Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

Komponen penyusun ekosistem dibedakan menjadi dua, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik merupakan komponen fisik dan kimia yang memengaruhi kehidupan organisme dalam suatu ekosistem. Jenis komponen abiotik yang terdapat dalam suatu ekosistem antara lain air, udara, cahaya matahari, kelembapan, suhu, angin, tanah dan batuan, topografi, iklim, serta pH.

Sementara itu, komponen biotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang meliputi semua jenis makhluk hidup. Komponen biotik dibedakan menjadi empat, yaitu produsen (misal tanaman cabai), konsumen (misal ulat), dekomposer (misal jamur), serta detritivar (misal cacing tanah).

Di dalam ekosistem racing tanah, siput, dan luing berperan sebagai detritivor Detritivor merupakan makhluk hidup yang memakas serpihan-serpihan organik.

Adapun produsen merupakan makhluk hidup yang dapat menyintesis makanannya sendiri, misal tumbuhan. Konsumen merupakan makhluk hidup yang memperoleh energi dengan memakan atau memangsa organisme lain, misal belalang (konsumen primer) dan katak (konsumen sekunder) Dekomposer merupakan makhluk hidup yang berperan menguraikan sisa produk organisme atau organisme yang mati menjadi bahan anorganik, misal bakteri dan jamur.

Suhu termasuk salah satu komponen abiotik dalam ekosistem. Tinggi rendahnya suhu udara sangat ditentukan oleh intensitas cahaya matahari yang diterima. Makin tinggi intensitas cahaya matahari yang diterima maka suhu udaranya akan makin meningkat Setiap makhluk hidup memiliki batas minimal optimal, dan maksimal terhadap suhu tertentu. Sementara itu, komponen abiotik yang diperlukan organisme tertentu untuk melangsungkan proses fotosintesis adalah cahaya matahari.

Komponen ahistik yang memengaruhi kecepatan penguapan air dari permukaan tubuh organisme serta dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari yang diterima dan kadar uap air di udara adalah kelembapan udara. Komponen abiotik yang mempunyal hubungan erat dengan komunitas tumbuhan dan kesuburan tanah adalah iklim.

Dekomposer merupakan makhluk hidup yang berperan menguraikan sisa produk organisme atau organisme yang mati menjadi bahan anorganik misal bakteri (angka III) dan jamur (angka IV).

Sementara itu, gambar I menunjukkan cacing tanah. Cacing tanah berperan sebagai detritivor. Detritivor merupakan organisme yang memakan serpihan-serpihan organik (detritus). Gam merah. Gambar II menunjukkan Algae Algae merah berperan sebagai produsen. Produsen merupakan makhluk hidup yang dapat menyintesis makanannya sendiri. Gambar V menunjukkan jangkrik. Jangkrik berperan sebagai konsumen.

Konsumen merupakan makhluk hidup yang memperoleh energi dengan memakan atau memangsa organisme lain. Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi hewan dan tumbuhan yang terdapat di suatu tempat dan saling berinteraksi. Sebagai contoh, sekelompok sapi dan kambing yang hidup di padang rumput. Adapun bioma adalah ekosistem besar yang meliputi suatu daerah yang luas serta memiliki flora dan fauna yang khas.

Individu adalah satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Populasi adalah sekelompok individu sejenis yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu. Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk hubungan timbal balik. Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk hubungan timbal balik. Sebagai contoh, ekosistem terumbu karang (gambar pilihan a).

Sementara itu. gambar pilihan br gambar pilihan d menunjukkan populasi zebra, mbar pilihan e menunjukkan populasi jerapah. Populasi adalah sekelompok individu sejenis yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu. Gambar pilihan c menunjukkan seekor singa yang merupakan individu.

Individu merupakan suatu makhluk hidup tunggal. Organisme autotrof adalah organisme yang mampu membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis, misal fitoplankton dan Algae. Adapun zooplankton, udang, kepiting, dan ikan pari merupakan organisme heterotrof. Heterotrof sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan organisme yang tidak mampu membuat makanannya sendiri sehingga untuk memenuhi kebutuhan makanannya, organisme ini membutuhkan organisme lain.

Konsumen tingkat pertama (konsumen primer) merupakan konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misal hewan pemakan tumbuhan (herbivora), yaitu belalang.

wereng, dan capung, Konsumen tingkat kedua (konsumen sekunder) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama, misal katak memakan belalang. Konsumen sekunder merupakan hewan pemakan daging (karnivora). Konsumen tingkat (konsumen tersier) merupakan konsumes memakan konsumen tingkat kedua, misal pemakan katak. Adapun jamur berperan sebagai dekomposer atau pengural. Interaksi yang mungkin terjadi dalam ekosiste kebun pada jaring-jaring makanan tersebut adalah simbiosis mutualisme antara tanama tomat dan kupu-kupu.

Simbiosis mutualis merupakan hubungan antara dua jenis mald hidup yang saling menguntungkan. Dalam interaksi tersebut, kupu-kupu dan tanamas tomat saling menguntungkan. Kupu-kupu diuntungkan karena memperoleh makanan yang berupa nektar bunga yang berasal dari bump tanaman tomat. Sementara itu, tanaman tomat diuntungkan karena kupu-kupu membanta proses penyerbukan. Selain terjadi interale yang saling menguntungkan, pada jaring-jaring makanan tersebut juga terjadi interaksi predal Predasi adalah interaksi antarmakhluk hidup yang terjadi ketika salah satu makhluk hidup memangsa makluk hidup lain.

Sebagai contoh ayam memakan ulat, katak memakan kape kupu, serta ular memakan katak dan ayam Adapun kupu-kupu dengan ulat tidak terja interaksi yang saling memengaruhi satu sama lain karena keduanya memakan bagian tanaman yang berbeda. Kupu-kupu mengisap nektardan tomat, sedangkan ulat memakan daun tanaman tomat. Ayam dengan katak juga tidak sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan interaksi satu sama lain karena ayam memaka ulat dan katak memakan kupu-kupu.

Sementa itu, simbiosis komensalisme terjadi apabila dua jenis makhluk hidup berinteraka sehingga salah satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan.

tetapi yang lainnya tidak mendapatkan keuntungan dan tidak dirugikan. Simbiosis parasitisme terjadi apabila dua jenis makhluk hidup saling berinterales, makhluk hidup yang satu memperoleh keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain dirugikan.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

Kompetisi adalah jenis interaksi antarorganisme yang bersaing untuk bertahan hidup. Adapun hubungan antara tanaman tomat dan ulat adalah simbiosis parasitisme Simbiosis parasitisme terjadi jika dua spesies hidup bersama, satu spesies diuntungkan dan spesies yang lain dirugikan. Ulat diuntungkan karena mendapat makanan, sedangkan tanaman tomat dirugikan karena daunnya dimakan ulat.

Hubungan antara tumbuhan paku tanduk rusa dan pohon mangga disebut simbiosis komensalisme. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Dalam interaksi tersebut, tumbuhan palou tanduk rusa diuntungkan karena mendapat tempat hidup pada pohon yang ditumpanginya, sedangkan pohon mangga tidak dirugikan dan tidak diuntungkan dengan keberadaan tumbuhan paku tanduk rusa tersebut.

Interaksi antara tanaman raflesia dengan akar tumbuhan liana menunjukkan simbiosis parasitisme. Simbiosis parasitisme terjadi jika dua spesies hidup bersama satu spesies diuntungkan dan spesies yang lain dirugikan. Dalam interaksi tersebut, tanaman raflesia diuntungkan karena mendapatkan nutrist dari tanaman liana, sedangkan tanaman liana dirugikan karena nutrisinya diserap sehingga pertumbuhannya tidak optimal.

Jenis interaksi antara naman rallesia dengan akar tumbuhan lana sama dengan interaksi antara tali potri dengan tumbuhan beluntas. Dalam interaksi tersebut, tali putri mendapat keuntungan karena menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan beluntas untuk metabolisme, sedangkan tumbuhan beluntas dirugikan karena sari-sari makanan hasil fotosintesis digunakan untuk metabolisme tali putri sehingga tumbuhan beluntas kekurangan makanan. Sementara itu, interaksi antara tumbuhan lumut dengan pangkal pohon jambu dan interaksi antara ikan hlu dengan ikan cemora menunjukkan simbiosis komensalisme.

Simbiosis komentalisme terjadi jika dua spesies hidup bersama yang satu spesies diuntungican, sedangkan spesies yang lain tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Interaksi antara ikan badut dengan anemon laut dan interaksi antara burung jalale dengan kerbau menunjukkan simbiosis mutualisme Simbiosts mutualisme terjadi jika dua spesies hidup bersama dan saling menguntungkan satu sama lain.

Kompetisi merupakan jenis interaksi ancaruranisme yang saling bersaing untuk bertahan hidup, misalnya bersaing dalam mendapatkan makanan, daerah kekuasaan, dan pasangan hidup. Kompetisi dibedakan menjadi dua, yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik. Kompetisi interspesifik terjadi antara individu-individu berbeda spesies. Sebagai contoh, burung gelink dan burung ketilang memperebutkan serangga yang sama. Sementara itu, kompetisi intraspesifik terjadi antara individu-individu dalam satu spesies.

Sebagai contoh, dua ekor kucing memperebutkan tikus, sesama singa jangan berkelahi memperebutkan singa betina, sesama ayam betina berkelahi memperebutkan makanan, dan dua serigala jantan berkelahi mempembutkan daerah kekuasaan. Simbiosis komensalisme terjadi jika dua spesies hidup bersama, satu spesies diuntungkan sedangkan spesies yang lain tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Sebagai contol interaksi antara tanaman anggrek despas tumbuhan inang (Gambar 1)) dan interaks antara ikan hiu dengan ikan remora (Gambar 5 Tanaman anggrek diuntungkan karena menda tempat hidup pada pohon yang ditumpanging sedangkan tumbuhan inang tidak dirugikas dan tidak diuntungkan dengan keberadaan tanaman anggrek tersebut.

