Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Teknik merupakan suatu upaya pelaksanaan suatu gerak secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam setiap permainan, pengenalan teknik sangat penting. Alasannya, teknik merupakan kunci keberhasilan suatu permainan.

Permainan akan mengalami ketidakseimbangan jika para pemain tidak menguasai teknik dasar permainan. Sementara itu, teknik dasar permainan bola. Tarian Mancanegara di Asia 1. Tari dari Cina Tarian Cina awalnya adalah ritual pemujaan dan penghormatan Dewa Mitologi Cina seperti tercatat pada Sejarah Musim Semi dan Gugur oleh Tuan Luoleh Lu Buwei.

Tujuan keagamaan itu kemudian berkembang menjadi bentuk hiburan dalam bentuk sekelompok wanita yang menghibur tamu pada acara jamuan kenegaraan dan akhirnya menjadi bentuknya yang sekarang. 1. Tari Barongsai Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa Barongsai. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi.

Kesenian Barongsai mulai populer di zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Saat itu pasukan dari raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Ternyata upaya itu sukses hing Rias Wajah Karakter Karakter make up (Character Make up/Stage make up) adalah untuk menampilkan watak tertentu bagi seseorang aktor dan aktris di panggung.Rias wajah karakter dimaksudkan untuk membantu aktor menggambarkan suatu peran dengan membuat wajahnya/mukanya menyerupai muka peranan watak yang akan dimainkan.

Rias wajah karakter ini mempunyai ciri-ciri antara lain: (a) garis-garis rias wajah yang tajam, (b) warna-warna yang dikenakan dipilih yang menyolok dan kontras, (c) alas bedak yang digunakan servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga tebal. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam merias wajah karakter yaitu: (a) menganalisa gambaran watak yang diinginkan, (b) mewujudkan gambaran watak tersebut dengan mempertimbangkan 8 faktor yang menentukan yaitu: 1) keturunan/ras/genetik, 2) usia/umur, 3) kepribadian misalnya berwatak keras, ramah, berwibawa, lucu, atau manja, 4) kesempurnaan jasmani, atau adanya cacat yang menonjol, servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga kesehatan, apakah tokoh itu orang yang akan ditampilk Teknik Menyelesaikan Busana A.

Tahap penyelesaian busana ini, meliputi penyelesian kampuh, belahan, kelim, penyelesian tepi busana, saku, memasang ban pinggang, membuat lubang kancing, dan cara memasang kancing. Cara menjahit penyelesaian tersebut menggunakan jahitan mesin maupun tangan. B. Macam-Macam Tusuk/Setikan Tusuk adalah hasil jahitan yang dikerjakan dengan tangan dan menggunakan jarum dengan benang. 1. Tusuk Jelujur Dimulai dari kanan ke kiri. Tujuannya untuk membuat jahitan menjadi sempurna.

2. Tusuk Tikam Jejak Jika dilihat dari bagian atas kelihatan seperti jahitan mesin dan bila dari bagian bawah tusukannya seperti jahitan rangkap. 3. Tusuk Flanel Untuk mengelim pinggiran busana yang diobras.

4. Tusuk Veston Untuk penyelesaian tiras, seperti tiras lingkar kerung lengan atau pinggiran pakaian bayi. 5. Tusuk Balut Untuk menyelesaikan tiras pada kampuh untuk klim rol dan dapat digunakan penyelesaian pinggir teknik aplikasi. 6. Tu • Servis yang dilakukan dengan melompat setelah bola dilambungkan adalah servis • Pukulan pencak silat dengan mengayun tangan dari bawah ke atas adalah pukulan • Pukulan dengan tangan ditekuk dan lintasan pukulan diayun dari bawah ke atas adalah pukulan • Variasi gerak ayunan kaki dengan kombinasi ayunan dua lengan diawali dengan gerakan • Gerak ayunan tangan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu • Pukulan dengan arah lintasan dari bawah ke atas dengan sasaran perut disebut • Dalam permainan tenis meja pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas • Gerakan pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup • Saat melakukan servis atas bagian tangan yang mengenai bola adalah • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat servis atas bola voli adalah • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat servis bawah • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada servis bawah bola voli adalah • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat melakukan gerakan servis bawah • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat servis bawah bola voli • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat melakukan gerakan servis bawah bola voli • Perkenaan telapak tangan pada bola yang benar pada saat servis bawah bola voli adalah .

* • Jelaskan langkah-langkah melakukan ayunan dua lengan ke atas dan ke bawah • Menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut • Dalam melakukan servis bawah lambungkan bola menggunakan tangan kiri lebih kurang setinggi • Kombinasi gerak langkah samping dan ayunan dua lengan dari samping ke atas diawali dengan sikap
Teknik bola voli dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut : • servis • pasing • smash • blok Dari beberapa bagian teknik voli yuk kita kupas satu persatu ….

1. Servis pengertian servis bola voli adalah : sajian pertama dalam permainan bola voli untuk mengawali permainan dan ini tidak kalah pentingnya karna tanpa servis masuk sebuah tim tidak bisa mendapatkan poin karena sistem pertandingan yang dipake sekarang adalah rally point.

sevis bisa dibagi menjadi servis atas dan servis bawah servis atas antara lain : underhand serve, tennis serve, float serve dan change-up serve.

Servis dengan ayunan lengan dari bawah Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga underhand service. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap ke lapangan, salah satu kaki di depan, dan salah satu tangan memegang bola di depan badan dengan sikut ditekuk. b) Lambungkan bola yang dipegang setinggi pundak, bersamaan dengan ayunan lurus tangan yang lain ke belakang.

c) Perhitungkan waktu perkenaan bola dan tangan. d) Ayunkan tangan lurus ke depan dan pergelangan tangan ditegangkan. e) Perkenaan tangan pada bagian belakang bawah bola. f) Setelah memukul, pindahkan berat badan ke depan. Caranya dengan melangkahkan kaki belakang dan segera masuk kelapangan.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

2) Servis dengan ayunan lengan dari samping Servis dengan ayunan tangan dari samping disebut juga slider floating overhand. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menyamping arah servis, kedua kaki sejajar, salah satu tangan memegang bola, dan tangan untuk memukul dalam posisi menggenggam.

b) Lambungkan bola setinggi bahu, ayun lengan pukul dengan gerak melingkar ke arah bola samping. c) Perkenaan tangan dan bola berada di depan pundak lengan yang memegang bola. Keadaan lengan tetap lurus. d) Setelah melakukan pukulan, gerakan lengan dibawa lurus ke depan, berat badan dipindahkan ke depan, dan segera memasuki lapangan.

3) Servis dengan ayunan lengan dari atas Servis dengan ayunan tangan dari atas disebut juga floating overhand serve. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap arah pukulan, salah satu kaki di depan, bola dipegang sesuai kaki depan, tangan yang lain lurus ke atas. b) Lambungkan bola ke atas-depan kepala, tangan yang memukul bola dilecutkan dari bagian atas kepala. Bola dipukul pada bagian tengah-belakang bola. c) Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah bola dan segera masuk ke lapangan.

4) Latihan servis Servis dilakukan dengan tangan. Oleh karena itu, kekuatan tangan sangat diperlukan. Berikut cara melakukan latihan kekuatan lengan dan teknik melakukan servis. a) Mengayun bola dari bawah Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Berdiri di belakang garis serang, menghadap ke net. (2) Ayunkan bola dari samping badan, kemudian lemparkan. (3) Lakukan secara berulang. b) Melempar bola melalui atas kepala Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Berdiri di belakang garis serang, tubuh menghadap ke net.

(2) Lemparkan bola melalui atas kepala dengan tangan lurus. Lemparan harus melintasi net. (3) Lakukan secara berulang. c) Menservis bola Latihan ini dapat dilakukan untuk latihan servis dari bawah, samping, dan atas. Berikut akan diuraikan latihan servis dari bawah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Lakukan teknik servis dari bawah di belakang garis serang hingga melintasi net. (2) Lakukan secara berulang.

