Aturan gol tandang liga champions

aturan gol tandang liga champions

AFP/ADRIAN DENNISPenyerang Tottenham Lucas bersama rekan setimnya melakukan selebrasi kemenangan usai leg kedua semifinal Liga Champions 2019 melawan Ajax di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Rabu (8/5/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Duel berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Tottenham, membuat ''The Spurs'' lolos ke final dengan agresivitas gol tandang dan akan menantang Liverpool.

KOMPAS.com - Fase gugur Liga Champions dimulai dari babak 16 besar hingga partai final nanti.

aturan gol tandang liga champions

Aturan gol tandang liga champions satu poin penting dari kompetisi antarklub elite Eropa tersebut adalah dihapusnya aturan gol tandang Liga Champions. Fase 16 besar Liga Champions 2021-2022 bakal dimainkan mulai Rabu (16/2/2022) dini hari WIB. Partai besar akan tersaji yakni Paris Saint-Germain vs Real Madrid.

Sementara itu, Sporting Lisbon bakal menjamu Manchester City. Kemudian pada Kamis (17/2/2022) dini hari WIB, ada dua pertandingan yakni Inter Milan vs Liverpool dan Salzburg vs Bayern Muenchen. Baca juga: Jadwal Liga Champions, PSG Vs Real Madrid dan Sporting CP Vs Man City Tak Ada Lagi Gol Tandang Pada Juni tahun lalu, Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan bahwa mereka menghapus aturan gol tandang untuk semua kompetisi di bawah naungannya mulai musim 2021-2022.

Dengan keputusan yang diambil UEFA tersebut, aturan gol tandang tidak akan berlaku lagi untuk kompetisi Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. Itu merupakan sebuah langkah bersejarah lantaran regulasi soal gol tandang sudah diperkenalkan sejak 1965. "Aturan gol tandang telah menjadi bagian intrinsik dari kompetisi UEFA sejak diperkenalkan pada 1965. Namun, pertanyaan tentang penghapusannya telah diperdebatkan di berbagai pertemuan UEFA selama beberapa tahun terakhir," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin, seperti dilansir dari Squawka News, Juni tahun lalu.

Lebih lanjut, Ceferin menyatakan bahwa alasan utama kenapa aturan gol tandang di kompetisi Eropa dihapuskan adalah pertimbangan keadilan. Berita Terkait Xavi: Target Barcelona Lolos Kualifikasi Liga Champions Lionel Messi Akan Bangkit Saat PSG Lawan Real Madrid di Liga Champions PSG Vs Real Madrid: Ancelotti Bicara Peluang Gareth Bale pada 16 Besar Liga Champions Jadwal Liga Champions Pekan Ini: PSG Vs Real Madrid, Inter Milan Vs Liverpool Berita Terkait Xavi: Target Barcelona Lolos Kualifikasi Liga Champions Lionel Messi Akan Bangkit Saat PSG Lawan Real Madrid di Liga Champions PSG Vs Real Madrid: Ancelotti Bicara Peluang Gareth Bale pada 16 Besar Liga Champions Jadwal Liga Champions Pekan Ini: PSG Vs Real Madrid, Inter Milan Vs Liverpool Porto - UEFA berniat menghapus aturan gol tandang di Liga Champions yang sudah bertahan lebih dari setengah abad.

Sistem ini dianggap sudah usang. Dilaporkan harian The Times, Sabtu (29/5/2021) WIB, keputusan ini diambil dalam rapat di Porto yang digelar sebelum final Liga Champions. Sekarang UEFA tinggal menanti rekomendasi dari komite eksekutif untuk memberi lampu hijau terkait penerapannya mulai musim depan. Perubahan di dunia sepakbola, khususnya baru-baru ini, membuat keinginan menghilangkan aturan gol tandang semakin besar.

Di tengah pandemi COVID-19, tak sedikit pertandingan yang dipindah ke tempat netral. Baca juga: Final Liga Champions: Phil Foden Buru Kado Ulang Tahun Termanis Contohnya laga 16 besar Borrusia Moenchengladbach vs Manchester City.

