Posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

jawaban: Dalam gerakan kombinasi gerak jalan, lari, dan lompat ini gerakan meloncat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: Ketika habis batas lari, kemudian kedua kaki ditolakkan ke lantai. Ketika badan terdorong di udara atau sedang melayang posisi kaki sedikit ditarik dengan menekuk lutut.

Penjelasan: semoga bisa membantu:) jawaban: jawaban: Langkahkan kaki kiri ke depan (arah sasaran) dan bersamaan dengan ayunan lengan tangan kanan ke belakang, posisi lengan atas (siku) 90° ke atas.Pinggang diputar ke belakang (arah tangan yang memegang bola), kemudian mulailah dengan gerakan melempar.Ayunkan lengan ke depan, sementara itu putarkan pinggang ke depan dan pindahkan berat badan ke kaki depan.Pada saat bola lepas, diikuti oleh lecutan pergelangan tangan, gerakan lecutan dan memindahkan berat badan ke depan Ini akan menambah kekuatan lemparan dan control lebih baik.Sebagai gerak lanjut (follow through), langkahkan kaki belakang (kaki kanan) ke depan hingga dalam posisi dan sikap untuk menangkap bola (fielding positif) jawaban: Penjelasan: 1.Kanan 2.batang bambu atau kayu yg seperti lingkaran 3.Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah senam dengan gerakan yang mengikuti irama yang berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik dan lain sebagainya.

4.ola irama merupakan satu kesatuan dengan irama dalam musik. … Pola irama adalah pengulangan irama secara terus menerus dan teratur dalam sebuah musik 5.Wiraga(raga) Wirama (irama) Wirasa (rasa) … Tata Rias dan Kostum. … Pola Lantai. 6.2. Jongkok dengan Satu Kaki dan Kaki yang Lain Lurus ke Depan Cara melakukan sebagai berikut. a. Posisi awal, jongkok dengan kedua tangan di pinggang. b. Kaki kanan diluruskan ke depan, kemudian ditahan selama 2 × 8 hitungan. c. Gerakan ini dilakukan secara bergantian dengan kaki yang lain.

Sumber: Dokumen Penerbit Gambar 6.2 Berdiri jongkok dengan tangan di pinggang salah satu kaki diluruskan ke depan. Untuk dapat melakukan latihan keseimbangan diperlukan kekuatan otot kaki, tangan, dan pantat serta diperlukan ketenangan 7.Manfaat gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun adalah UNTUK MELATIH KESEIMBANGAN, KECEPATAN, DAN KELENTURAN TUBUH.

8.Warna primer terdiri atas warna merah, biru dan kuning. Disebut primer karena tidak dapat dihasilkan dari campuran warna-warna lainnya. Warna sekunder diperoleh dengan mencampur 2 warna primer yaitu: Kuning + merah = orange. 9.Dinamika gerak tari 10. bola, tali, pita, dan gada. Maaf kalo salh:) Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas523177026 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas523906401 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas12615192 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas8407186 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas523186845 • Sikap awal saat melakukan kombinasi gerak mengayun lengan membungkuk dan menekuk lutut adalah • Jelaskan cara melakukan kombinasi gerak melangkah dan mengayun kedua lengan ke atas • Setiap gerak mengayun dan melangkah diikuti dengan gerak lutut • Bagaimana caranya melakukan kombinasi gerak berjalan mengayun tangan dan memukul bola • Arah pandangan saat melakukan kombinasi gerak mengayun lengan dan menekuk lutut adalah • Bagaimana posisi tangan saat melakukan gerakan kombinasi berjalan meliuk dan mengayun • Sikap akhir saat melakukan gerakan mengayun dua lengan ke depan dan belakang adalah • Sikap awal melakukan gerak langkah dan ayunan dua lengan ke samping adalah • Cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan menekuk dan mengayun menggunakan tongkat berpita • Bagaimana cara melakukan gerak kombinasi berjalan menekuk dan mengayun menggunakan tongkat berpita • Kombinasi gerak berjalan berlari dan melompat termasuk kombinasi gerak • Posisi kaki saat melakukan kombinasi mengayun lengan dan meliukkan badan yaitu • Sikap dasar untuk melangkah dan memasang kuda kuda adalah sikap • Kombinasi gerak langkah samping dan ayunan dua lengan dari samping ke atas diawali dengan sikap • Kombinasi gerakan berjalan meliuk dan mengayun dilakukan dengan posisi awal • Sikap awal saat melakukan lompat katak kedua tangan • Kombinasi gerak berjalan menekuk dan mengayun dapat menggunakan alat berupa • Sikap awal melakukan variasi memutar lengan atas bawah dengan kombinasi langkah kaki silang adalah • Sikap awal ketika melakukan gerak langkah biasa dan tegak adalah • Bentuk kombinasi gerak mengayun lengan ke samping di depan badan adalah
60 Gemar Berolahraga SD 3 B.

Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun, dan Meliuk Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan disebut gerak nonlokomotor.

Gerak nonlokomotor adalah gerak di tempat. Gerakan ini dapat dilakukan dalam latihan sebagai berikut. 1. Gerak Memutar Lengan dan Menekuk Lutut Gerakan ini menirukan burung terbang.

Caranya berdiri kaki rapat. Tangan diayun ke atas dan ke bawah. K aki ditekuk dan diluruskan sesuai gerakan tangan. Gerakan bisa dilakukan dengan jongkok menirukan burung hinggap. Berpikir Kritis Lakukan permainan tebak-tebakan untuk membedakan gerakan lokomotor bersama teman sekelompokmu. Mintalah temanmu melakukan suatu gerakan dan tebaklah gerakan tersebut berdasarkan jenisnya.

Lakukan bergantian. Teman yang paling banyak menebak secara betul menang. Perkembangan IPTEK Penjasorkes Olimpiade Olahraga Siswa Tingkat Nasional O2SN diselenggarakan setiap tahun oleh telah Depdiknas. Tujuannya mengembangkan kreativitas siswa di bidang olahraga dan membentuk sikap, sportif, mau bekerja sama, dan menghargai prestasi orang lain. Kegiatan O2SN ini diikuti siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dari 33 provinsi. Cabang yang dipertandingkan adalah bola basket putraputri, bola voli putraputri, dan futsal.

Sumber:www.koni.or.idindex.phpsectionthe_gameseventLainnyagames Olimpiade_Olahraga_Siswa_Tingkat_Nasional_O2SN_2009id25 Gambar 6.15 Memutar lengan dan menekuk lutut Gerak Dasar dalam Permainan Sederhana 61 2. Mengayun Lengan dan Menekuk Pinggang Gerakan mengayun lengan ini disebut gerak baling-baling.

Sebab gerakannya menirukan baling-baling pesawat terbang. Caranya siswa membungkuk kemudian sentuhkan tangan kanan pada telapak kaki kiri. Tangan kanan lurus ke atas. Lakukan ke arah sebaliknya. 3. Meliukkan Badan Gerakan meliuk dilakukan memutar sendi pinggang.

Posisi awal berdiri. Kedua tangan direntangkan ke atas. Badan diliukkan ke kanan dan kiri.Lakukan berulang-ulang. 4. Kombinasi Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun, dan Meliukkan Badan Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan dapat dilakukan dengan mempraktikkan gerakan lempar cakram.

Berdiri menyamping, arah lemparan dan tangan kanan lurus ke belakang dengan kedua lutut direndahkan. Ayunkan kembali lengan kanan ke depan atas dengan kedua lutut naik. Ayunkan cakram ke belakang disertai kedua lutut merendah. Ayunkan kembali ke depan atas bersamaan dengan dorongan tangan ke depan.

Gambar 6.16 Gerak baling-baling Gambar 6.17 Meliukkan badan 62 Gemar Berolahraga SD 3 C. Gerak Dasar Memvoli, Memantulkan, Menendang, dan Mengontrol Bola Parts » Gemar Berolahraga 3 Kelas 3 Eko Harsono Muh Marlin 2010 » Gerak Jalan Gerak Dasar Lari » Berjalan dengan Tangan di Meja Berjalan dengan Tangan di Tanah Mengangkat dan Menurunkan Badan Push Up Bergantung pada Palang Pull Up Gerakan Mendorong Tongkat Berpasangan Permainan Babi Bulan » Gerakan I Gerakan II Gerakan III Gerakan IV » Jenis-Jenis Pakaian Cara Menjaga Kebersihan Pakaian » Kebutuhan Tidur Mengenal Kebutuhan Tidur dan Istirahat » Gerak Dasar Jalan Gerak Dasar Lari » Gerak Memutar Lengan dan Menekuk Lutut Mengayun Lengan dan Menekuk Pinggang Meliukkan Badan Kombinasi Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun, dan Meliukkan Badan » Gerakan Memvoli Memantul dan Menangkap Bola Memantulkan Bola Baket Menggiring dan Menendang Bola » Peregangan Dinamis Peregangan Statis » Guling ke Depan Guling ke Belakang Meroda Kombinasi Gerak Berguling » Gerakan I Senam Ir Senam Ir » Gerakan II Gerakan III Gerakan IV Gerakan V Gerakan VI » Pengertian Tujuan Kegiatan Mencari Jejak Pemilihan Waktu dan Tempat Perencanaan Kegiatan » Pembagian Tugas Sandi Dan Tanda dalam Penjelajahan » Tempat Aman untuk Bermain » Penyakit Diare Bahaya Penyakit Diare, Demam Berdarah, dan Influenza Show more none
Pada materi sebelumnya, kamu sudah mempelajari gerak langkah kaki dan ayunan lengan.

