Obat gemuk alami dari tumbuhan

obat gemuk alami dari tumbuhan

Penyakit maag sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sakit maag dapat dirasakan oleh siapa pun, laki-laki, perempuan, anak-anak, hingga orang tua. Ketika penyakit maag kambuh, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas kamu. Saat penyakit ini kambuh, umumnya beberapa orang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengatasinya.

Namun, tahukah kamu bahwa sakit maag sebenarnya juga dapat diobati dengan obat herbal. Untuk itu, simaklah 5 obat maag alami dari tumbuhan pada ulasan di bawah ini. 1. Temulawak Temulawak sejak dulu dikenal sebagai tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat. Kandungan yang ada di dalam temulawak diantaranya adalah, kurkumin, selusosa, minyak atsiri, pati, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan yang ada pada temulawak adalah dapat mengobati sakit maag.

Hal ini dikarenakan kandungan selulosa dalam temulawak dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, kandungan kukukumin yang dimiliki juga dapat menangkap radikal bebas dan melindungi mukosa atau dinding lambung.

2. Kunyit Tidak jauh dari temulawak, kunyit juga merupakan salah satu tanaman rimpang yang cukup populer di Indonesia. Kunyit umumnya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan jamu dan juga sebagai menu masakan.

Namun, ternyata kunyit juga dapat digunakan sebagai obat maag alami. Pasalnya khasiat kunyit salah satunya adalah meredakan asam lambung, sehingga kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag.

Meskipun demikian, kamu tidak disarankan mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kunyit dapat memicu alergi kulit, rasa mual, hingga diare. 3. Jahe Merah Masih dalam kelompok tanaman rimpang, jahe merah juga merupakan obat herbal yang mampu atasi sakit maag. Jahe merah memiliki kandungan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan gejala mual dan masalah penyakit lambung. Sifat lain yang dimiliki oleh jahe merah adalah gastroprotektif. Hal tersebut berarti senyawa dalam jahe merah dapat menekan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori (H.

pylori). Bakteri tersebut merupakan pemicu meningkatnya kadar asam dalam lambung. Sehingga obat gemuk alami dari tumbuhan menekan pertumbuhan bakteri tersebut, kadar asam lambung dapat dikurangi dan sakit maag dapat diredakan. 4. Lidah Buaya Tanaman lidah buaya tentu cukup familiar bagi kebanyakan orang. Lidah buaya sangat mudah dijumpai di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis.

Terlebih lidah buaya juga sudah sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Lidah buaya memiliki gel dengan kandungan senyawa anti inflamasi, vitamin, mineral, dan asam amino.

Berkat hal tersebut, banyak orang percaya bahwa lidah buaya memiliki khasiat tersendiri sebagai obat tradisional, salah satunya untuk mengobati sakit maag. Dikutip dari Journal of traditional Chinese Medicine, lidah buaya yang diolah menjadi jus tanpa pewarna dan pemanis, aman untuk dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat maag. Jus lidah buaya dikatakan mampu mengurangi rasa produksi asam lambung yang menjadi pemicu sakit maag.

Akan tetapi, perlu diketahui agar tidak mengonsumsi jus lidah buaya secara berlebih, karena dapat memicu efek samping berupa diare dan juga memiliki kandungan senyawa obat pencahar. 5. Daun Mint Apabila berbicara masalah pencernaan, tentu tidak lepas dari obat herbal yang satu ini. Ya, daun mint sudah sejak lama dikenal sebagai herbal alami yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Daun mint dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung seperti, perut kembung, mual, hingga, sakit maag. Adapun cara kerja dari daun mint adalah dengan merilekskan otot perut yang sakit dan mendorong keluar gas di dalam lambung, sehingga gangguan maag dapat diredakan.

Namun, daun mint sebagai obat tidak disarankan untuk pasien yang menderita penyakit GERD. Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 obat maag alami dari tumbuhan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu meredakan dan mengobati sakit maag yang kamu alami, Lemonizen. Obat maag alami paling ampuh. Efektif bantu redakan sakit asam lambung dengan andalkan tumbuhan dan racikan tradisional. Maag merupakan penyakit yang diidap oleh banyak orang.

Penyebab penyakit ini muncul juga banyak, tetapi yang paling umum adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Seperti pola makan yang tidak teratur, merokok dan minum minuman beralkohol secara berlebihan, stres dan gangguan autoimun. Selain itu, ada pula penyebab sakit maag karena infeksi dari bakteri di lambung. Jika sudah parah, maag akan terasa sangat menyakitkan dan juga memberi sensasi panas di perut saat kambuh.

Selain terapkan gaya hidup sehat, serta atur pola dan konsumsi menu makanan sehat. Kamu bisa manfaatkan obat maag alami dari bahan herbal. Simak lebih lanjut untuk mengetahui obat maag alami dari berbagai macam bahan yang baik dan ampuh untuk mengobati maag kamu!

Obat Maag Alami/Herbal Tradisional Paling Ampuh 1. Madu dan Lemon Madu memiliki kandungan alami yang dapat membunuh bakteri jahat, anti-inflamasi, dan juga kaya akan antioksidan. Sedangkan lemon, meskipun bersifat asam, ia mampu melindungi lambung. Jika dicampurkan dengan air dan sesuai dosis yang dianjurkan, lemon dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida dalam lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka atau peradangan dengan memicup produksi mucus.

Awali harimu dengan mengkonsumsi honey-lemon shot setiap pagi, dalam keadaan perut kosong. Dosisnya adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat. Apabila rutin diminum, kamu akan merasakan perbedaan pada lambung dan juga metabolisme badan secara keseluruhan. Beli Madu Murni di Sini 2. Oatmeal Sumber Gambar: Pixabay Biasa digunakan untuk makanan diet, oatmeal obat gemuk alami dari tumbuhan biji-bijian sehat kaya akan serat dan mineral yang dapat mengatur pencernaan dengan baik, serta kadar alkalinya dapat mengatasi peradangan di lambung.

Konsumsi oatmeal setiap pagi sebagai sarapan. Kamu bisa melarutkan oatmeal menggunakan air atau susu, lalu menambahkan buah-buahan seperti pisang, apel, dan buah-buah lain yang tidak bersifat asam. Beli Oatmeal Berkualitas di Sini 3.

Jus Air Kentang Jus air kentang dapat digunakan untuk mengobati maag secara alami karena kandungan garam alkalinya. Garam alkali dalam air kentang akan bereaksi dengan asam lambung yang berlebih dalam lambung dan juga mengurangi peradangan lapisan lambung. Kupas 2 kentang, lalu cuci sampai bersih. Ketika sudah bersih, parut dan peras air jus dari hasil parutan. Tuangkan sampai setengah gelas lalu campur dengan air hangat, setelah itu minum ± 30 menit sebelum makan.

Kamu bisa minum campuran jus air kentang ini dua kali sehari. Beli Kentang Segar di Sini 4. Yogurt Sumber Gambar: Hindustian Times Yogurt merupakan probiotik yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Probiotik dapat menyembuhkan luka atau iritasi dalam lambung dan juga memberantas bakteri penyebab maag. Kamu bisa mengkonsumsi yogurt setiap hari dan agar tidak bosan, campurkan dengan bermacam-macam snack seperti oatmeal, buah-buahan, atau granola bar.

Selain mengobati maag, obat gemuk alami dari tumbuhan juga akan jadi lebih lancar. Beli Yogurt Murni di Sini 5. Sari Lidah Buaya Obat gemuk alami dari tumbuhan Gambar: Globo Surf Selain baik digunakan untuk skin obat gemuk alami dari tumbuhan, ternyata cairan lidah buaya juga manjur untuk mengobati maag. Karena kandungannya yang dapat meredakan iritasi di lambung, pembengkakkan lapisan lambung, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Saran penyajian jus lidah buaya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar (langsung dari tanamannya) dengan satu gelas air putih. Obat maag alami dari tumbuhan ini dapat diminum dalam dosis 1-2 gelas setiap harinya. Beli Sari Lidah Buaya Segar di Sini 6. Air Rebusan Kunyit Sumber Gambar: Alternav Kunyit mengandung curcumin, yang merupakan kandungan anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial. Kandungan ini dapat menenangkan mukosa pada lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag.

Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, atau bisa juga dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, konsumsi air kunyit setiap hari atau setidaknya satu kali setiap dua hari. Beli Kunyit Segar di Sini 7. Teh Hijau Sumber Gambar: FirstCry Parenting Kandungan antioksidan yang melimpah dalam teh hijau dapat melindungi lapisan lambung dan juga mengurangi gejala-gejala maag seperti mual, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain.

Larutkan teh hijau dalam air hangat, lalu tambahkan madu sebagai pemanis alami. Jika mengkonsumsi teh hijau secara rutin, kamu bisa mengobati maag akut atau bahkan kolik.

Beli Teh Hijau Asli di Sini 8. Air Kelapa Sumber Gambar: Dr. Axe Baik air kelapa hijau atau minyak kelapa dapat menyembuhkan maag. Air kelapa memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh.

Sedangkan minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag. Kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Selain menyegarkan, peradangan karena maag juga akan sembuh secara perlahan. Untuk minyak kelapa, disarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok teh setiap harinya—bisa secara langsung atau dengan dicampurkan ke makananmu.

Beli Air Kelapa Segar di Sini 9. Jahe Sumber Gambar: Medical News Today Olahan jahe sangat bermanfaat untuk penderita maag akut, karena kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dari bakteri yang menyebabkan maag. Saran cara konsumsi jahe adalah dengan menggigitnya selama beberapa menit, lalu tenguk air dan telan jahe yang sudah digigit hancur.

Jika tidak sanggup menahan rasa panas jahe ketika digigit, kamu bisa membuat air jahe. Caranya, yaitu dengan mencampurkan bubuk jahe, garam batu, dan asafoetida ke dalam segelas obat gemuk alami dari tumbuhan hangat. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mengkonsumsi air jahe setiap pagi sebelum memulai hari. Beli Jahe Segar di Sini 10. Nanas Sumber Gambar: Medical News Today Nanas memang dikenal sebagai buah yang asam, tetapi jika sudah benar-benar matang, buah ini justru bisa mengobati maag kamu secara alami.

Kandungan enzim pencernaan dalam nanas dapat membantu proses pencernaan protein tanpa membuat iritasi, dan sifatnya yang basa dapat mencegah peningkatan asam dalam lambung. Konsumsi nanas setiap hari baik secara langsung ataupun dijadikan jus, bisa juga dicampur dengan makanan lain yang baik untuk maag seperti obat gemuk alami dari tumbuhan dan madu.

Perlu diingat bahwa untuk penderita maag, nanas yang dikonsumsi harus benar-benar matang ya, Toppers. Beli Buah Nanas Segar di Sini 11. Akar Manis Sumber Gambar: Lifepack Kamu bisa gunakan akar manis atau licorice sebagai obat sakit maag alami untuk meredakan gejala sakit maag dan radang lambung.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa akar manis dapat meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Walaupun begitu, kamu juga tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Pasalnya, setiap tubuh orang memberikan reaksi yang berbeda saat memakai obat tradisional.

Beli Akar Manis Asli di Sini 12. Daun Mint Sumber Gambar: Pixabay Umumnya, daun mint sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun kini, kandungan daun mint juga bisa digunakan untuk meredakan gejala obat gemuk alami dari tumbuhan, seperti sakit maag.

Daun mint membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung, dengan mendorong keluar gas pada lambung. Perlu diketahui, pemakaian daun mint tidak direkomendasikan untuk penderita GERD. Beli Daun Mint Segar di Sini 13. Daun Kemangi Sumber Gambar: Sahabat Dapur Daun kemangi dikenal sebagai pelengkap pada lalapan, sehingga tak banyak orang tahu jika kemangi juga bisa digunakan sebagai obat maag alami.

Sifat karminatif, antibakteri, dan antiinflamasi pada daun kemangi dapat digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung.

Kamu bisa konsumsi daun kemangi menjadi teh atau memasukkannya ke dalam masakan. Namun, pastikan konsumsi secara perlahan dalam porsi cukup agar terhindar dari sakit perut.

Beli Daun Kemangi Segar di Sini 14. Kurma Sumber Gambar: Freepik Selain dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, ternyata kurma juga bermanfaat untuk meredakan maag. Kurma bersifat basa, sehingga mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Maka dari itu, pengidap maag atau tukak lambung disarankan untuk memakan kurma tiap pagi untuk menetralisir cairan lambung.

