Menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

15. Menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa merupakan.

A. fungsi seorang kritikus. B. fungsi seorang kolektor. C. fungsi seorang seniman. D. fungsi seorang kurator. E. fungsi pengunjung pameran Jawaban: Menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa merupakan. D. fungsi seorang kurator. Pembahasan: Dalam pameran biasanya terdapat seorang kurator yang melakukan kurasi atau penilaian terhadap karya seni di pameran.

Fungsi seorang kurator antara lain menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, di samping menunjukkan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis, desain, atau kria.

Sehingga pengunjung mendapatkan bahan banding untuk mengapresiasi karya seni yang dipamerkan tersebut. Seorang kurator bekerja dibawah museum atau institusi seni, dan selai itu juga menawarkan jasanya untuk menilai karya seni pada para kolektor.

Kolektor adalah orang yang memiliki kegemaran atau hobi untuk mengkoleksi karya seni. Mereka sering kali bersedia mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan karya seni yang diminatinya. Seorang kurator berbeda dengan kritikus. Kritikus bekerja setelah suatu pameran seni dilangsungkan, dengan menilai karya seni yang dipamerkan. Kritikus biasanya akan menulis kritik seni terhadap karya terebut.

Sementara itu seorang kurator bekerja bersama seniman, pihak penyelenggara, dan penyandang dana pameran karya seni, dalam mempersiapkan pameran, termasuk di antaranya memilih dan memilah karya-karya seni apa yang akan dipamerkan. Dalam hal ini kurator bertanggungjawab memastikan karya seni yang dipamerkan sesuai tema dan merupakan karya seni yang berkualitas. Kelas: X Mata pelajaran: Seni Materi: Seni Rupa Kata Kunci: Kurator, Kritikus, dan Kolektor Karya Seni Tutorial cara dapat saldo gratis langsung dapatkan segera [download Apk Snack Video di play store atau app store] [Login Menggunakan FB/no/line/google] [Pilih saya] [Lalu masuk ke bagian kiri atas ada muncul ikon koin] [Masukan kode 683 168 151 kalo tidak bisa coba yang dibawah ini] [802 343 615 atau] [500464059] [Jika berhasil mainkan 15 menit per hari] • Refleksi Diri 1.

Keragaman produk budi daya satwa harapan Indonesia dan di daerahmu sendiri. 2. Pemanfaatan sumber/referensi bacaan tentang evaluasi b … udi daya satwa harapan.3. Kesulitan yang dihadapi saat mencari informasi dan pengamatan.4. Pengalaman dalam membuat produk budi daya satwa harapan mulai dari perencanaan, persiapan, proses dan pemasaran/pemanfaatan produk hasil budi daya. 5. Pembelajaran yang didapatkan/dirasakan sebagai individu.​ Dua dari peribahasa ini, memiliki makna yang serupa.

Manakah itu? 1. Anda tidak dapat membuat dompet sutera dari kuping babi betina. 2. Orang yang men … curi telur akan mencuri sapi 3. Batu yang berguling tidak akan mengumpulkan lumut. 4. Anda tidak mungkin menghancurkan kapal yang sudah rusak.

5. Ini ketidakmungkinan yang terjadi.​ Pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Komunikasi pada pameran seni rupa, berarti, karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik, sehingga para pemirsa dapat mengamatinya dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilainilai seni yang dipamerkan.

Untuk dapat melakukan pameran seni rupa diperlukan pengetahuan tentangproses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. untuk mencapai penyelenggaraan pameran yang baik. A. Panitia Pameran Panitia pameran merupakan sebuah tim yang akan bekerja demi kesuksesan pameran. Biasanya dalam pameran diawali dengan pembentukan panitia. Pembentukan panitia sangat penting karena perlu adannya pembagian tugas dalam penyelenggaraan pameran.

Setiap seksi harus bertanggung jawab pada bidang tugas dan pekerjannya masing-masing, dan semua seksi harus berkoordinasi dengan ketua panitia. Ketua panitia adalah seseorang yang bertanggung jawab akan berhasil tidaknya penyelenggaraan pameran.

Struktur panitia yang sederhana terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan sejumlah seksi-Seksi: ada yang mengurusi materi pameran (seksi karya seni), kelompok kerja pemajangan karya (seksi display). Susunan panitia pameran yang sederhana dapat disusun dengan sebagai sususnan sebagai berikut. • Pembimbing : bertugas membimbing dan mengarahkan agar pameran dapat berjalan dengan baik.

Pembimbing biasanya berasal dari unsur guru, karena seorang pembimbing bertanggung jawab terhadap semuak kegiatan pameran. • Ketua panitia : bertanggung jawab atas penyelenggaraan pameran. • Wakil ketua : membantu ketua untuk memperlancar penyelenggaraan pameran.

• Sekertaris : bertugas menangani urusan adminitrasi. • Bendahara : menangani bidang keuangan. • Seksi Karya : bertugas menyeleksi karya yang akan di pamerkan. • Seksi display : bertugas memasang dan mengatur karya yang akan dipamerkan. • Seksi penjaga : bertugas menjaga karya sekaligus sebagai pemandu (guide).

Setelah panitia terbentuk, perlu diadakan musyawarah untuk menentukan jenis karya apa yang akan dipamerkan, apakah karya dua dimensi, seperti batik, tenun, iklan, atau karya seni tiga dimensi atau campuran keduannya. Setelah ditentukan jenis karya yang akan dipamerkan lalu seksi pengadaan karya mulai bekerja, yakni mengumpulkan karya yang akan dipamerkan. Penyelenggaraan pameran perlu dipilih waktu yang tepat agar banyak pengunjung yang datang ke pameran. Misalnya, pameran diselenggarakan pada akhir semester atau menjelang hari libur sekolah dan sudah tidak ada kegiatan belajar mengajar.

Tempat penyelenggaraan pameran dapat di lingkungan sekolah atau di luar sekolah, seperti di gedung serba guna, hotel, pendopo, kelurahan, atau kecamatan.

B. Proposal Pameran Inti dari proposal ialah latar belakang pameran, dasar acuan kegiatan pameran, tujuan pameran, hasil dan dampak pameran yang diharapkan, tema pameran, waktu dan tempat, tata tertib dan lain-lain.

Biasanya proposal dibuat untuk kepentingan mendapatkan ijin kegiatan, dari pihak sekolah/keamanan, pencarian sponsor, informasi bagi orang tua siswa, informasi bagi pers, dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra kerja penyelenggaraan pameran. Oleh karena itu kualitas penulisan dan tampilan suatu proposal pameran usahakan seoptimal mungkin, untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai kalangan. Proposal Kegiatan Seni Di Dekolah C.