Sementara itu ikan remora diuntungkan sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan mendapal perlindungan dan makanan dari sisa-sisa kan hiu, sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan dan tidak dirugikan dengan keberadaan ikan remora tersebut. Adapun simbiosis mutualisme terjadi jika dua spesies hidup bersama dan saling menguntungkan satu sama lain. Sebagai contoh interaksi antara kudanil dengan burung banga (Gambar 3)) dan interaksi antara ikan badat dengan anemon laut (Gambar 4)).

Burung banga diuntungkan karena mendapat makanan berupa kutu yang terdapat pada kudanil, sedangkan kudanil diuntungkan karena tubuhnya tidak gatal akibat kutu dimakan oleh burung banga Anemon laut diuntungkan karena ikan badut akan memakan parasit berbahaya yang melekat pada tentakel anemon laut dan membersihkan anemon laut dari kotoran, sedangkan ikas badut diuntungkan karena anemon akan memberikan perlindungan pada ikan badut dari serangan predator seperti ikan kupu-kupu Gambar 2) menunjukkan interaksi antara tall putri dengan tanaman teh-tehan.

Interaksi ini menunjukkan simbiosis parasitisme. Simbiosis parasitisme terjadi jika dua spesies hidup bersama, satu spesies diuntungkan dan spesies yang lain dirugikan. Tali putri mendapat keuntungan karena menyerap sari-sari makanan dari tanaman tehan untuk metabolisme, sedangkan tanaman teh-tehan dirugikan karena sari-sari makanan hasil fotosintesis digunakan untuk metabolisme tali putri sehingga tanaman teh-tehan kekurangan makanan.

14. Jamur Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan termasuk jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik Jamur ini dapat berinteraksi dengan bakteri Gram positif. Jamur Penicillium menghasilkan. racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif.

Sementara itu, jamur Penicillium tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara jamur Penicillium dengan bakteri Gram positif disebut.

Interaksi antara jamur Penicillium dengan bakteri Gram positif menunjukkan simbiosis amensalisme. Simbiosis amensalisme terjadi pada dua organisme berbeda spesies yang saling berinteraksi, satu spesies dirugikan sedangkan spesies yang lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Bakteri Gram positif dirugikan karena jamur Penicillium menghasilkan racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif. Sementara itu, jamur Penicillium tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Simbiosis komensalisme abzo terjadi jika dua spesies hidup bersama, satu spesies diuntungkan sedangkan spesies yang lain tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan.

Simbiosis mutualisme terjadi jika dua spesies hidup bersama dan saling menguntungkan satu sama lain. Simbiosis parasitisme terjadi jika dua spesies hidup bersama, satu spesies diuntungkan dan spesies yang lain dirugikan. Kompetisi interspesifik merupakan jenis interaksi antarorganisme yang saling bersaing untuk bertahan hidup yang terjadi antara individu-individu berbeda spesies. 15. Pada awalnya tupai merah hanya hidup di Inggris. Tupai merah ini merupakan hewan asli yang terdapat di Kepulauan Inggris.

Namun, pada tahun 1876 tupai merah mengalami kepunahan ibat tupai abu-a dari dibawa masuk ke Inggris. Tidak lama kemudian, tupai merah menghilang dari Kepulauan Inggris. Saat ini tupai merah hanya dapat ditemukan di pulau-pulau yang tidak terdapat tupai abu abu amerika di dalamnya. Berdasarkan uralan tersebut, mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Dua atau lebih organisme yang berbeda spesies akan berkompetisi jika organisme-organisme tersebut berada di habitat dan relung yang sama.

Umumnya organisme-organisme yang berkompetisi dalam memperebutkan sumber daya merupakan organisme-organisme spesialis artinya organisme-organisme yang hanya dapat hidup dengan tipe atau variasi habitat dan makanan yang terbatas. Tupai merah dan abu-abu adalah dua organisme yang memiliki jenis makanan yang sama, yaitu biji-bijian. Tupai merah bisa punah pada habitat yang di dalamnya diintroduksi oleh tupai abu-abu karena kemungkinan besar tupai abu-abu memiliki potensial reproduksi yang lebih tinggi dibandingkan tupai merah.

Akibatnya, tupai merah akan kalah bersaing dalam memperebutkan sumber daya yang terbatas dan akhirnya punah. Hal ini dibuktikan pada habitat habitat yang tidak terdapat tupai abu-abu, tupai merah tetap bisa mempertahankan populasinya. 4. Dalam ekosistem hutan terdapat sekelompok harimau dan sekelompok singa. Sekelompok harimau dan sekelompok singa tersebut mengendap-endap di dekat sekelompok rusa Interaksi yang terjadi antara sekelompok harimau dan sekelompok singa adalah.

. Sementara itu, interaksi antara sekelompok harimau dan sekelompok singa dengan sekelompok rusa tersebut adalah. Dekomposer (pengurai) merupakan organisme yang berperan menguraikan sisa-sisa bahan organik untuk memperoleh makanan atau bahan organik yang diperlukan.

Proses tersebut memungkinkan zat-zat organik yang kompleks terurai menjadi zat-zat anorganik yang lebih sederhana. Zat-zat anorganik tersebut kemudian dimanfaatkan kembali oleh produsen.

Organisme yang termasuk dekomposer, yaitu bakteri dan jamur. Sementara itu, siput dan luing berperan sebagai detritivor. Detritivor merupakan organisme yang memakan partikel organik atau detritus. Detritus merupakan hancuran jaringan hewan atau tumbuhan.

Jadi, aktivitas detritivor sangat membantu dalam proses penguraian bahan-bahan organik karena detritivor dapat memecah bahan-bahan organik menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga mudah diuraikan oleh dekomposer. Dengan demikian, pernyataan pada soal adalah benar. Interaksi antara cacing tanah dengan tanah merupakan contoh saling ketergantungan antara komponen biotik dengan abiotik.

Cacing tanah membutuhkan tanah sebagai tempat hidupnya. Bagi tanah, keberadaan cacing tanah dapa meningkatkan kesuburan tanah karena sis sisa metabolisme cacing tanah mengandung berbagai jenis unsur hara. Selain itu, cacing tanah juga dapat meningkatkan kegemara tanah karena cacing tanah membuat lobang lubang di dalam tanah sehingga oksigen dapat masuk ke tanah. 3. Dalam ekosistem kebun ditanami beberapa tanaman cabal, ada lima ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burver ketilang hinggap di dahan pohon rambutas Di batang pohon rambutan terdapat hanya semut.

Terlihat juga seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang tanaman pisang dan memberi makan sepuluh ekor itik. Berdasarios uraian di atas, ada berapa macam populasi yang terdapat dalam ekosistem tersebut? Jelaskan jawaban Anda! Lumut kerak merupakan hasil interaksi antara jamur dengan ganggang hijau biru. Interaks tersebut termasuk simbiosis mutuallime. Simbiosis mutualisme bersifat saling meng untungkan kedua organisme. Ganggang hijas biru diuntungkan karena memperoleh air dar jamur untuk fotosintesis, sedangkan jamur diuntungkan karena mendapat makanan dan hasil fotosintesis ganggang hijau biru.

Interaksi antara kambing dan ayam disebat netral. Netral adalah interaksi antara dua jen makhluk hidup yang tidak saling memengaruhi meskipun tinggal di habitat yang sama. Di antara kedua jenis makhluk hidup tersebut tidak ada yang diuntungkan maupun yang dirugikan Kambing dan ayam memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya jenis sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan berbeda sehingga tidak saling memengaruhi satu sama lain.

A. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT ! 01. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut … a. ekosistem b. ekologi c. komunitas d. populasi 02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem : • rumput, air, udara • udara, tanah, air • batu, semut, oksigen • oksigen dan air • sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan dan oksigen yang termasuk komponen abiotik adalah … a.

1,2,3 b. 1,4,5 c. 2,4,5 d. 3,4,5 03. Perhatikan gambar ! Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah … a. hutan b. di atas pohon c. di udara d. semak belukar 04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah … a.

hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya b. ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu 05.

Perhatikan gambar ! Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut … a. individu b. populasi c. komunitas d. ekosistem 06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi .

a. individu, komunitas, populasi, bioma b. spesies, genus, familia, ordo c. produsen, konsumen, dekomposer d. konsumen, autotrof, heterotrof 07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu … a.

tanah, arus, cahaya matahari b. cahaya matahari, cuaca, tanah c. tanah, pasang surut, kadar garam d. suhu, gelombang, letak geografis 08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada … a.

jenis makanannya b. cara mencerna makanannya c. cara menangkap makanannya d. tempat memperoleh makanannya 09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah … a.

tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk b. penghijauan terhadap tanah yang gundul c. manusia membutuhkan air dan oksigen d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring 10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah … a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati b.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah 11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena … a. daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen c.

bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah 12. Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber … a. oksigen dan makanan b. karbondioksida dan makanan c. nitrogen dan makanan d. oksigen dan karbondioksida 13.

Tanaman air dalam akuarium berguna untuk : a. memperindah akuarium b. agar akuarium tampak hijau c. menyediakan oksigen bagi ikan d. menyerap kotoran ikan 14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sebuah ekosistem disebut … a. pemangsa b. hukum rimba c. komensalisme d. rantai makanan sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan. Singa dan harimau dengan rusa di padang rumput. Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau disebut … a.

kompetisi b. predasi c. simbiosis d. rantai makanan 16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut … a. netralisme b.

predasi c. simbiosis d. kompetisi 17. Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem : • ikan hiu dan ikan remora • benalu dengan pohon mangga • bunga dan lebah • akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium • kerbau dan burung jalak • manusia dan kutu rambut • sapi dan cacing hati Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah … a.

