Apa itu deskripsi enumerator

apa itu deskripsi enumerator

Menurut KBBI IV, enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pengumpulan data (puldat). Kegiatan enumerator ini dilakukan 1 tahun sekali gan, dengan topik riset yang berbeda-beda dan lama waktu puldatnya juga beda-beda ada yang 2 minggu puldat harus sudah selesai bahkan ada yang sampai 50 hari puldat.

Biasanya puldat yang dilakukan 30 – 50 hari responden nya masyarakat langsung dan wawancaranya door to door. Pun, latar belakang pendidikan enumerator yang diseleksi sesuai dengan topik riset yang dilakukan. Terus, ngapain aja kerjaannya? Susah nggak sih? Digaji nggak? Nah, ane jawab satu-satu ya gan. a. Puldat (Pengumpulan data) Kalo puldat nggak jauh-jauh dari yang namanya kuesioner. Yups, tugasnya enum itu nyebarin kuesioner yang sudah ditargetkan oleh tim survei. Kalo ane kemaren sih pas jadi enum itu targetnya 30 responden untuk tenkes dan non tenkes ditambah 1 kuesioner yang dilakukan wawancara langsung ke Kepala Puskesmas atau Kepala TU.

b. Cek Kuesioner Setelah kuesioner diisi oleh responden, enum tugasnya ngecekin satu-satu kuesioner sebelum di konsultasikan ke PJT (Penanggung Jawab Teknik). Sebaiknya enum kudu pinter-pinter ngeloby kapus ni gan, agar para karyawan di instansi tersebut bisa dikumpulin di suatu tempat dan pada saat pengisiin enum bisa langsung membimbing untuk meringankan kerjaan kita juga.

Curhat dikit: Sebenarnya nggak kepikiran buat ikutan jadi enumerator, dan kebetulan temen ane dadakan gitu ngabarin kalo Dinkes Kabupaten tempat ane tinggal ngebutuhin 1 orang lagi buat ikutan enumerator dan apa itu deskripsi enumerator pendaftarannya sore ini bakal tutup. Apa itu deskripsi enumerator bekal Bismillah dan keyakinan hati (duileeeh) ane setor berkas.

Bingung juga apa yang harus dipersiapin dan apa yang harus ane lakuin? I had zero idea. Tapi, ane pikir kapan lagi dapet kesempatan buat ngelakuin hal baru kaya begini. So, I was like, “Bismillah, let’s do this”. Enumerator itu nggak langsung dilepas gitu aja gan, kita dapet workshop yang mempelajari langsung apa aja sih yang harus kita lakuin? Siapa aja yang bakal kita kasih kuesioner?

Gimana caranya komunikasi yang bagus dan beretika? Diajarin juga caranya masukin data ke aplikasi yang sudah disediakan oleh tim survei. Semuanya kita pelajari pada saat workshop dan detail banget.

apa itu deskripsi enumerator

Kita bakal dapet PR setiap hari dan diwajibkan untuk mempelajari materi hari ini kemudian akan direview keesokan harinya, setiap hari harus ada perwakilan perkabupaten untuk review materi yang kemaren lo gan, bayangin aja kalo kita nggak belajar malu donk sama perwakilan kabupaten yang lain.

HEHEHE Namanya juga kerja, insya Allah digaji gan. Kalo ane kemaren workshopnya di Ibu Kota Provinsi jadi perjalanan dari kabupaten ke provinsi (pulang-pergi) dibayarin, fasilitas hotel plus makan selama 6 hari ditanggung, penyewaan leptop, ada tambahan insentif perjalanan dinas ke desa terpencil, dan gaji pokok. Gambaran nya ane kemaren 2 minggu puldat plus entry data, 1 minggu workshop.

apa itu deskripsi enumerator

Jadi, 3 minggu kerja dengan fasilitas yang udah ditanggung terus kerjaannya jalan-jalan kedaerah yang belum pernah kita samperin dan ketemu orang-orang baru, pengalaman baru itu nikmat Allah mana lagi yang agan dustakan? Tapi, juga disertakan tanggung jawab ya gan, jangan keasikan main doank. Hehehe Itu aja nih yang bisa ane share tentang enumerator, bisa ditambahkan pengalaman agan-agan yang pernah jadi enumerator di koment.

Jangan lupa rate dan cendolnya ya gan. Thanks for coming in my thread. “Enumerator Cantik” 27-08-2017 17:26 Jika kalian pernah bersinggungan dengan survei atau penelitian kuantitatif, tentunya profesi enumerator tidak asing lagi bagi kalian. Namun, bagi mereka yang belum pernah mendengarnya tentu istilah ini masih asing. Nah, untuk mengenal beberapa hal tentang apa itu profesi enumerator, mari simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: UX Researcher: Tugas, Skill-set, dan Proyeksi Kariernya Apa itu enumerator? Enumerator merupakan petugas pengumpul data lapangan dalam sebuah riset (Sumber: Pexels) Profesi enumerator atau sering disebut petugas enumerator adalah petugas pencacah atau periset yang bertugas mengumpulkan data kolektif atau wawancara dari pintu ke pintu. Menurut The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), enumerator adalah petugas survei yang bertugas melaksanakan bagian pencacahan yang terdiri dari penghitungan dan pencatatan orang atau membantu responden menjawab pertanyaan dan mengisi kuesioner.

Umumnya, petugas enumerator bertugas pada urusan riset bersifat kuantitatif terkait kependudukan atau dengan subjek penelitian dengan jumlah besar.

Karena pada dasarnya bekerja dalam ranah riset dan pengembangan, tentunya profesi enumerator juga relevan dengan bagian research and development (R&D) dalam perusahaan komersial. Baca Juga: Apa itu Data Scientist? Berikut Cakupan Kerja dan Keahliannya Peran penting enumerator dalam perusahaan Enumerator juga berperan penting dalam riset dan pengembangan produk di perusahaan (Sumber: Pexels) Seperti yang telah disinggung sebelumnya, profesi enumerator umum dipakai untuk kepentingan riset atau pengumpulan data terkait banyak hal.

Selain utusan kebijakan, ekonomi, kependudukan, dan urusan terkait pemerintah, enumerator juga dipakai untuk perusahaan dalam bidang atau departemen research and development. Profesi enumerator memiliki peran penting dalam perusahaan atau kepentingan komersial untuk beberapa tujuan pokok yang tentunya memiliki relevansi dengan kepentingan produksi. Adapun beberapa peran enumerator dalam perusahaan komersial adalah sebagai berikut: • Mengumpulkan data untuk mendapatkan insight terhadap rencana pengembangan produk • Melakukan wawancara perorangan untuk mendapatkan informasi tentang minat atau selera konsumen • Mengumpulkan data kuesioner sesuai arahan dan tujuan riset Baca Juga: 6 Macam Metode Analisis Data yang Penting Tanggung jawab enumerator Seorang enumerator bertanggung jawab atas pengumpulan, pengamanan, dan pelaporan data penelitian (Sumber: Pexels) Berdasarkan perannya, seorang enumerator memiliki tanggung jawab tertentu dalam urusan riset dan pengumpulan data untuk kepentingan bisnis.

