Dumin paracetamol obat apa

dumin paracetamol obat apa

Dumin caplet adalah obat yang digunakan sebagai penurun demam untuk segala usia dan pereda nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya. Dumin caplet mengandung paracetamol, obat yang memiliki aktivitas sebagai antipyretic sekaligus analgetic. Berikut ini adalah informasi lengkap obat Dumin caplet yang penting untuk diketahui sebelum menggunakannya. Pesan Sekarang pabrik Actavis golongan Bisa diperoleh tanpa resep dokter kemasan Dumin caplet dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut : • 100’s caplet 500 mg • 1000’s caplet 500 mg Tersedia juga sediaan-sediaan berikut : • Dumin syrup 60 ml.

• Dumin Rectal Tube dumin paracetamol obat apa 125 mg/2.5 ml dan Dumin Rectal Tube cream 250 mg/4 ml. kandungan tiap kemasan Dumin caplet mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut : • Paracetamol 500 mg/caplet Sekilas tentang zat aktif (nama generik) Paracetamol yang dikenal juga dengan nama acetaminophen adalah obat yang digunakan sebagai analgetic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) yang bisa diperoleh tanpa resep dokter.

Meskipun paracetamol memiliki efek anti inflamasi, obat ini tidak dimasukkan sebagai obat NSAID, karena efek anti inflamasinya dianggap tidak signifikan. Dumin paracetamol obat apa kerja paracetamol yang diketahui sekarang adalah dengan cara menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri. Dengan dihambatnya kerja enzim COX, maka jumlah prostaglandin pada sistem saraf pusat menjadi berkurang sehingga respon tubuh terhadap nyeri berkurang.

Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan cara menurunkan hipotalamus set-point di pusat pengendali suhu tubuh di otak. Indikasi Kegunaan Dumin caplet (paracetamol) adalah untuk pengobatan kondisi-kondisi berikut : • Dumin caplet ( paracetamol) digunakan untuk menurunkan demam pada segala usia. Namun obat ini sebaiknya dumin paracetamol obat apa bila suhu tubuh sudah benar-benar tinggi dan membutuhkan terapi obat penurun panas.

Rekomendasi WHO : penggunaan obat penurun panas dilakukan bila suhu tubuh lebih besar dari 38.5 °C (101.3 °F). • Untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya.

Pada nyeri yang lebih berat seperti nyeri pasca operasi biasanya dikombinasikan dengan NSAID atau analgetic opioid. • Kombinasi paracetamol dengan kafein adalah obat lini pertama pada pengobatan migrain. • Paracetamol bisa dipilih untuk meredakan nyeri pada arthritis ringan, dengan efek yang sebanding dengan aspirin tetapi efek samping yang lebih ringan. • Obat dumin paracetamol obat apa adalah komponen utama pada obat flu dan pilek yang beredar luas di pasaran. Kontra indikasi • jangan diberikan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap paracetamol.

Efek samping Secara umum Dumin caplet (paracetamol) bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang, selama diberikan pada dosis yang dianjurkan. Berikut adalah beberapa efek samping Dumin caplet (paracetamol) yang mungkin terjadi : • Obat ini bisa menyebabkan kerusakan hati terutama jika penggunaanya melebihi dosis yang dianjurkan. Potensi efek samping ini meningkat pada orang-orang yang mengkonsumsi alkohol.

• Efek samping ringan pada saluran pencernaan misalnya mual dan muntah. Pada penggunaan dosis yang lebih tinggi diketahui meningkatkan resiko terjadinya perdarahan lambung.

• Efek samping pada ginjal relatif jarang. Namun pada penggunaan jangka panjang, dapat meningkatkan resiko kerusakan ginjal termasuk gagal ginjal akut. • Efek samping pada kulit kejadiannya jarang. Pada tahun 2013, FDA (US Food and Drug Administration) memperingatkan kemungkinan terjadinya efek pada kulit seperti sindrom stevens-johnson dan nekrolisis epidermal toksik akibat pemakaian paracetamol, meski hal ini sangat jarang namun bisa fatal jika terjadi.

• Beberapa ahli menyarankan untuk menghindari penggunaan obat ini pada penderita asma terutama anak-anak, karena ada kemungkinan menyebabkan peningkatan resiko asma ataupun memperburuk penyakit asma yang telah diderita sebelumnya.

• Reaksi hipersensitivitas akibat pemakaian obat ini sangat jarang, namun jika terjadi pertolongan medis harus segera diberikan karena bisa menyebabkan syok anafilaksis yang berakibat fatal • Beberapa ahli mengaitkan penggunaan paracetamol oleh ibu hamil, dengan resiko terjadinya asma pada anak-anak dan peningkatan ADHD.

Namun paracetamol tetap dianjurkan sebagai obat pilihan pertama untuk nyeri dan demam selama kehamilan, meski tetap harus memperhatikan resikonya. Perhatian Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan Dumin caplet adalah sebagai berikut : • Pemakaian Dumin caplet (paracetamol) harus dihentikan jika tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, arthralgia, pucat, atau tanda-tanda lainnya muncul, karena jika terjadi bisa berakibat fatal.

• Obat ini harus digunakan secara hati-hati pada pasien yang mempunyai penyakit asma. • Paracetamol diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI) meskipun dalam jumlah yang kecil. Obat ini adalah pilihan pertama sebagai pereda nyeri dan penurun panas bagi ibu menyusui, namun jika anda ragu berkonsultasilah dengan dokter jika anda ingin menggunakan Dumin caplet (paracetamol) saat menyusui.

• Meskipun efek Dumin caplet (paracetamol) terhadap perdarahan lambung relatif lebih kecil daripada obat-obat golongan NSAID, ada baiknya obat ini dikonsumsi setelah makan. • Jika anda mengkonsumsi alkohol, potensi terjadinya kerusakan hati sangat tinggi terutama pada pemakaian jangka panjang dan dosis dumin paracetamol obat apa lebih tinggi. • Hati-hati menggunakan obat ini pada pasien dengan gangguan fungsi hati dan ginjal.

Penggunaan oleh wanita hamil FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan paracetamol kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut : Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Sedangkan menurut TGA (badan pengawas obat dan makanan Australia) mengkategorikan paracetamol kedalam kategori A, artinya obat tersebut telah diamati dan dikonsumsi oleh sejumlah besar wanita hamil dan wanita usia subur tanpa peningkatan frekuensi malformasi atau efek berbahaya langsung atau tidak langsung lainnya terhadap janin.

Secara umum, obat ini memang boleh digunakan untuk ibu hamil, asalkan sesuai indikasi. Namun akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan paracetamol saat hamil. interaksi obat Berikut adalah interaksi Dumin caplet (paracetamol) dengan obat-obat lain : • Metoclopramide : meningkatkan efek analgetic.

dumin paracetamol obat apa

• Carbamazepine, fenobarbital dan dumin paracetamol obat apa : meningkatkan potensi kerusakan hati. • Kolestiramin dan lixisenatide : mengurangi efek farmakologis paracetamol. • Antikoagulan warfarin : paracetamol meningkatkan efek koagulansi obat ini sehingga meningkatkan potensi resiko terjadinya perdarahan.