1,3,4, b. 1,2,6, c. 4,5,7 d. 3,4,5, 18. Dalam ekosistem air terdapat : • anak ikan mujair • fitoplankton • lele • zooplankton Urutan rantai makanan yang benar adalah … a. 2-3-4-1 b. 2-4-1-3 c. 2-4-5-1 d. 4-3-2-1 19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ! Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah … a. burung, ular, kucing b. tikus, kucing, burung c. kelinci, ulat, sapi d. bakteri, belalang, burung 20.

Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah … a. produsen b. konsumen I c. konusmen II d. konsumen III 21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali … a.

memelihara hewan langka di rumah b. budidaya kultur jaringan c. penangkapan hewan musiman d. sistem tebang pilih 22. Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain : a.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

penebangan hutan untuk lahan perumahan b. penangkapan ikan dengan jaring c. penebangan hutan untuk lahan pertanian d. perburuan binatang liar 23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila … a. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam b. terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem d. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem 24.

Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut … a. kebun binatang b. cagar alam c. hutan lindung d. suaka margasatwa 25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain … a. penangkapan ikan dengan pukat harimau b. penebangan hutan secara liar c. perburuan hewan-hewan liar d. gunung meletus B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT ! • Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem.

Jelaskan mengapa terjadi demikian ! • Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ? • Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ? • Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ? • Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ?

LAYIHAN LAGI PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT ! 01. IPA disebut juga sains yang terdiri dari … a. Fisika, Kimia, Sosiologi b. Farmasi, Kimia, Biologi c. Fisika, Kimia, Biologi d. Psikologi, Fisika, Biologi 02.

IPA merupakan ilmu yang mempelajari … a. Hubungan antar manusia b. Alam semesta dan interaksi yang terjadi di dalamnya c. Bumi dan bentang alamnya d. Galaksi dan tata surya 03. Cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari tumbuhan, hewan, dan lingkungan berturut-turut adalah … a. Biologi, fisiologi, ekosistem b.

Botani, zoologi, ekologi c. Taksonomi, botani, ekologi d. Zoologi, botani, morfologi 04. Berikut ini merupakan kelompok abiotik yaitu : a. Air, udara, tanah, bakteri b. Suhu, kelembaban, virus, telur c. Cahaya, suhu, udara, mineral d. Tanah, air, api, spora 05. Perhatikan data berikut ! • Es meleleh ketika dipanaskan • Burung bertelur untuk melestarikan keturunannya • Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari setelah turun hujan • Daun putri malu mengatup ketika disentuh Data yang menunjukkan gejala alam biotik adalah nomor : a.

1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 06. Berikut ini merupakan contoh faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik, yaitu : a. Tumbuhan memerlukan cahaya dan karbondioksida untuk berfotosintesis b. Ikan memerlukan air untuk minum dan tempat hidupnya c. Cacing tanah mengeluarkan kotoran dan membuat rongga-rongga dalam tanah sehingga dapat menyuburkan tanah d.

Tanaman strawberry perlu suhu udara yang dingin untuk tumbuh dan berbuah dengan baik 07. Berikut ini merupakan contoh faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik, yaitu : a. Ketika berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen b. Hewan mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah c. Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik d.

Daun-daun yang berserakan di permukaan tanah akan membusuk dan membentuk humus 08. Kegiatan menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan disebut … a. penafsiran b. analisis c. memprediksi d. penyelidikan 09.

Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian sering disebut dengan … a. metode ilmiah b. sistem ilmiah c. sikap ilmiah d. laporan ilmiah 10. Langkah pertama dalam pelaksanaan metode ilmiah adalah …. a. Mengumpulkan data b. Merumuskan masalah c. Mengambil hipotesis d. Melakukan eksperimen 11. Langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah …. a. Perumusan masalah b. Eksperimen c. Menarik kesimpulan d. Mengumpulkan data 12. Tujuan utama penggunaan metode ilmiah adalah : a.

Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia b. Mengubah sikap manusia menjadi lebih ilmiah c. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya penemuan-penemuan baru d. Meningkatkan penggunaan teknologi baru 13. Jawaban sementara dari permasalahan yang akan dipecahkan disebut … a. hipotesis b. kesimpulan c. eksperimen d. rumusan masalah 14. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk : a. metode ilmiah b. sistem ilmiah c. sikap ilmiah d. laporan ilmiah 15.

Tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian adalah agar … a. Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain b. Menunjukkan kemampuan kita kepada publik c. Mempererat hubungan ilmuwan dengan masyarakat d. Mencari keuntungan dari hasil publikasi 16. Pernyataan berikut yang bukan fakta adalah : a.

Batang tampak beruas-ruas b. Mahkota bunga berjumlah ganjil c. Bunganya berbau sedap d. Penyerbukan terjadi karena adanya serangga 17. Langkah-langkah metode ilmiah : • Merumuskan masalah • Melakukan pengamatan dan mengumpulkan data sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan Melakukan eksperimen/percobaan • Merumuskan hipotesis/dugaan sementara • Menarik kesimpulan • Menguji kesimpulan dengan mengulang percobaan lagi Urutan langkah-langah metode ilmiah yang benar adalah … a.

1,2,4,3,5,6 b. 2,1,3,4,5,6 c. 1,4,2,3,5,6 d. 2,1,4,3,5,6 18. Pak Budi ingin meneliti tentang penyebab kematian ikan-ikan di kolamnya. Pak budi menduga bahwa penyebab kematian ikan-ikan tersebut adalah infeksi sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan jamur.

Langkah-langkah metode ilmiah yang telah dilakukan oleh Pak budi tersebut telah sampai pada tahap … a. Menemukan masalah b. Mengumpulkan data c.

Merumuskan hipotesis d. Menarik kesimpulan 19. Variabel dalam sebuah percobaan yang dapat diubah-ubah disebut : a. Variabel kontrol b. Variabel bebas c.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

Variabel terikat d. Variabel pengganggu 20. Variabel bebas pada percobaan tentang “pengaruh jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan lele” adalah : a. Jumlah pakan yang diberikan b. Jenis pakan yang diberikan c. Waktu pemberian pakan d. Jenis dan usia ikan lele 21. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali : a.

Mencintai kebenaran dan ulet b. Teliti dan hati-hati c. Ingin tahu dan optimis d. Manipulasi dan pesimis 22. Data hasil eksperimen yang tidak disajikan dalam bentuk angka disebut data : a. Kualitatif b.

Kuantitatif c. Primer d. Sekunder 23. Pengukuran suhu menggunakan termometer akan menghasilkan data yang bersifat ….

a. Fisika b. Kimia c. Kualitatif d. Kuantitatif 24. Perhatikan data berikut ! • Warna bunganya kuning • Lebar daunnya 4 cm – 5 cm • Batangnya kuat • Jumlah kelopak bunganya enam Data pengamatan di atas yang bersifat kuantitatif adalah nomor : a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 25. Pada sebuah penelitian diambil rumusan masalah : “Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan biji”.

Hipotesis dari masalah tersebut adalah … a. Cahaya tidak berpengaruh terhadap perkecambahan biji b. Cahaya berpengaruh sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan perkecambahan biji c. Cahaya mempercepat perkecambahan biji d. Cahaya memperlambat perkecambahan biji B. JAWABLAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN TEPAT !

• Sebutkan 5 cabang ilmu biologi disertai pengertiannya ! • Jelaskan pengertian biotik dan abiotik ! • Beri 3 contoh gejala alam biotik yang ada di sekitar kita ! • Beri 3 contoh faktor biotik yang mempengaruhi abiotik ! • Jelaskan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara lengkap! • Jelaskan perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif ! • Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas !

Beri 1 contoh ! • Jelaskan mengapa dalam setiap percobaan perlu adanya variabel kontrol! • Buatlah sebuah hipotesis dari percobaan tentang “pengaruh temperatur air terhadap kecepatan pernafasan ikan”! • Sebutkan 5 sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti! Pagi ini saya postingkan soal soal yang berhubungan dengan ekoslogi hampir menyeluruh dan sering digunakan di pertanyaan soal yang berhubugan dengan EkologiEkosistem baik di SDSMP maupun SMA OK semoga bermanfaat SOAL 01.

Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut a. ekosistem b. ekologi c. komunitas d. populasi 02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem : • rumput, air, udara • udara, tanah, air • batu, semut, oksigen • oksigen dan air • karbondioksida dan oksigen yang termasuk komponen abiotik adalah … a.

1,2,3 b. 1,4,5 c. 2,4,5 d.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

3,4,5 03. Perhatikan gambar ! Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah … a. hutan b. di atas pohon c. di udara d. semak belukar 04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah … a. hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya b.

ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu 05. Perhatikan gambar ! Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut … a.

individu b. populasi c. komunitas d. ekosistem 06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi . a. individu, komunitas, populasi, bioma b.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

spesies, genus, familia, ordo c. produsen, konsumen, dekomposer d. konsumen, autotrof, heterotrof 07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu … a.

tanah, arus, cahaya matahari b. cahaya matahari, cuaca, tanah c. tanah, pasang surut, kadar garam d. suhu, gelombang, letak geografis 08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada … a. jenis makanannya b. cara mencerna makanannya c. cara menangkap makanannya d. tempat memperoleh makanannya 09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah … a.

tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk b. penghijauan terhadap tanah yang gundul c. manusia membutuhkan air dan oksigen d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring 10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah … a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati b.

air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah 11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena … a. daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen c. bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah 12.

Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber … a. oksigen dan makanan b. karbondioksida dan makanan c. nitrogen dan makanan d.

oksigen dan karbondioksida 13. Tanaman air dalam akuarium berguna untuk : a. memperindah akuarium b. agar akuarium tampak hijau c. menyediakan oksigen bagi ikan d. menyerap kotoran ikan 14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan ekosistem disebut … a. pemangsa b. hukum rimba c. komensalisme d. rantai makanan 15. Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan kawanan rusa di padang rumput.

Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau tutul disebut … a. kompetisi b. predasi c. simbiosis d. rantai makanan 16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut … a. netralisme b. predasi c. simbiosis d. kompetisi 17. Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem : • ikan hiu dan ikan remora sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan benalu dengan pohon mangga • bunga dan lebah • akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium • kerbau dan burung jalak • manusia dan kutu rambut • sapi dan cacing hati Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah … a.

1,3,4, b. 1,2,6, c. 4,5,7 d. 3,4,5, 18. Dalam ekosistem air terdapat : • anak ikan mujair • fitoplankton • lele • zooplankton Urutan rantai makanan yang benar adalah … a. 2-3-4-1 b. 2-4-1-3 c. 2-4-5-1 d. 4-3-2-1 19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ! Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah … a. burung, ular, kucing b. tikus, kucing, burung c. kelinci, ulat, sapi d. bakteri, belalang, burung 20.

Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah … a. produsen b. konsumen I c. konusmen II d. konsumen III 21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali … a. memelihara hewan langka di rumah b.

budidaya kultur jaringan c. penangkapan hewan musiman d. sistem tebang pilih 22. Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain : a. penebangan hutan untuk lahan perumahan b. penangkapan ikan dengan jaring c. penebangan hutan untuk lahan pertanian d. perburuan binatang liar 23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila … a.

terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam b. terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem d.

tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem 24. Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut … a. kebun binatang b. cagar alam c. hutan lindung d. suaka margasatwa 25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain … a. penangkapan ikan dengan pukat harimau b. penebangan hutan secara liar c. perburuan hewan-hewan liar d. gunung meletus B.

JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT ! • Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem. Jelaskan mengapa terjadi demikian ! • Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ? • Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ? • Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ?

• Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ? • Setiap ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen bitoik yang terdiri dari semua makhluk hidup dan komponen abiotik yang terdiri dari makhluk tak hidup. • Ekosistem dapat mengalami perubahan secara alamiah dan pengaruh kegiatan manusia. • Kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem antara lain membuang limbah pabrik ke sungai, penambangan, penggunaan kendaraan bermotor, dan penebangan hutan secara liar.

• Tumbuhan banyak ditebang untuk diambil kayunya sehingga dapat merusak keseimbangan ekosistem. • Hewan banyak diburu manusia untuk diambil kulitnya, gadingnya, atau bulunya. • Komponen abiotik dapat juga dimanfaatkan oleh manusia, seperti pemanfaatan air sebagai pembangkit listrik tenaga air. • Ekosistem : interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan tak hidup • Gading : taring yang panjang pada gajah • Langka : jarang ditemukan • Pencemaran : pengotoran • Budi daya : usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil • Cagar alam : tempat perlindungan bagi hewan dan tumbuhan dari kepunahan • Ekosistem : hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya • Hutan lindung : hutan yang dilestarikan untuk melindungi lahan • Hutan wisata : kawasan hutan yang dipelihara untuk kepentingan pariwisata • Kebun raya : kebun tempat memelihara pelbagai tumbuhan • Permukiman : daerah tempat bermukim • Reboisasi : penanaman kembali hutan yang telah ditebang pohonnya • Suaka margasatwa : tempat perlindungan khusus bagi hewan yang terancam punah • Taman laut : wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam • Taman nasional : kawasan pelestarian alam yang dikelola untuk berbagai kepentingan 6.

Dalam suatu ekositem kolam terdapat(1) Ikan karnivora; (2) Bakteri pengurai; (3) Ikan herbivore; (4) Zat-zat organic; (5) fitiplankton. Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan dengan susunan.A.

5 – 3 – 2 – 1 – 4; B. 3 – 4 – 5 – 1 – 2; C. 2 – 3 – 5 – 4 – 1; D. 4 – 5 – 1 – 2 – 3; E. 5 – 3 – 1 – 4 – 2 26. Sistem bercocok tanam monokultur pada dasarnya sangat merugikan, di antaranya adalah. . .A. meningkatkan sistem keanekaragaman hayati yang ada; B.

meningkatkan kesuburan tanah; C. jumlah hama yang menyerang tanaman menjadi semakin berkurang; D. dapat mengembalikan kualitas tanah menjadi lebih baik; E. sistem keanekaragaman hayati semakin berkurang sehingga memengaruhi sistem keseimbangan ekologi; 30. Di dalam ekosistem ada padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi padi menurun dari pernyataan berikut ini yang benar adalah.

. .A. ekosistem tetap seimbang; B. terjadi ledakan tikus dan elang; C. tidak berpengaruh terhadap populasi tikus dan ular; D. populasi tikus, ular, elang menurun; E. rantai makanan akan berjalan terus 37. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen …. (1). Bakteri pengurai; (2). Zat organic; (3). Ikan herbivore; (4). Fitoplankton; (5). Ikan karnivora. Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu rantai makanan.

Susunan rantai makanan yang benar adalah …. A. (2) – 4 – 3 – 5 – (1); B. (4) – 2 – 3 – 5 – (1); C. (2) – 3 – 4 – 5 – (1); D. (1) – 2 – 4 – 3 – (5); E. (4) – 5 – 1 – 3 – (2) 50. Pada piramida energi terjadi berturut-turut. Hal yang bukan penyebab berkurangnya energi pada tiap tingkatan trofik adalah ….

A. selektivitas makanan oleh tingkat trofik selanjutnya; B. makanan yang dimakan tidak semua tercerna; C. hanya sebagian dari makanan itu menjadi energy; D. sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan energi terlepas melalui proses ekskresi; E.

setiap makhluk membutuhkan energy. 55. Suksesi adalah …. A. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama; B. proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar; C. proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit; D. proses perubahan yang melibatkan semua komponen; E. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur 65. Pada efek rumah kaca, CO2 dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan. Hal yang menyebabkan CO2 dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer adalah ……….A.

CO2 dapat berikatan dengan oksigen bebas udara; B. karena pencemaran udara yang tinggi; C. karena gas CO2 yang lebih ringan dari udara; D. tingginya radiasi ultraviolet di atmosfer; E. CO2 mudah berikatan di udara dengan gas lainnya 68. Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah ….

A. tidak akan berpengaruh apapun; Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan. terganggunya biomassa pada piramida makanan; C. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut; D.

adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi; E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut 69. Manfaat dari mendaur ulang suatu barang bekas atau limbah adalah sebagai berikut, sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan …. A. mencegah pencemaran yang lebih parah dari limbah yang dihasilkan; B. menghemat penggunaan sumber daya alam. C. ikut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup; D.

mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan; E.tingginya polusi yang dihasilkan dari daur ulang limbah tersebut sangat membahayakan 75. Salah satu dampak negative dari kemajuan teknologi adalah timbulnya pencemaran. Pencemaran gas2 beracun terhadap udara adalah salah satu pencemaran yang sudah diatasi, gas pencemar yang paling berbahaya sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan dapat menyebabkan kematian bila masuk ke dalam darah adalah… A.

CO2; B. CO; C. NO2; D. H2O; E. H2 84. Dalam ekosistem tambah ikan air tawar terdapat beberapa komponen yaitu: 1. Ikan karnivora; 2. Bakteri pengurai; 3. Fitoplankton; 4. Ikan herbivore; 5.Zat organic .Dari beberapa komponen di atas dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut…. A. 3-4-1-5-2; B.5-3-2-1-4; C. 3-4-5-1-2: D.5-3-4-2-1; E.2-5-3-4-1. 92.

Tumbuhan kaktus yang hidup di gurun mempunyai akar yang panjang, tidak berdaun dan batang yang mempunyai jaringan spos. Hal ini berfungsi untuk penyesuaikan diri terhadap … A.

Kelembaban yang tinggi; B. Keadaan yang berpasir; C. Suhu yang dingin pada malam hari; D. Hembusan angina yang sangat kuat.; E. Penguapan yang besar dan suhu yang tinggi 95. Diketahui ciri-ciri suatu ekosistem darat sebagai berikut: 1.

Hujan tidak teratur; 2. Curah hujan antara 25-30 cm; 3. Porositas dan drainase cepat/ tinggi; 4. Hewannya antara lain: zebra, singa, bison, anjing liar; 5. Berdasarkan ciri-ciri tersebut di atas berarti ekosistem darat merupakan bioma … A.

Gurun; B.Hutan gugur; C.Taiga; D. Padang rumput; E. Tundra 102. Suatu habitat ekosistem darat mempunyai ciri sebagai berikut: 1. Curah hujan tinggi, 225 cm per tahun; 2. Flora dan fauna heterogen; 3. Terdapat iklim mikro; 4. Matahari bersinar sepanjang tahun; 5. Tumbuhan khas liana. Bedasarkan ciri habitat tersebut, bioma yang sesuai adalah…A. Hutan gugur; B. Hutan hujan tropic; C. Taiga; D. Tundra; E. Padang rumput 106.

Cara ikan laut beradaptasi dengan lingkungan adalah…. A. Mengekskresikan garam dengan segera untuk mencegah penumopukan garam dalam tubuh; B. Menum sedikit air untuk menghindari masuknya garam terlalu banyak; C.

Mengambil air terus menerus secara osmosis karena perbedaan nilai osmotic; D. Mengabsobsi garam lewat insang karena air yang diminum sedikit; E. Mengeluarkan urin dalam jumlah yang banyak untuk mempertahankan nilai osmotic 110.