Berbeda dengan peran peneliti utama yang bertugas menganalisis data, enumerator memiliki tugas garda depan sebagai ujung tombak riset karena bertindak selaku pengumpul data di lapangan. Adapun tanggung jawab seorang enumerator antara lain adalah sebagai berikut: • Melakukan koordinasi tentang tema, tujuan, dan strategi riset • Melakukan koordinasi dengan tim enumerator untuk menyelaraskan kuesioner dan pengembangan pertanyaan riset • Memastikan pertanyaan atau kuesioner mendapat jawaban yang relevan dari responden/subjek riset • Mengembangkan pertanyaan secara mengalir dan akurat untuk pengumpulan data dengan wawancara • Memastikan semua pertanyaan kuesioner terjawab dengan baik dan akurat untuk pengumpulan data dengan kuesioner baik lembaran fisik maupun daring • Menghimpun semua data dan laporan riset untuk diberikan pada bagian peneliti atau analis riset Secara umum, profesi enumerator memiliki tanggung jawab untuk memberikan masukan berupa data dan laporan riset kepada peneliti utama atau analis data hasil riset untuk kemudian diolah.

Baca Juga: Riset Pasar: Manfaat, Jenis, 4 Metode Umum dan Caranya Skill dan kualifikasi enumerator Seorang enumerator diharuskan memiliki latar pendidikan yang memiliki subjek metode penelitian dan pengalaman riset tertentu (Sumber: Pexels) Untuk dapat memenuhi peran dan tanggung jawabnya, seorang enumerator diharapkan memiliki kemampuan dan kualifikasi yang cakap agar tugasnya dapat dijalankan dengan lancar.

Secara umum seorang enumerator diharuskan memiliki kemampuan apa itu deskripsi enumerator kualifikasi sebagai berikut: • Memiliki latar belakang pendidikan tinggi relevan dengan tugas riset, baik kuantitatif maupun kualitatif • Memiliki kemampuan wawancara dan public speaking yang mumpuni, atau minimal dapat membangun pembicaraan secara efektif • Mampu mengerjakan soal pada saat seleksi enumerator (jika ada tes enumerator) • Mengetahui job desk enumerator dan batasannya dalam sebuah tim riset • Memiliki kemampuan observasi dan analisis terhadap orang lain sebagai responden atau subjek riset • Mampu membangun komunikasi dan menerima informasi dengan baik dan akurat • Memiliki kecakapan dalam implementasi prosedur riset dan penerapan etika dalam memasukkan, menyalin, merekam, menyortir, dan memelihara data dalam bentuk tertulis maupun soft file.

Baca Juga: 5 Faktor Produksi yang Berpengaruh pada Pengembangan Bisnis Itulah tadi ulasan singkat tentang profesi enumerator dalam dunia riset dan apa itu deskripsi enumerator, Meski umumnya dipakai untuk kepentingan pemerintah maupun riset kebijakan bersifat akademis, namun enumerator juga amat diperlukan dalam dunia riset produk perusahaan.

Adanya enumerator dalam departemen riset di perusahaan membuka potensi pengembangan produk dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat terwujud karena enumerator bertugas untuk mengumpulkan data di lapangan terhadap para calon konsumen maupun masyarakat umum untuk menyerap saran dan keinginan pasar terhadap suatu produk.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dan pengalaman sebagai peneliti atau memiliki latar ilmu metode pengumpulan data, tentunya posisi sebagai enumerator dalam perusahaan cocok denganmu. Kamu bisa memulai kariermu dengan mendaftar lewat EKRUT untuk dapat ditemukan oleh berbagai perusahaan yang sedang mencari kandidat pegawai dengan kemampuan tertentu.

Siapa tahu, kemampuanmu sesuai dengan lowongan yang tersedia di berbagai perusahaan itu. Tunggu apa lagi? Silakan klik tautan di bawah ini untuk mulai mendaftar lewat EKRUT. Sumber: • https://www.greatsampleresume.com/job-description/examples/statistics/enumerator • https://stats.oecd.org/glossary/detail.asp?ID=3029 • https://www.greatsampleresume.com/job-description/examples/statistics/enumerator Tags tips kerja operations Share
Penelitian kuantitatif membutuhkan pengumpulan dan pemrosesan data yang tidak sedikit.

Yang dibutuhkan adalah seorang enumerator andal untuk menyempurnakan hasil penelitian. Tanpa kehadiran enumerator, data yang dibutuhkan oleh tim riset dan survei mungkin tidak akan memadai untuk proses penyimpulan hasil. Maka dari itu, apa, sih, yang membuat enumerator sangat diperlukan oleh lembaga penelitian? Apa saja deskripsi dan kualifikasi mereka? Simak selengkapnya di artikel Glints berikut ini. © Pexels.com Sebelum mengulas tanggung jawab yang mereka miliki, kita harus terlebih dahulu menelusuri definisi seorang enumerator.

Nah, melansir Studyenumerator, atau yang dikenal peneliti survei, melakukan studi atas nama sebuah institusi penelitian. Sebagai bagian dari tim riset, enumerator harus mampu untuk mendokumentasikan data dengan tepat. Kelak, data yang telah dianalisis, akan dirangkum dan dipresentasikan pada penyelenggara penelitian serta masyarakat luas. Enumerator akan melaksanakan penelitian berdasarkan latar belakang pendidikan mereka.

Apa itu deskripsi enumerator demikian, enumerator yang andal harus mampu untuk menjalankan riset dari berbagai bidang yang berbeda.

apa itu deskripsi enumerator

Dalam proses kerjanya, mereka akan memulai dengan meninjau latar belakang penelitian dan menyiapkan rute pengambilan data yang efisien. Setelah rute direncanakan, enumerator mendatangi narasumber tertunjuk dan melakukan wawancara bersama mereka. Enumerator diwajibkan untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan membantu narasumber mengisi formulir penelitian. Terkadang, mereka juga perlu membantu informan dengan membacakan formulir dan menjawab pertanyaan wawancara.

Sebagai pekerja di bidang penelitian, seorang enumerator harus terhindar dari bias dan perasaan lainnya yang dapat mengganggu proses pemungutan data.

Karena, tujuan penelitian yang umumnya mereka lakukan adalah untuk memberikan dampak positif terhadap isu-isu sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, pekerjaan satu ini dirasa lebih cocok untuk kalian yang memiliki jiwa sosial tinggi, serta minat besar terhadap dunia riset dan pendidikan.

Selain bekerja untuk sebuah lembaga penelitian dan pendidikan, tenaga seorang enumerator juga diperlukan pada lembaga sensus masyarakat. Di mana mereka akan ditugaskan untuk memuat data mengenai angka demografis sebuah wilayah yang telah ditugaskan kepada mereka. Tanggung Jawab Enumerator © Unsplash.com Seperti yang sudah Glints jelaskan, tugas utama seorang enumerator adalah untuk memuat data untuk keperluan penelitian.