Dosis dumin caplet Dumin caplet (paracetamol) diberikan dengan dosis sebagai berikut : • Dewasa atau anak > 12 tahun : 3 - 4 x sehari 1 caplet.

• Anak 5 – 12 tahun : 3 – 4 x sehari ½ caplet. Bila perlu obat diberikan setiap 4 jam bila gejala kembali muncul setelah penggunaan atau ikuti petunjuk dokter. Pemberian tidak lebih dari 5 x sehari. Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Pesan Pengiriman Obat Ini Ingin beli obat ini?

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek.

Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum. Chat di WhatsApp Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan dumin paracetamol obat apa komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app Daftar Isi • Apa Kandungan dan Komposisi Dumin?

• Dumin Obat Apa? • Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Dumin? • Apa Saja Kontraindikasi Dumin? • Berapa Dosis dan Dumin paracetamol obat apa Aturan Pakai Dumin? • Pertanyaan yang Sering Diajukan • Apa Efek Samping Dumin? • Apa saja Perhatian Penggunaan Dumin? • Bagaimana Cara Penyimpanan Dumin? • Apa Nama Perusahaan Produsen Dumin?

Apa Kandungan dan Komposisi Dumin? Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien.

Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara dumin paracetamol obat apa zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa.

Kandungan dan komposisi Dumin adalah: • Setiap tablet mengandung 500 mg Parasetamol • Setiap 5 ml sirup mengandung 120 mg Parasetamol Sekilas Tentang Paracetamol Pada Dumin Paracetamol yang dikenal juga dengan nama acetaminophen pertama kali disintesa oleh Harmon Northrop Morse, seorang ahli kimia pada tahun 1877, namun baru diujicoba pada manusia pada tahun 1887 oleh ahli farmakologi klinis, Joseph von Mering.

Tahun 1893 von Mering mempublikasikannya dalam laporan klinis mengenai paracetamol. WHO menyatakan bahwa paracetamol masuk dalam daftar salah satu obat yang paling aman dan efektif dan sangat dibutuhkan dalam dunia medis. Paracetamol digunakan sebagai analgetic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) yang bisa diperoleh tanpa resep dokter. Meskipun paracetamol memiliki efek anti inflamasi, obat ini tidak dimasukkan sebagai obat NSAID, karena efek anti inflamasinya dianggap tidak signifikan.

Cara kerja paracetamol yang diketahui sekarang adalah dengan cara menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri. Dengan dihambatnya kerja dumin paracetamol obat apa COX, maka jumlah prostaglandin pada sistem saraf pusat menjadi berkurang sehingga respon tubuh terhadap nyeri berkurang.

Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan cara menurunkan hipotalamus set-point di pusat pengendali suhu tubuh di otak. Dosis maksimal paracetamol adalah 3 hingga 4 gr dalam sehari. Jika lebih dari itu maka berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Penderita gangguan hati disarankan untuk mengurangi dosis paracetamol. Penyerapan Paracetamol (acetaminophen) memiliki 88% bioavailabilitas oral dan mencapai konsentrasi plasma tertinggi 90 menit setelah konsumsi.

Kadar puncak paracetamol bebas dalam darah tidak tercapai sampai 3 jam setelah pemberian rektal bentuk supositoria paracetamol dan konsentrasi darah puncak kira-kira 50% dari konsentrasi yang diamati setelah konsumsi dosis oral yang setara (10-20 mcg/mL). Persentase dosis acetaminophen yang diserap secara sistemik tidak konsisten, ditunjukkan oleh perbedaan besar dalam bioavailabilitas paracetamol setelah dosis diberikan secara rektal.

Dosis rektal yang lebih tinggi atau frekuensi pemberian yang meningkat dapat digunakan untuk mencapai konsentrasi paracetamol dalam darah yang serupa dengan yang dicapai setelah pemberian paracetamol oral. Rute Eliminasi Metabolit paracetamol terutama diekskresikan dalam urin. Kurang dari 5% diekskresikan dalam urin sebagai paracetamol bebas (tidak terkonjugasi) dan setidaknya 90% dari dosis yang diberikan diekskresikan dalam waktu 24 jam. Volume Distribusi Volume distribusi sekitar 0,9L/kg.

10 sampai 20% obat terikat pada sel darah merah. paracetamol tampaknya didistribusikan secara luas di sebagian besar jaringan tubuh kecuali dalam lemak. Pembersihan Dewasa: 0,27 L/jam/kg setelah dosis intravena (IV) 15 mg/kg.

dumin paracetamol obat apa

Anak-anak: 0,34 L/jam/kg setelah 15 mg/kg intravena (dosis IV). Paracetamol cepat dan hampir sepenuhnya diserap dari saluran GI setelah pemberian oral. Pada pria sehat, bioavailabilitas oral kondisi mapan 1,3 g dosis tablet acetaminophen yang dilepaskan setiap 8 jam untuk total 7 dosis sama dengan dosis 1 g tablet paracetamol konvensional yang diberikan setiap 6 jam untuk total dari 7 dosis.

Makanan dapat menunda sedikit penyerapan tablet acetaminophen yang rilis lama. Setelah pemberian oral preparat acetaminophen segera atau diperpanjang, konsentrasi plasma puncak dicapai dalam 10-60 atau 60-120 menit, masing-masing.

Setelah pemberian oral tablet konvensional 500 dumin paracetamol obat apa tunggal atau tablet extended-release tunggal 650 mg, konsentrasi acetaminophen plasma rata-rata 2,1 atau 1,8 ug/mL, masing-masing, terjadi pada 6 atau 8 jam, masing-masing. Selain itu, pembubaran tablet extended-release mungkin sedikit bergantung pada pH lambung atau usus.

Pembubaran tampaknya sedikit lebih cepat pada pH basa usus dibandingkan dengan pH asam lambung; Namun, ini tidak penting secara klinis. Setelah dumin paracetamol obat apa acetaminophen konvensional, hanya sejumlah kecil obat yang terdeteksi dalam plasma setelah 8 jam. Tablet pelepasan acetaminophen yang diperpanjang melepaskan obat hingga 8 jam, tetapi data in vitro menunjukkan bahwa setidaknya 95% dari dosis dilepaskan dalam waktu 5 jam.

Setelah pemberian acetaminophen rektal, ada variasi yang cukup besar dalam konsentrasi plasma puncak yang dicapai, dan waktu untuk mencapai konsentrasi plasma puncak secara substansial lebih lama daripada setelah pemberian oral. Pada 12 ibu menyusui (menyusui 2-22 bulan) yang diberikan dosis tunggal oral 650 mg, kadar puncak paracetamol terjadi pada 1-2 jam pada kisaran 10-15 ug/mL.

Dengan asumsi 90 mL susu tertelan pada interval 3, 6, dan 9 jam setelah konsumsi, jumlah obat yang tersedia untuk bayi diperkirakan berkisar antara 0,04% hingga 0,23% dari dosis ibu. Paracetamol dengan cepat dan merata didistribusikan ke sebagian besar jaringan tubuh. Sekitar 25% paracetamol dalam darah terikat pada protein plasma.

Dumin Obat Apa? Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Dumin? Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Dumin adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk: Meringankan rasa sakit pada keadaan sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam.