Ditemukan bioma pada ekosistem darat dengan ciri sebagai berikut: 1. Curah hujan sangat rendah; 2. Evaporasi lebih tinggi dari peresapan; 3. Tumbuhan menahun memiliki lapisan kutikula tebal; 4. Tumbuhan semusim mempunyai daun kecil-kecil bahkan tidak berdaun; 5. Hewannya rodentia, ular, kadal dan semut.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka dapat diketahui bioma tersebut adalah… A. Hutan tropis; B. Hutan gugur; C. Taiga; D. Tundra; E. Gurun 111. Jika berat biomassa seluruh komposisi biotik suatu ekosistem ditimbang, maka bobotnya berturut-turut makin menurun menurut urutan: Tumbuhan hijau-herbivora-karnivora-pengurai.

Fakta ini menunjukkan bahwa dalam ekosistem energy mengalami … A. Akumulasi; B. Entropi; C. Sirkulasi; D. Degradasi; E. Transformasi 114. Meningkatnya populasi sejenis insekta yang merusak tanaman pertanian perlu dikendalikan secara serius. Cara pengendalian yang tidak menimbulkan dampak negative pada lingkungan adalah dengan…. A. Disemprot dengan pestisida; B. Diradiasi dengan zat radioisotope; C.

Ditanghkap beramai-ramai; D. Dilepaskan pejantan yang steril; E. Dilepaskan katak hijau. 118. Mengapa umumnya plankton hidup di daerah fotik? A. Karena plankton selalu bergerak mengikuti arus air permukaan: B. Daerah fotik cukup mendapatkan sinar untuk fitoplankton; C. Daerah fotik sedikit konsumen yang memangsa fitoplankton; E.

Plankton hidup subur buila berada di daerah fotik; E. Daerah fotik banyak terdapat humus untuk makanan plankton 119. Pernyataan mana yang sesuai untuk daerah abisal? A. Rantai makanan berlangsung dengan baik karena semua komponen tersedia; B. Tumbuhan di daerah tersebut berdaun lebar untuk menyerap sinar matahari lebih baik: C. Hewan-hewan dapat bergerak bebas karena daerah tersebut lebih dalam; D. Proses makan memakan di kalangan hewan-hewan berlaku hokum rimba karena tidak ada produsen; E.

Hewan-hewan daerah tersebut umumnya bertubuh terang untuk mengatasi kekurangan cahaya 122. Adaptasi ikan cikalang terhadap lingkungan laut yang berkadar garam tinggi adalah… A. Jarang minum dan sedikir mengeluarkan urine; B. Mengekskresikan garam melalui insang secara aktif; C.

Mengekskresikan urine dalam jumlah besar; D. Mempunyai sisik yang sangat tipis; E. Daya osmosis kulit dan insang sangat tinggi 125. Bila dihubungkan anatara altitude dengan latitude maka… A. Urutan bioma dari ekuator ke kutub tidak sama dari dataran rendah kea rah meninggi; B. Keadaan bioma daerah kutub ada hubungannya dengan bioma di daerah ekuator; C. Urutan bioma dari kutub ke ekuator sama dengan urutan bioma dari dataran rendah di ekuator arah meninggi; D. Urutan bioma di daerah kutub selatan tidak sama dengan bioma di daerah kutub selatan; E.

Susunan komunitas bioma di ekuator umumnya sama dengan susunan komunitas di daerah ekuator 126. Manakah urutan jenis tumbuhan yang terdapat di pantai dari arah pasang surut ke darat? A. Bakau/ Nipah, Pandan, Baringtonia, Pescaparae; B. Bakau/ Nipah, Pescaprae, Pandan, Baringtonia; C. Bakau/ Nipah, Pandan, Pescaprae, Baringtonia; D. Pandan, Bakau/ Nipah, Pescaparae, Baringtonia; E.

Pandan, Pescaprae, Bakau/ Nipah Baring tonia 128. Adaptasi hewan-hewwan avertebrata yang hidup dalam air tawar untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya antara lain dengan…. A. Fungsi sistem ekskresi dan insang; B. Fungsi sistem ekskresi dan reproduksi; C.

Fungsi muskulus dan pernapasan; D. Fungsi sekresi dan pencernaan; E. Fungsi sekresi dan pernapasan 131. Setiap organisme hidup di habitat yang sesuai. Jika kita mendapat informasi, suatu tumbuhan semusim berbunga menyolok, mempunyai masa pertumbuhan sangat pendek dan beradaptasi baik terhadap temperature lingkungan maka tumbuhan itu habitatnya pada bioma….

A. Hutan gugur; B. Hutan basah; C. Tundra; D. Taiga; E. Gurun 136. Suatu daerah padat dihuni oleh suatu spesies. Kemungkinan bersaing lebih besar, bila dibandingkan dengan dihuni sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan beberapa spesies. Hal ini disebabkan individu-individu dari satu spesies . A. Dapat menghasilkan keturunan yang fertile; B. Mempunyai kebutuhan biologi yang sama; C. Mempunyai angka kematian yang sama; D. Kemungkinan untuk bermigrasi lebih sedikit; E.

Mempunyai anghka kelahiran yang sama "MIGUNANI TUMRAP ING LIYAN" MELAYANI INFORMASI BIOLOGI SEBANYAK BANYAKNYA UNTUK TINGKAT SMA, SMP YANG AKAN MENGHADAPI ULANGAN HARIANULANGAN BLOK ,ULANGAN UMUM, UJIAN NASIONALDAN TEST PERGURUAN TINGGI ATAUPUN TUGAS TUGAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIOLOGI. TIDAK PERLU PAKAI PASWORDPAKAI YANG ANEH ANEH .POKOKNYA INGIN PINTER SEGERA DOWNLOAD GRATIS HEHEHEHE "HOPEFULLY USEFUL".isharmanto bojonegoro • ADAPTASI FISIOLOGI • ADAPTASI MORFOLOGI • ADAPTASI TINGKAH LAKU • ANALISA / PREDIKSI SKL 04 EKOLOGI • BIO SEPULUH • BIOMA - EKOLOGI • BIOMA TUNDRA • BIOREMEDIASI • DAUR AIR • DAUR CARBON - OKSIGEN • DAUR NITROGEN • DAUR PHOSPOR • DAUR SULFUR - BELERANG - SULPHATE • EKOLOGI • LKS PENCEMARAN AIR • LKS PENCEMARAN UDARA • LKS PENGARUH POLUSI AIR PADA IKAN • LKS POLUSI UDARA DAN AIR • LKS SIKLUS AIR • LKS SIKLUS KARBON • SOAL EKOLOGI • SOAL EKOLOGI 1 • SOAL EKOLOGI SMP 9 • SOAL EKOLOGI SMSTR 2 • TEST EKOLOGI • ▼ 2022 (7) • ▼ April (2) • REFLEKSI PAGI TENTANG INDONESIA YANG DAMAI • AWAL PUASA DENGAN ESSENSI DASARYA • ► February (1) • ► January (4) • ► 2021 (66) • ► December (5) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (15) • ► July (11) • ► June (14) • ► May (3) • ► April (5) • ► March (2) • ► February (6) • ► January (1) • ► 2020 (45) • ► December (3) • ► November (3) • ► October (4) • ► September (9) • ► August (5) • ► July (3) • ► June (11) • ► May (2) • ► April (3) • ► March (1) • ► February (1) • ► 2019 (81) • ► December (8) • ► November (4) • ► October (1) • ► September (5) • ► July (1) • ► June (6) • ► May (3) • ► April (3) • ► March (7) • ► February (36) • ► January (7) • ► 2018 (54) • ► December (6) • ► November (8) • ► October (5) • ► September (6) • ► August (1) • ► July (2) • ► June (5) • ► May (3) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (10) • ► January (2) • ► 2017 (144) • ► December (4) • ► November (5) • ► October (9) • ► September (16) • ► August (15) • ► July (5) • ► June (24) • ► May (17) • ► April (6) • ► March (6) • ► February (9) • ► January (28) • ► 2016 (338) • ► December (67) • ► November (45) • ► October (35) • ► September (27) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (38) • ► May (8) • ► April (24) • ► March (35) • ► February (25) • ► January (18) • ► 2015 (392) • ► December (41) • ► November (37) • ► October (52) • ► September (24) • ► August (15) • ► July (40) • ► June (56) • ► May (20) • ► April (19) • ► March (25) • ► February (29) • ► January (34) • ► 2014 (378) • ► December (38) • ► November (35) • ► October (47) • ► September (62) • ► August (10) • ► July (9) • ► June (21) • ► May (18) • ► Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan (7) • ► March (58) • ► February (35) • ► January (38) • ► 2013 (295) • ► December (96) • ► November (28) • ► October (35) • ► September (42) • ► August (4) • ► July (7) • ► June (6) • ► May (11) • ► April (11) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (18) • ► 2012 (374) • ► December (36) • ► November (39) • ► October (28) • ► September (13) • ► August (33) • ► July (53) • ► June (35) • ► May (28) • ► April (20) • ► March (35) • ► February (19) • ► January (35) • ► 2011 (403) • ► December (63) • ► November (30) • ► October (34) • ► September (18) • ► August (16) • ► July (15) • ► June (44) • ► May (28) • ► April (37) • ► March (34) • ► February (42) • ► January (42) • ► 2010 (668) • ► December (46) • ► November (51) • ► October (35) • ► September (39) • ► August (35) • ► July (58) • ► June (35) • ► May (51) • ► April (41) • ► March (91) • ► February (77) • ► January (109) • ► 2009 (232) • ► December (138) • ► November (66) • ► October (4) • ► September (18) • ► July (1) • ► April (4) • ► March (1) • ► 2008 (1) • ► October (1)
Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan kawanan rusa di padang rumput.

Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau tutul disebut KOMPETISI. Kompetisi merupakan interaksi pada makhluk hidup yang memperebutkan sumber daya tertentu yang sama. Pada contoh di dalam soal, kompetisi terjadi antara singa dan harimau tutul dimana keduanya memperebutkan makanan atau mangsa yang sama yaitu rusa.