(3) Setelah lancar lakukan servis dari bawah dengan tambahan jarak. (4) Penambahan jarak dilakukan secara bertahap hingga kamu dapat melakukannya dari belakang garis servis.

2. Pasing pasing bola voli adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola lawan. sedangkan pasing sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu : pasing atas / set up dan pasing bawah 1) Passing atas Passing atas dilakukan ketika mengoperkan bola tinggi.

Selain itu, passing atas dapat digunakan untuk teknik mengumpan. Berikut cara melakukan passing atas. a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, kedua kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki di depan, lutut agak ditekuk.

b) Kedua tangan diangkat di depan-atas dahi, jari-jari tangan menghadap ke atas membentuk cekungan. c) Ketika bola tepat berada di depan-atas dahi, lakukan gerakan mendorong sampai sikut lurus.

Perkenaan bola pada ruas jari pertama dan kedua. Dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan untuk menghasilkan gerakan memantul.

d) Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan hingga sikut agak lurus, pindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan, dan kembali dalam posisi siap.

Untuk memudahkanmu melakukan passing atas, lakukan beberapa latihan berikut. Lakukan dengan sungguh-sungguh. a) Melambungkan bola dengan dua tangan Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan badan dengan dua tangan. (2) Lambungkan bola di depan badan, kemudian tangkap kembali dengan dua telapak tangan di atas dahi. (3) Lakukan latihan selama 30 detik, kemudian hitung lambungan yang kalian peroleh.

b) Mem-passing atas bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan-atas dahi dengan dua tangan, telapak tangan menghadap ke atas. (2) Passing-kan bola ke atas. (3) Lambungan harus lurus ke atas dan dapat diterima kembali dengan kedua tangan. (4) Lakukan secara berulang. 2) Passing bawah Passing bawah biasanya dilakukan untuk mengoper bola-bola pendek.

Berikut cara servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga teknik passing bawah. a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, salah satu kaki di depan, kedua lutut ditekuk, dan badan agak dicondongkan ke depan. b) Kedua tangan saling berpegangan, salah satu punggung telapak tangan berada pada telapak tangan yang lain. c) Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan dari bawah, sumbu gerakan dari persendian bahu, dan sikut lurus.

d) Perkenaan bola pada bagian atas pergelangan tangan. e) Setelah melakukan gerak operan, langkahkan kaki belakang ke depan untuk mengambil posisi siap. Passing bawah merupakan teknik yang sangat dominan saat permainan bola voli.

Oleh karena itu, teknik ini harus dikuasai. Berikut beberapa latihan teknik passing bawah. a) Passing bawah di tempat Cara melakukannya sebagai berikut. (1) Buatlah lingkaran dengan diameter 1,5 meter dan kamu masuk pada lingkaran tersebut.

(2) Lakukan teknik passing bawah. (3) Latihan dilakukan di dalam lingkaran, upayakan supaya kamu dan bola tidak keluar dari lingkaran. b) Passing bawah sambil berjalan ke depan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Lakukan teknik passing bawah sambil berjalan ke depan. (2) Lakukan pada jarak 5 meter. (3) Upayakan bola tidak terpisah. (4) Lakukan latihan secara berulang. 3. Smash servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga bola voli adalah pukulan keras yang bertujuan untuk mematahkan serangan dan menghasilkan poin.

ketika melihat smsah yang keras pasti pecinta bola voli akan sangat pengen bisa meniru, maka dari itu kalian harus benar-benar tahu cara latihan yang benar dan hal apa saja yang perlu dilakukan dan tak kalah penting adalah cara melakukan dengan benar. untuk itu nanti akan saya bahas dalam posting saya berikutnya. Berikut cara melakukan teknik smash. 1) Berdiri serong 45 derajat dengan jarak 3-4 meter dari net. 2) Lakukan dua langkah biasa ke depan. Pada langkah kedua diperlebar, kemudian kaki dirapatkan.

3) Setelah kaki dirapatkan, lakukan gerakan meloncat sambil melecutkan tangan yang akan memukul ke atas-belakang kepala, kemudian lakukan gerak memukul. 4) Pukulan dilakukan pada titik tertinggi loncatan. 5) Setelah memukul, lakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut harus mengeper untuk menjaga keseimbangan.

Kemudian, kembali ke posisi siap. Biasanya, teknik smash merupakan teknik yang dapat mengumpulkan angka terbanyak. Hal tersebut dikarenakan hasil pukulan smash sangat keras, sehingga dapat dengan cepat mematikan lawan. Berikut cara melatih teknik smash. 1) Memukul tanpa bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a) Berdiri di belakang garis serang. b) Lakukan awalan dua langkah. c) Lakukan tolakan dan lompatan setinggi mungkin. d) Lakukan secara berulang. 2) Memukul bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a) Satu orang berdiri di samping net sebagai pelambung bola. b) Pemain yang men-smash bola yang dilempar dengan teknik yang benar. c) Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang. 4. Block Berikut cara melakukan teknik membendung bola. 1) Berdiri menghadap net, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk, kedua tangan bersiap di depan dada, dan pandangan memerhatikan arah datangnya bola.

2) Tolakkan kedua kaki sambil meluruskan kedua tangan lurus ke atas. 3) Sikap kedua tangan lurus, jari-jari tangan direnggangkan, dan kedua telapak tangan aktif mengikuti arah pukulan lawan. 4) Pendaratan dilakukan dengan kaki mengeper dan kembali siap ke posisi semula. Blocking merupakan salah satu teknik pertahanan. Teknik ini dilakukan dengan menutup datangnya bola di atas net. Berikut cara melakukan latihan membendung bola.

1) Melompat di depan net Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Berdiri satu langkah di belakang net. b) Kedua tangan diluruskan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan. c) Lakukan lompatan sepanjang net.

d) Lakukan secara berulang. 2) Membendung bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Cara melakukannya sama seperti latihan sebelumnya. b) Terdapat satu orang pelempar bola dari seberang net.

c) Lakukan secara berulang-ulang. pengertian block dalam permainan bola voli adalah sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan point. Posisi Pemain Bola Voli Posisi Pemain Bola Voli.

Sumber gambar: kids.britannica.com Dalam permaian bola voli pelatih harus menyusun strategi dengan pintar supaya penguasaan pertandingan bisa dikendalikan. Termasuk pengaturan posisi antara pemain yang satu dengan pemain lainya.

Berikut ini posisi pemain yang berperan penting dalam setiap pertandingan bola voli. 1. Posisi Pemain Bola Voli Tosser (setter) Tosser adalah pemain yang memiliki tugas untuk mengoper bola kepada teman satu timnya dan mengatur ritme jalanya permainan. 2. Posisi Pemain Bola Voli Spikker (smash) Spikker adalah pemain yang memiliki tugas untuk memukul bola agar jatuh di area pertahanan permainan lawan 3. Posisi Pemain Bola Voli Libero Libero adalah pemain yang memiliki tugas bertahan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan.

Pemain ini bisa bebas dalam keluar masuk pertandingan, namun tidak boleh melakukan teknik smash. Pemain libero hanya boleh menggunakan passing bawah atau passing atas jika bola ingin melewati net. 4. Posisi Pemain Bola Voli Defender (pemain bertahan) Defender adalah pemain yang memiliki tugas bertahan untuk menerima serangan dari tim lawan. Mudah bukan dalam mempelajari teknik dasar permainan bola voli. Tunggu apa lagi, langsung praktekan saja teori yang sudah di dapat.

Jangan lupa baca juga artikel sejarah bola voli dan ukuran lapangan bola voli. okee….tar dilain waktu akan dilanjut ya…mass Brooo dan mbak Broo….caooo!! KOMPAS.com - Permainan bola voli bisa melatih kekompakan serta kerja sama antar anggota dalam satu regu. Voli juga tidak terlalu sulit dimainkan, jika menguasai berbagai teknik dasarnya. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, sehingga bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bola voli adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan menendang atau memukul bola sebelum jatuh menyentuh tanah.

