Sakit pinggul sebelah kiri

sakit pinggul sebelah kiri

Sakit pinggang adalah kondisi kesehatan yang normalnya dialami oleh mereka yang usianya sudah berada di antara 30-50 tahun. Massa otot pasti akan mengalami penurunan, begitu pula dengan tulang yang juga bakal semakin rapuh saat usia makin menua. Sakit pinggang atau cedera pinggang akan jauh lebih mudah terjadi pada mereka karena sendi-sendinya sudah tak sebaik dulu. Hanya saja, gangguan sendi di bagian pinggang tak selalu disebabkan oleh faktor usia karena penyebab lainnya bisa juga adalah masalah di organ ginjal.

Nyeri pinggang tak hanya terbatas di bagian sendi, tapi juga dapat menjalar sampai ke area bokong, paha bagian belakang serta pangkal paha. Lalu, apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu diwaspadai? (Baca juga: gejala sakit pinggang) 1. Ketegangan Otot Gerakan yang tak biasa serta aktivitas yang sedikit berlebihan bisa saja menjadikan otot tegang seketika.

sakit pinggul sebelah kiri

Bagian pinggang Anda bisa saja otot dan ligamennya tertarik secara tidak sengaja ketika melakukan gerakan punggung yang luar biasa. Bahkan pada beberapa kasus, otot dan ligamen bisa tegang dan robek. Rasa sakit akan muncul di bagian pinggang sekaligus kekakuan dan itulah yang menjadi gejala sakit pinggang sebelah kiri yang pada umumnya terjadi. Kondisi ini biasanya bisa diredakan ketika penderita memperoleh terapi fisik serta istirahat yang cukup.

Maka, perbanyaklah waktu istirahat supaya pinggang bisa cepat sembuh. 2. Gangguan Pencernaan Divertikulitis Pencernaan bisa saja terganggu dan ketika hal tersebut melibatkan pula pembentukan kantong atau yang disebut juga divertikula pada dinding usus, istilah penyakit ini dinamakan divertikulitis. Infeksi bakteri adalah penyebabnya yang terjadi pada kantong tersebut. Sebagai akibatnya, ada peradangan pada usus besar di mana akibatnya muncul rasa sakit yang ada di bagian perut bagian bawah dan terletak di sebelah kiri.

Biasanya rasa sakit juga bakal terasa tepat di bagian belakangnya. (Baca juga: obat herbal sakit pinggang) 3. Spinal Spinosis Kondisi satu ini juga dapat memicu sakit pinggang di bagian kiri dan keadaan ini juga dinamakan dnegan penyempitan tulang belakang.

Karena itu, saraf tulang belakang otomatis menjadi etrtekan dan dinamakan dengan spinal stenosis. Gejala umum yang dirasakan penderita antara lain adalah kram dan kebas di area tubuh mana saja. Tak hanya kebas dan kram, area tubuh manapun akan mengalami lemas dan hal ini ditentukan pula oleh saraf sakit pinggul sebelah kiri yang tertekan.

Pada umumnya di banyak kasus, gejala bisa bertambah serius ketika dipaksakan untuk berjalan atau berdiri terlalu lama. Degenerasi cakram tulang belakang adalah penyebab utama yang diketahui memicu spinal stenosis. 4. Cedera Pinggang Cedera juga dapat menjadikan pinggang sakit dan terasa nyeri tak tertahankan.

Jika seseorang terkena cedera di bagian pinggan sebelah kiri, maka otomatis otot bagian belakang, tendon, serta ligamen bakal terpengaruh. Contoh faktor yang menyebabkan pinggang dapat terkena cedera adalah tubuh yang sakit pinggul sebelah kiri trauma. Tak hanya sakit pinggul sebelah kiri, saat Anda menggunakan tubuh secara tak tepat atau dengan aktivitas yang terlalu berlebihan, maka pinggang akan dengan mudah cedera.

Terkadang banyak dari kita yang tak begitu bisa mengontrol gerakan tubuh sehingga ketika dibuat bergerak berlebihan sedikit, efeknya pinggang akan merasa nyeri. Cedera ini biasanya bisa ditangani dengan memperoleh terapi fisik yang tepat dari ahlinya. (Baca juga: jenis sakit pinggang) 5. Faktor Usia Tak dapat dipungkiri, usia memegang peranan penting dalam kinerja otot tubuh dan tulang-tulang kita.

Seperti yang sudah disebutkan singkat sebelumnya, tubuh akan semakin rapuh ketika usia bertambah dan massa otot juga mengalami penurunan. Karena terjadi perubahan pada masuknya air dan protein menuju tulang rawan, inilah yang berpengaruh pada tulang sehingga lebih tipis. Ketika tulang lebih tipis, otomatis kerapuhannya meningkat sehingga tak heran apabila tulang rawan mengalami keausan seiring berjalannya waktu.

Rasa nyeri timbul dan akan sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, memenuhi asupan vitamin dan mineral bagi tubuh amatlah penting di mana salah satunya pasti kalsium untuk memperkuat kondisi tulang. 6. Siatika Kondisi yang disebut dengan siatika ini penyebab utamanya adalah saraf yang menghubungkan antara saraf tulang belakang dan kaki mengalami tekanan. Keadaan seperti ini jauh lebih besar risikonya terjadi pada seseorang yang cakram tulang belakangnya bergeser. Ketika ini terjadi, segera melakukan terapi fisik yang benar untuk pengobatan supaya tak berlanjut makin serius dan buruk.

Struktur yang berada di antara tulang belakang dinamakan juga dengan cakram tulang belakang di mana fungsinya mampu meresap tekanan dan bisa membuat pergerakan sendi tulang belakang lebih mudah. Siatik adalah sebuah kondisi yang tak bisa disepelekan, apalagi kalau beberapa gejala muncul seperti sensasi perih, rasa nyeri, serta kesemutan.

Ketiganya adalah gejala yang membuat penderitanya sangat tak nyaman. (Baca juga: perbedaan sakit pinggang dan ginjal) 7. Stenosis Tulang Belakang Saat terjadi penyempitan kanal tulang belakang, maka stenosis tulang belakang pun muncul dikarenakan terganggunya sumsum tulang belakang. Pada umumnya, stenosis tulang belakang lebih kerap dialami oleh para orang tua.

Risiko seseorang mengalami stenosis tulang belakang juga lebih besar bila ia memiliki riwayat kesehatan penyakit arthritis, pembentukan taji ulang serta herniasi. 8. Bantalan Tulang Terganggu Ketika bantalan tulang terganggu, maka otomatis akan timbul rasa sakit di bagian pinggang. Hal ini disebabkan oleh adanya masalah di bantalan tulang yang akhirnya menyebabkan infeksi saraf di sekelilingnya. Pada kondisi ini, akibatnya akan membuat penderita merasakan otot bagian belakang lebih lemah dari biasanya dan bahkan bisa membuatnya mati rasa.

