepik.com Melakukan hobi dan hal-hal yang diminati dapat menjadi cara untuk menahan lapar saat puasa. Hal ini sejatinya cara menahan lapar saat puasa berbeda bagi setiap orang, seperti membaca buku, mendengarkan musik, hingga berolahraga.

Namun, satu hal yang pasti adalah bahwa melakukan hobi dapat membuatmu lupa pada lapar dan haus yang dirasakan. Tak hanya itu, melakukan hobi juga dapat membuat badan dan psikismu di bulan Ramadan menjadi lebih bugar. 7.

Luruskan kembali niat berpuasa Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Menahan Emosi Saat Bekerja di Bulan Puasa Itu dia penjelasan singkat Glints mengenai tujuh cara yang bisa kamu ikuti guna menahan lapar saat bulan puasa.

Rasa lapar pada hakikatnya dapat kamu tahan dengan berbagai macam cara, baik itu dengan berolahraga atau sekadar melakukan hobi. Yang pasti, ingatlah untuk tetap produktif di bulan suci ini. Sebab, menjaga produktivitas tak hanya membuatmu lupa akan rasa lapar, tetapi, juga bisa membuatmu lebih sehat secara fisik maupun psikis. Nah, selain pemaparan di atas, Glints punya tips-tips lain seputar puasa bulan Ramadan hanya untukmu.

Semua tipsnya tersedia secara gratis, lho. Tinggal klik tombol di bawah ini dan pilih artikel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai ketinggalan, ya! BACA ARTIKELNYA • 8 Cara Menahan Lapar saat Puasa selama Bulan Ramadan • 9 Ways to Stave Off Hunger When Fasting • 7 Tips to Tackle Hunger and Fatigue in Ramadan
Selain merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, puasa juga penting sebagai upaya pengendalian diri.

Baik dari dosa, lapar dan haus, serta segala bentuk pemikiran dan tindakan negatif. Rasa lapar yang dirasakan saat berpuasa terkadang membuat kita tidak fokus dan lalai dalam beribadah karena jadi terlalu fokus memikirnya keinginan perut yang keroncongan. Belum lagi keluhan lemas dan mengantuk. Oleh karena itu, mengetahui cara menahan lapar saat puasa bisa berguna, lo, untuk mengoptimalkan kelancaran ibadah puasa di bulan Ramadan.

Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini! ilustrasi makanan sehat (pexels.com/Ella Olsson) Dilansir The Times of India, dalam berpuasa, kamu harus cermat dalam memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk ke dalam perut. Hal ini penting guna menjaga energi yang ada dalam tubuh, sehingga kamu tetap kuat sampai waktunya berbuka. Selain itu, ini juga penting agar kamu dapat mengendalikan pola makan agar lebih sehat. Selain itu, dengan memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk kedalam perut, kamu akan mampu untuk mengendalikan pola makan agar lebih sehat.

ilustrasi bernapas dalam-dalam (pixabay.com/Jill Wellington) Kemampuan melakukan pernapasan dalam memiliki pengaruh pada tubuh. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa berguna untuk sel-sel tubuh. Jika tidak, maka sel-sel dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik, yang bisa berujung pada kelelahan cara menahan lapar saat puasa energi yang rendah.

Oleh karena itu, penting untuk melatih dan mempraktikkan pernapasan dalam agar tubuh bisa bekerja dengan baik dan energi tetap terjaga. Sebagai tips, dilansir Productive Muslim, kamu bisa melatihnya dengan bernapas lewat hidung, lalu tarik napas dalam menggunakan diafragma, dan bernapas lebih lambat. Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan ilustrasi mengerjakan pekerjaan rumah (freepik.com/wayhomestudio) Dilansir Dummies, saat puasa biasanya kita rentan mengalami bosan dan lapar.