Ada empat jenis teknik dasar yang patut untuk dipelajari jika ingin bermain voli. Teknik tersebut adalah teknik passing serta teknik service. Baca juga: Tenis Lapangan: Pengertian dan Sejarahnya Kedua teknik tersebut dibagi menjadi dua bagian lagi, yakni passing atas, passing bawah, service atas serta service bawah.

Passing atas servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga dengan kedua tangan diposisikan berada di atas dahi. Sedangkan passing bawah dilakukan dengan merapatkan dan meluruskan kedua tangan di depan tubuh.

Untuk teknik service atas, cara melakukannya dengan menggunakan jari tangan. Servis bawah merupakan teknik yang sangat penting dalam permainan bola voli. Lalu, bagaimana dengan teknik service bawah? Baca juga: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): • Tubuh dalam posisi tegak dan arahkan pandangan mata fokus melihat ke arah depan.

• Kaki kiri dilangkahkan ke depan, sedangkan kaki kanan tetap berada di belakang. • Condongkan tubuh ke arah depan sambil memegang bola dengan tangan kiri. • Lempar bola ke atas. Jika tingginya sudah setara dengan pinggang, tangan kanan diayunkan lurus ke depan untuk memukul bola. • Saat memukul bola, posisi telapak tangan bisa terbuka atau tertutup. • Setelah melakukan teknik ini, tubuh kembali ke posisi siap.

Lakukan pemanasan saat akan melakukan teknik service, untuk meminimalisir cedera atau luka pada tangan. Baca juga: Peraturan Umum Permainan Tenis Berita Terkait Aktivitas Pembelajaran Crossover Footwork dalam Permainan Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran In and Out Footwork dalam Permainan Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran Side to Side Footwork dalam Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran Footwork One Step dalam Permainan Tenis Meja Gerak Spesifik Open Stance dalam Permainan Tenis Meja Berita Terkait Aktivitas Pembelajaran Crossover Footwork dalam Permainan Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran In and Out Footwork dalam Permainan Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran Side to Side Footwork dalam Tenis Meja Aktivitas Pembelajaran Footwork One Step dalam Permainan Tenis Meja Gerak Spesifik Open Stance dalam Permainan Tenis Meja
Teknik merupakan suatu upaya pelaksanaan suatu gerak secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam setiap permainan, pengenalan teknik sangat penting. Alasannya, teknik merupakan kunci keberhasilan suatu permainan. Permainan akan mengalami ketidakseimbangan jika para pemain tidak menguasai teknik dasar permainan. Sementara itu, teknik dasar permainan bola voli adalah cara memainkan bola voli secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang optimal.

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar. Teknik tersebut harus dikuasai oleh setiap pemain. Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli. a. Servis Servis adalah pukulan permulaan suatu permainan. Namun dari segi taktik, servis merupakan suatu serangan awal. Hal tersebut didukung oleh teknik servis yang dapat langsung mematikan lawan.

Servis terdiri atas tiga macam, sebagai berikut. 1) Servis dengan ayunan lengan dari bawah Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga underhand service. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap ke lapangan, salah satu kaki di depan, dan salah satu tangan memegang bola di depan badan dengan sikut ditekuk.

b) Lambungkan bola yang dipegang setinggi pundak, bersamaan dengan ayunan lurus tangan yang lain ke belakang. c) Perhitungkan waktu perkenaan bola dan tangan.

d) Ayunkan tangan lurus ke depan dan pergelangan tangan ditegangkan. e) Perkenaan tangan pada bagian belakang bawah bola. f) Setelah memukul, pindahkan berat badan ke depan. Caranya dengan melangkahkan kaki belakang dan segera masuk kelapangan. 2) Servis dengan ayunan lengan dari samping Servis dengan ayunan tangan dari samping disebut juga slider floating overhand.

Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menyamping arah servis, kedua kaki sejajar, salah satu tangan memegang bola, dan tangan untuk memukul dalam posisi menggenggam. b) Lambungkan bola setinggi bahu, ayun lengan pukul dengan gerak melingkar ke arah bola samping. c) Perkenaan tangan dan bola berada di depan pundak lengan yang memegang bola. Keadaan lengan tetap lurus. d) Setelah melakukan pukulan, gerakan lengan dibawa lurus ke depan, berat badan dipindahkan ke depan, dan segera memasuki lapangan.

3) Servis dengan ayunan lengan dari atas Servis dengan ayunan tangan dari atas disebut juga floating overhand serve. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap arah pukulan, salah satu kaki di depan, bola dipegang sesuai kaki depan, tangan yang lain lurus ke atas.

b) Lambungkan bola ke atas-depan kepala, tangan yang memukul bola dilecutkan dari bagian atas kepala. Bola dipukul pada bagian tengah-belakang bola. c) Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah bola dan segera masuk ke lapangan.

4) Latihan servis Servis dilakukan dengan tangan. Oleh karena itu, kekuatan tangan sangat diperlukan. Berikut cara melakukan latihan kekuatan lengan dan teknik melakukan servis. a) Mengayun bola dari bawah Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Berdiri di belakang garis serang, menghadap ke net. (2) Ayunkan bola dari samping badan, kemudian lemparkan.

(3) Lakukan secara berulang. b) Melempar bola melalui atas kepala Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Berdiri di belakang garis serang, tubuh menghadap ke net. (2) Lemparkan bola melalui atas kepala dengan tangan lurus. Lemparan harus melintasi net. (3) Lakukan secara berulang. c) Menservis bola Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga ini dapat dilakukan untuk latihan servis dari bawah, samping, dan atas. Berikut akan diuraikan latihan servis dari bawah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Lakukan teknik servis dari bawah di belakang garis serang hingga melintasi net. (2) Lakukan secara berulang. (3) Setelah lancar lakukan servis dari bawah dengan tambahan jarak. (4) Penambahan jarak dilakukan secara bertahap hingga kamu dapat melakukannya dari belakang garis servis.

b. Passing Passing adalah teknik mengoperkan bola kepada teman satu tim. Passing merupakan langkah awal penyusunan serangan kepada lawan.

Teknik passing terdiri atas dua, yaitu passing atas dan passing bawah. 1) Passing atas Passing atas dilakukan ketika mengoperkan bola tinggi.

Selain itu, passing atas dapat digunakan untuk teknik mengumpan. Berikut cara melakukan passing atas. a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, kedua kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki di depan, lutut agak ditekuk. b) Kedua tangan diangkat di depan-atas dahi, jari-jari tangan menghadap ke atas membentuk cekungan.

c) Ketika bola tepat berada di depan-atas dahi, lakukan gerakan mendorong sampai sikut lurus. Perkenaan bola pada ruas jari pertama dan kedua. Dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan untuk menghasilkan gerakan memantul. d) Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan hingga sikut agak lurus, pindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan, dan kembali dalam posisi siap. Untuk memudahkanmu melakukan passing atas, lakukan beberapa latihan berikut.

Lakukan dengan sungguh-sungguh. a) Melambungkan bola dengan dua tangan Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan badan dengan dua tangan.

(2) Lambungkan bola di depan badan, kemudian tangkap kembali dengan dua telapak tangan di atas dahi. (3) Lakukan latihan selama 30 detik, kemudian hitung lambungan yang kalian peroleh. b) Mem-passing atas bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan-atas dahi dengan dua tangan, telapak tangan menghadap ke atas. (2) Passing-kan bola ke atas.

(3) Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga harus lurus ke atas dan dapat diterima kembali dengan kedua tangan.