Beli Adas Murni di Sini Baca Juga: • Obat Sakit Maag Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di Apotek • Makanan untuk Penderita Maag yang Bantu Penyembuhan • Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Maag Itu dia, obat maag alami tumbuhan dan bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Jika memiliki maag akut, sebelum menggunakan pengobatan tradisional dengan bahan-bahan di atas lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan kondisi perut masing-masing orang berbeda, maka penanganannya juga berbeda pula. Dengan penanganan tepat, tentu proses penyembuhan juga akan berjalan lancar. Yang terpenting, jangan lupa selalu terapkan gaya hidup sehat, pola makan teratur, rutin berolahraga, dan hindari semua pantangan saat maag ya, Toppers! Atasi maag dengan madu pilihan di sini!
Banyak orang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, tidak sedikit juga orang yang justru berusaha keras untuk menaikkan bobotnya hingga sampai harus meminum obat penggemuk badan.

Obat penggemuk badan biasanya berbentuk pil atau tablet yang terbuat dari bahan herbal atau kimia. Obat-obat ini sangat mudah dijumpai di apotek maupun toko obat, tapi Anda sebaiknya tidak asal memilih karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Nah, berikut rekomendasi obat penggemuk badan mengklaim bisa meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme, hingga menambah massa otot di area tubuh yang Anda inginkan.

Yuk simak, ada obat apa saja sih? Obat Penggemuk Badan yang Recommended Untuk Anda Hiu Nafsu Makan (Untuk Dewasa) Bentuk : Kaplet Setiap kemasan Hiu Nafsu Makan berisikan 60 kaplet siap minum. Obat penggemuk badan ini udah mengantongi izin dari BPOM, memastikan vitamin penambah berat badan remaja dan dewasa ini aman dikonsumsi.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Selain menawarkan khasiat meningkatnya nafsu makan, produk ini juga mengoptimalkan fungsi saluran cerna dan menyehatkan tubuh. Terbuat dari bahan herbal alami dan dipastikan bebas komposisi bahan kimia, sehingga tidak menimbulkan efek samping terhadap pengguna. Bahan-bahan alami tersebut antara lain temulawak, temu hitam, dan kunyit. Obat Penggemuk Hiu Nafsu Makan (www.lazada.co.id) Ath-Thoifah Madu Gemes ‘Gemuk Sehat’ (Untuk Dewasa) Bentuk : Sirup Obat satu ini berbentuk madu, yang berkhasiat menjadikan vitamin penambah berat badan pria dan wanita.

Bahan utamanya tentu saja berupa madu pilihan murni yang telah memenuhi standar kualitas. VItamin ini diklaim mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi untuk tubuh sekaligus mengembalikan nafsu makan yang terganggu. Selain itu, Madu Gemes Ath-Thoifah dapat pula meningkatkan fungsi enzim pencernaan, terutama proses penyerapan makanan oleh usus.

Selain madu, produk herbal ini juga dibuat dengan tambahan bahan lain seperti phoenix dactylifera, pimpinella anisum, piper albi linn, curcuma xanthorrhiza, dan curcumis sativus. Borobudur Herbal Gemuk Sehat (Untuk Dewasa) Borobudur herbal gemuk sehat mengandalkan komponen herbal dari dalam negeri, yang tersusun dari 100% bahan-bahan herbal alami yang diambil langsung dari kekayaan alam Indonesia.

Diciptakan oleh PT. Industri Jamu Borobudur yang telah berdiri sejak 1979, memastikan setiap produk keluarannya, termasuk vitamin penambah berat badan ini bermutu tinggi.

Perlu diingat bahwa Borobudur Herbal Gemuk hanya boleh dikonsumsi oleh usia dewasa. Untuk kandungannya sendiri, vitamin ini mengantongi basis tumbuhan tradisional antara lain temulawak, daun pepaya, sambiloto, brotowali, dan lempuyang.

Demikian tadi 3 obat penggemuk badan dengan bahan dasar alami. Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan. 99% 40 Jenis Tumbuhan yang Dapat Dijadikan Obat Sehat Alami Ada bermacam-macam jenis tanaman tumbuhan yang ada disekitar kitayang dapt dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit.

Kita tahu orang-orang terdahulu (nenek moyang kita, pada masa hidupnya belum ada obat-obatan modern seperti sekarang ini. Kita juga tahu Mereka juga pernah mengalami sakit yang bermacam-macam. Dengan apa mereka mengobati penyakit mereka? Jawabannya adalah dengan obat alami dari tumbuhan yang ada disekitar mereka. Dalam artikel ini dimuat berbagai macam tumbuhan yang dapat kita jadikan obat herbal (alami), Anda bisa mencobanya dan insyaAllah penyakit Anda akan sembuh.

1. Temulawak Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) yang termasuk dalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Temulawak ini sebagai tanaman obat asli Indonesia. Namun demikian Penyebaran tanaman Temulawak banyak tumbuh di pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan.

Karakteristik Temulawak tumbuh sebagai semak tanpa batang. Mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi tanaman antara 2 m s/d 2,5 m. Daunnya panjang bundar seperti daun pisang yang mana pelepah daunnya saling menutup membentuk batang. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 750 m diatas permukaan laut, tanaman ini bisa dipanen setelah 8-12 bulan dengan ciri-ciri daun menguning seperti mau mati.

Umbinya akan tumbuh di pangkal batang berwarna kuning gelap atau coklat muda dengan diameter panjang 15 cm dan 6 cm, baunya harum dan sedikit pahit agak pedas. temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Dengan banyak manfaat yang nyata secara medis tersebut maka pemerintah mencanangkan “Gerakan Minum Temulawak” sejak 2 tahun yang lalu. 2. Tanaman Obat Seledri Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi.

Beberapa manfaat daun seledri diantaranya dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dll.

Seledri juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah, daun seledri yang dikonsumsi bisa mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Bisa juga digunakan sebagai masker, caranya beberapa daun seledri di iris kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih.

Biarkan selama 15 menit. Setelah harum, buang daun seledrinya dan air daunnya disimpan di lemari es. Gunakan air daun seledri tadi pada malam hari sebagai masker. 3. Tanaman Obat Daun Kelor Organisasi Kesehatan Dunia WHO menganjurkan setiap bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Bahkan WHO mengklaim pohon kelor sebagai pohon ajaib karena tanaman ini bisa menjadi obat yang murah tapi manjur dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit, khususnya di negara-negara miskin.

Daun kelor bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan serum kolestrol alamiah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dll. Daun kelor juga berkhasiat dalam menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Daun kelor bisa mengatasi beragam keluhan yang timbul karena kekurangan mineral dan vitamin seperti kekurangan protein (rambut pecah-pecah), kekurangan vitamin C (pendarahan pada gusi gigi), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin A (gangguan pada penglihatan), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah), kekurangan vitamin B1 (penyakit beri-beri), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan zat besi (anemia) dan kekurangan kalsium (osteoporosis).

4. Kunyit Manfaat Tanaman Obat Kunyit. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.

Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, antitumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

5. Keji Beling Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”. Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol.

Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal.

Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur. 6. Manfaat daun sirsak 1. Mengobati kanker Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mengobati kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi.

Hal ini dikarenakan acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

2. Mengobati asam urat Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati daun sirsak. Sama halnya dengan mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan obat gemuk alami dari tumbuhan daun sirsak untuk asam urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah dengan obat gemuk alami dari tumbuhan 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

3. Mengobati kista ovarium Hal ini tentu saja dialami oleh wanita. Kista ovarium bisa juga disebut tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itulah Anda bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik obat gemuk alami dari tumbuhan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan. 4. Mengobati kolesterol Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak pula. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan. 5. Mengobati diabetes Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan karena di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit obat gemuk alami dari tumbuhan mengintai tubuh setiap saat. 6. Mengobati penyakit paru-paru Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering.

7. Meningkatkan kesuburan Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa daun sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah sperma dan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim. 8. Menghilangkan kutu Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut. 7. Sambilata Sambilata (Andrographis paniculata), adalah sejenis obat gemuk alami dari tumbuhan herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika. Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto).

Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun1911. Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol.

Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis. Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, dimana sambiloto disebut dengan nama Kalmegh pada Ayurveda. Selain berkhasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

8. Tanaman Obat Daun Pegagan Tanaman ini lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan. Pegagan tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang dan tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan.

Pegagan mengandung beberapa senyawa seperti isothankuniside, thankuniside, asiaticoside, madasiatic acid, brahminoside, brahmic acid, brahmoside, madecassoside, vellarine, hydrocotylin, carotenoids, centelloside, meso-inositol, serta garam-garam mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium dan besi. Manfaat daun pegagan bisa digunakan untuk obat kulit (koloid), memperbaiki peredaran darah dan gangguan saraf.

Berdasarkan penelitian di RSU Dr. Soetomo, daun pegagan bisa dipakai untuk menurunkan tekanan darah, dan penurunannya tidak terlalu drastis, sehingga cocok untuk penderita yang berusia sudah lanjut. 9. Handeuleum HANDEULEUM (Graptopthyllum pictum [L.] Griff) Khasiat dan cara pengobatan: Wasir: 10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas. Memar: kulit batang dibersihkan lalu ditumbuk halus kemudian dibalurkan dan dibalut dengan perban pada daerah yang memar. Ganti 2 kali sehari.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Sembelit: cuci 7 lembar daun lalu rebus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Setelah obat gemuk alami dari tumbuhan, saring dan minum sekaligus.

10. Tanaman Obat Sisik Naga Sisik naga merupakan tumbuhan epifit, banyak ditemukan di daerah Asia tropik mulai dari daerah yang agak lembab sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Daun sisik naga ada yang mandul dan ada yang fertil. Daun yang fertil berbentuk oval memanjang dengan panjang 1-5 cm dan lebar 1-2 cm. Sisik naga berkembang biak dengan spora dan pemisahan akar.

Sisik naga obat gemuk alami dari tumbuhan gula, minyak asiri, tannin, sterol, flavonoid dan fenol. Daun sisik naga bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri, obat batuk, pembersih darah, memperkuat paru-paru dan penghenti pendarahan. 11. Jahe Jahe merupakan salah satu tanaman rempah.

Tanaman ini membutuhkan curah hujan yang tinggi dan tanah subur untuk pertumbuhannya. Tanaman ini banyak diusahakan di daerah yang berketinggian 500~1000 m dpl. Saat ini terdapat 3 jenis jahe, yaitu jahe putih kecil (jahe sunti), jahe merah dan jahe besar (jahe gajah). Jahe sunti dan jahe merah mengandung cleoresin dan serat lebih banyak dibanding jahe gajah.

Jahe diolah menjadi berbagai produk, diantaranya adalah jahe kering, bubuk jahe, minyak atsiri jahe, pikel jahe, jahe kristal dan manisan jahe. Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan.

Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai manfaat jahe yang secara tradisional sudah dikenal luas adalah seperti berikut ini: Masuk angin Ramuan: Ambil jahe yang tua sebesar ibu jari, cuci bersih dan memarkan lalu direbus dengan air dua gelas, tambahkan gula aren secukupnya.

Didihkan lebih kurang 1/4 jam. Angkat dan minum hangat-hangat. Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah) Ramuan: Ambil jahe seibu jari, bakar lalu memarkan.

Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren, minum sekaligus. Minum tiga kali sehari. Mencegah mabuk kendaraan Ramuan: Ambil jahe seibu jari, cuci dan iris tipis-tipis, lalu rebus dengan segelas air. Obat gemuk alami dari tumbuhan hangat-hangat sebelum naik kendaraan. Terkilir Ramuan: Ambil jahe lebih kurang dua ruas.

Cuci bersih lalu parut, tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari. 12. Tanaman Obat Semanggi Gunung Semanggi gunung tumbuh merayap di tempat yang lembab di pinggir jalan, lapangan rumput maupun pinggir selokan. Tanaman ini mengandung senyawa kimia berupa minyak yang menguap, hyperin dan coumarin.

Bisa digunakan untuk mengobati infeksi telinga tengah, sakit kuning, sariawan, pengecilan hati dengan busung, batuk, sesak nafas, batu empedu, radang tenggorok dan infeksi amandel. Terkadang penggunaan semanggi gunung sebagai obat bisa mengakibatkan penurunan sel darah putih (leucopenia). Tapi akan normal kembali setelah penggunaan obat dihentikan. 13. Tempuyung Tempuyung (Sonchus arvensis L) termasuk tanaman terna menahun yang biasanya tumbuh di tempat-tempat yang ternaungi.

Daunnya hijau licin dengan sedikit ungu, tepinya berombak, dan bergigi tidak beraturan. Di dekat pangkal batang, daun bergigi itu terpusar membentuk roset dan yang terletak di sebelah atas memeluk batang berselang seling.

Daun berombak memeluk batang inilah yang berkhasiat menghancurkan batu ginjal. Di dalam daun tersebut terkandung kalium berkadar cukup tinggi. Kehadiran kalium dari daun tempuyung inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat tercerai berai, karena kalium akan menyingkirkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal.

Endapan batu ginjal itu akhirnya larut dan hanyut keluar bersama urine. Untuk menggunakannya sebagai obat diperlukan lima lembar daun tempuyung segar. Setelah dicuci bersih, daun diasapkan sebentar. Daun tersebut dimakan sekali habis sebagai lalap bersama nasi.