Kedua tim bermain dua leg di stadion yang sama, yakni Puskas Arena, Budapest. Hal sama berlaku untuk laga RB Leipzig vs Liverpool. Kasus lainnya yakni Atletico Madrid vs Chelsea, di mana Chelsea boleh bermain di Stamford Bridge, namun Atletico memainkan laga kandangnya di Arena Națională, Bukares. Meskipun tempat netral itu dianggap sebagai kandang tim tertentu, namun tak adanya dukungan penonton membuat tekanan bermain sebagai tim tamu tak lagi terasa.

Selain itu, mencetak gol tandang dianggap tak lagi sesulit di zaman dulu. Baca juga: Duh, Fans Man City dan Chelsea Baku Hantam di Porto "Pemikirannya, sekarang ini tim-tim lebih mudah mencetak gol tandang dibandingkan tahun 1970-an atau 80-an, di mana ketika itu skor-skor pertandingan seringkali rendah dan atmosfer stadion lebih mencekam," jelas seorang sumber UEFA.

"Dulu visibilitas pertandingan yang terkait dengan wasit, kualitas lapangan, dan organisasi masih aturan gol tandang liga champions. Zaman sekarang, keuntungan bermain di kandang tak lagi signifikan," sambungnya.

Aturan gol tandang pertama kali dipakai oleh UEFA pada 1965, dan berlangsung hingga sekarang. Musim ini, korban gol tandang adalah Juventus di 16 besar dan Bayern Munich di perempatfinal. Baca juga: Final Liga Champions: Ini Head to Head Man City Vs Chelsea di Eropa Ide penghapusan aturan gol tandang sudah pernah diutarakan bertahun-tahun lalu, namun selalu tak mendapat dukungan cukup.

Jika jadi diterapkan musim depan, maka tak akan ada lagi laga dua leg di fase gugur yang memiliki agregat imbang. Tak cuma di Liga Champions, aturan ini juga akan diterapkan di Liga Europa. (adp/bay)
none tirto.id - Babak 16 besar Liga Champion 2021/2022 leg 2 menerapkan aturan baru gol tandang sebagai syarat lolos ke 8 besar atau perempat final.

aturan gol tandang liga champions

Jadwal pertandingan 16 besar UEFA Champions League (UCL) 2022 tersaji pada 9-10 dan 16-17 Maret 2022, bisa ditonton melalui siaran langsung SCTV atau live streaming Vidio. Perubahan paling mencolok dalam Liga Champons musim ini adalah ditiadakannya aturan gol tandang di leg 2 babak 16 besar. Aturan gol tandang terakhir diterapkan musim lalu dalam babak gugur atau knock-out. Dalam aturan gol tandang dinyatakan, apabila dua tim sedang bertanding dalam babak gugur 2 leg dan kedua kubu memiliki agregat sama kuat, tim yang mencetak gol lebih banyak di markas lawan dianggap sebagai pemenang.

Aturan Lama Gol Tandang Liga Champions PSG adalah tim terakhir yang diuntungkan dengan aturan ini. Musim lalu, dalam perempat final UCL, Les Parisiens bentrok kontra Bayern Munchen. Di leg pertama yang berlangsung di Jerman, Neymar dan rekan-rekan menang 2-3 dalam laga tandang.

Berikutnya, saat aturan gol tandang liga champions di Paris dalam pertandingan 4 besar leg 2, Bayern Munchen hanya sanggup menang 0-1 di Stadion Parc des Princes, kandang PSG. Kendati secara agregat kedua kubu sama kuat 3-3, PSG ditetapkan sebagai tim yang lolos ke semifinal karena mencetak lebih banyak gol tandang.

Kini, aturan tersebut sudah tak berlaku berdasarkan Regulations of UEFA Champions League Pasal 20 yang berbunyi sebagai berikut: "Untuk pertandingan yang dimainkan dalam babak sistem gugur, jika kedua tim yang terlibat dalam pertandingan mencetak jumlah gol yang sama selama dua leg, dua periode 15 menit perpanjangan waktu dimainkan pada akhir leg kedua." "Tim yang mencetak lebih banyak gol selama perpanjangan waktu lolos ke tahap berikutnya.