(4) Lakukan secara berulang. 2) Passing bawah Passing bawah biasanya dilakukan untuk mengoper bola-bola pendek. Berikut cara melakukan teknik passing bawah. a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, salah satu kaki di depan, kedua lutut ditekuk, dan badan agak dicondongkan ke depan. b) Kedua tangan saling berpegangan, salah satu punggung telapak tangan berada pada telapak tangan yang lain.

c) Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan dari bawah, sumbu gerakan dari persendian bahu, dan sikut lurus. d) Perkenaan bola pada bagian atas pergelangan tangan. e) Setelah melakukan gerak servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga, langkahkan kaki belakang ke depan untuk mengambil posisi siap. Passing bawah merupakan teknik yang sangat dominan saat permainan bola voli. Oleh karena itu, teknik ini harus dikuasai. Berikut beberapa latihan teknik passing bawah. a) Passing bawah di tempat Cara melakukannya sebagai berikut.

(1) Buatlah lingkaran dengan diameter 1,5 meter dan kamu masuk pada lingkaran tersebut. (2) Lakukan teknik passing bawah. (3) Latihan dilakukan di dalam lingkaran, upayakan supaya kamu dan bola tidak keluar dari lingkaran. b) Passing bawah sambil berjalan ke depan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Lakukan teknik passing bawah sambil berjalan ke depan.

(2) Lakukan pada jarak 5 meter. (3) Upayakan bola tidak terpisah. (4) Lakukan latihan secara berulang. c. Smash Smash adalah serangan utama berupa pukulan keras ke daerah lawan. Teknik ini bertujuan untuk memenangkan pertandingan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan smash, yaitu langkah awalan, tolakan, saat memukul bola, dan pendaratan. Berikut cara melakukan teknik smash.

1) Berdiri serong 45 derajat dengan jarak 3-4 meter dari net. 2) Lakukan dua langkah biasa ke depan. Pada langkah kedua diperlebar, kemudian kaki dirapatkan. 3) Setelah kaki dirapatkan, lakukan gerakan meloncat sambil melecutkan tangan yang akan memukul ke atas-belakang kepala, kemudian lakukan gerak memukul. 4) Pukulan dilakukan pada titik tertinggi loncatan. 5) Setelah memukul, lakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut harus mengeper untuk menjaga keseimbangan.

Kemudian, kembali ke posisi siap. Biasanya, teknik smash merupakan teknik yang dapat mengumpulkan angka terbanyak. Hal tersebut dikarenakan hasil pukulan smash sangat keras, sehingga dapat dengan cepat mematikan lawan. Berikut cara melatih teknik smash. 1) Memukul tanpa bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a) Berdiri di belakang garis serang. b) Lakukan awalan dua langkah. c) Lakukan tolakan dan lompatan setinggi mungkin. d) Lakukan secara berulang. 2) Memukul bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Satu orang berdiri di samping net sebagai pelambung bola. b) Pemain yang men-smash bola yang dilempar dengan teknik yang benar. c) Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang. d. Blocking Blocking atau membendung bola merupakan upaya pertahanan serangan yang dilakukan suatu tim dari serangan keras lawan.

Keberhasilan teknik block bergantung pada upaya blocker membaca arah serangan lawan. Berikut cara melakukan teknik membendung bola. 1) Berdiri menghadap net, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk, kedua tangan bersiap di depan dada, dan pandangan memerhatikan arah datangnya bola.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

2) Tolakkan kedua kaki sambil meluruskan kedua tangan lurus ke atas. 3) Sikap kedua tangan lurus, jari-jari tangan direnggangkan, dan kedua telapak tangan aktif mengikuti arah pukulan lawan.

4) Pendaratan dilakukan dengan kaki mengeper dan kembali siap ke posisi semula. Blocking merupakan salah satu teknik pertahanan. Teknik ini dilakukan dengan menutup datangnya bola di atas net. Berikut cara melakukan latihan membendung bola. 1) Melompat di depan net Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a) Berdiri satu langkah di belakang net. b) Kedua tangan diluruskan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan. c) Lakukan lompatan sepanjang net.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga Lakukan secara berulang. 2) Membendung bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Cara melakukannya sama seperti latihan sebelumnya. b) Terdapat satu orang pelempar bola dari seberang net. c) Lakukan secara berulang-ulang.
Jakarta - Bola voli merupakan salah satu olahraga yang sangat populer.

Permainan ini membutuhkan dua tim yang masing-masing terdiri dari enam orang. Untuk memulai permainan selalu diawali dengan servis. Karena itu teknik servis ini merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Ada berbagai teknik servis bola voli, seperti servis bawah bola voli dan atas. Tiap pemain wajib menguasai kedua teknik servis ini. Kedua servis tersebut memiliki teknik gerakan dan hasil yang berbeda.

Maka dari itu, diperlukan pemahaman dan latihan agar setiap gerakan servis atas bola voli maupun bawah dapat berhasil. Gerakan Servis Bawah Bola Voli Gerakan pertama yang harus dilakukan para pemain adalah memegang bola dengan tangan kiri.

Sedangkan, tangan kanan siap untuk memukul. Kemudian, waktu bola dilepas dari tangan kiri sewaktu dilambungkan, ayunkan segera tangan kanan untuk memukulnya.

Kalau Anda kidal dapat memilih tangan sebaliknya. Pengertian Servis Bawah Bola Voli Menurut Para Ahli Dikutip Buku 'Jago Bola Voli' karya Ikbal Tawakal, servis bawah dalam permainan bola voli disebut underhand serve. Gerakan ini cukup mudah dilakukan para pemain pemula karena tidak membutuhkan tenaga yang lebih sebab berfokus pada ayunan tangan.

Hanya saja, kesulitan pada teknik ini yakni perkenaan bola dengan tangan kurang tepat. Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga mengatasi itu, tangan harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangah memiliki sudut antara 30-45 derajat ke depan sehingga bola bisa melewati atas net. Baca juga: Manga Haikyuu!! Tamat Hari Ini, Fans Indonesia Bersedih di Jagat Maya Gerakan Servis Atas Bola Voli Servis atas dilakukan dengan memegang bola menggunakan tangan kiri dan tangan kanan siap untuk memukul.

Kemudian, lambungkan bola dengan tangan kiri melewati atas kepala dan pukul dengan telapak tangan sekeras-kerasnya agar melewati net. Pengertian Servis Atas Bola Voli Menurut Para Ahli Servis atas bola voli juga dikenal dengan nama overhead serve.

Teknik ini memiliki kesulitan pada bagian menentukan arah dan kecepatan agar bisa mengelabui lawan. Hanya saja, semua gerakan bisa dipelajari dengan mudah. Jangan lupa praktikkan teori servis bawah bola voli dan atas ya! Simak Video " Nusa Dua, Adu Smash, Serunya Bermain Voli Pantai, Bali" [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban – Permainan Bola Voli adalah olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim.

Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain yang area permainannya dipisahkan oleh net. Aturan Main sederhana : • Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero.

• Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang. • Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.

• Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net. • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja. • Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran. Tujuan olahraga voli yaitu : memukul bola hingga melewati net sekaligus menjatuhkannya ke lantai lapangan di area lawan.

Cara memukul bolanya pun tidak boleh sembarangan, karena ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai para pemain. 1 – 15 Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 1.

Servis dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola kemudian tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah disebut a. Service atas b. Service bawah c. Service depan d. Service belakang Jawaban : B 2. Servis tangan atas dibedakan lagi menjadi servis.

. a. Floating dan cekis b. Smash dan passing c. Blok dan smash d. Passing dan blok Jawaban : A 3. Teknik yang dilakukan untuk mengoper kepada kawan adalah a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : B 4. Teknik Passing dapat dibagi menjadi : a. Bawah dan atas b. Kiri dan kanan c. Luar dan dalam d. Depan dan Belakang Jawaban : A 5. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan passing, kecuali a.

Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. b. Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan c. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan d. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola Jawaban : B 6.