Dalam sehari kita bisa memakan lalap itu sebanyak tiga kali 14. Bawang putih Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih.

Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm.

Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung. Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif sebagai berikut : a.

Bawang putih Flu dan Batuk. Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir.

Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Bagaimana cara memanfaatkannya? Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan. Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini : Hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat. b. Bawang Putih dan Kolesterol Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang ini dapat menyembuhkan obat gemuk alami dari tumbuhan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak.

Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya, secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawata c. Bawang Putih dan Kanker Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker beberapa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar.

Untuk memastikan bahwa anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, peneliti dari Penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu bawang itu membentuk kandungan-kandungan yang membantu memerangi kanker. 15. Tanaman Obat Patah Tulang Tanaman patah tulang berasal dari kawasan Afrika tropis, tumbuh di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Di Indonesia tanaman ini banyak ditemui ditanam sebagai tanaman pagar, ditanam dipot sebagai tanaman hias, ada juga yang tumbuh liar.

Patah tulang tumbuh tegak ke atas, tingginya mencapai 2-6 meter. Daunnya terdapat pada ujung ranting yang masih muda dengan panjang 7-25 mm. Bunganya berwarna kuning kehijaun, terdapat di ujung batang. Tanaman patah tulang bisa digunakan sebagai tanaman obat. Cabang dan rantingnya yang sudah dikeringkan dan dibakar bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Kegunaan akar dan ranting tanaman patah tulang diantaranya untuk mengobati sakit lambung, kaki dan tangan baal, rematik, penyakit kulit, sifilis, nyeri syaraf, wasir dan tukak rongga hidung. 16. Belimbing Wuluh Blimbing Wuluh menyebuhkan Gusi berdarah  Mengkonsumsi buah belimbing wuluh baik segar maupun manisan secara rutin tiap hari  Dua buah belimbing wuluh dimakan tiap hari Blimbing Wuluh sebagai Obat Gondongan  1/2 genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dgn 3 bawang putih.

Kompreskan pada bagian yg gondongan.  10 ranting muda belimbing wuluh berikut daun dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ketempat yg sakit. Blimbing Wuluh sebagai Obat Rematik  Segenggam daun belimbing wuluh dicuci tumbuk sampai halus tambahkan kapur sirih gosokkan ke bagian yg sakit.  100 gr daun muda belimbing wuluh 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus tambahkan cuka secukup sampai menjadi adonan seperti bubur.

Oleskan adonan bubur tadi ketempat yg sakit.  5 buah belimbing wuluh 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.) 15 biji cengkeh 15 butir lada hitam dicuci lalu ditumbuk halus diremas dgn 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih.

Dipakai utk menggosok dan mengurut bagian tubuh yg sakit. Lakukan 2-3 kali sehari. Blimbing Wuluh sebagai Obat Sariawan  10 kuntum bunga belimbing wuluh asam jawa gula aren direbus dgn 3 gelas air sampai air tinggal 3/4 saring minum 2 kali sehari.

 Segenggarn bunga belimbing wuluh gula jawa secukup dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring dipakai utk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.  2/3 genggam bunga belimbing wuluh dicuci lalu direbus dgn 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas.

Setelah dingin disaring lalu diminum sehari 3 kali 3/4 gelas. 3 buah belimbing wuluh 3 butir bawang merah 1 buah pala yg muda 10 lembar daun seriawan 3/4 sendok teh adas 3/4 jari pulosari dicuci lalu ditumbuk halus diremas dgn 3 sendok makan minyak kelapa diperas lalu disaring. Dipakai utk mengoles luka-luka akibat sariawan 6-7 kali sehari. Blimbing Wuluh sebagai Obat Sakit gigi  Lima buah belimbing wuluh setelah dicuci bersih dikunyah dgn garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa obat gemuk alami dari tumbuhan.

Blimbing Wuluh sebagai Obat Pagel linu  Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda 10 biji cengkeh 15 biji lada digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ketempat yang sakit Blimbing Wuluh sebagai Obat Penghilang Panu  Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus tambahkan kapur sirih sebesar biji asam diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai utk menggosok kulit yang terserang panu.

Lakukan 2 kali sehari 17. Tanaman Herbal Mengkudu Tanaman mengkudu merupakan tanaman asli Indonesia dari jenis kopi-kopian. Mengkudu bisa tumbuh obat gemuk alami dari tumbuhan dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Batang mengkudu tidak begitu besar tapi tingginya bisa mencapai 3-8 meter.

Daunnya berwarna hijau dengan panjang 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. Buahnya berbentuk lonjong berwarna hijau mengkilap. Mengkudu banyak dipelihara di perkebunan dan pekarangan rumah.

Mengkudu mempunyai khasiat untuk mengobati hipertensi, menghilangkan sisik pada kaki, sakit kuning, sakit perut, demam, batuk dan influenza. 18. BELUNTAS Beluntas merupakan tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang banyak, dengan tinggi bisa mencapai dua meter. Daun tunggal, bulat bentuk telur, ujung runcing, berbulu halus, daun muda berwarna hijau kekuningan dan setelah tua berwarna hijau pucat serta panjang daun 3,8-6,4 cm.

Tumbuh liar di tanah dengan kelembaban tinggi; di beberapa tempat di wilayah Jawa Barat tanaman ini digunakan sebagai tanaman pagar dan pembatas antar guludan di perkebunan.

Beberapa daerah di Indonesia menyebut nama beluntas dengan nama yang berbeda seperti baluntas (Madura), Luntas (Jawa Tengah), dan Lamutasa (Makasar). Secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Disamping itu daun beluntas juga sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan.

Adanya informasi secara tradisional dari masyarakat yang telah lama memanfaatkan daun beluntas sebagai salah satu tanaman obat mendorong para peneliti untuk mengadakan berbagai penelitian guna membuktikan khasiatnya secara ilmiah. Pada tulisan ini akan dicoba pemaparan dua penelitian pemanfatan daun beluntas dalam bentuk ekstrak sebagai komponen antibakteri dan minyak atsiri sebagai zat antioksidan 19. ALANG-ALANG (Imperata cylindrica (L).) Alang-alang adalah tumbuhan liar yang memiliki berbagai macam sebutan daerah, misalnya neleleng laku (Aceh), rih (Batak), alalang (Minangkabau), lioh (Lampung), alang-alang (Jawa), ki eurih (Sunda), lalang (Madura), ambengan (Bali), halalang (Kalimantan), kalepip (Papua) dan lain-lain.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah akarnya atau rimpang. Akar alang-alang memiliki rasa agak manis dan bersifat sejuk. Kandungan dan Khasiat ALANG-ALANG Beberapa zat yang terkandung dalam alang-alang, di antaranya manitol, glukosa, sukrosa, molic acid, citric acid, coixoi, orundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol. Manfaat dan khasiat alang-alang antara lain ; sebagai obat penurun panas, peluruh kencing (diuretik), menghentikan pendarahan (hemostatik), menghilangkan rasa haus, obat sariawan, mengobati panas dalam, mengatasi muntah darah, menghentikan darah mimisan, obat kencing nanah, radang ginjal.

20. ALPUKAT Buah alpukat kaya vitamin A dan karoten yang baik. Demikian juga dengan mineral kalium dan rendah natrium. Dilaporkan, makanan yang kadar kaliumnya tinggi dan natriumnya rendah adalah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Menurut dr Samuel Oetoro, SpGK, ahli gizi dari Semanggi Spesialis Clinic, orang yang menderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat.

Buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, misalnya saja, mengatasi tumit pecah-pecah atau kulit kering dengan cara diblender dan dijadikan masker.

Potongan buah alpukat yang diiris tipis-tipis mirip lempengan juga bisa digunakan untuk mengatasi mata lelah dan sembab. Sementara itu, alpukat yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan jeruk bisa dimanfaatkan sebagai penghitam rambut.

Caranya, alpukat yang sudah halus tadi dibalurkan pada rambut, lalu ditutup dengan topi mandi selama satu jam. Setelah itu keramas dengan sampo. Dengan berbagai khasiat yang dimiliki buah lezat ini, obat gemuk alami dari tumbuhan kita perlu membiasakan diri untuk memasukkan buah ini dalam daftar menu sehari-hari, baik itu sebagai jus, salad, maupun minuman segar. 21. ANDONG (Cordyline fruticosa (Linn.)) Tanaman ini memiliki beberapa nama daerah, misalnya hanjuang (Sunda), andong (Jawa), penjuang (Dayak), kayu urip (Madura), endong (Bali) dan lain sebagainya.

Tanaman andong memiliki rasa manis, hambar dan bersifat menyejukkan. Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, bunga, akar dan seluruh bagian tanaman. Kandungan dan Khasiat Tanaman ANDONG Tumbuhan andong diketahui memiliki manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan.

Kandungan kimia dari tumbuhan ini belum banyak diketahui. Namun tumbuhan ini telah banyak digunakan dan terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit, antara lain menghentikan pendarahan, menyejukkan darah dan mengatasi bengkak karena memar (antiswelling).

Manfaat lainnya dari tumbuhan ini adalah untuk mengatasi kencing berdarah, mencegah keguguran, wasir berdarah, nyeri lambung, nyeri ulu hati, tuberkolosis (TBC), mengatasi terlambat haid. 22. BUNGA KENOP Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpl.

Rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata. Kandungan Kimianya yaitu Gomphrenin I, Gomphrenin II, Gomphrenin III, Gomphrenin V, Gomphrenin VI dan amarathin.

KAndungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak. Bagian yang digunakan adalah bunga atau seluruh herba segar atau herba kering.

Indikasi: o Bunga berkhasiat untuk pengobatan o Batuk rejan (pertusus), o TB Paru disertai batuk darah, o Sesak napas (Asma Bronkial), o Radang saluran napas akut dan menahun, o Radang mata, o Sakit Kepala, o Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak, o Disentri, dan o tidak lancar buang air kecil 10.

BANDOTAN / BABADOTAN (Agreratum conyzoides L.) Bandotan adalah tumbuhan liar atau gulma yang memiliki beberapa sebutan daerah, misalnya bandotan (Melayu), dus-bedusan (Madura) dan babandotan leutik (Sunda). Bagian dari tanaman ini yang berkhasiat sebagai obat adalah daun dan batang muda.

Bandotan bersifat menetralkan dan memiliki rasa pedas, sedikit pahit. Bandotan memiliki efek farmakologis sebagai penurun panas, antitoksin, menghilangkan bengkak, mengentikan pendarahan, peluruh haid, stimulan, tonik, peluruh kencing dan peluruh kentut.

Kandungan dan Khasiat BANDOTAN Bandotan diketahui mengandung asam amino, beta sitosterol, ageratochromene, firedelin, minyak terbang coumarin, potasium klorida, stigmasterol, dan organacid. Bandotan berkhasiat untuk mengobati bengkak, bisul, borok, eksim, luka berdarah, radang telinga, sakit tenggorokan, radang selaput lendir.

23. BROKOLI kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya lebih banyak daripada jeruk Kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan brokoli juga diketahui mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sop atau dikukus sebagai lalapan. Meningkatkan daya kerja otak Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

24. CENGKEH Cengkeh adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh, pohon cengkeh banyak tumbuh di daerah tropis, Indonesia obat gemuk alami dari tumbuhan sebagai salah satu negara penghasil cengkeh. Tanaman banyak dihasilkan di daerah Maluku. Cengkeh dewasa ini sebagian besar di manfaatkan untuk penyedap makanan sedangkan pemanfaatan untuk kesehatan sudah dikenal selama berabad-abad.

Di Cina cengkeh sudah dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut lebih dari 2000 tahun yang lalu, pada saat itu Kaisar sampai menyarankan apabila rakyatnya ingin bertemu beliau harus mengunyah cengkeh terlebih dahulu sehingga pada saat bicara akan tercium aroma yang harum.

Bahkan cengkeh di Cina dan Persia juga dianggap bisa merangsang pitalitas seksual. Cengkeh berkhasiat sangat kuat untuk obat karena dapat merangsang. Anti bakteri, anti virus dan anti septic. Setelah diolah menjadi minyak Cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit untuk penderita sakit gigi karena kandungan senyawa yang terkandung didalamnya dapat membantu sirkulasi peredaran darah dan dan merangsang kulit apabila dioleskan langsung pada kulit.

Bersama ini diinformasikan beberapa manfaat Cengkeh untuk pengobatan, diantaranya : • Merangsang aromatik pernapasan : Dimanfaatkan untuk mengatasi mual, muntah-muntah, perut kembung, lemas dan gangguan pencernaan.

Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi kuman yang ampuh dan penyembuh luka serta dapat melegakan tenggorokan. Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai obat secara nyata diantaranya digunakan untuk melindungi dari masuk angin dan perut kembung. Membantu merangsang sirkulasi darah dan mengatur suhu tubuh. • Gangguan Pencernaan : Cengkeh dapat merangsang produksi enzymatic dan meningkatkan berfungsinya percernaan.