Nah, ini bisa diatasi dengan mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci, menyetrika, membersihkan sepatu, menyapu halaman, dan sebagainya. Aktivitas tersebut dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar yang menyerang, sehingga kamu bisa berpuasa dengan maksimal tanpa kendala yang berarti.

ilustrasi pergi berjalan-jalan (pexels.com/Pille Kirsi) Seperti dijelaskan di laman Healthline, bila merasa bosan, cobalah untuk jalan-jalan ke luar rumah sebentar saja. Cara ini bisa mengurangi rasa bosan dengan melihat suasana baru. Namun, karena kita masih dalam masa pandemi, tetap berhati-hati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, ya. Kalau jalan-jalan dirasakan terlalu berisiko, kamu bisa melakukan meditasi di rumah.

Meditasi dapat membuatmu lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Meditasi bisa membantu menciptakan ketenangan untuk diri sendiri sehingga kamu bisa lebih relaks.

cara menahan lapar saat puasa

ilustrasi sumber protein (healthnavigator.org.nz) Protein adalah salah satu makronutrien yang dibutuhkan tubuh kita. Saat sahur, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein karena ini dapat mengurangi rasa lapar pada sore hari. Dilansir Men's Health, protein juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Semakin seimbang gula darah, maka semakin sedikit juga rasa lapar yang akan ditimbulkan.

ilustrasi bekerja (pixabay.com/Free-Photos) Menyibukkan diri dengan bekerja bisa membuat kita lebih fokus pada pekerjaan yang ada di depan mata, daripada rasa lapar yang dirasakan. Dengan bekerja, kamu tidak hanya dapat menahan rasa lapar, tetapi kamu juga memiliki keuntungan dalam memanfaatkan waktu dengan baik. ilustrasi olahraga ringan (pexels.com/Ketut Subiyanto) Olahraga ringan yang rutin sangat penting karena merupakan salah satu cara tercepat untuk mendorong tubuh bernapas lebih dalam.

Bila dilakukan dengan benar, ini akan mendorong energi yang ada pada dalam tubuh. Tak perlu olahraga berat, kamu bisa jalan kaki singkat setelah sahur untuk meningkatkan level energi sepanjang hari. Yoga juga bisa menjadi opsi. ilustrasi berkebun (freepik.com/prostooleh) Berkebun bisa jadi cara untuk melepas stres sekaligus menyibukkan diri dengan hal menyenangkan, sehingga kamu jadi teralihkan dari rasa lapar yang kamu rasakan.

Kamu pun bisa mencoba kegiatan lainnya seperti membaca buku, tadarus, menonton film, atau mendengarkan musik. ilustrasi sikat gigi setelah sahur (freepik.com/wayhomestudio) Siapa sangka bahwa sikat gigi setelah sahur dapat menjadi salah satu cara untuk menahan lapar. Sekitar 30 menit setelah makan sahur, segera sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut. Selain itu, sikat gigi juga dilakukan sebagai bentuk "sinyal" kepada tubuh bahwa kamu tidak akan makan apa pun lagi dalam beberapa jam ke depan hingga waktunya beduk magrib.

ilustrasi mengonsumsi suplemen (freepik.com/whatwolf) Saat berpuasa, kamu mungkin mengalami kelelahan atau kekurangan gizi. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen agar asupan gizi tetap terjaga dengan baik.

Supaya aman, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai konsumsi suplemen apa pun, khususnya bila ada kondisi medis tertentu. Itulah beberapa cara menahan lapar saat puasa yang bisa dilakukan. Memang cara-cara di atas tak bisa mencegah rasa lapar sepenuhnya, tetap bisa dicoba untuk meminimalkannya. Toh, puasa itu juga tentang pengendalian diri termasuk rasa lapar, kan?

Selamat mencoba! Baca Juga: 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah dan Diatasi dengan Puasa Ramadan Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya • 10 Potret Alternatif Pengganti Sarung Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Munculnya rasa lapar saat puasa di bulan Ramadan merupakan hal yang wajar.