Materi Pameran Materi pameran seni rupa di sekolah terdiri dari tiga sumber. • Pertama adalah koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik (seni lukis, desain, dan kria atau karya yang lain) yang dipilih oleh guru dan dikoleksi selama 1 semester. • Kedua, adalah karya-karya siswa yang dibuat atas kehendak sendiri, di luar tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

• Ketiga, adalah karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan (seni lukis, desain, kria, logo, animasi, dan lain-lain) baik dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional, yang pernah diraih oleh siswa yang sedang belajar efektif di sekolah yang mengadakan pameran.

Hendaknya materi pameran mencerminkan juga perkembangan kebudayaan masa kini, di mana karya-karya seni rupa telah menggunakan media dan teknologi baru, yang telah dipraktikkan oleh sebagian siswa, yakni seni di zaman elektronik.

Seperti computer art, video art, web art, vector art, digital painting, dan lain-lain, sehingga pengunjung pameran mendapatkan sajian yang baru dengan wawasan seni masa kini. Kurasi pameran biasanya ditulis kurator seni rupa, guru seni budaya (seni rupa), dan dapat pula ditulis oleh siswa yang berbakat menulis kritik seni. Penulisan menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah tentang koleksi materi pameran (seni lukis, seni grafis, desain, kria, dan lainlain) agar mudah dipahami oleh pengunjung pameran.

Baik dari aspek konseptual, aspek visual, aspek teknik artistik, aspek estetik, aspek fungsional, maupun aspek nilai seni, desain, atau kria yang dipamerkan. Fungsi seorang kurator antara lain menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, di samping menunjukkan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis, desain, atau kria.

Sehingga pengunjung mendapatkan bahan banding untuk mengapresiasi karya yang diamatinya. Artikel kurasi pameran dimuat dalam katalog pameran, sehingga isinya menjadi topik bahasan yang menarik dalam aktivitas diskusi yang dilaksanakan.

E. Aktivitas Diskusi Kegiatan diskusi diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan pameran. Tujuannya adalah pengembangan wawasan dan sikap apresiatif. Bagi pameris adalah ajang evaluatif (mendapatkan masukan dari peserta diskusi) dan sekaligus sebagai peluang menjelaskan gagasan dan tujuan seni yang diciptakannya, misalnya pertanggunggjawaban karya. Sebagai pembicara utama, biasanya dipilih pekritik seni rupa, atau tokoh lain yang dipandang layak karena keahliannya telah diakui ditengah masyarakat.

Pembicara menyampaikan makalah sebagai topik kajian diskusi (makalah dibagikan kepada semua peserta). Diskusi dipandu oleh moderator (yang berwawasan seni baik), bisa oleh siswa, perupa, atau guru seni budaya. Kegiatan diskusi dikelola olah panitia pameran, dan didokumentasikan dalam bentuk cacatan tertulis, audio, foto, video, atau film, sesuai kemampuan panitia pameran. Selain aktifitas diskusi seperti dijelaskan di atas pameran juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting. Fungsi diadakannya pameran seni rupa antara lain sebagai berikut: • Sebagai sarana pembelajaran untuk menanamkan kesadaran akan nilai-nilai keindahan pada karya seni.

• Sebagai sarana rekreasi dan hiburan. Dengan melihat pameran akan timbul rasa senang, segar, menghilangkan kejenuhan dan ketegangan batin dan fisik. • Sebagai sarana pencapaian prestasi.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Merupakan ajang berprestasi dan berkompetisi timbul pemikiran untuk berkarya yang baik. • Sebagai sarana apresiasi. Dengan melihat pameran seni maka akan muncul berbagai tanggapan berupa kritik, penilaian, sarana penghargaan, rangsangan seseorang untuk berbuat kreatif dalam berkarya seni dan berolah seni.
Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay berisikan materi soal SBK semester genap kelas 11 yang diambil dari Bab 1, "Pameran Karya Seni rupa", dengan 3 sub pokok bahasan, pameran seni rupa, menganalisa perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pameran karya seni rupa.

Selain itu, materi soal yang sama (Bab 1) telah admin publish dalam bentuk pilihan ganda, yang bisa anda mulai dari sini. Note: bagi anda yang masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, silahkan membaca tulisan seni budaya, disini. Berikut, soal essay SBK kelas xi semester genap beserta jawaban untuk siswa SMA/MA/MAK/SMK/Sederajat, dimulai dari pertanyaan pertama. 1. Apakah fungsi seorang creator? Jawaban: Fungsi seorang creator antara lain menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukkan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis, desain, atau kriya 2.

Apakah tujuan diadakannya pemeran? Jawaban: Pameran merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas yang melalui sebuah media karya seni 3. Apakah fungsi setiap seksi panitia pameran? Jawaban: Inti dari panitia pameran itu bahwa setiap seksi harus bertanggung jawab pada bidang tugas dan pekerjaannya masing-masing, dan semua seksi harus berkoordinasi dengan ketua panitia 4.

Apakah tugas pembimbing dalam panitia pameran? Jawaban: Pembimbing bertugas membimbing dan mengarahkan agar pameran dapat berjalan dengan baik. Pembimbing biasanya berasal dari unsur guru, karena seorang pembimbing bertanggung jawab terhadap semua kegiatan pameran 5.

Bagaimana sebaiknya penyelenggaraan pameran di sekolah? Jawaban: Penyelenggaraan pameran yang terdapat disekolah sebaiknya menyajikan sebuah materi pameran yang berisi hasil belajar siswa dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakulikuler atau menyajikan karya seni rupa dan seniman profesional yang dapat diapresiasi oleh warga sekolah Jawaban: Bahwa pameran sebagai salah satu bentuk pengujian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung.

Maka komunikasi ini adalah karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik, sehingga pengunjung dapat mengamatinya dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni.

Jawaban: Karakteristik seni rupa ditandai oleh sifat utama seni rupa adalah sebagia objek maupun wahana pengembangan kreativitas, bersifat terbuka dan bebas, mengakomidasi pembaharuan dan berbagai kecenderungan praktek seni rupa yang pluralistic serta dipengaruhi kondisi dan situasi sosial-publik dan budaya Pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung.

Makna komunikasi disini, berarti, karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik, sehingga para pemirsa dapat mengamatinya dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni yang dipamerkan. A.Panitia Pameran Untuk mencapai tujuan pameran kita perlu bekerjasama dan membagi tugas sesuai kebutuhan, dengan demikian volume perkerjaanlah yang akan menentukan jumlah dan susunan panitia.

Struktur dari kepanitiaan yang biasa ada dalam jenjang sekolah adalah terdiri dari ; KetuaSekretarisBendaharadan beberapa seksi-seksi seperti yang mengurusi materi pameranpembuatan katalogdesain dan layoutpembuatan labelSeksi sponsorSeksi dokumentasiSeksi perlengkapanserta Seksi acara. Untuk menjalankan tugas-tugas kepanitiaan, administrasi, rapat, dan kegiatan lainnya, diperlukan ruangan khusus sebagai kantor atau ruang kerja Panitia Pameran.