Namun, bukan itu saja lho fungsi dari seorang enumerator. Terkadang, mereka harus membuat pengecualian dan mengerjakan beberapa pekerjaan di luar daftar tanggung jawabnya. Nah, menyadur Greatsampleresumedeskripsi pekerjaan seorang enumerator adalah seperti berikut ini: • Memimpin jalannya wawancara bersama para narasumber. • Memuat pertanyaan yang berkaitan dengan inti permasalahan riset. • Mengikuti focus group discussion terkait topik penelitian. • Membuat terms of reference untuk keperluan riset.

• Mengulik informasi secara spesifik, termasuk nama, usia, preferensi gender, agama, alamat, hingga kewarganegaraan seorang narasumber. • Mengumpulkan, mencatat, dan mentranskripsikan informasi dari survei untuk keperluan analisis. • Membantu tim penelitian untuk proses analisis dan penyaringan hasil. • Mengenali dan memberi penjelasan mengenai masalah yang akan ditemui dalam proses memperoleh data.

• Menyerahkan tugas yang telah rampung kepada pemimpin penelitian dan mendiskusikan perkembangan riset setiap harinya. • Meninjau kembali data yang dikumpulkan dari wawancara untuk memeriksa kelengkapan dan akurasi riset. • Membantu narasumber yang mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan wawancara. • Mempresentasikan hasil penelitian pada ketua riset untuk persetujuan publikasi dalam bentuk jurnal atau seminar.

• Memaparkan proses serta hasil riset selengkap-lengkapnya pada masyarakat luas. • Meneliti kemungkinan yang dapat menjadi solusi. Portrait of young Asian man studying with his digital tablet and taking some notes while sitting in apa itu deskripsi enumerator coffee shop. Technology concept. Selayaknya profesi lain, ada beberapa skill yang perlu dimiliki seorang enumerator.

Umumnya, enumerator adalah individu yang cukup peka terhadap isu dan konflik yang sedang terjadi di kehidupan masyarakat. Namun, apakah satu keahlian tersebut untuk menjadi seorang peneliti survei yang terpercaya? Nah, berikut ini adalah daftar skill dan kualifikasi yang perlu dimiliki oleh seorang enumerator: 1.

Kemampuan analisis Keahlian pertama yang perlu dimiliki seorang enumerator adalah kemampuan analisis yang mumpuni. Sebagai peneliti, skill satu ini yang akan menentukan kualitas riset mereka saat akan menyaring hasil. Banyaknya data yang terkumpul perlu dianalisis secara saksama untuk menelaah inti permasalahan yang sedang dibahas dalam penelitian. 2. Skill sosial yang tinggi Menurut Devexseorang enumerator perlu memiliki skill sosial yang tinggi. Seperti yang telah Glints paparkan, enumerator berfungsi sebagai jembatan antara riset dan narasumber.

Jika enumerator tidak memiliki keahlian sosial yang baik, narasumber akan merasa tidak nyaman untuk menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, narasumber enumerator akan datang dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda. Maka dari itu, enumerator harus mampu untuk berinteraksi dengan mereka secara natural untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

3. Detail oriented Skill selanjutnya yang harus dimiliki seorang enumerator adalah ketelitian terhadap detail, khususnya rincian penelitian. Tidak jarang, jawaban yang apa itu deskripsi enumerator oleh narasumber kurang memadai untuk keperluan analisis.

Lalu, isu-isu selama penelitian juga dapat terjadi karena beberapa hal yang terlewati oleh tim riset. Nah, agar permasalahan tersebut bisa ditangani, enumerator harus detail oriented. Mengamati berbagai rincian terkecil dari seluruh proses penelitian.

4. Latar belakang pendidikan Umumnya, enumerator berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda karena lembaga penelitian tidak memberikan spesifikasi studi terhadap kandidat peneliti.

Akan tetapi, institusi akan mendahulukan mereka yang memiliki gelar Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosialdan prodi lainnya yang mengedepankan pembelajaran berbasis riset. Baca Juga: NGO: Definisi dan Berbagai Seluk-beluk yang Harus Kamu Ketahui Itulah serba-serbi profesi enumerator yang perlu kamu ketahui. Intinya, enumerator adalah mereka yang memiliki tanggung jawab pada proses penyaringan data dalam sebuah riset. Tanpa keahlian mereka, penelitian tidak akan mencapai hasil yang diinginkan.

Oleh karena itu, peran mereka bisa dibilang cukup penting. Selain informasi tentang karier enumerator, Glints juga menyediakan informasi lainnya seputar dunia karier. Glints Komunitas pun menghadirkan forum tanya jawab yang dapat kamu gunakan untuk berdiskusi dengan para pakar dan sesama pengguna Glints. Menarik bukan? Semuanya bisa kamu akses dengan sign updi Glints, sekarang. • Enumerator: Job Description, Duties and Outlook • Enumerator Job Description • Survey Enumerator (Quantitative Data Collection) • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Penelitian kuantitatif membutuhkan pengumpulan dan pemrosesan data yang tidak sedikit.

Yang dibutuhkan adalah seorang enumerator andal untuk menyempurnakan hasil penelitian. Tanpa kehadiran enumerator, data yang dibutuhkan oleh tim riset dan survei mungkin tidak akan memadai untuk proses penyimpulan hasil. Maka dari itu, apa, apa itu deskripsi enumerator, yang membuat enumerator sangat diperlukan oleh lembaga penelitian? Apa saja deskripsi dan kualifikasi mereka? Simak selengkapnya di artikel Glints berikut ini.

© Pexels.com Sebelum mengulas tanggung jawab yang mereka miliki, kita harus terlebih dahulu menelusuri definisi seorang enumerator. Nah, melansir Studyenumerator, atau yang dikenal peneliti survei, melakukan studi atas nama sebuah institusi penelitian. Sebagai bagian dari tim riset, enumerator harus mampu untuk mendokumentasikan data dengan tepat.

Kelak, data yang telah dianalisis, akan dirangkum dan dipresentasikan pada penyelenggara penelitian serta masyarakat luas. Enumerator akan melaksanakan penelitian berdasarkan latar belakang pendidikan mereka. Kendati demikian, enumerator yang andal harus mampu untuk menjalankan riset dari berbagai bidang yang berbeda.

Dalam proses kerjanya, mereka akan memulai dengan meninjau latar belakang penelitian dan menyiapkan rute pengambilan data yang efisien. Setelah rute direncanakan, enumerator mendatangi narasumber tertunjuk dan melakukan wawancara bersama mereka. Enumerator diwajibkan untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan membantu narasumber mengisi formulir penelitian.

Terkadang, mereka juga perlu membantu informan dengan membacakan formulir dan menjawab pertanyaan wawancara. Sebagai pekerja di bidang penelitian, seorang enumerator harus terhindar dari bias dan perasaan lainnya yang dapat mengganggu proses pemungutan data. Karena, tujuan penelitian yang umumnya mereka lakukan adalah untuk memberikan dampak positif terhadap isu-isu sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, pekerjaan satu ini dirasa lebih cocok untuk kalian yang memiliki jiwa sosial tinggi, serta minat besar terhadap dunia riset dan pendidikan.