9. Iritasi Saraf Ketika tekanan dialami di bagian saraf tulang belakang lalu ditambah dengan serangan infeksi, maka iritasi saraf pun terjadi. Rasa sakit yang timbul di bagian pinggang tak begitu berat dan tergolong ringan. Hanya saja, ada rasa sensasi panas seperti terbakarlah yang menjadikan penderita tak nyaman. Rasa sakit yang ringan ini jangan sampai diabaikan meski Anda masih bisa menahannya atau merasa baik-baik saja.

sakit pinggul sebelah kiri

Ketidaknyamanan bisa bertambah ketika rasa sakit dibiarkan begitu saja karena nyeri dapat lebih buruk. Hindari duduk terlalu lama, mengejan saat BAB, dan memutar tubuh supaya tak bertambah sakit. Bahkan batuk dan bersin pun bisa menjadikan rasa sakitnya meningkat. (Baca juga: sakit pinggang belakang) 10. Patah Tulang atau Cedera Lumbar Pinggang sebelah kiri Anda bisa terasa sakit dikarenakan cedera lumbar. Sudah sangat jelas bahwa ketika terjadi patah tulang di bagian tersebut, pinggang pun akan begitu sakit dan akan sulit untuk mendukung segala jenis aktivitas yang dilakukan oleh Anda.

Rasa sakitnya bakal makin memburuk ketika Anda menggunakan tubuh secara aktif dengan menggerakkannya seperti normal. Sakit pinggul sebelah kiri perlu segera mengobatinya agar patah tulang ini tidak lantas kemudian membatasi pergerakan tubuh Anda dan menghambat segala kegiatan penting.

Dokter ahli tulang akan membantu Anda lebih baik daripada dokter umum. 11. Kista Ovarium Kista ovarium rupanya juga menjadi salah satu penyebab dari rasa sakit pinggang yang terletak di sebelah kiri. Rasa sakit juga bakal terasa di bagian perut bawah, baik sebelah kanan maupun sebelah kiri. Rasa sakit muncul ditentukan oleh ovarium sebelah mana yang ditumbuhi kista; namun, biasanya sakit pinggang sebelah kiri itu adalah gejala umumnya.

(Baca juga: obat sakit pinggang) 12. Infeksi Ginjal Karena adanya infeksi ginjal di sebelah kiri, otomatis pinggang pada bagian kiri akan ikut terasa sakit.

Penyakit ginjal karena infeksi pada umumnya bakal diawali dari bagian kandung kemih yang lantas bisa naik menjalar hingga sampai pada organ ginjal. Ginjal pun akhirnya meradang yang jelas juga membuat pinggang sebelah kiri terasa sakit.

Selain pinggang yang terasa sakit, penderita juga tak jarang mengalami demam yang diakibatkan oleh infeksi tersebut. Apabila gejala seperti demikian terjadi, jangan ragu untuk segera ke dokter dan memeriksakan diri.

Setelah didiagnosa, nanti akhirnya bisa diketahui keadaan sebenarnya dan Anda juga memperoleh perawatan intensif yang tepat. 13. Batu Ginjal Jenis penyakit ginjal lainnya yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri adalah batu ginjal. Sebetulnya tak hanya sebelah kiri bagian pinggang saja yang terasa nyeri karena penyakit batu ginjal, tapi juga area perut di bagian bawah.

Terkadang, rasa sakitnya bahkan bisa sampai ke area paha. Jika Anda juga sering buang air kecil dengan frekuensi melebihi normalnya, Anda patut curiga dan segera memeriksakannya ke dokter. Jangan lupa juga untuk senantiasa mengonsumsi banyak-banyak air putih setiap harinya secara teratur. Tubuh yang terjauh dari bahaya dehidrasi sakit pinggul sebelah kiri membuat batu-batu endapan di bagian ginjal bisa dikeluarkan sebelum ukurannya bertambah besar.

(Baca juga: obat tradisional sakit pinggang) Kemungkinan Lainnya akan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Sudah disebutkan sebelumnya ada 13 faktor penyebab dari rasa sakit di bagian pinggang sebelah kiri. Namun sebetulnya masih ada sejumlah kondisi yang berkemungkinan pula memicu timbulnya sakit pinggang bagian kiri. Berikut ini adalah contoh beberapa kondisi yang dimaksud: • Tumor fibroid. • Peradangan pankreas. • Penyakit ulkus peptikum atau lebih dikenal dengan istilah tukak lambung.

• Iritasi usus. • Ginjal yang lelah. (Baca juga: obat sakit pinggang sebelah kiri) Demikianlah sekilas informasi mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang hendaknya bisa Anda waspadai.

Segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri apabila terasa sakit di bagian perut, demam dan menggigil, tubuh lemas, sulit BAB dan BAK, berkeringat di malam hari dan berat badan turun drastis. Related Posts • 22 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh – Alami dan Medis • Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Kenapa? Waspadai 11 Kemungkinan Penyebabnya ! • 8 Gejala Saraf Terjepit Di Pinggang Paling Umum Terjadi • 15 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Berkepanjangan secara Alami Paling Ampuh • 17 Obat Sakit pinggul sebelah kiri Sakit Pinggang Paling Efektif Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya! Menu • UTAMA • SAKIT • SAKIT BELAKANG & SLIP DISC • SAKIT LUTUT • SAKIT LEHER • SAKIT BAHU • STROK & ANGIN AHMAR • KECEDERAAN SUKAN • MASALAH KESIHATAN KANAK-KANAK sakit pinggul sebelah kiri RAWATAN • MANUAL TERAPI • MULLIGAN TECHNIQUE • SOFT TISSUE MANIPULATION • JOINT MOBILISATION • ELEKTROTERAPI • REHABILITASI INTENSIF • TESTIMONI • TENTANG • BLOG • KECEDERAAN SUKAN • MASALAH KESIHATAN KANAK-KANAK • SAKIT BAHU • SAKIT BELAKANG & SLIP DISC • SAKIT LEHER • SAKIT LUTUT • STROK & ANGIN AHMAR • UMUM • MEDIA • E-BOOK PERCUMA • HUBUNGI • BUAT JANJI TEMU Sakit pinggang kiri sering berlaku di dalam masyarakat Malaysia, lebih-lebih lagi mereka yang berumur.

sakit pinggul sebelah kiri

Walau bagaimanapun, ianya sering kali dianggap remeh dan diabaikan. Sebenarnya, sakit pinggang haruslah dirawat awal untuk mengelakkan sebarang implikasi buruk yang berkemungkinan berlaku pada masa hadapan. Artikel ini akan menerangkan tentang punca-punca yang menyebabkan terjadinya sakit pinggang serta kaedah-kaedah rawatan yang anda boleh ikuti. 8 Punca Sakit Pinggang Pada bahagian ini, kami akan menerangkan beberapa perkara yang berkaitan dengan sakit pinggang sebelah kiri.

sakit pinggul sebelah kiri

• Ketegangan Otot Ketegangan otot sering berlaku apabila melakukan aktiviti-aktiviti fizikal yang berlebihan ataupun melakukan banyak gerakan badan. Sebagai contoh, sekiranya kita melakukan senaman berat di mana fokusnya pada bahagian punggung, otot dan urat di bahagian tersebut akan tertarik dan menjadi tegang.