Namun, jika Anda kesulitan dalam menahan lapar dan haus ketika berpuasa, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan melakukan sejumlah perubahan. Supaya ibadah Anda bisa sukses dan lancar sampai waktu magrib, ada beberapa cara menahan lapar saat puasa yang bisa membantu Anda. Advertisement Cara menahan lapar saat puasa yang bisa Anda lakukan Puasa yang dilakukan dengan benar dianggap bisa membantu mengelola berat badan, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, dan memberikan berbagai manfaat lainnya.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat ini, berikut ini adalah cara cara menahan lapar saat puasa tidak lapar saat puasa yang dapat Anda lakukan. 1. Konsumsi makanan yang dapat menahan rasa lapar saat puasa Saat berpuasa, Anda hanya bisa makan dalam waktu yang terbatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi berbagai makanan bergizi tinggi untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan berikut di waktu buka atau sahur. • Protein (sumber energi): telur, daging ayam, daging merah, tahu, dan tempe • Karbohidrat kompleks (membuat kenyang lebih lama): nasi merah, kentang, oat, ubi • Buah dan sayur (kaya vitamin dan mineral): alpukat, pisang, kurma, brokoli, buncis, jagung • Lemak tak jenuh (membantu menjaga berat badan): salmon, minyak zaitun, kacang tanpa garam • Dua liter cairan (menjaga tubuh terhidrasi): air putih, air kelapa, sup.

Sebaliknya, jika Anda makan sembarangan, contohnya seperti mie instan saat sahur, rasa lemah, lelah, hingga lapar di siang hari bisa menghantui saat menjalani puasa. Atas dasar inilah, mengonsumsi berbagai makanan bergizi tinggi saat buka, sahur, dan di malam harinya merupakan cara menahan lapar saat puasa yang sangat direkomendasikan.

2. Mencukupi kebutuhan cairan harian Agar tidak cepat haus saat menjalankan ibadah puasa, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan di luar waktu puasa.

Dehidrasi karena kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kram otot, sakit kepala, dan memperburuk rasa lapar. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi dua liter cairan secara berkala di antara waktu berbuka hingga sahur. Anda bisa minum air putih, teh, atau sup sebagai cara agar tidak lapar saat puasa.

Baca Juga • Mengenal Manfaat Jeruk Bali yang Ternyata Menyehatkan • Mana yang Boleh dan Tidak? Ini Rekomendasi Makanan untuk Penderita Divertikulitis • Apakah Manisan Mangga Kering Sehat?

3. Porsi makan yang cukup Cara agar cara menahan lapar saat puasa lapar saat puasa lainnya mengonsumsi porsi makan yang cukup saat berbuka dan sahur.

Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup, kebutuhan nutrisi Anda bisa terpenuhi dengan baik. Namun, sebagian dari Anda mungkin ingin menurunkan berat badan sehingga memaksakan diri untuk mengonsumsi sedikit makanan saja pada waktu berbuka hingga sahur.

Akan lebih baik jika Anda meninggalkan kebiasaan ini dulu. Pasalnya, di samping membuat Anda semakin kelaparan, kurang makan juga dapat memengaruhi fungsi organ tubuh dan bahkan menghambat kinerja otak selama berpuasa. 4. Berolahraga di waktu yang tepat Memilih waktu olahraga yang tepat dapat menjadi cara menahan lapar dan haus saat puasa. Olahraga ringan saat puasa dapat membuat tubuh Anda bugar dan menjaga kondisi fisik Anda dalam keadaan prima.

Cobalah untuk berolahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau joging, sekitar satu jam sebelum berbuka atau beberapa jam setelah berbuka. Jangan berolahraga berat di siang hari, apalagi dalam kondisi hari panas.

Sebagian orang mungkin dapat melakukannya, tapi kebanyakan orang umumnya merasa kepayahan dan tidak dapat menahan puasanya setelah berolahraga berat. 5. Alihkan rasa lapar dengan melakukan kesibukan lain Cobalah untuk mengalihkan pikiran Anda dengan mengerjakan sesuatu sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berkebun, atau pekerjaan kantor yang tertunda. Bukan rahasia lagi jika larut dalam pekerjaan kerap membuat seseorang lupa akan cara menahan lapar saat puasa. Jadi, jangan lagi menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Dengan mengerjakan sesuatu, waktu bisa terasa cepat berlalu dan Anda tidak mudah tergoda dengan rasa lapar dan haus. 6. Istirahat yang cukup Istirahat yang cukup akan membantu Anda menahan lapar lebih baik keesokan harinya. Â Selama bulan Ramadan cobalah untuk tidur lebih cepat dibandingkan biasanya. Tidur yang cukup membuat tubuh memiliki banyak energi untuk beraktivitas dan mencegah mood swing yang bisa memengaruhi keinginan untuk makan.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengatur pola tidur agar bisa  istirahat dan bangun di jam yang sama setiap harinya selama menjalan ibadah puasa. Itulah cara agar tidak lapar saat puasa yang dapat Anda terapkan.