Cengkeh digunakan dalam mengatasi permasalahn lambung, sakit perut dan gangguan pada pencernaan. Adapun cara pembuatanya obat untuk mengatasi muntah-muntah, sakit perut dan tenggorokan adalah dengan menghaluskan cengkeh dan dicampur madu kemudian dimimum. • Kolera : Cengkeh sangat ampuh untuk mengatasi kolera karena dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih, adapun caranya dengan mengambil 4 gram kuntum cengkeh dan 3 gelas air kemudian di rebus sampai menjadi setengahnya.

• Asma : Untuk pengobatan obat asma caranya dengan mengambil 6 kuntum cengkeh dicampur 30 ml air dan sedikit madu, lakukan hal tersebut 3 kali sehari. • Sakit Gigi : Untuk pemanfaatan mengatasi sakit gigi caranya Sangrai 10 butir cengkeh sampai hangus. Giling sampai halus, masukkan kelubang gigi secukupnya, lalu tutup dengan kapas. Lakukan 2 kali sehari. Cara lain: sumbat gigi yang berlubang dengan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh.

• Sakit Telinga : Untuk mengatasinya caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh ke telinga yang terasa sakit dengan menggunakan katembat. • Sakit Kepala : Untuk mengatasi sakit kepala caranya dengan mencampurkan cengkeh, garam dan susu, karena sifat garam dapat menyerap cairan dan menurunkan tekanan darah.

• Sirkulasi Darah : Minyak Cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda, dengan meningkatkan sirkulasi darah akan menurunkan suhu tubuh. 25. DAUN DEWA Daun dewa tergolong tumbuhan semak yang subur pada ketinggian 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai pendek berbentuk bundar telur berujung lancip. Kedua permukaan daunnya berambut dengan warna putih. Warna permukaan daun di bagian atas hijau tua, sedangkan di bawahnya berwarna hijau muda.

Bunganya terletak di bagian ujung batang, berwarna kuning berbentuk bonggol. Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan=zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Daun dewa mengandung zat saponin, minyak atsiri, flavonoid, dan tanin.

Efek farmakologis didapatkan dari seluruh tanaman. daun dewa juga bisa mengatasi kejang pada anak dan beberapa jenis pendarahan. Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, dan muntah darah seluruh tanaman daun dewa ditumbuk, atau direbus, lalu airnya diminum.

Bila anak-anak mengalami kejang beri minum air dari satu batang daun dewa. Bagian daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kutil dan tumor.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Untuk kutil haluskan daun dan ditempelkan pada bagian yang sakit dan biarkan hingga keesokkan harinya. Untuk mengatasi tumor, silakan makan daun dewa sebagai lalap.

Untuk kanker buatlah ramuan dari 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum. 26. DELIMA Delima kaya akan antioksidan polyphenols, seperti tannin dan anthocyanin. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi jus delima setiap hari dapat merasakan berbagai keuntungan, yakni kadar kolesterol menurun, memeroleh vitamin C lebih banyak, serta aliran darah ke jantung meningkat.

Ini berarti jus delima juga efektif untuk menjaga jantung supaya tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebagai minuman, jus delima juga dapat mencegah dan memperlambat obat gemuk alami dari tumbuhan penyakit Alzheimer, menurunkan tekanan darah, menjaga agar arteri tidak tersumbat oleh penumpukan plak, mencegah kerusakan tulang obat gemuk alami dari tumbuhan, dan menjaga kesehatan gigi 27.

CIMPLUKAN SINONIM: Nama Latin : Physallis angulata Linn. Atau physallis minima Linn Nama Daerah : keceplokan, nyornyoran, cecenet, cecendet KLASIFIKASI : Bangsa : Solonales Suku : Solonaceae Marga : Physallis Jenis : Physallis peruviana L KEGUNAAN : Dalam pengobatan Alternatif Herbal Influenza, Sakit tenggorok, Batuk rejan, Bronchitis, Gondongan, Pembekakan buah pelir, Bisul, Borok, Kencing manis, Sakit paru – paru, Ayan, Pembekakan prostate.

28. JAMBU BIJI Penyakit Yang Dapat Diobati : Diabetes melitus, Maag, Diare (sakit perut), Masuk angin, Beser; Prolapsisani, Sariawan, Sakit Kulit, Luka baru; Pemanfaatan : 1. Diabetes Mellitus Bahan: 1 buah jambu biji setengah masakCara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untukdiambil airnya.

Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore 2. Maag Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore. 3. Sakit Perut (Diare dan Mencret) Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.Caramenggunakan:dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari. 6. Beser (sering kencing) berlebihan Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

29. JERUK NIPIS Jeruk nipis punya banyak manfaat. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, buah yang sudah dikonsumsi ribuan tahun yang lalu ini juga bisa mencegah daan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Memang ada begitu banyak jeruk, antara lain jeruk keprok, jeruk manis, jeruk sitrun, jeruk sambal, jeruk nipis, jeruk mandarin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi, dari segi manfaat tidak ada satu pun yang menyamai jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan tumbuhan perdu dengan banyak cabang.

Tingginya bisa mencapai enam meter. Daunnya berbentuk bulat telur dan bertangkai. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras dan biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat dengan permukaan yang licin, berkulit tipis, dan berwarna hijau kekuningan jika sudah tua. Tanaman ini diduga berasal dari daerah India sebelah utara. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi.

Daun, buah, dan bunganya, mengandung minyak terbang limonin dan linalool. Biasanya jeruk nipis tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari. Masyarakat di Belanda terutama yang berdiam di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam, telah mengenal manfaat jeruk nipis sejak beberapa abad lalu.

Begitu pula masyarakat di Amerika Serikat. Mereka mulai mengenal manfaat jeruk nipis sejak zaman Indian kuno. Ohio State Biotechnology Centre di kota Columbus, Ohio, Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian terhadap jeruk nipis. Hasilnya, jeruk nipis kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah mineral.

Jeruk nipis yang berkhasiat adalah jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan. Selain buah, akar, daun, dan bunga jeruk nipis sering digunakan sebagai obat. Menurut dr Prapti Utami, buah jeruk nipis mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin C, kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino. “Banyaknya kandungan yang terdapat pada jeruk nipis membuat buah ini banyak digunakan sebagai obat, Minyak atsiri daun jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit).

Air jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggotokan. Bau harumnya membuat enak, sedap ketika kita berkumur. Kulitnya, bila ditahan di dalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman. Karena berbagai kandungnan minyak dan zat yang ada di dalamnya.

Jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.

30. JARAK BALI Nama Lokal : Jarak batang gajah. Penyakit Yang Dapat Diobati : Demam, bengkak terpukul, digigit ular biasa. Pemanfaatan : BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman KEGUNAAN: – Demam – Bengkak terpukul – Digigit ular berbisa PEMAKAIAN: Untuk minum: 10-15 g direbus. Ampasnya digunakan untuk ditempelkan pada tempat yang sakit.

Komposisi : SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Manis, pahit, dingin. Menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan racun dan membersihkan panas. 31. JATI BELANDA JATI BELANDA ( Guazuma ulmifolia Lamk ) SINONIM : Nama Latin : G. tomentosa Kunth.Sun Nama Daerah : Jati londo atau jati sabrang KLASIFIKASI : Bangsa : Malvales Suku : Sterculiaceae Marga : Guazuma Jenis : Guazuma ulmifolia Lamk. KEGUNAAN Dalam pengobatan Alternatif HerbalDiare, Sakit perut, Kolera, Penyembelit, Menguruskan badan, Adstringens, Batuk, Perut kembung, Rasa sesek lambung.

32. KEMUNING Contoh Obat gemuk alami dari tumbuhan Kemuning Untuk Obat : 1. Bisul, Akar kemuning kering sebanyak 30 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. 2. Rematik, keseleo, memar, Akar kemuning kering sebanyak 15 – 30 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan arak dan air masing-masing 1 1/2 gelas, lalu direbus sampai tersisa 1 gelas.

Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing gelas. 3. Memar, Kemuning dan kaca piring, masing-masing daun segar, sama banyak, dicuci lalu digiling halus.Tambahkan sedikit arak sambil diaduk di atas api.

Hangat-hangat ditempelkan pada bagian tubuh yang memar. 4. Nyeri rematik sendi, Akar kemuning dan akar tembelekan (Lantana camara) dicuci, tambahkan 3 pasang kaki ayam. Semua bahan dipotong-potong seperlunya lalu tambahkan air secukupnya sampai terendam/ Semua bahan tersebut lalu ditim. Hangat-hangat lalu airnya diminum sekaligus. 5. Sakit gigi, Minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang dibakar diteteskan ke dalam gigi yang berlubang.

6. Melangsingkan badan, Daun kemuning segar dan daun obat gemuk alami dari tumbuhan (Morinda citrifolia) masing-masing segenggam penuh dan temu giring sebanyak 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk merata. Peras dengan sepotong kain. Air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. 7. Radang buah zakar, Daun kemuning segar sebanyak 60 g dan herba sambiloto sebanyak 35 g dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa 1 gelas.

Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh. 8. Infeksi saluran kencing, Daun kemuning segar sebanyak 35 g dicuci lalu tambahkan 3 gelas air bersih.

Rebus sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin disaring dan diminum 3 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. 9. Datang haid tidak teratur, Daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) masing-masing bahan segar sebanyak 1/2 genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.

Tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. 10. Kulit kasar, Daun kemuning segar sebanyak 30 g dicuci lalu ditumbuk sampai lumat.

Tambahkan air bersih 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan tersebut lalu dilulurkan pada kulit sebelum tidur. 33. KEMBANG KERTAS (bugenville) Walaupun tanaman ini berukuran kecil dan berbentuk corong, namun memiliki banyak manfaat. Contohnya obat gemuk alami dari tumbuhan untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian pewangi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.

Tarikan mempesona bunga ini menjadi perbincangan penduduk di negara kita karena terkesan dengan bentuknya dan warnanya yang menarik hati. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna. Sedikit obat gemuk alami dari tumbuhan ringkas, penyiraman air dan pemupukan sempurna mampu mengembalikan kesegaran tanaman bunga kertas ini dalam jangka waktu kurang dua minggu.

Dan jika ingin tanaman bunga kertas ini berbunga seterusnya, kita hanya perlu mengurangi pemberian air dan pupuk obat gemuk alami dari tumbuhan meletakkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.

34. KUMIS KUCING Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura).

Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Nama daerah: Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura). Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah O. aristatus, O.thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus var. glabratus. Klon kumis kucing yang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu.

Daun kumis kucing basah maupun kering bermanfaat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

35. KENCUR Kencur adalah istilah Jawa untuk rimpang jenis panggilan, jika masyarakat Aceh disebut Ceuko, nama ilmiahnya adalah Kaempferia galangal. Dia termasuk kerabat jahe-jahean (gamilia Zingiberaceae), jadi masih saudaranya kunir, jahe, kunci, dan sebagainya.

Seperti saudaranya, nama lain yang masih saudara, kencur punya kemiripan di sana-sini tanpa pertumbuhan batang dan membentuk rimpang di dalam tanah. Rimpang ini adalah bagian tubuh yang paling penting, karena keuntungan. Kencur tanaman dapat hidup di mana saja, selama tanah gembur dan subur, dengan sedikit teduh.

Dengan melakukan proses penyulingan maka dari kencur tersebut akan menghasilkan minyak Atsiri, Berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri dalam rimpang kencur mengandung lebih dari 23 jenis senyawa.

Tujuh di antaranya mengandung senyawa aromatik, monoterpena, dan seskuiterpena. Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah: • pati (4,14%) • mineral (13,73%) • minyak astiri (0,02%) • berupa sineol • asam metal kanil • penta dekaan • asam cinnamic • ethyl aster • asam sinamic • borneol • kamphene • paraeumarin • asam anisic • alkaloid, dan • gom Dengan kandungan zat kimia tersebut maka banyak dimanfaatkan sebagai obat, berikut adalah cara pemanfaatan kencur berdasarkan penyakit yang dapat diatasinya : 1.

Influenza pada Bayi Komposisi: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan dua lembar daun kemukus (lada berekor/cubeb). Cara menyajikan : kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah beberapa sendok air hangat. Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan diseputar hidung. 2. Sakit Kepala Komposisi: 2-3 lembar daun kencur. Cara menyajikan :daun kencur ditumbuk sampai halus.

Cara menggunakannya: dioleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi. 3. Keseleo Komposisi: 1 potong rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Cara menyajikan : kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi air secukupnya. Cara menggunakan: dioleskan/digosokkan pada bagian yang keseleo sebagai bedak. 4. Menghilangkan lelah Komposisi: 1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah.

Cara menyajikan :semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring Cara menggunakan: diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk pria dapat ditambah dengan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya. 5.

Radang Lambung Komposisi: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara menyajikan :kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah.