• Nyeri Punggung Selain itu, nyeri punggung sering terjadi apabila saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf bahagian badan daripada pangkal peha ke tapak kaki tertekan. Ianya terjadi akibat saraf tulang belakang bergesel ataupun kerosakan tulang punggung yang mengakibatkan saraf menjadi sempit. Antara salah satu ciri nyeri punggung adalah berasa kebas dari bahagian pinggang kiri atau kanan ke bahagian kaki.

• Masalah buah pinggang Kebiasaannya pesakit akan berasa sakit pada bahagian tulang rusuk paling bawah dan di bahagian punggung. • Kecederaan Fizikal Seterusnya, kecederaan fizikal juga merupakan salah satu faktor terjadinya sakit pinggang.

Perkara ini selalunya terjadi apabila otot di bahagian pinggang kiri mengalami kerosakan ataupun tulang punggung telah patah.

Bagi kaum wanita pula, sakit pinggang pada bahagian kiri boleh sakit pinggul sebelah kiri disebabkan beberapa faktor seperti kehamilan, Ovarian Cystdan endometriosis. • Spinal stenosis Spinal stenosis terhasil akibat penyempitan tulang yang menyebabkan saraf tulang belakang tertekan. Kesannya adalah pesakit akan berasa kebas dan mengalami kekejangan.

Bukan itu sahaja, perkara ini selalunya akan bertambah teruk apabila berdiri atau ketika berjalan. Di antara sebab utama spinal stenosis berlaku adalah faktor penuaan. • Masalah Tulang Penyempitan tulang belakang juga boleh menyebabkan seseorang berasa sakit pada bahagian belakang. Bukan itu sahaja, rasa sakit tersebut boleh merebak ke bahagian kaki dan membuatkan kaki sakit. • Kecederaan Tisu Badan Kecederaan tisu badan selalunya terjadi selepas berlakunya kecederaan akibat kemalangan atau bersukan.

Kecederaan ini akan mengakibatkan seseorang itu berasa sakit pada bahagian tulang belakang. Rasa sakit juga merebak ke seluruh bahagian belakang badan. • Masalah Organ Dalaman Sakit belakang bahagian kiri juga boleh berpunca daripada jangkitan atau keradangan organ tubuh badan. Di antara organ-organ yang mungkin terjejas adalah: • Pankreas • Rahim • Buah pinggang • Kolon Selain itu, keradangan usus besar yang kronik boleh menyebabkan individu tersebut berasa sakit pinggang, kejang perut, sakit pinggul sebelah kiri dan sebagainya.

Sekiranya anda mengalami sakit pinggang bersama simptom-simptom yang lain dalam masa jangka yang panjang, anda dinasihatkan untuk berjumpa doktor dengan segera. Cara-Cara Merawat Sakit Pinggang Terdapat pelbagai kaedah yang anda boleh ikuti untuk merawat sakit pinggang yang dialami.

Berikut kami kongsikan beberapa rawatan untuk sakit pinggang. • Dapatkan rehat yang secukupnya Masalah sakit pinggang dapat dikurangkan sekiranya individu tersebut mendapatkan rehat dan tidur yang secukupnya.

• Pemampatan Ais Teknik pemampatan ais dapat mengurangkan rasa sengal otot pada bahagian belakang tubuh anda. Pemampatan ais ini seelok-eloknyanya dilakukan selama 20 minit sehari untuk mendapatkan kesan yang optimum.

• Ubat tahan sakit Jika masalah sakit pinggang anda sangat serius dan semakin teruk, anda disarankan untuk berjumpa doktor ataupun mengambil ubat tahan sakit. Sebagai contoh, anda boleh mengambil Paracetamol, Ibuprofen ataupun Naproxen untuk melegakan kesakitan yang dialami. • Tukar Tilam Penggunaan tilam yang rata dan tebal juga dapat membantu dan melegakan sakit pinggang.

• Chiropractor Penggunaan khidmat kiropraktor juga berkesan dalam membantu mengurangkan masalah ini. Kiropraktor dapat membantu anda meluruskan dan memulihkan bahagian yang terseliuh sekaligus mengurangkan rasa sakit pinggang. • Tukar kasut Pemilihan kasut seharian yang bagus adalah amat penting untuk membantu mengurangkan rasa sakit pinggang. Pastikan anda menggunakan kasut yang mempunyai tapak yang tebal sakit pinggul sebelah kiri lembut untuk menyerap hentakan ketika berjalan atau berlari.

Kesimpulannya, terdapat pelbagai kaedah yang anda boleh cuba untuk mengurangkan masalah sakit pinggang. © 2022 FLEX PHYSIOTHERAPY (KT0427207- X). Hak cipta terpelihara. PENAFIAN: Seperti semua prosedur perubatan, prosedur Flex Physiotherapy mempunyai kadar kejayaan dan kegagalan. Ulasan dan testimoni pesakit di laman web ini tidak boleh ditafsirkan sebagai pernyataan mengenai keberkesanan rawatan kami untuk orang lain.

Penyedia yang disenaraikan di laman web Flex Physiotherapy hanya untuk tujuan maklumat dan bukan cadangan dari Flex Physiotherapy untuk penyedia tertentu atau jaminan hasil rawatan yang anda terima. Web Design by Designville Sila pilih jawapan yang sesuai dengan keadaan anda.

Jenis sakit yang dihadapi?

sakit pinggul sebelah kiri

Dah berapa lama mengalami masalah sakit ini? Berapa lama tempoh kebas/kejang/sakit dalam satu masa? Ada Rasa kebas/kejang/sakit semasa tidur pada waktu malam? Ada mengambil ubat painkiller? Jika ada berapa biji sehari? (Tanda ‘TIADA’ jika tidak berkenaan) Adakah Sakit ini mengganggu kerja harian anda? Jumlah indeks tahap kesakitan anda = Parameter Kesakitan** Parameter Kesakitan** 0 = Tiada sakit 1-3 = Kesakitan Ringan 4-7 = Kesakitan Ketara 8-13 = Kesakitan Sangat Ketara 14-19 = Kesakitan Paling Ketara Nyatakan jumlah Parameter Kesakitan anda dan dapatkan konsultasi PERCUMA dari pakar fisio kami dan pilihan rawatan yang diperlukan di bawah: BUAT JANJI TEMU TANYA PAKAR FISIO ×
Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita dapat terjadi di kalangan usia manapun.

Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal seperti gangguan pada organ reproduksi maupun aktivitas yang berlebihan. Nyeri yang dirasakan terkadang hanya terasa pada salah satu sisi tubuh, misalnya sisi kiri. Lokasi sakit adalah indikator utama untuk mengetahui penyebab sakit pinggang. Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita biasanya berasal dari ginjal, pankreas, usus besar, dan rahim. Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit yang konstan, sementara yang lain memiliki rasa sakit yang datang dan pergi.

Apa itu sakit pinggang sebelah kiri pada wanita? Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita adalah rasa sakit, nyeri, ataupun pegal yang terjadi di sebelah kiri punggung bawah wanita yang disebabkan oleh banyak hal termasuk ketegangan otot, kerusakan tulang, hingga perubahan postur tubuh akibat kehamilan yang terjadi pada wanita. Ketika seseorang berusia di atas 60 tahun, bantalan dan elastisitas otot di tulang berkurang sehingga risiko sakit pinggang sebelah kiri meningkat.

Oleh sebab itu, baik pria maupun wanita diharapkan dapat menjaga kebugaran tubuh guna mencegah munculnya sakit pinggang.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri pada wanita Jenis sakit punggung bawah yang dirasakan seseorang tentu bervariasi. Ada yang mengalami rasa sakit menusuk, sementara yang lain hanya merasa pegal-pegal. Namun, biasanya sakit pinggang sebelah kiri yang dirasakan wanita memiliki gejala seperti: • Otot terasa kaku • Kaki kesemutan • Punggung terasa sakit ketika berjalan • Mengalami kram otot • Pinggang terasa kaku • Tubuh terasa sakit bahkan saat bangun dari tempat tidur • Nyeri perut yang menjalar ke punggung • Gerak tubuh terbatas • Punggung bawah terasa nyeri Risiko yang meningkatkan peluang sakit pinggang Ada beberapa risiko yang dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami sakit pinggang sebelah kiri pada wanita seperti: Usia Seiring bertambahnya usia, pelumas, bantalan, dan elastisitas otot dan kepadatan tulang berkurang.

Maka tidak jarang bagi sebagian besar usia lanjut mengalami nyeri punggung bawah ataupun mudah patah tulang.

Kebugaran Orang yang jarang olahraga memiliki risiko sakit pinggang sakit pinggul sebelah kiri lebih tinggi. Kehamilan Perubahan panggul yang disebabkan oleh berat badan saat hamil dapat menyebabkan cedera punggung bagian bawah. Obesitas Sakit punggung dan nyeri dapat disebabkan oleh berat badan yang berlebihan. Genetik Bila keluarga memiliki riwayat genetik artritis, maka kamu memiliki risiko nyeri punggung bawah.

Pekerjaan Pekerjaan seperti mengangkat dan mendorong beban berat dapat menyebabkan cedera. Selain itu, pekerjaan yang menuntutmu untuk terus duduk dapat memicu sakit punggung. Mental Siapa yang menyangka jika kecemasan dan depresi dapat mengubah cara seseorang merasakan rasa sakit? Masalah psikologis ternyata dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Membawa beban yang berat Sama seperti mengangkat beban berat, ransel dengan berat berlebih dapat membuat otot punggung anak menjadi tegang.

Sebaiknya ransel tidak memiliki berat lebih dari 20% dari berat badan anak. Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita Penyebab sakit pinggang sebelah kiri paling umum adalah kerusakan jaringan pada otot, cedera, serta kondisi lain yang melibatkan organ dalam.

Berikut adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita: Keseleo atau ketegangan otot Keseleo atau ketegangan otot menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita yang paling umum. Keseleo yang terjadi karena tubuh memutar, meregangkan otot, atau mengangkat sesuatu yang berat dengan tidak benar sakit pinggul sebelah kiri menyebabkan robekan atau peregangan pada ligamen.

Baik keseleo maupun ketegangan otot menyebabkan pembengkakan, kesulitan bergerak, dan rasa kaku di punggung. Skiatika Skiatika atau linu panggul yang disebabkan oleh kompresi saraf skiatik biasanya hanya mempengaruhi satu sisi tubuh.

Skiatika yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita mengakibatkan nyeri punggung atau rasa terbakar.

Jika penderita mengalami batuk, bersin, atau sering duduk dalam waktu yang lama, linu panggul terasa lebih menyakitkan. Dalam kasus yang serius, skiatika dapat menyebabkan kelemahan dan mati rasa pada kaki. Saraf terjepit Saraf terjepit atau Herniated disc adalah kondisi di mana satu atau lebih bantalan bantalan sakit pinggul sebelah kiri di antara tulang belakang terkompresi dan menonjol ke kanal tulang belakang.

Bantalan cakram yang menonjol sering menekan saraf, menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kelemahan. Dapat disebabkan oleh cedera ataupun bertambahnya usia, saraf terjepit sebagai penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri pada wanita menyebabkan linu panggul.

Osteoartritis Osteoartritis adalah kondisi ketika tulang rawan di antara tulang belakang mulai rusak. Memiliki bantalan halus, tulang berfungsi untuk melindungi gesekan antar tulang ketika bertemu dengan sendi. Kerap disebut sebagai pengapuran sendi, osteoartritis dapat disebabkan oleh cedera.

sakit pinggul sebelah kiri

Tetapi, umumnya osteoartritis disebabkan oleh keausan di mana bantalan halus pada tulang rawan tidak mampu melindungi tulang dari gesekan atau gosokan sehingga tulang menjadi susut. Gejala osteoartritis yang paling umum adalah nyeri dan kekakuan. Namun, penderita osteoartritis bisa saja merasa sakit ketika memutar atau menekuk punggung.

Sakroiliitis Sakroiliitis atau disfungsi sendi sakroiliaka adalah sakit pinggang sebelah kiri yang disebabkan karena peradangan pada sendi di sisi tulang belakang.

sakit pinggul sebelah kiri

Gejala umum disfungsi sendi sakroiliaka adalah nyeri punggung bawah serta bokong. Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita yang disebabkan oleh sakroiliitis dapat memburuk jika kamu sering berdiri, berlari, bertumpu pada kaki yang sakit, menaiki tangga, serta mengambil langkah besar. Gangguan pada ginjal Berperan penting dalam membuang sisa metabolisme dari tubuh, gangguan pada ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal mampu menyebabkan rasa sakit di satu sisi punggung bawah dan nyeri saat buang air kecil.

Batu ginjal disebabkan oleh penumpukan limbah atau tidak cukupnya asupan cairan yang menyebabkan gangguan di ginjal. Sementara infeksi ginjal biasanya dimulai dengan infeksi saluran sakit pinggul sebelah kiri. Dalam kasus yang serius penderita dapat merasa mual, mengalami muntah, dan demam.