B.Proposal Pameran Inti dari proposal ialah latar belakang pameran, dasar acuan kegiatan pameran, tujuan pameran, hasil dan dampak pameran yang diharapkan, tema pameran, waktu dan tempat, tata tertib dan lain-lain. Proposal dibuat untuk kepentingan mendapatkan ijin kegiatan, dari pihak sekolahserta pencarian sponsor, dan informasi bagi pers.

Maka dari itu penulisan dan tampilan suatu proposal pameran usahakan seoptimal mungkin, agar mendapat dukungan dari berbagai kalangan. C.Materi Pameran Materi pameran seni rupa di sekolah terdiri dari tiga sumber. Pertama adalah koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik yang dipilih oleh guru dan dikoleksi selama 1 semester. Kedua yakni karya-karya siswa yang dibuat atas kehendak sendiri, di luar tugas sekolah. Dan yang ketiga, yaitu karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan baik dalam tingkat lokal hingga nasional.

Hendaknya materi pameran mencerminkan juga perkembangan kebudayaan masa kini, dimana karya-karya seni rupa telah menggunakan media dan teknologi baru. D.Kurasi Pameran Artikel kurasi pameran dimuat dalam katalog pameran, sehingga isinya menjadi topik bahasan yang menarik dalam akvitas diskusi yang dilaksanakan.

Fungsi seorang kurator yakni menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, disamping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, juga untuk bidang seni lukis, dan desain atau kria. E.Aktivitas Diskusi Kegiatan diskusi diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan pemeran.

Tujuannya adalah pengembangan wawasan dan sikap apresiati, selain itu juga sebagai ajang evaluatif dan sekaligus sebagai peluang menjelaskan gagasan dan tujuan seni yang diciptakannya.

Kegiatan diskusi dikelola oleh panitia pemaran dan didokumentasikan dalam bentuk catatan tertulis, audio, foto, video, atau film, sesuai kemampuan panitia pameran. F.Nilai Pameran Salah satu dari pembelajaran seni budaya adalah pameran, dalam hal ini pameran memiliki nilai dalam pembelajaran seni yakni untuk melatih kemampuan siswa bekerja sama, berorganisasi, berpikir logis, bekerja efisien dan efektif.

Sehingga dalam kegiatan pameran ini siswa dapat berwawasan luas dan mendapat apresiasi dari dirinya sendiri maupun orang lain (guru). Reverensi : Seni Budaya / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2014. Penerbit Pusat Kurikulum: Jakarta
Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay berisikan materi soal SBK semester genap kelas 11 yang diambil dari Bab 1, "Pameran Karya Seni rupa", dengan 3 sub pokok bahasan, pameran seni rupa, menganalisa perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pameran karya seni rupa.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Selain itu, materi soal yang sama (Bab 1) telah admin publish dalam bentuk pilihan ganda, yang bisa anda mulai dari sini. Note: bagi anda yang masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, silahkan membaca tulisan seni budaya, disini. Berikut, soal essay SBK kelas xi semester genap beserta jawaban untuk siswa SMA/MA/MAK/SMK/Sederajat, dimulai dari pertanyaan pertama.

1. Apakah fungsi seorang creator? Jawaban: Fungsi seorang creator antara lain menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukkan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis, desain, atau kriya 2.

Apakah tujuan diadakannya pemeran?

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Jawaban: Pameran merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas yang melalui sebuah media karya seni 3. Apakah fungsi setiap seksi panitia pameran?

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Jawaban: Inti dari panitia pameran itu bahwa setiap seksi harus bertanggung jawab pada bidang tugas dan pekerjaannya masing-masing, dan semua seksi harus berkoordinasi dengan ketua panitia 4. Apakah tugas pembimbing dalam panitia pameran? Jawaban: Pembimbing bertugas membimbing dan mengarahkan agar pameran dapat berjalan dengan baik. Pembimbing biasanya berasal dari unsur guru, karena seorang pembimbing bertanggung jawab terhadap semua kegiatan pameran 5. Bagaimana sebaiknya penyelenggaraan pameran di sekolah?

Jawaban: Penyelenggaraan pameran yang terdapat disekolah sebaiknya menyajikan sebuah materi pameran yang berisi hasil belajar siswa dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakulikuler atau menyajikan karya seni rupa dan seniman profesional yang dapat diapresiasi oleh warga sekolah Jawaban: Bahwa pameran sebagai salah satu bentuk pengujian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Maka komunikasi ini adalah karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik, sehingga pengunjung dapat mengamatinya dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni.

Jawaban: Karakteristik seni rupa ditandai oleh sifat utama seni rupa adalah sebagia objek maupun wahana pengembangan kreativitas, bersifat terbuka dan bebas, mengakomidasi pembaharuan dan berbagai kecenderungan praktek seni rupa yang pluralistic serta dipengaruhi kondisi dan situasi sosial-publik dan budaya
acho8984 May 2021 - 0 Replies 1.nada f dlm bentuk notasi balok terletak padaa.garis ke 1b.spasi 1c.garis ke 2d.spasi ke 22.istilah pitch controla.ketepatan jangkauan nadab.luas wilayah yg mampu di jangkau orgc.lamanya nada yg harus di bunyikand.warna suara yg di bea pada setiap org DAN KERJAKAN NO 49,50 PADA GAMBAR DI ATAS Ismahaniel9993 May 2021 - 0 Replies Dalam pemindahan/penyaduran karya drama dituntut persyaratan² yg harus dipenuhi ,kecuali.?

A.latar budaya harus utuh B.karaterisasi dalam keseluruhan teks tdk boleh dirubah C.plot,cerita tdk boleh berubah D.karaterisasi hanya sebagian yg boleh dirubah E.persoalan² yg terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula dalam konteks budaya yg diadaptasiHai sobat, kabar gembira lagi nih.

Dalam rangka menyambut USBN atau itilah US yang sudah berubah, di kesempatan kali ini admin akan memberikan 180 latihan soal USBN seni budaya SMA terbaru 2022 dan kunci jawaban yang tersedia dalam bentuk PDF dan juga latihan soal online.

Bukan hanya itu saja, ada juga tambahan 180+ soal seni budaya yang berbeda dari soal online di bawah ini yang bisa para guru gunakan sebagai contoh dalam pembuatan soal USBN. Karena kunci jawaban pun belum ada, jadi sangat cocok untuk buat keseluruhan sekolah yang ingin membuat naskah soal tersebut.

Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa pelajaran seni budaya ini dibagi ke dalam 4 kategori yaitu seni rupa, seni musik, seni teater dan seni tari. Hal ini sudah terlampir jelas pada kisi - kisi USBN seni budaya dan juga pada POS USBN terbaru 2021/2022 yang dibagikan pihak BSNP pada laman resminya.