Selain bekerja untuk sebuah lembaga penelitian dan pendidikan, tenaga seorang enumerator juga diperlukan pada lembaga sensus masyarakat. Di mana mereka akan ditugaskan untuk memuat data mengenai angka demografis sebuah wilayah yang telah ditugaskan kepada mereka. Tanggung Jawab Enumerator © Unsplash.com Seperti yang sudah Glints jelaskan, tugas utama seorang enumerator adalah untuk memuat data untuk keperluan penelitian.

Namun, bukan itu saja lho fungsi dari seorang enumerator. Terkadang, mereka harus membuat pengecualian dan mengerjakan beberapa pekerjaan di luar daftar tanggung jawabnya. Nah, menyadur Greatsampleresumedeskripsi pekerjaan seorang enumerator adalah seperti berikut ini: • Memimpin jalannya wawancara bersama para narasumber. • Memuat pertanyaan yang berkaitan dengan inti permasalahan riset.

• Mengikuti focus group discussion terkait topik penelitian. • Membuat terms of reference untuk keperluan riset. • Mengulik informasi secara spesifik, termasuk nama, usia, preferensi gender, agama, alamat, hingga kewarganegaraan apa itu deskripsi enumerator narasumber. • Mengumpulkan, mencatat, dan mentranskripsikan informasi dari survei untuk keperluan analisis.

• Membantu tim penelitian untuk proses analisis dan penyaringan hasil. • Mengenali dan memberi penjelasan mengenai masalah yang akan ditemui dalam proses memperoleh data. • Menyerahkan tugas yang telah rampung kepada pemimpin penelitian dan mendiskusikan perkembangan riset setiap harinya. • Meninjau kembali data yang dikumpulkan dari wawancara untuk memeriksa kelengkapan dan akurasi riset.

• Membantu narasumber yang mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan wawancara.

apa itu deskripsi enumerator

• Mempresentasikan hasil penelitian pada ketua riset untuk persetujuan publikasi dalam bentuk jurnal atau seminar. • Memaparkan proses serta hasil riset selengkap-lengkapnya pada masyarakat luas.

• Meneliti kemungkinan yang dapat menjadi solusi. Portrait of young Asian man studying with his digital tablet and taking some notes while sitting in a coffee shop. Technology concept. Selayaknya profesi lain, ada beberapa skill yang perlu dimiliki seorang enumerator. Umumnya, enumerator adalah individu yang cukup peka terhadap isu dan konflik yang sedang terjadi di kehidupan masyarakat. Namun, apakah satu keahlian tersebut untuk menjadi seorang apa itu deskripsi enumerator survei yang terpercaya?

Nah, berikut ini adalah daftar skill dan kualifikasi yang perlu dimiliki oleh seorang enumerator: 1. Kemampuan analisis Keahlian pertama yang perlu dimiliki seorang enumerator adalah kemampuan analisis apa itu deskripsi enumerator mumpuni. Sebagai peneliti, skill satu ini yang akan menentukan kualitas riset mereka saat akan menyaring hasil. Banyaknya data yang terkumpul perlu dianalisis secara saksama untuk menelaah inti permasalahan yang sedang dibahas dalam penelitian.

2. Skill sosial yang tinggi Menurut Devexseorang enumerator perlu memiliki skill sosial yang tinggi. Seperti yang telah Glints paparkan, enumerator berfungsi sebagai jembatan antara riset dan narasumber. Jika enumerator tidak memiliki keahlian sosial yang baik, narasumber akan merasa tidak nyaman untuk menjawab pertanyaan mereka.

Selain itu, narasumber enumerator akan datang dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda. Maka dari itu, enumerator harus mampu untuk berinteraksi dengan mereka secara natural untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. 3. Detail oriented Skill selanjutnya yang harus dimiliki seorang enumerator adalah ketelitian terhadap detail, khususnya rincian penelitian.

Tidak jarang, jawaban yang diberikan oleh narasumber kurang memadai untuk keperluan analisis. Lalu, isu-isu selama penelitian juga dapat terjadi karena beberapa hal yang terlewati oleh tim riset. Nah, agar permasalahan tersebut bisa ditangani, enumerator harus detail oriented.

Mengamati berbagai rincian terkecil dari seluruh proses penelitian. 4. Latar belakang pendidikan Umumnya, enumerator berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda karena lembaga penelitian tidak memberikan spesifikasi studi terhadap kandidat peneliti.

Akan tetapi, institusi akan mendahulukan mereka yang memiliki gelar Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosialdan prodi lainnya yang mengedepankan pembelajaran berbasis riset. Baca Juga: NGO: Definisi dan Berbagai Seluk-beluk yang Harus Kamu Ketahui Itulah serba-serbi profesi enumerator yang perlu kamu ketahui. Intinya, enumerator adalah mereka yang memiliki tanggung jawab pada proses penyaringan data dalam sebuah riset.

Apa itu deskripsi enumerator keahlian mereka, penelitian tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, peran mereka bisa dibilang cukup penting. Selain informasi tentang karier enumerator, Glints juga menyediakan informasi lainnya seputar dunia karier. Glints Komunitas pun menghadirkan forum tanya jawab yang dapat kamu gunakan untuk berdiskusi dengan para pakar dan sesama pengguna Glints. Menarik bukan? Semuanya bisa kamu akses dengan sign updi Glints, sekarang.

• Enumerator: Job Description, Duties and Outlook • Enumerator Job Description • Survey Enumerator (Quantitative Data Collection) • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Apa itu deskripsi enumerator • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Penelitian kuantitatif membutuhkan pengumpulan dan pemrosesan data yang tidak sedikit.

Yang dibutuhkan adalah seorang enumerator andal untuk menyempurnakan hasil penelitian. Tanpa kehadiran enumerator, data yang dibutuhkan oleh tim riset dan survei mungkin tidak akan memadai untuk proses penyimpulan hasil. Maka dari itu, apa, sih, yang membuat enumerator sangat diperlukan oleh lembaga penelitian?

Apa saja deskripsi dan kualifikasi mereka? Simak selengkapnya di artikel Glints berikut ini. © Pexels.com Sebelum mengulas tanggung jawab yang mereka miliki, kita harus terlebih dahulu menelusuri definisi seorang enumerator. Nah, melansir Studyenumerator, apa itu deskripsi enumerator yang dikenal peneliti survei, melakukan studi atas nama sebuah institusi penelitian. Sebagai bagian dari tim riset, enumerator harus mampu untuk mendokumentasikan data dengan tepat.

Kelak, data yang telah dianalisis, akan dirangkum dan dipresentasikan pada penyelenggara penelitian serta masyarakat luas. Enumerator akan melaksanakan penelitian berdasarkan latar belakang pendidikan mereka. Kendati demikian, enumerator yang andal harus mampu untuk menjalankan riset dari berbagai bidang yang berbeda. Dalam proses kerjanya, mereka akan memulai dengan meninjau latar belakang penelitian dan menyiapkan rute pengambilan data yang efisien. Setelah rute direncanakan, enumerator mendatangi narasumber tertunjuk dan melakukan wawancara bersama mereka.

Enumerator diwajibkan untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan membantu narasumber mengisi formulir penelitian. Terkadang, mereka juga perlu membantu informan dengan membacakan formulir dan menjawab pertanyaan wawancara.