Bila tidak diobati, gangguan ginjal dapat merusak ginjal secara permanen. Endometriosis Tumbuh di rahim, endometriosis sering menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri pada wanita berusia 30 dan 40-an.

Selain nyeri, gejala umum endometriosis adalah kram menstruasi yang menyakitkan, nyeri punggung bawah dan panggul, rasa sakit saat berhubungan seksual dan saat buang air, kembung, serta mengalami masalah pencernaan. Fibroid rahim Fibroid adalah tumor yang tumbuh di dinding rahim. Beberapa gejala fibroid rahim yaitu pendarahan berlebih saat menstruasi, perut terasa kembung dan penuh di bagian bawah, nyeri punggung bawah, sering buang air kecil, rasa sakit saat berhubungan seks, serta menstruasi terasa menyakitkan.

Pankreatitis Pankreatitis adalah sakit pinggang sebelah kiri pada wanita yang disebabkan oleh peradangan pankreas. Terletak di sisi atas bagian belakang sistem pencernaan, pankreas membuat insulin dan membantu pencernaan. Pankreatitis biasanya disebabkan oleh alkohol, operasi perut, maupun penggunaan obat-obatan yang menyebabkan peradangan.

Kehamilan Selama kehamilan, sakit pinggang umum terjadi karena perubahan postur tubuh, di mana bagian depan tubuh yang lebih berat membuat otot punggung tegang. Disamping itu, perut yang terus bertumbuh dapat melemahkan otot perut sehingga tulang sakit pinggul sebelah kiri tidak didukung dengan baik. Penanganan sakit pinggang Nyeri punggung kiri bawah atau sakit pinggang sebelah kiri menandakan adanya berbagai masalah termasuk organ dalam, cedera, hingga kondisi tertentu pada muskuloskeletal seperti otot, jaringan ikat, saraf, tulang, dan sendi.

Mengetahui lokasi nyeri dapat membantu dokter mengidentifikasi penyebab sakit pinggang. Kamu tentu dapat mengambil penanganan di rumah untuk meringankan rasa sakit, dan kemungkinan gejala akan berkurang dalam beberapa hari.

sakit pinggul sebelah kiri

Namun, jika rasa sakit tidak membaik atau justru semakin parah, pilihan terbaik adalah menemui dokter untuk berkonsultasi terkait keluhan yang kamu rasakan. Berikut adalah beberapa langkah awal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri dan gejala sakit pinggang: • Istirahat dan membatasi aktivitas yang memicu sakit pinggang • Gunakan kompres es atau air dingin pada area yang nyeri untuk membantu mengurangi radang • Gunakan kompres hangat atau mandi air hangat untuk merilekskan nyeri punggung akibat ketegangan otot • Mengonsumsi obat-obatan anti-radang atau obat nyeri otot seperti salep ataupun gel yang dijual bebas sesuai aturan pakai • Olahraga ringan dengan gerakan yang disesuaikan dengan penyebab rasa sakit seperti peregangan untuk mengurangi kekakuan otot Selain penanganan di atas, sakit pinggang juga dapat diatasi dengan perawatan alternatif, terapi medis, dan operasi.

Perawatan alternatif yang ditawarkan tidak hanya akupunktur dan pijat, tetapi juga stimulasi listrik transkutan atau Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS). Dokter berperan dalam memberikan saran dan terapi yang sesuai untuk dipilih oleh pasien seperti pemberian obat, sakit pinggul sebelah kiri korset maupun tindakan operasi.

Oleh karena itu, siapa pun yang mengalami sakit punggung harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai berbagai terapi. Kapan ke dokter Ya, sakit pinggang sebelah kiri pada wanita atau nyeri punggung bawah disebabkan oleh banyak hal, dan beberapa mungkin membutuhkan perhatian medis dan pengobatan khusus.

Kamu dapat menemui dokter jika mengalami beberapa hal seperti berikut: • Tidak merasa lebih baik setelah beberapa minggu • Mengalami mati rasa, kesemutan, dan kelemahan terutama di kaki • Mengalami masalah dengan usus • Sulit buang air • Rasa sakit yang berlebihan dibarengi demam • Penurunan berat badan secara drastis • Mengalami rasa sakit setelah jatuh atau cedera • Mual dan muntah • Mengalami sesak napas • Pusing • Terdapat darah dalam urin Jika kamu menemukan keluhan sakit pinggang di atas hingga mengganggu aktivitas sehari-hari seperti sulit berjalan dan tidur di malam hari, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tambahan berikut: • X-ray • CT scan • Myelogram • Tes konduksi saraf • USG • Tes darah • MRI Pencegahan sakit pinggang Sakit pinggang biasanya dapat diobati dengan istirahat yang cukup dan pereda nyeri.

Namun, tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit pinggang: • Melakukan olahraga rutin • Melakukan peregangan • Merilekskan otot • Istirahat yang cukup • Membatasi aktivitas yang menyebabkan banyak rasa sakit • Membatasi mengangkat beban berat • Rutin memijat otot • Sakit pinggul sebelah kiri sepatu hak rendah yang nyaman HealthLine.

https://www.healthline.com/health/lower-back-pain-left-side-above-buttocks Diakses pada tanggal 1 November 2021 HealthLine. https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain Diakses pada tanggal 1 November 2021 MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325921 Diakses pada tanggal 1 November 2021 OrthoSportsMed.

https://orthosportsmed.com/25132/ Diakses pada tanggal 1 November 2021 “Aktivitas yang begitu padat tak heran jika membuat tubuh menjadi cepat lelah. Pegal dan linu pada beberapa bagian tubuh jadi kondisi yang wajar terjadi, termasuk pada area pinggang.

Saat kamu terlalu lama duduk, pinggang bisa terasa lebih kaku. Ini juga akan membuat kamu jadi sulit bergerak.” Halodoc, Jakarta - Jika sakit pinggang lebih sering terjadi, tetapi hanya terasa pada bagian kiri tubuh, mungkin ini saatnya kamu melakukan pengecekan kesehatan. Sebab, sakit pinggang sebelah kiri bisa jadi gejala dari kondisi medis tertentu. Pun, penyakit yang kamu alami dengan gejala tersebut bisa dikatakan ringan, tetapi bisa juga sebaliknya.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan Waspada Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Tanda Masalah Kesehatan Ini Nyeri yang terjadi pada pinggang bisa disebabkan karena banyak hal, termasuk mengangkat beban terlalu berat, lama duduk, dan kurang minum. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih menganggap sepele hal ini, tak heran jika sering terjadi terlambat penanganan. Padahal, sakit pinggang sebelah kiri tentu tidak boleh dianggap remeh.