Apa Saja Kontraindikasi Dumin?

dumin paracetamol obat apa

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Dumin dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini: • Penderita gangguan fungsi hati yang berat • Penderita yang hipersensiyif terhadap komponen obat ini Deskripsi Parasetamol merupakan obat yang memiliki khasiat meredakan sakit/nyeri dan menurunkan suhu demam.

Parasetamol dimetabolisir oleh hati dan dikeluarkan melalui ginjal. Parasetamol tidak merangsang selaput lendir lambung atau menimbulkan perdarahan pada saluran cerna. Diduga mekanisme kerjanya adalah menghambat pembentukan prostaglandin.

Cara Kerja Obat Analgesik – antipiretik • Sebagai analgesik, bekerja dengan meningkatkan ambang rangsang rasa sakit • Sebagai antipiretik, diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus Sekilas Tentang Obat Analgesik (Non Opiat) & Antipiretik Analgesik adalah obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri.

Analgesik ada beberapa tipe diantaranya analgesik non opiat (non opioid) yang bisa digunakan tanpa resep dokter dan analgesik opioid yang penggunaannya harus menggunakan resep dokter karena efek sampingnya lebih besar. Analgesik non opioid contohnya seperti paracetamol (acetamonophen) dan ibuprofen. Sedangkan yang termasuk analgesik opioid contohnya morphine dan oxycodone.

Analgesik non opioid biasanya digunakan untuk meredakan berbagai macam nyeri seperti pada arthritis, migrain, nyeri haid, dan kondisi lainnya berdasarkan tingkat sakit dan nyerinya. Dokter akan menggunakan analgesik opioid jika nyeri yang terjadi berada pada tingkat akut seperti pada pembedahan dan patah tulang.

Penggunaan analgesik opioid sangat dibatasi hanya untuk kondisi tertentu karena dapat menimbulkan risiko adiksi dan penyalahgunaan. Selain dengan pemberian oral dan injeksi, ada juga analgesik yang diterapkan langsung pada kulit dan analgesik ini disebut analgesik topikal. Biasanya analgesik dumin paracetamol obat apa ini digunakan untuk meredakan nyeri otot dan keseleo.

Antipiretik adalah obat yang berfungsi menurunkan demam. Antipiretik akan menurunkan panas demam akibat hipotalamus yang diinduksi oleh prostaglandin. Antipiretik yang banyak digunakan di dunia adalah paracetamol, ibuprofen, dan aspirin yang termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid (OAINS).

Selain sebagai antipiretik, obat-obat tadi juga memiliki efek analgesik untuk meredakan nyeri yang menyertainya. Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Dumin? Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya.

Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Dumin: Dewasa: 1 tablet 3 – 4 kali sehari.

Anak-anak 6 – 12 dumin paracetamol obat apa 1/ 2 – 1 tablet 3 – 4 kali sehari. Atau seseuai petunjuk dokter. Pertanyaan yang Sering Diajukan Apakah Aman Menggunakan Dumin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin? Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakanyang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Dumin? Jika Anda lupa menggunakan Dumin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan dumin paracetamol obat apa dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

dumin paracetamol obat apa

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Dumin Sewaktu-waktu? Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini. Bagaimana Cara Penyimpanan Dumin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan.

Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan. Bagaimana Penanganan Dumin yang Sudah Kedaluwarsa? Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan.

Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa. Apa Dumin paracetamol obat apa Samping Dumin? Efek Samping merupakan suatu efek yang dumin paracetamol obat apa diinginkan dari suatu obat.

Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Dumin yang mungkin terjadi adalah: • Penggunaan jangka lama dan dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati • Reaksi hipersensitivitas Apa saja Perhatian Penggunaan Dumin?

• Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita penyakit ginjal • Bila setelah 2 hari demam tidak menurun atau setelah 5 hari nyeri tidak menghilang, segera hubungi Unit Pelayanan Kesehatan • Penggunaan obat ini pada penderita yang mengkonsumsi alkohol, dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hati Bagaimana Cara Penyimpanan Dumin?

• Simpan pada suhu 15°C – 30º C,terhindar dari cahaya • Jauhkan dari jangkauan anak-anak Apa Nama Perusahaan Produsen Dumin? Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya.

Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan.

Baik perusahaan farmasi dumin paracetamol obat apa perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya.

Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Dumin: Actavis Sekilas Tentang Actavis Actavis adalah perusahaan farmasi global yang dirikan pada 1983 oleh Allen Chao, Ph.D dan David Hsia, Ph.D yang awalnya melakukan pengembangan obat dengan skala kecil.

Modal awal perusahaan didapat dari keluarga dan rekan pendiri dan lokasi awalnya hanya berupa area kecil yang disewa di Libertyville, Illinois, Amerika Serikat. Seiring dengan perkembangan perusahaan, Actavis memindahkan area produksinya ke tempat yang lebih luas sekira 190 meter persegi di Corona, California dan memulai produksi produk obat generik di lokasi ini. Di awal tahun 1993, perusahaan ini melakukan IPO dan mencatatkan sahamnya di NASDAQ kemudian mencatatkannya juga ke bursa saham NYSE.

Di periode tahun 2000 hingga 2009 perusahaan ini mengakuisisi beberapa perusahaan farmasi seperti Schein Pharmaceutical, Andrx Corporation, Arrow Group, dan lain-lain. Pada 2011 perusahaan memindahkan kantor pusatnya dari Corona ke Parsippany, New Jersey.

Pada November 2012, Watson Pharmaceutical mengakuisisi Actavis Group. Untuk operasional global, nama Actavis tetap dipertahankan. Dan ditahun 2013, Actavis mengakuisisi perusahaan farmasi Irlandia, Warner Chilcott PLC dan dengan ini perusahaan merubah namanya menjadi Actavis PLC dan membuka kantor pusat baru di Irlandia dengan tetap mempertahankan kantor pusat yang ada di New Jersey.

Setahun kemudian Actavis mengakuisisi Allergan Inc, perusahaan yang memproduksi Botox hingga kemudian Actavis PLC berubah namanya menjadi Allergan PLC namun perusahaan tetap menggunakan nama Actavis untuk operasional global.

Pada Juli 2015 Teva Pharmaceutical mengakuisisi divisi generik Allergan PLC. Actavis memiliki lokasi produksi di 40 negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia perusahaan ini berdiri dengan nama PT Actavis Indonesia.

Jangkauan pemasaran produk Actavis mencapai hingga 100 negara.
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran dumin paracetamol obat apa menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 3 Oktober 2018 Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu - Ditinjau oleh: Tim Dokter Dumin paracetamol obat apa – Dumin obat apa?

Dumin adalah obat dengan kandungan bahan aktif Paracetamol. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis obat yang satu ini Paracetamol merupakan obat analgesik atau pereda nyeri sekaligus antipiretik atau penurun panas. Meskipun begitu, Paracetamol merupakan obat dengan daya antiinflamasi yang rendah. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat enzim Cyclooxygenase. Enzim ini memiliki peran dalam pembentukan senyawa prostaglandin yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri.