cara menahan lapar saat puasa

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, seperti hamil, menyusui, sedang sakit berat, atau memiliki gangguan makan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mencoba berpuasa dan mendapatkan manfaatnya. Sebab, kelompok-kelompok ini termasuk rentan dan memerlukan makan secara teratur untuk menjaga kondisi kesehatannya. Jika Anda punya pertanyaan seputar puasa sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis.

Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.Di tengah pandemi virus corona ini, umat muslim tetap diharuskan berpuasa di bulan Ramadan selama 30 hari penuh. Pasalnya, puasa menjadi salah satu kewajiban dengan segudang manfaat yang harus dijalankan. Salah satu manfaatnya adalah puasa terbukti baik untuk kesehatan orang-orang yang menjalankannya. Selama puasa, kamu diharuskan untuk menahan hawa nafsu, rasa lapar, dan haus.

cara menahan lapar saat puasa

Adapun kamu akan menahan semua itu sejak waktu subuh hingga waktu berbuka puasa ketika matahari sudah terbenam. Namun, kamu tidak akan melaluinya dengan mudah. Khususnya rasa lapar, kamu akan berusaha menahan perutmu yang sudah keroncongan itu sampai magrib tiba. Bagi kebanyakan orang, menahan lapar merupakan hal yang sulit dilakukan.

Bagaimana tidak, biasanya kamu makan 3 kali sehari atau lebih, tiba-tiba jadi hanya boleh makan saat sahur, magrib, dan malam hari. Belum lagi jumlah camilan kamu sehari-hari. Perubahan ini lah yang menjadi salah satu faktor kenapa kamu susah menahan lapar saat puasa. Untungnya, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan itu karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan lapar selama puasa. Berikut beberapa cara menghilangkan rasa lapar saat puasa, dijamin kuat hingga buka puasa!

unsplash.com/Damirspanic Minum banyak air menjadi metode paling sederhana, mudah, dan paling sehat untuk mencegah rasa lapar saat berpuasa. Bukan tanpa sebab, ketika kamu merasa lapar, sering kali itu adalah rasa haus alih-alih lapar. Maka dari itu kamu harus menyiapkan diri dengan minum sebanyak-banyaknya saat sahur.

Selain itu, melansir Productivemuslim, air bisa menghidrasi tubuh dan menyegarkan pikiran. Ini merupakan fakta yang tak bisa ditolak di mana meminum air bersih menjadi senjata paling ampuh untuk memerangi kelaparan, jauh lebih baik daripada minuman seperti kopi atau minuman soda. Pexels/Gustavo Fring "Loh kan olahraga bikin capek!" Baik sedang berpuasa atau tidak, melakukan olahraga secara teratur itu penting karena menjadi salah satu cara tercepat di mana tubuh kita diminta untuk bernapas lebih dalam.

Jika olahraga dilakukan dengan benar meskipun 'cuma' jogging, itu bisa memberi kamu dorongan energi. Apalagi ketika lapar kamu pasti kekurangan energi, kan? Itulah pentingnya tetap berolahraga selama puasa. pexels.com/Joao Jesus Ketika kamu merasa lapar, jangan fokus pada pikiran bahwa kamu sedang lapar.

Kamu harus segera mengalihkan perasaan lapar tersebut dengan menyibukkan diri. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengaburkan fokus dari lapar, seperti berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga beres-beres kamar. Selama melakukan kegiatan tersebut, kamu pasti akan lupa bahwa kamu sedang lapar. Apalagi menyibukkan diri juga bisa membuat kamu lupa waktu sehingga tiba-tiba sudah azan magrib yang artinya kamu bisa kembali makan.