Cara melakukan passing atas, jari-jari tangannya… a. Dirapatkan b. Mengepal c. Menggenggam d. Agak dibuka Jawaban : D 7. Pemain nomor satu dinamakan… a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : A 8. Pemain nomor kedua dinamakan … a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : B Lihat Juga : Contoh Soal Pesawat Sederhana Pilihan Ganda dan Jawaban 9. Pemain nomor ketiga dinamakan . a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : C 10.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Pemain nomor empat dinamakan… a. Server b. Spiker c. Tosser d. Blocker Jawaban : D 11. Pemain nomor lima dan enam dinamakan… a. Server b. Spiker c. Libero d. Blocker Jawaban : C 12.

Time out hanya bisa dilakukan berapa kali dalam satu babak a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : A 13. Untuk pertandingan pada kelas pemula, biasanya menggunakan formasi … a. 4-2 b. 6-2 c. 5-1 d.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

3-1 Jawaban : A 14. Pada formasi 5-1, hanya ada satu orang pemain yang akan bertindak sebagai … a. Setter b. Spiker c. Smash d. Jumper Jawaban : A 15. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung… a.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

3 kali b. 2 kali c. 5 kali d. Tidak dibatasi Jawaban : D 16 – 30 Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 16. Jumlah pemain cadangan pada saat pertandingan berlangsung… a. 2 orang b. 4 orang c. 5 orang d. 6 orang Jawaban : B 17. Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai… a. Double faults b. One faults c. Three faults d.

Four faults Jawaban : A 18. Berapa garis tepi lapangan permainan bola voli? a. 2 m b. 3 m c. 4 m d. 5 m Jawaban : D 19. Berapa ukuran bola voli ? a. 63-65 cm b. 65-67 cm c. 66-68 cm d. 67-69 cm Jawaban : B 20. Berapa berat bola voli ? a. 230-250 gr b. 240-260 gr c. 250-270 gr d. 260-280 gr Jawaban : D 21. Berapa tekanan dalam dari bola voli? a. 0.30-0.325 kg/cm2 b. 0.30-0.326 kg/cm2 c. 0.30-0.327 kg/cm2 d. 0.30-0.328 kg/cm29 Jawaban : A 22.

Tingginya net pada putra… a. 2,42 m b. 2,43 m c. 2,44 m d. 2,45 m Jawaban : B 23. Teknik dasar yang wajib pertama kali dipelajari oleh pemula ialah … a. Servis b. Passing c.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Blocking d. Smash Jawaban : B Lihat Juga : Soal Ujian IPA Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013 24. Teknik smash yang mengunakan teknik 3-5 menggunakan irama… a.

Keras b. Lemah c. Pelan d. Cepat Jawaban : C 25. Bola voli berasal dari negara … a. Amerika Serikat b. Inggris c. Prancis d. Belanda Jawaban : A 26. FIVB terbentuk pada tahun … a. 1945 b. 1946 c. 1947 d.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

1948 Jawaban : C 27. FIVB dibentuk di negara … a. Amerika serikat b. Inggris c. Prancis d. Itali Jawaban : C 28. Peran penting dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut, kecuali… a. Tosser b. Defender c. Jumper d. Spiker Jawaban : C 29. Dalam permainan bola voli servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga yang tidak diperbolehkan adalah … a. Bola terkena kepala b. Bola diambil dengan kaki c.

Bola diambil dengan lutut d. Bola terkena muka Jawaban : C 30. Set-upper bertugas sebagai… a. Memukul bola ke daerah lawan b.

Menerima serangan dari lawan c. Pemain bertahan d. Mengumpankan bola pada teman Jawaban : D 31 – 45 Contoh Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Jawaban 31. Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan … a. Passing bawah b. Passing atas c. Servis atas d. Servis bawah Jawaban : A 32. Servis dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya, kemudian server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas disebut service a.

Service atas b. Service bawah c. Service depan d. Service belakang Jawaban : A 33. PBVSI terbentuk pada tahun … a. 1945 b. 1955 c. 1965 d. 1975 Jawaban : B 34. Setiap pertandingan bola voli, umumnya berlangsung sebanyak servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga babak. a. 1-2 b. 3-5 c. 1-3 d. 1-5 Jawaban : B 35. Panjang net pada permainan bola voli adalah … a. 8 meter b. 8,5 meter c. 9 meter d.

9,5 meter Jawaban : D 36. Melakukan awalan dengan ancang ancang yang lebar dan datar merupakan cara untuk melakukan…. a. Melakukan blok b. Mengumpan d. Pertahanan d. Smash Jawaban : D 37. Keberhasilan saat melakukan blok ditentukan oleh… a. Smash yang keras b. Lompatan c. Tangan yang panjang d. Tumpuan Jawaban : B Simak Juga : Contoh Soal Conjunction Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 38. Berikut ini yang bukan kategori smash berdasarkan tingginya umpan adalah … a. Open smash b. Semi quick smash c.

Strong smash d. Quick smash Jawaban : C 39. Yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah… a. Langkah awalan b. Berlari menghampiri net c. Langkah untuk meloncat d. Mendarat Jawaban : B 40.

Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada tahun 1947 yang bertempat di Negara… a. Amerika Serikat b. Polandia c. Inggris d. Swedia Jawaban : B 41. Apabila satu regu melakukan kesalahan urutan servis, maka keputusan wasit adalah.

a. Servis diulang b. Servis berpindah c. Poin untuk lawan dan servis berpindah d. Pemain tersebut dikeluarkan Jawaban : A 42. Setelah suatu usaha servis terjadi, wasit harus segera memerintahkan permainan yang bersangkutan untuk melakukan servis kembali tanpa menunda waktu dan servis harus dilakukannya dalam waktu. a. 3 detik b. 15 detik c. 5 detik c. 10 detik Jawaban : A 43.

Persiapan servis hanya dapat dilakukan sebanyak. . a. Satu kali b. Empat kali c. Dua kali d. Tidak terbatas Jawaban : A 44. Berikut yang tidak termasuk tahapan melakukan pertahanan dalam permainan bola voli adalah …. a. Posisi permulaan (start) b. Tahap ancang-ancang c. Menerima bola d. Follow through Jawaban : A 45. Strategi over block dalam permainan bola voli artinya … a. Bola lolos dari blok b. Bola mati karena blok c.

Bola mengenai dari blok d. Bola kena blok Jawaban : B 46. Apabila wasit memberi isyarat jari-jari tangan menyentuh net, hal tersebut berarti … a. Bola keluar lapangan b.

Bola masuk c. Bola melampaui jaring d. Bola tersentuh pemain Jawaban : D 47. Menutup daerah secara rapat dan pertukaran posisi antarpemain adalah penerapan …. a. Taktik perorangan b. Taktik kelompok c. Taktik pertahanan d. Taktik beregu Jawaban : D 48. Penemu permainan bola voli pertama kali…. a. William G. Morgan b. William Smith c. John G. Morgan d. James Naismith Jawaban : A 49. Pada awal penemuannya olahraga permainan bola voli ini dinamakan. a. Battledores b. Mintonette c.

Soccer d. Tenez Jawaban Soal Bola Voli: B 50. Permainan bola voli ini diciptakan dengan mengadopsi dari 4 permainan yaitu a. Sepakbola, bulutangkis, Basket, lempar cakram b. Bulu Tangkis, tenis, tolak peluru, Lempar lembing c.

Basket, baseball, tenis, bola tangan d. Tenis, sepakbola, bulutangkis, tolak peluru Jawaban : C 51. Permainan bola voli pertama kali ditemukan tahun… a. 1892 b. 1893 c.