Jika kedua tim mencetak jumlah gol yang sama atau tidak ada gol yang dicetak selama perpanjangan waktu, tendangan dari tanda penalti menentukan tim mana yang memenuhi syarat untuk tahap berikutnya." Baca juga: • Jadwal Badminton German Open 8-13 Maret Live iNews Mulai Semifinal • Prediksi Liverpool vs Inter Milan & Jadwal UCL Live SCTV Rabu 9 Mar • Jadwal Badminton All England 2022 Tayang Live MNCTV 16-20 Maret Aturan Baru Gol Tandang Liga Champions Mulai musim 2021/2022, format sistem gugur sejak babak 16 besar Liga Champions tidak lagi menggunakan aturan gol tandang.

Maka, di leg kedua nanti, apabila dua tim punya agregat sama kuat, pertandingan dilanjutkan dengan tambahan waktu sepanjang 2x15 menit. Apabila situasinya masih berimbang, pemenang ditentukan lewat adu penalti. Sebagai aturan gol tandang liga champions laga antara Liverpool vs Inter Milan. Meskipun The Reds mengoleksi 2 gol tandang di leg 1 babak 16 besar UCL 2021/2022 di Giuseppe Meazza, namun Nerazzurri punya kans yang sama jika mampu membalas 2 gol di Anfield pada leg 2 dan memaksakan skor 2-2 hingga waktu normal habis.

Apabila itu yang terjadi, maka laga berlanjut ke babak tambahan waktu 2x15 menit untuk menentukan pemenangnya. Dan jika masih saja imbang, maka berikutnya dilakukan adu penalti demi menentukan tim mana yang berhak lolos ke 8 besar atau perempat final UCL 2021/2022.

Setelah babak 16 besar selesai, didapatkan 8 pemenang yang melaju ke perempat final. Para peserta 8 besar diundi ulang dalam drawing penentuan lawan. Begitu pula, saat semifinal nanti, penentuan lawan juga dilakukan lewat drawing sehingga bagan Liga Champions 2022 baru akan jelas saat semifinal nanti.

Skema tersebut didasarkan pada Regulasi Liga Champions 2022 Pasal 18 ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut: 18.02: "Delapan pemenang babak 16 besar memperebutkan perempatfinal. Pasangan perempatfinal ditentukan lewat drawing." 18.03: "Empat pemenang perempat final memperebutkan semifinal. Pasangan semifinal ditentukan lewat drawing." Baca juga: • Format & Bagan 16 Besar Liga Champion: Aturan Gol Tandang Dihapus • Prediksi Bayern vs Salzburg & Jadwal Liga Champion Leg 2 Live TV • Klasemen Liga 1 2022 Terbaru & Prediksi Juara: Persib atau Bali Utd Daftar Tim Lolos dan Jadwal Babak 16 Besar Liga Champions Leg 2 Sejumlah 16 tim akan melakoni leg kedua babak 16 UCL pada 9, 10, 16 dan 17 Maret 2022.

Berikut jadwal lengkap leg kedua beserta agregat: Rabu, 9 Maret 2022 Liverpool vs Inter 03.00 WIB (Agregat 2-0) Bayern Munchen vs FC Salzburg 03.00 WIB (Agregat 1-1) Kamis, 10 Maret 2022 Real Madrid vs Paris Saint-Germain 03.00 WIB (Agregat 0-1) Manchester City vs Sporting CP 03.00 WIB (Agregat 5-0) Rabu, 16 Maret 2022 Manchester United vs Atlético Madrid 03.00 WIB (Agregat 1-1) Ajax vs Benfica 03.00 WIB (Agregat 2-2) Kamis, 17 Maret 2022 Juventus vs Villarreal 03.00 WIB (Agregat 1-1) Lille vs Chelsea 03.00 WIB (Agregat 0-2) Link Live Streaming Liga Champions 2022 di Vidio Jika tidak ada perubahan, jadwal pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champion 2021/2022 dapat disaksikan siaran langsung SCTV dan live streaming Vidio pada 9, 10, 16, dan 17 Maret 2022 Untuk mengakses siaran Vidio Premier, Anda dapat berlangganan paket Rp19.000 per minggu, Rp29.000 per bulan, atau Rp199.