Prostagalndin diproduksi oleh tubuh sebagai reaksi terhadap terjadinya infeksi dalam tubuh. Manfaat Dumin Berdasarkan cara kerja dari bahan aktif yang terkandung dalam Dumin, yaitu Peracetamol. Manfaat Dumin adalah sebagai berikut: • Menurunkan demam • Meredakan sakit kepala • Mengobati sakit gigi • Meredakan nyeri otot dan sendi • Meredakan nyeri haid.

Dosis Dumin Dumin hadir dalam tiga sediaan yaitu tablet, sirup dan rectal cream. Dumin tablet mengandung 500 mg Paracetamol per tablet. Dumi sirup mengandung 120 mg Paracetamol setiap satu sendok takar atau 5 ml. Sedangkan Dumin rectal tube mengandung 250 mg dalam setiap 4 ml. Berikut adalah dosis Dumin yang disarankan berdasarkan jenis sediaannya: 1. Dumin tablet • Dewasa: 1-2 tablet, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari. • Anak usia 6-12 tahun: ½-1 tablet, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari.

2. Dumin sirup • Bayi usia 0-1 tahun: ½ sendok takar, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari. • Anak usia 1-2 tahun: 1 sendok takar, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari. • Anak usia 2-6 tahun: 1-2 sendok takar, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari. • Anak usia 6-9 tahun: 2-3 sendok takar, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari.

dumin paracetamol obat apa

• Anak usia 9-12 tahun: 3-4 sendok takar, diberikan sebanyak 3-4 kali per hari. 3. Dumin rectal tube • Dewasa: 500-1 gr, dosis maksimal per hari adalah 4 gr. • Anak usia 1-6 tahun: 125 mg, dosis maksimal per hari adalah 750 mg. • Anak usia 7-12 tahun: 250 mg, dosis maksimal per hari adalah 1 gr. Dumin pada dasarnya merupakan obat bebas yang bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Namun khusus untuk Dumin rectal tube harus dumin paracetamol obat apa melalui resep dokter. Dumin rectal tube baru boleh diberikan jika pemberian obat secara oral tidak memungkinkan. Gunakanlah obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan mengurangi ataupun menambahkan dosis tanpa berdiskusi dengan dokter sebelumnya. Efek Samping Dumin Seperti obat-obatan lain, Dumin juga berpotensi menimbulkan efek samping. Tapi pada dasarnya Dumin relatif aman digunakan karena efek samping ini sebenernya jarang terjadi.

Berikut adalah reaksi yang mungkin terjadi dari penggunaan Dumin: • Reaksi alergi • Kerusakan hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda mengalami efek samping seperti reaksi alergi maupun efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan obat Dumin.

Segera hubungi dokter untuk ditangani jika reaksi efek samping tidak membaik setelah penggunaan obat dihentikan. Perhatian dan Peringatan Sebelum menggunakan obat ini, berikut adalah hal-hal yang harus mejadi perhatian dan peringatan bagi Anda: • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensitif terhadap Paracetamol.

• Jangan gunakan obat ini pada pasien dengan gangguan fungsi hati berat. • Hati-hati penggunaan obat ini pada pasien dengan gangguan ginjal. • Hati-hati penggunaan obat ini pada pecandu alkohol, karena dapat meningkatkan risiko kerusakan fungsi hati. • Obat ini masuk ke dalam kategori B dalam kemanan kehamilan, yang artinya studi pada binatang tidak menunjukkan efek samping, tapi belum dilakukan studi terkontrol pada manusia atau studi pada binatang menunjukkan adanya efek samping yang tidak muncul pada studi terkontrol pada wanita hamil di trimester I dan tidak menimbulkan efek untuk trimester berikutnya.

Jadi, sebaiknya penggunaan pada ibu hamil harus di bawah pengawasan dokter. • Penggunaan obat ini untuk ibu menyusui dan anak-anak juga sebaiknya di bawah pengawasan dokter. • Obat ini tidak boleh digunakan lebih dari 2 hari untuk meredakan demam dan tidak boleh digunakan lebih dari 5 hari untuk meredakan nyeri. Jika dalam jangka waktu tersebut gejala tidak membaik, segera hubungi dokter. • Diskusikan dengan dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan lain. Penggunaan Dumin bersama obat lain bisa dumin paracetamol obat apa timbulnya interaksi obat yang dapat menurunkan kinerja obat dan meningkatkan risiko efek samping.

Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Ringkasan • Dosis & Aturan pakai • Cara Kerja • Efek Samping • Kegunaan • Peringatan • Kontraindikasi • Hamil & Menyusui Dumin Supp obat apa?

Dumin Supp adalah obat yang digunakan untuk meredakan demam dan nyeri untuk segala usia, terutama digunakan pada bayi dan anak-anak.

Hal itu kerena bentuknya yang berupa cairan yang dimasukkan melalui rektal sehingga lebih mudah diberikan pada bayi dan anak-anak yang sulit diberikan obat secara oral maupun suntik. Biasanya kondisi ini disebabkan anak demam disertai muntah sehingga sulit menelan obat. Bahan aktif Dumin Supp berupa paracetamol merupakan obat penurun demam (antipiretik) dan pereda nyeri (analgesik) yang sudah sangat umum digunakan. Paracetamol juga cukup aman digunakan pada anak-anak ataupun ibu hamil karena efek sampingnya tidak sekuat obat pereda nyeri jenis OAINS atau lainnya.

Ringkasan Obat Dumin Supp Kandungan Per rektal tube: Paracetamol 125 mg/2,5 ml dan 250 mg/4 ml Jenis obat Analgesik Kategori Obat bebas Kegunaan Meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, flu dan menurunkan demam terutama pada bayi Konsumen Dewasa dan anak-anak Kehamilan Kategori B (aman) Produsen Actavis Harga Per rektal tub 125 mg/2,5 ml: Rp.

20.000, rektal tub 250 mg/4 ml: Rp. 28.000 Cara Kerja dan Fungsi Obat Dumin Supp Fungsi Dumin Supp dalam tubuh adalah untuk meredakan nyeri serta demam yang disebabkan berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot dan sendi, serta flu.

Bahan aktif Dumin Supp berupa paracetamol bekerja dengan cara menghambat sintesis prostaglandin, senyawa mediator penyebab nyeri dan peradangan.

Paracetamol dapat menghambat dumin paracetamol obat apa siklooksigenase (COX-1 dan COX-2), enzim inilah yang berperan dalam pembentukan prostaglandin. Dengan berkurangnya prostaglandin dalam sistem saraf tubuh, maka tubuh akan mengurangi respon terhadap nyeri. Paracetamol juga mempengaruhi hipotalamus yang mengatur suhu tubuh sehingga suhu tubuh dapat diturunkan. Indikasi dan Kegunaan Dumin Supp Dumin Supp digunakan untuk meredakan demam dan rasa nyeri akibat beberapa kondisi berikut ini: • Demam dan nyeri akibat flu.

• Nyeri sakit gigi. • Nyeri akibat sakit kepala. • Nyeri otot dan sendi. • Pada bayi digunakan untuk meredakan demam yang muncul setelah imunisasi. Kontraindikasi Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan: • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap paracetamol atau atau obat jenis OAINS. • Penderita gangguan fungsi hati berat. Dosis Dumin Supp dan Aturan Pakai Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb atau sesuai dosis yang tertera di kemasan obat.

Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum. Dosis Dumin Supp untuk meredakan nyeri dan demam • Dosis dewasa: 0,5-1 gram 4 sampai 6 jam sekali. Maksimal 4 gram per hari.

dumin paracetamol obat apa

• Dosis anak-anak: • Umur 3 bulan – 1 tahun: 60 – 125 mg, 4 – 6 jam sekali. Maksimal 4 dosis per hari.

dumin paracetamol obat apa

• Umur 1 – 5 tahun: 125 – 250 mg, 4 – 6 jam sekali dan maksimal 4 dosis per hari. • Umur 5 – 12 tahun: 250 – 500 mg, 4 – 6 dumin paracetamol obat apa sekali, maksimal 4 kali sehari. • Umur 12 – 17 tahun: 500 mg, 4 – 6 jam sekali, maksimal 4 kali sehari. Dosis Dummin Supp untuk meredakan demam pasca imunisasi • Dosis anak-anak: umur 2 – 3 bulan, 60 mg dalam dumin paracetamol obat apa tunggal atau ditambah dosis selanjutnya setelah 4 – 6 jam jika diperlukan.

Aturan pakai: • Gunakanlah obat ini pada area rektal, bentuknya yang berupa rektal tube dengan desain yang dapat langsung di aplikasikan ke dalam anus. • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakannya. • Penggunaan pada bayi harus berhati-hati, berikan obat ini saat bayi tenang. • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalnya tiga kali sehari berarti per 8 jam atau per 6 jam sekali.

Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari. • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih.

Tidak boleh menggandakan dosis Dumin Supp pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat. Efek Samping Dumin Supp Dumin Supp umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Dumin Supp meliputi: • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan konstipasi. • Sakit kepala. • Insomnia. • Trombositopenia. • Leukopenia. • Hipotensi. • Takikardia. • Efek samping fatal namun jarang terjadi adalah keracunan hati, nekrosis ginjal, atau reaksi hipersensitivitas.

Efek Overdosis Dumin Supp Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Dumin Supp dapat berupa pucat, mual dan muntah, sakit perut, kerusakan hati, hipotensi, edema, dan pankreatitis.

Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan ke dokter Anda. Peringatan dan Perhatian Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini: • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi paracetamol.

• Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita malnutrisi kronis, gangguan fungsi ginjal dan hati atau penderita ketergantungan alkohol. • Perhatian lebih harus diberikan untuk penggunaan pada anak-anak dan ibu hamil. Kehamilan dan Menyusui Bolehkah Dumin Supp untuk ibu hamil?

Bahan aktif Dumin Supp berupa paracetamol digolongkan dalam obat kategori B untuk ibu hamil pada sediaan rektal dan oral. Hal itu berarti studi pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan.

Oleh karena itu penggunaannya cukup aman namun tetap harus sesuai dosis yang dianjurkan. Bolehkah Dumin Supp untuk ibu menyusui? Bahan aktif Dumin Supp berupa paracetamol diketahui dapat masuk mengontaminasi ASI ibu menyusui. Namun efek paracetamol pada bayi dianggap tidak signifikan terhadap kesehatan bayi.

American Academy of Pediatrics juga menganggap obat ini aman digunakan selama masa menyusui. Interaksi Obat Hati-hati saat menggunakan Dumin Supp bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Dumin Supp dengan obat-obat berikut: • Colestyramine, mengurangi penyerapan paracetamol.

dumin paracetamol obat apa

• Rifampisin, menurunkan konsentrasi serum paracetamol. • Fenitoin, fenobarbital, karbamezepin, primidon, menurunkan konsentrasi serum. • Warfarin, kumarin, meningkatkan efek antikoagulan warfarin. • Chloramphenikol, dapat meningkatkan serum chloramphenikol.
Dumin syrup adalah obat yang digunakan sebagai penurun demam untuk segala usia dan pereda nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya.

Dumin syrup mengandung paracetamol, obat yang memiliki aktivitas sebagai antipyretic sekaligus analgetic. Berikut ini adalah informasi lengkap Dumin syrup yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik Actavis golongan Bisa diperoleh tanpa resep dokter kemasan Dumin syrup dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut : • botol 60 ml syrup Tersedia juga sediaan-sediaan berikut : • Dumin caplet 500 mg. • Dumin Rectal Tube cream 125 mg/2.5 ml dan Dumin Rectal Tube cream 250 mg/4 ml.

kandungan tiap kemasan Dumin syrup mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut : • Paracetamol 120 mg/5 ml syrup Sekilas tentang zat aktif (nama generik) Paracetamol yang dikenal juga dengan nama acetaminophen adalah obat yang digunakan sebagai analgetic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) yang bisa diperoleh tanpa resep dokter.

Meskipun paracetamol memiliki efek anti inflamasi, obat ini tidak dimasukkan sebagai obat NSAID, karena efek anti inflamasinya dianggap tidak signifikan. Cara kerja paracetamol yang diketahui sekarang adalah dengan cara menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri.

Dengan dihambatnya kerja enzim COX, maka jumlah prostaglandin pada sistem saraf pusat menjadi berkurang dumin paracetamol obat apa respon tubuh terhadap nyeri berkurang. Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan cara menurunkan hipotalamus set-point di pusat pengendali suhu tubuh di otak. Indikasi Kegunaan Dumin syrup (paracetamol) adalah untuk pengobatan kondisi-kondisi berikut : • Dumin syrup (paracetamol) digunakan untuk menurunkan dumin paracetamol obat apa pada segala usia.

Namun obat ini sebaiknya digunakan bila suhu tubuh sudah benar-benar tinggi dan membutuhkan terapi obat penurun panas. Rekomendasi WHO : penggunaan obat penurun panas dilakukan bila suhu tubuh lebih besar dari 38.5 °C dumin paracetamol obat apa °F). • Untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya. Pada nyeri yang lebih berat seperti nyeri pasca operasi biasanya dikombinasikan dengan NSAID atau analgetic opioid.

• Kombinasi paracetamol dengan kafein adalah obat lini pertama pada pengobatan migrain. • Paracetamol bisa dipilih untuk meredakan nyeri pada arthritis ringan, dengan efek yang sebanding dengan aspirin tetapi efek samping yang lebih ringan. • Obat ini adalah komponen utama pada obat flu dan pilek yang beredar luas di pasaran.

Kontra indikasi • jangan diberikan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap paracetamol. Efek samping Secara umum Dumin syrup (paracetamol) bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang, selama diberikan pada dosis yang dianjurkan.

Berikut adalah beberapa efek samping Dumin syrup (paracetamol) yang mungkin terjadi : • Obat ini bisa menyebabkan kerusakan hati terutama jika penggunaanya melebihi dosis yang dianjurkan. Potensi efek samping ini meningkat pada orang-orang yang mengkonsumsi alkohol.