Sebagai pekerja di bidang penelitian, seorang enumerator harus terhindar dari bias dan perasaan lainnya yang dapat mengganggu proses pemungutan data. Karena, tujuan penelitian yang umumnya mereka lakukan adalah untuk memberikan dampak positif apa itu deskripsi enumerator isu-isu sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, pekerjaan satu ini dirasa lebih cocok untuk kalian yang memiliki jiwa sosial tinggi, serta minat besar terhadap dunia riset dan pendidikan. Selain bekerja untuk sebuah lembaga penelitian dan pendidikan, tenaga seorang enumerator juga diperlukan pada lembaga sensus masyarakat.

Di mana mereka akan ditugaskan untuk memuat data mengenai angka demografis sebuah wilayah yang telah ditugaskan kepada mereka.

Tanggung Jawab Enumerator © Unsplash.com Seperti yang sudah Glints jelaskan, tugas utama seorang enumerator adalah untuk memuat data untuk keperluan penelitian. Namun, bukan itu saja lho fungsi dari seorang enumerator. Terkadang, mereka harus membuat pengecualian dan mengerjakan beberapa pekerjaan di luar daftar tanggung jawabnya. Nah, menyadur Greatsampleresumedeskripsi pekerjaan seorang enumerator adalah seperti berikut ini: • Memimpin jalannya wawancara bersama para narasumber.

• Memuat pertanyaan yang berkaitan dengan inti permasalahan riset. • Mengikuti focus group discussion terkait topik penelitian. • Membuat terms of reference untuk keperluan riset. • Mengulik informasi secara spesifik, termasuk nama, usia, preferensi gender, agama, alamat, hingga kewarganegaraan seorang narasumber.

• Mengumpulkan, mencatat, dan mentranskripsikan informasi dari survei untuk keperluan analisis. • Membantu tim penelitian untuk proses analisis dan penyaringan hasil. • Mengenali dan memberi penjelasan mengenai masalah yang akan ditemui dalam proses memperoleh data.

• Menyerahkan tugas yang telah rampung kepada pemimpin penelitian dan mendiskusikan perkembangan riset setiap harinya. • Meninjau kembali data yang dikumpulkan dari wawancara untuk memeriksa kelengkapan dan akurasi riset. • Membantu narasumber yang mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan wawancara. • Mempresentasikan hasil penelitian pada ketua riset untuk persetujuan publikasi dalam bentuk jurnal atau seminar.

• Memaparkan proses serta hasil riset selengkap-lengkapnya pada masyarakat luas. • Meneliti kemungkinan yang dapat menjadi solusi. Portrait of young Asian man studying with his digital tablet and taking some notes while sitting in a coffee shop.

apa itu deskripsi enumerator

Technology concept. Selayaknya profesi lain, ada beberapa skill yang perlu dimiliki seorang enumerator. Umumnya, enumerator adalah individu yang cukup peka terhadap isu dan konflik apa itu deskripsi enumerator sedang terjadi di kehidupan masyarakat. Namun, apakah satu keahlian tersebut untuk menjadi seorang peneliti survei yang terpercaya? Nah, berikut ini adalah daftar skill dan kualifikasi yang perlu dimiliki oleh seorang enumerator: 1.

Kemampuan analisis Keahlian pertama yang perlu dimiliki seorang enumerator adalah kemampuan analisis yang mumpuni. Sebagai peneliti, skill satu ini yang akan menentukan kualitas riset mereka saat akan menyaring hasil. Banyaknya data yang terkumpul perlu dianalisis secara saksama untuk menelaah inti permasalahan yang sedang dibahas dalam penelitian.

2. Skill sosial yang tinggi Menurut Devexseorang enumerator perlu memiliki skill sosial yang tinggi. Seperti yang telah Glints paparkan, enumerator berfungsi sebagai jembatan antara riset dan narasumber. Jika enumerator tidak memiliki keahlian sosial yang baik, narasumber akan merasa tidak nyaman untuk menjawab pertanyaan mereka.

Selain itu, narasumber enumerator akan datang dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda. Maka dari itu, enumerator harus mampu untuk berinteraksi dengan mereka secara natural untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. 3.

apa itu deskripsi enumerator

Detail oriented Skill selanjutnya yang harus dimiliki seorang enumerator adalah ketelitian terhadap detail, khususnya rincian penelitian. Tidak jarang, jawaban yang diberikan oleh narasumber kurang memadai untuk keperluan analisis.

Lalu, isu-isu selama penelitian juga dapat terjadi karena beberapa hal yang terlewati oleh tim riset. Nah, agar permasalahan tersebut bisa ditangani, enumerator harus detail oriented .

apa itu deskripsi enumerator

Mengamati berbagai rincian terkecil dari seluruh proses penelitian. 4. Latar belakang pendidikan Umumnya, enumerator berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda karena lembaga penelitian tidak memberikan spesifikasi studi terhadap kandidat peneliti.

Akan tetapi, institusi akan mendahulukan mereka yang memiliki gelar Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosialdan prodi lainnya yang mengedepankan pembelajaran berbasis riset. Baca Juga: NGO: Definisi dan Berbagai Seluk-beluk yang Harus Kamu Ketahui Itulah serba-serbi profesi enumerator yang perlu kamu ketahui. Intinya, enumerator adalah mereka yang memiliki tanggung jawab pada proses penyaringan data dalam sebuah riset.

Tanpa keahlian mereka, penelitian tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, peran mereka bisa dibilang cukup penting. Selain informasi tentang karier enumerator, Glints juga menyediakan informasi lainnya seputar dunia karier.

Glints Komunitas pun menghadirkan forum tanya jawab yang dapat kamu gunakan untuk berdiskusi dengan para pakar dan sesama pengguna Glints. Menarik apa itu deskripsi enumerator Semuanya bisa kamu akses dengan sign updi Glints, sekarang. • Enumerator: Job Description, Duties and Outlook • Enumerator Job Description • Survey Enumerator (Quantitative Data Collection) Sebuah riset tentunya membutuhkan data yang valid untuk diteliti.

Pengumpulan data bukanlah proses yang sederhana. Terutama data yang berhubungan dengan keuangan dan masih bisa diatasi dengan pemakaian sistem akuntansi yang akan membantu Anda dalam mengotomasi pengelolaan arus kas, rekonsiliasi bank, dan sebagainya.

apa itu deskripsi enumerator

Ada kalanya data yang diperlukan berjumlah banyak dan bersifat kompleks. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa rintangan, terutama ketika Anda menggunakan narasumber. Contohnya, mencari responden yang sesuai kriteria dan sukarela untuk mengikuti survei, responden yang mengisi formulir dengan asal, atau responden yang tidak terlalu memahami konteks pertanyaannya. Namun, orang yang melakukan riset sebenarnya tidak perlu turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data karena ada profesi yang bertugas melakukan hal tersebut, yaitu enumerator.

Daftar Isi • Apa itu Enumerator? • Tugas Seorang Enumerator • Sifat dan Keterampilan yang Harus Dimiliki oleh Enumerator • 1. Ketelitian yang tinggi • 2. Kemampuan untuk melihat sesuatu secara detail dan menyeluruh sekaligus • 3.

