Sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

KOMPAS.com - Sila pertama Pancasila berbunyi 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. Sila ini mengandung banyak nilai yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih mudah memahami butir-butir, nilai, makna Pancasila dan bentuk penerapannya. Mari kita simak penjelasan di bawah ini: Nilai dan makna yang terkandung dalam sila pertama Pancasila Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah nilai Ketuhanan.

Hal ini bisa dimaknai sebagai nilai kepercayaan dan ketakwaan. Nilai kepercayaan berarti percaya dan mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Nilai ketakwaan artinya bertakwa dan menjalankan kewajiban agamanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sila pertama Pancasila mengandung makna jika Bangsa Indonesia mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mewujudkan hal ini, masyarakat Indonesia punya kebebasan untuk memeluk sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila dan menjalankan kewajibannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanpa paksaan. Baca juga: Contoh Penerapan Sila Keempat Pancasila Butir-butir yang terkandung dalam sila pertama Pancasila Ada tujuh butir nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila.

Dikutip dari TAP MPR Nomor I/MPR/2003, berikut penjelasan butir-butir nilai dalam sila pertama Pancasila: • Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

• Manusia Indonesia percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. • Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. • Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. • Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Contoh penerapan sila pertama Pancasila Contoh penerapan sila pertama Pancasila di lingkungan sekolah: • Tidak membeda-bedakan teman atau mau berteman dengan siapa saja walau memiliki agama berbeda. • Saling menghormati antar teman yang memiliki agama atau kepercayaan berbeda. • Selalu mengucapkan kata-kata yang baik dan tidak menyinggung teman ataupun guru.

• Menjaga toleransi dan selalu menjaga kerukunan antar teman. • Menjalin pergaulan yang positif. Misalnya mengerjakan tugas sekolah dan bermain bersama-sama. Baca juga: Contoh Penerapan Sila Kedua Pancasila Contoh penerapan sila pertama Pancasila di lingkungan rumah atau keluarga: • Menjaga kerukunan dan tidak melakukan perbuatan yang menyinggung.

• Menghormati orang tua dan antar saudara. • Taat pada perintah dan nasihat orang tua. • Berdoa dengan tekun.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Misalnya sebelum dan sesudah makan serta sebelum tidur. • Senantiasa menjalankan kewajiban agamanya. Misalnya pergi ke masjid atau ke gereja. Contoh penerapan sila pertama Pancasila di lingkungan masyarakat: • Tidak memaksa orang lain untuk memeluk agama yang dianutnya.

• Menjaga toleransi antar masyarakat yang berbeda agama. Contohnya dengan bertegur sapa. • Saling menolong jika ada tetangga yang membutuhkan bantuan. • Berbuat baik kepada tetangga. Contohnya membagikan makanan atau bingkisan. • Mematuhi peraturan yang ada di masyarakat.

Pancasila hadir bukan hanya sebagai lambang negara saja. Pancasila bukan hanya sebuah pajangan yang terpampang di dinding sekolah atau kantor.

Lebih dari itu, pancasila harus diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Lambang Negara tersebut perlu diterapkan oleh setiap masyarakat dan dijadikan sebagai pedoman dalam hidup. Oleh karena itu, poin-poin di dalam Pancasila sebaiknya tidak hanya dibaca saat upacara bendera saja. Namun, kita juga perlu memahami nilai-nilai dan makna yang terkandung dalam setiap sila. Jika kita mampu memahaminya, maka kita juga akan mampu menerapkannya dalam berbagai aktivitas hidup dan di manapun kita berada.

Mengamalkan sila pertama Pancasila dapat dilakukan dengan sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap agama memiliki Tuhannya masing-masing, begitu juga dengan agama yang kamu anut. Dengan mengembangkan sikap ini, maka kita akan menjadi umat yang bertakwa di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.
Beberapa nelayan yang menggunakan perahu berhasil ditangkap oleh gabungan aparat keamanan (TNI dan Polri) di tengah laut.

Mereka sengaja akan menyelun … dupkan bahan bakar minyak ke negara tetangga. Contoh kasus tersebut merupakan bentuk. A. Gangguan keamanan laut B. Kejahatan lintas negara C. Ancaman terorisme D. Gerakan separatis 26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. 1) Pemerintah daerah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. 2) Pemerintah daerah hanya … bagian dari pelaksana penyelenggara pemerintahan pusat.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

3) Pemerintah daerah leluasa dalam melaksanakan kekuasaan yang dilimpahkannya. 4) Pembangunan lebih merata ke pelosok daerah. 5) Pendapatan daerah disetor ke pusat hingga 80%. Jawaban yang tepat dari hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah pada masa Orde baru adalah​ Ketika keluarga sering ribut atau sering terjadi KDRT, maka anak akan merasa bahwa kekerasan adalah bagian dari dirinya. Maka wajar jika anak-anak yan … g sudah biasa hidup di lingkungan yang penuh dengan kekerasan akan juga melakukan kekerasan seperti contohnya tawuran.