Dan pengkategorian itulah yang akan admin berikan kepada sobat agar lebih mudah mengerti, dan tidak membuat bingung.

Kunci jawaban memang sudah tersedia pada soal USBN seni budaya SMA 2022, akan tetapi hanya pada soal pilihan ganda saja. Untuk soal uraian tidak admin sertakan, karena kebanyakan bersifat pendapat pribadi sobat sendiri. OH IYA, Seperti judul blog centralpendidikan.com.

Ada beberapa prediksi soal USBN Seni budaya SMA seluruh katergori mulai dari seni rupa, seni musik, seni taridan seni teater yang admin bagikan sebagai bonus untuk sobat agar lebih siap dalam pelaksanaan USBN tahun mendatang.

Tapi sayangnya tidak ada jawaban, oke itu saja sih. BONUS Soal Prediksi : • Prediksi Soal USBN Seni Budaya (Seni Teater) SMA, DOWNLOAD • Prediksi Soal USBN Seni Budaya (Seni Tari) SMA, DOWNLOAD • Prediksi Soal USBN Seni Budaya (Seni Rupa) SMA, DOWNLOAD • Prediksi Soal USBN Seni Budaya (Seni Musik) SMA, DOWNLOAD Sudah di download semua kan?

Baiklah, selanjutnya sobat bisa mengerjakan 100+Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMA 2022 (+PDF). Selamat mengerjakan. Soal latihan USBN Seni Budaya (Seni Rupa) Yang pertama adalah latihan soal USBN seni budaya di cabang seni rupa. Seni rupa adalah cabang dari seni budaya yang menghasilkan sebuah karya seni yang bisa ditangkap mata, di raba, dirasakan.

PILIHAN GANDA 1. Gambar di bawah adalah salah satu contoh karya seni rupa yang dapat dilihat dari berbagai arah atau sudut pandang. Jawaban : B 2. Teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa tiga dimensi seperti patung disesuaikan dengan bahan yang digunakan dan dapat memberikan karakteristik yang khas. Mengolah bahan yang berupa beberapa bagian atau bilah biasanya menggunakan teknik….

A. Cor B. Pahat C. Membentuk D. Inlay E. Rancang bangun D. Buatan E. Rekayasa Jawaban : B 4. (1) Karya seni rupa tiga dimensi memiliki ukuran panjang, lebar dan volume,sehingga dapat dilihat/dinikmati dari berbagai arah/sudut pandang (2) Karya seni rupa dua dimensi hanya memiliki ukuran panjang x lebar dan berupa bidang datar,sehingga hanya dapat dilihat atau dinikmati dari satu arah pandang (3) Karya seni rupa tiga dimensi dapat dilihat dari satu arah pandangan.

(4) Karya seni rupa tiga dimensi memiliki bentuk yang nyata. (5) Karya seni rupa tiga dimensi tidak memiliki ruang. A. hanya (1) yang benar B. (1) dan (2) benar C. (1), (2), dan (3) benar D. (4) dan (5) benar E. Jika semua benar Jawaban : B 5. Karya seni rupa dapat digolongkan berdasarkan jenisnya dengan mengkategorikan kesamaan karakteristik karya yang satu dengan yang lainnya.

Karya manakah yang termasuk ke dalam karya seni rupa tiga dimensi A. Lukisan B. Desain Grafis C. Batik D. Seni Grafis E. Patung Jawaban : E 6.Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Menentukan tujuan pameran (2) Menentukan tema (3) Menata karya (4) Mengevaluasi kegiatan (5) Menyusun laporan kegiatan Pada tahap perencanaan kegiatan pameran hal apa saja yang harus dilakukan A. hanya (1) yang benar B. (1) dan (2) benar C. (1), (2), dan (3) benar D. (4) dan (5) benar E.

Jika semua benar Jawaban : B 7. Pameran karya seni rupa merupakan kegiatan menyajikan karya seni rupa kepada publik sehingga terjadi komunikasi antara seniman melalui medium karyanya dengan publik seni. Berdasarkan uraian di atas maka pameran seni rupa karya siswa memiliki fungsi: (1) Meningkatkan popularitas (2) Pengisi waktu luang; (3) Unjuk kemampuan; (4) Membangkitkan motivasi berkarya seni; (5) Belajar berorganisasi.

A. hanya (1) yang benar B. (1) dan (2) benar C. (1), (2), dan (3) benar D. (4) dan (5) benar E. Jika semua benar Jawaban : D 8. Gambar di samping menunjukkan jenis pameran karya seni rupa D.

Sie Usaha E. Publikasi dan Dokumentasi Jawaban : B 10. Yang dimaksud dengan Katalog dalam kegiatan pameran adalah A. Buku tamu yang memuat sejumlah nama pengunjung pameran B. Buku yang memuat memuat informasi seniman dan karya seni yang dipamerkan dan menjadi panduan bagi pengunjung pameran C.

Informasi pameran yang disebarluaskan D. Buku yang memuat karya dan harga karya E. Buku yang disediakan panitia untuk melengkapi kegiatan pameran Jawaban : B 11.

Kritik seni dalam konteks “apresiasi seni” mengandung pengertian (1) Penghakiman (2) Kecaman (3) Bantahan (4) Penghargaan (5) Penilaian Dari pernyataan di atas manakah yang benar A.

hanya (1) yang benar B. (1) dan (2) benar C. (1), (2), dan (3) benar D. (4) dan (5) benar E. Jika semua benar Jawaban : D 12. (1) Menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya seni rupa (2) Motivasi untuk meningkatkan kualitas karya.

(3) Interaksi searah antara kreator dengan penikmat seni. 16. Ciri khas karya seni lukis bergaya Realis adalah A. berbentuk titik B. menggambarkan kenyataan C. merekam kesan cahaya D. bertema pemandangan E. menggambarkan alam benda Jawaban : B 17. Seni rupa terapan adalah karya seni yang lebih mengutamakan nilai kegunaan. Sebagai karya seni yang bertujuan praktis maka nilai estetis pada seni rupa terapan A.

Tidak memiliki peran sama sekali. (1) Garis (2) Tekstur (3) Gelap terang (4) Warna (5) Bidang Manakah yang termasuk ke dalam unsur fisik seni rupa A. hanya (1) yang benar B. (1) dan (2) benar C. (1), (2), dan (3) benar D. (4) dan (5) benar E.

Jika semua benar Jawaban : E 19. Seni rupa murni merupakan karya seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan. Oleh karena itu seni rupa murni memiliki tujuan A. Ekspresif B. Fungsional C. Praktis D. Fisiologis E. Apresiatif Jawaban : E 20. Setiap seniman memiliki sudut pandang yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan sudut pandang dapat dipengaruhi oleh suasana, waktu, dan kondisi geografis.