Kesabaran dan keterampilan sosial yang baik • Peran Enumerator bagi Perusahaan • Kesimpulan Apa itu Enumerator? Menurut KBBI, enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pengumpulan data. Istilah tersebut biasanya merujuk ke petugas sensus yang mewawancara penduduk di area penugasannya untuk mengumpulkan informasi.

Apa itu deskripsi enumerator, enumerator juga dapat berperan bagi perusahaan apapun yang melakukan survei.

Tugas Seorang Enumerator Enumerator memiliki tugas utama, yaitu mengumpulkan data hasil survei. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, mereka juga harus menyusun metode yang efektif untuk menghimpun data, melakukan pengambilan data ke lapangan dan mengawasi keberlangsungannya, mengumpulkan data dan memastikan bahwa semuanya sudah valid, serta menyerahkannya ke divisi yang membutuhkan untuk dikelola lebih lanjut. Artikel terkait: Perbedaan Data dan Informasi dan Kegunaannya dalam Bisnis Sifat dan Keterampilan yang Harus Dimiliki apa itu deskripsi enumerator Enumerator Seorang enumerator sebaiknya memiliki beberapa sifat dan keterampilan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, antara lain: 1.

Ketelitian yang tinggi Pada umumnya, data yang untuk riset berjumlah sangat banyak. Jika tidak diurus dengan teliti, maka Anda berisiko untuk melewatkan hal penting atau tidak mengumpulkan data secara akurat. 2. Kemampuan untuk melihat sesuatu secara detail dan menyeluruh sekaligus Anda harus bisa menaruh perhatian kepada detail untuk memastikan bahwa tidak ada data yang aneh. Namun, Anda juga harus mampu melihat the big picture agar dapat memahami data secara keseluruhan dan memastikan validitasnya.

3. Kesabaran dan keterampilan sosial yang baik Mengelola data dalam jumlah besar dapat membuat seseorang menjadi kewalahan. Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi agar mampu meng- handle puluhan hingga ribuan data dengan cermat. Ia juga bekerja sama dengan banyak pihak, seperti peneliti dan responden apa itu deskripsi enumerator kadang jumlahnya tidak sedikit.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki keterampilan sosial yang baik, seperti berkomunikasi secara efektif, menghargai orang lain, dan mampu bekerja dengan tim.

Peran Enumerator bagi Perusahaan Banyak perusahaan melakukan survei untuk mengumpulkan berbagai informasi, seperti umpan balik produk atau analisis kebutuhan konsumen pada saat ini.

Informasi ini berguna untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan menyusun rencana untuk ke depannya. Dalam hal ini, perusahaan membutuhkan enumerator agar pengambilan data berlangsung secara efektif. Bayangkan jika Anda melakukan riset tanpa bantuan seorang enumerator. Seluruh pekerjaan, termasuk wawancara, penyusunan data yang terkumpul, dan pembuatan laporan, harus Anda kerjakan sendiri.

Di saat yang sama, Anda juga punya tanggung jawab lain terkait riset. Hal ini tentunya membuat beban pekerjaan menjadi semakin berat. Perekrutan enumerator (dan karyawan secara umum) bukanlah proses yang singkat. Pertama dengan pengumpulan berkas, screening yang biasanya terdiri dari beberapa tahap, dan pemilihan kandidat yang terbaik.

Untuk mempermudah perekrutan, Anda dapat menggunakan Software HRM dari HashMicro. Baca juga: Daftar 17 Software ERP Terbaik di Indonesia Yang Wajib Diketahui pada Tahun 2021 Kesimpulan Enumerator berperan penting dalam penghimpunan data.

Perusahaan dapat merekrut orang yang teliti, mampu melihat sesuatu secara detail dan menyeluruh sesuai kebutuhan, serta sabar dan memiliki social skills yang baik untuk bekerja sebagai enumerator. Cara lain untuk melaksanakan survei dengan efektif dan efisien adalah menggunakan Software Manajemen Survei dari HashMicro.

Software tersebut membantu Anda dalam menyederhanakan aktivitas survei pada perusahaan Anda. Selain itu, untuk mempermudah proses pengumpulan data, bahkan riset secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan Software ERP HashMicro. Dengan bantuan software ERP terkemuka, kegiatan operasional sehari-hari Anda akan menjadi lebih mudah.
Enumerator menjadi peran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan suatu riset yang dibutuhkan untuk perkembangan bisnis atau perusahaan itu sendiri.

Namun tidak semua orang bisa mengerjakan tugas tersebut secara maksimal. Mari simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut! Pengertian Enumerator Enumerator adalah seseorang yang menjalankan tugas untuk mengumpulkan data lapangan yang ditugaskan oleh tim survei. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), enumerator memiliki arti petugas lapangan yang bekerja untuk membantu tim survei dalam pengumpulan data.

Istilah lain dari enumerator adalah peneliti survei. Biasanya profesi ini sering Anda jumpai saat pelaksanaan sensus penduduk. Namun, banyak perusahaan atau badan organisasi yang membutuhkan profesi enumerator untuk keperluan bisnis atau pekerjaan mereka.

Maka dari itu, orang yang bekerja pada bidang ini harus bisa melakukan riset sesuai dengan bidang yang sedang diminta. Tanggung Jawab Enumerator Selain melakukan pencatatan seluruh data hasil survei, terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab lain yang harus dipenuhi oleh enumerator. Apa saja tanggung jawab tersebut?

• Mengikuti kegiatan FGD ( Forum Group Discussion ) tentang topik yang akan diteliti • Membuat TOR ( Term Of Reference ) agar kegiatan penelitian lebih terarah. • Meminta data individu secara spesifik yang terdiri dari nama, umur, agama, alamat rumah. • Melakukan dan memandu kegiatan wawancara survei yang dilakukan di apa itu deskripsi enumerator, kantor, atau melalui sambungan telepon atau pesan singkat. • Mengumpulkan, mencatat, dan menyamakan informasi dari survei.

• Memahami dan memberi penjelasan tentang topik permasalahan untuk mendapatkan data. • Menyerahkan hasil survei kepada supervisor dan mendiskusikannya. • Meninjau kembali hasil data survei apakah sudah diisi secara lengkap dan akurat. • Membantu narasumber untuk mengisi kuesioner. • Menjelaskan hasil penelitian yang telah disetujui oleh supervisor kepada khalayak luas. Baca Juga: Mengenal Tren Trend Human Resources Technology Saat Ini Skill Enumerator Dari seluruh tanggung jawab yang telah dipaparkan di atas dapat dianalisis bahwa profesi ini akan bertemu dengan banyak orang untuk mendapatkan data yang valid.

Lalu, apa saja skill yang harus dimilikinya? Jika Anda berminat untuk bekerja pada bidang tersebut, pastikan Anda memiliki skill di bawah ini! Kemampuan Menganalisis yang Kuat Dari banyaknya data yang terkumpul, enumerator harus menganalisis, menentukan, dan menyaring seluruh hasil data survei yang nanti akan digunakan agar mendapatkan tujuan penelitian yang diinginkan.