Ia akan merasa bahwa kekerasan adalah hal yang wajar dilakukan oleh seseorang. Maka dalam teori belajar dan moral, anak tersebut adalah hasil belajar dari…. a.

trial and error learning, b. Imitation dan modeling. c. identification d. Jawaban a, b dan c salah Suruh analisis, PT Intan Pariwara didirikan pada tahun 1984 dan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku pelajaran … mulai tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Negeri, dan buku-buku umum, seperti buku-buku cerita, buku olahraga, buku kesenian, dan lain sebagainya.Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Intan Pariwara tidak lepas dari visi dan misinya.

Visi PT Intan Pariwara adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan sarana pendidikan yang bermutu.

Misi PT Intan Pariwara adalah menciptakan sarana ilmu pengetahuan dengan harga terjangkau. PT Intan Pariwara juga memiliki kredo atau slogan ”Mari Bersama Intan Pariwara Mencerdaskan Bangsa”. Di dalam menjalankan bisnisnya, PT Intan Pariwara dipimpin oleh seorang Direktur.

Direktur membawahi Manajer. Di dalam struktur organisasi terdapat tiga macam unsur bisnis yaitu bisnis support, bisnis akselerasi dan bisnis operasional. Yang terlibat pada bisnis operasional antara lain nasional sales manajer, regional manajer, sales manajer, pimpinan perwakilan, staf finance, koordinator pos, staf gudang dan kepala seksi jenjang TK hingga SMA. Yang terlibat pada bisnis akselerasi antara lain bagian finance, pembukuan, pajak dan IT.

Sedangkan yang terlibat pada bisnis support antara lain bagian HRD, General Affair dan PR. Analisislah lingkungan umum dan lingkungan khusus dari organisasi atau perusahaan tersebut di atas!

Pancasila merupakan produk sejarah bangsa yang terwujud dalam negara yang merdeka. Dikutip dari buku Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar yang ditulis oleh Prima Roza, dkk (2015: 1)lahirnya Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa dan lebih jauh lagi sebagai perkembangan peradaban manusia.

Simbol bintang mengartikan sebuah cahaya yang melambangkan Tuhan sebagai cahaya kerohanian bagi tiap manusia. Latar belakang hitam melambangkan warna alam atau warna asli, bahwa Tuhan bukan sekadar rekaan manusia, tetapi sumber dari segalanya dan telah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini telah ada. Sila pertama memiliki makna bahwa semua rakyat Indonesia berhak memeluk kepercayaan atau agamanya masing-masing tanpa paksaan pihak lainnya.

Dikutip dari buku A rif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 yang ditulis oleh Christiana Umi (2020: 134)berikut contoh sikap yang sesuai sila pertama Pancasila:
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Kehidupan beragama sangat terasa dengan banyaknya rumah ibadah yang ada di setiap daerah. Ada beberapa agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Meskipun terdapat beberapa agama dalam masyarakat, namun tidak menyebabkan perpecahan. Hal ini karena rakyat Indonesia telah memiliki toleransi sejak zaman dahulu. Oleh karena itu kehidupan bangsa Indonesia yang religius perlu dipertahankan dengan menjaga toleransi antar umat beragama. Perikehidupan bangsa Indonesia yang religius telah menjadi salah satu dasar (sila) dalam Pancasila, yaitu sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”. Pancasila sebagai dasar negara merupakan pedoman yang sepatutnya diikuti karena telah dirancang sesuai kebutuhan dan budaya mayarakat Indonesia.

Pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila tersebut telah diatur dan ditetapkan dalam TAP MPR No. XVIII/MPR/1998. Di dalam TAP MPR ini terdapat 45 butir pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila. Pada sila pertama dari Pancasila terdapat 7 butir pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila. 7 Butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Sila Ke-1 (Pertama) Pancasila • Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. • Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. • Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

• Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. Contoh-Contoh Pengamalan Sila Ke-1 (Pertama) Pancasila • Meyakini adanya Tuhan yang Maha Esa • Percaya dan taqwa Tuhan yang Maha Esa sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila Menghormati agama orang lain • Tidak mengganggu peribadatan orang lain yang berbeda agama • Menjaga kerukunan antar umat beragama di lingkungan sosial masyarakat • Menghormati kebebasan beragama terhadap orang lain • Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu • Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianut • Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah • Tidak menghina ajaran agama orang lain • Menghargai perayaan hari-hari besar keagamaan • Merayakan hari raya Idul Fitri bagi penganut agama Islam • Merayakan hari natal bagi penganut agama Nasrani • Tidak menyinggung perasaan orang yang berbeda agama • Bekerjasama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama • Tekun beribadah sesuai dengan agama yang dianut • Menciptakan suasana taat beribadah di dalam keluarga • Tidak malas dalam beribadah • Tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama • Mengajarkan ilmu agama kepada orang-orang yang seiman • Tidak melakukan perbuatan yang merusak suasana kerukunan antar pemeluk agama di masyarakat • Menghargai bahwa setiap agama memiliki cara beribadah yang berbeda • Tidak menjadikan perbedaan agama sebagai alasan untuk saling bermusuhan • Melakukan ibadah di Pura bagi pemeluk agama Hindu • Melakukan ibadah di Vihara bagi pemeluk agama Budha • Bersungguh-sungguh dalam menjalankan ajaran agama • Rajin beribadah dan menghindari perbuatan tercela • Bersatu dan bekerjasama dengan untuk menciptakan suasana kehidupan beragama yang harmonis • Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa • Menuntut ilmu agama
Hidup manusia di dunia ini tidaklah kekal.

Setiap harinya kita dibayangi kematian. Pemikiran tersebut menghasilkan suatu pandangan hidup dari diri manusia agar hidupnya tidaklah tersia-sia. Pemikiran mengenai kehidupan menjadikan pandangan hidup harus ditata dan ditaati. Ketika kita berbicara dalam ruang lingkup negara kita Indonesia, maka terdapat pandangan hidup tertentu yang hanya dimiliki oleh negara ini. Pandangan hidup itu bernama Pancasila. Berdasarkan sejarah Pancasila, kita mengetahui bahwa ia lahir pada tanggal 1 Juni 1945 dan dirumuskan oleh panitia sembilan dari BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Ia lahir setelah bangsa ini mengalami ratusan tahun penjajahan oleh bangsa asing. Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia ini terdiri dari berbagai sila yang mewakili dasar hidup bangsa berikut cita-cita besarnya. Cita-cita yang menginginkan kemerdekaan yang sejati, kemerdekaan untuk hidup sesuai dengan kemauan dirinya. Rasanya hampir seluruh rakyat Indonesia hafal kelima sila dari Pancasila itu. Sila dari Pancasila adalah hal-hal yang bersifat fundamental. Oleh karena itu, mungkin seringkali kita kesulitan dalam memahami bagaimana penerapan Pancasila dalam sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila sehari-hari.

Mungkin juga kita tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan merupakan contoh dari penerapan Pancasila. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas secara lebih jauh contoh penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Penerapan Sila Pertama dalam Kehidupan Sehari-hari Sila pertama merupakan sila yang menjadi dasar bagi sila-sila lainnya. Ketika kita bicara Pancasila sebagai dasar negara, maka sila yang paling dasar bagi negara Indonesia adalah sila ketuhanan yang maha Esa.

Saat ini berbicara tentang ketuhanan mungkin menjadi sesuatu yang sedikit sensitif.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Beberapa contoh penerapan sila pertama yang lalu kita mendengar kasus penistaan agama oleh salah seorang pejabat publik yang santer diberitakan oleh media. Akibatnya, rakyat Indonesia cenderung terbelah oleh kasus tersebut. Untuk menghindari hal serupa, alangkah baiknya jika kita menyelami lebih dalam makna sila pertama ini melalui contoh penerapan sila ketuhanan yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut ini: 1.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Mempercayai Adanya Tuhan Dari awal sejarah adanya manusia, aspek ketuhanan adalah sesuatu yang senantiasa mengiringinya. Begitupun halnya dengan masyarakat Indonesia, dengan mempercayai adanya tuhan, maka kita telah menerapkan sila pertama. Menolak keberadaan tuhan sama halnya dengan melanggar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan mempercayai adanya tuhan, maka kita akan berhati-hati dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini. 2.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Memiliki Suatu Agama Tertentu Pasal 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 menjamin kemerdekaan beragama bagi segenap rakyat Indonesia. oleh karena itu, memiliki suatu agama tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan dari sila ketuhanan yang Maha Esa. Agama juga menjadi bagian dari identitas diri kita.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Bagi pembaca yang sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) tentunya terdapat kolom agama di KTP kita bukan? di Indonesia, terdapat enam agama yang diakui keberadaannya, yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Konghuchu. Makna kemerdekaan beragama bagi Indonesia begitu besar, karena di masa penjajahan sering terjadi pemaksaan untuk memeluk agama tertentu. 3. Menjalankan Ibadah Sesuai Perintah Agama Ketika kita telah memeluk suatu agama tertentu, maka kita terikat untuk beriman dan bertakwa kepada tuhan dari agama tersebut.