1894 d. 1895 Jawaban : D 52. Permainan bola voli pertama kali didemontrasikan pada pertandingan tahun… a. 1895 b. 1896 c. 1897 d. 1898 Jawaban : D Lihat Juga : Soal Atletik Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 53. Penemu bola voli meninggal pada tahun a. 1941 b. 1942 c. 1943 d. 1944 Jawaban : B 54. Masing-masing tim terdiri dari. . a. 6 orang b. 7 orang c. 8 orang d. 9 orang Jawaban : A 55. Poin yang harus dicapai oleh setiap tim untuk mencapai kemenangan a. 22 poin b. 23 poin c.

24 poin d. 25 poin Jawaban : D 56. Berapa ukuran lapangan permainan bola voli? a. 9 m x 17 m b. 8 m x 19 m c. 9 m x 18 m d. 8 m x 17 m Jawaban : C 57. Berapa garis batas serang untuk pemain belakang dari garis tengah yang sejajar dengan jaring a. 2 m b. 3 m c. 4 m d. 5 m Jawaban : B 58. Pemain yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan disebut… a.

Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : C 59. Pemain bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan… a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : A 60. Pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : B 61 – 75 Soal Bola Voli Pilihan Ganda dan Jawaban 61.

Pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan. a. Spiker b. Libero c. Tosser d. Defender Jawaban : D 62. Nama Induk Organisasi bola voli di Internasional a. FIFA b. FIBA c. FIVB d. IAAF Jawaban : C 63. Cara memainkan bola dengan servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal dalam permainan bola voli disebut… a.

Variasi permainan b.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Teknik permainan c. Kombinasi permainan d. Strategi permainan Jawaban : B 64. Nama Induk Organisasi bola voli nasional a. PSSI b. PERBASI c. PASI d. PBVSI Jawaban : D 65. Perubahan nama bola voli terjadi pada tahun. a. 1895 b. 1896 c. 1897 d. 1898 Jawaban : B 66. Dibawah ini yang termasuk teknik dasar permainan voli adalah kecuali a.

Service b. Passing c. Smash d. Shooting Jawaban : D 67. Untuk mengejar bola dengan jarak yang agak jauh dilakukan dengan cara… a. Passing sambil berdiri di tempat b. Passing sambil berlari c. Passing sambil jongkok d. Passing sambil meloncat Jawaban Soal Bola Voli : B 68. Servis yang bolanya melambung atau mengambang ke atas disebut … a. Tennis service b. Service atas c. Floating service d. Overhead service Jawaban : C Baca Juga : Soal Bahaya HIV dan AIDS Pilihan Ganda beserta Jawaban 69.

Servis yang dilakukan dengan gerakan melompat ke udara dinamakan … a. Floating overhand service b. Servis atas c. Servis bawah d. Jumping service Jawaban : D 70. Gerakan lengan yang benar saat melakukan servis bawah dalam permainan bola voli adalah … a.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Diayun kedepan ke arah bola b. Diluruskan ke depan ke arah bola c. Dipukulkan ke depan ke arah bola d. Diputar ke depan ke arah bola Jawaban : A 71. Yang perlu diperhatikan dalam service antara lain, kecuali a. Sikap badan dan pandangan. b. Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan c. Saat kapan harus memukul bola. d. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk Jawaban : D 72. Servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada … a.

Belakang garis servis selebar 9 meter b. Kotak servis 3 meter c. Tempat bebas d. Menurut kesukaan yang melakukan servis Jawaban : A 73. Di bawah ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali … a.

Pelannya bola yang dipukul b. Kecepatan bola c. Perputaran bola d. Penempatan bola di tempat kosong Jawaban : B 74. Teknik pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan disebut. a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : A 75. Salah satu unsur utama yang ikut menentukan menang atau kalahnya suatu regu di dalam suatu pertandingan yaitu … a. Penguasaan teknik b. Kondisi fisik c. Taktik d. Skill individu Jawaban : A 76 – 90 Contoh Soal Bola Voli dan Kunci Jawaban 76.

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan teknik smash, kecuali a. Langkah yang dibuat menggunakan langkah kaki yang lebar b. Pada saat mendekati net kedua lengan di ayunkan ke belakang c. Kedua kaki dihentakan bersusulan d.Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan Jawaban : D 77. Urutan yang benar ketika melakukan teknik smash adalah a.

Meloncat, memukul, mendarat dan awalan b. Memukul, mendarat, awalan dan meloncat c. Awalan, meloncat, memukul dan mendarat d. Mendarat, awalan, servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga dan memukul Jawaban : C 78. Waktu time out hanya diberikan selama a. 1 menit b. 2 menit c. 3 menit d. 4 menit Jawaban : A 79. Pada dasarnya taktik dalam permainan bola voli dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu… a.

Taktik perorangan dan kelompok b. Taktik kelompok dan pertahanan c. Taktik pertahanan dan beregu d. Taktik menyerang dan bertahan Jawaban : D 80. Anggota servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga yang boleh digunakan pada permainan bola voli a. Tangan saja b. Seluruh tubuh c. Tangan dan kaki d. Tangan, kaki dan kepala Jawaban : D 81. Berikut kesalahan yang tidak boleh dilakukan dalam permainan bola voli kecuali a.

Menyentuh net b. Melewati garis tengah c. Melempar atau menangkap bola d. Melakukan smash ketika bola di atas net Jawaban : D 82. Kompetisi bola voli professional Indonesia yang diikuti oleh beberapa klub yang tersebar di seluruh Indonesia- a. ISL b. Proliga c. Thomas Cup d. IBL Jawaban : B Lihat Juga : Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 83.

Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / di daerahnya masing-masing dalam … deret kesamping. a. Satu b. Dua c. Tiga d. Empat Jawaban : B 84. Tingginya net pada putri… a. 2,21 m b. 2,22 m c. 2,23 m d. 2,24 m Jawaban : D 85. Setiap regu bola voly maksimal memainkan bola sebanyak … kali pukulan. a. Satu b. Dua c. Tiga d. Empat Jawaban : C 86.

Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah… a. 4 orang b. 3 orang c. 5 orang d. 2 orang Jawaban : A 87. Apabila salah satu tim di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka pertandingan… a. Dilanjutkan b. Ditunda c. Tim bersangkutan dianggap kalah d. Pertandingan dianggap draw Jawaban : C 88. Gerakan bola hasil passing bawah dalam bola voli adalah… a. Menukik b. Lurus c. Melengkung d. Memantul Jawaban : D Simak Juga : Contoh Soal Bola Kasti Pilihan Ganda dan Jawaban 89.

Sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan poin disebut a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : D 90. Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan. a. Smash b. Blocking c.

Passing atas d. Passing bawah Jawaban : D 91. Teknik blok dapat dibagi menjadi a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 Jawaban : A 92. Membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih disebut a. Blok tunggal b. Blok ganda c. Blok atas servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga. Blok bawah Jawaban : B 93. Membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain a. Blok tunggal b. Blok atas c. Blok ganda d. Blok bawah Jawaban : A 94. Sikap memblok yang benar adalah kecuali a.

Jongkok, bersiap untuk melompat b. Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas c. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir d. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga Jawaban : D 95. Teknik yang dilakukan untuk memulainya pertandingan pada pertandingan bola voli disebut a. Smash b. Passing c. Blok d. Service Jawaban : D
tirto.id - Servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan (serangan pertama) karena dilakukan untuk mengawali setiap reli atau memulai sebuah permainan.

Terdapat 3 macam servis dalam permainan voli, yaitu servis atas, servis bawah, dan servis atas dengan melompat. Pengertian Servis dalam Bola Voli Menurut kamus Fédération Internationale de Volleyball (FIVB), servis menjadi tanda dimulainya setiap reli.

Seorang pemain harus memukul bola dengan tangannya sehingga bola meluncur di atas net untuk mendarat di dalam garis lapangan tim lawan. Terdapat berbagai pendapat tentang arti servis dalam bola voli. Jika dilihat dari posisi pemain yang melakukannya, servis dapat dimaknai sebagai upaya memasukkan bola ke daerah lawan oleh pemain kanan belakang yang berada di daerah servis, dengan cara memukul bola dengan satu tangan.