• Efek samping ringan pada saluran pencernaan misalnya mual dan muntah. Pada penggunaan dosis yang lebih tinggi diketahui meningkatkan resiko terjadinya perdarahan lambung. • Efek samping pada ginjal relatif jarang. Namun pada penggunaan jangka panjang, dapat meningkatkan resiko kerusakan ginjal termasuk gagal ginjal akut. • Efek samping pada kulit kejadiannya jarang. Pada dumin paracetamol obat apa 2013, FDA (US Food and Drug Administration) memperingatkan kemungkinan terjadinya efek pada kulit seperti sindrom stevens-johnson dan nekrolisis epidermal toksik akibat pemakaian paracetamol, meski hal ini sangat jarang namun bisa fatal jika terjadi.

• Beberapa ahli menyarankan untuk menghindari penggunaan obat ini pada penderita asma terutama anak-anak, karena ada kemungkinan menyebabkan peningkatan resiko asma ataupun memperburuk penyakit asma yang telah diderita sebelumnya. • Reaksi hipersensitivitas akibat pemakaian obat ini sangat jarang, namun dumin paracetamol obat apa terjadi pertolongan medis harus segera diberikan karena bisa menyebabkan syok anafilaksis yang berakibat fatal • Beberapa ahli mengaitkan penggunaan paracetamol oleh ibu hamil, dengan resiko terjadinya asma pada anak-anak dan peningkatan ADHD.

Namun paracetamol tetap dianjurkan sebagai obat pilihan pertama untuk nyeri dan demam selama kehamilan, meski tetap harus memperhatikan resikonya. Perhatian Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan Dumin syrup adalah sebagai berikut : • Pemakaian Dumin syrup (paracetamol) harus dihentikan jika tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, arthralgia, pucat, atau tanda-tanda lainnya muncul, karena jika terjadi bisa berakibat fatal.

• Obat ini harus digunakan secara hati-hati pada pasien yang mempunyai penyakit asma. • Paracetamol diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI) meskipun dalam jumlah yang kecil. Obat ini adalah pilihan pertama sebagai pereda nyeri dan penurun panas bagi ibu menyusui, namun jika anda ragu berkonsultasilah dengan dokter jika anda ingin menggunakan Dumin syrup (paracetamol) saat menyusui.

• Meskipun dumin paracetamol obat apa Dumin syrup (paracetamol) terhadap perdarahan lambung relatif lebih kecil daripada obat-obat golongan NSAID, ada baiknya obat ini dikonsumsi setelah makan. • Jika anda mengkonsumsi alkohol, potensi terjadinya kerusakan hati sangat tinggi terutama pada pemakaian jangka panjang dan dosis yang lebih tinggi.

• Hati-hati menggunakan obat ini pada pasien dengan gangguan fungsi hati dan ginjal. Penggunaan oleh wanita hamil FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan paracetamol kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut : Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Hasil studi pada hewan tidak selalu bisa dijadikan ukuran keamanan penggunaan obat pada manusia. Oleh karena penelitian secara klinis yang terkendali dengan baik belum dilakukan, penggunaan obat-obat yang mengandung paracetamol oleh ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter. interaksi obat Berikut adalah interaksi Dumin syrup (paracetamol) dengan obat-obat lain : • Metoclopramide : meningkatkan efek analgetic.

• Carbamazepine, fenobarbital dan fenitoin : meningkatkan potensi kerusakan hati. • Kolestiramin dan lixisenatide : mengurangi efek farmakologis paracetamol. • Antikoagulan warfarin : paracetamol meningkatkan efek koagulansi obat ini sehingga meningkatkan potensi resiko terjadinya perdarahan. Dosis dumin syrup Dumin syrup (paracetamol) diberikan dengan dosis sebagai berikut : • Anak < 1 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml syrup. • Anak 1-3 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml syrup.

• Anak 3-6 tahun : 3-4 x sehari 5 ml syrup. • Anak 6-12 tahun : 3-4 x sehari 5-10 ml syrup. • Di atas 12 tahun : 3-4 x sehari 15-20 ml syrup. Bila perlu obat diberikan setiap 4 jam atau menurut petunjuk dokter. Pemberian tidak lebih dari 5 x sehari. Terkait • merk-merk obat dengan kandungan zat aktif paracetamol • Obat yang termasuk analgetic (pereda nyeri) • Obat yang termasuk antipiretik (penurun panas) Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Pesan Pengiriman Obat Ini Ingin beli obat ini?

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek.

Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

dumin paracetamol obat apa

Chat di WhatsApp Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app
Paracetamol adalah obat untuk meredakan demam dan nyeri, termasuk nyeri haid atau sakit gigi. Paracetamol atau acetaminophen tersedia dalam bentuk tablet, sirop, tetes, suppositoria, dan infus. Walaupun mekanisme kerjanya belum diketahui secara pasti, paracetamol diketahui bekerja pada pusat pengaturan dumin paracetamol obat apa yang ada di otak untuk menurunkan suhu tubuh saat seseorang sedang mengalami demam.

Selain itu, obat ini juga bisa menghambat pembentukan prostaglandin, sehingga bisa meredakan nyeri. Mer e k dagang paracetamol: Hufagesic, Mixagrip Flu, Naprex, Panadol, Paramex SK, Paramol, Poro, Sanmol, Tempra, Termorex, Oskadon. Bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona dan memerlukan pemeriksaan COVID-19, klik tautan di bawah ini agar Anda dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan terdekat: • Rapid Test Antibodi • Swab Antigen (Rapid Test Antigen) • PCR Apa Itu Paracetamol Golongan Obat bebas Kategori Obat penurun panas dan pereda nyeri ( analgesik dan antipiretik) Manfaat Meredakan demam dan nyeri Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak Paracetamol untuk ibu hamil dan menyusui Obat minum dan suppositoria Kategori B : Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Infus dan suntik Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin. Paracetamol dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bentuk obat Tablet, kaplet, sirop, tetes, infus, dan suppositoria.

Peringatan Sebelum Meng gunakan Paracetamol (Acetaminophen) Sebelum menggunakan paracetamol, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut: • Jangan menggunakan paracetamol jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.

• Konsultasikan dengan dokter jika Anda dumin paracetamol obat apa penyakit liver, penyakit ginjal, atau kecanduan alkohol. • Beberapa produk paracetamol sirup mungkin akan mengandung aspartame, dumin paracetamol obat apa dengan dokter jika Anda menderita diabetes atau fenilketonuria. • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda memberikan paracetamol kepada anak usia di bawah 2 tahun. • Paracetamol suntik hanya boleh diberikan oleh dokter di rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

• Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi suplemen, produk herbal, atau obat tertentu, seperti obat antikejang, obat batuk pilek, atau obat pengencer darah. • Konsultasikan dengan dokter perihal konsumsi obat penurun demam dan antinyeri, seperti paracetamol jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.

• Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan paracetamol. Dosis dan Aturan Pakai Paracetamol (Acetaminophen) Dosis paracetamol akan disesuaikan dengan bentuk sediaan obat, tujuan penggunaan, dan usia pasien.

Secara umum, berikut dosis paracetamol tablet atau suppositoria untuk meredakan nyeri dan demam, sesuai usia pasien: • Dewasa: 500-1.000 mg atau 10–15 mg/kgBB, tiap 4–6 jam. Dosis maksimal 4.000 mg per hari. • Bayi dan anak-anak: 10–15 mg/kgBB, tidak 4–6 jam. Dosis tidak boleh lebih dari 15 mg/kgBB per dosis. Dosis untuk anak-anak berusia dibawah 2 tahun akan ditentukan oleh dokter.