E. Hubungan manusia dengan alam benda. Jawaban : A (Alasan pribadi : Kayak kebakaran hutan sih menurut saya) 21. Keberhasilan penyelenggaraan pameran seni rupa ditentukan oleh komitmen dan kerjasama panitia.

Pengorganisasian kegiatan pada tahap pelaksanaan pameran seni rupa antara lain meliputi (1) Penataan ruang dan karya (2) Penataan sirkulasi/alur pengunjung (3) Pengaturan tata cahaya/lampu (4) Susunan acara peresmian (5) Buku tamu dan buku kesan-pesan Hal yang dapat menambah nilai artistik adalah A.

(1), (2) dan (3) (3) impresi (kesan pencerapan menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah (4) interpretasi (penafsiran makna) (5) apresiasi (menerima dan menghargai makna seni) (6) evaluasi (menyimpulkan nilai seni) urutan yang benar dari rangkaian pengalaman tersebut adalah A.

(1), (2), (3), (4), (5), (6) B. (2), (1), (3), (4), (5), (6) C. (3), (1), (4), (2), (5), (6) D. (4), (2), (3), (5), (6), (1) E. (5), (2), (1), (3), (4), (6) Jawaban : B 23. Bahan atau materi karya untuk kegiatan pameran seni rupa sekolah dapat berupa (1) Karya seniman lokal (2) Koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik. D. (4) dan (5) E. Semuanya benar Jawaban : D 24.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Empat prinsip pokok atau kaidah komposisi, yaitu: A. keselarasan, keseimbangan,kesatuan,keindahan B. proporsi, keseimbangan, irama, kesamaan C. keselarasan, keseimbangan,kesatuan,keindahan D.

proporsi, keseimbangan, irama, komposisi E. proporsi, keseimbangan, irama, kesatuan Jawaban : E 25. (1) Patung merupakan karya seni rupa terapan tiga dimensi. E. Semuanya benar Jawaban : B 26. Secara garis besar tahapan pelaksanaan pameran terdiri dari A. Perenanaan, publikasi, penyajian B.

Perencanaan, penataan, penyajian C. Perencanaan, pelaksanaan, penyajian D. Pembentukan panitia, seleksi karya, pelaksanaan E. Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan Jawaban : B A. Pengingat heroik kepahlawanan B. Penunjuk arah kelokasi tertentu C. Penanda Keperkasaan seseorang D. Simbol identitas bangsa E. Pemberi tanda kekuatan bangsa Jawaban : A 28.

Sebagai karya seni yang lebih mengutamakan kegunaan, dalam proses berkarya seni rupa terapan setidaknya ada 3 (tiga) syarat yang harus dipertimbangkan, yaitu A. Harmony, unity, balance B. comfortable, balance, unity C. Unity, harmony, scurity D. Balance, unity, harmony E. Scurity, comfortable,flexibility Jawaban : A 29. Pada pembabakan sejarah perkembangan seni lukis modern di Indonesia ada masa yang terkenal dengan istilah “Masa Indonesia Jelita”. Sesuai dengan namanya pada masa itu tema lukisan yang berkembang adalah A.

Kehidupan masyarakat pedesaan. B. Keindahan alam C. Pergolakan politik D. Tarian tradisiona E. Perburuan binatang Jawaban : B 30. Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan kegiatan perancangan media komunikasi yang efektif dengan memanfaatkan elemen utama yaitu A. Komputer dan printer B. Logo dan nama produk C. Komputer grafis dan software D. Bahasa dan tulisan E. Tipografi dan ilustrasi Jawaban : E Manakah pernyataan yang tepat dibawah ini berkaitan dengan penerapan unsur seni rupa pada disain elementer A.

Gambar segi tiga tidak tepat dipakai sebagai obyek utama sehingga komposisi obyek menjadi seimbangan dan menjadi pusat perhatian B. Merupakan penerapan kaidah penyusunan disain berupa keseimbangan antar obyeknya yang hampir sama atau sederajat C. Background yang berwana coklat tua kontras dengan warna obyek obyek diatasnya sehingga centre of interest dapat tercapai D.

Pemilihan bentuk obyek yang digunakan sama dan penempatan posisi pada jarak yang sama sehingga dikatagorikan balance formal E. Obyek bulat berwarna hijau sebagai background obyek segitiga berwarna pink serasi sehingga masuk katagori keseimbangan formal Jawaban : B 32. Jika dianalisa dari teknik dan proses pembuatannya, batik yang dibuat secara langsung melukis menggunakan canting pada kain disebut A. batik cap B. batik lukis C. batik printing D. batik tulis E.

batik sablon Jawaban : D 33. Karya kriya/kerajinan di samping menggunakan bahan utama dan teknik berkarya. Jawaban : C 34. Salah seorang tokoh seni lukis periode modern Indonesia adalah A. Affandi B. R. Sudjojono C. Raden Saleh Sjarif Bustaman D. Jim Supangkat E. Abdullah Suriosubroto Jawaban : C 35. Gambar di samping merupakan salah satu property yang memiliki peranan penting dalam kegiatan pameran seni rupa Bahan dan teknik lukisan disamping adalah?

A. cat air dengan goresan kasar B. cat air dengan kuas yang halus C. cat minyak dengan goresan kasar D. cat minyak dengan palet E.

cat air dengan palet Jawaban : C 37. Nilai estetis sebuah karya seni rupa berdasarkan penataan unsur-unsur rupanya disebut A. komposisi B.

nilai estetis subjektif C. nilai artistik D. nilai estetis objektif E. prinsif estetis Jawaban : B 38. Orang yang berperan dalam menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan, di samping menunjukkan pula kecenderungan kreatif peserta pameran, baik untuk bidang seni lukis, desain, atau kria, sehingga pengunjung mendapatkan bahan banding untuk mengapresiasi karya yang diamatinya A.

seniman B. apresiator C. pembawa acara D. kreator E. kurator Jawaban : E 39. Berikut ini adalah jenis karya seni rupa terapan: Buatlah 3 contoh warna tersier berdasarkan pencampuran 2 (dua) warna berikut ini. 42. Pengalaman pribadi baik perupa maupun apresiator/penikmat seni, lingkungan dan budaya dimana ia tinggal dapat mempengaruhi nilai estetis yang berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Sifat keindahan atau nilai estetis yang terdapat pada karya seni yang disebabkan perbedaan pengalaman dan lingkungan pribadi perupa dan /atau apresiator disebut…… 43.

Jawaban : D 4. Musik Huda merupakan gabungan dari tiga jenis musik tradisional Minangkabau, seperti Dikil Rabaro, Salaulaik Dulang, dan Dikil Mundan (kesemuanya musik bernuansa Islami). Musik jenis ini menunjukkan adanya fungsi musik sebagai .