Selanjutnya, kamu diajak mempraktikkan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan dalam senam irama. Untuk mengawali pembelajaran ini, berdoalah sesuai agama yang dianut. Bersikaplah disiplin saat melakukan kombinasi gerak langkah dan ayunan lengan. Terdapat tiga kombinasi yang dapat dipraktikkan, berikut ini ketiga kombinasi dasar langkah dan ayunan lengan : Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam senam irama Pada gambar, tampak anak mempraktikkan gerak langkah ke depan.

Gerakan ini dikombinasikan dengan ayunan lengan di samping badan. Gerakannya diawali dengan berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan. Selanjutnya, melangkah ke depan dari garis A ke garis B sejauh 5 meter. Kaki kiri melangkah ke depan dikombinasikan ayunan lengan kanan. Lengan kanan diayunkan di samping badan.

Kaki kanan melangkah ke depan dikombinasikan ayunan lengan kiri. Lengan kiri diayunkan ke depan di samping badan. Lakukan gerakan secara berulang-ulang. 2. Kombinasi Gerak Langkah ke Depan dengan Ayunan Lengan dalam Dua Putaran Lengan Gerak langkah dan ayunan lengan dapat diikuti dengan putaran lengan. Bagaimana gerakannya? Amatilah gerakan seperti gambar diatas. Gerakan diawali dengan posisi berdiri tegak dan kedua lengan lurus ke depan. Kaki kiri dilangkahkan ke depan dua langkah.

Gerakan ini diikuti ayunan lengan ke depan dua putaran. Kemudian, kaki kanan dilangkahkan ke belakang dua langkah. Gerakan ini diikuti ayunan lengan ke belakang dua putaran. Posisi akhir, berdiri tegak menyamping dan kedua lengan lurus ke samping.

Lakukan gerakan berulang-ulang agar kamu makin terampil. 3. Kombinasi Gerak Langkah ke Samping dengan Ayunan Lengan Gerak langkah kaki ke samping dan ayunan lengan dapat dilakukan secara bersamaan. Gerakan ini dikombinasikan dengan ayunan lengan ke samping dan atas.

Gerakannya diawali dengan sikap awal berdiri tegak menyamping. Kedua lengan lurus ke samping kanan. Kemudian, langkahkan kaki kiri menyamping dua langkah. Ayunkan dan putar kedua lengan ke samping kanan. Langkahkan kaki kanan menyamping dua langkah.

Ayunkan dan putar kedua lengan ke samping kiri. Posisi akhir, berdiri tegak menyamping dan kedua lengan lurus ke samping kanan. Lakukan gerakan secara berulang-ulang.

Dalam senam irama, ada banyak gerakan yang harus dilakukan secara cermat, teliti, dan sportif. Sikap ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar wawasanmu lebih luas, lakukan penelusuran internet untuk mencari informasi tentang senam irama.

Ingat, gunakan internet dengan tanggung jawab. Mintalah bantuan gurumu atau orang tua saat mengakses internet. Ringkaslah informasi yang ditemukan untuk digunakan sebagai sumber bacaan. Gerakan senam irama yang sederhana akan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama sesuai iringan musik. Musik daerah menjadi salah satu pilihan irama pengiring senam irama. Menggunakan musik daerah sebagai pengiring senam irama menunjukkan sikap kreatif dan menghargai kebudayaan daerah.

Itulah macam-macam Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam senam irama. Baca juga materi selanjutnya : Teknik Renang Gaya Dada Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
KOMPAS.com - Gerak langkah kaki dan ayunan lengan merupakan kunci utama dalam melakukan gerak berirama atau senam irama, selain kekuatan dan kelenturan tubuh.

Jika dua gerakan ini dikombinasikan maka akan menghasilkan gerak posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan atau senam irama posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan baik dan menampilkan keindahan.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada tiga gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan dalam gerak berirama.