Khusus untuk paracetamol infus, dosis dan pemberiannya akan dilakukan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter sesuai kondisi pasien.

Cara Meng gunakan Paracetamol (Acetaminophen) dengan Benar Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada pada kemasan obat sebelum menggunakan paracetamol. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Paracetamol infus akan diberikan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Obat akan diberikan sesuai anjuran dokter. Paracetamol dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Untuk paracetamol sirop, kocok botol terlebih dahulu sebelum obat digunakan.

Gunakan sendok takar yang tersedia di dalam kemasan obat agar dosis lebih tepat. Paracetamol suppositoria digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam anus. Pastikan Anda membuka plastik pembungkusnya terlebih dahulu, kemudian masukkan obat bagian ujung yang lancip ke dalam dubur. Setelah obat masuk, duduk atau berbaring terlebih dahulu selama 10–15 menit hingga obat terasa meleleh. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah memasukkan paracetamol suppositoria. Paracetamol suppositoria perlu disimpan di dalam kulkas.

Hentikan penggunaan paracetamol jika keluhan tidak kunjung reda setelah 3 hari menggunakan obat ini.

dumin paracetamol obat apa

Simpan paracetamol di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Penggunaan p aracetamol untuk infeksi virus Corona Paracetamol merupakan obat penurun demam yang dianjurkan untuk meredakan demam akibat infeksi virus Corona (COVID-19). Dosis yang digunakan sama dengan dosis yang sudah dijelaskan di atas. Anda dapat menggunakan paracetamol sebagai pengobatan awal jika mengalami demam ringan. Namun, jika demam yang dialami tidak kunjung reda atau justru memburuk dan disertai sesak napas, segera periksakan diri ke dokter.

Interaksi Paracetamol (Acetaminophen) dengan Obat L ain Paracetamol dapat menimbulkan interaksi jika digunakan dengan obat lainnya.

dumin paracetamol obat apa

Berikut ini beberapa interaksi yang dapat terjadi: • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan jika digunakandengan warfarin • Penurunan kadar paracetamol dalam darah jika digunakan dengan carbamazepine, colestiramine, phenobarbital, phenytoin, atau primidone • Peningkatan risiko terjadinya efek samping obat busulfan • Peningkatan penyerapan paracetamol jika digunakan dengan metoclopramide, domperidone, chloramphenicol, atau probenecid • Peningkatan risiko terjadinya kerusakan hati jika digunakan dengan isoniazid Selain itu, jika paracetamol digunakan bersama alkohol maka bisa meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati.

Efek Samping da n Bahaya Paracetamol (Acetaminophen) Jika dikonsumsi sesuai anjuran dokter dan petunjuk penggunaan, paracetamol umumnya jarang menimbulkan efek samping. Namun, jika digunakan secara berlebihan dapat muncul beberapa efek samping berikut: • Sakit kepala • Mual atau muntah • Sulit tidur • Perut bagian atas terasa sakit • Urin berwarna gelap • Lelah yang tidak biasa • Penyakit kuning Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memburuk.

Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat setelah menggunakan obat ini.Dumin / Dumin RT merupakan sejenis obat yang tergolong dalam obat paracetamol. Seperti yang telah kita ketahui bahwa paracetamol merupakan obat yang telah banyak dikenal masyarakat dunia sebagai obat yang mampu menurunkan demam atau panas.

Dumin / Dumin RT juga dapat digunakan sebagai antipiretik atau pereda nyeri Meski Demikian, Dumin / Dumin RT bukanlah obat anti- inflamasi dan tidak mampu menghambat aktivitas tromboxane, sehingga obat ini tidak termasuk ke dalam golongan NSAID atau obat anti-steroid.

Dumin paracetamol obat apa bahan yang terdapat didalam Dumin / Dumin RT mampu menghambat kerja enzim cyclooxygenase, yang berperan dalam prostaglandin, sehingga mampu meredakan nyeri. Paracetamol juga bekerja dengan cara menurunkan hipotalamus di otak, dimana tempat ini memiliki peran penting sebagai pusat pengendali suhu tubuh normal manusia. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa.

Dumin paracetamol obat apa kemasannya, obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Komposisi: • Dumin Tablet: mengandung paracetamol 500 mg per tablet. • Dumin Sirup: mengandung paracetamol 120 mg per 5 ml. • Dumin Rectal Tube: mengandung paracetamol 125 mg per 2,5 ml dan 250 mg per 4 ml.

Fungsi Dalam dunia medis, Dumin / Dumin RT memiliki fungsi atau dumin paracetamol obat apa yang bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit, yaitu: • Untuk meredakan panas atau demam, • Meredakan Flu, • Meredakan Sakit Kepala, • Dismenore (kram pada perut), • Meredakan Nyeri Otot, • Sakit Gigi, dan • Nyeri Sendi.

Kontraindikasi Dumin / Dumin RT tidak cocok dikonsumsi oleh pasien yang memiliki hipersensitif terhadap acetaminophen atau paracetamol, dan penderita Fungsi Hati.

• Dumin Tablet • Untuk Dewasa: 3 x sehari 1 tablet, • Untuk Anak diatas 12 tahun: 3 x sehari 1 tablet, • Untuk Anak umur 5-12 tahun: 3x sehari setengah tablet, • Untuk Anak dibawah 5 tahun gunakan Dumin Sirup.

• Dumin Sirup • Untuk anak usia 0-1 tahun: 3 x sehari 2,5 ml, • Untuk anak usia 1-2 tahun: 3 x sehari 5 ml, • Untuk anak usia 2-6 tahun: 3 x sehari 5-10 ml, • Untuk anak usia 6-9 tahun: 3 x sehari 10-15 ml, • Untuk anak usia 9-12 tahun: 3 x sehari 15-20 ml. • Dumin RT • Untuk Dewasa: 3 x sehari 0.5-1 gr, • Untuk anak usia 7-12 tahun: 3 x sehari 125 mg, • Untuk anak usia 1-6 tahun: 3 x sehari 125 mg, • Untuk anak usia kurang dari 1 tahun: 3 x sehari 60 mg.

• Hentikan pemakaian obat apabila alergi, badan gatal – gatal tanpa sebab, sakit tenggorokan, ataupun gangguan lainnya yang dirasakan oleh tubuh ketika mengkonsumsi Dumin/ Dumin RT. • Untuk pasien penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, disarankan untuk lebih berhati – hati dalam mengkonsumsi obat ini.

• Minuman ber- alkohol mampu meningkatkan resiko kerusakan hati, apabila pasien mengkonsumsi obat ini. • Obat paracetamol ini juga beresiko pada penderita Asma, sehingga dalam penggunaannya harus berhati-hati. • Paracetamol tidak memiliki efek samping kepada ibu hamil atau menyusui, namun apabila terjadi hal yang buruk segera konsultasikan pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. • Simpan obat Dumin/ Dumin RT pada suhu ruangan yang terhindar dari paparan sinar matahari.