A. Sarana ekspresi diri B. Ritual C. Media hiburan yang bersifat komersil D. Sarana komunikasi E. Media hiburan yang bersifat sosial Jawaban : B Perhatikan tabel di atas. Urutan alat musik tradisional yang benar berdasarkan cara memainkan dan bahan alat musik yang digunakan adalah .

A. 12B. 25C. 35D. 34E. 4, 5Jawaban : B 6. Pertunjukan karya musik tradisional angklung dan gamelan dapat menarik banyak penonton. Hal ini menunjukkan adanya fungsi musik sebagai . A. sarana ritual B. sarana ekspresi diri dan kreasi C.

media hiburan yang bersifat sosial D. sarana komunikasi E. media hiburan yang bersifat komersil Jawaban : C 7. Dalam satu adegan teater, ditampilkan seorang anak yang sedang menangis ketika ditinggal pergi oleh ibunya. Pada adegan tesebut, musik memberikan ilustrasi nuansa sedih. Dalam hal ini musik berfungsi sebagai .

A. memberikan warna psikologis B. memberikan penguatan pada alur cerita C. memberikan penekanan adegan D. menggambarkan latar belakang E. menjadi pembuka Jawaban : A 8. Pertunjukan musik terbagi menjadi beberapa bentuk penyajian. Urutan alat musik tradisional yang sesuai fungsinya untuk mengiringi tarian adalah . A. 1, 3, 4 B. 2, 4, 5 C. 3, 4, 5 D.

1, 4, 5 E. 4, 5, 1 Jawaban : A 10. Berikut ini adalah menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah bentuk dan jenis pertunjukan musik tradisional Indonesia.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Yang tidak termasuk pada jenis pertunjukan tradisional Indonesia untuk mengiringi teater adalah pada gambar . Jawaban : D 11. Berikut adalah tahapan persiapan dalam penyelenggaraan pertunjukan karya musik tradisional yang disusun secara acak, yaitu . 1. Pengorganisasian pertunjukan. 2. Menentukan tempat, tema, sasaran, materi sajian, serta artis. 3. Pelaksanaan latihan. 4. Evaluasi latihan pertunjukan. 5. Melaksanakan pertunjukan.

6. Gladi resik. 7. Menyiapkan sarana pertunjukan. Tahapan yang benar adalah: A. Gamelan B. Kendang C. Suling D. Kecapi E. Bansi Jawaban : A 13. Apabila seni Ludruk termasuk ke dalam jenis pertunjukan musik tradisional daerah Jawa Timur, maka salah satu jenis pertunjukan musik tradisional yang terdapat di daerah Jawa Barat adalah . A. Kuda Lumping B. Sintren C. Kuda Renggong Amati nama alat musik di atas, kemudian, sebutkan klasifikasi berdasarkan sumber bunyi dari alat musik tersebut! 17. Perhatikan nama alat musik yang disebutkan berikut ini: 1) Tarawangsa; 2) Suling Bambu Toraja; 3) Kulintang; 4) Angklung; 5) Gondang Sabangunan.

Sebutkan nomor urutan dan nama alat musik yang merupakan: (a) nama alat musik yang digunakan dalam kesenian ritual! (b) urutan nama alat musik yang digunakan dalam kesenian hiburan! 18. Apabila seorang pemain gitar memainkan (a) melodi dengan teknik terputus-putus, lalu dilanjutkan dengan (b) melodi dengan not durasi panjang tanpa jeda, maka sesungguhnya dia sedang memainkan dua teknik permainan alat musik melodis yang disebut : a.

. Perhatikan gambar pertunjukan di atas. Lakukan analisis visual dan jawablah pertanyaan berikut ini: a) sebutkan nama alat musik yang digunakan! b) dimanakah pementasan berlangsung? Latihan Soal USBN Seni Budaya (Seni Musik) SMA PDF, DOWNLOAD Latihan Soal USBN Seni Budaya (Seni Tari) Yang ketiga adalah latihan soal USBN seni budaya di cabang seni Tari. Seni Tari dalah cabang dari seni budaya yang menghasilkan sebuah karya seni berupaya gerakan tubuh yang berirama dan disertai musik sebagai pengiringnya.

SOAL PILIHAN GANDA 1. Godeg termasuk kedalam gerak dasar tari bagian . A. Tangan B. Bahu D. Kaki E. Torso Jawaban : C 2. Tari Gawil merupakan suatu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat berkarakter lanyap. Gerak keupat anca yang terdapat dalam Tari Gawil menggunakan ruang gerak .

A. Luas B. Sempit C. Sedang D. Atas E. Bawah Jawaban : A 3. Berikut ini merupakan ragam gerak tari tradisi Jawa Barat : 1. Adeg-adeg 2. Ukel 3. Sirig 4. Lontang 5. Galeong 6. Obah Bahu Yang termasuk kedalam ragam gerak badan pada tari adalah . Gerak tangan diatas disebut gerak . A. Ukel B. Lontang kanan C. Lontang kembar D. Nangreu E. Tumpang tali Jawaban : D 5. Ajeng dan Rosidi ditugaskan oleh gurunya untuk menyajikan suatu bentuk tari berpasangan sebagai ujian praktek seni budaya yang menjadi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikannya di jenjang sekolah menengah atas.

Tari yang kemungkinan disajikan oleh Ajeng dan Nadia pada ujian prakteknya adalah . A. Tari Cikeruhan B. Tari Srikandi Mustikaweni C. Tari Topeng D. Tari Jayengrana E. Tari Lenyepan Jawaban : A 6. Berdasarkan Fungsinya, jenis tari dibedakan menjadi tiga yaitu . A. Tari Rakyat, Tari Tunggal, dan Tari Ritual B. Tari Upacara Adat, Tari Penyajian Estetis, dan Tari massal C. Tari Upacara Adat, Tari Hiburan Pribadi, Tari Penyajian Estetis D. Tari Kolosal, Tari Rakyat, dan Tari Massal E.

Tari Tunggal, Tari Berpasangan, dan Tari Kelompok Jawaban : B 7. Tari Gatotkaca yang dibawakan oleh beberapa orang dalam suatu pementasan tari termasuk kedalam tari . A. Tari Tunggal B. Tari Berpasangan C. Tari Kelompok D. Tari Massal E. Tari Dramatik Jawaban : B 8. Gerak merupakan unsur yang paling mendasar dalam tari. Gerak tari akan dikatakan indah ketika lintasan gerak dan tenaga yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari suatu tarian.