Sehingga hasil tersebut dapat dibahas untuk menemukan inti permasalahan dari penelitian dan menemukan solusinya. Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi Enumerator adalah orang yang bekerja untuk menghubungkan antara riset yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi dengan para narasumber.

Orang yang akan menjadi narasumbernya pastinya terdiri dari lapisan dan golongan masyarakat yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus bisa memiliki jiwa sosial yang tinggi agar narasumber bisa nyaman untuk dimintai wawancara. Komunikasi Selain jiwa sosial yang tinggi, Anda juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan banyak orang. Karena nantinya, Anda akan bertemu dengan lapisan masyarakat yang berbeda serta latar belakang mereka yang beragam.

Anda harus bisa menentukan bahasa komunikasi yang sesuai dengan kondisi narasumber. Jika Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, maka data dan informasi yang didapatkan juga semakin banyak.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Tempat Kerja Ketelitian Pada Setiap Detail Selanjutnya skill yang harus dimiliki adalah ketelitian pada setiap detail rincian penelitian. Pada skill ini, Anda harus bisa mengamati berbagai rincian pada setiap penelitian. Karena terkadang, jawaban yang diberikan narasumber tidak sesuai dengan tujuan penelitian.

Selain itu, isu-isu yang sedang diteliti juga bisa terjadi karena apa itu deskripsi enumerator beberapa hal yang telah terjadi dan dialami oleh tim riset.

Maka dari itu, teliti pada setiap detail proses penelitian dan pengumpulan data menjadi hal yang sangat penting. Background Pendidikan yang Selaras Biasanya perusahaan atau lembaga peneliti tidak memberikan spesifikasi khusus untuk menjadi enumerator.

Namun, terdapat beberapa jurusan yang dikhususkan atau didahulukan, contohnya adalah jurusan Ilmu KomunikasiSosiologi, Kesejahteraan Sosial, dan jurusan lain yang erat kaitannya dengan masyarakat. Peran Penting dalam Perusahaan Pekerjaan mengumpulkan data survei ini ternyata memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, biasanya digunakan untuk mengembangkan bisnis atau produk baru. Pada kasus tersebut, hal terpenting yang akan dilakukan perusahaan adalah mengetahui kebutuhan pasar atau menganalisis bisnis oleh kompetitor.

apa itu deskripsi enumerator

Agar bisa mewujudkan hal-hal tersebut, perusahaan membutuhkan enumerator untuk melakukan penelitian dan mendapatkan data dari hasil survei. Misalnya, Perusahaan software akan meluncurkan sebuah aplikasi baru untuk memudahkan pekerjaan karyawan perusahaan.

Maka dari itu, mereka harus mengetahui masalah apa yang sering dihadapi, hal apa yang diinginkan, hingga memantau perkembangan bisnis dari kompetitor lain. Semua itu dibutuhkan agar perusahaan bisa membuat produk yang sesuai dengan apa itu deskripsi enumerator konsumen. Untuk mengetahui masalah tersebut, enumerator lah yang akan menjalani tugas tersebut. Mereka akan memahami tujuan dan mencari masalah apa yang akan dihadapi dan selanjutnya akan ditemukan hasil untuk didiskusikan dan menemukan pokok permasalahannya.

Jadi, perusahaan tidak perlu repot untuk terjun langsung ke masyarakat dalam mendapatkan data penelitian. Sehingga, peran enumerator menjadi sangat penting untuk perkembangan bisnis perusahaan. Baca Juga: Procurement: Tugas, Proses, dan Perbedaan dengan Purchasing Kesimpulan Dari pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk melakukan survei dan meneliti jawaban hasil survei dengan tujuan menemukan inti permasalahan penelitian.

Seorang enumerator akan diminta oleh perusahaan atau organisasi untuk meneliti suatu bidang tertentu.

Maka dari itu, skill yang dibutuhkan pada bidang pekerjaan ini adalah bisa berbaur dan berinteraksi pada golongan dan lapisan masyarakat yang berbeda. Jadi, apakah Anda tertarik dengan profesi ini? Untuk menunjang berbagai pekerjaan HR, umumnya perusahaan menggunakan sebuah HR tools yang dapat membantu mempermudah kegiatan administratif oleh HRD.

Seperti halnya urusan kepersonaliaan, payroll, manpower planning, absensi, dan lain-lain. Tools HRD ini harus terintegrasi sehingga pengelolaan data karyawan dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan akurat. Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula sistem absensi yang diterapkan oleh setiap perusahaan.

Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini memaksa perusahaan untuk menggunakan aplikasi fingerprint absensi agar memudahkan proses pencatatan kehadiran karyawan. Aplikasi absensitersebut tentunya apa itu deskripsi enumerator diakses dan digunakan melalui hp dari masing-masing karyawan.
Enumerator adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

apa itu deskripsi enumerator

Seorang Enumerator sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan tersebut. Namun tidak semua orang bisa menjadi Enumerator yang baik yang bisa mengerjakan semua tugas dengan maksimal. Bagi Anda yang ingin menjadi Enumerator, tentu penasaran dengan tugas-tugasnya kan? Berikut ini akan kami jelaskan mulai dari pengertian Enumerator, tugas-tugasnya, perbedaan enumerator dengan surveyor, dan range gaji pekerjaan Enumerator. Langsung saja silahkan simak pembahasan berikut ini sampai selesai.

Pengertian Enumerator Enumerator adalah orang yang tugasnya mengumpulkan data lapangan. Sedangkan menurut KBBI, Enumerator mempunyai arti sebagai petugas lapangan yang bekerja untuk membantu tim survei dalam pengumpulan data penelitian. Profesi ini biasanya sering dijumpai ketika pelaksanaan sensus penduduk.

apa itu deskripsi enumerator

Banyak sekali perusahaan ataupun organisasi yang memerlukan enumerator untuk bisnis mereka. Oleh karena itulah orang yang bekerja di bidang ini harus bisa melakukan riset sesuai bidang yang diminta. Tugas Enumerator Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa enumerator bertugas mengumpulkan data lapangan untuk keperluan penelitian. Namun selain itu, enumerator juga mempunyai beberapa tugas lain.

Berikut ini job desc pekerjaan seorang enumerator adalah: • Membuat pertanyaan terkait inti permasalahan riset • Memimpin jalannya wawancara bersama dengan para narasumber • Membuat term of references (ToR)atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) untuk riset • Mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang berhubungan dengan topik penelitian • Mencari data spesifik seperti nama, usia, gender, agama, alamat, sampai dengan kewarganegaraan narasumber • Membantu tim peneliti melakukan analisis dan penyaringan hasil • Mengumpulkan, mencatat, mentranskripsikan informasi yang berasal dari survei untuk analisis • Meninjau kembali data yang telah didapat dari wawancara untuk memeriksa akurasi dan kelengkapan riset • Memberikan tugas yang sudah selesai ke pimpinan penelitian dan mendiskusikan apa itu deskripsi enumerator perkembangan riset tiap harinya • Mengenali dan menjelaskan masalah yang ditemui dalam ketika mengumpulkan data • Membantu narasumber yang kesulitan dalam menjawab pertanyaan • Mempresentasikan hasil dari penelitian yang ada ke ketua riset untuk mendapat persetujuan publikasi dalam bentuk seminar atau jurnal • Menjelaskan proses dan hasil riset dengan selengkap-lengkapnya ke masyarakat luas.

