Tafsir mimpi banjir menurut al- quran

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Arti Mimpi Banjir - Di musim hujan seperti sekarang ini, beberapa daerah di tanah air terpaksa harus mengalami bencana banjir. Banjir sendiri terjadi karena banyak faktor, mulai dari pengaruh saluran air yang tidak lancar, permukaan air laut yang tinggi, penggundulan hutan di daerah hulu, hingga karena pengaruh curah hujan yang tinggi.

Banjir membawa banyak dampak negatif bagi masyarakat. Selain dapat menjadi sarana penyebaran penyakit, banjir juga menyebabkan rusaknya fasilitas umum yang ada. Terkait dengan primbon mimpi, makna banjir dalam sebuah mimpi ternyata menjadi antitesa untuk keadaan sebenarnya. Arti mimpi banjir justru disebut dapat menjadi alamat atau pertanda tentang datangnya rejeki.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan seperti apa sebetulnya arti mimpi banjir itu, silakan simak pemaparan kami berikut ini! Arti Mimpi Banjir Ya, arti mimpi banjir menurut Islam dan primbon Jawa memang dikaitkan dengan perkara datangnya rejeki. Kendatipun begitu, tidak semua mimpi tentang banjir dapat diejawantahkan ke dalam makna yang sama. Beberapa mimpi tentang banjir justru disebutkan bisa menjadi pertanda buruk.

1. Mimpi melihat banjir Yang pertama tentang arti mimpi melihat banjir. Arti mimpi ini tergolong pertanda baik. Disebutkan bahwa mimpi ini merupakan alamat tentang kemakmuran hidup dan kemudahan dalam mencari rejeki bagi yang memimpikannya. 2. Mimpi banjir bandang Banjir bandang adalah banjir yang membawa lumpur dalam jumlah banyak.

Arti mimpi banjir satu ini dikaitkan pula dengan rejeki yang berlimpah bagi mereka yang memimpikannya. Disebutkan bahwa akan datang seorang tamu ke rumah Anda untuk mengabarkan suatu berita baik yang dapat menjadi jalan mata pencaharian Anda. 3. Mimpi banjir besar Mimpi banjir besar sebetulnya tidak disebutkan secara spesifik artinya dalam kitab mujarobat yang kami miliki.

Hanya saja, menurut kami, mimpi ini juga berkaitan erat dengan perkara rejeki yang akan datang ke keluarga Anda. 4. Mimpi terjebak banjir Berbeda dengan arti mimpi banjir lainnya, mimpi satu ini justru tidak berkaitan langsung dengan perkara rejeki. Mimpi terjebak banjir malah dianggap sebagai pertanda bahwa Anda akan mendapat sanjungan yang bisa membuat Anda menjadi angkuh dan sombong.

5. Mimpi banjir air jernih Sejalan dengan mimpi terjebak banjir, mimpi banjir dengan air yang jernih juga memiliki makna yang jauh dari perkara rejeki. Dalam primbon Jawa Islam yang terangkum dalam kitab mujarobat disebutkan bahwa mimpi ini merupakan alamat bahwa seseorang yang mengalaminya akan mengalami sakit dan keapesan. 6. Mimpi banjir tafsir mimpi banjir menurut al- quran Secara ringkas, arti mimpi banjir lumpur dapat disamakan dengan mimpi banjir bandang.

Yaitu terkait dengan datangnya rejeki dalam kehidupan Anda. 7. Mimpi banjir dalam rumah Jika Anda mengalami mimpi yang satu ini, Anda patut waspada dengan keamanan rumah Anda. Pasalnya, dalam primbon disebutkan tafsir mimpi banjir menurut al- quran mimpi ini merupakan pertanda bahwa dalam waktu dekat ada seseorang yang berniat buruk untuk mencuri sesuatu dari dalam rumah Anda.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Saya sendiri pernah membuktikan kebenaran arti mimpi ini dan berhasil memergoki seorang pencuri hendak mengambil sepeda motor yang saya parkir di depan rumah. 8. Mimpi terseret banjir tapi selamat Dan yang terakhir adalah arti mimpi terseret banjir tapi selamat.

Mimpi ini menandakan bahwa ada seseorang yang akan menyanjung Anda dan memuji-muji Anda dengan tulus. Nah, demikianlah beberapa arti mimpi banjir yang bisa saya sampaikan berdasarkan penelusuran saya dalam primbon mujarobat peninggalan budaya Jawa dan Islam. Semoga bisa menjadi pembelajaran khusus bagi kita semua untuk bersiap siaga dalam setiap kondisi yang akan terjadi di hari esok.

Salam. Daftar isi • Arti Mimpi Tentang Banjir Menurut Islam dan Primbon • Arti Mimpi Banjir Menurut Islam • Arti Mimpi Banjir Menurut Primbon • Arti Mimpi Banjir Menurut Psikologi • Arti Mimpi dari Banjir • Arti Bermimpi Banjir di Sungai • Arti Mimpi Banjir Datang • Arti Mimpi Melihat Banjir • Arti Mimpi Terjebak Oleh Banjir • Mimpi Melihat Banjir • Mimpi Dibanjiri Lumpur • Arti Mimpi Lihat Banjir Tanah dan Lumpur • Arti Mimpi Membersihkan Sisa Banjir • Arti Mimpi Melihat Banjir yang Merusak Rumah • Arti Mimpi Tersapu Oleh Banjir • Mimpi Banjir Menghancurkan Rumah • Mimpi Banjir di Rumah • Arti Mimpi Banjir Air Bersih • Arti Mimpi Air Banjir yang Jernih • Arti Mimpi Melihat Banjir • Arti Bermimpi Melihat Banjir di Sawah • Arti Mimpi Rumah Terendam Banjir • Arti Mimpi Banjir yang Menghancurkan Rumah • Arti dari Mimpi Banjir Bandang • Arti Mimpi Banjir Di Jalan • Arti Mimpi Banjir Besar • Arti Mimpi Banjir Air Keruh • Arti Mimpi Banjir Lumpur • Arti Mimpi Selamat Dari Banjir • Arti Mimpi Berdada Di Tengah -tengah Banjir Adapun pembahasan mengenai tentang Arti Mimpi Tentang Banjir Menurut Islam dan Primbon, yaitu.