Jenis kompetisi ini, dimana yang berkompetisi merupakan kelompok organisme yang berbeda dikenal dengan istilah kompetisi interspesifik.

Contoh kompetisi lainnya adalah sapi dan kambing di padang rumput yang memperebutkan rumput sebagai makanan mereka Mapel : Biologi Kelas : VII SMP Kata kunci : Interaksi Makhluk Hidup Materi : Ekosistem dan Komponen nya 5. Di suatu padang rumput hidup ada sekelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif maka, setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi .

HOTS a. penurunan populasi kambing dan harimau b. penurunan popuasi harimau dan peningkatan populasi kambing c. peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau d. peningkatan populasi rumput dan harimau​ Moonydancer c. peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau Disuatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. jika predatornya sangat aktif, setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi penurunan jumlah konsumen sekunder (harimau) dan kenaikan jumlah produsen (rumput).

semoga membantu : 3 dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 18.Pernyataan yang benar di bawah iniadalah .a. pada ekosistem buatan tidak terjadirantai makananb. semua tumbuhan adalah produsenkarena semua tumbuhan bisamelakukan fotosintesisC.

setiap organisme hanya mempunyaisatu interaksi dengan organisme laindalam satu lingkungand. herbivora tidak pernah menjadipredator bagi hewan lainnyann​ Answer dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 16.

Kumpulan seluruh populasi yang salingberinteraksi dalam suatu tempat tertentudalam waktu tertentu dinamakan .a. komunitasb. individuc. ekosistemd. populasi17.Hidup bersama antara dua makhluk hidupyang tidak dapat dipisahkan dinamakan .a. predasic. interaksib. predatord. Simbiosis​ Answer dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 15. Pernyataan yang benar adalah . a. setiap organisme hanya memiliki satuinteraksi dengan organisme lain dalamsatu lingkunganb.

semua tumbuhan merupakanprodusen karena semua tumbuhandapat melakukan proses fotosintesisc. herbivora tidak pernah menjadipredator bagi hewan lainnyad. pada ekosistem buatan tidak terjadirantai makanan​ Answer dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 10. Makhluk hidup yang dapat membuatmakanan sendiri dengan melakukanfotosintesis disebut .a.

autotrofc. omnivorab. karnivorad. heterotrof11. Makhluk hidup tunggal penyusunkomponen ekosistem disebut .a. populasic. komunitasb.

individud. bioma 12. Individu sejenis yang tinggal di suatudaerah tertentu pada waktu yangbersamaan disebut .a. populasic. komunitasb. individud. bioma​ Answer dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 8.Peranan dekomposer terhadap kesuburantanah adalah .a. meningkatkan sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan tanahb. menguraikan bahan-bahan organikc. menyusun senyawa-senyawa organikd. menambah kandungan bahan organik9.Keuntungan yang diperoleh ganggangdari jamur pada simbiosis lumut kerak(Lichenes) adalah .a.

mendapatkan oksigenb. mendapatkan air dan mineralc. mendapatkan karbon dioksidad. dibantu proses fotosintesisnya​ Answer dwiisroatin May 2021 - 0 Replies 1.)tuliskan pengertian lingkungan menurut emil salim? 2.)tanah merupakan salah satu komponen abiotik penyusun ekosistem.apakah fungsi dari tanah dalam satu ekosistem?3.)bagaimanakah karakteristik dari bioma gurun?4.)perhatikan rantai makanan berikut!padi-tikus-ular-burung hantu 5.)jelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi?

​ Answer FelixBenaya21 May 2021 - 0 Replies Kerjakan semua pertanyaan di bawah ini dengan benar beserta penjelasannya! 1.

Apa saja unsur-unsur cuaca? Apa perbedaan antara iklim dan cuaca? 2. Sebanyak 1 m³ udara pada suhu 20°C mengandung 14,6 g uap air. Uap jenuh pada suhu itu tercapai jika udara mengandung 24 g/m³. Berapa besar kelembapan nisbinya?

3. Jelaskan proses terbentuknya awan hingga mendatangkan hujan di Bumi. (TOLONG CEPETAN DIJAWAB MAU DIKUMPULIN SOALNYA DAN DIJAWAB SEMUANYA YA! DAN DIBERI PENJELASANNYA YA! SERTA TERIMA KASIH BANYAK BAGI YANG SUDAH MENJAWAB PERTANYAAN BIOLOGI TERSEBUT DENGAN JELAS DAN BENAR)
Pagi ini saya postingkan soal soal yang berhubungan dengan ekoslogi hampir menyeluruh dan sering digunakan di pertanyaan soal yang berhubugan dengan EkologiEkosistem baik di SDSMP maupun SMA OK semoga bermanfaat SOAL 01.

Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut a. ekosistem b. ekologi c. komunitas d. populasi 02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem : • rumput, air, udara • udara, tanah, air • batu, semut, oksigen • oksigen dan air • karbondioksida dan oksigen yang termasuk komponen abiotik adalah … a.

1,2,3 b. 1,4,5 c. 2,4,5 d. 3,4,5 03. Perhatikan gambar ! Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah … a. hutan b. di atas pohon c. di udara d. semak belukar 04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah … a.

hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya b. ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu 05.

Perhatikan gambar ! Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut … a. individu b. populasi c. komunitas d. ekosistem 06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi . a. individu, komunitas, populasi, bioma b. spesies, genus, familia, ordo c.

produsen, konsumen, dekomposer d. konsumen, autotrof, heterotrof 07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu … a. tanah, arus, cahaya matahari b.

cahaya matahari, cuaca, tanah c. tanah, pasang surut, kadar garam d. suhu, gelombang, letak geografis 08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada … a. jenis makanannya b. cara mencerna makanannya c. cara menangkap makanannya d. tempat memperoleh makanannya 09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah … a. tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk b.

penghijauan terhadap tanah yang gundul c. manusia membutuhkan air dan oksigen d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring 10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah … a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati b. air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah 11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena … a.

daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen c. bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah 12.

Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber … a. oksigen dan makanan b. karbondioksida dan makanan c. nitrogen dan makanan d. oksigen dan karbondioksida 13. Tanaman air dalam akuarium berguna untuk : a.

memperindah akuarium b.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

agar akuarium tampak hijau c. menyediakan oksigen bagi ikan d. menyerap kotoran ikan 14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sebuah ekosistem disebut … a.

pemangsa b. hukum rimba c. komensalisme d. rantai makanan 15. Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan kawanan rusa di padang rumput. Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau tutul disebut … a. kompetisi b. predasi c. simbiosis d. rantai makanan 16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut … a. netralisme b. predasi c. simbiosis d. kompetisi 17.

Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem : • ikan hiu dan ikan remora • benalu dengan pohon mangga • bunga dan lebah • akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium • kerbau dan burung jalak • manusia dan kutu rambut • sapi dan cacing hati Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah … a.

1,3,4, b. 1,2,6, c. 4,5,7 d. 3,4,5, 18. Dalam ekosistem air terdapat : • anak ikan mujair • fitoplankton • lele • zooplankton Urutan rantai makanan yang benar adalah … a.

2-3-4-1 b. 2-4-1-3 c. 2-4-5-1 d. 4-3-2-1 19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ! Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah … a.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

burung, ular, kucing b. tikus, kucing, burung c. kelinci, ulat, sapi d. bakteri, belalang, burung 20. Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah … a. produsen b. konsumen I c. konusmen II d. konsumen III 21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali … a. memelihara hewan langka di rumah b. budidaya kultur jaringan c. penangkapan hewan musiman d. sistem tebang pilih 22.

Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain : a. penebangan hutan untuk lahan perumahan b.

penangkapan ikan dengan jaring c. penebangan hutan untuk lahan pertanian d. perburuan binatang liar 23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila … a. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam b.

terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem d. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem 24. Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut … a. kebun binatang b. cagar alam c. hutan lindung d. suaka margasatwa 25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain … a.

penangkapan ikan dengan pukat harimau b. penebangan hutan secara liar c. perburuan hewan-hewan liar d. gunung meletus B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT ! • Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem.

Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan mengapa terjadi demikian ! • Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ? • Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ? • Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ?

• Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ? • Setiap ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen bitoik yang terdiri dari semua makhluk hidup dan komponen abiotik yang terdiri dari makhluk tak hidup. • Ekosistem dapat mengalami perubahan secara alamiah dan pengaruh kegiatan manusia.

• Kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem antara lain membuang limbah pabrik ke sungai, penambangan, penggunaan kendaraan bermotor, dan penebangan hutan secara liar.

• Tumbuhan banyak ditebang untuk diambil kayunya sehingga dapat merusak keseimbangan ekosistem. • Hewan banyak diburu manusia untuk diambil kulitnya, gadingnya, atau bulunya. • Komponen abiotik dapat juga dimanfaatkan oleh manusia, seperti pemanfaatan air sebagai pembangkit listrik tenaga air.

• Ekosistem : interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan tak hidup • Gading : taring yang panjang pada gajah • Langka : jarang ditemukan • Pencemaran : pengotoran • Budi daya : usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil • Cagar alam : tempat perlindungan bagi hewan dan tumbuhan dari kepunahan • Ekosistem : hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya • Hutan lindung : hutan yang dilestarikan untuk melindungi lahan • Hutan wisata : kawasan hutan yang dipelihara untuk kepentingan pariwisata • Kebun raya : kebun tempat memelihara pelbagai tumbuhan • Permukiman : daerah tempat bermukim • Reboisasi : penanaman kembali hutan yang telah ditebang pohonnya • Suaka margasatwa : tempat perlindungan khusus bagi hewan yang terancam punah • Taman laut : wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam • Taman nasional : kawasan pelestarian alam yang dikelola untuk berbagai kepentingan 6.