Baca juga: Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama Berikut kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan: Kombinasi gerak melangkah dengan memutar kedua tangan Berikut adalah langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus ke depan. Posisi kaki kanan dan kiri sejajar. • Rentangkan kedua tangan lurus ke depan.

• Kaki kanan melangkah ke depan dan lengan kiri diayunkan ke belakang. • Kaki kanan berada di depan kaki kiri dan posisi lengan kiri kembali lurus ke depan. • Kaki kiri melangkah ke depan dan lengan kanan diayunkan ke belakang. • Kaki kiri berada di depan kaki kanan dan posisi lengan kanan kembali diluruskan ke depan. Kombinasi gerak melangkah maju dan mundur dengan ayunan kedua lengan Berikut posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus ke depan.

Posisi kaki kanan dan kiri sejajar. • Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. • Kaki kiri mundur dua langkah yang disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke belakang. • Kaki kanan maju dua langkah yang disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke depan. Kombinasi gerak melangkah ke kiri dan ke kanan dengan ayunan kedua lengan Berikut adalah langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus ke depan.

Posisi kaki kanan dan kiri sejajar. • Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. • Kaki kiri melangkah ke samping kiri disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke samping kanan, • Kaki kanan melangkah ke samping kanan disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke samping kiri.Senam irama atau aktivitas gerak berirama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama.

Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan sebagainya.

Tekanan yang harus diberikan pada senam irama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan. Senam irama diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Pada tahun 1916, sistem ini digantikan sistem Swedia. Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema. Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 menyebabkan senam tersebut diganti oleh “Taiso”.

Taiso adalah sejenis senam pagi yang harus dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai. Senam irama termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) Mudah diikuti, (2) Tidak membutuhkan biaya yang mahal, (3) Diiringi musik atau nyanyian, (4) Melibatkan banyak peserta, dan (5) Bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

A. Gerak Langkah Kaki Berirama Bentuk-bentuk gerakan langkah kaki antara lain sebagai berikut: 1. Gerakan Langkah Biasa Amati dan peragakan gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama berikut ini.

a.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan. c.

Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit. d. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian 2. Gerakan Langkah Rapat Amati dan peragakan gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri. c. Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan.

d. Lanjutkan kedua kaki rapat. 3. Gerakan Langkah Keseimbangan Amati dan peragakan gerakan langkah keseimbangan aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan. c. Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan. d. Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat. 4. Gerakan Langkah Depan Amati dan peragakan gerakan langkah depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Berdiri dengan sikap anjur kiri. b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. c. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).

d. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri. 5. Gerakan Langkah Silang Amati dan peragakan gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Berdiri dengan sikap anjur kiri. b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. c. Kruispas dapat pula dilakukan ke belakang. d. Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4. B. Gerakan Ayunan Lengan Bentuk-bentuk gerakan ayunan lengan antara lain sebagai berikut: 1.

Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Depan Belakang Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan.

b. Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper. c. Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke depan. d.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Hitungan 3-4: sama dengan hitungan 1 – 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan. e. Lakukan Pembelajaran ini 6 x 4 hitungan dengan irama 4/4 2. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper. c. Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke depan. d. Hitungan 3-4, lengan kanan melakukan gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2. 3. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping Bersamaan Dengan Memindahkan Berat Badan Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan. b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke kiri. c. Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper. d. Hitungan 3: ayunkan lengan kanan kembali ke kanan. e. Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan memindahkan berat badan ke kanan, kedua lutut mengeper. 4. Gerakan Ayunan Dua Lengan Ke Depan Belakang Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan. b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang. c. Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan. d. Hitungan 3-4, putar kedua lengan melalui bawah di samping badan. e. Hitungan 5,6,7,8: Pembelajaran sama dengan Pembelajaran 1,2,3,4, tetapi arahnya berlawanan. 5. Gerakan Ayunan Dua Lengan Silang Di Depan Badan Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan silang di depan di muka badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

a. Sikap permulaan tegakkan kaki kiri ke samping kiri, kedua tangan direntangkan. b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan silang di depan badan. c. Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali.

d. Hitungan 3: ayunkan kedua lengan silang di belakang badan. e. Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali. f. Hitungan 5,6,7,8, diulang gerakan hitungan 1,2,3, dan 4. 6. Variasi Gerakan Langkah Ke Depan dan Gerakan Tangan ke Atas Amati dan peragakan gerakan langkah kaki ke depan dan gerakan tangan ke atas pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

1) Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

2) Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas. 3) Hitungan 2: pindahkan berat badan ke belakang sambil membungkukkan badan ke depan, ujung tangan ke bawah.