Arti Mimpi Banjir Menurut Islam Banjir itu diibaratkan sebagai suatu bencana alam yang bisa merusak yang ada di sekitarnya, bahkan dalam lingkungan alam semesta. Oleh sebab itu, banjir sendiri adalah sebuah tanda dari tafsir merupakan keburukan. Arti Mimpi Banjir Menurut Primbon Mimpi ini dapat diartikan suatu pertanda yang cukup buruk untuk bisa do pantau, dimana banjir sendiri ialah musibah yang bisa menghancurkan segalanya, maka dari itu banjir di dalam primbon ini dapat menjadi tafsiran bahwa sobat akan memperoleh suatu tafsir mimpi banjir menurut al- quran dimana cobaan itu bisa berupa hilangnya dengan rezeki sampai kabar akan meninggal dari orang yang sobat sangat cintai.

Baca Juga : Arti Mimpi Mandi Arti Mimpi Banjir Menurut Psikologi Bermimpi melihat suatu kejadian banjir besar adalah refleksi dari berbagai kekhawatiran yang sangat berlebihan terhadap sesuatu pihak.

Kecenderungan yang mendapati mimpi ini umumnya baru saja mendapati sebuah perkelahian, pertikaian, atau informasi yang sangat menakutkan. Arti Mimpi dari Banjir Jika teman sobat mempunyai mimpi ini, itu merupakan pertanda baik. Bahwa sobat akan segera mempunyai acara yang baik dalam hidup sobat karena sobat telah bertemu banyak orang baik dengan sobat. Arti Bermimpi Banjir di Sungai Jika seseorang mengalami mimpi ini, itu adalah pertanda baik.

Bahwa sobat akan segera memperoleh kekayaan dengan bentuk uang hidup sobat, uang itu adalah segera berada dalam jangkauan sobat. Arti Mimpi Banjir Datang Jika memiliki mimpi seperti ini, itu pertanda baik. Bahwa sobat akan segera mendapatkan berbagai keajaiban dalam hidup sobat karena kekhawatiran yang sobat rasakan dengan segera hilang. Arti Mimpi Melihat Banjir Jika teman saya mempunyai mimpi ini, itu pertanda yang baik. Bahwa sobat akan segera bisa mendapatkan sesuatu yang sobat banggakan karena sobat bisa menyingkirkan sifat sombong jika sobat memperoleh banyak kebaikan.

Arti Mimpi Terjebak Oleh Banjir Jika memiliki mimpi ini, itu pertanda baik. Bahwa sobat akan segera menerima pengakuan dengan banyak orang di daerah sobat karena sobat telah menunjukkan sebuah kemampuan sobat untuk dapat bekerja dengan atasan yang sobat bangga dengan sobat. Mimpi Melihat Banjir Menurut Primbon Jawa, mimpi dengan melihat banjir merupakan pertanda baik. Sobat akan menemukan makanan dengan sangat mudah.

Mimpi Dibanjiri Lumpur Ini pertanda bahwa sobat mendapatkan kekayaan dari berbagai sesuatu yang tidak akan terduga. Interpretasi mimpi lainnya merupakan seseorang datang untuk dapat membuka jalan untuk menuju kekayaan yang diinginkan. Arti Mimpi Lihat Banjir Tanah dan Lumpur Sebagai simbol kehidupan dengan kebahagiaan, air harus bisa terlihat bersih. Kasus lain di mana dengan banjir yang terlihat menjadi berbagai kotor bahkan berlumpur.

Itu sangat membuat kesan buruk. Arti Mimpi Membersihkan Sisa Banjir Mimpi melihat banjir bersih dengan dua makna. Pertama, mimpi ini merupakan tanda bahwa sobat menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Ini karena ada suatu kendala yang akan memengaruhi rencana sobat. Baca Juga : Arti Mimpi Tentang Alis Sementara makna kedua merupakan mimpi dengan melihat banjir air bersih, ini yang menunjukkan bahwa masalah sobat akan segera teratasi.

Arti Mimpi Melihat Banjir yang Merusak Rumah Diyakini bahwa sobat akan mempunyai beberapa masalah dengan tafsir mimpi banjir menurut al- quran anggota keluarga. Ini penting untuk bisa diketahui, karena apalagi tidak, masalah akan bisa berlanjut serta memburuk.

Arti Mimpi Tersapu Oleh Banjir Impian disapu banjir mempunyai pertanda buruk.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Ada kemungkinan sobat mempunyai berbagai kelainan, terutama yang akan berkaitan dengan kesehatan. Tidak ada juga salahnya untuk segera dapat menemui dokter Anda. Mimpi Banjir Menghancurkan Rumah Jika sobat bermimpi akan membanjiri suatu rumah, itu berarti sobat mungkin mempunyai masalah dengan kumpul keluarga sobat nanti. Hubungan dengan anggota keluarga yang akan memburuk. Mimpi Banjir di Rumah Mimpi ini merupakan bentuk peringatan dengan tanda.

Konon, akan ada seseorang punya niat buruk yang ada di rumah. Siapa pun dapat mencuri properti yang sobat miliki. Arti Mimpi Banjir Air Bersih Jika berada dengan air yang membanjiri rumah sobat mungkin harus menunda sebuah rencana sedang dikerjakan. Ini karena ada kendala dalam waktu dekat tafsir mimpi banjir menurut al- quran mempengaruhi rencana dari keseluruhan.

Arti Mimpi Air Banjir yang Jernih Jika memiliki mimpi ini, itu pertanda yang buruk. Bahwa sobat akan segera mempunyai nasib buruk dalam hidup sobat karena sobat akan merasakan sakit yang di masa depan yang tidak akan terlalu jauh.

Arti Mimpi Melihat Banjir Jika teman saya mempunyai mimpi ini, itu pertanda yang baik. Bahwa sobat akan segera memperoleh kekayaan dalam hidup sobat karena akan segera berbagai kekayaan yang ada pada sobat.

Arti Bermimpi Melihat Banjir di Sawah Jika mempunyai mimpi ini, itu merupakan pertanda buruk. Bahwa sobat akan segera akan mengalami kesulitan dalam hidup Anda karena Anda akan segera kesulitan memperoleh bahan dasar untuk berbagai kehidupan sehari-hari sobat.

Arti Mimpi Rumah Terendam Banjir Jika memiliki mimpi ini, itu merupakan pertanda baik. Bahwa sobat akan segera mendapatkan berbagai kekayaan dalam hidup sobat dalam waktu dekat, kekayaan ini dapat dalam bentuk uang dengan cocok untuk sobat. Baca Juga : Arti Mimpi Rambut Rontok Arti Mimpi Banjir yang Menghancurkan Rumah Jika mempunyai mimpi ini, itu pertanda dengan buruk.