• Meneliti kemungkinan yang bisa dijadikan sebagai solusi. Perbedaan Enumerator dan Surveyor Banyak sekali yang menyamakan enumerator dengan surveyor, padahal keduanya mempunyai tugas yang berbeda.

Enumerator bertugas mengumpulkan data lapangan yang ditugaskan oleh tim survei. Sedangkan Surveyor bertugas mengawasi suatu pekerjaan. Jadi disini cukup jelas perbedaan surveyor dan enumerator adalah, surveyor merupakan seseorang yang melakukan pemeriksaan dan pengamatan suatu pekerjaan, sedangkan enumerator lebih ke petugas lapangan yang bertugas mengumpulkan data untuk analisa. Baca juga: Tugas Surveyor dalam Laporan MC 0% Range Gaji Enumerator Kontrak kerja sebagai seorang enumerator biasanya sementara hanya sampai penelitian tersebut selesai dilakukan.

Ada yang kontrak kerja cuma 1 minggu, namun ada juga yang sampai 1 tahun dan mengharuskan menginap di suatu tempat. Biasanya enumerator digaji perhari yang meliputi uang makan, uang jalan, uang penginapan, dan uang saku. Masing-masing bagian biasanya berbeda sesuai dengan lembaga penelitian dimana tempat Anda bekerja. Yang kalah penting adalah jumlah hari kontrak Anda dalam bekerja dan dalam mengatur pengeluaran akan sangat mempengaruhi total gaji bersih yang bisa Anda dapatkan.

Anda juga harus ingat bahwa jika waktu pengambilan data melebihi estimasi waktu, maka kelebihan tersebut tidak dibayarkan. Berikut ini acuan gaji sebagai sebagai enumerator: • Uang pelatihan : Rp300.000/hari • Biaya akomodasi : Rp300.000 (dalam kota), Rp700.000 (luar kota) • Uang makan : Rp150.000/hari (dalam kota), Rp310.000/hari (luar kota) apa itu deskripsi enumerator Uang saku : Rp200.000/hari.

Gaji tersebut dikalikan dengan lama kontrak kerja untuk pengambilan data. Silahkan Anda cermati dengan benar isi kontrak dan gaji yang ditawarkan sebelum memutuskan tanda tangan. Jangan sungkan untuk bertanya jika uangnya tidak sesuai perhitungan Anda.

apa itu deskripsi enumerator

Skill dan Kualifikasi Enumerator Sama halnya seperti profesi lain di luar sana, ada beberapa skill yang harus Anda kuasai sebagai seorang enumerator.

Biasanya, orang yang berprofesi sebagai enumerator ini peka terhadap isu dan konflik yang ada dalam masyarakat. Nah berikut ini beberapa skill dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi enumerator adalah: 1.

Kemampuan Analisis Kemampuan pertama yang harus Anda miliki adalah kemampuan analisis yang cukup mumpuni. Sebagai seorang peneliti, skill ini akan menentukan kualitas dari riset yang Anda lakukan. Akan ada banyak data yang harus Anda analisis dengan baik dan benar untuk menelaah inti permasalahan yang ada.

2. Skill Sosialisasi Selanjutnya Anda juga harus mempunyai skill sosialisasi yang tinggi, apa itu deskripsi enumerator karena enumerator ini berfungsi sebagai jembatan antara narasumber dengan riset.

Karena tidak jarang narasumber merasa tidak nyaman ketika ditanya-tanya, oleh karena itu skil ini sangat penting. 3. Detail Oriented Seorang enumerator harus mempunyai ketelitian terhadap detail, dalam hal ini adalah detail atau rincian penelitian. Karena tidak jarang jawaban yang diberikan narasumber kurang jelas dan tidak memadai untuk data analisis. 4. Latar Belakang Pendidikan Meskipun lembaga penelitian tidak memberikan spesifikasi studi terkait kandidat peneliti, namun institusi lebih mendahulukan orang yang mempunyai latar belakang gelar Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial dan prodi sejenis.

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan tentang enumerator. Jadi intinya enumerator adalah orang yang bertugas mengumpulkan data dan menyaring data dalam sebuah penelitian. Tanpa adanya profesi ini, akan sulit untuk mencapai hasil yang diinginkan. • ► 2022 (62) • ► May (4) • ► April (9) • ► March (18) • ► February (15) • ► January (16) • ▼ 2021 (196) • ► December (13) • ► November (21) • ▼ October (23) • Ini Jenis-Jenis Loster Minimalis yang Cocok untuk .

• Ini Contoh Legal Opinion, Manfaat, dan Prinsip-Pri. • Apa itu Knowledge Management? Ini Manfaat, Tujuan. • Teknik Budidaya Tambak Udang dan Keuntungannya • Mengenal Tanah Podsolik, Karakteristik, Manfaat, H. • Yuk Pahami Data Kuantitatif, Cara Menganalisis Hin.

• Ini Lho Contoh Surat Gugatan dan Bedanya dengan Su. • Bingung Buat Proposal Riset? Ini Contoh Proposal P. • Contoh Surat Perjanjian Hutang, Tujuan Dibuatnya. . • Pengertian Enumerator, Tugas, Gaji, dan Skill yang. • Perbedaan Asas Ius Soli dan Ius Sanguinis Serta Ne. • Contoh Blueprint, Komponen, dan Cara Membuatnya • Mengenal ASEAN, Tujuan, Anggota, dan Bentuk Kerjas. • [Lengkap] Pengertian Transfer Pricing, Tujuan, Met. • Mudah Memahami Force Majeure, Syarat, Jenis, dan C.

• Apa itu Mystery Shopping? Ini Metode Pelaksanaan d. • Mengenal Pasar Oligopoli, Contoh, Karakteristik, h. • 8 Manfaat Emas bagi Individu, Kesehatan, Industri. • Ini 13 Daftar Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan P. • 7 Daerah Penghasil Emas dengan Perusahaan yang Men. • Mengenal Simbol Warna Pada Peta, Tujuan, Lengkap d. • 10 Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia dan Tips Su. • Pengertian Work Permit, Jenis, Cara Mendapatkan, d.

• ► September (7) • ► August (6) • ► July (20) • ► June (15) • ► May (19) • ► April (14) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (21) • ► 2020 (141) • ► December (29) • ► November (30) • ► October (16) • ► September (20) • ► August (12) • ► July (16) • ► June (5) • ► May (3) • ► March (1) • ► January (9) • ► 2019 (51) • ► December (11) • ► September (6) • ► August (14) • ► July (10) • ► April (4) • ► March (2) • ► February (1) • ► January (3) apa itu deskripsi enumerator ► 2018 (31) • ► October (2) • ► September (13) • ► August (11) • ► July (5) • ► 2016 (2) • ► December (2)

Cara Membuat Deskripsi di Youtube agar Mendapatkan Ranking




2022 www.videocon.com