• Tags anti steroid, antipiretik, Dismenore, Dumin, dumin RT, Dumin/Dumin RT, enzim cyclooxygenase, hematologi, hipotalamus, merek obat d, NSAID, nyeri sendi, Obat Demam, obat dumin, Obat Flu, obat kram perut, obat nyeri, obat penurun panas, Obat Pereda Nyeri, obat sait gigi, obat sakit kepala, pankreatitis, paracetamol, prostaglandin, Rectal Tube, tromboxane Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Nama Generik: Paracetamol Golongan obat: Obat Bebas Harga Dumin kaplet: Rp 6.000 - Rp 12.000 / Strip Harga Dumin sirup: Rp 20.000 - Rp 42.000 / botol Harga Dumin enema 125 mg/2.5 ml: Rp 15.000 - Rp 30.000 / rectal tube Harga Dumin enema 250 mg/5 ml: Rp 16.000 - Rp 40.000 / rectal tube.

Pengertian Dumin Dumin adalah salah satu merek dagang obat dengan kandungan paracetamol. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk meringankan nyeri, antara lain akibat sakit kepala, sakit gigi, sekaligus demam. Obat Dumin dapat juga diberikan untuk meredakan nyeri pasca-imunisasi.

Dumin tersedia dalam beberapa macam bentuk yaitu kaplet, sirup, suspensi, dan enema (digunakan melalui anus). Keterangan Dumin 1.

dumin paracetamol obat apa

Kategori Analgetik dan Antipiretik 2. Kandungan Kaplet Paracetamol 500 mg. Sirup 125 mg/5mL Suspensi Paracetamol 250 mg/ 5 mL Enema Paracetamol 250 mg/ 4 mL dan 125 mg/ 2.5 mL 3. Kemasan 1 Strip @ 10 Kaplet; botol 60 mL; 1 alubag @ 1 Rectal tube @ 4 mL dan 2.5 mL 4.

Farmasi Actavis Artikel Lainnya: Komplikasi yang Dapat Terjadi Saat Anak Demam Kegunaan Dumin 1. Indikasi Dumin digunakan untuk meringankan sakit pada keadaan sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam. 2. Kontraindikasi Obat Dumin tidak disarankan bagi pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap paracetamol dan pasien dengan riwayat penurunan fungsi hati. Cek Dosis Umum dan Cara Pakai Dumin 1. Dosis Dewasa Kaplet: 1 tablet, diminum 3-4 kali sehari, sesudah makan Enema: 0,5-1 gram setiap 4-6 jam, maksimal 4 gram/hari 2.

Dosis Anak Sirup: • Anak 0-1 tahun: ½ sendok takar (2.5 mL), 3-4 kali sehari • Anak 1-2 tahun: 1 sendok takar (5 mL), 3-4 kali sehari • Anak 2-6 tahun: 1-2 sendok takar (5-10 mL), 3-4 kali sehari • Anak 6-9 dumin paracetamol obat apa 2-3 sendok takar (10-15 mL), 3-4 kali sehari • Anak 9-12 tahun: 3-4 sendok takar (15-20 mL), 3-4 kali sehari. Suspensi: • Usia 6-12 tahun: 5-10 mL, 3-4 kali sehari.

• Usia diatas 12 tahun: 10-12.5 mL, 3-4 kali sehari. Enema: • Usia 3 bulan - • Usia 1 - • Usia 5 - • Usia 12-17 tahun: 500 mg • Diberikan setiap 4-6 jam jika diperlukan. Maksimal 4 dosis/hari. Namun demikian, penggunaan obat Dumin dapat disesuaikan dengan anjuran dokter. Artikel Lainnya: Tanda Tumor Otak Mengintai Anda Efek Samping Dumin Penggunaan paracetamol dapat menimbulkan sejumlah efek samping.

Misalnya, masalah mual, muntah, konstipasi, ruam kulit, serta kelainan darah seperti trombositopenia, leukopenia, dan neutropenia. Bahkan, penggunaan dalam jangka panjang serta berlebihan yang tidak diawasi dokter dapat menyebabkan kerusakan hati. Itulah pentingnya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat Dumin.

Bagaimana Cara Penggunaan Dumin yang Benar? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan Dumin. Berikut ulasannya. • Walaupun paracetamol tergolong obat bebas, selalu perhatikan petunjuk penggunaan pada kemasan atau anjuran dokter. • Jangan konsumsi Dumin melebihi dosis yang dianjurkan. • Untuk Dumin suspensi, kocok dahulu sebelum digunakan.

Gunakan sendok takar atau pipet yang sudah disediakan. • Dumin enema/ rectal tube digunakan dengan cara dimasukkan kedalam dubur (anus). • Jika kondisi Anda berlanjut, gejala memburuk atau muncul gejala baru, segera konsultasikan dengan dokter.

• Jangan gunakan obat Dumin lebih dari 3 hari, kecuali jika dianjurkan oleh dokter. • Ingatlah bahwa paracetamol hanya membantu meringankan gejala, bukan untuk menyembuhkan penyakit. • Simpan Dumin pada suhu kamar, di tempat kering, dan terlindung dari matahari. Dumin enema bisa disimpan di kulkas, tapi bukan freezer. Artikel Lainnya: Saat Anak Demam, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Konsumsi Dumin?

Sebelum mengonsumsi Dumin, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi Paracetamol. Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki penyakit ginjal ataupun gangguan fungsi hati.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang dalam kondisi hamil ataupun menyusui. Perhatikan pula jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol. Penggunaan parasetamol pada orang yang minum alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan fungsi hati. Bolehkah Saya Konsumsi Dumin dengan Obat Lain? Umumnya, paracetamol dapat dikombinasikan dengan obat lain. Misalnya, obat flu dan antibiotik. Namun, paracetamol juga dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersama obat-obat tertentu. Misalnya, Rifampisin, Warfarin, Phenytoin, Phenobarbital, Probenesid, Kloramfenikol, dan domperidone.

Sebelum makan parasetamol, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan di atas. Artikel Lainnya: Muncul Ruam saat Demam? Waspada Sindrom Sweet! Bagaimana Jika Saya Lupa Konsumsi Satu Dosis Dumin? Paracetamol dapat diminum 3-4 kali sehari. Jika tidak sengaja terlewat, abaikan dosis sebelumnya. Jangan pernah menggandakan dumin paracetamol obat apa pada waktu minum selanjutnya, ya. Apakah Dumin Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Paracetamol termasuk dalam kategori B. Artinya, penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pada janin. Namun demikian, belum ada penelitian pada sistem reproduksi manusia sehingga keamanannya belum dapat dipastikan. Hanya saja, dumin paracetamol obat apa ibuprofen dan aspirin, parasetamol merupakan pereda nyeri pilihan yang dapat digunakan selama hamil. Untuk Ibu menyusui, paracetamol masih tergolong aman dikonsumsi, meski dapat terserap ke dalam ASI. Hal yang terpenting tetap perhatikan dosis anjuran dumin paracetamol obat apa kemasan.

Konsultasikan juga kepada dokter sebelum menggunakan obat Dumin. Ditinjau: Apt. Evita Fitriani., S. Farm

[1STRIP= 10 TABLET] DUMIN / DEMAM SAKIT NYERI KEPALA GIGI OTOT MERIANG / PANAS FLU ANAK DEWASA




2022 www.videocon.com