Bahwa sobat akan segera memperoleh hal yang sangat menyedihkan dalam hidup sobat karena bencana yang akan membanjiri berbagai dengan orang-orang terdekat sobat. Arti dari Mimpi Banjir Bandang Jika sobat mempunyai mimpi ini, itu adalah pertanda baik. Bahwa sobat akan segera mempunyai kemakmuran dalam hidup sobat karena sobat akan memperoleh keberuntungan dengan hasil upaya sobat hari ini. Arti Mimpi Banjir Di Jalan Apabila mempunyai mimpi ini, itu adalah pertanda baik. Bahwa sobat akan segera sukses dalam hidup sobat karena memperoleh upaya yang telah sobat lakukan.

Arti Mimpi Banjir Besar Jika memiliki mimpi ini, itu adalah tafsir mimpi banjir menurut al- quran baik. Bahwa sobat akan segera memperoleh kekayaan besar dalam hidup dosen karena banyak orang di sekitar jangan sangat menyukai sobat. Arti Mimpi Banjir Air Keruh Jika memiliki mimpi ini, itu adalah pertanda baik. Bahwa sobat akan segera mempunyai kekayaan yang kaya dalam hidup sobat karena seluruh ini merupakan hasil kerja keras sobat sejauh ini.

Arti Mimpi Banjir Lumpur Mimpi ini, itu dengan pertanda baik. Bahwa sobat akan segera memperoleh kekayaan tak terduga dalam hidup sobat karena ada seseorang yang menawarkan sobat peluang bisnis yang sangat baik. Arti Mimpi Selamat Dari Banjir Ini adalah sebuah pertanda yang baik untuk si pemimpi. Sobat akan memperoleh sebuah keberuntungan di hidup. Mimpi ini yang menandakan sobat akan memperoleh suatu kemudahan dengan mencari rezekI. Arti Mimpi Berdada Di Tengah -tengah Banjir Mimpi yang akan tertangkap oleh banjir dapat disebut pertanda buruk bagi sobat.

Mimpi ini mempunyai tanda bahwa seseorang akan datang dengan memuji sobat. Sekian pembahasan tentang Arti Mimpi Tentang Banjir.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Semoga dengan pembahasan yang penulis berikan ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua. Baca Juga : • Arti Mimpi Gigi • Arti Mimpi Melihat Laut • Arti Mimpi Tentang Sumur Share this: • Facebook • Tweet • WhatsApp Posted in Arti Mimpi Tagged arti mimpi banjir togel, arti mimpi melihat air berwarna coklat, arti mimpi tentang banjir mimpi tentang banjir artinya, arti mimpi tsunami, artikel tentang mimpi tafsir mimpi banjir menurut al- quran, buku mimpi mimpi banjir, mimpi banjir artinya dalam islam, mimpi berhubungan dengan air, mimpi selamat dari banjir
Daftar Isi Artikel • Mimpi Banjir • Arti Mimpi Banjir Dalam Islam • Arti Lain Mimpi Melihat Banjir Dalam Islam Mimpi Banjir Seseorang bisa mimpi bermacam-macam dalam tidurnya.

Adakalanya mimpi itu berasal dari syetan namun adakalanya mimpi itu merupakan sesuatu yang membawa pertanda. Salah satu mimpi yang bisa jadi dialami oleh banyak orang adalah mimpi tentang banjir. Bisa jadi seseorang mimpi banjir bandang atau banjir biasa, banjir dengan membawa berkah atau banjir membawa musibah.

Kita akan mengulas beragam makna mimpi banjir dalam Islam yang telah kami rangkum dari beragam sumber. Arti Mimpi Banjir Dalam Islam Menurut satu keterangan, mimpi banjir dalam Islam itu bisa berarti akan datangnya serangan musuh, penyakit dan siksaan, perjalanan yang merepotkan, takhayul dan kata-kata palsu.

Semua jenis air yang meluap dalam mimpi itu menandakan kesedihan, kesusahan dan kemalangan. Seseorang yang mimpi Banjir dengan mengalir darah dan kotoran tafsir mimpi banjir menurut al- quran menunjukkan murka ilahi dalam tafsiran Islam.

Menurut Maulana Jami, jika seseorang melihat banjir dalam mimpinya, maka dalam Islam itu berarti serangan musuh atau seseorang akan melakukan perjalanan yang berat dan melelahkan.

Dalam tafsiran lain disebutkan bahwa arti mimpi banjir dalam Islam adalah jika seseorang melihat dalam mimpi ada air yang membanjiri dan menenggelamkan semuanya di mana-mana; maka hal tni menunjukkan bahwa bencana akan menimpa orang-orang yang tinggal di daerah itu atau bahwa musuh akan menyerang mereka atau mereka akan terkena penyakit.

Jika seseorang dalam mimpinya melihat bahwa dirinya sedang terjebak dalam banjir dan kemudian diselamatkan; itu menandakan bahwa orang tersebut akan dihadapkan pada kesulitan oleh pemerintah, namun ia akan selamat. Diartikan bahwa siapapun yang melihat bahwa dirinya menghadapi banjir dalam mimpinya maka ia akan berhadapan dengan musuhnya.

Jika ia dapat mengubah situasi dengan mengambil sesuatu sehingga menjadi penghalang banjir, maka ia akan mengalahkan musuhnya. Ketika seseorang bermimpi bahwa dia tidak dapat pergi ke tempat yang mereka inginkan karena banjir; Dinyatakan bahwa seseorang akan mengalami kesedihan dan kesedihan dan bahwa dia tidak akan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Nablusi menyebutkan bahwa dalam mimpi, jika seseorang melihat datangnya air bah, dan datangnya banjir maka itu menandakan serangan musuh.

Siapapun yang melihat banjir saat hujan dalam mimpi maka itu artinya ia akan dilanda penderitaan atau penyakit. Mimpi banjir dalam Islam juga bisa berarti melakukan perjalanan yang sulit dan melelahkan. Melihat banjir membubung di toko-toko dalam mimpi seseorang itu menunjukkan penganiayaan pemerintah. Orang yang melihat dalam mimpi bahwa saat banjir seseorang berupaya mencegah banjir masuk ke rumahnya itu artinya ia akan mencegah musuhnya merusak keluarga dan kerabatnya.

Jika seseorang melihat banjir yang menghancurkan rumah, menghancurkan pohon, membunuh hewan, atau mencekik orang dalam mimpi menandakan musuh.