per tahun. Dengan paket tersebut Anda dapat menyaksikan seluruh laga UCL 2021/2022 dan kompetisi sepak bola menarik lainnya. LINK LIVE STREAMING LIGA CHAMPIONS 2022 VIDIO
tirto.id - Format babak 16 besar UEFA Champions League (UCL) musim 2021/2022 diubah dengan meniadakan aturan gol tandang.

Bagan babak 16 besar menunjukkan persaingan ketat akan tersaji di antara tim-tim terbaik Eropa. Pertandingan babak 16 besar dapat disaksikan melalui siaran langsung Aturan gol tandang liga champions dan live streaming Vidio. Musim lalu, aturan gol tandang masih diterapkan di Liga Champions. Ketika dua klub terlibat dalam pertandingan dengan sitem knock-out 2 leg, lantas memiliki agregat sama kuat, aturan gol tandang menyatakan bahwa tim dengan gol tandang lebih banyak dinyatakan lolos sebagai pemenang.

Tim terakhir di UCL yang merasakan keuntungan gol tandang adalah PSG. Dalam 8 besar Liga Champions 2020/2021, klub Paris menang 2-3 atas Bayern Munchen di Allianz Arena. Sementara itu di leg kedua yang digelar di Parc des Princes, PSG kalah 0-1. Meskipun agregat sama kuat 3-3, Les Parisiens lolos ke semifjnal karena bisa mencetak 2 gol di kandang Bayenr, sedangkan Die Roten hanya 1.

Akan tetapi, saat ini aturan tersebut sudah tidak berlaku. Berdasar Regulations of The UEFA Champions League terbaru, tepatnya Pasal 20, aturan musim ini diubah sebagai berikut. "Untuk pertandingan yang dimainkan dalam babak sistem gugur, jika kedua tim yang terlibat dalam pertandingan mencetak jumlah gol yang sama selama dua leg, dua periode 15 menit perpanjangan waktu dimainkan pada akhir leg kedua," bunyi Pasal 20 ayat 1.

"Tim yang mencetak lebih banyak gol selama perpanjangan waktu lolos ke tahap berikutnya. Jika kedua tim mencetak jumlah gol yang sama atau tidak ada gol yang dicetak selama perpanjangan waktu, tendangan dari tanda penalti menentukan tim mana yang memenuhi syarat untuk aturan gol tandang liga champions berikutnya." lanjutnya. Dengan demikian, dalam babak 16 besar UCL musim ini, apabila kedua tim bermain dengan agregat sama kuat, maka dilanjut dengan perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

Apabila keadaannya masih sama kuat, pemenang ditentukan lewat adu penalti. Bagan Babak 16 Besar Liga Champions (UCL) 2021/2022 Sistem drawing babak 16 besar Liga Champions membagi dua kubu yang terdiri dari tim unggulan dan non-unggulan. Tim unggulan diisi oleh klub yang menjuarai fase grup UCL musim ini. Adapun tim non-unggulan diisi oleh tim runner-up fase grup.

aturan gol tandang liga champions

Daftar Tim Unggulan • Ajax (Belanda) • Bayern (Jerman) • Juventus (Italia) • Liverpool (Inggris) • Lille (Perancis) • Manchester City (Inggris) • Manchester United (Inggris) • Real Madrid (Inggris) Daftar Tim Non-unggulan • Atletico Madrid (Spaynol) • Benfica (Portugal) • Chelsea (Inggris) • Inter (Italia) • Paris Saint-Germain (Perancis) • Salzburg (Austria) • Sporting CP (Portugal) • Villarreal (Spanyol) Aturan drawing menyatakan bahwa tim dari asosiasi sepakbola yang sama tidak dapat bertemu.