Dari fungsinya, servis adalah modal bagai tim menyerang untuk dapat memperoleh nilai atau poin. Pasalnya, tim bertahan harus mengembalikan bola servis dari tim yang menyerang. Jika gagal, poin jadi milik tim menyerang. Dalam melakukan servis, pemain dapat menggunakan servis bawah ( underhand) atau servis atas ( overhand).

Servis yang populer adalah servis sambil melompat di udara ( jump service). Sebaliknya, jarang dijumpai dalam permainan bola voli level elite ada pemain yang melakukan servis bawah.

Teknik Servis Bawah dalam Bola Voli Servis bawah adalah servis yang paling mudah dalam bola voli. Namun, servis jenis ini juga yang paling mudah diterima oleh tim lawan. Cara melakukan servis bawah adalah dengan memukul bola dari ketinggian sekitar pinggang pemain yang bertugas menjalankan servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga.

Bola terlebih dahulu diletakkan di tangan yang tidak dipakai untuk memukul bola. Setelahnya, tangan yang dipakai untuk memukul diayun dari posisi belakang badan, dengan posisi ayunan tangan di bawah. Teknik Servis Atas dalam Bola Voli Servis atas dilakukan dengan cara memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.

Gerakan servis ini diawali dengan melambungkan bola di atas kepala, lalu memukulnya dengan ayunan tangan dari atas.

Teknik Jump Service dalam Bola Voli Servis dengan cara melompat (jump service) dilakukan dengan melemparkan bola ke atas. Setelah itu, pemain yang bertugas melakukan servis berancang-ancang dan melompat, untuk kemudian memukul bola sekuat tenaga dalam keadaan tersebut. Servis jenis ini cukup mematikan bagi tim lawan. Baca juga: Daftar Cabor Paralimpiade Tokyo 2020: Voli Duduk hingga Tenis Meja Peraturan Kegagalan Servis dalam Bola Voli Setiap pemain hanya mendapat satu kesempatan untuk melakukan servis.

Sebagai catatan, servis akan tetap sah meski menyentuh net, asal berlanjut ke lapangan lawan. Sebelum peraturan soal sahnya servis yang menyentuh net dan berguli ke areal lawan ini diterapkan FIVB, semua servis yang mengenai net berarti mengakhiri reli sehingga poin diberikan kepada tim bertahan. Saat tim yang melakukan servis (tim menyerang) kalah reli, maka mereka kehilangan hak untuk melakukan servis.

Tim lawan (tim bertahan) juga mendapatkan keuntungan dengan poin yang diberikan kepada mereka. Infografik SC Jenis Servis Voli. tirto.id/Tino Taktik Servis dalam Bola Voli Agar servis dapat menghasilkan poin bagi tim menyerang, menurut M. Yunus (1992:138) dalam Olahraga Pilihan Bola Voli terdapat berbagai taktik yang dapat diterapkan sebagai berikut.

Pertama, arahkan servis kepada lawan yang kemampuan passingnya lemah. Dengan demikian, ketika pemain tersebut menerima servis, ia akan kesulitan memberikan umpan kepada rekan setimnya untuk mengembalikan bola ke net tim menyerang.

Kedua, arahkan servis ke daerah yang kosong. Dengan cara ini, para pemain lawan akan bergerak menyongsong bola dari posisi asal mereka, sehingga ada kemungkinan terlambat menyambut bola. Cara lainnya adalah dengan servis ke arah ruang di antara 2 pemain lawan sehingga mereka gagap menyongsong bola. Ketiga, arahkan servis ke sudut lapangan bagian belakang tim bertahan, sehingga para pemain lawan agar lawan sulit mengarahkan bola kepada pengumpan.

Keempat, lakukan servis dengan teknik yang berbeda-beda, agar dapat merusak irama permainan lawan sekaligus membuat lawan tidak dapat memprediksi servis apa yang dipakai berikutnya. Kelima, arahkan servis kepada pemain tim bertahan yang terlihat tidak siap, misalnya pemain yang baru saja membuat kesalahan, atau pemain pengganti yang baru saja masuk.
Teknik merupakan suatu upaya pelaksanaan suatu gerak secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam setiap permainan, pengenalan teknik sangat penting.

Alasannya, teknik merupakan kunci keberhasilan suatu permainan. Permainan akan mengalami ketidakseimbangan jika para pemain tidak menguasai teknik dasar permainan. Sementara itu, teknik dasar permainan bola voli adalah cara memainkan bola voli secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang optimal. Dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar. Teknik tersebut harus dikuasai oleh setiap pemain.

Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli. a. Servis Servis adalah pukulan permulaan suatu permainan.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Namun dari segi taktik, servis merupakan suatu serangan awal. Hal tersebut didukung oleh teknik servis yang dapat langsung mematikan lawan. Servis terdiri atas tiga macam, sebagai berikut. 1) Servis dengan ayunan lengan dari bawah Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga underhand service.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap ke lapangan, salah satu kaki di depan, dan salah satu tangan memegang bola di depan badan dengan sikut ditekuk. b) Lambungkan bola yang dipegang setinggi pundak, bersamaan dengan ayunan lurus tangan yang lain ke belakang. c) Perhitungkan waktu perkenaan bola dan tangan. d) Ayunkan tangan lurus ke depan dan pergelangan tangan ditegangkan. e) Perkenaan tangan pada bagian belakang bawah bola.

f) Setelah memukul, pindahkan berat badan ke depan. Caranya dengan melangkahkan kaki belakang dan segera masuk kelapangan. 2) Servis dengan ayunan lengan dari samping Servis dengan ayunan tangan dari samping disebut juga slider floating overhand. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menyamping arah servis, kedua kaki sejajar, salah satu tangan memegang bola, dan tangan untuk memukul dalam posisi menggenggam. b) Lambungkan bola setinggi bahu, ayun lengan pukul dengan gerak melingkar ke arah bola samping.

c) Perkenaan tangan dan bola berada di depan pundak lengan yang memegang bola. Keadaan lengan tetap lurus. d) Setelah melakukan pukulan, gerakan lengan dibawa lurus ke depan, berat badan dipindahkan ke depan, dan segera memasuki lapangan.

3) Servis dengan ayunan lengan dari atas Servis dengan ayunan tangan dari atas disebut juga floating overhand serve. Cara melakukannya sebagai berikut. a) Berdiri menghadap arah pukulan, salah satu kaki di depan, bola dipegang sesuai kaki depan, tangan yang lain lurus ke atas.

b) Lambungkan bola ke atas-depan kepala, tangan yang memukul bola dilecutkan dari bagian servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga kepala.

Bola dipukul pada bagian tengah-belakang bola. c) Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah bola dan segera masuk ke lapangan. 4) Latihan servis Servis dilakukan dengan tangan. Oleh karena itu, kekuatan tangan sangat diperlukan. Berikut cara melakukan latihan kekuatan lengan dan teknik melakukan servis. a) Mengayun bola dari bawah Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

(1) Berdiri di belakang garis serang, menghadap ke net. (2) Ayunkan bola dari samping badan, kemudian lemparkan. (3) Lakukan secara berulang. b) Melempar bola melalui atas kepala Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Berdiri di belakang garis serang, tubuh menghadap ke net. (2) Lemparkan bola melalui atas kepala dengan tangan lurus. Lemparan harus melintasi net. (3) Lakukan secara berulang. c) Menservis bola Latihan ini dapat dilakukan untuk latihan servis dari bawah, samping, dan atas.