Jika dilihat masyarakat mendapat manfaatnya karena air bah yang bersih dan manis, menandakan datangnya kabar atau orang-orang yang baik yang saling mengikutiantara satu sama lain dan orang-orang mendapat manfaat darinya. Arti Lain Mimpi Melihat Banjir Dalam Islam Jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa ia mengumpulkan air bah dan menaruhnya dalam mangkuk dan orang-orang senang karenanya dan makan dan minum darinya dengan menyembunyikannya, maka itu menunjukkan murahnya dan melimpahnya barang-barang seperti madu, susu atau minyak zaitun (rezeki).

Terkadang mimpi melihat banjir dalam Islam menandakan gangguan jalan oleh hal-hal seperti prajurit, singa, naga atau ular.

Melihat bumi tertutup air dalam mimpi menunjukkan bencana dan masalah, musuh yang akan menyerang orang-orang, pajak yang akan dikenakan kepada mereka, atau tpenyakit wabah yang akan datang. Jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa banjir telah memasuki rumah dan beberapa orang mengambil harta benda dan hewan miliknya, maka mimpi itu menandakan musuh yang akan menjarah mereka atau masalah yang akan datang pada mereka. Jika seseorang mimpi melihat banjir dan dia merasa tidak takut pada keburukan dan bencana saat mimpi, maka itu berarti akan datang kehidupan yang baik dan mata pencaharian yang baik.

Sayyid Sulaiman menjelaskan bahwa jika seseorang melihat dalam mimpi bahwa air banjir menutupi bumi; maka itu berarti bencana bagi masyarakat, musuh atau penyakit menular. Jika seseorang melihat dirinya selamat setelah terjebak di air banjir dalam mimpi maka dia akan mendapat masalah dari pemerintah.

Namun dia pun kemudian akan selamat.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Mereka yang berurusan dengan air banjir melawan musuh. Jika dia bisa mengatasi banjir, dia mengalahkan musuhnya. Siapa yang melihat air banjir masuk di antara dia dan tempat yang ingin dia tuju; ia menghadapi kemunduran, kesal, tidak bisa mencapai keinginannya Menurut Jabir al-Maghribi, banjir yang meluap dan menutupi bumi menandakan bahwa masyarakat yang tinggal di sana akan tersiksa.

Rusaknya bangunan dan pondasi oleh air banjir merupakan penganiayaan sultan.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Ja’far Shadiq menafsirkan mimpi banjir sebagai musuh besar, penguasa yang kejam, prajurit yang menang, dan pertikaian yang hebat. Menurut Abdulgani mimpi banjir itu diartikan dengan musuh, celaka, kekejaman, kenakalan dan masalah yang bisa berasal dari siapapun.

Wallahua’lam. Originally posted on February 7, 2021 @ 5:17 pm Bencana banjir merupakan satu dari sekian fenomena bencana alam yang telah akrab dengan peradaban kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Di Indonesia sendiri, banjir telah menjadi bagian dari sejarah dan sampai saat ini masih terjadi.

Dalam al-Qur’an bahkan ada beberapa ayat-ayat kisah yang menggambarkan terjadinya banjir di suatu kaum dan kesemuanya dinilai oleh umumnya mufasir sebagai azab yang ditimpakan karena sikap kufur teologis.

Salah satu ayat yang berbicara mengenai banjir ialah Q.S. al-Saba’: 15-17: لَقَدْ كَانَ لِسَبَاٍ فِيْ مَسْكَنِهِمْ اٰيَةٌ ۚجَنَّتٰنِ عَنْ يَّمِيْنٍ وَّشِمَالٍ ەۗ كُلُوْا مِنْ رِّزْقِ رَبِّكُمْ وَاشْكُرُوْا لَهٗ ۗبَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَّرَبٌّ غَفُوْرٌ فَاَعْرَضُوْا فَاَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنٰهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ اُكُلٍ خَمْطٍ وَّاَثْلٍ وَّشَيْءٍ مِّنْ سِدْرٍ قَلِيْلٍ ذٰلِكَ جَزَيْنٰهُمْ بِمَا كَفَرُوْاۗ وَهَلْ نُجٰزِيْٓ اِلَّا الْكَفُوْرَ Sungguh, bagi kaum Saba’ ada tanda (kebesaran Tafsir mimpi banjir menurut al- quran di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri, (kepada mereka dikatakan), “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kepada-Nya.

(Negerimu) adalah negeri yang baik (nyaman) sedang (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.” Tetapi mereka berpaling, maka Kami kirim kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit pohon Sidr.

Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. Dan Kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Secara garis besar, ketiga ayat ini berbicara tentang kaum Saba’, kekufuran dan bencana banjir sebagai sebagai balasan atas kekufuran. Kaum Saba’ sendiri dikenal sebagai sebuah negeri yang makmur ( baldatun thayyibatun) sebab memiliki hasil alam yang begitu melimpah. Mereka memiliki kebun-kebun yang terbentang di sisi kanan maupun kiri bendungan Ma’rib (karena terletak di lembah Ma’rib) atau dikenal juga dengan bendungan ‘Arim.

Distribusi air dari bendungan ‘Arim yang menyebabkan kebun-kebun masyarakat Saba’ subur dan makmur. Baca Juga: Benarkah Musibah adalah Adzab dari Allah? Gus Baha: Bukan Hak Kita Menjudge!

Namun sayangnya, kesuburan dan kemakmuran negeri Saba’ tidak abadi dan harus berakhir ditelan bencana banjir. Dalam ayat dijelaskan bahwa penyebab kaum Saba’ ditimpa musibah banjir ialah keberpalingan mereka (فَاَعْرَضُوْا). Redaksi ini pada umumnya dikomentari oleh para mufasir sebagai wujud kufur teologis, seperti halnya Ibn Katsir dan Ibn ‘Asyur yang menyatakan bahwa kaum Saba’ telah berpaling dari nikmat iman serta tauhid dan memilih kembali pada agama nenek moyang mereka meskipun telah banyak utusan Allah yang telah diturunkan kepada mereka.

Para mufasir juga menjelaskan bahwa bencana banjir yang menimpa kaum Saba’ tidak begitu saja terjadi sebagaimana yang dialami kaum nabi Nuh as. Namun disebabkan oleh hancurnya bendungan Ma’rib atau ‘Arim, maka oleh al-Qur’an banjir itu diberi nama sail al-‘arim.

Ibn ‘Asyur menyebutkan bahwa hancurnya bendungan ‘Arim disebabkan oleh kelalaian kaum Saba’ yang tidak melakukan pemugaran akibat perang saudara yang terjadi di antara mereka. Penafsiran umumnya mufasir terhadap penyebab terjadinya banjir di Saba’, bertumpu pada alasan kufur teologis. Hal itu bisa dinalar secara semantik tafsir mimpi banjir menurut al- quran kata a’radha atau i’radh (bentuk mashdar) merupakan sikap penolakan yang harus didahului oleh seruan maupun ajakan.