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? • [QUIZ] Ketahui Kepribadianmu Berdasarkan Sumber Protein yang Kamu Pilih • Studi: Bakteri dalam Urine Bisa Jadi Indikator Kanker Prostat Baca Juga: 8 Saran WHO soal Ramadan di Tengah COVID-19, Bolehkah Pasien Puasa? pexels.com Hobi tiap orang pasti beragam.

Ada yang senang membaca buku, mendengarkan musik, hingga melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepak bola, basket, ataupun tenis. Untuk menghilangkan lapar selama puasa, alangkah baiknya kamu melupakan perasaan lapar tersebut dengan menjalani hobi yang kamu sukai. Khususnya ketika melakukan hobi yang berkaitan dengan aktivitas fisik, rasa lapar pasti hilang meskipun kamu sedang puasa.

Ini bisa terjadi karena kamu akan fokus pada kegiatan kamu, bukan pada perut yang keroncongan minta makan. pixabay.com/leninscape Meditasi memang tidak mudah untuk dilakukan, namun cara ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa lapar.

Ketika melakukan meditasi, pikiran kamu akan menjadi jernih dan tenang. Kamu jadi bisa mengontrol emosi dan perasaan lapar kamu supaya segalanya tetap lancar hingga waktu buka puasa.

pixabay.com Mengutip Times of India, puasa memiliki efek kuat terhadap orang-orang yang menjalaninya. Kamu jadi bisa lebih mudah dalam mengontrol sesuatu, termasuk otak, suasana hati, dan lapar. Ketika kamu merasa lapar, yakinkanlah dirimu untuk tetap kuat bahwa ada sesuatu yang jauh lebih baik sedang menunggu.

nypost.com Tidur harus dilakukan dalam takaran yang cukup, tidak boleh terlalu lama cara menahan lapar saat puasa sebentar. Ketika kamu tidak tidur cukup, kamu pasti akan merasa kelelahan.

Oleh karena itu, usahakan selama bulan Ramadan ini kamu tidur lebih cepat supaya bisa bangun dalam keadaan segar di saat sahur. Tidak hanya itu, tidur juga bisa menjadi opsi ketika kamu merasa lapar. Contohnya pasca salat zuhur, kamu bisa mengambil waktu untuk tidur siang agar melupakan lapar sejenak.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa lapar saat cara menahan lapar saat puasa yang harus kamu ketahui. Kalau sudah merasa lapar, langsung praktikkan cara-cara di atas saja! Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa, Tak Perlu Minum Air!

Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya • 10 Potret Alternatif Pengganti Cara menahan lapar saat puasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Menjalani puasa di bulan Ramadan sebenarnya bukan hanya tentang menahan rasa lapar dan haus, namun juga bagaimana kamu menahan hawa nafsu dan momen untuk menjalankan ibadah lebih baik lagi.

Seperti yang sudah cara menahan lapar saat puasa di atas, menahan lapar menjadi salah satu yang harus kamu jalankan saat berpuasa. Menahan rasa lapar saat puasa di awal memang sering terasa berat, namun bila sudah terbiasa kamu akan mampu melewatinya dengan baik, hingga akhirnya waktu berbuka puasa. Manfaat menjalankan puasa Kamu tentu sudah mengetahui berbagai manfaat yanh didapatkan kala menjalankan puasa. Sekadar mengingatkan, berikut beberapa dari sekian banyak manfaat dari puasa.

Dengan puasa kamu berarti memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat. Sehingga, kamu setidaknya telah membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan. Selain itu, dengan berpuasa kamu juga dapat memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.

Berpuasa juga dapat menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh. Puasa juga mampu menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh. Puasa juga mampu Meremajakan sel-sel tubuh.

Karena saat berpuasa organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya. Bagi organ tubuh, puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

Baca juga 5 Alasan Kenapa Berat Badan Naik Saat Puasa Cara menahan lapar saat puasa Menjalani pola makan sehat saat berpuasa akan mampu menjaga tubuh kamu tetap fit, walaupun lapar dan haus kamu rasakan. Berikut cara menahan lapar saat puasa cara atau tips menahan rasa lapar dan haus bagi kamu yang menjalankan puasa di bulan Ramadan. 1. Melakukan olahraga ringan Gambar: Berolahraga juga perlu dilakukan saat puasa. (Foto: Pixabay) Jangan pernah berpikir ketika berpuasa untuk bermalas-malasan dan tidak bergerak.