Cara menggunakan: ditelan airnya, ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih, dan diulangi sampai sembuh. 6. Batuk a. Komposisi: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara menyajikan :kencur diparut, kemudia ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Cara menggunakan: diminum dengan ditambah garam secukupnya. b. Komposisi: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara menyajikan :kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah.

Cara menggunakan: airnya ditelan, ampasnya dibuang. Dilakukan setiap pagi secara rutin. 7. Memperlancar Haid Komposisi: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. Cara menyajikan :kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.

Cara menggunakan: diminum sekali sehari 2 cangkir. 36. Manggis MANFAAT TANAMAN Buah manggis dapat disajikan dalam bentuk segar, sebagai buah kaleng, dibuat sirop/sari buah.

Secara tradisional buah manggis adalah obat sariawan, wasir dan luka. Kulit buah dimanfaatkan sebagai pewarna termasuk untuk tekstil dan air rebusannya dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Batang pohon dipakai sebagai bahan bangunan, kayu bakar/ kerajinan.

37. KAYU MANIS Cinnamomum sp. Adalah tanaman rempah dari famili Lauraceae yang terdiri dari beberapa spesies. Hasil utama dari tanaman ini adalah obat gemuk alami dari tumbuhan yang digunakan sebagai rempah. Saat ini terdapat 7 spesies Cinnamomum yang kulitnya dapat diperdagangkan, yaitu C.

zeylanicum, C. cassia, C. tamala Ness & Eberm, C. burmani Blume, C. sintok Blume, C. javanicum Blume dan C. culilawan Blume. Sumatera Barat merupakan penghasil utama kulit C. burmani. Istilah seharihari untuk tanaman ini adalah kayu manis. Kulit kering tanaman ini disebut cassiavera. Tanamn ini juga dibudidayakan di Jawa Barat, Tengah, Tengger (Jawa Timur) dan Mangarai (Flores). C. burmani dapat ditanam di daratan rendah sampai daratan tinggi yang kurang dari 1500 m dpl.

Walaupun demikian, tanaman ini tidak dianjurkan ditanam di daratan rendah yang kurang dari 500 m dpl. karena akan menghasilkan kulit yang buruk mutunya. Untuk pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan udara dengan kelembaban tinggi dan curah hujan tinggi (2000~2500 mm) dan merata sepanjang tahun. Tanah yang cocok untuk pertumbuhannya adalah tanah berhumus dan dalam serta tekstur remah berpasir. Tanaman ini dapat dipanen (diambil kulitnya) setelah ditanam selama 2 tahun.

Biasanya petani memanennya setelah berumur 4 tahun. Berikut adalah manfaat kayu manis bagi kesehatan: 1. Mengontrol gula darah. Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

. 2. Anti infeksi. . 3. Meningkatkan fungsi otak. . 4. Mengontrol gula darah. . 5. Obat gemuk alami dari tumbuhan kolesterol. .

obat gemuk alami dari tumbuhan

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker. . 7. Menghangatkan. . 8. Mencegah penggumpalan darah. 9. Manfaat kayu manis lainnya adalah berguna untuk mendukung kecantikan kulit, khususnya kecantikan wajah.

Sebabnya kayu manis memiliki sifat anti biotik dan anti mikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Manfaat kayu manis untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskan minyak esensial jika kulitmu mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Selain itu, mencampur bubuk kayu manis dengan madu juga berguna untuk mencegah jerawat atau gangguan kulit lainnya.

38. NILAM Nilam (Pogostemon sp.) adalah tanaman penghasil minyak atsiri yang banyak ditanam di Sumatera Barat, Sumatera Utara (Nias, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah), Aceh Barat, Obat gemuk alami dari tumbuhan Selatan dan Purwokerto.

Ada 3 jenis nilam, yaitu: Pogostemon patchouli, P. heyneanus dan P. hortensis. P. patchouli berasal dari Filipina, kemudian disebarkan dan berkembang di Malaysia, Obat gemuk alami dari tumbuhan, Paraguay, Brazilia dan Indonesia.

Di Indonesia nilam ini di tanam di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Nilam ini tidak berbunga, kadar minyaknya tinggi (2,5~5 %). Karakteristik minyaknya sesuai dengan yang diinginkan dalam perdagangan. P. heyneanus disebut juga nilam Jawa atau nilam hutan. Tanaman ini berasal dari India.

Di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di hutan-hutan Pulau Jawa. Tanamn ini dapat membentuk bunga dan kadang minyaknya lebih rendah (0,5~1,5%). Karakteristik minyak ini kurang diinginkan dalam perdagangan. P. hortensis. disebut juga nilam sabun karana dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Tanaman ini hanya ditemukan di hutan-hutan daerah Banten.

Meskipun sepintasmirip nilam Jawa, tanaman ini tidak berbunga. Kandungan minyaknya juga rendah (0,5~1,5 %). Sifat minyaknya jelek dankurang diminati pasar. Tanaman nilam tumbuh dengan baik di daratan rendah, tapi dapat ditanam di daratan tinggi yang tidak lebih dari 2200 m dpl. Untuk pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan hujan yang merata sepanjang tahun dengan curah hujan yang cukup tinggi (2500~3500 mm). Suhu yang hangat 24~280C dan kelembaban udara sedang (75%). Agar tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan yanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung humus.

Tanaman sudah dapat dipanen 6~8 bulan setelah ditanam. Kemudian panen dapat diulang setiap 3 bulan. Berikut Manfaat Daun Nilam untuk kesehatan 1. Obat sakit kepala 2. Mengatasi diare 3. Mengobati penyakit disentri 4. Menghilangkan bau badan 5. Anti rematik 6. Obat bisul 7. Menjaga kesehatan ginjal 9. Melancarkan buang air kecil 10. Obat demam 11. Pencegah kanker 12. Obat borok pada kulit 13. Mengatasi jerawat 14. Menjaga daya tahan tubuh 15. Mencegah serangan jamur kulit 39. PALA Pala terdiri dari berbagai spesies, yaitu Myristica fragrans yang berasal dari Pulau Banda; M.

argenta Warb (Papua noot) dan M. schefferi Warb yang berasal dari Papua Barat, M. speciosa yang berasal dari Pulau Bacan serta M.

sucecanea yang berasal dari Pulau Halmahera. Buah dari M speciosa dan M. sucecanea tidak bernilai ekonomis sehingga spesies ini tidak dibudidayakan. Pala tumbuh dengan baik pada daerah yang banyak curah hujannya atau daerah beriklim basah sepanjang tahun dengan udara yang cukup panas (25~300C) dan lembab.

Tanaman ini dapat tumbuh didaratan rendah yang kurang dari 700 m dpl pada tanah cerul yang dapat menahan air. Pala mulai berbuah setelah berumur 5~6 tahun. Pada umur 10 tahun tanaman ini akan memberikan hasil buah yang optimal. Tanaman ini produktif berbuah sampai 25 tahun. Buah pala berbentuk bulat telur dampai lonjong, bagian terluar adalah kulit buah. Di bawah kulit buah terdapat tempurung biji yang diselubungi oleh jala berwarna merah api yang disebut dengan fuli.

Di bawah tempurung terdapat biji pala. Buah pala dapat digunakan sebagai bahan baku jamu dan bumbu. Minyak biji pala (misrintin) dapat memberikan efek halusinasi dan membunuh larva peptisida.

Minyak fuli dapat juga membunuh larva serangga. Buah muda dari pala dipetik untuk disuling minyaknya karena kandungan minyak atsiri buah pala muda lebih tinggi dibanding dengan buah tua. 1. Menghilangkan Masuk Angin Masuk angin bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi minuman kesehatan dari buah pala. Untuk menghilangkan masuk angin juga bisa meminum rebusan buah pala.

Sama hanya dengan manfaat jahe, pala bisa menghangatkan badan dan perut yang kembung karena masuk angin. Hal itu dikeranakan minyak atsiri yang ada dalam buah pala dan jahe sama.

2. Menghilangkan Insomnia Insomnia tidak hanya penyakit susah tidur, namun insomnia juga dikaitkan dengan tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Berbagai macam penyakit akan timbul akibat dari tidur tidak berkualitas dan susah tidur. Senyawa kimia yang ada dalam buah pala diyakini bisa menghilangkan insomnia seseorang. Caranya adalah sebelum tidur bisa mengkonsumsi air rebusan pala. 3.

Menambah Nafsu Makan Pala bisa membuat nafsu makan menjadi bertambah. Cocok digunakan untuk anak kecil yang susah makan. Enzim lipase yang ada dalam buah pala bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan.

Khasiat ini diperlukan juga : manfaat daun kenikir manfaat buah elai manfaat udang 4. Melancarkan Pencernaan Enzim lipase adalah enzim yang ada di bagian mulut dan lidah seseorang. Dengan bantuan enzim lipase, makanan yang dicerna akan mudah dihaluskan juga mudah dicerna oleh tubuh.

Tidak heran jika konsumsi minuman pala sebelum makan besar bisa melancarkan pencernaan di dalam tubuh. 5. Menghilangkan Muntah Buah pala juga memiliki sifat antiemetik. Antiemetik tersebut bermanfaat untuk menghilangkan mual dan muntah. Cocok obat gemuk alami dari tumbuhan untuk orang yang mudah mabuk kendaraan. Khasiat ini juga terdapat pada : manfaat daun obat gemuk alami dari tumbuhan manfaat daun suji manfaat lengkuas 6. Menghilangkan Nyeri Sifat antiemetik pada buah pala juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri saat haid maupun nyeri saat rematik kambuh.

7. Meredakan Asam Lambung Asam lambung sering ditandai dengan rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut. Hal itu dikarenakan dalam buah pala mengandung zat saponin yang bermanfaat untuk meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh.

Caranya adalah sebagai berikut ini : Siapkan 100 ml air hangat Campurkan air hangat tersebut menggunakan 1 sendok teh pala yang telah dihaluskan Campurkan menggunakan 2 sendok teh buah pisang batu Aduk dan minum selagi ramuan masih hangat 8. Menghilangkan Suara Parau Pala bermanfaat untuk menghilangkan suara parau. Minyak esensial yang ada dalam buah pala tersebut bisa mengatasi suara parau.

Suara parau menimbulkan kesan tidak nyaman di tenggorokan dan orang yang mendengarnya. Berikut ini cara menghilangkan suara parau menggunakan buah pala : Haluskan pala Haluskan jahe Campurkan dengan 1 sendok teh cengkeh obat gemuk alami dari tumbuhan dihaluskan Tambahkan dengan 3 tetes dari minyak kayu putih Campur semua bahan-bahan sampai membentuk pasta Oleskan ke leher Diamkan selama 3 jam Lakukan secara rutin 9.

Mengobati Rasa Sakit Manfaat buah pala bisa digunakan untuk menetralisir rasa sakit secara alami. Hal itu dikarenakan dalam buah pala terdapat senyawa kimia berupa mentol. Rasa sakit yang dimaksud adalah rasa yang diakibatkan oleh cedera, luka dan radang kronis. Khasiat seperti ini juga didapat dari : manfaat daun salam manfaat brotowali manfaat daun kumis 10.

Menyehatkan Otak Pala juga bermanfaat dalam menyehatkan otak. Kandungan miristin yang ada dalam buah pala bermanfaat untuk mengurangi dari degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dari otak.

Pada penderita penyakit alzheimer, parkinson dan pikun degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak bisa dikurangi atau diperlambat efeknya. 11. Detok Detok adalah proses pengeluaran toksin atau racun yang ada di dalam tubuh seseorang. Detok bisa dilakukan menggunakan berbagai macam cara. Racun banyak mengendap di berbagai organ tubuh misalnya saja ginjal, hati dan usus. Senyawa kimia dalam buah pala bisa membersihkan toksin dalam organ-organ tersebut terutama toksin yang ada di ginjal dan hati.

Toksin itu akan dikeluarkan melalui keringat, feses maupun urin. 12. Menjaga Kesehatan Mulut Mulut adalah sarang penyakit. Mulut mudah terkena bau mulut dan berbagai macam penyakit gigi. Minyak atsiri yang ada dalam pala bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kekebalan dari gusi maupun gigi. Saat ini anda akan menemukan obat gemuk alami dari tumbuhan obat kumur, pasta gigi yang terbuat dari ekstra tanaman pala. Khasiat ini juga ditemui pada : manfaat strawberry manfaat kopi manfaat daun cabai 13.

Mencegah Leukimia Penelitian menemukan fakta bahwa senyawa kimia berupa metanol yang ada dalam buah pala bisa mencegah kanker darah atau leukimia. Fakta ini belum diketahui oleh banyak orang, sehingga bahan herbal dari buah pala untuk mengobati kanker darah belum terlalu dikenal masyarakat. Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa mencegah hadirnya sel leukimia di dalam tubuh seseorang dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

14. Menyehatkan Kulit Kulit yang sehat juga bisa menggunakan pala. Zat scolopetin yang ada dalam buah pala mampu menghentikan peradangan pada kulit. Kulit yang halus juga bisa menggunakan buah pala. Bekas cacar dan bisulan pun bisa dihilangkan menggunakan buah pala. Caranya adalah : Memarut buah pala sampai halus dicampurkan dengan air dan madu.