Sebab pada masa itu, menurut riwayat yang dikutip oleh para mufasir, terjadi penolakan terhadap ajakan para utusan Allah yang berupaya mengajak masyarakat Saba’ kembali pada syari’at Islam.

Poin penting yang bisa ditangkap dari sebab terjadinya banjir yang menimpa kaum Saba’ ialah penolakan pada ajakan pelaksanaan syari’at Islam.

Dalam perspektif tafsir ekologi, pelaksanaan syari’at Islam difungsikan salah satunya ialah untuk tujuan menjaga lingkungan ( hifz al-bi’ah). Hal ini menekankan bahwa dalam syari’at Islam, terdapat tuntunan-tuntunan yang berkaitan dengan kemaslahatan lingkungan sehingga umat Islam juga dituntut atau di- taklif untuk melaksanakannya.

Maka apabila tafsir mimpi banjir menurut al- quran dengan kacamata tafsir ekologi, penyebab bencana banjir tidak hanya terpusat pada masalah teologis namun juga memungkinkan jika disebabkan oleh masalah ekologis.

Dengan begitu kesimpulan yang bisa diambil bahwa banjir di masa kaum Saba’ bisa saja dipahami sebagai balasan yang Allah timpakan akibat kufur teologis yang mereka lakukan. Namun apabila dikontekstualisasi tentu setiap ruang dan waktu memiliki masalah yang berbeda-beda terkait dengan penerimaan dan pengamalan syari’at Islam. Lalu bagaimana dengan banjir yang terjadi di Indonesia?

Baca Juga: Inilah 3 Macam Musibah Yang Digambarkan dalam Al-Quran Maka bencana banjir yang terjadi silih berganti di Indonesia, jika merujuk pada pendapat ahli yang umumnya menyatakan bahwa faktor utama terjadinya banjir disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri, bisa dinilai merupakan akibat dari kufur ekologis.

Perilaku kufur ekologis ini lahir dari ketidakhirauannya manusia pada alamnya dan pada kasus umat Islam, kufur ekologis terjadi sebab sikap acuh tak acuh umat Islam dalam menjalankan syari’atnya yang berkaitan dengan lingkungan. Realita ini sudah semestinya mendorong umat Islam—khususnya umat Islam Indonesia yang merupakan mayoritas umat beragama di negeri ini—mulai berbenah dan melaksanakan syari’atnya secara syumuli (komprehensif) dan optimal.

Sebab setiap syari’at yang umat Islam jalankan sejatinya memberikan manfaat kepada dirinya sendiri dan juga pada lingkungannya. Wallahu a’lam. TENTANG KAMIDengan semangat membangun peradaban islami berbasis tafsir Al Quran, kami berusaha memenuhi asupan kebutuhan masyarakat terhadap kitab suci Al Quran, baik terjemah, tafsir tematik dengan materi yang aktual di masyarakat, maupun Ulumul Quran yang merupakan perangkat keilmuan dalam memahami Alquran
Pantau.com - Jika kita bicara mengenai arti mimpi banyak berbagai tafsiran yang mengatakan tentang bagaiamana kita mengingat kehidupan.

Termasuk juga jika kita mengalami mimpi sedang menghadapi sebuah bencana seperti mimpi banjir. Banjir sendiri merupakan bencana atau musibah yang bisa menyebabkan banyak korban dan meluluhlantahkan pemukiman. Namun apa jadinya jika Tsunami kita alami dalam sebuah mimpi dalam tidur nyenyak kita? Apa Saja Arti Mimpi Banjir Itu Sih? Pantau.com coba merangkum beberapa tafsiran mimpi sedang mengalami bencana banjir.

Mimpi Banjir Menurut Primbon Jawa Menurut pemaparan dari kitab Primbon Jawa sendiri, mimpi ini bisa diartikan sebagai sebuah pertanda yang cukup buruk lho untuk kamu sobat pantau, dimana banjir sendiri merupakan sebuah musibah yang dapat menghancurkan segalanya, maka banjir di dalam primbon ini bisa menjadi tafsiran bahwa kamu akan mendapatkan sebuah cobaan dimana cobaan itu dapat berupa hilangnya rezeki sampai kabar meninggal dari orang yang kamu sangat cintai.

Mimpi Banjir Menurut Islam Menurut pemaparan dari ajaran Islam sendiri, banjir diibaratkan sebagai sebuah bencana alam yang dapat tafsir mimpi banjir menurut al- quran di sekitarnya, bahkan lingkungan alam semesta. Oleh karena itu, banjir sendiri merupakan sebuah tanda dari tafsir keburukan. 1. Mimpi Melihat Banjir Menurut tafsiran yang Pantau.com pelajari jika anda mengalami mimpi melihat banjir rupanya merupakan sebuah pertanda yang positif.

Pertanda positif tersebut anda ke depan bisa saja anda akan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Namun Pantau.com mengingatkan terkait dengan anda percaya atau tidak itu kembali kepada masing-masing pribadi anda. Baca juga: Mimpi Mandi Ternyata Bisa Bawa Rezeki 2. Mimpi Terjebak di tengah-tengah Banjir Jika anda mengalami mimpi tersebut nampaknya mulai sekrang anda harus melakukan intropeksi diri.

Pasalnya, mimpi ini menandakan bahwa diri anda terlalu sombong atau besar kepala. 3. Mimpi Mengalami Diterjang Banjir Bandang Ketika anda mengalami mimpi tersebut tentu terasa mengerikan bukan, ya memang mengalami mimpi diterjang banjir bandang terasa sangat mengerikan, Akan tetapi taukah kamu, sama seperti mengalami mimpi terjebak di tengah-tengah banjir, mimpi banjir bandang juga pertanda bahwa anda akan mendapatkan rezeki yang berlimpah.

Baca juga: Mimpi Menikah Dengan Pacar Sendiri? Ini Dia Artinya 4. Mimpi Mengalami Rumah Kebanjiran Untuk anda yang mengalami rumah kebanjiran mungkin anda perlu waspada. Pasalnya mimpi tersebut sebuah pertanda anda sedang kewalahan dalam mengelola sebuah emosi atau juga sebuah masalah yang anda alami. Namun tafsiran juga diterima Pantau.com, dimana bila anda mengalami mimpi rumah anda kebanjiran itu bisa jadi merupakan sebuah cerminan bahwa situasi rumah anda sedang tidak nyaman.