Selain itu, tim yang pernah berjumpa di fase grup musim ini juga tak bisa bentrok di babak 16 besar. Berdasarkan drawing 16 besar UCL 2021/2022 yang dilakukan pada 13 Desember 2021, didapatkan hasil sebagai berikut: • Red Bull Salzburg vs Bayern Munich • Sporting CP vs Manchester City • Benfica Portugal vs Ajax • Chelsea vs Lille • Atletico Madrid vs Manchester United • Villarreal vs Juventus • Inter Milan vs Liverpool • PSG vs Real Madrid Pertandingan leg pertama digelar pada 15, 16, 22 dan 23 Februari 2022.

Adapun leg kedua berlangsung tanggal 8, 9. 15 dan 16 Maret 2022.

aturan gol tandang liga champions

Berdasarkan regulasi, tim unggulan akan memainkan leg kedua di kandang. Bagan 8 Besar dan Semifinal Liga Champions Bagan perempat final dan semifinal Liga Champions musim ini belum tersedia karena masih menunggu babak 16 besar berakhir.

Setelah itu, drawing babak perempat final dan semifinal baru akan digelar bersamaan pada 18 Maret 2022. Hai ini dijelaskan dalam Pasal 18 ayat 2 dan 3 dalam Regulasi Liga Champions yang berbunyi sebagai berikut.

aturan gol tandang liga champions

18.02 "Delapan pemenang babak 16 besar memperebutkan perempatfinal. Pasangan perempatfinal ditentukan lewat drawing." 18.03 "Empat pemenang perempat final memperebutkan semifinal. Pasangan semifinal ditentukan lewat drawing"
Bola.net - Fase gugur Liga Champions 2021/22 ini diyakini bakal berlangsung lebih seru dan adil. UEFA telah menghapus aturan gol tandang yang sudah bertahun-tahun diprotes.

Penghapusan aturan gol tandang itu berlaku mulai fase gugur musim 2021/22 untuk semua kompetisi di bawah naungan UEFA, yaitu Liga Champions, Liga Europa, Women’s Champions League, dan level usia.

aturan gol tandang liga champions

UEFA mengumumkan perubahan aturan itu pada hari Kamis (24/06/2021) silam dan akan mulai diterapkan di babak 16 besar Liga Champions, beberapa hari mendatang. Menurut UEFA, penghapusan ini dilakukan setelah mendapati fakta bahwa ada penurunan jumlah kemenangan dan gol di kompetisi-kompetisi yang berada di bawah naungan UEFA. "Aturan gol tandang akan dihapus dari semua kompetisi klub UEFA mulai musim 2021/22.

Laga di mana kedua tim mencetak jumlah gol yang sama selama dua leg sekarang akan memiliki dua periode perpanjangan waktu 15 menit, dan, jika diperlukan, tendangan penalti." TERKAIT: Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Aturan gol tandang liga champions Champions di SCTV "Statistik dari pertengahan 1970-an hingga sekarang menunjukkan tren yang jelas dari pengurangan terus menerus dalam kesenjangan antara jumlah kemenangan kandang/tandang aturan gol tandang liga champions 61%/19% menjadi 47%/30%) dan jumlah rata-rata gol per pertandingan yang dicetak di kandang/tandang (dari 2.02/0.95 ke 1.58/1.15) di kompetisi putra." Bola Liga Champions.

© AP Photo Untuk memudahkan pemahaman penghapusan aturan gol tandang ini, Bolaneters bisa mengamati skenario berikut: • Katakanlah ada duel dua leg fase gugur antara Tim A vs Tim B • Tim A main kandang terlebih dahulu, Tim B main kandang di leg kedua • Leg pertama berakhir 1-1, tim B berhasil mencuri satu gol tandang • Leg kedua berakhir imbang 0-0, tim A gagal mencetak gol saat bermain tandang • Jika menggunakan aturan lama, Tim B berhak lolos ke babak berikutnya karena unggul gol tandang • Namun, dengan aturan baru, pertandingan skor 1-1 berarti harus dilanjutkan ke babak extra time • Pertandingan dilanjutkan ke extra time untuk menemukan pemenang • Jika belum juga menemukan pemenang, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti Jadi, perbedaan utamanya ada di leg kedua.