Dalam suatu ekositem kolam terdapat(1) Ikan karnivora; (2) Bakteri pengurai; (3) Ikan herbivore; (4) Zat-zat organic; (5) fitiplankton. Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan dengan susunan.A.

5 – 3 – 2 – 1 – 4; B. 3 – 4 – 5 – 1 – 2; C. 2 – 3 – 5 – 4 – 1; D. 4 – 5 – 1 – 2 – 3; E. 5 – 3 – 1 – 4 – 2 26. Sistem bercocok tanam monokultur pada dasarnya sangat merugikan, di antaranya adalah. . .A. meningkatkan sistem keanekaragaman hayati yang ada; B. meningkatkan kesuburan tanah; C. jumlah hama yang menyerang tanaman menjadi semakin berkurang; D. dapat mengembalikan kualitas tanah menjadi lebih baik; E. sistem keanekaragaman hayati semakin berkurang sehingga memengaruhi sistem keseimbangan ekologi; 30.

Di dalam ekosistem ada padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi padi menurun dari pernyataan berikut ini yang benar adalah. . .A.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

ekosistem tetap seimbang; B. terjadi ledakan tikus dan elang; C. tidak berpengaruh terhadap populasi tikus dan ular; D. populasi tikus, ular, elang menurun; E. rantai makanan akan berjalan terus 37.

Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen …. (1). Bakteri pengurai; (2). Zat organic; (3). Ikan herbivore; (4). Fitoplankton; (5). Ikan karnivora. Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu rantai makanan. Susunan rantai makanan yang benar adalah …. A. (2) – 4 – 3 – 5 – (1); B. (4) – 2 – 3 – 5 – (1); C.

(2) – 3 – 4 – 5 – (1); D. (1) – 2 – 4 – 3 – (5); E. (4) – 5 – 1 – 3 – (2) 50. Pada piramida energi terjadi berturut-turut. Hal yang bukan penyebab berkurangnya energi pada tiap tingkatan trofik adalah ….

A. selektivitas makanan oleh tingkat trofik selanjutnya; B. makanan yang dimakan tidak semua tercerna; C. hanya sebagian dari makanan itu menjadi energy; D. sebagian energi terlepas melalui proses ekskresi; E. setiap makhluk membutuhkan energy. 55. Suksesi adalah …. A. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama; B. proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar; C.

proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit; D. proses perubahan yang melibatkan semua komponen; E. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur 65.

Pada efek rumah kaca, CO2 dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

Hal yang menyebabkan CO2 dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer adalah ……….A. CO2 dapat berikatan dengan oksigen bebas udara; B.

karena pencemaran udara yang tinggi; C. karena gas CO2 yang lebih ringan dari udara; D. tingginya radiasi ultraviolet di atmosfer; E. CO2 mudah berikatan di udara dengan gas lainnya 68.

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

Di dalam suatu ekosistem, jika salah satu komponen biotiknya terganggu, hal yang akan terjadi adalah …. A. tidak akan berpengaruh apapun; B. terganggunya biomassa pada piramida makanan; C. terganggunya rantai makanan yang terdapat di ekosistem tersebut; D.

adanya komponen abiotik yang tidak berfungsi; E. tetap stabilnya rantai makanan pada ekosistem tersebut 69. Manfaat dari mendaur ulang suatu barang bekas atau limbah adalah sebagai berikut, kecuali …. A. mencegah pencemaran yang lebih parah dari limbah yang dihasilkan; B. menghemat penggunaan sumber daya alam. C. ikut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup; D. mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan; E.tingginya polusi yang dihasilkan dari daur ulang limbah tersebut sangat membahayakan 75.

Salah satu dampak negative dari kemajuan teknologi adalah timbulnya pencemaran. Pencemaran gas2 beracun terhadap udara adalah salah satu pencemaran yang sudah diatasi, gas pencemar yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bila masuk ke dalam darah adalah… A. CO2; B. CO; C. NO2; D. H2O; E.

H2 84. Dalam ekosistem tambah ikan air tawar terdapat beberapa komponen yaitu: 1. Ikan karnivora; 2. Bakteri pengurai; 3. Fitoplankton; 4. Ikan herbivore; 5.Zat organic .Dari beberapa komponen di atas dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut….

A. 3-4-1-5-2; B.5-3-2-1-4; C. 3-4-5-1-2: D.5-3-4-2-1; E.2-5-3-4-1. 92. Tumbuhan kaktus yang hidup di gurun mempunyai akar yang panjang, tidak berdaun dan batang yang mempunyai jaringan spos. Hal ini berfungsi untuk penyesuaikan diri terhadap … A. Kelembaban yang tinggi; B. Keadaan yang berpasir; C. Suhu yang dingin pada malam hari; D. Hembusan angina yang sangat kuat.; E. Penguapan yang besar dan suhu yang tinggi 95. Diketahui ciri-ciri suatu ekosistem darat sebagai berikut: 1. Hujan tidak teratur; 2.

Curah hujan antara 25-30 cm; 3. Porositas dan drainase cepat/ tinggi; 4. Hewannya antara lain: zebra, singa, bison, anjing liar; 5.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut di atas berarti ekosistem darat merupakan bioma … A. Gurun; B.Hutan gugur; C.Taiga; D. Padang rumput; E. Tundra 102. Suatu habitat ekosistem darat mempunyai ciri sebagai berikut: 1. Curah hujan tinggi, 225 cm per tahun; 2. Flora dan fauna heterogen; 3. Terdapat iklim mikro; 4. Matahari bersinar sepanjang tahun; 5. Tumbuhan khas liana. Bedasarkan ciri habitat tersebut, bioma yang sesuai adalah…A. Hutan gugur; B. Hutan hujan tropic; C.

Taiga; D. Tundra; E. Padang rumput 106. Cara ikan laut beradaptasi dengan lingkungan adalah…. A. Mengekskresikan garam dengan segera untuk mencegah penumopukan garam dalam tubuh; B. Menum sedikit air untuk menghindari masuknya garam terlalu banyak; C.

Mengambil air terus menerus secara osmosis karena perbedaan nilai osmotic; D. Mengabsobsi garam lewat insang karena air yang diminum sedikit; E. Mengeluarkan urin dalam jumlah yang banyak untuk mempertahankan nilai osmotic 110. Ditemukan bioma pada ekosistem darat dengan ciri sebagai berikut: 1. Curah hujan sangat rendah; 2. Evaporasi lebih tinggi dari peresapan; 3. Tumbuhan menahun memiliki lapisan kutikula tebal; 4.

Tumbuhan semusim mempunyai daun kecil-kecil bahkan tidak berdaun; 5. Hewannya rodentia, ular, kadal dan semut. Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka dapat diketahui bioma tersebut adalah… A. Hutan tropis; Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan. Hutan gugur; C.

Taiga; D. Tundra; E. Gurun 111. Jika berat biomassa seluruh komposisi biotik suatu ekosistem ditimbang, maka bobotnya berturut-turut makin menurun menurut urutan: Tumbuhan hijau-herbivora-karnivora-pengurai. Fakta ini menunjukkan bahwa dalam ekosistem energy mengalami … A. Akumulasi; B. Entropi; C. Sirkulasi; D. Degradasi; E. Transformasi 114. Meningkatnya populasi sejenis insekta yang merusak tanaman pertanian perlu dikendalikan secara serius.

Cara pengendalian yang tidak menimbulkan dampak negative pada lingkungan adalah dengan…. A. Disemprot dengan pestisida; B. Diradiasi dengan zat radioisotope; C. Ditanghkap beramai-ramai; D. Dilepaskan pejantan yang steril; E. Dilepaskan katak hijau. 118. Mengapa umumnya plankton hidup di daerah fotik?

sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan

A. Karena plankton selalu bergerak mengikuti arus air permukaan: B. Daerah fotik cukup mendapatkan sinar untuk fitoplankton; C. Daerah fotik sedikit konsumen yang memangsa fitoplankton; E. Plankton hidup subur buila berada di daerah fotik; E. Daerah fotik banyak terdapat humus untuk makanan plankton 119. Pernyataan mana yang sesuai untuk daerah abisal?

A. Rantai makanan berlangsung dengan baik karena semua komponen tersedia; B. Tumbuhan di daerah tersebut berdaun lebar untuk menyerap sinar matahari lebih baik: C. Hewan-hewan dapat bergerak bebas karena daerah tersebut lebih dalam; D.

Proses makan memakan di kalangan hewan-hewan berlaku hokum rimba karena tidak ada produsen; E. Hewan-hewan daerah tersebut umumnya bertubuh terang untuk mengatasi kekurangan cahaya 122. Adaptasi ikan cikalang terhadap lingkungan laut yang berkadar garam tinggi adalah… A. Jarang minum dan sedikir mengeluarkan urine; B. Mengekskresikan garam melalui insang secara aktif; C. Mengekskresikan urine dalam jumlah besar; D. Mempunyai sisik yang sangat tipis; E.

Daya osmosis kulit dan insang sangat tinggi 125. Bila dihubungkan anatara altitude dengan latitude maka… A. Urutan bioma dari ekuator ke kutub tidak sama dari dataran rendah kea rah meninggi; B.

Keadaan bioma daerah kutub ada hubungannya dengan bioma di daerah ekuator; C. Urutan bioma dari kutub ke ekuator sama dengan urutan bioma dari dataran rendah di ekuator arah meninggi; D. Urutan bioma di daerah kutub selatan tidak sama dengan bioma di daerah kutub selatan; E.

Susunan komunitas bioma di ekuator umumnya sama dengan susunan komunitas di daerah ekuator 126. Manakah urutan jenis tumbuhan yang terdapat di pantai dari arah pasang surut ke darat?