Kondisi tersebut ternyata bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa masalah kesehatan tertentu, di antaranya: • Peradangan Sendi Area Pinggul Waspada sakit pinggang sebelah kiri yang menjadi gejala dari peradangan sendi di area panggul. Masalah kesehatan ini rentan terjadi pada jaringan yang menyambung tulang di area tersebut. Selain itu, rasa nyeri juga bisa muncul karena robekan yang terjadi pada jaringan area panggul.

Dampaknya termasuk sendi terasa kaku sampai pembengkakan yang membuatmu mengalami kesulitan bergerak. • Masalah Kesehatan pada Sistem Reproduksi Rasa nyeri yang muncul pada pinggang sebelah kiri juga bisa menjadi gejala yang mengarah pada sistem reproduksi.

Gangguan ini lebih kerap terjadi pada wanita dengan endometriosis atau fibroid. Kedua masalah kesehatan ini, sayangnya, berkaitan erat dengan rahim.

sakit pinggul sebelah kiri

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang • Apendisitis Peradangan pada usus buntu atau disebut juga apendisitis ditandai dengan banyak gejala, salah satunya adalah sakit pinggang sebelah kiri yang terjadi secara mendadak. Gangguan kesehatan ini juga bisa meningkatkan risiko kehilangan nyawa apabila tidak segera ditangani.

Usus buntu memang berlokasi pada perut sebelah kanan, tetapi bukan tidak mungkin rasa sakit yang muncul bisa menjalar hingga ke pinggang kiri. • Batu Ginjal Batu ginjal jadi penyakit dengan gejala khas berupa sakit pinggang di sebelah kiri. Rasa sakitnya bisa mencapai punggung jika batu bergerak menuju ke ginjal melalui ureter. Selain sakit pinggang, gejala lain yang muncul saat kamu mengidap batu ginjal adalah sakit ketika berkemih dan adanya darah dalam air seni.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang Jadi, segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit apabila kamu mengalami sakit pinggang sebelah kiri yang tidak membaik lebih dari tiga sakit pinggul sebelah kiri.

Pakai aplikasi Halodoc untuk membantu kamu membuat janji lebih mudah di rumah sakit terdekat, sehingga kamu tak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan penanganan. Download segera aplikasinya di ponselmu!  Referensi: Healthline. Diakses pada 2021. What’s Causing the Pain Above My Left Hip and How Can I Treat It? Spine-Health. Diakses pada 2021. Lower Left Back Pain from Internal Organs.
Sakit pinggang sebelah kiri ditandai dengan rasa nyeri tajam dan menusuk di bagian kiri pinggang.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal dan sebaiknya tidak dianggap sepele, karena bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Sakit pinggang sebelah kiri dapat dialami siapa saja. Rasa nyeri yang muncul terkadang dapat menyebar hingga ke bagian tubuh lain, seperti bokong, pangkal paha, dan paha bagian belakang. Selain rasa nyeri, ada beberapa gejala penyerta yang dapat muncul ketika mengalami sakit pinggang sebelah kiri, di antaranya: • Rasa sakit yang semakin berat saat bergerak • Kesemutan atau mati rasa di bagian bokong atau kaki • Kesulitan saat membungkuk dan bersandar • Rasa nyeri yang menjalar hingga tungkai dan bisa menyebabkan keluhan sulit berjalan • Kram pada otot-otot di sekitar tulang belakang, sehingga memicu rasa sakit pinggul sebelah kiri pada pinggang Apa Saja Penyebabnya?

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, penyebab yang paling umum adalah gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat, sehingga menyebabkan cedera pada sisi kiri pinggang. Selain itu, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, seperti: 1. Otot tegang Melakukan aktivitas berat yang melibatkan gerakan punggung, dapat menyebabkan otot punggung tertarik sehingga menjadi tegang dan bahkan robek.

Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa pulih dan membaik setelah penderitanya beristirahat atau menjalani fisioterapi. 2. Skiatika Skiatika disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Hal ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau gangguan pada tulang punggung, sehingga menyebabkan saraf terjepit. Salah satu ciri umum dari skiatika adalah munculnya kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan hingga tungkai dan kaki.

3. Stenosis spinal Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang disebut stenosis spinal. Tekanan pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal bisa menyebabkan kebas, kram, dan kelemahan pada bagian tubuh yang sarafnya tertekan.

Umumnya, gejala akan bertambah parah saat berdiri atau berjalan. Penyebab utama stenosis spinal adalah perubahan kondisi tulang akibat penuaan, sehingga bantalan saraf tulang belakang menekan saraf dan akhirnya menyebabkan nyeri. 4. Gangguan pada ginjal Karena letaknya dekat dengan pinggang, gangguan yang terjadi pada organ ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, dapat menyebabkan nyeri pada pinggang.

Gangguan ginjal biasanya akan menimbulkan nyeri di antara tulang rusuk bagian bawah dan panggul. 5. Cedera fisik Patah tulang panggul atau kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang kiri juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Keluhan ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera. Pada wanita, beberapa kondisi lain yang juga dapat memengaruhi munculnya rasa sakit di pinggang bagian kiri adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Hal yang Perlu Diwaspadai dari Sakit Pinggang Sebelah Kiri Meski kebanyakan kasus sakit pinggang sebelah kiri bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi ada beberapa kondisi yang tetap memerlukan pemeriksaan dokter. Gejala penyerta sakit pinggang sebelah kiri yang perlu mendapat pemeriksaan dan penanganan medis secepatnya, meliputi: • Sulit mengontrol buang air kecil dan buang air besar • Kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki • Kurangnya massa dan kekuatan otot di kedua tungkai • Demam • Sulit berjalan Bila Anda mengalami sakit pinggang yang tidak kunjung membaik atau disertai gejala-gejala di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan sesuai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang Anda alami.
Setiap orang dapat mengalami sakit pinggang dengan bermacam-macam keluhan.

Ada yang sakit pas di tengah-tengah, samping kanan, maupun di sebelah kiri. Kadang juga disertai dengan keluhan lainnya, seperti sakit pinggang sebelah kiri yang menjalar hingga ke paha sampai kaki, disertai rasa panas dan kesemutan.

Ada juga sakit pinggang yang disertai sakit perut, sakit saat berkemih (kencing), bahkan ada pula yang mengalami demam. Semua gejala yang dialami itu akan menunjukkan dimana letak kelainan yang menyebabkan sakit pinggang.

Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk memahami penyebab sakit pinggang dan mengenali apakah rasa sakit yang Anda rasakan merupakan gejala penyakit yang serius. Baca : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Banyak kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Sakit pinggul sebelah kiri beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang paling sering dijumpai : 1.

Cedera Atau Keseleo ( Strain) Strain di sini diartikan sebagai ketegangan, cedera, atau keseleo pada alat gerak yang ada di pinggang sebelah kiri. Sekelompok otot dan ligamen sepanjang tulang belakang yang berfungsi memberikan dukungan dan gerakan pada pinggang saat mengalami cedera, ketegangan otot, dan keseleo.