Kualitas gerak penari akan terlihat sangat indah apabila penari mampu dengan maksimal mengaplikasikan salah satu nilai estetika tari yaitu . A. Wiraga B. Wirahma C. Wirasa D. Wirupa E. Wicita Jawaban : A 9. Gedig pada tari Lenyepan termasuk kedalam jenis gerak . A. Murni B. Maknawi C. Imitatif D. Mimitatif E. Ekspresif Jawaban : A 10. Tarian yang sederhana dengan pola langkah dan gerakan badan yang relatif mudah, sudah mengalami penggarapan koreografis menurut kemampuan penyusunnya, terlahir dari budaya masyarakat pedesaan atau luar tembok keraton dan tidak mengacu pada pencapaian standar estetik yang setinggi-tingginya.

Tarian tersebut termasuk kedalam jenis tari . A. Tari Tradisional Kerakyatan B. Tari Tradisional Keraton C. Tari Tradisional Modern D. Tari Tradisional Bangsawan E. Tari Tradisonal Kontemporer Jawaban : A 11.

Tari yang dipertunjukan pada acara pernikahan, kematian dan kelahiran merupakan tari berdasarkan fungsi … A. Tari sebagai media pendidikan B. Tari sebagai tontonan C. Tari sebagai sarana upacara D. Tari sebagai sarana terapi E. Tari sebagai sarana hiburan Jawaban : C 12. Tari Keurseus merupakan suatu tarian yang telah mengalami satuan perjalanan hidup yang cukup lama dan memiliki nilai-nilai masa lampau yang mempunyai hubungan ritual.

Berdasarkan pola garapannya Tari Keurseus termasuk kedalam jenis tari . A. Tari Tradisional B. Tari Modern C. Tari Kreasi Baru D. Tari Rakyat E. Tari Klasik Jawaban : A 13. Ketukan/irama dan dinamika perpindahan sikap gerak yang selaras dalam tari adalah pengertian A. Wiraga B. Wirahma C. WIrasa D. Wirupa E. Wicita Jawaban : B 14.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Aspek gerak yang diungkapkan oleh seorang penari yang membentuk perpindahan gerak tubuh, posisi yang tepat, dan ruang gerak penari itu sendiri termasuk kedalam unsur . A. Gerak B. Tempo C. Ruang D. Waktu E. Tenaga Jawaban : C 15. Dalam suatu pergelaran tari kreasi karya seorang koreografer yang berasal dari Sumedang dengan format tari kelompok. Pada salah satu gerakannya terdapat gerak yang berimbang antar gerak penari. Desain gerak penari tersebut dinamakan . A. Unison B.

Canon C. Broken D. Alternete E. Balance Jawaban : E 16. Dalam proses berkarya tari, setelah semua gerak tari melalui tahap improvisasi dan komposisi maka seorang koreografer melakukan tahap selanjutnya yaitu .

A. Eksplorasi B. Komposisi C. Improvisasi D. Kreativitas E. Performing Jawaban : A 17. Sebuah tarian dibawakan oleh dua orang penari yang menggambarkan kerukunan dan tolong menolong, tarian tersebut memiliki tema yaitu A. Persahabatan B. Pendidikan C. Pertanian D. Percintaan E. Permusuhan Jawaban : A 18. Tarian yang memiliki aturan gerak yang artistik dan hanya untuk ditonton saja disebut : A.

Tari pergaulan B. Tari upacara C. Tari pertunjukan D. Tari kontemporer E. Tari hiburan Jawaban : E 19. Dalam tari kreasi baru, tari tarian tidak lagi berpijak pada pola pola tradisi.

Gerak tidak lagi memiliki aturan atau patokan tertentu. Yang termasuk dalam tari kreasi baru adalah . A. tari piring, tari kijang, tari bedaya B. tari pendet, tari lenggang nyai, tari blantek C.

tari gambyong, tari yapong, tari serimpi D. tari merak, tari yapong, tari manuk rawa E. tari kandangan, tari merak, tari sulintang Jawaban : D 20. Fungsi tata rias dalam pertunjukan tari Ramayana adalah. A. Membuat penari terlihat lebih cantik dan gagah B. Memperkuat ekspresi wajah dan karakter penari C. Memperjelas asal usul atau akar budaya tarian D.

Memperbaiki penampilan agar lebih percaya diri E. Memberikan kesan glamor penari dihadapan penonton Jawaban : B 21. Dasar keberhasilan sebuah kegiatan pergelaran atau pertunjukan seni adalah mengorganisir pertunjukan. Dalam pergelaran tari, organisasi dimaksudkan pembentukan panitia yang bertugas menyusun dan merencanakan kegiatan. 1. Sutradara 2.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Stage Manager 3. Humas 4. Penari 5.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Business Manager Panitia organisasi yang diperlukan dalam pergelaran tari adalah… A. 1,2,3,dan 4 B. 1,2,4,dan 5 C. 2,3,4,dan 5 D. 1,3,4,dan 5 E. 5,4,3,dan 1 Jawaban : B 22. Orang yang bertanggungjawab dalam membukukan dan mencatat semua kegiatan yang berhubungan dengan pergelaran adalah… A. Ketua B. Business manager C. House manager D. Stage manager E. Sekretaris Jawaban : E 23. Dalam pergelaran tari suatu managemen dalam serangkaian tindakan yang dilakukan sebelum usaha dimulai hingga proses usaha masih berlangsung, hal tersebut masuk pengertian dari… A.

Pengorganisasian B. Perencanaan C. Penggerakan D. Pengawasan E. Pelaksanaan Jawaban : B 24. Karya merupakan cerminan dari imajinasi dan emosi penciptanya. Dalam berkarya seni tari terdapat 7 tahap proses perencanaan karya tari yaitu 1) Ide 2) Judul 3) Bentuk penyajian 4) Musik pengiring 5) Waktu 6) Tata rias dan busana 7) Tempat Hasil dari imajinasi koreografer memunculkan gagasan tema yang direncanakan sehingga dapat menceritakan isi didalamnya dengan memberikan nama tarian.

hal ini merupakan proses…. A. Ide B. Judul C. Bentuk penyajian D. Waktu E. Tata rias dan busana Jawaban : B 25. Sendratari Ramayana yang sering dipergelarkan di pelataran Candi Prambananmenggunakan tata pentas… A. Tunggal B. Semi terbuka C. Procenium D. Pendopo E. Arena Jawaban : C SOAL URAIAN 26. Di sekolah Dilan diadakan pentas seni tari pada mata pelajaran seni budaya.

Pentas seni menampilkan 5 tari tradisional dan 6 tari kreasi baru. Dari pergelaran tersebut terdapat berbagai motif ragam gerak tari yang dirangkai menjadi satu bentuk tarian yang utuh sehingga memiliki nilai estetis.

Unsur pendukung pergelaran adalah…. 27. Pengorganisasian pergelaran tari pada prinsipnya merupakan proses kerja dan kreasi, yang diarahkan untuk mencapai tujuan utama yaitu penampilan karya karya tari. Tujuan ini hanya akan terwujud jika terjadi kerjasama yang baik dan harmonis antara para pendukung pergelaran tersebut.