Jika skor seimbang dalam dua leg, tim yang bermain kandang di leg kedua akan mendapatkan sedikit keuntungan karena babak extra time dan adu penalti dimainkan di stadion mereka. Karena aturan gol tandang sudah tidak lagi berpengaruh di pertandingan, UEFA juga menghapus aturan ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan posisi di klasemen sementara. Sebelumnya, jika ada dua atau lebih tim dengan jumlah poin yang sama di klasemen sementara fase grup, aturan gol tandang berpengaruh jadi salah satu faktor penentu posisi antar-tim yang bersaing.

Sumber: UEFALiputan6.com, Jakarta Otoritas sepak bola Eropa atau UEFA mengeluarkan sejumlah aturan baru terkait penyelenggaraan Liga Champions 2021/2022. Langkah ini diambil guna menambah seru turnamen antarklub Benua Biru itu. Salah satu perubahan terbesar terjadi pada sistem gol tandang. Perubahan lain yang bakal terjadi adalah terkait jumlah pergantian pemain. Dan yang tak kalah menyita perhatian tentu saja aturan yang diterapkan terkait penyelenggaraan dan protokol kesehatan selama pertandingan berlangsung.

Ini mencakup kapasitas stadion, vaksinasi, dan aturan baru selama masa pandemi COVID-19. Liga Champions seperti diketahui merupakan turnamen antarklub tertinggi di Benua Biru.

Kompetisi ini berlangsung setiap tahun dan diikuti oleh tim-tim elite dari berbagai kompetisi di Eropa. Musim lalu, Chelsea berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Manchester City. Sementara Liga Champions musim ini sudah berlangsung sejak Juni dan tengah memainkan babak play off.

Lalu seperti apa perubahan-perubahan yang terjadi pada Liga Champions 2021/2022? Simak ulasannya di halaman selanjutnya.

Aturan Gol Tandang Dihapus ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah) Menurut keterangan resmi UEFA, aturan gol tandang yang telah berlaku aturan gol tandang liga champions semua kompetisi Eropa sejak 1965 tidak akan digunakan lagi. Sebelumnya, sesuai aturan yang berlaku, saat kedua tim memiliki poin yang sama maka gol yang dicetak di kandang lawan selalu dihitung dua kali lipat. Akibatnya tim tuan rumah seringkali berusaha untuk menghindari kebobolan dengan tampil bertahan.

Aturan gol tandang juga dirasa tidak adil bagi tim tamu pada leg kedua pertandingan. Sebagai gantinya, UEFA menerapkan aturan perpanjangan waktu bagi tim dengan poin sama saat bermain imbang di leg kedua. Kalau belum berubah, maka laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

aturan gol tandang liga champions

Pergantian Pemain Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah) Perubahan lainnya juga terjadi pada jumlah pemain pengganti yang kini menjadi 5 sampai 6 kali. Aturan ini sebelumnya sudah diterapkan sejak babak 16 besar Liga Champions musim lalu yang berlangsung di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Saat ini, pergantian bisa dilakukan hingga enam kali dalam satu pertandingan, tergantung dari fase kompetisi yang sedang berjalan.

Lanjutkan membaca “Hingga lima pemain pengganti yang tercantum di lembar pertandingan masing-masing tim dapat ambil bagian dalam pertandingan. Pengecualian, pemain pengganti keenam yang terdaftar di lembar pertandingan dapat mengambil bagian dalam pertandingan sistem gugur secara eksklusif selama perpanjangan waktu," tulis UEFA mengacu kepada aturan Article 41.04 seperti dilansir dari AS.