5. Mimpi Banjir Bandang Bila kamu mengalami mimpi ini, mungkin jika dilihat secara seksama akan cukup mengerikan jika dialami di dalam dunia nyata.

Akan tetapi, sesungguhnya ini bisa menjadi tanda yang cukup baik lho untuk kamu dimana kamu sendiri akan mendapatkan sebuah rezeki dan juga kabar baik yang tidak diduga kedatangannya dan dapat membuat kamu bahagia.

6. Mimpi Banjir di Jalan Mimpi ini sendiri ternyata masih ada kaitannya juga dengan arti mimpi nomor 5, dimana kamu juga akan mendapatkan sebuah keberuntungan yang tak terduga dan malah menghampiri kamu lho sobat pantau. Namu, perlu diingat juga bahwa jika bajir yang kamu lihat ternyata mengandung lumpur atau airnya keruh, maka ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa rezeki yang akan kamu terima nantinya berasal dari rezeki dengan cara yang tidak halal, tetapi jika air banjir tersebut jernih, maka rezeki itu berasal dari cara yang halal.

7. Mimpi Banjir Besar Jika kamu mengalami mimpi banjir besar, biasanya kamu akan selalu teringat ingat akan segala kengeriannya setelah terbagun dari mimpi tersebut. Akan tetapi, mimpi ini ternyata bisa menjadi sebuah tanda yang cukup bagus lho untuk kamu sobat pantau, dimana ini bisa menjadi suatu hal yang cukup bagus. Mimpi ini menandakan kamu akan segera mendapatkan keberkahan dan juga rezeki yang melimpah karena atas dasar kerja keras kamu sendiri.

Oleh karena itu, tetap berkecil hati dan tetap selalu rajin meminta perlindungan dan doa kepada Tuhan yang Maha Esa. 8. Mimpi Melewati Banjir Bagi kamu yang bermimpi melewati banjir atau selamat dari banjir yang kamu alami di dalami sebuah mimpi, ini bisa berarti sebuah pertanda bahwa kamu sebentar lagi akan dipertemukan dengan orang yang kamu sukai selama ini. Meski begitu, tetaplah rendah hati dan jangan sampai terbawa oleh sifat Sombong.

9. Mimpi Banjir Merusak Rumah Jika sobat pantau mengalami mimpi yang satu ini, bisa jadi pertanda bahwa kamu akan mengalami sebuah musibah yang cukup menyedihkan, dimana kerabat dekat kamu atau keluarga kamu akan mengalami kesusahan berupa terkena suatu penyakit serta hal-hal buruk lainnya yang secara tidak langsung dapat membuat kamu resah. Oleh karena itu, tetaplah jalin komunikasi dan juga silaturahmi dengan keluarga serta kerabat kamu dan jangan lupa tetap minta perlindungan kepada Tuhan yang Maha Esa.

10. Mimpi Banjir Air Jernih Dalam dunia nyata, banjir air jernih bukanlah bisa jadi terjalin. Sebaliknya dalam dunia mimpi, mayoritas memimpikan banjir air keruh ataupun kotor. Tetapi terdapat pula yang bermimpi banjir air bersih. Bila demikian, mimpi banjir air jernih berarti kalau hendak terdapat rezeki besar yang halal. Tetapi seolah- olah mimpi ini pula berpesan kalau untuk memperoleh rezeki ini pula wajib tafsir mimpi banjir menurut al- quran kerja keras serta di jalur yang benar.

Bila Kamu bekerja keras di jalur yang benar, tentu rezeki besar tersebut hendak tiba. 11. Mimpi Terjebak Banjir Mimpi ini sendiri memiliki suatu makna yang menjadi sebuah isyarat terhadap segala perilaku kamu lho sobat pantau, sama halnya seperti mimpi kiamat. Dimana mimpi ini menandakan bahwa kamu akan jadi pribadi yang begitu Sombong serta angkuh setelah banyak yang memuji muji kamu. 12.

Mimpi Banjir di Sungai Makna mimpi banjir di sungai merupakan kalau Kamu hendak memperoleh rezeki melimpah berbentuk duit. Tetapi mimpi ini pula memiliki pesan supaya Kamu bukanlah tamak atas apa yang Kamu miliki. Tafsir mimpi banjir menurut al- quran ini sudah dipaparkan dalam Al- Qur’ an lewat pesan Al- Munafiqun ayat 9. Arti- arti mimpi ini diharapkan hendak menjadikan Kamu individu yang positif.

Apapun mimpi Kamu menimpa banjir, berdoalah supaya perihal itu berarti yang terbaik buat Kamu. 13. Mimpi Banjir Lumpur Bagi sobat pantau yang pernah mengalami mimpi banjir akan tetapi air banjir tersebut ternyata merupakan sebuah lumpur basah, ternyata ini bisa menjadi pertanda yang cukup baik lho, dimana kamu sebentar lagi akan mendapatkan sebuah rezeki dan juga keberkahan yang datang dari jalan yang tidak kamu duga-duga sebelumnya.

14. Mimpi Melihat Banjir di Sawah Jika kamu pernah mengalami mimpi ini, menurut penjelasan lengkap dari primbon jawa sendiri ini bisa jadi tanda bahwa kamu akan mengalami suatu keadaan yang sulit karena suatu masalah yang menimpa dan akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Oleh karena itu, tetap sering minta doa dan pertolongan kepada Tuhan yang Maha Esa.

15. Mimpi Tersapu Banjir Bermimpi memandang diri Kamu tersapu banjir serta mengambang di sejauh air dengan puing- puing merupakan ciri penyakit yang menjulang. Ini pula dapat berarti kegiatan bisnis serta kemajuan Kamu terus menjadi terhenti.
Mimpi yang juga sering dialami oleh seseorang adalah mimpi tentang banjir dan hujan. Ulama Mu’abbirîn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti, tergantung hal-hal yang melingkupinya. Mimpi tentang Banjir Arti asal mimpi terkena banjir adalah adanya serangan dari musuh atau orang yang tidak menyukai kita.

Sebaliknya, arti mimpi diserang musuh adalah akan terjadi suatu banjir. Jika tampak dalam mimpinya kalau banjir bermula dari hujan, maka ia akan merasakan kesusahan atau sakit. Penafsiran ini berdasarkan keterkaitan antara hujan dengan rasa susah dan sakit yang terdapat dalam ayat berikut: وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰٓ Artinya, “Dan tidak ada dosa atas kalian, jika kalian mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kalian memang sakit.” (QS an-Nisa: 102) Ada kemungkinan pula, mimpi terkena banjir yang bermula dari hujan berarti orang akan merasakan kepayahan dalam perjalanan yang akan ditempuhnya.