Balurkan kepada kulit yang terdapat bekas luka. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat. 15. Melancarkan Peredaran Darah Buah pala juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan buah pala mengandung kalium yang bisa membuat peregangan di pembuluh darah.

Jika pembuluh darah meregang maka aliran darah pun akan lancar. Fungsi kalium adalah : Kandungan kalium dalam buah pala bisa berperan sebagai peregang obat gemuk alami dari tumbuhan darah yang ada di seluruh tubuh. Tidak hanya aliran darah saja yang lancar, namun jika pembuluh darah meregang maka oksigen pun juga mudah dialirkan ke seluruh tubuh. Kalium juga bisa membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dicerna tubuh, sehingga tubuh akan semakin sehat dengan nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh.

16. Menormalkan Tekanan Darah Kandungan mineral dan kalium yang ada dalam buah pala bisa mengatur tekanan darah. Mineral dan kalium pada buah pala bisa meregangkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah yang renggang bisa mengurangi dari tekanan darah dalam diri seseorang. Tidak hanya itu saja tekanan darah dalam sistem kardiovaskular penderita penyakit kardiovaskular pun bisa diturunkan.

17. Menciptakan Tulang Sehat Buah pala bisa menyebabkan tulang menjadi sehat. Hal itu dikarenakan dalam buah pala terdapat kandungan manfaat kalsium di dalamnya. Selain menciptakan tulang yang sehat, kalsium pada buah pala bisa memperbaiki syaraf tulang dan menjaga pertumbuhan tulang. Tulang juga terhindar dari pengeroposan.

18. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Konsumsi buah pala yang mengandung manfaat vitamin C bisa meningkatkan sistem imun yang ada di dalam tubuh seseorang.

19. Mencegah Anemia Manfaat zat besi yang ada dalam buah pala bisa meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah. Di dalam tubuh sehingga bisa mencegah gejala anemia pada seseorang. 20. Mengobati Diabetes Penemuan terbaru menemukan fakta bahwa senyawa kimia pada manfaat buah pala bernama macelignan untuk pembuatan obat anti diabetes.

Senyawa kimia itu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh 40. GAMBIR Tanaman gambir (Uncaria gambir) merupakan tanaman daerah tropis.

Tanaman ini telah dibudidayakan semenjak beberpa abad di daerah paling basah di Sumatera, Kalimantan, Malaysia dan ujung barat Pulau Jawa. Saat ini sebagian besar produksi gambir berasal dari Sumatera Barat dan sebagian kecil dari Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Dalam perdagangan, gambir merupakan istilah untuk ekstrak kering daun tanaman gambir. Ekstrak ini mengandung catechin (memberikan pasca rasa manis enak) asam catechu tanat (memberikan rasa pahit) dan juercetine (pewarna kuning). Catechin hidrat (bentuk d, L dan dL) mempunyai titik leleh 930C dan bentuk anhidridanya mempunyai titik leleh lebih tinggi, yaitu 174~1750C.

Catechin tersebut larut dalam air mendidih dan alkohol dingin. Gambir telah lama digunakan sebagai salah satu ramuan makan sirih. Selain itu gambir digunakan sebagai astrigen, antiseptik, obat sakit perut dan bahan pencampur kosmetika, perjernih air baku pabrik bir, pemebri rasa pahit pada bir dan bahan penyamak kulit.

Untuk bahan obat, importir Jerman Barat mensyaratkan kadar catechine obat gemuk alami dari tumbuhan 40`60 % dan perusahaan Ciba Geigy mensyaratkan catechin minimal 60,5 %. Untuk menyamak kulit, perusahaan pengolah kulit Cuirplastek R.

Bisset dan Cie mensyaratkan kandungan tanin 40 %. Tanaman gambir dapat dipanen setelah 1~1,5 tahun setelah panen. Yang dipanen adalah daun beserta ranting tanaman. Jaringan tanaman tersebut banyak mengandung cathecin. Panen dilakukan dengan memotong cabang dan ranting-ranting tanaman. Setiap tahun, panen dapat dilakukan 2~4 kali tergantung kepada pertumbuhan tanaman. Tanaman gambir dapat dipanen terus menerus selama 15 tahun semenjak pemanenan. manfaat gambir bagi kesehatan: 1.

Kaya Akan Antioksidan Daun gambir mengandung sebuah senyawa kimia yang disebut dengan katekin. Katekin merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari dampak radikal bebas. Senyawa ini juga dipercaya obat gemuk alami dari tumbuhan komponen alami untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

2. Mengobati Jerawat Gambir ternyata dapat digunakan sebagai obat jerawat. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan di dalam gambir yang dapat menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas luka.

Anda dapat mengolahnya menjadi bentuk ekstrak, kemudian digunakan sebagai masker wajah. 3. Mencegah Penuaan Dini Selain dapat digunakan untuk mengobati jerawat, ekstrak gambir yang telah diolah menjadi masker dapat digunakan dalam perawatan tradisional yang alami untuk mencegah penuaan dini, yaitu dengan khasiat gambir yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang, cerah, dan segar.

4. Mengatasi Berbagai Gangguan Mulut Gambir ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis gangguan atau penyakit mulut seperti sariawan, bibir kering, dan luka gusi. Hal ini dikarenakan adanya berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam gambir yang dapat berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah mulut. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir pada bagian mulut yang terluka.

5. Mengobati Luka Bakar Gambir dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan akibat luka bakar. Anda dapat menumbuk atau menghaluskan daun gambir, lalu terapkan pada bagian yang terkena luka bakar.

Efek dingin yang dihasilkan dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan meminimalisir bekas luka. 6. Meredakan Diare Daun gambir dan bagian rantingnya dapat digunakan sebagai obat diare.

Caranya yaitu dengan menjemur daun ini di bawah sinar matahari hingga kering, kemudian seduh bersama secangkir air panas. Minum air seduhan ini untuk melawan bakteri penyebab diare di usus besar. 7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daun gambir mengandung katekin, yaitu senyawa kimia yang memiliki sifat antioksidan alami. Dimana antioksidan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

obat gemuk alami dari tumbuhan

8. Untuk Mengobati Suara Parau atau Serak Manfaat gambir yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati suara parau atau serak. Untuk penggunaannya, seduhlah sepotong gambir dan 3 helai daun sirih segar dengan 110 ml air. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari (pagi dan sore), lakukan selama 1 minggu. 9. Meredakan Sakit Maag 10. Mengatasi Sakit Kepala atau Pusing 11. Menjaga Kesehatan Gigi 12. Digunakan Sebagai Pestisida Alami 13.

Sebagai Bahan Baku Industri 14. Anti Alergi 15. Membantu Mengobati Hepatitis dan Penyembuhan Luka pada Hati
Jakarta - Tinggal di daerah tropis, mau enggak mau kita harus siap menghadapi cuaca panas, udara lembap, debu, dan polusi. Nah, untuk itu setidaknya kita perlu tahu obat kuat alami yang bisa mencegah dan mengatasi sakit.

Kali ini HaiBunda akan membahas obat kuat alami dari tumbuhan yang sudah diteliti ahli.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Apa saja tumbuhannya? Obat gemuk alami dari tumbuhan daftarnya yang dikutip dari Healthline. Ini mungkin paling terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan otak. Studi mengatakan bahwa gingko dapat mengobati pasien dengan demensia ringan hingga sedang, dan dapat memperlambat penurunan obat gemuk alami dari tumbuhan pada demensia dan penyakit Alzheimer.

Penelitian terbaru mencari komponen yang dapat membantu diabetes, dan masih ada lebih banyak penelitian, termasuk penelitian pada hewan yang mengatakan gingko mungkin mempengaruhi penyembuhan tulang. 2. Kunyit Kunyit/ Foto: Istimewa Dengan rona oranye yang cerah, kunyit ternyata diyakini sebagai obat kuat alami. Berasal di India, kunyit memiliki sifat antikanker dan dapat mencegah mutasi DNA. Sebagai anti-inflamasi, dapat digunakan sebagai suplemen dan digunakan secara topikal untuk penderita artritis yang ingin menghilangkan rasa tidak nyaman.

Selain digunakan di seluruh dunia sebagai bahan memasak, kunyit adalah sumber antioksidan. Menurut penelitian terbaru, kunyit juga bisa sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit kulit dan radang sendi. 3. Minyak evening primrose Minyak evening primrose/ Foto: iStock Bunga evening primrose berwarna kuning cerah menghasilkan minyak yang dianggap dapat meringankan gejala PMS dan kondisi kulit seperti eksim. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak evening primrose memiliki sifat anti-inflamasi.

Obat kuat alami ini juga dikenal untuk membantu dengan kondisi seperti dermatitis atopik dan sumber neuropati diabetes. Minyak ini juga dapat membantu masalah kesehatan lainnya, seperti nyeri payudara. Obat gemuk alami dari tumbuhan terbaru menunjukkan minyak ini bisa meningkatkan kualitas hidup untuk pasien dengan multiple sclerosis. biji rami/ Foto: iStock Biji rami adalah salah satu pilihan obat kuat alami yang lebih aman di antara suplemen makanan nabati.

Dipanen selama ribuan tahun, saat ini biji rami terbukti sebagai sumber antioksidan dan memiliki fungsi untuk anti-inflamasinya. Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan dengan subjek manusia, satu studi mengatakan bahwa biji rami dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Penelitian lain mengutip bahwa biji rami memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah. Ketika dikonsumsi, bahkan dapat membantu mengurangi obesitas. 5. Minyak tea tree tea tree oil/ Foto: Thinkstock Tea tree, yang merupakan tanaman asli Australia.

Tumbuhan ini menghasilkan minyak yang telah lama dianggap bermanfaat untuk kondisi kulit, termasuk jerawat ringan, luka kecil, ketombe, gigitan serangga, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

Perlu ada penelitian lebih lanjut tentang penggunaan jerawat dan kulit kepala. Namun, penelitian terbaru menunjukkan ada kekuatan super antimikroba dari minyak tea tree pada luka dan infeksi topikal. 6. Echinacea Echinacea/ Foto: iStock Selama berabad-abad Echinacea dipakai sebagai obat kuat alami dalam bentuk teh, jus, dan ekstrak.

Hari ini, Echinacea dapat dijumpai dalam bentuk bubuk atau suplemen. Penggunaan echinacea yang paling terkenal adalah untuk memperpendek gejala-gejala dari demam dan flu. Echinacea juga bisa meningkatkan kekebalan ketika virus ada di dalam tubuh.

7. Ekstrak biji anggur anggur/ Foto: iStock Selama bertahun-tahun, ekstrak biji anggur tersedia dalam bentuk cairan, tablet, atau kapsul. Obat kuat alami ini telah dikenal manfaatnya karena aktivitas antioksidan. Ekstrak biji anggur ini memiliki manfaat kesehatan yang kuat, termasuk menurunkan kolesterol dan mengurangi gejala sirkulasi yang buruk di pembuluh darah kaki. Sumber mengkonfirmasikan bahwa konsumsi rutin ekstrak anggur memiliki efek antikanker dan tampak bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.

8. Lavender lavender/ Foto: iStock Jika Bunda mengalami kecemasan, kemungkinan seseorang merekomendasikan Bunda untuk menggunakan minyak esensial lavender.

Bunga ungu aromatik ini sering diteliti fungsinya sebagai anti-kecemasannya. Lavender dapat secara langsung memengaruhi suasana hati dan kinerja kognitif. Lavender juga bermanfaat untuk membantu orang mendapatkan waktu tidur yang sangat dibutuhkan. Baru-baru ini, telah ditemukan bahwa lavender juga membawa manfaat anti-inflamasi.

Lavender paling efektif diencerkan dan diterapkan pada kulit, bisa juga digunakan dalam aromaterapi. chamomile/ Foto: dok. detikFood Sama seperti lavender, chamomile adalah tanaman obat kuat alami yang dianggap memiliki sifat anti-kecemasan.

Sebagian besar orang tahu chamomile dikonsumsi dalam bentuk minuman teh, namun juga tersedia dalam bentuk suplemen. Kekuatan menenangkan chamomile sering diteliti, termasuk studi di 2009 yang menyatakan chamomile lebih unggul ketika mengobati gangguan kecemasan umum. Chamomile juga aman untuk penggunaan jangka panjang dan juga menunjukkan potensi antikanker.

Simak juga tips mengatasi darah rendah: [Gambas:Video Haibunda] (aci/som)
Merkbagus.id – Orang dengan berat badan kurus rupanya banyak memiliki risiko penyakit berbahaya yang mengancam jiwa. Untuk itu, perlu adanya supelmen atau vitamin untuk menambah berat badan agar menjadi ideal. Berikut ini beberapa rekomendasi dari merk vitamin penggemuk dan penambah berat badan dengan berbagai macam jenis dan harga yang berbeda.