Wujud dari iman dan takwa itu adalah kita menjalankan perintah dan menjauhi larangannya. Salah satu perintah dalam agama adalah mengamalkan ibadah, oleh karena itu, menjalankan ibadah sesuai agama adalah bentuk pengamalan sila pertama. 4. Meningkatkan Rasa Toleransi di Tengah Masyarakat Perbedaan di antara pemeluk agama seringkali menimbulkan gesekan dan konflik di tengah masyarakat. Rendahnya toleransi adalah salah satu faktor penyebab konflik sosial.

Cara paling mudah untuk menghindari konflik agama adalah dengan meningkatkan rasa toleransi di tengah masyarakat.

Dengan adanya toleransi, maka di antara pemeluk agama akan saling hormat menghormati dan tercipta kedamaian dan ketertiban. 5. Menggalang Kegiatan yang Meningkatkan Persatuan Rasa persatuan antar pemeluk agama dapat ditingkatkan dengan mengadakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan bersama, misalnya yaitu kegiatan bakti sosial atau dapat pula berupa kegiatan siskamling alias sistem keamanan lingkungan ataupun pagelaran kebudayaan di lingkungan sendiri atau kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya.

6. Senantiasa Menjaga Keamanan dan Ketertiban Beragama Dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, setiap orang tentunya membutuhkan keamanan dan ketertiban. Maka dari itu, ketika kita mengetahui di sekitar kita tengah terdapat kegiatan keagamaan, kita harus mengondisikan diri dan keluarga untuk tidak mengganggu kegiatan keagamaan tersebut.

Terlebih untuk mereka yang menjadi polisi, mereka wajib untuk menjaga ketertiban dan keamanan kegiatan peribadatan terutama pada hari-hari besar keagamaan karena rentannya serangan terorisme di Indonesia terhadap agama tertentu. Itulah artikel mengenai contoh penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari yang dapat penulis sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat lebih memahami apa-apa yang termasuk dalam penerapan sila pertama dan menghindari hal-hal yang bertentangan dengan isi sila pertama.

Menerapkan Pancasila merupakan salah satu hak dan kewajiban warga negara Indonesia. sekian, sampai jumpa dalam kesempatan lainnya. Semoga sukses selalu untuk para pembaca.Jakarta - Pancasila adalahpanduan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi setiap warga negara Indonesia.

Sila pertama sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila "Ketuhanan Yang Maha Esa". Bagaimana contoh penerapan sila ke-1 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari? Nilai yang terkandung dalam sila pertama adalah nilai ketuhanan. Adapun, dikutip dari buku 'Super Complete Kelas 4, 5, 6 SD/MI' karya Meity Mudikawaty, Melli Meisawati, dan Ari Nurdiana.nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila lebih rinci adalah keyakinan adanya Tuhan, dan ketakwaan pada Tuhan.

Selain itu, ada juga kebebasan memeluk dan menjalankan agama, toleransi antar umat beragama, dan meliputi nilai-nilai sila kedua hingga sila kelima. Makna sila ke-1 Pancasila adalah kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia dan melaksanakan kebaikan berdasarkan ajaran baik Tuhan. Sila ini menjadikan setiap warga Indonesia bebas menganut dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Baca juga: 55 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila Contoh penerapan sila ke-1 Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa: • 1.

Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa • 2. Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab • 3. Menghormati agama orang lain • 4.

sebutkan tiga contoh perbuatan mengamalkan sila pertama pancasila

Hidup dan bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup • 5. Menghormati kebebasan orang menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya • 6. Menghormati kebebasan orang merayakan hari besar keagamaan sesuai keyakinan dan kepercayaan mereka • 7.

Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain • 8. Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah di sekolah Baca juga: 14 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Kelima Pancasila, Yuk Amalkan! • 9. Mempersilakan teman yang hendak beribadah saat belajar atau bermain bersama • 10. Menaati perintah Tuhan Yang Maha Esa • 11. Tidak membeda-bedakan agama • 12. Berbuat baik dan mulia sesuai ajaran Tuhan Alasan sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi sila pertama dalam urutan kelima sila yaitu karena nilai-nilai pada sila pertama meliputi nilai-nilai pada sila setelahnya.

Sila 2-4 merupakan penjabaran sila pertama Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Nah, itu dia contoh penerapan sila ke-1 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita lakukan, detikers! Simak Video " Sekjen Pemuda Pancasila Ngaku Salah Ada Anggotanya Bawa Sajam di Demo DPR" [Gambas:Video 20detik] (twu/pay)

Contoh sikap Perilaku yang sesuai nilai Pancasila sila (1) Pertama




2022 www.videocon.com