4) Hitungan 3, tegak kembali. 5) Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedua lengan kembali ke sikap semula. 6) Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kaki kiri. C.

Kombinasi Gerakan Langkah Kaki dan Gerakan Ayunan Lengan Senam irama adalah gerakan senam yang disesuaikan dengan irama yang mengiringinya. Dalam senam irama, gerakan senam dilakukan dengan mengikuti irama. 1. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Belakang dan Ke Depan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayunkan kebelakang 2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayunkan ke depan. 3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayunkan ke belakang. 4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayunkan ke depan 5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 2. Gerakan Ayunan Dua Lengan ke Belakang dan ke Depan. Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan. 4) Hitungan 4 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan.

5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 3. Gerakan Ayunan Lengan Silang dan Rentang di Depan Badan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan silang dan rentang di depan badan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan disilangkan di depan dada.

2) Hitungan 2 : Kedua lengan terentang setinggi bahu. 3) Hitungan 3 : Arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 4.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Gerakan Ayunan Lengan Melingkar Di Atas Kepala Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan melingkar di atas kepala aktivitas gerak berirama berikut ini. posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan.

Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala. 2) Hitungan 2 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala. 4) Hitungan 4 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan. 5) Pandangan mengikuti gerakan lengan.

c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 5. Gerakan Ayunan Satu Lengan Horizontal ke Kiri dan ke Kanan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan b.

Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayun ke kanan di depan badan. 2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula). 3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayun ke kiri di depan badan. 4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula) 5) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.

c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 6. Gerakan Ayunan Kedua Lengan Ditarik Ke Dada Dan Didorong Ke Depan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diluruskan di depan dada. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan ditarik di depan dada.

3) Hitungan 3 : Kedua lengan didorong ke depan (sikap semula) 4) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 7. Gerakan Ayunan Dua Tangan Setinggi Bahu Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua tangan setinggi bahu aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kiri. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan ke kanan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.

4) Hitungan 4 : Kedua lengan lurus ke samping kiri. 5) Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula 8. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Kaki Kanan dan Kiri Secara Bergantian Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke kaki kanan dan kiri secara bergantian aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan membungkuk. 2) Hitungan 2 : Tangan kembali diayun ke sikap semula. 3) Gerakan dilakukan bergantian dengan tangan kiri. c.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Sikap akhir Kembali ke sikap semula.
KOMPAS.com - Senam irama adalah gerakan yang dilakukan dengan latar musik sebagai pengiringnya. Senam irama memiliki unsur-unsur yang harus dikuasai, seperti ketepatan, keseimbangan, dan lainnya. Senam irama bisa dilakukan perseorangan atau kelompok.

Gerakan pada senam irama memiliki koreografi yang memiliki tema akrobatik, balet, maupun tari modern. Berdasarkan situs resmi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat empat gerakan dasar ayunan lengan dan tangan pada senam irama atau gerak berirama. Berikut penjelasannya: Gerak ayunan satu lengan dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan dari belakang: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan. • Lengan kiri diayunkan ke belakang. Pandangan mata mengikuti gerak lengan kiri.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Posisi tangan kanan tetap lurus ke depan. • Lengan kiri kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Lengan kanan diayunkan ke belakang. Pandangan mata mengikuti gerak lengan kanan. Posisi tangan kiri tetap lurus ke depan. • Lengan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). Baca juga: Rangkaian Gerak Guling Depan dan Guling Belakang dalam Senam Lantai Gerak ayunan dua tangan dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan dua tangan dari belakang ke depan: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan. • Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kiri. Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. • Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kanan.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. • Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). Gerak ayunan tangan secara silang Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan secara silang: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan lurus ke samping. • Kedua tangan ditekuk dan disilangkan di depan dada. Pandangan tetap fokus ke depan. • Kedua tangan direntangkan kembali ke samping.

Baca juga: Rangkaian Gerak Kayang dan Sikap Lilin dalam Senam Lantai Gerak ayunan satu lengan melingkar di atas kepala Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan melingkar: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan lurus ke depan. • Lengan kanan diayunkan secara melingkar di atas kepala.

posisi awal tangan saat melakukan kombinasi gerak menekuk dan mengayun adalah kedua tangan

Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan. • Kaki kanan dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kiri. • Posisi tangan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Lengan kiri diayunkan secara melingkar di atas kepala. Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan. • Kaki kiri dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kanan.

PJOK kls 3 kombinasi gerak berjalan,menekuk dan mengayun menggunakan alat simpai




2022 www.videocon.com