Pengorganisasian yang diperlukan dalam pergelaran tari adalah…… 28. Ketika menonton sebuah pertunjukan karya tari, anda akan terpukau dengan gerakan yang dilakukan oleh para penari dengan di iringi musik, kostum, make up, pola lantai dan tata lampu.

Karya tari tersebut dibuat dengan sebuah perencanaan yaitu . 29. Sebuah penyajian karya tari atau pergelaran tari tidak hanya menampilkan gerak tubuh manusia saja akan tetapi terdapat beberapa unsur pendukung lainnya yang memiliki peran penting dalam mendukung penyajian karya tari secara utuh. Unsur unsur pendukung pergelaran tari terdapat unsur music, busana, rias, property dan unsur tata pentas. Tujuan penggunaan kostum atau busana dalam penyajian tari atau pergelaran adalah….

30. Kritik tari tidak hanya sebuah pernyataan mencemooh atau menyanjung penampilan sebuah karya seni, akan tetapi kritik yang dimaksudkan memberi manfaat untuk membentuk penonton menjadi lebih kritis. Kritik harus mampu menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berwawasan yang mendalam tentang kehadiran karya seni.

Untuk membuat sebuah kritik tari yang baik membutuhkan sebuah prosedur penulisan, sebutkan dan jelaskan langkah langkah prosedur penulisan kritik tari ! Latihan Soal USBN Seni Budaya (SENI TARI) PDF, DOWNLOAD Latihan Soal USBN Seni Budaya (SENI TEATER) SMA Dan yang terakhir adalah latihan soal USBN seni budaya di cabang seni teater. Seni rupa adalah cabang dari seni budaya yang menghasilkan sebuah karya seni berupa pertunjukan di atas panggung seperti drama.

1. Bentuk teater yang didukung oleh masyarakat kalangan pedesaan, berkarakter bebas, tidak terikat aturan dan penuh improvisasi adalah . A. Teater rakyat B. Teater transisi C. Teater keraton D. Teater urban E. Teater kontemporer Jawaban : A 3. Mempelajari seni teater tradisi merupakan salah satu upaya melestarikan serta mencintai seni dan budaya bangsa sendiri. Upaya lain yaitu . A. Mengadakan ekstrakurikuler kesenian B. Menyelenggarakan festival teater C.

Menyelenggarakan karnaval D. Melakukan perjalanan keliling indonesia E. Menjaga panggung pergelaran teater Jawaban : A 5. Dalam teater, bahwa semua peran merupakan tokoh utama dalam pementasan teater atau film, sebaik apapun peran utama dalam bermain, tidak terlepas dari dukungan pemain lainnya, makanya seni teater atau film disebut .

A. Seni kolosal B. Seni kolektif C. Seni yang mewah D. Seni yang memerlukan skil E. Seni yang perlu dana yang banyak Jawaban : B 6. Kegiatan pementasan adalah praktik langsung dalam melaksanakan pementasan, meliputi ; pengendalian hal-hal yang tidak diharapkan dan optimalisasi panitia. Dalam pelaksanaan pementasan yang memiliki peran adalah tugas . A. sutradara B. astrada C. bidang acara D. penata artistik E. lighting 11.

Casting by ability sangat penting dalam perencanaan pementasan seni teater kontemporer karena. A. Pemilihan pemeran dalam perencanaan harus berdasarkan ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh pemain B. Pemilihan pemeran dalam perencanaan harus berdasarkan kekuatan pemain C. Pemilihan pemeran menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah perencanaan harus berdasarkan jenis kelamin D.

Pemilihan pemeran dalam perencanaan harus berdasarkan kecakapan dan kemampuan pemain E. Pemilihan pemeran dalam perencanaan harus berdasarkan usia pemain Jawaban : C 13. Pementasan merupakan proses komunikasi atau aktualisasi diri pembelajar atau pelaku dan pengiat seni dengan masyarakat atau penonton sebagai penikmat seni, hal ini akan terjadi .

A. Pendalaman materi bagi yang menikmatinya B. Komunikasi melalui apresiasi langsung C. Pementasan yang menyenangkan D. Parameter kemajuan seni E. Kreativitas yang mengalir Jawaban : D 38. Keberhasilan Perancangan pementasan teater modern sangat erat keberhasilannya dengan pemilihan aktor/aktris.

Dari pernyataan diatas alasan yang paling tepat adalah A. aktor dan aktris merupakan ujung tombak dalam menyampaikan tujuan pementasan B. aktor/aktris mendapatkan honor yang paling besar dibandingkan dengan pemeran lainnya C. aktor dan aktris sangat jarang yang mumpuni dalam sebuah lakon D. aktor /aktris berperan menghibur masyarakat E. aktor/aktris memiliki watak tertentu. Jawaban : A 28.

Tugas seorang manajemen produksi pertunjukan adalah A. mengatur segala hal yang diperlukan pada produksi seni teater B. merencanakan sebuah pertunjukan C. pemimpin dalam pementasan D. mendanai setiap kegiatan pertunjukan E. melatih pemain sampai benar-benar siap untuk melaksanakan pementasan Jawaban : C 33. Mengapa lighting system sangat berperan dalam proses pementasan.

A. karena lighting system merupakan perangkat yang mengatur intensitas suara B. karena lighting sistem merupakan perangkat pertunjukan yang mengatur intensitas cahaya C. karena lighting sistem merupakan perangkat pendukung yang mengatur tinggi rendahnya panggung pertunjukan D.

karena lighting sistem merupakan perangkat yang harus selalu ada di panggung pementasan E. karena lighting sistem merupakan perangkat yang mendukung komposisi pentas. Apa saja yang latihan dasar yang perlukan kegiatan seni peran tersebut ? 39.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Pementasan teater di gedung merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menampilkan karya sebagai hiburan dan media apresiasi. Seksi apa saja yang diperlukan dalam sebuah pementasan ? (sebutkan 5 seksi dan fungsinya) 40.

menganalisis berbagai faktor keunggulan seni yang dipamerkan di samping menunjukan pula kecenderungan kreatif peserta pameran baik untuk bidang seni lukis dan seni rupa adalah

Teater tradisional sering juga disebut “teater daerah” yang berakar dan telah dirasakan fungsis seninya sebagai milik masyarakat.

Teater tradisional memiliki ciri- ciri yang spesifik. Sebutkan ciri utama teater tradisional (minimal 5 buah)! Latihan Soal USBN Seni Budaya (Seni Teater) PDF, DOWNLOAD Demikian artikel tentang √ 100+ Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMA 2022 (+PDF).

Semoga bermanfaat

Pameran Tunggal Lukisan di Taman Budaya Sriwijaya




2022 www.videocon.com