Gerakanlah tubuh dengan jalan-jalan. Cobalah berjalan santai saat pagi atau sore ketika udara masih segar di sekitar rumah atau dimana saja selama kamu mampu, alangkah baiknya jika memilih jalan santai di tempat yang sejuk seperti taman. Jalan santai meningkatkan efek membakar lemak saat berpuasa.

Dengan begitu tubuhmenjadi lebih sehat karena meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh pada umumnya. dan juga biasanya tingkat lapar menjadi berkurang. [blproducts title="Produk pilihan alat olahraga" ids="16viqi6,2bjvkb,reo3hs"] 2.

Cukupi kebutuhan cairan dan elektrolit Gambar: Jangan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan selama puasa. (Foto: Pixabay) Walaupun menjalankan puasa, kamu tetap harus mengonsumsi 2 liter air dalam satu hari. Untuk memenuhinya bisa kamu lakukan saat sahur dan berbuka puasa. Waktu konsumsi air yang disarankan cara menahan lapar saat puasa 2 gelas saat berbuka, 4 gelas pada malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Untuk kebutuhan elektrolit, selama kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak melewati sahur, dan mengonsumsi cukup sayuran dan buah, sebenarnya kebutuhan elektrolit sudah terpenuhi. Baca juga 5 Rekomendasi Aplikasi Kuliner Terbaik untuk Cari Tempat Buka Puasa Bersama 3. Konsumsi makanan sahur dengan gizi seimbang Gambar: Makan makanan dengan gizi seimbang saat sahur.

(Foto: Pixabay) Saat sahur, kamu disarankan untuk makan 30 menit sebelum waktu imsak. Untuk menunya, akan lebih baik dengan menu makanan yang lambat dicerna, tinggi serat, serta perbanyak buah dan sayuran yang tinggi vitamin juga mineral. Hindari mengonsumsi terlalu banyak garam (termasuk MSG, monosodium glutamate) yang biasanya banyak terkandung dalam makanan instan, makanan yang diawetkan (seperti makanan kaleng, dendeng, abon, ikan asin, telur asin), kopi dan teh karena akan menyebabkan dehidrasi.

4. Konsumsi 2 kali makanan selingan sebelum tidur Gambar: Cemilan sehat sebelum tidur boleh dilakukan saat puasa. (Foto: Pixabay) Untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi harian dan untuk menghindari ngemil gorengan sepanjang malam, disarankan untuk menjadwalkan 1 – 2 kali ngemil sehat (dengan selang waktu 1 jam) sebelum tidur.

Jumlah makanan selingan yang dikonsumsi juga tidak boleh terlalu banyak. Sebagai contoh, dalam 1 kali selingan, yang dikonsumsi adalah ½ buah alpukat, atau 1 genggam (±10 buah) kacang-kacangan, atau 1 cangkir yoghurt dengan buah.

5. Menganggap puasa sebagai salah satu cara diet Gambar: Anggap puasa menjadi aktivitas program diet. (Foto: Pixabay) Ketika kamu sedang berpuasa, cobalah untuk berpikir bahwa kamu hanya sedang menunda waktu makan. Sama seperti ketika sedang diet, kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi suatu makanan yang mengandung gula.

Lain halnya berpuasa, kamu dituntut untuk menahan lapar dan haus. [blproducts title="Produk suplemen untuk diet" ids="fzp30f,pi4ruu,pd3ypk"] Baca juga 5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa Jangan lupa untuk tetap mengonsultasikan cara-cara di atas ke dokter kamu.

Agar kondisi tubuh kamu tetap sehat, terjaga, dan fit selama menjalan ibadah puasa. Selamat berpuasa!

CARA MENAHAN LAPAR SAAT BERPUASA WAJIB COBA!!!




2022 www.videocon.com