Namun meskipun dianjurkan, membeli obat penggemuk badan kadang kala justru menjadi mala petaka. Terlebih jika obat yang dibeli tidak terdaftar di BPOM atau mengandung zat kimia yang berbahaya. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips sebelum membeli vitamin penggemuk badan dewasa. Tips Memilih Vitamin Penambah Berat Badan Untuk Orang Dewasa 1. Kenali merk Sebelum membeli kenali dahulu merk dari produk yang akan dibeli baik itu secara online maupun offline.

Selain merk juga ulasan atau review mengenai produk tersebut baik itu khasiat maupun harga. Produk yang baik biasanya akan banyak direview oleh orang lain. 2. Lihat tanggal kadaluwarsa Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera di dalam maupun luar kemasan. Selain itu pastikan bahwa produk yang akan dibeli sudah bersertifikat MUI dan terdaftar di BPOM. 3. Cek harga Harga juga wajib untuk diperhatikan saat akan membeli sebuah produk apapun.

Bandingkan harga produk di toko satu dan toko lainnya untuk mendapatkan harga yang pas. Banyak-banyak mencari referensi di toko-toko online maupun offline soal harga dari obat penggemuk badan paling terbaru. Tips sudah lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu soal merk vitamin penggemuk badan yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa.

Produk yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan serta baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam amino serta papaya leaf dan enzim papain dalam setiap kapsulnya. Selain itu, Nutrimax Figure plus juga diperkaya oleh berbagai tanaman herbal yang membuat produk ini aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Selian untuk menambah berat badan, produk yang satu ini juga dapat membantu mengatasi berbagai keluhan seputar pencernaan.

Keluhan pencernaan seperti kram, susah buang air besar, kejang dapat diatasi dengan mengonsumsi Nutrimax Figure plus. Kapsul ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa atau anak-anak diatas usia 12 tahun. Kelebihan Nutrimax Figure plus • Meningkatkan nafsu obat gemuk alami dari tumbuhan • Menambah berat badan dengan cepat • Dapat mengobati masalah sembelit dan obat gemuk alami dari tumbuhan pencernaan lainnya • Terdaftar badan POM • Dibuat dari bahan alami Kekurangan Nutrimax Figure plus • Tidak cocok untuk ibu hamil dan menyusui • Produk berbentuk kapsul lunak sehingga kurang relevan untuk dikonsumsi anak-anak • Harga tergolong mahal Harga Nutrimax Figure plus Nama toko Harga Shopee RP.

400.000 Tokopedia Rp. 330.000 m.blanja.com Rp. 350.000 2. Blackmores Multivitamin Diurutan kedua ada produk dari Blackmores yang tergolong produk penambah berat badan kelas atas. Fungsi dan kegunaannya sama seperti produk pada umumnya yaitu menambah nafsu makan serta menjaga imunitas tubuh. Produk yang satu ini terbukti ampuh meningkatkan berat badan dengan optimal tanpa berdampak buruk pada kesehatan.

Meski tergolong mahal, Blackmores tetap menjadi primadona semua kalangan sebagai suplemen penambah berat badan paling recomended. Kelebihan Blackmores Multivitamin • Kaya akan vitamin • Membantu menambah berat badan dengan optimal • Banyak yang jual • Tidak ada efek samping • Dapat membantu menjaga imunitas tubuh Kekurangan Blackmores Multivitamin • Harga lumayan mahal Harga Blackmores Multivitamin Nama Toko Harga JD.

id Rp. 400.000 Tokopedia Rp. 350.000 3. Master Weight Gain Selanjutnya ada Master Weight Gain yang juga merupakan produk penggemuk badan dengan cara memperbaiki sistem kerja usus.

Di dalam paket Master Weight Gain terkandung Protein yang membantu kenaikan berat badan dengan cepat. Selain itu, ada kandungan Curcuma Xanthorriza Rimpang yang berfungsi untuk mengobati gangguan pencernaan. Salah satu diantara-Nya adalah gangguan pada usus besar, liver serta gangguan pada kantong empedu.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Karena berasal dari bahan-bahan alami, produk ini aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kelebihan Master Weight Gain • Sudah terdaftar di badan POM • Membantu menambah nafsu obat gemuk alami dari tumbuhan • Membantu menambah berat badan hingga 15 kg • Membantu pemadatan tulang • Dapat memperkuat imun tubuh • Dapat membantu penyerapan makanan dengan optimal • Terbuat dari bahan-bahan alami Kekurangan Master Weight Gain • Kemasan mudah ditiru sehingga banyak dipalsukan • Tidak cocok untuk anak-anak • Tidak cocok untuk ibu hamil Harga Master Weight Gain Nama Toko Harga Shopee RP.

200.000 Bukalapak Rp. 198.000 4. Gemuk Max Darusyifa Salah satu faktor badan susah gemuk adalah proses penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, perlu adanya suplemen yang dapat membantu penyerapan nutrisi makanan seperti Gemuk Max Darusyifa.

Produk herbal yang satu ini juga dapat meningkatkan nafsu makan serta minim efek samping. Gemuk Max Darusyifa mengandung bahan alami serta berbagai macam vitamin yang sangat berguna untuk tubuh. Selain itu, produk yang dikemas dalam bentuk kapsul ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk yang menginginkan berat badan ideal, produk dari Gemuk Max Darusyifa dapat dijadikan pilihan yang tepat. Kelebihan Gemuk Max • Sudah terdaftar di dalam BPOM • Dapat meningkatkan nafsu makan • Dapat membantu proses penggemukan badan dengan ideal • Membantu memperkuat metabolisme dalam tubuh • Dapat membantu penyerapan makanan dengan maksimal Kekurangan Gemuk Max • Tidak cocok untuk ibu hamil dan menyusui • Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita magh • Tidak cocok untuk anak-anak Harga Gemuk Max Nama toko Harga Shopee Rp.

50.000 Lazada Rp. 45.000 5. Gaining Weight Kapsul Produk dari Gaining Weight Kapsul ini dikenal sangat membantu dalam proses penambahan berat badan dengan cukup signifikan. Selain itu, ia juga dapat membantu memperbaiki pola makan serta membantu proses penyerapan makanan di dalam tubuh. Produk ini dianjurkan untuk dikonsumsi 1 kapsul sebelum tidur rutin hingga mencapai berat badan yang diinginkan. Setelah sampai pada target yang diinginkan bisa dikonsumsi paling tidak dua atau tiga kali seminggu.

Produk ini tidak mengandung efek samping sehingga tidak akan terjadi gangguan apapun meski sudah tidak mengonsumsinya lagi. Kelebihan Gaining Weight Kapsul • Terdaftar di badan POM • Tanpa efek samping • Membantu meningkatkan nafsu makan • Memperbaiki penyerapan makanan • Harga tergolong murah Kekurangan Gaining Weight Kapsul • Tidak cocok untuk ibu hamil • Tidak cocok untuk anak di bawah usia 13 tahun Harga Gaining Weight Kapsul Nama toko Harga Shopee Rp.

70.000 Buka lapak Rp. 100.000 6. Tiens Zinc Capsule Selain berguna untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan tulang, Tiens Zinc Capsule juga dapat membantu menaikkan berat badan.

Produk ini juga berpengaruh dalam proses penyerapan makanan dalam tubuh. Kandungan vitamin dalam produk ini juga sangat dapat menambah nafsu makan serta menjaga imunitas tubuh. Tiens Zinc Capsule aman untuk dikonsumsi untuk anak-anak hingga dewasa dengan keamanan yang sudah dijamin oleh badan POM. Produk ini juga telah mengantongi sertifikat dari MUI sebagai salah satu produk penggemuk badan yang berlabel halal. Tiens Zinc Capsule biasa dijual di berbagai toko obat di Indonesia baik online maupun offline.

Kelebihan Tiens Zinc Capsule • Dapat membantu proses penambahan berat badan dengan cepat • Membantu penyerapan nutrisi makanan dengan baik • Dapat menjaga imunitas tubuh • Sudah terdaftar di BPOM • Bersertifikat MUI • Produk mudah ditemukan Kekurangan Tiens Zinc Capsule • Tidak ada Harga Tiens Zinc Capsule Nama toko Harga Blibi Rp. 135.000 Shopee Rp. 125.000 7. Vitamin Penggemuk Badan Canfath Suplemen penambah badan pria baik wanita kadang menimbulkan efek samping yang berdampak buruk untuk tubuh.

Namun ini tidak berlaku untuk produk penggemuk badan dari Canfath. Karena dibuat obat gemuk alami dari tumbuhan 100 persen bahan alami membuat produk ini aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Selian menambah berat badan, suplemen ini sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh hingga pada masalah regenerasi tubuh. Perannya dalam proses penambahan berat badan dirasa sangat cepat asalkan harus diminum secara rutin. Kelebihan produk Canfath • Membantu proses penggemukan badan secara optimal • Terbuat dari bahan alami hingga tanpa efek samping • Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh • Menangkal radikal bebas • Dapat mencegah penuaan dini Kekurangan produk Canfath • Harga tergolong mahal • Naiknya berat badan tidak permanen Harga produk Canfath Nama toko Harga Tokopedia Rp.

180.000 Bukalapak Rp. 165.000 Shopee Rp. 170.000 8. Kapsul Gemuk plus Temu lawak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan sehingga mempermudah proses penggemukan badan.

Hal inilah yang kemudian ditular oleh Kapsul Gemuk plus yang mengandalkan komposisi dari bahan alami khususnya temu lawak. Selain temu lawak, produk herbal yang satu ini juga mengandung lada hitam, kunyit dan juga daun sirih. Tak ayal bahwa Kapsul Gemuk dapat membantu meningkatkan nafsu makan hingga mempercepat proses penggemukan badan.

Produk yang dikonsumsi sebelum makan ini berguna juga untuk daya tahan tubuh. Terakhir, produk herbal yang satu ini sangat membantu kelancaran penyerapan gizi dan nutrisi dalam tubuh.

Kelebihan Kapsul Gemuk plus • Harga terjangkau • Dapat membantu dalam meningkatkan nafsu makan • Terbuat dari bahan alami • Tanpa efek samping • Dapat menjaga daya tahan tubuh • Membantu proses penyerapan gizi Obat gemuk alami dari tumbuhan Kapsul Gemuk plus • Tidak ada Harga Kapsul Gemuk plus Obat gemuk alami dari tumbuhan toko Harga Tokopedia Rp.

150.000 Shopee Rp. 150.000 Bukalapak Rp. 150.000 9. Binasyifa Multivitamin Produk yang satu ini tergolong sebagai produk unggulan yang dapat membantu menambah berat badan secara alami.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Ia dibuat dari bahan-bahan herbal yang berkualitas tinggi dan sudah mendapat ijin edar dari BPOM. Produk yang satu ini bekerja dari dalam untuk membantu menambah nafsu makan serta memperbaiki sistem pencernaan.

Ia juga berguna sebagai dopping agar nutrisi yang akan diserap oleh tubuh dapat berjalan dengan baik. Sehingga berat badan akan kembali ideal tanpa ada efek samping yang berarti. Kelebihan dari Binasyifa Multivitamin • Dibuat dari bahan alami • Mudah didapat • Dapat membantu penyerapan nutrisi • Menggemukkan badan secara alami • Terdaftar di badan POM Kekurangan dari Binasyifa Multivitamin • Tidak ada Harga dari Binasyifa Nama toko Harga Tokopedia Rp.

36.000 Shopee Rp. 30.000 10. Walatra Spirulina Original Banyak orang mengklaim bahwa spirulina hanya dapat digunakan untuk perawatan wajah saja. Padahal buktinya produk yang satu ini juga dapat membantu proses penggemukan badan dengan maksimal.

Ia juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun serta dapat mendongkrak stamina baik pria maupun wanita. Kapsul berwarna hijau tua ini mengandung asam amino dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

obat gemuk alami dari tumbuhan

Produk yang biasa digunakan sebagai masker ini mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna untuk jantung, otak dan kelancaran aliran darah.

Karena obat gemuk alami dari tumbuhan dari bahan alami, produk ini tidak memiliki efek samping sama sekali. Kelebihan Walatra Spirulina Original • Baik untuk proses penggemukan badan • Menjaga stamina • Mengandung nutrisi yang baik untuk otak • Terbuat dari bahan alami • Tanpa efek samping • Membantu untuk melindungi sistem kerja pencernaan Kekurangan Walatra Spirulina Original • Bau produk sangat menyengat • Karena dari bahan alami proses penggemukan badan agak lama • Harga tergolong mahal Harga Walatra Spirulina Original Nama toko Harga m.blanja.com Rp.