Meski jumlahnya bertambah, proses pergantian pemain hanya boleh dilakukan sebanyak 3 kali pada babak normal. Sementara satu pergantian pemain lainya bisa dilakukan saat perpanjangan waktu. "Seorang pemain yang telah diganti tidak boleh mengambil bagian lebih lanjut dalam pertandingan.” Pembatasan Penonton Suporter wanita Chelsea berada di tribun menunggu dimulainya pertandingan final Liga Champions antara Manchester City dan Chelsea di Stadion Dragao di Porto, Portugal, Sabtu (29/5/2021).

(Pierre Philippe Marcou / Pool via AP) Tahun lalu, Liga Champions terpaksa berlangsung tertutup sejak babak perempat final akibat pandemi virus Corona COVID-19. Babak final yang seharusnya berlangsung di Istanbul, Turki aturan gol tandang liga champions terpaksa dipindahkan ke Estadio Drago Porto, Portugal akibat meningkatnya kasus di sana. Pada Oktober tahun lalu, UEFA mengumumkan bahwa sebagian penggemar akan diizinkan kembali - tetapi hanya penggemar dari tim tuan rumah dan hingga 30% dari kapasitas stadion.

Pembatasan itu juga dapat berubah jika otoritas setempat melihat adanya perubahan sistem kesehatan di negaranya. Untuk final musim lalu, 6.000 aturan gol tandang liga champions dari masing-masing finalis, Chelsea dan Manchester City, sudah diizinkan untuk menonton pertandingan dari tribun di Estádio do Dragão di Porto. Sementara pembatasan pada penggemar yang menghadiri pertandingan telah dilonggarkan di semua laga Euro. Dan aturan dan pembatasan mengenai perjalanan antarnegara berarti bahwa menghadiri pertandingan akan menjadi tugas yang lebih rumit bagi pendukung yang bepergian daripada sebelum pandemi.

Paspor Vaksin UEFA belum mengumumkan pembaruan apa pun tentang kriteria untuk menghadiri pertandingan tetapi penggemar yang menghadiri acara baru-baru ini seperti Euro 2020 dan Piala Super diminta untuk menunjukkan paspor vaksin atau dokumen serupa untuk menunjukkan bahwa mereka tidak terinfeksi Covid-19 (vaksin paspor, hasil tes PCR negatif atau sertifikat infeksi sebelumnya).

Peraturan menyatakan bahwa kapasitas stadion akan ditetapkan oleh UEFA dengan 5% dari total kapasitas yang dialokasikan untuk penggemar tandang di Liga Champions edisi 2021/22. Merdeka.com - Merdeka.com - Galih Gani Irawan (16), penerbang paralayang asal Pekanbaru, Riau hilang sejak Jumat (6/5) di kawasan hutan Green Lawang. Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat akhirnya menemukan Galih dengan kondisi selamat pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kapolsek Matur Iptu Yance Mardi mengatakan, korban ditemukan dalam kondisi lemas akibat tidak mendapatkan asupan makan selama 24 jam. "Lokasi juga diguyur hujan dan kondisi suhu cukup dingin di daerah Merdeka.com - Merdeka.com - Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan kasus Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) usai libur Lebaran 2022 baru akan terlihat sekitar satu bulan mendatang.

aturan gol tandang liga champions

"Untuk mengetahui kasus COVID-19, efek dari Lebaran, sekitar sebulan lah rata-rata, namun ini juga bergantung seberapa baik deteksi karena kembali, apapun itu bergantung pada kemampuan deteksi," kata Dicky saat dihubungi di Jakarta, Jumat. Perkiraan waktu tersebut, kata Dicky, adala
Pada Kamis, 24 Juni 2021 lalu, induk organisasi sepak bola Eropa ( UEFA) secara resmi telah menghapus aturan gol tandang di semua kompetisi klub UEFA.

Aturan baru tersebut baru diterapkan di babak 16 besar Liga Champions 2022 yang saat ini sedang berlangsung. Perdebatan soal wacana penghapusan aturan gol tandang liga champions tandang sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan. Mulanya, aturan ini pertama kali diterapkan pada 1965 di kompetisi Winner Cup.