Entah karena terjatuh, mengangkat benda berat, atau gerakan yang salah. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa sakit. Strain pada pinggang memiliki gejala rasa sakit berupa nyeri yang akan memburuk saat batuk, tertawa dan bersin. Nyeri biasanya terlokalisir pada pinggang yang terkena saja. Apabila Anda mengalami hal ini, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah beristirahat. Mengobati strain dapat dilakukan dengan cara menggunakan kompres es selama 20 menit pada pinggang yang sakit beberapa kali sehari.

Obat penghilang rasa nyeri (analgetik) yang dijual bebas di pasar seperti ibuprofen, naproxen dan acetaminofen juga dapat membantu meringankan rasa sakit. 2.

sakit pinggul sebelah kiri

Tonjolan Diskus Intervertebralis ( Herniated Nucleus Pulposus/HNP) dan Sciatica Antara tulang- tulang belakang kita memiliki struktur yang memberikan bantalan disebut disc atau diskus. Seiring waktu disc ini bisa aus, menyusut, dan bahkan pecah dan menonjol ( herniated disc atau Herniated Nucleus Pulposus).

Ketika terjadi herniated disc, maka disc dipaksa keluar dari posisi normal (menonjol) dan menghasilkan kompresi atau tekanan pada saraf yang berdekatan, yang dalam hal ini yang mensarafi pinggang sebelah kiri. Saraf sangat sensitif terhadap tekanan sehingga timbullah rasa sakit. Ketika disc di punggung bawah menekan saraf sciatic, maka muncul penyakit yang disebut sciatica. Inilah yang sering dikenal sebagai saraf kejepit. Rasa sakit biasanya dirasakan di bawah pantat, pinggul dan menjalar ke paha hingga kaki.

Kadang gejalanya disertai timbul mati rasa dan kesemutan yang sangat menyiksa. Pengobatan nyeri punggung bawah akibat herniated disc ini dimulai dengan pendekatan konservatif, yakni menggunakan terapi fisik, obat penghilang rasa sakit pinggul sebelah kiri dan modifikasi kegiatan sehari-hari untuk mengurangi nyeri.

Apabila seseorang sudah mengalami mati rasa atau kehilangan kekuatan, salah satu pengobatan yang dianjurkan adalah suntikan kortikosteroid. Bagi sebagian besar pasien yang mengalami sakit pinggang akibat herniated disc akan sembuh seiring berjalannya waktu. Tujuan utama pengobatan awal adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi normal pinggang. Pembedahan atau operasi merupakan jalan terakhir yang perlu dilakukan apabila mati rasa dan kehilangan kekuatan tidak pulih dengan terapi konservatif.

3. Infeksi Ginjal Infeksi ginjal bisa menyebabkan nyeri pinggang yang serius. Infeksi biasanya dimulai dari kandung kemih kemudian naik ke ginjal sehingga ginjal menjadi meradang dan tentunya timbul rasa sakit pada pinggang sebelah kiri (jika ginjal sebelah kiri yang kena). Demam dan mual juga dapat menyertai infeksi ginjal. Rasa sakit akan terjadi pada daerah panggul sepanjang tulang belakang dan di atas pinggul.

Rasa sakit memburuk dengan gerakan atau tekanan pada pinggang. Infeksi ginjal harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan terapi antibiotik. Kadang rawat inap diperlukan untuk terapi antibiotik intravena (melalui infus).

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core sakit pinggul sebelah kiri exercise, stretching dan exercise lainnya.

Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan). Infeksi ginjal dapat kambuh dan menjadi kronis. Hal ini terjadi biasanya karena terdapat kondisi medis yang mendasari atau masalah anatomi dengan saluran kemih. Apabila hal ini terjadi, Anda sebaiknya dirujuk ke dokter bedah kemih (bedah urologi) atau spesialis ginjal.

Baca juga : Infeksi Saluran Kemih 4. Batu Ginjal Batu ginjal yang menyebabkan penyumbatan dapat menyebabkan sakit yang tiba-tiba dan sakitnya luar biasa. Pasien biasanya mengatakan baru sekali ini merasakan sakit yang sungguh berbeda. Selain sakit pinggang, rasa sakit dapat menjalar ke sekitar perut bagian bawah dan turun ke pangkal paha. Biasanya ada sensasi ingin buang air kecil pada penderita batu ginjal ini.

Darah mungkin muncul dalam urin sebagai akibat dari bergeraknya batu di saluran kemih. Jika beruntung pasien juga menjumpai adanya batu yang keluar bersama keluarnya urin.

sakit pinggul sebelah kiri

Menghilangkan rasa sakit adalah pengobatan awal yang diperlukan. Kombinasi anti peradangan dan obat penghilang rasa sakit sering digunakan.

Hidrasi adalah kunci utamanya. Minum banyak air dan menghindari dehidrasi dapat membantu menghilangkan batu ginjal dan mencegahnya datang kembali. Namun, batu ginjal yang besar bisa terjebak dan tidak dapat keluar dengan sendirinya. Dalam hal ini diperlukan berbagai prosedur medis untuk membantu mengeluarkannya.

Dokter spesialis (ahli urologi) akan menentukan perawatan terbaik. Pilihan terapinya antara lain operasi pengangkatan batu atau penggunaan gelombang suara ( lithotripsy) untuk memecahkan batu menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sehingga lebih mudah keluar saat buang air kecil.

Baca juga : Gejala Batu Ginjal dan Pengobatan Batu Ginjal 5. Spinal Stenosis Sakit pinggul sebelah kiri kondisi di mana kanal (terowongan) tulang belakang menyempit dan mengganggu sumsum tulang belakang.

Proses ini terjadi pada orang yang berumur, sebagai dampak dari arthritis, herniasi dan pembentukan taji tulang. Gejalanya termasuk sakit punggung, mati rasa, dan hilangnya kekuatan. Perawatan awal untuk stenosis tulang belakang mirip dengan pengobatan herniated disc. Kontrol nyeri dapat dicapai dengan menggunakan obat non-steroid, obat relaksasi otot ( muscle relaxants) dan antidepresan.

sakit pinggul sebelah kiri

Terapi fisik dapat membantu mempertahankan kekuatan dan mobilitas serta meningkatkan keseimbangan. Suntikan steroid dapat memberikan bantuan jangka panjang bagi banyak orang, namun kadang diperlukan juga tindakan bedah atau operasi. Dokter mungkin akan merujukan Anda ke dokter bedah tulang belakang jika pengobatan konservatif tidak bekerja, terlebih jika rasa sakitnya sangat mengganggu. Prosedur bedah bertujuan untuk menghilangkan tekanan pada saraf tulang belakang. 6. Kista Ovarium Kista dapat terbentuk di ovarium wanita.