200.000 Shopee Rp. 250.000 Tokopedia Rp. 200.000 11. Kapsul Gemuk badan 4 in 1 Dinomor sebelas ada merk multivitamin yang berguna untuk menggemukkan badan dari 4 IN 1 Ash Shihhah. Produk yang berasal dari bahan alami ini sangat berguna untuk meningkatkan nafsu makan serta untuk ketahanan tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan kenaikan berat badan dengan optimal. Selain itu, tiap kapsulnya juga memiliki peran penting sebagai jalan agar nutrisi makanan dapat terserap dengan baik.

Meski dapat meningkatkan berat badan tak lantas membuat tubuh menjadi gemuk loh. Justru vitamin ini akan membantu tubuh akan menjadi lebih berisi dan terlihat ideal. Kelebihan Obat gemuk alami dari tumbuhan Gemuk badan 4 in 1 • Membantu meningkatkan nafsu makan • Membuat badan menjadi ideal • Meningkatkan daya tahan tubuh • Harga tergolong murah • Membantu penyerapan nutrisi makanan Kekurangan Kapsul Gemuk badan 4 in 1 • Tidak ada Harga Kapsul Gemuk badan 4 in 1 Nama Toko Harga Tokopedia Rp.

17.000 Shopee Rp. 16.000 Bukalapak Rp. 25.000 12. Nutrifat Selanjutnya ada suplemen herbal penggemuk badan dari Nutrifat yang terbuat dari berbagai bahan alami.

Produk yang satu ini sangat disarankan untuk yang berbadan kurus dengan nafsu makan yang terus berkurang atau tidak stabil. Nutrifat mengandung unsur hewani seperti telur tinggi protein dan susu serta bahan pelengkap lainnya. Produk ini sudah terdaftar resmi di BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kelebihan dari Nutrifat • Dibuat dari bahan yang alami • Terdaftar di BPOM • Tidak menyebabkan ketergantungan • Produk mudah didapat • Dapat meningkatkan nafsu makan Kekurangan dari Nutrifat • Harga cukup mahal Harga dari Nutrifat Nama toko Harga Shopee Rp.

250.000 Tokopedia Rp. 350.000 13. Kapsul Gemuk Sehat Di urutan ke sepuluh ada vitamin penambah berat badan yang diberi nama Kapsul gemuk Al-Ghuroba.

Kapsul ini terbuat dari pure bahan-bahan alami sehingga aman dari efek samping. Kapsul gemuk sehat bekerja secara maksimal untuk membantu menambah berat badan serta meningkatkan nafsu makan dengan optimal.

Meski indikasinya dapat meningkatkan nafsu makan namun jangan khawatir karena produk ini tidak akan membuat tubuh menjadi gendut. Produk yang dikemas dalam bentuk kapsul ini juga sudah terdaftar di BPOM serta bersertifikat MUI. Jadi untuk yang beragama muslim jangan khawatir lagi, karena produk ini sudah terjamin kehalalannya. kelebihan Kapsul gemuk sehat • Terbuat dari bahan alami • Sudah berlabel MUI • Terdaftar di BPOM • Membantu meningkatkan berat badan • Membantu menjaga stamina • Tidak bikin gemuk Kekurangan Kapsul gemuk sehat • Karena terbuat dari bahan alami sehingga hasil sedikit lama • Rawan barang tiruan Harga Kapsul gemuk sehat Nama toko Harga Tokopedia Rp.

160.000 Shopee Rp. 250.000 14. Herbal Kapsul Gemuk Eza Selanjutnya ada produk dari Herbal Kapsul Gemuk Eza yang dapat membantu proses peningkatan berat badan secara alami. Produk ini direkomendasikan karena mengandung bahan-bahan alami seperti temu lawak, temu ireng, jahe dan brotowali. Kandungan bahan alami ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan serta membuat badan tetap bugar. Kapsul ini baiknya dikonsumsi minimal tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika sudah mengonsumsi obat yang satu ini tidak disarankan untuk makan-makanan yang berlemak seperti jeroan dan sebagainya.

Kelebihan Kapsul Gemuk Eza • Dibuat dari bahan alami • Tidak memiliki efek samping • Terdaftar di BPOM • Mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh • Membuat tubuh menjadi lebih sehat Kekurangan Kapsul Gemuk Eza • Hanya ada di toko online • Dosis konsumsi terlalu banyak Harga Kapsul Gemuk Eza Nama toko Harga Lazada Rp. 60.000 Tokopedia Rp. 55.000 m.belanja.com Rp. 55.000 15. Nasa Amne Produk yang satu ini cukup familiar di kalangan penjuang gemuk namun tanpa risiko.

Nasa Amne selain dapat menggemukkan badan juga efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Karena dibuat dengan menggunakan bahan alami produk ini tidak memiliki efek samping sama sekali dan aman digunakan untuk jangka panjang.

Harganya pun juga tergolong murah dan ia juga mudah didapat baik di agen offline maupun online. Kelebihan dari Nasa Amne • Harga tergolong murah • Mudah didapat • Tercantum di BPOM • Terbuat dari bahan alami • Sangat baik untuk kesehatan tubuh Kekurangan dari Nasa Amne • Dosis minum terlalu banyak Harga dari Nasa Amne Nama toko Harga Tokopedia Rp. 160.000 Shopee Rp. 250.000 Rekomendasi Produk Terbaik Dari sekian banyaknya review produk untuk kategori obat penggemuk badan, satu yang paling mendekati sempurna adalah Nutrimax Figure plus.

Produk yang satu ini terlihat sangat menjanjikan baik dari segi komposisi maupun kualitas. Untuk soal harga memang sedikit menguras kantong, namun jika hasilnya maksimal mengapa tidak?

Kesimpulan Tubuh kurus rupanya tidak hanya mengurangi rasa percaya namun juga sangat tidak baik untuk kesehatan. Obat gemuk alami dari tumbuhan itu, perlu adanya upaya untuk memulihkan berat badan dengan mengonsumsi vitamin penambah berat badan.

Jenis obat-obatan untuk menambah berat badan ini umumnya berasal dari bahan alami yang tanpa efek samping. Baca juga: 10 Merk Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Anak Untuk soal harga cukup bervariatif berkisar antara puluhan ribu hingga yang termahal mencapai ratusan ribu perpicis. Contohnya seperti vitamin penggemuk badan dari Nutrimax Figure plus yang dibanderol harga hingga 400 ribu rupiah.

Meskipun mahal, khasiat dari produk tersebut tidak bisa diragukan lagi. Merk vitamin penggemuk dan penambah berat badan memang sangat beragam baik dari komposisi maupun harganya. Agar tidak salah pilih, lakukan riset secara mendalam terhadap produk yang akan dibeli.

Sekian. Share this: • • • • • Posted in Makanan dan Minuman Tagged apa susu penambah berat badan, cara berhenti minum kianpi pil, cara minum obat kianpi pil yang benar, curvit cl, curvit tablet, daftar obat penggemuk badan yang berbahaya, dokter spesialis menambah berat badan, harga curcuma plus fruit and veggie, harga fitkom platinum, harga penggemuk badan, harga tiens zinc capsule, kianpi pil asli kemasan baru, madu penambah berat badan, madu penggemuk badan, minyak ikan penambah nafsu makan, obat penambah berat badan dengan cepat, obat penambah berat badan di apotik k24, obat penambah berat badan permanen, obat penggemuk badan permanen, obat penggemuk badan resep dokter, obat penggemuk badan tradisional, obat penggemuk pipi, penambah berat badan alami, pengalaman minum kianpi pil ginseng, penggemuk badan nasa, penggemuk badan tiens, samyun wan, super protein penggemuk badan, suplemen fitnes penambah berat badan, tiens zinc capsule, vitamin penambah berat badan anak 1 tahun, vitamin penambah berat badan anak 2 tahun, vitamin penambah berat badan di apotik, vitamin untuk ibu menyusui agar ibu gemuk Recent Posts • 10 Merk Blush On Terbaik, Murah, & Bagus (Untuk Pemula) • 10 Merk Highlighter Terbaik yang Bagus dan Murah • 10 Merk Concealer Terbaik untuk Kulit Kering & Berminyak • 10 Merk Contour Stick dan Cream Terbaik untuk Wajah (Murah) • 10 Merk Cleansing Oil Terbaik untuk Kulit Berjerawat & Berminyak • 10 Merk Coklat Bubuk yang Enak untuk Minuman • 10 Merk Lipstik Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama • 10 Merk Headphones Terbaik dan Berkualitas Tahan Lama • 10 Merk Microwave Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik • 10 Merk Lip Gloss Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama • Rekomendasi 10 Merk Microphone Terbaik yang Bagus • 10 Merk Dispenser Galon Bawah Terbaik ( Gak Berat Lagi ) • 8 Merk Mesin Jahit Terbaik yang Bagus dan Awet • 10 Daftar Bedak Korea Terbaik untuk Remaja (Bikin Glowing) • 10 Merk Cushion Terbaik untuk Kulit Kering dan Berminyak • Download X8 Speeder Domino RP Apk Terbaru (Tanpa Iklan) • 10 Alat Penghemat Listrik untuk Rumah dan Kantor Obat gemuk alami dari tumbuhan • YoWhatsapp • 10 Merk Pemotong Bawang atau Chopper Terbaik • 10 Merk Lip Balm yang Bagus dan Aman untuk BibirObat Alami Untuk Mengatasi Obesitas (Kegemukan) ---Penumpukan lemak didalam tubuh manusia merupakan faktor utama penyebab kegemukan ( terlalu gemuk).

Selain dapat mengurangi rasa percaya diri, Obesitas juga mempunyai dampak lain seperti dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit, diantaranya adalah kardiovaskuler, kandungan kemih, diabetes, darah tinggi, gangguan pembuluh darah dan lain-lain. Untuk mengurangi lemak tersebut agar tubuh tidak kegemukan kita bisa menggunakan obat-obatan herbal yang bisa kita ramu/buat sendiri.

Bahan obat herbal untuk kegemukan ini mudah untuk didapatkan seperti Jeruk Nipis dan Teh. Lalu bagaimana cara membuat obatnya.? Langsung saja kita simak info dari Obat Herbal Alami berikut ini : Cara Membuat Ramuan Obat Kegemukan Bahan Obat : • Teh sebanyak 3 sendok makan • Jeruk Nipis 1 Buah • 1 Gelas air masak (hangat) Cara : • Seduhlah teh dengan air hangat tadi • Jeruk Nipis diperas ( ambil airnya) • Lalu campurkanlah teh dengan air Jeruk Nipis hingga rata Cara Alami Mengatasi Kegemukan • Minumlah Ramuan Obat Kegemukan yang dibuat tadi setiap pagi dan sore sebanyak 1/2 gelas tiap kali minumnya.

Demikian info dari Obat Herbal Alami pada kesempatan kali ini tentang Ramuan Obat Herbal (Bahan Alami) Untuk Mengatasi Badan Terlalu Gemuk, semoga bermanfaat buat semua.
ISI : 50KAPSUL @500mg Efektif membantu mengoptimalkan penyerapan gizi ke dalam tubuh, menghilangkan letih, menambah nafsu makan, dan menambah berat badan hingga ideal. Punya berat badan yang proporsional adalah bentuk ideal sebaik baik tubuh artinya tidak terlalu gemuk namun juga tidak terlalu kurus alias sedang sedang saja, akan tetapi mempunyai tubuh ideal tidak bisa di nikmati banyak orang, badan yang terlalu kurus selain membuat percaya diri turun, secara estetika juga kurang enak di pandang.

Nah khusus dan spesial buat anda yang badan kurus dan ingin tahu obat herbal alami tradisional untuk menggemukan badan, maka suplemen kapsul Gemuk Badan Bina Syifa mandiri bisa menjadi solusi aman dan bebas efek samping untuk membuat badan anda lebih gemuk dan proporsional.

Suplemen penambah berat badan kapsul gemuk tubuh Binasyifa adalah nutrisi bagus untuk menggemukan badan yang terbuat dari 100% bahan herbal alami dari ramuan tumbuhan berkhasiat obat seperti kunyit, lada hitam, temuk lawak dll. Manfaat Kapsul Gemuk Badan Bina Syifa : Berkhasiat menambah nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya.

Berkhasiat meningkatkan / memaksimalkan dan mempercepat penyerapan fungsi enzim serta nutrisi dari makanan yang di makan sehari hari ( terbukti berdasarkan testimoni, berat badan bertambah 1 kg dalam seminggu ). Double efek di atas berkerja secara tradisional dan bersinergis yang akan mempercepat proses penyerapan nutrisi makanan sehingga naiknya berat badan yang lebik cepat aman dan bebas efek samping berbahaya.

Suplemen kapsul gemuk badan Binasyifa terbukti aman ( sudah berBPOM ) dan alami untuk menggemukan badan yang terlalu kurus dan tidak proporsinal tanpa efek samping bahaya. Fast Respon / Konsultasi WA : 081333400096 BBM : DA6AEEB2

MUJARRAB !! Yang Kurus Ingin Gemuk Sehat ? Minum Rutin Ini Sesudah Makan




2022 www.videocon.com