A. Bakau/ Nipah, Pandan, Baringtonia, Pescaparae; B. Bakau/ Nipah, Pescaprae, Pandan, Baringtonia; C. Bakau/ Nipah, Pandan, Pescaprae, Baringtonia; D. Pandan, Bakau/ Nipah, Pescaparae, Baringtonia; E. Pandan, Pescaprae, Bakau/ Nipah Baring tonia 128. Adaptasi hewan-hewwan avertebrata yang hidup dalam air tawar untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya antara lain dengan…. A. Fungsi sistem ekskresi dan insang; B. Fungsi sistem ekskresi dan reproduksi; C.

Fungsi muskulus dan pernapasan; D. Fungsi sekresi dan pencernaan; E. Fungsi sekresi dan pernapasan 131. Setiap organisme hidup di habitat yang sesuai. Jika kita mendapat informasi, suatu tumbuhan semusim berbunga menyolok, mempunyai masa pertumbuhan sangat pendek dan beradaptasi baik terhadap temperature lingkungan maka tumbuhan itu habitatnya pada bioma…. A. Hutan gugur; B. Hutan basah; C. Tundra; D. Taiga; E. Gurun 136.

Suatu daerah padat dihuni oleh suatu spesies. Kemungkinan bersaing lebih besar, bila dibandingkan dengan dihuni oleh beberapa spesies. Hal ini disebabkan individu-individu dari satu spesies . A.

Dapat menghasilkan keturunan yang fertile; B. Mempunyai kebutuhan biologi yang sama; C. Mempunyai angka kematian yang sama; D.

Kemungkinan untuk bermigrasi lebih sedikit; E. Mempunyai anghka kelahiran yang sama "MIGUNANI TUMRAP ING LIYAN" MELAYANI INFORMASI BIOLOGI SEBANYAK BANYAKNYA UNTUK TINGKAT SMA, SMP YANG AKAN MENGHADAPI ULANGAN HARIANULANGAN BLOK ,ULANGAN UMUM, UJIAN NASIONALDAN TEST PERGURUAN TINGGI ATAUPUN TUGAS TUGAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIOLOGI.

TIDAK PERLU PAKAI PASWORDPAKAI YANG ANEH ANEH .POKOKNYA INGIN PINTER SEGERA DOWNLOAD GRATIS HEHEHEHE "HOPEFULLY USEFUL".isharmanto bojonegoro • ► 2022 (7) • ► April (2) • ► February (1) • ► January (4) • ► 2021 (66) • ► December (5) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (15) • ► July (11) • ► June (14) • ► May (3) • ► April (5) • ► March (2) • ► February (6) • ► January (1) • ► 2020 (45) • ► December (3) • ► November (3) • ► October (4) • ► September (9) • ► August (5) • ► July (3) • ► June (11) • ► May (2) • ► April (3) • ► March (1) • ► February (1) • ► 2019 (81) • ► December (8) • ► November (4) • ► October (1) • ► September (5) • ► July (1) • ► June (6) • ► May (3) • ► April (3) • ► March (7) • ► February (36) • ► January (7) • ► 2018 (54) • ► December (6) • ► November (8) • ► October (5) • ► September (6) • ► August (1) • ► July (2) • ► June (5) • ► May (3) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (10) • ► January (2) • ► 2017 (144) • ► December (4) • ► November (5) • ► October (9) • ► September (16) • ► August (15) • ► July (5) • ► June (24) • ► May (17) • ► April (6) • ► March (6) • ► February (9) • ► January (28) • ► 2016 (338) • ► December (67) • ► November (45) • ► October (35) • ► September (27) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (38) • ► May (8) • ► April (24) • ► March (35) • ► February sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan • ► January (18) • ► 2015 (392) • ► December (41) • ► November (37) • ► October (52) • ► September (24) • ► August (15) • ► July (40) • ► June (56) • ► May (20) • ► April (19) • ► March (25) • ► February (29) • ► January (34) • ► 2014 (378) • ► December (38) • ► November (35) • ► October (47) • ► September (62) • ► August (10) • ► July (9) • ► June (21) • ► May (18) • ► April (7) • ► March (58) • ► February (35) • ► January (38) • ► 2013 (295) • ► December (96) • ► November (28) • ► October (35) • ► September (42) • ► August (4) • ► July (7) • ► June (6) • ► May (11) • ► April (11) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (18) • ► 2012 (374) • ► December (36) • ► November (39) • ► October (28) • ► September (13) sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan ► August (33) • ► July (53) • ► June (35) • ► May (28) • ► April (20) • ► March (35) • ► February (19) • ► January (35) • ▼ 2011 (403) • ► December (63) • ► November (30) • ► October (34) • ► September (18) • ► August (16) • ► July (15) • ► June (44) • ► May (28) • ► April (37) • ► March (34) • ▼ February (42) • TEST ARTHROPODA • PRE TEST CACING (VERMES) • TEST CACING (VERMES) • BANK SOAL BIOLOGI (EXTRACT BIOLOGICAL) • SOAL SIMULASI SAKTI UN 2011 ( X ) • TEST AWAL PROTOZOA • TEST BIOTEKNOLOGI 1 • SOAL LUMUT AND PAKU • TEST AWAL VIRUS • TEST AWAL GENETIKA • PRE TEST PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN • PASCA TEST VIRUS • TEST SISTEM INDERA • TEST KINGDOM PLANTAE 01 • TEST SYSTEM RESPIRASI • TEST SYSTEM REPRODUKSI • MIKROBIA PATOGEN DILUAR BAKTERI • BAKTERI MERUGIKAN • PAKU SUPLIR - ADIANTUM • FRESH UN 2011- NEW • KANKER DARAH PUTIH - LEUKEMIA • KITAB KUNING APA ITU • TENGKORAK - CRANIUM - FACIAL • MALAIKAT TURUN KE BUMI • TEST EVOLUSI • TEST VIRUS • EVOLUSI ITU ADA • POLYGAMI SESUNGGUHNYA • SOAL EKOLOGI SMP 9 • SOAL EKOLOGI SMP 9 • DEMOGRAFI - KEPENDUDUKAN 9 • UN IPA SMP 3 • UN SMP 2 • UN SMP • MASIH SEPUTAR SOAL UN 2011 • BOJONEGORO - ANGLING DARMO • MAU INI • ALKALOID • TUHAN APA HANYA DI TEMPAT TERTENTU ?

• TIDAK SEKEDAR TAHU PRODUK BIOTEKNOLOGI • APLIKASI HARDY - WEINBERG • SKL BIOLOGI 2011 DENGAN 40 INDIKATOR SOAL • ► January (42) • ► 2010 (668) • ► December (46) • ► November (51) • ► October (35) • ► September (39) • ► August (35) • ► July (58) • ► June (35) • ► May (51) • ► April (41) • ► March (91) • ► February (77) • ► January (109) • ► 2009 (232) • ► December (138) • ► November (66) • ► October (4) • ► September (18) • ► July (1) • ► April (4) • ► March (1) • ► 2008 (1) • ► October (1)
Hallo Muhammad kakak bantu jawab ya : ) Jawabannya adalah B.

Kompetisi merupakan bentuk hubungan antarpopulasi di dalam ekosistem, di mana di antara populasi-populasi terdapat kepentingan yang sama untuk memperebutkan sumberdaya tertentu sehingga terjadi persaingan.

Persaingan dapat berupa perebutan makanan, wilayah, maupun pasangan. Contohnya tikus dan burung pipit berebut padi di ekosistem sawah, antara singa dan burung pemakan bangkai di padang rumput.

Semoga membantu ya.sekelompok serigala api sekelompok serikat pekerja sekelompok server sekelompok server mungkin sekelompok server yang bekerja sama sekelompok setan sekelompok setan yang lebih tinggi sekelompok shinobi sekelompok silicon valley sekelompok silicon valley dan pengusaha ruang angkasadengan tujuan sekelompok singa sekelompok siswa sekelompok siswa baru telah ditempatkan sekelompok siswa baru telah ditempatkan pada penahanan sabtu sekelompok siswa dan guru mereka sekelompok siswa dengan kemampuan yang tidak layak untuk menghitung sekelompok siswa internasional mengeksplorasi sekelompok siswa internasional mengeksplorasi ruang bawah tanah yang telah ditinggalkan sekelompok siswa laki-laki sekelompok siswa menyelidiki serangkaian pembunuhan beruang misteriustapi sekelompok siswa perempuan Contact About Privacy Policy Tr-ex.me terjemahan bahasa indonesia Magyar Српски Български Slovenský اردو عربى Română Español Português मराठी తెలుగు 中文 தமிழ் മലയാളം Tagalog বাংলা Tiếng việt Bahasa malay ไทย 한국어 日本語 Deutsch Русский Turkce Polski हिंदी Français Nederlands Hrvatski Italiano Svenska Český Dansk Suomi Norsk Bahasa indonesia and required to achieve the purposes illustrated in the cookie policy.

If you want to know more or withdraw your consent to all or some of the cookies, please refer to sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan cookie policy. By closing this banner, scrolling this page, clicking a link or continuing to browse otherwise, you agree to the use of cookies.

More OK
Interaksi antara singa dengan harimau disebut kompetisi, sedangkan interaksi antara singa dan harimau dengan rusa disebut predasi. Kompetisi merupakan bentuk interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi dimana individu atau populasi tersebut bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang.

Kompetisi terjadi jika kedua individu mempunyai kebutuhan yang sama, sedangkan lingkungan tidak menyediakan kebutuhan tersebut dalam jumlah yang cukup. Predasi merupakan interaksi antara pemangsa dan mangsa. Pemangsa ( predator) adalah hewan yang memangsa atau memakan. Mangsa ( prey) adalah hewan yang dimangsa ata u dimakan. Di alam, predasi dapat menjaga keseimbangan alam karena dapat menekan populasi organisme tertentu.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pertarungan Kelas Berat Antara SINGA VS HARIMAU Memperebutkan Siapa Raja Hutan Sesungguhnya!




2022 www.videocon.com