Penafsiran mimpi demikian berdasarkan keterkaitan antara redaksi mardla (sakit) dengan redaksi safar (bepergian) dalam ayat berikut: وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ Artinya, “Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan” (QS an-Nisa: 43) Jika mimpi terkena banjir yang diawali hujan tersebut meluap hingga pertokoan dan bangunan-bangunan ikut tenggelam, maka berarti akan ada badai di daerah tersebut, atau ada ketidakadilan dari pemimpin yang imbasnya akan segera dirasakan oleh masyarakat.

Adapun mimpi terkena banjir tanpa diawali hujan, tapi karena saluran air yang meluap maka berarti akan ada pertumpahan darah atau akan terjadi keburukan-keburukan serupa di daerah orang yang bermimpi. Jika banjir mengalir menuju sungai hingga luapan banjir menjadi reda, maka berarti pemimpi dapat melawan orang yang dianggapnya sebagai musuh yang berasal dari kalangan pemerintahan.

Mimpi tentang Hujan Lain halnya dengan mimpi turun hujan. Mimpi hujan tanpa banjir memiliki arti beraneka ragam. Jika hujannya turun secara merata di setiap sudut tempat, maka menunjukkan masyarakat setempat akan merasakan kelapangan dan kebahagiaan, serta akan banyak air sumber yang mengaliri daerah tersebut.

Berbeda ketika hujannya tidak merata, tapi hanya tertentu pada dirinya sendiri tanpa menghujani orang lain, maka berarti ia akan terkena penyakit cacar atau ia akan terkena musibah. Sementara ketika tampak dalam mimpinya hujan yang turun dari langit bukan berupa air, tapi berupa darah, maka menunjukkan bahwa keluarganya akan dikalahkan oleh musuh-musuhnya, atau keluarganya akan terkena musibah dari Allah. Adapula yang mengartikan mimpi hujan darah berarti pemimpin daerah setempat akan menyiksa atau menyengsarakan rakyatnya dan akan ada pertumpahan darah di daerah setempat.

Lain halnya ketika orang bermimpi hujan batu atau debu, maka mimpi tersebut menunjukkan akan ada musibah atau cobaan yang mengenai penduduk daerah setempat yang berasal dari pemimpin mereka. (Abu Sa’d Nasr bin Ya’kub ad-Dinawari, Kitâbut Ta’bîr fîr Ru’yâ, [Beirut, ‘Âlamul Kutub: 2000 M], cetakan kedua, juz II, halaman 50-54).

Menurut Ibnu Sirin, buruknya beragam mimpi tentang hujan, dikarenakan saat menjelaskan sesuatu yang turun dari langit, ketika menggunakan redaksi “mathar” (hujan), secara umum Al-Qur’an menjelaskan hal-hal yang buruk. Misal seperti dalam dua ayat berikut: وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًا، فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِيْنَ Artinya, “Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu.” (QS al-A’râf: 84) فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّنْ سِجِّيْلٍ مَّنْضُوْدٍ Artinya, “Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkan negeri kaum Luth, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar.” (QS Hud: 82) Berbeda saat Al-Qur’an menjelaskan hujan namun tidak menggunakan kata dari akar kata “mathara”, maka umumnya menjelaskan hal-hal yang baik.

Misal seperti dalam ayat berikut: وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَآءِ مَآءً مُّبٰرَكًا فَاَنْبَتْنَا بِهِ جَنّٰتٍ وَّحَبَّ الْحَصِيْدِ Artinya, “Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah, lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen.” (QS Qaf: 9) Berdasarkan fenomena ini ulama Mu’abbirîn menafsirkan mimpi-mimpi yang berkaitan dengan hujan dengan arti akan terjadi hal-hal buruk.

Sebab salah satu pijakan tafsir mimpi banjir menurut al- quran dalam menafsiri mimpi adalah berpegang teguh pada isyarat-isyarat yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits. Beragam arti mimpi yang dirumuskan oleh ulama Mu’abbirîn tidak selamanya berdasarkan pandangan subjektif dari pemikiran dan perenungan tafsir mimpi banjir menurut al- quran mereka. Akan tetapi, selama dalam Al-Qur’an dan hadits mereka temukan isyarat yang sesuai dengan mimpi tertentu, maka dalil tersebut akan dijadikan pijakan untuk menafsiri mimpi tersebut.

(Ad-Dinawari, Kitâbut Ta’bîr fîr Ru’yâ, juz II, halaman 50-54).​​​ W âllahu a’lam. Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember.Mimpi yang juga sering dialami oleh seseorang adalah mimpi tentang banjir dan hujan. Ulama Mu’abbirîn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti, tergantung hal-hal yang melingkupinya.

Mimpi tentang Banjir Arti asal mimpi terkena banjir adalah adanya serangan dari musuh atau orang yang tidak menyukai kita. Sebaliknya, arti mimpi diserang musuh adalah akan terjadi suatu banjir. Jika tampak dalam mimpinya kalau banjir bermula dari hujan, maka ia akan merasakan kesusahan atau sakit.

Penafsiran ini berdasarkan keterkaitan antara hujan dengan rasa susah dan sakit yang terdapat dalam ayat berikut: وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰٓ Artinya, “Dan tidak ada dosa atas kalian, jika kalian mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kalian memang sakit.” (QS an-Nisa: 102) Ada kemungkinan pula, mimpi terkena banjir yang bermula dari hujan berarti orang akan merasakan kepayahan dalam perjalanan yang akan ditempuhnya.

Penafsiran mimpi demikian berdasarkan keterkaitan antara redaksi mardla (sakit) dengan redaksi safar (bepergian) dalam ayat berikut: وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ Artinya, “Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan” (QS an-Nisa: 43) Jika mimpi terkena banjir yang diawali hujan tersebut meluap hingga pertokoan dan bangunan-bangunan ikut tenggelam, maka berarti akan ada badai di daerah tersebut, atau ada ketidakadilan dari pemimpin yang imbasnya akan segera dirasakan oleh masyarakat.