Berikut akan diuraikan latihan servis dari bawah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Lakukan teknik servis dari bawah di belakang garis serang hingga melintasi net. (2) Lakukan secara berulang. (3) Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga lancar lakukan servis dari bawah dengan tambahan jarak. (4) Penambahan jarak dilakukan secara bertahap hingga servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga dapat melakukannya dari belakang garis servis.

b. Passing Passing adalah teknik mengoperkan bola kepada teman satu tim. Passing merupakan langkah awal penyusunan serangan kepada lawan. Teknik passing terdiri atas dua, yaitu passing atas dan passing bawah. 1) Passing atas Passing atas dilakukan ketika mengoperkan bola tinggi. Selain itu, passing atas dapat digunakan untuk teknik mengumpan. Berikut cara melakukan passing atas. a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, kedua kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki di depan, lutut agak ditekuk.

b) Kedua tangan diangkat di depan-atas dahi, jari-jari tangan menghadap ke atas membentuk cekungan. c) Ketika bola tepat berada di depan-atas dahi, lakukan gerakan mendorong sampai sikut lurus. Perkenaan bola pada ruas jari pertama dan kedua.

Dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan untuk menghasilkan gerakan memantul. d) Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan hingga sikut agak lurus, pindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan, dan kembali dalam posisi siap.

Untuk memudahkanmu melakukan passing atas, lakukan beberapa latihan berikut. Lakukan dengan sungguh-sungguh. a) Melambungkan bola dengan dua tangan Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan badan dengan dua tangan. (2) Lambungkan bola di depan badan, kemudian tangkap kembali dengan dua telapak tangan di atas dahi.

(3) Lakukan latihan selama 30 detik, kemudian hitung lambungan yang kalian peroleh. b) Mem-passing atas bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan-atas dahi dengan dua tangan, telapak tangan menghadap ke atas. (2) Passing-kan bola ke atas. (3) Lambungan harus lurus ke atas dan dapat diterima kembali dengan kedua tangan.

(4) Lakukan secara berulang. 2) Passing bawah Passing bawah biasanya dilakukan untuk mengoper bola-bola pendek. Berikut cara melakukan teknik passing bawah.

a) Berdiri menghadap arah datangnya bola, salah satu kaki di depan, kedua lutut ditekuk, dan badan agak dicondongkan ke depan.

b) Kedua tangan saling berpegangan, salah satu punggung telapak tangan berada pada telapak tangan yang lain. c) Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan dari bawah, sumbu gerakan dari persendian bahu, dan sikut lurus. d) Perkenaan bola pada bagian atas pergelangan tangan. e) Setelah melakukan gerak operan, langkahkan kaki belakang ke depan untuk mengambil posisi siap. Passing bawah merupakan teknik yang sangat dominan saat permainan bola voli.

Oleh karena itu, teknik ini harus dikuasai. Berikut beberapa latihan teknik passing bawah. a) Passing bawah di tempat Cara melakukannya sebagai berikut. (1) Buatlah lingkaran dengan diameter 1,5 meter dan kamu masuk pada lingkaran tersebut. (2) Lakukan teknik passing bawah. (3) Latihan dilakukan di dalam lingkaran, upayakan supaya kamu dan bola tidak keluar dari lingkaran. b) Passing bawah sambil berjalan ke depan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. (1) Lakukan teknik passing bawah sambil berjalan ke depan.

(2) Lakukan pada jarak 5 meter. (3) Upayakan bola tidak terpisah. (4) Lakukan latihan secara berulang. c.

servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga

Smash Smash adalah serangan utama berupa pukulan keras ke daerah lawan. Teknik ini bertujuan untuk memenangkan pertandingan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan smash, yaitu langkah awalan, tolakan, saat memukul bola, dan pendaratan. Berikut cara melakukan teknik smash. 1) Berdiri serong 45 derajat dengan jarak 3-4 meter dari net. 2) Lakukan dua langkah biasa ke depan. Pada langkah kedua diperlebar, kemudian kaki dirapatkan.

3) Setelah kaki dirapatkan, lakukan gerakan meloncat sambil melecutkan tangan yang akan memukul ke atas-belakang kepala, kemudian lakukan gerak memukul. 4) Pukulan dilakukan pada titik tertinggi loncatan. 5) Setelah memukul, lakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut harus mengeper untuk menjaga keseimbangan. Kemudian, kembali ke posisi siap.

Biasanya, teknik smash merupakan teknik yang dapat mengumpulkan angka terbanyak. Hal tersebut dikarenakan hasil pukulan smash sangat keras, sehingga dapat dengan cepat mematikan lawan.

Berikut cara melatih teknik smash. 1) Memukul tanpa bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Berdiri di belakang garis serang. b) Lakukan awalan dua langkah. c) Lakukan tolakan dan lompatan setinggi mungkin. d) Lakukan secara berulang. 2) Memukul bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Satu orang berdiri di samping net sebagai pelambung bola.

b) Pemain yang men-smash bola yang dilempar dengan teknik yang benar. c) Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang. d. Blocking Blocking atau membendung bola merupakan upaya pertahanan serangan yang dilakukan suatu tim dari serangan keras lawan.

Keberhasilan teknik block bergantung pada upaya blocker membaca arah serangan lawan. Berikut cara melakukan teknik membendung bola. 1) Berdiri menghadap net, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk, kedua tangan bersiap di depan dada, dan pandangan memerhatikan arah datangnya bola.

2) Tolakkan kedua kaki sambil meluruskan kedua tangan lurus ke atas. 3) Sikap kedua tangan lurus, jari-jari tangan direnggangkan, dan kedua telapak tangan aktif mengikuti arah pukulan lawan. 4) Pendaratan dilakukan dengan kaki mengeper dan kembali siap ke posisi semula. Blocking merupakan salah satu teknik pertahanan.

Teknik ini dilakukan dengan menutup datangnya bola di atas net. Berikut cara melakukan latihan membendung bola. 1) Melompat di depan net Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a) Berdiri satu langkah di belakang net. b) Kedua tangan diluruskan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan. c) Lakukan lompatan sepanjang net. d) Lakukan secara berulang. 2) Membendung bola yang dilempar Cara melakukannya adalah sebagai berikut. a) Cara melakukannya sama servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga latihan sebelumnya.

b) Terdapat satu orang pelempar bola dari seberang net. c) Lakukan secara berulang-ulang. MANFAAT PERMAINAN BOLA VOLI Manfaat Permainan Bola Voli bagi kesehatan Permainan bola voli adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa wanita maupun pria.

Dengan bermain bola voli akan berkembang secara baik unsur-unsur daya pikir kemampuan dan perasaan. Di samping itu kepribadian juga dapat berkembang dengan baik terutama kontrol pribadi, disiplin, kerjasama, dan rasa tanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya. Manfaat lain dari bermain bola voli adalah melatih kerja sama, kecepatan bergerak, lompatan yang tinggi untuk mengatasi bola di atas net (smash dan block) dan membentuk kreatifitas.

Selain itu, karena voli merupakan salah satu bentuk olahraga, maka manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan adalah : - Meningkatkan kisaran gerak - Meningkatkan stamina - Melepaskan kecemasan - Meredakan kinerja seksual - Mencegah servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga - Memperbaiki ketajaman mental - Memperbaiki konsentrasi - SEJARAH BOLA VOLLY Permainan Bola voli diciptakan oleh William G.

Morgan pada tahun 1895. Dia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Assosiation ( YMCA ) dikota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Nama permainan semula ”Mintonette”, dimana permainannya hampir serupa dengan permainan bulu tangkis( badminton ). Jumlah pemain disini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh disamping bersenam umum.

William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olahraga yang dipertandingkan. Nama permainan kemudian dirubah menjadi ”Volley-Ball” yang artinya kurang lebih memvolley bola berganti-ganti. Perkembangan permainan bola voli pada waktu itu di Amerika sangat cepat berkat usaha William G. Morgan. Tahun 1922 Y.M.C.A. berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli dinegara Amerika Serikat. Pada saat Perang Dunia I tentara-tentara sekutu menyebarluas

Kelas 5 - Gerak Berirama (Kombinasi gerak langkah silang dengan ayunan tangan ke samping)




2022 www.videocon.com