Aturan ini dibuat dengan maksud agar pertandingan lebih seimbang. Oleh sejumlah pihak aturan gol tandang ini ditolak sebab tidak lagi mencerminkan keadilan. Selain itu, UEFA melalui keterangan resminya mengatakan, keputusan menghapus aturan gol tandang ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan fakta bahwa terdapat penurunan jumlah kemenangan dan gol di setiap kompetisi yang diselenggarakan olehnya.

"Meskipun tidak ada kebulatan suara pandangan, banyak pelatih, penggemar dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya telah mempertanyakan keadilan pada sistem aturan gol tandang ini.

Sehingga, kami telah menyatakan bahwa untuk aturan ini akan dihapuskan," kata Presiden UEFA, Aleksander Caferin, dikutip Tempo dari Uefa.com. Menurut Caferin, aturan gol tandang ini sudah tidak sejalan dengan tujuan awalnya. Aturan ini justru menghalangi tim tuan rumah, terutama di leg pertama untuk keluar menyerang. Sebab, mereka takut kebobolan yang kemudian memberikan keuntungan gol tandang bagi tim lawan.

aturan gol tandang liga champions

Selain itu, beragam kritik juga datang menyoal keharusan tim tuan rumah untuk mencetak gol di perpanjangan waktu ketika tim tamu lebih dahulu mencetak gol. Skenario Aturan Baru Tanpa Gol Tandang Katakanlah Tim A dan Tim B sedang bertanding di babak 16 besar Liga Champions musim 2022 ini.

Di leg pertama hasil akhir menunjukkan skor imbang 1-1. Hal ini Tim B sebagai tim tamu mencuri satu gol tandang.

aturan gol tandang liga champions

Di laga leg kedua ternyata berakhir skor kacamata, yakni 0-0. Jika mengacu pada aturan lama, Tim B berhak melaju ke babak selanjutnya karena berhasil mencuri gol tandang atau unggul gol tandang. Namun, pada aturan baru (tidak ada gol tandang), pertandingan leg kedua yang berakhir imbang harus dilanjutkan ke babak waktu tambahan. Artinya, gol tandang yang dicuri Tim B di leg pertama tadi tidak berlaku. Apabila di waktu tambahan kedua tim masih tidak ada yang berhasil mencetak gol tambahan atau masih berakhir imbang, maka dilanjutkan babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

HARIS SETYAWAN Baca juga: Ini Plus Minus Aturan Gol Tandang Sebelum Dihapus UEFA Selalu update info terkini.

aturan gol tandang liga champions

Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu .
RABU 16 Februari 2022, Pukul 03:00 WIB: -PSG vs Real Madrid (SCTV/beIN Sport/Live streaming Vidio.com) - Sporting vs Manchester City (beIN Sport/live streaming vidio.com) Kamis 17 Februari 2022, Pukul 03:00 WIB: - Inter Milan vs Liverpool ( SCTV/beIN Sport/Live streaming Vidio.com - Salzburg vs Bayern Munchen - (beIN Sport/Live streaming Vidio.com) Aturan Baru: Gol Tandang Bukan Penentu Mulai babak 16 besar Liga Champions musim 2021-2022 ini, aturan gol tandang sebagai penentu kemenangan resmi dihilangkan.

Keputusan menghapus aturan agresivitas gol tandang ini telah dibuat Juni 2021 lalu oleh Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA. Aturan ini berlaku untuk semua kompetisi UEFA, terdiri Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. Dengan keputusan itu, atura gol tandang yang berlaku sejak 1965, tidak dihilangkan mulai babak 16 besar Liga Champions malam ini.

"Aturan gol aturan gol tandang liga champions telah menjadi bagian intrinsik dari kompetisi UEFA sejak diperkenalkan pada 1965. Namun, pertanyaan tentang penghapusannya telah diperdebatkan di berbagai pertemuan UEFA selama beberapa tahun terakhir," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin, seperti dilansir dari Squawka News, Juni tahun lalu.

Aturan Gol Tandang di Hapus Oleh UEFA, PSG Menjadi Qlub yg Paling Merana Sejak aturan itu diberlakun




2022 www.videocon.com