Adapun mimpi terkena banjir tanpa diawali hujan, tapi karena saluran air yang meluap maka berarti akan ada pertumpahan darah atau akan terjadi keburukan-keburukan serupa di daerah orang yang bermimpi. Jika banjir mengalir menuju sungai hingga luapan banjir menjadi reda, maka berarti pemimpi dapat melawan orang yang dianggapnya sebagai musuh yang berasal dari kalangan pemerintahan.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Mimpi tentang Hujan Lain halnya dengan mimpi turun hujan. Mimpi hujan tanpa banjir memiliki arti beraneka ragam. Jika hujannya turun secara merata di setiap sudut tempat, maka menunjukkan masyarakat setempat akan merasakan kelapangan dan kebahagiaan, serta akan banyak air sumber yang mengaliri daerah tersebut. Berbeda ketika hujannya tidak merata, tapi hanya tertentu pada dirinya sendiri tanpa menghujani orang lain, maka berarti ia akan terkena penyakit cacar atau ia akan terkena musibah.

Sementara ketika tampak dalam mimpinya hujan yang turun dari langit bukan berupa air, tapi berupa darah, maka menunjukkan bahwa keluarganya akan dikalahkan oleh musuh-musuhnya, atau keluarganya akan terkena musibah dari Allah. Adapula yang mengartikan mimpi hujan darah berarti pemimpin daerah setempat akan menyiksa atau menyengsarakan rakyatnya dan akan ada pertumpahan darah di daerah setempat.

Lain halnya ketika orang bermimpi hujan batu atau debu, maka mimpi tersebut menunjukkan akan ada musibah atau cobaan yang mengenai penduduk daerah setempat yang berasal dari pemimpin mereka. (Abu Sa’d Nasr bin Ya’kub ad-Dinawari, Kitâbut Ta’bîr fîr Ru’yâ, [Beirut, ‘Âlamul Kutub: 2000 M], cetakan kedua, juz II, halaman 50-54). Menurut Ibnu Sirin, buruknya beragam mimpi tentang hujan, dikarenakan saat menjelaskan sesuatu yang turun dari langit, ketika menggunakan redaksi “mathar” (hujan), secara umum Al-Qur’an menjelaskan hal-hal yang buruk.

Misal seperti dalam dua ayat berikut: وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًا، فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِيْنَ Artinya, “Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu.” (QS al-A’râf: 84) فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّنْ سِجِّيْلٍ مَّنْضُوْدٍ Artinya, “Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkan negeri kaum Luth, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar.” (QS Hud: 82) Berbeda saat Al-Qur’an menjelaskan hujan namun tidak menggunakan kata dari akar kata “mathara”, maka umumnya menjelaskan hal-hal yang baik.

Misal seperti dalam ayat berikut: وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَآءِ مَآءً مُّبٰرَكًا فَاَنْبَتْنَا بِهِ جَنّٰتٍ وَّحَبَّ الْحَصِيْدِ Artinya, “Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah, lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen.” (QS Qaf: 9) Berdasarkan fenomena ini ulama Mu’abbirîn menafsirkan mimpi-mimpi yang berkaitan dengan hujan dengan arti akan terjadi hal-hal buruk.

Sebab salah satu pijakan mereka dalam menafsiri mimpi adalah berpegang tafsir mimpi banjir menurut al- quran pada isyarat-isyarat yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits. Beragam arti mimpi yang dirumuskan oleh ulama Mu’abbirîn tidak selamanya berdasarkan pandangan subjektif dari pemikiran dan perenungan pribadi mereka.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Akan tetapi, selama dalam Al-Qur’an dan hadits mereka temukan isyarat yang sesuai dengan mimpi tertentu, maka dalil tersebut akan dijadikan pijakan untuk menafsiri mimpi tersebut. (Ad-Dinawari, Kitâbut Ta’bîr fîr Ru’yâ, juz II, halaman 50-54).​​​ W âllahu a’lam. Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember.
Saat ini kita memasuki musim penghujan.

Pada musim ini, banjir pun kerap melanda berbagai kota di Indonesia. Di dalam al-Qur’an, banjir pernah menelan korban jiwa kaum ‘Ad, negeri Saba’ dan kaumnya Nabi Nuh. Peristiwa ini dapat kita telaah dalam beberapa ayat al-Qur’an di antaranya surah Hud ayat 32-49, surah al-A’raf ayat 65-72, dan surah Saba ayat 15-16.

Secara teologis, awal timbulnya banjir tersebut karena pembangkangan umat manusia pada ajaran Tuhan yang coba disampaikan para Nabi.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Namun, secara ekologis, bencana tersebut bisa diakibatkan ketidakseimbangan dan disorientasi manusia ketika memperlakukan alam sekitar. BACA JUGA: Dihantam Banjir dan Salju, Pengungsi Suriah di Lebanon Hidup Menderita Dalam konsep neo teologi, banjir bukanlah sekedar musibah kemurkaan Allah kepada umat manusia. Akan tetapi banjir juga bisa merupakan fenomena ekologis yang disebabkan oleh perilaku manusia dalam mengelola lingkungan, menentang sunnah lingkungan.

Kerangka acuan teologisnya didasarkan pada catatan ayat-ayat banjir dalam al-Qur’an, “Bukanlah Kami yang menganiaya mereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri, (disebabkan) citra (kondisi) lingkungan mereka tidak mampu menolong di saat banjir, bahkan mereka semakin terpuruk dalam kehancuran,” (QS.

Hud: 101). Dalam al-Qur’an, Allah sudah begitu terang menjelaskan penyebab terjadinya bencana alam yang satu ini. Orang-orang yang mencari tahu masalah ini, baru mengetahuinya setelah Allah menjelaskannya. Inilah salah satu keajaiban al-Qur’an.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Dalam mengatasinya pun di dalam al-Qur’an telah dijelaskan. Allah memerintahkan pada kita agar tidak melakukan kerusakan di bumi. Seperti dalam firman Allah SWT, “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik.

tafsir mimpi banjir menurut al- quran

Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan,” (QS. al-A’raf: 56). BACA JUGA: Tidak Sempat Baca Al Quran di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya? Yang tertera dalam ayat tersebut, itulah yang diperintahkan orang-orang tertentu yang baru menyadarinya. Padahal Allah sudah menjelaskan terlebih dulu dalam al-Qur’an.

Oleh karena itu, dekatkanlah selalu diri kita kepada Allah. Jadikanlah al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Karena di dalam al-Qur’an semua permasalahan dunia maupun akhirat sudah dijelaskan.

Sehingga kita tidak perlu menunggu para ahli untuk memecahkan suatu masalah. Boleh jadi mereka melakukan kesalahan. Karena mereka hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa. [] SUMBER: ENSIKLOPEDIA ISLAM

nilah !!! 7 Tafsir Mimpi Banjir Menurut Islam Yang Perlu Anda Ketahui




2022 www.videocon.com