Terkadang kista dapat menimbulkan rasa sakit pada perut bawah sebelah kiri atau kanan dan bahkan menjalar sampai ke pingang sebelah kiri atau kanan tergantung ovarium mana yang terlibat. 7. Kondisi Medis Lain Berbagai kondisi medis lainnya dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Memeriksakan diri ke dokter adalah cara terbaik untuk mengetahui penyebabnya. Contohnya tumor fibroid; masalah pencernaan seperti iritasi usus, penyakit ulkus peptikum ( tukak lambung); gangguan tuba falopi oleh tumor, infeksi atau kista.

Dalam penentuan diagnosis, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, mulai dari wawancara (anamnesis), pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

Sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi suatu tanda kondisi medis yang serius dan berpotensi mengancam nyawa. Waspadai bila muncul gejala berikut : • Sakit perut mendadak yang tiba-tiba parah • Lemah, demam tinggi atau menggigil • Penurunan berat badan atau berkeringat malam • Kesulitan buang air besar atau kecil • Keluhan bersifat kronis • Keluhan mengganggu aktivitas sehari-hari Bila Anda mengalami sakit pinggang di sebelah kiri disertai gejala-gejala tersebut, segera sakit pinggul sebelah kiri diri ke dokter.

Ajukan pertanyaan sakit pinggul sebelah kiri promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Sakit pinggul sebelah kiri Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di appJakarta - Kepada Yth.

Dokter, Dok, dalam 1 bulan terakhir ini saya ada keluhan sakit di pinggul kiri (terasa di dalam) dan betis sebelah kiri di atas mata kaki juga sakit pada saat berjalan dan berdiri. Jika berbaring atau tidur dan duduk tidak terasa sakit, tetapi pada saat berdiri langsung terasa sakit pinggul sebelah kiri di kedua tempat yang saya sebutkan di atas.

Saya pernah ke dokter umum, katanya pengapuran. Dok, apa penyebab sakit tersebut? Dan bagaimana pengobatannya? Sekian dan terimakasih. Salam, Indra Indra (Laki-laki menikah, 45 tahun) indraXXXXX@yahoo.com Tinggi badan 168 cm, berat badan 72 kg Jawaban Pak Indra Yth, Bila membaca keluhan Anda berupa sakit di pinggul kiri bagian dalam yang dirasakan pada saat berdiri atau berjalan (tetapi tidak terasa sakit bila berbaring atau duduk) serta melihat faktor usia, tinggi badan dan berat badan Anda, maka dugaan kami adalah Anda menderita osteoarthritis (OA) panggul, yaitu kelainan yang terjadi pada struktur anatomi di sendi panggul.

OA dialami oleh berjuta orang di dunia ini, khususnya yang berusia lanjut. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi diyakini bahwa hal ini berhubungan dengan proses penuaan (degenerative). Beberapa literatur kedokteran bahkan mengkaitkan kondisi ini sebagai proses ke-aus-an (wear and tear). Keadaan lain yang dapat menjadi faktor resiko dan memperberat OA ini adalah jenis pekerjaan, riwayat cedera sendi, riwayat penyakit yang melibatkan persendian dan kelebihan berat badan.

Posisi berdiri atau berjalan adalah posisi dimana berat badan Anda ditumpu sepenuhnya oleh sendi panggul, sendi lutut, dan sendi pergelangan kaki. Pada penderita OA panggul, posisi berdiri atau berjalan akan menyebabkan tulang penyusun sendi panggul saling menempel dan bergesekan. Keadaan ini selanjutnya menimbulkan rasa nyeri di panggul. Hal ini tidak terjadi saat Anda duduk atau berbaring. Nyeri yang Anda alami juga di betis kiri (sisi yang sama dengan nyeri panggul) pada saat berdiri atau berjalan, bisa diakibatkan oleh proses OA di sendi pergelangan kaki atau merupakan mekanisme kompensasi otot-otot betis Anda yang digunakan tidak dengan semestinya, yaitu karena Anda berusaha untuk mendapatkan posisi kaki yang sedemikian rupa agar panggul tidak terasa nyeri.

Pengapuran adalah istilah awam untuk osteofit (osteophyte), yaitu tumbuhnya tulang kecil di sekitar persendian akibat proses osteoarthritis. Bila tidak mendapat penanganan yang baik, keadaan ini selanjutnya akan menimbulkan rasa nyeri yang berkelanjutan bahkan gangguan pada pergerakan sendi-sendi kaki Anda. Terapi OA, meliputi: modifikasi gaya hidup & pengendalian berat badan, pemberian obat (medikasi), injeksi, sakit pinggul sebelah kiri, hingga operasi: arthroscopy atau ganti sendi (arthroplasty).

Jadi Anda tidak perlu khawatir, penanganan OA tidak tentu dengan operasi. Penentuan jenis terapi ini berdasarkan derajat keparahan OA-nya. Konsultasikan keadaan Anda pada dokter spesialis tulang (orthopaedi & traumatologi) di Rumah Sakit yang terdekat.

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya. Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA) Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl.

Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting) Follow twitter @SbyKneeCenter (hrn/mer) Berita Terkait • Cara Membuktikan Seseorang Benar-benar Alami Patah Tulang • Menyembuhkan Ruas Ujung Jari Kelingking yang Cedera Akibat Terpeleset • Didiagnosis Bamboo Spine di Tulang Leher, Bisakah Disembuhkan? • Pasang Pen Usai Operasi Patah Tulang, Masa Pemulihan Berapa Lama?

• Apakah Tulang yang Sudah Keropos Bisa Tumbuh Lagi? • Tulang Kering Sakit Akibat Terbentur Sepeda Motor, Berbahayakah? • Didiagnosis Bamboo Spine, Bisakah Disembuhkan? • Tulang Kering Bengkok, Masih Bisakah Dioperasi?

MOST POPULAR • 1 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • 2 WHO: Angka Kematian Tak Langsung Pasien COVID-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia • 3 Wajib Dicoba! Ini 4 Posisi yang Bikin Seks Makin Enak • 4 Ssst! Ternyata Ini Lho Alasan Seks Terasa Enak • 5 Inggris Laporkan Kasus Cacar Monyet Langka • 6 Catat!

Ini Pertolongan Pertama Jika Anak Alami Gejala Hepatitis Misterius • 7 DKI Jakarta Tertinggi, Ini Sebaran 227 Kasus Baru COVID-19 RI 8 Mei • 8 Pengisi Waktu di Sela Macet Arus Balik, Masih Sanggup Pecahkan Teka Teki? • 9 Sama-sama untuk Meluncur, Ini Beda Inline Skate Vs Sepatu Roda Biasa • 10 Inline Skate, Olahraga yang Lagi Viral Dihujat Pemakai Jalan di Ibukota • SELENGKAPNYA

Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!




2022 www.videocon.com